Alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

Table of Contents • Pengertian Teks Deskripsi • Struktur Teks Deskripsi • Jenis Teks Deskripsi • Contoh Pemakaian Bahasa Teks Deskripsi • Cara Membuat Teks Deskripsi • Video yang berhubungan Dikutip dari buku Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X oleh Nani Darmayanti, teks deskripsi adalah teks yang bertujuan menggambarkan atau melukiskan pengalaman, pendengaran, perabaan, penciuman, dan perasaan situasi atau masalah.

Ciri teks deskripsi, penulis berusaha memindahkan kesan-kesan, hasil pengamatan, dan perasaannya kepada pembaca dengan menyampaikan sifat dan semua perincian yang ditemukan pada objek tersebut. Isi teks deskripsi bersifat subjektif atau personal karena ditulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan oleh penulis. Oleh sebab itu masing-masing penulis bisa saja memberikan kesan yang berbeda dalam mendeskripsikan objek yang sama. Karangan deskripsi pada umumnya tidak berdiri sendiri sebagai karangan utuh.

Paragraf deskripsi digunakan untuk menghidupkan teks atau karangan, menghindarkan kebosanan pembaca, serta menambah kejelasan dan keyakinan pembaca. Pendeskripsian akan ditemukan dalam cerpen, novel, berita, atau laporan. Teks deskripsi dibagi menjadi 3 jenis. Berikut 3 jenis teks deskripsi seperti dilansir buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan karya Taufiqur Rahman: 1. Teks deskripsi spasial Teks deskripsi spasial adalah teks yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa.

2. Teks deskripsi objektif Teks deskripsi objektif adalah teks yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya 3.

Teks deskripsi subjektif Teks deskripi subjektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis (tafsiran penulis.) Struktur Teks Deskripsi: 1. Identifikasi2. Klasifikasi 3. Deskripsi bagian Halo Sobat Zenius, pernah gak elo kehilangan sesuatu terus meminta bantuan orang lain untuk mencari?

Agar barang tersebut cepet ketemu, elo akan mendeskripsikan ciri-cirinya kan? Nah, ini disebut dengan deskripsi. Selain bisa mendeskripsikan sesuatu secara lisan, ternyata elo juga bisa mendeskripsikan sesuatu dalam bentuk teks yang disebut dengan teks deskripsi. Ini adalah materi Bahasa Indonesia yang akan elo temui di kelas 7. Teks deskripsi juga memiliki ciri-ciri, jenis dan tujuan tertentu lho.

alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

Dalam artikel ini, gue akan mengupas secara lengkap pengertian teks deskripsi dan contohnya dan tentunya akan membantu elo memahami materi Bahasa Indonesia di sekolah. Pengertian Teks Deskripsi Teks deskripsi adalah teks yang gagasan utamanya dikembangkan atau dilukiskan dengan sejelas-jelasnya. Sebuah paragraf yang menjabarkan secara jelas peristiwa, objek, atau tempat yang dalam bacaan tersebut yang menjadi topik pembaca.

Ilustrasi Teks Deskripsi dalam Buku (Dok. NikolayFrolochki on Pixabay) Tujuan teks deskripsi dilukiskan dengan cara yang sejelas-jelasnya adalah agar pembaca bisa merasakan langsung atau seolah-olah berada dalam teks cerita tersebut.

Sehingga apa yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca bisa dipahami dengan mudah. Pada umumnya, penulis menjelaskan teks deskripsi menggunakan suatu ilustrasi seperti rasa, warna, rasa, keadaan atau kesan yang ada sesuai dengan topik yang ingin disampaikan.

Keberhasilan dari penyampaian teks deskripsi ini bisa diukur ketika si pembaca bisa merasakan, melihat, ataupun mendengar objek dan peristiwa yang sedang dideskripsikan. Struktur Teks Deskripsi Nah, setelah elo memahami pengertian teks deskripsi, selanjutnya adalah mengenai struktur teks deskripsi terdiri dari bagian apa saja. Struktur teks deskripsi adalah komponen atau bagian penyusun teks deskripsi. Untuk membuat teks deskripsi yang baik, penulis harus memperhatikan strukturnya.

Berikut ini adalah struktur yang bisa dijadikan contoh dalam menulis teks deskripsi. Pada bagian pertama adalah bagian identifikasi.

Pada bagian ini penulis harus menentukan elemen-elemen yang akan dicantumkan dalam teks deskripsi tersebut sesuai dengan topiknya, Pada tahap ini, penulis mulai menentukan identitas dari seorang tokoh di dalam teks tersebut, benda, peristiwa atau tempat yang dipilih sebagai objek yang akan dideskripsikan dalam sebuah tulisan.

Bagian kedua adalah bagian klasifikasi. Penulis mulai menentukan penyusunan kalimat dalam sebuah kelompok yang memiliki aturan dan sesuai dengan kaidah serta standar yang telah ditetapkan. Teks yang telah dibuat secara sistematis ini bertujuan untuk membuat penulis lebih gampang dalam menulis gagasan-gagasan yang ingin disampaikan kepada pembacanya.

alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

Sementara bagian terakhir adalah bagian deskripsi. Pada bagian ini, penulis mulai membuat gambaran-gambaran atau bagian-bagian yang akan dibahas dalam teks. Dengan membuat sebuah pemaparan, objek dalam topik tersebut bisa dituliskan secara mudah sehingga gampang dipahami oleh pembaca. Salah satu ciri utama teks deskripsi adalah membuat pembaca merasakan suasana yang digambarkan. (Dok. Gabrielle Faith Henderson on Unsplash) Teks deskripsi memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakan dengan teks jenis lain seperti teks opini, teks eksposisi, atau teks eksplanasi.

Supaya elo bisa dengan mudah menghafal dan mengidentifikasikannya, berikut ini udah gue rangkum apa aja ciri-cirinya: • Teks yang menggambarkan atau melukiskan sesuatu. • Topik yang berupa objek atau benda digambarkan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera. Seperti penglihatan, pendengaran, penciuman dan lain-lainya • Mampu membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri dengan seolah-olah mereka terbawa dalam suasana saat membacanya. • Banyak ditemukan kata-kata sifat di dalamnya serta kata-kata yang digunakan merupakan kata-kata yang lumrah atau menggunakan bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

• Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya seperti beliau adalah seorang kepala negara yang rendah hati. • Teks deskripsi mengandung kata keterangan yang bertujuan untuk memberikan informasi tambahan mengenai suatu objek. Contohnya seperti di pasar, di kantin, di rumah, dengan lambat, dll. • Menggunakan beberapa bahasa kiasan seperti perumpamaan atau metafora. • Penjelasannya yang memaparkan sifat objek atau ciri-ciri fisik tertentu. Seperti bentuk, ukuran, warna, dan kepribadian secara jelas dan terperinci.

Jenis Teks Deskripsi Teks deskripsi juga memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan tujuannya. Jenis teks deskripsi ini ada dua yaitu paragraf deskripsi sugestif dan paragraf deskripsi ekspositoris. Supaya elo lebih memahami masing-masing jenis dan perbedaannya, berikut ini udah gue rangkum lengkap dengan contohnya: • Paragraf Deskripsi Sugestif Paragraf sugestif adalah jenis teks deskripsi yang dalam penjelasannya berusaha menciptakan suatu penghayatan terhadap subjek atau objek yang digambarkan melalui sebuah imajinasi dari sang pembaca.

