Contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

Daftar Isi Artikel • Berikut, contoh soal UAS Bahasa Indonesia kelas xi semester 1 K13 dengan jawabannya. • Sebarkan ini: • Posting terkait: 1. Kata “atau” merupakan konjungsi …. a. tujuan b. pilihan c. temporal d. kesimpulan e. syarat Jawaban: b. pilihan Pembahasan: Konjungsi merupakan kata hubung dalam sebuah kalimat kata, atau paragraf.

Kata “atau” termasuk dalam konjungsi pilihan. 2. Kata “terakhir” merupakan konjungsi a. tujuan b. pilihan c. temporal d. kesimpulan e. syarat Jawaban: c. temporal Pembahasan: Konjungsi temporal adalah kata sambung yang mengacu pada waktu.

Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 3-5! (1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajar jika bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah. (2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan. (3) gelombang tersebut bisa mencapai 500 sampai 1.000 kilometer per jam di lautan. (4) Pada saat mencapai bibir pantai, kecepatannya berkurang menjadi 50 sampai 30 kilometer. (5) Meskipun berkurang pesat, kecepatan tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan yang parah.

3. Kalimat yeng merupakan pendapat dinyatakan pada nomor …. a. (1) dan (2) b. (2) dan (3) c. (3) dan (4) d. (4) dan (5) e. (1) dan (5) Jawaban: a.

(1) dan (2) Pembahasan: Opini atau pendapat adalah perkiraan, pikiran atau tanggapan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Opini dalam teks tersebut adalah nomor satu dan dua. 4. Kalimat pada teks eksplanasi tersebut yang mempunyai unsur kausalitas (sebab-akibat) adalah nomor . a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5) Jawaban: e. (5) Pembahasan: Unsur kausalitas adalah unsur yang mengandung sebab akibat, unsur yang mengandung sebab akibat dalam teks eksplanasi tersebut adalah jawaban e.

5. Kalimat teks eksplanasi tersebut yang mempunyai konjungsi syarat adalah nomor …. a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5) Jawaban: a. (1) Pembahasan: Konjungsi syarat menjelaskan bahwa suatu hal dapat terjadi bila syarat-syarat yang disebutkan tersebut dipenuhi. Kata-kata yang menyatakan hubungan ini adalah jika, jikalau, apabila, asalkan, kalau, dan, bilamana. Jawaban yang tepat adalah jawaba a, karena terdapat kata konjungsi syarat yaitu kata jika.

6. Cermati kutipan berikut! Bahan; rimpang kencur sebesar ibu jari, garam secukupnya cara membuat; kencur diparut. Tambahkan secangkir air hangat. lalu peras dan disaring. Cara menggunakan kencur yang telah disaring biar mengendap, beri garam secukupnya kemudian diminum. Kata yang menunjukan urutan kegiatan adalah … a. kemudian b. tambahkan c. secangkir air d.

biar mengendap e. sebesar ibu jari Jawaban: b. tambahkan Pembahasan: Teks tersebut termasuk teks prosedur, kata yang menunjukan urutan kegiatan adalah kata “tambahkan” yang memiliki kata perintah. 7. Perhatikan kutipan berikut! Makanan alami lele terdiri dari plankton, berbagai udang kecil, siput, cacing, jentik nyamuk, bahkan sisa sayur-mayur. Jika ele dibudidayakan di kolam, sisa-sisa masakan di dapur, dadak halus dapat ditambahkan sebagai contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 tambahan.

Oleh karena itu, lele disebut pula sebagai omnivore atau pemakan segala. Konjungsi antarkalimat dalam kutipan tersebut adalah …. a. maka b. bahkan c. sebagai d. terdiri dari e. oleh karena itu Jawaban: e. oleh karena itu Pembahasan: Baca Juga ; Harga Beton Jayamix Konjungsi adalah kata hubung, kata hubung yang tepat dalam teks tersebut adalah oleh karena itu. 8. Ceramah bertujuan untuk memberikan …. a. nasihat baik b. kebencian c.

kemurkaan d. keburukan e. kejahatan Jawaban: a. nasihat baik Pembahasan: Ceramah adalah pesan yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk, sementara ada audiens yang bertindak sebagai pendengar. Sedangkan umum untuk siapa saja, khalayak ramai, masyarakat luas, atau lazim. 9. Berikut yang tidak termasuk ungkapan terimakasih adalah ….

a. Terima kasih kepada pihak yang telah membantu saya b. Assalamualaikum wr. Wb c. Dengan adanya benda ini, saya ucapkan terima kasih d. Ungkapan syukur kepada Tuhan dan ucapan terima kasih kepada juri atau tamu undangan. e. saya panjatkan syukur saya kepada Tuhan Yang Maha Esa Jawaban: b. Assalamualaikum wr. Wb Pembahasan: Ucapan terimakasih yaitu kalimat yang menyatakan rasa terima contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 kepada pihak-pihak yang terkait dengan berlangsungnya ceramah.

10. Bahasa yang digunakan dalam teks ceramah adalah …. a. efektif b. ambigu c. rancu d. bahasa gaul e. bahasa tidak baku Jawaban: a. efektif Pembahasan: Materi ceramah harus dijelaskan dengan baik dengan menggunakan bahasa yang efektif.

11. Isi dalam penutup penyampaian ceramah berupa …. a. salam pembuka b. pengenalan topik, tema, dan judul c. materi pokok yang dibahas d. kesimpulan dan ungkapan penutup e. ucapan terima kasih Jawaban: d. kesimpulan dan ungkapan penutup Pembahasan: Dalam penutup terdapat poin-poin yang mendukung antara lain sebagai berikut: 1.

kesimpulan materi yang telah disampaikan 2. ungkapan penutup, misalnya ungkapan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan permohonan maaf jika terdapat kesalahan 3. salam penutup. 12. Kalimat salam penutup yang tepat adalah …. a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf b. Selesai semua saya mohon maaf c. Sudah saya akhiri semua ini d.

Demikian saya awali, mohon maaf e. Terima kasih Jawaban: a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf Pembahasan: Salam penutup harus menggunakan kalimat yang baik, agar memiliki kesan yang baik pula. 13. Perhatikan kalimat berikut! Kesempurnaan milik Tuhan, kesalahan milik saya. Kalimat tersebut sering terdapat pada bagian …. a.

contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

pendahuluan b. isi c. materi d. salam pembuka e. salam penutup Jawaban: e. salam penutup Pembahasan: Kalimat tersebut merupakan akhiran dari sebuah penutupan pidato, ceramah atau khotbah. 14. Faktor-faktor di dalam lingkungan masyarakat penulis yang mempengaruhi penulis dalam menulis cerpen tersebut disebut …. a. latar belakang masyarakat b. latar belakang penulis c.

penokohan d. sudut pandang e. alur Jawaban: a. latar belakang masyarakat Pembahasan: Latar belakang masyarakat merupakan faktor-faktor di dalam lingkungan masyarakat penulis yang mempengaruhi dalam menulis cerpen tersebut.

15. Nilai yang menjelaskan baik dan buruk seseorang dalam cerita adalah nilai …. a. agama b. sosial c. budaya d. moral e. ekonomi Jawaban: d. moral Pembahasan: Di dalam suatu contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1, nilai moral dapat menjadi suatu nilai yang baik maupun nilai yang buruk.

16. Bacalah penggalan cerpen berikut! Waktu Holil anak Haji Zainuri sunat, aku masih anak kecil. Di kotaku belum ada listrik. Apalagi radio dan bioskop. Hiburan satu-satunya bagi anak-anak kecil di waktu sore hari ialah menonton orang memasang lampu petromaks yang dikerek di setiap perempatan jalan dan memburu-buru gangsir atau laron bilamana musimnya tiba. Unsur ekstrinsik yang ingin ditonjolkan dan penggalan cerpen tersebut adalah latar belakang …. a. sosial masyarakat b.

budaya masyarakat c. sosial pengarang d. sejarah penciptaan e. agama pengarang Jawaban: a. sosial masyarakat Pembahasan: Penggalan cerpen tersebut menonjolkan unsur ekstrinsik latar belakang sosial masyarakat.

masyarakat yang pada zaman itu belum memiliki jaringan listrik. Sehingga hiburan bagi anak-anak pun masih sangat terbatas. 17. Salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau cerita mengenai manusia beserta seluk-beluknya lewat tulisan pendek dan singkat disebut …. a. cerita pendek b. eksposisi c. eksplanasi d. deskripsi e. prosedur Jawaban: a. cerita pendek Pembahasan: Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau cerita mengenai manusia beserta seluk beluk nya lewat tulisan pendek dan singkat.

