Cerita pada teks narasi sejarah bersifat

cerita pada teks narasi sejarah bersifat

Artikel Terbaru • Iman Kepada Allah • Struktur Kulit • Norma Kesopanan • Pengertian Kedaulatan • Letak Cerita pada teks narasi sejarah bersifat Indonesia • √Flowchart adalah : Pengertian, Jenis, Perbedaan, Tujuan dan Fungsi Secara Lengkap • Momen Inersia • √ Manusia Purba Di Indonesia : SejarahPengertian dan Jenisnya • Manajemen Pemasaran Adalah • Kompetensi Adalah • Implementasi Adalah • Manajemen Operasional Adalah • E-book Adalah • Talak Adalah • Senyawa Adalah Hai Quipperian!

Apakah kamu sadar bahwa cerpen, novel, dan biografi biasanya ditulis dengan teks narasi? Yupketiga contoh karangan cerita di atas menggunakan teks narasi untuk menggambarkan rangkaian peristiwa secara kronologis atau berurutan secara periode waktu. Selain itu, apakah kamu juga sadar bila narasi membantu pembaca untuk membayangkan suatu peristiwa menjadi lebih jelas, baik itu kisah fiksi maupun nonfiksi. Teks ini memang seru untuk Quipperian pelajari apalagi jika kamu gemar atau ingin belajar untuk menulis.

Nah, jika kamu saat ini sedang belajar mengenai teks narasi, Quipper Blog kali ini akan mengulasnya secara lengkap—mulai dari pengertian, tujuan, jenis, struktur, ciri, unsur, hingga contohnya. Mari kita bahas satu per satu, ya! Contoh Teks Narasi Pengertian Teks Narasi Teks narasi adalah jenis pola pengembangan paragraf atau karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa dan disusun secara kronologis dengan urutan waktu yang berurutan (terdiri dari awal, pertengahan, dan akhir).

Adapun turunan dari teks ini antara lain teks cerita fantasi, teks fabel, teks cerita sejarah, novel, cerpen, hikayat, hingga biografi atau kisah inspiratif. Tujuan Teks Narasi Cerita pada teks narasi sejarah bersifat teks ini adalah untuk membantu pembaca memahami sebuah karangan cerita menjadi lebih jelas dengan khayalan atau imajinasi yang didapatkannya.

Dengan demikian pembaca merasa seolah-olah tengah berada dalam cerita tersebut. Namun, pada dasarnya teks ini memiliki tujuan untuk menghibur pembacanya. Jenis Teks Narasi Berdasarkan buku Teks Narasi dan Literasi Buku Fiksi-Nonfiksi yang diterbitkan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan di tahun 2018, teks ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu: 1.

Narasi Informatif (ekspositoris) Karangan ini dibuat dengan tujuan menyampaikan informasi secara tepat tentang sebuah kejadian atau peristiwa. 2. Karangan Narasi Artistik Jenis ini bertujuan memberikan pengalaman estetis kepada pembaca melalui penggunaan bahasa figuratif atau kiasan. 3. Narasi Sugestif Jenis narasi dengan penceritaan sebuah peristiwa atau kisah dengan maksud terselubung kepada para pembaca.

Struktur Teks Narasi Secara umum struktur teks narasi terdiri dari 4 bagian yaitu, orientasi, komplikasi, resolusi, dan reorientasi. Berikut penjelasan lengkapnya dari masing-masing bagian tersebut: 1. Orientasi Di bagian awal ini akan terdapat informasi waktu, tempat, tokoh dan perwatakannya, hingga unsur-unsur lainnya yang dirasa penting untuk mendapatkan kesan yang baik dari pembaca.

2. Komplikasi Penulis sudah memaparkan kejadian penting, latar belakang konflik, hingga pemicu yang menimbulkan konflik antar tokoh di dalamnya. Di bagian komplikasi terdapat peristiwa lain sebagai akibat dari konflik sebelumnya, hingga akhirnya akan mencapai klimaks atau puncaknya. 3. Resolusi Setelah mencapai klimaks pada bagian komplikasi, resolusi inilah yang menjadi tanda konflik menurun hingga dapat terselesaikan. 4. Reorientasi Di bagian terakhir atau penutup ini, biasanya terdapat pesan yang ingin dikemukakan penulis dalam ceritanya.

