Bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

Materi Aritmatika Sosial, Rumus, dan Contoh Soal – Ketika kalian belajar matematika maka tidak akan asing lagi dengan rumus dan angka. Meski terkesan sistematis tapi faktanya mapel ini bahkan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Menghitung persentase laba rugi dalam suatu bisnis misalnya. Secara garis besar kalian harus menggunakan rumus aritmatika sosial untuk melakukannya. Aritmatika Sosial Tapi apakah anda bagaimana cara menyelesaikan contoh soal aritmatika sosial? Materi satu ini memang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan hanya bisa dikerjakan menggunakan pemahaman kuantitatif. Contoh saat kalian menabung di bank ataupun melakukan transaksi jual beli. Keuntungan yang dapat kita peroleh bisa dihitung menggunakan aritmatika sosial selama menabung dalam waktu n tahun.

Dengan aritmatika sosial kita dapat menghitung kerugian atau keuntungan yang diperoleh pedagang. Materi satu ini pun turut menjadi butir soal ujian baik itu ulangan harian maupun ujian semester. Meski demikian masih banyak siswa mengeluh sulitnya menghafal rumus aritmatika sosial karena terkendala jumlah dan jenisnya.

bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

Secara garis besar kalian akan menghafal beberapa rumus hitung yang terkesan variatif. Dalam artikel singkat kali ini saya juga telah mempersiapkan beberapa latihan soal agar kalian tidak canggung nantinya. Contents β€’ 1 Materi Aritmatika Sosial, Rumus, dan Contoh Soal β€’ 1.1 Apa Itu Aritmatika Sosial β€’ 1.2 Keuntungan (Laba) β€’ 1.3 Kerugian (Rugi) β€’ 1.4 Diskon (Rabat) β€’ 1.5 Bruto, Neto dan Tara β€’ 1.6 Bunga β€’ 1.7 Contoh Soal Aritmatika Sosial Materi Aritmatika Sosial, Rumus, dan Contoh Soal Ketika berurusan dengan matematika siswa memang dituntut harus jeli dan teliti dalam mengerjakan.

Satu satunya cara menghafal rumus paling cepat adalah dengan mengerjakan latihan soal secara terus menerus.

Melalui serangkaian praktek itulah kalian bisa memahami materi aritmatika sosial secara jelas. Aritmatika sosial memang dapat diartikan sebagai ilmu Matematika yang membahas tentang operasi sebuah bilangan secara dasar yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Dalam perhitungan ini terdapat kaitan yang erat antara keuntungan, diskon atau rabat, neto, kerugian, tara dan bruto. Hal hal tersebut merupakan faktor penting terkait jual beli yang berkaitan dengan aritmatika sosial. Baca juga : Rumus Tabung (Luas Permukaan dan Volume), Sifat, dan Contoh Soalnya Hal hal yang berkaitan dengan aritmatika sosial tentunya memiliki rumusnya sendiri.

Rumus aritmatika sosial tersebut digunakan untuk menyelesaikan contoh soal aritmatika sosial yang tersedia. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai materi aritmatika sosial beserta rumus dan contoh soalnya. Apa Itu Aritmatika Sosial Pengertian aritmatika sosial ialah materi Matematika yang membahas tentang operasi sebuah bilangan secara dasar yang berhubungan dengan masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%.

neto dari masing-masing kantong gula adalah sehari hari. Untuk itulah tidak heran jika kita sering menjumpai kegiatan perdagangan atau jual beli dalam kehidupan sehari hari. Kegiatan ini berkaitan dengan konsep aritmatika sosial dalam Matematika. Kegiatan jual beli sendiri dilakukan oleh pembeli dan penjual. Sampai di sini saya menganggap kalian sudah paham konsep dari materi yang akan kita bahas. Mari kita lanjutkan pembahasan menuju rumus aritmatika sosial dan contoh soal aritmatika sosial.

Keuntungan (Laba) Aritmatika sosial dalam proses jual beli dapat dikaitkan dengan unsur laba atau keuntungan. Keuntungan dapat diperoleh seorang pedagang apabila harga jual barangnya lebih besar dibandingkan harga belinya. Rumus keuntungan atau laba secara matematis dinyatakan dalam bentuk persamaan seperti di bawah ini: Untung = Harga penjualan – Harga pembelian Kerugian (Rugi) Rugi adalah kebalikan dari untung yang mana akan memberikan dampak negatif pada penderitanya.

Terjadinya kerugian disebabkan apabila harga jual pada barangnya lebih kecil dibandingkan harga belinya. Secara garis besar kalian bisa menghitung kerugian dengan mudah. Adapun rumus kerugian tersebut yaitu: Rugi = Harga pembelian – Harga penjualan Diskon (Rabat) Istilah diskon tentunya sering kita jumpai dalam pusat pusat perbelanjaan.

Diskon ini bertujuan untuk menarik perhatian para pembelinya dengan cara memberikan potongan harga tanpa harus membuat rugi penjualnya. Di bawah ini terdapat rumus diskon yang dapat digunakan yaitu: Diskon = Harga kotor – Harga bersih Bruto, Neto dan Tara Materi aritmatika sosial selnjutnya berkaitan dengan bruto, neto dan tara. Kita dapat menemukan ketiga hal ini dalam plastik plastik kemasan seperti plastik kopi, sabun, jajanan, bedak dan sebagainya.

