Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah

salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah

Photo by Kristina Flour on Unsplash Sebagai seorang introvert seperti saya, membuat saya cenderung untuk dipahami sebagai seorang yang mudah untuk bisa menjadi pendengar. Itu adalah hal yang wajar Introversion memang lebih sering dipandang sebagai bentuk kepasifan dan menutup diri dibandingkan dengan extroversion yang lebih terbuka dan outgoing.

Pasif dan menjadi pendengar sering kali terdengar mudah. Cukup diam dan mendengarkan orang lain berbicara kemudian menimpali seperlunya. Tapi ternyata itu bukan hal yang mudah, sebab nyatanya menjadi pendengar yang efektif merupakan salah satu bentuk komunikasi yang baik.

Sebagai satu bagian tidak terpisahkan dari bicara efektif. Jika kebanyakan orang telah mengerti bagaimana berbicara efektif, tidak demikian dengan menjadi pendengar yang efektif. Kebanyakna orang mengira menjadi pendengar yang baik dan efektif adalah semata tentang: • Tidak berbicara saat orang lain berbicara • Membuat pembicara tahu bahwa kita sedang mendengarkan, melalui ekspresi wajah dan suara-suara verbal yang lirih seperti (hmm ya, atau semacamnya).

• Kemampuan untuk bisa mengulangi apa yang disampaikan oleh pembicara, bahkan persis setiap kata. Menariknya, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard Business Review (HBR), menjelaskan bahwa ketiga hal tadi bukanlah bentuk dari kemampuan mendengar yang baik. Berdasarkan riset yang dilakukan HBR, mereka menemukan bahwa pertama, pendengar yang baik dan efektif adalah mereka yang secara baik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bisa memantik inspirasi dan pemahaman.

Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan berusaha untuk bisa menantang asumsi lama. Namun dilakukan dengan cara yang konstruktif. Itu mengapa, duduk dan diam mendengarkan tidak serta merta membuktikan bahwa seseorang sedang mendengar.

Sebaliknya dengan memberikan pertanyaan yang baik akan memberi tahu pembicara bahwa pendengar tidak hanya mendengar apa yang disampaikan tetapi juga mampu memahami serta menginginkan informasi lebih.

Pendengar yang baik akan menciptakan atmosfer dialog dua arah, dan bukan satu arah. Sebuah interaksi yang sehat sehingga pesan dalam komunikasi dapat tersampaikan dengan baik dan aktif. Kedua, pendengar yang baik juga mampu untuk membangun rasa percaya diri seseorang. Itu artinya, para pendengar akan bisa mengevaluasi pengalaman perbincangan secara positif. Hal yang tentu tidak akan bisa terjadi jika pendengar merupakan orang yang pasif atau bahkan terlalu kritis.

Photo by Gradikaa on Unsplash Pendengar yang baik akan membuat pembicara merasa didukung dan percaya diri. Mereka juga akan memberikan masukan-masukan sebagai upaya konstruktif.

Namun bukan berarti pendengar harus setuju dengan apa yang disampaikan oleh pembicara. Kuncinya adalah tentang bagaimana pendengar bisa menciptakan suasana yang baik untuk mendiskusikan ide dan perbedaan secara terbuka.

Kemudian yang terakhir, menjadi pendengar yang baik akan membuat perbincangan semakin produktif karena timbal balik akan muncul secara alami. Sehingga salah satu pihak, baik pendengar ataupun pembicara tidak harus defensif akibat komentar pihak lawan bicara. Sementara pendengar yang buruk akan menjadi semacam lawan bagi pembicara.

Diamnya pendengar akan menjadi lawan yang berusaha untuk terus menjatuhkan pembicara. Sehingga pendengar terkesan tidak ingin saling membangun pemahaman. Kelakuan seperti ini hanya baik jika dilakukan di forum debat namun tidak jika dilakukan dalam sebuah diskusi ataupun percakapan. Contoh yang paling kentara dalam situasi ini adalah ketika kita membaca komentar-komentar para follower yang nyinyir di sosial media.

Dari ketiga hal di atas menggambarkan bagaimana seorang pendengar yang baik sejatinya adalah lebih seperti trampolin yang mampu untuk memberikan timbal balik atas ide-ide yang diberikan. Mereka memperkuat, memperjelas dan memberikan energi pada ide-ide yang disampaikan padanya. Sehingga mampu meninggikan pesan yang disampaikan, layaknya kita saat melompat tinggi di trampolin. Sementara sebaliknya, pendengar yang baik akan seperti spons yang menyerap tanpa memberikan timbal balik.

Menghisap ide dan bahkan menyedot energi dari pesan yang disampaikan. Kita bisa saja tenggelam di dalam spons itu dan tidak akan mampu keluar dengan selamat. Bagi saya, apa yang diungkapkan oleh HBR tersebut bukanlah hal yang mudah. Mengingat saya bukanlah seorang pembicara yang begitu aktif, sebagai introvert kemampuan untuk mendengar adalah kemampuan yang krusial. Sehingga meski memiliki karakter yang cenderung tertutup, saya akan tetap bisa mendapatkan tempat dalam sebuah perbincangan dan diskusi.

Pun, dengan berperan menjadi pendengar yang baik saya akan bisa belajar bagaimana membangun pemahaman satu sama lain. Karena jelas mustahil, dalam sebuah perbincangan semua orang menjadi pembicara.

Lalu siapa yang mendengarkan? Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah Jawaban dari pertanyaan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah latihan pernafasan diafragma dan olah vokal.

Pernapasan diafragma: Cara Membantu Tubuh Bertukar Oksigen Meskipun kita semua bernapas terus-menerus, kebanyakan orang tidak berlatih pernapasan diafragma, yaitu cara bernapas dengan benar. Manfaat dari teknik pernapasan ini harus membuat Anda mulai dengan latihan pernapasan ini hari ini!

Apa itu Pernapasan Diafragma? Meskipun kita semua bernapas terus-menerus, kebanyakan orang tidak berlatih pernapasan diafragma, cara bernapas yang tepat. Jenis pernapasan ini melibatkan pengambilan napas dalam-dalam dan lambat dari bagian bawah perut dan mengisi paru-paru Anda dengan setiap inhalasi. Pernapasan dada adalah kebalikan dari pernapasan diafragma atau diafragma.

Dengan pernapasan dada, napas dangkal, dan hanya bagian atas paru-paru yang terisi dengan udara pada setiap inhalasi. Jenis pernapasan ini dapat menyebabkan kelelahan, pusing, dan penumpukan stres berlebih dari waktu ke waktu. Apa manfaatnya?

Banyak manfaat yang terkait dengan pernapasan yang lebih baik dari diafragma. Berikut adalah beberapa yang dapat Anda harapkan: Mengurangi Stres Jika Anda pernah stres sebelumnya dan memiliki seseorang yang mengatakan kepada Anda untuk “menarik napas dalam-dalam,” ada alasannya! Kutipan pernapasan umum seperti ini bukan hanya klise.

Yang benar adalah bahwa pernapasan yang tepat dapat mengubah perasaan Anda secara emosional. Dengan bernapas dalam-dalam, pesan dikirim ke otak Anda yang memicu relaksasi. Pesan ini kemudian meluas ke seluruh tubuh Anda. Segera, Anda akan merasakan ketenangan fisik datang pada Anda yang hanya meluas saat Anda melanjutkan latihan pernapasan dalam.

Menurunkan Tekanan Darah Ketenangan yang datang di atas Anda saat Anda bernapas dalam-dalam dengan diafragma Anda dapat berdampak positif pada kesehatan kardiovaskular Anda. Ini adalah perpanjangan dari “respons relaksasi,” yang menginduksi pernapasan yang melambat, detak jantung yang melambat, dan akhirnya, kontrol tekanan darah yang lebih baik.

Paru-paru Yang Lebih Sehat Selain membantu jantung Anda, pernapasan yang lebih baik juga dapat membantu paru-paru Anda. Itu karena, ketika Anda menghirup udara penuh, Anda dapat memberikan diafragma Anda berbagai gerakan. Hal ini memungkinkan pertukaran oksigen penuh2 terjadi. Banyak kondisi yang berhubungan dengan pernapasan dapat ditingkatkan dengan pernapasan perut. Ini termasuk COPD, asma, dan bahkan dyspnea (ketika Anda mengalami sesak napas dan / atau tidak dapat mengambil napas dalam-dalam tanpa menguap).

Manfaat Tambahan Peningkatan sistem kekebalan tubuh Menurunkan laju pernapasan Anda Meningkatkan fungsi pernapasan Meningkatkan stabilitas otot inti Peningkatan fungsi paru-paru Mengurangi produksi hormon stres kortisol Membantu dengan gangguan stres pasca-traumaCara Bernapas dengan Benar Untuk bernapas dengan benar, penting untuk menggunakan diafragma.

Diafragma ialah otot besar yang berada pas di bawah tulang rusuk.Tujuan Anda harus melibatkan otot ini dengan memastikan bahwa perut Anda mengembang pada setiap inhalasi. Sayangnya, ini bukan apa yang kebanyakan orang cenderung lakukan ketika mereka bernapas, dan itu sebagian besar karena kebanyakan dari kita ingin merasa seperti kita memiliki perut rata.

Mendorong perut kita ke luar, kemudian, terasa tidak nyaman. Namun, jika Anda bisa melewati ketidaknyamanan awal, Anda akan menuai manfaat luar biasa dari jenis pernapasan ini. Pelajari Latihan Diafragma Berikut adalah latihan diafragma cepat yang dapat Anda lakukan setiap kali Anda merasa terlalu stres atau cemas. Ini juga merupakan latihan yang baik untuk dilakukan sebelum Anda tidur di malam hari. Latihan Cari tempat yang nyaman untuk berbaring. Tempat tidur Anda, lantai, atau tikar yoga akan bekerja dengan baik.

Berbaring telentang dan lihat ke langit-langit. Anda bisa memutuskan untuk tutup mata atau mungkin tidak. Tempatkan tangan kiri anda di dada dan tangan kanan anda di perut anda. Bernapaslah secara normal sesaat. Saat ini, diamkan semua udara keluar paru-paru Anda saat Anda mengembuskan napas.

Pada inhalasi selanjutnya, coba untuk membikin tangan kanan Anda di perut Anda naik saat Anda hirup pelan-pelan untuk hitung empat. Isi paru-paru Anda sepenuhnya dan tahan udara di paru-paru Anda untuk hitungan empat lagi. Selanjutnya, saat Anda menghembuskan napas, hitung sampai empat lagi dan rasakan perut Anda mengempis dan bergerak kembali ke lantai. Tahan untuk hitungan lain dari empat sebelum mengulangi latihan setidaknya dua kali lagi. Latihan ini disebut pernapasan kotak, atau pernapasan persegi.

Ingin pelajari selanjutnya mengenai apa yang bisa dikerjakan untuk Anda,baca artikel manfaat pernapasan kotak kami. Apa itu Pernapasan Perut? Pernapasan perut pada dasarnya sama dengan bernapas dari diafragma. Dalam kelas olahraga, Anda mungkin mendengarnya disebut pernapasan yoga atau bahkan pernapasan perut.

Ini semua adalah jenis pernapasan yang sama. Pada dasarnya, itu berarti bernapas dengan perut dan melibatkan diafragma. Saat perut bernafas, setiap napas dalam dan rendah. Tujuannya adalah untuk sepenuhnya mengisi paru-paru dengan udara.

Melakukan hal ini akan membuat perut Anda (perut) mengembang ke luar, dan inilah mengapa itu disebut bernapas dari perut. Pernapasan Diafragma atau Diafragma: Pertanyaan yang Sering DiajukanApakah pernapasan diafragma? Pernapasan diafragma atau diafragma adalah jenis pernapasan dalam yang melibatkan diafragma, otot besar yang terletak di bawah paru-paru.

Selama inhalasi, otot ini berkontraksi dan menjadi rata. Ketika diafragma berkontraksi, perut mengembang ke luar. Setelah pernafasan, diafragma kembali ke bentuk kubah dan menarik kembali ke dalam.

Untuk apa pernapasan diafragma baik? Ketika Anda tahu cara bernapas dengan benar dengan momentum diafragma, Anda menuai banyak manfaat. Yang paling penting, pernapasan diafragma yang lebih dalam dapat memperlambat detak jantung Anda. Ini akan membantu Anda merasa lebih tenang dan kurang stres. Jangka panjang, belajar bagaimana bernapas secara konsisten dengan diafragma Anda dapat menurunkan tekanan darah Anda, membantu Anda tidur lebih baik, dan mengurangi kecemasan kronis. Cara melakukan Pernapasan Diafragma Berikut cara mengambil napas diafragma yang dalam: Mulailah dengan menghembuskan semua udara keluar dari paru-paru Anda.

Letakkan satu tangan di perut Anda dan yang lainnya di dada Anda. Mulailah menghirup melalui hidung Anda, dan seperti yang Anda lakukan, rasakan tangan di perut Anda bergerak ke luar. Perut Anda (paru-paru) harus mengembang. Sekarang, buang napas keluar dari mulutMu. Seperti yang Anda lakukan, rasakan perut Anda menarik kembali ke tulang belakang Anda dan rileks. Tangan di dada Anda tidak boleh bergerak.Seberapa sering seseorang harus melakukan pernapasan diafragma? Idealnya, seseorang akan menggunakan jenis pernapasan ini sepanjang waktu, sebagai lawan dari bernapas dari dada, dengan cara yang dangkal.

Yang terakhir tidak mendorong pertukaran oksigen sepenuhnya dan dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan stres yang tidak perlu. Jika Anda tertarik dengan latihan diafragma formal untuk pernapasan yang lebih baik, disarankan agar Anda berlatih pernapasan dalam selama 5 hingga 10 menit sehari setidaknya sekali atau dua kali sehari untuk memulai dengan menenangkan diri dan mencapai perhatian penuh.