Bagian ini sebenarnya tidak diwajibkan ada dalam sebuah teks narasi. Baca Juga: 12 Contoh Teks Narasi, Lengkap dengan Pembahasannya Ciri-Ciri Teks Narasi Beberapa ciri berikut ini dianggap memenuhi syarat sebagai suatu bentuk karangan narasi, antara lain: • Menggunakan gaya bahasa naratif untuk menceritakan cerita, kisah, dan peristiwa dalam suatu karangan narasi. • Memiliki alur cerita yang jelas mulai dari awal, pertengahan, hingga bagian akhirnya. • Memiliki konflik dan peristiwa atau kejadian sebab akibat yang saling mendukung penceritaan.

• Terdapat unsur pembentuk cerita seperti tema, latar, alur, sudut pandang, dan penokohan atau karakter. Unsur Teks Narasi Adapun selanjutnya hal yang perlu Quipperian ketahui ialah unsur-unsurnya yang terdiri dari beberapa poin berikut: • Tema, merupakan topik atau pokok pembicaraan untuk mengembangkan karangan cerita yang dituliskan.

• Latar, seperti waktu, tempat terjadinya peristiwa atau kejadian, lingkungan sosial, dan interaksinya.

• Penokohan atau karakter, yakni cara penulis menggambarkan watak atau tokoh dalam menggerakan sebuah cerita. • Alur, adalah rangkaian peristiwa yang memiliki pola dan berusaha memecahkan konflik dalam narasi. Contoh Teks Narasi Bandung Lautan Api Pada 23 Maret 1946 meletuslah sebuah perlawanan rakyat di Bandung untuk mengusir Sekutu dan NICA (Belanda).

Peristiwa Bandung Lautan Api diawali dengan datangnya pasukan Sekutu/Inggris pada 12 Oktober 1945 yang bersekongkol dengan Belanda untuk menguasai Indonesia kembali. Selanjutnya Sekutu mulai melancarkan propaganda dan rakyat Indonesia diperingatkan agar meletakkan senjata dan menyerahkannya kepada Sekutu. Pihak Indonesia tidak menggubris ultimatum tersebut malah justru angkatan perang Indonesia melakukan menyerang markas-markas Sekutu di Bandung bagian Utara, termasuk Hotel Homan dan Hotel Preanger pada 24 November 1945.

Ultimatum kedua pada 27 November 1945, Kolonel MacDonald selaku panglima perang Sekutu sekali lagi menyampaikan ultimatum kepada Gubernur Jawa Barat, Mr. Datuk Djamin, agar rakyat dan tentara segera mengosongkan wilayah Bandung Utara.

*** Nah, kamu sudah baca kan contoh di atas? Ciri-ciri teks narasi sejarah antara lain: • Cerita disajikan secara kronologis atau berurutan. • Bersifat faktual yang terlihat dari keterangan waktu, tempat, dan tokoh. • Memiliki struktur cerita yang dimulai dari orientasi, komplikasi dan resolusi dalam bentuk urutan peristiwa, dan reorientasi. • Sering terdapat konjungsi temporal atau kata hubung yang memiliki fungsi menghubungkan peristiwa berbeda yang berkaitan dengan waktu.

Dengan demikian, contoh narasi “Bandung Lautan Api” di atas tepat bila disebut sebagai teks narasi karena sesuai dengan ciri-cirinya, ya, Quipperian. Itulah penjelasan mengenai teks narasi yang penting untuk Cerita pada teks narasi sejarah bersifat ketahui.

Semoga pemaparan dalam artikel kali ini menambah wawasan kamu dan dapat segera diimplementasikan melalui bentuk tulisannya secara langsung. Agar semakin semangat belajarnya, jangan lupa untuk tetap belajar bersama Quipper Video. Jika belum berlangganan, bisa daftar sekarang di sini.

Kamu bisa belajar bareng tutor profesional berpengalaman, lewat rangkuman, contoh soal, dan ulasan video. Seru banget! Buruan daftar, ya! [spoiler title=SUMBER] • repositori.kemdikbud.go.id/ • serupa.id/[/spoiler] Surat Niaga – Bahasa Indonesia Kelas 11 Februari 15, 2022 Afiks – Arti dan Jenis Afiks Desember 28, 2021 Surat Pribadi – Pengertian, Ciri, Jenis, dan Cara.

