Dahak berwarna coklat

dahak berwarna coklat dahak berwarna coklat

Admin rsud - 10 Februari 2020 - 1146 kali Pernahkah mencari tahu arti warna dahak yang anda miliki? Dahak atau lendir dihasilkan oleh tubuh setiap hari walupun dalam keadaan sehat.

Jaringan yang memproduksi dahak melapisi mulut, hidung, sinus, dahak berwarna coklat, paru-paru dan saluran pencernaan. Didalam tubuh, dahak berperan untuk menjadi pelindung untuk menjaga jaringan dibawahnya tidak mongering. Dahak juga memiliki fungsi untuk menangkap kuman seperti bakteri dan debu agar tidak dapat masuk kedalam tubuh terutama pada saluran udara.

Dahak juga mengandung antibodi yang membantu tubuh untuk mengenali bakteri dan virus serta membunuhnya. Mengapa tubuh membentuk dahak dalam jumlah banyak? Saat tubuh sedang sehat akan menghasilkan dahak sebanyak 1-1,5 liter setiap harinya.

Sebagian besar dahak akan menetes ditenggorokan tanpa disadari.

dahak berwarna coklat

Namun, karena perubahan konsistensinya maka dapat membuat seseorang menyadarinya. Perubahan bentuk konsistensi lebdir dapat berubah karena tubuh mengalami kedinginan, reaksi alergi atau terjadi kontak dengan dahak berwarna coklat yang dapat memicu seperti serbuk sari yang dapat memicu bersin, gatal, dan hidung tersumbat.

Mengapa warna dahak dapat berubah? Dahak dapat berubah warna menjadi kuning, hijau, kemerahan atau kecoklatan. Apakah arti dari masing-masing warna tersebut? Dahak berwarna kuning atau hijau Dahak yang berwarna hijau atau kuning, umumnya merupakan pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi.

Warnanya berasal dari sel dahak berwarna coklat putih. Sel-sel ini mengandung enzim berwarna kehijauan dan dalam jumlah besar dapat mengubah dahak dengan warna yang sama. Dahak yang berwarna hijau atau kuning, umumnya disebabkan oleh bronchitis, pneumonia, sinusitis atau cystic fibrosis. Dahak berwarna kecoklatan Warna coklat yang terdapat pada dahak dikarenakan tercampur oleh darah.

dahak berwarna coklat umumnya disebabkan oleh bakteri pneumonia, bakteri bronchitis, cystic fibrosis, atau infeksi paru-paru. Dahak berwarna putih Beberapa kondisi kesehatan dapat menyebabkan diproduksinya dahak putih seperti: • Bronkitis yang disebabkan oleh virus • Meningkatnya asam lambung • PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik) • Gagal jantung kongestif. Kondisi ini terjadi karena jantung tidak memompa darah keseluruh tubuh secara efektif. Cairan menumpuk diberbagai area yang menyebabkan pembengkakan atau edema.

Cairan yang terkumpul di paru-paru dapat menyebabkan peningkatan dahak putih dna kemungkinan bisa terjadi sesak nafas. Dahak berwarna hitam Dahak yang berwarna hitam bisa terjadi karena menghirup debu yang berwarna hitam atau memiliki gangguan medis seperti infeksi jamur. Dahak hitam umumnya disebabkan oleh: • Merokok dapat menyebabkan dahak menjadi berwarna hitam • Infeksi jamur seperti Exophiala dermatitidis dapat menyebabkan keluarnya lendir hitam Dahak tidak berwarna Tubuh membentuk lendir yang tidak berwarna setiap hari.

Umumnya lendir tersebut berisi air, protein, sistem imun tubuh dan beberapa garam untuk membantu melumasi dan melembabkan system pernapasan. Peningkatan dahak yang diproduksi dapat berarti bahwa tubuh mencoba melawan pemicu yang masuk seperti serbuk sari atau beberaoa jenis virus. Dahak yang tidak berwarna umumnya disebabkan oleh: • Rhinitis alergi Kondisi ini juga disebut alergi hidung.

dahak berwarna coklat

Kondisi tersebut membuat tubuh menghasilkan lebih banyak lendir pada hidung setelah terpapar alergen seperti serbuk sari dan rumput. Lendir ini akan menyebabkan pilek atau batuk berdahak. • Bronkitis virus Bronkitis merupakan peradangan pada slauran bronkus di paru-paru. Kondisi ini dimulai dengan keluarnya dahak dan dahak berwarna coklat.

Pada beberapa kasus, dahak yang muncul dapat berwarna kuning. • Pneumonia virus Pneumonia ini disebabkan oleh infeksi pada paru-paru. Gejala awalnya seperti demam, batuk kering, nyeri otot, gejala yang mirip flu dan juga dapat meningkatkan dahak.

Dahak berwarna merah muda atau merah Darah merupakan penyebab utama dahak berwarna merah. Merah muda juga merupakan warna lain dari dahak merah, yang juga disebabkan oleh darah. Dahak yang berwarna merah atau merah muda umumnya disebabkan oleh: • Pneumonia • Tuberkulosis • Gagal jantung kongestif • Emboli paru-paru • Kanker paru-paru Berkonsultasilah dengan dokter jika anda memiliki tanda-tanda dahak berlebihan atau berwarna agar dokter dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan terapi pengobatan yang tepat.