Apa perbedaan antara pernapasan diafragma dan perut? Mereka pada dasarnya adalah hal yang sama. Kedua jenis pernapasan melibatkan mengambil napas dalam-dalam lambat dan melibatkan diafragma. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah melakukan ini, perut akan mengembang ke luar saat Anda menghirup dan menarik kembali ke tulang belakang saat Anda menghembuskan napas.

Apakah perut bernapas buruk atau baik? Ingin tahu apakah pernapasan perut buruk? Ini bagus! Mengambil napas dalam-dalam dari perut bagian bawah dan sepenuhnya menggembungkan paru-paru mendorong pertukaran oksigen sepenuhnya.

Hal ini juga dapat mengurangi stres dan menurunkan kecemasan. Apakah lebih baik bernapas melalui dada bagian atas atau menggunakan otot perut? Ini disebut pernapasan perut karena Anda menggunakan diafragma, latihan pernapasan di mana otot perut Anda digunakan daripada tulang rusuk Anda. Belajar pernapasan diafragma tidak sulit, siapa pun bisa melakukannya. Dengan menggunakan diafragma Anda, Anda mendapatkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam sistem Anda.

Anda hanya perlu menemukan teknik pernapasan yang bekerja untuk Anda dan pernapasan perut akan menjadi salah satunya. “Napas yang lebih lambat dan lebih lama, tentu saja, berarti tingkat karbon dioksida yang lebih tinggi. Dengan bonus karbon dioksida itu, kami mendapatkan daya tahan aerobik yang lebih tinggi.” Related Posts • Seni yang digunakan untuk mempromosikan produk barang atau jasa disebut Seni yang digunakan untuk mempromosikan produk barang atau jasa disebut Jawaban dari pertanyaan seni yang digunakan untuk mempromosikan produk barang atau jasa disebut reklame komersial.

Pernahkah Anda memikirkan logo pada bungkus permen favorit Anda atau iklan yang Anda lihat di papan reklame dan di majalah? Seseorang mendesain gambar dan label tersebut untuk membantu menjual produk. … • Untuk dapat menghasilkan suara yang baik kita dapat berlatih teknik Untuk dapat menghasilkan suara yang baik kita dapat berlatih teknik Jawaban dari pertanyaan untuk dapat menghasilkan suara yang baik kita dapat berlatih teknik ialah teknik vokal [H2] Membawa Pedagogi Vokal ke dalam Kelas [/H2] Apa itu pedagogi vokal?

Menurut Wikipedia: Pedagogi vokal adalah studi tentang seni dan ilmu instruksi suara. Ini mengeksplorasi apa itu bernyanyi, … • Bahan yang dapat digunakan untuk membuat patung adalah Bahan yang dapat digunakan untuk membuat patung adalah Jawaban dari pertanyaan bahan yang dapat digunakan untuk membuat patung adalah tanah liat, plastisin, marmer, dan kayu jati. Kayu Jati adalah salah satu bahan kayu solid yang paling disukai dibandingkan dengan kayu keras untuk pembuatan patung.

Patung kayu akan selalu menjadi pilihan untuk mendapatkan patung yang lebih … • Sebutkan bahan lunak yang dapat digunakan untuk membuat patung Sebutkan bahan lunak yang dapat digunakan untuk membuat patung Jawaban dari pertanyaan sebutkan bahan lunak yang dapat digunakan untuk membuat patung ialah tanah liat, plastik.

Ketika saya melihat orang membuat patung salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah tanah liat polimer, saya perhatikan bahwa patung itu tidak berukuran besar. Ini menjadi pertanyaan bagi saya mengapa para pembuat patung tidak pernah membuat … • Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kursi dan meja adalah Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kursi dan meja adalah Jawabannya ada di artikel ini yang berjudul sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kursi dan meja adalah kayu.

Tetapi postingan ini lebih membahas tentang furniture ( meja, kursi ) dari kayu. Semoga bermanfaat. Tahukah Anda berbagai bahan yang digunakan untuk membuat …
1. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah. * 10 poin Latihan pernafasan diafragma Latihan olah vokal Latihan fisik lari Jawaban a dan b benar 2.

Bentuk vokal grup gaya salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah dan tanpa alat musik pengiring disebut . * 10 poin Nasyid Koor Acapela lagu Kanon 3, Lagu yang dinyanyikan oleh dua atau lebih kelompok penyanyi dinyanyikan dengan melodi saling kejar mengejar disebut . * 10 poin Nasyid Koor Acapela lagu Kanon jqngan asal asal lan kalau asal asal saya report jawaban anda ​ Contoh Soal Pencemaran Lingkungan Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban beserta Pembahasan – Pencemaran lingkungan merupakan masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan akibat kegiatan manusia atau proses alam.

Sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai peruntukannya. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pengertian Pencemaran Lingkungan dan Jenis-jenisnya”. Faktor penyebab pencemaran lingkungan sebagai berikut : • Hasil kegiatan manusia • Limbah rumah tangga • Limbah hasil produksi pertanian >> penggunaan pestisida • Penggunaan zat radioaktif sebagai irradiator >> kepentingan rumah sakit untuk bidang radiografi • Penggunaan kendaraan bermotor • Produksi pertambangan • Produksi industri • Proses perubahan alamiah, pada umumnya terjadi akibat dari bencana alam seperti aktivitas vulkanisme dan tektonisme, serta unsur-unsur langit Simak Juga Materi : Pencemaran Lingkungan 1 – 10 Contoh Soal Pencemaran Lingkungan dan Jawaban 1.

salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah

Suatu zat yang menyebabkan terjadinya pencemaran disebut …. A. sampah B. polutan C. limbah D. polusi Jawaban : B 2. Pencemaran yang diakibatkan oleh bakteri termasuk dalam pencemaran …. A. biologis B. kimiawi C. fisik D. tanah Jawaban : A 3. Pencemaran yang terjadi karena timbunan logam berat termasuk ke dalam pencemaran …. A. fisik B. kimiawi C. biologis D. air Jawaban : B 4. Peristiwa masuknya zat atau komponen lainnya ke dalam lingkungan perairan sehingga mutu air terganggu disebut pencemaran ….

A. tanah B. air C. udara D. suara Jawaban : B 5. Pengelolaan air salah satunya harus memenuhi syarat kimia, yaitu …. A. pH air harus dalam kondisi normal B. air bebas dari segala bakteri terutama bakteri phatogen C. air dan tidak berasa dan suhunnya berada di bawah suhu di luarnya D.

air minum harus menggunakan zat tertentu dalam jumlah tertentu. Jawaban : A Simak Juga : Soal Teknologi Ramah Lingkungan 6. Berikut ini yang merupakan sumber mata air yang layak untuk di konsumsi adalah …. A. air limbah industri B. air got C. air pegunungan D. air hujan Jawaban : C 7. Salah satu penyebab penyakit kolera pada penduduk adalah ….

A. terbatasnya tempat tinggal B. terbatasnya air bersih C. terbatasnya udara bersih D. terbatasnya persediaan makanan Jawaban : B 8. Tanaman yang dapat dijadikan sebagai indikator terjadinya pencemaran air adalah ….

A. teratai B. kangkung C, semanggi D. enceng gondok Jawaban : D 9. Salah satu cara mengatasi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh limbah pabrik adalah …. A. mengolah limbah pabrik sebelum dibuang B.

menutup industri bahan kimia C. membuang limbah pabrik sedikit demi sedikit D. membatasi penggunaan bahan kimia Jawaban : A 10. Jenis limbah pertanian yang dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan adalah …. A. sisa salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah B. minyak C. pestisida D. detergen Jawaban : C 11 – 20 Contoh Soal Pencemaran Lingkungan Pilihan Ganda dan Jawaban 11.

Berikut ini yang bukan merupakan dampak negatif dari pembuangan limbah padat adalah …. A. menurunkan kualitas tanah B. mengurangi keindahan lingkungan C. kesuburan tanah meningkat D. berkembangnya berbagai penyakit Jawaban : C 12. Salah satu upaya pengendalian hama yang tidak menimbulkan pencemaran lingkungan adalah ….

A. penyemprotan dengan insektisida B. pengendalian dengan herbisida C. pengendalian secara biologis D. penyemprotan menggunakan pestisida Jawaban : C 13. Penyakit Minamata di jepang disebabkan oleh logam berat yang bernama …. A. timbal B.

belerang C. cadmium D. raksa Jawaban : D 14. Pengaruh DDT sangat berbahaya terhadap makhluk hidup. Apabila DDT terkumpul dalam tubuh burung betina akan menyebabkan ….

A. kematian B. kemandulan C. rusaknya organ tubuh D. menipisnya cangkang telur Jawaban : B 15. Sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah, karena ….

A. tidak dapat dibakar B. mudah larut dalam air C. sulit diuraikan mikroorganisme D. dapat meracuni habitat tanah Jawaban : C Lihat Juga : Soal Tekanan 16. Peristiwa masuknya zat atau komponen lain ke dalam lingkungan udara disebut pencemaran …. A. air B. suara C. tanah D. udara Jawaban : D 17. Efek rumah kaca sebagai masalah lingkungan secara global terjadi karena….

A. kenaikan kadar karbondioksida B. naiknya kelembaban udara C. adanya radiasi sinar ultraviolet D. suhu lingkungan yang rendah Jawaban : A 18. Pencemaran CO (mono oksida) sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena …. A. daya tahan tubuh menurun B. menyumbat saluran pernapasan C. penyerapan oksigen terganggu D. penglihatan menjadi kabur Jawaban : B 19. Proses fisiologi pada tumbuhan yang mampu memperbaiki sumber daya udara adalah ….

A. fermentasi B. transpirasi C. fotosintesis D. ekskresi Jawaban : B 20. Berikut ini merupakan bahan-bahan pencemar udara yang meruigikan manusia, kecuali ….

A. NO2 B. CO2 C. O2 D. CFC Jawaban : C 21 – 30 Soal Pencemaran Lingkungan dan Pembahasan 21. Contoh polusi udara yang terjadi secara alami adalah … a. Gas dari aktivitas gunung merapi b. Kebakaran hutan c. Pembakaran sampah d. Uap dari laut Jawaban : A 22. Salah satu upaya dalam pengendalian hama yang tidak menimbulkan pencemaran lingkungan adalah… a. Penyemprotan dengan insektisida b. Pengendalian dengan herbisida c. Penggunaan pestisida d.

Pengendalian secara biologis Jawaban : D 23. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran dan perusakan lingkungan yaitu salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah a. Mengadakan seminar b. Kerja bakti c. Menggunakan alam d. Menghayati alam Jawaban : B 24. Salah satu cara untuk mengatasi pencemaran udara oleh limbah pabrik adalah … a. Menyaring limbah cait sebelum dibuang di sungai b.

Memasang elektrostatik presipirator c. Mengolah limbah asap menjadi limbah cair d. Menanam pepohonan di sekitar wilayah pabrik Jawaban : D 25. Pencemaran tanah banyak terjadi karena adanya sampah organik dan anorganik.

Salah satu penyebab pencemaran tanah tersebut yaitu …. a. Organik yaitu kaca, kertas dan besi b. Anorganik yaitu kaca, kertas dan besi c. Anorganik yaitu daun, plastik dan besi d. Organik yaitu daun, kaca dan sisa makanan Jawaban : B Baca Juga : Soal Pesawat Sederhana 26.

Yang tidak termasuk dampak negatif dari aktivitas manusia yang membuang limbah padat sembarangan yaitu … a. Merusak ozon tabir ultra violet b. Mengurangi keindahan lingkungan c. Berkembangnya berbagai jenis penyakit d. Kesuburan tanah meningkat Jawaban : D 27. Salah satu dampak negatif akibat penggunaan gas CFC pada kulkas, spray dan AC yaitu … a. Menimbulkan hujan asam b. Pencemaran udara di dalam rumah c. Menipisnya Ozon d.

Pencemaran udara di lingkungan sekitar perumahan Jawaban : C 28. Berikut ini yang dapat merusak kelestarian lingkungan yaitu … a. Penghijauan b. Reboisasi c. Sampah plastic d. Sengkedan Jawaban : C 29. Contoh polusi udara yang terjadi secara alami yaitu … a. Pembabatan hutan b. Pembakaran sampah c. Uap dari laut d. Gas dari aktivitas gunung merapi Jawaban : D 30. Penggunaan pupuk pertanian secara terus-menerus akan mengakibatkan… a.

Ph tanah meningkat b. Berkurangnya hara tanah c. Tanah menjadi lebih subur d. Menurunnya hama penyakit Jawaban : B 31 – 40 Contoh Soal Pencemaran Lingkungan dan Pembahasan 31. Eutrofikasi dapat mengakibatkan …. a. Blooming ganggang dan tumbuhan air b. Bioaugmentasi ganggang air c.

Matinya seluruh biota d. Bioakumulasi ganggang air Jawaban : A 32. Kita tidak diperbolehkan menangkap ikan dengan aliran listrik atau racun, karena… a. Meningkatkan CO2 terlarut b. Menyebabkan erosi c. Mematikan semua biota, baik yang muda maupun yang tua d. Menurunkan kadar oksigen telarut Jawaban : C 33. Berikut ini yang termasuk usaha penangkaran IN SITU adalah … a.

Penangkaran orang utan b. London Botanical garden c. Kebun raya Bogor d. Kebun binatang Ragunan Jawaban : A 34. Salah satu jenis pencemaran lingkungan yang kita ketahui adalah pencemaran Air dan pencemaran tanah. Pencemaran air disebabkan … a. Rusaknya ekosistem air karena terlalu banyak ikan yang hidup b. Masuknya polutan zat cair dan padat ke dalam tanah c. Masuknya polutan zat cair dan padat ke dalam ekosistem air d. Pencemaran oleh gas-gas kendaraan bermotor Jawaban : C 35.

Pengelolaan air salah satunya harus memenuhi syarat kimia yaitu… a. Ph air hrus dalam kondisi normal. b. Air bebas dari segala bakteri terutama bakteri phatogen c.

