Kenapa kipas angin tidak bisa berputar

kenapa kipas angin tidak bisa berputar

Namun, membetulkan kipas angin yang rusak tidak melulu harus dibawa ke tempat service. Bila kipas angin rusak berdengung dan tidak berputar, kamu bisa kok mengerjakan secara mandiri di rumah tanpa bantuan tukang.

Ada dua penyebab kipas angin berhenti berputar dan malah mengeluarkan suara dengung. Pertama, bearing atau bushing kipas angin sudah haus sehingga harus kamu ganti dengan yang baru. Jumlahnya bisa dilihat, kemungkinan bagian depan dan belakangnya harus kamu ganti.

Apabila kotoron sudah menumpuk, bersihkan kipas angin dengan lap kering dan kanebo basah. Setelah semua bagian terpasang kenapa kipas angin tidak bisa berputar benar, maka nyalakan kipas angin untuk pengetesan. Air yang menembus dari dinding plafon atau menetes pada kipas angin dapat merusak sistem kerjanya. Jangan sampai terkelupas atau rusak, jika hal ini terjadi segera ganti dengan yang baru.

5 Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Tidak Berputar, Patut Dicoba Sebelum Beli Baru Kipas angin menjadi salah satu alternatif untuk menyejukkan suhu ruangan selain air conditioner atau AC.

Harganya yang ekonomis, tidak boros listrik, serta lebih ramah lingkungan mungkin menjadi pertimbangan Bunda untuk menggunakannya. Seperti alat elektronik lainnya, kipas angin juga dapat mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik. Apabila Bunda menemukan masalah kipas angin tidak berputar, tak selalu berarti mesinnya yang rusak.

Namun, debu dan kotoran juga bisa menjadi salah satu penyebabnya lho, Bunda. Apabila Bunda bisa mendengar suara mesinnya, maka matikan kipas dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Cungkil sangkar dengan kuku atau obeng yang sesuai dan tarik bagian depan kipas agar Bunda dapat mengakses baling-balingnya.

Bunda dipastikan bisa langsung melihat bagian motor kipas sehingga tak perlu membongkarnya lagi. Baling-baling kipas biasanya mengumpulkan banyak debu dan puing-puing yang kemudian mengendap di bagian belakang.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tak Berputar, Cukup Lakukan Hal Ini di Rumah Saja GridHITS.id - Ternyata begini cara memperbaiki kipas angin tak berputar yang ada di rumah Anda jika ingin melakukannya sendiri. Biasanya, kipas angin sendiri akan digunakan ketika siang hari dengan panas terik yang membuat seisi rumah kepanasan. Apa lagi jika kipas angin berhenti berputar di tengah teriknya sinar matahari pada siang hari yang membuat kita kepanasan. Melansir dari hunker.com, inilah cara memperbaiki kipas angin tak berputar yang bisa Anda coba sendiri di kenapa kipas angin tidak bisa berputar ya.

Jika sulit, cungkil dengan kuku jari atau obeng pipih dan tarik bagian depan kipas sehingga bisa mengakses bilahnya. Lihat di mana unit bilah kipas terhubung ke bantalan dan motor atau mesin, kita bisa melihatnya tanpa melepas baut manapun. Jika memang terlihat banyak kotorannya, segera bersihkan dengan jari ataupun obeng pipih yang bisa masuk ke area tersebut.

Baca Juga: Pandai Manfaatkan Momen, Segini Pendapatan Deddy Corbuzier Tayangkan Live Duel Dewa Kipas vs GM Irene Sukandar yang Pecah Rekor hingga Gapai Cuan Miliaran Rupiah. Baca Juga: Usai Dapat Hoki Uang Rp100 Juta Rupiah, Dewa Kipas Dikabarkan Akan Bertanding dengan Pecatur Dunia ini, Dibayar Berapa? 5 Langkah Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Akibat dari kerusakan tersebut, beberapa aktivitas yang bisa terbantu oleh kipas angin ini kini menjadi terasa lebih merepotkan.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki kipas angin tidak berputar, rusak atau mati, yang mudah Anda coba di rumah. Selain karena kotor, kenapa kipas angin tidak bisa berputar angin juga akan macet jika as tersebut kering atau kurang pelumas. Mari kita simak langkah-langkah cara memperbaiki kipas angin tidak berputar di bawah ini yang dilansir dari gridhits.id. Namun jika Anda bisa mendengar suara mesin kipas anginnya, maka matikan lalu lakukan langkah selanjutnya.

Jika cara tersebut susah, cungkil dengan kuku jari atau obeng lalu tarik bagian depan kipas sehingga bilahnya bisa diakses. Jika terlihat banyak kotorannya, maka harus segera dibersihkan dengan jari atau obeng yang bisa masuk ke area tersebut.

Setelah kipas bersih, coba colok lagi kipasnya dan lihat apakah sudah bergerak atau tidak. Tekan sebuah sedotan dengan semprotan pelumas logam ke dalam nosel kaleng lalu kocok beberapa kali. 3 Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar dan Cara Mengatasinya Sebelum memperbaikinya kamu perlu mencari tahu penyebab kipas angin tidak mau berputar. Berikut di bawah ini cara mengatasi kipas angin tidak berputar:.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membongkar kipas angin. Jika penyebab kipas angin tidak berputar karena bearing atau bushing. Langkah terakhir kamu hanya perlu mengecek dan menyalakan kipas angin. Hal ini juga harus kamu lakukan untuk memastikan kipas telah berhasil dibenarkan. Itulah beberapa penyebab kipas angin tidak mau berputar dan cara mengatasinya.

Namun kamu juga perlu merawat kipas angin dengan rutin membersihkan, memastikan kabel, dan jangan terkena air. Perlu kamu tahu penggunaan kipas angin yang berlebihan juga membuah ia tidak mau berputar lho.

kenapa kipas angin tidak bisa berputar

15 Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar & Cara Memperbaiki 100% Work Dari banyaknya masalah yang kerap terjadi pada unit kipas angin, tentunya Anda bertanya mengenai apa faktor penyebab itu sendiri kenapa. Masalah umum pada kipas angin satu ini ternyata banyak yang belum mengetahuinya, mungkin itu salah satunya Anda.

Solusi terbaiknya, yaitu Anda perlu untuk ganti satu set casing rumah motor yang sudah ada bearing sekaligus. Ini biasanya akan satu paket dengan as motor di atas, kemungkinan bearing harus diganti yaitu bagian depan dan belakang.

kenapa kipas angin tidak bisa berputar

Setelah berhasil terpasang, maka Anda sudah bisa untuk mencoba kembali kipas angin yang sebelumnya tidak berputar. Anda juga perlu tahu mengenai tips untuk rawat kipas angin agar awet dan tidak mudah mengelami kerusakan.

