Cara menghilangkan sakit kepala

cara menghilangkan sakit kepala

Merdeka.com - sakit kepala atau pusing tentu pernah dialami oleh hampir semua orang. Banyak hal yang bisa memicu sakit kepala seperti telat makan, kurang tidur, atau mengalami stres berat. Sakit kepala bagi sebagian orang terlihat sebagai penyakit yang tidak serius. Meski tidak serius, sakit kepala tentu tidak bisa diremehkan begitu saja. Sakit kepala bisa membuat aktivitas kita menjadi terhambat karena susah untuk berkonsentrasi.

Banyak yang lebih memilih mengkonsumsi obat sakit kepala sebagai cara menghilangkan rasa sakit kepala dengan cepat. Mengkonsumsi obat-obatan secara terus menerus tentu memberikan dampak kepada kesehatan karena bahan kimia yang terus masuk ke dalam tubuh. Aspirin, salah satu obat untuk pereda sakit kepala yang terus Anda minum dalam jumlah banyak dan sering bahkan dapat merusak ginjal Anda.

Tidak usah terburu-buru menghilangkan sakit kepala menggunakan obat-obatan. Ada cara menghilangkan sakit kepala secara alami, tradisional, dan tanpa obat. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli obat. Cara menghilangkan sakit kepala secara alami, tradisional, dan tanpa obat. 1. Memperbanyak minum air mineral BACA JUGA: Penyebab Kepala Pusing setelah Makan Gula, Ini Beberapa Alasannya 7 Pose Yoga cara menghilangkan sakit kepala Atasi Sakit Kepala, Mudah Dipraktikkan Ilustrasi air mineral ©2017 innertouch.ca Terkadang sakit kepala merupakan indikasi atau peringatan tubuh bahwa aliran darah dan oksigen menuju otak mengalami gangguan sehingga otak kekurangan oksigen dan darah.

Oleh karena itu ketika Anda mengalami sakit kepala, cara menghilangkan sakit kepala yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah dengan banyak minum air mineral agar Anda tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga Anda mengalami sakit kepala.

2. Menggunakan es batu Ilustrasi es batu shutterstock Es batu yang tentu saja dingin ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah yang mujarab.

Cara menghilangkan sakit kepala dinginnya akan membuat otot menjadi rileks sehingga sakit kepala hilang dengan sendirinya. Caranya adalah dengan membungkus bongkahan es batu dengan kain lalu usap-usapkan pada bagian kepala yang terasa sakit. Es batu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang. 3. Mengkonsumsi kentang BACA JUGA: 7 Pertolongan Pertama Sakit Kepala pada Anak, Orangtua Wajib Tahu 6 Jenis Tanaman Obat untuk Meredakan Sakit Kepala, Mudah Didapat Ilustrasi kentang © From Away Kentang merupakan sumber kalium yang penting bagi tubuh.

Sakit kepala juga bisa disebabkan karena tubuh Anda sedang kekurangan kalium.

cara menghilangkan sakit kepala

Agar sakit kepala segera hilang, konsumsi kentang rebus segera. Cukup dengan kentang rebus saja, bukan jenis olahan kentang yang lain karena justru akan membuat kentang memiliki kentang jenuh seperti kentang goreng. 4. Mengkonsumsi pisang ilustrasi pisang ©caribbeannewsservice.com/www.phillymag.com Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Hal itulah yang dapat menghilangkan sakit kepala berkepanjangan.

Untuk menggunakan pisang sebagai cara menghilangkan sakit kepala berkepanjangan, konsumsilah minimal 3 buah pisang setiap hari secara rutin. 5. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint BACA JUGA: Potret Bumil Cantik Yasmine Wildblood Ajak Anak-anak Liburan ke Singapura, Seru Abis Potret Carissa Putri Bersama 2 Putranya yang Ganteng-ganteng Banget Liburan ke Bali Ilustrasi daun mint ©2014 Merdeka.com/shutterstock/jordache Salah satu penyebab sakit kepala bisa saja karena Anda telat makan atau karena maag.

Sakit kepala yang disebabkan oleh maag tentu berbeda dengan jenis sakit kepala lainnya. Salah mengkonsumsi obat bisa-bisa maag Anda semakin akut. Cara menghilangkan sakit kepala yang tepat yang disebabkan oleh maag adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint. Anda bisa mengkonsumsi permen mint, minum teh mint, dan lainnya. 6. Mengkonsumsi kopi tapi tidak berlebihan Ilustrasi kopi ©2016 Merdeka.com Mungkin terdengar aneh bahwa cara menghilangkan sakit kepala adalah dengan kopi.

Hal ini memang akan sedikit berkontradiksi. Di satu sisi, kebanyakan minum kopi memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Kafein yang ada dalam kopi jika dikonsumsi terus menerus dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung sehingga jantung sering terasa berdebar-debar, efek kopi itu juga membuat sakit kepala dikarenakan pembuluh darah mengalami penyempitan.

Namun di sisi lain, kandungan kafein dapat menenangkan sistem saraf yang tegang karena mengalami sakit kepala. Untuk itu cukup dengan meminum 1 gelas kopi untuk menenangkan saraf Anda. Tentu saja bagi Anda yang terlanjur kecanduan kopi, akan lebih bagus jika asupan kopi dikurangi.

BACA JUGA: Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri Nasib Pilu Pekerja Migran Ilegal 7. Minyak kayu putih Wangi minyak kayu putih dapat membuat saraf yang tegang menjadi rileks dan juga dapat menenangkan pikiran Anda. Kayu putih merupakan tanaman herbal yang kaya akan sineol, terpineol, aldehid valerat, dan butirat yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah.

8. Menghirup minyak atau lilin aromaterapi Cara lain untuk membuat rileks saraf yang tegang sehingga sakit kepala hilang adalah dengan menghirup minyak atau lilin aromaterapi.

Selain itu juga dapat menenangkan pikiran Anda sehingga pikiran menjadi rileks dan sakit kepala hilang.

9. Menghirup uap air hangat yang dicampur minyak kayu putih Cara menghilangkan sakit kepala dengan menghirup yang lain adalah dengan menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih.

Uap yang Anda hirup ini dapat membuat rileks pikiran Anda sehingga sakit kepala mereda. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas. Hirup dalam-dalam uap air hangatnya. 10. Mengkonsumsi biji wijen Biji wijen kaya akan vitamin E yang ternyata mampu digunakan sebagai cara menghilangkan rasa sakit kepala dengan cepat. Tidak hanya itu saja, kandungan magnesium yang tinggi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang.

Konsumsilah biji wijen setiap hari agar sakit kepala hilang dan tidak kembali. 1 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah 2 Nekat Berenang saat Ombak Tinggi, Tiga Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Sukabumi 3 Manisnya Bisnis Manisan Cianjur, Omzet Rp10 Juta Per Hari Sepekan Jelang Lebaran 4 Mudik Eksotis Lewat Jalur Pantai Selatan 5 Indahnya Masjid Kubah 99 Pinggir Pantai Makassar Karya Ridwan Kamil Selengkapnya TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Simak!

Cara Alami Hilangkan Sakit Kepala, Tak Perlu Minum Obat Tribunners, ada beberapa cara alami yang juga bisa dilakukan untuk menghilangkan sakit kepala tanpa harus minum obat. Berikut ini adalah beberapa cara cara menghilangkan sakit kepala bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala tanpa minum obat. 1. Kompres hangat Dilansir dari WebMD, sakit kepala yang menyebabkan perasaan seperti ditekan, dapat dihilangkan dengan menggunakan kompres hangat.

Untuk meredakannya, letakkan handuk hangat di leher atau bagian belakang kepala. Baca juga: Mendadak Mual dan Mulas? Segera Obati dengan Pijat di 4 Titik Tubuh Berikut Ini Jika mengalami sakit kepala akibat infeksi sinus, gunakan handuk hangat dan gunakan untuk mengompres bagian yang sakit. 2. Redupkan cahaya di ruangan Cahaya yang terlalu terang, ternyata dapat menyebabkan migrain. Jika rentan mengalami migrain, tutup jendela dengan gorden yang dapat menahan cahaya saat siang hari.
Artikel ini disusun bersama Sari Eitches, MBE, MD.

Dr. Sari Eitches adalah dokter penyakit dalam integratif yang mengelola Tower Integrative Health and Wellness di Los Angeles, California. Dia merupakan spesialis gizi makanan nabati, manajemen berat badan, kesehatan wanita, pengobatan pencegahan, dan depresi. Dr. Sari merupakan Diplomate of the American Board of Internal Medicine dan American Board of Integrative and Holistic Medicine. Dia memiliki gelar BS dari University of California, Berkeley, gelar MD dari SUNY Upstate Medical University, dan gelar MBA dari University of Pennslyvania.

Program residensinya diselesaikan di Lenox Hill Hospital, New York, NY. Dr. Sari juga sempat berpraktik di University of Pennsylvania. Ada 66 referensi yang dikutip dalam cara menghilangkan sakit kepala ini dan dapat ditemukan di akhir halaman.

Artikel ini telah dilihat 59.586 kali. Sebagian besar orang mengalami sakit kepala dari waktu ke waktu, baik gangguannya ringan atau terasa begitu berat dan membebani kepala. Cara pengobatan yang tersedia bervariasi, tergantung pada jenis sakit kepala yang Anda alami, tetapi Anda bisa menggunakan beberapa strategi di bawah ini untuk meredakan sakit kepala dengan cepat.

Anda juga bisa mencari solusi jangka panjang untuk menghentikan rasa sakitnya sebelum menjadi tidak terkendali dan sulit diatasi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/43\/Treat-a-Migraine-Step-1-Version-4.jpg\/v4-460px-Treat-a-Migraine-Step-1-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/43\/Treat-a-Migraine-Step-1-Version-4.jpg\/v4-728px-Treat-a-Migraine-Step-1-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kenali jenis sakit kepala yang Anda alami.

Ada beberapa jenis sakit kepala, di antaranya adalah sakit kepala tekanan, sakit kepala stres, sakit kepala kronis sehari-hari (dalam kasus ini, kemungkinan Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan), sakit kepala kronis nonprogresif, dll. Mengenali jenis sakit kepala yang Anda alami bisa membantu menentukan cara terbaik untuk mengatasinya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/0f\/Repair-Nerve-Damage-Step-2-Version-2.jpg\/v4-460px-Repair-Nerve-Damage-Step-2-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/0f\/Repair-Nerve-Damage-Step-2-Version-2.jpg\/v4-728px-Repair-Nerve-Damage-Step-2-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Beli dan minumlah obat-obatan pereda rasa sakit yang cara menghilangkan sakit kepala bebas.

