Batas umur lansia untuk vaksin covid

batas umur lansia untuk vaksin covid

KOMPAS.com - Orang lanjut usia (lansia) termasuk salah satu kelompok yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi Covid-19 tahap dua yang sudah mulai berjalan. Vaksinasi Covid-19 untuk lansia tercantum dalam surat edaran (SE) nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda. Apa saja syarat lansia yang bisa divaksin Covid-19?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, secara umum tidak ada syarat kondisi khusus bagi lansia yang akan divaksin. Ia menyebutkan, syaratnya sama dengan kelompok lainnya. Baca juga: Vaksinasi Nakes Lansia, IDI Ingatkan agar Perhatikan Komorbid Pertanyaan tambahan bagi lansia penerima vaksin Covid-19 Meski demikian, ada sejumlah pertanyaan yang diajukan kepada lansia calon penerima vaksin Covid-19. "Ada tambahan pertanyaan untuk menilai apakah usia lebih dari 60 tahun dapat menerima vaksin," ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

Daftar pertanyaan tambahan itu adalah: • Apakah mengalami kesulitan menaiki 10 anak tangga? • Apakah punya 5 penyakit dari 11 penyakit kronik dan komorbid?

batas umur lansia untuk vaksin covid

• Apakah mudah merasa kelelahan? • Apakah mengalami penurunan berat badan secara signifikan? • Apakah sulit berjalan sejauh 100-200 meter? Jika ada 3 jawaban "Ya" atau lebih dari 5 pertanyaan di atas, maka vaksin Covid-19 tidak bisa diberikan. Mengenai batasan maksimal usia lansia yang bisa divaksin, Nadia menyatakan, tidak ada batas maksimal. Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi. Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19.

batas umur lansia untuk vaksin covid

Klik di sini untuk batas umur lansia untuk vaksin covid via Kitabisa. Kita peduli, pandemi berakhir! Berita Terkait 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Vaksin Covid-19 untuk Lansia Vaksinasi Nakes Lansia, IDI Ingatkan agar Perhatikan Komorbid [KLARIFIKASI] Informasi Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Link Terbaru Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di 34 Kota Update Corona Dunia 22 Februari: Jepang Tunda Vaksinasi Lansia - Inggris Percepat Target Berita Terkait 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Vaksin Covid-19 untuk Lansia Vaksinasi Nakes Lansia, IDI Ingatkan agar Perhatikan Komorbid [KLARIFIKASI] Informasi Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Link Terbaru Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di 34 Kota Update Corona Dunia 22 Februari: Jepang Tunda Vaksinasi Lansia - Inggris Percepat Target Proses pemindahan kontainer berisi vaksin COVID-19 saat tiba di Kantor Pusat Bio Farma, Bandung Jawa Barat, Senin (7/12/2020).

Vaksin COVID-19 produksi perusahaan farmasi Sinovac, China tersebut disimpan dalam ruangan pendingin dengan suhu 2-8 derajat celcius, selanjutnya akan dilakukan pengambilan sampel untuk pengujian mutu oleh tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma (MUCHLIS Jr. / BPMI SETPRES) JawaPos.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan lansia di atas usia 60 tahun bakal mendapatkan vaksin Covid-19.

Sebab selama ini, vaksin asal Tiongkok dari Sinovac yang diuji klinis di Bandung, Jawa Barat, hanya diperuntukkan untuk masyarakat usia 18-59 tahun.

Menkes Budi menjelaskan tahap pertama adalah vaksinasi kepada tenaga petugas kesehatan. Di Indonesia jumlahanya ada 1,3 juta orang di 34 provinsi. Kedua, akan diberikan kepada pekerja di sektor publik sekitar 17,4 juta orang.

Ketiga yaitu lansia, di atas 60 tahun, yang jumlahnya sekitar 21,5 juta orang. “Tiap negara punya tahapan imunisasi berbeda, tapi semua negara pasti tahap pertama adalah nakes.

Mengapa, ini batas umur lansia untuk vaksin covid garda terdepan, orang-orang paling penting di masa pandemi,” kata Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/12).

