Wisata situ bagendit

wisata situ bagendit

Situ Bagendit adalah sebuah objek wisata di garut bertema wisata alam yang terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Objek wisata ini bisa dijadikan alternatif liburan keluarga karena telah tersedia beberapa fasilitas bermain untuk anak-anak seperti kereta api mini yang berada tepat dipinggir danau. Untuk wisata situ bagendit pemandangan alam dengan background hamparan air danau ditengah pedesaan yang sejuk wisata situ bagendit damai, tidak perlukan biaya yang mahal.

Cukup membayar *tiket masuk Rp. 5.000/orang, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan yang disajikan oleh Situ bagendit ini. Lihar juga : 4 Tempat Wisata Darajat Garut yang Harus Anda Ketahui Akses jalan menuju kawasan objek wisata ini cukup bagus dan pastinya dapat dengan mudah dilalui oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Bagi pengunjung yang menggunakan jasa angkutan umum bisa dengan mudah mengunjungi tempat ini karena tersedia angkutan umum dari terminal Garut Kota jurusan lewigoong dan pasti melewati objek wisata ini.

Lokasi Situ Bagendit tepat berada di pinggir jalan raya Banyuresmi. Jarak tempuh dari terminal Garut kurang lebih sekitar 10 km dan jika ditempuh dengan kendaraan kurang lebih sekitar 23 menit perjalanan normal. Banyak aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di Situ Bagendit diantaranya menikmati pemandangan alam, selfie diatas rakit ditengah Danau, mengelilingi danau menggunakan rakit tradisonal yang terbuat dari bambu atau menggunakan sepeda air.

Terdapat sebuah warung terapung ditengah danau yang bisa pengunjung jadikan sebagai tempat peristirahatan sejenak sambil menikmati kelapa mudah ditengah Danau. Bagi yang memiliki hobi mancing, disini bisa melakukan aktivitas mancing secara gratis sepuasnya. Jenis ikan banyak ditemukan disini adalah ikan nila dan ikan gabus.

Rekomendasi umpan untuk yang ingin mancing ikan nila sebaiknya menggunakan lumut sawah. Disekitar situ wisata situ bagendit banyak yang jual umpan lumut sawah sehingga akan lebih memudahkan pengunjung yang hobi mancing untuk melakukan aktivitas mancing ikan nila disini *Tiket masuk Rp.5,000/orang *Biaya parkir 7.000 untuk kendaraan roda 4 pribadi.

Rp. 5,000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 15,000 untuk bus *Biaya sewa fasilitas keliling danau, Rakit bambu Rp. 50.000/ 60 menit kafasitas bisa sampai 10 orang, sedangkan untuk sepeda air, Rp, 20.000/20 menit dengan kafasitas 2 orang.

*Discalimer : Harga sewaktu-waktu dapat berubah Situ Bagendit Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No Telp: - Alamat: Jalan Kyai Haji Hasan Arif, Sukamukti, Banyuresmi, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44191 Garut dikenal sebagai intan dari Jawa Barat. Kota yang juga memiliki julukan ‘Swiss van Java’ ini menyimpan banyak keindahan alam yang potensial sebagai tempat wisata.

wisata situ bagendit

Salah satu referensi wisata alam di Garut yang cocok untuk berlibur adalah Situ Bagendit. Danau alami yang menyimpan kisah legenda di balik pembentukannya ini bisa menjadi alternatif berlibur untuk menyegarkan badan maupun pikiran.

Berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan di sini. Baik wisata situ bagendit dewasa maupun anak-anak. Jadi sangat cocok sebagai tujuan rekreasi keluarga. Harga Tiket Masuk Meskipun sudah populer sejak lama, Situ Bagendit tetap menjadi destinasi wisata yang murah-meriah. Harga tiket masuk berlaku sama untuk hari biasa atau akhir pekan. Harga Tiket Masuk Situ Bagendit Tiket Wisata Situ Bagendit 2 & 3 Rp5.000 Baca: DARAJAT PASS Garut Tiket & Aktivitas Jam Operasional Objek wisata utama Situ Bagendit masih tutup untuk umum.

Yang beroperasi saat ini objek wisata 2 & 3. Danau wisata ini terbuka untuk umum setiap hari. Khususnya hari libur, kunjungan biasanya meningkat dibandingkan hari biasa. Jam Buka Setiap Hari 08.00 – 17.00 WIB Daya Tarik Situ Bagendit Situ Bagendit atau Danau Bagendit terletak di Banyuresmi, Kabupaten Garut. Danau alami ini tidak hanya dilingkupi oleh pemandangan indah pegunungan dan persawahan, tetapi juga legenda yang hidup dan tumbuh di dalamnya.

