Di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Bola.com, Jakarta - Teks cerita inspiratif adalah kisah yang menggugah pembacanya untuk menjadi lebih baik melalui pengalaman inspiratif dari cerita yang dibawakan.

Melalui teks cerita inspiratif, pembaca mendapatkan pembelajaran moral atau sosial dengan harapan mampu menanamkannya dalam menjalani kehidupan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inspiratif berasal dari kata 'inspirasi' yang berarti ilham. Jadi, teks cerita inspiratif merupakan teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman yang benar-benar terjadi, yang mampu menggugah inspirasi dan semangat di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah yang membacanya.

Berdasarkan pengertian tersebut, tujuan teks cerita inspiratif ialah untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri untuk menghadapi semua tantangan. Adapun cerita yang disajikan dalam teks cerita inspiratif biasanya berasal dari kisah hidup seseorang, rekaan, atau kisah-kisah yang dapat diambil dari perilaku binatang di kehidupan nyata.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang teks cerita inspiratif, bisa membaca ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasan dan contohnya.

Berikut ini rangkuman tentang ciri-ciri teks cerita inspiratif, struktur, kaidah kebahasaan hingga contohnya, seperti dilansir dari laman Serupa.id, Rabu (24/2/2021). Ciri Teks Cerita Inspiratif Ilustrasi membaca cerita. Credit: pexels.com/Enzo - Teks cerita inspiratif biasanya memiliki tema tertentu yang dapat dikembangkan menjadi sebuah kisah yang menarik. - Selain tema, teks cerita inspiratif memiliki alur cerita tertentu hingga pembaca dapat memahami cerita yang disajikan serta pesan yang terkandung di dalamnya.

- Cerita inspiratif merupakan bentuk narasi yang lebih bertujuan memberi inspirasi kebaikan kepada banyak orang. - Kisah inspiratif yang baik dapat menggugah perasaan, memberi kesan yang mendalam bahkan dalam tingkat yang lebih tinggi mampu membuat seseorang berjanji pada dirinya untuk menjadi seperti yang dibacanya. - Cerita inspiratif adalah teks yang menginspirasi seseorang berbuat lebih baik, lebih peduli, dan lebih berempati terhadap orang lain.

Ilustrasi membaca cerita. Credit: unsplash.com/Thought 1. Orientasi, yang merupakan pengantar cerita. 2. Perumitan peristiwa, dapat berisi kisah tokoh dan peristiwa menuju ke puncak cerita atau konflik kisah. 3. Komplikasi, merupakan puncak dari konflik atau inti cerita, biasanya bagian ini juga menjadi tempat peristiwa utama yang menjadi inspirasi.

4. Resolusi, berisi penyelesaian konflik yang berisi peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan yang seharusnya ia jalani. 5. Koda, yakni penutup cerita, dan dapat berisi kesimpulan serta penjelasan pesan moral yang dikandung dalam kisah.

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif Ilustrasi cerita. Credit: pexels.com/Aline Ciri khas tata bahasa yang biasa ditemui dalam teks cerita inspiratif masih sama dengan teks narasi pada umumnya, yakni: 1. Menggunakan kalimat yang bermakna lampau; 2. Banyak menggunakan kata yang menyatakan urutan waktu atau biasa disebut dengan konjungsi kronologis; 3. Banyak memakai kata kerja yang menggambarkan suatu tindakan; 4.

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Menggunakan kata kerja yang menunjukkan kalimat tidak langsung sebagai cara menceritakan tuturan seorang tokoh yang dibawakan oleh penulis; 5. Banyak memakai kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan oleh tokoh (kata kerja mental); 6. Kebanyakan penulis berperan langsung sebagai orang pertama dan terlibat dalam cerita yang bersangkutan sehingga akan banyak menggunakan kata orang pertama dalam menyampaikan ceritanya, seperti: aku, saya dan kami; 7.

Sebaliknya, bisa jadi penulis hanya menjadi orang ketiga di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah berperan sebagai pengamat. Oleh karena itu, teks akan banyak memuat kata ganti orang ketiga, seperti: dia, mereka. Langkah-Langkah Menulis Teks Cerita Inspiratif Ilustrasi cerita. Credit: unsplash.com/Melanie 1. Tentukan tema dan amanat yang akan disampaikan.

2. Tetapkan sasaran pembaca. 3. Rancang peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur. 4. Bagi peristiwa utama itu ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita. 5. Perincian peristiwa-peristiwa utama ke dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung. 6. Susun tokoh dan perwatakan, latar, dan sudut pandangan. 7. Mengerti aturan tanda bacanya dalam kalimat tersebut. Contoh Teks Cerita Inspiratif Ilustrasi menulis. /Copyright unsplash.com Penebang Kayu Suatu ketika, seorang pemuda yang sangat kuat meminta pekerjaan pada seorang saudagar kayu, dan dia mendapatkannya.

Upah yang ditawarkan sesuai keinginannya, lokasi pekerjaannya pun dekat dengan rumahnya. Oleh karena itu, sang pemudak bertekad untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. Akhirnya, saudagar memberinya kapak dan menunjukkan area tempat penebangannya. Hari pertama penebang pohon membawa 21 batang pohon. "Wah, hebat kamu kuat sekali, bisa membawa pulang kayu sebanyak ini dalam satu hari," kata saudagar kayu yang merupakan atasannya sekarang. Termotivasi oleh perkataan itu, sang pemuda menebang kayu dengan usaha yang lebih keras keesokan harinya.

Tetapi, hari itu ia hanya bisa membawa 17 batang pohon. Hari ketiga dia berusaha lebih keras lagi, tapi dia hanya bisa membawa 10 pohon. Hari demi hari, pohonnya makin berkurang. "Aku pasti telah kehilangan kekuatanku", pikir penebang kayu itu. Dia menghadap kepada saudagar kayu dan meminta maaf, mengatakan bahwa dia tidak di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah apa yang sedang terjadi. "Kapan terakhir kali kau mengasah kapak yang kau gunakan?" tanya bos itu.

