Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Cara kerja lidah buaya untuk mengatasi jerawat Lidah buaya adalah tanaman asli asal Afrika yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk masalah kulit, termasuk jerawat dan iritasi. Tanaman dengan daun berwarna hijau ini memiliki kadar gel yang ternyata cukup berkhasiat dalam menghilangkan jerawat.

Begini, lidah buaya mengandung giberelin dan polikasarida yang membantu mengunci kelembapan di kulit. Polisakarida di lidah buaya merangsang fibroblas untuk menghasilkan serat kolagen dan elastin agar kulit lebih elastis. Senyawa ini juga memiliki efek kohesif pada sel lapisan terluar kulit.

Artinya, kulit akan lebih cepat mengelupas dan digantikan dengan sel kulit baru yang lebih lembut. Oleh sebab itu, gel berwarna bening ini membantu menyamarkan bekas luka.

Bahkan, polisakarida dan giberelin juga bertindak sebagai antibakteri untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Keduanya membantu menghilangkan minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati dan bakteri yang menyumbat pori-pori. Selain itu, lidah buaya juga bersifat anti peradangan alami dan antioksidan yang membantu mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang berkaitan dengan jerawat.

Maka dari itu, penggunaan gel lidah buaya dipercaya untuk membantu mengobati jenis jerawat ringan hingga sedang. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengenal manfaat lidah buaya beserta efek sampingnya sebagai obat jerawat. Benarkah Kunyit Manjur Atasi Masalah Jerawat? Efek samping lidah buaya untuk kulit berjerawat Umumnya, gel lidah termasuk aman dan efektif untuk mengobati masalah kulit seperti jerawat dan luka bakar.

Namun, penggunaan gel lidah buaya disarankan hanya dilakukan secara topikal. Pemakaian lidah buaya secara oral, alias dimakan atau diminum, berisiko terhadap penyakit kanker. Pasalnya, getah lidah buaya yang tidak diolah mengandung bahan kimia penyebab kanker. Selain itu, konsumsi 1 gram gel lidah buaya selama beberapa hari dapat menyebabkan kerusakan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dan bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, gel lidah buaya hanya boleh dipergunakan secara topikal.

Adapun efek samping lainnya yang muncul ketika mengonsumsi gel lidah buaya, seperti kram dan nyeri perut. Selalu konsultasikan dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan gel lidah buaya, baik secara oral cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya topikal, terutama ketika menjalani pengobatan tertentu. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya Sejak dulu, tanaman lidah buaya telah digunakan untuk pengobatan jerawat. Tidak hanya di wajah, tanaman yang juga dijadikan jus ini dipakai untuk mengobati jerawat di badan bahkan yang berada di kulit kepala.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat dengan lidah buaya. Masker lidah buaya segar Masker lidah buaya segar adalah salah satu cara yang cukup sering dilakukan agar proses perawatan kulit berjerawat lebih cepat. Berikut ini cara membuatnya. • Ambil lidah buaya dan tekan untuk mengeluarkan gelnya. • Oleskan gel pada bagian kulit yang terinfeksi jerawat. • Ulangi proses ini dua kali sehari setidaknya selama seminggu.

Masker lidah buaya dengan lemon Selain gel lidah buaya yang segar, Anda juga bisa memanfaatkan lemon untuk jerawat. Pasalnya, lemon mengandung senyawa asam yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. • Ambil daun lidah buaya, potong daunnya, dan tekan hingga gel keluar. • Letakkan gel di dalam blender. • Tambahkan satu buah perasan lemon atau jeruk nipis dan campurkan. • Simpan losion lidah buaya ini di dalam kulkas dan diamkan beberapa saat.

• Oleskan losion pada wajah seperti masker setiap malam sebelum tidur. • Diamkan semalaman dan bilas wajah pada pagi harinya. Masker lidah buaya dengan kunyit dan madu Tahukah Anda bahwa ternyata kunyit dan madu memiliki khasiat yang sama dengan lidah buaya, yaitu efektif bantu menghilangkan jerawat? Campuran ketiga bahan tersebut dapat membuat kulit lebih cepat terbebas dari jerawat. Ikuti langkahnya berikut.

• Ambil gel lidah buaya segar dan campurkan sedikit kunyit, madu, susu, dan beberapa tetes air mawar. • Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata. • Oleskan losion pada bagian kulit berjerawat. • Diamkan selama 15 – 20 menit dan bilas dengan air. • Ulangi proses ini secara teratur. Penggunaan gel lidah buaya di kulit memang terbilang aman.

Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum rutin menggunakan lidah buaya untuk mengobati jerawat. Surjushe, A., Vasani, R., & Saple, D. G. (2008). Aloe vera: a short review. Indian journal of dermatology, 53(4), 163–166. https://doi.org/10.4103/0019-5154.44785. Retrieved 5 October 2020. Aloe Vera. (2020). National Center for Complementary and Integrative Health.

Retrieved 5 October 2020, from https://www.nccih.nih.gov/health/aloe-vera  Aloe. (2017). Mayo Clinic. Retrieved 5 October 2020, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-aloe/art-20362267  Using Aloe Vera Has Multiple Benefits. (2018). Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya College Medicine. Retrieved 5 October 2020, from https://www.bcm.edu/news/benefits-using-aloe-vera  17 DIY Home Remedies for Acne Using Aloe Vera.

(n.d). Home Remedies. Retrieved 5 October 2020, from https://homeremediesforlife.com/aloe-vera-for-acne/ Bola.com, Jakarta - Masalah jerawat bisa sangat mengganggu bagi sebagian orang. Tak hanya memengaruhi penampilan, jerawat juga bisa menandakan terganggunya sistem metabolisme tubuh. Lidah buaya adalah salah satu bahan penyembuh jerawat yang populer. Tanaman herbal ini sudah dikenal berabad-abad sebagai agen penyembuhan jerawat topikal. Lidah buaya memiliki efek anti peradangan yang bisa menenangkan iritasi kulit dan luka termasuk jerawat.

Sifat antibakterinya juga bisa menyingkirkan bakteri penyebab jerawat.

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat, membuat bekas jerawat juga dengan cepat menghilang. Ada banyak cara memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan penyembuh jerawat. Anda bisa menggunakan lidah buaya segar, menjadikannya masker, atau menggunakan produk turunannya.

Berikut 7 cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati jerawat seperti dirangkum dari berbagai sumber. Lidah buaya segar mudah ditemukan. Tanaman tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang berguna untuk penyembuhan jerawat. Lidah buaya telah digunakan sejak berabad-abad untuk membersihkan luka, membunuh rasa sakit, dan menyembuhkan luka bakar. Sangat sedikit orang yang alergi pada lidah buaya. Mengaplikasikan lidah buaya segar secara topikal memiliki risiko iritasi yang sangat rendah.

Potong daun lidah buaya dan ambil bagian yang gel transparan dan berdaging dengan sendok. Untuk mengobati jerawat yang ada, Anda bisa mengoleskan lidah buaya ke area berjerawat dan membiarkannya semalaman dan bilas setelah bangun tidur.

Ulangi setiap hari sampai jerawat sembuh. Lidah buaya memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengendalikan dan mengurangi bakteri penyebab jerawat. Dua bahan lain yang memilik efek serupa adalah kayu manis dan madu. Dengan menggabungkan ketiganya untuk perawatan kulit di rumah, Anda akan bebas cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya gangguan jerawat. Campurkan sekitar 2 sendok makan madu, cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya sendok makan lidah buaya, dan seperempat sendok teh kayu manis dalam mangkuk kecil.