Menkes Budi memastikan kita butuh waktu untuk memastikan bahwa vasin yang bisa digunakan nanti bisa berlaku bagi lansia di atas 60 tahun. Sehingga diskusi kemudian dilakukan bahwa ada peluang lansia di atas 60 tahun bisa mendapatkan vaksin. “Hasil uji klinis 3 di bandung untuk Sinovac untuk rentang 18-59, itu sebabnya hasil diskusi kami secara scientific, memang disarankan menggunakan Sinovac sesuai dengan yang diuji kliniskan di Bandung.

Vaksin Sinovac uji klinis yang dilakukan di luar Bandung, di Turki, Brasil, itu juga diberikan ke orang-orang dengan grup usia di atas 60 tahun,” tuturnya. “Kmi sudahh koordinasi dengan BPOM untuk koordinasi hal ini sehingga nanti BPOM akan lengkapi datanya sebelum keputusan akhir mengenai rentang usia yang bisa diberikan vaksin,” tambahnya Menkes Budi yakin vaksin lain seperti Pfizer sudah diberikan izin penggunaan darurat (EUA) oleh Food Drug Administration (FDA) boleh diberikan di atas 60 tahun.

Sebab vaksin yang akan digunakan di Indonesia menggunakan 4 jenis. “Otomatis keragaman itu akan ada. Itu mengapa karena sebagian vaksin kita akan datang mungkin sekitar semester kedua atau akhir kuartal kedua 2021, itu sebabnya kenapa kalau kita tadi tahapannya lansia kita taruh agak ke belakang,” jelasnya. “Karena kita ingin pastikan semua data scientific mengenai pemberian vaksin ke grup lansia ini, BPOM sudah feel comfortable. Dan saya juga pastikan bahwa pemberian vaksin kepada petugas kesehatan hanya akan dilakukan sesudah ada persetujuan BPOM,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:
JAKARTA, KOMPAS.com- Vaksinasi Covid-19 terhadap orang lanjut usia (lansia) sudah mulai berjalan. Lansia menjadi salah satu kelompok yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi Covid-19 tahap dua.

Ketentuan vaksinasi Covid-19 untuk lansia tercantum dalam surat edaran (SE) nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda.

Apa saja syarat lansia yang bisa divaksin Covid-19? Secara umum, tidak ada syarat kondisi khusus bagi lansia yang akan divaksin. Meski demikian, ada sejumlah pertanyaan tambahan yang harus diajukan kepada lansia calon penerima vaksin Covid-19.

batas umur lansia untuk vaksin covid

Selengkapnya, simak dalam infografik berikut ini! Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi. Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi. Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa. Kita peduli, pandemi berakhir! Berita Terkait Apa Saja Syarat Lansia yang Bisa Mendapatkan Vaksin Covid-19?

INFOGRAFIK: 4 Langkah Mudah Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia 4 Langkah Mudah Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Update Corona Dunia 22 Februari: Jepang Tunda Vaksinasi Lansia - Inggris Percepat Target Link Terbaru Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di 34 Kota Berita Terkait Apa Saja Syarat Lansia yang Bisa Mendapatkan Vaksin Covid-19? INFOGRAFIK: batas umur lansia untuk vaksin covid Langkah Mudah Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia 4 Langkah Mudah Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Update Corona Dunia 22 Februari: Jepang Tunda Vaksinasi Lansia - Inggris Percepat Target Link Terbaru Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di 34 Kota Alasan Ng Man-tat "Paman Boboho" Dekat dengan Penonton Film 90-an https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/28/181500465/alasan-ng-man-tat-paman-boboho-dekat-dengan-penonton-film-90-an https://asset.kompas.com/crops/meVvsnL5Kwkqi8ddggddxwNrF3I=/0x0:1080x720/195x98/data/photo/2021/02/27/603a25bc2e9bf.jpeg Jakarta - Vaksinasi COVID-19 telah dimulai di Indonesia.