Selain itu, ada juga cara memperbaiki dan tips perawatan unit kipas angin agar tetap dalam kondisi berputar. Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar. Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu bisa bongkar kerangka kipas angin, cek penutup dinamo, hingga temukan bearing atau bushing kipas angin. 1. Masukkan As Motor ke Bearing atau Bushing Kipas Angin. Cara yang pertama adalah melihat dengan menggunakan mata atau memasukkan as motor ke bearing/bushing, kemudian goyangkan ke arah kanan dan ke kiri.

Lepaskan Bearing dan Ganti dengan yang Baru. Kipas angin merupakan salah satu peralatan elektronik yang sangat berguna untuk dipakai di dalam ruangan, khususnya bagi kita yang tinggal di daerah beriklim tropis seperti di indonesia ini yang biasa mengalami cuaca kemarau yang panas dan gerah.

Dengan menggunakan kipas angin maka suasana di dalam ruangan akan menjadi lebih sejuk meski di saat cuaca sedang panas dan gerah, jadi kipas angin memang sangatlah cocok untuk digunakan disaat cuaca panas seperti pada saat kemarau tiba. Karena fungsinya untuk menyejukkan ruangan, kipas angin seringkali dipakai selama berjam-jam lamanya sehingga masalah kerusakan pada kipas angin lebih rentan terjadi jika dibandingkan dengan peralatan listrik rumah tangga lainnya.

Salah satu masalah kerusakan pada kipas angin yang biasa terjadi adalah kipas angin tidak mau berputar namun masih disertai suara dengungan dari motor listrik atau dinamo kipas angin tersebut.

Nah, bagi anda yang mungkin mengalami hal ini, maka anda bisa mencoba melakukan perbaikan sendiri dengan mengikuti beberapa cara yang akan saya bahas berikut ini. Hal ini karena kipas angin anda tersebut sebenarnya masih memiliki kemungkinan kerusakan yang kecil dan mudah diperbaiki, tentu tidak ada salahnya untuk anda coba lakukan perbaikan sendiri tanpa terburu-buru membawanya ke tempat service karena bisa saja kerusakannya hanya sepele dan sangat mudah untuk anda perbaiki sendiri.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Mau Berputar Dan Hanya Berdengung Masalah kerusakan pada kipas angin yang tidak mau berputar namun masih disertai suara dengungan ini bisa disebabkan oleh beberapa macam hal, bisa jadi karena memang ada salah satu spare part yang rusak dan perlu diganti, atau bisa juga karena faktor masalah lainnya.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasannya dibawah ini. Kipas Angin Tidak Mau Berputar Akibat Macet Kasus kipas angin tidak mau berputar tersebut bisa disebabkan karena memang terdapat kemacetan pada bagian as yang seharusnya putarannya licin atau ringan, untuk mengetahui kemacetan tersebut anda bisa mencoba memutar baling-baling atau batang as kipas angin tersebut, jika setelah dicoba diputar serasa berat atau bahkan tidak mau berputar sama sekali maka sudah pasti kipas angin tersebut mengalami kemacetan sehingga tidak mau berputar saat dinyalakan.

Jika demikian, maka tentunya anda harus mencari letak masalah kemacetan tersebut. Umumnya kemacetan tersebut biasa terjadi akibat gearbox yang rusak. Gearbox ini adalah bagian kipas angin yang fungsinya untuk memutar kepala kipas kekiri dan kekanan (fitur swing). Letak gearbox Terkadang penyebab dari kipas angin tidak mau berputar dan hanya mendengung juga bisa dari sini. Biasanya gearbox ini akan rusak dan membuat rotor atau as terhambat sehingga akhirnya tidak dapat berputar dan cuma terdengar suara dengungan saja.

Untuk itu cobalah anda copot saja bagian ini lalu kemudian uji dengan menyalakan kipas angin anda, jika kipas angin ternyata langsung bisa berputar maka sudah pasti penyebabnya dari gearbox tersebut.

Kalau sudah begini maka jangan pasang lagi gearbox yang rusak tersebut, lakukan penggantian ulang gearbox dengan yang baru jika anda masih ingin memakai fitur swing. Selain karena disebabkan oleh gearbox, kemacetan pada kipas angin bisa pula disebabkan oleh kotornya bos (semacam bearing pada kipas angin) dan as yang biasanya membuat kipas angin berputar lambat dan tak sedikit juga yang tidak bisa berputar sama sekali karena akibat saking kotornya bos dan as ini. Jadi anda harus perhatikan baik-baik pada bagian as yang menyentuh bos seperti yang sudah saya jelaskan dengan tanda panah diatas, disitulah biasanya tempat berkumpulnya kotoran seperti debu, potongan rambut bahkan tak jarang juga terdapat sehelai benang yang ikut tersangkut dibagian tersebut, tak hanya bagian bos depan saja biasa bos bagian belakang juga kotor.

Jika memang benar terdapat kotoran seperti yang sudah saya sebutkan diatas maka anda harus bersihkan kotoran tersebut kenapa kipas angin tidak bisa berputar keseluruhan dengan cara membongkar rumah dinamonya, hal ini penting untuk dilakukan ketimbang hanya memberi minyak pelicin saja tanpa dibersihkan.

Nah ketika semua kotoran tersebut sudah bersih maka segera pasang kembali dan jangan lupa beri minyak pelicin yang cocok misalnya minyak dari mesin jahit merk singer yang memang cocok untuk digunakan pada kipas angin. Dan jangan coba-coba menggunakan minyak yang lengket atau bahkan kotor karena kenapa kipas angin tidak bisa berputar ini akan membuat kipas angin anda kembali terhambat atau macet.

Kipas Angin Tetap Tidak Mau Berputar Meski Rotor Atau As Tidak Dalam Kondisi Macet Tak hanya disebabkan oleh kemacetan saja, kipas angin juga bisa berhenti berputar meski kondisi rotor atau as masih licin atau ringan ketika diputar manual dengan bantuan tangan kosong, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebab lainnya seperti dibawah ini.

As Dan Bos Aus As (rotor) dan bos (bearing kipas angin) Selain karena kotor, kipas angin yang tidak mau berputar bisa juga diakibatkan karena kondisi as dan bos yang aus. Karena bagian as dan bos yang telah aus, hal ini membuat posisi as dengan besi kern menjadi tidak sentral sehingga as atau rotor tersebut bergesekan dengan besi kern dan akhirnya terjadi macet ketika posisi kipas angin sedang dinyalakan. Maka jika anda mendapati bos atau as kipas angin telah aus, langsung saja lakukan penggantian pada bagian atau spare part tersebut supaya kipas angin dapat berputar dengan normal kembali.

Untuk bos atau semacam bearing pada kipas angin ini anda bisa mendapatkannya di toko-toko elektronik khusus peralatan listrik rumah tangga, sedangkan untuk spare part rotor atau as anda bisa mencarinya di tempat penjualan barang bekas atau loakan karena umumnya ditoko-toko elektronik tak menjualnya.