Oleskan pada wajah hingga merata, diamkan selama 10 menit, dan bilas dengan air hangat. Masker wajah lidah buaya dan air lemon akan membuat wajah terlihat segar sembari membersihkan pori-pori dari bakteri penyebab jerawat. Beberapa uji klinis menunjukkan asam buah, seperti yang terkandung dalam air lemon, adalah pembersih yang efektif untuk mengobati jerawat. Untuk masker ini, gunakan lidah buaya murni sebagai bahan dasarnya, tambahkan sekitar 1/4 sendok teh air lemon ke 2 sendok makan lidah buaya.

Pastikan Anda mempertahankan rasio air lemon dengan lidah buaya sekitar 1 banding 8 sehingga asam lemon tidak menimbulkan iritasi. Oleskan pada kulit, diamkan selama 5 hingga 10 menit sebelum dibilas sepenuhnya. Menyemprotkan kulit dengan larutan lidah buaya yang diencerkan dapat membantu melembabkan kulit tanpa menyebabkan produksi minyak tambahan.

Lidah buaya dapat merangsang pertumbuhan sel kulit. Semprotan lidah buaya dapat mengurangi produksi minyak yang bisa menyumbat pori-pori. Semprotan ini bisa berperan sebagai Face Mist yang bisa menghidrasi kulit kapan saja diperlukan.

Campurkan satu sendok makan gel lidah buaya dalam 1 ½ gelas air distilasi. Tambahkan 2-3 tetes minyak esensial pilihan (opsional). Simpan larutan ini dalam botol semprot dan semprotkan di wajah kapan pun diperlukan. Ingatlah untuk selalu mengocok botol dengan baik sebelum digunakan.

Anda bisa membuat scrub untuk pengelupasan kulit dengan kombinasi minyak kelapa, gula, dan lidah buaya. Pengelupasan kulit menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat memblokir pori-pori penyebab jerawat.

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Gula dapat dengan lembut menyapu sel-sel kulit mati, memberi jalan bagi lidah buaya untuk menembus kulit dan merangsang pertumbuhan kulit yang sehat. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan juga berfungsi sebagai emolien alami.

Gunakan minyak kelapa sebagai bahan dasar scrub, tambahkan sekitar 1/2 cangkir minyak kelapa ke 1/2 cangkir gula mentah atau putih dan aduk rata. Tuangkan 1/4 cangkir gel lidah buaya segar. Anda bisa menyimpannya di lemari es. Untuk menggunakannya, pijat perlahan scrub ini di wajah dan hindari area mata.

Bilas dengan air setelah digunakan. Anda juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai produk pembersih dengan bantuan tea tree oil. Tea tree oil adalah bahan anti bakteri dan anti jerawat.

Mencampurkannya dengan lidah buaya sebagai agen pembersih berpotensi menghasilkan manfaat penyembuhan jerawat yang sempurna. Gunakan lidah buaya sebagai dasar, tambahkan air murni dan 2 hingga 3 tetes tea tree oil sebelum mengoleskan campuran tersebut ke wajah. Bilas setelah sekitar satu menit dan tepuk-tepuk wajah sampai kering. Penting diperhatikan untuk tidak mendiamkan tea tree oil terlalu lama karena minyak ini kuat dan asam.

Selain memanfaatkan lidah buaya segar, Anda juga bisa menggunakan produk lidah buaya dalam bentuk krim. Banyak krim jerawat dan produk perawatan jerawat yang dijual bebas mengandung lidah buaya. Lidah buaya memiliki kemampuan anti-inflamasi yang membuatnya menjadi bahan populer dalam perawatan jerawat komersial.

Anda bisa dapat mengetahui produk mana yang mengandung lidah buaya dengan melihat bahan aktif yang tercantum pada label.

Disadur dari: Liputan6 (Penulis Anugerah Ayu Sendari/Editor Rizki Mandasari, published: 4/12/2019)
• #RAMADAN • #COVID-19 • Community • Pregnancy • Getting Pregnant • First Trimester ( 1 - 13 weeks ) • Second Trimester ( 14 - 27 weeks ) • Third Trimester ( 28 - 41 weeks ) • Birth • Baby • 0-6 months • 7-12 months • Kid • 1-3 years old • 4-5 years old • Big Kid • 6-9 years old • 10-12 years old • Life • Relationship • Health and Lifestyle • Home and Living • Fashion and Beauty •  Alam sudah menyediakan segalanya untuk manusia.

Seperti lidah buaya yang punya banyak manfaat, termasuk untuk obat jerawat. Tanaman lidah buaya tak hanya bisa digunakan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya melembapkan kulit dan dikonsumsi untuk lambung saja, tapi juga bisa untuk obat jerawat. Menghilangkan jerawat dengan lidah buaya pun termasuk mudah. Kalau kamu tak punya gel lidah buaya, cukup gunakan tanamannya langsung dan lihat sendiri efeknya. Dirangkum Popmama.com dari Healthline, inilah 6 cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya.

Pixabay/casellesingold Jika kamu memang punya banyak tanaman lidah buaya di rumah, maka bisa langsung memotong batangnya dan menggunakannya sebagai obat jerawat.

Dilansir dari PubMed, lidah buaya mengandung zat anti inflamasi, anti bakterial dan antioksidan. Sudah berabad-abad lamanya, tanaman ini digunakan untuk pengobatan seperti membersihkan luka, mengurangi rasa sakit, dan meredakan kulit terbakar. Kalau kamu memang tak punya alergi pada tanaman ini, langsung mengoleskannya pada jerawat yang meradang saja. Namun pastikan untuk membersihkan area yang akan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya, membersihkan alat pemotong lidah buaya, dan tangan yang digunakan untuk mengoles.

Pexels/Anna Shvets Selanjutnya adalah membuatnya menjadi masker wajah. Menurut penelitian, baik itu lidah buaya, madu, dan kayu manis telah terbukti memiliki kemampuan untuk mengontrol dan mengurangi bakteri yang mengakibatkan jerawat. Cara membuatnya pun mudah. Kamu perlu 2 sendok makan madu murni dan campur dengan 1 sendok teh lidah buaya murni.

Setelah diaduk rata, tambahkan 1/4 sendok teh kayu manis bubuk. Oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah selesai, bilas dengan air bersih dan rasakan bedanya. Freepik/Jcomp Memiliki jerawat di wajah tak hanya mengurangi rasa percaya diri, tapi juga bisa membuat wajah lebih stres. Membuat masker dari lidah buaya dan jeruk lemon bisa membantu wajah lebih segar dan cerah, sembari mengobati jerawat.

Bahan yang diperlukan adalah 2 sendok lidah buaya yang sudah dihaluskan atau gel lidah buaya dan campurkan dengan 1/4 sendok teh perasan jeruk lemon. Oleskan ke wajah cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya diamkan selama 5 sampai 10 menit.

Lakukan secara rutin dan wajah jadi bersih dan lebih cerah alami! Freepik/nakaridore Untuk membantu pertumbuhan sel kulit yang lebih maksimal, kamu bisa membuat spray lidah buaya. Spray ini bisa membantu melembapkan wajah tanpa membuatnya terlalu berminyak. Di mana sebum berlebih bisa memicu datangnya jerawat. Kamu perlu memiliki botol ukuran 60 ml dan masukkan 45 ml air yang sudah dipurifikasi, 15 ml lidah buaya yang sudah dihaluskan, dan 2 tetes minyak esensial favorit kamu.

Disarankan yang mengandung antibakteri seperti lavender. Nah, spray wajah pun siap digunakan! Freepik/wayhomestudio Untuk mengurangi risiko munculnya jerawat, kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah. Namun, menggunakan scrub wajah tidak dianjurkan bagi mereka yang punya jerawat meradang, karena bisa jadi lebih parah. Jika jerawatnya sudah kering, kamu bisa membuat scrub ini untuk mengangkat kulit mati dan membantu pertumbuhan sel sehat di kulit wajah.