"Mempertajam? Saya tidak punya waktu untuk mengasah kapak saya. Saya sangat sibuk mencoba menebang pohon." Terkadang bekerja keras saja tidak cukup untuk mencapai kesuksesan. Kita juga harus bekerja dengan cerdas!

Pemuda itu sebetulnya memiliki potensi yang hebat untuk memotong kayu. Sayangnya, ia tidak memiliki sikap yang tepat untuk dapat berhasil dalam tugas khusus ini. Melalui kerja keras dan sikap yang cerdas, tidak ada yang mustahil dalam hidup ini.

Sumber: Serupa Merdeka.com - Merdeka.com - Polisi bergerak cepat melakukan penyelidikan terkait insiden ambrolnya papan seluncuran kolam renang Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya, Sabtu (7/5) siang. Sejumlah saksi pun dimintai keterangan terkait dengan insiden yang menyebabkan 9 orang anak-anak itu terluka lantaran terjatuh dari ketinggian 10 meter. Penyelidikan terhadap insiden itu dibenarkan oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Anton Elfrino Trisanto. Ia menyatakan, Subdit Reskrim Polres Pelabuhan Tanjun Blogdope.com – Struktur Teks Cerita Inspiratif Beserta Penjelasannya.

Pembelajaran materi jenis teks Bahasa Indonesia mencakup teks cerita inspiratif. Materi struktur teks cerita inspiratif merupakan tagihan pembelajaran untuk peserta didik kelas 9 SMP dan MTs. Paparan berikut membahas struktur teks cerita inpiratif beserta penjelasannya. • Ruang Lingkup Pembelajaran Teks Cerita Inpiratif • Struktur Teks Cerita Inspiratif dan Penjelasannya • Penjelasan Struktur Teks Cerita Inspiratif • Struktur Teks Cerita Inspiratif menurut Pendapat Ahli • Bagikan Artikel: Ruang Lingkup Pembelajaran Teks Cerita Inpiratif Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa materi teks cerita inspiratif merupakan bagian dari pembelajaran jenis teks Bahasa Indonesia.

Materi ajar teks cerita inspiratif merupakan tagihan belajar untuk peserta didik kelas 9 SMP dan MTs. Adapun teks cerita inpiratif itu sendiri tergolong ke dalam aspek pengetahuan pada Kurikulum 2013. Pengertian aspek pengetahuan adalah aspek yang terdapat dalam materi pembelajaran yang bertujuan untuk menambah wawasan peserta didik. Lebih lanjut, dari ranah pengetahuan bahasa, materi struktur teks cerita inspiratif dan penjelasannya ini termasuk aspek berbahasa reseptif. Sedangkan pengertian aspek berbahasa yang reseptif ialah kemampuan untuk memahami bahasa baik secara lisan maupun tulisan.

Hasil capaian kompetensi peserta didik pada materi struktur teks cerita inspiratif tergambar pada capaian Kriteria Ketuntasan Minimal. ( Baca: Cara Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal / KKM).

Paparan selengkapnya tentang struktur teks cerita inpiratif dan penjelasannya sebagai berikut. Struktur Teks Cerita Inspiratif dan Penjelasannya Video pembelajaran berikut ini membahas struktur teks cerita inspiratif secara gamblang dan lengkap. Silahkan simak. Baca Juga: • Penting Diketahui! Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif yang Tepat Setelah menyimak video pembelajaran tersebut, simpulannya adalah teks cerita inspiratif merupakan jenis teks narasi yang menyajikan suatu inspirasi keteladanan bagi orang banyak.

Karenanya teks cerita inspiratif pun dapat menggugah hati seseorang untuk berbuat baik. Selain itu, teks cerita inspiratif juga bertujuan untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat, dan juga rasa percaya diri seseorang sehingga dapat menghadapi semua tantangan yang mungkin terjadi dalam usaha mencapai tujuan.

Penjelasan Struktur Teks Cerita Inspiratif Teks cerita inspiratif dapat bermakna sebagai sebuah teks yang bertujuan untuk memberikan inspirasi kebaikan bagi banyak orang.

Sementara itu, bentuk teks cerita inspiratif adalah narasi yang berarti menceritakan sesuatu kejadian atau peristiwa. Oleh karena itu, teks cerita inspiratif dapat berupa kisah nyata. Dapat pula berupa kisah rekaan yang mengandung nilai-nilai keteladanan.

Beberapa literasi menyebutkan bahwa inspirasi merupakan percikan ide-ide kreatif yang timbul akibat proses pembelajaran dan kepedulian terhadap lingkungannya. Simpulannya, teks cerita inspiratif adalah teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman yang benar-benar terjadi dan mampu menggungah inspirasi dan semangat seseorang yang membacanya.

Dalam pada itu teks cerita inspiratif juga bisa berarti salah satu bentuk prosa berisi kisah seseorang yang bertujuan untuk memberikan inspirasi atau motivasi.

Pengertian prosa adalah karangan bebas yang tidak terikat oleh peraturan-peraturan sebagaimana yang terdapat dalam puisi. Adapun cerita inspiratif biasanya berlandaskan pada pengalaman pribadi seseorang yang diceritakan kembali dalam bentuk prosa.

Dengan kata lain, teks cerita inspiratif merupakan bentuk narasi yang memiliki struktur orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda sebagaimana halnya pada fabel dan cerpen. Namun pada teks cerita inspiratif terdapat struktur perumitan masalah. Jadi simpulannya adalah struktur teks cerita inspiratif mencakup orientasi, perumitan masalah, komplikasi, resolusi, dan koda.

Baca Juga: • Teknik Melukiskan Tokoh dalam Cerita • Cara Mudah dan Efektif Meringkas Teks Eksplanasi Struktur Teks Cerita Inspiratif menurut Pendapat Ahli 1. Gorys Keraf (2001) menyatakan bahwa struktur pada sebuah narasi dapat ditinjau dari komponen-komponen pembentuknya, yaitu perbuatan, penokohan, latar, dan sudut pandang. Berikut penjelasan selengkapnya. Perbuatan Struktur teks cerita inspiratif yang pertama yaitu perbuatan.