Adapun pengertian bruto, pengertian neto dan pengertian tara tersebut yaitu: β€’ Bruto ialah massa kotor yang berasal dari jumlah tara dan neto (Bruto = Neto + Tara).

β€’ Neto ialah massa bersih. β€’ Tara ialah massa kemasan atau karung. Baca juga : Rumus Aturan Cosinus Beserta Contoh Soalnya Bruto, Neto dan Tara memiliki hubungan tertentu yang dinyatakan dalam rumus aritmatika sosial. Adapun rumus hubungan bruto, neto dan tara secara matematis yaitu: Neto = Bruto – Tara Persentase Tara (% Tara) = Tara / Bruto x 100% Bunga Untuk menghitung bunga bank tentunya kita dapat menggunakan rumus tertentu. Adapun rumus bunga pada bank yaitu: Bunga 1 tahun = i x p Bunga n tahun = (n / 12) x i x p Bunga n hari = (n / 365) x i x p Keterangan: p = Tabungan awal n = Lamanya menabung i = Suku bunga (%) Contoh Soal Aritmatika Sosial Setelah menjelaskan tentang materi aritmatika sosial dan rumus aritmatika sosial di atas.

Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait aritmatika sosial tersebut. Adapun contoh soal dan pembahasannya: 1. Disebuah bank BUMN, Eka mendepositokan uangnya. Jumlah tabungan deposito selama 9 bulan kemudian bertambah menjadi Rp 9.540.000. Apabila per tahun suku bunganya 10%, hitunglah tabungan awal Eka? Pembahasan. Diketahui : Jumlah tabungan akhir = Rp 9.540.000; Lama menabung (n) = 9 bulan; Suku bunga tabungan (i) = 10 % Ditanyakan : p = ?

Jawab : Langkah pertama menentukan suku bunga selama 9 bulan dalam tabungan terlebih dahulu. Maka hasilnya: p = (n / 12) x i = (9/12) x 10% = 7,5% Setelah itu tabungan awal Eka dapat ditentukan dengan metode di bawah ini: (100 / 100 + 6) x Tabungan Akhir = (100/106) x Rp 9.540.000 = Rp 9.000.00 Jadi besar tabungan awal Eka ialah Rp 9.000.000. 2. Diketahui 8 kantong gula pasir memiliki bruto 240 kg dengan masing masing memiliki tara 2%.

Hitunglah neto gula pasir setiap kantongnya? Pembahasan. Diketahui : Bruto 7 kantong plastik = 240 kg, %Tara = 2% Ditanyakan : Neto = ? Jawab : Contoh soal aritmatika sosial ini dapat diselesaikan dengan rumus aritmatika di atas. Adapun langkah langkah penyelesaian materi aritmatika sosial tersebut yaitu menentukan bruto pada 1 kantong gula pasir terlebih dahulu.

Maka: Bruto = 240 kg / 8 kantong = 30 kg Lalu menentukan tara pada 1 kantong gula pasir, sehingga: Tara = %Tara x Bruto = 2/100 x 30 kg = 0,6 kg Neto = Bruto – Tara = 30 bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg – 0,6 kg = 29,4 kg Jadi setiap kantong gula pasir memiliki neto sebesar 29,4 kg.

Demikianlah penjelasan mengenai materi aritmatika sosial, rumus aritmatika sosial dan contoh soal aritmatika sosial. Aritmatika sosial merupakan ilmu Matematika yang membahas tentang operasi sebuah bilangan secara dasar yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. Seorang pedagang membeli 3 kodi pakaian dengan harga Rp 600.000,- perkodi. Pakaian tersebut ia jual kembali dengan harga Rp 400.000,- perlusin.

Dalam waktu dua hari pakaian tersebut sudah habis. Keuntungan yang diperoleh pedagang tersebut adalah …. A. Rp 200.000,- B. Rp 300.000,- C. Rp 400.000,- D. Rp 500.000,- Pembahasan : Ingat 1 kodi = 20 buah, maka 3 kodi = 5 lusin. Harga beli pakaian : β‡’ Harga beli = Rp 600.000,- x 3 β‡’ Harga beli = Rp 1.800.000,- Harga jual pakaian : β‡’ Harga jual = Rp 400.000,- x 5 β‡’ Harga jual = Rp 2.000.000,- Keuntungan : β‡’ Untung = harga jual βˆ’ harga beli β‡’ Untung = Rp 2.000.000,- βˆ’ Rp 1.800.000,- β‡’ Untung = Rp 200.000,- Jawaban : A Seorang pedagang membeli sebuah TV dengan harga Rp 2.000.000,.

Jika TV tersebut ia jual kembali dengan harga Rp 2.400.000,- maka persentase keuntungan yang diperoleh pedagang tersebut adalah ….

bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

A. 10% C. 25% B. 20% D. 30% Pembahasan : Keuntungan : β‡’ Untung = harga jual βˆ’ harga beli β‡’ Untung = Rp 2.400.000,- βˆ’ Rp 2.000.000,- β‡’ Untung = Rp 400.000,- Persentase keuntungan : β‡’ % untung = untung x 100% harga beli β‡’ % untung = Rp 400.000,- x 100% Rp 2.000.000,- β‡’ % untung = 20% Jawaban : B Seorang pedagang membeli 1 rim kertas A4 dengan harga Rp 50.000,. Kertas tersebut dijual secara ecer per 5 lembar. Agar pedagang tersebut untung Rp 20.000,- dari hasil penjualan kertas itu, maka harga ecer per 5 lembar kertas adalah ….