Air bening dan tidak berasa dan suhunnya berada di bawah suhu di luarnya d. Air minum harus menggunakan zat tertentu dalam jumlah tertentu. Jawaban : A Lihat disini : Soal Klasifikasi Materi dan Perubahannya 36. Pengelolaan air harus yang baik salah satunya harus memenuhi syarat bakteriologis yaitu ….

a. Ph air harus dalam kondisi normal. b. Air bebas dari segala bakteri terutama bakteri phatogen c. Air bening dan tidak berasa dan suhunnya berada di bawah suhu di luarnya d. Air minum harus menggunakan zat tertentu dalam jumlah tertentu. Jawaban : B 37. Salah satu penyebab penyakit kolera pada penduduk yaitu … a. Terbatasnya tempat tinggal b. Terbatasnya air bersih c. Terbatasnya udara bersih d. Terbatasnya persediaan makanan Jawaban : B 38.

Di bawah ini yang merupakan sumber mata air yang layak untuk di konsumsi yaitu …. a. Air limbah industri dan air got b. Air hujan dan air got c. Air sumur dan air pegunungan d. Air sumur dan air limbah industri Jawaban : C 39. Logam yang bersifat racun sebagai salah satu dari hasil pembakaran bensin adalah….

a. Fe b. Ag c. Sn d. Pb Jawaban : D 40. Salah satu cara yang tepat untuk mengurangi pencemaran udara yaitu … a. Memperbanyak penanaman tumbuhan hijau b. Memakai kendaraan bermotor berbahan bakar gas c. Menghilangkan kendaraan bermotor d.

Menggunakan mobil listrik Jawaban : A 41 – 50 Contoh Soal Pencemaran Lingkungan dan Kunci Jawaban 41. Pencemaran air oleh pupuk menyebabkan ledakan tumbuhan air yang dinamakan … a. Amonifikasi b. Eutrofikasi c. Oksigenisasi d. Denitrifikasi Jawaban : B 42. Sampah plastik selain mengurangi kemampuan daya dukung tanah, juga sulit terurai. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu ….

a. Menggunakan kemasan plastik secara berulang b. Melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya plastik c. Menolak kantong plastik ketika berbelanja d. Melakukan penelitian tentang bahaya plastik Jawaban salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah A 43. Penggunaan DDT dalam peningkatan hasil pertanian sebagai pemusnah hama ternyata menganggu ekosistem. Gangguan yang dapat terjadi yaitu…. a. DDT bersenyawa dengan zat lain sehingga beracun b.

Meningkatnya populasi serangga yang bukan hama c. Menghambat pertumbuhan tanaman d. Terjadi peningkatan polutan di lingkungan Jawaban : D 44. Dalam suatu ekosistem, apabila gas karbon dioksida semakin berkurang, maka jenis organisme yang terkena dampak negatif secara langsung adalah….

a. Bakteri b. Jamur c. Tumbuhan d. Hewan Jawaban : C 45. Salah satu peran lapisan ozon berperan dalam melindungi kehidupan di bumi yaitu dengan cara…. a. Menyerap panas matahari b. Menahan radiasi sinar uv c. Menahan radiasi elektormagnetik d. Menahan radiasi sinar alfa Jawaban : B Simak Soal berikut : Soal Unsur, Senyawa dan Campuran 46. Salah satu upaya manusia melestarikan lingkungan yaitu dengan cara….

a. Meningkatkankan hasil pembangunan b. Menjaga keseimbangan ekosistem c. Meningkatkan devisa negara d.

salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah

Melindungi hewan langka Jawaban : B 47. Masyarakat yang tinggal di sekitar peternakan sapi mengeluh karena limbah kotoran sapi dapat mencemari lingkungan. Salah satu solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan…. a. Menjadi tambahan bahan bangunan b. Mengolah menjadi makanan ternak c. Mengeringkan kotoran d. Memproses menjadi biogas Jawaban : D 48. Salah satu prinsip penanggulangan sampah dengan cara menggunakan kembali barang bekas disebut….

a. Reduce b. Recycle c. Reuse d. Recovery Jawaban : C 49. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan undang-undang lingkungan. a. Peningkatan devisa Negara b. Mencegah kerusakan lingkunga c. Menindak pelaku perusak lingkungan d. Meningkatkan kualitas hidup Jawaban : A 50. Jenis limbah pertanian yang dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan yaitu … a.

Sisa makanan b. Minyak c. Detergen d. Pestisida Jawaban : D 51 – 60 Contoh Soal Pencemaran Lingkungan dan Penyelesaian 51. Ada beberapa cara agar limbah rumah tangga yang masuk ke sungai tidak mencemari ekosistem, yaitu … a.

Pembuangan limbah rumah tangga dilakukan malam hari supaya tidak mengenai penduduk yang beraktifitas di sungai b. Melakukan pembungan limbah sedikit demi sedikit namun terus menerus c.

Melakukan penyaringan terlebih dahulu agar zat kimia yang terdapat dalam limbah tidak masuk ke sungai d. Pembuangan dilakukan secara besar-besaran agar tidak terlalu sering melakukan pembuangan. Jawaban : C 52. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar air sungai yang keruh dapat digunakan kembali untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yaitu … a.

salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah

Tidak mengkonsumsi air sungai lagi b. Melakukan penjernihan air c. Mencuci baju disungai dengan sabun d. Membiarkan air sungai sampai jernih sendiri Jawaban : B 53.

Salah satu ulah manusia yang dapat menyebabkan pencemaran air adalah… a. Tidak membuang sampah di sungai, menjaga kebersihan sungai b.

Melakukan terasering, menjaga ekosistem dan biota sungai c. Menanam tumbuhan air dan membuang sabun disungai d. Membuang sampah cair dan sampah padat kesungai, serta menggunakan pestisida secara berlebihan Jawaban : D 54. Agar limbah rumah tangga tidak mencemari lingkungan, maka sebaiknya limbah tersebut tidak … a. Di buang ke tempat sampah b. Dijadikan makanan hewan c. Dibuang ke sungai d. Dijadikan pupuk kompos Jawaban : C 55.

Salah satu cara menanggulangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah pabrik adalah … a. Mengolah limbah pabrik sebelum dibuang b. Membatasi penggunaan bahan kimia c. Mengurangi dan menutup industri bahan kimia d. Membuang limbah pabrik sedikit demi sedikit Jawaban : A Lihat Juga : Soal Zat Adiktif dan Psikotropika 56.

Tumbuhan sejenis alang-alang yang di tanam di sekitar perairan bermanfaat untuk mengatasi pencemaran air yang disebabkan oleh …. a. Limbah pertanian b. Logam berbahaya c. Limbah minyak d. Limbah rumah tangga Jawaban : B 57. Jarak antara septi tank dengan sumber air yang ideal agar tidak terkena bakteri E. Coli adalah…. a. Lebih dari 7 meter b. Kurang dari 5 meter c.

Kurang dari 10 meter d. Lebih dari 10 meter Jawaban : D 58. Peristiwa masuknya zat, energi/komponen lain ke dalam lingkungan udara dinamakan …. a. Pencemaran udara b. Pencemaran suara c. Pencemaran air d. Pencemaran tanah Jawaban : A 59. Di suatu ekosistem perairan terdapat zooplankton, ikan kecil, ikan besar, dan fitoplankton, maka DDT akan terakumulasi pada…. a. Ikan besar b. Zooplankton c. Fitoplankton d. Ikan kecil Jawaban : A 60. Limbah pertanian berikut ini yang dapat menjadi polutan adalah … a.

Sisa makanan dan plastic b. Pupuk salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah dan pestisida buatan c. Logam berat dan hujan asam d. Sampah organik dan detergen Jawaban : B 61 – 70 Contoh Soal Pencemaran Lingkungan dan Jawaban 61. Berikut ini yang bukan dampak dari DDT yaitu … a. Terakumulai pada konsumen akhir b. Hewan lain yang bermanfaat ikut mati c.

Bloomimg algae d. Punahnya populasi burung tertentu Jawaban : C 62. Adanya CO yang berlebih di udara dapat mengakibatkan terjadinya … a.

salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah

Berlubangnya ozon b. Sesak nafas c. Pemanasan global d. Hujan asam Jawaban : B 63. Pencemaran yang disebabkan oleh jenis logam berat merupakan jenis pencemaran …. a. Tanah b. Fisik c. Kimiawi d. Biologis Jawaban : C 64. Adanya CO2 yang berlebih di udara dapat mengakibatkan terjadinya … a. Berlubangnya ozon b. Sesak nafas c.

Pemanasan global d. Hujan asam Jawaban : C 65. Suatu zat yang mengakibatkan terjadinya pencemaran disebut …. a. Limbah b. Sampah c. Polusi d. Polutan Jawaban : D Lihat Juga : Soal Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup 66.

salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah

Penyakit Minamata yang terjadi di negara jepang disebabkan oleh … a. Cadmium b. Timbal c. Belerang d. Raksa Jawaban : D 67. Pengaruh DDT sangat berbahaya terhadap makhluk hidup, misalnya jika DDT terkumpul dalam tubuh burung betina akan menyebabkan …. a. Rusaknya organ-organ tubuh b. Kemandulan c. Kematian d. Tipisnya cangkang telur Jawaban : D 68.

Peristiwa masuknya zat atau komponen lainnya ke dalam lingkungan perairan sehingga mutu air terganggu dinamakan … a. Pencemaran suara b. Pencemaran tanah c. Pencemaran air d. Pencemaran udara Jawaban : C 69. Pencemaran yang disebabkan oleh bakteri E. coli dinamakan … a. Pencemaran air b. Pencemaran fisik c. Pencemaran kimiawi d. Pencemaran biologis Jawaban : D 70. Pemberantasan hama dengan menggunakan predator dinamakan … a. Konverter katalitik b.

Biopestisida c. Bioremidiasi d. Biological control Jawaban : D 71 – 80 Soal Pencemaran Lingkungan dan Jawaban 71. Tanaman yang bisa dijadikan sebagai indikator terjadinya pencemaran air adalah…. a. Semanggi b. Kangkung c. Teratai d. Enceng gondok Jawaban : D 72. Blooming algae disebabkan oleh …. a. Air buangan yang mengandung detergen b.

Penggunaan pestisida yang berlebihan c. Pembuangan limbah yang mengandung logam d. Penggunaan pupuk buatan yang berlebihan Jawaban : D 73. Bioremidiasi adalah penggunaan mikroorganisme untuk membersihkan pencemaran yang disebabkan oleh … a. Limbah industry b. Limbah rumah tangga c. Limbah minyak d. Limbah pertanian Jawaban : C 74. Pada air sungai yang telah tercemar akan terlihat tanda-tanda…. a. Airnya tidak berbau busuk b. Terdapat berbagai jenis fauna c.

Airnya jernih dan tidak berwarna d. Ditumbuhi eceng gondok yang subur Jawaban : D 75. Suhu lingkungan yang meningkat akan menyebabkan pemanasan global. Dampak dari pemanasan global adalah sebagai berikut, kecuali… a. Mencairnya es di kutub menyebabkan pulau-pulau kecil terendam b. Keseimbangan ekosistem menjadi terganggu c. Mencairnya es di kutub menyebabkan turunnya permukaan air laut d. Berkurangnya keanekaragaman hayati Jawaban : C Baca Juga : Soal Sistem Reproduksi 76.

Pengertian pencemaran air yang paling tepat adalah…. a. Masuknya makhluk hidup, zat dan energi serta komponen lainnya ke perairan sehingga tidak dapat digunakan b. Masuknya zat dan komponen lain ke perairan yang berasal dari industri sehingga tidak dapat digunakan c. Masuknya makhluk hidup, zat dan energi yang berasal dari kegiatan manusia ke perairan d. Masuknya zat, energi dan makhluk hidup ke perairan yang menyebabkan berubahnya tatanan perairan akibat kegiatan manusia atau proses alam Jawaban : D 77.

Yang bukan merupakan dampak negatif akibat kita membuang limbah padat sembarangan adalah … a. Kesuburan tanah meningkat b. Dapat menurunkan kualitas tanah c. Mengurangi keindahan lingkungan d.

Berkembangnya berbagai jenis penyakit Jawaban : A 78. Dampak yang timbul jika kita menggunakan gas CFC pada kulkas, spray dan Ac adalah…. a. Efek rumah kaca b. Pencemaran udara di lingkungan sekitar perumahan c.

Pencemaran udara di dalam rumah d. Meningkatnya kadar bahan pencemar Jawaban : A 79. Yang tidak termasuk bentuk penanggulangan yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran tanah yaitu … a. Pemakaian pupuk sesuai kebutuhan b. Sistem tanam monokultur c. Menanggulangi sampah plastik d. Mengelola sisa radioaktif Jawaban : B 80. Penggunaan insektisida dan pemupukan secara berlebihan dapat menyebabkan pencemaran…. a. Udara dan tanah b. Air dan udara c. Air dan tanah d.

Udara dan ozon Jawaban : C Sudah selesai membaca dan berlatih soal ini ? Ayo lihat dulu Daftar Soal Biologilainnya Semua manusia itu pintar. Namun yang membedakannya proses kecepatan belajar.

pada suatu saat ada peserta didik yang belajar dalam 1-3 pertemuan. ada juga yang membutuhkan 3 pertemuan lebih untuk dapat memahami materi. Dengan kata lain, Belajar tergantung kondisi dan keadaan seseorang untuk memahami materi.

baik itu cuaca, suasana, perasaan dan lingkungan yang mempengaruhi. Maka temukanlah kondisi terbaik dirimu untuk belajar. Jika kamu tidak mengerti materi yang diajarkan gurumu hanya saja kamu belum menemukan kondisi terbaik untuk belajar. Karena tidak ada manusia yang bodoh hanya saja malas atau tidak fokus.
MULTIPLE CHOICE 1.

Penafsiran produk yang diklasifikasikan melalui dua dimensi yaitu dimensi bentuk fisik dan dimensi secara keseluruhan adalah A. prototype B. fungsi Produk C. harga dan volume D. Tanggung jawab produk E. standard an spesifikasi desain ANS:A 2. Tahapan yang dibangun untuk menguji parameter fungsional dan membantu perancangan prototipe rekayasa merupakan tahap… A. Working model B. Pendefinisian produk C. Qualified production item D.

