Potpourri dibuat dari bahan

potpourri dibuat dari bahan

Daftar Isi • 1. Menyiapkan bahan untuk potpourri • 2. Menyiapkan peralatan • 3. Mengeringkan bahan-bahan potpourri • 4. Mengemas potpourri • 5. Menambahkan minyak esensial atau aromaterapi potpourri dibuat dari bahan 6. Pajang potpourri di ruangan Potpourri dapat menjadi salah satu alternatif pengharum ruangan untuk mengusir bau tak sedap. Cara membuat potpourri cukup mudah dengan menggunakan bahan-bahan organik yang dikeringkan.

Wewangian alami yang dikeringkan ini dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Pinhome – Aromanya akan menyebar dan membuat potpourri dibuat dari bahan nyaman seluruh keluarga Pins di rumah. Jika aromanya sudah mulai memudar, Pins bisa menambahkan minyak aromaterapi agar tetap bisa menikmati wanginya. Pins, tahukah kamu bahwa Potpourri tidak hanya berguna sebagai sumber wewangian saja lho, tetapi bisa dimanfaatkan juga untuk dekorasi ruangan.

Bahan-bahan yang sudah dikeringkan dapat dikemas cantik dan di pajang di ruang tamu atau ruangan lain di dalam rumah Pins. Potpourri sudah tersedia di pasaran dalam bentuk siap pakai. Namun Pins juga bisa membuatnya sendiri dengan beberapa langkah berikut. 1. Menyiapkan bahan untuk potpourri (Pinterest) Langkah pertama untuk membuat potpourri adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan untuk potpourri terdiri dari rempah-rempah dan bunga yang memiliki aroma wangi. Pins bisa menggunakan bahan-bahan seperti berikut. • Bunga kering (bunga mawar atau bunga lain sesuai selera yang memiliki aroma khas) • Ekstrak vanilla • Irisan lemon • Cengkeh • Biji pala • Kayu manis • Minyak esensial • Daun teh atau daun kering lain yang dapat menjadi sumber wewangian Pins dapat mengumpulkan bahan-bahan di atas dalam jumlah yang cukup banyak.

Hal tersebut karena setelah pengeringan, ukurannya akan menyusut. Pins bisa menyiapkan bahan dalam jumlah 4 kali lebih banyak atau sesuai kebutuhan. Cengkeh, biji pala, dan kayu manis biasanya akan mengeluarkan aroma yang cukup kuat dan pedas. Jika Pins tidak terlalu menyukainya, bisa menggantinya dengan aroma kayu putih atau aroma lain yang tidak terlalu menyengat.

Bunga-bunga kecil dan buah-buahan juga bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan wewangian yang lebih kalem. 2. Menyiapkan peralatan (Pinterest) Setelah memiliki semua bahan-bahan yang dibutuhkan, Pins perlu mempersiapkan beberapa peralatan untuk membuat potpourri. Tidak perlu khawatir karena cara membuat potpourri sendiri tidak sulit dan tidak membutuhkan banyak alat.

Beberapa peralatan yang diperlukan antara lain adalah sebagai berikut. • Toples kecil • Gunting • Kertas perkamen • Pita • Botol semprot • Karet gelang • Kain tipis • Oven (jika diperlukan untuk mengeringkan bahan-bahan potpourri) • Loyang atau nampan Perlu Pins perhatikan agar tidak menggunakan wadah plastik untuk tempat potpourri.

Selain toples, Pins bisa menggunakan wadah kaca lain atau wadah keramik untuk menjaga wangi potpourri. Jika ingin yang lebih unik, gunakan wadah dari kain yang memiliki lubang-lubang halus dengan bentuk sesuai selera. 3. Mengeringkan bahan-bahan potpourri (Pinterest) Bahan-bahan untuk membuat potpourri harus kering sempurna.

Jika ingin hasil yang bagus, bahan-bahan yang sudah disiapkan dapat dikeringkan secara alami dengan cara didiamkan di dalam ruangan. Gunakan ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mengeringkan bahan-bahan potpourri. Proses pengeringan secara alami ini memang lama dan membutuhkan waktu hingga beberapa hari.

Namun hasilnya akan bagus dengan bahan-bahan yang kering sempurna dan aromanya pun akan tetap terjaga. Pins potpourri dibuat dari bahan bisa mengeringkannya dengan menggunakan oven yang panasnya diatur sekitar suhu 100 derajat celcius. Jika tidak memiliki oven, pengeringan dapat dilakukan di bawah sinar matahari. Namun cara ini tidak direkomendasikan karena panas sinar matahari yang tinggi dapat menghilangkan aroma alami dari bahan-bahan potpourri. 4. Mengemas potpourri (Pinterest) Bahan-bahan yang sudah kering dapat dimasukkan ke wadah potpourri yang sudah disiapkan.

Pins bisa memotong-motong bahan tersebut agar ukurannya lebih kecil dan mudah dimasukkan ke dalam toples atau wadah potpourri. Masukan semua bahan ke dalam wadah, kecuali minyak esensial. Tutup toples atau wadah potpourri dengan kain menggunakan kain tipis. Tambahkan pita untuk mempercantik wadah potpourri yang sudah Pins buat. Potpourri siap dipakai untuk dekorasi dan pengharum ruangan alami di dalam rumah.