18. Bacalah teks berikut! Hari ini aku bangun pagi terlambat. Ku lihat jam telah menunjukan pukul 7. Tanpa pikir panjang aku langsung berganti pakaian dan langsung menuju sekolahku.

Di perjalanan sekolah, aku memacu kendaraanku dengan sangat kencang. Namun, tiba-tiba dari arah berlawanan ada seorang pejalan kaki yang melintas.tanpa sempat menghindar lagi, aku pun menumbur dirinya. Alur dalam penggalan teks tersebut adalah alur …. a. maju b. mundur c. campuran d. tidak urut e. flashback Jawaban: a. maju Pembahasan: Pada alur maju atau disebut juga dengan alur progresif. Penulis menyajikan jalan ceritanya secara berurutan dimulai dari tahapan perkenalan ke tahapan penyelesaian secara urut dan tidak acak.

19. Berikut ini yang tidak termasuk ciri cerpen adalah …. a. jalan ceritanya pendek b. memiliki jumlah 10.000 kata c. berasal dari kehidupan sehari-hari d. menggambarkan semua kisah pada tokohnya e. tidak ada permasalahan dalam cerita Jawaban: e. tidak ada permasalahan dalam cerita Pembahasan: Berikut ciri-ciri cerpen. 1. Jalan ceritanya lebih pendek dari novel 2. Sebuah cerpen memiliki jumlah kata yang tidak lebih dari 10.000 (10 ribu) kata.

3. Biasanya isi cerita cerpen berasal dari kehidupan sehari-hari 4. tidak menggambarkan semua kisah para tokohnya hal ini karena dalam cerpen yang digambarkan hanyalah inti sarinya saja. 5. Tokoh dalam cerpen digambarkan mengalami masalah atau suatu konflik hingga pada tahap penyelesaiannya. 6. Pemakaian kata yang sederhana serta ekonomis dan mudah dikenal pembaca.

20. Ringkasan atau inti dalam cerita pendek yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian peristiwa atau bisa juga sebagai gambaran awal dalam cerita disebut … a. abstrak b. orientasi c. komplikasi d. evaluasi e. koda Jawaban: a. abstrak Pembahasan: Abstrak merupakan ringkasan atau inti dari cerita pendek yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian peristiwa atau dapat juga sebagai gambaran awal dalam cerita. Abstrak bersifat opsional atau dalam artian bahwa setiap cerpen boleh tidak terdapat struktur abstrak tersebut.

21. Sebuah gagasan pokok yang mendasari dari jalan cerita sebuah cerpen disebut …. a. tema b. alur c. setting d. tokoh e. penokohan Jawaban: a. tema Pembahasan: Tema adalah sebuah gagasan pokok yang mendasari dari jalan cerita sebuah cerpen. Tema biasanya dapat langsung terlihat jelas di dalam cerita atau tersurat dan tidak langsung, dimana si pembaca harus teliti dan dapat menyimpulkan sendiri atau tersirat.

22. Jalan dari sebuah kisah cerita merupakan karya sastra disebut …. a. tema b. penokohan c.

contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

amanat d. alur e. setting Jawaban: d. alur Pembahasan: Jalan dari sebuah kisah cerita merupakan karya sastra. Secara garis besar, alur merupakan urutan tahapan jalannya ceritaantara lain perkenalan – muncul konflik atau suatu permasalahan – peningkatan konflik – puncak konflik (klimaks) – penurunan konflik – selesaikan.

23. Berikut yang tidak termasuk setting adalah …. a. tempat b. latar c. suasana d. waktu e. tokoh Jawaban: e. tokoh Pembahasan: Setting sangat berkaitan dengan tempat atau latar, waktu, dan suasana dalam cerpen tersebut. 24. Tokoh baik dalam karya sastra disebut …. a. protagonis b. antagonis c. campuran d. tritagonis e. pantonim Jawaban: a. protagonis Pembahasan: Tokoh baik disebut dengan protagonis.

25. Penulis mulai memperkenalkan tokoh-tokoh, latar yang ada di dalam cerita termasuk tahapan alur…. a. perkenalan b. pemunculan masalah c. menuju konflik d. ketegangan e. penyelesaian Jawaban: a. perkenalan Pembahasan: Pada bagian perkenalan, penulis mulai memperkenalkan tokoh-tokoh, latar yang ada dalam cerita tersebut. 26. Bacalah kutipan cerpen berikut! Pagi ini cuaca begitu cerah sehingga dapat mengubah suasana jiwaku yang penat karena setumpuk tugas yang terbengkelai menjadi teringankan.

Namun, sekarang aku harus mulai bangkit dari tidurku dan bergegas untuk mandi karena pagi ini aku harus bekerja keras. Tokoh “aku” dalam kutipan tersebut merupakan sudut contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 ….

a. orang pertama pelaku utama b. orang pertama pelaku sampingan c. orang ketiga serbatahu d. orang ketiga pengamat e. orang kedua Jawaban: a. orang pertama pelaku utama Pembahasan: Dalam sudut pandang ini, tokoh “aku” akan menjadi tingkat perhatian dari kisah cerpen tersebut. Dalam sudut pandang ini, tokoh “aku” digunakan sebagai tokoh utama. 27. Bacalah kutipan cerpen berikut! Sudah genap 1 bulan dia menjadi pendatang baru di perumahan ini. Tetapi, dia juga belum satu kali pun terlihat keluar rumah hanya untuk sekedar beramah-tamah dengan tetangga yang lain.

Kutipan cerpen tersebut memiliki sudut pandang …. a. orang pertama pelaku utama b. orang pertama pelaku sampingan c. orang ketiga serbatahu d. orang ketiga pengamat e.

orang kedua Jawaban: c. orang ketiga serbatahu Pembahasan: Kisah cerita dari sudut “dia” namun pengarang atau narator dapat menceritakan apa saja hal-hal dan tindakan yang menyangkut tokoh “dia” tersebut. Pengarang mengetahui segalanya. 28. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Entah apa yang telah terjadi dengannya. Pada saat datang, ia langsung marah. Memang kelihatannya ia mempunyai banyak masalah. Kutipan teks cerpen tersebut memiliki sudut pandang …. a. orang pertama pelaku utama b. orang pertama pelaku sampingan c. orang ketiga serbatahu d.

orang ketiga pengamat e. orang kedua Jawaban: d. orang ketiga pengamat Pembahasan: Dalam sudut pandang ini berbeda dengan orang ketiga serbatahu. Pengarang hanya melukiskan apa yang dilihat, dialami, dipikir dan dirasakan oleh tokoh tersebut, namun terbatas pada seorang tokoh saja. 29. Bacalah kutipan cerpen tersebut! Sebuah pesan dari seorang penulis atau pengarah cerita tersebut kepada pembaca agar pembaca dapat bertindak atau melakukan sesuatu disebut ….

a. amanat b. tema c. sudut pandang d. setting e. alur Jawaban: a. amanat Pembahasan: Amanat merupakan sebuah pesan dari seorang penulis atau pengarang cerita tersebut kepada pembaca agar pembaca dapat bertindak atau melakukan sesuatu.

30. Berikut yang tidak termasuk unsur intrinsic cerpen adalah …. a. tema b. alur c. setting d. latar belakang e. penokohan Jawaban: d.

latar belakang Pembahasan: Unsur intrinsik cerpen adalah tema, alur, setting, tokoh, penokohan, sudut pandang dan amanat. 31. Sekumpulan data atau fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu, sehingga mempunyai arti bagi penerima disebut ….

Jawaban: informasi 32. Tujuan teks prosedur adalah …. Jawaban: untuk menunjukan atau menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1. 33. Setelah alat dan bahan dalam teks prosedur adalah …. Jawaban: langkah-langkah 34.

Struktur teks prosedur yang pertama adalah … Jawaban: tujuan 35. Kata lalu termasuk konjungsi …. Jawaban: waktu 36.

Teks eksplanasi merupakan karangan yang isinya berupa …. Jawaban: penjelasan-penjelasan 37. Semua fenomena tersebut memiliki hubungan …. Jawaban: sebab akibat dan memiliki proses 38. Seorang pembicara harus mengetahui bahwa dirinya adalah …. Jawaban: pembicara 39.

Audiens bermacam-macam kelompok manusia yang berbeda mulai dari segi …. Jawaban: intelektualitas, status ekonomi, status sosial, pendidikan, jenis kelamin dan lain-lain. 40. Tema merupakan gagasan pokok yang mendasari suatu …. Jawaban: permasalahan 41. Tulislah struktur teks prosedur yang kedua!

Jawaban: Bagian materi yang menjelaskan alat dan bahan dalam melakukan sesuatu. 42. Tulislah struktur teks prosedur bagian terakhir!