Jenis paragraf deskripsi sugestif ini menggambarkan sebuah pengalaman atas suatu objek atau peristiwa yang menciptakan sebuah interpretasi atau sebuah kesan dari pembaca. Pada umumnya, jenis kata-kata yang digunakan oleh penulis adalah kata-kata yang menggambarkan sifat, watak, ciri dari sebuah objek tersebut sehingga mampu menciptakan sugesti tertentu atau sebuah penghayatan kepada pembaca.

• Contoh Paragraf Deskriptif Sugestif Ilustrasi Museum (Dok. StockSnap on Unsplash) Hari ini adalah hari pertama saya mengunjungi museum, saat sampai di museum aku diperkenalkan dengan pemandu yang akan mengantarkan dan menjelaskan tentang objek-objek yang ada dalam museum itu. Pemandu itu terlihat sangat bersemangat menyambut aku dengan kumisnya yang setebal rumput ilalang.

Dia tersenyum bersahaja ke arahku, membuatku merasa semakin bersemangat dan hangat di tengah lingkungan museum itu. Pada jenis paragraf ini, penulis juga menjelaskan unsur-unsur yang melekat dalam sebuah objek yang memiliki tujuan untuk menambah wawasan si pembaca.

Untuk memahaminya dengan mudah biasanya penulis menjelaskan dengan cara bertahap dari bagian-bagian objek tersebut. • Contoh Paragraf Ekspositoris Mayoritas orang pasti tau kalau keju adalah makanan yang berasal dari susu. Tapi proses pembuatan makanan yang sudah ada sejak 800 SM ini tidak semudah kedengarannya. Dengan banyaknya jenis keju yang berbeda di dunia, tentu saja ada perbedaan dalam proses pembuatan keju, tergantung pada keju apa yang akan dibuat.

Namun, semua pembuatan keju mengikuti proses umum yang sama, terutama jika menyangkut langkah-langkahnya. Proses pembuatan keju terdiri dari 10 langkah penting. Yang pertama adalah mempersiapkan susu. Sebelum dapat diubah menjadi keju, susu yang dipilih harus berkualitas dan telah diproses sesuai standar. Langkah kedua adalah mengasamkan susu. Proses ini akan membutuhkan bantuan para bakteri baik seperti Streptococcus sp dan Lactobacillus sp. Menambahkan bakteri ke dalam susu akan memulai proses berfermentasi dan membuatnya lebih asam.

Langkah ketiga adalah proses mengentalkan susu. Proses ini dilakukan dengan menambah rennet atau enzim proteolytic yang memisahkan susu menjadi bagian padat dan cair hingga menciptakan dadih.

Langkah keempat adalah memotong dadih. Setelah dadih terbentuk makan akan dipisahkan dengan pisau dan memanaskannya, hingga tercipta bagian dadih dan whey. Langkah selanjutnya akan fokus pada pengolahan dadih melalui pengadukan, memasak dan mencuci dan mengeringkan dadih.

Jangan lupakan untuk menguras whey atau air dadih. Selanjutnya, whey dikeringkan, hanya menyisakan dadih kejunya saja. Pembuat keju selanjutnya memotong dadih menjadi beberapa bagian dan berulang kali atau proses cheddaring. Rasa asin pada keju berasal dari proses kedelapan yaitu pengasinan keju dengan cara memberi garam pada keju. Proses pengasinan pada masing-masing jenis keju akan berbeda, ada yang diberi garam langsung ke dalam dadih atau menaburkannya di atas kulit keju. Langkah kesembilan adalah membentuk keju.

Pembuat keju kemudian membentuk keju dan sering kali menggunakan cetakan untuk membantu. Langkah kesepuluh adalah penuaan keju.

Beberapa keju di dunia memiliki umur yang cukup lama, sama seperti whine. Proses ini dipercaya membuat rasa keju lebih enak. Contoh Pemakaian Bahasa Teks Deskripsi Nah, sekarang gue akan memberikan contoh pemakaian bahasa dalam teks deskripsi. Pengetahuan terkait penggunaan bahasa teks deskripsi gak hanya berguna saat belajar Bahasa Indonesia aja. Tapi ilmu ini juga berguna dalam komunikasi sehari-hari, terutama saat elo mau mendeskripsikan suatu benda atau objek tertentu kepada orang lain.

Contoh paragraf deskripsi tentang keindahan alam (Dok. 3422763 on Pixabay) Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung. Ada beberapa gunung berapi yang masih aktif seperti Gunung Merapi dan Gunung Semeru. Ada juga gunung-gunung yang sudah tidak aktif. Salah satunya adalah Gunung Merbabu.

Gunung Merbabu adalah gunung yang terletak di Jawa Tengah. Gunung ini cukup populer di kalangan pendaki. Untuk mendaki gunung berketinggian 3142 MDPL ini, pendaki dapat melewati jalur Selo, Wekas, dan beberapa jalur lain. Pada hari libur, gunung ini biasanya akan ramai alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah oleh para pendaki.

Jalurnya yang tidak terlalu curam serta pemandangannya yang indah menjadi alasan bagi para pendaki untuk menjadikannya sebagai destinasi pendakian.

Kalo udah baca, kira-kira kalo gue nanya bagaimana struktur teks deskripsi di atas apakah elo bisa membedakan antara bagian identifikasi, klasifikasi dan deskripsi? Coba komen di bawah ya~ Cara Membuat Teks Deskripsi Setelah memahami semua komponen dalam teks deskripsi, ini artinya elo udah siap untuk membuat teks deskripsi sendiri. Tapi ada beberapa langkah yang harus diketahui sebelum menyusun dan membuat teks deskripsi. Supaya lebih jelas, langkah dan hal paling awal dalam melakukan penyusunan teks deskripsi adalah: • Tentukan topik atau sesuatu yang akan dideskripsikan • Mulai dengan memperkenalkan objek yang akan dideskripsikan • Bangkitkan esensi subjek yang akan dideskripsikan dengan melibatkan indera dan imajinasi pembaca.

• Jelaskan bagaimana perasaan yang melibatkan barang atau topik yang dideskripsikan. • Cobalah lakukan pengamatan yang mendalam dan melihat dari sisi lain (unik) • Sertakan beberapa bahasa kiasan yang pantas dengan topik atau barang yang dideskripsikan Oke, itu tadi adalah penjelasan teks deskripsi lengkap. Mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri hingga cara membuat teks deskripsi. Semoga artikel ini bisa membantu elo memahami teks deskripsi dan mengerjakan tugas di sekolah terkait materi Bahasa Indonesia yang satu ini ya.

Baca Juga Artikel Lainnya Materi Bahasa Indonesia: Teks Laporan Hasil Observasi Materi Bahasa Indonesia: Teks Tanggapan Materi Bahasa Indonesia: Jenis-jenis Frasa Originally published: November 27, 2019 Updated by: Sabrina Mulia Ramadhanty Istilah deskripsi memang sudah tidak asing lagi.

Jenis teks deskripsi ini bisa ditemukan di mana-mana. Ada banyak jenis-jenis teks di dalam sebuah tulisan. Pada dasarnya, deskripsi adalah menjabarkan tentang sesuatu. Namun bagaimana dengan penerapannya pada tulisan? apa yang membedakannya dengan jenis teks lainnya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang teks deskripsi beserta contohnya. Daftar Isi • Pengertian Teks Deskripsi • Anda Mungkin Juga Menyukai • Ciri-ciri Tteks Deskripsi • Struktur Teks Deskriptif • Jenis-jenis Teks Alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah • Menulis Teks Deskripsi • Contoh Teks Deskrisi • 1.