5. Menambahkan minyak esensial atau aromaterapi (Pinterest) Minyak aromaterapi dapat digunakan untuk memperkuat wangi potpourri. Pins juga bisa menggunakannya saat aroma wangi dari potpourri sudah mulai memudar.

Masukan minyak esensial atau minyak aromaterapi ke dalam botol semprot. Setelah itu semprotkan ke bahan-bahan kering potpourri. Masukan potpourri yang sudah disemprot minyak aromaterapi ke dalam oven. Tunggu hingga beberapa menit agar bahan-bahan potpourri tetap kering sempurna. Ulangi lagi langkah tersebut untuk agar aromanya dapat bertahan lebih lama. 6. Pajang potpourri di ruangan (Pinterest) Setelah siap, Pins dapat memajang potpourri di ruang tamu atau di ruangan lain yang dibutuhkan.

Potpourri yang dibuat sendiri ini dapat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami. Aromanya akan membuat seluruh penghuni rumah lebih rileks dan nyaman. Jadi Pins dan keluarga akan lebih betah di dalam rumah. Wadah cantik yang digunakan untuk kemasan potpourri juga memiliki nilai estetika untuk dekorasi ruangan.

Pins dapat meletakkannya di ruang tamu, ruang keluarga, kamar, dapur, dan kamar mandi untuk mempercantik ruangan. Wadahnya yang mungil tidak membutuhkan banyak ruang sehingga mudah untuk diletakkan di berbagai tempat, baik di dinding, di meja, atau di sudut ruangan. Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif.

Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti. Apakah kamu tahu mengenai potpourri? Potpourri rupanya mempunyai berbagai macam fungsi bagi rumah dan salah satunya ialah mampu menghilangkan bau bahkan bisa menambahkan aroma yang cocok dengan musim. Potpourri dibuat dari bahan terdapat banyak sekali cara yang memungkinkan untuk bisa membuat potpourri sendiri.

Sehingga kamu pun tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk membeli potpourri karena membuat potpourri sendiri jauh lebih praktis meskipun menggunakan wadah bekas sekalipun. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba dalam pembuatan potpourri: Pembuatan Potpourri dengan Cara Kering Metode dalam pembuatan potpourri yang satu ini merupakan metode yang sangat cepat dibandingkan metode lain dan banyak orang yang menggunakan metode. • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyiapkan material kering di mana seluruh tanaman yang dipakai harus dikeringkan terlebih dahulu sehingga nantinya tidak akan menghasilkan air pada saat dicampur.

Akan jauh lebih baik jika kamu potpourri dibuat dari bahan bunga dan juga rempah yang paling segar dan juga bagus serta buanglah material yang telah rusak atau penumbuk kondisinya. Untuk bunga dan juga kelopak bunga dapat kamu keringkan diatas kain atau pun kertas.

Pada saat kamu mengeringkan bunga lebih baik secara teratur guna memastikan sirkulasi udara dan kelopak pun bisa mengering jauh lebih cepat.

• Masukkan bumbu-bumbu yang telah ditumbuk ke wadah mangkuk yang kecil. Kamu juga bisa potpourri dibuat dari bahan fixative yang berupa akar orris.

potpourri dibuat dari bahan

Pada setiap gelas nantinya akan membutuhkan material kering serta memerlukan 2-3 sendok makan bubuk bumbu. Kemudian nantinya akan ditambahkan 2 sendok makan agar orris yang telah ditumbuk dan juga satu setrip kulit citrus beserta dengan beberapa tetes minyak esensial.

Kemudian pada wadah mangkok muncul lebih besar kamu bisa memasukkan seluruh bahan kering yang masih tersisa. • Kombinasikan adonan dari fixative dengan menggunakan bahan-bahan kering yang ada di dalam mangkuk besar tersebut. Pastikan kamu mencampur seluruh ban tersebut hingga merata. Setelah bahan tercampur merata kamu bisa memasukkan larutan tersebut ke dalam wadah yang ditutup atau disegel.

potpourri dibuat dari bahan

• Menyisihkan wadah tersebut ke arah yang gelap dan juga kering dan biarkan selama 4 sampai 8 Minggu. Tentunya hal ini nantinya akan memberikan waktu rumah untuk lebih menyatu serta bisa menghasilkan aroma yang jauh lebih sempurna. Namun pastikan pada minggu pertama kamu harus mengocok wadah setiap hari. • Masukkan potpourri yang kering ke dalam wadah display.

Setelah kamu memasukkan potpourri susunlah ulang untuk bisa memastikan bahan yang paling menarik berada pada bagian atas dan taruhlah potpourri tersebut ke area yang kamu inginkan. Pembuatan Potpourri dengan Keadaan Metode yang satu ini memang membutuhkan usaha yang jauh lebih banyak sehingga hasil akhirnya pun bisa terlihat menarik.

Dan yang pasti aroma yang dihasilkan dari cara ini pun jauh lebih kuat dibandingkan dengan metode yang kering. Karena metode ini nantinya akan mengawetkan bunga dedaunan dan kelopak lainnya sehingga meninggalkan aroma yang sangat kuat.