Kisah itu mengenai Nyai Endit yang tenggelam bersama hartanya karena sudah berbuat kikir. Terlepas dari kebenaran kisah tersebut, danau ini tetap menjadi primadona wisata bagi warga Garut maupun luar Garut. Selain sebagai tempat wisata, pemerintah setempat juga sering menggelar acara di Situ Bagendit. Beberapa acara tersebut ialah kegiatan kebudayaan wisata situ bagendit upacara bendera di hari kemerdekaan Indonesia.

Baca: 5+ Pilihan Tempat Wisata Di Garut Paling Asik Pemandangan Alam Tanaman air Situ Bagendit dengan latar pegunungan dan danau – Foto: Google Maps/Rosiana Sidhayatra Sepanjang perjalanan menuju Situ Bagendit, ternyata pengunjung sudah dimanjakan oleh pemandangan alam yang indah dan asri.

Danau yang terletak di Kecamatan Banyuresmi ini memang berada di kawasan pedesaan yang dipenuhi sawah dan perkebunan. Pemandangan ini dilengkapi dengan lukisan pegunungan yang berdiri tegak di kejauhan. Seringkali pengunjung sengaja jogging atau bersepeda kemari sambil menikmati udara segar.

wisata situ bagendit

Sampai di area danau, pemandangan yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda. Hanya saja kali ini dilengkapi dengan sebuah danau yang luas. Di beberapa sudut danau terdapat kumpulan tanaman teratai dan eceng gondok yang sering dimanfaatkan warga sekitar untuk kerajinan tangan atau cindera mata. Karena tidak terhalang apapun kecuali gunung tinggi, tempat ini cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam. Mengelilingi Danau Mengelilingi Situ Bagendit dengan menaiki rakit atau getek – Foto: Google Maps/Selfi Ajja Keindahan Situ Bagendit bisa dinikmati dengan berbagai wahana permainan air yang tersedia.

Terdapat sepeda air, rakit, dan perahu yang bisa dinaiki sendiri atau bersama kerabat.

wisata situ bagendit

Tiap wahana menawarkan pengalaman yang berbeda, namun yang pasti semuanya menyenangkan. Jika sudah sampai di tengah danau dan ingin beristirahat sejenak, silakan mampir ke warung terapung. Beberapa warung makanan yang dibuka setiap akhir pekan ini sengaja dibuat di atas rakit yang berada di tengah danau. Rasakan sensasi menyantap makanan dan minuman sambil ditiup angin sepoi-sepoi dan dikelilingi air danau yang tenang. Ketika mengelilingi danau, pengunjung mungkin akan melihat warga yang beraktivitas di sekitar danau, salah satunya mengambil ikan.

Wisata situ bagendit berfungsi sebagai tempat wisata, danau ini juga memang lahan mata pencaharian. Namun, pengunjung juga diperbolehkan mengambil ikan dengan cara memancing di pinggiran danau. Aktivitas di Pinggir Danau Warung terapung yang dibuka ketika akhir pekan – Foto: Google Maps/Quthbie.H.M-Media Setelah puas berlayar, pengunjung dapat melihat pemandangan sekitar sambil berjalan-jalan di pinggir danau.

Lebih baik lagi jika membawa bekal makanan sendiri. Ada banyak gazebo atau saung yang bisa disewa sebagai tempat istirahat. Bagi pengunjung yang datang bersama anak-anak mungkin ingin mencoba beberapa wahana permainan yang tersedia di sana. Ada banyak wahana yang bisa dinikmati anak-anak, seperti kereta mini, trampolin, pemancingan mini, dan kolam bola dengan seluncuran. Ada juga kegiatan kreatif seperti mewarnai yang bisa dilakukan dengan mebayar 10 ribu rupiah saja.

Spot Foto Ciamik Situ Bagendit memiliki beberapa spot foto yang menarik – Foto: Google Maps/N. Nuer Tidak lengkap rasanya jika belum berfoto ketika sedang berwisata. Jangan lewatkan kesempatan mengabadikan foto dengan latar pemandangan danau yang indah.

Berpose ketika berada di tengah danau atau piknik di pinggir danau tentu menyenangkan. Situ Bagendit juga kini dilengkapi area yang tertata rapi dan menarik untuk menjadi spot foto. Beberapa di antaranya adalah jembatan menuju Taman Hutan Bagendit.

