Darah coklat setelah haid apakah boleh shalat

darah coklat setelah haid apakah boleh shalat

Ternyata keluar flek coklat setelah mandi wajib diperbolehkan shalat lo Ma, sebagaimana yang tertuang dalam riwayat yang disebutkan oleh Ibn Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf, dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu. “Apabila seorang perempuan setelah suci dari haid, dia melihat seperti air cucian daging, atau flek, atau lebih kurang seperti itu, hendaknya dia cuci dengan air, kemudian wudhu dan boleh shalat tanpa harus mandi.

Kecuali jika dia melihat darah kental.” (HR. Ibnu Abi Syaibah no. 994) Bagaimana nih Ma, sudah jelaskah infonya? Ternyata darah coklat setelah haid apakah boleh shalat flek coklat setelah mandi wajib diperbolehkan shalat lo Ma, sebagaimana yang tertuang dalam riwayat yang disebutkan oleh Ibn Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf, dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu.

“Apabila seorang perempuan setelah suci dari haid, dia melihat seperti air cucian daging, atau flek, atau lebih kurang seperti itu, hendaknya dia cuci dengan air, kemudian wudhu dan boleh shalat tanpa harus mandi.

Kecuali jika dia melihat darah kental.” (HR. Ibnu Abi Syaibah no. 994) Bagaimana nih Ma, sudah jelaskah infonya? Ternyata keluar flek coklat setelah mandi wajib diperbolehkan shalat lo Ma, sebagaimana yang tertuang dalam riwayat yang disebutkan oleh Ibn Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf, dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu. “Apabila seorang perempuan setelah suci dari haid, dia melihat seperti air darah coklat setelah haid apakah boleh shalat daging, atau flek, atau lebih kurang seperti itu, hendaknya dia cuci dengan air, kemudian wudhu dan boleh shalat tanpa harus mandi.

Kecuali jika dia melihat darah kental.” (HR. Ibnu Abi Syaibah no. 994) Bagaimana nih Ma, sudah jelaskah infonya? Ternyata keluar flek coklat setelah mandi wajib diperbolehkan shalat lo Ma, sebagaimana yang tertuang dalam riwayat yang disebutkan oleh Ibn Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf, dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu. “Apabila seorang perempuan setelah suci dari haid, dia melihat seperti air cucian daging, atau flek, atau lebih kurang seperti itu, hendaknya dia cuci dengan air, kemudian wudhu dan boleh shalat tanpa harus mandi.

Kecuali jika dia melihat darah kental.” (HR. Ibnu Abi Syaibah no. 994) Bagaimana nih Ma, sudah jelaskah infonya? Ternyata keluar flek coklat setelah mandi wajib diperbolehkan shalat lo Ma, sebagaimana yang tertuang dalam riwayat yang disebutkan oleh Ibn Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf, dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu.

“Apabila seorang perempuan setelah suci dari haid, dia melihat seperti air cucian daging, atau flek, atau lebih kurang seperti itu, hendaknya dia cuci dengan air, kemudian wudhu dan boleh shalat tanpa harus mandi. Kecuali jika dia melihat darah kental.” (HR. Ibnu Abi Syaibah no. 994) Bagaimana nih Ma, sudah jelaskah infonya?

darah coklat setelah haid apakah boleh shalat

Fatwa Syaikh Shalih Al Munajjid hafidzahullah Pertanyaan: Di permulaan siklus haid yang saya alami keluar flek kekuningan dan yang dominan warna kecoklatan. Flek ini terus keluar sejak hari pertama sampai hari kedua atau ketiga. Setelah itu keluar darah haid sebenarnya. Apakah flek coklat yang keluar di hari tersebut dianggap sebagai haid ataukah bukan? Dan diakhir flek tersebut keluar darah hitam, apakah termasuk haid ataukah bukan?

Jawaban: Alhamdulillah, Kondisi pertama: Flek coklat yang keluar sebelum haid Jika flek ini: 1. Keluar di masa haid yang menjadi kebiasaannya atau keluar selang darah coklat setelah haid apakah boleh shalat sebelum masa haid, 2. Disertai rasa sakit dan nyeri haid, 3. Bersambung dengan darah haid maksudnya setelah keluar flek coklat lalu keluar darah haid, maka flek ini bagian dari darah haid yang menjadi kebiasaannya.

Wanita tersebut dilarang mengerjakan shalat dan puasa. Demikian juga jika flek coklat keluar selama satu atau dua hari, diiringi rasa sakit haid kemudian di hari ketiga baru keluar darah haid sebenarnya maka seluruhnya dihitung sebagai haid. Pendapat inilah yang dipilih Syaikh Ibn Baz rahimahullah akan tetapi beliau hanya memberi syarat flek tersebut bersambung dengan darah haid saja.

Beliau tidak mensyaratkan adanya rasa nyeri haid. Syarat harus ada nyeri haid ini merupakan pendapat lama Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah. Adapun pendapat beliau yang terbaru, sama sekali tidak menganggap flek coklat sebagai haid. Dalam Tsmaratut Tadwin’An Ibn ‘Utsaimin hal.24, didalamnya Syaikh Ibn Ustaimin menyatakan, “Yang nampak bagiku dan yang membuat tenang jiwaku kepadanya bahwasanya haid hanyalah darah yang keluar.

Adapun flek kekuningan atau kecoklatan bukan termasuk haid meskipun keduanya keluar sebelum keluarnya cairan putih. Allahua’lam.” Di dalam kitab yang sama disebutkan, “ Seorang wanita mengeluarkan flek coklat selama tujuh hari.

Kemudian seteelah itu keluar darah haid sebenarnya selama sisa bulan itu. Kemudian bersih (tidak haid) terkadang sampai tiga bulan. Apa hukum darah dan flek coklat tersebut? Syaikh Ibnu Utsaimin menjawab, “ Semua darah tersebut termasuk haid. Adapun flek keruh kecoklatan tidak dianggap haid sama sekali.”( Tsamaratut Tadwin hal. 24-25) Adapun yang menguatkan pendapat yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa flek coklat keruh yang keluar sebelum haid termasuk haid jika keluar di masa haid, keluar bersambung dengan darah haid serta diiringi rasa nyeri haid adalah dikarenakan flek coklat dan kekuningan termasuk salah satu warna-warna darah menurut pendapat mayoritas ulama pakar fikih.