Bahan-bahan yang digunakan kamu butuhkan: • Bunga • Dedaunan • Kelopak yang sudah mengering sebagian Cara Membuat Potpurri • Meletakkan lapisan awal bunga daun dan juga kelompok lain yang mengering sebagian ke dalam toples kaca yang sangat besar. • Taburkan garam kasar di bagian atas lapisan bunga potpourri dibuat dari bahan tersebut.

dan lebih baik ketebalan dari garam mencapai sepertiga dari ketebalan lapisan bunga. • Tambahkan beberapa lapisan bunga maupun kelopak lalu tekanlah menggunakan jari jarimu dan kemudian tambahkan lagi lapisan garam.

potpourri dibuat dari bahan

• Setelah itu berilah taburan gula palem beserta dengan air Vodka. Kemudian kamu bisa memasukkan seluruh adonan tersebut ke dalam wadah yang bisa ditutup lalu simpanlah ke area yang sejuk selama 2 bulan.

• Meskipun tidak mencapai 2 bulan paling tidak, kelopak bunga diharuskan telah membentuk gumpalan yang sangat padat. • Ketika sudah membentuk gumpalan yang padat maka kamu tidak bisa mengeluarkan dari wadah penyimpanan dan beralih ke mangkuk yang sudah diisi bumbu, fixative, peserta dengan rempah minyak esensial.

• Apabila kamu memakai metode lembab ini maka pastikan jika minyak esensial yang dipilih adalah yang mempunyai harga mahal seperti halnya Attar of potpourri dibuat dari bahan. Lalu campurlah semuanya sehingga minyak esensial bisa merata ke seluruh gombalan. • Jika sudah masukkan ke dalam wadah penyimpanan yang baru kemudian disegel, dan pastikan proses pengawetan selama 1 bulan.

potpourri dibuat dari bahan

Itulah sekilas info yang bisa diberikan kepada kamu mengenai pembuatan dari potpourri yang menambah aroma harum di dalam rumah. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa berguna dan membantu kamu untuk menemukan aromaterapi yang mudah dibuat sendiri. BACA JUGA! REKOMENDASI PEWANGI TOILET YANG AROMANYA SEGAR
Rumah sebagai tempat untuk menghabiskan banyak waktu dengan keluarga akan terasa lebih nyaman dengan suasana bersih, rapi dan wangi.

Selain dengan selalu menjaga kebersihan, yang terakhir biasanya dapat kamu akali dengan penggunaan pengharum ruangan yang bisa dibeli di pasaran. Hanya saja, pengharum ruangan tersebut tentunya mengandung bahan-bahan kimia yang dapat memengaruhi kesehatan kamu dalam jangka panjang.

Nah, untuk terhindari dari bahaya kesehatan tersebut, kamu bisa beralih dengan menggunakan potpourri. Istilah penyegar ruangan satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Untuk itu, agar kamu semakin mengenal apa itu potpourri, simak ulasan tentang apa itu potpourri di bawah ini!

Apa itu Potpourri? @melipoole via Unsplash Bagi yang masih asing dengan istilah potpourri mungkin akan bertanya-tanya sebenarnya apa itu potpourri. Potpourri sendiri bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis pengarum ruangan dan kamu bisa membuatnya dengan tangan kamu sendiri lho.

Potpourri ini dibuat dengan menggunakan tanaman yang secara alami memiliki wangi menyenangkan. Tanaman tersebut biasanya berupa berbagai macam bunga, buah, rempah, dan tanaman herbal yang sudah dikeringkan serta minyak esensial. Campuran bahan-bahan kering serta minyak esensial tersebut biasanya ditempatkan dalam mangkuk terbuka atau wadah yang terbuka atau berlubang lainnya agar aroma alaminya bisa keluar bebas.

Selain itu, kehadirannya juga kerap memberkan sentuhan estetik yang sekaligus mempercantik ruangan dalam rumah kamu. Penambahan minyak esensial pada tanaman-tanaman kering itu berfungsi untuk meningkatkan kadar wangi yang dibutuhkan untuk mengharumkan ruangan.

Bahan-bahan kering tersebut tidak akan mengeluarkan cukup aroma semerbak yang dibutuhkan untuk menyegarkan rumah kamu. Nah, keberadaaan potpourri di rumah bisa meningkatkan suasana hati kamu karena adanya aroma alam yang menyambut kedatangan kamu saat memasuki rumah. Kehadirannya akan menghalau bau tidak sedap serta memberikan kesegaran di setiap sudut rumah. Kamu bisa menempatkannya di mana saja seperti di ruang tamu, kamar mandi, dan ruangan lainnya sehingga aroma menyenangkan tersebut akan mengikuti kemana pun kamu pergi.

Secuil Sejarah Potpourri @oskanov via Freepik Setelah mengathui apa itu potpourri, tidak ada salahnya kamu juga mengenal asal usul terciptanya pengharum ruangan alami ini. Potpourri ini dipercaya berasal dari Prancis.

Pot sendiri dalam bahasa Prancis berarti pot sementara pourri berarti busuk. Kehadiran potpourri sendiri dipercaya sudah ada sejak abad ke-12 dengan tujuan untuk memberikan kesegaran pada ruangan-ruangan di dalam kastil. Penggunaannya dilakukan dengan berbagai cara dan bentuk, Salah satunya adalah dengan hanya menyebarkannya di atas lantai.