A. Rp 700,- C. Rp 500,- B. Rp 600,- D. Rp 400,- Pembahasan : Ingat, 1 rim = 500 lembar. Karena kertas dijual eceran per 5 lembar, maka ada 100 eceran. Keuntungan : β‡’ Untung = harga jual βˆ’ harga beli β‡’ Rp 20.000,- = harga jual βˆ’ Rp 50.000,- β‡’ harga jual = Rp 20.000,- + Rp 50.000,- β‡’ harga jual = Rp 70.000,- Harga jual total harus Rp 70.000,- maka harga jual eceran per 5 lembar kertas adalah : β‡’ harga jual eceran = harga jual 100 β‡’ harga jual eceran = Rp 70.000,- 100 β‡’ harga jual eceran = Rp 700,- Jawaban : A Seorang pedagang membeli 20 kg salak seharga Rp 140.000,.

Setengahnya ia jual kembali dengan harga Rp 10.000,-/kg dan setengahnya lagi ia jual dengan harga Rp 6.000,- karena sudah mulai rusak. Jika seluruh salak terjual habis, maka keuntungan yang diperoleh pedagang adalah …. Bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg.

Rp 30.000,- C. Rp 20.000,- B. Rp 25.000,- D. Rp 18.000,- Advertisements Pembahasan : Harga jual I : β‡’ Harga jual = Rp 10.000,- x 10 β‡’ Harga jual = Rp 100.000,- Harga jual II : β‡’ Harga jual = Rp 6.000,- x 10 β‡’ Harga jual = Rp 60.000,- Harga jual total : β‡’ Harga jual = harga jual I + harga jual II β‡’ Harga jual = Rp 100.000,- + Rp 60.000,- β‡’ Harga jual = Rp 160.000,- Keuntungan : β‡’ Untung = harga jual βˆ’ harga beli β‡’ Untung = Rp 160.000,- βˆ’ Rp 140.000,- β‡’ Untung = Rp 20.000,- Jawaban : C Ibu membeli 1 lusin pensil dengan harga Rp 20.000,.

Jika pensil tersebut dijual lagi oleh ibu dengan harga Rp 2.000,- per batang, maka persentase untung yang diperoleh ibu dari penjualan seluruh pensil adalah …. A. 20% C. 30% B. 25% D. 35% Pembahasan : Harga penjualan : β‡’ Harga jual = Rp 2.000,- x 12 β‡’ Harga jual = Rp 24.000,- Keuntungan : β‡’ Untung = harga jual βˆ’ harga beli β‡’ Untung = Rp 24.000,- βˆ’ Rp 20.000,- β‡’ Untung = Rp 4.000,- Persentase keuntungan : β‡’ % untung = untung x 100% harga beli β‡’ % untung = Rp 4.000,- x 100% Rp 20.000,- β‡’ % untung = 20% Jawaban : A Tweet Soal dan pembahasan matematika aritmatika sosial kelas 7 SMP Sekarang, kita akan belajar mengenai materi kelas 7 tentang aritmatika sosial.

Aritmatika sosial berkaitan dengan masalah matematika yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari kita. Mari kita bahas beberapa contoh soal tentang aritmatika sosial. Soal pertama: Seorang pedagang membeli barang dengan harga Rp20.000,00 dan dijual mendapatkan untung 20%. Harga penjualan barang tersebut adalah… a. Rp25.000,00 b. Rp24.000,00 c. Rp22.000,00 d. Rp23.000,00 Pembahasan soal pertama: Diketahui: Harga Beli (HB)= Rp20.000,00 Untung (%)= 20% Ditanyakan: Harga Jual (HJ) Penyelesaian: Untung (Rp) = U(%) x Harga beli (HB) = 20/100 x Rp20.000,00 = Rp4.000,00 Harga jual (HJ) = Harga beli (HB) + Untung (Rp) = Rp20.000,00 + Rp4.000,00 = Rp24.000,00 Jadi, jawaban yang tepat dari soal di atas adalah option b.

Soal kedua: Sebuah televisi terjual dengan harga Rp1.800.000,00. Jika penjual mengalami kerugian sebesar 10%, maka berapa harga pembelian televisi tersebut? a. Rp1.600.000,00 b. Rp1.620.000,00 c. Rp2.000.000,00 d. Rp1.980.000,00 Pembahasan soal kedua: Diketahui: Harga jual (HJ) = Rp1.800.000,00 Rugi (%) = 10% Ditanyakan: Harga beli (HB) Penyelesaian: Rugi (Rp) = Rugi (%) x Harga beli (HB) = 10/100 x HB = 0,1HB Harga beli (HB) = Harga jual (HJ) + Rugi (Rp) HB = Rp1.800.000,00 + 0,1HB HB – 0,1HB = Rp1.800.000,00 0,9 HB = Rp1.800.000,00 HB = Rp1.800.000 : 9/10 HB = Rp1.800.000 x 10/9 HB = Rp2.000.000,00 Jadi, jawaban yang tepat dari soal di atas adalah option C.