Haid adalah pecahnya dinding rahim yang terdapat darah dan kotoran didalamnya. Sehingga darah keluar dengan warna yang berbeda-beda dan berdegradasi.

darah coklat setelah haid apakah boleh shalat

Dimulai dengan darah hitam pekat atau kehitam-hitaman kemudian memudar menjadi warna keruh kecoklatan atau kekuningan. Dan terkadang yang terjadi sebaliknya. Darah haid dimulai dengan warna kekuningan atau keruh kecoklatan kemudian keluar darah. Nanti akan ada penjelasan hadits’Aisyah radhiyallahu ta’ala’anha yang menunjukkan bahwa cairan kekuningan dan keruh sebelum suci termasuk haid.

Sebenarnya tidak ada perbedaan flek kekuningan atau kecoklatan yang keluar sebelum suci dengan flek yang keluar di masa haid sebelum keluar darah haid yang disertai dengan tanda-tanda haid seperti sakit dan nyeri. Jika ada yang berkata, tidak ada syarat kecuali hanya bersambung dengan darah haid sungguh ini juga merupakan pendapat yang kuat.

Sebagaimana pendapat yang disampaikan Syaikh Ibnu Baz rahimahullah dengan catatan flek tersebut keluar dimasa haid. Ulama pakar fikih madzab Hanafiyah dan Hanabilah berpendapat bahwa flek coklat dan kekuningan yang keluar di masa haid termasuk haid.

Flek disini mencakup flek yang keluar di permulaan haid. Wallahua’lam. Ulama madzab Malikiyyah dan Syafi’iyyah berpendapat flek coklat keruh dan kekuningan termasuk haid secara mutlak atau di waktu yang memungkinkan (keluar flek coklat).

Tentunya hal ini mencakup jenis flek yang keluar sebelum darah haid. Sebagaimana hal ini bukan rahasia lagi. Sebagai tambahan, silahkan lihat ‘Mausu’ah Ahkamu At-Toharah’ karangan Syaikh Abu Umar Ad-Dubayyan hafizahullah, (6/281-299). Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah, (1/296), Al-Mughni (1/202), Al-Majmu’ (2/422).

darah coklat setelah haid apakah boleh shalat

Kondisi Kedua: Flek coklat dan kekuningan keluar setelah darah haid Flek coklat keruh dan kekuningan yang keluar setelah darah haid dan sebelum suci maka termasuk haid. Berdasarkan sebuah riwayat Malik dalam Al Muwaththa’ No.130 dari Ummu’Alqamah beliau berkata, كَانَ النِّسَاءُ يَبْعَثْنَ إِلَى عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ بِالدُّرْجَةِ فِيهَا الْكُرْسُفُ فِيهِ الصُّفْرَةُ مِنْ دَمِ الْحَيْضَةِ يَسْأَلْنَهَا عَنْ الصَّلَاةِ فَتَقُولُ لَهُنَّ لَا تَعْجَلْنَ حَتَّى تَرَيْنَ الْقَصَّةَ الْبَيْضَاءَ تُرِيدُ بِذَلِكَ الطُّهْرَ مِنْ الْحَيْضَ “ Dahulu para wanita mengirimkan kepada ‘Aisyah, ibunda kaum mukminin radhiyallahu’anha dengan membawa wadah yang berisi kapas yang terdapat flek kekuningan karena darah haid.

Mereka bertanya hukum shalat ketika keluar flek tersebut. Maka’Aisyah radhiyallahu’anha menjawab untuk mereka, ‘Janganlah kalian tergesa-gesa sampai kalian melihat cairan putih sebagai tanda berhenti darah coklat setelah haid apakah boleh shalat haid.” (Hadits ini dinilai shahih oleh Al Albani dalam Irwaul Ghalil No. 198) dan diriwayatkan Imam Bukhari secara mu’allaq (Kitabul Haid) Kondisi Ketiga : Flek coklat keruh dan flek kekuningan yang keluar setelah suci dari haid.

Flek yang keluar setelah suci dari haid tidak lagi dianggap sebagai haid. Berdasarkan hadits Ummu’Athiyab radhiyallahu’anha, كنا لا نعد الكدرة والصفرة بعد الطهر شيئا “ Dahulu kami sama sekali tidak menganggap sebagai haid flek keruh dan kekuningan yang keluar setelah suci.

(HR. Bukhari No. 320, Abu Dawud No. 307, An Nasai No. 368 dan Ibnu Majah No. 647 dan lafal hadits diatas milik Abu Dawud) Bagaimana cara menentukan suci dari haid?

#Kupas Tuntas Tanda Berhenti dari Haid #Bagaimakah Cara Menentukan Haid Telah Selesai Lantas Bagaimanakan jika ternyata salah menentikan waktu haid?

Silahkan baca: Berdosakah Seorang Wanita Jika Salah Menentukan Wantu Berhenti Haid *** Sumber: http://islamqa.info/ar/179069 Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Wanitasalihah.Com Artikel Wanitasalihah.com December 25, 2015 by WanitaSalihah.Com 42 comments 326140 viewson Fiqih • Share this post • Facebook • Twitter • Google plus • Pinterest • Linkedin • Mail this article • Print this article Tags: flek coklat keluar sesudah haid, flek coklat kuning ketika haid, flek keluar sebelum haid, haid, hukum flek coklat • Next: Napoleon Bonaparte dan Maulid Nabi • Previous: Panduan Maulid Nabi ﷺ Assalamu alaikum wr.wb Saya mau bertanya jika saya sudah haid dan sudah suci lalu hari ketiga saya keluar flek coklat kehitaman saya meninggalkan sholat saya apakah saya benar ?