Prototype rekayasa (engineering prototype) E. Prototype produksi 9production prototype) ANS:A 3. Prototype yang dibuat untuk keperluan pengujian kinerja operasional dan kebutuhan rancangan sistem produksi. … A. Working model B. Pendefinisian produk C.

Qualified production item D. Prototype rekayasa (engineering prototype) E. Prototype produksi 9production prototype) ANS:D 4. Prototype yang bentuknya dirancang dengan seluruh fungsi operasional untuk menentukan kebutuhan dan metode produksi dibangun pada skala sesungguhnya dan dapat menghasilkan data kinerja dan daya tahan produk dan part-nya. A. Working model B. Pendefinisian produk C. Qualified production item D. Prototype rekayasa (engineering prototype) E.

Prototype produksi (production prototype) ANS:E 5. Sesuatu yang secara jelas menggambarkan bentuk dan penampilan produk baik dengan skala yang diperbesar, 1:1, atau diperkecil untuk memastikan produk yang akan dibangun sesuai dengan lingkungan produk maupun lingkungan user (Eris Kusnadi, 2007), … A.

model B. Working model C. Pendefinisian produk D. Qualified production item E. Prototype rekayasa (engineering prototype) ANS:A 6. Penerjemahan konsep teknikal yang berhubungan dengan kebutuhan dan perilaku konsumen kedalam bentuk perancangan termasuk aspek hukum produk dan aspek hukum yang melibatkan keamanan dan perlindungan terhadap konsumen merupakan salah satu tahapan dalam pembuatan prototype, yaitu tahap… A. Working model B. Pendefinisian produk C.

Qualified production item D. Prototype rekayasa (engineering prototype) E. Prototype produksi 9production prototype) ANS:B 7. Tahapan yang dibangun untuk menguji parameter fungsional dan membantu perancangan prototipe rekayasa merupakan tahap… A. Working model B.

Pendefinisian produk C. Qualified production item D. Prototype rekayasa (engineering prototype) E. Prototype produksi 9production prototype) ANS:A 8. Pengembangan suatu riset dalam perusahaan akan menghasilkan sebuah gagasan atau ide untuk membuat suatu produk, dimana ide tersebut diperoleh dari data yang didapatkan saat riset itu sendiri.

Kegiatan ini dilakukan untuk. … A. mempertimbangkan kemampuan fasilitas perusahaan B. memformulasikan hasil marketing research C. membuat gambar kerja D. membuat prototype E. membuat sketsa ANS:B 9. Kegiatan yang dilakukan untuk mempermudah pembuatan gambar kerja ( blue Print) dalam proses pembuatan suatu produk dengan mempergunakan skala adalah. A. mempertimbangkan kemampuan fasilitas perusahaan B. memformulasikan hasil marketing research C.

membuat gambar kerja D. membuat prototype E. membuat sketsa ANS:E 10. Seorang designer sekaligus pemilik sebuah butik mendapat pesanan busana pesta malam, agar desain yang dibuat dapat dibaca oleh karyawan atau penjahitnya pada bagian pembuatan pola maka desainer tersebut harus … A. mempertimbangkan kemampuan fasilitas perusahaan B.

memformulasikan hasil marketing research C. membuat gambar kerja D. membuat prototype E. membuat sketsa ANS:C 11. Salah satu tanggung jawab dari produsen sebagai pembuat produk kepada konsumen akan keselamatan dan kenyamanan pemakai produk tersebut adalah… A. prototype B. fungsi Produk C. harga dan volume D. Tanggung jawab produk E. standard an spesifikasi desain ANS:D 12.

Ada dua hal yang memegang peranan penting dalam menentukan suatu desain produk yang pada dasarnya untuk memberikan kepuasan yang maksimal bagi konsumen atau pelanggan baik segi kualitan maupun segi kuantitas, yaitu.…. A. standard an spesifikasi desain B. bentuk dan fungsi produk C. warna dan kemasan D. bentuk dan ukuran E. mutu dan bahan ANS:B 13. Mutu suatu produk harus disesuaikan menurut fungsi produk tersebut, apabila akan digunakan dalam jangka waktu lama, maka mutu produk tersebut harus tinggi bila dibandingkan dengan produk yang akan digunakan dalam jangka waktu yang pendek.

Pernyataan tersebut merupakan salah satu hal yang menunjukkan adanya penerapan, … A. standard dan spesifikasi desain B. bentuk dan fungsi produk C. warna dan kemasan D. bentuk dan ukuran E. mutu dan bahan ANS:A 14. Warna mempunya arti tersendiri bagi setiap konsumen, karena setiap orang memiliki ciri dan kesukaan yang khas terhadap warna tertentu. Hal ini dapat dicermati oleh produsen dalam menentukan desain produk yang berkaitan dengan … A.

standard dan spesifikasi desain B. bentuk dan fungsi produk C. tanggungjawab produk D. harga dan volume E. prototype ANS:A 15. Pengetesan dan monitoring atas barang dalam proses produksi (work in process) harus dilakukan agar produk akhir bermutu sesuai dengan rencana dan bila terjadi komponen atau barang yang cacat (defect) dapat segera diketahui untuk segera ditindak lanjuti.

Kegiatan ini dilakukan sesuai … A. Prosedur pengawasan mutu produk B. Diagram alur proses produksi C. Pemantauan proses produksi D. Pemantauan produk jadi E. Alat pengendali mutu ANS:B 16. Kualitas produk suatu barang harus selalu dijaga agar produk yang dipasarkan dapat menguasai pasar dan mampu bersaing dengan produk-produk sejenis dipasaran. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan … A. Proses pemasaran produk B.

Pengawasan mutu produk C. Proses pembuatan produk D. Proses perencanaan produk E. Proses pengemasan produk ANS:B 17. Bahan baku yang telah diterima di gudang, selanjutnya akan diproses dalam mesin-mesin produksi untuk diolah menjadi barang jadi. Dalam hal ini, selain cara kerja peralatan produksi yang mengolah bahan baku termasuk hasil kerja mesin-mesin dalam proses produksi. Uraian diatas merupakan spesifikasi pengawasan mutu dalam … A. Pemantauan mutu bahan-bahan B.

Pemantauan proses produksi C. Pemantauan produk jadi D. Pemantauan pengepakkan E. Pemantauan akhir produksi ANS:B 18. Dalam dunia bisnis, banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Berikut yang bukan merupakan hal yang harus dipertimbangkan yaitu. A. kemampuan melihat peluang B. kemampuan untuk menghadapi resiko C. Kemampuan untuk memperbesar resiko D. mengetahui bagaimana cara menghadapi E. menyelesaikan kendala / masalah dalam bisnis ANS:E 19.

Pengeluaran ekonomis yang diperlukan untuk perhitungan proses produksi adalah … A. Biaya B. Kerugian C. Keuntungan D. Biaya Produksi E. Keberuntungan ANS:A 20. Biaya produksi diperlukan untuk mendukung proses pengolahan bahan baku menjadi produk jadi yang siap dipasarkan kepada konsumen. Biaya produksi yang dimaksud merupakan … A. biaya-biaya yang terlihat secara fisik seperti uang B. Pengeluaran ekonomis yang diperlukan untuk perhitungan proses produksi C. biaya-biaya yang tidak terlihat secara langsung yaitu misalnya penyusutan barang modal D.

biaya atau pengeluaran oleh suatu perusahaan untuk mendukung sistem kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. E. akumulasi dari semua biaya-biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau barang ANS:E 21. Keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk membeli semua keperluan baik barang dan jasa yang akan digunakan dalam proses produksidemi menghasilkan / produksi suatu barang. Merupakan pengertian dari A. Biaya B. Biaya produksi C.

Biaya total/TFC D. Biaya non produksi E. Biaya keseluruhan ANS:C 22. Dengan cara membagi Biaya Variabel Total (TVC) dengan jumlah produksi. Merupakan cara menghitung A. Cara menghitung Variabel Rata-Rata / Average Variable Cost (AVC) B. Cara menghitung Biaya Tetap Rata-rata / Average Fixed Cost (AFC) C.

Cara menghitung Biaya Total Rata-Rata / Average Total Cost (AC) D. Biaya Variabel Total / Total Variable Cost (TVC) E. Biaya Marginal / Marginal Cost (MC) ANS:A 23. Perhitungan yang dilakukan dengan cara menghitung Biaya Total dibagi dengan jumlah produksi merupakan … A.

Cara menghitung Variabel Rata-Rata / Average Variable Cost (AVC) B. Cara menghitung Biaya Tetap Rata-rata / Average Fixed Cost (AFC) C. Cara menghitung Biaya Total Rata-Rata / Average Total Cost (AC) D. Biaya Variabel Total / Total Variable Cost (TVC) E.

Biaya Marginal / Marginal Cost (MC) ANS:C 24. Berikut ini yang termasuk sebagai biaya tetap adalah… A. Biaya tanah B. Sewa pabrik C. Biaya penggunaan air D. Biaya penggunaan listrik E. Biaya penggunaan bahan bakar untuk mobil perusahaan ANS:A 25. Pelaporan mengenai rincian harga pokok ketika salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah telah selesai diproduksi, dan memasuki departemen produksi, hingga memasuki gudang penempatan produk yang telah selesai diproduksi merupakan … A.

Data produksi B. Biaya produksi C. Biaya perusahaan D. Biaya yang dibebankan E. Peritungan biaya pokok ANS:E
Bukan sulap bukan sihir. Bagaimana ujian kemarin?? Kesaksian dari orang-orang yang membeli ringkasan ini via SMS sebagai berikut : 1. Alhamdulillah, modulx membantu sekali. 2. Lumayan, banyak yang keluar kok dari ringkasan. 3. Lumayan, ada yang lupa sih dikit-dikit, tapi karena multiplechoice, jadi masih bisa dikerjain.

4. Alhamdulillah, yang bisa ya bisa, yang gak bisa dibisa-in. Ntar disangka soal bocor kalau bisa semua. 5. dll banyak lagi. TESTIMONI ASLI bukan karangan. Segera bergabung sebelum ketinggalan. Ada 29 macam MATERI KULIAH. Sudah dijilid dan diberi daftar isi + pengantar. Untuk kamus juga bisa. Semua cuma seratus lima puluh lembar (300 halaman). Harganya 300 ribu aja. Transfer ke : > DARSO WIDODO > BANK MANDIRI NO.REK : 119.000.422.9249 Kirim alamat pos untuk kirim bukunya.HUBUNGI : 0813 867 69910 ATAU email : darsowidodo@gmail.com***** BILA MEMBELI AKAN MENDAPAT AKSES JUGA VIA INTERNET TANPA BATAS DAN TANPA GANGGUAN *******Ingin pasang FOTO KENANGAN/PROFIL atau gambar lain untuk dilihat Alumni UT dan adik-adik kelas/angkatan???

(Hub. Darso : 081386769910) SOAL – SOAL :1. Yang dimaksud dengan kualitas adalah … A. kesesuaian dengan standar dan keinginan pelanggan B. kesesuaian dengan peraturan pemerintah dan negara C. kemurahan harga D. harga yang mahal dan produk yang langka 2.

Konsumen memilih produk atau jasa terutama dengan memperhatikan faktor … A. harga yang murah B. kedekatan dengan tempat tinggal C. kualitas D. harga yang mahal 3. Mengapa kualitas dipandang penting? A. dampak nasional B. tuntutan pasar C.

reputasi perusahaan D. B dan C benar 4. Untuk memasuki dan memenangkan pasar internasional, perusahaan terdorong untuk melakukan … A. standardisasi produk B. standardisasi proses C. standardisasi sistem manajemen kualitas D. semua benar 5. Pemahaman kualitas akan baik jika selalu dipandang dari sisi … A. produsen saja B. konsumen saja C. produsen dan konsumen D. pelanggan baru 6. Yang termasuk dimensi kualitas pada perusahaan manufaktur adalah … A.

feature B. communication C. acces D. knowing the customer 7. Yang dimaksud manajemen kualitas … A. kegiatan yang menguntungkan B. keterbatasan biaya C. perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian kegiatan untuk mencapai kualitas D. murah dan hemat 8. Peran manajer kualitas meliputi … A. interpersonal, informatif, pengambilan keputusan B.

interpersonal, kepemimpinan, penentuan lokasi perusahaan C. informatif, interpersonal, humas D. sebaiknya manajer dapat berperan ganda 9. Urutan sejarah pengembangan manajemen kualitas adalah … A. inspeksi – pengendalian kualitas – manajemen kualitas – penjaminan kualitas – manajemen kualitas terpadu B. inspeksi – manajemen kualitas – manajemen kualitas terpadu – pengendalian kualitas – penjaminan kualitas C.

inspeksi – pengendalian kualitas – penjaminan kualitas – manajemen kualitas – manajemen kualitas terpadu D. inspeksi – manajemen kualitas – manajemen kualitas terpadu – penjaminan kualitas – pengendalian kualitas 10.