Agustus 4, 2021 Fabel – Pengertian, Struktur, Jenis, dan Contoh April 20, 2021 Teks Deskripsi – Pengertian, Jenis dan Contohnya April 20, 2021 Puisi Rakyat – Pengertian, Jenis, dan Contohnya April 20, 2021
Tahukah kamu, dalam Bahasa Indonesia, kita juga belajar cara menulis teks cerita sejarah yang benar agar mudah dipahami para pembaca. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini! -- Apakah kamu pernah membaca cerita asal-usul suatu benda atau peristiwa?

Yap, teks cerita tersebut disebut teks cerita sejarah. Lalu, sejarah itu apa, sih? Sejarah adalah suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan-peninggalan itulah yang disebut sumber sejarah.

Nah, kalau begitu, dapat kita simpulkan bahwa teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan atau menceritakan tentang fakta atau kejadian masa lalu, yang menjadi asal muasal sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

Di artikel kali ini, kita akan mengetahui struktur dan ciri teks cerita sejarah, disertai dengan contoh teksnya. Bagi kamu yang penasaran, baca artikel ini sampai habis, ya! Struktur Teks Cerita Sejarah Dalam teks cerita sejarah, disusun oleh tiga macam bagian, yaitu orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi.

Hmm, apa ya maksud dari ketiga istilah tersebut? 1. Orientasi, bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah. Biasanya, pada struktur ini menggunakan jenis kalimat deskriptif. 2. Urutan peristiwa, rekaman peristiwa sejarah yang terjadi dan disusun berdasarkan urutan kronologis. 3.

cerita pada teks narasi sejarah bersifat

Reorientasi, komentar pribadi penulis terhadap cerita yang ditulisnya. Bersifat optional (boleh ditulis atau tidak). Pada struktur ini, biasanya memuat dampak yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Tapi diingat yah, struktur ini boleh ditulis atau tidak.

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah Lalu, bagaimana dengan ciri-ciri teks cerita sejarah? Nah, karena cerita sejarah itu menceritakan serangkaian peristiwa yang telah terjadi di masa lalu, maka teks cerita sejarah akan berisi fakta-fakta ya, guys. Kemudian, teks cerita sejarah juga harus disampaikan secara runut (kronologis), sesuai dengan waktu terjadinya peristiwa sejarah tersebut.

cerita pada teks narasi sejarah bersifat

Kan nggak enak ya, kalau misalnya, kita baca cerita sejarah proklamasi kemerdekaan, tapi rangkaian peristiwanya ngacak, yang ada malah bikin pusing. Hehehe. Terakhir, teks cerita sejarah akan banyak menggunakan konjungsi temporal, seperti lalu, kemudian, sejak, selama, hingga, dsb. Baca juga: Cara Menulis Teks Cerita Sejarah Singkat Contoh Teks Cerita Sejarah Nah, sebelumnya kita sudah mengetahui struktur dan ciri cerita pada teks narasi sejarah bersifat cerita sejarah, nih.

Sekarang, kita lanjut ke contoh teks cerita sejarahnya, ya. Berikut ini ada contoh teks cerita sejarah yang sudah dibedah berdasarkan struktur teksnya. Sejarah Terciptanya Instagram Orientasi: Siapa yang tidak kenal dengan instagram? Aplikasi yang berfungsi untuk berbagi foto dan video ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, mem-filter digital, menambahkan efek, dan mempublikasikan foto tersebut ke berbagai jenis jejaring sosial yang ada termasuk ke dalam jejaring Instagram itu sendiri.

Instagram sendiri terbentuk dari dua kata utama yakni "insta" yang berarti "instan" seperti pada kamera jenis polaroid yang lebih akrab disebut dengan foto instan. Dan kata "gram" mengarah pada kata "telegram" yang cara atau pengaplikasiannya adalah untuk mengirimkan sejumlah informasi pada seseorang dengan sangat cepat. Urutan Peristiwa: Burbn, Inc yang merupakan perusahaan start up teknologi yang notabennya hanya berkonsentrasi pada pengembangan dan pembuatan aplikasi telepon genggam berdiri pada sekitar tahun 2010 lalu.