Perbuatan adalah segala sesuatu yang diperbuat oleh tokoh dalam teks cerita inspiratif.

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Kata perbuatan memiliki padanan kata “tindakan”. Sedangkan kata “perbuatan” dapat juga bermakna “kelakuan” atau “tingkah laku”. Penokohan Kedua, penokohan. Pengertian penokohan adalah pelaku yang terdapat dalam teks cerita inspiratif. Pelaku bisa nyata, atau bisa juga imajinatif. Artinya tidak akan dapat dijumpai di dunia nyata.

Pelaku yang bersifat imajinatif merupakan tokoh-tokoh dalam teks cerita inspiratif yang sama sekali tidak dapat ditangkap oleh alat indera manusia.

Tokoh ini hanya dapat tertangkap oleh daya imajinasi seseorang melalui raut muka, bentuk tubuh, serta perilakunya. Sedangkan karakter seorang tokoh atau pelaku dalam teks cerita inspiratif dapat dikenali melalui penggambaran sepanjang cerita, baik yang dilakukan oleh pengarang pencerita maupun oleh pelaku. Latar Pengertian latar adalah keterangan mengenai waktu, ruang, dan suasana yang terjadi pada saat sebuah kejadian berlangsung.

Latar dapat juga berarti penggambaran situasi, tempat, dan waktu serta suasana pada saat suatu peristiwa terjadi.

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Sudut Pandang Struktur teks cerita inspiratif yang terakhir adalah sudut pandang. Sudut pandang dapat bermakna sebagai cara pengarang dalam menampilkan pelaku cerita, termasuk diri pengarang itu sendiri.

Sudut pandang cerita dalam teks cerita inspiratif menyatakan bagaimana fungsi pengisah atau pengarang dalam sebuah cerita. 2. Dalman Dalman (2016) mengemukakan pendapat yang berbeda terkait alur. Beliau menyanggah pada bagian alur, menurutnya alur yang berdasar pada kesinambungan peristiwa-peristiwa yang terdapat dalam narasi tersebut. Belum ada konflik yang bermunculan pada situasi yang terdapat pada bagian pendahuluan.

Sehingga sifat bagian pendahuluan biasanya datar. Walaupun juga terdapat kemungkinan pembaca dapat menebak adegan-adegan yang akan terjadi selanjutnya. Berikutnya beliau menyampaikan struktur teks cerita inspiratif selanjutnya disebut bagian perkembangan. Perkembangan merupakan batang tubuh utama dari keseluruhan adegan yang terjadi dalam sebuah narasi. Pada bagian perkembangan inilah konflik mulai bermunculan. Ketegangan-ketegangan yang tercipta pada bagian perkembangan ini dapat mencapai klimaksnya.

Selanjutnya konflik tersebut dapat terpecahkan dengan solusi pada bagian penutup. 3. Zainurrahman Zainurrahman (2013) menyatakan bahwa tulisan naratif memiliki elemen wajib berjumlah empat buah, dan juga satu elemen opsional. Keempat elemen wajib yang terdapat dalam teks cerita inspiratif meliputi orientasi, komplikasi, evaluasi, dan resolusi. Sedangkan satu elemen opsional berupa koda. Elemen-elemen tersebut mempunyai fungsi masing-masing sesuai dengan urutannya.

a. Orientasi Elemen orientasi berfungsi seabgai pengenalan latar dan tokoh dalam teks cerita inspiratif. Penulis dapat merincikan latar belakang konflik yang terjadi dalam cerita pada elemen orientasi. Oleh karena itu, elemen orientasi sering juga dikatakan sebagai tahap pengenalan atau penyituasian. Simpulannya, elemen orientasi biasanya berisi pengenalan tokoh, latar, dan latar belakang cerita.

b. Komplikasi Komplikasi merupakan elemen inti atau puncak dalam sebuah teks cerita. Pada elemen inilah konflik-konflik terjadi, yang dimulai dari permulaan munculnya masalah sampai mencapai klimaks. Selain itu, komplikasi merupakan tahap puncak dari peristiwa-peristiwa yang dikembangkan pada tahap rangkaian peristiwa sampai masalah tersebut menemukan jalan keluarnya.

c. Evaluasi Elemen evaluasi memiliki fungsi untuk menggambarkan perasaan, pemikiran, dan respon tokoh terhadap permasalahan yang terjadi dalam cerita. d.

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Resolusi Bagian struktur teks cerita berikutnya adalah resolusi. Pengertian resolusi adalah penyelesaian permasalahan oleh tokoh dalam cerita. Tokoh yang terlibat akan mencari solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Pada tahap ini, peristiwa atau masalah yang berkembang pada bagian rangkaian peristiwa dan komplikasi mengalami pengenduran.

e. Koda Terakhir, koda merupakan bagian struktur teks cerita pamungkas. Koda merupakan amanat atau pesan moral yang tersisip dalam cerita.

Sebenarnya, koda dapat muncul secara langsung ataupun hanya berupa sisipa. Dengan kata lain, koda merupakan bagian penutup dari sebuah teks cerita inspiratif dan juga jenis teks narasi yang lain. Baca Juga: • Pola Pengembangan Teks Cerita Inspiratif dan Contohnya yang Tepat • Contoh Telaah Isi Teks Cerita Inspiratif yang Tepat dan Perlu Diketahui Itulah paparan terkait struktur teks cerita inspiratif.

Terima kasih dan semoga bermanfaat. • Click to share on WhatsApp (Opens in new window) • Click to share on Facebook (Opens in new window) • Click to email this to a friend (Opens in new window) • Click to share on LinkedIn (Opens in new window) • Click to share on Twitter (Opens in new window) • Category: Materi Ajar Leave a comment Post navigation
Halo, Fadelia B, terima kasih sudah bertanya di Roboguru.