Lalu, memasuki abad ke-17, orang-orang Prancis Prancis terbiasa menggantung mangkuk-mangkuk berisi bunga dan tanaman herbal kering di dalam rumah mereka. Seiring berjalannya waktu, konsep ini pun makin populer dan mendapat perhatian terutama dari para pecinta berkebun.

Mereka biasanya akan memetik sejumlah bunga dan dedaunan dari kebun lalu menjadikannya potpourri. Manfaat Poutpourri @freestocks via Unsplash Setelah mengetahui apa itu potpourri dan sejarah singkatnya, yuk kenalan dengan manfaat pengharum ruangan alami ini. Manfat yang paling utama dari potpourri ini tentunya adalah untuk menyegarkan ruangan dalam rumah kamu.

Dengan menempatkannya di area yang luas, keharuman akan menyebar ke segala penjuru ruangan dan mampu bertahan lama hingga berbulan-bulan bahkan tahunan tergantung pilihan bahannya. Penambahan minyak esensial di dalamnya juga akan mengurangi kehadiran bakteri di udara serta membawa manfaat positif pada tubuh seperti perasaan rileks dan sebagai pengusir stres. Selanjutnya, pengunaan potpourri juga akan menghemat pengeluaran kamu karena kamu tidak perlu lagi membeli pengharum ruangan. Hal ini pun kemudian akan menghindarkan kamu dari paparan bahan-bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam pengharum ruangan biasa mengingat potpourri hanya menggunakan bahan-bahan alami.

Selain itu, dengan membuat potpourri sendiri, kamu bisa menentukan sendiri wangi apa yang sesuai dengan kenginan kamu. Apa yang Kamu Perlukan untuk Potpourri via Freepik Dengan mengetahui secara garis besar tentang apa itu potpourri, kamu mungkin sudah memiliki gambaran apa saja yang akan kamu butuhkan untuk membuatnya dengan tangan sendiri. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan wangi seperti apa yang kamu mau, apakah wangi berbau buah-buahan seperti jeruk, bunga-bungaan, berbahan dasar kayu manis, atau semacamnya.

Jika kamu kebingungan menentukan wanginya, kamu bisa melihat referensi resep potpourri yang sudah banyak tersebar di internet. Alternatif lainnya, kamu bisa mencoba meracik sendiri resep potpourri dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kamu atau mudah kamu dapatkan.

Jika kamu memiliki tanaman bunga di rumah dengan wangi atau tampilan yang menyenangkan seperti bunga mawar, lavender, melati, lili, geranium, kenanga, marigold, tulip dan sebagainya, potpourri dibuat dari bahan bisa memasukkan bunga-bunga tersebut potpourri dibuat dari bahan dalam list resep potpourri kamu.

Jika tidak ada, jangan dulu menyerah. Kamu bisa mencoba meminta pada tetangga yang memiliki bunga-bunga harum nan indah atau membeli bunga-bunga segar di pasar bunga potpourri dibuat dari bahan kamu.

Perlu diingat, yang kamu perlukan adalah kelopak bunganya. Setelah itu, mari berlanjut pada bahan-bahan lainnya seperti buah-buahan, rempah dan tanaman herbal. Kamu bisa memilih bahan seperti irisan jeruk lemon, kulit jeruk, daun pandan, daun ketumbar, daun mint, serai, daun geranium, rosemary, kayu manis atau cengkeh. Sesuaikan saja dengan selera dan kemampuan kamu. Selanjutnya, keringkan semua bahan yang kamu punya. Tunggu sampai semua bahan mengering lalu siapkan wadah yang menarik.

Setelah itu, tambahkan minyak esensial untuk memperkuat aroma secara menyeluruh. Agar wangi selalu bertahan lama, kamu perlu menambahkan minyak esensial secara rutin. Selain itu, selalu jaga kebersihan potpourri dengan membersihkannya dari debu dan kotoran.

Salah satu caranya adalah dengan memasukkan bahan-bahan ke dalam plastik yang dapat ditutup kembali.

potpourri dibuat dari bahan

Lubangi plastik dengan garpu lalu kocok-kocok di atas tong sampah untuk mengeluarkan kotoran dan debu di dalamnya. Minyak Esensial dan Wadah @jcomp via Freepik Pilihlah sesuai selera kamu seperti lemon, mint, mawar, lavender, melati dan chamomile. Sebagai pemula, sebaiknya jangan mencampurkan lebih dari dua atau tiga jenis minyak esensial. Setelah mulai terbiasa, kamu bisa bereksperimen dengan berbagai jenis minyak untuk memperoleh aroma yang kamu mau.

Sebagai catatan, jika kamu memilih bunga dengan wangi alami, pilihlah minyak esensial dengan aroma halus. Namun, jika kamu memilih bunga dengan tampilan mencolok, sebaiknya pilih minyak dengan aroma yang kuat. Untuk pemilihan wadah, sebaiknya gunakan wadah berbahan kaca, keramik atau kayu. Penggunaan wadah berbahan kayu biasanya akan mempertahankan aroma dengan baik serta memiliki tampilan estetik.

Selain itu, sebaiknya hindari wadah berbahan logam atau yang menggunakan bahan perkakas seperti stainless steel.