Pada mulanya Burbn, Inc sendiri berfokus pada pendalaman seluruh fungsi bahasa pemrograman yakni HTML5. Namun seiring berjalannya waktu, Mike Krieger dan Kevin Systorm selaku CEO dari perusahaan ini memilih untuk berfokus hanya pada satu hal saja. Seminggu lamanya mereka berusaha membuat ide ide yang mungkin dapat mendatangkan profit, pada akhirnya kedua CEO ini berhasil menciptakan versi pertama dari Instagram, namun seperti pada prototype pada umumnya, versi awal dari Instagram ini masih memiliki banyak sekali kelemahan dalam segala sistemnya.

Setelah melalui berbagai tahap penyempurnaan versi Burbn (Instagram) ini akhirnya sudah dapat diujicoba dengan menggunakan perangkat iphone.

Namun tetap saja dirasa memiliki banyak sekali fitur yang tidak terkategori dengan baik. Sulit bagi Kevin dan Mike untuk mengatur ulang seluruh fitur yang ada dan memulai semuanya dari awal. Akhirnya Mike dan Kevin memilih untuk berfokus hanya pada fitur foto, berkomentar dan menyukai foto saja. Inilah kerangka awal terbentuknya jejaring sosial Instagram saat ini. Pada tahun 2012 tepatnya tanggal 09 April diumumkan sebuah berita besar yakni saham dan kepemilikan Instagram akan diambil alih oleh Mark Zuckerberg selaku pemilik Facebook dengan uang tunai dan saham senilai 1 miliar dollar.

Reorientasi: Instagram saat ini telah banyak diminati baik tua maupun muda. Penggunaan yang mudah dan fitur yang terkesan canggih membuat Instagram semakin populer dari tahun ke tahun. Dengan jejaring sosial Instagram ini kita dapat mengetahui segala aktivitas teman teman kita hanya dengan melihat foto dan video mereka. Gimana, nih, apa kamu sudah semakin paham cerita pada teks narasi sejarah bersifat Buat yang masih bingung, jangan khawatir ya. Yuk, coba belajar seru dan menyenangkan melalui ruangbelajar.

Video belajar beranimasi, soal latihan dan rangkumannya akan membantu kamu membuat #BelajarJadiMudah. Referensi Maryanto dkk. 2015. Bahasa Indonesia.

Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Artikel diperbarui 24 Agustus 2021. Bola.com, Jakarta - Teks Cerita Sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan/menceritakan tentang fakta/kejadian masa lalu yang menjadi asal muasal sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

Di dalam teks cerita sejarah, disampaikan pengisahan suatu deretan peristiwa yang disusun berdasarkan kronologi waktu. Teks Cerita sejarah berkaitan dengan teks narasi.

Teks cerita sejarah disampaikan berdasarkan pada peristiwa-peristiwa yang terjadi di lapangan dan membentuk kisah sejarah teks tersebut. Sama halnya dengan jenis teks lainnya, teks sejarah memiliki struktur tersendiri yang jadi pedoman dalam membuatnya dan menjadi ciri khas yang membedakan teks cerita sejarah dengan jenis teks yang lainnya.

Teks cerita sejarah seperti halnya jenis teks cerita lainnya (novel, cerpen, dll) termasuk kategori cerita ulang. Dalam teks cerita sejarah juga tidak lepas dari kaidah kebahasaan.

Saat menulis sebuah teks cerita sejarah perlu memperhatikan beberapa ciri kebahasaannya. Berikut ini rangkuman tentang struktur teks cerita sejarah, jenis, kaidah kebahasaan, seperti dilansir dari laman repositori.kemdikbud.go.id, Rabu (8/9/2021). Struktur Teks Cerita Sejarah Ilustrasi menulis. (Nick Morrison/ Unsplash) Dalam teks cerita sejarah terdapat struktur yang membangun teks cerita sejarah itu, di cerita pada teks narasi sejarah bersifat • Orientasi Orientasi merupakan bagian awal dari sebuah teks cerita sejarah yang berisi suatu gambaran tentang sebuah peristiwa sejarah.

• Peristiwa dan Masalah Peristiwa dan masalah merupakan bagian dari suatu kejadian atau peristiwa yang dialami. Pada bagian ini dijelaskan tentang sebuah pristiwa yang terjadi pada sebuah kehidupan di masa lalu.

• Reorientasi Reorientasi merupakan bagian penutup. Bagian ini berisi pandang dari penulis terhadap kejadian yang diceritakan. Reorientasi bersifat opsional, boleh ada, boleh juga tidak ada. Jenis-Jenis Teks Cerita Sejarah Ilustrasi menulis. Credit: unsplash.com/Green a.