Setelah petinggi negara dan tenaga kesehatan, kali ini sasaran vaksinasi Corona adalah kelompok petugas pelayanan publik dan lansia. Hanya saya tak semua bisa terima vaksin COVID-19. Lalu suntik vaksin COVID-19 umur berapa? Kementerian Kesehatan sendiri telah mengumumkan Indonesia akan menyediakan vaksin Corona yang berasal dari tujuh produsen untuk keperluan vaksinasi nasional. Jumlah vaksin yang diamankan sekitar 400 juta dosis. Tujuh produsen vaksin tersebut, yakni Bio Farma, Sinovac, Oxford-AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Pfizer-BioNTech, Moderna, dan Novavax.

Baca juga: 5 Keluhan Sehari-hari Ini Termasuk Gejala COVID-19, Begini Membedakannya Sinovac-Bio Farma Bio Farma akan memproduksi vaksin Corona buatan Sinova, CoronaVac, di Indonesia. Berdasarkan data, Sinovac melakukan uji klinis terhadap dua kolompok usia, yakni dewasa (18-59 tahun) dan lansia (60 tahun ke atas).

Vaksin Sinovac merupakan jenis vaksin yang dimatikan/inaktivasi. Melalui uji klinis, vaksin Sinovac diberikan sejumlah dua dosis dengan selang waktu 14 hari untuk usia 18-59 tahun dan 28 hari untuk lansia. Pfizer-BioNTech Vaksin Pfizer-BioNTech telah digunakan di Inggris, Bahrain, Kanada, Meksiko, AS, Singapura, Chili, Oman, Arab Saudi, Kuwait, dan Uni Eropa. Vaksin ini merupakan vaksin COVID-19 yang berbasis mRNA. Vaksin Pfizer-BioNtech akan disuntikkan dalam dua dosis dengan selang waktu 21 hari.

Berdasarkan data yang dirilis, ada tiga kelompok relawan yang menerima suntikan vaksin, di antaranya kelompok usia 12-15 tahun, usia 16-55 tahun, dan 55 tahun ke atas. Data uji klinis tahap 3 menunjukkan kemanjurannya hingga 95 persen. Oxford-AstraZeneca Saat ini vaksin Oxford-AstraZeneca baru diuji pada sukarelawan dewasa yang sehat berusia antara 18-55 tahun di Inggris, Brasil, serta Afrika Selatan. Dalam pengujian itu, relawan batas umur lansia untuk vaksin covid dua dosis suntikan antara empat hingga 12 minggu.

Baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan rekomendasi sementara terkait vaksin tersebut, mengatakan vaksin dapat diberikan kepada orang-orang yang berusia 18 tahun ke atas "tanpa batas usia maksimal". Moderna Vaksin Moderna yang bernama mRNA-1273 ditujukan untuk orang yang berusia 18 tahun ke atas. Setiap relawan menerima dua dosis suntikan dengan selang waktu 28 hari. Vaksin itu diklaim memiliki kemanjuran 94,1 persen.

Dalam uji klinis, vaksin Corona Moderna berhasil menciptakan antibodi dan T-cell pada orang tua dan lansia. Bahkan antibodi yang dihasilkan lebih tinggi dari orang yang telah pulih dari Covid-19. Moderna menguji vaksin pada 10 orang dewasa berusia 56 tahun dan 70 tahun, lalu 10 orang dewasa lanjut usia 71 tahun ke atas. Novavax Untuk saat ini, penerima vaksin Novavax dibatasi pada usia 18 hingga 59 tahun.

Hasil uji coba fase 1 menyebut penerima vaksin mengembangkan respons antibodi dengan berbagai dosis. Sinopharm Vaksin Sinopharm telah disuntikkan kepada orang sehat berusia antara 18 hingga 80 tahun, dengan dua dosis vaksin per relawan.