Jembatan ini dihiasi terowongan besi berbentuk persegi dengan susunan asmetris yang unik. Selain itu, kawasan jajaran toko yang tidak jauh dari gerbang masuk pun dipercantik dengan dekorasi payung yang diganti secara berkala. Fasilitas Situ Wisata situ bagendit Beberapa fasilitas yang terdapat di sekitar danau – Foto: Google Maps/QuthbieH.M.-Media Situ Bagendit memiliki lahan parkir yang luas dan bisa memuat kendaraan bus, sehingga tempat wisata ini cocok untuk menjadi tujuan wisata kelompok.

Fasilitas lainnya adalah toilet, mushola, wahana permainan anak, ragam transportasi air, serta jajaran kios makanan dan cinderamata.

wisata situ bagendit

Daftar ini akan semakin bertambah lengkap karena pemerintah tengah gencar mengembangkan kawasan wisata ini sebagai destinasi wisata tingkat internasional. Lokasi Situ Bagendit Danau wisata ini terletak di Desa Banyuresmi, Garut, Jawa Barat dan berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Garut.

Lokasinya bisa dijangkau oleh kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Beberapa angkutan umum yang melewati Situ Bagendit yaitu angkot jurusan Terminal Guntur – Kp. Mengger dan Garut – Limbangan.
Berwisata memang hal yang menyenangkan. Namun, rugi rasanya jika hanya bisa berwisata tanpa ikut menaga keasriannya. Objek wisata milik Pemerintah Daerah Garut dengan kewenangan yang dilimpahkan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut, Jawa Barat.

Situ Bagendit namanya. Objek wisata yang memiliki kualitas lingkungan hidup cukup baik. Entah dari segi kebersihan lingkungan ataupun ekosistem alamnya. Dalam bahasa Sunda, Situ Bagendit memiliki arti Danau. Kabarnya, pembangunan tempat wisata ini memang sudah direncanakan oleh Dinas Pariwisata dan berjalan dengan baik. Pembangunan yang ada telah tertata sedemikian rupa dengan gaya arsitektur bangunan itu sendiri. Lokasi Tempat Wisata Situ Bagendit Bagi para warga di sekitaran Garut rasanya tak perlu bersusah mencari lokasi tempat wisata ini.

Danau Situ Bagendit berada di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi ini terbilang mudah dalam mencarinya anda juga bisa menggunakan angkutan umum atau delman dengan tarif yang berbeda-beda sesuai jarak yang akan anda tempuh selama perjalanan.

Fasilitas di Situ Bagendit Tak perlu khawatir jika anda mengajak keluarga anda untuk berkunjung ke Situ Bagendit. Ada beberapa fasilitas yang membuat anda semakin nyaman berada di lokasi wisata seperti sarana bermain anak, Track Kereta Api Mini yang bisa digunakan untuk menyusuri tepi laut.

Lalu ada juga sepeda air dan sejenisnya. Kebersihan di tempat wisata ini wisata situ bagendit terjaga. Anda bisa menggunakan sarana umum seperti wisata situ bagendit dan musholla yang tersedia. Selain itu ada juga banyak warung atau kios makanan di sekitaran wisata situ bagendit. Sejarah Situ Bagendit Nama Situ Bagendit begitu puler karena keindahannya. Namun bukan itu saja, ada kisah dibalik nama dan tempat wisata ini.

Konon, dulu hiduplah seorang wanita kaya raya namun memeiliki sifat kikir bernama nyai Endit. Ia dikenal jahat terhadap masyarakat miskin sampai suatu ketika dia bertemu seorang kakek yang meminta makanan ditengah pesta yang ia gelar. Endit tidak memberikan makanan apapun kepada kakek itu hingga sang kakek pergi. Keesokan harinya, masyarakat wilayah setempat ramai menemukan adanya satu batang lidi yang menancap di jalan desa tapi tidak ada satu orang pun yang sanggup mencabutnya.

Suatu ketika, kakek tersebut muncul kembali dengan berhasil mencabut lidi tiu. Dikisahkan bahwa bekas dari wisata situ bagendit lidi itu mengalir air yang semakin lama semakin deras sampai akhirnya menenggelamkan wilayah itu. Karena kecintaannya terhadap harta, nya Endit seorang kaya raya tidak mau beranjak dari rumahnya dan pada akhirnya ia ikut tenggelam. Hunting Foto di Situ Bagendit Jika anda ingin menghabiskan akhir pekan bersama pasangan atau teman-teman anda, datanglah ke Situ Bagendit dan abadikan memnt tersebut sepuasnya.