Kebanyakan obat pereda rasa sakit membutuhkan waktu 1-2 jam untuk bekerja, jadi pastikan Anda segera minum obat tersebut setelah kepala Anda mulai sakit. [1] X Teliti sumber Perawatan dini selalu lebih efektif dalam meredakan sakit kepala. Bahkan jika Anda sudah sangat kesakitan, Anda masih harus tetap meminum ibuprofen, asetaminofen, naproksen, aspirin, atau menggunakan semprotan hidung capsaicin untuk meredakan rasa sakit di kepala Anda.

• Berhati-hatilah dan jangan minum obat-obatan setiap hari kecuali Anda dianjurkan demikian oleh dokter. Penggunaan obat-obatan bebas setiap hari bisa menyebabkan Sindrom Penggunaan Obat Berlebihan. Sindrom ini membuat seseorang meminum obat yang sebenarnya tidak ia perlukan, karena ia takut akan kembali mengalami perasaan sakit di kemudian hari. [2] X Teliti sumber Penyalahgunaan seperti ini malah sesungguhnya bisa memicu rasa sakit kepala yang terjadi secara rutin dan berulang, yang disebut dengan “sakit kepala maya”.

• Jika Anda mengonsumsi obat-obatan pereda sakit kepala secara rutin (lebih dari 3 kali seminggu), kunjungi dokter. Semakin banyak obat-obatan yang digunakan selama masa perawatan, maka akan semakin toleran seorang pasien terhadap obat-obatan tersebut. Jika ini terjadi, Anda bisa menjadi seseorang yang lebih tidak tahan akan rasa sakit dan "sakit kepala maya" Anda bisa terjadi dengan lebih sering. • Perawatan untuk “sakit kepala maya” dilakukan dengan mengurangi atau menghentikan konsumsi obat-obatan pereda rasa sakit.

Kunjungi dokter untuk mencari tahu cara yang efektif dalam mengelola penggunaan obat-obatan Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/1c\/Increase-Progesterone-Levels-Step-15.jpg\/v4-460px-Increase-Progesterone-Levels-Step-15.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/1c\/Increase-Progesterone-Levels-Step-15.jpg\/v4-728px-Increase-Progesterone-Levels-Step-15.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ketahui kapan harus mencari pertolongan medis secepatnya.

Jika gejala lain menyertai sakit kepala Anda, bisa jadi ini merupakan pertanda kondisi yang lebih parah, seperti stroke, ensefalitis, atau meningitis. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau hubungi layanan gawat darurat jika sakit kepala Anda juga diiringi dengan tanda-tanda berikut ini: [3] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Kesulitan melihat, berjalan, atau berbicara • Leher yang kaku • Mual dan/atau muntah • Demam tinggi (38,8-40C) • Pingsan • Kesulitan menggunakan salah satu sisi tubuh • Merasakan kelemahan yang ekstrim, mati rasa, atau kelumpuhan • Anda juga harus mengunjungi dokter jika sering menderita sakit kepala atau merasakan sakit kepala yang sangat parah, obat yang dikonsumsi tidak membuahkan hasil, atau Anda tidak bisa beraktivitas secara normal.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e8\/Cure-a-Fever-at-Home-Step-11-Version-4.jpg\/v4-460px-Cure-a-Fever-at-Home-Step-11-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e8\/Cure-a-Fever-at-Home-Step-11-Version-4.jpg\/v4-728px-Cure-a-Fever-at-Home-Step-11-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Konsumsi kafeina dengan hati-hati––karena kafeina bisa menjadi pedang bermata dua.

Hampir semua obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas mengandung kafeina, yang bisa membuat obat penghilang rasa sakit bekerja dengan lebih cepat dan efektif. Selama serangan sakit kepala, adenosine meningkat di dalam aliran darah.

Kafeina membantu dengan cara menghalangi reseptor adenosine tersebut. • Batasi pengobatan kafeina untuk mengatasi sakit kepala hingga tidak lebih dari dua kali dalam seminggu. Jika Anda mengonsumsinya cara menghilangkan sakit kepala sering dari dua kali seminggu, maka tubuh Anda akan bergantung pada kafeina, terutama bagi penderita migrain.

Jika Anda peminum kafeina berat (lebih dari 200 miligram per hari, atau kurang lebih 2 cangkir kopi) dan tiba-tiba menghilangkannya dari pola makan Anda, sakit kepala adalah efek samping yang umum terjadi. [4] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Hal ini karena penggunaan kafeina sehari-hari dapat melebarkan pembuluh darah pada otak Anda.

Ketika kafeina tidak dikonsumsi, pembuluh darah akan menyempit dan memicu sakit kepala. Carilah cara yang efektif dan perlahan untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan akibat penghentian konsumsi kafeina, jika selama ini Anda mengonsumsinya dalam dosis yang terlalu banyak dan Anda mengira bahwa kafeina mungkin merupakan penyebab sakit kepala yang Anda alami. • Jika Anda acap kali mengalami sakit kepala, usahakan menghindari kafeina apabila memungkinkan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/67\/Get-Rid-of-Love-Handles-%28for-Men%29-Step-5.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Love-Handles-%28for-Men%29-Step-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/67\/Get-Rid-of-Love-Handles-%28for-Men%29-Step-5.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Love-Handles-%28for-Men%29-Step-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minum banyak air.

Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala, terutama jika Anda baru muntah atau pusing karena mabuk. [5] X Sumber Tepercaya PubMed Central Kunjungi sumber Segera minum segelas besar air begitu kepala Anda terasa sakit, dan usahakan terus minum seteguk sepanjang hari.

Rasa sakit pada kepala Anda mungkin akan mereda secara bertahap. • Minumlah setidaknya 13 gelas (3 liter) air per hari untuk pria. Untuk wanita, minum setidaknya 9 gelas (2,2 liter) air per hari.

Anda harus minum lebih banyak jika sering berolahraga, hidup dalam lingkungan yang panas atau lembap, menderita penyakit yang menyebabkan muntah atau diare, atau sedang menyusui. [6] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Cara lain untuk menghitung kebutuhan asupan cairan Anda adalah berdasarkan berat cara menghilangkan sakit kepala.

Setiap hari, Anda sebaiknya minum antara 15 hingga 30 ml air per setengah kilo berat badan Anda. [7] X Teliti sumber • Jangan minum air yang terlalu dingin jika Anda sakit kepala. Air yang sangat dingin atau air es bisa memicu migrain pada sebagian orang, terutama jika mereka biasanya mudah terserang migrain.

cara menghilangkan sakit kepala

{INSERTKEYS} [8] X Sumber Tepercaya PubMed Central Kunjungi sumber Air yang sesuai dengan suhu ruangan adalah pilihan yang lebih baik. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/88\/Get-More-REM-Sleep-Step-4-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-More-REM-Sleep-Step-4-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/88\/Get-More-REM-Sleep-Step-4-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-More-REM-Sleep-Step-4-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cari tempat yang tenang dan gelap untuk beristirahat.

Jika memungkinkan, cobalah untuk berbaring dan bersantai selama minimal 30 menit. Tutup tirai, matikan lampu, dan pusatkan perhatian pada pernapasan Anda. [9] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Carilah tempat yang benar-benar hening dan tenang.

Jika Anda terpaksa beristirahat di dekat banyak orang, jelaskan bahwa Anda sedang mengalami sakit kepala dan mintalah mereka untuk tenang dan tidak mengganggu. Minta kerjasama mereka agar Anda tidak terganggu ketika sedang beristirahat. Anda juga bisa memejamkan mata atau tidur sejenak jika Anda menginginkannya. • Pastikan tempat tidur atau sofa Anda nyaman dan kepala ditopang dengan posisi yang tidak menambah ketegangan pada leher.

Jika salah satu sisi leher Anda meregang dan yang lainnya kejang, sesuaikan posisi sehingga kepala dan leher dapat ditopang seluruhnya. • Sesuaikan pencahayaan. Hindari cahaya yang terang dan tidak alami, karena cahaya akan membuat sakit kepala Anda bertambah parah - bahkan untuk orang buta. [10] X Teliti sumber Anda juga bisa mengenakan penutup mata untuk menghalangi cahaya.

• Sesuaikan suhu kamar. Sebagian orang hanya bisa bersantai di ruangan yang sejuk, sementara yang lain lebih memilih menggunakan selimut besar atau pemanas ruangan. Coba ciptakan kondisi yang paling sesuai untuk Anda saat tidur di malam hari. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/1c\/Choose-Between-Yoga-Vs-Pilates-Step-10.jpg\/v4-460px-Choose-Between-Yoga-Vs-Pilates-Step-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/1c\/Choose-Between-Yoga-Vs-Pilates-Step-10.jpg\/v4-728px-Choose-Between-Yoga-Vs-Pilates-Step-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berlatihlah melakukan gerakan relaksasi otot progresif.

Gerakan ini bisa meredakan sakit kepala. [11] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Latihan lain yang terfokus pada relaksasi, seperti yoga atau meditasi ringan, juga bisa membantu.

• Berbaringlah dalam posisi yang nyaman. Tutup mata dan tarik napas dalam-dalam. • Kencangkan semua otot pada kelompok tertentu selama lima detik. Mulailah dari bagian dahi. • Kendurkan otot dan berfokuslah pada perasaan lepas yang Anda rasakan pada otot. • Pindah ke kelompok otot berikutnya. Kelompok otot yang perlu dikencangkan dan dikendurkan meliputi: dahi, mata dan hidung, rahang bibir dan pipi, tangan, lengan, bahu, punggung, perut, pinggul dan bokong, paha, kaki dan jari kaki.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/9f\/Cure-Nausea-Step-19-Version-5.jpg\/460px-Cure-Nausea-Step-19-Version-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/9f\/Cure-Nausea-Step-19-Version-5.jpg\/728px-Cure-Nausea-Step-19-Version-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":276,"bigWidth":728,"bigHeight":437,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan kompres dingin.

Menempelkan sesuatu yang lembut dan sejuk di atas dahi bisa menyempitkan pembuluh darah, sehingga mengurangi peradangan dan meringankan sakit kepala Anda. [12] X Teliti sumber Cara ini khususnya sangat efektif jika sakit kepala Anda terpusat pada bagian pelipis atau sinus. • Basahi waslap dengan air dingin, lalu tempelkan di atas dahi Anda. Segarkan kembali dengan air dingin bila waslap mulai terasa hangat dan kurang nyaman.