Kapasitor Mati Letak kapasitor Kapasitor yang mati akan membuat dinamo tak bisa berputar dan hanya akan berdengung saja, walaupun as dalam kondisi yang baik-baik saja tidak seret atau macet saat diputar manual dengan bantuan tangan.

Untuk mengetahui apakah kapasitor telah rusak atau mati anda bisa mengecek kondisinya menggunakan Multitester atau AVO meter. Apabila kapasitor mati, maka anda tinggal menggantinya dengan ukuran yang sama untuk mengatasi masalah kipas angin yang tidak berputar tersebut. Motor Atau Dinamo Terbakar Dinamo kipas kenapa kipas angin tidak bisa berputar Maspion Selain beberapa penyebab diatas yang kerusakannya tergolong cukup mudah untuk diatasi, ada juga penyebab dengan kerusakan yang lebih parah dan sangat sukar untuk diatasi yakni masalah dinamo atau motor listrik yang terbakar.

Sebenarnya kipas angin yang tidak mau berputar tersebut bisa juga diakibatkan oleh kerusakan pada lilitan dinamonya. Dan yang sering terjadi ialah lilitan bantunya yang sudah terbakar, biasanya saat di cek dengan AVO meter ada yang putus di tengah. kerusakan semacam ini sulit untuk diperbaiki, dan mau tidak mau anda harus mengganti ulang dinamonya. Bisa dengan mencari jasa perbaikan dinamo yaitu rewinding atau anda bisa membeli dinamo yang lengkap dengan spare part biasanya sudah termasuk spare part gearbox, kapasitor dan lain-lain yang bisa anda pasang sendiri di rumah.

Oke cukup sekian dulu untuk pembahasan kali ini mengenai cara memperbaiki kipas angin yang tidak mau berputar namun hanya mendengung, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas Angin yang putarannya lambat
Cara Memperbaiki Kipas Angin – Kipas angin merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan saat ini terutama bila Anda tinggal di daerah berudara panas seperti Jakarta dan sekitarnya atau kota-kota lain apalagi bila Anda tidak memiliki AC.

Kipas angin masih menjadi pilihan saat ini karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan AC selain itu daya listrik yang diperlukan kenapa kipas angin tidak bisa berputar tak sebesar penggunaan AC.

Namun masalahnya bagaimana cara memperbaiki kipas angin bila kipas tsb tidak dapat berputar atau angin yang dihasilkan sangat lemah sehingga tidak mampu menyejukkan udara di rumah Anda? Baca juga: Cara Membersihkan AC Sendiri di Rumah Mudah dan Cepat Bila Anda mengalami masalah yang sama, silahkan ikuti beberapa tips / cara memperbaiki kipas angin yang tidak dapat berfungsi semestinya yang akan diulas oleh Cara Praktis berikut ini.

Cara Mengatasi Kipas Angin Yang Lemah / Berputar Lambat Salah satu penyebab melambatnya perputaran kipas angin adalah adanya kotoran yang menempel sehingga menghambat perputaran kipas.

kenapa kipas angin tidak bisa berputar

Cara memperbaiki kipas angin yang lambat putarannya dapat dilakukan dengan cara berikut ini: • Matikan kipas dan cabut kabelnya dari steker • Bongkar penutup kipas • Bersihkan kotoran yang menempel di bagian as kipas seperti benang, rambut, atau debu (bila ada) • Beri minyak pelicin seperti oli • Lalu tutup kembali penutup kipas dan coba nyalakan.

Bila cara memperbaiki kipas angin yang lambat putarannya seperti di atas masih belum berhasil, cobalah periksa kapasitornya menggunakan multimeter.

Bila rusak, silahkan ganti dengan kapasitor yang masih baik. Baca juga: Cara Praktis Menguji dan Memeriksa Komponen Elektronika Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Mati Total Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi kipas angin yang mati total tidak dapat berputar sama sekali, yaitu: • Matikan dulu kipas angin dan cabut kabel dari steker • Bongkar casing kipas angin • Periksa jalur kabel apakah ada yang putus atau tidak menggunakan multimeter.

Bila ada yang putus silahkan ganti dengan yang baru. Bila tidak ada yang putus silahkan lanjut ke cara memperbaiki kipas angin berikutnya • Periksa saklar kipas angin dan sambungannya, apakah ada yang tidak berfungsi.

Bila ada yang rusak silahkan ganti dengan yang baru. Bila kondisinya baik-baik saja silahkan lanjutkan ke cara memperbaiki kipas angin berikutnya.

• Bongkar casing dynamo lalu cari thermo fuse yang biasanya berada dalam isolator bersama gulungan dynamo. Periksa kondisi thermos fuse tsb menggunakan multimeter dengan posisi selector di skala ohm. Bila jarum tidak bergerak berarti thermo fuse tsb rusak dan harus diganti.

Baca juga: Cara Praktis Browsing di Google Chrome Android Secara Offline thermofuse (image credit: gurucanggih.com) • Bila thermo fuse baik-baik saja maka cara memperbaiki kipas angin yang rusak dapat dilanjutkan dengan memeriksa gulungan dynamo. Solusinya bila gulungan dynamo bermasalah adalah gulung ulang di tukang dynamo atau menggantinya dengan yang baru.

Itulah beberapa cara memperbaiki kipas angin yang rusak atau tidak berfungsi yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Bila Anda tidak yakin dan tidak mau pusing, silahkan panggil jasa service kipas angin saja hehehe. Semoga informasi di atas bermanfaat … Posting pada Elektronika Ditag cara memperbaiki, cara mengatasi, kipas angin Navigasi pos - baut kipas angin tidak sama putarannya dengan umumnya baut lain, dikarenakan kondisi baut ini yang berada dalam posisi berputar setiap saat, yakni … ketika sobat menyalakan kipas maka baling baling terhentak berputar ke kanan, sebaliknya Mur knob terhentak ke kiri, karena itu ia didesign darat kiri supaya malah mempererat mur itu sendiri, seandainya ia didesign drat kanan, maka bahayanya adalah lama lama ia akan kendor sendiri dan baling baling setiap saat bisa lepas.

- ujung daun baling baling yang berada di posisi awal sebagai pembelah angin, ternyata bidangnya melengkung, akibatnya daun ini menyerok angin sekaligus mendorong juga angin ke belakang, sehingga terjadi tabrakan angin secara lokal yang mengakibatkan tidak ada dorongan /hembusan angin kedepan sama sekali. Cahterateaddress.blogspot.com May 7, 2018 at 12:31 AM Gue percya ma elu gan, tp bukan brarti gue musrik, atau sbaliknya gue percya ma ely, terus gue mau pinjemin duit ke elu, kagak gan,hihi,, Gue cm percaya tulisan elu ini gan, karna gue udh pernh mncoba meski blm sempurna,tp besok gue mo coba kdua cara itu, smpe berhasil.