Banyak pengunjung yang menggunakan fasilitas perahu dan sepeda air mengelilingi danau. Situ Bagendit memang bisa jadi tempat romantis, tidak heran jika banyak wisatawan yang berlomba memotret keindahan tempat wisata ini.

wisata situ bagendit

Peta Lokasi Menuju Situ Bagendit Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Situ Bagendit Menikmati hari libur dengan biaya murah merupakan namun berkualitas bisa menjadi keinginan banyak orang. Tempat ini jadi pilihan yang pas untuk anda.

wisata situ bagendit

Harga tiket masuk ke Situ Bagendit terjangkau hanya Rp. 5000/orang. Sedangkan untuk jam bukanya adalah setiap hari di jam 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Beda halnya jika anda ingin menggunakan wahana air atau sarana yang ada di wilayah setempat seperti menyewa rakit yang bisa anda gunakan selama 15 menit dengan biaya sewa dipatok mulai Rp.25000 saja. Sepeda air di lokasi juga terdapat kurang lebih 11 buah dengan membayar biaya sewa Rp.

10.000/ 15 menit. Patokan harga ini bisa berubah sewaktu-waktu. Tips Berlibur di Situ Bagendit Berwisata ke Danau Situ Bagendit bisa anda rencanakan bersama keluarga atau teman-teman anda. Ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan seperti kendaraan yang akan anda pilih untuk menuju lokasi. Lalu jika anda tidak suka terlalu ramai, anda bisa datang di hari-hari biasa.

Kondisi wisata situ bagendit di Situ Bagendit tergolong sedang. Tidak hanya itu anda bisa memilih waktu sore hari jika wisata situ bagendit wahana seperti rakit dan sepeda air agar tidak tersengat panas matahari.

Tetap awasi putra-putri anda dalam menaiki kereta api mini yang menyusui tepi danau. Jaga kebersihan sewaktu anda berkunjung di Situ Bagendit sebab tempat ini sudah terkenal dengan keindahan dan kebersihan lingkungannya yang terjaga. Meskipun tetap bisa anda temukan coretan-coretan di pohon atau bangunan permanen dan semi permanen berupa vandalisme.

Yuk nikmati wisata alam yang terdapat di Garut ini, jadwalkan hari libur anda dan ajak teman atau keluarga berkunjung ke Situ Bagendit. Danau yang terkenal dengan keindahan alamnya serta cerita dibaliknya. Jangan lupa untuk membagikan potret kebersamaan anda ketika berkunjung dimana ini bisa juga anda bagikan melalui sosial media. Situ (Danau) Situ Bagendit berlokasi di Kampung Cipare, Desa Sukamukti, Kec.Banyuresmi Kab. Garut. Jarak kawasan wisata Situ Bagendit ini dari pusat kota Garut yaitu 4 km.

Terdapat angkutan umum berupa angkot jurusan Terminal Guntur-Kp.Mengger dan Garut-Limbangan dan ojek. Kualitas pemandangan dan tingkat keamanan sepanjang jalan di kawasan objek dan daya tarik wisata ini cukup baik. Pada akhir 2020 lalu, kawasan ini dilakukan penataan besar-besaran dengan dilangsungkan groundbreaking (peletakan batu wisata situ bagendit penataan Kawasan Pariwisata Situ Bagendit pada Rabu, 11 November 2020.

Salah satu ajakan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil adalah kolaborasi kawasan wisata dengna pemberdayaan pesantren, misalkan mereka punya produk apa, sediakan disini dan sebagainya.

Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan revitalisasi Situ Bagendit ini memakan biaya 81 Milyar yang berasal dari bantuan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Jelasnya, nilai kontrak pada penataan kawasan Situ Bagendit yakni sebesar Rp81.172.754.000 dengan lingkup pengerjaan antara lain, pembangunan pintu masuk dan area parkir, area plaza, dermaga wisata, amfiteater, pujasera, masjid, serta bangunan penunjang lainnya.

Total lahan yang dibutuhkan pada penataan tahap pertama seluas 3,5 hektare, pedestrian dengan panjang 6,7 kilometer, dan pembangunan Pulau Nusa Kelapa seluas 2,3 hektare. Sementara jangka waktu yang ditetapkan dalam kontrak tersebut yaitu selama 435 hari atau kurang lebih 14 bulan. Revitalisasi Situ Bagendit ini, dilakukan secara professional dan tidak sampai terbengkalai. Sementara Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Basuki Hadimuljono, melalui aplikasi video telekonferensi mengatakan, Situ Bagendit merupakan salah satu destinasi pariwisata unggulan di Jawa Barat.

