Nama ilmiah pucuk merah

nama ilmiah pucuk merah

Pucuk Merah – Nama ilmiah pucuk merah lihat tanaman yang daunnya berwarna merah? Kalau dilihat bentuknya kayak semak-semak gitu. Mungkin yang kamu lihat itu pucuk merah. Pucuk merah memiliki nama ilmiah Syzygium oleana, merupakan salah satu tanaman hias yang biasa ditanam di halaman rumah. Dinamai pucuk merah karena warna pucuk daun mudanya adalah merah. Kalau kamu ingin membudidayakan tanaman ini, caranya sangat mudah. Apalagi kita tinggal di negara dengan iklim tropis yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman ini.

elixirsnow.blogspot.com Biji dari tanaman pucuk merah bentuknya seperti lada. Pohon pucuk merah akan mengeluarkan biji jika ukurannya sudah besar. Nah, jika kamu akan membudidayakannya dengan menanam biji, maka ambillah biji yang sudah tua. Biji pucuk merah tua ditandai dengan warna yang kehitam-hitaman.

Kalau kamu kesulitan mencari biji yang masih ada di pohon, coba saja untuk mencarinya di tanah. Karena, kadang biji yang sudah tua akan rontok dengan sendirinya. Menyemai Biji Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika sudah mendapatkan biji pucuk merah adalah menyemainya. Semai biji pada tanah yang gembur dan subur. Setelah benih tumbuh menjadi bibit, pindahkan ke dalam polybag terlebih dahulu.

Tapi, kalau kamu mau langsung menanamnya pada lahan tanam nama ilmiah pucuk merah bisa. Asal, kondisikan terlebih dahulu tanah untuk tempat tanam tersebut dengan baik. Jangan lupa beri pupuk kandang sebelum kamu menanam benih pucuk merah. Pemindahan Bibit Bibit pucuk merah sudah bisa dipindahkan ketika tingginya sekitar 20 cm. Cabut bibit dengan hati-hati, jangan sampai akarnya putus. Buat lubang pada tanah, masukkan pupuk kandang dan tutup kembali lubang. Nah, kamu bisa memilih mau menanam pucuk merah di mana.

Bisa dalam polybag, pot atau lahan yang sudah kamu sediakan. Perawatan Tanaman Tanaman pucuk merah membutuhkan air untuk pertumbuhannya. Kamu bisa melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Jika sedang musim hujan, penyiraman cukup dilakukan sekali saja.

Setelah cukup besar, tanaman pucuk merah akan segera mengeluarkan pucuk yang berwarna merah. Cocok sekali untuk menghias pekarangan rumah kamu.

nama ilmiah pucuk merah

2. Stek batang herusidik.wordpress.com Cara yang lebih mudah untuk menanam pucuk merah adalah stek batang. Kamu cukup memotong cabang dari pohon pucuk merah dan kemudian menanamnya. Pemilihan Batang Nah, untuk menghasilkan tanaman yang baik, maka perlu juga memilih batang berkualitas baik. Pilihlah cabang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, kalau kata lagu sih yang sedang-sedang saja.

Potong cabang dengan panjang antara 20-30 cm yang diukur dari ujung daun. Kemudian tanam cabang tersebut di dalam polybag yang sudah berisi campuran tanah, pupuk kandang dan sekam padi.

Perawatan Tanaman Setelah penanaman selesai, lakukan penyiraman tanaman. Jangan lupa, pindahkan polybag ke tempat yang teduh. Setelah itu lakukan penyiraman rutin pada pagi dan sore hari. Nah, itu tadi cara menanam pucuk merah. Cukup mudah bukan?

Jika kamu sudah mempunyai pucuk merah yang sudah besar, lakukan pemangkasan daun sesekali. Kamu juga bisa memberikan pupuk khusus untuk daun agar tanaman tersebut sehat dan memiliki warna merah memesona. Baca juga artikel tentang daun bidara, bunga cempaka, dan berbagai jenis kopi ya. Selamat bercocok tanam 🙂 Pucuk Merah (Syzygium Paniculatum) Pucuk merah adalah sejenis tanaman perdu yang memiliki ciri khas pada daunnya.

Tanaman ini memiliki daun berwarna merah nama ilmiah pucuk merah hijau. Diameter tanaman dapat mencapai 30 cm dengan tinggi mencapai 7 meter. Usia tanaman dapat mencapai umur tahun. Daunnya yang rimbun dan warna daun yang unik cocok digunakan sebagai penghias rumah dan taman. Nama ilmiah pucuk merah ini memiliki ciri-ciri, antara lain daun tunggal berbentuk lanset (ujung bermata dua), bertangkai sangat pendek, permukaan daun atas mengkilat, ukuran daun panjang ± 6 cm dan lebar ± 2 cm, pertulangan daunnya menyirip.

Warna daunnya akan mengubah perubahan. Ketika baru tumbuh berwarna merah menyala, kemudian berubah menjadi coklat, lalu berubah lagi menjadi warna hijau. Uniknya lagi jika diremas daunnya akan mengeluarkan aroma khas. Pucuk merah berkerabat dekat dengan tanaman jambu udara, salam, juwet, jambu darsono, jambu batu, dan masih banyak lagi karena terdapat sekitar 1.100 spesies dari genus Syzygium. Buahnya berbentuk bulat agak pipih. Pada permukaan bagian atas, buah terletak di bagian tengah.

Diameter buah ± 0,7 cm. Buah yang sudah tua berwarna hitam mengkilat, rasanya manis dengan aroma yang khas buah dari famili jambu-jambuan. Bunga tanaman pucuk merah merupakan bunga majemuk. Reproduksi tanaman alami ini melalui biji, namun demikian tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara cangkok atau stek. Suhu udara yang ideal untuk pucuk merah pada siang hari yaitu 28-36 ° C, sedangkan suhu malam hari yaitu 24-30 ° C.

