Apa itu aturan bubble dalam sepak bola

apa itu aturan bubble dalam sepak bola

Dokumentasi: Instagram PSSI Tim Nasional Indonesia sudah dapat dipastikan gagal membawa pulang juara Piala AFF 2020Â ke Tanah Air, empat pemain Squad Garuda tidak diperbolehkan mengikuti laga puncak melawan Thailand, keempat pemain Timnas tersebut diklaim pemerintah Singapura telah melanggar aturan bubble.

apa itu aturan bubble dalam sepak bola

Keempat pemain Timnas yang diklaim melanggar aturan bubble dan tidak diperbolehkan mengikuti puncak AFF tersebut diantaranya, Elkan Baggot, Rizky Ridho, Victor Igbonefo dan Rizky Dwi Febrianto.

Pemerintah Singapura mengeluarkan larangan tampil mengikuti pertandingan leg kedua final piala AFF 2020 tersebut sehari sebelum pertandingan. Sebelum membahas mengenai mengapa pemerintah Singapura mengklaim 4 pemain Timnas telah melanggar bubble, yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah apa itu bubble dalam sepak bola?

Bubble adalah gelembung jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia. Sejak pandemi Covid-19 beberapa negara telah menerapkan aturan bubble atau travel bubble. Travel bubble ini merupakan kebijakan membuka perbatasan negara secara terbatas dengan beberapa negara saja. Aturan bubble tersebut telah diterapkan pemerintah Singapura saat pandemic, salah satunya yaitu aturan travel bubble dengan Hong Kong.

Suara.com - Timnas Indonesia dipastikan gagal meraih gelar juara Piala AFF 2020 usai kalah dari Thailand dengan agregat 6-2. Yang menjadi masalah, ada empat pemain skuad Garuda dilarang tampil di laga puncak tadi malam, satu di antaranya adalah Elkan Baggot. Larangan tampil di laga leg kedua final Piala AFF itu dikeluarkan oleh pemerintah Singapura, sehari jelang pertandingan.

apa itu aturan bubble dalam sepak bola

Selain Elkan Baggot, tiga pemain lainnya adalah Rizky Ridho, Victor Igbonefo dan Rizky Dwi Febrianto. Keempatnya diklaim pemerintah Singapura telah melanggar aturan bubble, apa itu? Berdasarkan kamus online, terjemahan bubble dalam bahasa Indonesia adalah gelembung. Melansir laman VOA, semenjak pandemi Covid-19 melanda, sejumlah negara menerapkan aturan bubble atau travel bubble. Travel bubble adalah kebijakan membuka perbatasan negara secara terbatas dengan satu negara atau beberapa negara saja.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gagal Juara Piala AFF 2020, Jokowi Apa itu aturan bubble dalam sepak bola Bangga Perjuangan Skuad Garuda Aturan bubble ini juga sudah diterapkan oleh pemerintah Singapura saat pandemi. Salah satunya adalah aturan travel bubble dengan Hong Kong. Dalam konteks pandemi, salah satu tujuan aturan travel bubble adalah demi menggairahkan kembali perekonomian lintas negara.

Termasuk juga mendatangkan wisatawan mancanegara. Aturan Bubble Di Piala AFF 2020 Pemain timnas Indonesia Ricky Kambuaya (kanan) merayakan golnya pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022.Roslan RAHMAN / AFP.

Dalam istilah olahraga, aturan bubble digunakan sebagai protokol kesehatan yang diterapkan dalam sebuah kompetisi atau liga olahraga selama pandemi Covid-19. Aturan bubble ini diterapkan, setiap tim diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan ketat selama masa kompetisi AFF 2020 di Singapura.
Apa Itu Aturan Bubble? 4 Pemain Timnas Indonesia Dilarang Tampil di Final Leg 2 Piala AFF 2020 TRIBUNJATENG.COM - Apa itu aturan bubble? Empat pemain timnas Indonesia dianggap langgar aturan sehingga batal tampil di final leg 2 piala AFF 2020.

apa itu aturan bubble dalam sepak bola

Pada laga final leg 2 piala AFF, Sabtu (1/1/2022) empat pemain Timnas Indonesia terpaksa tidak bisa tampil. Pemerintah Singapura melalui Kepala Singapore Sport Institute, Su Chun Wei mengirimkan email kepada PSSI pada Jumat, 31 Desember 2021.