Wajah Baru Situ Bagendit Revitalisasi Situ Bagendit ini memakan waktu selama 14 bulan dan akan dibuka pada awal 2022 dan akan menjadi objek wisata kelas dunia yang berasal dari Kabupaten Garut. Masuk ke kawasan wisata di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut ini terdiri dari tiga gate yang merupakan akses masuk bagi pengunjung.

Masuk ke dalamnya, pengunjung akan disuguhi 6 zona yang meliputi beberapa fungsi, yaitu zona satu berupa wisata publik ,zona dua berupa area kuliner, zona tiga berupa area green school, zona empat berupa area komersilzona lima berupa area water sportserta zona enam berupa area masjid dan konservasi. Dari berbagai zona tersebut, pengunjung dapet menikmati berbagai fasilitas, antara wisata air, ruang terbuka, taman, amfiteater, dermaga, taman teratai, plaza utama, plaza edukasi, ruang kuliner, kios oleh-oleh, parkir kendaraan, hingga toilet.

Lalu, akan ada pula Pulau Nusa Kelapa yang nantinya terdapat masjid, menara pandang, plaza utama, area literasi, playground, sky bridge, dermaga, jembatan, plaza air, hingga kawasan konservasi. Setiap zona pun dihubungkan oleh jalur pedestrian yang terbagi ke dalam dua tipe, yaitu pedestrian dengan tanggul dan elevated pedestrian.
Jakarta - Situ Bagendit Garut merupakan objek wisata alam berupa danau.

Lokasinya di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

wisata situ bagendit

Kalau kamu ke Garut, wajib ke tempat wisata situ bagendit ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) saja pernah berkunjung untuk menikmati keindahan alam wisata Situ Bagendit Garut pada awal tahun 2019.

Dalam kunjungannya presiden menyampaikan dukungannya untuk mengembangkan objek wisata danau tersebut agar bisa lebih banyak diminati dan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Murah di Garut: Situ Bagendit Berikut hal menarik di Situ Bagendit Garut: 1. Di Situ Bagendit Garut Dapat Naik Rakit dan Nikmati Sunset Yang dapat dilakukan di Situ Bagendit Garut antara lain menikmati pemandangan, mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau rakit. Kamu juga dapat rekreasi keluarga dengan membawa camilan atau rujak dan bermain sepeda air. Kamu juga bisa berfoto-foto di tempat yang pemandangannya indah ini.

2. Tiket Masuk Harga masuk tiket ke Situ Bagendit Garut sekitar Rp 5.000 per orang. Jam buka tempat lokasi ini yakni pukul 08.00-17.00 WIB. Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi 3. Legenda Situ Bagendit Situ Bagendit Garut terkenal akan cerita rakyatnya yang sangat melegenda.

wisata situ bagendit

Ceritanya yakni di sebuah desa, ada seorang tengkulak yang sangat serakah bernama Nyai Endit. Nyai Endit adalah janda yang sangat kaya raya. Kekayaan Nyai Endit ini didapatkannya dari warisan suaminya yang sudah meninggal. Semua petani di desa itu sangat takut dan tunduk pada Nyai Endit karena dia mempunyai banyak centeng yang sangat setia kepadanya. Para centeng-centeng Nyai Endit memiliki tubuh yang sangat kekar dan sering menindas orang-orang lemah. Seluruh padi hasil panen petani di desa tersebut wajib dijual kepada Nyai Endit dengan harga yang sangat murah.

Para petani ini terpaksa harus menjual murah seluruh hasil panen mereka karena takut dengan para centeng Nyai Endit. Nyai Endit memiliki lumbung padi yang sangat luas sehingga mampu menampung seluruh hasil panen dari petani wisata situ bagendit desa itu.

Dia pun menjual kembali beras kepada penduduk setempat dengan harga berkali lipat. Kondisi ini membuat harta Nyai Endit semakin hari semakin bertambah banyak sementara para penduduk setempat semakin melarat. Dengan harta yang melimpah, Nyai Endit hidup penuh kemewahan. Dia bisa menikmati hidangan makanan-makanan mewah saat orang-orang di sekitarnya kelaparan. Tidak sepeserpun hartanya dia berikan untuk menolong para fakir miskin walaupun sudah memohon kepadanya. Para petani yang tidak berdaya, hanya bisa pasrah dengan kelakuan Nyai Endit.

Suatu wisata situ bagendit Nyai Endit mengadakan acara di rumahnya sebagai perayaan atas hartanya yang bertambah banyak.

wisata situ bagendit

Dia pun memamerkan harta dan perhiasan miliknya kepada para tamu dan warga sekitar yang hadir. Kemudian datanglah seorang kakek dengan pakaian yang sangat kusut dan kotor sambil memegang sebuah tongkat sebagai tumpuannya. Kakek itu menghampiri Nyai Endit dan memohon agar diberikan sedikit makanan karena kelaparan. Nyai Endit yang sangat pelit langsung membentak kakek wisata situ bagendit dan mengusirnya dengan kata-kata kasar.