Meski berada di rumah membuat nyaman apalagi dengan kehadiran potpourri, sesekali kamu juga butuh liburan atau jauh dari rumah untuk kepentingan tertentu. Di saat seperti itu, jangan ragu untuk memilih Bobobox sebagai akomodasi andalan kamu. Tempatnya nyaman dan Instragammable, pelayanannya ramah, kebersihan dan keamanan terjamin, dan harganya pun terjangkau. Kamu bisa menemukan hotel kapsul berlogo koala ini di beberapa kota besar Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Sudah siap? Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store untuk booking dan dapatkan informasi ter update serta promo-promo menarik dari Bob!

RumahCom – Rumah merupakan sebuah tempat tinggal yang sangat nyaman bagi Anda. Memiliki sebuah rumah sendiri adalah salah satu kepuasan pribadi yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Rumah adalah sebuah kanvas kosong yang bisa Potpourri dibuat dari bahan hias dan rubah sendiri sesuai dengan keinginan Anda.

Apabila Anda ingin merubah rumah agar menjadi lebih menarik maka Anda bisa menambahkan beberapa hal salah satunya adalah potpourri. Mungkin ada banyak orang yang masih belum mengetahui apakah itu potpourri. Potpourri bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu hal yang dapat membuat rumah Anda menjadi lebih menarik dan indah. Agar Anda bisa lebih mengetahui apa fungsi dari potpourri itu maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai: Baca Juga: 10 Peluang Pekerjaan Online Terbaik yang Memiliki Penghasilan Besar • Apa yang Dimaksud dengan Potpourri?

• Manfaat Potpourri di Rumah • Cara Mudah Membuat Potpourri di Rumah • Menyiapkan Bahan-bahan Potpourri • Keringkan Seluruh Bahan yang Telah Disiapkan • Meletakkan Bahan pada Sebuah Wadah • Menambahkan Essential Oil pada Campuran Potpourri dibuat dari bahan Potpourri • Jangan Dibuang, Ini Cara Menyegarkan Kembali Potpourri Lama Anda 1.

Apa yang Dimaksud dengan Potpourri? Potpourri merupakan salah satu hiasan yang indah untuk rumah. (Foto: Pixabay) Untuk Anda yang sedang senang dan ingin menata tempat tinggal Anda agar menjadi terlihat lebih segar dan menarik maka Anda bisa mencoba untuk menyiapkan potpourri Anda sendiri.

Namun, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan potpourri itu? Dilansir dari Wikipedia, potpourri adalah sebuah hiasan yang terbuat dari campuran tanaman beraroma yang dikeringkan. Umumnya potpourri digunakan sebagai salah satu bentuk pewangi alami yang cocok untuk ruangan pada rumah atau bangunan Anda.

potpourri dibuat dari bahan

Dalam sejarahnya potpourri pada awalnya sudah dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan namun hanya dengan cara disebarkan begitu saja pada lantai. Kemudian ketika mulai memasuki abad 17 negara Perancis pertama kali mulai menanam berbagai tanaman yang memiliki wangi pada lahan yang mereka miliki. Setelah bunga dari tanaman telah mekar dan tumbuh wangi barulah dipetik dan dikeringkan terlebih dahulu selama dua hari. Setelah tanaman dan bunga tersebut telah kering barulah diberikan garam kasar dan campuran untuk membuat tanaman dan bunga menjadi awet dan tidak membusuk lalu didiamkan kembali selama beberapa waktu.

Setelah tanaman dan bunga telah berubah warna barulah akan diberikan esens penguat aroma agar wangi yang dikeluarkannya bisa menjadi lebih kuat dan tahan lama. Potpourri yang sudah siap akan disimpan dalam sebuah wadah yang menarik agar bisa menjadi sebuah hiasan yang indah. Hiasan potpourri dibuat dari bahan modern yang bisa Anda temukan saat ini rata-rata dibuat dari tanaman atau bunga hias yang diberikan pewangi artifisial agar bentuk dan wanginya bisa Anda nikmati dalam waktu yang lebih lama.

Hiasan ini umumnya memiliki jumlah yang banyak agar bisa terlihat menarik ketika sedang dipajang pada sebuah ruangan. 2.

potpourri dibuat dari bahan

Manfaat Potpourri di Rumah Wewangian yang lembut dari bunga lavender bisa memunculkan perasaan tenang pada diri Anda. (Foto: Pexels) Potpourri merupakan salah satu hiasan yang bisa Anda letakkan di seluruh bagian rumah Anda dengan mudah.

Selain bisa menjadi hiasan yang sangat menarik, ternyata potpourri juga mempunyai manfaat yang sangat baik. Sebagai hiasan yang terbuat dari bahan alami, aroma yang dikeluarkannya bisa membuat perasaan seseorang yang menciumnya menjadi lebih rileks dan tenang sehingga akan menjadi salah satu pengusir rasa stress yang sangat potpourri dibuat dari bahan.

Agar menjadikan Anda betah di rumah, potpourri bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat. Anda pun juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada.

Jika Anda berniat untuk mencari rumah minimalis kisaran Rp300-Rp500 jutaan, cek di sini. 3. Cara Mudah Membuat Potpourri di Rumah Membuat potpourri tidaklah susah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. (Foto: Pixabay) Potpourri bukanlah hanya sebuah dekorasi biasa. Apabila Anda bisa membuatnya dengan racikan yang tepat maka semerbak aromanya akan membuat suasana rumah atau ruangan Anda menjadi berubah. Dilansir dari Home Guides SF Gate, efek yang dikeluarkan dari aroma potpourri sama halnya dengan warna pada ruangan Anda yang juga bisa menjadikan suasana dan mood Anda berubah.