Kalimat Kompleks Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri lebih dari satu aksi, peristiwa, atau keadaan sehingga mempunyai lebih dari satu verba utama dalam lebih dari satu struktur.

Di dalam teks tanggapan kritis ditandai adanya kalimat kompleks (kalimat majemuk), baik kalimat majemuk setara atau kalimat majemuk bertingkat.

b. Kata Hubung Kata hubung atau sering disebut juga konjungsi adalah sebuah kata yang berfungsi sebagai penghubung antara satu kata dan kata lain dalam satu kalimat. c. Kata keterangan Kata keterangan dalam teks cerita sejarah terbagi menjadi dua, yakni: • Kata keterangan waktu Kata keterangan waktu merupakan kata keterangan yang menggambarkan kapan terjadinya suatu peristiwa.

Misalnya: kemarin, sekarang, besok, lusa, besok lusa, pagi, siang, malam. • Kata keterangan tempat Kata keterangan tempat merupakan kata keterangan yang menunjukkan di mana dan di ruang mana suatu perbuatan atau peristiwa itu terjadi, misalnya di rumah, di sekolah, dari pasar, dan lain-lain.

cerita pada teks narasi sejarah bersifat

d. Kata Rujukan Kata rujuan ialah kata yang merujuk pada kata lain yang telah diungkapkan sebelumnya. Kata rujukan dibedakan menjadi tiga, sebagai berikut: • Rujukan benda atau hal Kata rujukan tersebut menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan, seperti: ini, itu, tersebut.

• Rujukan tempat Rujukan tempat yaitu kata yang menyatakan atau merujuk kepada kata tempat, di mana kejadian itu berlangsung, seperti kata rujukan tempat: di sini, di situ, di sana. • Rujukan personel atau orang atau yang diperlakukan seperti orang. Cerita pada teks narasi sejarah bersifat tersebut merujuk pada sebuah tokoh dalam sebuah cerita, tokoh yang mengalami kejadiaan atau peristiwa tertentu. Contoh kata rujukan personel atau orang atau yang diperlakukan seperti orang: aku, dia, ia, mereka, beliau.

Sumber: Kemdikbud Merdeka.com - Merdeka.com - Galih Gani Irawan (16), penerbang paralayang asal Pekanbaru, Riau hilang sejak Jumat (6/5) di kawasan hutan Green Lawang. Tim gabungan dari Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat akhirnya menemukan Galih dengan kondisi selamat pada Sabtu (7/5) sekitar pukul 12.30 WIB.

Kapolsek Matur Iptu Yance Mardi mengatakan, korban ditemukan dalam kondisi lemas akibat tidak mendapatkan asupan makan selama 24 jam.

"Lokasi juga diguyur hujan dan kondisi suhu cukup dingin di daerah Merdeka.com - Merdeka.com - Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan kasus Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) usai libur Lebaran 2022 baru akan terlihat sekitar satu bulan mendatang. "Untuk mengetahui kasus COVID-19, efek dari Lebaran, sekitar sebulan lah rata-rata, namun ini juga bergantung seberapa baik deteksi karena kembali, apapun itu bergantung pada kemampuan deteksi," kata Dicky saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Perkiraan waktu tersebut, kata Dicky, adala
ERROR: The request could not be satisfied 403 ERROR The request could not be satisfied. The Amazon CloudFront distribution is configured to block access from your country.

cerita pada teks narasi sejarah bersifat

We can't connect to the server for this app or website at this time. There might be too much traffic or a configuration error. Try again later, or contact cerita pada teks narasi sejarah bersifat app or website owner. If you provide content to customers through CloudFront, you can find steps to troubleshoot and help prevent this error by reviewing the CloudFront documentation. Generated by cloudfront (CloudFront) Request ID: kSA4kBguiMK1owOxc7Dp7_fv133ijOQ_tX_pRs9idegZD4-mOhnAtg==
Tulisan Terbaru • Iklim Koppen • Gangguan Pada Hati • Iklim Fisis • Sistem Sosial • Contoh Masalah Sosial • Kesenjangan Sosial • Gangguan Pada Usus Besar • Iklim Oldeman • Rumus Trapesium – Pengertian, Jenis, Keliling, Luas, Beserta Contohnya • Perbedaan Etika dan Moral • Perbedaan Debit Dan Kredit • Perbedaan CV dan PT • Bagian Bagian Pada Telinga Beserta Gambar dan Fungsinya • Konsep Adalah • Perbedaan Cuaca Dan IklimMenurut buku My Arts-Informed Narrative Inquiry into Homophobia in Elementary Schools as a Supply Teacher oleh Gosse D., murid lebih menyukai penggunaan teks narasi, fiksiberimajinasi, dan penggabungan seni yang membuat pembelajaran lebih menarik.