Negara-negara yang telah memberikan EUA kepada vaksin ini selain China, meliputi Uni Emirat Arab, Bahrain, serta Mesir.

batas umur lansia untuk vaksin covid

Suntik vaksin COVID-19 umur berapa? Batas usia penerima biasanya akan disesuaikan dengan uji klinis masing-masing vaksin. MOST POPULAR • 1 Hepatitis Akut 'Misterius' Menular Lewat Pernapasan dan Pencernaan, Begini Mencegahnya • 2 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius? Ini Penjelasan Pakar IDI • 3 Masih Misterius, IDAI Ungkap Kemungkinan Cara Penularan Hepatitis Akut • 4 Tips Curi-curi Waktu untuk Bercinta di Pagi Hari • 5 Post Holiday Blues Bikin Tak Semangat Bekerja?

Psikolog Sarankan Ini • 6 Perlengkapan Main Sepatu Roda, Penting agar Tetap Aman Saat Meluncur • 7 5 Tips Foreplay yang Bikin Seks Makin Panas • 8 WHO: Angka Kematian Tak Langsung Pasien COVID-19 RI Tertinggi Ketiga di Dunia • 9 Wajib Dicoba!

Ini 4 Posisi yang Bikin Seks Makin Enak • 10 Ssst! Ternyata Ini Lho Alasan Seks Terasa Enak • SELENGKAPNYA
Jakarta: Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) Penny Lukito menyebut proses screening vaksinasi covid-19 bagi lanjut usia (lansia) di atas 70 tahun bakal lebih ketat.

Lansia harus dipastikan sehat. "Perlu ada pertimbangan khusus, pendampingan dari dokter yang mendampingi dan melakukan screening pada saat pemberian vaksin," ujar Penny dalam konferensi pers secara virtual, Minggu, 7 Februari 2021. Penny mengungkapkan uji klinis tahap ketiga di Brazil menunjukkan hasil yang baik terhadap 600 lansia di bawah 70 tahun.

Pemerintah belum memiliki data uji klinis vaksin covid-19 untuk lansia di atas 70 tahun. Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini? • Happy • Inspire • Confuse • Sad BPOM tidak melarang lansia di atas 70 tahun menerima vaksin covid-19.

Namun, Penny menegaskan pemberian vaksin mesti sangat hati-hati. (Baca: BPOM Minta Vaksinasi Covid-19 Pada Lansia Dilengkapi Manajemen Risiko) "Oleh karena itu proses screening menjadi sangat kritikal, penting sebelum dokter memberikan persetujuan vaksinasi," tutur dia.

Sebelumnya, BPOM mengeluarkan emergency use authorization (EUA) atau izin pemakaian vaksin covid-19 untuk batas umur lansia untuk vaksin covid lansia. Izin tersebut diterbitkan pada Jumat, 5 Februari 2021.

"(Menyetujui) vaksin korona untuk usia di atas 60 tahun dengan dua dosis suntikan vaksin yang diberikan selang 28 hari," ujar Penny.
Jakarta: Sebanyak 21,5 juta jiwa kelompok lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun akan menerima vaksin covid-19 pada tahap dua.

Ada sejumlah ketentuan sebelum vaksin diberikan. "Penyuntikan menggunakan vaksin Sinovac ini, interval penyuntikan khusus untuk lansia adalah 28 hari," kata juru bicara vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, dalam keterangan tertulis, Senin, 15 Februari 2021.

Selain itu, calon penerima vaksin mesti bersuhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celsius. Kemudian tekanan darah tidak boleh lebih 180/110 mmHg. Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

batas umur lansia untuk vaksin covid

• Happy • Inspire • Confuse • Sad Kemenkes mengatakan ketentuan dalam proses screening bagi sasaran penerima vaksin kelompok lansia. Jika terdapat tiga atau lebih jawaban 'Ya' pada lima pertanyaan, maka vaksin tidak dapat diberikan.

Baca: Wagub DKI Ariza: Ada Denda Rp5 Juta Bagi Penolak Vaksin "Demi lancarnya proses ini, kepada calon penerima vaksinasi diharapkan memberikan keterangan sesuai dengan kondisi sebenarnya. Itu juga agar bisa memberikan efek vaksin yang maksimal dan memperkecil risiko terjadinya kejadian ikut pasca imunisasi (KIPI) yang serius," ujar Nadia. Pertanyaan itu meliputi: 1.

batas umur lansia untuk vaksin covid

Apakah mengalami kesulitan untuk naik 10 tangga? 2. Apakah sering merasa kelelahan? 3. Apakah memiliki paling sedikit 5 dari 11 penyakit (hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke, dan penyakit ginjal)?