Jawaban: Bagian langkah-langkah yang menjelskan mengenai cara yang tempuh dalam teks. 43. Apa saja yang dimuat dalam teks eksplanasi?

Jawaban: Dalam teks eksplanasi dimuat informasi yang bersifat fakta.

contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

44. Apa yang harus diketahui dalam mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi? Jawaban: Pengetahuan dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi. 45. Uraian sifat teks eksplanasi! Jawaban: Sifatnya informatif dan tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas. 46. Apa yang dimaksud alur mudur!

Jawaban: Alur mundur adalah proses jalannya cerita secara tidak urut. Biasanya pengarang menyampaikan ceritanya dimulai dari konflik menuju penyelesaian, kemudian menceritakan kembali latar belakang timbulnya konflik tersebut.

47. Bagaimana ceramah yang baik? Jawaban: Ceramah yang baik adalah suatu ceramah dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan ceramah yang disampaikan tersebut. 48. Sebutkan kriteria ceramah yang tepat! Jawaban: Berikan kriteria ceramah yang tepat. a. isi ceramah yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.

b. isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut. c. isi ceramahnya tidak menimbulkan pertentangan.

d. isinya benar, objektif, dan jelas. e. Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar. f. Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati. 49. Terangkan pengertian aliran sastra! Jawaban: Aliran sastra merupakan agama bagi seorang penulis dan setiap penulis memiliki aliran sastra yang berbeda-beda. baca Juga ; • Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 • soal bahasa indonesia kelas 10 • Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Posting terkait: • Soal Tema 4 Kelas 2 • Soal Tema 5 Kelas 2 • Soal Tema 6 Kelas 2 Posting pada BANK SOAL Ditag contoh soal bahasa indonesia kelas 11, contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya, contoh soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1, contoh soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2, contoh soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 essay, soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1, soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta jawaban, soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 kurikulum 2013, soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 tentang teks prosedur, soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2, soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013, soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 tentang drama, soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 tentang karya ilmiah, soal bahasa indonesia kelas 11 smk, soal bahasa indonesia kelas 11 tentang ceramah, soal dan jawaban bahasa indonesia kelas 11, soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 1, soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2, soal pat bahasa indonesia kelas 11 semester 2, soal pg bahasa indonesia kelas 11 semester 2, soal uas bahasa indonesia kelas 11 semester 1, soal uas bahasa indonesia kelas 11 semester 2, soal ulangan bahasa indonesia kelas 11, soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1, soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 2 Post Terbaru • Struktur Osis • Program Kerja Osis • 16 Prospek Kerja Agribisnis • √ Larutan Non Elektrolit : Pengertian, Contoh dan Penjelasannya • Motto OSIS • Prospek Kerja Teknik Industri dan Gajinya • Sinopsis Novel Dia Adalah Kakakku • Sinopsis Novel Sepotong Hati yang Baru • Sinopsis Novel Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah • Sinopsis Novel Sunset Bersama Rosie Soal-soal Ujian Tengah Semester (UTS) Bahasa Indonesia kelas xi semester 1 kurikulum 2013 beserta jawaban, berisikan materi mulai dari mengenal teks prosedur sampai dengan b elajar teks eksplanasi.

Ada sekitar 115 soal (70 PG + 45 essay) MID/UTS yang bisa siswa/i pelajari sebagai bahan referensi belajar online sebelum menghadapi Penilaian Tengah Semester yang sebenarnya.

Baca juga: - contoh soal UTS Bahasa Contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 kelas XI semester 1 KTSP beserta jawaban - 40 Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban - 135 Kumpulan Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Berikut, soal UTS B.Indonesia kelas 11 semester satu K13 dengan kunci jawabannya untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat.

1. Kalimat dalam teks prosedur tidak membingungkan dan mudah diikuti berarti kalimat tersebut …. a. logis b. jelas c. baku d. singkat e. ejektif Jawaban: a. logis Pembahasan: Kalimat logis adalah perkataan yang masuk akal.

Kalimat artinya perkataan. Logis artinya sesuai dengan logika, benar menurut penalaran, atau masuk akal. 2. Berikut yang bukan merupakan contoh dari konjungsi temporal adalah …. a. mengapa b. selanjutnya c. kemudian d. apabila e. setelah Jawaban: a.

mengapa Pembahasan: Konjungsi adalah kata hubung, mengapa bukan merupakan konjungsi melainkan kata pertanyaan atau kalimat interogatif. 3. “Jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja” merupakan kalimat …. a. interogatif b. imperatif c. deklaratif d. primitif e. baku Jawaban: b. imperatif Pembahasan: Kalimat imperatif adalah kalimat yang berupa perintah, dapat ditandai dengan kata jangan.

4. jika, seandainya, apabila merupakan bagian dari …. a. konjungsi temporal b. verba tingkah laku c. verba material d. pembukaan e. konjungsi syarat Jawaban: e.

konjungsi syarat Pembahasan: Konjungsi adalah kata hubung, konjungsi syarat menggunakan kata jika, seandainya, apabila. 5. “Pastikan tuduhan pelanggaran” merupakan contoh dari … a. deklaratif b. interogatif c. imperatif d. persuasive e. deklaratif Jawaban: c. imperatif Pembahasan: Kalimat imperatif berisi tentang kalimat perintah Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-7!

Teks tersebut terdiri dari pendahuluan dan rincian-rincian tentang sebab terjadinya gempa bumi. Bagian pendahuluan terdiri atas tiga paragraf yang berisi pengertian gempa bumi dan jenis-jenisnya. Bagian perincian terdiri atas lima paragraf. Paragraf pertama membahas … 6. Teks diatas adalah penilaian hasil analisis teks eksplanasi bagian …. a. kaidah b. bahasa c. struktur d. kesimpulan e. isi Jawaban: c. struktur Pembahasan: Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan menegal suatu fenomena alam atau fenomena sosial.

Penilaian hasil analisis teks eksplanasi yaitu berupa struktur. 7. Hal yang tidak diungkap dalam penilaian laporan hasil analisis teks eksplanasi di atas adalah …. a. Rincian sebab terjadinya gempa bumi b. Jumlah paragraf c. Pengertian gempa bumi d.

Proses terjadinya gempa bumi e. Jenis-jenis gempa bumi Jawaban: d. Proses terjadinya gempa bumi Pembahasan: Dalam teks diatas diungkapkan mengenai rincian sebab terjadinya gempa bumi, jumlah paragraf, pengertian gempa bumi, dan jenis-jenis gempa bumi. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8-10! Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan.

Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia tenggara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu. 8. Teks eksplanasi di atas menuangkan tentang pengetahuan tentang masalah/ fenomena …. a. alam b. sosial c. agama d. ekonomi e. budaya Jawaban: e.

budaya Pembahasan: Teks eksplanasi adalah sebuah karangan yang isi nya berupa penjelasan-penjelasan lengkap mengenai suatu topik yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban 9. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah … a. Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu b. Bahasa Indonesia sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (Lingua france) atau bahasa pergaulan c. Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara d. Ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu e.

Di Melayu telah ditemukan prasasti-prasasti kuno Jawaban: d. Ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu Pembahasan: Mengungkapkan pernyataan dalam sebuah teks harus mengetahui hal-hal yang ada dalam teks tersebut. 10. Contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 teks eksplanasi di atas adalah ….

a. Asal usul bahasa Melayu b. Asal usul bahasa Lingua France c. Asal usul bahasa Indonesia d. Asal usul bahasa prasasti kuno e. Asal usul suka Melayu Jawaban: c. Asal usul bahasa Indonesia Pembahasan: Teks eksplanasi memiliki berbagai macam objek, misalnya budaya, sosial, ekonomi, dan alam.

Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~ Part-2
Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11/XI Semester 1 (Jawaban dan Pembahasan) - Hallo adik-adik semua, bagaimana kabarnya?

Kakak harap kalian semua sehat-sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kumpulan soal Ujian Tengah Semester (UTS) bahasa Indonesia kelas 11/XI semester 1 kurikulum 2013 (K13) dan kunci jawabannya beserta pembahasan.

Maka dengan itu, kakak memberi judul artikel ini dengan nama contoh soal UTS bahasa Indonesia kelas 11/XI semester 1/I beserta pembahasannya. Baca juga: 100+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK dan Kunci Jawabannya Lengkap Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 beserta Jawaban dan Pembahasannya Ada sekitar 50 contoh soal UTS bahasa Indonesia kelas XI semester 1 K13 (pilihan ganda) yang bisa adik-adik jadikan referensi dalam menghadapi ujian tengah semester (UTS).