Pada masa pengendalian kualitas, departemen pengendalian kualitas akan nampak … A. sebagai bagian pekerjaan pemimpin B. sebagai badan yang independen dari perusahaan C. sebagai tanggung jawab semua personil D.

diawasi satu per satu 11. Terdiri dari kelompok apa saja biaya kualitas itu? A. biaya kualitas produk dan kualitas proses B. biaya pencegahan dan biaya karena produk cacat C. biaya penambahan produksi D. biaya kualitas dan biaya kuantitas 12. Yang termasuk biaya pencegahan … A. biaya perancangan produksi B. biaya pengerjaan ulang C. biaya pengembalian bahan D. angkutan 13. Biaya penilaian produk meliputi biaya … A. perencanaan produksi B.

pengerjaan ulang C. peralatan pengujian D. angkutan 14. Yang dimaksud biaya kegagalan internal dan eksternal adalah biaya karena … A. perusahaan menghasilkan produk cacat B.

penurunan permintaan C. mengembalikan produk dari konsumen D. semua benar 15. Biaya kegagalan internal … A. biaya perancangan produksi B. biaya pengerjaan ulang C. biaya pembuangan produk D. biaya keluhan pelanggan 16. Yang dimaksud dengan TQM adalah … A. proyek B. program C.filosofi D. alat 17. Yang dimaksud dengan filosofi zero defect … A.

membuat segala sesuatu sudah baik sejak awal B. menghasilkan produk tanpa kesalahan C. pantang membuat, menerima, dan menyerahkan produk cacat D. A dan C benar 18. Hal-hal yang merupakan karakteristik dari total quality adalah fokus kepada … A.

pelanggan B. pemasok C. pemimpin D. hasil akhir 19. Ada beberapa hal yang terkait dengan alat dan teknik untuk mewujudkan filosofi TQM, yaitu … A. kaizen, brainstorming, benchmarking B. kaizen, analis kekuatan dan kelemahan C. brainstorming, re-engeneering D. semua benar 20. Perubahan dalam TQM terutama dalam sumber daya manusia adalah tradisional HRM menjadi … A.

TQM salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah B. TQH Resource Managt C. THR Management D. strategic TQM 21. Hal-hal yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan TQM adalah bila TQM … A. diterapkan dalam lingkungan keluarga B. dilaksanakan di industri kecil C. diterapkan dalam organisasi yang birokratis D. diterapkan dalam industri jasa 22.

TQM akan gagal antara salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah karena TQM disusun … A. sebagai filosofi B. untuk continous improve C.

sebagai program D. sebagai way of life 23. Atribut efisiensi yang harus diperhatikan agar TQM dapat terlaksana … A. kemampuan, dukungan, komunikasi B. persaingan, konsistensi, kepercayaan C. kesopanan, kemampuan, perselisihan D. kemampuan, perubahan, kerja keras 24. Penyediaan pelayanan kepada pelanggan dapat dilakukan dengan … A. menetapakan siapa pelanggan perusahaan kita B. menetapkan harga sesuai keinginan perusahaan C. tidak perlu menjelaskan apa yang akan diterima pelanggan D.

menjelaskan produk pesaing yang buruk 25. Bentuk keterlibatan karyawan dalam Quality Circle adalah … A. membahas masalah yang ada di departemennya dan masalah departemen lain B. menganalisis lama hidup organisaasi, menganalisis organisasi lain C.

mengidentifikasi, menganalisis dan memecahkan berbagai permasalahan pekerjaan D. berkumpul untuk lebih mengenal rekan kerja 26. Yang Anda ketahui tentang re-engeneering … A. perubahan dan perbaikan dalam skala kecil B. perubahan dan perbaikan dalam skala besar C. perubahan terus-menerus dan berkesinambungan D. perubahan total suatu departemen 27. Yang Anda ketahui tentang benchmarking … A.

mengadakan perbaikan dengan patokan bisnis organisasi lain yang terbaik di kelasnya B. mengadakan kaizen C. mengadakan re-engeneering D. mengadakan TQM 28. Keterkaitan re-engeneering dan benchmarking dalam TQM adalah … A. re-engeneering dan benchmarking untuk menerapkan TQM B. re-engeneering dan TQM untuk menerapkan benchmarking C. benchmarking dan TQM untuk melaksanakan re-engeneering D.

ketiganya tidak terkait 29. Benchmarking yang dilakukan dengan membandingkan kinerja antar divisi atau wilayah pasar yang ada dan dikerjakan oleh unit-unit internal dalam organisasi atau perusahaan disebut … A.

internal benchmarking B. competitive benchmarking C. functional benchmarking D. generic benchmarking 30. Benchmarking yang dilakukan dengan membandingkan kapabilitas fungsi bisnis atas pesaing tertentu walaupun tidak dalam industri sejenis disebut … A. internal benchmarking B. competitive benchmarking C. functional benchmarking D. generic benchmarking 31. Big JIT merupakan … A. filosofi B. cara C. alat D. teknik 32. Little JIT merupakan … A.

filosofi B. cara C. alat D. teknik 33. Konsep JIT pertama kali diperkenalkan oleh … A. Hoshin Kanri B. Taiichi Ohno C. F.W.Taylor D. W.Shewhart 34. Yang bukan merupakan alasan perlunya JIT adalah … A.

mempelajari berbagai cara memenangkan persaingan B. memperbaiki kualitas C. memperbaiki jumlah pelanggan D. memperbaiki produktivitas 35. Manfaat JIT antara lain … A. mengurangi cacat produk B. mengurangi pemborosan C. mengurangi permintaan pelanggan D. A dan B benar 36. Dalam pandangan tradisional, pelaksanaan JIT dan TQM dilakukan secara … A. terpisah B. terintegrasi C. terpecah-belah D. saling mendukung 37.

Berikut ini strategi untuk menerapkan JIT adalah … A. lower production B. push system C. mixed production system D. quality at the result 38. Kartu Kanban dapat mendukung pelaksanaan … A. push production system B. lower production system C. pull production system D. just in case 39. Yang bukan merupakan prinsip persediaan JIT adalah … A.

meningkatkan banyaknya pemasok B. mengurangi biaya pembelian dan biaya persediaan C. persediaan dalam jumlah kecil D.

memperbaiki penanganan bahan 40. Yang tidak termasuk dalam kegiatan yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan 5S adalah … A. membersihkan ruangan B. membuang barang yang tidak diperlukan C. salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah kotor dan bocor D. membersihkan daerah sekitar pabrik 41. TQS umumnya merupakan pelaksanaan manajemen kualitas secara menyeluruh yang dilakukan pada perusahaan … A. manufaktur B. jasa C. pabrik D.

penghasil produk 42. Yang bukan termasuk gap dalam kualitas pelayanan … A. ketidaktahuan antara apa yang diinginkan pelanggan karena ada perbedaan antara yang diharapkan pelanggan dengan yang dipersepsikan manajer B.

kesalahan dalam standar pelayanan C. perbedaan kinerja pelanggan D. perbedaan antara yang telah dijanjikan pemberi jasa dengan apa yang disampaikan pemberi jasa 43. Dalam servqual, ada gap kelima yaitu … A. kebutuhan pelanggan dan kebutuhan pemasok B.

pelayanan yang diharapkan dengan yang sesungguhnya dirasakan C. standar pemasok dengan standar konsumen D. permintaan dan penawaran 44. Yang bukan merupakan dimensi kualitas … A. kualitas sosial B. kualitas fungsional C. kualitas teknik D. penilaian pelayanan 45. Dua belas dimensi kualitas pelayanan menurut Sureschandar dibagi menjadi 3 kelompok besar … A. dimensi manufaktur, jasa, dan strategik B. dimensi produk, jasa, dan alat C. dimensi manajemen kualitas generik, intervensi, unik D.

semua salah 46. Organisasi belajar adalah organisasi yang … A. fleksibel B. menjalin kerjasama C. mengadakan perbaikan D.mendukung pembelajaran dan pemelajaran 47. Organisasi belajar melakukan pembelajaran secara … A. bersama-sama B. sendiri-sendiri C. tergantung orang lain D. tidak bebas 48. Pembelajaran menginginkan partisipasi dari … A. manajemen B. supervisor C. semua pihak D. lower manager 49.

Yang bukan merupakan alat dalam organisasi belajar adalah … A. TQM B. re-engineering C. cheating D. self directed team 50. Yang tidak termasuk dalam indikator bahwa organisasi melakukan pembelajaran adalah adanya … A. hubungan antara organisasi dengan karyawan B. penghargaan terhadap karyawan C. kepemilikan dan tanggung jawab D. kepemimpinan yang demokratis 51. Berikut merupakan fungsi pemimpin dalam organisasi, kecuali fungsi … A. pengembangan B. penegakan kepatuhan C. pemberian penghargaan D.

koordinasi 52. Beberapa perbedaan antara manajer dan pemimpin, kecuali … A. perbedaan fungsional B. perbedaan minat dan pola pikir C. perbedaan dalam membangun pengaruh D. A dan B benar 53.

Yang bukan ciri penting dari kepemimpinan yang efektif adalah kemampuan … A. mempengaruhi orang lain B. bertahan C. berhubungan dengan orang lain D.

teknikal dan pandangan yang luas 54. Berikut variabel-variabel yang terdapat dalam metamodel kepemimpinan kualitas, kecuali variabel … A. intervensi B. situasional C. perilaku manajerial D. hasil akhir 55. Berikut ini yang bukan peran dari pimpinan puncak adalah … A. mempersiapkan dan menyusun departemen kualitas B. menyusun dan menyempurnakan sasaran kualitas C.

menyediakan sumber daya D. melakukan audit kualitas 56. Konsep hierarki kebutuhan individu dikemukakan oleh … A. Maslow B. Bass C. Burns D. Robbins 57. Pemimpin yang berusaha memotivasi pengikutnya melalui pemberian imbalan atas apa yang mereka lakukan, merupakan pemimpin dengan tipe kepemimpinan adalah … A. transformasional B. transaksional C. kombinasi D. A dan B salah 58. Berikut perilaku yang ditunjukkan oleh kepemimpinan transformasional, kecuali … A. karismatik B. inspirasi yang memotivasi C.

elegan D. konsiderasi individual 59. Yang bukan termasuk hal yang melatarbelakangi terbentuknya kelompok, khususnya kelompok informal adalah … A. keamanan B.

kedudukan C. percaya diri D. kekeluargaan 60. Memerlukan banyak waktu, adanya tekanan untuk dapat menyesuaikan diri, adanya dominasi oleh anggota kelompok tertentu, dan adanya tanggung jawab ganda, merupakan keterbatasan atau kelemahan dari kerja … A. tim B. kelompok C. sama antar tim D. sama antar kelompok 61. Penilaian kualitas yang paling objektif berasal dari … A.

pihak pertama B. pihak kedua C. pihak ketiga D. tidak perlu dinilai 62. Beberapa departemen berikut ini mengadakan penjaminan kualitas, yaitu … A. pemasaran B. pengembangan produk C. keuangan D. semua departemen 63. Berikut adalah tujuan penjaminan kualitas, kecuali … A. membantu mendapatkan pesaing B. memudahkan mendapatkan bantuan C.

menyediakan informasi D. membantu perbaikan 64. Berikut adalah makna penjaminan kualitas, kecuali … A. penjaminan kualitas bukan kegiatan yang membutuhkan biaya yang besar B. penjaminan kualitas bukan sekedar pengendalian kualitas atau inspeksi C. penjaminan kualitas bukan menjadi tanggung jawab bagian perancangan D. penjaminan kualitas produktivitas dan harga mahal 65. Elemen-elemen dalam penjaminan kualitas adalah … A.

kualitas pelanggan, profesional, proses B. kualitas pelanggan, pemasok, proses C. kualitas pelanggan, produk, proses D. kualitas pelayanan, produk, proses 66.

Berikut ini contoh penjaminan kualitas formal, kecuali … A. AS1821, AS1822, AS1823 B. CAN3-Z299.1, CAN3-Z299.2, CAN3-Z299.3 C. BS 5750, BS 5882 D. MBNQA, EFQM 67. Ada dua hal yang menjadi pertimbangan dalam mengadakan penjaminan kualitas, yaitu … A.

standardisasi, diferensiasi B. standardisasi, rutinisasi C. diferensiasi, globalisasi D. integrasi, inkulturasi 68. Standardisasi berkaitan dengan … A. the excellen model B. the best model C. sertifikasi dan akreditasi D. the rare model 69. Berikut adalah keunggulan ISO 9000 dari aspek internal, kecuali … A.

berkaitan dengan struktur dan tanggung jawab organisasi B. pengurangan cacat produk C. pengendalian manajemen yang lebih baik D. memperbaiki struktur koordinasi 70. Beberapa kelemahan ISO 9000 … A. mengurangi dokumentasi B. perhatian terhadap personil lemah C. meningkatkan kreativitas D. mendorong pemikiran kritis personil 71. ISO 9000 disebut juga sebagai standar … A. proses B. produk C. sistem manajemen kualitas D. kualitas pelayanan 72.

ISO 9000 adalah sertifikasi oleh … A. pihak ketiga yang independen B. pihak kedua, yaitu pelanggan dan pemasok C. pihak pertama, yaitu self assessment D. anak cabang perusahaan yang bersangkutan 73. ISO 9000 dianggap penting karena membantu … A. pemasaran dan keuangan perusahaan B. promosi produk C. pengembangan produk baru D. pemasaran internasional 74.

Yang merupakan standar manajemen kualitas dan penjaminan kualitas, yang merupakan pemandu untuk pemilihan dan penggunaan standar adalah … A. ISO 9000 B. ISO 9001 C. ISO 9002 D. ISO 9003 75. Berikut adalah salah satu elemen ISO 9000, kecuali … A. sistem kualitas B. pengendalian perancangan C. pengendalian dokumen D. pengendalian proses 76. Faktor pendorong penerapan ISO 9000 antara lain … A.

pelanggan B. pesaing C. internal perusahaan D. semua benar 77. Untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan, ISO 9000 bermanfaat untuk … A. meningkatkan kepercayaan pelanggan B. menjamin produk baru C. memenuhi kebijakan pemerintah D. meningkatkan kualitas 78. Faktor terpenting dalam keberhasilan pelaksanaan ISO 9000 adalah … A.

sumber daya manusia B. dukungan-dukungan dan komitmen pemimpin C. penghematan biaya D. peningkatan laba 79. Manfaat tertinggi yang dapat dicapai antara lain : A. memperbaiki sistem kualitas yang ada B. memperbaiki moral karyawan C. meningkatkan profit D. meningkatkan produktivitas 80.

ISO 9000 direvisi tahun 2000 dengan beberapa revisi, antara lain … A. mempunyai struktur berdasarkan produk / pelayanan B. revisi standar sehingga membantu self evaluation C. memasukkan standar sistem manajemen lingkungan D.