Dan msalh kedua saya sudah mandi besar setelah selesai flek kmudin kluar seperti flek bercoklat sedikit lalu saya tetap menjalankan sholat dhuhur ? Apakah yang saya lakuin bener ? Dan apakh saya harus tetap menjalankan sholat atau meninggalkannya karena tidak suci?

Reply • maya Assalamu’alaikum ukhti… saya ingin bertanya… setelah haid saya berhenti. lalu sekita kurang lebih seminggu kemudian saya mendapati flek coklat di clna dalam saya… dan flek coklat itu berhenti selama kurang lebih seminggu….

terkadang flek coklat tersebut keluar bersama darah… apakah saya boleh darah coklat setelah haid apakah boleh shalat atau tidak??? Terima kasih Assalamu’alaikum wr.wb Reply • Lusy Assalamualaikum Ana mau tanya,kemarin saat ana haid…setelah haid berhenti, paginya ana mandi wajib,ana tunggu sampai sore tapi g keluar darah lagi.pas maghrib ana cek juga bersih akhirnya ana sholat maghrib tapi ketika ana mau sholat isya ana cek keluar cairan kuning keruh agak putih tp tidak bau amis seperti darah haid.esok harinya jg ga keluar lagi…bagaimana ini?apakah cairan itu termasuk haid atau istihadah?

apakah ana harus mandi lg?apakah ana dosa karna udah mulai sholat? mohon penjelasan untuk ana yg bingung.Syukron Read more https://wanitasalihah.com/kupas-tuntas-tanda-haid-telah-berhenti/#comment-44960 Reply • Dita Saya mau tanya, biasanya haid saya lancar namun suatu saat tersendat. Flek coklat keluar pada saat shubuh, namun dari zhuhur sampai maghrib kosong sama sekali, lalu Isya baru keluar darah.

Berikutnya hanya keluar darah pada saat jam 3 pagi, berikutnya kosong sama sekali sampai Isya berikutnya baru keluar darah haid yang benar. Apakah yang harus saya lakukan terhadap itu? Saya bertanya ke konsultasi syariah menilai itu bukan haid (flek kecoklatan yang terputus) tapi bagaimana saya tahu masa depan itu akan terputus karena selama ini haid lancar.

Reply • Dita Ukhti perlu diperjelas lagi kondisinya: Apakah kondisi seperti itu terjadi setiap waktu? Terus menerus seperti itu? Jika iya maka darah tersebut dihukumi sebagai darah istihadhah. Silakan baca: https://wanitasalihah.com/solusi-bagi-wanita-yang-mengeluarkan-darah-terus-menerus-beserta-contoh-kasus/ Namun jika tidak terus-terusan keluar, apakah saat itu memang masa keluar haid?

Jika iya maka flek coklat yang keluar di masa haid dan bersambung dengan darah haid, dihukumi sebagai haid. “Bersambung” itu bila kurang dari satu hari satu malam sudah keluar darah walaupun tersendat-sendat. Misal isya keluar darah, subuh keluar darah kemudian keluar lagi isya berikutnya. Ini masih disebut “bersambung”. Antara subuh sampai isya kurang dari satu hari. Karena darah disebut “terputus” bila sudah tidak keluar sehari dan semalam. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan Ibnu Qudamah juga telah dinukil Syaikh Ibnu Utsaimin dalam Risalah Fiddima’.

Sehingga darah tersebut tetap dijuluki sebagai haid. Wallahu Ta’ala a’lam Reply • Dita Kondisi ini baru sekali terjadi makanya saya bingung. Berdasar waktu, itu memang masa keluar haid. Tapi ya itu terputus-putus. Saya kan tidak tahu apakah keluarnya akan bersambung dengan haid selama sehari semalam. Bulan ini terjadi lagi. Ada flek coklat pagi. Kemudian kosong sampai hari berikutn.

Waktu haid mestinya masih 3-4 hari lagi. Lalu ada flek lagi pagi hari. Kosong terus lalu isya ada flek. Shubuh baru ada darah. Kondisi sedang stres jadi mungkin darah tersendat Apa yang sebenarnya harus saya lakukan? Apakah saya harus langsung berhenti salat ketika flek muncul pada waktu mendekati masa haid (biasanya siklus saya normal) tapi bagaimana jika darahnya nanti tidak keluar dalam waktu sehari semalam (seperti pada kasus pertama) Reply • Dita Yang kami pahami untuk pertanyaan Ukhti yang pertama,tanggal 2 Maret: – bahwa haid ukhti tersendat.

– flek coklat keluar di tengah masa haid. – flek tsb masih kategori bersambung dengan darah.krn kurang dari 1 hari. Dari sini kami pahami bahwa flek tersebut keluar di tengah masa haid yang sebelumnya sudah keluar darah dan sesudahnya masih ada darah. Jika kondisi demikian kami yakin flek tersebut termasuk haid. Walaupun jarak keluar antara flek dengan darah sangat lama (kurang dari 1 hari). Untuk pertanyaan ukhti yang terbaru: Flek coklat keluar 3 atau 4 hari sebelum masa haid. (Bedakan dg flek yang keluar di tengah masa haid) Untuk kasus spt ini, terdapat perbedaan diantara ulama.

Ada yg berpendapat bahwa flek tersebut termasuk haid jika diiringi rasa nyeri, sakit pinggang dan tanda2 haid yang lain. Ada yang beprndapat flek yang keluar di awal masa haid bukan termasuk haid.

Allahua’lam Reply • Dita Maaf, yang kasus pertama itu juga flek keluar pada masa awal sebelum haid (sebelum darah haid yang pasti keluar) yang saya tidak yakin itu haid.

Jadi itu bukan keluar pada saat pertengahan haid. Kasus kedua sekarang ternyata : Pertama keluar flek seperti garis, saya abaikan Besoknya keluar flek seperti koin kecil 25 rupiah pada dhuha.