Dilansir dari Warna yang cerah akan membuat perasaan menjadi terpacu sedangkan warna yang tenang dan lembut akan menciptakan efek yang menenangkan. Aroma yang dikeluarkan dari potpourri juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Apabila Anda ingin membuat ruangan Anda menjadi lebih menenangkan maka Anda bisa menambahkan aroma daun dan bunga lavender pada campuran dari bunga-bunga Anda.

Agar Anda bisa membuat potpourri Anda sendiri, inilah beberapa cara mudah yang bisa Anda ikuti yang dikutip dari WikiHow: 1. Menyiapkan Bahan-bahan Potpourri Tahapan pertama dalam membuat sebuah potpourri adalah dengan menyiapkan seluruh bahan-bahan yang diperlukan.

Carilah berbagai bahan alami yang bisa mengeluarkan aroma menarik seperti kayu manis, potongan kulit jeruk, bunga mawar ataupun daun ketumbar. Perpaduan dari bunga dan bahan lainnya akan menciptakan sebuah wewangian yang menarik dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Anda bisa menambahkan bunga geranium ataupun lili untuk menciptakan efek wangi yang lebih menenangkan. Potonglah bunga-bunga yang Anda akan pakai hingga tersisa kelopaknya saja agar bisa memberikan efek visual yang sangat menarik dalam kumpulan bunga dan bahan yang lainnya juga.

Kombinasikan kelopak bunga dan kepala bunga secara utuh agar menciptakan kesan penuh. Anda juga bisa menambahkan aneka buah yang mempunyai aroma menarik seperti stroberi ataupun potongan buah lemon. 2. Keringkan Seluruh Bahan potpourri dibuat dari bahan Telah Disiapkan Setelah seluruh bahan sudah Anda kumpulkan barulah selanjutnya Anda bisa mengeringkan seluruh bahan yang sudah ada. Siapkan sebuah wadah yang lebar agar seluruh bahan bisa diletakkan secara bersama dan tidak saling timpang tindih.

Bahan-bahan yang tertimpang tindih tidak akan mengering secara sempurna bahkan bisa menjadi busuk dengan cepat. Tahap yang selanjutnya dalam membuat sebuah potpourri adalah dengan meletakkan seluruh bahan yang sudah mengering ke dalam sebuah wadah. Tanda bahwa bahan yang Anda kumpulkan sudah mengering adalah daun-daun dari bunga akan hancur apabila Anda pegang dan buah sudah menjadi mengeras dan tidak melembek.

Gunakan wadah yang tidak terlalu besar dan sesuaikan dengan jumlah isi dari bahan yang Anda pakai. Berhati-hatilah ketika memindahkan seluruh bahan agar tidak hancur dan menjadi berantakan. Letakkan bahan ke dalam wadah secara satu per satu untuk memastikan agar bisa tertata dengan rapi. 4. Menambahkan Essential Oil pada Campuran Bahan Potpourri Setelah seluruh bahan telah Anda letakkan di dalam sebuah wadah barulah Anda bisa menambahkan essential oil ke dalam wadah tersebut. Essential oil memiliki wangi yang lembut dan bisa memperkuat aroma dari seluruh bahan yang ada di dalam wadah.

Tambahkan setidaknya tiga tetes ke dalam wadah agar wangi dari potpourri Anda bisa bertahan lebih lama dan tutup kembali wadah semalaman. Apabila Anda mempunyai potpourri lama yang sudah tidak potpourri dibuat dari bahan jangan dibuang terlebih dahulu karena Anda masih bisa menyegarkan kembali tanpa harus membuat yang baru. Di bawah ini adalah beberapa tahapan yang bisa Anda coba untuk menyegarkan potpourri yang sudah lama: • Kumpulkanlah seluruh bahan potpourri yang lama Anda pada sebuah kantong plastik berukuran besar yang bisa di klip dengan mudah.

Jangan takut jika terdapat beberapa bunga yang hancur ketika Anda pindahkan karena wanginya akan tetap bisa keluar. • Tambahkanlah 4 tetes essential oil pada kantong yang berisikan bunga-bunga Anda yang lama. Kandungan dari essential oil akan membuat bunga dan bahan kering lainnya menjadi wangi kembali. Anda juga bisa menambahkan minyak mawar agar menciptakan kesan yang menyegarkan. • Tutup wadah plastik hingga rapat lalu aduklah seluruh bahan yang ada di dalamnya agar tercampur secara merata.

Diamkan potpourri Anda selama semalaman agar wanginya bisa keluar dengan sempurna.
Artikel ini disusun oleh tim penyunting terlatih dan peneliti yang memastikan keakuratan dan kelengkapannya.

Tim Manajemen Konten wikiHow memantau hasil penyuntingan staf kami secara saksama untuk menjamin artikel yang berkualitas tinggi.