B dan C benar 81. TQM menggunakan tiga teknik utama, yaitu … A. hoshin planning, QFD, continous quality improvement B. hoshin planning, QFD, daily control C. continous quality improvement, quality control, kaizen D. QFD, re-engeneering, benchmarking 82. Berikut ini adalah teknik pengendalian kualitas dengan data kuantitatif, kecuali … A. check sheet, flow chart B. flow-chart, brainstorming C. cause and effect diagram, check sheet D.

control chart, run chart 83. Cause and effect diagram merupakan alat pengendalian kualitas untuk … A. menemukan penyebab masalah B.

menemukan pemasok C. memperbaiki cacat produk D. memperbaiki proses 84. Berikut ini adalah teknik pengendalian kualitas dengan data kualitatif, kecuali … A. check sheet dan flow chart B.

flow-chart, brainstorming C. cause and effect diagram, check sheet D. control chart, run chart 85. Diagram pareto bermanfaat untuk mengetahui … A. penyebab masalah B. kesalahan proses C. penyebab utama kesalahan D. variasi data pengukuran dalam setiap proses 86. Yang melatarbelakangi penggunaan QFD antara lain kebijakan … A.

pemasaran yang efektif yang berfokus pada pelanggan B. pemasaran yang efektif yang berfokus pada laba jangka pendek C. produksi yang efektif yang berfokus pada optimasi kapasitas D. produksi yang efektif yang berfokus pada menghilangkan kesalahan 87. Manfaat utama penggunaan QFD … A. mengurangi waktu produksi dan optimasi kapasitas produksi B.

mengurangi biaya dan waktu produksi dan meningkatkan pendapatan C. mengurangi biaya produksi dan kesalahan produksi D. meningkatkan pendapatan dan permintaan pelanggan 88. Berikut yang merupakan hambatan pengelolaan QFD, kecuali … A. tidak tahu kebutuhan dan harapan pelanggan B.

tidak tahu lama proses produksi C. terlalu memproritaskan sesuatu hal D. risiko dapat diketahui dengan baik 89. Berikut ini adalah manfaat QFD selain untuk membantu penerapan TQM, kecuali … A. perencanaan produk strategik dan organisasional B. penyebaran dan alokasi biaya dan pelayanan kepada pelanggan C. perencanaan, pengelolaan, dan pengembangan produk D. pengurangan biaya kesalahan produk dan meningkatkan permintaan 90. Dukungan organisasi untuk pelaksanaan QFD … A.

dukungan manajemen B. dukungan fungsional C. dukungan teknik D. semua benar 91. Audit kualitas merupakan alat manajemen yang digunakan untuk … A. merencanakan dan mengendalikan proses B. evaluasi, verifikasi dan konfirmasi kegiatan kualitas C. merencanakan, mengendalikan dan memberikan umpan balik D. evaluasi, verifikasi dan justifikasi produk 92. Berikut termasuk jenis audit kualitas, kecuali … A.

TQM audit B. third party audit C. second party audit D. first party audit 93. Berikut tahapan proses audit, kecuali … A. persiapan perencanaan audit B. penerapan rencana audit C. analisis dan pelaporan D. penutupan perusahaan 94. Berikut adalah isi audit planning, kecuali … A. tujuan dan sasaran audit B. metodologi yang terapkan C.

jadwal proses produksi D. tugas-tugas audit yang dilaksanakan 95. Pada tahap follow up ada tujuan yang akan dicapai, yaitu menjamin … A. tanggung jawab auditor B. tercapainya sertifikasi C. tindakan korektif yang telah dilaksanakan D. diterapkannya tindakan korektif 96. Audit yang dilaksanakan atas nama organisasi auditi disebut audit … A. eksternal B. internal C. gabungan D. ekstrinsik 97. Penggunaan metode yang rasional dalam menyimpulkan hasil audit merupakan prinsip audit … A.

pendekatan berdasarkan bukti B. independen C. penyajian objektive D. profesional 98. Tujuan audit ditentukan oleh … A. ketua tim audit B. hasil rapat tim C. auditi D. sumber daya yang ada 99. Yang tidak termasuk tim audit … A. pemandu B. ketua C. auditor D. anggota 100. Dalam menjamin hasil audit yang efektif, audit harus dilaksanakan berdasarkan … A. acuan normatif B. prinsip audit C. kode etik D. istilah/definisi Kunci Jawaban : 1.

A 2. C 3. D 4. D 5. C 6. A 7. C 8. A 9. C 10. B 11. B 12. A 13. C 14. D 15. C 16. C 17. D 18. A salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah. B 20. D 21. C 22. C 23. A 24. A 25. C 26. B 27. A 28. A 29. A 30. C 31. A 32. D 33. B 34. C 35. D 36. A 37. C 38. C 39. A 40. C 41. B 42. C 43. B 44. A 45. C 46. D 47. A 48. C 49. C 50. A 51. D 52.

D 53. A 54. C 55. D 56. A 57. B 58. C 59.

salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah

D 60. A 61. C 62. D 63. A 64. D 65. A 66. D 67. A 68. C 69. B 70. B 71. C 72. A 73. D 74. A 75. B 76. D 77. A 78. B 79. A 80. D 81. B 82. B 83. A 84. C 85. C 86. A 87. B 88. D 89. D 90. D 91. B 92. A 93. D 94. C 95. D 96. B 97. A 98. B 99. A 100. BBaik dan sabar membantu Anda dalam menyelesaikan banyak masalah hidup dan memandang dunia secara obyektif. Hal-hal tersebut memperkaya pengertian Anda dan memperluas kapasitas empati Anda. Itu juga meningkatkan kontak kepada dunia luar dengan meningkatkan keahlian komunikasi Anda.

Hal sederhana seperti mendengarkan (dan mengakui), melakukannya dengan benar, terutama ketika terjadi perselisihan, membutuhkan banyak usaha dan banyak latihan.

salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah

Jika Anda mau menjadi pendengar yang baik, bacalah untuk memulai. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/ed\/Treat-Your-Girlfriend-Step-3-Version-2.jpg\/v4-460px-Treat-Your-Girlfriend-Step-3-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/ed\/Treat-Your-Girlfriend-Step-3-Version-2.jpg\/v4-728px-Treat-Your-Girlfriend-Step-3-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tempatkan diri Anda di sepatu orang lain.

Sangat mudah bagi Anda untuk bingung dan hanya mempertimbangkan dampak dari orang yang “berbicara” pada Anda. Tetapi pendengar yang aktif adalah menghalangi pemikiran Anda sendiri.

Tetapi Anda harus terbuka dan melihat masalah dari perspektif orang lain: dan asumsikan Anda telah mengalaminya secara pribadi, Anda akan melihat menuju masalahnya dengan cepat. • Ingatlah bahwa Anda mempunyai dua telinga dan satu mulut. Lebih menguntungkan bagi Anda untuk mendengar daripada berbicara.

Orang yang mendengar lebih banyak adalah orang yang lebih penuh pengamatan yang berarti lebih peduli dan mengerti hal-hal lebih baik. Pastikan Anda benar-benar mendengarkan dan tidak melakukan hal lain.

Cobalah untuk fokus kepada orang yang berbicara dan tidak terganggu hal lain. Tetap diam dan melakukan kontak mata jadi lawan bicara Anda mengetahui Anda sedang mendengarkan. Meski membosankan, ini sangat berarti pada lawan bicara Anda jika Anda mendengarkan apa yang ia bicarakan. • Sebelum Anda menghakimi orang yang berbicara, atau menyimpulkan “solusi” langsung, ambillah waktu untuk melihat situasi dari perspektif orang lain. Ini akan membantu Anda benar-benar mendengarkan dan bukan membentuk pendapat Anda sendiri sebelum Anda benar-benar mengerti situasinya.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/d9\/Lie-Step-15.jpg\/v4-460px-Lie-Step-15.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/d9\/Lie-Step-15.jpg\/v4-728px-Lie-Step-15.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Hindari membandingkan pengalaman orang lain dengan pengalaman Anda.

Meski Anda berpikir hal terbaik yang Anda bisa lakukan adalah membandingkan dengan pengalaman Anda, ini tidak benar.

Jika lawan bicara berbicara tentang menghadapi kematian anggota keluarga, Anda bisa berbagi pengalaman, tetapi hindari berkata, “itu mirip sekali dengan saya.” Ini bisa menjadi sesuatu yang menghina terutama jika Anda membandingkan situasi serius dengan pengalaman Anda yang tidak intens, seperti membandingkan perceraian dengan hubungan pacar Anda yang hanya tiga bulan ini bisa membuat lawan bicara Anda tidak nyaman.

• Anda mungkin berpikir itu adalah cara terbaik untuk menolong dan mengerti situasi, tetapi cara berpikir seperti ini sebenarnya dapat membuat lawan bicara merasa Anda tidak mendengarkan sama sekali. • Hindari berkata “Saya” atau “Aku” terlalu banyak. Ini merupakan tanda bahwa Anda lebih fokus kepada diri sendiri daripada situasi lawan bicara Anda. • Tentu, jika lawan bicara Anda mengetahui Anda mempunyai pengalaman yang mirip, maka ia akan menanyakan pendapat Anda.

Dalam situasi ini, Anda bisa memberikan pendapat, tetapi hati-hatilah untuk tidak merasa bahwa pengalaman Anda benar-benar mirip dengan lawan bicara Anda. Ini terlihat seperti Anda membuat situasi palsu agar terlihat membantu. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/73\/Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-16-Version-2.jpg\/v4-460px-Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-16-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/73\/Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-16-Version-2.jpg\/v4-728px-Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-16-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jangan mencoba untuk langsung menolong.

Beberapa orang berpikir, jika mereka mendengarkan, mereka juga langsung mempunyai solusi yang mudah dan cepat. Daripada Anda melakukan ini, Anda harus mendengarkan dengan serius, dan pikir baik-baik “solusi” saat orang itu berbicara – dan jika ia sangat membutuhkan bantuan. Jika Anda mulai berpikir solusi yang cepat, maka Anda tidak benar-benar mendengarkan.

• Fokus terhadap setiap kata yang keluar dari lawan bicara Anda. Hanya setelah itu Anda bisa mencoba untuk menolong. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/86\/Comfort-Your-Daughter-After-a-Break-Up-Step-1-Version-2.jpg\/v4-460px-Comfort-Your-Daughter-After-a-Break-Up-Step-1-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/86\/Comfort-Your-Daughter-After-a-Break-Up-Step-1-Version-2.jpg\/v4-728px-Comfort-Your-Daughter-After-a-Break-Up-Step-1-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Simpati.

Tunjukkan bahwa Anda peduli dengan mengangguk di waktu yang tepat sehingga mereka tahu bahwa Anda mendengarkan mereka. Juga ucapkan kata “ya” ketika mereka berbicara tentang sesuatu yang mereka ingin Anda untuk setuju (Anda bisa mengetahuinya dari nada bicara mereka) atau “wow” saat mereka berbicara salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah tragedi atau sesuatu buruk yang terjadi pada mereka.

Mengucapkan kata-kata ini menunjukkan Anda tidak hanya mendengar tapi juga memperhatikan. Ucapkan kata-kata ini di waktu yang tepat dan dengan lembut jadi Anda tidak menjadi gangguan. Cobalah untuk menarik sisi sensitif Anda dan menenangkan mereka ketika kesulitan.

Tetapi sebaliknya kebanyakan orang tidak ingin dikasihani. Jadi tenangkan mereka tetapi jangan membuat diri Anda merasa lebih tinggi dari mereka. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/80\/Choose-a-Role-Model-Step-10.jpg\/v4-460px-Choose-a-Role-Model-Step-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/80\/Choose-a-Role-Model-Step-10.jpg\/v4-728px-Choose-a-Role-Model-Step-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ingatlah apa saja yang telah Anda dengar.

Satu hal yang penting untuk menjadi pendengar yang baik adalah menyerap informasi-informasi yang diberikan kepada Anda. Jadi, ketika mereka berbicara tentang masalah dengan teman baiknya, Jake, dan Anda tidak pernah bertemu dengan Jake sebelumnya, minimal Anda bisa mengingat namanya jadi Anda bisa terlihat lebih terlibat dalam situasinya. Jika Anda tidak mengingat satu nama pun, detail, peristiwa penting, maka Anda tidak terlihat seperti mendengarkan.

• Tidak apa-apa jika ingatan Anda tidak tajam. Tetapi, jika Anda selalu memerlukan kepastian atau selalu melupakan tiap orang yang diceritakan, maka Anda bukan pendengar yang baik. Anda tidak perlu mengingat semua hal-hal kecil, tetapi Anda tidak ingin lawan bicara Anda untuk mengulang hal yang sama jutaan kali.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/ac\/Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-4-Version-3.jpg\/v4-460px-Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-4-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/ac\/Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-4-Version-3.jpg\/v4-728px-Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-4-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tindak lanjuti.

Hal penting lainnya untuk menjadi pendengar yang baik adalah Anda melakukan hal lebih dari sekedar mendengarkan, mengobrol, dan tidak memikirkannya lagi.

Jika Anda mau menunjukkan Anda benar-benar peduli, maka Anda harus bertanya kepada mereka tentang situasi ketika Anda bertemu dengan dia, atau SMS, telepon mereka mengenai kelanjutan situasinya. Jika situasinya serius seperti perceraian yang akan terjadi, mencari pekerjaan, atau bahkan masalah kesehatan, maka baiknya Anda menanyakan tentang itu meskipun Anda tidak disuruh.

Jangan kecewa jika mereka tidak mau menceritakannya kepada Anda, terima keputusan mereka namun katakan bahwa Anda tetap ada untuk membantu mereka. • Lawan bicara Anda bisa terharu bahwa Anda berusaha untuk berpikir tentang masalahnya dan mengetahui bagaimana ia bertahan. Ini membuat keahlian salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah Anda naik. • Tentu saja, ada perbedaan antara menindak lanjuti dan menjengkelkan mereka. Jika orang berbicara tentang bagaimana ia mau keluar dari pekerjaannya, Anda mungkin tidak perlu setiap hari mengirim SMS yang menanyakan apakah ia sudah melakukannya atau belum, atau Anda bisa menjadi tekanan tambahan dari situasi tersebut dan memberikan stres dan bukannya bantuan.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b3\/Deal-with-Bullies-when-You-Have-Down-Syndrome-Step-8.jpg\/v4-460px-Deal-with-Bullies-when-You-Have-Down-Syndrome-Step-8.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b3\/Deal-with-Bullies-when-You-Have-Down-Syndrome-Step-8.jpg\/v4-728px-Deal-with-Bullies-when-You-Have-Down-Syndrome-Step-8.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ketahui apa yang harus dilakukan.