Lalu kosong. darah coklat setelah haid apakah boleh shalat Isya keluar lagi titik-titik flek. Pada shubuh hari ini ternyata benar keluar darah. Berarti itu flek haid?

darah coklat setelah haid apakah boleh shalat

Pertanyaan saya apa yang harus saya lakukan jika bulan depan kejadian seperti ini berulang lagi. Bagaimana saya akan tahu bahwa flek tersebut akan bersambung atau tidak? • Dita Saya benar2 keluar darah bulan lalu tanggal 18, sedangkan tanggal 16-17 masih berupa flek. flek keluar shubuh lalu kosong, isya keluar darah merah. lalu kosong lagi dan baru keluar darah dengan lancar isya berikutnya sekarang tanggal 14-15 masih berupa flek darah dan tanggal 16 baru keluar darah dengan lancar Apa yang harus saya lakukan untuk bulan depan jika kejadian ini berulang?

• WanitaSalihah.Com Kami pribadi lebih condong pendapat yang mengatakan flek yang keluar di awal haid itu adalah haid. Karena darah haid bertingkat-tingkat warnanya. Terkadang diawali Cokelat,baru keluar darah hitam, merah tua. Atau yang keluar hitam dulu baru kemudian coklat. Darah coklat setelah haid apakah boleh shalat pendapat yang dipegang ulama masa kini seperti Syaikh Shalih Al Munajjid dan juga pendapat lama Al Allamah Ibnu ‘Utsaimin.

• Mila Assalamualaikum Saya ingin bertanya tntng kondisi haid yng sy alami Haid sy tdk pernah teratur paling cepat 2 bln sekali,terkadang 3 sampai 4 bln sekali bahkan saya pernah pada tingkat 6 sekali,setiap mau datng haid sy selalu mengalami tanda2 seperti nyeri pada seluruh tubuh,nyeri pada perut,dan payudara sakit,itu berlangsung selama 1 bahkan 2 minggu sebelum haid,setelah itu sy mengalami flek hitam kecoklatan yng menggumpal yang lumayan banyak layaknya darah pada saat haid selama 3-4 hari bahkan terkadang sampai 1 minggu,setelh itupun terkadang tidak langsung keluar darah haid yang normal msh kosong terkadang 1-2 minggu baru mengeluarkan darah haid yng normal,terkadang jg setelah flek itu terjadi langsung mengeluarkan darah haid yang normal.

Yang ingin sy tanyakan bagaimana dngn shalat dan puasa saya pada saat kondisi flek itu terjadi apakah ttp shalat atau tdk?mohon sekali jawabannya karena sy suka ragu dan bingung,terimakasih Wassalamualaikum.

Reply • Mutiara Assalamualaikum. Saya mau tanya. Sudah 3 hari berturut2 ini saya mengeluarkan flek kecoklatan,tp tidak banyak dan bentuknya kering tidak berlendir dan berbau darah. Flek keluar disertai rasa nyeri.Dan flek keluar di masa-masa haid saya yang biasanya. Saya takut kalau rasa nyeri yg saya alami disebabkan karena saya kelelahan,bukan karena nyeri haid.

Saya bingung,apakah saya seharusnya sholat atau tidak,apakah flek yg saya alami termasuk haid atau bukan. Mohon penjelasannya ustadz,terimakasih wassalamualaikum Reply • WanitaSalihah.Com Apakah syarat flek bersambung dengan darah itu sehari semalam?

24 jam? Bulan ini kejadian lagi sy merasa nyeri haid dan waktu mendekati tanggal haid. Keluar cairan coklat beserta flek hari pertama. namun saya waswas karena di hari kedua flek hanya keluar sampai ashar.

Setelah itu kosong. Reply • riska Assalamualaikum. saya sudah 3 bulan tidak haid tapi selama 3 bulan itu ada flek cokelat tpi tidak berbau darah. dan munculnya flek itu tiap bulan tidak tentu tanggalnya, kadang di awal bulan, di tengah lalu di akhir.

saya biasanya haid itu di akhir bulan. dan sampai saat ini saya selalu salat wajib. flek itu datang di siang hari trus sore. malam sampai pagi tidak ada. kdang 8hari atau 5hari. ini gimna? haid apa bukan? Darah coklat setelah haid apakah boleh shalat • riska assalamu’alaikum wr.wb.saya mau tanya,saya seorang ibu,usia sy hampir 50 th, anak sy satu tdk pernah ikut KB,yg sy tanyakan apakah setiap haid kok lama banget setelah 4-6 hrinormal ganti goresan2 coklat2 berhari hari gak bersih2 kdg lbh dari satu minggu klu dihitung dari awal haid bisa2 lbh 15 hri dan itu bertahun2 sedangkan selama ini yg sya lakukan yaitu sehabis satu minggu klu mau sholat sy mandi bsr dulu baru sholat begitu sampai waktu masa haidnya habis 15 hari,setelah 15 hri baru sya gak mandi bsr, tp sya berwudhu saja, karena sya pikir sdh wajib sholat, tp yg sy bingungkan klu waktu puasa romadhon apakah sya melaksanakan puasa setelah seminggu masa haid, apakah menunggu setelah 15 hri dulu baru puasa, selama ini sy banyak berhutang puasa, tp, alkhamndulilah masih bisa bayar htg puasa setiap tahunnya,senin kamis kadang aku bayar dgn cara itu,oh ya tp saya tidak ada keluhan nyeri atau apa sama sekali,dan pernah sy konsultasi pd dr.

ktanya oh gpp,dan dikasih pil untuk membersihkan coklat2 tadi,lgsg bersih bsk harinya dan seterusnya, e bln berikutnya kbali seperti semula, skhirnya sya biarkan sampai sekarang. yg sy tanyakan bagaimana seharusnya yg sy harus lakukan tlg bahaimana solusinya. Reply • fathiyah assalamualaikum sya mau bertanya, bagaimanakah jika tidak tahu apakah flek coklat itu akan bersambung haid atau tidak?

flek nya keluar bercampur dengan keputihan dan baru 1 hari, sedangkan saat malam sampai pagi berikutnya tdk ada keluar lagi, apakah saya tetap puasa dan salat?

terimakasih Reply • siti juwarsih Assalamualaikum wr. Wb Saya mau tanya, saya wanita 24th belum menikah, saya jarang sekali haid, bisa 4 bln/3 bln sekali dan tidak bisa di prediksi. Ada suatu waktu saya mengeluarkan flek kecoklatan atau jg darah tp sedikit/setetes. Dan saya ga mengalami nyeri haid sama sekali ketika flek itu keluar. Apakah kondisi tersebut saya bisa sholat atau tidak. Mohon penjelasannya karena saya bingung ?. Terima kasih Reply • Yani nak tanya Kalau saya haid lebih dari 7 hari sah tidak puasa nya ?

atau ap hukum nya. krna saya saya haid lebih dari 7 hari melain kan sampai 2 minggu kmudian saya minum obat agar haid saya berhenti. stelah brhnti dlh 2 hari kmudian haid saya dtg lagi. saya mau tahu apa hukum nya sah atau tdk saya yg berpuasa dn sholat ?