Berikut ini adalah soal pilihan ganda ujian tengah semester (UTS) bahasa Indonesia contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 11 SEM 1 dan jawaban beserta pembahasan. PETUNJUK UMUM Tulis namamu di sudut kanan atas. • Bacalah setiap soal dengan teliti. • Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. • Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!

1. Kalimat dalam teks prosedur tidak membingungkan dan mudah diikuti berarti kalimat tersebut …. a. logis b. jelas c. baku d. singkat e. ejektif Pembahasan: Kalimat logis adalah perkataan yang masuk akal. Kalimat artinya perkataan. Logis artinya sesuai dengan logika, benar menurut penalaran, atau masuk akal. 2. Berikut yang bukan merupakan contoh dari konjungsi temporal adalah …. a. mengapa b. selanjutnya c. kemudian d. apabila e.

setelah Pembahasan: Konjungsi adalah kata hubung, mengapa bukan merupakan konjungsi melainkan kata pertanyaan atau kalimat interogatif. 3. “Jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja” merupakan kalimat ….

a. interogatif b.

contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

imperatif c. deklaratif d. primitif e. baku Pembahasan: Kalimat imperatif adalah kalimat yang berupa perintah, dapat ditandai dengan kata jangan. 4. jika, seandainya, apabila merupakan bagian dari …. a. konjungsi temporal b. verba tingkah laku c. verba material d. pembukaan e. konjungsi syarat Pembahasan: Konjungsi adalah kata hubung, konjungsi syarat menggunakan kata jika, seandainya, apabila.

5. “Pastikan tuduhan pelanggaran” merupakan contoh dari … a. deklaratif b. interogatif c. imperatif d. persuasive e. deklaratif Pembahasan: Kalimat imperatif berisi tentang kalimat perintah Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-7! Teks tersebut terdiri dari pendahuluan dan rincian-rincian tentang sebab terjadinya gempa bumi. Bagian pendahuluan terdiri atas tiga paragraf yang berisi pengertian gempa bumi dan jenis-jenisnya.

Bagian perincian terdiri atas lima paragraf. Paragraf pertama membahas … 6. Teks diatas adalah penilaian hasil analisis teks eksplanasi bagian …. a. kaidah b. bahasa c. struktur d. kesimpulan e. isi Pembahasan: Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan terbentuknya suatu fenomena alam atau fenomena sosial. Penilaian hasil analisis teks eksplanasi yaitu berupa struktur.

7. Hal yang tidak diungkap dalam penilaian laporan hasil analisis teks eksplanasi di atas adalah …. a. Rincian sebab terjadinya gempa bumi b. Jumlah paragraf c. Pengertian gempa bumi d. Proses terjadinya gempa bumi e. Jenis-jenis gempa bumi Pembahasan: Dalam teks diatas diungkapkan mengenai rincian sebab terjadinya gempa bumi, jumlah paragraf, pengertian gempa bumi, dan jenis-jenis gempa bumi.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8-10!

contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia tenggara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu.

8. Teks eksplanasi di atas menuangkan tentang pengetahuan tentang masalah/ fenomena …. a. alam b. sosial c. agama d. ekonomi e. budaya Pembahasan: Teks eksplanasi adalah sebuah karangan yang isi nya berupa penjelasan-penjelasan lengkap mengenai suatu topik yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari. 9. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah … a. Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu b. Bahasa Indonesia sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (Lingua france) atau bahasa pergaulan c.

Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara d. Ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu e. Di Melayu telah ditemukan prasasti-prasasti kuno Pembahasan: Mengungkapkan pernyataan dalam sebuah teks harus mengetahui hal-hal yang ada dalam teks tersebut. 10. Obyek teks eksplanasi di atas adalah …. a. Asal usul bahasa Melayu b. Asal usul bahasa Lingua France c.

Asal usul bahasa Indonesia d. Asal usul bahasa prasasti kuno e. Asal usul suka Melayu Pembahasan: Teks eksplanasi memiliki berbagai macam objek, misalnya budaya, sosial, ekonomi, dan alam. 11. Paragraf ketiga dalam teks prosedur berisi …. a. tujuan b. interpretasi c. langkah-langkah d. tesis e. argumentasi Pembahasan: Struktur teks prosedur kompleks adalah tujuan, alat, dan bahan serta langkah-langkah dalam paragraf ketiga contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 langkah-langkah.

12. Langkah-langkah dalam struktur teks prosedur artinya …. a. hasil akhir yang akan dicapai b. cara-caranya c. pengertian d. penjelasan e. penafsiran Pembahasan: Struktur teks prosedur kompleks adalah tujuan, alat dan bahan serta langkah-langkah, langkah berisi tentang cara yang harus ditempuh dalam membuat sesuatu. 13. Syarat-syarat dan piliha kata yang tepat dalam teks prosedur adalah …. a. siapa, dimana, kapan b.

jika, apabila, dan seandainya c.sedang, dengan, dan apa d. dan, dengan e. kapan, dimana Pembahasan: Pilihan kata dalam teks prosedur harus bersifat menunjukan sesuatu dan melakukan sesuatu, konjungsi yang tepat dalam sebuah teks prosedur adalah jawaban b. 14. Contoh konjungsi tujuan yang benar adalah … a. tetapi b. dengan c.

dan d. kapan e. agar Pembahasan: konjungsi tujuan berisi kata yang memiliki tujuan yaitu dengan simbol kata agar. 15. pertama, kedua, selanjutnya termasuk kata …. a. prosedur b. tujuan c. struktur d. verba e. konjungsi Pembahasan: Konjungsi adalah kata hubung, kata-kata tersebut termasuk konjungsi. 16. Tujuan ceramah adalah …. a. memberikan nasehat b. mendeskripsikan sesuatu c. menjelaskan fenomena d. mengembangkan paragraf e. mengumumkan iklan Pembahasan: Ceramah merupakan pidato yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindah sebagai pendengar.

17. Berikut ini bukan ciri ceramah adalah …. a. tujuannya jelas b. mengandung opini saja c. isinya mengandung kebenaran d. cara penyampaian sesuai dengan pendengar e.

menciptakan suasana yang efektif Pembahasan: Adapun ciri-ciri ceramah, antara lain sebagai berikut. a. Tujuannya jelas b. isinya mengandung kebenaran c. Cara penyampaiannya sesuai dengan pendengar d. menciptakan suasana yang efektif dengan pendengar e. penyampaiannya jelas dan menarik f. menggunakan intonasi, artikulasi, an volume yang jelas. 18 Ceramah dilakukan oleh ….

a. pendengar b. audiens c. pendakwah d. pidato e. pembicara Pembahasan: Ceramah dapat dilakukan siapa saja, teks ceramah dapat dilakukan pembicara dengan maksud memberi nasehat-nasehat atau petunjuk. 19. Penyampaian nasihat yang tidak dibatasi oleh waktu adalah …. a. ceramah b. pidato c. dakwah d. seminar e. presentasi Pembahasan: Ceramah dapat dilaksanakan kapan saja, tidak ada rukun dan syaratnya, tidak ada mimbar tempat khusus pada pelaksanaannya, waktu tidak dibatasi dan siapapun boleh berdakwah, dapat dilakukan dengan cara kreatif dan inovatif seperti (seminar, lokakarya, pelatihan, atau sarasehan).

20. Ceramah bersifat menyeluruh tidak ada batasan-batasan apapun baik baik dari audien yang tua maupun muda, hal tersebut disebut ceramah ….

a. khusus b. umum c. illegal d. luar e. dalam Pembahasan: Di dalam ceramah umum ini keseluruhannya bersifat menyeluruh, tidak ada batasan-batasan apapun baik dari audiens yang tua maupun muda, materinya juga tidak ditentukan, sesuai dengan acara. 21. Isi teks ceramah mengandung …. a. kalimat ambigu b. kebenaran c. tujuannya tidak jelas d. kebohongan e. opini Pembahasan: Salah satu ciri teks ceramah adalah mengandung informasi yang benar dan jelas. 22. pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas disebut ….

a. artikulasi b. intonasi c. volume d. nada e. irama Pembahasan: Artikulasi adalah pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas, sehingga telinga pendengar dapat mengerti pada kata-kata yang diucapkan. 23. Hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan ceramah, kecuali …. a. wawasan pembicara b. mengetahui lama waktu c. menyusun kata-kata d.

mengetahui jenis ceramah e. tidak menyiapkan bahan Pembahasan: Sebelum memberikan ceramah didepan umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini: 1. Wawasan pendengar ceramah secara umum 2. Mengetahui lama waktu atau durasi ceramah yang akan dibawakan. 3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti. 4. Mengetahui jensi ceramah dan tema acara. 5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan ceramah, dsb 24. Suatu metode dalam ceramah yang serta merta tanpa persiapan terlebih dahulu disebut ….

a. impromptu b. memoriter c. naskah d. ekstemporan e. imporan Pembahasan: Impromptu yaitu suatu metode dalam berpidato yang serta merta tanpa persiapkan terlebih dahulu.