4. Apakah mengalami kesulitan berjalan 100-200 meter? 5. Apakah mengalami gangguan penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun terakhir?Suara.com - Apa saja aturan vaksin covid-19 untuk lansia? Simak pemaparannya dalam artikel berikut ini. Sejak awal 2021 pemerintah memulai program vaksinasi nasional untuk menghentikan persebaran Covid-19. Di tahap pertama sasaran program adalah tenaga kesehatan, dilanutkan dengan pelayan publik berusia 18-59 tahun.

Namun, baru-baru ini pemerintah resmi menyatakan bahwa lansia berusia 60 tahun ke atas aman dan berhak mendapatkan vaksin Covid-19. Untuk itu masyarakat perlu memahami aturan vaksin Covid-19 untuk lansia.

Dilansir lewat covid19.go.id, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan sebelum mendapatkan vaksin para lansia diwajibkan mengikuti tahap wawancara.

batas umur lansia untuk vaksin covid

Baca Juga: Tau Mau Gagal, Wapres Minta Polri Kawal Program Vaksinasi Covid-19 Ada lima pertanyaan yang harus dijawab secara jujur oleh para lansia saat vaksinasi, yakni: • Apakah mengalami kesulitan saat menaiki sepuluh anak tangga; • Apakah sering mengalami kelelahan; • Apakah memiliki minimal lima dari sebelas penyakit berikut: hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke, dan penyakit ginjal; • Apakah mengalami kesulitan berjalan sejauh 100-200 meter; • Apakah mengalami penurunan berat badan yang bermakna dalam satu tahun terakhir.

Jika ada tiga pertanyaan atau lebih yang dijawab iya maka lansia tersebut tidak berhak mendapatkan vaksin Covid-19. Nadia menambahkan keterangan yang jujur sangat penting untuk memperkecil risiko terjadinya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Apabila dinyatakan lulus tahap wawancara, selanjutnya lansia akan disuntik vaksin Covid-19 dengan selisih waktu antara vaksin pertama dan kedua selama 28 hari.

Sementara pada orang nonlansia berusia 18-59 tahun selisih waktunya adalah 14 hari. Saat disuntik, lansia harus dalam kondisi suhu badan maksimal 37,5 derajat celcius dan tekanan darah tidak boleh lebih dari 180/110 mmHg.

batas umur lansia untuk vaksin covid

Situs covid19.go.id menyebutkan ada sedikitnya 21 juta warga lansia yang akan menjadi sasaran vaksin Covid-19. Vaksinasi lansia akan dilakukan di tahap kedua, yakni setelah tahap pertama yang menyasar tenaga kesehatan selesai. Baca Juga: Susul Pfizer dan Sinovac, Vaksin AstraZeneca Dapat Izin dari WHO Lansia masuk dalam katagori yang didahulukan karena memiliki risiko terpapar lebih tinggi dan fatal.

Hal ini sekaligus menjadi wujud komitmen pemerintah untuk dalam melakukan program vaksinasi Covid-19 terhadap kelompok rentan. IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
Jakarta - Pertanyaan mengenai usia berapa bisa divaksinasi COVID mulai bermunculan.

Diketahui, akhir bulan lalu, pemerintah menyediakan layanan vaksin untuk anak-anak yang mulai difokuskan di Pulau Jawa.

Untuk diketahui bersama, vaksinasi di Indonesia sebelumnya juga sudah menyasar kelompok usia di atas 18 tahun ke atas dan lansia.

batas umur lansia untuk vaksin covid

Kini giliran anak-anak yang mendapatkan layanan vaksin setelah angka penularan pada kelompok usia muda meningkat beberapa waktu belakangan. Baca juga: Kasus Corona Anak Meningkat: Gejala-Vaksinasi Dikebut Usia Berapa Anak-anak Bisa Vaksinasi COVID?