Soal ketiga: Koperasi sekolah membeli suatu barang dengan harga Rp500.000,00. Apabila koperasi sekolah itu menginginkan untung 20%, maka barang itu harus dijual dengan harga… a. Rp625.000,00 b. Rp600.000,00 c. Rp575.000,00 d. Rp550.000,00 Pembahasan soal ketiga: Diketahui: Harga beli (HB) = Rp500.000,00 Untung (%) = 20% Ditanyakan: Harga jual (HJ) Peyelesaian: Untung (Rp) = Untung (%) x Harga beli (HB) = 20/100 x Rp500.000,00 = Rp100.000,00 Harga jual (HJ) = Harga beli (HB) + Untung (Rp) = Rp500.000,00 + Rp100.000,00 = Rp600.000,00 Jadi, jawaban yang tepat dari soal di atas adalah option b.

Soal keempat: Bruto dari 6 kantong gula pasir adalah 180 kg dan memiliki tara sebesar 1,5%. Berat neto dari masing-masing kantong adalah… a. 29,85 kg bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg.

29,75 kg c. 29,55 kg d. 29,45 kg Pembahasan soal keempat: Diketahui: Bruto (berat kotor) 6 kantong = 180 kg Tara (potongan berat) dalam persen (%) = 1,5% Ditanyakan: Neto (berat bersih) Penyelesaian: Bruto (berat kotor) 1 kantong gula pasir = 180 kg : 6 kantong = 30 kg Tara/ potongan berat (kg) = 1,5/100 x 30 kg = 0,45 kg Neto (berat bersih) = Bruto (berat kotor) – tara (potongan berat) = 30 kg – 0,45 kg = 29,55 kg Jadi, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah option c.

bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

Soal No. 1 Anto membeli motor baru dengan harga Rp17.000.000,00 dan dijual lagi dengan harga Rp18.360.000,00. Tentukan: a) keuntungan yang diperoleh Anto b) persentase keuntungan yang diperoleh Pembahasan Jual Beli motor: Harga beli = Rp17.000.000,00 Harga jual = Rp18.360.000,00 a) Untung = harga jual βˆ’ harga beli = 18.360.000,00 βˆ’ 17.000.000,00 = Rp1.360.000,00 b) persentase keuntungan Soal No. 2 Pak Budi membeli mobil dengan harga 125.000.000,00.

Mobil tersebut kemudian dijual kembali dengan harga Rp120.000.000,00. Tentukan: a) kerugian yang dialami Pak Budi b) persentase kerugian Pembahasan Jual Beli Mobil: a) kerugian yang dialami Pak Budi Rugi = 125.000.000,00 βˆ’ 120.000.000,00 = Rp5.000.000,00 b) persentase kerugian Soal No.

3 Seorang pedagang memiliki barang yang dijual dengan harga Rp126.000,00. Jika dari harga tersebut pedagang mendapatkan keuntungan 5%, tentukan harga pembelian barang! Pembahasan Data: Misal harga belinya adalah x =…… keuntungan 5% = 0,05 harga jual = Rp126.000 Harga beli = x atau dengan rumus jadi: dengan p% = 5% = 0,05 Soal No.

4 Pak Jono menjual seekor sapi yang dibelinya beberapa hari yang lalu. Jika sapi terjual Rp8.100.000,00 dan Pak Jono rugi 10%, tentukan harga sapi waktu dibeli! Pembahasan Rugi = 10% = 0,10 Harga beli = x =…. atau dengan rumus langsung: x = harga beli Soal No. 5 Seorang pedagang menjual barangnya seharga x rupiah. Dengan penjualan itu ia untung Rp15.000,00 atau 20% dari modalnya. Nilai x adalah….

A. Rp75.000,00 B. Rp80.000,00 C. Rp85.000,00 D. Rp90.000,00 Pembahasan Harga jual = x Keuntungan = Rp15.000 %p = 20% x =…. Menentukan harga belinya dulu didapat Jadi harga jualnya: Harga jual = harga beli + untung = Rp75.000 + 15.000 = Rp90.000,00 Jawaban: D.

Rp90.000,00 Soal No. 6 Seseorang membeli sepeda motor bekas seharga Rp12.000.000,00 dan mengeluarkan biaya perbaikan Rp500.000,00.

Setelah beberapa waktu sepeda itu dijualnya Rp. 15.000.000,00. Persentasi untung dari harga beli adalah… A. 20 % B. 20,8 % C.

25 % D. 26,7 % Pembahasan Keuntungan yang diperoleh dengan memperhitungkan biaya perawatan: Persentase keuntungan dari harga belinya: Jawaban: B Soal No. 7 Andi menjual sepeda dengan harga Rp575.000,00. Dalam penjualan itu Andi mendapatkan keuntungan 15%. Harga pembelian sepeda itu adalah…. A. Rp425.000,00 B. Rp484.750,00 C. Rp498.750,00 D. Rp500.000,00 Pembahasan Menentukan harga pembelian: Sehingga harga belinya Jawaban: D.

Rp500.000,00 Soal No. 8 Ibu membeli 1 karung beras di pasar seberat 40 kg dengan tara 2%. Tentukan berat bersih (neto) beras yang dibeli Ibu!

Pembahasan Bruto = 40 kg %Tara = 2% Neto =……. Rumus Tara, Neto dan Bruto Diperoleh Neto Soal No. 9 Pemilik sebuah toko mendapat kiriman 100 kg karung gula pasir dari gudang, yang masing-masing tertera pada karungnya tulisan bruto 115 kg dan tara 2 kg. Neto kiriman gula pasir yang diterima pemilik toko adalah…. A. 201 kuintal B. 117 kuintal C. 115 kuintal D. 113 kuintal Pembahasan Data untuk tiap karung: bruto 115 kg dan tara 2 kg Neto = Bruto βˆ’ tara Neto = 115 βˆ’ 2 = 113 kg Neto 100 karung: Neto = 100 Γ— 113 kg = 11300 kg = 113 kuintal Soal No.