Hehee, salam Reply Delete Ryan Zeus November 11, 2021 at 7:27 PM Kalau gue gak salah itu namanya turbulensi (Udara Hampa) akibat tuburukan udara atau apapun itu alasannya, lagi ngalami hal yang serupa kasus pertama, masih heran aja padahal itu cage masih banyak celah udaranya walau sebagian ketutup debu, tapi kok bisa turbulensi, wkwkwk, kipasnya ribut tapi gak ada angin seperti kipas yang di deketin ke tembok, ternyata hanya karena debu yang numpuk, oke gan, mantap tulisanya.

Reply Delete - Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya. - Btw . TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar. - Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa - menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.
Advertisements Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar – Kipas angin mungkin bisa menjadi pilihan jika dirasa membeli AC masih terbilang memakan budget.

Sama-sama sebagai pendingin ruangan, kipas angin tentunya banyak yang sudah menggunakan. Dari banyaknya pengguna kipas angin, tentu banyak permasalahan yang kerap ditemui. Seperti misalnya kipas angin berdengung, berjalan lambat, tidak berputar, cepat panas atau bahkan KIPAS ANGIN MATI yang membuat kipas tidak berputar.

Daftar Isi • Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar • 1. As Motor Aus • 2. Bearing Aus • 3. Kapasitor Melemah • Cara memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar • 1. Bongkar Kipas Angin • 2. Buka Penutup Dinamo • 3. Cari Bearing/Bushing Kipas Angin • 4. Bersihkan Kotoran • 5. Pasang Kipas Angin • 6. Cek & Coba Nyalakan Kipas • Tips Rawat Kipas Angin • 1. Rutin Dibersihkan • 2. Hindari Penggunaan Kasar • 3.

Beri Waktu Istirahat • 4. Pastikan • 5. Jangan Sampai Terkena Air Dari banyaknya masalah yang kerap terjadi pada unit kipas angin, tentunya Anda bertanya mengenai apa faktor penyebab itu sendiri kenapa. Nah, kali ini hargaalat.id akan sampaikan mengenai penyebab mengapa kipas angin tidak berputar. Advertisements Untuk lebih jelas mengenai penyebab-penyebab tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini beserta cara memperbaikinya.

Jadi, terus untuk simak dan pahami faktor penyebab-penyebab berikut ini. Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar Faktor penyebab kipas tidak berputar sendiri ada beberapa, baik itu dari komponen rusak atau kendala teknis. Nah berikut beberapa penyebab-penyebab tersebut seperti: • 1. As Motor Aus Penyebab pertama mengapa kipas angin tidak berputar kemungkinan besar karena as motor kipas angin dengan stator (plate spul) sudah tidak berada tengah-tengah.

Hal ini umumnya dikarenakan dari rumah motor depan dan belakang sudah penyok atau mengalami perubahan bentuk. Dengan begitu, as motor nantinya akan menempel pada stator.

Solusi terbaiknya, yaitu Anda perlu untuk ganti satu set casing rumah motor yang sudah ada bearing sekaligus. Karena ini biasanya akan paketan dengan bearing.

• 2. Bearing Aus Penyebab selanjutnya yaitu kondisi bearing atau bushing kipas angin sudah mulai aus. Dengan begitu, kipas angin Anda tidak bisa berputar atau bekerja. Solusi memperbaiki sendiri yaitu Anda hanya perlu ganti dengan bearing baru. Ini biasanya akan satu paket dengan as motor di atas, kemungkinan bearing harus diganti yaitu bagian depan dan belakang. • 3. Kapasitor Melemah Penyebab berikutnya mengapa kipas tidak berputar bisa dikarenakan oleh komponen bernama kapasitor mulai melemah.

Tidak hanya mengurangi putaran kecepatan baling-baling kipas. Namun kapasitor melemah juga bisa menjadi penyebab kipas angin benar-benar tidak bisa berputar secara normal seperti biasanya. Kapasitor melemah akan dilihat dari fisik kapasitornya. Cara memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Jika sudah tahu akan penyebab-penyebab mengapa kipas tidak mau berputar. Maka Anda hanya kenapa kipas angin tidak bisa berputar tahu cara memperbaikinya, cara memperbaiki kipas tidak berputar cukup mudah.

Berikut langkahnya: • 1. Bongkar Kipas Angin Pertama silakan siapkan alat yang diperlukan seperti obeng dan lainnya. Kemudian mulai untuk membongkar kerangka kipas angin dengan melepaskan baut yang mengunci kerangka dinamo kipas. • 2. Buka Penutup Dinamo Setelah berhasil melepas baut, lanjut dengan buka penutup motor dinamo kemudian buka bautnya dan keluarkan stator dan as motor, lakukan secara perlahan agar gulungan tidak putus.

• 3. Cari Bearing/Bushing Kipas Angin Kemudian cek motor dinamo, apakah benar terjadi aus pada bearing/bushingnya.

Untuk ceknya Anda hanya perlu melihat menggunakan mata atau memasukkan as motor ke bearing/bushing lalu goyang-goyang ke kanan ke kiri. Biasanya saat ada kelonggaran itu menandakan bearing/bushing sudah aus.

Dengan begitu, Anda hanya perlu lepaskan bearing/bushing dan ganti dengan bearing/bushing baru. Lalu pasangkan kembali ke motor dinamo. • 4. Bersihkan Kenapa kipas angin tidak bisa berputar Setelah bearing baru berhasil terpasang, kenapa kipas angin tidak bisa berputar untuk memastikan kondisi kipas angin Anda benar-benar bersih. Jika ada kotoron sudah menumpuk, maka bersihkan kipas angin dengan kain lap kering.

Ini bertujuan agar kotoran tersebut tidak masuk dan menyangkut pada mesin maupun baling-baling kipas yang bisa menyebabkan kipas tidak mau berputar nantinya.

• 5. Pasang Kipas Angin Jika semua langkah di atas sudah dilakukan secara runtut dan komponen yang rusak telah berhasil diganti. Maka Anda hanya perlu pasangkan kembali semua kerangka seperti sediakala. • 6. Cek & Coba Nyalakan Kipas Setelah berhasil terpasang, maka Anda sudah bisa untuk mencoba kembali kipas angin yang sebelumnya tidak berputar.

Jika berputar secara sempurna, maka memperbaiki kipas angin tidak berputar berhasil. Tips Rawat Kipas Angin Tidak hanya tahu akan penyebab dan cara memperbaiki saja.

Anda juga perlu tahu mengenai tips untuk rawat kipas angin agar awet dan tidak mudah mengelami kerusakan. Berikut beberapa tips tersebut: • 1.