Menerangkan jika empat pemain Timnas Indonesia yakni Elkan Baggott, Victor Igbonefo, Rizky Dwi dan Rizky Ridho dilarang tampil pada final leg kedua Piala AFF 2020 melawan Timnas Thailand. Alasannya karena keempat pemain Timnas Indonesia dianggap melanggap aturan bubble. Apa Itu Aturan Bubble? Dalam istilah olahraga, aturan bubble digunakan sebagai protokol kesehatan.

AFP/ROSLAN RAHMANPara pemain Timnas Indonesia berpose menjelang pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022) malam WIB. Thailand sukses keluar sebagai juara Piala AFF 2020 setelah pada laga final leg kedua melawan Indonesia berakhir imbang 2-2 dan menang dengan keunggulan agregat 6-2. KOMPAS.com - Empat pemain timnas Indonesia tak bisa tampil pada leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Thailand.

apa itu aturan bubble dalam sepak bola

Keempat anggota skuad Garuda itu tidak bisa bermain karena melanggar aturan bubble yang diterapkan selama turnamen berlangsung. Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Thailand pada leg kedua final Piala AFF 2020 yang digelar di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

Hasil sama kuat 2-2 tersebut tidak cukup bagi timnas Indonesia untuk membalikkan keadaan.

apa itu aturan bubble dalam sepak bola

Sebab, pada leg pertama, Garuda kalah telak 0-4. Thailand pun berhasil menjadi juara Piala AFF 2020 dengan kemenangan agregat 6-2 atas timnas Indonesia.

Di balik keberhasilan Thailand menjuarai Piala AFF 2020, ada masalah non-teknis yang dialami skuad Garuda. Empat pemain timnas Indonesia yakni Victor Igbonefo, Elkan Baggott, Rizky Ridho, dan Rizky Dwi Febrianto dilarang tampil pada leg kedua final Piala AFF 2020. Baca juga: Breaking News, 4 Pemain Timnas Indonesia Dilarang Tampil Lawan Thailand! Menurut Sekjen PSSI Yunus Nusi, keempat pemain tersebut tidak bisa membela timnas Indonesia di leg apa itu aturan bubble dalam sepak bola final Piala AFF 2020 melawan Thailand karena karena melanggar aturan bubble.

Dalam keterangannya, Yunus Nusi mengakui bahwa Elkan Baggott, Victor Igbonefo, Rizky Dwi, dan Rizky Ridho, memang sempat melanggar aturan bubble yang diterapkan selama kejuaraan sepak bola Piala AFF 2020 berlangsung. Namun, pelanggaran itu sudah selesai karena PSSI sudah membayar denda ke AFF sesuai dengan aturan yang berlaku. "Kita tidak habis pikir dengan pemerintah Singapura terkait kejadian ini. Kami sudah mendapatkan denda dari AFF karena empat pemain tersebut melanggar aturan bubble pada 23 Desember lalu," kata Yunus Nusi.

Berita Terkait Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Tinggalkan Kesan Positif, Menpora Optimistis Meski Indonesia Tak Juara Piala AFF 2020, PSSI Pastikan Shin Tae-yong Aman Shin Tae-yong Akui Striker Jadi Kelemahan Timnas Indonesia di Piala AFF Shin Tae-yong Yakin Indonesia Bisa Juara di Edisi Piala AFF Mendatang 4 Pemain Indonesia Dilarang Main Lawan Thailand, Ini Kata Shin Tae-yong Berita Terkait Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Tinggalkan Kesan Positif, Menpora Optimistis Meski Indonesia Tak Juara Piala AFF 2020, PSSI Pastikan Shin Tae-yong Aman Shin Tae-yong Akui Striker Jadi Kelemahan Timnas Indonesia di Piala AFF Shin Tae-yong Yakin Indonesia Bisa Juara di Edisi Piala AFF Mendatang 4 Pemain Indonesia Dilarang Main Lawan Thailand, Ini Kata Shin Tae-yong Rapor Barisan Striker Indonesia di Piala AFF 2020, Titik Lemah Garuda https://bola.kompas.com/read/2022/01/02/09000038/rapor-barisan-striker-indonesia-di-piala-aff-2020-titik-lemah-garuda https://asset.kompas.com/crops/LgW2AnmnPmcrwj1-1fJErab2G7c=/0x0:898x599/195x98/data/photo/2021/12/25/61c7133c46e0d.jpg
Travel bubble ini bertujuan untuk membangkitkan kembali perekonomian lintas negara seperti mendatangkan Kembali wisatawan mancanegara selama masa pandemic.