25. Metode berpidato yang dengan menghapalkan naskah teks pidato terlebih dahulu disebut …. a. impromptu b. memoriter c. naskah d. ekstemporan e. imporan Pembahasan: Memoriter yaitu metode berpidato yang dengan menghapalkan naskah teks pidato terlebih dahulu. WARNING! : Ini hanya contoh soal UTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 dan pembahasan kunci jawabannya Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 26-30! Keberhasilan kita hari ini dan hari kemarin merupakan keberhasilan guru dan kedua orang tua kita yang dengan susah payah telah membesarkan dan membimbing kita, sehingga kita bisa meraih apa yang kita miliki hari ini.

Pendidikan yang mereka ajarkan kepada kita, sungguh sangat berarti. Darah mereka yang mengalir di tubuh kita. Menjadi penguat dan penyegar hidup kita. Kasih sayang yang mereka tumpahkan, telah menjadi butiran-butiran mutiara yang tak ternilai harganya. Kepadamu ya tuhan, beri kami kesempatan untuk berbakti kepada orang tua dan guru-guru kami. Berikan kami contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 untuk bersimpuh dipangkuannya, untuk meminta maaf dan do’a ibu dan Contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1.

Bapak ibu guru dan hadirin yang saya cintai inilah yang saya bisa ungkapan, semoga bermanfaat bagi kita sekalian.

contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

Mohon maaf bila ada kesalahan. 26. Teks tersebut termasuk teks …. a. pidato b. ceramah c. eksplanasi d. cerpen e. eksposisi Pembahasan: Kutipan teks tersebut termasuk dalam teks ceramah karena berisi tentang nasehat-nasehat yang bermanfaat.

27 inti dari kutipan teks di atas adalah …. a. Berbakti kepada orang tua b. mengenang jasa orang tua c. mengenal perjuangan orang tua d. kebaikan orang tua e. orang tua dan anak Pembahasan: Inti dalam teks tersebut mengenai berbakti kepada orang tua. 28. Struktur bagian isi terdapat pada kalimat …. a. pertama b. empat c.

lima d. enam e. tujuh Pembahasan: Bagian isi adalah memuat materi pokok yang dibahas dalam ceramah. Materi harus dijelaskan dengan baik dengan menggunakan bahasa yang efektif. Untuk menguatkan pendapat dalam materi yang disampaikan diperlukan referensi atau bahan bacaan tambahan lainnya. Bagian tersebut termasuk pada kalimat pertama.

29. Kalimat yang menyatakan penutup adalah …. a. Mohon maaf b. dan ini c. tetapi d. inilah e. sekalipun Pembahasan: Kata inilah merupakan kata yang menunjukan akhir dalam sebuah percakapan atau lebih. 30. Paragraf kedua termasuk struktur bagian …. a. pendahuluan b. isi c. penutup d. orientasi e. abstrak Pembahasan: Dalam penutupan terdapat poin-poin yang mendukung antara lain sebgai berikut: 1.

kesimpulan materi yang telah disampaikan 2. Ungkapan penutup, misalnya ungkapan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan permohonan maaf jika terdapat kesalahan. 3. salam penutup 31. Perhatikan wacana berikut! Buku ini berjudul Matematika Aplikasi yang diperuntuhkan untuk SMA dan MA Kelas XII program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas.

Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H, F, S dimana dalam buku ini siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath dan siapa berani. Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik.

Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahamioleh contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1. Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa. Kutipan buku nonfiksi tersebut memaparkan tentang …. a. identitas buku dan ikhtisar isi buku b.

ikhtisar isi buku dan kekurangan buku c. identitas buku dan kelebihan buku d. ikhtisar isi buku dan kelebihan buku e. judul buku dan ikhtisar buku Pembahasan: Pada paragraf pertama disebutkan judul dan nama pengarang, pada paragraf kedua dikatakan bahwa “buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajukan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. 32. Perhatikan wacana berikut!

Buku ini memiliki banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain, yakni memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya.

Memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.

Berdasarkan kutipan resensi tersebut, kekuatan yang tidak dimiliki buku tersebut adalah …. a. memiliki kumpulan simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. b. memiliki informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dirasakan manfaatnya.

c. memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi d. memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Pembahasan: Wacana tersebut tidak membahas tentang biografi para matematikawan.

33. Perhatikan wacana berikut! Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halamn 47, Bab IV berisi “Melejitkan potensi diri” tertulis pada halaman 73, Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kreativitas, Bab VI membahas tentang “Budaya Daerah” Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas tentang “Menguasai ILmu Pengetahuan” Bab VIII membahas tentang “Kegiatan Berkesan”.

Pada akhir buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang. Kutipan resensi tersebut memaparkan tentang …. a. identitas buku b. ikhtisar isi buku c. kelebihan dan kekurangan buku d. kesimpulan e. judul buku Pembahasan: Wacana tersebut membahas satu per satu bab pada buku tersebut. 34. Berikut contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 karangan nonfiksi, kecuali …. a.

fakta b. realita c. benar d. terjadi e. opini Pembahasan: Karangan nonfiksi bersifat nyata, sehingga mengandung fakta, realita, dan benar-benar terjadi. 35. Tulislah nonfiktif biasanya berbentuk … a. laporan b. artikel c. feature d. novel e. skripsi Pembahasan: Karangan yang berbentuk nyata biasanya ditulis seperti artikel. 36. Bahasa yang digunakan dalam buku nonfiksi adalah …. a. konotatif b. denotatif c. kalimat pasif d. ambigu e. bermakna ganda Pembahasan: Bahasa yang ada dalam buku nonfiksi menggunakan bahasa yang memiliki makna yang sebenarnya.

37. Berikut yang termasuk buku nonfiksi adalah …. a. artikel b. novel c.cerpen d. puisi e. komik Pembahasan: Buku nonfiksi adalah buku yang memiliki karangan makna yang sebenarnya. 38. Makalah termasuk buku contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1.

a. artikel b. nonfiksi c. fiksi d. fabel e. novel Pembahasan: Makalah merupakan karangan ilmiahyang benar melalui adanya sebuah penelitian. 39. Berikut yang bukan ciri tulisan nonfiksi adalah …. a. berbentuk tulisan ilmiah b. berusaha mencapai tahap objektivitas yang tinggi c. berusaha menarik d. bahasa bersifat konotatif e. menggugah nalar Jawaban: d. bahasa bersifat konotatif Pembahasan: Ciri tulisan nonfiksi adalah berbentuk tulisan ilmiah, berusaha mencapai taraf objektivitas yang tinggi berusaha menarik dan menggugah nalar.

40. Buku yang berisi tentang pengembangan berdasarkan dari data-data yang otentik atau pasti disebut …. a. nonfiksi murni b. nonfiksi kreatif c. fiksi melayu d. fiksi sastra e. nonfiksi campuran Pembahasan: Buku nonfiksi murni adalah buku yang berisi tentang pengembangan berdasarkan dari data-data yang otentik atau pasti. 41. Berikut yang tidak termasuk langkah-langkah pembuatan suatu buku fiksi adalah …. a. ide b. menuliskan synopsis c. membuat kerangka karangan d. mengabaikan proses editing e.

menemukan kelemahan dan kekurangan buku Pembahasan: Berikut langkah-langkah pembuatan suatu buku fiksi antara lain sebagai berikut 1. ide 2. menuliskan synopsis 3. membuat kerangka karangan 42. Bacalah teks berikut! Menyediakan dan miris memang mendengarnya. Namun ini seakan jadi fenomena yang sudah tidak asing lagi bagi rakyat Indonesi.

Jadi, wajar bila ada pertanyaan apa yang terjadi sebenarnya? Banyak faktor yang dapat menyebabkan rakyaat menjadi sengsara di tengah kekayaan alam Indonesia. Salah satunya adalah pengolahan negara contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 masih keliru atau bahkan salah. Contoh kesalahan yang terjadi didalam pengolahan negara adalah adanya korupsi yang ada hampir di setiap bidang Penggalan teks diatas termasuk karangan nonfiksi berupa …. a.

esai b. artikel jurnalistik c. artikel ilmiah d. biografi e. tesis Pembahasan: Esai adalah suatu tulisan yang menyajikan informasi aktual, sehingga teks tersebut termasuk esai. 43. Artikel ilmiah disajikan berdasarkan …. a. narasi b. fakta c.opini d. pendapat e. biografi Pembahasan: Artikel ilmiah merupakan suatu tulisan yang menjelaskan mengenai hal-hal yang aktual, sehingga artikel ilmiah berisi tentang kalimat yang fakta.

44. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat esai, kecuali …. a. menentukan tema yang menarik b. melakukan research c. membuat outline d. mengabaikan pemilihan kata e. menemukan gagasan utama 45. Bacalah teks berikut! Akhir-akhir ini sering sekali terjadi kecelakaan di jalan raya. Terutama pada musim mudik atau menjelang lebaran. Kecelakaan-kecelakaan tersebut disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor kelelahan, mengantuk, kebut-kebutan, mesin yang tidak fit, dan lain-lain.

Namun, dari banyaknya faktor tersebut, kebut-kebutan adalah faktor yang paling berbahaya di antara semua faktor-faktor lainnya.

Teks di atas termasuk karangan …. a. esai b. artikel jurnalistik c. artikel ilmiah d. biografi e. tesis 46. Cara pertama menyusun ringkasan buku nonfiksi adalah menemukan …. a. unsur pendahuluan b. kata-kata kunci c. pernyataan-pernyataan penting dari buku d.

permasalahn umum dalam buku e. isi pembicaraan dalam buku nonfiksi Pembahasan: Cara menyusun ringkasan buku nonfiksi antara lain: 1. menemukan unsur-unsur pendahuluan 2. menemukan kata-kata kunci 3. menemukan pernyataan-pernyataan penting dari buku 4. meenemukan permasalahan umum dalam buku. 5. menemukan isi pembicaraan dalam buku nonfiksi 47. Perhatikan teks berikut!

Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Perencanaan Kota Indonesia Bernardus Djonoputro menilai pemerintah wajib menyikapi kunjungan Menteri Perdagangan Denmark secara serius. Negara itu dinilai memiliki reputasi baik mengembangkan industri ramah lingkungan, khususnya di bidang energy dan infrastruktur.

a. perencanaan tata kota di Indonesia b. anjuran untuk pemerintah Indonesia terkait kunjungan menteri perdagangan Denmark c. saran agar Indonesia dapat meniru tat kota di Denmark d.

saran bagi Indonesia agar dapat mengembangkan industry ramah lingkungan, khusunya di bidang energi dan infrastruktur. e. industri di bidang energi dan infrastruktur. Pembahasan: Butir penting dalam teks tersebut dapat dikatan sebagai gagasan utama dalam teks tersebut jawaban yang tepat adalah jawaban b.

48. Perhatikan penggalan buku berikut! Judul buku : Tips & Trik Jago main Rubik Penulis Buku : Wiicaksono Hadi Penerbit Buku : Gradien Mediatama Cetakan : 1, 2009 Tebal Buku : 184 Halaman Penggalan buku tersebut termasuk ….

a. identitas buku b. sinopsis c. kelemahan buku d. kelebihan buku e. penutup Pembahasan: Penggalan buku tersebut termasuk identitas buku yang menjelaskan mengenai judul, penulis, penerbit, cetakan dan tebal buku. 49. Perhatikan wacana berikut! Selain itu, semua tulisan yang terdapat dalam buku ini mempunyai banyak manfaat yang akan kita peroleh jika kita membacanya. Akan terlihat buku ini sangat kaya cakupannya. Bahasannya mudah dimengerti dan mudah untuk dipahami. Dalam buku ini banyak manfaat yang akan kita peroleh, seperti kompos yang bermanfaat bagi penyuburan tanah, penggemburan tanah, pengisian pot tanaman, mengurangi pencemaran lingkungan dan menambah pendapatan.

Buku tersebut membahas bidang …. a. teknik pertanian b. teknik cocok tanam c. wirausaha di bidang tanaman dalam pot d. teknik melestarikan lingkungan e. pendidikan Pembahasan: Pada wacana tersebut terdapat kalimat “dalam buku ini banyak manfaat yang akan kita peroleh, seperti kompos yang bermanfaat bagi penyuburan tanah, penggemburan tanah, pengisian pot tanaman, mengurangi pencemaran lingkungan dan menambah pendapatan. 50. Perhatikan wacana berikut! Di dalam buku ini terdapat berbagai keterampilan dasar dalam bercocok tanam.

Seharusnya anak-anak it sendiri harus dibekali keterampilan yang akan bermanfaat jika anak itu sendiri sering membaca buku ini dan berbagai buku pengetahuan lainnya. Mereka akan memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan kelak di kemudian hari. Paragraf tersebut memaparkan tentang …. a. kekurangan isi buku b.

kegunaan buku c kesesuaian kelompok umur pembaca d. nilai komersial buku e. pendidikan Itulah tadi soal latihan dan pembahasan UTS bahasa Indonesia kelas 11. Selanjutnya kalian bisa melihat juga soal bahasa Indonesia kelas 10 di bawah ini. Baca juga: Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 K13 dan Jawabannya Demikianlah artikel tentang 50 contoh soal UTS bahasa Indonesia kelas 11 kurikulum 2013 (jawaban dan pembahasan). Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih. Unduh file pdfnya dengan klik link bawah ini.

Autobiografi (3) Ceramah (10) Cerpen (7) Contoh Teks (63) Debat (4) Dongeng (3) Hikayat (4) Indeks Buku (1) Karya Tulis Ilmiah (4) Kelas10 (30) Kelas11 (35) Kelas12 (23) Kelas7 (12) Kelas8 (15) Kelas9 (23) Novel (2) Puisi (10) Resensi (1) Roman (1) Sintaksis (10) Slogan (1) Soal & Jawaban (44) Surat (6) Teks Anekdot (6) Teks Berita (3) Teks Biografi (5) Teks Cerita Fabel (3) Teks Cerita Fantasi (1) Teks Cerita Fiksi (1) Teks Cerita Sejarah (2) Teks Cerita Ulang (2) Teks Deskripsi (4) Teks Diskusi (4) Teks Drama (5) Teks Editorial (3) Teks Eksemplum (3) Teks Eksplanasi (11) Teks Eksposisi (4) Teks Iklan (14) Teks Laporan Hasil Observasi (7) Teks Narasi (3) Teks Negosiasi (3) Teks Pidato (4) Teks Prosedur (6) Teks Rekaman Percobaan (4) Teks Tanggapan Kritis (5) Teks Tantangan (4) Teks Ulasan (5) Baiklah, langsung saja berikut ini adalah Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Semester 1 2021/2022.

Selamat mengerjakan. Mohon Maaf belum ada kunci jawaban A. Berilah tanda silang (x) pada satu jawaban a, b, c, d, atau e yang paling tepat! 1. Teks prosedur adalah . A. teks yang berisi tujuan B. teks yang berisi laporan C. teks yang berisi langkah-langkah D. teks yang berisi anekdot dan lelucon E.

teks yang berisi langkah-langkah dan tujuan 2. Kalimat di bawah ini merupakan bagian dari teks prosedur kalimat perintah biasa kecuali . A. lakukan pemeriksaan setiap dua jam sekali B. aktifkan kembali telepon seluler setelah dua menit C. biarkan mndidih selama tiga menit baru matikan api D. jangan gunakan tangan kosong untuk mengambil akar pohon ini E. masukkan bahan A ke dalam campuran bahan B dalam wadah biru 3. Mari atur meja-meja tersebut dengan rapi dan menempel di tembok Kalimat yang menjadi bagian dari teks prosedur di atas termasuk jenis kalimat .

A. deklaratif B. interogatif C. perintah ajakan D. perintah larangan E. perintah interogatif 4. Unsur yang diperlukan untuk mengubah teks prosedur menjadi drama adalah . A. latar B.

tokoh C. dialog D. lakuan E. solilokui 5. Dalam mengabstrak teks prosedur, hal yang harus tetap dipertahankan adalah . A. mempertahankan judul teks B. mempertahankan efektivitas bahasa teks C. mempertahankan bahasa yang digunakan D. mempertahankan bagian-bagian teks prosedur E. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan 6. Menurut artinya, kalimat imperatif adalah . A. kalimat yang berisi pernyataan B. kalimat yang berisi pertanyaan C. kalimat yang mengandung perintah D. kalimat untuk memberikan informasi E.

kalimat untuk meminta/melarang seseorang 7. Verba ada dua yaitu . A. material dan syarat B. temporal dan syarat C. tingkah laku dan material D. tingkah laku dan temporal E.

tujuan dan langkah-langkah 8. Yang termasuk eksplanasi fenomena sosial adalah proses terjadinya . A. Erosi B. Hujan C. tsunami D. tanah longsor E. masyarakat marjinal 9. Urutan struktur teks eksplanasi yang benar adalah . A. deretan penjelas, pernyataan umum, interpretasi B. interpretasi, deretan penjelas, pernyataan umum C.

interpretasi, pernyataan umum, deretan penjelas D. pernyataan umum, interpretasi, deretan penjelas E. pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi 10. Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut!