Teks deskripsi tentang hewan • Citah • 2. Teks deskripsi tentang seseorang • 3. Teks deskripsi tentang tempat Positano • Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • • Kategori Ilmu Bahasa Indonesia • Materi Terkait Pengertian Teks Deskripsi Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, deskripsi adalah jenis tulisan yang menggambarkan atau menjelaskan tentang suatu hal, objek atau keadaan tertentu. Deskripsi juga bisa diartikan sebagai kaidah pengolahan data menjadi sesuatu yang bisa diutarakan dengan jelas dan tepat agar mudah untuk dipahami oleh orang lain.

Teks deskripsi adalah teks yang dimana ide utamanya merupakan penyampaian dengan menggambarkan objek, tempat dan peristiwa tertentu dengan sangat rinci.

Dengan begitu, pembaca bisa seolah-olah merasakan baik secara fisik maupun emosi secara langsung dengan apa yang dijelaskan di dalam teks. Secara etimologis, istilah deskripsi berasal dari bahasa latin yaitu ‘describere’ yang memiliki arti menggambarkan atau memberikan penjelasan mengenai sesuatu. Menurut Henry Guntur Tarigan, deskripsi adalah tulisan yang bisa menggambarkan sebuah cerita dengan tujuan mengajak pembaca supaya bisa memahami, merasakan dan menikmati sesuatu yang dibicarakan di dalam teks, seperti aktivitas, emosi dan lain-lain.

Menurut Gorys Keraf, deskripsi adalah suatu tulisan yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek yang dibicarakan sehingga pembaca bisa seperti melihat sendiri objek yang digambarkan tersebut secara langsung. Penulis teks deskripsi harus bisa memindahkan hasi perasaan, rincian wujud yang ditemukan pada suatu hal atau objek.

Menurut Felicia Nuradi, deskripsi merupakan tulisan yang memiliki tujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifat, rasa dan corak dengan mengandalkan panca indra manusia dalam proses penjelasannya. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, deskripsi adalah suatu pemaparan, uraian atau penggambaran dengan kata-kata yang tertulis jelas dan rinci.

Dengan menulis teks deskripsi bisa jadi pembelajaran untuk penulis itu sendiri. Hal ini karena menulis teks deskripsi berarti membantu dalam melatih kepekaan karena penulis menjelaskan nyata suatu objek atau suasana tertentu. Selain itu, dengan menulis teks deskripsi bisa juga melatih kita untuk bisa melihat rinci dari unsur-unsur benda atau bentuk secara konkret.

Teks deskripsi juga memiliki tujuan yaitu untuk menggambarkan suatu hal yang berkaitan dengan pengalaman berdasarkan hasil pengamatan seluruh panca indera. Baik merasakan, mendengar, meraba dan melihat. Dari situ penulis bisa menciptakan daya khayal pembaca sehingga mereka bisa merasakan langsung apa yang dibahas di dalam teks.

Dalam menulis teks deskripsi, penulis dituntut untuk menggambarkan objek dengan sangat rinci. Hal ini karena teks deskripsi memiliki tujuan untuk menciptakan pengaruh panca indera pembaca sehingga bisa menghasilkan kesan tertentu berdasarkan imajinasi dari masing-masing pembaca.

Selain teks deskripsi, ada juga ranah lain yang berhubungan dengan deskripsi yaitu statistika deskriptif. Umumnya, statistika deskriptif ditujukan untuk penelitian. Buku yang ditulis oleh Syofian Siregar ini bisa membantu bagi orang yang ingin memahami statistik deskriptif hingga pemecahan masalahnya. Rp 65.000 Selain buku karya Syofian Siregar, statistika deskriptif juga dijelaskan oleh Sisi Silvia. Di dalamnya, Silvia menjabarkan tentang pemahaman statistika deskriptif dan juga cara membuat tabel dan grafik.

Ciri-ciri Tteks Deskripsi Teks deskripsi memiliki ciri-ciri yang bisa memudahkan pembaca untuk mengenali jenis teksnya. Berikut adalah ciri-ciri teks deskriptif: • Teks deskripsi berisi tentang penjabaran atau penggambaran pada suatu objek, misalnya benda, tempat, suasana dan lain-lain. • Teks deskripsi berisi tentang penjelasan yang melibatkan seluruh panca indera, penglihatan, pendengaran, penciuman, sampai perabaan.

• Teks deskripsi berisi tentang pemaparan dari ciri-ciri fisik dan sifat suatu objek dengan secara rinci dan jelas. • Teks deskripsi membuat pembaca seolah-olah bisa merasakan bahkan mengalami langsung kejadian yang digambarkan di dalam teks.

• Teks deskripsi umumnya berisi kata-kata khusus alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah menggambarkan objek dengan serinci mungkin. Misalnya menuliskan tentang warna, merah keabuan, biru keungu-unguan dan lain-lain. • Teks deskripsi juga bisa menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Misalnya, Pak Dadang adalah seorang kepala sekolah yang tegas. • Teks deskripsi mengandung kata sifat yang berguna untuk menggambarkan.

Misalnya, dua kaos merah, seorang siswa rajin dan lain-lain. • Teks deskripsi bisa menggunakan kata kerja transitif dalam memberikan informasi suatu subjek. Misalnya, murid itu mengenakan seragam putih abu-abu.

• Teks deskripsi mengandung kata kerja perasaan dan pendapat yang bertujuan untuk mengungkapkan pandangan pribadi si penulis terhadap subjek yang dituliskan. Misalnya, saya pikir blackie adalah anjing yang cerdas, saya yakin buku ini bisa menjawab masalah yang kamu miliki, dan lain-lain.

alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

• Teks deskripsi mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan misalnya, dengan kencang, di lapangan, di sore hari, dan lain-lain. • Teks deskripsi mengandung bahasa kiasan atau metafora.

Misalnya, kulitnya putih seputih salju, mobil ini cepat seperti cheetah, dan lain-lain. Struktur Teks Deskriptif Teks deskripsi juga memiliki struktur dalam penulisannya, yaitu: • Judul: judul pada paragraf deskriptif setidaknya harus mengandung tiga aspek yaitu relevan, provokatif atau menarik dan juga singkat.

Judul dari karangan melambangkan cerita yang merupakan sebuah ringkasan tersirat dari seluruh tulisan. Judul ini memiliki fungsi sebagai daya tarik minat dan suatu nama yang bersifat promosi. • Identifikasi: penentuan identitas dari orang, objek dan benda lainnya, • Klasifikasi: sebuah unsur penyusun dengan sistem dari suatu kelompok yang sesuai kaidah dan standar yang sebelumnya sudah ditetapkan. • Deskripsi: berisi gambaran-gambaran atau penjelasan tentang objek atau hal yang dibahas di dalam teks.

• Kesimpulan: kesimpulan adalah penegasan pada hal yang dianggap penting. Kesimpulan bisa dicantumkan atau tidak. Jenis-jenis Teks Deskriptif Berdasarkan isi teksnya, teks deskripsi dibedakan lagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis teks deskripsi. • Deskripsi subjektif: teks deskripsi subjektif merupakan teks deskripsi yang menggambarkan suatu objek berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis tersebut.

alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

• Deskripsi Spatial: teks deskripsi spatial adalah teks deskriptif yang hanya menggambarkan objek seperti tempat, ruangan atau suatu benda. • Deskripsi objektif: teks deskripsi objektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan objek sesuai dengan keadaan sebenar-benarnya, sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan tanpa ada embel-embel dari opini penulis.

• Deskripsi imajinatif: teks deskripsi imajinatif adalah teks yang berisi tentang gambaran atau lukisan suatu tempat berlangsungnya suatu kejadian.