Ada 7 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman. Artikel ini telah dilihat 136.012 kali. Potpourri adalah campuran bahan-bahan kering, rempah-rempah, dan minyak yang dapat mengharumkan ruangan. Kerajinan ini dapat dibuat dari berbagai jenis bahan, serta menghadirkan aroma dan suasana yang berbeda.

Jika Anda ingin membuat potpourri sendiri, pilih bahan-bahan kering, cocokkan dengan minyak asiri, dan diamkan selama beberapa minggu agar rumah Anda harum.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/69\/Make-Potpourri-Step-1.jpg\/v4-460px-Make-Potpourri-Step-1.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/69\/Make-Potpourri-Step-1.jpg\/v4-728px-Make-Potpourri-Step-1.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Kumpulkan kelopak bunga, cengkih, dan kulit jeruk untuk membuat potpourri dengan aroma spicy yang hangat.

Gabungkan semua bahan untuk membuat campuran potpourri yang harum dan cantik. Untuk potpourri beraroma spicy atau hangat, gunakan kelopak bunga apa pun dan padukan dengan cengkih, kulit jeruk, dan kayu manis. Bahan-bahan ini akan saling melengkapi, baik dari segi aroma maupun penampilan. [1] X Teliti sumber Gunakan biji pinus, daun pinus, dan bunga peony untuk potpourri khas musim dingin.

Biasanya, liburan-liburan musim dingin memiliki aroma khasnya tersendiri. Jika ingin membuat potpourri dengan tema ini, gunakan biji pinus, daun pinus, kelopak bunga peony, dan buah mawar ( rosehip) untuk menciptakan potpourri dengan aroma yang unik. Anda bisa menggunakan biji dan daun pinus dari spesies yang berkembang di daerah Anda.

[2] X Teliti sumber • Berkreasilah dengan bahan-bahan. Jika Anda menyukai bunga mawar, tambahkan beberapa buah kelopak mawar. Jika Anda menemukan potongan kayu aras, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membuat potpourri.

Buat atau bereksperimenlah dengan kombinasi bahan-bahan Anda sendiri. Jika ingin membuat potpourri yang unik, berkreasilah dengan bahan-bahan yang akan digunakan. Campurkan bunga kesukaan, potongan atau serpihan kayu, dan bahan-bahan berkayu lainnya yang bisa Anda temukan di alam. Anda juga bisa menambahkan rempah-rempah seperti cengkih ke campuran.

Bebaskan diri untuk membuat potpourri yang cocok dengan selera Anda. [3] X Teliti sumber • Kulit buah dapat menjadi bahan lain yang bisa ditambahkan ke campuran potpourri.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fa\/Make-Potpourri-Step-4-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Potpourri-Step-4-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fa\/Make-Potpourri-Step-4-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Potpourri-Step-4-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Keringkan bahan-bahan di atas loyang selama 2 minggu.

Tempatkan semua bahan dalam loyang atau boks karton. Pastikan semua bahan ditempatkan dalam satu lapisan dan tidak saling bertumpuk.

potpourri dibuat dari bahan

Keringkan bahan-bahan secara menyeluruh selama sekitar 2 minggu. Saat disentuh, bahan-bahan yang sudah kering mungkin remuk atau hancur.

potpourri dibuat dari bahan

{INSERTKEYS} [4] X Teliti sumber • Agar lebih cepat kering, simpan bahan-bahan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Masukkan bahan-bahan kering ke dalam wadah kedap udara.

Dengan hati-hati, pindahkan bahan-bahan yang sudah dikeringkan ke dalam wadah bersegel. Usahakan bahan-bahan tidak sampai hancur atau rusak saat dipindahkan. Wadah yang digunakan tidak harus memiliki penampilan yang cantik karena tidak akan digunakan untuk memajang potpourri Anda. [5] X Teliti sumber • Gunakan stoples kaca bertutup untuk bahan-bahan yang berukuran kecil. • Tutupi mangkuk besar dengan plastik pembungkus atau penutup lain.

Tambahkan 2 tetes minyak asiri ke bahan kering. Minyak asiri memberikan keharuman dan kelembapan pada bahan-bahan kering. Gunakan pipet untuk menambahkan 2 tetes minyak ke bahan-bahan. Keluarkan 1 tetes untuk setiap sisi wadah agar minyak tersebar secara merata. [6] X Teliti sumber • Minyak asiri mawar, kayu manis, lemon, jeruk, honeysuckle ( kamperfuli), dan bayberry dapat menjadi pilihan yang tepat untuk potpourri.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b6\/Make-Potpourri-Step-7-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Potpourri-Step-7-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b6\/Make-Potpourri-Step-7-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Potpourri-Step-7-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Tutup wadah dan diamkan selama maksimal 6 minggu.

Biarkan bahan-bahan kering menyerap minyak asiri agar aromanya bertahan lebih lama. Simpan wadah di tempat yang kering, sejuk, dan tidak terganggu. Jangan buka wadah sebelum Anda berencana memajang potpurri. [7] X Teliti sumber • Coba simpan campuran di dalam lemari pakaian atau kamar tidur yang gelap untuk mendiamkannya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/0c\/Make-Potpourri-Step-8-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Potpourri-Step-8-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/0c\/Make-Potpourri-Step-8-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Potpourri-Step-8-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Pajang potpourri dalam mangkuk atau stoples terbuka.