1) Proses terjadinya gempa bmi 2) Penyebab terjadinya gempa bumi 3) Definisi gempa bumi 4) Akibat gempa bumi 5) Simpulan gempa bumi Jika dikembangkan menjadi sebuah teks eksplanasi, urutan kerangka yang tepat adalah .

A. 3-1-2-4-5 B. 3-4-1-2-5 C. 3-4-2-1-5 D. 3-2-1-4-5 E. 3-2-4-1-5 11. Abrasi terjadi karena naiknya permukaan air laut di seluruh dunia dan mencairnya lapisan es di kutub bumi. Kalimat di atas merupakan bagian teks dari teks eksplanasi fenomena .

A. air B. alam C. bumi D. sosial E. ekonomi 12. Struktur: a. Pernyataan umum b. Deretan penjelasan c. Interpretasi Pernyataan tersebut merupakan struktur dari teks .

A. Persuasi B. eksposisi C. komposisi E. eksplanasi D. argumentasi 13. Struktur teks prosedur kompleks adalah . A. syarat-syarat B. langkah-langkah C. abstraksi – krisis – koda D. tujuan – langkah-langkah E. krisis – tujuan – langkah-langkah 14. Ciri-ciri kebahasaan yang digunakan teks prosedur kompleks yaitu . A. verba material B. verba tingkah laku C. konjungsi temporal D. partisipan manusia secara umum E.

A, B, C dan D benar 15. Konjungsi temporal adalah . A. Kata sifat B. Kalimat bantu C. Kata majemuk D. Kalimat kompleks E. Kata sambung waktu 16. Kalimat yang berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu adalah .

A. kalimat simpleks B. kalimat imperatif C. kalimat deklaratif D. kalimat kompleks E. kalimat interogatif 17. Cara-cara yang ditempuh agar tujuan tercapai merupakan bagian struktur teks prosedur yang disebut . A. Koda B. aspek C. rekasi D.

tujuan E. langkah-langkah Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 18-20! (1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajar jika bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah. (2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan.

(3) Gelombang tersebut bisa mencapai 500 sampai 1.000 kilometer per jam di lautan. (4) Pada saat mencapai bibir pantai, kecepatannya berkurang menjadi 50 sampai 30 kilometer per jam. (5) Meskipun berkurang pesat, kecepatan tersebut bisa menyebabkan kerusakan yang parah. 18. Kalimat yang merupakan pendapat dinyatakan pada nomor . A. (1) dan (2) B. (2) dan (3) C. (3) dan (4) E. (4) dan (5) D. (1) dan (5) 19. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang memiliki unsur kausalitas (sebab-akibat) adalah nomor .

A. (1) B. (2) C. (3) E. (4) D. (5) 20. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang memiliki konjungsi syarat adalah nomor . A. (1) B. (2) C. (3) D. (5) E. (4) B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat! 1.

Sebutakan kaidah kebahasaan pada teks eksplanasi! 2. Apa saja pola yang disajikan dalam teks eksplanasi? 3. Apakah yang dimaksud dengan teks prosedur?

4. Jelaskan struktur teks prosedur! 5. Buatlah tiga kalimat fakta yang berkaitan dengan pendidikan!
Websiteedukasi.com -Download Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengan Semester (UTS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/SMK Semester ganjil Kurikulum 2013 beserta Kunci Jawaban Revisi terbaru gratis.

Soal Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/SMK merupakan soal uji kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang di ajarkan guru didalam di kelas. Melalui kegiatan Ulangan Tengan Semester (UTS) atau Penilaian Tengah Semester (PTS) dewan guru dapat mengevaluasi peserta didik dalam pencapaian nilai dengan tujuan peserta didik mampu memahami soal sesuai materi yang di sampaikan.

Kegiatan PTS Semester 1 sebentar lagi akan di selenggarakan, anda tentunya sedang di sibukkan menyusun soal penilaian tengah semester. Sebagai contoh berikut kami bagikan soal penilan tengah semester beserta dengan lembar jawabannya. Dengan adanya soal tersebut mudah-mudahan dapat meringankan tugas bapak ibu dalam penyusunan soal ulangan tengah semester ganjil tahun ini. Pada Soal UTS terpadu Bahasa Indonesia kelas XI ini dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah microsoft word sehingga dapat anda edit/ disesuaikan dengan kebutuhan, serta sudah di lengkapi dengan kunci jawaban (pembahasan).

Related posts: • Soal PAT Bahasa Inggris Kelas 10 dan Kunci Jawaban • Soal dan Jawaban PTS Akidah Akhlak Kelas 12 Semester 2 • Soal dan Jawaban PTS Akidah Akhlak Kelas 11 Semester 2 • Soal dan Jawaban PTS Akidah Akhlak Kelas 10 Semester 2 • Soal dan Jawaban PTS Sejarah Indonesia Kelas 12 Semester 2 K13 • Soal dan Jawaban PTS Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 K13 Posted in Soal PTS SMA Berita Edukasi Terbaru • Soal PAT IPS Kelas 9 dan Kunci Jawaban • Soal PAT IPS Kelas 8 dan Kunci Jawaban • Soal PAT IPS Kelas 7 dan Kunci Jawaban • Soal PAT IPA Kelas 9 dan Kunci Jawaban • Soal PAT IPA Kelas 8 dan Kunci Jawaban • Soal PAT IPA Kelas 7 dan Kunci Jawaban • Soal PAT Bahasa Inggris Kelas 9 dan Kunci Jawaban
Soal PTS / UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 Dicariguru.com – Salam hangat untuk rekan – rekan pendidik yang khususnya mengajar pada jenjang SMA atau Sekolah Menengah Atas.

Pada postingan kali ini admin akan membagikan beberapa contoh soal dan kunci jawabanya untuk evaluasi tengah semester ganjil. Untuk soal yang akan kami bagikan adalah Soal PTS / UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 SMA Kurikulum 2013. Contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 UTS Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Semester Ganjil yang kami bagikan bisa anda dapatkan di akhir postingan ini.

Ulangan Tengah Semester atau saat ini di sebut dengan Penilaian Tengah Semester merupakan sebutan bagi pelaksanaan kegiatan evaluasi yang dilakukan di tengah semester. Fungsi pelakasanaan UTS / PTS salah satunya adalah untuk mengukur tingkat keberhasialan dari proses kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Dengan adanya PTS Bahasa Indonesia SMA guru bisa mengukur tingkat keberhasialn pembelajarannya dan apabila masih ada kekurangan bisa diperbaiki dalam kegiatan KBM setengah semester berikutnya.

Penyusunan soal Ulangan Tengah Semester Bahasa Indonesia Semester 1 (ganjil) Kelas XI ini merupakan sebuah contoh soal atau bisa disebut sebagai soal prediksi.

Tentu fungsinya bisa digunakan sebagai bahan latihan peserta didik yang masih duduk di Kelas 11 SMA. Dengan adanya soal latihan PTS Bahasa Indonesia Kelas XI ini diharapkan peserta didik bisa lebih siap dalam menghadapi kegiatan UTS yang sebenarnya. Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 yang disusun ini merupakan soal yang disusun dari materi tengah semester 1 atau ganjil.

Soal – soal SMA yang disusun ini juga disusun berdasarkan KI dan KD Kurikulum 2013 yang dipelajari sehingga memedahkan peserta didik dalam mencocokkan materi yang dipelajarinya. Download Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas XI Contoh Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA yang kami bagikan ini terdiri dari beberapa bentuk soal pilihan ganda, soal essai serta soal uraian.

Untuk soal-soalnya telah dilengkapi dengan kunci jawaban/pembahasan serta kisi– kisi soal PTS Bahasa Indonesia SMA Kelas XI. Untuk lebih lengkap dan jelasnya silahkan di sownload referensi soal, kisi-kisi dan kunci jawaban PTS Bahasa Indonesianya di link yang telah kami sediakan di bawah ini : Administrasi Ajar SMA Lengkap : Semua Mata Pelajaran Demikianlah beberapa referensi soal Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Semester ganjil yang bisa kami bagikan.