Kakak bantu jawab ya. Jawaban dari soal di atas adalah C dan D. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, silahkan cermati pembahasan berikut. Teks cerita inspirasi merupakan teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman yang benar-benar terjadi, yang mampu menggugah inspirasi dan semangat seseorang yang membacanya. Adapun struktur teks cerita inspirasi sebagai berikut: 1) Orientasi, yaitu pengantar cerita. 2) Komplikasi, yaitu puncak dari konflik atau inti cerita, biasanya bagian ini menceritakan peristiwa utama yang menjadi inspirasi.

3) Resolusi,yaitu penyelesaian konflik berisi peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan-kebaikan hidup. 4) Koda, yakni penutup cerita, dan dapat berisi kesimpulan serta penjelasan pesan moral yang dikandung dalam kisah. Berdasarkan pemaparan tersebut, urutan yang tepat struktur teks cerita inspirasi adalah "orientasi-komplikasi-resolusi-koda" karena urutan tersebut sesuai dengan urutan struktur teks cerita inspirasi yang telah dipaparkan sebelumnya.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C dan D. Di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah membantu. 5. Tentukan unsur 5W+1H dari teks berita berikut. Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengingatkan masyarakat di wilayah setempat terdapat tujuh ancaman bencana alam yang perlu diwaspadai.

"Wilayah Sleman ini terdapat tujuh ancaman bencana yang perlu diwaspadai, di antaranya erupsi Gunung Merapi, banjir, puting beliung, tanah longsor, kekeringan, kebakaran dan gempa bumi," kata Pelaksana Kepala BPBD Kabupaten Sleman, Joko Supriyanto, pada geladi lapang desa tangguh bencana Desa Tridadi, Jumat (774). Hadirin yang berbahagia, Tumbuh-tubuhan yang dapat digunakan untuk obat biasanya dinamakan dengan apotek hidup. Tumbuh-tubuhan ini dapat ditanam dihalaman rumah.

Apotek hidup tersebut dapat dijadikan sebagai obat tertentu seperti lenyakit malaria dapat disembuhkan dengan daun pepaya dan sebagainya. Jelaskan isi kutipan pidato tersebut! Baca juga: 13 Contoh Teks Narasi Lengkap dengan Jenis dan Penjelasannya Cerita Inspiratif • Pengertian Dikutip dari 'Materi Umum Bahasa Indonesia SMP' terbitan Puri Cipta Media, cerita inspiratif adalah jenis teks narasi yang menyajikan suatu inspirasi keteladanan kepada banyak orang.

Cerita itu bisa menggugah atau menginspirasi seseorang untuk berbuat baik. Adapun, cerita inspiratif juga sering disebut sebagai 'cerita keteladanan' atau 'cerita penuh hikmah'. • Struktur Struktur cerita inspiratif terdiri dari beberapa hal, seperti di bawah ini: -Orientasi, berisi pengenalan peristiwa, tokoh, maupun latar cerita -Komplikasi berisi cerita tentang masalah yang dialami tokoh utama, seperti konflik atau pertentangan dengan tokoh lain -Resolusi, menceritakan penyelesaian dari masalah yang dialami tokoh -Koda, berisi bagian akhir dari suatu cerita, biasanya berupa ulasan hikmah atas peristiwa yang dialami tokoh utama.

• Ciri-ciri Cerita Inspiratif Sama seperti cerpen, di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah cerita inspiratif juga menggunakan bahasa sehari-hari.

Adapun, ciri-cirinya adalah sebagai berikut: -Menggunakan ungkapan-ungkapan yang bernada saran atau erusatif, seperti hendaknya, sebaiknya, jangan -Menggunakan kata kerja tindakan, seperti mengembara, memberi, menggapai-gapai, melompat, berjalan, berlari -Menggunakan kata kerja yang menggambarkan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan para tokohnya, seperti membisu, mengeluh, mengerang -Menggunakan kata-kata yang menggambarkan keadaan atau sifat tokohnya, seperti bingung, lapar, sombong -Menggunakan kata ganti orang ketika (tunggal atau jamak) -Menggunakan dialog.

Baca juga: Teks Narasi: Ciri-ciri, Unsur, Jenis, Struktur, dan Cara Menulisnya • Contoh Cerita Inspiratif "Oleh-oleh Papa" oleh Laras Ayu "Ini oleh-oleh buat Kania," kata Papa sambil menyerahkan sebuah bungkusan kertas berwarna cokelat. Papa baru pulang dari Kanada. Sebagai seorang wartawan di majalah wisata, Papa sering berpergian, mulai dari pulau-pulau kecil di Indonesia hingga ke luar negeri. "Terima kasih, Pa," sahut Kania tak bersemangat. "Buka, dong, Kania.

Mama mau lihat," ujar Mama. Kania menyobek kertas pembungkusnya dengan perlahan. Tanpa melihat isinya, dia sudah tahu isi bungkusan mungil itu. Papa selalu membawa bungkusan serupa setiap kali pulang dari tugasnya. Benar, kan, sebuah magnet kulkas berbentuk daun, seperti simbol pada bendera Kanada. "Kania tempelkan di kulkas, ya. Bertambah, deh, koleksi kita," jara Papa senang.

Kania mendengus kesal. Kulkas dua pintu di rumah mereka sudah penuh sesak dengan magnet berbagai bentuk dan warna. Herannya, Papa selalu tahu kalau ada yang hilang. Meski papa menyukainya, bukan berarti Kania juga suka. "Bagus sekali," komentar Mama. Kania melihat sekilas magnet itu. Daun bercabang tiga, seperti itu sama sekali tidak menarik baginya. "Kok, diam saja? Kania nggak suka" tanya Papa.