Tuangkan bahan-bahan ke dalam mangkuk, stoples, atau wadah tanpa tutup agar aroma potpourri yang menyebar ke udara. Gunakan stoples kecil jika Anda ingin memberikan potpourri sebagai hadiah atau pindahkan campuran ke satu mangkuk besar untuk digunakan sendiri. Potpourri akan menghasilkan aroma yang kuat selama sekitar 2 bulan.

[8] X Teliti sumber Keringkan bunga secara menyeluruh dengan memanggangnya atau menggantungnya. Untuk menjemur bunga, ikat bunga pada bagian tangkainya dan gantungkan secara terbalik selama 3 minggu hingga seluruhnya kering. Untuk memanggang bunga, tempatkan bunga pada loyang dan panaskan oven terlebih dahulu ke suhu 95 derajat Celsius. Panggang bunga selama 2 jam atau hingga kering.

[9] X Teliti sumber • Bunga yang sudah kering biasanya mudah pecah atau remuk saat disentuh. Tempatkan kelopak atau kuntum bunga dalam wadah. Jika bunga masih memiliki tangkai, potong menggunakan gunting yang tajam.

Tempatkan setiap kelopak atau kuntum di dalam wadah bersegel. Kelopak bunga mungkin remuk atau hancur saat dimasukkan ke dalam wadah, tetapi Anda tidak perlu khawatir. [10] X Teliti sumber • Wadah ini tidak akan digunakan untuk memajang hasil akhir potpourri sehingga Anda tidak perlu memilih wadah dengan tampilan yang cantik.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/ad\/Make-Potpourri-Step-11-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Potpourri-Step-11-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/ad\/Make-Potpourri-Step-11-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Potpourri-Step-11-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Tutup wadah dan diamkan selama 2 minggu.

Pasang tutup ke wadah kedap udara dan jangan buka wadah selama minimal 2 minggu. Dengan demikian, minyak dapat meresap ke dalam kelopak bunga dan membuat bunga kering harum lebih lama. Jangan buka stoples hingga Anda siap menggunakan potpourri. [12] X Teliti sumber • Anda bisa mendiamkan campuran selama maksimal 8 minggu untuk mendapatkan aroma yang lebih kuat. {/INSERTKEYS}

potpourri dibuat dari bahan

Tambahkan 1 sendok makan (15 gram) bubuk akar orris. Bubuk akar orris berperan sebagai fiksatif yang mencegah penguapan minyak asiri dan membuat campuran potpourri harum lebih lama. Tambahkan bubuk ke campuran bunga dan minyak, dan kocok wadah agar semua bunga terlapisi bubuk. [13] X Teliti sumber • Anda bisa mendapatkan bubuk akar orris dari toko swalayan atau toko produk makanan kesehatan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a3\/Make-Potpourri-Step-14-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Potpourri-Step-14-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a3\/Make-Potpourri-Step-14-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Potpourri-Step-14-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Tata potpourri dalam stoples terbuka atau mangkuk pendek.

Pajang potpourri dalam wadah terbuka agar aromanya dapat menyerbak ke udara. Tambahkan batu dekoratif sebagai hiasan atau beberapa buah cengkih untuk sentuhan yang lebih manis dan spicy. Ganti potpourri setelah aroma minyak asiri tidak tercium lagi. [14] X Teliti sumber • Biasanya, aroma potpourri bertahan selama sekitar 2 bulan. Pindahkan potpourri ke mangkuk besar atau kantung plastik.

Jika campuran sudah tidak lagi harum, pindahkan ke mangkuk besar potpourri dibuat dari bahan kantung plastik bersegel. Pastikan wadah atau kantung cukup besar agar bisa menampung semua campuran tanpa tumpah atau meluap.

Jangan khawatir jika bahan-bahan patah atau remuk saat dipindahkan. [15] X Teliti sumber • Anda bisa mencium aroma minyak asiri saat potpourri dipindahkan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/70\/Make-Potpourri-Step-16-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Potpourri-Step-16-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/70\/Make-Potpourri-Step-16-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Potpourri-Step-16-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Tambahkan 2-3 tetes minyak asiri.

Untuk menyegarkan kembali potpourri, gunakan minyak yang sama dengan minyak yang sebelumnya Anda pilih. Jika Anda tidak ingat minyak yang digunakan (atau minyak sudah habis). Gunakan minyak yang cocok dengan aroma sebelumnya. Mungkin masih tersisa sedikit minyak asiri pada bahan-bahan potpourri sehingga kedua aroma akan bercampur. [16] X Teliti sumber • Minyak lemon dan jeruk cocok untuk potpourri sitrun. • Minyak mawar dan lavendel cocok untuk potpourri floral.

Campurkan bahan-bahan secara merata. Pasang tutup pada mangkuk atau wadah dan kocok untuk mencampurkan bahan-bahan. Pastikan minyak asiri melapisi semua bahan. Jika aroma yang dihasilkan tidak sekuat yang Anda inginkan, tambahkan 1 tetes minyak secara bertahap hingga Anda mendapatkan intensitas yang disukai.

Anda potpourri dibuat dari bahan menyegarkan atau menggunakan kembali campuran potpourri hingga 4 kali pakai. [17] X Teliti sumber

Cara pembuatan potpourri SD kelas 6




2022 www.videocon.com