• Siapkan kompres yang bertahan lama. Masukkan waslap basah ke dalam kantong plastik yang bisa ditutup rapat, lalu letakkan kantong tersebut di dalam kulkas selama 30 menit. Keluarkan dan tempelkan di dahi Anda dan gunakan untuk mengompresnya dalam waktu yang cukup lama — waslap akan terasa sangat dingin dan kantong akan mencegah es yang mencair turun membasahi kulit Anda.

[13] X Teliti sumber • Jika jenis sakit kepala yang Anda alami adalah sakit kepala tegang, yang biasanya disebabkan oleh stres, rasa cemas, atau otot-otot yang lelah, mandilah dengan air hangat atau gunakan kompres air hangat untuk meredakan rasa sakit secara lebih efektif, alih-alih menggunakan cara kompres dingin. [14] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3b\/Cure-Nausea-Step-4-Version-5.jpg\/v4-460px-Cure-Nausea-Step-4-Version-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3b\/Cure-Nausea-Step-4-Version-5.jpg\/v4-728px-Cure-Nausea-Step-4-Version-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pijat wajah dan kulit kepala.

Pijatan mampu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan, yang akan mengurangi rasa sakit kepala (khususnya pada jenis sakit kepala tegang). Sakit kepala tegang dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari postur tubuh yang kurang baik, hingga karena mengatupkan rahang sampai otot-otot ANda tegang atau tertarik.

Kecemasan dan depresi juga bisa memicu sakit kepala tegang. [15] X Teliti sumber • Letakkan ibu jari Anda pada pelipis (area lunak di antara telinga bagian atas dan sudut mata). Sembari tetap menempelkan jari di titik tersebut, tekan dengan kuat dan gerakkan jari dengan gerakan melingkar dari pelipis sampai ke tengah dahi. [16] X Teliti sumber • Anda juga bisa meringankan sakit kepala sinus dan migrain dengan memijat pangkal hidung secara perlahan.

• Pijat kulit kepala. Mandilah di bawah pancuran dengan air panas dan manjakan diri dengan memijat kulit kepala saat Anda keramas. Atau, jika ingin versi yang lebih kering, tuangkan sedikit minyak kelapa atau minyak argan pada jari-jari tangan lalu gosokkan ke kulit kepala Anda.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/90\/Keep-Composure-Step-7.jpg\/v4-460px-Keep-Composure-Step-7.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/90\/Keep-Composure-Step-7.jpg\/v4-728px-Keep-Composure-Step-7.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pijat leher dan bahu.

Ketegangan di leher dan bahu dapat menimbulkan sakit kepala. [17] X Teliti sumber Untungnya, meskipun sakit kepala tegang adalah jenis sakit kepala yang paling kerap dialami, jenis sakit kepala ini juga merupakan salah satu yang paling mudah diobati. • Untuk memijat leher dan bahu, duduk dan letakkan tangan di bahu dengan posisi jari yang mengarah ke tulang belikat. • Hembuskan napas dan kendurkan otot leher, lalu biarkan kepala jatuh ke belakang.

Remas jari-jari tangan untuk menekan otot bahu Anda. Gerakkan jari-jari Anda dalam gerakan melingkar kecil sembari menekannya ke kepala dengan kuat. Lakukan ini dengan mengarahkan gerakan jari tersebut menuju bagian dasar tengkorak kepala Anda. • Jalin jari-jemari Anda di belakang kepala. Jatuhkan kepala ke arah depan, biarkan berat lengan Anda meregangkan otot-otot leher dan bahu dengan lembut.

• Siapkan dua buah bola tenis dan masukkan ke dalam kaus kaki. Berbaringlah di atas permukaan yang datar lalu letakkan dua buah bola tadi tepat di bawah dasar kepala Anda dan rilekslah. Anda mungkin akan merasakan tekanan pada sinus atau sedikit ketidaknyamanan pada awalnya, tetapi tekanan ini nantinya akan hilang. Cara ini sangat berguna, khususnya untuk mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit sinus. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/9c\/Get-Rid-of-a-Nerve-Pinch-in-Your-Neck-Quickly-Step-6.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-a-Nerve-Pinch-in-Your-Neck-Quickly-Step-6.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/9c\/Get-Rid-of-a-Nerve-Pinch-in-Your-Neck-Quickly-Step-6.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-a-Nerve-Pinch-in-Your-Neck-Quickly-Step-6.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan olahraga leher.

Lakukan peregangan dan perkuat otot-otot leher Anda untuk membantu meredakan sakit kepala kronis. [18] X Sumber Tepercaya PubMed Central Kunjungi sumber Olahraga leher juga bisa membantu untuk meredakan rasa sakit saat terjadi. Berikut rutinitas peregangan simpel untuk otot-otot leher yang bisa Anda lakukan: [19] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Turunkan dagu ke dada Anda secara perlahan, tanpa menggerakkan kedua bahu.

Anda akan merasakan adanya tarikan di bagian belakang leher. Kembalikan kepala ke posisi tegak setelahnya. • Tolehkan kepala ke satu sisi. Pertahankan selama 15-30 detik. Kembalilah menghadap ke depan, lalu ulangi dengan menoleh ke sisi yang berlawanan. Kembalilah menatap ke depan lagi setelahnya. • Miringkan kepala Anda secara perlahan agar telinga Anda mendekati bahu (tetapi jangan sampai bahu Anda terangkat).

Pertahankan posisi ini selama 15-30 detik. Tegakkan kembali kepala Anda, lalu miringkan kepala pada sisi yang berlawanan dan pertahankan selama 15-30 detik lagi. • Jangan lakukan peregangan secara berlebihan sehingga menimbulkan rasa sakit. Ulangi olahraga leher ini seperlunya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f3\/Get-Rid-of-a-Nerve-Pinch-in-Your-Neck-Quickly-Step-1-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-a-Nerve-Pinch-in-Your-Neck-Quickly-Step-1-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f3\/Get-Rid-of-a-Nerve-Pinch-in-Your-Neck-Quickly-Step-1-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-a-Nerve-Pinch-in-Your-Neck-Quickly-Step-1-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan teknik akupresur.

Akupresur dapat meredakan ketegangan dan nyeri pada kepala, terutama jika sakit kepala Anda disebabkan oleh ketegangan otot atau stres. [20] X Teliti sumber Merangsang titik akupresur di leher, bahu, dan tangan dapat meringankan sakit kepala. • Cari tulang mastoid di belakang telinga, lalu ikuti alur natural di leher ke tempat melekatnya otot pada kepala.

Berikan tekanan yang sangat kuat dan dalam selama 4-5 detik sembari menarik napas dalam-dalam. [21] X Teliti sumber • Cari sebuah titik pada otot bahu Anda, yang berada di sekitar pertengahan antara leher dan ujung bahu. Gunakan tangan yang berlawanan (tangan kanan untuk bahu kiri, tangan kiri untuk bahu kanan), untuk mencengkam otot bahu di antara jari-jari lain dan jempol Anda. Gunakan jari telunjuk untuk memberikan tekanan yang kuat ke arah bawah selama 4-5 detik. [22] X Teliti sumber • Pijat bagian lembut tangan Anda, di antara jari telunjuk dan ibu jari.

Berikan tekanan yang kuat dengan gerakan melingkar selama 4-5 detik. Namun, hindari cara ini pada ibu hamil, karena bisa menginduksi persalinan.

[23] X Teliti sumber • Anda juga bisa menempatkan bola ping pong dalam kaus kaki dan bersandar pada sebuah kursi (atau jok mobil), dengan meletakkan bola-bola ini di antara kursi dan punggung Anda untuk merangsang titik-titik akupresur. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/43\/Control-Your-Thoughts-Step-11.jpg\/v4-460px-Control-Your-Thoughts-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/43\/Control-Your-Thoughts-Step-11.jpg\/v4-728px-Control-Your-Thoughts-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Terapkan teknik relaksasi.

Manusia di berbagai belahan dunia menggunakan berbagai trik untuk mengalihkan diri dari rasa sakit. Jika Anda sedang mengalami sakit kepala, jangan takut untuk mempelajari hal baru —pilihlah cara yang paling membuat Anda nyaman. Beberapa pilihan yang populer adalah: • Meditasi. • Doa. • Pernapasan dalam.

• Latihan visualisasi. • Mendengarkan nada binaural. • Menenangkan diri. Jika Anda bisa tertidur mungkin akan lebih baik lagi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/4b\/Perform-Mantra-Meditation-Step-6-Version-2.jpg\/v4-460px-Perform-Mantra-Meditation-Step-6-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/4b\/Perform-Mantra-Meditation-Step-6-Version-2.jpg\/v4-728px-Perform-Mantra-Meditation-Step-6-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan latihan pernapasan.

Terkadang, pernapasan bisa menjadi obat. Mungkin Anda mengira hal ini konyol, karena setiap hari kita memang bernapas secara alami, tetapi sesungguhnya yang harus Anda latih adalah teknik relaksasi dan pernapasan mendalam. Cara ini bisa melepaskan ketegangan dan membantu Anda untuk rileks, serta meredakan sakit kepala dalam beberapa menit.

[24] X Sumber Tepercaya Cleveland Clinic Kunjungi sumber • Cari lokasi yang sejuk, gelap dan tenang. • Buat diri Anda nyaman: berbaringlah atau duduk dengan nyaman, dan buka atau longgarkan pakaian yang ketat.

• Tarik napas perlahan melalui hidung. Anda akan merasakan perut mengembang saat paru-paru terisi udara. [25] X Teliti sumber Tahan selama 2-3 detik, lalu buang napas perlahan melalui mulut sampai paru-paru Anda terasa kosong. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/32\/Flush-Your-Kidneys-Step-3.jpg\/v4-460px-Flush-Your-Kidneys-Step-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/32\/Flush-Your-Kidneys-Step-3.jpg\/v4-728px-Flush-Your-Kidneys-Step-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan obat-obatan alami dengan berhati-hati.

Ada beberapa obat-obatan alami yang bisa membantu meredakan sakit kepala Anda. Anda harus selalu mempelajari efek samping dan potensi alergi yang mungkin timbul, juga saat-saat yang membuat Anda tidak boleh menggunakannya (misalnya saat hamil, atau memang sedang sakit, dll.).