10 Ayah memiliki tabungan di koperasi. Tabungan awal ayah adalah Rp24.000.000,00. Jika koperasi memberikan jasa berupa bunga simpanan sebesar 12% pertahun, tentukan bunga simpanan yang ada di tabungan ayah setelah 8 bulan dari saat pertama menabung! Pembahasan Bunga pertahun, untuk n bulan: diperoleh Soal No. 11 Ayah memiliki tabungan di koperasi. Tabungan awal ayah adalah Rp12.800.000,00. Jika koperasi memberikan jasa berupa bunga simpanan sebesar 8% pertahun, tentukan jumlah uang ayah setelah 6 bulan dari saat pertama menabung!

Data: M = Rp12.800.000,00 n = 6 bulan b% = 8% J =…. Pembahasan Bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg tabungan setalh n bulan untuk bunga sebesar b% pertahun: Jumlah tabungan dengan demikian: Soal No. 12 Setelah 9 bulan uang tabungan Susi di koperasi berjumlah Rp 3.815.000,00. Koperasi memberi jasa simpanan berupa bunga 12% per tahun. Tabungan awal Susi di koperasi adalah… A.

Rp 3.500.000,00 B. Rp 3.550.000,00 C. Rp 3.600.000,00 D. Rp 3.650.000,00 Pembahasan Aritmetika sosial, bunga bank atau koperasi. Jika J adalah jumlah uang, M adalah modal / tabungan awal, n adalah bulan dan %b adalah besarnya persen bunga, sehingga Soal kelima: Seorang pedagang membeli 2 karung beras masing-masing beratnya 1 kuintal dengan tara 2,5%.

Harga pembelian setiap karung beras Rp200.000,00. Sisa beras itu dijual dengan harga Rp2.400,00 per kg, maka besar keuntungan adalah… a. Rp34.000,00 b. Rp56.000,00 c. Rp68.000,00 d.

bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

Rp80.000,00 Pembahasan soal kelima: Diketahui: Bruto (berat kotor) 1 karung beras = 1 kuintal = 100 kg Tara (potongan berat) 1 karung beras (dalam %)= 2,5% Harga beli (HB) 1 karung beras = Rp200.000,00 Harga beras per kg = Rp2.400,00 Ditanyakan: Keuntungan (Rp) Penyelesaian: Tara (potongan berat) 1 karung beras (dalam kg) = tara (%) x bruto = 2,5% x 100 kg = 2,5/100 x 100 kg = 2,5 kg Neto (berat bersih) 1 karung beras = bruto (berat kotor) – tara (potongan berat) = 100 kg – 2,5 kg = 97,5 kg Harga jual (HJ) sisa beras = Neto (berat bersih) x harga beras per kg = 97,5 kg x Rp2.400,00 = Rp234.000,00 Keuntungan (Rp) penjualan beras = Harga jual (HJ) – Harga beli (HB) = Rp234.000,00 – Rp200.000,00 = Rp34.000,00 Jadi, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah option a.

Soal keenam: Nania menabung uang di bank sebesar Rp2.000.000,00 dengan bunga 8% setiap tahun. Setelah 9 bulan, uang tabungan Nania menjadi… a. Rp2.120.000,00 b. Rp2.160.000,00 c.

Rp2.170.000,00 d. Rp2.720.000,00 Pembahasan soal keenam: Diketahui: Tabungan awal (M) = Rp2.000.000,00 Bunga (%) = 8% Lama menabung (n) = 9 bulan Ditanyakan: Tabungan akhir (TA) Penyelesaian: Tabungan akhir (TA) = Tabungan awal (M) + n/12 x bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg x tabungan awal (M) = Rp2.000.000,00 + 9/12 x 8/100 x Rp2.000.000,00 = Rp2.000.000,00 + Rp120.000,00 = Rp2.120.000,00 Jadi, jawaban yang tepat adalah option a.
Berat Netto masing-masing kantong adalah 29,55 kg.

Pembahasan Harga jual, Harga beli, Untung, Rugi dan Tara merupakan bagian dari permasalahan bab Aritmatika Sosial. Aritmatika sosial adalah materi matematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari", seperti menghitung harga jual, harga beli, untung, rugi, diskon, rabat, bruto, netto, tara, tangungan awal, tabungan ahir, bunga dll.

Beberapa rumus dalam bab Aritmatika sosial berkenaan dengan jual beli: Harga jual = Harga beli + Untung Harga beli = Harga jual - Untung Harga jual = Harga beli - Rugi Harga beli = Harga jual + Rugi Untung = Harga Jual - Harga beli Rugi = Harga beli - Harga jual Untung dalam rupiah = Prosentase untung x Harga beli β€’ Materi Aritmatika Sosial sub bab jual beli dapat disimak juga di brainly.co.id/tugas/20594911 Bruto = Netto + Tara Tara = Bruto - Netto Netto = Bruto - Tara Bruto adalah berat kotor atau berat isi plus karungnya Netto adalah berat bersih atau berat isinya Tara adalah berat karung (tempat) β€’ Soal-soal tentang Aritmatika Sosial dapat disimak juga di brainly.co.id/tugas/18969330 Penyelesaian Soal Diketahui: Bruto 6 kantong gula = 180 bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg Tara = 1,5% Ditanya: Berat Netto masing-masing kantong Jawab: Netto = Bruto - tara = 180 kg - (1,5% x 180 kg) = 180 kg - 2,7 kg = 177,3 kg Netto perkantong = 177,3 kg : 6 = 29,55 kg Berat Netto masing-masing kantong adalah 29,55 kg.