Penggambarannya harus dilihat dari berbagai segi sehingga tempat tersebut bisa tergambar dengan jelas baik dalam pikiran pembaca maupun perasaannya.

• Deskripsi faktual: teks deskripsi faktual adalah teks deskripsi yang menggambarkan suatu objek baik halal maupun orang dengan mengungkapkan identitasnya apa adanya, sehingga pembaca bisa alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah keadaan yang sebenar-benarnya. Menulis Teks Deskripsi Menulis teks deskripsi ada tahapan-tahapan yang bisa memudahkan penulis untuk menyusun teks deskripsi dengan baik. Berikut adalah tahapan-tahapan menulis teks deskripsi.

• Pertama-tama penulis harus memilih topik yang ingin dijadikan sebagai dasar untuk penggambaran dalam teks. • Selanjutnya penulis harus mengamati objek yang ingin dideskripsikan. • Penulis juga harus mengumpulkan data-data seperti angka, grafik, ilustrasi atau statistik. • Selanjutnya, penulis menetapkan pola pengembangan paragraf yang sesuai. • Setelah itu, penulis menyusun kerangka paragraf yang terdiri dari gagasan awal.

• Penulis mengembangkan kerangka paragraf menjadi suatu paragraf yang utuh dengan menggunakan kalimat yang padu dan juga logis. • Tahap yang terakhir adalah pemberian judul. Bagi mahasiswa yang sedang menulis karya ilmiah dan bingung bagaimana menuliskan latar belakang yang persuasif bisa membaca buku karya Hafiz Gunawan. Contoh Teks Deskrisi 1. Teks deskripsi tentang hewan Citah Citah adalah hewan yang merupakan salah satu anggota keluarga kucing.

Mereka adalah kucing besar asli dari Afrika dan Irang tengah. Citah menjadi hewan darat tercepat yang diperkirakan mampu berlari dengan kecepatan 80 hingga 128 km/jam.

Mereka memiliki tubuh yang dirancang untuk bisa berlari cepat, tubuhnya yang ringan, kakinya yang panjang dan kurus serta memiliki ekor yang panjang. Biasanya mereka memiliki panjang tubuh sampai 1,5 m. Citah dewasa memiliki berat sampai 72 kg. Kepalanya berbentuk kecil dan bulat, memiliki moncong pendek dan garis-garis hitam yang terlihat seperti bentuk air mata.

Warna kulitnya merupakan kuning kecoklatan sampai putih krem atau pucat dan sebagian besar ditutupi dengan bintik-bintik hitam yang memiliki jarak yang sama.

Citah hidup dalam tiga kelompok, betina dan anaknya, koalisi jantan dan jantan soliter. Betina citah menjalani kehidupan nomaden. Mereka mencari mangsa di wilayah jelajah yang luas.

Sedangkan pejantan citah lebih banyak menetap dan membangun wilayah yang kecil namun dengan mangsa yang berlimpah dan juga akses terhadap citah betina. Citah adalah hewan yang aktif di siang hari, terutama saat fajar dan senja. Mereka hewan yang bisa memakan mangsa mulai dari ukuran kecil hingga sedang, bahkan sampai 40kg.

Mereka lebih menyukai mangsa yang berukuran sedang seperti impala, dan rusa. Citah biasanya mengintai mangsa mulai dari jarak 60-70 m, menyerbu ke arahnya lalu menjegalnya selama pengejaran. Setelah itu mereka akan menggigit tenggorokannya hingga mangsanya mati. Betina citah hamil dalam kurun waktu tiga bulan dan bisa melahirkan tiga sampai empat anak. Anak citah ini sangat rentan dimangsa oleh hewan lainnya seperti hyena atau singa. Anak citah akan disapih pada usia empat bulan dan mulai mandiri pada usia 20 bulan.

2. Teks deskripsi tentang seseorang Michael Joseph Jackson, atau yang lebih akrab disapa MJ, lahir pada 29 Agustus 1958 adalah seorang penyanyi, penari dan penulis lagu dari Amerika. Ia dijuluki sebagai Raja pop, ia juga dianggap sebagai salah satu tokoh budaya paling penting pada abad ke-20. Selama meniti karir dalam empat dekade, kontribusinya pada musik, tari dan mode, membuatnya menjadi tokoh global dalam budaya populer. Michael Jackson juga mempengaruhi seniman baik di bidang musik dan artis visual.

Dia adalah orang yang mempelopori gerakan tarian yang cukup rumit seperti moonwalk, dan robot. Pria yang wafat pada tahun 2009 ini menjadi salah satu artis musik yang paling banyak mendapat penghargaan dalam sejarah musik.

Anak kedelapan dari keluarga Jackson, Michael Jackson pertama kali membuat debut profesionalnya pada tahun 1964 dengan kakak laki-lakinya Jackie, Tito, Jermaine, dan Marlon sebagai anggota Jackson 5. Jackson memulai karir solonya pada tahun 1971 saat di Motown Records, dan menjadi bintang solo dengan album 1979 Off the Wall. Video musiknya, “Beat It”, “Billie Jean”, dan “Thriller” dari album Thriller 1982-nya, dikreditkan dengan memecahkan hambatan rasial dan mengubah media menjadi bentuk seni dan alat promosi.

alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

Dia membantu mendorong kesuksesan MTV dan terus berinovasi dengan video di album Bad (1987), Dangerous (1991), dan HIStory: Past, Present and Future, Book I (1995). Thriller adalah salah satu albumnya yang menjadi album terlaris sepanjang masa, sementara Bad adalah album pertama yang menghasilkan lima single nomor satu Billboard Hot 100 AS dengan “I Just Can’t Stop Loving You”, “Bad”, “The Way You Make Me Me Feel”, “Man in the Mirror”, dan “Dirty Diana”.

Dari akhir 1980-an, Jackson menjadi sosok yang penuh kontroversi dan spekulasi karena perubahan pada penampilannya, hubungan, perilaku dan gaya hidupnya.

Pada tahun 1993, ia pernah dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak seorang teman keluarga. Namun, gugatan itu diselesaikan di luar pengadilan sipil, dan Michael Jackson tidak didakwa karena kurangnya bukti dalam kasus tersebut. Pada tahun 2005, ia diadili dan dibebaskan dari tuduhan pelecehan seksual anak lebih lanjut dan beberapa tuduhan lainnya. Pada tahun 2009, saat mempersiapkan serangkaian konsernya Michael Jackson meninggal karena overdosis propofol yang diberikan oleh dokter pribadinya, Conrad Murray.

Murray kemudian dihukum karena pembunuhan tidak disengaja. Michael Jackson adalah salah satu artis musik terlaris sepanjang masa, dengan perkiraan penjualan lebih dari 400 juta rekaman di seluruh dunia.

Dia memiliki 13 single nomor satu Billboard Hot 100, lebih banyak dari artis pria lainnya di era Hot 100, dan merupakan artis pertama yang memiliki single sepuluh besar di Billboard Hot 100 dalam lima dekade berbeda.

Penghargaannya termasuk 15 Grammy Awards, Juno Award, enam Brit Awards, Golden Globe Award, dan 39 Guinness World Records, termasuk “Artis Paling Sukses Sepanjang Alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah.