Reply • WanitaSalihah.Com Assalamu’alaikum. Saya mau bertanya, kebiasaan haid saya kan 5-6 hari. Pada malam hari ke-6, saya melihat cairan putih/bening.

Ketika itu saya langsung mandi. Besoknya, pada siang hari (pada hari ke-7) saya melihat ada flek kecoklatan.

Sore harinya keluar cairan kekuningan (ada beningnya). Besoknya (hari ke-8) saya melihat ada flek kecoklatan lagi. Apakah mandi saya pada hari ke-6 itu sah? Atau saya harus mengulang mandi? Reply Recent Comments • WanitaSalihah on Indahnya AlQur’an Melembutkan Hatinya • WanitaSalihah on Menikmati Kelezatan Al-Qur’an Dengan Memahami Tafsirnya • WanitaSalihah on Donasi Buku Gratis Panduan Praktis Wanita Haid • WanitaSalihah on Donasi Buku Gratis Panduan Praktis Wanita Haid • WanitaSalihah on Pakai Jilbab di Luar Rumah, Lepas Jilbab di Dalam Rumah, Sudah Benarkah?

Kategori • Adab, Aklak, dan Doa • Al Quran dan Hadits • Apa Arti • Aqidah • Dari Redaksi • Fikih Muamalah • Fiqih • Hati Suci • Istri Salihah • Jalan Hidup • Khazanah • Kisah dan Tokoh • Konsultasi Keluarga • Pendidikan Anak • Poster Islam • Ramadhan dan Ied • Ruang Wanita • Telegram Post • Uncategorized • VIDEO
“Hukumnya dibedakan menjadi dua macam.

Ada yang menganggapnya sebagai darah haid meskipun keluar setelah masa haid, namun ada pula yang menganggapnya bukan bagian dari darah haid (laisa minal haid).

Jika Anda mengikuti golongan yang pertama, maka wajib bersuci. Namun, jika mengikuti golongan yang kedua, maka Anda hanya perlu membersihkan fleknya dan bisa beribadah seperti biasa." Artikel Terbaru • Bolehkah Puasa Syawal, Tetapi Masih Memiliki Utang Puasa Ramadhan Karena Haidh?

• Buku Gratis: Fikih Bulan Syawal • Cara Puasa Syawal Menurut Ulama Syafi’iyah • Benarkah Banyak Bergaul dan Bermedsos, Makin Banyak Dosa?

• Naskah Khutbah Idul Fitri 2022 Terfavorit: Realisasi Syukur Bakda Ramadhan • Faedah Sirah Nabi: Pensyariatan Jihad dan Pelajaran di Dalamnya • Khutbah Jumat: Kiat Istiqamah Bakda Ramadhan • Tingkatan Menghidupkan Lailatul Qadar • Faedah Surat An-Nuur #48: Adab Terhadap Rasulullah, Tidak Boleh Menyelisihi Perintahnya • Faedah Sirah Nabi: Sejarah Pensyariatan Zakat dan Pelajaran di Dalamnya 5.

Hukum Flek dan Melaksanakan Shalat Dasar dalam pembahasan ini adalah dua hadits berikut. Hadits pertama: ‎ darah coklat setelah haid apakah boleh shalat أُمِّ عَطِيَّةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: { كُنَّا لَا نَعُدُّ اَلْكُدْرَةَ وَالصُّفْرَةَ بَعْدَ اَلطُّهْرِ شَيْئًا } رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ, وَأَبُو دَاوُدَ وَاللَّفْظُ لَه ُ Dari Ummu ‘Athiyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Kami tidak menganggap sebagai haid pada cairan keruh ( kudrah) dan warna kekuningan ( shufrah) setelah bersuci.” (HR.

Bukhari, no. 326; Abu Daud, no. 308; An-Nasai, no. 1:186)’ Hadits kedua: Beberapa wanita pernah diutus menemui Aisyah radhiyallahu ‘anha dengan membawa wadah kecil berisi kapas. Kapas itu terdapat warna kuning (flek). Aisyah pun berkata, ‎ لاَ تَعْجَلْنَ حَتَّى تَرَيْنَ الْقَصَّةَ الْبَيْضَاءَ. تُرِيدُ بِذَلِكَ الطُّهْرَ مِنَ الْحَيْضَةِ “Janganlah terburu-buru (menganggap suci) sampai engkau melihat al-qashshah al-baydha’ (cairan putih).” (HR.

Bukhari secara mu’allaq, tanpa sanad). Hukum flek: kudrah (cairan keruh) dan shufrah (cairan kuning) • Jika cairan tersebut keluar pada masa haid atau bersambung dengan haid, dihukumi sebagai haid.

• Sedangkan jika keluar di selain masa haid, maka dihukumi bukan haid. Inilah pendapat dalam madzhab Hanafiyah, Hambali, salah satu pendapat Malikiyah, salah satu pendapat Syafi’iyah, dipilih juga oleh Ibnu Taimiyah, termasuk Syaikh Ibnu Baz, dan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin. Lihat Mulakhkash Fiqh Al-‘Ibadat, hlm.