Pelajari Lebih Lanjut β€’ Soal-soal tentang Aritmatika Sosial dapat disimak juga di brainly.co.id/tugas/2285569 ============================= Detail Jawaban Kelas : 7 Mapel : Matematika Kategori : Aritmatika Sosial Kode : 7.2.7 Jawab: netto = brutto - tara netto = 20 - 0,2kg netto = 19,8 kg Penjelasan dengan langkah-langkah: bruto = netto + tara persentase bruto = 100 % netto = bruto - tara bruto dari 10 kantong gula pasir adalah 200 kg dan tara 1% bruto = 200/10 = 20 kg persentase tara = tara/bruto x 100% = tara = 1/100 x 200 = 2 2/10 = 0,2 berat tara = 0,2 kg netto = brutto - tara netto = 20 - 0,2kg netto = 19,8 kg
Halo apa kabar teman-teman semoga selalu dalam lindungan Allah swt.

Amin ya rabbal alamin. Pada kesempatan kali ini masharist.com akan membagikan Contoh Soal Bruto, Netto dan TaraBab Aritmatika Sosial Kelas 7/VII SMP/MTS. Semoga bermanfaat ya.

Contoh Soal Bruto, Netto dan Tara, Bab Aritmatika Sosial Kelas 7/VII SMP/MTS dan Jawabannya. Lengkap Soal Bruto, Netto dan Tara, Bab Aritmatika Sosial Kelas 7/VII SMP/MTS Contoh Soal Bruto, Netto dan Tara, Bab Aritmatika Sosial Kelas 7/VII SMP/MTS dan Jawabannya.

bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

Lengkap- Untuk teman-taman yang ingin menyimpan soal-soal ini, teman-teman dapat mengunduhnya dalam bentuk file pdf. Selamat belajar semuanya. Semoga sukses. πŸ‘‰ TRENDING : Contoh Soal Matematika Keuntungan dan Kerugian, Bab Aritmatika Sosial Kelas 7/VII SMP/MTS dan Jawabannya. Lengkap- Soal Matematika Bruto, Netto dan Tara Kelas 7/VII SMP/MTS Nomor : Nama : Mata Pelajaran : Matematika Hari, Tanggal : Kelas : I.

Pilihlah Satu Jawaban yang Paling Tepat 1.Pengertian dari Tara adalah. a)Berat bersih b)Berat kotor c)Berat kemasan bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg Netto = 98 kg, Tara = 2 kg, maka Bruto = . a)96 kg b)100 kg c)98 kg d)2 kg 3.Pada sebuah kaleng biskuit tertulis netto 1 kg. Jika 20 kaleng biskuit ditimbang dan ternyata berat seluruh kaleng 24 kg, berapa bruto tiap kaleng biskuit ?

a)1,4 kg b)2,2 kg c)2,4 kg d)1,2 kg 4.Pernyataan berikut yang benar adalah . a)Bruto = Tara - Netto b)Tara = Bruto + Netto. c)Bruto = Tara + Netto d)Netto = Bruto + Tara 5.Pak Ucok membeli 3 kotak telur dengan bruto 12kg.

Jika taranya adalah 2,5kg tiap kotak, maka netto telur yang dibeli pak Ucok adalah. . a)36 kg b)7,5 kg c)28,5 kg d)30kg πŸ‘‰ TRENDING :Contoh Soal Penilaian Harian (PH) Bab Aritmatika Sosial Kelas 7/VII SMP/MTS Matematika dan Jawabannya. Lengkap 6.Sebuah keranjang telur bertuliskan bruto 100 kg dan tara 5%. Hitunglah berat bersih telur tersebut!

a)105 kg b)90 kg c)95 kg d)100,5 kg 7.Suatu barang di kemasannya tertulis bruto 48 kg. Ketika ditimbang tanpa kemasan, beratnya 46.8 kg. Berapa % tara nya? a)2,5% b)2% c)5% d)3% 8.Pengertian bruto adalah. a)Berat kotor b)Berat kemasan c)Berat bersih 9.Sebuah kotak buah berisi apel tertulis bruto 20 kg dan tara 2 kg.

bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

Berapa persen taranya. a)11% b)9% c)10% d)8% 10.Pengertian netto adalah. a)Berat bersih b)Berat kotor c)Berat kemasan 11.Sebuah kotak buah berisi apel tertulis bruto 20 kg dan tara 2 kg.

Berapa persen taranya. a)8% b)9% c)11% d)10% 12.berat kemasan barang seperti plastik, karung, kertas disebut . a)Tara b)Neto c)Bruto d)Pajak 13.Pak Ucok membeli 3 kotak telur dengan bruto 12kg. Jika taranya adalah 2,5kg tiap kotak, maka netto telur yang dibeli pak Ucok adalah.