Nyai Endit memerintahkan para centeng-centengnya untuk menyeret kakek tersebut keluar dari rumahnya. Centeng-centeng itu lalu menyeret kakek tersebut dengan paksa hingga keluar dari rumah Nyai Endit. Esok harinya, Nyai Endit mendapati sebuah tongkat yang tertancap tepat di depan halaman rumahnya. Dia berusaha mencabut tongkat tersebut dengan sekuat tenaga namun tidak berhasil. Nyai Endit memerintahkan centeng-centengnya untuk mencabut tongkat itu dari tanah, mereka pun tidak mampu mencabutnya meski telah mengerahkan seluruh tenaga.

Seluruh warga pun dikumpulkan untuk mencabut tongkat tersebut namun tak wisata situ bagendit yang bisa melakukannya. Tak lama kemudian seorang kakek yang pernah diusir Nyai Endit datang lagi. Kedatangannya kali ini bukan untuk meminta makanan kepada Nyai Endit, melainkan dia ingin mengambil tongkatnya yang ketinggalan di depan rumah Nyai Endit. Dengan mudahnya kakek itu mencabut tongkatnya sehingga membuat semua orang terkejut. Karena dari tempat tongkat itu tertancap keluar air yang begitu deras dan dengan cepatnya mengalir ke sekitar tempat tersebut.

Semua warga panik dan langsung berlarian karena air membanjiri desa. Semua penduduk desa segera pergi menyelamatkan diri. Mereka meninggalkan desa dan mencari tempat yang aman untuk mengungsi.

wisata situ bagendit

Namun Nyai Endit sibuk menyelamatkan harta bendanya yang begitu banyak. Dia begitu kesulitan karena sudah tak ada satu pun yang bisa menolongnya.

Di tengah terjangan banjir yang makin ganas, Nyai Endit berteriak minta tolong namun sia-sia karena di desa tersebut hanya tinggal dia seorang. Nyai Endit pun tenggelam bersama seluruh harta bendanya di desa tersebut. Dalam waktu singkat desa itu tenggelam dan menjadi sebuah danau yang akhirnya diberi nama Situ Bagendit. Selain legenda, ada lagi kisah misteri bahwa kalau pasangan kekasih datang ke tempat ini akan putus.

Mitos ini tergantung kepercayaan masing-masing.

wisata situ bagendit

Baca juga: Foto: Wisata Murah di Situ Bagendit Garut 4. Lokasi Menuju ke Situ Bagendit Garut Situ Bagendit Garut bisa ditempuh kurang lebih 40 menit dari Terminal Garut. Bisa naik angkot warna orange jurusan Terminal-Mengger atau Leuwigoong. Situ Bagendit Garut juga bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi. Jangan lupa memakai pakaian hangat saat menikmati perjalanan ke Garut untuk mengatasi masuk angin.

Simak Video " Tes Mobil Listrik Wisata situ bagendit UX 300e: Mobil Listrik Rasa Mobil Konvensional" [Gambas:Video 20detik] (nwy/erd)
Garut, Jawa Barat - Wisata Situ Bagendit yang berada di Kecamatan Banyuresmi Garut, memang baru di buka 4 hari.

Wisata itu digadang menjadi wisata kelas Dunia setelah Presiden Joko Widodo merevitalisasi tempat itu dan menelan dana ratusan Miliar. Namun sayang, pengunjung malah merusak ekosistem teratai dengan berton-ton sampah yang dibuang sembarangan.

Hari ini, Jumat (6/5/2022), para kader pemungut sampah dan warga sekitar, bahu membahu membersihkan sampah bekas wisatawan yang menumpuk di lokasi situ. Selain sampah plastik, sampah bekas makanan pengunjung pun berserakan di lokasi wisata. "Dari tagana juga turun, kita harus berbicara dengan stakeholder harus ada semacam kegotong royongan yang rutin, selain membangun kesadaran masyarakat juga kita tidak bisa tinggal diam harus segera memungutnya, " Kata Relawan pemungut sampah, Yuda Puja Turnawan.