Rutin Dibersihkan Rutin membersihkan kipas angin mungkin menjadi salah satu tips wajib yang harus dilakukan. Bagian terkotor biasanya ada pada bagian baling-baling, Anda bisa membersihkan 2 minggu atau 1 bulan sekali. • 2. Hindari Penggunaan Kasar Dalam penggunaan kipas angin, alangkah baiknya ikuti prosedur ketentuannya.

Jangan bertindak kasar dengan memutarkan bagian kepala kipas angin secara paksa, justru bisa saja mengakibatkan kipas tidak bisa bergerak sama sekali.

• 3. Beri Waktu Istirahat Kipas angin tidak berputar, bisa juga dikarenakan penggunaan kipas yang terlalu lama. Dengan begitu, berilah waktu istirahat dan jangan paksakan kipas angin bekerja sepanjang hari. • 4. Pastikan Kondisi Kabel Kabel? Mungkin bisa menjadi komponen terpenting lain dari sebuah kipas angin. Jadi tips berikutnya Anda harus selalu cek dan periksa kabel, jangan sampai ada kabel rusak seperti terkelupas bahkan putus.

• 5. Jangan Sampai Terkena Air Tips terakhir agar kipas tetap berputar dan memiliki kondisi baik, yaitu dengan menghindarkan unit kipas dari air. Jangan sampai ada air yang menyiram kipas angin tersebut baik itu disengaja atau tidak. Mungkin itu dia penyebab-penyebab yang menjadikan kipas dirumah Anda tidak mau berputar. Selain itu, ada juga cara memperbaiki dan tips perawatan unit kipas angin agar tetap dalam kondisi berputar.

Semoga adanya informasi penyebab kipas angin bermasalah yang hargaalat.id sampaikan di atas bisa bermanfaat. Related Posts • 15 Merk Timah Solder yang Bagus 2022 : Ciri & Cara Memilih • Arti Simbol Remote AC Terlengkap dari Berbagai Kenapa kipas angin tidak bisa berputar yang Ada 2022 • Fungsi Mode AC & Cara Setting Terlengkap 2022 : Cool, Dry, & Fan Mode • √ Kode Error Mesin Cuci Denpoo, Penyebab & Cara Mengatasinya • Arti Simbol Remote AC Universal Terlengkap 2022 Artikel Terbaru • 15 Cara Menghapus Channel TV Semua Tipe (LED, Smart TV & STB) • 13 Harga Mesin Cetak Banner Paling Murah Terbaik 2022 • √ Meteran Listrik Tidak Bisa Dipencet ?

Ini Penyebab & Cara Mengatasinya • 15 Merk Timah Solder yang Bagus 2022 : Ciri & Cara Memilih • Arti Simbol Remote AC Terlengkap dari Berbagai Merek yang Ada 2022
Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar - Baaca.id — Kipas angin merupakan sebuah kebutuhan yang berharga di rumah Anda. Ini dikarenakan Anda telah merasakan kenyamanan, merasa lebih sejuk di suhu yang panas apalagi di Kota-kota besar seperti daerah Ibukota dan sekitarnya.

Selain itu, kipas angin bisa menghemat tagihan listrik dibandingkan dengan menyalakan AC. Tetapi apa yang terjadi jika kipas angin Anda tiba-tiba berhenti bekerja atau tidak berputar?

Tentunya hal ini menjadi kekesalan tersendiri bagi Anda yang mengalaminya. Akibat dari kerusakan tersebut, beberapa aktivitas yang bisa terbantu oleh kipas angin ini kini menjadi terasa lebih merepotkan. Langkah pertama Anda yaitu tidak harus melakukan perjalanan ke pusat perbaikan. Tergantung pada masalahnya, Anda mungkin dapat memperbaiki kipas angin sendiri tergantung dari kerusakannya.

Jika kerusakannya masih ringan, maka coba saja Anda perbaiki dahulu dirumah. Baik itu kipas angin berdiri, kipas angin gantung, ataupun kipas angin kotak. Berikut ini beberapa cara memperbaiki kipas angin tidak berputar, rusak atau mati, yang mudah Anda coba di rumah. Daftar Isi • Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar • Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar • Langkah 1 • Langkah 2 • Langkah 3 • Langkah 4 • Langkah 5 • Cara Merawat Kipas Angin Agar Tetap Awet • 1.

Sering Bersihkan Kipas Angin • 2. Hindari Pemakaian Kipas yang Kasar • 3. Jangan Menggunakan Kipas Angin Setiap Waktu • 4. Hindari Kipas dari Air • 5. Perhatikan Kondisi Kabel Kipas Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar • Bearing atau bushing kipas angin yang sudah haus. Akibat dari bushing kipas angin yang sudah haus, sehingga harus Anda ganti dengan yang baru. Jumlahnya bisa Anda lihat, kemungkinan yang harus diganti adalah bagian depan dan belakang.

Bearing • AS motor kipas dengan stator (plate yg ada spulnya) sudah tidak tengah-tengah. Hal tersebut karena rumah motor depan dan belakangnya sudah penyok. Sehingga as motor menempel pada stator. As Motor/Dinamo • As Rotor yang Sudah Aus/Kotor As rotor yang berada dibagian depan dinamo, berfungsi untuk memutar baling-baling kipas angin.

Dengan pemakaian kipas yang cukup lama, maka akan muncul penumpukan kotoran seperti debu yang dapat mengganggu putaran as tersebut. Selain karena kotor, kipas angin juga akan macet jika as tersebut kering atau kurang pelumas. As Rotor Untuk cara mengatasinya yaitu dengan melakukan pembersihan terhadap bagian dalam kipas angin tepatnya pada bagian dinamo dan as rotor yang kotor penuh debu.

Lalu Anda perlu memeriksa kondisi as rotor dan memberikan pelumas jika as rotornya kenapa kipas angin tidak bisa berputar.

kenapa kipas angin tidak bisa berputar

Umumnya as rotor yang sudah tua dan terlalu sering digunakan itu akan berakibat menjadi aus. Maka Anda perlu melakukan penggantian dengan as rotor yang baru. • Kapasitor Kipas Melemah Kipas angin yang macet atau yang gerak putarannya lambat, itu bisa terjadi akibat kapasitor kipas angin yang melemah.

Hal tersebut terjadi dikarenakan kapasitor yang telah berubah nilainya yang disebabkan oleh umur pemakaian yang lama. Kapasitor Kapasitor kipas yang lemah ditandai dengan adanya ciri-ciri seperti mengeringnya cairan elektrolit pada bagian fisik yang menggembung. Akan tetapi kondisi tersebut tidak disertai dengan tanda fisik kapasitor yang kembung. Kapasitor akan menurun nilainya walau tidak menggembung secara fisik.