. a)28,5 kg b)36 kg c)7,5 kg d)30kg 14.Seorang pemilik toko besi membeli 2 kaleng cat tembok. pada tiap kaleng cat tersebut tertulis neto 1 kg. jika taranya 250 gram. tentukan broto kedua keleng cat a)2 kg b)3,25 kg c)2,25 kg d)3,5 kg πŸ‘‰ TRENDING :Contoh Soal Ulangan Harian (UH) Bab Aritmatika Sosial Kelas 7/VII SMP/MTS Matematika dan Jawabannya.

Lengkap 15.Seorang pedagang membeli satu karung gula pasir seberat 100 kg. Setelah ditimbang ternyata cuma 99,25 kg. Berat tarranya adalah. a)0,75 b)0,65 c)199,25 d)0,85 16.Ibu membeli gula pasir ke warung saat ditimbang beserta wadahnya beratnya adalah 2,05 kilogram (kg).

Setelah itu ibu meminta tukang warung untuk menimbang gulanya saja dan beratnya adalah 2 kilogram (kg). Berapakah taranya dan persentase tara tersebut? a)4,05 kg & 1,97 % b)2,05 kg % 1% c)1,05 kg & 0,51% d)0,05 kg & 2,4% 17.netto biskuit dalam kemasan 55 gram dan berat kemasan 1,5 gram. Maka brutonya adalah . a)55,5 b)54.5 c)53,5 d)56,5 18.Diketahui berat bruto salep obat gosok 45 gram, berat wadahnya 15 gram.

maka netto salep tersebut adalah. a)30 gram b)20 gram c)25 gram d)60 gram 19.Jika tara sebesar 2,5% dari suatu barang adalah 4kg, maka bruto barang tersebut adalah… a)155 kg b)160 kg c)150 kg d)165 kg 20.Suatu barang di kemasannya tertulis bruto 48 kg. Ketika ditimbang tanpa kemasan, beratnya 46.8 kg. Berapa % tara nya? a)2,5% b)5% c)2% d)3% 21.Jika tara sebesar 2,5% dari suatu barang adalah 4kg, maka bruto barang tersebut adalah… a)150 kg b)155 kg c)160 kg d)165 kg 22.Pemilik sebuah toko mendapat kiriman 100 kg karung gula pasir dari gudang, yang masing-masing tertera pada karungnya tulisan bruto 115 kg dan tara 2 kg.

Neto kiriman gula pasir yang diterima pemilik toko adalah…. a)201 kuintal b)117 kuintal c)115 kuintal d)113 kuintal 23.Pak Ujang membeli 40 karung wortel yang belum dicuci dengan berat 2440 kg. Bila setelah dicuci, wortel tersebut berkurang beratnya 1 kg untuk tiap karung. Kemudian, wortel tersebut dijual lagi dengan harga Rp 2000/ kg. Berapa uang diterima pak Ujang? a)Rp. 4.800.000,00 b)Rp. 5.000.000,00 c)Rp. 5.800.000,00 d)Rp. 4.000.000,00 24.Suatu barang di kemasannya tertulis bruto 48 kg.

Ketika ditimbang tanpa kemasan, beratnya 46.8 kg. Berapa % tara nya? a)5% b)3% c)2,5% d)2% 25.Sebuah keranjang telur bertuliskan bruto 100 kg dan tara 5%. Hitunglah berat bersih telur tersebut! a)105 kg b)100,5 kg c)95 kg d)90 kg 26.Pak Ucok membeli 3 kotak telur dengan bruto 12kg. Jika taranya adalah 2,5kg tiap masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah, maka netto telur yang dibeli pak Ucok adalah.

. a)7,5 kg b)28,5 kg c)30kg d)36 kg πŸ‘‰ TRENDING : 100 Contoh Soal Aritmatika Sosial serta Jawabannya.

bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

Lengkap 27.Bruto dari 6 kantong gula pasir adalah 180 kg dan memiliki tara sebesar 1,5%. Berat neto dari masing-masing kantong adalah… a)29,85 kg b)29,75 kg c)29,55 kg d)29,45 kg 28.Sekarung beras memiliki netto 98 kg dan tara 2%. Hitunglah bruto sekarung beras tersebut! a)99 kg b)98,9 kg c)96 kg d)100 kg 29.Seorang pedagang membeli 2 karung beras masing-masing beratnya 1 kuintal dengan tara 2,5%.

Harga pembelian setiap karung beras Rp200.000,00. Sisa beras itu dijual dengan harga Rp2.400,00 per kg, maka besar keuntungan adalah… a)Rp34.000,00 b)Rp56.000,00 c)Rp68.000,00 d)Rp80.000,00 30.Sebuah kotak buah berisi apel tertulis bruto 20 kg dan tara 2 kg.