Sumber: • Healthline. (2017, 15 Maret). Yellow, Brown, Green, and More: What Does The Color of My Phlegm Mean. Diperoleh 06 Juli 2018 dari: https://www.healthline.com/health/green-phlegm • WebMD. (2014, 10 April). The Truth About Mucus. Diperoleh 06 Juli 2018 dari: https://www.webmd.com/allergies/features/the-truth-about-mucus#4 Jangan remehkan batuk berdahak yang Anda alami, apalagi jika dahak yang dikeluarkan memiliki warna tertentu.

Pada keadaan normal, seseorang dahak berwarna coklat dahak dalam jumlah yang sedikit dan tidak berwarna. Jika Anda sering mengeluarkan dahak dan berwarna tidak bening, bisa jadi Anda mengalami suatu kondisi medis tertentu.

Berikut adalah arti warna dahak yang bisa menjadi tanda dari suatu masalah pada tubuh Anda. Arti berbagai macam warna dahak Dahak merupakan bagian dari lendir (mukus), yaitu cairan yang diproduksi oleh organ-organ pada sistem pernapasan.

Dahak berfungsi melembapkan sekaligus melindungi dahak berwarna coklat napas dari serangan kuman penyakit seperti virus dan bakteri. Dalam keadaan normal, tubuh manusia memproduksi dahak dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dan tidak berwarna, alias bening.

Seperti dijelaskan dalam halaman Harvard Medical School, produksi dahak berlebih disertai dengan perubahan tekstur (biasanya lebih kental) dan warna menandakan adanya masalah dalam sistem pernapasan.

Kelebihan dahak di dalam saluran pernapasan biasanya dikeluarkan ketika batuk. Warna dahak hijau atau kuning Mungkin Anda beberapa kali mengeluarkan dahak yang berwarna kuning atau hijau.

Kondisi ini umumnya terjadi saat Anda kena flu. Dahak hijau atau kuning menandakan bahwa tubuh Anda sedang melawan infeksi virus atau bakteri. Perubahan warna tersebut sebenarnya berasal dari sel-sel darah putih yang dikenal sebagai neutrofil yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh ke daerah infeksi. Neutrofil mengandung protein hijau, sehingga memengaruhi warna dahak. Awalnya, dahak Anda mungkin akan berwarna kuning. Hal ini menandakan bahwa infeksi bakteri atau virus belum terlalu parah.

Dahak kemudian berubah kehijauan karena tubuh mengeluarkan banyak neutrofil untuk menyerang bakteri. Beberapa penyakit yang menyebabkan dahak Anda berwarna hijau atau kuning, yaitu: • Pneumonia • Bronkitis • Sinusitis • Cystic fibrosis Dahak berwarna putih atau semi abu-abu Dahak yang berwarna putih atau keabu-abuan mengindikasikan adanya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas atau nasal congestion (hidung tersumbat).

Dalam keadaan sakit kronis, dahak yang berwarna putih ini diakibatkan oleh gangguan sistem pencernaan, gagal jantung kongestif, serta penyakit paru kronis. Apabila dahak terus dikeluarkan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Meskipun putih, warna dahak ini bisa menandakan penyakit yang berbahaya. Beberapa penyakit yang menyebabkan dahak Anda berwarna putih atau keabu-abuan di antaranya: • Penyakit paru obstruktif kronis ( PPOK) yaitu kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh bronkitis dan emfisema.

• Bronkitis yang disebabkan oleh infeksi virus. • Iritasi tenggorokan yang dipicu oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan atau GERD. Dahak berwarna cokelat Anda memiliki kebiasaan merokok? Jangan heran jika melihat dahak berwarna kecokelatan. Dahak berwarna cokelat bisa jadi berasal dari bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam rokok, seperti resin dan tar. Tak hanya merokok, warna dahak cokelat juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu. Dahak yang berwarna kecokelatan bisa jadi merupakan tanda gumpalan darah yang sudah lama mengendap.

Beberapa penyakit yang menyebabkan Anda batuk berdahak warna cokelat, yaitu: • Pneumoconiosis, yaitu gangguan paru-paru yang disebabkan oleh polusi, limbah industri atau abses.

• Luka pada paru-paru • Pneumonia akibat infeksi bakteri • Bronkitis akibat bakteri • Makan makanan yang membuat dahak menjadi cokelat, seperti kopi, anggur merah, dan cokelat.

dahak berwarna coklat

Dahak berwarna hitam Dahak yang berwarna hitam biasanya disebut dengan melanoptysis. Hampir sama dengan dahak cokelat, dahak yang berwarna hitam ini juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok yang parah.

Beberapa kondisi medis yang juga mungkin menyebabkan dahak berwarna hitam, antara lain: • Infeksi jamur Exophiala dermatitidis yang menyerang pernapasan • Pneumoconiosis Dahak berdarah (merah atau merah muda) Dahak berdarah membuat lendir yang keluar bercampur dengan darah berwarna merah atau merah muda. Ini menandakan telah terjadi perdarahan di saluran napas Anda.