Untuk anak-anak, vaksin dapat diberikan mulai usia 12 tahun hingga 17 tahun.

batas umur lansia untuk vaksin covid

Untuk vaksinasi anak-anak, pemerintah baru menyiapkan vaksin Sinovac yang sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Diketahui vaksin anak sudah dilaksanakan sejak 29 Juni lalu, tepat di Hari Keluarga Nasional. Salah satunya dilaksanakan di Kampung KB Muara Kidul, Pasir Jaya, Bogor. Pelaksanaan vaksin anak diberikan oleh bidan-bidan, yang jumlahnya mencapai 400 ribu di Indonesia.

"Vaksinasi akan dilakukan oleh bidan dan ini saya rasa sudah menjadi strategi yang akan dilakukan oleh teman-teman operasional di Kemenkes," kata ucap Direktur Peringatan Dini BNPB Afrial Rosya dalam acara diskusi Rakornas KPAI secara virtual, Rabu (30/6/2021). Baca juga: Panglima TNI-Kapolri Gandeng Rabithah Alawiyah untuk Percepat Program Vaksin Usia Berapa Dewasa dan Lansia Bisa Vaksinasi COVID? Untuk dewasa, vaksinasi sudah bisa diberikan untuk kelompok usia 18 tahun ke atas.

Sementara lansia diberikan untuk usia 60 tahun ke atas. Diketahui, pada Juli ini, Presiden Jokowi menargetkan 1 juta vaksinasi per hari guna mendukung batas umur lansia untuk vaksin covid herd immunity. Bahkan dia saat itu berharap pada Agustus target vaksinasi dua kali lipat bisa tercapai. "Saya mengingatkan bahwa seluruh pihak tetap harus bekerja keras agar target 1 juta per hari vaksinasi terjaga sampai akhir Juli, dan dapat kita tingkatkan dua kali lipat pada Agustus 2021 yaitu mencapai 2 juta dosis per hari," kata Jokowi dalam pernyataan pers, Senin (28/6/2021).

Diketahui pemerintah menargetkan vaksinasi nasional hingga 181.554.465 yang terbagi dua fase, yakni dosis pertama dan kedua. Tercatat, jumlah kumulatif vaksinasi dosis pertama mencapai 32.302.268 dan dosis kedua 14.035.934 per 5 Juli. Namun sayangnya, sejak 30 Juni lalu, mengalami penurunan untuk dosis pertama ataupun dosis kedua. (izt/imk)
Menurut Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pemberian vaksin COVID-19 untuk lansia akan dilaksanakan setelah vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik.

Vaksinasi COVID-19 sangat penting bagi lansia karena kelompok usia lanjut lebih rentan terhadap infeksi virus Corona.

batas umur lansia untuk vaksin covid

Adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah membuat lansia lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk COVID-19. Itulah sebabnya, lansia menjadi prioritas untuk menerima vaksin ini. Keamanan Vaksin COVID-19 untuk Lansia Vaksin COVID-19 yang sudah tersedia dan sudah mulai didistribusikan di Indonesia saat ini adalah vaksin CoronaVac dari Sinovac.

Badan POM juga sudah mengeluarkan izin bagi vaksin Sinovac untuk digunakan pada lansia. Izin ini dikeluarkan oleh BPOM karena vaksin Sinovac sudah menyelesaikan uji klinis yang melibatkan ± 400 orang lansia sehat (usia di atas 60 tahun).

Vaksin diberikan sebanyak 2 kali dengan jarak 28 hari.

batas umur lansia untuk vaksin covid

Lansia sehat yang dimaksud adalah lansia yang belum pernah terinfeksi virus Corona, tidak dalam keadaan demam atau flu, tidak memiliki alergi vaksin, dan tidak ada kontak dengan orang yang terinfeksi virus Corona. Berdasarkan uji klinis yang telah dilakukan, vaksin Sinovac sudah terbukti aman dan efektif pada lansia. Efikasi vaksin Sinovac untuk lansia pada uji klinis ini bahkan mencapai 98%. Dari uji klinis ini juga ditemukan bahwa efek samping yang dirasakan umumnya bersifat ringan dan sedang.