Ketahuilah bahwa obat-obatan alami biasanya belum terbukti secara ilmiah atau disetujui oleh BPOM/badan-badan pemberi izin lainnya.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/62\/Control-Asthma-Without-Medicine-Step-22.jpg\/v4-460px-Control-Asthma-Without-Medicine-Step-22.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/62\/Control-Asthma-Without-Medicine-Step-22.jpg\/v4-728px-Control-Asthma-Without-Medicine-Step-22.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Coba obat-obatan herbal.

Carilah suplemen herbal yang sudah distandarkan, yaitu yang mengandung jumlah bahan aktif yang sudah dijamin di dalam setiap dosisnya. Ada beberapa obat herbal yang dianggap mujarab untuk menyingkirkan sakit kepala. [26] X Teliti sumber Namun, perlu diperhatikan bahwa dukungan ilmiah atau studi ekstensif tentang efektivitas kebanyakan suplemen ini bervariasi. Seperti halnya pengobatan apa pun, gunakan dengan hati-hati, dan segera hentikan pemakaiannyaa jika Anda mengalami efek samping yang tidak menyenangkan.

[27] X Teliti sumber • Butterbur. Studi menunjukkan bahwa butterbur sanggup mengurangi frekuensi migrain. Minumlah dua kapsul 25 mg setiap hari selama 12 minggu untuk mengurangi kembalinya migrain hingga 60%.

Jangan mengonsumsi langsung tanaman butterbur, karena tanaman tersebut mengandung unsur-unsur beracun yang sudah dihilangkan saat diproduksi dalam bentuk kapsul. [28] X Teliti sumber • Jahe. Selain mengobati sakit kepala, jahe bisa mengatasi mual dan muntah, yang merupakan efek samping umum dari sakit kepala yang parah. Akademi Neurologi Amerika (The American Academy of Neurology) menemukan bahwa suplemen jahe yang terkonsentrasi lebih efektif untuk mengurangi sakit kepala daripada placebo.

[29] X Teliti sumber • Ketumbar. Biji ketumbar dapat digunakan untuk mengurangi radang penyebab sakit kepala. Bijinya bisa dikunyah, dicampur ke dalam makanan atau teh, atau dimakan langsung dalam bentuk ekstrak. [30] X Teliti sumber • Feverfew. Feverfew dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul, tablet, atau teh, atau bahkan dimakan dengan roti isi (hati-hati, rasanya pahit). Ada beragam bukti pro dan kontra mengenai efektivitas feverfew, tetapi herbal ini sudah diandalkan selama berabad-abad lamanya, sehingga mungkin layak dicoba.

[31] X Teliti sumber Tidak ada efek samping yang serius, meskipun begitu, Anda mungkin mengalami sakit lidah, sariawan, mual, masalah pencernaan dan kembung. Pemakaian feverfew dalam jangka panjang juga dapat mengganggu tidur dan benar-benar menyebabkan sakit kepala.

• Willow. Willow dibuat dalam tablet 300 mg dan dapat mengurangi frekuensi migrain jika dikonsumsi dua kali sehari. [32] X Teliti sumber • Teh: Secangkir teh yang terbuat dari bunga delima, "rosemary", atau lavendel bisa meringankan sakit kepala. Teh peppermint atau kamomil dapat membuat Anda rileks. [33] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/69\/Stop-Scratching-a-Mosquito-Bite-Step-10.jpg\/v4-460px-Stop-Scratching-a-Mosquito-Bite-Step-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/69\/Stop-Scratching-a-Mosquito-Bite-Step-10.jpg\/v4-728px-Stop-Scratching-a-Mosquito-Bite-Step-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Manfaatkan aromaterapi.

Persiapan aromaterapi bervariasi, tetapi beberapa minyak esensial yang lebih umum digunakan untuk pengobatan sakit kepala yaitu lavendel, "marjoram" manis, dan kamomil.

Gunakan untuk memijat leher, berendam, atau untuk dihirup. [34] X Teliti sumber • Untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri: Campurkan lima tetes minyak rosemary, lima tetes minyak pala, dan lima tetes minyak lavendel ke dalam minyak dasar seperti zaitun atau kelapa. Gunakan untuk memijat leher dan daerah punggung bagian atas.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/06\/Cure-a-Fever-at-Home-Step-25-Version-2.jpg\/v4-460px-Cure-a-Fever-at-Home-Step-25-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/06\/Cure-a-Fever-at-Home-Step-25-Version-2.jpg\/v4-728px-Cure-a-Fever-at-Home-Step-25-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Konsumsi obat berbasis makanan.

{/INSERTKEYS}

cara menghilangkan sakit kepala

Kekurangan makanan dapat menyebabkan sakit kepala, jadi pastikan Anda sudah makan. Beberapa makanan dan minuman juga dapat memicu sakit kepala (contohnya anggur merah, MSG, dan cokelat). [35] X Teliti sumber Berhati-hatilah dengan makanan yang Anda konsumsi dan jangan makan makanan yang secara rutin menyebabkan sakit kepala.

cara menghilangkan sakit kepala

Anda juga dapat mengobati nyeri kepala dengan makan makanan tertentu. • Cara menghilangkan sakit kepala almon. Almon mengandung magnesium, yang dapat mengendurkan pembuluh darah dan meredakan sakit kepala. Makanan kaya magnesium seperti pisang, kacang mete, dan avokad juga bisa membantu. [36] X Teliti sumber • Makan makanan pedas. Efektivitas makanan pedas untuk mengatasi sakit kepala tergantung pada individu dan jenis sakit kepala yang dirasakan.

Namun, jika Anda menderita sakit kepala sinus, makanan pedas dapat mengurangi kepampatan dan memungkinkan Anda untuk bernapas lebih baik, sehingga akan mengurangi sakit kepala. [37] X Teliti sumber • Coba bayam. Bayam benar-benar makanan super, salah satunya karena mampu menurunkan tekanan darah dan meredakan sakit kepala akibat mabuk. Gunakan bayam segar alih-alih daun selada untuk salad atau roti isi.

[38] X Teliti sumber • Minum secangkir minuman yang mengandung kafeina. Kafeina menyempitkan pembuluh darah, yang dapat mengurangi rasa sakit kepala. Terlalu banyak kafeina dapat memicu migrain pada sebagian orang. Jika ini terjadi, alih-alih meminum kopi, Anda bisa memilih teh, yang cenderung mengandung lebih sedikit kafeina. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/83\/Cure-a-Fever-at-Home-Step-4-Version-3.jpg\/v4-460px-Cure-a-Fever-at-Home-Step-4-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/83\/Cure-a-Fever-at-Home-Step-4-Version-3.jpg\/v4-728px-Cure-a-Fever-at-Home-Step-4-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cukup tidur.

"Tidur higienis" (tidur dalam kondisi kamar yang bersih) -- dan beristirahat dengan berkualitas dalam jumlah yang cukup -- bisa membantu Anda merasa lebih baik dan mengurangi frekuensi terjadinya sakit kepala.

Orang dewasa harus tidur setidaknya 7-8 jam setiap hari.

cara menghilangkan sakit kepala

{INSERTKEYS} [39] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Jika Anda kesulitan tidur, cobalah beberapa teknik berikut ini: • Batasi waktu bermain gawai/menonton TV sebelum pergi tidur • Gunakan ranjang hanya untuk keperluan tidur atau berhubungan intim. • Batasi konsumsi kafeina di sore/malam hari • Mulailah meredupkan lampu dan luangkan waktu untuk "bersantai" sebelum Anda tidur {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/50\/Look-Rich-Without-Being-Rich-%28for-Teens%29-Step-3-Version-2.jpg\/v4-460px-Look-Rich-Without-Being-Rich-%28for-Teens%29-Step-3-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/50\/Look-Rich-Without-Being-Rich-%28for-Teens%29-Step-3-Version-2.jpg\/v4-728px-Look-Rich-Without-Being-Rich-%28for-Teens%29-Step-3-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Batasi paparan terhadap aroma.

[40] X Teliti sumber Walau parfum dan produk-produk wewangian lainnya, seperti sabun dan losion bisa membuat Anda harum, benda-benda ini bisa menyebabkan sakit kepala. Cobalah menggunakan produk-produk yang tidak berbau dan mintalah orang-orang di sekitar Anda untuk melakukan hal yang sama.

Lepas atau cabut penyegar ruangan dari colokannya, pada tempat kerja atau tempat tinggal Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/34\/Get-More-Testosterone-Step-18.jpg\/v4-460px-Get-More-Testosterone-Step-18.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/34\/Get-More-Testosterone-Step-18.jpg\/v4-728px-Get-More-Testosterone-Step-18.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ubah pola makan Anda.

Walau cara ini tidak akan segera meredakan sakit kepala, perubahan terhadap pola makan pada jangka panjang bisa menyingkirkan sumber sakit kepala di kemudian hari. Jika Anda tidak tahu bagaimana memulainya, kunjungi dokter atau ahli gizi/ahli diet terdekat.

[41] X Teliti sumber • Cari tahu apakah Anda punya alergi terhadap makanan tertentu dan singkirkan jenis-jenis makanan ini dari diet Anda. • Kurangi asupan kafeina Anda. Kafeina dapat menyebabkan sakit kepala. Ironisnya, berhenti mengonsumsi kafeina juga bisa memicu sakit kepala temporer, tetapi setelah Anda melewati masa-masa ini, Anda akan mulai menyadari adanya perbedaan yang positif.

• Pertimbangkan untuk menghindari atau mengurangi konsumsi makanan-makanan yang bisa memicu sakit kepala, terutama yang mengandung MSG, nitrit dan nitrat (daging yang diawetkan), tiramin (keju, anggur, bir, dan daging fermentasi), sulfit (buah-buahan kering, manisan, dan anggur), serta salisilat (teh, cuka, dan beberapa jenis buah).

{/INSERTKEYS}

cara menghilangkan sakit kepala

{INSERTKEYS} [42] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/82\/Treat-Upper-Back-Pain-Step-7-Version-2.jpg\/v4-460px-Treat-Upper-Back-Pain-Step-7-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/82\/Treat-Upper-Back-Pain-Step-7-Version-2.jpg\/v4-728px-Treat-Upper-Back-Pain-Step-7-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Rawat masalah musculoskeletal.