139. Tanda suci dari haid pada wanita • Terlihat al-qashshah al-baydha’, yaitu cairan putih keluar dari rahim ketika berhentinya darah haid. • Terlihat jufuf (kering), yaitu dinilai suci ketika sudah terasa kering. Tandanya adalah dicoba dengan kapas, lalu tidak tampak lagi cairan kuning dan cairan keruh. Tanda selesainya wanita dari haid tergantung kebiasaan. Ada wanita yang memiliki tanda dengan keluarnya al-qashshah al-baydha’, ada yang al-jufuf saja, ada juga yang kedua-duanya.

Kebanyakan wanita tanda berhentinya adalah al-qashshah al-baydha’, ada juga dengan al-jufuf. Al-qashshah al-baydha’ adalah tanda yang paling terlihat jelas. Jadi, kalau sudah terlihat al-qashshah al-baydha’, tanpa perlu menunggu al-jufuf. Penjelasan rincian dari Syaikh Al-Munajjid Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid pernah ditanya: ‎ سؤالي عن الدورة الشهرية ، قبل عدة أيام من الدورة كنت أري كدرة ولكن متقطع جدا ، استمر معي الحال حوالي خمسة عشر يوما لم أر دما سائلا ، ثم بدأت أرى فيه دم متجلط ومتقطع جدا والآن دم سائل ومتكرر ، فما الحكم ؟ وهل أتوقف عن الصلاة أم لا ؟ Pertanyaan saya berkaitan dengan haid.

Beberapa hari sebelum masa haid tiba, saya melihat flek kecoklatan secara terpisah. Kondisi itu terus berlanjut kurang lebih selama 15 hari, tidak ada darah yang mengalir keluar. Kemudian, setelah itu saya mendapati gumpalan darah yang terputus-putus, sekarang keluar darah cair dan terus berlanjut, maka bagaimanakah hukumnya?

Apakah saya menghentikan shalat saya ataukah tidak? Jawaban dari Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid: ‎ الكدرة التي تسبق الدم : إن كانت منفصلة عن دم الحيض [ منقطعة عنه ] ، ولم تصاحبها أعراضه ، من الآلام التي تشعر بها المرأة فلا تعد حيضا ، فالواجب على المرأة أن تصلي بعد أن تتطهر لكل صلاة ، بأن تغسل المحل وتعصبه ، ثم تتوضأ. Flek kecoklatan yang mendahului sebelum keluarnya darah, jika keluarnya terpisah dengan darah haid dan tidak disertai ciri-cirinya seperti rasa sakit yang dirasakan oleh seorang wanita, maka tidak dianggap sebagai haid.

Maka bagi seorang wanita tetap diwajibkan melaksanakan shalat setelah bersuci setiap akan mendirikan shalat, dengan cara membasuh tempat keluarnya tersebut lalu menahan keluarnya dengan pembalut kemudian berwudhu. ‎ وأما الكدرة التي تتصل بدم الحيض ، وتصاحبها أعراضه ، فإنها تعتبر من الحيض.

Adapun flek kecoklatan yang bersambung dengan darah haid disertai beberapa ciri-ciri darah haid, maka hal itu dianggap sebagai bagian dari haid.

darah coklat setelah haid apakah boleh shalat

‎ والذي يظهر من سؤالك أن هذه الكدرة منفصلة عن دم الحيض ، لأنك ذكرت أنها متقطعة جدا، وبناء على هذا ، فلا تمنعك من الصلاة. Yang tampak dari pertanyaan adalah bahwa flek kecoklatan tersebut terpisah dengan darah haid; karena disebutkan bahwa hal itu terjadi terputus-putus.

Berdasarkan hal itu, tidaklah masalah untuk tetap mendirikan shalat. ‎ إذا كان الدم الذي تذكرين أنه متقطع ، ينزل نقطة أو نقطتين ، أو نحوا من ذلك ، ولا يستمر بك على هيئة دم الحيض الذي تعتادينه [ سائل ، ومتكرر ] : فليس هذا من الحيض ، بل تتنظفين منه ، وتتوضئين لصلاتك.

ولا يمنعك هذا من الصيام أو الصلاة. Jika darah yang disebutkan keluar dengan terputus-putus, keluar satu atau dua gumpalan atau kira-kira sebesar itu dan tidak berlanjut seperti halnya darah haid yang biasanya (mengalir dan berlanjut), maka darah tersebut bukanlah darah haid.

Namun, tetap harus membersihkannya dan berwudhu setelahnya untuk setiap kali shalat, hal itu tidak menghalangi untuk melaksanakan puasa atau shalat. ‎ أما الدم السائل فهذا من الحيض فتمتنعين معه عن الصلاة بلا خلاف. Adapun darah cair yang mengalir keluar merupakan bagian dari darah haid, maka anda harus meninggalkan shalat dan tidak ada perbedaan pendapat dalam masalah ini.

darah coklat setelah haid apakah boleh shalat

Referensi: https://islamqa.info/ar/answers/224759/تاتيها-كدرة-قبل-الحيض-ثم-دم-متجلط-متقطع-ثم-دم-ساىل-متدفق-وتسال-عن-حكمها Perbedaan darah haid dan istihadhah Yang diamati Haid Istihadhah Warna Umumnya warna merah tua/ gelap Umumnya merah segar Konsistensi Keras dan kaku Lunak/ empuk Bau Berbau kurang sedap Bau seperti darah yang keluar karena luka Membeku Tidak membeku Cepat membeku seperti darah luka biasa Kekentalan Kental Encer/ kurang kental Referensi: Handbook Pubertas Muslimah, hlm.

52. Hukum Flek dan Melaksanakan Shalat • Flek keluar pada masa haid, dihukumi sebagai haid. Hukum: Termasuk darah haid dan tidak shalat • Flek keluar di selain masa haid, maka dihukumi bukan haid. Hukum: Bukan darah haid, tetap shalat, cukup berwudhu tiap darah coklat setelah haid apakah boleh shalat masuk waktu shalat • Flek kecoklatan yang mendahului sebelum keluarnya darah, jika keluarnya terpisah dengan darah haid dan tidak disertai ciri-cirinya seperti rasa sakit yang dirasakan oleh seorang wanita, maka tidak dianggap sebagai haid.