Agar tanaman ini tumbuh dengan indah, dibutuhkan cahaya matahari yang cukup agar warna tunasnya tetap berwarna merah dan bentuk tajuk tanaman tetap terjaga. Selama tanaman pucuk merah dikenal sebagai tanaman hias yang banyak ditanam di halaman rumah, kantor, sekolah, hingga di tepi jalan. Selain kemampuannya memadukan udara, tanaman ini bermanfaat bagi kesehatan manusia. Kandungan flavonoid antosianin dalam daun pucuk merah disetujui untuk dikembangkan menjadi teh dan antioksidan yang efektif menanggulangi radikal bebas.
Puji syukur kehadirat Allah Nama ilmiah pucuk merah karena atas karunia dan rahmat-Nya kita masih diberikan kesempatan dan kesehatan sehingga karya ilmiah yang berjudul “TANAMAN PUCUK MERAH BUKAN TANAMAN HIAS BIASA” ini dapat terselesaikan.

nama ilmiah pucuk merah

Adapun tujuan dari karya ilmiah ini yaitu diajukan lomba karya tulis pada Pekan Kreativitas Siswa di SMA Negeri 1 Ajibarang.

Penulis sangat berterima kasih kepada guru pembimbing penulis yaitu selaku guru bidang studi Biologi yang telah membimbing dan memberikan arahan kepada penulis sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik. Penulis juga berterimakasih kepada kepala SMA PGRI Gumelar yang telah mendukung dalam proses penulisan karya ini. Indonesia sebagai negara tropis memiliki beraneka ragam tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia.

Sejak dahulu, masyarakat Indonesia telah banyak mengetahui nama ilmiah pucuk merah dari nama ilmiah pucuk merah tanaman. Ada yang digunakan sebagai obat misalnya temulawak, jahe, sambiloto, dan tempuyung. A da tanaman yang digunakan untuk kecantikanmisalnya teh hijau, buah pepaya, dan buah bengkoang.

A da pula yang digunakan sebagai tanaman hiassalah satunya adalah tanaman Pucuk Merah. Pucuk Merah adalah salah satu jenis tanaman hias yang saat ini sedang populer di Indonesia. Warna kemerahan pada daun-daun muda menjadi ciri khas sekaligus daya tarik pada tanaman ini.

Maka tak heran jika Pucuk Merah terkenal sebagai tanaman pagar atau tanaman hias yang mampu mempercantik tampilan sebuah taman. Tanaman ini juga sering digunakan sebagai pembatas jalan baik di daerah perkotaan maupun di perkampungan.

Pucuk Merah memiliki nama latin Syzygium oleana. Pucuk Merah berkerabat dekat dengan tanaman Jambu Air, Salam, Juwet, Jambu Darsono, Klampok Watu (Jambu Batu), dan masih banyak lagi, karena diperkirakan terdapat sekitar 1.100 spesies dari genus Syzygium ini.

nama ilmiah pucuk merah

Ciri khas dari jenis tumbuhan ini jika daunnya diremas akan mengeluarkan aroma khas. Pada bunga Syzygium oleana yang sudah mekar, tampak adanya kepala putik hanya sebuah, berwarna putih dengan tangkai putik yang berukuran lebih pendek dibanding benang sarinya, posisi putik tepat di tengah; tangkai sari berwarna putih berukuran lebih panjang dari putiknya,berjumlah sangat banyak dengan kepala sari berwarna kuning muda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sukmaning Syahri, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA Universitas Andalas, Padang, yang berjudul “Isolasi Antosianin dari Buah Pucuk Merah ( Syzygium campanulatum korth.) serta Pengujian Antioksidan dan Aplikasi sebagai Pewarna Alami” menunjukkan bahwa pada tanaman Pucuk Merah mengandung senyawa Antosianin.

Berikut ini adalah struktur kimia dasar dari senyawa Antosianin. Antosianin merupakan sub-tipe senyawa organik dari keluarga flavonoiddan merupakan anggota kelompok senyawa yang lebih besar yaitu nama ilmiah pucuk merah. Antosianin ( bahasa Inggris : anthocyanin, dari gabungan kata Yunani: anthos = "bunga", dan cyanos = "biru") adalah pigmen larut air yang secara alami terdapat pada berbagai jenis tumbuhan. Antosianin sendiri banyak terdapat dalam buah, bunga, dan daun yang memberikan warna merah sampai biru.

Sebagian besar tumbuhan memiliki kandungan Antosianin terbesar pada bagian buahnya. Salah satu tumbuhan yang diduga mengandung Antosianin adalah buah dari tanaman Pucuk Merah. Antosianin telah banyak digunakan sebagai pewarna alami pada berbagai produk pangan dan berbagai aplikasi lainnya. Warna diberikan oleh Antosianin berkat susunan ikatan rangkap terkonjugasi yang panjang, sehingga mampu menyerap cahaya pada rentang cahaya tampak.

Si s tem ikatan rangkap terkonjugasi ini juga menjadikan Antosianin nama ilmiah pucuk merah antioksidan dengan mekanisme penangkapan radikal. Telah diketahui bahwa tanaman Pucuk Merah biasa dipakai sebagai tanaman penghias taman, tanaman peneduh, dan juga sering dipakai sebagai pembatas jalan.

Selain manfaat yang telah disebutkan ada beberapa manfaat lain yang dimiliki oleh tanaman Pucuk Merah. Manfaat tersebut dapat dilihat dari kandungan senyawa kimia yang dimiliki pada tanaman Pucuk Merah.

Tanaman Pucuk Merah mempunyai kandungan senyawa Antosianin. Antosianin digunakan sebagai pewarna alami pada produk makan an dan minuman sehingga dapat mengganti penggunaan pewarna sintetis pada produk pangan. Antosianin juga dapat berperan sebagai penangkal radikal bebas yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan merupakan zat penghancur atau penangkal radikal bebas. Menjadi masalah adalah ketika radikal bebas dari luar masuk kedalam tubuh.