Ia mengatakan perlu ada denda dan sanksi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan di lokasi wisata. Berita Terkait : • Sebanyak 40 Ribu Penumpang Bus Telah Diberangkatkan dari Terminal Guntur Garut • Polwan Tasikmalaya Terjun Atur One Way Hingga HIbur Warga dengan Berjoget • Tiga Insiden Wisatawan Tenggelam Masih Dominasi Laka Laut di Garut • Nyaris Tabrak Kapolsek dan Lukai Anggota 2 Pria di Garut DiamankanGarut - Objek Wisata Situ Bagendit, Garut diserbu wisatawan setelah kembali dibuka usai direnovasi di momen libur Lebaran tahun ini.

Sayangnya, kawasan wisata tersebut malah dipenuhi sampah usai dikunjungi wisatawan. Suasana penuh sampah di objek wisata Situ Bagendit akhir-akhir ini jadi perbincangan usai potretnya beredar di media sosial.

Di Instagram, banyak akun yang mengulas soal itu. "Dimohon kepada pengunjung situbagendit untuk tidak wisata situ bagendit sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya," ucap akun @infobanyuresmi dalam unggahan foto penampakan sampah di Situ Wisata situ bagendit, Kamis (5/5).

Baca juga: Jalur Simpang Susun Cileunyi Kerap Buat Pemotor Bingung "Buat wargi Garut atau wisatawan yang berkunjung dan berwisata di Garut.

Yuk untuk selalu saling mengingatkan untuk tidak buang sampah sembarangan untuk kenyamanan bersama," ungkap akun @garutupdate_ Kedua akun tersebut mengunggah video serupa. Dalam video beberapa detik itu terlihat situasi Situ Bagendit yang dipenuhi wisatawan. Dalam video itu, terlihat juga tumpukan sampah di danau Bagendit. Unggahan tersebut mendapat reaksi dari netizen. Rata-rata warganet menunjukan kekesalan mereka dalam kolom komentar unggahan tersebut.

"Kurangnya kesadaran," ucap akun @angganug***** "Diwajibkan pakai masker dan ber otak," ucap akun @ruswanma***** Tumpukan sampah di Situ Bagendit itu juga ditanggapi serius Wakil Bupati Garut Helmi Budiman.

Helmi menyayangkan perilaku wisatawan yang membuang sampah sembarangan hingga mencemari lingkungan di sana. "Sangat disayangkan, mari kita jaga dan rawat untuk kenyamanan kita bersama," ungkap Helmi. Helmi langsung melakukan peninjauan ke lokasi pada Kamis malam tadi.

wisata situ bagendit

Helmi menemukan ada sejumlah hal yang harus dibenahi oleh pihaknya. Salah satunya adalah ketersediaan tempat sampah di sana.

Baca juga: Sepenggal Kisah Kawah Putih: Eksplorasi Junghuhn dan Sosok Domba Lukutan "Memang kami akui masih kurang, tapi bukan berarti tidak ada. Bukan berarti wisata situ bagendit harus membuang sampah ke sembarangan tempat," ucap Helmi. Helmi mengatakan pihaknya berharap agar semua pihak sama-sama menjaga kelestarian lingkungan di sana. Helmi berharap masyarakat dan wisatawan bisa menjaga Situ Bagendit yang diklaim merupakan salah satu aset wisata terbaik milik Garut.

"Sampah ini memang jadi tanggungjawab kami yang utama. Tapi, kami minta agar masyarakat, wisatawan hingga pedagang juga ikut membantu dalam upaya menjaga lingkungan," tutup Helmi. (mso/mso)
foto: https://www.instagram.com/henmoto/ Situ Bagendit menjadi salah satu tempat wisata menarik di Garut Jawa Barat.

Tidak hanya keindahan yang ditawarkan saja namun juga banyak spot wisata di dalamnya yang akan memanjakan aktivitas berlibur. Kabupaten Garut memang menjadi salah satu tujuan berlibur masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya. Alam Indonesia yang begitu mengagumkan menyimpan destinasi wisata rekomended, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, kuliner dan lainnya.

Banyak sekali obyek wisata menarik di Garut yang akan memanjakan aktivitas berlibur bersama keluarga. Salah satu tempat kece yang wajib untuk kalian kunjungi ketika berlibur di Garut Jawa Barat yaitu Situ Bagendit.

Pesona keindahannya akan menghipnotis siapa saja yang menikmatinya. Rasa bosan dan penat akan hilang seketika dengan menikmati keindahan yang di tawarkan Situ Bagendit. Kunjungi obyek wisata alam Situ Bagendit Garut untuk mengahabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.