Hukum: Bukan darah haid, tetap wajib shalat, cukup berwudhu tiap kali masuk waktu shalat • Flek kecoklatan yang bersambung dengan darah haid disertai beberapa ciri-ciri darah haid, maka hal itu dianggap sebagai bagian dari haid.

Hukum: Termasuk darah haid dan tidak shalat • Darah yang keluar dengan terputus-putus, keluar satu gumpalan, dua gumpalan, atau semisalnya, dan tidak berlanjut seperti halnya darah haid yang biasanya mengalir, maka darah tersebut bukanlah darah haid. Hukum: Bukan darah haid, tetap shalat, cukup berwudhu tiap kali masuk waktu shalat Diharapkan baca juga: Fikih Haidh Secara Tuntas Semoga bermanfaat.

— Ahad pagi di Darush Sholihin, 20 Rabi’uts Tsani 1442 H, 6 Desember 2020 Muhammad Abduh Tuasikal Artikel Rumaysho.Com
Ada flek coklat sebelum haid, bolehkan shalat?

Pertanyaan ini umum dialami oleh kaum muslimah, sehingga mereka merasa ragu-ragu ketika akan melaksanakan kewajiban ibadah lima waktu ini. Menjawab pertanyaan seperti itu, mengutip jawaban Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz yang dinukil dari binbaz.org, dijelaskan sebagai berikut: Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui Selesainya Masa Haid?

Jika lendir atau flek coklat yang keluar saat 5 hari pertama sebelum haid tadi keluar secara terpisah (tidak bersambung) dengan darah haid maka wajib bagimu shalat dan puasa serta berwudhu setiap kali hendak melakukan shalat.

Karena cairan tersebut dihukumi seperti halnya hukum kencing bukan hukum haid. Sehingga tidak menghalangi seorang wanita untuk shalat dan puasa namun wajib baginya berwudhu setiap waktu sampai lendir tersebut berhenti. Cairan ini dihukumi sebagaimana darah istihadhah.

darah coklat setelah haid apakah boleh shalat

Adapun jika lendir coklat ini keluar bersambung dengan darah haidmaka ia termasuk darah haid dan dihitung sebagai darah kebiasaan. Wajib bagimu meninggalkan shalat dan puasa. Demikian juga jika cairan kuning atau kecoklatan keluar setelah masa suci maka tidak dianggap sebagai haid. Namun dihukumi sebagaimana darah istihadhah wajib dibersihkan setiap saat serta wudhu setiap kali hendak melakukan shalat lalu shalatlah dan puasalah.

Cairan ini sama sekali buka haid sehingga suami diperbolehkan menggauli kalian. Dalilnya adalah perkataan Ummu Athiyah radhiyallahu ’anha, كنا لا نعد الكدرة والصفرة بعد الطهر شيئاً Kami sama sekali tidak menganggap cairan keruh dan kekuningan yang keluar setelah masa suci.” Hadis ini dikeluarkan oleh Al Imam Bukhari dalam Shahihnya dan Abu Dawud denga lafadz seperti di atas.

Ummu Athiyah termasuk shahabiyah yang memiliki keutamaan dimana bleiau meriwayatkan banyak hadis dari Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam. Baca juga: Hukum Pakaian yang Terkena Keputihan, Najis atau Tidak? Wallahu A'lam • fiqih haid dan nifas • darah haid • ganti sholat setelah haid menurut 4 mazhab • amalan wanita haid • Beginilah Kondisi Para Sahabat setelah Berakhirnya Bulan Ramadhan • Bolehkah Menggabungkan Puasa Syawal dan Puasa Sunnah Senin-Kamis Sekaligus?

• Menghindari Riya, Ini 4 Amalan yang Bisa Disembunyikan • Inilah Keutamaan Bulan Syawal Beserta Amalan yang Bisa Dilakukan • Inilah Hikmah dan Manfaat Puasa 6 Hari di Bulan Syawal • Hukum Menikah di Bulan Syawal antara Mitos Jahiliyah dan Sunah Rasul • Dua Kisah Sahabat Nabi SAW yang Rutin Membaca Surah Al-Ikhlas dalam Setiap Sholat REKOMENDASI • Meminta Maaf Jangan Ditunda, Tak Perlu Menunggu Jelang Ramadhan • Ketika Malaikat Melempar Dua Jin Utusan Nabi Sulaiman • Anjuran Berdoa di Malam Nishfu Syaban dan Puasa di Siang Harinya • Kisah Nabi Musa dan Anak yang Saleh, Pemilik Sapi Betina • Nabi Adam Saat Wafat Dikafani dan Dikubur Malaikat • Doa dan Amalan di Malam Nishfu Syaban Dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id bahwa keduanya pernah menyaksikan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tidaklah ada suatu kaum duduk sambil berdzikir kepada Allah, kecuali para Malaikat akan mengelilingi mereka, dan akan diselubungi rahmat, akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), dan Allah akan menyebut-nyebut orang-orang yang ada disisi-Nya.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3781)
“Dahulu para perempuan mengirimkan wadah yang berisi kapas yang terdapat flek kekuningan karena darah haid kepada ‘Aisyah RA. Mereka bertanya hukum shalat ketika keluar flek tersebut. ’Aisyah RA menjawab: ‘Janganlah terburu-buru (menganggap suci) sampai engkau melihat al-qashshah al-baydha’ (cairan darah coklat setelah haid apakah boleh shalat (HR. Bukhari)Penulis: Annisa - Editor: Aufia Sebagian dari Bunda mungkin masih merasa bingung saat muncul flek coklat, masih diperbolehkan boleh shalat atau tidak.

Pasalnya, flek coklat merupakan cairan yang bisa keluar saat sebelum haid, atau bahkan setelah haid. Lantas, bagaimana hukum sholat jika flek coklat muncul sebelum haid dan setelah haid? berikut adalah penjelasannya, biar Bunda tidak bingung lagi. Hukum Sholat ketika Muncul Flek Coklat Menurut Ajaran Islam dari Majelis Ulama Indonesia, para ulama Indonesia telah membagi munculnya flek menjadi tiga bagian waktu, yaitu: 1.