Induksi Jackson termasuk Rock and Roll Hall of Fame dua kali, Vocal Group Hall of Fame, Songwriters Hall of Fame, Dance Hall of Fame (satu-satunya artis rekaman yang dilantik), Black Music and Entertainment Walk of Fame dan Hall of Fame Musik Rhythm dan Blues. Pada tahun 2016, tanah milik Michael Jackson menghasilkan $825 juta, jumlah tahunan tertinggi untuk seorang selebriti yang pernah dicatat oleh Forbes. 3. Teks deskripsi tentang tempat Positano Positano adalah sebuah desa dan komune di Pantai Amalfi di Campania Italia.

berkat posisinya, Positano memiliki iklim yang sangat sejuk, bertipe Mediterania; musim dingin di Positano juga sangat hangat dengan suhu minimum yang hampir tidak pernah turun di bawah 6 °C derajat. Positano memiliki musim panas yang panjang, hangat dan cerah tetapi sering disegarkan oleh angin laut. Berkat suhu yang sejuk dan keindahan pemandangannya, Positano telah menjadi destinasi liburan sejak zaman Kekaisaran Romawi, terbukti dengan ditemukannya sebuah vila di teluk.

Ciri khasnya adalah banyaknya anak tangga yang berasal dari atas desa, anak tangga itu menghubungkan distrik atas dengan daerah lembah. Pantai utama di Positano adalah Spiaggia Grande, Fornillo, La Porta, Fiumicello, Arienzo, San Pietro, Laurito dan Remmese. Baca juga : Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 9 • Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1
Jenis-Jenis teks pada bacaan Bahasa Indonesia terdiri dari beberapa macam bacaan.

Setidaknya ada tujuh jenis-jenis teks pada bacaan Bahasa Indonesia. Ketujuh jenis-jenis teks tersebbbut antara lain meliputi teks narasi, deskripsi, eksposisi, eksplanasi, persuasi, argumentasi, serta teks laporan hasil observasi.

Setiap jenis-jenis teks tersebut memiliki karakteristik atau ciri-ciri yang menjadi pembeda antara satu jenis teks dengan jenis-jenis teks pada bacaan Bahasa Indonesia lainnya. Karakteristik atau ciri-ciri teks menjadikan bacaan tersebut dapat dikenali termasuk jenis-jenis teks apa. Bacaan dengan jenis-jenis teks tertentu digunakan pada karya tulis yang berbeda.

Misalnya teks narasi yang digunakan pada bacaan dogeng, contoh lainnya adalah teks deskripsi untuk memberikan keterangan mengenai kondisi suatu tempat.

Jenis-jenis teks lainnya digunakan pada karya tulis yang berbeda-beda. Table of Contents • 1) Teks Narasi • 2) Teks Deskripsi • 3) Teks Eksposisi • 4) Teks Eksplanasi • 5) Teks Persuasi • 6) Teks Argumentasi • 7) Teks Laporan 1) Teks Narasi Teks narasi adalah karya tulis yang menceritakan atau menjelaskan suatu peristiwa secara detail berdasarkan urutan waktu.

Cerita atau karangan yang dibuat dalam teks narasi dapat berupa kejadian yang benar-benar terjadi/nyata (non fiksi) atau bisa juga hanya berupa imajinasi (fiksi). Bacaan berbentuk narasi yang berupa kejadian nyata (non fiksi) dapat berupa runtutan suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi sesungguhnya dan dikemas dalam sebuah cerita. Peristiwa atau kejadian tersebut dapat berupa kejadian yang dialami oleh pencerita atau bisa juga kejadian yang diamati oleh pencerita.

Contoh teks narasi yang berbentuk non fiksi adalah biografi atau kisah hidup dari seorang tokoh (public figure). Cerita yang berupa imajinasi atau fiksi adalah karya tulis berupa cerita yang merupakan hasil imajinasi pengarang. Contoh teks narasi yang bersifat fiksi diantaranya adalah roman, novel, cerpen, dan drama.

Baca Juga: Contoh Teks Narasi 2) Teks Deskripsi Teks deskripsi adalah karya tulis yang disusun dengan cara menggambarkan benda, objek, tempat, atau peristiwa secara jelas. Topik atau tema yang digambarkan melalui teks deskripsi dilakukan dengan memanfaatkan panca indra yang dimiliki oleh penulis.

Misalnya kalimat: Buah tomat yang baru saja dibeli ibu berwarna merah dan kulit buahnya halus. Kalimat tersebut memberikan bayangan kepada pembacanya bahwa buah tomat yang baru dibeli ibu memiliki warna merah dan permukaan kulitnya halus. Melalui teks deskripsi, pembaca seperti dapat merasakan sendiri secara langsung apa yang diberikan dalam alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah.

Contoh teks deskripsi dapat dilihat melalui halaman ini. 3) Teks Eksposisi Teks eksposisi adalah karya tulis yang menyajikan gagasan/pendapat penulis yang disertai fakta dan alasan-alasan logis.

Teks eksposisi disusun dari dua unsur utama. Kedua unsur utama penyusun teks eksposisi tersebut adalah pendapat dan fakta. Kejadian sebenarnya disajikan dalam kalimat fakta. Sedangkan alasan-alasan logis disajikan dalam kalimat opini/pendapat.

Gagasan adalah pernyataan berupa ide atau pendapat yang menyatakan komentar pribadi, penilaian, saran, dorongan, atau bujukan. Fakta adalah pernyataan yang memberikan keterangan tentang kejadian yang sebenarnya terjadi. Dalam teks eksposisi, kalimat fakta digunakan untuk memperkuat opini atau pendapat. Alasan-alasan logis dari gagasan opini penulis, dapat digunakan untuk mengevaluasi, mengklarifikasi, atau membuktikan kebenaran dari suatu permasalahan.

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi 4) Teks Eksplanasi Teks eksplanasi sering digunakan untuk menuliskan bacaan yang bersifat ilmiah. Contoh karya tulis yang disajikan dalam bentuk eksplanasi adalah bacaan yang menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena alam atau fenomena sosial.

Ringkasnya, teks eksplanasi dapat diartikan sebagai teks yang berisi penjelasan-penjelasan tentang proses mengapa dan bagaimana dari suatu topik yang berhubungan dengan fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan kita setiap harinya. Contoh teks eksplanasi berupa fenomena alam misalnya adalah proses turunnya hujan, terjadinya banjir, dan proses gunung meletus. Contoh teks eksplanasi berupa fenomena sosial misalnya tidak meratanya kualitas pendidikan di Indonesia, kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya membuang sampah di sungai, dan dampak dari kenaikan nilai dolar.

Baca Juga: Contoh Teks Eksplanasi 5) Teks Persuasi Pengertian teks persuasi adalah karya tulis berupa ajakan atau bujukan kepada pembacanya agar melakukan atau mengikuti isi dalam teks persuasi yang telah dibuat. Penulis membuat teks persuasi untuk meyakinkan pembaca agar terpengaruh bacaan sehingga memiliki pemikiran yang sama. Harapannya, pembaca akan mengikuti dan melakukan apa yang sudah dituliskan oleh penulis di dalam teks persuasi. Biasanya, isi tulisan pada teks persuasi bersifat subjektif.

Isi bacaan dibuat dari sudut pandang pribadi penulisnya. Di dalam bacaan juga disertakan data – data pendukung atau bukti untuk meyakinkan pembaca. Dalam membuat teks persuasi perlu memperhatikan pemilihan kata, kemampuan mengolah emosi, dan data/bukti.

Pemilihan kata: kata-kata yang digunakan untuk menyusun paragraf dalam teks persuasi haruslah menarik. Kalimat yang disusun dengan menarik akan lebih meninggalkan kesan yang baik untuk pembacanya.

Kemampuan mengolah emosi: pemilihan kata yang menarik pada poin di atas dapat digunakan. Rangkaian kata untuk menyusun teks persuasi sebaiknya dibuat dengan baik sehingga emosi dapat tersampaikan kepada pembaca. Adanya data, bukti, dan fakta: adanya komponen ini akan memperkuat gagasan yang ditulis dalam teks persuasi.