Kian melirik Pap. Sudah berkali-kali Kania bilang, ingin oleh-oleh lain, seperti teman-temannya ketika orang tuanya pergi. Tapi, Papa tetap saja membawakan magnet kulkas lagi. "Kenapa, sih. Papa selalu memberi oleh-oleh magnet? Kania ingin oleh-oleh yang lain, Pa. Kania minta tas." Kania tak tahan lagi, "Magnet bukan benda yang bisa dibanggakan di sekolah.

Semua orang juga punya magnet kulkas," pikir Kania.

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Papa terkejut menatap Kania dan Papa tak mengira kalau Kania sungguh-sungguh meminta tas dan boneka. "Maafkan Papa, ya. Tas Kania kan masih banyak dan bagus-bagus. Papa pikir, Kania tidak butuh tas," Papa memberikan alasan. "Tapi.kalau Kania benar-benar ingin tas, nanti kita beli, ya," bujuk Papa. Kania menggeleng kepalanya.

Ia sudah terlanjur kesal. "Nggak suah!" teriaknya. "Kania cuma mau tas dari Kanada!" Kania berlari ke dalam kamar, Kania tak tahu, Papa memandangnya dengan hati kecewa. Hari minggu sore, Mila, sepupu Kania datang. Ayah Mila sudah meninggal beberapa bulan lalu. "Koleksi magnetmu bertambah banyak, Nia. Om Luki pasti semakin sering tugas luar, ya?" tanya Mila sambil mengamati magnet-magnet itu.

"Iya," jawab Kania pendek. Dia enggan bicara soal magnet. Magnet kulkas mengingatkan pada peristiwa beberapa hati yang lalu. "Main yuk. Aku punya games baru di komputer." Mila malah mengelus magnet-magnet itu satu per satu, seperti mengelus benda berharga. "Kamu kenapa, sih? cetus Kania tak sabar. "Itu, kan magnet biasa." "Tiap kali lihat magnet-magnet itu, aku jadi ingat Ayah," bisik Mila.

"Ayah juga suka mengoleksi magnet. Padahal, magnet-magnet itu tidak ada yang dibelinya sendiri. Ayah mendapatkannya dari teman-temannya." Kania ingat ayah Mila yang sudah meninggal. Dia bekerja sebagai akuntan. Mereka sekeluarga jarang bepergian. "Belum sempat Ayah bepergian ke tempat-tempat yang diimpikannya itu, Ayah sudah meninggal," desah Mila sedih. Kania menggenggam tangan Mila. Dia ikut sedih mendengar perkataan Mila. "Semoga aku bisa mewujudkan impian Ayah, ya, Kania.

Ayah selalu bilang, impiannya adalah melihat dunia. Mungkin aku belum bisa pergi ke tempat-tempat itu sekarang. Tapi, aku bisa belajar dari magnet-magnet itu," kata Mila. Kania terdiam. Perkataan Mila pernah didengar dari Papa. Tiba-tiba perasaan bersalah menyelinap di hatinya. Papa mungkin ingin Kania belajar banyak hal dari magnet-magnet itu.

Tapi Kania tidak menghargai usaha Papa membawakan hadiah kecil itu. "Kamu tahu daun apa ini?" Mila menunjuk magnet baru Papa. Kania menggeleng. "Ini adalah daun mapel. Daun ini hanya ditemukan di negara empat musim. Daun ini menjadi simbol dalam bendera Kanada karena melambangkan kekuatan, kesederhanaan, kehangatan, dan kesetiaan." Mulut Kania menganga. "Wow, hebat banget kamu, tahu sejarahnya." "Kania," Papa memanggil. Kania menoleh. Papa membawa sebuah plastik berukuran besar.

Entah ke mana Papa pergi seharian. "Maaf, ya. Papa tidak membelikanmu tas dari Kanada seperti yang Kania inginkan. Papa belikan ini semoga Kania suka," ujar Papa. Kania membuka plastik itu.

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Sebuah tas berwarna ungu yang bagus. Kania tahu harga tas itu pasti mahal. Tiba-tiba, mata Kania terasa hangat. "Pa., terima kasih. Maaf, ya," Kania memeluk Papa. "Lho, kenapa Kania?" tanya Papa tak mengerti. "Kania menyesal. Sekarang Kania tahu magnet itu oleh-oleh yang sangat berharga." Papa mengelus rambut Kania. Semoga contoh cerita inspiratif di atas bisa membuat detikers semakin paham ya!

Simak Video " Moorissa Tjokro: Berpikir Kritis Jadi Keterampilan yang Wajib Diasah" [Gambas:Video 20detik] (pay/nwy)
KOMPAS.com - Pernahkah kalian membaca atau mendengar kisah dari seseorang yang membuatmu merasa termotivasi?

Bisa jadi kalian sedang membaca atau mendengar suatu cerita inspiratif. Menurut Burhan Nurgiyantoro dalam Teori Pengkajian Fiksi (1998), cerita merupakan isi dari ekspresi naratif. Ekspresi tersebut dapat berupa sedih, senang, atau semangat. Salah satu cerita yang bertujuan untuk membangun semangat adalah cerita inspiratif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, inspiratif berasal dari kata dasar inspirasi yang berarti ilham. Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa cerita inspirasi adalah kisah yang menggerakkan hati sehingga membuat pembacanya bersemangat atau termotivasi.

Teks inspiratif bertujuan untuk memberi inspirasi atau motivasi bagi pembacanya. Ciri-ciri teks cerita inspiratif Ada beberapa hal yang membedakan teks cerita inspiratif dengan teks lainnya. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari ciri-ciri teks cerita inspiratif berikut: • Struktur teksnya terdiri atas orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda. • Memiliki tema spesifik mengenai kehidupan seseorang atau perjuangan yang dikembangkan secara naratif.

• Amanat atau pesan dalam cerita inspiratif adalah sorotan utama, sehingga alur dikembangkan untuk membawa pembaca memahami amanat dengan tepat. • Bersifat naratif. Teks cerita inspiratif berisi uraian atau rangkaian kejadian dalam hidup seseorang. • Tokoh utama dalam teks cerita inspiratif menjadi panutan untuk pembacanya.