Sel dalam tubuh akan diganggu oleh keberadaan radikal nama ilmiah pucuk merah ini, sehingga terjadi mutasi sel yang radikal dan kelainan fungsinya. Mutasi sel menyebabkan timbulnya penyakit kanker, gangguan sel saraf, liver, gangguan pembuluh darah seperti jantung koroner, diabetes, katarak dan penyebab timbulnya proses penuaan dini juga pemicu penyakit kronis lainya.

Radikal bebas adalah atom atau senyawa yang mengandung satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Senyawa paling berbahaya dalam radikal bebas adalah hidroksil (OH) sebab memiliki reaktivitas paling tinggi. Molekul tersebut sangat reaktif dalam mencari pasangan elektronnya. Jika sudah terbentuk dalam tubuh, maka akan terjadi reaksi berantai dan menghasilkan radikal bebas baru yang akhirnya membentuk suatu radikal nama ilmiah pucuk merah dalam jumlah yang banyak.

Radikal bebas secara umum timbul akibat berbagai proses biokimiawi dalam tubuh, berupa hasil samping dari proses oksidasi yang berlangsung pada saat bernafas, metabolisme sel, olahraga yang berlebihan, peradangan, atau saat tubuh terpapar polusi lingkungan seperti asap kendaraan, asap rokok, bahan pencemar dan radiasi matahari. Fungsi Antosianin sebagai antioksidan di dalam tubuh dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, penyakit penyumbatan pembuluh darah.

Antosianin bekerja menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh, yaitu lipoprotein densitas rendah. Kemudian A ntosi a nin juga melindungi integritas sel endotel yang melapisi dinding pembuluh darah sehingga tidak terjadi kerusakan. Kerusakan sel endotel merupakan awal mula pembentukan aterosklerosis sehingga harus dihindari.

Selain itu, Antosianin juga merelaksasi pembuluh darah untuk mencegah aterosklerosis dan penyakit kardiovaskuler lainnya. Berbagai manfaat positif dari Antosianin untuk kesehatan manusia adalah untuk melindungi lambung dari kerusakan, menghambat sel tumor, meningkatkan kemampuan penglihatan mata, serta berfungsi sebagai senyawa anti-inflamasi yang melindungi otak dari kerusakan. Selain itu, beberapa studi juga menyebutkan bahwa senyawa tersebut mampu mencegah obesitas dan diabetes, meningkatkan kemampuan memori otak dan mencegah penyakit neurologis, serta menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Selain dari manfaat yang telah disebutkan di atas, ekstrak Pucuk Merah dapat diindikasikan untuk menjadi herbisida nabati (bioherbisida) karena menurut penelitian S.A. Lasmini, dan A. Wahid yang berjudul “Respon Tiga Gulma Sasaran Terhadap Beberapa Ekstrak Gulma” pada Jurnal Penelitian Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Universitas Tadulako, Palu (2008)senyawa seperti fenol, asam fenolik, koumarin dan flavonoid dapat memberikan efek fitotoksisitas dan berat basah pada rumput teki ( Cyperus rotundus).

nama ilmiah pucuk merah

RumahCom – Pucuk merah merupakan salah satu tanaman hias yang mudah dijumpai. Tanaman ini punya nama latin yakni Syzygium sinubanense atau Syzygium campanulatum var. longistylum. Masuk ke keluarga Myrtaceae seperti dikutip dari nparks.gov.sg, pucuk merah dapat tumbuh hingga berbentuk pohon dengan kelebatan sekitar 16-30 meter.

Sebagai tanaman hias, pucuk merah bisa diletakkan pada pot jika ukurannya nama ilmiah pucuk merah kecil sekitar 1 sampai 5 meter. Tanaman ini banyak tersebar di Timur Laut India, Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, Sumatera, Kalimantan dan Filipina.

Ingin mengenal lebih dekat dengan pucuk merah? Simak artikel berikut ini. • Mengenal Tanaman Pucuk Merah • 10 Manfaat Pucuk Merah 1. Manfaat Pucuk Merah: Pewarna Alami 2. Manfaat Pucuk Merah: Pengharum Ruangan 3. Manfaat Pucuk Merah: Pembersih Udara 4.

Manfaat Pucuk Merah: Penangkal Longsor 5. Manfaat Pucuk Merah: Tanaman Hias Cantik 6. Manfaat Pucuk Merah: Pagar Hidup untuk Rumah 7. Manfaat Pucuk Merah: Sebagai Teh Herbal 8. Manfaat Pucuk Merah: Obat Kanker 9. Manfaat Pucuk Merah: Obat Diare dan Kram Perut 10. Manfaat Pucuk Merah: Obat Diabetes • Cara Merawat Tanaman Hias Pucuk Merah • Pucuk Merah Untuk Mengurangi Polutan 1. Mengenal Tanaman Pucuk Merah Kombinasi warna hijau dan merah menjadikan tanaman pucuk merah punya keindahan yang mampu menyejukkan mata.

Sumber: Pinterest Dibanding tanaman hias lainnya, pucuk merah memang populer sejak dulu hingga kini. Tanaman ini banyak ditanam di pekarangan rumah maupun di pinggir jalan. Selain alasan keindahan, pucuk merah dipelihara karena memiliki akar tunggang yang mampu menghujam ke dalam tanah secara kokoh untuk merehabilitasi lahan, mencegah longsor dan menyimpan cadangan air. Itu sebabnya, pucuk merah juga banyak dijumpai pada area perbukitan.

Melansir Wikipedia, keunikan pada pucuk merah terletak pada warna daunnya. Jika masih muda, daunnya akan berwarna merah dan seiring waktu akan berubah menjadi hijau. Kombinasi dua warna tersebut menjadikan tanaman ini punya keindahan yang mampu nama ilmiah pucuk merah mata.