Baca Juga: Contoh Teks Persuasi 6) Teks Argumentasi Teks argumentasi adalah karya tulis berupa pengembangan paragraf yang bertujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca agar memiliki pemikiran yang sama dengan penulis. Penulisan teks argumentasi dapat berupa ide, gagasan, pendapat dengan disertai analogi. Misalnya pada penjelasan argumen/pendapat yang kuat sehingga membuat pembaca terpengaruh dengan isi yang ada dalam bacaan. Ide pokok paragraf argumentasi bisanya berupa pendapat, ide, atau gagasan penulis.

Kemudian ide pokok tersebut diperluas yang menyertakan ulasan pendapat dilengkapi dengan alasan logis. Baca Juga: Contoh Teks Argumentasi 7) Teks Laporan Teks laporan biasanya digunakan untuk menyampaikan hasil percobaan atau observasi dalam suatu kegiatan penelitian. Arti laporan sendiri merupakan sesuatu yang disampaikan kepada orang lain, biasanya seseorang yang memberi tugas.

Sehingga, teks laporan dapat juga dikatakan sebagai sesuatu yang disampaikan kepada orang lain melalui bentuk tulisan. Teks laporan hasil percobaan atau praktikum dibuat setelah melakukan uji coba yang biasa dilakukan pada kegiatan ilmiah.

Teks laporan hasil observasi mengikuti struktur teks laporan yang memuat tujuan dan isi dari suatu kegiatan yang dilakukan. Contoh alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah teks laporan hasil observasi terdapat pada laporan kegiatan kunjungan ke museum atau tempat-tempat penting lainnya Teks deskripsi adalah teks yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca.

Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut. Teks deskripsi dapat ditemukan di buku yang berisi informasi perjalanan, dalam film atau cerpen, majalah perjalanan, dan program televisi tentang jalan-jalan. Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/ perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan.

Sedangkan objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu.

alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

Jenis Teks Deskripsi Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dll). A. Teks Deskripsi Berdiri Sendiri Teks deskripsi yang berdiri sendiri merupakan teks yang mendeskripsikan benda atau manusia secara tersendiri dan bukan menjadi bagian dari teks yang lain. Sebagai contoh teks deskripsi yang bersiri sendiri adalah seperti di bawah ini.

Teks Deskripsi tentang Kelinci Kelinci adalah hewan yang umum dijumpai di peternakan, masyarakat indonesia sendiri telah mengenal kelinci sejak abad 18. Pada tahun 1972 ditemukanlah kelinci lucu yang pertama di indonesia tepatnya di pulau sumatra. Kelinci tergolong kedalam kelas mamalia yang artinya memiliki darah panas yang mana berkembang.biak dengan cara beranak atau melahirkan. dalam sekali berkembang biak kelinci dapat menghasilkan 4 ekor anak sekaligus.

keistimewaan dari kelinci adalah gigi mereka kan terus tumbuh selama mera masih hidup Sebenarnya kelinci dapat ditemukan di berbagai belahan dunia seperti di benua eropa dan afrika, Hewan lucu nan menggemaskan ini memiliki habitat dan tempat tinggal di hutan hujan dan sabana.

namun pada abad ini kelinci juga sudah mulai dibudidayakan untuk diambil manfaatnya. Secara umum kelinci dapat dibagi menjadi dua jenis yakni. Kelinci liar dan kelinci hias atau peiharaan.

Sedangkan menurut rasnya kelinci dapat dibagi menjadi berbagai jenis seperti anggora, marmut, australian dan lain sebagainya. B. Teks Deskripsi yang Menjadi Bagian dari Teks yang lain Teks deskripsi yang menjadi bagian dari teks yang lain merupakan teks deskripsi yang terdapat pada bagian teks yang lain, misalnya saja dalam sebuah novel.

Teks deskripsi dalam novel tentang seorang tokoh membantu penulis memberikan gambaran watak alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah karakter tokoh. Misalnya JRR. Tolkien memberikan satu contoh yang baik sekali untuk mendeskripsikan karakter tokoh Bilbo. Mari kita cermati salah satu paragrafnya. (Deskripsi ini diambil dari karya JRR. Tolkien, The Lord of The Ring: The Fellowship of The Ring edisi terjemahan Bahasa Indonesia) Bilbo kaya raya dan berwatak aneh.

alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

Selama enam puluh tahun ia menjadi keajaiban di wilayah Shire, semenjak ia menghilang dan mendadak kembali lagi. Harta kekayaan yang dibawanya dari lawatannya kini sudah menjadi legenda setempat, dan penduduk di sana percaya, meski apapun yang dikatakan orang-orang tua, bahwa Bukit di Bag End penuh dengan terowongan-terowongan yang tumpah-ruah oleh harta karun. Dan bukan kekayaan itu saja yang membuat Bilbo tersohor, tetapi juga umur panjangnya menimbulkan kekaguman.

Perjalanan waktu kelihatannya tidak banyak pengaruhnya pada Mr. Baggins. Di usia sembilan puluh, ia hampir sama saja dengan waktu berusia lima puluh. Ketika usianya menginjak sembilan puluh sembilan, mereka menyebutnya awet muda; namun mungkin lebih tepat dikatakan ia tak berubah. Beberapa orang menggelengkan kepala dan menganggap ini terlalu berlebihan; rasanya tidak adil bahwa ada orang yang (kelihatannya) bisa terus awet muda dan (kabarnya) punya kekayaan tak terhingga.

(Tolkien, 2003: 33) Itulah dua buah contoh teks deskripsi berdasarkan bentuknya. Jadi berdasarkan bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua yaitu teks deskripsi yang berdiri sendiri dan teks deskripsi yang menjadi bagian dari teks yang lain.
Alasan teks di atas, termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah .

A. karena objek yang dideskripsikan mengandung pendapat personal. B. karena teks deskripsi tersebut menjadi bagian dari teks lainnya. C. karena teks deskripsi tersebut berisi perincian bagian-bagian objek. D. karena teks deskripsi tersebut menggambarkan objek secara subjektif​ Tolong bantu jawab beserta keterangannya :)
Hi Quipperian!

Ketika membaca sebuah tulisan, pernahkah kamu menemukan informasi yang dijelaskan secara mendalam dan mendetail? Saat membaca sebuah novel misalnya, umumnya pada bab awal, sosok protagonis akan digambarkan secara terperinci mulai dari nama, usia hingga perawakan dan sifatnya.

Selintas pernahkah terpikirkan oleh kamu, mengapa informasi tersebut harus dipaparkan secara mendetail seperti itu, ya? Agar kamu tidak terus bertanya-tanya, yuk kenalan lebih intim lagi dengan jenis tulisan satu ini. Sabtu di Sebuah Kedai Kopi Pengertian Teks Deskripsi Dalam pelajaran bahasa Indonesia, jenis tulisan yang memiliki informasi yang lengkap dan terperinci dengan maksud memberikan gambaran yang jelas mengenai suatu topik sering disebut sebagai teks deskripsi.

Seperti namanya, teks deskripsi memberikan pemaparan yang menggambarkan situasi, objek, atau tempat secara sangat mendalam sehingga pembacanya bisa mendapatkan keterangan yang jelas. Pada akhirnya, tujuan dari teks ini agar gambaran tentang suatu hal yang ingin disampaikan oleh penulis tersampaikan kepada pembacanya.