• Tokoh dalam teks cerita inspiratif dapat berasal dari kehidupan nyata atau fiksi. Tak jarang, cerita inspiratif dikemas dalam cerita binatang atau dongeng agar mudah diterima pembaca anak-anak.

Baca juga: Inspirasi Positif yang Bisa Diberikan Pada Orang Lain, Jawaban Soal TVRI 17 Juli 2020 SMP Kaidah kebahasaan teks cerita inspiratif Kaidah kebahasaan dalam teks cerita inspiratif adalah sebagai berikut: 1.

Menggunakan kata keterangan yang menunjukkan tempat, waktu, tujuan, dan cara. • Keterangan tempat berfungsi untuk menunjukkan lokasi atau wilayah pada cerita.

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Contohnya di, ke, dari, pada dan sejenisnya. • Keterangan waktu berfungsi untuk menyusun kejadian atau peristiwa secara kronologis. Contohnya: abad lalu, kemarin, sekarang, lusa, besok, dan sejenisnya. • Keterangan tujuan berfungsi untuk menunjukkan informasi atau maksud. Contohnya untuk, supaya, agar, dan sejenisnya. • Keterangan cara berfungsi untuk menunjukkan langkah atau tahap.

contohnya dengan dan secara. 2. Menggunakan kata penghubung atau konjungsi Konjungsi di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah kata penghubung, berperan penting untuk menjadi jembatan antardasar kalimat dalam satu kalimat majemuk. Beberapa konjungsi yang sering digunakan dalam teks cerita inspiratif antara lain: • Konjungsi pertentangan, contohnya tetapi, namu, walaupun, meskipun dan sekalipun.

• Konjungsi konsekuensi, contohnya dengan demikian atau maka. • Konjungsi akibat, contohnya akibatnya atau oleh sebab itu. 3. Menggunakan kalimat majemuk Terdapat dua jenis kalimat majemuk yang digunakan dalam teks cerita inspiratif, yaitu majemuk setara dan majemuk bertingkat.

• Majemuk setara: Kalimat majemuk setara disebut juga kalimat majemuk koordinatif. Struktur kalimat di dalamnya terdapat paling sedikit dua kalimat dasar dan masing-masing dapat berdiri sendiri sebagai kalimat tunggal. • Kalimat majemuk bertingkat: jenis kalimat ini adalah kalimat yang mengandung satu kalimat dasar yang merupakan inti (utama) dan satu atau beberapa kalimat dasar yang berfungsi sebagai pengisi salah satu unsur kalimat inti tersebut.

Struktur teks cerita inspiratif Teks cerita inspirasi dibangun berdasarkan struktur yang ada didalamnya. Berikut penjelasan singkat mengenai struktru teks cerita inspirasi: • Orientasi Bagian awal yang berisi pengenalan tokoh atau penggambaran situasi. Pengenalan tersebut dapat berupa tempat lahir, kondisi sosial, budaya, atau masa kecil tokoh yang menjadi sorotan dalam teks cerita inspiratif.

• Rangkaian peristiwa Bagian yang menceritakan secara kronologis apa saja yang dialami oleh tokoh. Peristiwa yang diceritakan sebisa mungkin yang memiliki kaitan erat dengan amanat dalam cerita inspiratif. Teks cerita inspiratif berbeda dengan biografi, sehingga tidak perlu menceritakan seluruh riwayat hidup tokoh. • Komplikasi Terjadi permasalahan pada peristiwa yang diceritakan.

Masalah tersebut jadi konflik batin tokoh dalam teks cerita inspiratif. Permasalahan ini pula yang nantinya akan membawa cerita menjadi hal yang membuat pembaca bersemangat dan termotivasi. • Resolusi Bagian yang merupakan tahap di mana tokoh menetapkan jalan untuk menghadapi masalahnya. Perjuangan yang telah dilakukan tokoh dalam menghadapi permasalahan, dikemukakan melalui tahap ini.

Permasalahan pun perlahan hilang. • Koda Bagian akhir dalam teks cerita inspiratif. Biasa ditutup dengan narasi tentang keadaan tokoh atau situasi setelah terjadi resolusi.

Pada beberapa teks cerita inspiratif, penulis menyampaikan pesan atau amanat pada bagian koda. Baca juga: Struktur Teks Cerita Sejarah Contoh Thomas Alva Edison merupakan salah satu orang yang berpedan dalam perkembangan peradaban manusia. Berbagai penemuannya sangan berguna bagi banyak orang.

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Edison lahir di Amerika, tepatnya di Milan, Ohio pada 11 Februari 1847. Edison dan keluarganya sempat pindah dari Ohio ke Michigan. Semasa sekolah ia selalu mendapat nilai terendah di kelas. Guru menganggapnya bodoh, sehingga ia dikeluarkan dari sekolah. Meski demikian, ibu Edison tidak menyerah pada anaknya. Ibu Edison adalah guru. Maka ia mengajari sendiri anaknya.

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Sejak usia 11 tahun Edison sudah mulai membuat penemuan-penemuan di laboratorium kecilnya, di ruang bawah tanah. Pada 1868 Edison menemukan sistem interkom elektrik, tetapi penemuannya kurang mendapat perhatian orang. Edison tidak menyerah.

Ia terus meneliti sambil bekerja menjadi loper koran, operator telegraf, sampai menerbitkan koran secara mandiri. Kerja kerasnya membuahkan hasil. Orang-orang mulai menaruh perhatian pada penemuan Edison.

Sampai akhirnya, ia menjadi pengusaha sekaligus penemu hebat. Beberapa penemuan yang ia pelopori, yaitu stock ticker, lampu pijar listrik, fonograf, fonomotor, vitascope, dan lain sebagainya. Melalui kisah Thomas Alva Edison, kita belajar bahwa bodoh atau pintar tidak menjadi kunci kesuksesan seseorang.