Maka dari itu Anda perlu memperbaiki masalah tersebut dengan mengganti kapasitor yang baru. Baca Juga: • Rekomendasi 9 Toko Elektronik Makassar • Cara Mengetahui Pengguna WiFi di Android Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Bagaimana sih cara memperbaiki kipas angin tidak berputar gara-gara penyebab diatas tadi?

kenapa kipas angin tidak bisa berputar

Mari kita simak langkah-langkah cara memperbaiki kipas angin tidak berputar di bawah ini yang dilansir dari gridhits.id. yang bisa Anda lakukan dirumah. Langkah 1 Langkah pertama kali yaitu dengan menyalakan kipas angin Anda dan dengarkan mesinnya, jika tidak ada suara mesin kipas, maka mesin sudah aus dan perlu diganti.

Namun jika Anda bisa mendengar suara mesin kipas anginnya, maka matikan lalu lakukan langkah selanjutnya. Langkah 2 Setelah kipas angin dicabut, lepaskan bagian depan sangkar kipas. Biasanya ada tiga klip yang menempel pada bagian depan. Jika cara tersebut susah, cungkil dengan kuku jari atau obeng lalu tarik bagian depan kipas sehingga bilahnya bisa diakses.

Langkah 3 Mari kita lihat di mana unit bilah kipas itu terhubung ke bantalan dan motor, kita bisa melihatnya tanpa melepaskan bautnya. Bilah kipas mengumpulkan sejumlah besar kotoran debu yang kemudian mengendap di belakangnya yang jauh dari kekuatan udara. Sehingga serpihan-serpihan kecil yang banyak pun bisa jadi penyebab bilah kipas tidak berputar. Jika terlihat banyak kotorannya, maka harus segera dibersihkan dengan jari atau obeng yang bisa masuk ke area tersebut.

Setelah kipas bersih, coba colok lagi kipasnya dan lihat apakah sudah bergerak atau tidak. Langkah 4 Lepaskan tutup tengah dari unit bilah kipas. Biasanya tertutup dengan plastik biasa kenapa kipas angin tidak bisa berputar dengan logo pembuat kipas.

Lalu gunakan dengan menggunakan obeng pipih untuk mencungkilnya keluar.

kenapa kipas angin tidak bisa berputar

Langkah 5 Tekan sebuah sedotan dengan semprotan pelumas logam ke dalam nosel kaleng lalu kocok beberapa kali. Lalu masukkan ujung sedotan ke tengah unit bilah kipas angin dan semprotkan pelumas beberapa kali, sambil putarkan kipas dengan menggunakan tangan dan lakukan berulang kali sampai merasa cukup. Biasanya dengan cara-cara tersebut kipas akan berputar, namun jika tidak berputar sudah saatnya Anda membeli kipas angin yang baru.

Cara Merawat Kipas Angin Agar Tetap Awet 1. Sering Bersihkan Kipas Angin Kipas angin seringkali cepat kotor pada bagian kincir atau baling-balingnya. Bersihkan kipas angin 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali, kenapa kipas angin tidak bisa berputar kipas tidak mudah rusak. 2. Hindari Pemakaian Kipas yang Kasar Melakukan tindakan kasar misalnya dengan memutarkan bagian kepala kipas angin secara paksa, hal ini bisa menyebabkan kipas tidak bisa bergerak alias macet.

3. Jangan Menggunakan Kipas Angin Setiap Waktu Kipas yang bunyinya berdengung bisa jadi faktor bearing yang harus diganti dan itu dikarenakan mesinnya sudah terlalu panas. Maka dari itu berikan waktu jeda untuk kipas angin untuk beristirahat. Anda bisa mematikan kipas angin selama 10 menit, kemudian kipas dapat digunakan kembali. 4. Hindari Kipas dari Air Air yang menetes pada kipas angin dapat memicu kerusakan pada sistem kerjanya.

Sehingga, kipas angin Anda akan rusak jika sering terkena air secara rutin. 5. Perhatikan Kondisi Kabel Kipas Untuk merawatnya cukup seminggu sekali dan jangan lupa untuk mengecek kondisi kabel dari kipas angin Anda. Jangan sampai terkelupas, rusak atau digigit oleh tikus. Karena jika hal ini terjadi segeralah gantikan dengan yang kabel yang baru. Itulah beberapa tips langkah mudah cara memperbaiki kipas angin tidak berputar.

Akan tetapi jika telah mengikuti semua tips diatas dan kipas angin Anda tetap mati, sudah saatnya Anda menggantikan kipas Anda dengan yang baru. Demikianlah artikel ini kami buat, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan Anda.Kipas angin adalah alat elektronik penghasil angin yang dihasilkan dari perputaran baling-baling kipas ( blade) karena adanya energi gerak dari dinamo kipas.

Akan tetapi akan sangat menjengkelkan ketika sedang asyik-asyiknya menyejukkan diri dengan kipas angin, tiba-tiba kipas angin tersebut berhenti berputar. Biasanya bagi orang awam atau bagi yang belum mengetahui seluk-beluk elektronik (khususnya kipas), kemungkinan besar akan membawanya ke tempat service kipas, menjualnya, atau malah membeli yang baru. Jika membawanya ke tempat service, maka perlu biaya tambahan.

kenapa kipas angin tidak bisa berputar

Terlebih lagi ketika memutuskan untuk membeli kipas angin yang baru padahal sebenarnya Anda dapat memperbaiki sendiri kipas angin yang rusak. Kerusakan pada alat elektronik lumrah terjadi apalagi pada alat elektronik yang berputar seperti kipas angin. Benda yang terus-menerus berputar, lama kelamaan akan menjadi aus ataupun kerusakan komponen lainnya. Jenis kerusakan kipas angin yang umum terjadi adalah blade yang tidak dapat berputar.

Selain itu terdapat pula terjadi kondisi dimana blade bukan hanya tidak berputar, namun juga kedengaran suara berdengung dari rumah mekanik kipas angin. Agar tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya ketika kipas angin rusak, kenali penyebab kipas angin tidak dapat berputar dan cara memperbaikinya.

1. Bearing atau Bushing Aus Kipas angin yang tidak berputar dapt disebabkan karena bearing atau bushing pada kipas angin mengalami keausan. Hal ini wajar terjadi dimana diketahui bersama bahwa kipas bekerja dengan cara berputar sehingga tentu akan mengakibatkan komponen tertentu mengalami keausan.

Bearing yang sudah rusak biasanya berwarna hitam seperti sudah terbakar. Pada beberapa kondisi bearing dapat patah. Bearing yang sidah rusak tidak dapat digunakan lagi sehingga perlu diganti dengan yang baru. Harga bearing kipas angin di pasaran berkisar antar Rp.

5.000 sampai Rp. 20.000 bergantung dari spesifikasinya. Solusi: Jika bearing sudah rusak maka perlu diganti dengan yang baru. Belilah bearing yang sesuai dengan spesifikasi bearing pada kipas angin. Bongkar cover dinamo kipas lalu keluarkan bearing dan belilah dengan bentuk yang sama, kalau perlu dapat membawanya ke toko untuk membandingkannya. Setelah mendapatkan bearing yang baru, pasanglah bearing baru itu sesuai dengan tempat bearing rusak yang telah dikeluarkan lalu pasang kembali cover kipas.