Jika punggung atau leher Anda tidak sejajar, atau Anda mempunyai sikap tubuh yang kurang baik dan ketegangan otot, penting untuk memperbaiki sumber penyebab sakit tersebut. Meskipun Anda bisa memperbaiki masalah musculoskeletal melalui latihan peregangan seperti yoga atau pilates, Anda juga perlu mengunjungi spesialis seperti ahli fisioterapi atau chiropractor untuk memeriksa dan mengobati kondisi Anda.< {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/cd\/Reduce-Hips-by-Yoga-Step-2-Version-3.jpg\/v4-460px-Reduce-Hips-by-Yoga-Step-2-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/cd\/Reduce-Hips-by-Yoga-Step-2-Version-3.jpg\/v4-728px-Reduce-Hips-by-Yoga-Step-2-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/1d\/Be-a-Smart-Student-Step-2-Version-2.jpg\/v4-460px-Be-a-Smart-Student-Step-2-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/1d\/Be-a-Smart-Student-Step-2-Version-2.jpg\/v4-728px-Be-a-Smart-Student-Step-2-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Siapkan area kerja yang tepat secara ergonomis.

Cara Anda duduk di meja dan menggunakan komputer mungkin berpengaruh pada sakit kepala. Pastikan segala sesuatu berada pada ketinggian dan jarak yang sesuai untuk ukuran tubuh Anda. [43] X Teliti sumber • Pastikan Anda dapat memosisikan leher pada posisi netral saat bekerja. Kita sering kali jadi membungkuk dan mendorong leher dari posisi lurus saat menggunakan komputer dan perangkat digital lainnya.

Jika leher Anda biasanya membungkuk ke depan, pindahkan komputer agar Anda dapat melihat lurus ke depan saat bekerja. • Beristirahatlah secara teratur dari semua pekerjaan di atas meja dan penggunaan komputer. Latih mata Anda dengan melihat jarak yang berbeda selama beberapa menit setiap jam dan lakukan beberapa peregangan dasar.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/97\/Deal-With-Unexplained-Pains-Step-24.jpg\/v4-460px-Deal-With-Unexplained-Pains-Step-24.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/97\/Deal-With-Unexplained-Pains-Step-24.jpg\/v4-728px-Deal-With-Unexplained-Pains-Step-24.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kunjungi beragam profesional kesehatan.

Banyak masalah kesehatan yang dapat menyebabkan sakit kepala, jadi jika sakit kepala Anda terus menimbulkan masalah, kunjungi seorang spesialis masalah kesehatan lain untuk membantu Anda mengurangi sakit kepala.

• Kunjungi dokter gigi: jika Anda memiliki rahang yang kurang selaras, kerusakan gigi, abses, atau infeksi setelah ekstraksi, ini bisa menjadi sumber sakit kepala. • Kunjungi ahli optik: Jika Anda membutuhkan kacamata tetapi belum pernah didiagnosis, kelelahan mata Anda bisa menyebabkan sakit kepala.

• Kunjungi dokter spesialis THT (telinga, hidung dan tenggorokan): Jika Anda menderita infeksi yang belum diobati, perforasi, atau masalah lain pada telinga, hidung, dan tenggorokan, ini juga bisa menyebabkan sakit kepala. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/45\/Be-Calm-Step-18.jpg\/v4-460px-Be-Calm-Step-18.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/45\/Be-Calm-Step-18.jpg\/v4-728px-Be-Calm-Step-18.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tenangkan diri.

Jika Anda marah, mudah tersinggung, frustrasi, dll., Anda mungkin akan menumpuk ketegangan otot harian sampai ke titik yang tidak terkendali dan menyebabkan sakit kepala. Kecemasan, stres, dan depresi juga bisa menyebabkan sakit kepala. Mintalah nasihat profesional atau bantuan psikologis untuk memetakan sejumlah cara yang bermanfaat untuk mengelola emosi yang mendominasi cara Anda dalam menjalani hidup setiap harinya. [44] X Teliti sumber • Jika Anda mengatupkan rahang atau mengertakkan gigi, berusahalah untuk mengendurkan wajah Anda.

Cobalah menguap untuk mengurangi ketegangan pada wajah. • Praktikkan latihan relaksasi sebelum peristiwa pemicu stres seperti ujian, acara pernikahan, tes mengemudi, dll. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/2e\/Be-Adventurous-Step-13.jpg\/v4-460px-Be-Adventurous-Step-13.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/2e\/Be-Adventurous-Step-13.jpg\/v4-728px-Be-Adventurous-Step-13.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buat jurnal sakit kepala.

Ini akan membantu Anda untuk mengidentifikasi pola pemicu sakit kepala, misalnya setelah menghadapi situasi stres di tempat kerja, masalah komunikasi, setelah mengonsumsi makanan tertentu, dimulainya masa menstruasi, dll.

Setelah mengenali pemicu sakit kepala, Anda bisa mulai mempelajari cara mencegah sakit kepala, bahkan sebelum sakit kepala tersebut terjadi. • Informasi ini juga sangat bermanfaat bagi dokter Anda jika Anda kerap menderita sakit kepala. Bawa jurnal sakit kepala saat mengunjungi dokter.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/2d\/Be-a-Man-Step-9-Version-2.jpg\/v4-460px-Be-a-Man-Step-9-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/2d\/Be-a-Man-Step-9-Version-2.jpg\/v4-728px-Be-a-Man-Step-9-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berhentilah merokok.

Jika Anda seorang perokok, sakit kepala yang dirasakan mungkin akan bertambah parah. Asap rokok mengandung substansi yang diketahui dapat menyebabkan sakit kepala, seperti karbon monoksida. Rokok juga mengandung substansi seperti nikotin yang menyempitkan pembuluh darah, menyebabkan sakit kepala, serta menganggu fungsi hati untuk memproses obat sakit kepala.

[45] X Teliti sumber Berhenti merokok juga bisa mengurangi munculnya sakit kepala, terutama jika Anda menderita cluster headache atau sakit kepala yang terjadi dengan siklus yang intens sepanjang hari.

[46] X Teliti sumber Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengurangi konsumsi tembakau merasakan frekuensi sakit kepala mereka berkurang separuhnya. • Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh asap rokok orang lain, terutama jika Anda memiliki alergi atau sensitif terhadap asap. Jika Anda tidak merokok tetapi sering berada di tempat-tempat yang kerap dipenuhi asap rokok, Anda mungkin masih mengalami sakit kepala. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/d3\/Be-a-Man-Step-5-Version-2.jpg\/v4-460px-Be-a-Man-Step-5-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/d3\/Be-a-Man-Step-5-Version-2.jpg\/v4-728px-Be-a-Man-Step-5-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Identifikasi jenis sakit kepala yang Anda derita.

Hampir sebagian besar sakit kepala adalah sakit kepala tegang atau dipicu oleh gaya hidup dan sakit kepala seperti ini tidak terlalu berbahaya, meskipun menyakitkan dan dapat menyebabkan Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan. Jika Anda mengalami sakit kepala yang rutin, sakit kepala parah, sakit kepala yang tidak bisa diatasi dengan analgesik, atau sakit kepala yang disertai dengan gejala lain, berkonsultasilah dengan dokter atau profesional kesehatan untuk segera mendapatkan diagnosis dan penilaian.

Ada berbagai kemungkinan penyebabnya, karena itu sangat penting untuk mencari pengobatan lebih lanjut jika masalah sakit kepala Anda belum mampu diatasi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/33\/Cope-when-No-One-Cares-About-You-Step-13-Version-2.jpg\/v4-460px-Cope-when-No-One-Cares-About-You-Step-13-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/33\/Cope-when-No-One-Cares-About-You-Step-13-Version-2.jpg\/v4-728px-Cope-when-No-One-Cares-About-You-Step-13-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cegah sakit kepala tegang dengan mengurangi stres.

Sakit kepala tegang adalah jenis sakit kepala yang paling umum. Sakit kepala ini biasanya tidak terlalu menyakitkan daripada sakit kepala lainnya, tetapi bisa berlangsung selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Sakit kepala tegang cenderung terbentuk akibat kontraksi otot, dan umumnya terasa seperti ada ikatan di belakang mata dan mengelilingi dahi. [47] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Sakit kepala ini bisa jadi bertahan atau muncul berulang kali jika sumbernya tidak diatasi, dan disertai dengan rasa kurang nyaman, terutama jika penderitanya juga menderita kecemasan atau depresi.

Sakit kepala seperti ini bisa diobati dengan obat penghilang rasa sakit, istirahat, dan mengeliminasi sumber stres. [48] X Teliti sumber • Pijatan, akupunktur, yoga, dan terapi relaksasi adalah cara yang baik untuk mencegah sakit kepala tegang.

[49] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • "Terapi percakapan", yang mengharuskan Anda membicarakan kecemasan dan stres yang Anda alami dengan seorang tenaga kesehatan mental profesional, juga dapat mencegah dan mengurangi sakit kepala tegang. [50] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/9d\/Heal-Your-Life-Step-6.jpg\/v4-460px-Heal-Your-Life-Step-6.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/9d\/Heal-Your-Life-Step-6.jpg\/v4-728px-Heal-Your-Life-Step-6.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cegah sakit kepala akibat migrain dengan berolahraga.

Migrain bisa jadi memiliki kaitan secara genetik, meskipun para peneliti masih belum bisa memastikan penyebab sesungguhnya. [51] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Migrain menyebabkan nyeri menusuk yang mungkin disertai dengan rasa mual yang cukup parah serta muntah.

Adakalanya muncul masalah penglihatan — yang disebut "aura"—seperti melihat bintang, obyek yang berkedip-kedip, dan bahkan hilangnya penglihatan sebagian. Sejumlah migrain juga menyebabkan mati rasa atau badan lemah.

Migrain bisa juga muncul akibat reaksi terhadap makanan, stres, perubahan hormon, kecelakaan, obat-obatan, atau pemicu lain yang tidak diketahui. Migrain membutuhkan perhatian medis secara khusus. Jika Anda kerap mengalaminya, segera kunjungi dokter.

[52] X Teliti sumber • Berolahraga secara teratur, terutama jenis olahraga aerobik, mampu mencegah sakit kepala migrain dengan menurunkan ketegangan pada tubuh.

Obesitas juga bisa menjadi pemicu migrain, karena itu olahraga juga dapat mencegah migrain dengan cara mempertahankan atau mencapai berat badan yang sehat. [53] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Lakukan pemanasan secara bertahap sebelum berolahraga!