Istilah bubble adalah dalam sepak bola digunakan sebagai protokol kesehatan dalam kompetisi atau liga olahraga selama masa pandemic covid-19.

apa itu aturan bubble dalam sepak bola

Adapun aturan bubble yakni setiap pemain diwajibkan untuk mematuhi protocol Kesehatan ketat selama kompetisi AFF 2020 di Singapura. Sehingga pergerakan dibatasi dari setiap tim, baik itu pelatih, pemain, bahkan staff dan official selama AFF 2020 berlangsung, setiap yang terlibat dalam laga final AFF tidak diperbolehkan keluyuran, pihak terkait harus menetap dalam jangkauan area tertentu untuk mencegah penularan Covid-19.

Terkait hukuman yang diberikan ke keempat pemain Timnas usai melanggar aturan bubble karena sempat meninggalkan Kawasan hotel, Elkan Baggot membuka suara dan membantah sengaja melanggar aturan bubble. Menurut Elkan Baggot lewat story yang dibagikannya di Instagram bahwa ada miskomunikasi yang terjadi. Elkan Baggot menyatakan bahwa official Timnas Indonesia mengatakan bahwa tim diperbolehkan untuk keluar hotel serta berjalan-jalan untuk mendapatkan udara segar dan juga membeli kebutuhan dasar.

Meski kecewa, namun Elkan Baggot beserta ketiga rekannya tetap mendukung Timnas walau Squad Garuda hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Thailand. Artikel menarik lainnya: Hadiah Piala AFF 2020 yang Diterima Indonesia, Jadi Runner-Up Jelang Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand Hasil Persija Jakarta vs Persela Lamongan 2-1 Bawa Persija ke Posisi ke-6
TRIBUNJATENG.COM - Sejumlah empat pemain Timnas Indonesia dilarang tampil pada leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Thailand, karena melanggar sistem bubble.

Keempat anggota skuad Garuda itu tidak bisa bermain karena melanggar aturan bubble yang diterapkan selama turnamen berlangsung. Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Thailand pada leg kedua final Piala AFF 2020 yang digelar di National Stadium, Singapura, Apa itu aturan bubble dalam sepak bola (1/1/2022) malam WIB.

Baca juga: Catatan Final Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Mengulangi Pelajaran hingga Jilid 6 Hasil sama kuat 2-2 tersebut tidak cukup bagi timnas Indonesia untuk membalikkan keadaan. Sebab, pada leg pertama, Garuda kalah telak 0-4. Thailand pun berhasil menjadi juara Piala AFF 2020 dengan kemenangan agregat 6-2 atas timnas Indonesia.

Di balik keberhasilan Thailand menjuarai Piala AFF 2020, ada masalah non-teknis yang dialami skuad Garuda. Empat pemain timnas Indonesia yakni Victor Igbonefo, Elkan Baggott, Rizky Ridho, dan Rizky Dwi Febrianto dilarang tampil pada leg kedua final Piala AFF 2020. Menurut Sekjen PSSI Yunus Nusi, keempat pemain tersebut tidak bisa membela timnas Indonesia di leg kedua final Piala AFF 2020 melawan Thailand karena karena melanggar aturan bubble.Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia pada pertandingan sepak bola Grup B Piala AFF Suzuki 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura, Minggu (19/12/2021).

Indonesia berhasil menekuk Malaysia dengan skor 4-1 dan lolos ke semifinal. TRIBUNNEWS/PSSI TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Empat pemain Timnas Indonesia yakni Elkan Baggott, Victor Igbonefo, Rizky Dwi dan Rizky Ridho dilarang tampil pada final leg kedua Piala AFF 2020 yang bergulir sesaat lagi.

apa itu aturan bubble dalam sepak bola

Pemerintah Singapura melalui Kepala Singapore Sport Institute, Su Chun Wei mengirimkan email kepada PSSI pada Jumat (31/12/2021) disebabkan empat pemain tersebut melanggar aturan bubble.