Meski terkadang terlihat berlebihan, namun masing-masing penulis memiliki caranya masing-masing untuk memberikan gambaran secara menyeluruh kepada pembacanya melalui teks deskripsi. Dengan demikian, penulis memang harus menjelaskan sesuatu sedetail dan sekonkret mungkin sehingga membuat isi kalimat dalam teks terlihat sangat banyak. Teks deskripsi dalam perspektif yang lain juga bisa diartikan sebagai penjabaran secara subjektif karena bersifat personal.

Tak heran, jika gerakan kecil, bentuk suatu objek hingga unsur emosi disematkan agar pembaca bisa merasa atau melihat sesuatu dari sudut pandangan penulis. Struktur Teks Deskripsi Untuk memberikan gambaran yang lebih luas melalui teks kepada pembaca, penulis harus memperhatikan beberapa struktur yang dijabarkan sebagai berikut: 1. Identifikasi Saat membuat teks deskripsi, penting untuk menyematkan hal-hal yang berhubungan dengan topik yang dibahas.

Kegiatan ini disebut dengan proses identifikasi dimana penulis biasanya mulai menentukan situasi, orang dan benda yang ingin diceritakan kepada pembacanya. 2. Klasifikasi Setelah mendapatkan objek dan situasi yang ingin diidentifikasi, berikutnya penulis akan menentukan cara penyampaian pesan. Pada proses ini, penulis akan mulai menyusun kalimat secara sistematis agar pembaca lebih mudah membayangkan maksud dari penulis.

3. Deskripsi Setelah melakukan deskripsi dan klasifikasi, penulis akan memaparkan topik dengan cara memberikan gambaran yang mendetail pada bagian-bagian yang ingin dibahas. Dengan demikian, pesan yang dituliskan lebih mudah dimengerti oleh pembacanya.

alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

Ciri-Ciri Teks Deskripsi Bukankah semua jenis teks bersifat menerangkan suatu hal, ya? Belum tentu! Ada beberapa indikator yang membedakan teks deskripsi dan jenis-jenis teks lain seperti teks narasi, teks eksposisi, dan teks eksplanasi. Berikut ciri-ciri sesuai dengan penggunaan bahasanya. • Memberikan gambaran tentang topik • Gambaran mengenai topik tersebut termasuk di dalamnya situasi, orang, barang, hingga hal-hal abstrak • Menjelaskan topik secara sangat mendetail seperti bentuk, ukuran, warna, sifat, perawakan, hingga pergerakannya • Tulisan umumnya bersifat subjektif karena merupakan pandangan personal penulis • Tujuan dari penggambaran topik tersebut agar pembaca melihat dan merasakan sesuatu dari sudut pandang penulis • Kalimat menggunakan banyak kata sifat alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah lebih spesifik untuk memberikan gambaran kuantitas, urutan, kualitas hingga penekan suatu kata • Menambahkan banyak kata keterangan mulai dari keterangan tempat, waktu, alat, pelaku hingga cara • Pemaparan melalui kata-kata seringkali menggunakan kata kiasan, konotasi dan majas Jenis Teks Deskripsi Nah, dalam kajian bahasa Indonesia, teks deskripsi juga dibedakan atas beberapa jenis tergantung dari tujuan dan objeknya, lho.

1. Berdasarkan Tujuannya Berdasarkan tujuannya, terbagi atas: a. Teks Deskriptif Eksplanatori Teks deskripsi jenis ini umumnya memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai sesuatu hal yang umumnya sudah sering ditemui oleh pembaca misalnya memberikan penjelasan mengenai objek, tempat dan keadaan tertentu.

b. Teks Deskriptif Sugestif Teks deskripsi jenis ini bertujuan agar pembaca menciptakan imajinasinya sendiri tentang objek, tempat dan keadaan tertentu sehingga interpretasi terhadap suatu topik bisa jadi sangat subjektif. 2. Berdasarkan Objeknya Sementara itu, jika dilihat dari objeknya, dibedakan menjadi tiga yakni: a. Teks deskripsi subjektif Penggambaran objek menurut sudut pandangan penulis. b. Teks deskripsi spasial Penggambaran objek berupa tempat, benda, ruang, dan lainnya.

c. Teks deskripsi objektif Penggambaran objek berdasarkan situasi yang benar terjadi tanpa menambahkan opini penulis. Contoh Teks Deskripsi Berikut ini akan diberikan contoh teks deskripsi dengan jenis teks eksplanatori dari sisi tujuannya, dan teks deskripsi spasial berdasarkan objeknya. Sabtu di Sebuah Kedai Kopi Aku melihat sebuah kedai kopi kecil di pinggiran kota di Solo.

Berlokasi di sebuah ruko dengan cat warna dominan cokelat muda, kedai kopi ini memang sudah terlihat tua tanpa ada sentuhan modernitas. Alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah, memang tidak ada yang istimewa dari arsitektur ataupun dekorasi dari café ini.

Kedai kopi ini tidak banyak menyediakan menu minuman apalagi makanan kecil. Maklum, tempatnya juga tidak terlalu luas dan pegawai yang dipekerjakan hanya berjumlah tiga orang yang terlihat sudah berumur. Di depan meja kasir terpampang papan kayu dengan tulisan ‘Hanya Menerima Pembayaran Tunai’. Benar saja tidak ada mesin pembayaran digital, karena kasirnya pun hanya menggunakan laci kayu sebagai tempat penyimpanan uangnya.

Tetapi, entah kenapa, masih banyak bapak-bapak yang nongkrong dengan santainya di kedai kopi tersebut. Dulu, tempat ini seringkali menjadi saksi kebersamaanku dengan mendiang ayah setiap sabtu pagi.

Masih segar di dalam ingatkanku, ayah akan selalu memesan kopi timika favoritnya di tempat ini. Sembari menemaninya membaca koran dan menyeruput kopi pada meja di sudut ruangan, aku juga terpaku dengan konsol nintendo di tanganku.

Ah, kenangan itu. Quipperian, contoh di atas mengandung ciri-ciri teks deskripsi yakni memberikan gambaran tentang suatu topik yakni kedai kopi kecil dengan penjelasan yang mendetail seperti keterangan tempat di kota Solo, berbentuk ruko, arsitektur yang kuno hingga gambaran mengenai meja kasirnya. Adapun, teks di atas menambahkan gambaran yang sangat subjektif di mana penulis melihat kedai kopi tersebut sangat terkesan baginya karena meninggalkan memori bersama ayahnya.

Menarik sekali ya membahas tentang karya tulis, Quipperian! Semoga saja tulisan ini bisa menambah wawasan kamu dalam hal mengidentifikasi jenis tulisan dalam karya sastra berbahasa Indonesia. Sebenarnya, banyak sekali lho penjelasan yang berhubungan dengan pelajaran bahasa Indonesia yang bisa diakses melalui Quipper Video.

Kamu juga bisa belajar didampingi dengan profesional di bidangnya hanya dengan subscribe channel ini. Yuk bisa yuk, jadi pinter bareng Quipper! [spoiler title=SUMBER] • sumber.belajar.kemdikbud.go.id/ • unikastpaulus.ac.id/ • eprints.unm.ac.id/[/spoiler] Surat Niaga – Bahasa Indonesia Kelas 11 Februari 15, 2022 Afiks – Arti dan Jenis Afiks Desember 28, 2021 Surat Pribadi – Pengertian, Ciri, Jenis, dan Cara. Agustus 4, 2021 Fabel – Pengertian, Struktur, Jenis, dan Contoh April 20, 2021 Puisi Rakyat – Pengertian, Jenis, dan Contohnya April 20, 2021 12 Contoh Teks Narasi, Lengkap dengan Pembahasannya April 20, 2021Daftar Isi : • Jenis Teks Deskripsi • Struktur Teks Deskripsi • 1.