Dahak berdarah biasanya juga disertai dengan batuk berdarah. Dahak berwarna merah termasuk warna dahak yang berbahaya. Beberapa kondisi yang menyebabkan Anda mengalami dahak berdarah, yaitu: • Pneumonia • Tuberkulosis (TBC) • Gagal jantung kongestif • Penyumbatan di pembuluh darah paru-paru Jika Anda mengenali adanya perubahan dahak berwarna coklat dahak dan disertai dengan gejala penyakit pernapasan kronis, seperti batuk atau dahak berdarah, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Melalui pemeriksaan medis, dokter akan menentukan dahak berwarna coklat yang menyebabkan perubahan warna dahak yang Anda alami. Martínez-Girón, R., Mosquera-Martínez, J., & Martínez-Torre, S.

(2013). Black-pigmented sputum. Journal of cytology, 30(4), 274–275. https://doi.org/10.4103/0970-9371.126667 Robert H. Shmerling, M. (2016). Don’t judge your mucus by its color – Harvard Health Blog. Retrieved 15 October 2020, from https://www.health.harvard.edu/blog/dont-judge-your-mucus-by-its-color-201602089129 Mayo Clinic. (2020). Tuberculosis – Symptoms and causes. Retrieved 15 October 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tuberculosis/symptoms-causes/syc-20351250 American Lung Association.

(2020). Pneumonia Symptoms and Diagnosis. Retrieved 15 October 2020, from https://www.lung.org/lung-health-diseases/lung-disease-lookup/pneumonia/symptoms-and-diagnosis AAFA.org.

dahak berwarna coklat

(2020). Rhinitis, Nasal Allergy, Hayfever. Retrieved 15 October 2020, from https://www.aafa.org/rhinitis-nasal-allergy-hayfever/
Dugaan terkuat adalah pertanda keracunan. Warna flek coklat pada dahak saat batuk bisa menandakan tuberculosis, bronkitis, pneumonia, laringitis, luka pada tenggorokan ataupun asam lambung.

dahak berwarna coklat

Sebenarnya ada beberapa warna dahak sebagai indikasi dari penyakit-penyakit yang berbeda, namun dahak berwarna coklat jelas jika Anda mengalami masalah ini sebaiknya hindari terlebih dulu paparan asap rokok, debu, dan polusi udara yang lain. Efek samping merokok memang menjadi kecurigaan pertama karena rata-rata mereka yang mengeluhkan atau mengkhawatirkan warna coklat pada dahak adalah perokok.

Gaya hidup dan pekerjaan seseorang bisa berkontribusi besar terhadap gejala-gejala kesehatan yang menimpa saluran pernapasan dan pencernaan. Jika Anda tinggal di lingkungan yang tingkat polusi dan kepadatannya tinggi, menggunakan masker sangat disarankan dan untuk mengatasi gangguan di dalam tubuh yang sesekali atau kerap terjadi maka dianjurkan banyak minum air putih.

Air putih sangat manjur mengatasi dehidrasi di dalam tubuh dan memicu munculnya keringat dan mengikis racun-racun yang menempel pada sel atau jaringan tubuh. Pada perokok, dahak berwarna coklat yang keluar saat batuk besar kemungkinannya mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan paru-paru seperit tar, nikotin, dan racun. Seorang perokok berat sebenarnya sudah lama menimbun zat-zat ini di saluran pernapasannya.

dahak berwarna coklat

Jadi ketika jaringan atau sel di dalam organ pernapasannya mulai tidak mampu mengatasi maka terjadilah batuk sebagai efek samping merokok. Efek samping merokok sudah sangat jelas merugikan kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Pada kondisi yang lebih kronis, racun ini bisa sampai pada organ pencernaan yang membuat penderitanya mual-mual, muntah dan mengalami gangguan lambung akut. Jika Anda menganggap flek kecoklatan pada batuk Anda meresahkan, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan saran dan perawatan yang sesuai.

Tenggorokan Berdahak dengan Flek Coklat Banyak perokok sering mengeluhkan sesak napas atau batuk yang membuat dadanya terasa tidak nyaman. Di samping itu, tenggorokan yang selalu berdahak flek coklat biasanya menunjukkan bahwa keluhan yang mereka rasakan sudah mencapai tahap mengkhawatirkan. Jadi, berhenti merokok menjadi suatu keharusan. Namun beberapa orang juga mengalami flek coklat saat berdahak meski mereka bukan perokok. Ini tentu lebih memerlukan kewaspadaan tinggi dan satu-satunya jalan adalah mengunjungi dokter atau rumah sakit.

Dahak berwarna coklat yang disertai oleh gejala-gejala lain seperti sesak nafas, keringat dingin, dan lain-lain tidak jarang menunjukkan risiko pneumonia, tuberculosis, laringitis, atau bronkitis. Uji laboratorium akan memastikan seberapa parah kondisi seseorang dan jalan tindakan terbaik apa yang harus segera diambil. Namun sebagai pertolongan pertama dan pencegahan agar kondisi tidak memburuk, pertama-tama kebiasaan buruk harus dihentikan.