Daun pucuk merah berbentuk oval namun lancip pada ujung daunnya. Pucuk merah juga memiliki bunga yang bersifat majemuk dan tersusun dalam malai berkarang terbatas. Saat bunga sudah mekar, tampak kepala putik warna putih dengan tangkai berukuran lebih pendek jika dibanding benang nama ilmiah pucuk merah dari bunganya. Letak putik tepat berada di tengah, sedangkan tangkai sari berwarna putih berukuran lebih panjang dari putiknya dengan jumlah lebih banyak.

Tinggi dari batang pucuk merah bisa mencapai ketinggian 5 meter jika tumbuh di tempat yang subur dan terdapat nutrisi yang tinggi. Sementara akar pucuk merah terdiri dari akar tunggang yang merambat dan terus membesar. Akarnya berbentuk bulat dan berwarna coklat, dan mampu menopang secara kuat agar tanaman bisa berdiri tegak. 2. 10 Manfaat Pucuk Merah Pucuk merah mengandung senyawa bioaktif yang memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri yang tinggi.

Sumber: Good House Keeping Merujuk penelitian dan pengujian yang dilakukan tahun 2019, buah pada tanaman pucuk merah mengandung senyawa Antosianin. Senyawa tersebut telah banyak digunakan sebagai pewarna alami pada berbagai produk makanan dan minuman sehingga dapat menggantikan penggunaan pewarna sintetis pada produk pangan.

2. Manfaat Pucuk Merah: Pengharum Ruangan Daun pada tanaman pucuk merah juga mengandung minyak atsiri. Ekstrak dari daunnya memiliki aroma yang sangat unik dan khas, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan yang sangat menyegarkan. Untuk membuat pengharum ruangan dari daun pucuk merah, bisa diolah dengan cara ditumbuk hingga halus maupun dijadikan minyak esensial. 3. Manfaat Nama ilmiah pucuk merah Merah: Pembersih Udara Manfaat utama dari pucuk merah adalah kemampuannya menyerap karbon dioksida (CO2) lebih besar dibandingkan jenis tumbuhan yang lain.

Hal ini dilihat dari laju fotosintesis dan kandungan timbal (PB) daun pucuk merah. Dengan demikian, menanam pucuk merah di rumah akan sekaligus menjadi air purifier alami yang sangat hemat biaya. Pucuk merah banyak juga ditanam pada area perbukitan. Mengapa demikian? Ini karena tanaman ini dapat mencegah longsor akibat struktur akar tunggang yang kokoh. Sehingga jika Anda tinggal di area rawan longsor, sangat nama ilmiah pucuk merah untuk menanam pohon pucuk merah secara masif.

5. Manfaat Pucuk Merah: Tanaman Hias Cantik Penggemar tanaman hias pasti tak pernah absen menjadikan pucuk merah sebagai salah satu koleksinya. Pasalnya, selain mudah dalam proses perawatannya, pucuk merah juga dibanderol dengan harga yang relatif murah.

Untuk pucuk merah setinggi satu meter, dijual dengan harga sekitar Rp75.000. 6. Manfaat Pucuk Merah: Pagar Hidup untuk Rumah Pernah mencoba teh pucuk merah? Jika belum, tak ada salahnya mencicipi segarnya teh herbal dari daun pucuk merah.

Untuk mengolahnya, pilih daun berwarna merah dan jemur hingga kering. Kemudian rebus daun yang sudah mengering bersama air, maupun bisa diseduh dengan air panas. Teh dari tanaman pucuk merah ini mengandung flavonoid yang bertindak sebagai pewarna alami maupun zat antioksidan. 8. Manfaat Pucuk Merah: Obat Kanker Tanaman pucuk merah mempunyai kandungan senyawa Antosianin yang berperan sebagai penangkal radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh.

Ketika radikal bebas dari luar masuk ke dalam tubuh, sel dalam tubuh akan terganggu sehingga terjadi mutasi sel yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi teh pucuk merah secara rutin. 9. Manfaat Pucuk Merah: Obat Diare dan Kram Perut Penderita diabetes juga bisa menikmati teh pucuk merah sebagai alternatif pengontrol dan penurun kadar gula darah.

Ini lantaran pucuk merah memiliki senyawa aktif steroid dan terpenoid. 3. Cara Merawat Tanaman Hias Pucuk Merah Tanaman pucuk merah perlu dipangkas secara berkala minimal 2 minggu sekali. Sumber: Pinterest Kemudian agar tanaman tetap menghasilkan pucuk-pucuk baru yang berwarna merah, perlu dilakukan pemangkasan secara berkala terhadap daun-daun yang sudah tua. Adapun saat melakukan pemangkasan sebaiknya dilakukan tepat di bagian ruas cabang, agar tunas baru bisa segera tumbuh dari bagian ruas yang telah dipangkas.

Pucuk merah juga perlu perawatan normal seperti penyiraman dan pemupukan. Siram tanaman setiap hari untuk menjaga pertumbuhan dan kesuburan. Sementara pupuk dapat diberikan secara berkala, yakni minimal 2 bulan sekali agar tanaman tetap dapat tumbuh sehat dan baik. 4. Pucuk Merah Untuk Mengurangi Polutan Kemampuan pucuk merah dalam menyerap polutan setara dengan lidah mertua. Sumber: Pinterest Tumbuhan terutama pada bagian daun adalah bagian yang paling peka terhadap polusi atau pencemaran udara.

Konsentrasi polusi atau pencemar di udara yang terlalu tinggi dapat memengaruhi pertumbuhan pada tanaman, terutama salah satunya ialah gangguan respon fisiologis yaitu perubahan pada sistem fotosintesa. Kadar polusi udara yang ada pada suatu lingkungan pun dapat memengaruhi fungsi stomata pada tumbuhan, dimana pada daerah dengan kadar polusi yang lebih besar akan mengalami tingkat kerusakan stomata yang lebih banyak.

Kerusakan stomata dapat berupa terjadinya penyempitan celah stomata, warna stomata yang menghitam karena pencemaran logam, sehingga stomata tidak dapat menjalankan fungsi normalnya. Untuk itu, tanaman pucuk merah seringkali dijadikan bukan hanya mempercantik kondisi jalan namun juga sebagai pengurang kadar polusi. Terbukti pucuk merah memiliki kemampuan penyerapan karbondioksida (CO2) lebih besar dibandingkan jenis tumbuhan yang lain.