Ketahui hal-hal yang harus dihindari jika Anda ingin menjadi pendengar yang baik bisa hampir sama dengan mengetahui apa yang harus dilakukan. Jika Anda ingin pembicara menanggapi Anda dengan serius dan berpikir Anda sopan, maka ada beberapa hal umum yang harus Anda hindari: • Jangan menyela di tengah-tengah.

• Jangan menginterogasi lawan bicara. Tanyalah pertanyaan saat dibutuhkan (contohnya ketika lawan bicara sedang tidak bicara). • Jangan mencoba untuk mengganti topik, meskipun Anda merasa tidak nyaman. • Hindari berkata, “Ini bukan akhir dunia” atau “Kamu akan merasa lebih baik esok pagi”. Ini hanya membuat masalah lawan bicara Anda menjadi kecil dan membuat mereka merasa bersalah.

Lakukan kontak mata dengan mereka jadi mereka merasa Anda tertarik dan mendengarkan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/2f\/Communicate-Effectively-Step-24-Version-2.jpg\/v4-460px-Communicate-Effectively-Step-24-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/2f\/Communicate-Effectively-Step-24-Version-2.jpg\/v4-728px-Communicate-Effectively-Step-24-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Diam saat pertama.

Mungkin ini merupakan hal yang biasa dan pasti, tetapi satu dari masalah terbesar untuk mendengarkan adalah keinginan untuk menyuarakan kata hati yang impulsif. Begitu juga, banyak orang mengekspresikan empati palsu dengan menceritakan pengalaman pribadi. Respons mendalam bisa membantu, tetapi biasanya terlalu banyak digunakan dan disalahgunakan. • Singkirkan dahulu keinginan Anda, dan tunggu dengan sabar agar lawan bicara Anda membeberkan pikirannya dengan cara mereka.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b1\/Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-12-Version-3.jpg\/v4-460px-Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-12-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b1\/Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-12-Version-3.jpg\/v4-728px-Recognize-the-Warning-Signs-of-Suicide-Step-12-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Yakinkan lawan bicara Anda bahwa masalahnya akan dirahasiakan.

Jika mereka berbicara tentang sesuatu yang sangat pribadi dan penting, maka Anda harus pastikan bahwa Anda orang yang dapat dipercaya dan bisa menutup mulut. Katakan bahwa Anda bisa mempercayai saya, dan apa saja yang dibicarakan akan tetap menjadi rahasia berdua. Jika lawan bicara Anda tidak yakin Anda bisa dipercaya atau tidak, maka mungkin dia tidak akan terbuka pada Anda.

Juga jangan memaksa orang untuk terbuka pada Anda karena bisa membuat mereka tidak nyaman atau marah. • Tentu, saat Anda mengatakan rahasia akan aman pada Anda, itu harus benar, kecuali jika dalam situasi yang mencegah Anda untuk merahasiakannya, seperti ketika orang itu akan bunuh diri dan Anda sangat cemas. Jika Anda tidak dapat dipercaya, maka Anda tidak akan bisa menjadi pendengar yang baik. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f4\/Heal-Family-Wounds-Step-3-Version-2.jpg\/v4-460px-Heal-Family-Wounds-Step-3-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f4\/Heal-Family-Wounds-Step-3-Version-2.jpg\/v4-728px-Heal-Family-Wounds-Step-3-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berbicaralah yang menguatkan.

Ini merupakan hal penting untuk menggunakan nada empati pada saat tertentu ketika berbicara jadi lawan bicara Anda tidak merasa Anda tidak mendengarkan sama sekali. Penting untuk “menyimpulkan dan menyatakan kembali” atau “mengulang dan menguatkan” topik utamanya. Ini akan membantu percakapan menjadi cair dan membuat lawan bicara menjadi tidak malu-malu bicara. Ini hal yang harus Anda lakukan: • Mengulang dan menguatkan: Ulangi beberapa hal yang pembicara sampaikan dan, dalam waktu yang sama, berikan argumen positif sebagai pemberi semangat.

Contoh, Anda bisa berkata, “Saya bisa melihat Anda tidak senang disalahkan. Saya juga tidak senang.” Hati-hati menggunakan teknik ini. Gunakan nada empati setiap selang waktu karena jika Anda terlalu sering menggunakannya, Anda bisa dianggap merendahkan.

• Menyimpulkan dan menyatakan kembali: Sangat penting untuk menyimpulkan pengertian Anda dari percakapan dan menyatakan kembalik dengan kata-kata Anda. Ini menyakinkan pembicara bahwa Anda benar-benar mendengarkan dan mengerti. Ini juga memberikan kesempatan bagi pembicara untuk mengkoreksi asumsi yang salah dan kesalahpahaman Anda. • Pastikan biarkan pintu terbuka untuk pernyataan seperti, “Mungkin saya salah tetapi.” atau “Koreksi saya jika saya salah." Teknik ini berguna terutama jika Anda merasa frustasi atau ragu-ragu.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/ac\/Catch-Someone-Lying-Step-2-Version-2.jpg\/v4-460px-Catch-Someone-Lying-Step-2-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/ac\/Catch-Someone-Lying-Step-2-Version-2.jpg\/v4-728px-Catch-Someone-Lying-Step-2-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tanyakan pertanyaan yang berarti dan memberdayakan.

Hindari menyelidiki lawan bicara Anda. Tetapi, arahkan pertanyaan yang membuat pembicara bisa menyimpulkan kesimpulannya sendiri tentang masalah tersebut.

salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah

Ini akan membantu pembicara mencari kesimpulan tanpa menghakimi atau memaksa. Ini adalah beberapa hal yang harus diingat: • Saat Anda telah memperlihatkan empati, waktunya untuk memberdayakan: Ulangi pertanyaan yang Anda Tanya. Contoh: “Kamu tidak senang disalahkan. Tetapi saya tidak mengerti mengapa Kamu merasa bersalah dan bukan sekedar dilarang melakukan sesuatu dengan caramu." • Menanyakan pertanyaan dengan sikap seperti ini akan memaksa pembicara untuk merespon dengan cepat kepada kekurangan Anda dalam memahami sesuatu.

Dalam proses respon, pembicara akan mulai merubah respon emosional menjadi respon yang lebih logis dan konstruktif. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/5d\/Be-Quiet-Step-8-Version-2.jpg\/v4-460px-Be-Quiet-Step-8-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/5d\/Be-Quiet-Step-8-Version-2.jpg\/v4-728px-Be-Quiet-Step-8-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tunggu pembicara untuk terbuka.

Dalam proses memberi semangat respon konstruktif, pendengar yang aktif harus sangat sabar dan biarkan pembicara mengumpulkan semua pikiran, perasaan, dan idenya. Pertama-tama hal ini mungkin mulai dari aliran kecil sampai deras membutuhkan waktu lama untuk dipelajari.

salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah

Jika Anda menekan terlalu cepat dan menanyakan banyak hal pribadi, itu bisa menyebabkan dampak yang negatif dari yang Anda inginkan dan bisa membuat pembicara merasa tertahan dan ragu untuk memberikan informasi. • Pertahankan kesabaran Anda dan letakkan diri Anda di “sepatu pembicara”.

Terkadang ini membantu untuk membayangkan mengapa pembicara bisa terlibat situasi ini. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/df\/Deal-With-Snobby-People-Step-4.jpg\/v4-460px-Deal-With-Snobby-People-Step-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/df\/Deal-With-Snobby-People-Step-4.jpg\/v4-728px-Deal-With-Snobby-People-Step-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jangan menyela dengan apa yang Anda rasakan atau pikirkan.

Tetapi, tunggulah pembicara yang bertanya pendapat Anda sebelum merusak alur pembicaraan mereka. Mendengarkan yang aktif memerlukan pendengar untuk menyimpan pendapat pribadinya sementara dan mencari saat yang tepat di sela-sela pembicaraan. Jika pembicaraan berhenti, berikan kesimpulan atau persetujuan empati. • Jika Anda menyela terlalu cepat, maka ia akan frustasi dan tidak akan mendengar semua yang Anda katakan.

Dia ingin sekali menyelesaikan bagiannya dan Anda akan menyebabkan gangguan. • Hindari memberikan saran langsung (kecuali jika Anda diminta). Tetapi, biarkan pembicara berbicara tentang situasi dan temukan caranya sendiri. Ini akan menguatkan pembicara dan Anda. Hal ini kemungkinan besar akan menjadi hasil yang merubah pembicara dan Anda menjadi lebih pengertian. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a8\/Comfort-Your-Daughter-After-a-Break-Up-Step-11.jpg\/v4-460px-Comfort-Your-Daughter-After-a-Break-Up-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a8\/Comfort-Your-Daughter-After-a-Break-Up-Step-11.jpg\/v4-728px-Comfort-Your-Daughter-After-a-Break-Up-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Yakinkan pembicara.

Kesimpulan apapun dari percakapan, beritahukan kepada pembicara bahwa Anda senang mendengarkan. Pastikan dengan jelas bahwa Anda terbuka untuk diskusi selanjutnya jika dibutuhkan, tetapi Anda tidak akan menekan dia. Sebagai tambahan, yakinkan dia dengan tujuan Anda menyimpan rahasia baik-baik. Meski pembicara dalam situasi yang buruk dan berkata seperti.

“Semua akan baik-baik saja” terlihat tidak benar, Anda juga bisa meyakinkan pembicara bahwa Anda ada di sini dan siap membantu. • Anda juga bisa menepuk lutut atau mengelus kepala, rangkul dia, atau berikan sentuhan keyakinan. Lakukan apa yang benar di situasi tersebut. Anda tidak mau berlebihan dalam menyentuh.

• Tawarkan diri untuk membantu dengan solusi jika Anda memiliki kemampuan, waktu dan keahlian. “Jangan membuat harapan palsu”. Jika Anda hanya bisa mendengarkan tanpa solusi, pastikan itu jelas. Mendengarkan juga pertolongan yang penting. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/07\/Get-a-Friend-Back-Step-2-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-a-Friend-Back-Step-2-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/07\/Get-a-Friend-Back-Step-2-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-a-Friend-Back-Step-2-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b1\/Attract-Girls-Without-Talking-to-Them-Step-8.jpg\/v4-460px-Attract-Girls-Without-Talking-to-Them-Step-8.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b1\/Attract-Girls-Without-Talking-to-Them-Step-8.jpg\/v4-728px-Attract-Girls-Without-Talking-to-Them-Step-8.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Lakukan kontak mata.

Kontak mata sangat penting ketika Anda mendengarkan. Jika Anda memberikan kesan tidak tertarik dan terganggu kepada teman-teman Anda, mereka mungkin tidak akan terbuka lagi kepada Anda. Saat orang berbicara pada Anda, fokus ke matanya jadi mereka tahu Anda menyerap segala informasi yang mereka berikan. Meski topiknya tidak terasa nyaman untuk Anda, minimal hormatilah dan dengarkan apa yang dibicarakan mereka. • Fokuskan mata, telinga, dan pikiran Anda hanya kepada pembicara dan menjadi pendengar yang baik.

Jangan berkonsentrasi pada apa yang akan Anda katakan selanjutnya, tetapi fokus kepada pembicara. (Ingatlah bahwa ini mengenai dia, bukan Anda) {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/8f\/Love-Your-Girlfriend-Step-16-Version-3.jpg\/v4-460px-Love-Your-Girlfriend-Step-16-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/8f\/Love-Your-Girlfriend-Step-16-Version-3.jpg\/v4-728px-Love-Your-Girlfriend-Step-16-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berikan pembicara perhatian penuh Anda.

Jika Anda ingin menjadi pendengar yang baik, maka penting bagi Anda untuk membuat jarak fisik dan mental yang kondusif. Hilangkan segala gangguan dan arahkan semua perhatian Anda ke pembicara. Matikan semua alat komunikasi (termasuk ponsel) dan berbicara di tempat yang tidak ada gangguan.

Saat Anda berhadapan muka, tenangkan pikiran Anda dan terbuka terhadap apa yang dikatakan lawan bicara. • Pilihlah tempat yang bebas gangguan atau salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah lain yang dapat menarik perhatian Anda.

Jika Anda pergi ke kedai kopi, pastikan Anda fokus kepada lawan bicara, tidak tertarik kepada orang yang keluar masuk pintu. • Jika Anda berbicara di tempat public seperti restoran atau kafe, hindari tempat duduk yang dekat televisi. Meskipun Anda ingin memberikan perhatian penuh kepada lawan bicara, Anda bisa tergoda untuk melihat televisi, terutama jika tim favorit Anda sedang bermain.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/26\/Make-Your-Husband-Fall-in-Love-with-You-Again-Step-9-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Your-Husband-Fall-in-Love-with-You-Again-Step-9-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/26\/Make-Your-Husband-Fall-in-Love-with-You-Again-Step-9-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Your-Husband-Fall-in-Love-with-You-Again-Step-9-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berikan semangat pada pembicara dengan bahasa tubuh.

Mengangguk akan menujukkan Anda mengerti apa yang dibicarakan, dan menyemangatinya untuk melanjutkan. Adopsi postur, posisi dan gerakan tubuh yang sama dengan pembicara (meniru) akan menenangkan pembicara dan lebih terbuka. Cobalah melihat lurus ke mata lawan bicara.

Tidak hanya ini menunjukkan bahwa Anda mendengarkan, tetapi juga menunjukkan Anda tertarik kepada pembicaraan itu. • Cara lain untuk mempunyai bahasa tubuh yang menyemangati adalah menggerakkan tubuh Anda ke arah pembicara.