Jangan merendahkan atau menghina orang lain hanya karena ia tidak pandai dalam satu hal tertentu. Setiap orang dapat menjadi orang yang hebat selama ada peluang, kemauan yang kuat, dan kerja keras.
Jakarta - Teks cerita inspiratif adalah teks narasi yang bertujuan untuk membuat pembacanya menjadi lebih termotivasi dan terinspirasi setelah membaca cerita tersebut.

Cerita pada teks inspiratif umumnya dibuat oleh seseorang yang sudah dalam taraf bijak. Kisah tersebut bisa menggerakkan, mengilhami, membangkitkan, atau mengobarkan semangat pembacanya untuk melakukan sesuatu yang positif. Berikut adalah penjelasan mengenai teks cerita inspiratif yang disadur dari buku Bahasa Indonesia Kelas IX yang ditulis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Baca juga: Tentang Teks Biografi: Ciri-ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya A.

Struktur Teks Cerita Inspiratif Teks cerita inspiratif memiliki beberapa informasi yang terlihat dari strukturnya yaitu: 1. Orientasi, adalah pengantar cerita.

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Pada bagian ini berisi pembuka cerita yang mengenalkan tokoh dan peristiwa yang akan dihadapinya. 2. Perumitan peristiwa Pada bagian ini berisi kisah tokoh dan peristiwa yang akan menghantarkan pembaca ke bagian puncak cerita/ konflik. 3. Komplikasi Komplikasi merupakan inti cerita.

Pada bagian ini merupakan kisah yang menjadi inspirasi, tokoh menceritakan bagaimana dirinya melewati rintangan tersebut. 4. Resolusi Resolusi adalah peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan.

5. Koda Koda merupakan penutup cerita. Pada bagian ini berisi kesimpulan dan pesan moral. B. Cara Menulis Teks Cerita Inspiratif 1.

di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah

Cerita dapat menggugah perasaan jika menyentak langsung hati dan pikiran pembaca atau pendengar agar tetap semangat, menjadi lebih baik dan berbuat tulus dalam hidup. 2. Cerita mudah dipahami meski bermakna mendalam.

3. Cerita inspirasi bisa saja berasal dari pengalaman nyata yang pernah dialami. Atau cerita motivasi tentang orang lain yang telah memengaruhimu secara positif, misalnya kisah guru yang penuh perhatian. 4. Tulis cerita sebagaimana kamu berbincang dengan teman dengan bahasa yang sederhana. Tidak perlu kata-kata bergaya atau menggunakan di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah bahasa yang rumit. Sampaikan pesan dan emosi sebagaimana kamu lihat dan rasakan.

Hal ini akan membuat ceritamu alami. C. Bagian Wajib Teks Cerita Inspiratif Teks cerita inspiratif biasanya memiliki tema kepahlawanan seperti cerita Si Pitung, Pangeran Diponegoro, Sang Pencerah, Sukarno, Superman, hingga Neil Amstrong yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan. Perjalanan pahlawan dalam teks cerita inspiratif dibagi dalam model berikut: 1. Awal: Seseorang yang memiliki tantangan atau hambatan yang akan diatasi.

2. Tengah: keputusan dan tindakan yang diambil sang tokoh untuk mencapai tujuan. 3. Akhir: kesuksesan yang diraih dan ada hasil positif yang diraih. D. Contoh Teks Cerita Inspiratif Kentang, Telur, dan Biji Kopi Ada seorang anak yang mengeluh kepada ayahnya bahwa hidupnya menderita. Dia tidak tahu harus bagaimana lagi. Dia lelah terus berjuang setiap saat. Sepertinya masalah tidak ada habisnya, silih berganti datang. Satu masalah selesai muncul lagi masalah lainnya.

Sang ayah, seorang juru masak, membawanya ke dapur. Dia mengisi tiga panci dengan air dan meletakkannya di atas api. Setelah air dalam ketiga panci itu mulai mendidih, dia meletakkan kentang di panci pertama, telur di panci kedua, dan bubuk kopi di panci ketiga. Kemudian duduk kembali dan menunggu tanpa berkata sepatah pun kepada putrinya. Sang anak menggerutu dan menunggu tidak sabar, menduga-duga yang dikerjakan ayahnya. Setelah 20 menit dia mematikan api.

Dia mengambil kentang dan meletakkannya ke dalam mangkuk. Dia mengambil telur dan meletakkannya ke dalam mangkuk. Setelah itu mengambil rebusan air kopi dan dimasukkan ke dalam cangkir.

Dia menoleh ke putrinya dan bertanya. "Nak, apa yang kamu lihat?" "Kentang, telur, dan kopi", dia cepat menjawab. "Lihat lebih cermat", kata ayahnya, "Pegang kentang itu." Sang anak melakukannya dan kentangnya sudah empuk. Kemudian dia diminta mengupas telur, dia mengamati telur rebusnya keras.

Akhirnya dia diminta menghirup aroma kopi yang harum hingga membuatnya tersenyum. "Ayah, apa maksud semua ini?" tanyanya. Sang ayah kemudian menjelaskan bahwa kentang, telur, dan kopi menghadapi tantangan yang sama, air mendidih.

Namun, masing-masing bereaksi berbeda. Kentang yang keras setelah masuk ke dalam air mendidih berubah menjadi lembut dan lemah. Telur yang rapuh yang hanya dilapisi cangkang tipis saat dimasukkan ke dalam air mendidih isi telur berubah menjadi keras. Yang unik adalah gilingan biji kopi. Setelah dimasukkan ke dalam air mendidih, mengubah air menjadi sesuatu yang baru.

"Yang mana kamu?" tanyanya kepada putrinya. "Saat tantangan dan kesulitan mengetuk pintumu, bagaimana tanggapanmu? Apakah kamu kentang, telur, atau biji kopi?" Anakku, dalam hidup ini segala sesuatu terjadi di sekitar kita. Akan tetapi, kita lah yang menentukan akan menjadi apa, menjadi lebih lemah, lebih kuat, atau menjadi sesuatu yang baru? Kamu pilih yang mana? Demikianlah penjelasan mengenai struktur, cara menuliskannya, bagian wajib, dan contoh teks cerita inspiratif.