Latihan fisik yang intens atau tiba-tiba tanpa pemanasan secara bertahap dapat memicu migrain. Pada sebagian orang yang sangat sensitif, bahkan aktivitas seksual yang berlangsung dengan singkat bisa menjadi pemicu. [54] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Anda juga bisa meredakan sakit kepala migrain dengan mengonsumsi banyak air serta menjalankan pola diet yang seimbang.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e4\/Sleep-With-a-Snoring-Partner-Step-8.jpg\/v4-460px-Sleep-With-a-Snoring-Partner-Step-8.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e4\/Sleep-With-a-Snoring-Partner-Step-8.jpg\/v4-728px-Sleep-With-a-Snoring-Partner-Step-8.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Rawat cluster headache dengan menghindari alkohol dan nikotin.

Para peneliti masih belum mengetahui secara pasti penyebab ' cluster headache, karena itu, Anda tidak bisa menghindari serangan pertama cluster headache. [55] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Cluster headache adalah salah satu sakit kepala yang paling menyakitkan, dengan rasa sakit di sekitar daerah mata (biasanya di salah satu sisi kepala). Gejalanya juga bisa berupa kelopak mata yang terasa berat, serta keluarnya cairan dari hidung dan mata yang berair.

[56] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Jika jenis sakit kepala seperti ini yang Anda rasakan, jangan meremehkannya, segera kunjungi dokter untuk meminta nasihat dan pengobatan. {/INSERTKEYS}

cara menghilangkan sakit kepala

Ada sejumlah obat dan perawatan yang dapat mengurangi gejala pada tipe sakit kepala ini. [57] X Teliti sumber • Menghindari alkohol dan nikotin untuk mengurangi risiko timbulnya cluster headache di kemudian hari, meskipun cara ini tidak akan memberi efek cara menghilangkan sakit kepala rasa sakit yang sedang terjadi. [58] X Sumber Tepercaya Cara menghilangkan sakit kepala Clinic Kunjungi sumber • Terapi oksigen. Terapi ini mengharuskan Anda menghirup oksigen melalui masker dan telah terbukti berguna untuk mengatasi masalah cluster headache.

[59] X Teliti sumber • Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 10 miligram melatonin sebelum tidur mampu mengurangi frekuensi serangan cluster headache. [60] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Hal ini mungkin karena cluster headache bisa terjadi ketika siklus tidur Anda terganggu.

[61] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/49\/Prevent-Spotting-on-Birth-Control-Step-1-Version-3.jpg\/v4-460px-Prevent-Spotting-on-Birth-Control-Step-1-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/49\/Prevent-Spotting-on-Birth-Control-Step-1-Version-3.jpg\/v4-728px-Prevent-Spotting-on-Birth-Control-Step-1-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cegah sakit kepala akibat konsumsi obat yang berlebihan ( Medication Overuse Headache/MOH) dengan memantau penggunaan obat penghilang sakit.

MOH atau rebound headache (sakit kepala maya) muncul dari gejala penarikan akibat berhenti minum obat penghilang sakit jangka panjang (biasanya untuk sakit kepala tegang). MOH pada dasarnya bisa diobati. Dalam kebanyakan kasus, Anda hanya perlu menghentikan konsumsi obat dan sakit kepala akan reda dalam beberapa hari. Gejala MOH sering kali serupa dengan sakit kepala tegang. [62] X Sumber Tepercaya PubMed Central Kunjungi sumber • Hindari konsumsi obat penghilang sakit kepala, termasuk jenis yang dijual bebas, selama lebih dari 2 atau 3 hari setiap minggu.

Jika gejala Anda cukup parah sehingga memerlukan pengobatan yang lebih rutin, berkonsultasilah dengan dokter. [63] X Teliti sumber • Gunakan obat penghilang rasa sakit selama tidak lebih dari 15 hari setiap bulannya. [64] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Hindari obat penghilang rasa sakit yang mengandung opium (kodein, morfin, hydrocodone, dll.) [65] X Teliti sumber atau butalbital ( Fioricet, Ezol, Phrenilin, dll.) [66] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3d\/Treat-a-Hangover-Step-12-Version-2.jpg\/v4-460px-Treat-a-Hangover-Step-12-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3d\/Treat-a-Hangover-Step-12-Version-2.jpg\/v4-728px-Treat-a-Hangover-Step-12-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cegah sakit kepala mabuk dengan minum air.

Sakit kepala mabuk umum terjadi, dan diperkirakan menghabiskan biaya miliaran rupiah per tahun akibat hilangnya produktivitas (yang disebabkan oleh para penderita yang izin sakit atau hasil kerjanya buruk di tempat kerja karena mabuk).

[67] X Sumber Tepercaya Johns Hopkins Medicine Kunjungi sumber Gejala yang dialami berupa nyeri kepala yang menusuk-nusuk, mual, dan kondisi tubuh yang kurang sehat. Satu-satunya cara yang manjur untuk menghindari sakit kepala akibat mabuk adalah tidak mengonsumsi alkohol sama sekali.

Selain itu, Anda harus senantiasa menjaga hidrasi tubuh dengan minum banyak air untuk menghindari sakit kepala akibat alkohol pada keesokan harinya. • Aturan umumnya adalah minum air (atau minuman nonalkohol, nonkafeina lainnya) empat kali lebih banyak dari jumlah alkohol yang sudah cara menghilangkan sakit kepala. Karena kebanyakan koktail mengandung kurang lebih 30-59 ml minuman keras, Anda perlu minum segelas besar penuh air putih untuk setiap minuman beralkohol yang dikonsumsi.

[68] X Teliti sumber • Cairan lain, seperti minuman olahraga atau air kaldu, juga bisa membantu. Hindari alkohol (sudah cara menghilangkan sakit kepala dan minuman yang mengandung kafeina. Alkohol dan kafeina bisa menyebabkan dehidrasi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/90\/Heal-the-Lungs-Naturally-Step-25.jpg\/v4-460px-Heal-the-Lungs-Naturally-Step-25.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/90\/Heal-the-Lungs-Naturally-Step-25.jpg\/v4-728px-Heal-the-Lungs-Naturally-Step-25.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cegah alergi atau sakit kepala yang disebabkan makanan dengan mengenali pemicunya.

Alergi dan sensitivitas bisa menyebabkan sakit kepala yang cukup parah, yang acap kali disertai cara menghilangkan sakit kepala gejala hidung meler, mata berair, dan sensasi gatal atau terbakar serta sakit kepala. Beberapa alergi terjadi pada musim tertentu, seperti alergi terhadap serbuk sari, cara menghilangkan sakit kepala bisa diobati dengan antihistamin.

Anda juga bisa memiliki alergi atau sensitivitas terhadap makanan, yang dapat memicu sakit kepala. Jika Anda sering menderita sakit kepala yang disertai dengan gejala seperti mata gatal atau berair, pertimbangkan untuk menjalani tes alergi kulit yang dilakukan oleh tenaga medis profesional.

Tes ini akan memaparkan Anda (dengan aman!) ke berbagai pemicu alergi dan dapat membantu untuk menentukan apakah sakit kepala Anda disebabkan oleh sejumlah substansi yang dipaparkan tersebut. [69] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • MSG terkadang bisa menyebabkan sakit kepala pada orang yang sensitif; gejala lainnya termasuk tekanan pada wajah, nyeri dada, rasa panas pada tubuh, leher dan bahu serta kepala berdenyut-denyut.

Nitrit dan nitrat yang terkandung di daging mampu menginduksi sakit kepala ringan hingga yang parah. [70] X Teliti sumber • Jika Anda makan es krim atau minum minuman dingin terlalu cepat, Anda bisa memicu "otak beku", atau "sakit kepala es krim" sementara yang cukup parah, meskipun sakit kepala ini biasanya segera reda.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/7b\/Lose-10-Pounds-in-1-Week-without-Any-Pills-Step-5-Version-2.jpg\/v4-460px-Lose-10-Pounds-in-1-Week-without-Any-Pills-Step-5-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/7b\/Lose-10-Pounds-in-1-Week-without-Any-Pills-Step-5-Version-2.jpg\/v4-728px-Lose-10-Pounds-in-1-Week-without-Any-Pills-Step-5-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Hindari sakit kepala lain dengan mengubah rutinitas Anda dalam menjaga kesehatan.

Sakit kepala terkadang bisa dipicu oleh mata lelah, kelaparan, leher atau otot punggung tegang, dan bahkan cara penataan rambut tertentu. Sakit kepala jenis ini cenderung memiliki gejala yang serupa dengan sakit kepala tegang. Membuat perubahan kecil terhadap rutinitas Anda, seperti menyiapkan kondisi kerja yang tepat secara ergonomis atau tidak mengikat rambut Anda dengan gaya ekor kuda atau digelung, bisa mencegah sakit kepala yang seperti ini. [71] X Teliti sumber • Makan dengan jadwal yang teratur juga dapat mencegah munculnya sakit kepala setiap hari.

Jika Anda tidak makan secara teratur, kadar gula darah akan menurun, dan ini dapat memicu sakit kepala yang cukup intens serta rasa mual. [72] X Teliti sumber • Pastikan Anda mengikuti jadwal tidur yang rutin dan beristirahat setidaknya 7-8 jam setiap malam. [73] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Jika rambut Anda diikat ke atas, bukalah kunciran ekor kuda yang terlalu ketat atau kepangan dan biarkan rambut Anda tergerai.

• Bungkus kantong es atau sayuran beku dengan handuk lalu tempelkan di bagian yang sakit (dahi, belakang leher, dll). Jangan menempelkan benda yang sangat dingin langsung ke kulit Anda. • Jangan segan menarik diri dari orang lain untuk beristirahat. Dikelilingi banyak orang dan berusaha untuk tetap bersemangat saat Anda menderita sakit kepala hanya akan memperparah situasi.

Anda akan menjadi kawan yang lebih baik setelah cukup beristirahat. • Jika Anda membutuhkan kacamata, pastikan untuk selalu mengenakannya saat membaca dan mengerjakan tugas yang rinci. Tidak mengenakan kacamata juga bisa memicu sakit kepala. • Hindari menggunakan es batu sebagai kompres, karena es bisa menembus ke dalam kulit dan menyebabkan rasa sakit. Gunakan pak es yang dirancang untuk tetap lembut dan lentur, bahkan ketika beku. • Belajarlah untuk memperhatikan semua faktor gaya hidup Anda secara keseluruhan untuk mengidentifikasi area supaya Anda bisa mengurangi penyebab stres yang mengarah pada ketegangan tubuh dan sakit kepala.