Baca juga: Susunan Pemain Thailand Vs Indonesia, Pratama Arhan Kembali, Gajah Perang Andalkan Chanathip Starting eleven Timnas Indonesia dalam pertandingan Piala AFF 2021, dari kiri Rizky Ridho, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Fachruddin Aryanto, Ezra Walian, Ramai Rumakiek, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam (c) dan Nadeo Agrawinata. (Instagram @Rizkyridhoramadhani) “Kita tidak habis pikir dengan pemerintah Singapura terkait kejadian ini.

Kami sudah mendapatkan denda dari AFF karena empat pemain tersebut melanggar aturan bubble pada 23 Desember lalu. Kami sudah membayar denda itu. Kok sekarang secara mendadak mereka menghukum pemain dengan tidak boleh bermain nanti malam," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam keterangan resminya.

Yunus menegaskan aturan ini sangat aneh. Sebab, saat laga pertama (29/12)/2021 Elkan Baggott dan Rizky Ridho bisa bermain. Dua pemain lain juga tidak ada masalah. Baca juga: Shin Tae-yong Bisa Bikin Timnas Indonesia Jadi Tim Kuat Seperti Park Hang-seo Tangani Vietnam Pemain Timnas Indonesia Ricky Richardo Kambuaya (tengah) menguasai bola melewati Tristan Do (kiri) dan Weerathep Pomphun dari Timnas Thailand pada leg pertama pertandingan final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Indonesia dan Timnas Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021).

(Roslan RAHMAN/AFP). (AFP/ROSLAN RAHMAN) Baca juga: Blunder Shin Tae-yong Mainkan Edo Gantikan Arhan, Dieksploitasi Gelandang Kreatif Thailand Yunus pun mempertanyakan bahwa selama ini banyak kejadian tidak enak yang menimpa skuad Garuda selama di Singapura.

Hal tersebut seperti makanan yang tidak sesuai gizi dan porsi pemain, Elkan Baggott harus karantina saat sudah tiba dan bermain lawan Laos, dan lain-lain.

apa itu aturan bubble dalam sepak bola

Selain itu selama di Singapura, timnas Indonesia meski menjalani sistem bubble harus selantai dan berinteraksi dengan orang umum di Hotel Orchard tempat menginap. Tentu ini sama saja dengan tidak bubble. Bahkan panitia pertandingan juga tidak menggunakan konsep bubble. "Ini juga email tidak ada kop surat dan hanya ditulis badan email.

apa itu aturan bubble dalam sepak bola

Terus dikirim saat malam jelang pergantian tahun baru 2022. Apakah hal ini disengaja atau sesuai aturan. PSSI tentu tidak akan berdiam diri terkait ini. Timnas Indonesia banyak dirugikan selama gelaran Piala AFF 2020 di Singapura, kata Yunus. Baca juga: Link Live Streaming Thailand Vs Timnas Indonesia, Garuda Bisa Menang Tapi Jadi Juara Butuh Keajaiban Shin Tae-yong memarahi wasit dalam laga Indonesia vs Malaysia (19/12/2021).

(Bolanas.com) Baca juga: Shin Tae-yong Beberkan Komposisi Timnas U-23 Indonesia di Piala AFF U-23: Tanpa Egy, Elkan, Witan Terkait masalah ini, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sudah memerintahkan agar PSSI menulis surat banding kepada pemerintah Singapura.

Ofisial PSSI yang berada di Singapura seperti Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Direktur Teknik Indra Sjafri, Manager Sumardji pun bergerak cepat. Selain melakukan banding ke pemerintah Singapura, PSSI juga berkomunikasi dengan Sekjen AFF. Namun, hingga malam ini belum ada jawaban resmi dari pemerintah Singapura.

Bikin 4 Pemain Indonesia Absen di Leg 2 Final Piala AFF, Apa itu Sistem “Bubble”?




2022 www.videocon.com