Flek Yang Keluar Sebelum Haid Flek coklat yang keluar sebelum menstruasi tanpa gejala seperti adanya nyeri saat menstruasi, tidak dianggap sebagai darah menstruasi. Untuk itu, maka wajib bagi seorang Bunda tetap shalat. Selain itu, adanya flek coklat yang muncul sebelum menstruasi juga bisa menjadi sebuah tanda adanya masalah kesehatan lainnya. Seperti sisa pendarahan, maupun gangguan hormonal. Berbeda dengan flek coklat yang keluar disertai ciri-ciri seperti nyeri saat haid, sakit pinggang.

Hal tersebut dapat dianggap sebagai bagian dari darah haid, namun jika terjadi demikian, maka Bunda dilarang shalat. 2. Flek yang keluar setelah darah haid Adanya flek kecoklatan tersebut juga bisa termasuk darah menstruasi. Ada penjelasan sebuah hadits dari Ummu Alqamah, bahwa Aisyah RA ditanya mengenai flek setelah haid. Lantas, Aisyah berpesan untuk para wanita supaya tidak terburu-buru sampai muncul cairan berwarna kuning atau pun putih.

“Dahulu para wanita memberi wadah yang berisi kapas bercak kuning akibat darah haid kepada Aisyah RA. Lantas, mereka menanyakan bagaimana hukum shalat darah coklat setelah haid apakah boleh shalat muncul flek.

Kemudian, ‘ Aisyah RA menjawabnya: ‘Jangan terburu-buru menganggap suci sampai bisa melihat cairan putih.” (HR.Bukhari) 3. Flek yang keluar setelah Suci Ada sebuah hadist yang menjelaskan mengenai hukum flek yang muncul setelah haid, bahwa Rasulullah tidak menganggapnya sebagai hadas seperti darah haid, sehingga seorang perempuan tidak perlu mandi besar untuk mensucikannya.

darah coklat setelah haid apakah boleh shalat

“Kami tidak menganggap darah apapun menjadi kuning atau keruh setelah pemurnian.” (HR.Abu Dawud). Adanya pendapat lainnya juga disampaikan oleh Buya Yahya di Channel Youtube TV Al-Bahjah. Beliau berkata bahwa flek yang keluar setelah haid itu, “Hukumnya terbagi menjadi dua macam. Ada yang menganggapnya sebagai darah haid meskipun keluarnya setelah haid, tetapi ada juga yang menganggapnya bukan bagian dari darah haid (laisa minal haid). kelompok pertama, maka kalian harus menyucikan diri.

Namun jika mengikuti kelompok kedua, maka kalian hanya perlu membersihkan noda-noda dan bisa beribadah seperti biasa.” Cara Mengurangi Timbulnya Flek Coklat Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko munculnya flek coklat menjelang menstruasi, antara lain: • • Menjaga berat badan. • Hindari stress.

• Sering berolahraga. • Makan makanan yang seimbang.

darah coklat setelah haid apakah boleh shalat

• Mengganti alat kontrasepsi atau minum pil KB sesuai anjuran • Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan pada organ reproduksi.

Munculnya Flek Coklat yang Harus Bunda Waspadai Munculnya flek coklat disertai gejala lain yang membuat Bunda merasa tidak nyaman, maka Bunda harus waspadai jika mengalami tanda-tanda flek coklat berikut ini: • • Selain adanya flek coklat, vagina mengeluarkan cairan berwarna kuning atau kehijauan • Flek keluar dalam jumlah banyak, dan dalam waktu yang lama dimana lebih dari 7 hari dan lama hilang.

• Timbulnya bengkak serta kemerahan di sekitar kulit luar vagina • Kram perut tanpa henti disertai nyeri di bagian panggul • Merasa sakit saat berhubungan seks • Nyeri, sekaligus merasa terbakar saat buang air kecil • Terjadi demam, harus waspada karena bisa jadi adanya infeksi Nah, itu dia penjelasan mengenai hukum sholat ketika muncul flek coklat. Ada yang diperbolehkan shalat dan tidak.

Serta adanya flek coklat yang muncul dan harus Bunda waspadai jika merasa tidak nyaman. Baca Juga: • Apa Bedanya Darah Menstruasi dan Flek Tanda Kehamilan? Cek Disini Bund! • Catat Bund! Ini Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Tanda Hamil • Ini 5 Jenis Keputihan pada Wanita dan Cara Pencegahannya Sumber Aufia Afitri (Head Editor) Universitas Darah coklat setelah haid apakah boleh shalat Maret Hubungi Kami di [email protected] Artikel Serupa: • Ternyata ini Penyebab Flek Coklat Saat Hamil Muda hingga 9… • Penting!

Ini 5 Contoh Mahar Pernikahan dan Hukumnya dalam… • Hukum Suami Tidak Memberi Nafkah Dalam Islam, Bolehkah? • Apa Bedanya Darah Menstruasi dan Flek Tanda Kehamilan? Cek… • Jangan Anggap Sepele, Ternyata Ini 8 Penyebab Keputihan… • 8 Kombinasi Warna Coklat untuk Rumah, Hangat dan Mewah • Tata Cara, Gerakan Sholat Fardhu dan Gambarnya, Ajarkan ke… • Tanpa Peeling!

8 Bahan Alami Ini Bisa Menghilangkan Flek… • Penyebab Flek Saat Hamil Tua dan Cara Mengatasinya • Flek Darah Setelah Positif Hamil, Apakah Gejala Kehamilan… • Bacaan Niat, Doa dan Keutamaan Sholat Dhuha, Yuk Amalkan! • Yuk Disimak Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Jenazah! • Catat! Ini Ketentuan, Niat dan Tata Cara Sholat Jamak Takhir • Agar Berkah, Amalkan Doa Setelah Sholat Fardhu Berikut!

Ust Azhar Idrus- Jenis Warna Darah Haid




2022 www.videocon.com