Jika anda berencana mengunjunginya, berikut informasi wisata Situ Bagendit yang bisa anda simak untuk referensi berlibur. foto: https://www.instagram.com/silapurnaarif_/ Menikmati keindahan alam yang di berikan Situ Bagendit Garut, anda tidak butuh banyak biaya. Karena dengan biaya ramah kantong, anda bisa melihat dan menikmati spot wisata yang ada di Situ Bagendit.

Harga tiket masuk Situ Bagendit sendiri yaitu Rp.20.000/orang dengan biaya tambahan retribusi parkir kendaraan Rp.2.000/motor dan Rp.5.000/mobil. Dapatkan liburan seru dan menyenangkan di Situ Bagendit bersama keluarga tercinta. (Harga tiket masuk wisata Situ Bagendit dan biaya tambahan lainnya bisa berubah setiap waktu).

Untuk operasionalnya sendiri, Wisata telaga Situ Bagendit Jawa Barat buka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 17.00 WIB. Dapatkan liburan yang seru dan menyenangkan dengan puas menikmati keindahan wisata Situ Bagendit Garut. Alamat dan Rute Lokasi foto: https://www.instagram.com/info_banyuresmi/ Destinasi wisata alam Situ Bagendit bisa anda kunjungi dengan mudah, akses jalan yang baik dan plang penunjuk arah akan memudahkan perjalanan liburan anda.

Lokasi dari Waduk Situ Bagendit sendiri berada di Sukamukti, Kec. Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Wisata situ bagendit Bagendit berjarak kurang lebih 10 km jika anda berangkat dari pusat kota Garut Jawa Barat.

Anda bisa berkunjung ke Situ Bagendit dengan kendaraan pribadi, untuk waktu tempuh yang di butuhkan sekitar 30 menit perjalanan. Akses peta lokasi dari Situ Bagendit berikut ini untuk menemani dan memudahkan perjalanan liburan anda di Kabupaten Garut, Jawa Barat.  Datang juga ke –> Pantai Santolo sajian pantai pasir putih yang mempesona.

Fasilitas foto: https://www.instagram.com/silapurnaarif_/ Menjadi obyek wisata populer di Garut, obyek wisata Situ Bagendit dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung wisata seperti: • Area parkir kendaraan wisata yang luas • Warung wisata • Gazebo • Spot Foto • Warung makan • Perahu wisata • Spot memancing • Wahana permainan air • Mushola • Pusat oleh-oleh dan souvenir • Taman yang indah Rasakan keseruan liburan yang semakin menyenangkan di Situ Wisata situ bagendit dengan menikmati fasilitas dan spot wisata yang ada.

Kunjungi juga –> Bukit Nangklak tak kalah menarik dengan sajian alam mempesona. Spot Wisata di Situ Bagendit foto: https://www.instagram.com/silapurnaarif_/ Keindahan yang disajikan Situ Bagendit akan memanjakan jiwa dan pikiran yang penuh dengan kepenatan. Selain menikmati sajian panorama alam di tempat ini, anda juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan lainnya. Seperti berburu foto instagenic, dapatkan gambar terbaik untuk kebutuhan media sosial anda.

Fasilitas wahana permainan air juga akan memanjakan wisata situ bagendit liburan anda di Situ Bagendit seperti sepeda air dan lainnya. Anda juga bisa berkeliling menikmati keindahan Situ Bagendit dengan perahu wisata yang ada di Situ Bagendit. (Harga tiketnya bisa di tanyakan kepada nahkoda perahu di lokasi). Jangan lewatkan kunjungan liburan anda dan keluarga di Garut dengan melewatkan destinasi wisata Situ Bagendit. Karena pesona wisatanya sayang jika anda lewatkan.

Review sebelumnya –> Talaga Bodas sajian keindahan yang rekomended untuk berburu foto instagenic. Tips Berkunjung foto: https://www.instagram.com/gunturfebrian10/ Agar liburan di Situ Bagendit Garut semakin menyenangkan, ada beberapa tips wisata dari Sikidang berikut ini. • Waktu terbaik untuk mengujungi destinasi wisata alam Situ Bagendit yaitu di pagi dan sore hari. • Datang ke obyek wisata di Garut satu ini bersama keluarga maupun orang tercinta di akhir pekan.

• Jangan lupa siapkan kamera untuk berburu foto terbaik di obyek wisata Situ Bagendit. • Jaga kebersihan Situ Bagendit ketika berkunjung agar alamnya tetap lestari dan indah.

Demikian informasi wisata Situ Bagendit yang bisa Sikidang sajikan untuk mempermudah perjalanan liburan anda di Kabupaten Garut Jawa Barat.

Jalan jalan sore hari di tempat wisata Situ Bagendit 2..




2022 www.videocon.com