2. Posisi Blade yang Tidak Pas Pada penjelasan sebelumnya dijelaskan bahwa bushing yang aus dapat menyebabkan kipas tidak dapat berputar, selain itu ternyata posisi bushing yang salah juga dapat menyebabkan kerusakan tersebut.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa bushing berfungsi sebagai dudukan as motor kipas dan blade. Jika posisi kedudukan ini salah atau tidak pas di tengah maka sudah dapat dipastikan blade kenapa kipas angin tidak bisa berputar dapat berputar.

Solusi: Kesalahan posisi ini baru dapat diketahui jika cover dinamo kipas angin telah dibuka. Jika cover telah dibuka perbaiki posisi bushing agar pas di tengah as motor dan blade.

Berbeda lagi jika bushing telah aus maka perlu menggantinya dahulu. 3. Arus Listrik Terputus Faktor selanjutnya yang dapat menyebabkan kipas angin tidak dapat berputar adalah terputusnya aliran listrik ke kipas angin.

Sebagaimana diketahui bahwa kipas angin memerlukan energi listrik untuk kenapa kipas angin tidak bisa berputar energi gerak berupa putaran blade, jika energi listrik ini tidak ada maka kipas kenapa kipas angin tidak bisa berputar pun tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Terputusnya aliran listrik ini dapat terjadi karena colokan kipas yang bermasalah (contohnya berkarat), kabel yang usang atau telah terkelupas (ini dapat menyebabkan korsleting listrik), ataupun sumber listrik (stopkontak) yang bermasalah.

Solusi: • Pastikan arus listrik mengalir dengan baik. Periksalah arus listrik pada stopkontak, Anda dapat mencoba stopkontak lain untuk memastikan stopkontak sebelumnya baik-baik saja atau tidak. • Anda juga dapat menguji kondisi stopkontak dengan mencolokkan alat elektronik lain. Jika stopkontak dalam kondisi baik-baik saja maka sumber masalahnya ada pada kabel dan colokan kipas angin.

• Kabel dan colokan kabel perlu diperiksa pula kondisinya. Jika secara visual terlihat baik-baik saja (tidak putus atau terkelupas) maka perlu dilakukan pengujian aliran arus listrik dengan menggunakan multitester. Jika jarum pada multitester bergerak ke kanan secara maksimal berarti arus listrik masih mengalir. Namun jika jarum multitester tidak bergerak maka arus listrik telah terputus dan perlu disambung atau digantikan dengan kabel yang baru.

4. Poros Kipas Angin yang Kering atau Macet Jika menemukan kipas angin berdengung dan blade-nya tidak berputar, maka hal tersebut dapat disebabkan karena poros kipas yang kering atau macet. Poros kipas yang kering dan macet dapat disebabkan karena poros kipas yang dipenuhi debu akibat tidak dibersihkan sehingga debu tersebut membuat kering poros kipas serta membuat poros tersebut macet karena tersumbat debu.

Solusi: Untuk mencegah poros kipas yang kering dan macet, Anda perlu rutin membersihkan kipas angin. Selain itu jangan lupa untuk memberi pelumas pada poros kipas tersebut agar putaran kipas angin semakin lancar dan tidak macet lagi.

5. Kondisi Kapasitor Kipas Angin Selanjutnya yang dapat menyebabkan kipas tidak dapat berputar adalah kondisi kapasitor kipas angin.

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, kapasitor kipas berperan penting untuk memberikan pasokan energi listrik yang cukup untuk melakukan putaran awal kipas angin. Jika kapasitor mulai rusak maka kipas akan sulit melakukan putaran awal, apalagi ketika kapasitor rusak total maka kipas angin sepenuhnya tidak dapat berputar.

Solusi: Solusi yang dapat dilakukan jika kerusakan terjadi pada kapasitor adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Kapasitor yang rusak dapat dilihat dengan mengukur kapasitor menggunakan alat ukur kapasitor. Jika telah dipastikan kapasitor rusak, maka gantilah kapasitor yang lama dengan yang baru sesuai dengan ukuran kapasitor sebelumnya.

Anda juga dapat menggantinya dengan yang tidak seukuran tapi jangan dengan ukuran yang selisihnya beda jauh. Kipas angin wajar saja mengalami kerusakan apalagi jika frekuensi penggunaannya yang besar. Namun, untuk mencegah kerusakan pada kipas angin, rutinlah membersihkan kipas angin serta memeriksa komponen- komponen kipas angin agar jika ada kerusakan kecil bisa segera ditangani sehingga kipas angin tidak tambah rusak.

Perlu diingat juga bahwa ada banyak jenis kipas angin, sehingga penyebab dan solusinya mungkin berbeda-beda pada setiap jenisnya. CATEGORIES • Elektronik 119 • Kendaraan 71 • Mesin 60 • Peralatan Industri 55 • Perkakas 42 • Peralatan Olahraga & Hobi 23 RECOMMENDED READS • 5 Tips Memilih Air Fryer Agar Tepat Saat Membeli • 5 Cara Mengatasi Pompa Air Masuk Angin • 3 Cara Merubah TV Analog ke Digital • 5 Perbedaan Diffuser, Humidifier, dan Purifier • 5 Tips Memilih Air Purifier yang Bagus
Tau sendiri sekarang ini biaya service tidak murah, terkadang kalau tukang servicenya tidak jujur peralatan yang tidak rusak pun dibilang rusak untuk mendongkrak biaya perbaikan.

Sering juga ditemukan kecurangan lain seperti menukar onderdil anda yang masih bagus dengan onderdil yang jelek. Kebiasaan – kebiasaan kurang baik seperti membelokkan bagian kepala kipas angin secara paksa bisa memicu timbulnya suara dengung pada kipas angin anda.

Jika hal tersebut sering terjadi pada kipas angin anda di rumah, sebaiknya gunakanlah secara baik dan jangan asal – asalan tanpa memperhatikan dampak buruk di kemudian hari. Perawatan secara rutin juga sangat diperlukan.

Seperti halnya manusia perlu menjaga kesehatan agar tetap fit, kipas angin pun juga perlu untuk dirawat dengan baik.

Jangan lupa untuk selalu mematikannya jika memang sudah tidak digunakan lagi. Survei membuktikan banyak orang yang membiarkan kipas anginnya tetap menyala saat ditinggal pergi keluar rumah. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara memperbaiki kipas angin berdengung yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini : 1.

Rajin Membersihkan Kipas Peralatan dan barang apapun itu selalu perlu untuk dibersihkan. Hal ini digunakan untuk menjaga peforma dan ketahanan agar bisa tetap dalam kondisi baik dalam jangka waktu yang cukup lama. Tanpa terkecuali pada kipas angin tentu saja perlu untuk dibersihkan secara rutin.