Kemampuannya setara dengan tanaman hias lainnya yakni lidah mertua.
Tata nama Sinonim takson Eugenia oleina Pucuk merah atau daun pucuk merah ( Syzygium myrtifolium) adalah spesies tumbuhan yang dikenal sebagai tanaman hias yang berasal dari genus Syzygium.

[1] Warna tunas daun yang baru muncul memiliki warna merah menyala sehingga tumbuhan ini memiliki sebutan Pucuk Merah. Warna daun akan berubah perlahan menjadi hijau seiring berjalannya waktu. [2] Pucuk merah merupakan sejenis tanaman perdu yang biasanya dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah, perkantoran dan sebagainya serta masih termasuk ke dalam family yang sama dengan tanaman cengkih. Bila diperhatikan, bentuk tajuk dan daunnya pun sangat menyerupai tanaman cengkih.

[3] [4] Tumbuhan ini merupakan tanaman asli dari Bangladesh, Borneo, Jawa, semenanjung Malaya, Myanmar, Filipina, Sumatra, dan Thailand. [5] Daftar isi • 1 Budidaya • 2 Manfaat • 3 Morfologi • 4 Galeri • 5 Referensi • 5.1 Catatan kaki • 6 Pranala luar Budidaya [ sunting - sunting sumber ] Tanaman ini sering ditanam di pinggir jalan, halaman maupun di pekarangan rumah.

Pucuk merah dapat diperbanyak bisa dengan 2 cara yakni cara Vegetatif dan cara generatif. [a] [1] Selain alasan keindahan, pohon ini ditanam karena memiliki akar tunggang yang mampu menghujam ke dalam tanah secara kokoh untuk merehabilitasi lahan, mencegah longsor dan menyimpan cadangan air.

[3] Manfaat [ sunting - sunting sumber ] Pucuk merah memiliki kemampuan menyerap karbon dioksida (CO2) lebih besar dibandingkan jenis tumbuhan yang lain.

Hal ini dilihat dari laju fotosintesis dan kandungan timbal (PB) daun pucuk merah.

nama ilmiah pucuk merah

{INSERTKEYS} [6] Disamping itu, tanaman ini dapat mencegah longsor dan menyimpan cadangan air. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki struktur akar tunggang yang kokoh.

[6] [3] Morfologi [ sunting - sunting sumber ] Akar pucuk merah terdiri dari akar tunggang yang merambat dan terus membesar. {/INSERTKEYS}

nama ilmiah pucuk merah

Akar berbentuk bulat dan berwarna coklat. Akar dari tanaman ini bisa menopang lebih kuat agar tanaman pucuk merah bisa berdiri tegak; bentuk batang yang bulat, berkayu, dan mempunyai kambium didalamnya. Tinggi dari batang pucuk merah ini bisa nama ilmiah pucuk merah ketinggian 5 meter jika tumbuh di tempat yang subur dan terdapat nutrisi yang tinggi; daun pucuk merah ini berbentuk oval dengan lancip pada ujung daunnya, untuk struktur daun pucuk merah mempunyai tulang daun dengan tumbuh ditiap rantingnya.

[1] Warna dari daun pucuk merah ini cukup unik, karena jika daun masih muda, daunnya akan berwarna merah, seiring waktu daunnya akan berubah menjadi hijau. Dua warna yang dikombinasikan tersebut menjadikan tanaman ini memiliki warna yang indah jika dilihat; bunga dari tanaman pucuk merah ini merupakan bunga yang majemuk dengan tersusun dalam malai berkarang terbatas. Ketika bunga sudah mekar, bunga dari pucuk merah akan tampak kepala putik yang berwarna putih dengan tangkai putik yang berukuran lebih pendek jika dibanding benang sari dari bunganya.

Letak putik tepat berada di tengah sedangkan tangkai sari berwarna putih berukuran lebih panjang dari putiknya dan memiliki jumlah yang banyak. Bunga dari tanaman pucuk merah ini merupakan bunga yang majemuk dengan tersusun dalam malai berkarang terbatas.

[1] Pucuk merah memiliki buah yang berbentuk bulat agak pipih. Di bagian tengah dari permukaan atas buah terdapat cekungan. Ukuran dari buah pucuk merah berdiameter kira-kira 0,7 cm. Untuk warna dari buah ini berwarna hitam mengkilat ketika sudah masak. [1] Galeri [ sunting - sunting sumber ] • • ^ a b c d e FB, URL PROFIL. "Klasifikasi dan Morfologi dari Pucuk Merah (Syzygium oleana)".

Sampul Pertanian. Diakses tanggal 2019-11-24. • ^ "KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI PUCUK MERAH - Materi Pertanian" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-08. Diakses tanggal 2019-07-14. • ^ a b c nama ilmiah pucuk merah Pohon Pucuk Merah (Oleina syzygium) untuk rehabilitasi lahan, mencegah longsor dan menyimpan cadangan air. - Direktorat Eksekutif ITB Kampus Jatinangor". Diakses tanggal 2019-11-26. • ^ achmadrizal (2011-05-23).

"Pucuk Merah (Syzygium Oleina)". achmadrizal's blog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-26. • ^ "Syzygium myrtifolium Walp. - Plants of the World Online - Kew Science". Plants of the World Online. Diakses tanggal 2019-11-26. • ^ a b "Pucuk Merah, Tanaman Andal Penyerap Karbon".