Identifikasi • 2. Klasifikasi • 3. Deskripsi Bagian • 4. Penutup • Ciri-Ciri Teks Deskripsi • Langkah-langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi • Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi • Contoh Teks Deskripsi • Share this: • Related posts: Jenis Teks Deskripsi Teks deskripsi dapat dibagi menjadi tiga jenis.

Adapun beberapa jenis teks tersebut adalah sebagai berikut: • Deskripsi subyektif, Jenis paragraf yang menggambarkan atau memaparkan objek berdasarkan kesan atau pengalaman penulis. • Deskripsi Spatial, sejenis paragraf yang menjelaskan atau memaparkan suatu objek hanya dalam bentuk tempat, ruangan atau objek.

alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

• Deskripsi obyektif, Jenis paragraf yang menggambarkan atau memaparkan objek sesuai dengan situasi aktual, tanpa tindakan atau maksud penulis untuk melakukannya. Struktur Teks Deskripsi Ada 4 struktur yang membentuk teks deskripsi, sehingga menjadi satu keutuhan.

Nah dibawah ini merupakan 4 struktur tersebut antara lain sebagai berikut: 1. Identifikasi Penentu identitas seseorang, benda dan sebagainya. 2. Klasifikasi Pengaturan sistematis dalam suatu kelompok sesuai dengan aturan atau standar yang ditetapkan.

3. Deskripsi Bagian Bagian teks yang berisi deskripsi bagian-bagian dalam teks atau yang lebih sederhana, deskripsi bagian ini adalah klasifikasi yang dijelaskan secara lebih rinci dengan memberikan gambar yang jelas.

4. Penutup Kesimpulan atau penegasan hal-hal yang penting. Ciri-Ciri Teks Deskripsi Jenis teks ini memiliki fitur khusus sehingga dapat dengan mudah dibedakan dari jenis teks lainnya. Teks Deskripsi memiliki ciri sebagai berikut: • Dalam Teks Deskripsi ada deskripsi objek seperti objek, lokasi, atau atmosfer tertentu. • Paragraf ini menjelaskan objek atau peristiwa secara rinci dengan mempertimbangkan kesan panca indera (melihat, mendengar, mencicipi, mencium dan menyentuh).

• Dalam teks ini, Anda akan menemukan deskripsi terperinci tentang sifat fisik suatu objek. Misalnya ukuran, bentuk, warna dan properti lainnya. • Jenis teks ini sering menggunakan kalimat dengan kata sifat atau makna rumit.

• Jenis teks ini dapat membuat pembaca merasa seperti mereka secara langsung berbagi informasi yang dijelaskan dalam teks. Langkah-langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi • Tentukan topik (objek yang akan dibahas). • Tentukan tujuan. • Kumpulkan fakta atau data dan lakukan pengamatan atau pengamatan langsung pada topik yang akan dibahas.

• Atur data yang dikumpulkan dalam suatu skema. • Kemudian gambarkan alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah besar esai dalam teks deskriptif yang disesuaikan dengan topik dengan data dan fakta. Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi Berikut ini merupakan kaidah kebahasaan mengenai teks deskripsi antara lain sebagai berikut : • Menggunakan nama sesuai dengan topik yang dijelaskan.

Seperti: rumah sakit, rumah, mobilku, dll. • Menggunakan frasa yang mengandung nama. Contohnya yaitu beliau ialah seorang Kepala Lab yang baik hati, dll. • Mengandung kata sifat, sifat yang menggambarkan sesuatu. Seperti: dua siswa pekerja keras, tiga kaus kaki putih, dll.

• Berisi kata kerja transitif untuk memberikan informasi tentang topik gadis berseragam coklat dll. • Berisi kata kerja (perasaan, pendapat) untuk mengekspresikan visi pribadi penulis tentang suatu subjek.

Saya pikir ini ayam yang cerdas, saya yakin itu murah, dll. • Berisi kata keterangan untuk informasi tambahan tentang suatu objek. Seperti: cepat atau lambat, di bar, di rumah sakit, dll. • Bahasa visual yang terkandung di dalamnya adalah metafora atau metafora. Seperti: kulit putih bersih seperti katun putih, dll. Contoh Teks Deskripsi Contoh teks deskripsi dalam Bahasa Indonesia Saya punya sepeda motor bernama Cepat.

Kerangkan nya berwarna merah dan biru, merah adalah warna dominan. Cepat ini memiliki dua spion untuk membantu anda bepergian. Cepat berbahan bakar pertalite tapi kadang juga menggunakan Pertamax. Sekian artikel tentang Teks Deskripsi ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>> • Multikultural Adalah • Tundra Adalah • Angin Adalah Related posts: • Termometer Adalah • Senam Irama Adalah • Typography Adalah Posted in Pendidikan Tagged Ciri-Ciri Teks Deskripsi, Contoh Teks Deskripsi, Deskripsi Bagian, Identifikasi, Jenis Teks Deskripsi, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi, Klasifikasi, Langkah-langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi, Pengertian Alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah Deskripsi, Penutup, Struktur Teks Deskripsi, Teks Deskripsi, Teks Deskripsi adalah Post navigation Artikel Terbaru • Ensefalopati Adalah • Ekonomi Makro Adalah • Miconazole Adalah • Hidroponik Adalah • Termometer Adalah • Senam Irama Adalah • Typography Adalah • Teks Eksplanasi Adalah • Combivent Adalah • Antalgin Adalah • Pelanggan Adalah • Gutasi Adalah • Epidermis Adalah • Tunjangan Adalah • Teller Adalah
• Deskripsi bagian adalah struktur teks deskripsi yang memuat deskripsi secara • Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi • Deskripsi umum adalah struktur teks deskripsi yang memuat definisi secara umum tentang • Ciri isi teks deskripsi yang terdapat pada teks tersebut adalah • Ciri-ciri teks deskripsi yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah • Berdasarkan ciri ciri tersebut yang termasuk ciri teks deskripsi adalah • Struktur bagian teks deskripsi yang berisi pengelompokan menurut jenis dalam teks disebut • Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri teks deskripsi adalah • Teks tersebut termasuk jenis teks eksplanasi yang menjelaskan proses terjadinya fenomena • Ciri teks deskripsi tersebut jika dipandang dari segi tujuannya adalah • Maha berdiri sendiri adalah arti dari asmaul husna • Berikut ini yang termasuk ciri-ciri teks deskripsi adalah • Dibawah ini yang termasuk ke dalam ciri-ciri teks deskripsi adalah • Pertanyaan berikut yang termasuk ciri-ciri teks deskripsi adalah • Dibawah ini yang termasuk ciri-ciri teks deskripsi adalah • Di bawah ini yang termasuk ciri teks deskripsi berdasarkan objek adalah .

alasan teks tersebut termasuk jenis teks deskripsi yang tidak berdiri sendiri adalah

• Pernyataan berikut yang termasuk ciri ciri teks deskripsi adalah • Paragraf yang isinya berupa pendapat atau sikap yang disertai dengan alasan alasan • Dalam struktur teks deskripsi terdapat pada bagian apakah paragraf tersebut • Ali berdiri di sebuah ruangan besar dan budi berdiri di tengah sawah jauh dari kampung mereka sama

TEKS DESKRIPSI BAHASA INDONESIA KELAS 7 (PART 2) - JENIS TEKS DESKRIPSI DAN PENGGUNAAN BAHASA




2022 www.videocon.com