Oleh sebab itu, teks narasi sejarah sangat diperlukan agar membuat murid tertarik untuk mempelajarinya. Jika tidak dilanjuti oleh koda, bagian ini adalah akhir dari cerita yang berisi pengungkapan bagaimana tokoh utama dan tokoh lainnya menyelesaikan berbagai permasalahan yang menimpanya.

Terkadang dapat melalui penjelasan maupun penilaian terhadap nasib dan sikap yang dialami oleh tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa. Merupakan komentar yang membahas kembali isi semua peristiwa dan perilaku tokoh yang terlibat. Terkadang bagian ini memberikan interpretasi amanat, tetapi tidak disarankan. Lebih baik biarkan pembaca menyimpulkannya sendiri. Bagian ini adalah opsional, terkadang koda digunakan untuk membuat semacam teaser untuk buku lanjutannya.
Pernahkah Anda mendengar kalimat “Jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah”.

Kalimat tersebut sering kita dengar atau baca jika menyangkut sejarah negeri kita tercinta Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari bangsa Indonesia yang telah melewati berbagai peristiwa sejarah hingga saat ini.

cerita pada teks narasi sejarah bersifat

Peristiwa-peristiwa sejarah tersebut harus diabadikan agar generasi penerus bangsa tidak kehilangan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Oleh karena itu, dalam pelajaran bahasa Indonesia diajarkan mengenai materi teks cerita sejarah. Namun perlu diketahui bahwa teks cerita sejarah berbeda dengan teks sejarah. Apa pengertian teks cerita sejarah? Bagaimana ciri-cirinya?

cerita pada teks narasi sejarah bersifat

Apa jenis dan informasinya? Berikut informasinya! Daftar Isi • Pengertian Teks Cerita Sejarah • Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah • Struktur Teks Cerita Sejarah • Jenis-Jenis Teks Cerita Sejarah • 1.

Teks Cerita Sejarah Berdasarkan Fakta Sejarah • 2. Teks Cerita Sejarah Fiksi • Informasi Penting dalam Teks Cerita Sejarah • 1.

Informasi dalam Teks Cerita atau Novel Sejarah • 2. Unsur Pembangunan Teks Cerita Sejarah Pengertian Teks Cerita Sejarah Teks cerita sejarah adalah teks yang didalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sejarah adalah kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lalu. Sejarah didukung dengan bukti yang didapat dari catatan sejarah ataupun perkataan orang tua yang diwariskan secara turun-temurun. Teks cerita sejarah adalah naskah atau narasi yang mengandung unsur sejarah di dalamnya.

Dalam teks cerita sejarah ada beberapa unsur fakta, seperti tokoh, waktu, nama tempat, dan perisiwa sejarah. Teks cerita sejarah juga kadang mengandung unsur rekaan, seperti mitos asal-usul negeri dan mitos alegori. Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah Ciri teks cerita sejarah berbeda dengan ciri teks sejarah. Adapun ciri-ciri teks cerita sejarah adalah sebagai berikut. • Menampilkan latar masa lalu. • Disajikan secara kronologis.

cerita pada teks narasi sejarah bersifat

• Berbentuk teks cerita ulang. • Sering menggunakan konjungsi temporal. • Isinya dapat berupa fakta, dapat berupa fiksi dengan latar belakang cerita berupa fakta. Struktur Teks Cerita Sejarah Adapun struktur teks cerita sejarah adalah sebagai berikut.

• Orientasi, yaitu bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah. Biasanya, pada struktur ini menggunakan jenis kalimat deskriptif. • Urutan peristiwa, yaitu rekaman peristiwa sejarah yang terjadi dan disusun berdasarkan urutan kronologis. • Reorientasi, yaitu komentar pribadi penulis terhadap cerita yang ditulisnya. Bersifat optional (boleh ditulis atau tidak). Jenis-Jenis Teks Cerita Sejarah Teks cerita sejarah dapat dibedakan menjadi dua, yaitu teks cerita sejarah berdasarkan fakta sejarah dan teks sejarah fiksi.