Caranya, tambahkan 1/2 cup minyak kelapa dan 1/2 cup gula. Aduk rata dan tambahkan 1/4 cup lidah buaya yang sudah dilumatkan. Kamu bisa menempatkan ini di wadah bersih dan tertutup, kemudian simpan di kulkas. Untuk menggunakannya, kamu bisa mengusapkannya pelan di wajah dan bersihkan dengan air mengalir setelah selesai. Freepik Selain menggunakannya langsung, kamu cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya juga membuat cleanser dengan bahan dasar lidah buaya. Untuk campurannya dipilih tea tree karena sudah terbukti ampuh melawan jerawat dari kandungan antibakterinya.

Kamu bisa membuat campuran aloevera dan air yang sudah dipurifikasi dengann ukuran 5:5. Kemudian tambahkan 2-3 tetes minyak esensial tea tree sebelum digunakan ke wajah. Pijat pelan selama 1 menit dan bersihkan wajah setelahnya. Itu dia beberapa tips menggunakan lidah buaya untuk penyembuhan jerawat. Silahkan pilih mana yang paling sesuai denganmu, ya!

Baca juga: • 5 Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Merawat Wajah Remaja • Manfat dan Efek Samping Penggunaan Lidah Buaya untuk Ibu Hamil • 5 Cara Menanam Lidah Buaya Sendiri di Rumah tirto.id - Munculnya jerawat di wajah memang bikin tidak nyaman dan membuat kebanyakan orang yang mengalaminya berusaha menghilangkan jerawat tersebut dengan berbagai cara.

Menurut situs Healthline,jerawat awalnya muncul dari kulit yang memiliki lubang kecil yang disebut pori-pori yang dapat tersumbat oleh minyak, bakteri, sel kulit mati, dan kotoran, sehingga membentuk benjolan kecil. American Academy of Dermatology menyebutkan, jerawat adalah kondisi kulit yang paling umum di AS.

Meskipun jerawat bukan kondisi yang mengancam jiwa, jerawat bisa menyakitkan, terutama jika sudah parah, serta dapat menyebabkan tekanan emosional. Jerawat yang muncul di wajah cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dapat memengaruhi harga diri dan, seiring waktu, dapat menyebabkan jaringan parut permanen.

Salah satu pilihan pengobatan untuk kulit berjerawat adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Aloe vera atau lidah buaya termasuk di antaranya. Lidah buaya telah terkenal dengan khasiat obatnya di berbagai belahan dunia. Lidah buaya yang multiguna dikenal dapat melembabkan kulit dan memberikan kilau alami. Itu juga digunakan untuk menyembuhkan luka dan memberikan perlindungan dari sengatan matahari dan kulit kering.

Baca juga: 7 Bahan Alami Atasi Kulit Kering: Minyak Kelapa, Madu, Lidah Buaya Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat Selain itu, menggunakan lidah buaya adalah cara tepat untuk menghilangkan jerawat. Lalu bagaimana caranya? Berikut uraiannya seperti dilansir dari laman Boldsky : 1.

Gel lidah buaya murni Perawatan semalam dengan gel lidah buaya adalah semua yang dibutuhkan untuk jerawat yang masih meradang. Saat melihat ada semburan gejala jerawat, lanjutkan pengobatan cepat ini dengan cara: • Ambil gel dari daun lidah buaya murni (sesuaikan dengan kebutuhan). • Untuk mendapatkan gel lidah buaya murni, potong kedua sudut daun lidah buaya dan iris di tengahnya.

• Ekstraksikan gel lidah buaya dan kumpulkan dalam mangkuk. • Cuci muka dan keringkan. • Oleskan gel lidah buaya murni pada area yang terkena. • Biarkan semalaman. • Cuci bersih di pagi hari. 2. Lidah buaya dan madu Karena sifat antibakteri dan antiradangnya, madu terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Ambillah 1 sdm gel lidah buaya dan 1 sdm madu.

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Cara menggunakannya: • Campur kedua bahan dalam mangkuk. • Oleskan campuran tersebut di wajah. • Biarkan selama 10-15 menit. • Bilas sampai bersih. 3. Lidah buaya dan kunyit Kunyit adalah rempah-rempah yang terkenal memiliki sifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan antiseptik. Ia juga mengandung komponen aktif, kurkumin yang membatasi bakteri penyebab jerawat dan membantu menghilangkan jerawat.

Yang dibutuhkan untuk mengobati jerawat dengan cara ini adalah ½ sdm gel lidah buaya dan sejumput kunyit Cara penggunaan: • Dalam mangkuk, campur kedua bahan untuk mendapatkan masker yang halus. • Oleskan masker di area yang terkena. • Biarkan selama 15-20 menit.

• Kemudian cuci bersih. 4. Lidah buaya dan jus lemon Buah jeruk dan lemon kaya akan vitamin C, flavonoid, dan nutrisi penting, yang semuanya sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kita.

Lemon juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan kuat yang membantu mengurangi jerawat. Yang dibutuhkan yaitu 2 sdm lidah buaya dan ¼ sdm jus lemon Cara penggunaan: • Campur kedua bahan dalam mangkuk. • Oleskan campuran tersebut pada area yang terkena. • Biarkan selama 5-10 menit. • Bilas seluruh wajah.

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

5. Lidah buaya, kayu manis dan madu Madu dan kayu manis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kombinasi dari bahan-bahan yang ampuh ini bekerja sangat baik melawan bakteri penyebab jerawat dan juga meredakan nyeri dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis efektif untuk mengatasi jerawat ringan hingga sedang. Yang dibutuhkan yaitu 1 sdm gel lidah buaya, 4 sdm madu, dan ½ bubuk kayu manis Cara cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya • Dalam mangkuk, campur gel lidah buaya dan madu. • Tambahkan serbuk kayu manis ke dalamnya dan aduk rata untuk mendapatkan masker yang halus. • Oleskan masker di area berjerawat.

• Biarkan selama 10 menit. • Cuci bersih. 6. Minyak lidah buaya dan minyak almond Minyak almond memiliki sifat emolien dan sklerosan yang melembabkan dan menenangkan kulit.

Ini membantu menjaga kekeringan dan membuat kulit tetap lembut dan halus. Yang dibutuhkan adalah 1 sdm gel lidah buaya, 4-5 sdm minyak almond Cara menggunakan: • Campurkan minyak almond ke dalam gel lidah buaya.

• Oleskan campuran tersebut ke area yang terkena. • Biarkan selama 5-10 menit. • Bilas wajah sampai bersih. 7. Aloe Vera, mentimun, dan air mawar Sangat melembapkan untuk kulit, mentimun memiliki kekuatan untuk menenangkan kulit dan mengurangi rasa sakit atau peradangan.

Sementara air mawar kaya vitamin C dan fenol yang berperan sebagai toner untuk menjaga kebersihan pori-pori kulit sehingga mengurangi jerawat. Yang dibutuhkan adalah 1 sdt gel lidah buaya, 1 sdt jus mentimun, 1 sdt air mawar, dan bola kapas.

Cara penggunaan: • Dalam mangkuk, campur semua bahan. • Gunakan bola kapas untuk mengoleskan campuran ke area yang terkena.

• Biarkan sampai mengering. • Kemudian bilas seluruhnya.
Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Hal ini dikarenakan tersumbatnya pori-pori kulit oleh kadar minyak yang berlebih, sel-sel kulit mati, maupun oleh bakteri. Jerawat biasanya timbul pada wajah, dada, jerawat pada punggung, kulit kepala, dan beberapa anggota cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya lainnya termasuk jerawat di daun telinga.

Salah satu pengobatan alami yang populer untuk mengatasi gangguan jerawat adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah aloe vera ini selain dapat mengobati jerawat, juga dapat digunakan dalam pengobatan luka bakar, luka cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya akibat sengatan sinar matahari, menyembuhkan luka seperti lecet maupun jenis luka ringan lainnya.