Mengidentifikasi "faktor pemicu", termasuk makanan, cahaya yang sangat terang, alkohol, olahraga, stres, perubahan hidup, sulit tidur, aktivitas fisik, dan lain-lain, akan memastikan Anda bisa mempelajari strategi penanggulangan yang mengurangi kemungkinan terkena sakit kepala atau gejala yang berkaitan dengan ketegangan. • Pada beberapa individu, CFL (cahaya lampu neon) bisa menyebabkan sakit kepala; cobalah menggantinya dengan lampu pijar atau lampu LED jika Anda merasakan bahwa bekerja dekat dengan CFL menyebabkan sakit kepala.

• Tidur yang teratur sangat penting untuk menangkal sakit kepala yang muncul berulang-kali. • Jika Anda menderita sakit kepala tegang, hindari peralatan elektronik dan layar TV, serta membaca atau melihat kertas dengan tulisan, terutama tulisan yang berukuran kecil.

• Pilihan alternatif yang alami selain Advil adalah almon. Anda hanya perlu makan sebanyak 10 hingga 13 biji, dan seharusnya Anda sudah bisa merasa lebih baik dalam 3 menit.

• Jika Anda sudah mencoba untuk beristirahat, mengonsumsi obat dan tidur, tetapi rasa sakitnya tidak kunjung hilang, cobalah makan makanan ringan dan minum jus jeruk.

Hal ini akan mengalihkan pikiran dari rasa sakit sekaligus membantu untuk mengatasinya. • Jika Anda berada dekat dengan alat elektronik yang perlu dihidupkan, kurangi kecerahan atau tutupi.

Jika Anda tidak akan menggunakan semua alat tersebut dengan segera, cabut dan matikan semuanya yang berada pada jarak 3,6 meter di sekitar Anda. • Gunakan akal sehat ketika mempertimbangkan pemakaian "pengobatan rumah" apa pun, jika tampaknya pengobatan tersebut lebih banyak mudarat daripada manfaatnya, jangan menggunakannya tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika pengobatan yang dilakukan semakin memperparah sakit kepala atau Anda mengalami gejala lain, hentikan pengobatan dan segera datangi dokter.

• Tumor dapat memicu sakit kepala, meskipun menderita sakit kepala tidak berarti Anda memiliki tumor. Biasanya, sakit kelapa seperti ini diiringi dengan gejala lain, seperti mati rasa, kelemahan anggota tubuh, cadel saat berbicara, terganggunya penglihatan, serangan epilepsi, perubahan karakter, atau keseimbangan tubuh yang buruk.

Jika Anda mengalami gejala seperti di atas segera minta pertolongan medis. • Jika Anda mengalami kecelakaan yang melibatkan trauma pada kepala, Anda mungkin akan merasakan sakit kepala. Karena sakit kepala seperti ini juga bisa disertai dengan gegar otak, patah tulang tengkorak, perdarahan internal, dll, Anda wajib segera mencari perawatan medis.

Sakit kepala pascatrauma muncul akibat mengalami kecelakaan atau situasi trauma—kondisi ini bisa sangat sulit diobati serta memerlukan intervensi dari spesialis psikologi atau psikiatri yang terlatih.

cara menghilangkan sakit kepala

• Aneurisme bisa menimbulkan sakit kepala "petir", yaitu rasa sakit yang muncul tiba-tiba dan sangat intens, serta seringkali diiringi dengan gejala leher kaku, penglihatan ganda, dan hilangnya kesadaran. Dapatkan bantuan medis darurat secepatnya. Dalam kasus ini, operasi dan stabilisasi tekanan darah adalah pengobatan utama. [74] X Teliti sumber • Hati-hati saat menggunakan obat tanpa resep. Bahkan obat penghilang rasa sakit tanpa resep dapat membahayakan kesehatan jika digunakan secara tidak tepat.

Konsumsi semua obat nyeri sesuai dosis pada kemasan, dan pastikan Anda selalu mengikuti dosis efektif terendah. [75] X Teliti sumber • Hindari mengonsumsi NSAID atau obat-obatan antiinflamasi nonsteroid jika Anda menderita maag, masalah atau gangguan pencernaan, atau asma. NSAID yang umum dikonsumsi adalah aspirin, ibuprofen, naproxen ( Aleve), dan ketoprofen ( Actron, Orudis). [76] X Teliti sumber Artikel ini disusun bersama Sari Eitches, MBE, MD. Dr. Sari Eitches adalah dokter penyakit dalam integratif yang mengelola Tower Integrative Health and Wellness di Los Angeles, California.

Dia merupakan spesialis gizi makanan nabati, manajemen berat badan, kesehatan wanita, pengobatan pencegahan, dan depresi. Dr. Sari merupakan Diplomate of the American Cara menghilangkan sakit kepala of Internal Medicine dan American Board of Integrative and Holistic Medicine.

Dia memiliki gelar BS dari University of California, Berkeley, gelar MD dari SUNY Upstate Medical University, dan gelar MBA dari University of Pennslyvania. Program residensinya diselesaikan di Lenox Hill Hospital, New York, NY.

Dr. Sari juga sempat berpraktik di University of Pennsylvania. Artikel ini telah dilihat 59.586 kali. Untuk mendapatkan lebih banyak info berkenaan otak dan saraf, anda boleh klik di sini.

Tip hilangkan sakit kepala No. 1: Pek ais Migrain? Letakkan pek sejuk pada dahi anda. Anda mungkin boleh menggunakan ketulan ais yang dibalut tuala, atau sebungkus kacang pea beku dan pastikan anda menekapnya pada kepala anda selama 15 minit, kemudian berehat selama 15 minit.

Anda juga mungkin boleh mendapatkan mandian air sejuk untuk mengurangkan kesakitan. 2. Pad pemanas Alami sakit kepala akibat tekanan? Untuk hilangkan sakit kelapa tersebut, letakkan pad pemanas pada leher atau bahagian belakang kepala anda. Untuk sakit kepala sinus, tekapkan kain suam di kawasan yang sakit. Mandian air panas juga dalam mengurangkan kesakitan yang anda hadapi. 3. Halia, cara mudah menghilangkan sakit kepala Terdapat kajian yang menunjukkan pengambilan halia sebagai tambahan kepada ubatan klinikal, dapat mengurangkan kesakitan kepala.

Malah ada penemuan yang mengatakan bahawa ia berfungsi hampir sama seperti preskripsi ubatan migrain. Anda boleh mencubanya dengan mendapatkan suplemen atau sebagai tambahan dalam minuman teh anda.

4. Kafein pun boleh hilangkan sakit kepala? Minum sedikit teh, cara menghilangkan sakit kepala atau apa saja yang mempunyai kandungan kafein yang sedikit. Ia boleh mengurangkan dan hilangkan sakit kepala yang dialami. Pastikan anda tidak mengambilnya secara berlebihan kerana ia boleh mencetus sakit kepala yang tersendiri.

5. Elakkan mengunyah Gula-gula getah boleh menyebabkan kesakitan bukan sahaja pada rahang, tetapi juga pada kepala anda.

Malah, mengunyah kuku, bibir, bahagian dalam pipi atau sebarang objek seperti pen, turut boleh menyumbang kepada sakit kepala. Hindari makanan yang rangup dan kenyal, dan pastikan anda hanya mengigit dalam saiz yang kecil. Jika anda mengetap gigi anda pada waktu malam, sila berjumpa doktor untuk mendapatkan pelindung mulut (mouth guard).

Ini boleh mengurangkan potensi untuk mendapat sakit kepala pada waktu pagi. 6. Lampu malap Cahaya yang terlalu terang, berkelip, walaupun dari skrin komputer, boleh menyebabkan sakit kepala dan migrain. Jika anda cara menghilangkan sakit kepala kepada cahaya ini, tutupkan langsir tingkap anda.

cara menghilangkan sakit kepala

Pakai cermin mata jika anda berada di luar. Jika perlu, anda boleh menambah skrin anti-silau untuk komputer anda dan pilih lampu spektrum waktu siang dalam fungsi lampu anda. Tip hilangkan sakit kepala kepada mereka berkerja di pejabat yang perlu dicuba! 7. Kurangkan tekanan pada kulit kepala Ikatan rambut yang terlalu ketat juga boleh menyebabkan sakit kepala. Kesakitan akibat tekanan dari luar seperti memakai topi, ikatan kepala (headband) atau pemakaian goggle yang terlalu ketat juga boleh menyumbang kepada sakit kepala.

Atau jika anda bertudung, buka sebentar tudung anda untuk memberikan pengudaraan kepada kepala anda. Kajian menunjukkan, individu wanita yang melonggarkan ikatan rambut mereka akan kehilangan rasa sakit kepala selepas itu. 8. Urutan Cuba lakukan dengan sendiri urutan dengan mengurut leher secara perlahan untuk meredakan ketegangan yang mungkin timbul akibat tekanan. Ia merupakan antara cara mudah untuk menghilangkan sakit kepala. 9. Ketenangan Tidak kira apa pilihan anda, sama ada regangan badan, yoga, meditasi atau regangan otot progresif, pastikan anda tahu bagaimana untuk kekal bertenang apabila diserang sakit kepala.

Anda mungkin perlu berjumpa dengan doktor untuk mendapatkan pandangan dan nasihat sekiranya terdapat kekejangan otot pada leher anda. 10. Ubatan Terdapat pelbagai jenis ubat yang boleh didapati di farmasi yang dapat meredakan dan membantu menghilangkan sakit kepala. Pastikan anda mengambil ubatan tersebut mengikut arahan pada label: • Pilih cecair berbanding pil. Badan anda menyerapnya lebih pantas.

• Ambil ubat tahan sakit hanya apabila anda merasa sakit. Pastikan anda hanya mengambilnya dalam dos yang kecil. • Jika anda mengalami sakit perut apabila diserang sakit kepala, sila dapatkan bantuan doktor. • Dapatkan pendapat doktor tentang apa yang perlu dielakkan untuk mengelakkan sakit kepala dari berulang dalam jangka masa terdekat. Apa yang penting, anda perlu berbincang dengan doktor tentang simptom sakit kepala yang anda hadapi dan jangan cuba untuk hilangkan sakit kepala anda secara sendiri tanpa nasihat doktor.

• Managing Your Migraines, https://www.mountsinai.org/care/neurology/services/headache/triggers/migraine-management, Accessed Feb 8 2021. • Migraines: Simple steps to head off the pain, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/migraine-headache/in-depth/migraines/art-20047242, Accessed Feb 8 2021.

• Migraine Headaches, https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/5005-migraine-headaches, Accessed Feb 8 2021.