Adapun masing-masing penjelasan dan contohnya sebagai berikut.

cerita pada teks narasi sejarah bersifat

1. Teks Cerita Sejarah Berdasarkan Fakta Sejarah Teks cerita sejarah berdasarkan fakta sejarah disusun berdasarkan fakta sejarah yang ada. Tokoh dalam teks cerita sejarah benar-benar ada.

cerita pada teks narasi sejarah bersifat

Begitu juga dengan latar dan kronologis peristiwa yang diceritakan. Hanya saja, dalam penulisannya, teks cerita sejarah ini disertai dengan unsur-unsur sastra seperti dialog, yang membuat cerita tersebut semakin menarik untuk dibaca. Contoh: Hatta, Aku datang karena Sejarah Karya Sergius Sutanto; Hidupku Sesudah Max Havelaar karya Mayon Soetrisno; dan Kupilih Jalan Gerilya: Roman Hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman katya E.

Rokajat Asura. 2. Teks Cerita Sejarah Fiksi Teks cerita sejarah fiksi merupakan cerita fiksi yang mengambil latar peristiwa masa lalu.

Tokohnya bersifat fiktif. Namun latar dan waktu peristiwa yang dipakai berupa fakta. Peristiwa sejarah masa lalu disampaikan dalam sebuah cerita fiksi dengan tokoh dan cerita cerita pada teks narasi sejarah bersifat.

Contoh: Pulang karya Leila S. Chudori; Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari, dan Burung-Burung Manyar karya Y.B. Mangunwijaya. Informasi Penting dalam Teks Cerita Sejarah Seperti halnya teks lain, teks cerita sejarah memuat informasi-informasi penting. Informasi penting tersebut terkandung dalam alur cerita. Informasi dalam teks cerita sejarah juga merupakan unsur pembangunan. Unsur pembangunan tersebut ada dua, yaitu unsur intrinsi dan unsur ekstrinsik.

Kedua unsur tersebut memengaruhi isi cerita sejarah. Adapun masing-masing penjelasannya adalah sebagai berikut. 1. Informasi dalam Teks Cerita atau Novel Sejarah Teks cerita sejarah berisi peristiwa sejarah yang pernah terjadi.

cerita pada teks narasi sejarah bersifat

Fakta sejarah yang terjadi dikemas dalam sebuah cerita baru. Untuk menemukan informasi penting tersebut, pembaca harus membaca keseluruhan isi cerita sejarah. Berikut langkah-langkah menemukan informasi penting teks cerita sejarah. • Membaca teks cerita atau novel sejarah secara seksama.

cerita pada teks narasi sejarah bersifat Mengidentifikasi pokok isi dalam teks cerita atau novel sejarah. • Mencatat pokok-pokok isi dalam teks cerita atau novel sejarah.

2. Unsur Pembangunan Teks Cerita Sejarah Teks cerita sejarah mempunyai unsur pembangunan. Unsur pembangunan teks cerita sejarah dibedakan menjadi unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik membangun isi cerita sejarah. Sementara itu, unsur ekstrinsik membangun cerita sejarah dari luar, seperti keadaan masyarakat waktu itu dan unsur sosial waktu peristiwa sejarah itu terjadi.

Baca juga: Struktur Teks Cerita Sejarah Beserta Contohnya Nah itulah dia artikel tentang teks cerita sejarah beserta ciri-ciri, jenis, dan informasi penting dalam teks cerita sejarah.

Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.
Yahoo is part of the Yahoo family of brands. By clicking " Accept all" you agree that Yahoo and our partners will store and/or access information on your device through the use of cookies and similar technologies and process your personal data, to display personalised ads and content, for ad and content measurement, audience insights and product development.

Your personal data that may be used • Information about your device and internet connection, including your IP address • Browsing and search activity while using Yahoo websites and apps • Precise location You can select ' Manage settings' for more information and to manage your choices.

You can change your choices at any time by visiting Your Privacy Controls. Find out more about how we use your information in our Privacy Policy and Cookie Policy. Click here to find out more about our partners.

Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah




2022 www.videocon.com