Kandungan Zat Lidah Buaya Tanaman yang tergolong spesies kaktus ini memiliki bagian daun yang mengandung bubur tebal. Bagian inilah yang dapat diterapkan pada kulit yang mengalami masalah. Lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat kimia seperti : • anti-bakteri • anti-inflamasi • astringent • inhibitor rasa sakit • agen untuk mengurangi bekas luka • dapat merangsang pertumbuhan sel yang membantu mengobati jerawat Aloe vera juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin, mineral, protein, asam amino, dan enzim yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Mengapa Lidah Buaya?? Beberapa alasan mengapa lidah buaya menjadi salah satu obat herbal alami untuk mengatasi jerawat, diantaranya adalah : • Lidah buaya banyak mengandung hormon yang dinamakan giberelin dan polisakarida dan bertindak sebagai agen anti-bakteri yang berfungsi untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Sifat anti bakteri yang dimiliki lidah buaya sangat efektif dalam mengobati jerawat dan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh gangguan tersebut.

Hal ini dapat mencegah terjadinya infeksi luka jerawat akibat bakteri serta mempercepat proses penyembuhannya. Selain itu, kandungan sifat anti-jamur pada tanaman ini dapat berguna untuk mengobati peradangan seperti bisul dan kista pada kulit.

• Kandungan lidah buaya merupakan zat alami yang dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit sehingga meningkatkan resiko infeksi oleh bakteri. • Magnesium laktat hadir dalam Aloe membantu untuk meringankan rasa gatal yang disebabkan oleh jerawat. Magnesium laktat juga efektif dalam mengobati ruam kulit dan sunburns.

• Kandungan lidah buaya juga dapat membantu perangsangan pertumbuhan sel yang nantinya akan bermanfaat untuk membantu menghilangkan kulit yang rusakserta mempercepat penyembuhan luka dan menghapus bekas luka tersebut. • Lidah buaya bertindak sebagai agen anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi kemerahan atau ruam akibat peradangan serta dapat mengurangi rasa sakit akibat gangguan jerawat.

Selain itu, kandungan lidah buaya memiliki efek yang menenangkan. • Kandungan alami lidah buaya dapat bertindak sebagai inhibitor rasa nyeri dengan jalan mengurangi rasa sakit pada saat hal ini diterapkan pada daerah yang terkena gangguan jerawat. Sifat alaminya dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam guna mengurangi rasa sakit dan terjadinya peradangan. • Kandungan anti-oksidan alami dalam gel daun lidah buaya juga mampu untuk mengurangi atau menghilangkan bekas luka secara efektif, membantu mengurangi rasa sakit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung seng, vitamin C dan E yang dapat membantu mengurangi bekas luka pada kulit dengan sangat cepat. Cara Penerapan Lidah Buaya untuk Mengobati Jerawat Cara mengobati jerawat dengan lidah buaya dapat diterapkan dengan berbagai alternatif penggunaan.

Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan jerawat dengan lidah buaya : 1. Dengan cara monoterapi Untuk pemakaian monoterapi ini, ambilah daun lidah buaya yang masih segar dan meremasnya. Hal ini bertujuan untuk mengekstrak gel yang ada dalam daunnya. Terapkan gel yang telah diekstrak tersebut pada bagian kulit yang mengalami gangguan jerawat.

Lakukan hal tersebut sebanyak dua kali dalam sehari selama +/- satu minggu guna menyingkirkan jerawat sekaligus penyebab jerawat kembali lagi. 2. Kombinasi lidah buaya dan lemon • Ambilah daun lidah buaya yang masih segar dan remas-remas untuk mengekstrak gelnya.

• Untuk hasil ekstrak yang lebih sempurna, haluskan gel tersebut dengan blender • Tambahkan beberapa tetes ekstrak lemon atau jeruk nipis • aduk kembali agar dapat tercampur dengan baik • Masukkan ramuan tersebut ke dalam lemari es Terapkan lotion lidah buaya tersebut pada wajah sebagai masker setiap malam sebelum tidur.

Diamkan masker tersebut selama semalam, lalu bersihkan wajah dengan air bersih keesokan paginya. Lakukan perawatan wajah berjerawat ini secara teratur hingga wajah terbebas dari gangguan jerawat dan bekas-bekasnya. Baca juga, cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis 3. Kombinasi lidah buaya, madu, dan kunyit Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini memanfaatkan ekstrak gel dari lidah buaya yang masih segar lalu campurkan sedikit kunyit, madu, susu dan beberapa tetes air mawar.

Campur ramuan tersebut dengan baik lalu terapkan pasta hasil ramuan pada bagian kulit yang mengalami gangguan jerawat. Diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.

Setelah itu bersihkan secara menyeluruh dengan air bersih. Lakukan hal tersebut secara teratur untuk menyingkirkan gangguan jerawat dengan segera. Selain itu, manfaat masker madu juga memberikan perlawanan terhadap jerawat 4. Penggunaan produk berbahan lidah buaya Cara untuk mengobati jerawat dengan lidah buaya lainnya adalah dengan cara mencuci wajah secara teratur sebanyak dua kali sehari yaitu di pagi hari dan di malam hari.

Namun gunakan pembersih wajah alami yang menggunakan bahan dasar lidah buaya. Hal ini dapat membantu untuk mengurangin gejala dan cara mencegah jerawat datang kembali dikemudian hari. Beberapa produk yang mengandung lidah buaya diantaranya dapat berbentuk lotion, gel, sabun, maupun krim untuk melembabkan wajah dan bagian kulit lainnya yang terkena dampak jerawat.

Penggunaan produk ini bertujuan untuk mengurangi jerawat yang disebabkan oleh penumpukan minyak berlebih, melembutkan kulit dan mengurangi munculnya bekas jerawat. 5. Masker lidah buaya Cara untuk mengatasi jerawat dengan lidah buaya adalah dengan cara membuatnya sebagai masker untuk kulit berjerawat. Caranya : • Ambil daun lidah buaya yang masih sega • lalu merebusnya dengan air selama beberapa menit • Aduk-aduk hingga hal tersebut berubah seperti bentuk pasta • lalu kemudian tambahkan sedikit madu Setelah ramuan tersebut dingin, terapkanlah pada wajah sebagai masker atau pada bagian kulit yang mengalami gangguan jerawat dengan menggosokkan ramuan secara perlahan.

Diamkan masker tersebut selama kurang lebih 20 menit, lalu cucilah dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Lakukan hal tersebut secara teratur agar masalah jerawat anda segera teratasi.

6. Jus lidah buaya Lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengobati kulit yang terluka. Cara lain untuk mengekstrak gel lidah buaya adalah dengan menjadikannya sebagai jus. Kemudian dapat diterapkan sebagai penggunaan internal untuk membantu : • mengunci pori-pori kulit • memurnikan darah • mengurangi peradangan • mencegah infeksi jerawat lebih lanjut Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya sebanyak sekali sehari tidak hanya dapat menyembuhkan jerawat, tetapi juga dapat membantu penyembuhan beberapa jenis penyakit kronis seperti kanker paru-paru, diabetes tipe 2, ulcerative colitis, dan lain sebagainya.

Hal yang perlu Diperhatikan Sebelum menggunakan lidah buaya sebagai herbal alami untuk mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini : • Sebelum mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus, pastikan terlebih dahulu apakah Anda termasuk orang yang alergi terhadap bawang putih, bawang merah, tulip, atau tanaman lain yang berasal dari keluarga Liliaceae. Karena jika Anda alergi terhadap hal tersebut, sama artinya Anda alergi dengan lidah buaya.

• Hindari mengkonsumsi jus lidah buaya secara terus menerus selama lebih dari satu tahun. Karena hal ini justru dapat menyebabkan peningkatkan risiko terjadinya kanker kolorektal. • Penggunaan lidah buaya bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya, akan tetapi sebaiknya Anda memastikan keamanan saat menggunakan kombinasi tersebut. Selalu gunakan lidah buaya yang cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya segar untuk diekstrak gel dari daun tanaman ini.