Yuk coba menulis teks cerita inspiratif.Daftar Isi • Ciri teks insipirasi • Struktur teks inspiratif • Karakteristik Cerita Inspiratif • Langkah-Langkah Menulis Teks Cerita Inspirasi • Contoh cerita inspiratif Ciri teks insipirasi Dari tujuan diatas, tentunya teks inspirasi memiliki ciri-ciri yang membedakanya dari jenis teks lain yaitu, • Diciptakan untuk menggugah perasaan pembaca • Memberi kesan mendalam • Berisi motivasi • Memiliki pesan moral yang jelas sehingga pembaca dapat belajar dari teks cerita inspirasi tersebut.

Struktur teks inspiratif Teks cerita inspirasi memiliki unsur-unsur sebagai berikut, • Orientasi, adalah pengantar cerita. • Perumitan peristiwa, adalah kisah tokoh dan peristiwa menuju ke puncak cerita (konflik) • Komplikasi, adalah inti cerita, tempat di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah yang menjadi inspirasi • Resolusi, adalah peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan • Koda, adalah penutup cerita atau kesimpulan dan pesan moral Karakteristik Cerita Inspiratif Dari ciri dan struktur di atas, teks cerita inspiratis memiliki karakteristik yang dapat dengan mudah dikenali yaitu, • Menginspirasi serta mempunyai pesan yang dapat disampaikan kepada setiap pembaca.

• Teks-teks inspiratif adalah naratif karena mereka tentang seseorang atau sesuatu yang dapat menginspirasi siapa pun untuk membaca cerita. • Teks yang menginspirasi biasanya menceritakan kisah kehidupan karakter, yang dapat menjadi panutan bagi pembacanya.

Karakter dalam teks inspirasional dapat berupa karakter nyata atau fiksi. Ini juga bisa menjadi teks inspirasional dalam cerita binatang atau dongeng. • Teks inspirasional memiliki struktur teks yang terdiri dari orientasi, komplikasi peristiwa, kerumitan, resolusi dan kode.

• Teks inspirasional biasanya memiliki topik khusus yang dapat dikembangkan menjadi cerita yang menarik. • Selain topik, inspirasional serta mempunyai alur cerita yang spesifik hingga pembaca bisa memahami dari cerita yang disampaikan dan pesan dikandungnya. • Tentukan tema dan amanat yang akan disampaikan • Tetapkan sasaran pembaca • Rancang peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur • Bagi peristiwa utama itu ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita • Rincian peristiwa-peristiwa utama ke dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung • Susun tokoh dan perwatakan, latar, dan sudut pandangan • Mengerti aturan tanda bacanya dalam kalimat tersebut Contoh cerita inspiratif Seseorang Yang Bangkit Dari Depresi Dikisahkan bahwa ada seorang ayah yang sempat kehilangan anak laki-lakinya.

Namanya seorang ayah, tentu saja akan sangat terluka ketika buah hati yang begitu disayangi tiba-tiba pergi meninggalkannya terlebih dahulu menjemput maut. Mungkin memang banyak yang berhasil melewati situasi ini, namun tidak dengan seorang lelaki bernama Brian ini.

Brian bisa di katakan mengalami stress dan syock berat akibat meninggalnya putranya tersebut. Bahkan, saking parahnya kondisi Brian, dia pun pernah mencoba untuk bunuh diri. Padahal, anak laki-lakinya yang telah meninggal bukanlah putra semata wayang yang dia miliki. Brian masih memiliki seorang putri juga yang seharusnya bisa menghibur kesedihan laki-laki tersebut.

Meski demikian, keluarganya masih begitu bersyukur karena Brian tidak sampai hilang kendali dan benar-benar menyusul putranya saat itu. Bahkan, saat ini depresi yang di alami oleh Brian pun telah pulih seperti sedia kala.

Dia tidak lagi mengalami hal-hal yang di luar batas wajar sebagaimana beberapa tahun lalu sejak meninggalnya sang putra. Kondisi Brian akhirnya membaik dengan perjuangan keras dan berbagai tahap pemulihan yang dia jalani. Bahkan, saat ini dia begitu sehatnya hingga ikut andil dalam berbagai penyembuhan untuk penderita depresi.

Hal ini di lakukan sebagai rasa syukur atas kesembuhannya hingga sekarang. Dan dia pun bekerja di recovery support worker. Dari cerita ini bisa di ambil banyak pelajaran penting.

Seseorang yang pernah mengalami depresi pun akhirnya mengabdikan diri bagi mereka yang sedang mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, sesedih apa pun hal atau peristiwa yang pernah terjadi dalam hidup. Termasuk ketika orang yang paling di sayangi pergi, jangan sampai kehilangan akal sehat dan melakukan tindakan merugikan.

Hal ini karen segala sesuatu pasti kembali ke asalnya dan hanya menunggu giliran masing-masing saja. Selain itu, bagi Anda yang sedang memiliki keluarga dalam kondisi serupa, tidak perlu khawatir terlalu berlebih karena dengan ikhtiar yang kuat, niat serta doa dari keluarga, orang yang Anda sayang dan sedang mengidap depresi bisa sembuh sebagaimana kondisi semula. Bahkan, bisa jadi dia akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Dan hal ini telah di buktikan oleh Brian serta putrinya yang melewati masa-masa sulit dengan kondisi sang ayah yang begitu mengharukan.

Bahkan, cerita inspiratif yang satu ini pun di ceritakan sendiri oleh sang putri yang begitu senang karena ayahnya telah kembali seperti sedia kala. Referensi: maxmanroe.com - Ilustrasi: dribbble.com

Pembelajaran Struktur Teks Cerita Inspiratif dengan Metode TGT+ Berbantuan Media Mahkota Inspiratif




2022 www.videocon.com