Jika Anda menjauh, maka itu akan terlihat seperti Anda ingin cepat pergi. Jika Anda melipat kaki, lipatlah ke arah pembicara dibanding arah sebaliknya. • Jangan melipat tangan di dada Anda. Ini akan membuat Anda terlihat skeptis meski Anda tidak merasa demikian.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/48\/Make-Someone-Feel-Better-Step-6-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Someone-Feel-Better-Step-6-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/48\/Make-Someone-Feel-Better-Step-6-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Someone-Feel-Better-Step-6-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Dengarkan dengan aktif untuk menunjukkan perhatian Anda.

Mendengarkan dengan aktif meliputi semua tubuh dan wajah – Anda dan pembicara. Anda bisa diam saat memastikan Anda mendengar tiap kata yang dikeluarkan pembicara. Ini cara bagaimana Anda menjadi pendengar aktif: • Kata-kata Anda: Meskipun Anda tidak punya sesuatu untuk dikatakan, mengatakan “Mmhmm”, “Oh begitu”, atau “Ya” setiap lima detik akan mulai menjengkelkan, Anda bisa mengucapkan kata-kata semangat di sini dan sana untuk menunjukkan Anda memperhatikan.

• Ekspresi Anda: Terlihat berminat dan kontak mata kepada pembicara setiap waktu. Jangan membanjiri lawan bicara dengan memelototinya, tetapi tunjukkan keramahan dan keterbukaan kepada apa yang Anda dengarkan. • Memperhatikan di antara kalimat: Selalu perhatikan hal-hal yang tidak disebutkan dan isyarat yang dapat membantu Anda mengukur perasaan pembicara.

Perhatikan ekspresi wajah dan tubuh pembicara untuk mengumpulkan semua informasi yang dapat Anda kumpulkan, bukan hanya dari kata-kata. Bayangkan keadaan pikiran yang membuat Anda mendapakan ekspresi, bahasa tubuh dan volume itu. • Bicaralah dengan tingkat energi yang sama dengan lawan bicara. Dengan ini, mereka akan tahu pesannya sampai dan tidak perlu mengulang. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fe\/Heal-Family-Wounds-Step-10.jpg\/v4-460px-Heal-Family-Wounds-Step-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fe\/Heal-Family-Wounds-Step-10.jpg\/v4-728px-Heal-Family-Wounds-Step-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jangan mengharapkan mereka akan langsung terbuka.

Sabar dan dengarkan, tanpa memberikan saran. • Cobalah untuk mengulang apa yang diucapkan lawan bicara untuk memastikan arti yang benar. Terkadang kata-kata bisa berarti dua hal yang berbeda. Cara terbaik untuk memastikannya dan menghindari kesalahpahaman adalah dengan mengulang apa yang lawan bicara Anda katakan jadi mereka mengerti bahwa Anda memang mendengarkan dan Anda dan dia mempunyai pengertian yang sama.

• Semakin sulit Anda mendengarkan, semakin penting hal yang dibicarakan. • Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu keahlian yang penting jika Anda mau maju di karir dan membentuk hubungan yang berarti dengan orang lain. • Jangan pernah memberikan saran Anda yang “luar biasa” (kecuali jika mereka meminta).

Orang-orang hanya mau didengar, tidak diceramahi. • Hanya karena seorang menceritakan masalahnya, tidak berarti mereka ingin Anda membetulkan semuanya. Mereka hanya ingin orang untuk mendengarkan.

• Hindari meniru semua kalimat kata per kata. Ini bisa menjadi menjengkelkan. • Jika Anda melihat kepada pembicara, lihatlah ke matanya. Ini menunjukkan Anda 100% fokus kepadanya, dan tidak terganggu dengan hal lain. Lemaskan mata Anda dan hindari melotot dan melihat dengan tidak percaya.

Buatlah Anda merasa nyaman dari apa yang dibicarakan, selama yang Anda bisa. • Ingatlah terkadang kita butuh mendengarkan “di antara kalimat”, tetapi ada waktunya ketika kita butuh menyerap semua informasi dan membiarkan pembicara berbicara dengan caranya. • Jika Anda berpikir tentang apa yang akan Anda katakan dan bukan mengenai pembicara, Anda tidak mendengarkan.

Anda mempunyai kemampuan yang kecil untuk membantu. • Hindari menganggap remeh. Hindari berkata seperti, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah orang mempunyai masalah ini jadi jangan cemas”. • Mulai sekarang dengarkan lawan bicara Anda dan sekeliling Anda, Anda akan kagum dari apa yang Anda dengar.

Perhatikanlah orang-orang dan dengarkan apa yang harus mereka katakan. Anda akan belajar banyak hanya dari mendengarkan. • Tunda pembicaraan penting jika Anda tidak dalam mood untuk mendengarkan. Lebih baik tidak berbicara jika Anda tidak siap. Ini akan membuat hasil yang negatif jika Anda memaksa berbicara saat Anda terganggu oleh emosi, kecemasan dan hal-hal lain yang mengganggu. • Hindari saran yang memaksa. • Jangan menyela pembicaraan dengan bertanya atau bercerita pengalaman pribadi.

• Cobalah untuk tidak berbicara terlalu banyak ketika lawan bicara Anda sedang berbicara hal yang sangat penting bagi mereka. Mereka merasa bisa mempercayakan Anda untuk mengatakan rahasia mereka yang berharga, dan jika Anda tidak mendengarkan dengan kelakuan Anda yang seperti tidak peduli (meski Anda tidak berniat), maka mereka akan merasa tidak bisa mengatakan apapun lagi dan ini bisa merusak hubungan Anda atau meminimalisasi kesempatan Anda untuk menjadi teman.

Jika subyeknya sangat penting, Anda harus menggunakan komentar yang berhubungan dengan ekspresi wajahnya dan coba untuk setuju. • Meskipun cerita yang ia ceritakan terlalu panjang bagi Anda untuk tetap memperhatikan, cobalah sebisa Anda untuk tetap mendengarkan. Anda tidak pernah tahu kesempatan Anda sangat dihargai dengan mendengarkan apa yang harus mereka katakan. Ini memperkuat hubungan Anda dengannya. • Jika Anda mencari respon sebelum lawan bicara Anda selesai bicara, Anda tidak benar-benar mendengarkan.

Cobalah menunggu sampai mereka selesai bicara untuk menyatakan pendapat Anda. Kosongkan pikiran: Kosong dan mulai baru. • Jangan hanya berkata uh huh, ya, atau mengangguk karena lawan bicara Anda akan menganggap Anda tidak benar-benar mendengarkan. • Kontak mata. Jika Anda tidak melihat mata lawan bicara, mereka bisa merasa Anda tidak benar-benar mendengarkan. • Cobalah kosongkan pikiran Anda dan berikan perhatian penuh kepada lawan bicara; Anda lakukan ini dengan mencoba fokus seperti bertaruh nyawa.
Di dalam sebuah perusahaan, organisasi, maupun badan usaha, salah satu hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari perusahaan tersebut adalah dengan menerapkan manajemen mutu.

Lalu, apa itu manajemen mutu? Bagaimana prosesnya? Apa manfaat serta fungsinya? Pengertian Manajemen Mutu Manajemen mutu yang dikenal total management quality atau TQM dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang membantu sebuah organisasi, perusahaan, atau badan usaha untuk mengawasi setiap kegiatan serta tugas dan tanggung jawab yang diperlukan dalam mempertahankan kualitas atau mutu dari perusahaan tersebut.

Total management quality sendiri merupakan sebuah sistem yang menentukan kebijakan, merencanakan, mengontrol, dan mengembangkan kualitas mutu yang diberikan perusahaan. Sistem ini juga dikenal sebagai sebuah filosofi dasar yang menyatakan bahwa kepuasan pelanggan akan menentukan keberhasilan jangka panjang dari sebuah badan usaha. Di dalamnya, semua stakeholders atau pemangku kepentingan bekerjasama dalam peningkatan kualitas produk dan layanan serta budaya kerja di lingkungan perusahaan.

Selain itu, ada definisi lain yang menjelaskan bahwa sistem manajemen dalam menjaga mutu adalah sebuah sistem manajemen yang lebih mengedepankan kualitas sebagai strategi bisnis yang berorientasi pada kepuasan pelanggan yang melibatkan seluruh SDM di perusahaan. Manfaat Manajemen Mutu Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari proses jika diterapkan di dalam sebuah perusahaan. Antara lain : • Memberikan kepuasan kepada para pelanggan sehingga menjaga kepercayaan terhadap perusahaan.

• Menumbuhkan rasa motivasi di dalam diri karyawan • Meningkatkan standar kerja di dalam perusahaan • Meningkatkan dan menjaga nama baik perusahaan Baca Juga: Pengertian Manajemen Bisnis, Fungsi, dan fungsi nya dalam Perusahaan Tujuan Manajemen Mutu Manajemen mutu sendiri memiliki beberapa tujuan yang diharapkan dapat tercapai di dalam prosesnya.

Yaitu : • Menetapkan Visi dan Standar kerja bagi para anggota suatu organisasi atau badan usaha • Membangun motivasi dan budaya kerja di dalam organisasi maupun badan usaha • Membantu meningkatkan kepercayaan terhadap produk yang dihasilkan perusahaan baik dari anggota maupun pelanggan atau klien.

• Memberikan inovasi atau pengembangan lebih lanjut dari perusahaan atau organisasi itu sendiri. Fungsi Manajemen Mutu Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manajemen mutu memiliki fungsi sebagai sebuah acuan atau tolak ukur dalam mengelola kualitas yang diberikan oleh suatu perusahaan, organisasi maupun badan usaha. Hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas dan kinerja seluruh anggota perusahaan dalam menjalankan tugasnya masing-masing guna mencapai tujuan dan visi dari perusahaan tersebut.

Proses Manajemen Mutu Di dalam manajemen mutu, ada beberapa tahapan maupun proses yang perlu dilakukan yaitu: Perencanaan dan Strategi Mutu Untuk mencapai suatu tujuan, diperlukan proses perencanaan dan strategi yang matang agar keputusan-keputusan yang diambil dapat lebih terarah dan sesuai. Hal ini juga berlaku di dalam dunia bisnis.

Untuk melaksanakan, harus diawali dengan perencanaan yang baik. rencana dan strategi yang dibuat pun juga harus memiliki struktur tahapan atau proses yang tepat. Hal ini dilakukan agar kualitas mutu yang diinginkan dapat tercapai dan memenuhi standar yang berlaku. Selain itu, di dalam tahap perencanaan strategi ini juga perlu dilakukan analisis untuk mengetahui kebutuhan dari konsumen atau pelanggan agar membantu meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk maupun jasa yang dihasilkan.

Implementasi Perencanaan Mutu Setelah melakukan perencanaan strategi yang matang, implementasi mutu diperlukan untuk mengaplikasikan hasil rancangan yang sudah dibuat. Di dalam proses implementasi mutu, ada hal yang perlu diperhatikan, seperti standar pengerjaan atau pembuatan produk, dan pengecekan kualitas mutu.

Jika sudah sesuai dengan standar mutu yang digunakan oleh perusahaan, barulah produk maupun hasil akan diberikan dan disebarluaskan kepada para konsumen di luar.

Baca Juga: Evaluasi Kinerja Praktis Berkat Software HRD LinovHR Evaluasi Mutu Setelah mengimplementasikan produk dan menyebarluaskan produk kepada para konsumen, maka tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah proses evaluasi mutu. Proses evaluasi mutu berguna untuk meninjau kembali hasil dari produk yang dikeluarkan. Di dalam proses evaluasi ini, perusahaan perlu untuk memeriksa kembali tingkat kepuasan serta respon yang didapatkan dari produk yang sudah dihasilkan.

Nantinya, hasil review atau evaluasi ini akan berguna dalam perbaikan atau pengembangan produk lebih lanjut. Perbaikan atau Pengembangan Setelah mengevaluasi hasil salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat mutu suara baik adalah kualitas dari produk yang sudah dikeluarkan sebelumnya, sebuah perusahaan perlu melakukan langkah terakhir dan yang paling krusia, yaitu pengembangan atau perbaikan.

Proses ini merupakan proses lanjutan yang memanfaatkan hasil pemantauan dan pengendalian mutu hingga sebuah perusahaan dapat berinovasi lebih lanjut terhadap produk atau jasa yang sudah dikeluarkan sebelumnya.

Pada dasarnya, hasil dari proses maupun tahapan awal harus ditinjau kembali untuk menyempurnakan dan mengembangkan kualitas mutu dari perusahaan. Ini merupakan salah satu tujuan awal yang diinginkan dalam mengimplementasikan manajemen untuk menjaga mutu.

Di dalam tahapan perbaikan atau pengembangan ini, ada 3 aspek yang harus ditargetkan, yaitu kinerja atau implementasi mutu terhadap produk, manajemen atau pengelolaan mutu, dan manajemen atau pengelolaan badan usaha atau perusahaan itu sendiri secara keseluruhan. Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu manajemen mutu. Semoga menambah wawasan Anda! Setiap perusahaan yang berdiri pastinya akan berlomba-lomba untuk menjadi yang paling berkuasa dan menguasai pasar. Namun, banyaknya kompetitor atau perusahaan serupa yang berdiri, membuat pasar tersebut semakin kompetitif dan terbagi-bagi.

Pembagian kekuasaan tersebut yang dinamakan dengan market share. Ada sebuah perusahaan yang menguasai 50% dari. Biaya overhead pabrik merupakan biaya ini tidak berkaitan langsung dengan produksi.

Meskipun demikian, overhead cost ini tetap perlu dianggarkan oleh setiap perusahaan untuk menunjang profitabilitas. Jika dibandingkan dengan jenis biaya lainnya, perhitungan biaya overhead pabrik ini tergolong cukup kompleks. Artikel LinovHR ini akan membahas lebih.

[CLOSED MEETING] Workshop Mutu dan Keselamatan Pasien di FKTP




2022 www.videocon.com