Dahak berwarna coklat, berpindah ke lingkungan dengan udara yang lebih segar dan sehat terkadang meredakan gejala-gejala yang tidak mengenakkan meski dahak dahak berwarna coklat coklat masih keluar.

dahak berwarna coklat

Pola makan yang sehat disertai banyak makan sayuran, buah-buahan dan makanan berserat tinggi disebut mampu memperkuat kembali sel-sel dan jaringan pada organ pernapasan untuk melawan gejala-gejala keracunan dan sakit. Kenapa Tenggorokan Selalu Terasa Ada Dahaknya? Ini menjadi pertanyaan yang logis dan sering disampaikan oleh orang-orang.

Gejala flu merupakan penjelasan yang sering diberikan. Memang, di saat-saat tertentu tubuh kita perlu mengalami gejala flu untuk mengistirahatkan sel-sel yang bekerja 24 jam setiap harinya. Nah, sebagai efek sampingnya maka sel-sel tubuh mengeluarkan lendir terutama di bagian tenggorokan yang kita kenal sebagai dahak. Selama tidak menimbulkan keluhan lain, dahak pada tenggorokan seperti ini masih terkategorikan sehat dan akan hilang dengan sendirinya.

Namun jika dahak masih saja terjadi berhari-hari secara tidak wajar, dahak berwarna coklat lebih lanjut diperlukan. Penyakit pernapasan dahak berwarna coklat bronkitis atau tuberculosis juga menunjukkan adanya dahak yang berlebihan.

Tenggorokan itu sendiri merupakan organ tubuh yang senantiasa basah dan untuk menjaga keseimbangan pH, temperatur, dan kebasahannya, sel-sel dan jaringan mengeluarkan cairan yang jika berlebih akan berbentuk dahak. Seiring dengan berhentinya kebiasaan merokok efek samping merokok menjadi berkurang yang ditandai oleh perubahan warna dahak.

Jadi, daripada terlambat sebaiknya para perokok tidak menunda-nunda lagi untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Berolah raga secara teratur dan mengonsumsi banyak makanan yang kaya akan vitamin dan mineral sangat membantu menghilangkan efek kecanduan dari rokok. Obat Untuk Mengatasi Dahak berflek coklat Flek atau bercak coklat pada dahak bisa timbul akibat perdarahan kecil dan ringan di sekitar saluran nafas bagian dalam.

Ini seringkali terjadi terutama pada saat kita sedang mengalami flu. Untuk mengatasinya obat flu biasa bisa mencukupi namun jika flek coklat masih terus muncul hingga setelah flu reda maka perlu diperiksakan ke dokter apakah ini menunjukkan gejala-gejala lain. Jika ternyata flek coklat tersebut disebabkan oleh organisme entah bakteri, virus, atau jamur, maka penggunaan obat-obat antibiotik akan disarankan.

dahak berwarna coklat

Dan hal ini hanya boleh diresepkan dan diberikan oleh seorang dokter. Menghindari pola hidup yang menyebabkan kita dahak berwarna coklat tinggi mengalami gangguan pernapasan merupakan hal yang harus dilakukan sekarang juga. Efek samping merokok selain menambah beban ekonomi keluarga juga mengancam kesehatan dan kebugaran fisik kita. Jadi, timbulnya flek coklat pada dahak bisa disebabkan oleh beberapa faktor baik itu debu-debu, asap, ataupun organisme hidup. Mengingat pentingnya paru-paru bagi tubuh yang menyuplai oksigen untuk kerja seluruh sistem maka merawatnya menjadi tanggungjawab penting bagi kita semua.

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan minum air putih dalam jumlah yang cukup bisa memberikan efek bagus bagi kesehatan secara umum. Dahak berwarna coklat sejauh ini sangat berkaitan dengan kebiasaan merokok karena asap rokok meninggalkan residu seperti tar dan nikotin di saluran pernapasan kita.

Oleh karena itu, jangan tunda untuk memeriksakan kesehatan Anda ke dokter saat muncul flek hitam pada dahak Anda.

dahak berwarna coklat

Setiap dahak menandai berbagai kondisi kesehatan, terutama dahak coklat. Tidak seperti dahak kuning atau hijau yang berasal dari sel darah putih, dahak coklat berarti darah tua.

Baca Juga: Batuk Berdahak hingga Nyeri Dada, Apa Penyebabnya? Sebelum berubah menjadi dahak coklat, biasanya penderita akan mengeluarkan dahak merah atau merah muda terlebih dahulu.

Melansir Healthline, dahak berwarna coklat coklat biasanya disebabkan oleh kondisi kesehatan: Ilustrasi menderita flu, pilek dan batuk. (Shutterstock) - Pneumonia bakteri: Bentuk pneumonia ini dapat menghasilkan dahak dahak berwarna coklat berwarna hijau-cokelat atau berwarna karat.
Dahak adalah lendir yang biasanya muncul saat Anda sedang batuk.

Jika diperhatikan, warna dahak ini tidak selalu sama. Jangan anggap remeh perubahan warna dahak, dahak berwarna coklat hal ini bisa menjadi tanda adanya penyakit-penyakit tertentu. Selain bening, warna dahak bisa berubah menjadi putih, dahak berwarna coklat, kuning, merah, merah muda, bahkan hitam.