Greeners.Co (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-26. Catatan kaki [ sunting - sunting sumber ] • ^ dalam kseluruhan artikel ini, tumbuhan tersebut tertulis sebagai pucuk merah atau Syzygium oleana Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • "Syzygium myrtifolium Walp. - Plants of the World Online - Kew Science". Plants of the World Online. • [1] Diskripsi Dan Cara Budidaya Tanaman Pucuk Merah Wikimedia Commons memiliki media mengenai Syzygium myrtifolium. • Halaman ini terakhir diubah pada 1 Februari 2022, pukul 19.10.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
• Info • Tanaman • Tanaman Pangan • Palawija dan Sayuran • Tanaman Hutbun • Tanaman Obat • Tanaman Hias • Hidroponik • OPT Tanaman • Hama • Penyakit • Gulma • Musuh Alami • Pupuk • Kimia • Organik • MOL • ZPT • Pestisida • Nabati • Kimia • Riungan • Kelompok Tani • KWT • Gapoktan • Paguyuban • Bidang lainnya • Hobi • Peternakan • Perikanan • IPTEK • Lainnya • Budidaya • Pengetahuan • Serba Serbi • Tips • Ragam Manfaat • Kandungan Bentuk dari daun pucuk merah ini berbentuk oval dengan lancip pada ujung daunnya, untuk struktur daun pucuk merah mempunyai tulang daun dengan tumbuh ditiap rantingnya.

Warna dari daun pucuk merah ini cukup unik, karena jika daun masih muda, daunnya akan berwarna merah, seiring waktu daunnya akan berubah menjadi hijau. Dua warna yang dikombinasikan tersebut menjadikan tanaman ini memiliki warna yang indah jika dilihat.

Bunga dari tanaman pucuk merah ini merupakan bunga yang majemuk dengan tersusun dalam malai berkarang terbatas. Ketika bunga sudah mekar, bunga dari pucuk merah akan tampak kepala putik yang berwarna putih dengan tangkai putik yang berukuran lebih pendek jika dibanding benang sari dari bunganya.

Letak putik tepat berada di tengah sedangkan tangkai sari berwarna putih berukuran lebih panjang dari putiknya dan memiliki jumlah yang banyak.Manfaat Tanaman Pucuk Merah Bagaimana cara mengembang biakkan pucuk merah serta cara merawat tanaman pucuk merah Oleina Syzygium – Bahasa latinnya Pucuk Merah bernama Syzigium oleina merupakan tanaman yang memiliki daun berwarna merah dan hijau dan tumbuh rapat antara daun.

Tekstur daun halus dengan panjang daun berkisar 5 cm dan permukaan nama ilmiah pucuk merah yang mengkilap. Klasifikasi Pucuk Merah • Nama latin : Syzygium oleina • Nama Lokal : pucuk merah • Famili : Myrtaceae • Tinggi rata-rata : 50 cm – 3 m • Daya tarik : tunas muda berwarna oranye dan merah Perawatan Pucuk Merah • pemotesan 2minggu sekali • pemangkasan 2-3bln sekali • pemupukan dengan NPK 2-3bln sekali • memerlukan cahaya matahari penuh • kebutuhan air sedang • termasuk jenis tanaman evergreen Manfaat Pucuk Merah • Sebagai border atau pembatas ataupun jalur hijau • tanaman hias dalam pot • sebagai focal point pada taman bertema tropis • tanaman pengarah Tanaman ini akan selalu menghasilkan dua warna karena daun muda yang berwarna merah akan bermunculan sehingga warna tanaman menjadi hijau merah, kemudian warna daun akan berubah menjadi hijau saat daun semakin tua Cara menanam pucuk merah serta Budidaya tanaman pucuk merah di Indonesia menjadi salah satu negara tempat ideal karena tanaman ini sangat cocok hidup di daerah tropis.

Diameter tanaman dapat mencapai 30 cm dengan tinggi mencapai 7 meter. Usia tanaman dapat mencapai puluhan tahun. Perawatan Pucuk Merah Jika ingin tumbuh maksimal sebaiknya tidak ditanam di pot, lakukan pemangkasan daun 1 bulan sekali agar bentuk tanaman tetap rapi.

Pemotesan terhadap daun-daun yang sudah tua dapat dilakukan 2 minggu sekali. Daun yang sudah tua dipotes mulai dari pangkal ruas yang menempel pada cabang pohon, agar daun baru dapat nama ilmiah pucuk merah dari pangkal tersebut. Anda juga dapat memangkas tanaman in menjadi bentuk-bentuk yang unik. Bentuk tajuk lingkaran atau dibentuk kerucut menyerupai pohon cemara sering ditemui dan dapat dicoba pada tanaman Anda. Manfaat Pucuk Merah Merawat pucuk merah juga mencakup melindunginya dari berbagai penyakit dan hama.

Salah satu pengganggu tanaman ini adalah ulat coklat. Untuk membasminya, Anda dapat menggunakan suprasit. Jangan lupa untuk memberi pupuk tanaman agar tanaman dapat tumbuh sehat.

nama ilmiah pucuk merah

Berikan pupuk N-P-K seimbang. Lakukan pemupukan setiap dua bulan. Jangan lupa lakukan penyiraman setiap hari. Pucuk merah merupakan tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari. Agar dapat terus bertunas sehingga menghasilkan daun berwarna merah, tempatkan tanaman ini di lokasi yang banyak terkena sinar matahari. Kini, si pucuk merah siap menghiasi taman Anda dengan daun hijau merahnya.

Related Posts • Ciri Ciri Khusus Pohon Pisang Dan Fungsinya Artikel berikut akan membahas mengenai ciri ciri khusus pohon pisang dan fungsinya, secara umum pohon pisang dapat hidup di daerah yang tinggi. • Ciri Khusus Tumbuhan Talas Dan Fungsinya Berikut adalah ciri ciri khusus tumbuhan Talas dan fungsinya, Tanaman ini merupakan jenis tumbuhan monokotil atau biji berkeping dua, dengan sistem perakaran serabut pendek dan tumbuh.

• Ciri ciri Khusus Pohon Nama ilmiah pucuk merah dan Fungsinya Berikut beberapa ciri ciri khusus pohon nangka dan fungsinya, tinggi pohon yang sedang pada umumnya berukuran sampai sekitar 20 m tingginya, memiliki.