Kandungan alami lidah buaya mengandung nutrisi penting yang sangat efektif untuk mengobati jerawat. Selain itu, hal ini juga dapat menenangkan kulit dari iritasi, peradangan, serta racun-racun berbahaya lainnya. Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Lainnya Selain cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini, kemampuannya sebagai agen anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan bekas luka akibat jerawat dengan cepat.

Selain itu lidah buaya juga dapat mencegah timbulnya kembali jerawat yaitu dengan cara mengurangi kelebihan minyak & mencegah kulit kering.

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Caranya adalah dengan mengambil beberapa buah daun lidah buaya, lalu mengekstraknya agar menghasilkan gel dan oleskan hal tersebut pada bekas luka jerawat. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Langkah selanjutnya adalah dengan penggunaan produk pelembab seperti biasanya.
Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, kamu dapat menghilangkan jerawat dengan lidah buaya. Tumbuhan ini memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya dapat melawan jerawat.

Meski hasil keampuhannya akan berbeda-beda pada setiap orang, tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan lidah buaya untuk jerawat. Jika ingin mencobanya, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan! Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya Cara-cara berikut ini bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi jerawat ringan maupun sedang: Mengoleskan lidah buaya langsung ke kulit Lidah buaya bersifat antiradang, antibakteri dan antioksidan.

Oleh karena itu, tanaman ini dipercaya mampu cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya luka, mengatasi nyeri, menyembuhkan luka bakar. Termasuk juga mengatasi jerawat. Kamu bisa menghilangkan jerawat dengan lidah cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dengan cara yang mudah.

Kamu cukup mengoleskan lidah buaya segar pada kulit yang berjerawat. Caranya, oleskan lidah buaya murni pada wajah sebagai pengganti pembersih. Atau kamu bisa mengoleskan lidah buaya murni pada kulit wajah yang berjerawat sebelum tidur.

Bersihkan keesokan harinya untuk mengatasi kemerahan dan iritasi akibat jerawat. Gunakan bahan tambahan seperti madu dan kayu manis Cara yang kedua adalah mencampurkan lidah buaya dengan madu dan kayu manis. Bahan campuran ketiganya dipercaya mampu mengatasi jerawat dan membuat kulit lebih halus. Caranya, kamu dapat mencampur dua sendok makan madu dan satu sendok makan lidah buaya. Terakhir tambahkan seperempat sendok makan bubuk kayu manis dan aduk hingga rata.

Kamu bisa menggunakan campuran itu sebagai masker wajah dan biarkan selama lima hingga 10 menit pemakaian. Bilas wajah hingga bersih setelah pemakaian. Campuran lidah buaya dan jus lemon Sama dengan cara kedua, kali ini juga akan menggunakan lidah buaya sebagai masker.

Namun kali ini kamu mencampurkannya dengan jus lemon. Jus lemon dipercaya sebagai pembersih yang efektif dan dapat mengobati jerawat. Caranya, campurkan seperempat sendok teh jus lemon dengan dua sendok makan lidah buaya murni. Gunakan campuran sebagai masker selama 5 hingga 10 menit. Jika campuran tersebut dirasa kurang, kamu bisa menambahkan campuran dengan perbandingan 8:1, dengan komposisi lidah buaya yang lebih banyak.

Menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang dicairkan Selain untuk mengatasi jerawat, lidah buaya baik untuk merangsang pertumbuhan sel kulit yang sehat. Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan menggunakan cairan lidah buaya yang disemprotkan ke wajah. Kamu hanya perlu membuatkan cairan lidah buaya yang terdiri dari air dan ekstrak lidah buaya.

Campur keduanya dalam botol dan bisa ditambahkan dengan essential oil kesukaanmu. Kocok campuran lidah buaya dan semprotkan pada wajah. Hati-hati saat penyemprotan, hindari area mata ya! Gunakan campuran lidah buaya dan tea tree oil Kamu dapat menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dan juga tea tree oil. Caranya kamu cukup mencampurkan dua hingga tiga tetes tea tree oil dengan lidah buaya. Oleskan pada wajah dan biarkan sekitar satu menit. Bilas hingga bersih dan tepuk-tepuk dengan lembut wajah hingga kering.

Scrub alami lidah buaya Kamu bisa mencampurkan lidah buaya dengan gula dan minyak kelapa. Selain dapat mengatasi jerawat, campuran bahan-bahan ini juga dapat membantu eksfoliasi kulit dan mengangkat kulit mati yang menyumbat kulit. Caranya, tambahkan setengah cangkir minyak kelapa dan setengah cangkir gula ke dalam seperempat cangkir gel lidah buaya murni.

Kemudian kamu bisa menyimpan bahan tersebut di lemari es sebelum digunakan. Kamu bisa menggunakan bahan tersebut dengan cara mengoleskan bahan tersebut ke wajah dan menggosoknya perlahan. Bilas hingga bersih setelah pemakaian. Produk olahan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan pilihan produk olahan lain lidah buaya.

Salah satunya krim ekstrak lidah buaya. Kamu bisa menggunakan krim tersebut ke dalam rutinitas perawatan kulitmu.

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Itu dapat menjadi salah satu pilihan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya. Nah, demikian beberapa cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya. Semoga salah satunya ampuh untuk mengatasi jerawat kamu, ya.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!Artikel ini disusun bersama Mohiba Tareen, MD. Mohiba Tareen adalah Dematolog Bersertifikasi dan Pendiri Tareen Dermatology yang berlokasi di Roseville, Maplewood, dan Faribault, Minnesota. Mohiba menyelesaikan pendidikan medisnya di University of Michigan, Ann Arbor, dan di situ pula dia bergabung ke dalam komunitas Alpha Omega Alpha.

Saat mengikuti program residensi dermatologi di Columbia University, New York City, Mohiba memenangkan penghargaan Conrad Stritzler dari New York Dermatologic Society dan hasil penelitiannya diterbitkan oleh The New England Journal of Medicine. Mohiba kemudian menyelesaikan beasiswa prosedural yang berfokus pada bedah kulit, laser, dan dermatologi kosmetik.

Ada 15 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman. Artikel ini telah dilihat 13.963 kali. Anda tentu tahu bahwa lidah buaya dianggap memiliki zat ajaib yang mampu memulihkan kondisi kulit dalam sekejap.

Ternyata, faktanya memang demikian! Selain memiliki zat yang mampu menyejukkan serta memperbaiki kondisi kulit, lidah buaya juga mengandung zat antiinflamasi dan antibakteri yang tidak menimbulkan efek berbahaya jika digunakan sebagai obat luar.

[1] X Teliti sumber [2] X Sumber Tepercaya PubMed Central Kunjungi sumber Segenap manfaat inilah yang membuat lidah buaya sangat layak dimanfaatkan sebagai obat alami untuk membasmi jerawat! {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/71\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-1.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-1.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/71\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-1.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-1.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Siapkan lidah buaya.

Anda bisa terlebih dahulu membeli tanaman lidah buaya di toko tanaman atau langsung membeli gel lidah buaya di berbagai apotek dan supermarket besar. • Untuk mengeluarkan gel dari cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya, Anda perlu terlebih dahulu memotong daun lidah buaya dengan ukuran yang cukup besar (kira-kira sepanjang 15 cm). Setelah itu, cuci daun sampai bersih dengan air mengalir dan potong memanjang menjadi dua dengan pisau tajam; gunakan sendok atau pisau untuk mengerok sebanyak mungkin gel transparan dari dalam daun.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/2a\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-2.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/2a\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-2.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tes reaksi alergi kulit terhadap lidah buaya.