Warna dahak bisa menjadi tanda untuk memperkirakan penyebab yang mendasari munculnya keluhan. Selain itu, perubahan warna dahak juga dapat menjadi salah satu indikator tingkat keparahan penyakit. Beragam Warna Dahak Berikut ini adalah beragam warna dahak dan kondisi yang mungkin menyebabkannya: 1. Dahak bening Dahak bening adalah warna normal lendir yang diproduksi oleh tubuh. Dahak ini mengandung protein, air, antibodi, dan garam, yang berfungsi untuk melembapkan sistem pernapasan di dalam tubuh.

Kendati demikian, jika jumlah dahak bening berlebihan, hal ini bisa menandakan adanya gangguan pada saluran pernapasan, seperti infeksi virus atau reaksi alergi pada sistem pernapasan. 2. Dahak putih Dahak yang berwarna putih juga merupakan warna dahak yang normal, tetapi jika jumlahnya berlebihan, dahak putih biasanya mengindikasikan beberapa penyakit seperti: • Bronkitis yang disebabkan virus Bronkitis yang disebabkan oleh infeksi virus umumnya menyebabkan batuk dengan dahak berwarna putih.

• PPOK Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan gangguan pada paru-paru yang berjalan dalam jangka waktu yang lama dan menimbulkan penyempitan pada saluran pernapasan.

Kondisi ini dapat disertai batuk dengan dahak berwarna putih. • Penyakit asam lambung Penyakit asam lambung (GERD) menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan. Hal ini menyebabkan dinding tenggorokan teriritasi. Sebagai respons alami, dinding tenggorokan yang teriritasi akan memproduksi lendir yang biasanya berwarna keputihan.

• Gagal jantung Gagal jantung adalah kondisi ketika jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh secara efektif. Kondisi ini dapat disertai dengan penumpukan cairan tubuh, termasuk pada paru-paru, sehingga meningkatkan produksi dahak berwarna putih.

3. Dahak hijau atau kuning Warna dahak hijau atau kuning berasal dari sel darah putih yang sedang melawan penyebab infeksi. Pada awal kemunculannya, dahak umumnya berwarna kuning, kemudian bisa berubah menjadi hijau seiring waktu. Infeksi yang bisa menyebabkan dahak berwarna hijau antara lain: • Pneumonia Pneumonia merupakan peradangan jaringan paru-paru yang sering kali mengiringi gangguan pernapasan lainnya.

Selain batuk berdahak warna hijau atau kuning, penderitanya juga bisa merasakan gejala lain, seperti demam, napas pendek, atau sesak napas. Pada kondisi tertentu, dahak dapat bercampur darah. • Bronkitis Bronkitis umumnya diawali dengan batuk kering yang kemudian menjadi batuk berdahak, lalu seiring waktu menimbulkan dahak berwarna hijau atau kuning. Bronkitis yang berdahak hijau biasanya diawali oleh infeksi virus yang kemudian diikuti oleh infeksi bakteri. • Sinusitis Dahak hijau atau kuning juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan pada sinus atau sinusitis.

Selain keluarnya dahak ini, Anda juga mungkin merasakan sejumlah gejala lain, misalnya rasa tekanan pada wajah dan hidung tersumbat. 4. Dahak merah atau merah muda Warna merah biasanya berasal dari darah yang terdapat dalam dahak.

Darah ini bisa disebabkan oleh luka atau peradangan pada saluran pernapasan, misalnya penyakit-penyakit seperti: • Tuberkulosis Tuberkulosis merupakan infeksi bakteri yang dapat menular. Kondisi ini ditandai dengan batuk lama (lebih dari 2 minggu) dan sering kali batuk darah. Gejala lainnya adalah demam dan keringat di malam hari, serta penurunan berat badan. • Dahak berwarna coklat paru Dahak berwarna merah merupakan salah satu gejala kanker paru-paru. Penyakit ini juga menimbulkan berbagai macam gangguan pernapasan, seperti nyeri dada dan sesak napas, serta penurunan berat badan yang • Emboli paru Emboli paru disebabkan oleh penyumbatan darah pada arteri paru (arteri pulmonalis).

Penyumbatan darah ini umumnya disebabkan oleh gumpalan darah yang mengalir dari bagian tubuh lain. Pada emboli paru dapat terjadi keluhan batuk berdahak merah atau merah muda, nyeri dada, dan sesak napas.

5. Dahak cokelat Warna cokelat yang muncul pada dahak bisa menandakan perdarahan yang sudah lama. Jadi, kondisi ini bisa diawali dengan batuk yang berdahak warna merah atau merah muda. Dahak berwarna cokelat bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti: • Cystic fibrosis Cystic fibrosis adalah salah satu kondisi yang bisa menyebabkan dahak menjadi sangat kental dan lengket, sehingga mudah menjebak bakteri atau jamur dan akhirnya berwarna cokelat.