Semoga beberpa soal dan kunci jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 yang kami berikan bermanfaat. Recent Posts • Soal UKK / PAT Akidah Akhlak Kelas 2 MI Semester 2 • Soal UKK / PAT Akidah Akhlak Kelas 1 MI Semester 2 • Soal UKK / PAT IPS Kelas 5 SD Semester 2 • Soal UKK / PAT IPS Kelas 4 SD Semester 2 • Soal UKK / PAT SBdP Kelas 5 SD Semester 2 • Soal UKK / PAT SBdP Kelas 4 SD Semester 2 • Soal UKK / PAT SBdP Kelas 3 SD Semester 2 • Soal UKK / PAT SBdP Kelas 2 SD Semester 2 • Soal UKK / PAT SBdP Kelas 1 SD Semester 2Daftar Isi : • Contoh Soal Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 1 • Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!

• Contoh Soal Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 • Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!

contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

• Share this: • Related posts: Contoh Soal Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 1 Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar! 1. Suatu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf disebut …. a. paragrah deduktif b. paragraf campuran c. paragraf induktif d. paragraf induktif-deduktif 2. Ciri-ciri dari paragraf deduktif adalah ….

contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

a. tersusun dari pola khusus – umum b. tersusun dari pola umum – khusus c. kalimat utama berada diakhir paragraf d. kalimat utama berada di tengah paragraf 3. Proposal merupakan …. a. teks usulan untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan b. laporan hasil untuk terselenggaranya suatu kegiatan c. pencairan dana bagi penyelenggaraan kegiatan d.

cara-cara untuk melakukan suatu kegiatan 4. Jenis proposal yang biasa digunakan pada dunia akademis disebut …. a.

contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1

proposal bisnis b. proposal penelitian c. proposal proyek d. proposal kegiatan 5. Proposal yang dilengkapi dengan 3 bagian yaitu pendahuluan, isi proposal dan data pelengkap proposal disebut ….

a. proposal semi formal b. proposal non formal c. proposal modern d. proposal formal 6. Latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis merupakan bagian dari …. proposal penelitian.

a. bagian b. ciri-ciri c. unsur-unsur d. perlengkapan 7. Merupakan sebagai dasar untuk melakukan sebuah penelitian adalah termasuk fungsi dari proposal ….

a. proyek b. penelitian c. kegiatan d. pengajuan dana 8. Paragraf yang tersusun atas pola khusus-umum disebut …. a. paragraf formal b. paragraf deduktif c.paragraf campuran d.

paragraf induktif 9. Ciri-ciri paragraf campuran adalah mempuyai dua kalimat utama dan …. a. dikembangkan dengan pola umum-khusus-umum b. dikembangkan dengan pola umum-umum-khusus c. dikembangkan dengan pola khusus-khusus-umum d. dikembangkan dengan pola khusus-umum-khusus 10. “Keberadaan Pasar murah di jl pagar alam sangat membantu rakyat miskin. Dengan adanya pasar murah para warga yang kurang mampu akhirnya bisa mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Warga-warga yang umumnya berpenghasilan rendah menjadi terbantu contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1 adanya pasar murah ini. Banyak warga kelaparan sebab penghasilannya tidak cukup untuk membeli keperluan sehari-hari, kenyataan ini harus diperjuangkan. Dengan demikian Pasar Murah yang terletah dijalan pagar alam ini memiliki peran yang sangat penting dalam membantu masyarakat miskin. Contoh paragraf diatas adalah …. a.

paragraf deduktif b. paragraf induktif c. paragraf induktif-dekduktif d. paragraf campuran 11. 1. diawali dengan kalimat penjelas kemudian diakhiri dengan kalimat utama 2.

menggunakan pola khusus-umum 3. bagian akhir adalah kesimpulan Ciri-ciri dari 3 poin diatas merupakan ciri dari paragraf …. a. induktif b. deduktif c. campuran d. jawaban a,b dan c salah semua 12. Rencana suatu kegiatan akan lebih tepat jika disusun dalam bentuk karangan …. a. persuasi b. deskripsi c. eksposisi d. argumentasi 13. Unsur yang tidak dicantumkan dalam penyususnan proposal rapat adalah ….

a. susunan panitia b. tema kegiatan c. keputusan kegiatan d. jadwal kegiatan 14. Proposal yang terdapat seperti masalah, saran, pemecahan dan permohonan adalah proposal …. a. resmi b. formal c. non formal d. semi formal contoh soal uts bahasa indonesia kelas 11 semester 1. Kalimat induktif tersiri dari pola …. a. umum-khusus b. khusus-umum c. khusus-umum-khusus d. umum-umum-khusus Kunci Jawaban: • a 6.

c 11. a • b 7. b 12. c • a 8. d 13. b • b 9. a 14. c • d 10. d 15. b Contoh Soal Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar! 1. Suatu interaksi antara 2 orang atau lebih, dalam bentuk pengetahuan, musyawarah, atau pun ilmu tertentu yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar disebut ….

a. rapat b. musyawarah c. diskusi d. negosiasi 2. Ada jenis diskusi yaitu …. a. diskusi formal dan diskusi non formal b. diskusi formal dan Informal c. diskusi kelompok dan perorangan d. diskusi lama dan diskusi baru 3. Jenis-jenis diskusi formal, kecuali …. a. seminar b. lokakarya c. simposium d. presentasi 4. Sebagai wadah menyelesaikan masalah yaitu …. diskusi. a. tujuan b. manfaat c. fungsi d. pengertian 5. Berikut ini yang bukan termasuk unsur dalam diskusi adalah …. a. Materi yang akan dibahas saat dalam diskusi b.

tempat atau fasilitas yang digunakan saat berdiskusi c. Peserta diskusi dan moderator d. spongsor 6. Membaca yang mengandalkan sedikitnya waktu yang dibutuhkan dan ketepatan pemahaman tulisan dinamakan membaca…. a. kilat b. cepat c. kritis d. intensif 7. Berikut ini adalah tata cara meningkatkan kemampuan membaca cepat adalah, kecuali …. a. meningkatkan pengetahuan kosakata b.

menerapkan teknik membaca secara cepat c. meninggalkan kebiasaan yang menghambat membaca cepat seperti mengulang-ulang d. membaca kata demi kata 8. Teks yang isinya tentang pendapat seseorang pribadi pada sebuah isu atau masalah aktual adalah …. a. teks editoral b. teks laporan c. teks observasi d. teks narasi 9.

Untuk membedakan mana teks editorial dan mana yang bukan teks editorial, maka kita harus mengetahui ciri-cirinya, yaitu: a.

Mengandung tema tulisan yang selalu hangat, aktual dan faktual b. tidak ada kesimpulannya c. isi teksnya panjang d. memuat berita lama saja 10. Sesuatu yang telah terjadi sifatnya masih belum jelas akan kebenarannya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan disebut… a. fakta b. opini c. tragedi d. fiktif 11. frasa solusi yang fleksibel yaitu … a. solusi yang baik b. solusi yang terbaik c.

solusi yang termudah d. solusi yang terpercaya 12. Berikut ini yang bukan termasuk ciri-ciri drama adalah …. a. Harus ada konfliks b. Harus ada aksi c. Harus dilakonkan d. harus dipulikasikan 13. Yang bukan termasuk dalam unsur drama adalah …. a. katalog b. prolog c. dialog d.

epilog 14. tempat, waktu dan suasana cerita adalah termasuk dalam …. setting sebuah drama. a. seting b. struktur c. alur d. latar belakang 15. Jalan cerita dalam sebuah pertunjukan drama disebut …. a. tema b. kisah c. alur d. plot Kunci Jawaban: • c 6. b 11. c • a 7. d 12. d • d 8. a 13. a • a 9. a 14. b • d 10. d 15. c Demikianlah pembahasan makalah materi tentang contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya. Semoga bermanfaat ….

Baca Juga: • • Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 • Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Related posts: • Konsep Adalah • Kalimat Simpleks • Kalimat Definisi Posted in Bahasa Indonesia Tagged contoh soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 tentang proposal, soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013, soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 tentang proposal, soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya, soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 beserta jawaban, soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1, soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1 kurikulum 2013, soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013 Tulisan Terbaru • Rumusan Dasar Negara yang Otentik Terdapat pada • Iklim Schmidt Ferguson • Iklim Koppen • Gangguan Pada Hati • Iklim Fisis • Sistem Sosial • Contoh Masalah Sosial • Kesenjangan Sosial • Gangguan Pada Usus Besar • Iklim Oldeman • Rumus Trapesium – Pengertian, Jenis, Keliling, Luas, Beserta Contohnya • Perbedaan Etika dan Moral • Perbedaan Debit Dan Kredit • Perbedaan CV dan PT • Bagian Bagian Pada Telinga Beserta Gambar dan Fungsinya

Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 beserta Kunci Jawaban




2022 www.videocon.com