• Ciri Khusus pada Tumbuhan Benalu dan Fungsinya Berikut beberapa ciri ciri khusus pada tumbuhan Benalu dan fungsinya, pengertian Benalu adalah sekelompok tumbuhan parasit obligat yang tumbuh dan hidup pada.

• Ciri Ciri Bunga Anyelir di Indonesia, Manfaat, Arti, Jenis dan Cara Menanam Ciri Ciri Bunga Anyelir di Indonesia, Manfaat, Arti, Jenis dan Cara Menanam – Nama lain Bunga Anyelir disebut juga dengan bunga teluki dan. Recent Posts • Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan • Khasiat Buah Palem dan Kumpulan Tips • Efek Samping Jika Tidak Cocok Memakai Cream Garnier Sakura White • Ciri Khusus Lebah dan Fungsinya • Ciri Khusus Kuda Nil dan Fungsinya • Ciri Khusus Burung Pelatuk dan Fungsinya • Fungsi Telapak Kaki, Tumit, dan Mata Kaki • Apa Manfaat dan Dampak yang sedang Haid melakukan Hubungan Intim • Ciri Ciri Khusus Pohon Pisang Dan Fungsinya • Ciri Khusus Tumbuhan Talas Dan Fungsinya Recent Search • Vido berhubungan intim manusia primitif • Foto pecah prawan • gairah birahi janda kesrpian crtr dws • gajih atau minyak unta • Nama ilmiah pucuk merah preya • vidio menghisap payudaraku dihisap • Kakaknya freya • kakaknya freya pembantu dan majikan • Baku cuki • Wanita idaman sering minta tol sama kita itu tandanya apa y • Apa yg dirasakan oleh wanita idaman saat kita menatap bola matanya • arak putih campur telur ayam kampung • Pinjet ibu2 panti plus2 • Apakah bir hitam bisa menggugurkan?

• manpaat talas hitam • Bagian yg membuat wanita Bernafsu Dlm berhubunhan badan • Kopi urat madu • Cara cuki • fungsi beer hitam dicampur telur ayam • vidio klimaks wanita
Tanaman pucuk merah merupakan tanaman hias yang sering digunakan untuk melengkapi variasi tanaman di taman. Tanaman ini masuk ke dalam keluarga Myrtaceae.

Dan banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Beberapa tahun ini namanya sering disebut karena memang sedang trend. Itu sebabnya kita akan banyak menjumpainya di taman-taman terbuka. Keunikan tanaman ini ada pada pucuk daunnya yang ketika masih muda akan berwarna merah muda. Sehingga sesuai dengan namanya yaitu tanaman pucuk merah. Contents • 1 Klasifikasi Pucuk Merah • 2 Morfologi Tanaman Pucuk Merah • 2.1 Daun Pucuk Merah • 2.2 Biji Pucuk Merah • 2.3 Bunga Pucuk Merah • 3 Cara Stek Pucuk Merah • 4 Manfaat Tanaman Pucuk Merah • 5 Harga Pucuk Merah • 6 Cara Merawat Tanaman Pucuk Merah • 7 Cara Memangkas Pucuk Merah • 8 Cara Membentuk Tanaman Pucuk Merah • 9 Bonsai Pucuk Merah Klasifikasi Pucuk Merah Untuk mengetahui dengan pasti tentang karakteristik suatu jenis tanaman, salah satunya bisa dilakukan dengan mengetahui klasifikasinya.

Kemudian bagaimana dengan klasifikasi tanaman pucuk merah ini? Ternyata ia termasuk ke Kingdom Plantae, Family Myrtaceae, sub family Myrtoideae, Marga Syzygium, dan spesies Syzigium oleana. Dengan demikian, nama latin pucuk merah adalah Syzigium oleana. Morfologi Tanaman Pucuk Merah Daun Pucuk Merah Daun muda pucuk merah ini akan memiliki warna oranye kemerahan.

Dan akan berubah menjadi kuning, hijau muda hingga hijau tua setelah usia daun semakin tua. Bentuk daunnya oval dengan ujung yang runcing, permukaan daun yang licin dan mengkilap, serta tepi daunnya halus. Sepintas ia akan terlihat seperti daun cengkeh.

Biji Pucuk Merah Pucuk merah berkembang biak dengan menggunakan biji. Biji tanaman ini berwarna coklat tua dengan ukuran biji 2-3 mm diameternya. Meskipun perkembangbiakan utamanya menggunakan biji, namun para nursery lebih banyak menggunakan teknik stek atau cangkok untuk memperbanyak tanaman ini. Tentu saja teknik ini banyak dipilih karena memang memberikan hasil bibit yang lebih cepat dan banyak.

Bunga Pucuk Merah Nama ilmiah pucuk merah pucuk merah ketika masih kuncup akan berwarna kemerahan di bagian pangkalnya. Bunga Pucuk Merah Yang Masih Kuncup Dan ketika mekar akan menjadi bunga yang kepala putiknya berwarna kuning dengan benang sari berwarna putih. Cara Stek Pucuk Merah Memperbanyak tanaman ini bisa juga dilakukan dengan cara stek. Melakukan stek tanaman ini akan sama seperti cara stek tanaman lainnya. Berikut ini langkah-langkahnya : • Pilih batang tanaman yang umurnya sudah cukup tua dengan kondisi yang sehat (tidak ada penyakit).

• Potong batang tersebut dengan ukuran 20 – 30 cm menggunakan pisau yang tajam dan telah telah diolesi fungisida.

nama ilmiah pucuk merah

• Posisi potongan adalah meruncing supaya pada saat menanam lebih mudah. Juga memberikan ruang pertumbuhan akar yang lebih luas. • Masukkan stek ke dalam larutan hormon penumbuh akar untuk mempercepat pertumbuhan akar. • Tanam di media yang telah disediakan. Manfaat Tanaman Pucuk Merah Tanaman ini ternyata memiliki manfaat yang banyak bagi kita. Baik itu dari segi keindahannya, kandungan zat-zat di dalam tubuhnya serta dari segi lingkungan.