Efek samping paling banyak adalah nyeri di tempat suntikan. Efek samping lainnya yang juga bisa muncul adalah demam, rasa lelah, batuk ringan, mual, dan diare. Namun, efek samping tersebut hilang dalam 2 hari. Selain vaksin Sinovac, ada beberapa vaksin lainnya yang juga sudah boleh diberikan untuk lansia antara lain vaksin Pfizer-BioNTech, vaksin Oxford-AstraZeneca, vaksin Sputnikdan vaksin Moderna.

Vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna yang sudah dipesan oleh pemerintah Indonesia pun memiliki efikasi yang baik pada lansia, yaitu di atas 93%. Sama seperti vaksin Sinovac, efek samping yang terjadi rata-rata bersifat ringan dan sementara. Kendati terdapat laporan mengenai efek samping vaksin COVID-19 yang berdampak serius atau fatal pada lansia, jumlahnya terbilang sangat sedikit dan tidak bisa serta-merta dikaitkan batas umur lansia untuk vaksin covid vaksinasi COVID-19.

Semua lansia yang dilaporkan mengalami efek samping serius juga sudah berusia di atas 70 tahun dan memiliki penyakit penyerta. Pemberian Vaksin COVID-19 untuk Lansia di Indonesia Vaksinasi COVID-19 untuk lansia akan dimulai dari tenaga kesehatan (nakes) berusia di atas 60 tahun, kemudian dilanjutkan dengan vaksinasi untuk lansia yang bukan tenaga kesehatan (nonnakes).

Berikut adalah tahapan proses pemberian vaksin COVID-19: • Calon penerima vaksin COVID-19 akan menerima SMS untuk menjalani vaksinasi dari pemerintah melalui nomor PEDULI COVID. • Calon penerima vaksin COVID-19 akan diarahkan untuk melakukan registrasi ulang secara elektronik. Bila lansia calon penerima vaksin tidak memiliki telepon genggam, data dirinya akan dikumpulkan oleh petugas setempat.

• Lansia akan diberikan vaksin COVID-19 sebanyak 2 kali dengan selang waktu 28 hari. Pemberian dua dosis vaksin COVID-19 dimaksudkan agar imunitas terhadap virus Corona bisa terbentuk secara maksimal. Selain via SMS, kini lansia juga bisa mendaftar lewat booking “Cari Dokter” di website maupun aplikasi ALODOKTER untuk mendapatkan vaksin gratis dengan layanan drive through. Jika sudah terdaftar, Anda tinggal datang di hari, waktu, dan tempat yang didapatkan untuk vaksinasi. Adapun aturan yang perlu diperhatikan selama pelaksanaan vaksinasi drive through, antara lain: • Lansia harus ditemani oleh 1 orang keluarga atau pendamping.

• Kendaraan yang digunakan harus mobil. • Membawa KTP sesuai dengan nama yang didaftarkan. • Sebelum vaksin, lansia akan menjalani pemeriksaan skrining sesuai protokol Kemenkes guna memastikan kelayakan untuk mendapatkan vaksin Sinovac. Lansia yang tidak lolos skrining ini tidak boleh mendapatkan vaksin Sinovac.

• Jika telah mendapatkan vaksin, lansia harus menunggu 30 menit di dalam mobil untuk observasi. • Selama masa batas umur lansia untuk vaksin covid, mobil tidak boleh dalam keadaan terkunci.

Vaksin COVID-19 diharapkan bisa menjadi solusi untuk menghentikan rantai penyebaran virus Corona di Indonesia, terutama pada orang-orang yang berisiko tinggi mengalami penyakit berat atau kematian akibat virus ini, seperti lansia. Kendati BPOM sudah mengeluarkan izin pemberian vaksin Sinovac kepada lansia, kita semua tetap perlu mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Apabila masih memiliki pertanyaan terkait vaksin COVID-19 untuk lansia, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di aplikasi ALODOKTER.

Proses Panjang Upaya Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun di Indonesia




2022 www.videocon.com