Ini merupakan penyakit paru kronis yang bersifat genetik dan dapat sangat mengganggu kerja paru untuk bernapas. • Abses paru Abses paru terjadi ketika terdapat infeksi yang menyebabkan jaringan paru-paru meradang dan dipenuhi nanah.

dahak berwarna coklat

Selain menimbulkan batuk dengan dahak yang kecokelatan atau mengandung darah, abses paru dapat juga disertai dengan bau napas yang tidak sedap. 6. Dahak hitam Keluarnya dahak hitam atau disebut juga melanoptysis, bisa dipengaruhi oleh polusi berat, misalnya akibat menghirup asap kebakaran besar atau gunung meletus. Selain itu, ada juga beberapa penyakit yang bisa menyebabkan dahak hitam, seperti: • Pneumokoniosis Ini dahak berwarna coklat gangguan paru-paru yang sulit disembuhkan.

Kondisi ini bisa terjadi jika Anda menghirup banyak debu industri, seperti debu asbes yang menyebabkan asbestosis atau debu silika yang menyebabkan silicosis. • Infeksi jamur Infeksi jamur hitam Exophiala dermatitidis juga dapat menyebabkan dahak berwarna hitam.

Ini adalah kondisi yang jarang terjadi, dan biasanya lebih sering dialami oleh penderita cystic fibrosis. Jika dahak Anda berwarna bening, kuning, ataupun hijau tanpa disertai gejala lain yang membahayakan, Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan. Anda bisa mengatasinya dengan cara sederhana, seperti berkumur dengan air garam atau mengonsumsi obat batuk ekspektoran. Namun, jika dahak Anda berwarna merah, cokelat, ataupun hitam, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter guna mendapat pemeriksaan dan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.
Warna dahak dapat menandakan berbagai kondisi kesehatan seseorang.

Nah, berikut ini kita akan membahas dahak berwarna coklat yang disebabkan oleh kondisi kesehatan. 1. Cystic fibrosis Cystic fibrosis merupakan penyakit paru-paru kronis, di mana adanya penumpukan lendir di paru-paru.

Penyakit ini pula yang menyebabkan dahak berwarna hijau ke coklat. 2. Bakterial bronchitis Kondisi ini akan menyebabkan dahak berwarna coklat berkarat. Jika sering merokok atau terpapar asap rokok akan berisiko terkena bronkitis. 3. Abses paru-paru Kondisi ini di mana rongga berisi nanah dalam paru-paru yang disebabkan oleh infeksi dan meradang.

Kondisi ini memunculkan dahak berwarna coklat atau bercak darah, dahak ini juga memiliki bau busuk. #KAMUHARUSTAU • 1 Skema Rekayasa Lalu Lintas Lebaran 2022 Resmi Ditutup Hari Ini! Cek Jadwalnya • 2 Meski Tanpa Makeup, Wajah Jessica Iskandar saat Melahirkan Dahak berwarna coklat Keduanya Tetap Cantik • 3 Raja Salman Masuk Rumah Sakit, Jalani Pemeriksaan Kolonoskopi • 4 Man City Perkasa di Puncak Klasemen Usai Bantai Newcastle, Jauhi Kejaran Liverpool • 5 Ahli Kesehatan: Wabah Hepatitis Akut Mungkin Berkaitan dengan Anjing, Ini Penjelasannya • 6 Sudah Bisa Urus STNK hingga SIM, Pelayanan Samsat Dibuka Mulai Hari Ini • 7 Ini 5 Lagu Daerah Jawa Tengah yang Populer Hingga kini!

• 8 Kekasih Cristiano Ronaldo Ungkap Nama Bayi Perempuannya, Punya Makna Indah VIRAL SEPEKAN • 1 Misteri Kematian Kartini, Diduga Dibunuh karena Berhubungan dengan Freemason • 2 Keluarga Kena Imbas Indra Kenz, Netizen Bingung: Kok Doni Salmanan dan Istri Enggak?

• 3 Vincent Verhaag Langsung Lemas Bayi yang Dikandung Jessica Iskandar Terlilit Tali Pusar • 4 Kamila Aisya, Siswi yang Lulus di 6 Universitas Top Dunia Sering Tertidur di Kelas • 5 Tsamara Amany Mundur dari PSI, Bro Giring Jadi Sorotan: Padahal Dikit Lagi Jadi Presiden • 6 Culture Shock Bule Palestina Jalani Puasa di Indonesia: Di Sini Sahurnya Pakai Nasi • 7 Viral Makanan Disajikan di Lantai Diduga untuk Santri, Dimakan Tanpa Alas Bersama-sama • 8 Penampilan Chika Pakai Rok Pendek dan Baju Ketat Disorot Netizen: Kayak Biduan • 9 Maia Estianty Selesai Jalani Operasi Batu Empedu, Ternyata Sudah Disarankan Sejak 2016 • 10 Lemas Usai Diperiksa, Chandrika Chika Kena Sindir: Kalau Gibahin Mantan Semangat VIRAL SEPEKAN • 1 Misteri Kematian Kartini, Diduga Dibunuh karena Berhubungan dengan Freemason • 2 Keluarga Kena Imbas Indra Kenz, Netizen Bingung: Kok Doni Salmanan dan Istri Enggak?