Pucuk Merah untuk menghiasi halaman Apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman ini?

nama ilmiah pucuk merah

Berikut ini adalah daftar manfaat tanaman ini : • Sebagai bahan baku pembuatan pewarna alami makanan. • Memiliki kemampuan sebagai anti oksidan jika telah nama ilmiah pucuk merah minyak atsiri (sumber : https://scialert.net/fulltext/?doi=pjn.2017.605.611).

• Untuk pengobatan dapat digunakan untuk pelarut metanol. • Dari sisi estetika digunakan untuk mempercantik taman melalui warna daunnya yang indah.

Apalagi jika pohonnya dibentuk dengan cantik, sungguh membuat kita betah memandanginya. • Dapat juga digunakan sebagai tanaman pagar. • Dari segi lingkungan dapat menambahkan kesegaran udara dengan oksigen yang dihasilkannya. • Dapat menjadi tanaman peneduh. Harga Pucuk Merah Untuk mendapatkan informasi tentang harga tanaman ini, bisa langsung cek ke artikel Harga Tanaman Pucuk Merah. Cara Merawat Tanaman Pucuk Merah Tanaman nama ilmiah pucuk merah lebih cocok menjadi tanaman hias daun luar ruangan (outdoor).

Karena ia membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang banyak untuk dapat tumbuh dengan baik. Air yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhannya tidak terlalu banyak. Sehingga pastikan bahwa tanah yang digunakan untuk menanam memiliki drainase yang cukup.

Kebutuhan pupuknya adalah pupuk yang memiliki kandungan N banyak untuk mendukung pertumbuhan daunnya. Karena ia lebih banyak mengutamakan pertumbuhan vegetatif, maka jenis pupuk urea masih cukup bagus untuk mendukung agar ia tumbuh subur.

Tentu saja bukan hanya pupuk urea saja yang dibutuhkan. Pupuk organik dalam jumlah yang cukup akan sangat membantu pertumbuhan akar tanaman agar sehat. Tanah dengan banyak kandungan bahan organik (seperti yang didapat dari pupuk organik) akan meningkatkan kemampuan tanaman dalam menyerap unsur-unsur hara di dalam tanah.

Kenapa? Karena banyaknya bahan organik tanah memberikan lingkungan tumbuh mikroorganisme tanah dengan baik. Mikroorganisme tanah ini sangat penting untuk memecah unsur-unsur hara yang ada di dalam tanah.

nama ilmiah pucuk merah

Nah, unsur hara dalam bentuk ion-ion inilah yang nantinya akan diserap oleh akar tanaman. Pemberian pupuk untuk tanaman ini juga bisa dilakukan dengan cara disemprotkan ke daunnya agar dapat langsung terserap oleh tanaman. Cara Memangkas Pucuk Merah Keindahan utama tanaman ini ada pada warna daun mudanya yang oranye kemerahan.

Apalagi ketika sedang nama ilmiah pucuk merah sinar matahari, maka daunnya akan terlihat berkilau sangat indah. Supaya daun muda ini tetap tumbuh, maka perlu dilakukan pemangkasan teratur, sekaligus untuk menjaga bentuknya. Untuk bisa membentuk tanaman ini dengan indah, maka diperlukan beberapa peralatan, yaitu : • Gunting tanaman yang tajam • Benang kasur atau tali rafia • Batu atau pemberat tali • Untuk bentuk tanaman yang agak rumit maka perlu ditambahkan kawat bendrat • Tang untuk mengulir kawat nama ilmiah pucuk merah Cara Membentuk Tanaman Pucuk Merah Memangkas pucuk merah akan lebih mudah jika sebelumnya tanaman ini telah dibentuk sebelumnya.

Nah, pola inilah yang nantinya bisa kita ikuti dalam proses pemangkasan pohon pucuk merah. Jadi ini adalah proses untuk merapikan tanaman saja. Akan tetapi, apabila ternyata ini adalah proses membentuk yang baru dilakukan pertama kali maka kita memerlukan alat bantu berupa tali atau kawat untuk memandu kita dalam memotong bagian-bagian tanaman.

Kemudian bagaimanakah cara membentuk tanaman ini? Untuk mendapatkan bentuk tanaman kerucut pada pucuk merah kita bisa menggunakan tali rafia sebagai alat bantu. Tali rafia dililitkan sesuai dengan bentuk yang diharapkan dan nantinya dia dipakai sebagai panduan kita dalam memotong ranting dan daun tanaman. Untuk bentuk-bentuk yang lebih rumit, bisa menggunakan kawat yang dililitkan.

Penggunaan kawat ini dipilih karena kemampuannya untuk bisa dibentuk-bentuk dengan lentur. Bentuk kawat sesuai dengan desain yang diinginkan, kemudian lilitkan tanaman pada kawat tersebut. Kemudian rapikan sisanya menggunakan gunting tanaman. Metode ini juga sering digunakan untuk membentuk tanaman teh-tehan yang juga dapat dibentuk dengan aneka bentuk yang indah. Meskipun tanaman hias ini tidak sefleksible teh-tehan, namun ia juga masih dapat dibentuk dalam aneka bentuk yang indah. Bentuk yang umumnya di buat memang bentuk kerucut.

Namun ia juga dapat dibentuk menjadi bulat, melengkung dan lain sebagainya. Bonsai Pucuk Merah Bonsai tanaman ini bisa dibuat dengan mengkombinasikan ukuran pot yang kecil serta kemampuan membentuk bonsai yang dimiliki. Caranya hampir sama dengan cara membentuk tanaman ini di taman.

Hanya saja untuk tanaman dalam bentuk bonsai memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga proses membentuk dan memangkasnya akan lebih mudah.

Tips Jitu Cara Merawat Tanaman Pucuk Merah Yang Kering Jadi Sehat Dengan Daun Merona




2022 www.videocon.com