Kipas angin cenderung lebih cepat kotor pada bagian kincirnya. Mengapa bisa seperti demikian? Perputaran kipas angin secara terus menerus menyebabkan banyak debu yang berada di sekitarnya menjadi beterbangan dan pada akhirnya akan menempel dengan cepat ke bagian permukaan dari kincir kipas angin itu sendiri. Waktu ideal untuk membersihkan kipas angin paling cepat 2 minggu sekali.

Tetapi jika anda tidak ada waktu luang, selambat – lambatnya bisa anda bersihkan 1 bulan sekali. 2. Hindari Kebiasaan Buruk Saat Menggunakan Kipas Kebiasaan buruk yang anda lakukan dengan sengaja atau pun tidak sengaja bisa mempengaruhi peforma dari kipas angin yang sering anda gunakan. Seringkali kita merasa kesal saat melihat kondisi kipas angin disetel pada mode gerak, namun ditengah jalan tiba – tiba berhenti. Pada akhirnya kita bertindak kasar dengan memutarkan bagian kepala secara paksa agar kipas angin bisa bergerak kembali.

Padahal hal – hal kecil sepeti itu bisa merusak berbagai komponen yang menyusun kipas angin tanpa terkecuali bagian yang penting dan bisa mengakibatkan kipas angin menjadi berdengung. 3. Berilah Jeda Untuk Beristirahat Cara memperbaiki kipas angin berdengung berikutnya adalah dengan memberikan waktu untuk istirahat sejenak. Layaknya tubuh manusia yang membutuhkan waktu khusus untuk beristirahat. Benda seperti kipas angin pun juga membutuhkan waktu untuk mendinginkan mesinnya penggeraknya.

Seharian penuh anda menyalakan kipas angin akan membuat peforma kipas angin menjadi menurun dalam jangka waktu tertentu. Tidak sedikit kasus pada akhirnya kipas angin menjadi mengeluarkan dengung karena mesin sudah terlalu panas. Untuk itu saya sarankan untuk memberikan waktu jeda khusus kipas angin anda. Selama kipas angin beristirahat anda bisa keluar rumah terlebih dahulu untuk menikmati angin segar.

Tentunya akan membawa manfaat lebih baik bagi kesehatan tubuh anda. Pada dasarnya terlalu banyak terkena kipas angin tidak baik bagi tubuh anda. 4. Hindari Penggunaan Kipas Angin Dengan Fungsi Maksimal Terlalu Lama Penggunaan kipas angin pada fungsi paling cepat terlalu lama juga bisa menyebabkan kipas angin menjadi berdengung. Hal ini bisa terjadi karena motor pada mesin kipas angin bekerja terlalu keras dalam jangka waktu yang lama.

Saya sarankan untuk mengombinasikan fungsi kecepatan kipas angin setiap beberapa jam untuk mengurangi kerja motor yang terlalu keras. Sesekali matikan terlebih dahulu untuk proses pendinginan, 10 menit juga cukup agar fungsinya bisa selalu stabil. 5. Letakkan Kipas Angin Pada Area Dengan Ruang Gerak Bebas Ruang gerak yang anda sediakan untuk kipas angin juga bisa mempengaruhi kondisi kerja dari kipas angin. Usahakan untuk meletakkan kipas angin pada area yang tidak berdempet dempetan dengan perabotan rumah lainnya.

Panas yang dihasilkan oleh pergerakan motor mesin yang terlalu lama harus mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Agar panasnya bisa dibuang ke udara bebas.

Jika ruang gerak terlalu sempit, maka panas yang dihasilkan oleh motor mesin tidak bisa terbuang dengan leluasa dan pada akhirnya akan merusaka kipas itu sendiri.

Penjelasan singkatnya sirkulasi yang kurang baik menyebabkan kipas angin menjadi cepat berdengung karena udara panas yang ada tidak bisa bersirkulasi dengan baik. 6. Pemasangan Kembali Yang Kurang Pas dan Kurang Kencang Saat anda membersihkan kipas angin perhatikan posisi – posisi awal komponen kipas angin yang anda lepas. Hal tersebut berguna untuk memudahkan anda saat melakukan pemasangan kembali sehingga tidak terjadi kesalahan yang memicu timbulnya masalah.

Setelah selesai membersihkan pastikan uap air atau pun sisa – sisa air tidak ada lagi. Air akan membuat kipas angin anda menjadi konslet. Namun disisi lain bisa membantu untuk mengangkat debu yang menempel kuat pada komponen kipas angin. Pasanglah komponen – komponen kipas angin dengan baik dan benar.

kenapa kipas angin tidak bisa berputar

Kencangkan sesuai porsi yang dibutuhkan sehingga tidak mudah kendor. Bunyi dengung bisa juga muncul karena komponen – komponen kipas angin tidak terpasang dengan baik.

7. Ganti Komponen Bearingnya Bisa juga bunyi dengung diakibatkan oleh komponen bearing yang sudah buruk seperti halnya berkarat, kering karena kurang pelumas atau pun usianya sudah lama.

Anda bisa membongkar bagian kepala kipas anginnya terlebih dahulu. Lepaskan juga komponen kincir angin dengan membuka bautnya secara perlahan. Lepaskan juga komponen bearing dari rumah – rumahannya. Jika keadaannya sudah tidak baik, anda bisa mengganti dengan onderdil yang baru.

Namun jika masih layak pakai, anda cukup memberikan pelumas saja secukupnya. Selanjutnya anda bisa memasang komponen – komponen seperti sedia kala. Jangan lupa bersihkan apabila terdapat debu yang menempel agar tidak kerja dua kali. Istilahnya sekali mendayung, dua tiga pulau terlampuai. Tidak kerja berulang – ulang pada tempat yang sama. 8. Gunakan Kartu Garansi Jika Masih Berlaku Kartu garansi sangat bermanfaat jika terjadi masalah pada barang – barang anda, seperti halnya kipas angin.

Manfaatkan kartu garansi yang anda punya baik untuk masalah ringan atau pun masalah berat selama masa garansi masih berlaku. Jika selama masa garansi tidak kenapa kipas angin tidak bisa berputar masalah apapun, saran saya tetap gunakan saja menjelang masa habisnya kartu garansi.

Jika tidak digunakan kan sayang, anda bisa mendapatkan service gratis. Kapan lagi anda bisa mendapatkan service gratis selain memanfaatkan kartu garansi? Memang sudah selayaknya anda menggunakan kartu garansi, karena memang itu hak anda.

Jangan sampai anda menyia – nyiakan keuntungan yang sudah menjadi hak anda. Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara memperbaiki kipas angin berdengung yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara memperbaiki kipas angin berdengung.

kenapa kipas angin tidak bisa berputar

Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Bisa Geleng Kiri Kanan Segala Merk




2022 www.videocon.com