Cobalah mengoleskan sedikit gel ke kulit Anda untuk memastikan tidak ada reaksi alergi yang ditimbulkan. Ingat, lidah buaya masih memiliki kekerabatan dengan lili, bawang bombai, dan bawang putih.

Jika selama ini Anda alergi terhadap salah satu dari ketiga tanaman tersebut, kemungkinan besar Anda pun akan alergi terhadap lidah buaya. [3] X Teliti sumber • Cobalah mengoleskan sedikit gel ke pergelangan tangan Anda. Diamkan sebentar hingga mengering, lalu bilas sampai bersih.

Jika pergelangan tangan tidak memerah, gatal, atau membengkak, artinya lidah buaya aman untuk diaplikasikan ke wajah Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/5c\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-3.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/5c\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-3.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan lidah buaya untuk mengobati bagian yang berjerawat.

Campurkan 2 sdt. gel lidah buaya dan 2-3 tetes perasan lemon (perasan lemon berguna untuk mempertahankan pH kulit). • Gunakan ujung jari untuk mengoleskan gel ke bagian yang berjerawat. Diamkan selama 20-30 menit atau semalaman penuh. • Bilas dengan air hangat dan bersihkan wajah seperti biasa. • Ulangi proses tersebut setiap hari.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/4a\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-4.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/4a\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-4.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buat masker wajah dari lidah buaya.

Potong 1-2 lembar daun lidah buaya sepanjang 15 cm; buang lapisan daun yang tajam. Setelah itu, buka daun dan ambil gel transparan yang ada di dalamnya. • Tambahkan 1 sdt. madu atau 5-7 tetes perasan lemon ke dalam gel lidah buaya. Ingat, madu memiliki zat antibakteri tambahan yang ampuh membasmi jerawat. [4] X Teliti sumber Aduk sampai seluruh bahan tercampur rata. • Oleskan gel ke seluruh bagian wajah secara merata atau gunakan ujung jari untuk mengoleskan gel ke cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang berjerawat.

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

• Jika memungkinkan, diamkan gel di wajah Anda semalaman. Jika tidak, setidaknya jangan membilasnya sebelum 20-30 menit. • Bilas dengan air hangat dan bersihkan wajah seperti biasa. • Ulangi proses tersebut setiap hari.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/99\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-5.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/99\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-5.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan perawatan selama beberapa minggu.

Kemungkinan besar, perawatan dengan lidah buaya untuk memulihkan kondisi kulit ini membutuhkan waktu lama. Jika metode perawatan di atas tidak mampu memulihkan kondisi kulit Anda dalam waktu tiga sampai empat minggu, segeralah membuat janji temu dengan dokter kulit untuk mengambil langkah medis yang cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya tepat.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/2a\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-6.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-6.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/2a\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-6.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-6.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Bersihkan wajah setidaknya dua kali sehari.

Pastikan Anda selalu membersihkan wajah pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Jika berkeringat di tengah hari (misalnya karena berolahraga atau terpapar suhu yang panas), segeralah membersihkan wajah untuk kembali melembapkan kulit. [5] X Sumber Tepercaya American Academy of Dermatology Kunjungi sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/bb\/Apply-Perfect-Makeup-Step-13.jpg\/v4-460px-Apply-Perfect-Makeup-Step-13.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/bb\/Apply-Perfect-Makeup-Step-13.jpg\/v4-728px-Apply-Perfect-Makeup-Step-13.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan produk pembersih berbasis minyak nabati.

Sebaiknya, cari produk pembersih yang mengandung keterangan “ non-comedogenic”. Label tersebut menunjukkan bahwa produk terkait tidak akan menyumbat pori-pori kulit dan tidak memicu pertumbuhkan komedo terbuka ( blackhead), komedo tertutup ( whitehead), atau jerawat.

[6] X Teliti sumber • Misalnya, Anda bisa mencoba produk pembersih yang dikeluarkan oleh Neutrogena, Cetaphil, dan Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya.

Selain itu, masih banyak produk lain yang mengandung manfaat serupa. Pastikan Anda membaca label produk untuk mengetahuinya! • Sejatinya, ada minyak yang lazim digunakan untuk membersihkan kulit.

Sebagian besar minyak tersebut memiliki manfaat non-comodogenic. Jangan ragu menggunakannya untuk melarutkan dan menghilangkan minyak berlebih pada kulit Anda. • Gunakan produk pembersih yang tidak mengandung alkohol. Hati-hati, alkohol dapat membuat kulit Anda kering dan terluka. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/10\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-8.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-8.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/10\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-8.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-8.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b2\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-9.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-9.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b2\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-9.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-9.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/60\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-10.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/60\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-10.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Jangan biarkan kulit Anda terpapar sinar matahari langsung; jangan pula berjemur dengan ranjang penjemur ( tanning bed).

Radiasi sinar UVB dari matahari dan ranjang penjemur berisiko merusak sel kulit Anda. Selain itu, pahamilah bahwa beberapa jenis obat jerawat dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

[9] X Sumber Tepercaya American Academy of Dermatology Kunjungi sumber • Obat-obatan yang dimaksud meliputi antibiotik seperti ciprofloxacin, tetracycline, sulfamethoxazole, dan trimethoprim; antihistamin seperti diphenhydramine ( Benadryl); obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kanker seperti 5-FU, vinblastine, dan dacarbazine; obat-obatan untuk mengobati gangguan hati seperti amiodarone, nifedipine, quinidine, dan diltiazem; obat-obatan antiinflamasi nonsteroid seperti naproxen, dan obat jerawat seperti isotretinoin ( Accutane) dan acitretin ( Soriatane).

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/2b\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-11.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/2b\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-11.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jangan menggosok kulit terlalu keras.

Hati-hati, melakukannya dapat melukai kulit secara permanen dan umumnya pemulihannya akan membutuhkan waktu lama. Meski melakukan eksfoliasi kerap direkomendasikan untuk membersihkan kulit, jangan melakukannya terlalu sering dengan gerakan yang kasar! [10] X Sumber Tepercaya American Academy of Dermatology Kunjungi sumber • Proses eksfoliasi juga dapat menimbulkan luka mikro (luka berukuran sangat kecil yang tidak kasatmata), luka cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya kasatmata, dan berpotensi memperparah kondisi jerawat.

[11] X Sumber Tepercaya DermNet NZ Kunjungi sumber • Butiran-butiran kasar scrub yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit juga berpotensi mengikis sel kulit yang belum mati. Jika dianalogikan, proses tersebut tak ubahnya cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya lapisan luka yang belum benar-benar kering. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/da\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-12.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-12.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/da\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-12.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-12.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Hindari makanan yang tidak menyehatkan.

Meski makanan yang Anda konsumsi tidak berdampak langsung terhadap jerawat (terlepas dari cerita klasik yang Anda dengar mengenai susu dan cokelat), sesungguhnya bagi beberapa orang, jenis makanan tertentu dapat meningkatkan risiko pertumbuhan jerawat mereka. Makanan yang mengandung produk olahan susu dan gula olahan berpotensi meningkatkan risiko pembengkakan dan menyediakan lahan basah bagi pertumbuhan jerawat. • Secara khusus, makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi (makanan tinggi karbohidrat) memiliki keterkaitan sangat erat dengan pertumbuhan jerawat.

[12] X Sumber Tepercaya American Academy of Dermatology Kunjungi sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/7c\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-13.jpg\/v4-460px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-13.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/7c\/Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-13.jpg\/v4-728px-Use-Aloe-Vera-for-Acne-Step-13.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Santap makanan yang menyehatkan.

Asup tubuh dengan nutrisi yang maksimal agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga. Sejatinya, vitamin yang paling dibutuhkan oleh kulit adalah vitamin A dan D. Namun, pastikan Anda juga mengonsumsi asam lemak omega tiga yang cukup untuk mengurangi pertumbuhan jerawat.