Berapa persen taranya. a)10% b)9% c)11% d)8% 31.seorang pedagang membeli 5 karung beras dengan bruto masing- masing 72 kg dan tarra 1 %. uang yang dibayar pedagang itu jika tiap kg beras Rp 3000,00 adalah . a)Rp 1.069.200,00 b)Rp 1.169.200,00 c)Rp 1.269.200,00 d)Rp 1.369.200,00 32.seorang pedagang membeli sekarung beras yang beratnya 80 Kg dan taranya 1%.

harga yang harus dibayar pedagang jika harga beras Rp 3.500 kg adalah . a)Rp 310.000,00 b)Rp 298.600,00 c)Rp 291.000,00 d)Rp 277.200,00 πŸ‘‰ TRENDING : Contoh Soal Matematika Keuntungan bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg Kerugian, Bab Aritmatika Sosial Kelas 7/VII SMP/MTS dan Jawabannya. Lengkap- 33.pada tabung gas tertulis 5,15 kg dengan berat bersih 3 kg, maka berat tabung gas kosong adalah .

a)2,05 kg b)2,10 kg c)2,15 kg d)2,20 kg 34.berat bruto sekarung kacang kedelai adalah 110 kg. jika taranya 3%, maka bertat netto sekarung kacang kedelai adalah . a)106,3 kg b)106,7 kg c)107,7 kg d)113,3 kg 35.Diketahui berat bruto 3 karung gabah 300 kg. Jika tara 1,5%, netonya adalah . a)290,5 kg b)292,5 kg c)295,5 kg d)297,5 kg 36.Andi membeli beras satu karung.

Berat satu karung adalah 10 kg. Di karung beras tersebut tertulis Netto 9,75 kg. Berapa Tara pada karung beras tersebut? a)500 gr b)250 gr c)0,5 kg d)0,45 kg 37.Fandi membeli tepung terigu dengan berat bersih 2,5 kg. Tepung tersebut di masukkan ke dalam plastik yang beratnya 50 gr.

Berapa persentase netto tepung tersebut? a)98 % b)92 % c)95 % d)97 % πŸ‘‰ TRENDING :Contoh Soal Penilaian Harian (PH) Bab Aritmatika Sosial Kelas 7/VII SMP/MTS Matematika dan Jawabannya. Lengkap 38.Yuni membeli gula di warung dengan berat bersih 1 kg. Gula tersebut di masukkan kedalam plastik yg beratnya 15 gr. Berapa berat kotor gula yang dibawa yuni pulang kerumah? a)15 kg b)20 kg c)1015 gr d)985 gr 39.Lila diberi oleh Ibu satu bungkus snack.

Ketika setelah selesai makan snack, lila menimbang bungkus snack tersebut dan ternyata beratnya hanya 45 gr. Pada bungkus snack terdapat tulisan berat bersih sebesar 200 gr. Berapa Bruto snack tersebut? a)165 gr b)245 gr c)310 gr d)150 gr 40.Dika berbelanja ke supermarket. Dika melihat roti dengan berat kotor sebesar 750 gr dan tara sebesar 25 gr. Berapa berat bersih roti tersebut?

bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

a)775 gr b)850 gr c)800 gr d)725 gr πŸ‘‰ TRENDING :Contoh Soal Ulangan Harian (UH) Bab Aritmatika Sosial Kelas 7/VII SMP/MTS Matematika dan Jawabannya. Lengkap Answer Key 1.c 2.b 3.d 4.c 5.c 6.c 7.a 8.a 9.c 10.a 11.d 12.a 13.a 14.d 15.a 16.d 17.d 18.a 19.b 20.a 21.c 22.d 23.a 24.c 25.c 26.b 27.c 28.d 29.a 30.a 31.a 32.d 33.c 34.b 35.c 36.b 37.a 38.c 39.b 40.d Itu dia beberapa contoh soal yang dapat masharist.com bagikan.

Semoga Contoh Soal Matematika Bruto, Netto dan Tara, Bab Aritmatika Sosial Kelas 7/VII SMP/MTS dan Jawabannya. Lengkap. Semoga dapat membantu teman-teman dalama belajar matematika.

bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

Tetap Semangat. πŸ‘‰ TRENDING : 100 Contoh Soal Aritmatika Sosial serta Jawabannya. Lengkap
Kelas: 7 Mapel: Matematika Kategori: Perbandingan dan Aritmatika Sosial Kata Kunci: bruto, netto, tara Kode: 7.2.5 Pembahasan: Bruto adalah berat kotor barang yang terdiri dari berat bersih barang (netto) dan berat kemasan barang (tara). bruto = netto + tara Prosentase bruto = 100% Netto adalah berat bersih barang. netto = bruto - tara Prosentase netto = 100% - prosentase tara Tara adalah berat kemasan barang (biasanya dinyatakan dalam prosentase) Prosentase tara = (tara/bruto) x 100%.

Mari kita lihat soal tersebut. Bruto dari 6 buah kantong gula pasir adalah 180 kg dan memiliki tara sebesar 1,5 %. Berat netto dari masing-masing kantong adalah. Jawab: Diketahui bruto dari 6 buah kantong gula pasir adalah 180 kg dan tara sebesar 1,5 %, sehingga = 30 kg Jadi, berat bruto dari masing-masing kantong gula pasir adalah 30 kg. Misalkan tara = t, sehingga prosentase tara = x 100% ⇔ 1,5% = x 100% ⇔ t = x 180 ⇔ t = 2,7 Kemudian, = 0,45 Jadi, berat tara dari masing-masing kantong gula pasir adalah 0,45 kg.

netto = bruto - tara ⇔ netto = 30 - 0,45 ⇔ netto = 29,55 Jadi, berat netto dari masing-masing kantong gula pasir adalah 29,55 kg. Soal lain untuk belajar: brainly.co.id/tugas/9234887 Semangat! Stop Copy Paste!

bruto 10 kantong gula pasir adalah 200 kg, masing-masing kantong gula memiliki tara sebesar 1%. neto dari masing-masing kantong gula adalah

Persen Tara Bruto Netto Soal Cerita




2022 www.videocon.com