dahak berwarna coklat

• 3 Vincent Verhaag Langsung Lemas Bayi yang Dikandung Jessica Iskandar Terlilit Tali Pusar • 4 Kamila Aisya, Siswi yang Lulus di 6 Universitas Top Dunia Sering Tertidur di Kelas • 5 Tsamara Amany Mundur dari PSI, Bro Giring Jadi Sorotan: Padahal Dikit Lagi Jadi Presiden • 6 Culture Shock Bule Palestina Jalani Puasa di Indonesia: Di Sini Sahurnya Pakai Nasi • 7 Viral Makanan Disajikan di Lantai Diduga untuk Santri, Dimakan Tanpa Alas Bersama-sama • 8 Penampilan Chika Pakai Rok Pendek dan Baju Ketat Disorot Netizen: Kayak Biduan • 9 Maia Estianty Selesai Jalani Operasi Batu Empedu, Ternyata Sudah Disarankan Sejak 2016 • 10 Lemas Usai Diperiksa, Chandrika Chika Kena Sindir: Kalau Gibahin Mantan SemangatDahak merupakan lendir yang mengental dan disekresikan oleh selaput lendir pada saluran pernapasan.

Sebagian dari kamu mungkin masin bingung apa bedanya antara lendir dan dahak. Lendir bisa dikatakan sebagai lapisan pelindung yang normal, biasanya berada di sekitar selaput lendir pernapasan, pendengaran, visual dan saluran pencernaannya.

Lendir sendiri terdiri dari glikoprotein dan air. Sementara untuk dahak merupakan jenis khusus dari lendir itu sendiri. Dahak ini dihasilkan di saluran pernafasan saat terjadi infeksi atau penyakit. Dahak mengandung bakteri, kotoran, virus, komponen darah serta sel-sel inflamasi mati yang dihasilkan akibat infeksi. Dikarenakan dahak tidak diinginkan oleh tubuh maka dikeluarkan melalui saluran pernapasan yaitu lewat batuk.

Batuk yang disertai dahak atau batuk berdahak pun memiliki nama lain yang sputum. Dahak ini biasanya diproduksi di dalam tabung bronkial, saluran tenggorokan, paru-paru dan bagian lain dari saluran pernapasan selain dari rongga hidung. Dahak ini dapat menjadi tanda terjadinya infeksi seperti pneumonia, bronchitis, pilek, sinus kronis, asma atau bahkan kanker paru-paru pada situasi tertentu. Berbagai infeksi yang terjadi menyebabkan dahak memiliki banyak warna.

Misalnya saja, dahak yang berwarna cokelat umumnya disebabkan oleh dahak yang sudah tercampur dengan darah, biasanya darah tersebut berasal dari saluran pencernaan. Darah tersebut berwarna lebih gelap karena telah tercampur dahak berwarna coklat asam lambung. Sementara untuk batuk berdahak yang berasal dari dahak berwarna coklat pernapasan biasanya berwarna merah muda atau merah terang.

Untuk lebih jelasnya tentang warna-warna dahak, simak ulasannya di bawah ini: Arti Dari Warna-Warna Dahak Dahak Berwarna Bening Dahak yang berwarna bening, berarti dahak berwarna coklat keruh biasanya tidak terlalu dipusingkan karena dianggap dahak biasa. Tapi tahukah kamu dalam beberapa kasus, misalnya pilek yang disebabkan oleh infeksi virus, atau pun reaksi alergi akan menyebabkan produksi berlebihan dahak bening tersebut.

Hal ini merupakan awal produksi lendir kuning atau pun lendir hijau, terutama di awal tahap infeksi. Sejumlah penyebab lain produksi dahak berwarna bening dahak berwarna coklat antaranya, seperti Bronkitis kronis, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) dan Postnasal drip (lendir yang merembes dari saluran nasal) Dahak Berwarna Putih atau Abu-Abu Dahak dengan warna putih atau abu-abu merupakan sebuah tanda infeksi pada saluran pernapasan karena kemacetan sinus.

Ada pun penyebab lainnya seperti asma, virus dahak berwarna coklat bronkitis kronis, radang tenggorokan, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) dan alergi. Dahak berwarna abu-abu bisa juga disebabkan oleh polusi udara dan merokok. Dakah Berwarna Kuning Terang Dahak yang berwarna kuning terang merupakan sebuah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sudah berfungsi dengan baik.

Hal ini karena dahak tersebut menunjukkan bahwa kekebalan tubuh kamu berhasil melawan infeksi virus di awal atau akhir dari infeksi sinus. Dahak berwarna kuning pun bisa menjadi suatu tanda terjadi infeksi virus di saluran pernapasan bagian atas. Batuk Berdahak Kuning Tua Dahak yang berwarna kuning dan cenderung pekat merupakan tanda dari infeksi bakteri atau infeksi sinus pada saluran pernapasan bawah.

Bila seseorang merasa nyeri pada saat mengembangkan dada, batuk, lalu sesak nafas yang disertai dahak berwarna kuning pekat, maka segera bawa ke rumah sakit untuk pertolongan medis. Dahak Berwarna Hijau Dahak dengan warna hijau sering kali diproduksi karena infeksi yang terjadi dalam jangka panjang atau penyebab inflamasi non-infeksi.