[13] X Teliti sumber Smith RN, Braue A, Varigos GA, et al. The effect of a low glycemic load diet on acne vulgaris and the fatty acid composition of skin surface triglycerides. J Dermatol Sci. 2008;50:41–52. [14] X Teliti sumber • Setidaknya, pastikan setengah porsi makanan yang ada di piring Anda adalah sayuran (terutama saat makan malam).

[15] X Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya sumber • Makanan yang kaya akan vitamin A adalah ubi jalar, bayam, wortel, labu, brokoli, selada romaine, kale, cabai merah, summer squash, melon oranye, mangga, aprikot, kacang polong mata hitam, hati sapi, ikan haring, dan ikan salmon. • Makanan yang kaya akan vitamin D adalah minyak hati ikan cod, ikan salmon, ikan tuna, susu, yoghurt, dan keju. Meski terkandung di dalam banyak makanan, sejatinya cara terbaik untuk mendapatkan manfaat vitamin D yang maksimal adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari setidaknya 10-15 menit setiap minggunya, terutama karena sinar matahari pagi dapat merangsang produksi vitamin D di dalam kulit.

[16] X Teliti sumber • Makanan yang kaya akan asam lemak omega tiga adalah biji dan minyak flaks, minyak kedelai, minyak kanola, biji chia, labu butternut, kacang walnut, ikan salmon, ikan sarden, ikan makerel, ikan berdaging putih, ikan terubuk, daun basil (kemangi selasih), oregano, cengkih, marjoram, bayam, kecambah pada biji lobak, brokoli, dan daging serta ikan yang dikonsumsi dalam porsi kecil. • Efektivitas lidah buaya untuk mengobati jerawat sesungguhnya masih diperdebatkan.

Meski manfaat lidah buaya untuk mendinginkan kulit sudah dikenal secara meluas, perannya sebagai obat medis masih perlu diteliti secara lebih mendalam.

[17] X Teliti sumber • Sejatinya, lidah buaya tidak akan menimbulkan efek samping jika hanya digunakan sebagai obat luar (jika pun ada, efek sampingnya sangatlah minimal). Sebaliknya, jika dikonsumsi secara oral, lidah buaya bisa menimbulkan berbagai efek samping yang negatif seperti keram perut dan/atau diare. [18] X Teliti sumber • ↑ https://www.aad.org/dermatology-a-to-z/diseases-and-treatments/a---d/acne/tips • ↑ http://www.dermnetnz.org/doctors/principles/functions.html • ↑ https://www.aad.org/stories-and-news/news-releases/growing-evidence-suggests-possible-link-between-diet-and-acne • ↑ Smith RN, Braue A, Varigos GA, et al.

The effect of a low glycemic load diet on acne vulgaris and the fatty acid composition of skin surface triglycerides. J Dermatol Sci. 2008;50:41–52. • ↑ http://www.the-gi-diet.org/lowgifoods/ • ↑ http://www.halfyourplate.ca/ • ↑ http://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminA-HealthProfessional/ • ↑ http://www.the-dermatologist.com/content/aloe-vera • ↑ https://nccih.nih.gov/health/aloevera Artikel ini disusun bersama Mohiba Tareen, MD.

Mohiba Tareen adalah Dematolog Bersertifikasi dan Pendiri Tareen Dermatology yang berlokasi di Roseville, Maplewood, dan Faribault, Minnesota. Mohiba menyelesaikan pendidikan medisnya di University of Michigan, Ann Arbor, dan di situ pula dia bergabung ke dalam komunitas Alpha Omega Alpha. Saat mengikuti program residensi dermatologi di Columbia University, New York City, Mohiba memenangkan penghargaan Conrad Stritzler dari New York Dermatologic Society dan hasil penelitiannya diterbitkan oleh The New England Journal of Medicine.

Mohiba kemudian menyelesaikan beasiswa prosedural yang berfokus pada bedah kulit, laser, dan dermatologi kosmetik. Artikel ini telah dilihat 13.963 kali.
KOMPAS.com - Lidah buaya adalah tanaman yang telah digunakan selama ribuah tahun untuk mengatasi masalah kulit, terutama iritasi dan luka. Belakangan, aloe vera atau lidah buaya juga jamak digunakan untuk mengatasi jerawat. Ahli dermatologi dari Chicago Cosmetic Surgery and Dermatology AS, Lauren Fine, M.D.

menyebut kandungan alami dalam lidah buaya dapat mengatasi jerawat. Baca juga: Di Rumah Aja saat Wabah Virus Corona juga BIsa Picu Jerawat, Kok Bisa?

Hormon tanaman auksin dan gliberin dalam lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka. "Hormon ini dapat membantu mengurangi kemerahan akibat peradangan pada kulit yang berjerawat," jelas Fine, seperti dilansir Women's Health. Kandungan lidah buaya lainnya yakni polifenol dan antioksidan. Kedua senyawa ini menambah manfaat lidah buaya sebagai pencegah bakteri biang jerawat. Selain itu, zat aktif dalam lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara alami menghilangkan bekas jerawat.

Melansir Healthline, studi pada 2018 lalu menyebut kandungan aloesin pada lidah buaya dapat mengurangi hiperpigmentasi pada bekas jerawat. Kendati demikian, aloe vera tak bisa digunakan untuk mengatasi luka parut atau bekas luka jerawat yang cukup dalam. Akan tetapi, lidah buaya disebut dapat membantu untuk menyamarkan bekas luka kehitaman, terutama yang masih baru.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel Menurut Ahli Dermatologi Berita Terkait Di Rumah Saja saat Pandemi Corona Bisa Picu Jerawat, Kenapa Begitu?

4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel Menurut Ahli Dermatologi 5 Manfaat Masker Tomat, Atasi Jerawat sampai Angkat Sel Kulit Mati 4 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah, Atasi Jerawat sampai Kumis Tipis 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi Berita Terkait Di Rumah Saja saat Pandemi Corona Bisa Picu Jerawat, Kenapa Begitu?

4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel Menurut Ahli Dermatologi 5 Manfaat Masker Tomat, Atasi Jerawat sampai Angkat Sel Kulit Mati 4 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah, Atasi Jerawat sampai Kumis Tipis 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi 11 Hal yang Harus Dilakukan jika Anda Berisiko Terjangkit Covid-19 https://health.kompas.com/read/2020/04/18/150000768/11-hal-yang-harus-dilakukan-jika-anda-berisiko-terjangkit-covid-19 https://asset.kompas.com/crops/HebNxdhX-IuQJgW1eeqXomde_Yc=/0x0:1000x667/195x98/data/photo/2020/04/16/5e98134c97bc1.jpg
Dari sekian banyaknya produk perawatan kecantikan yang berbahan dasar lidah buaya (Aloe vera), salah satu yang paling diminati adalah produk untuk wajah berjerawat.

Apa benar ada manfaat lidah buaya untuk jerawat? Bisa kah kita menggunakan lidah buaya asli untuk mengatasi jerawat dan bekasnya?

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Kalau bisa, bagaimana cara menggunakannya? Dalam artikel ini kita akan mendapat jawabannya. Kita sudah tahu bahwa lidah buaya punya banyak manfaat untuk kecantikan, mungkin yang paling terkenal adalah manfaatnya untuk melembapkan kulit dan untuk membantu sembuhkan luka. Bagaimana dengan manfaat lidah buaya untuk jerawat? Gel dari lidah buaya diketahui punya kemampuan anti-bakteri dan anti-peradangan, yang dapat berguna untuk mengobati jerawat.

Suatu penelitian melaporkan bahwa kombinasi antara krim obat jerawat (krim tretinoin) dan krim Aloe vera secara efektif mengurangi jerawat pada orang dengan masalah jerawat ringan hingga sedang. Tetapi lidah buaya juga bisa digunakan sendiri, tanpa digabungkan dengan obat jerawat lain. Atau bisa juga digunakan dengan campuran obat alami lain.

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Mari kita melihat 7 cara untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk jerawat. 7 Cara Mendapat Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat Jenis dan kondisi kulit setiap orang berbeda, jadi tidak ada satu cara yang efektif bagi semua orang. Untungnya gel lidah buaya bersifat lembut dan menenangkan, jadi biasanya aman untuk dicoba digunakan dengan berbagai cara. Berikut adalah 7 saran cara mendapat manfaat dari gel lidah buaya untuk jerawat. 1. Hanya Gel Aloe Vera Saja Penelitian menunjukkan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya Aloe vera punya karakteristik khusus yang membuatnya efektif melawan jerawat.

Sebagai contoh, gel lidah buaya punya kemampuan sebagai anti-bakteri, antioksidan, dan anti-peradangan. Seseorang bisa menggunakan hanya krim atau gel Aloe vera saja, tanpa perawatan lain, untuk mencegah wajah berjerawat. Ini bisa efektif karena fungsi anti-bakteri yang dimilikinya mampu menghilangkan bakteri dari kulit, sehingga mengurangi kemungkinan untuk muncul jerawat.

Bagaimana cara menggunakan lidah buaya saja untuk jerawat? Kita bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya ke wajah sebagai pengganti cleanser. Hal itu bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kita juga bisa mengoleskannya khusus ke area yang berjerawat sebelum tidur, lalu membiarkannya semalaman, dan mencucinya di pagi hari.

Hal itu bisa mengurangi kemerahan dan iritasi pada jerawat. 2. Aloe Vera dan Perasan Lemon Citric acid pada lemon juga bisa membantu mengobati jerawat. Lemon sifatnya asam, jadi mencampurnya dengan Aloe vera bisa mengurangi keasaman itu sehingga mencegah terjadinya iritasi kulit. Kita bisa mencampurkan dua bahan ini untuk dijadikan masker untuk jerawat.

Bagaimana cara membuat masker lidah buaya untuk jerawat yang dicampur lemon?

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Caranya dengan mencampurkan Aloe vera dan air perasan lemon dengan perbandingan 8 : 1 (misalnya 8 sendok teh gel Aloe vera dan 1 sendok teh air perasan lemon). Kemudian oleskan campuran ini secara merata ke seluruh wajah, kecuali mata dan mulut, dan diamkan sekitar 10 menit.

Lalu cuci muka sampai bersih setelahnya. 3. Aloe Vera, Madu, dan Kayu Manis Masker dari campuran lidah buaya, madu, dan kayu manis juga bagus untuk meredam masalah jerawat.

Kayu manis dan madu punya kemampuan anti-bakteri dan anti-peradangan yang serupa dengan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dimiliki lidah buaya.

Bagaimana cara membuat masker lidah buaya untuk jerawat yang dicampur madu dan kayu manis? Kita bisa mencampurkan 2 sendok makan madu, 1 sendok makan gel lidah buaya, dan ¼ sendok teh kayu manis dalam mangkuk kecil.

Oleskan campuran ini ke seluruh wajah, kecuali mata dan mulut, dan biarkan 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. 4. Aloe Vera dan Minyak Tea Tree Suatu penelitian yang dirilis tahun 2017 menunjukkan bahwa gel dan sabun cuci muka dari minyak tea tree dapat efektif untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang.

Namun minyak tea tree tidak disarankan untuk digunakan pada kulit dalam waktu lama. Tapi jika dicampur dengan lidah buaya, mungkin bisa lebih cocok untuk digunakan sebagai pembersih (cleanser) wajah berjerawat. Bagaimana cara menggunakan lidah buaya dan minyak tea tree untuk cleanser jerawat?

Kita bisa campurkan air, gel lidah buaya, dan 2 – 3 tetes minyak esensial tea tree. Untuk orang yang kulitnya sensitif terhadap minyak tea tree, ada baiknya langsung mencuci muka setelah menggunakan campuran ini selama beberapa menit. 5. Semprotan Aloe Vera Menyemprotkan larutan lidah buaya ke wajah dapat membantu menghidrasi kulit, tanpa menambahkan minyak ke kulit atau membuatnya mengkilap.

Ini penting untuk manfaat lidah buaya untuk jerawat, karena minyak berlebihan di kulit bisa menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat. Bagaimana cara membuat larutan lidah buaya untuk disemprotkan? Kita bisa campurkan kira-kira 2 bagian air pada 1 bagian Aloe vera untuk membuat larutan semprotan. Larutan ini bisa ditaruh ke dalam botol semprot, cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya kapan pun bisa disemprotkan ke bagian yang diinginkan, kecuali bagian sekitar mata.

6. Aloe Vera, Minyak Kelapa, dan Gula Banyak produk exfoliant untuk scrub mengandung bahan kimia yang bisa bikin iritasi. Jika kita menghindari bahan-bahan kimia, alternatif yang baik adalah dengan mencampurkan minyak kelapa, gula, dan gel lidah buaya.

Butiran pada gula bisa menghilangkan lapisan kulit mati di wajah. Minyak kelapa mengandung lauric acid yang dapat membantu melawan jerawat. Kemudian ditambah dengan manfaat lidah buaya untuk jerawat. Bagaimana cara membuat scrub jerawat dari lidah buaya, minyak kelapa, dan gula?

Kita bisa campurkan gula pasir dan minyak kelapa dalam jumlah yang sama, kemudian dicampur dengan setengah jumlah lidah buaya. Misalnya 1 sendok makan gula pasir dicampur 1 sendok teh minyak kelapa, kemudian dicampur ½ sendok makan gel lidah buaya. Setelah tercampur, scrub bisa digunakan pada area yang diinginkan dan dibilas setelahnya. 7. Krim Aloe Vera Aloe vera adalah bahan yang umum dipakai pada krim obat jerawat. Kita bisa menemukan produk obat ini dengan memeriksa komposisinya pada label dan mencari apakah Aloe vera atau lidah buaya tertulis sebagai bahan aktifnya.

Kita bisa memakai krim yang mengandung lidah buaya sebagai bagian perawatan jerawat harian. Bisakah Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat dan Bekasnya? Sayangnya tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa lidah buaya ampuh untuk memperbaiki bekas jerawat yang masuk ke dalam, atau titik-titik “bolong” bekas jerawat.

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Ini karena pada kasus bekas luka ini, ada bagian jaringan kulit yang menghilang. Satu-satunya cara ampuh untuk memperbaiki penampilan bekas luka jenis ini adalah dengan mengisi bagian yang hilang itu dengan dermal filler, perawatan laser, dermabrasian, dan subcision, yang dapat dilakukan di klinik kecantikan. Namun lidah buaya dapat membantu memudarkan bekas jerawat yang menghitam setelah sembuh, karena itu adalah jenis luka hiperpigmentasi yang muncul setelah peradangan di jerawat sembuh.

Ini karena lidah buaya mengandung senyawa bernama aloin yang bermanfaat sebagai depigmentasi, sehingga membantu mencerahkan area gelap pada kulit. Gel lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan, sehingga bagus untuk digunakan saat jerawat masih meradang untuk mencegah bekas luka hiperpigmentasi. Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang manfaat lidah buaya untuk jerawat.

Semoga informasi di artikel ini bermanfaat bagi Anda. Temukan ulasan menarik lainnya seputar kecantikan dan kesehatan hanya di Deherba.com. Sumber Referensi: Medical News Today. Can aloe vera help with acne?. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321273 Healthline. How to Use Aloe Vera for Acne. URL: https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-acne Verywell Health.

Aloe Vera and Acne. URL: https://www.verywellhealth.com/aloe-vera-for-acne-and-acne-scars-4097852

4 Cara Memakai Lidah Buaya untuk Mengobati Jerawat




2022 www.videocon.com