Bila disertai dengan gejala lain seperti kelalahan dan batuk, dapat menunjukkan bronkitis kronis. Adapun penyebab lainnya, seperti Fibrosis kistik, Abses paru, dan Pneumonia. Batuk Berdahak Cokelat Dahak yang berwarna cokelat sering kali dikaitkan dengan perokok. Kamu biasanya menemukan dahak ini bercampur dengan air liur kamu. Kamu akan merasa dahak ini bertekstur kasar. Ini berarti, dahak sudah tercampur dengan debu dan juga benda asing yang diakibatkan oleh kerusakan silia, umumnya terjadi pada pasien dengan PPOK (penyakit paru obstruktif kronik).

Di beberapa kasus, dahak berwarna cokelat ini bisa disebabkan karena makanan tertentu seperti cokelat, kopi atau pun anggur merah.

Dahak cokelat juga bisa disebabkan karena dahak sudah tercampur dengan darah yang berasal dari masalah pencernaan. Dahak Berwarna Merah Muda Bila dahak berwarna merah muda maka bisa menjadi tanda adanya indikasi serius, seperti gagal jantung kronis. Apabila kemunculannya berbarengan dengan kamu yang merasa lemah, lelah, perut bengkak, denyut jantung yang tidak teratur dan lainnya maka itu menunjukkan terjadinya gagal jantung akut yang dengan segera memerlukan penanganan medis.

Selain itu, batuk berwarna merah muda pun bisa menjadi salah satu tanda telah terjadi suatu infeksi atau pun masalah pada paru-paru kamu atau pun saluran pernafasan. Itulah sejumlah informasi yang berkaitan dengan warna-warna dahak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, warna dahak itu memiliki arti tersendiri.

Untuk itu kamu harus mengetahuinya agar bisa mendapat penanganan lebih baik sesuai dengan gejala yang dialami.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu. (elevenia)
Hampir semua orang pasti pernah mengalami batuk dan mengeluarkan dahak. Namun pernahkah anda memperhatikan perubahan yang terjadi pada dahak anda?

Ternyata jenis dahak dapat tercermin dari warnanya. Berikut pembahasan mengenai warna dahak dan artinya. Warna dahak dapat bervariasi mulai dari bening, putih, kuning kehjiauan, coklat, pink hingga hitam.

Hal ini berkaitan dengan penyebab atau penyakit munculnya dahak tersebut, sehingga berbeda penyakit akan berbeda pula warna dahak yang akan muncul. Dahak sendiri merupakan produk dari saluran nafas, dan pada kondisi normal juga diproduksi dalam jumlah yang terbatas.

Dahak merupakan lendir yang memiliki fungsi untuk melindungi saluran nafas dari bakteri atau patogen yang hendak masuk dan menimbulkan dahak berwarna coklat. Lendir normal yang diproduksi tubuh berwarna bening dan terdiri dari air, garam dan antibodi. Dahak yang berubah menjadi putih bila terjadi infeksi seperti bronkitis viral dan penyakit obstruktif paru kronis.

Perubahan warna ini terutama terjadi akibat adanya proses pengeluaran lendir dari saluran nafas yang terhambat atau menjadi lambat sehingga lendir yang berwarna bening akan berubah menjadi putih. Selanjutnya adalah dahak yang berwarna kuning atau kehijauan. Warna dahak ini merupakan pertanda seseorang sedang terkena infeksi, terutama bakteri.

Perubahan warna dahak menjadi kuning terjadi akibat sel darah putih yang sedang berperang dengan patogen bakteri terperangkap dalam mucus dan menjadikannya kuning, yang lama kelamaan dapat berubah pula menjadi hijau, tergantung pada lama dan beratnya penyakit yang diderita. Contoh penyakitnya adalah bronkitis, pneumonia, dan sinusitis. Dahak dapat berubah menjadi pink bila bercampur dengan darah. Darah pada dahak dapat diakibatkan oleh penyakit tuberkulosis, pneumonia, emboli paru ataupun kanker pada saluran nafas.

Dahak pink atau merah merupakan tanda bahaya dan harus segera mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Selanjutnya adalah dahak berwarna coklat yang berwarna kecoklatan. Warna coklat atau “rusty” dapat muncul akibat darah, sama seperti dahak pink. Namun periodenya lebih lama sehingga terjadi perubahan warna menjadi coklat.

Contoh penyakit yang dapat menyebabkan perubahan ini adalah pneumonia bakterial, bronkitis bakterial, abses paru dan pneumoconiasis. Yang berikutnya adalah dahak berwarna hitam. Dahak dahak berwarna coklat dapat terjadi jika anda menghisap sesuatu yang hitam seperti debu batu bara. Namun dapat juga terjadi ketika anda merupakan penghisap asap rokok, infeksi jamur dan pneumoconiosis.

Jika anda mengalami keluhan seperti di atas segera konsultasikan dengan tenaga kesehatan untuk penanganan selanjutnya. Referensi: • https://www.medicalnewstoday.com/articles/318359.php • https://www.healthline.com/health/green-phlegm

K3putih4n Berwarna Coklat?




2022 www.videocon.com