• Acute Migraine Headache: Treatment Strategies, https://www.aafp.org/afp/2018/0215/p243.html, Accessed Feb 8 2021. • Migraine, https://www.nhs.uk/conditions/migraine/treatment/, Accessed Feb 8 2021.
KOMPAS.com - Sejumlah orang enggan terus-menerus bergantung dengan obat sakit kepala ketika masalah kesehatan ini menyerang. Pasalnya, sakit kepala termasuk gangguan kesehatan yang gampang muncul karena beragam penyebab.

Seseorang bisa sakit kepala saat stres, kurang nutrisi tertentu, kurang minum, sampai terkena infeksi. Baca juga: Sakit Kepala sampai ke Mata Tanda Penyakit Apa? Berikut beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami yang mudah dan bisa dijajal di rumah: 1. Perbanyak minum air putih Melansir Healthline, hidrasi atau menambah asupan cairan penting untuk membantu mengatasi sakit kepala. Menurut penelittian, dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab umum sakit kepala jenis ketegangan dan migrain.

Ketika penderita sakit kepala migrain atau ketegangan yang segera diberi banyak air putih, masalah kesehatan ini bisa segera reda dalam waktu setengah jam sampai tiga jam.

Bila perlu, selain minum air putih penderita sakit kepala juga disarankan makan buah yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, pir, dan sebagainya. 2. Tidur yang cukup Kurang tidur juga dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika Anda tidur kurang dari enam jam di malam hari. Sebaliknya, terlalu banyak tidur atau tidur belasan jam per hari juga dapat memicu sakit kepala. Berita Terkait 6 Titik Pijat Sakit Kepala untuk Redakan Ketegangan dan Stres Tanda Gejala Hipertensi, Tak Selalu Sakit Kepala Sakit Kepala Sebelah Kiri: Penyebab dan Cara Menghilangkannya Kenali Sakit Kepala Tipe Ketegangan yang Kerap Menyerang Orang Dewasa Cara Menghilangkan Sakit Kepala sebelah Kanan Berita Terkait 6 Titik Pijat Sakit Kepala untuk Redakan Ketegangan dan Stres Tanda Gejala Hipertensi, Tak Selalu Sakit Kepala Sakit Kepala Sebelah Kiri: Penyebab dan Cara Menghilangkannya Kenali Sakit Kepala Tipe Ketegangan yang Kerap Menyerang Orang Dewasa Cara Cara menghilangkan sakit kepala Sakit Kepala sebelah Kanan
KEBANYAKAN orang akan mengalami masalah sakit kepala ( headache) dari masa ke masa, tidak kiralah sama ada sakit itu sedikit ataupun sangat teruk.

Cara menghilangkannya bergantung kepada jenis sakit kepala itu sendiri, namun terdapat beberapa cara untuk mengurangkan kesakitan dan petua menghilangkannya dalam jangka masa yang panjang – untuk mengelakkan kesakitan itu berterusan dan semakin bertambah.

Dalam artikel kali ini, kami akan menyenaraikan beberapa petua cara menghilangkan sakit kepala cara menghilangkan sakit kepala yang berkesan.

Sekiranya anda mengalami sakit kepala, perkara pertama yang anda akan fikir adalah bagaimana untuk hilangkan rasa yang sakit tersebut.

Berikut adalah beberapa cara cadangan yang anda boleh gunakan: 1. Rujuk Bantuan Doktor Sekiranya anda mengalami masalah sakit kepala yang sangat kuat, adalah terbaik langkah pertama yang anda ambil adalah mendapatkan nasihat doktor.

Hal ini kerana untuk mengesahkan masalah cara menghilangkan sakit kepala kepala itu tidak bersangkut paut dengan simptom-simptom penyakit yang lain. Penyakit seperti strok, encephalitis ataupun meningitis boleh menyebabkan sakit kepala yang agak teruk. Dapatkan nasihat doktor dengan kadar yang segera sekiranya anda mengalami beberapa perkara di bawah: • Masalah berjalan • Leher tegang • Loya dan/atau muntah • Demam panas • Sukar menggerakkan anggota badan • Berasa tersangat lemah • Sakit kepala yang sangat kerap • Ubat-ubatan yang digunakan tidak berhasil 2.

Dapatkan Ubat-Ubat Farmasi Kebanyakan ubat tahan sakit akan memberikan kesan yang agak lama selepas mengambilnya (dalam anggaran 60-120 minit). Oleh itu, anda digalakkan untuk mengambilnya sebaik sahaja anda merasakan sakit kepala. Selain paracetamol, ataupun Panadol yang kita sering ambil semasa sakit kepala, penggunaan ibuprofen, acetaminophen, naproxen, aspirin ataupun capsaicin nasal spray juga boleh digunakan sebagai gantian.

Namun, berhati-hati dengan dos yang diambil. Jangan melebihi dos harian yang dinyatakan ataupun dinasihatkan oleh doktor anda. Penggunaan yang berlebihan boleh menyebabkan Medication Overuse Syndrome, iaitu satu sindrom di mana seseorang itu tetap mengambil ubat sakit kepala walaupun dia tidak mengalami masalah sakit kepala pada ketika itu.

Penggunaan yang berlebihan ini boleh menyebabkan masalah sakit cara menghilangkan sakit kepala yang kerap pada masa hadapan, cara menghilangkan sakit kepala sering dikenali sebagai “ rebound headaches”. 3. Berhati-Hati Dengan Kafein Minuman ataupun makanan yang mengandungi kafein boleh dikatakan sebagai pedang dua mata.

Hal ini kerana ia boleh menjadi satu ubat dan juga satu punca sakit kepala itu bertambah teruk – ia bergantung kepada orang itu sendiri. Kebanyakan ubat-ubatan yang anda boleh dapati mengandungi kafein, untuk mencepatkan keberkesanan ubat tahan sakit tersebut. Semasa sakit kepala, adenosine dibebaskan ke dalam saluran darah. Kafein membantu dengan menghalang reseptor adenosine. Hadkan pengambilan kafein untuk merawat sakit kepala kepada dua kali seminggu.

Pengambilan yang banyak boleh menyebabkan anda menjadi caffeine dependent, terutama kepada yang mengalami migrain. Sekiranya anda seorang peminum kopi tegar (lebih daripada 200mg sehari, ataupun 2 cawan kopi) dan anda secara tiba-tiba tidak mengambilnya dalam sehari itu, anda akan mengalami masalah sakit kepala sebagai satu kesan sampingan.

Hal ini kerana pengambilan kafein ataupun kopi setiap hari mengembangkan saluran darah ke kepala. Sekiranya anda tidak mengambilnya pada suatu hari itu, saluran tersebut akan mengecil dan akan menyebabkan tekanan pada kepala, lantas menyebabkan anda berasakan sakit kepala.

Jika anda ingin mengurangkan kadar pengambilan kafein, anda perlu melakukannya dengan kadar yang perlahan. Jika anda tidak peminum kopi, dan anda kerap merasakan sakit kepala, adalah terbaik bagi anda agar tidak meminum kopi kerana ada kemungkinan sakit kepala akan lebih teruk jika ada pengambilan kafein.

4. Minum Air Yang Banyak Dehidrasi ( dehydration) boleh menyebabkan masalah sakit kepala. Minum air masak dengan kadar yang banyak jika kepala anda mula berasa sakit, dan kerapkan pengambilan air sepanjang hari tersebut (walaupun dengan kadar yang sedikit setiap pengambilan).

Anda akan merasakan kesakitan itu akan berkurangan. • Bagi lelaki: minum sekurang-kurangnya 13 gelas air (3 liter) setiap hari • Bagi perempuan: minum sekurang-kurangnya 9 gelas air (2.2 liter) setiap hari Anda perlu minum air yang lebih banyak daripada saranan yang dinyatakan di atas sekiranya anda dalam situasi-situasi berikut: • menjalani aktiviti senaman ataupun yang berat • tinggal di kawasan yang panas • sakit yang kerapkan anda muntah atau cirit-birit • sedang menyusukan anak Sekiranya anda ingin menggunakan cara ini, anda dinasihatkan agar tidak meminum air yang sangat sejuk (berais).

Hal ini kerana minuman ini boleh menyebabkan migrain kepada sesetengah orang – lebih-lebih lagi kepada orang yang sering mengalami migrain. Pengambilan air masak pada suhu bilik adalah terbaik dalam kes ini. 5. Berehat Pada Tempat Yang Sesuai Sebaik-baik tempat untuk berehat semasa anda sakit kepala adalah tempat yang sunyi dan gelap.

Sekiranya boleh, cuba baring dan rileks/ berehat selama 30 minit. Pejam mata, tutup lampu. Selain itu, anda juga boleh tidur sekejap untuk melegakan kesakitan tersebut. Pastikan tempat anda tidur/ berehat tersebut selesa dan kepala anda mendapat sokongan seperti bantal.

Anda juga boleh memilih suhu yang sesuai dengan anda semasa berehat. Sesetengah orang lebih selesa dalam keadaan yang sejuk pendingin hawa, manakala sesetengah orang lain pula lebih selesa dengan angin kipas sahaja. Mana-mana pun boleh, pilihlah yang mana anda berasa lebih selesa. 6. Praktikkan Senaman Percaya atau tidak, senaman ringan juga boleh membantu anda menghilangkan sakit kepala. Hal ini kerana masalah sakit kepala salah satunya berpunca daripada kekurangan bekalan darah ke kepala.

Dengan sedikit senaman ringan, anda boleh membantu saluran darah ke otak, lantas mengurangkan sakit kepala. Anda boleh menggunakan yoga untuk tujuan tersebut, namun sekiranya tidak biasa, ikuti langkah-langkah yang mudah ini: • Baring dalam posisi yang anda selesa.

Pejam mata dan tarik nafas yang panjang. • Bermula dengan dahi, tegangkan semua otot ke sesuatu tempat untuk 5 saat. • Mengendurkan otot tersebut dan biarkan 5 saat untuk merasakan kelegaan tersebut. • Seterusnya, beralih kepada otot-otot yang lain pula, antara otot yang anda boleh lakukan adalah: dahi, mata, hidung, mulut/pipi, tangan, bahu, belakang badan, perut, pinggan, punggung, paha dan kaki.

7. Gunakan Kain Basah/Sejuk Pernah tengok tak orang tua-tua menggunakan kain yang basah ataupun sejuk dan letakkannya di atas dahi orang yang sakit/ demam – mungkin biasa tengok cerita drama Cara menghilangkan sakit kepala ataupun anime yang bertemakan zaman dahulu. Hal ini kerana benda yang sejuk dan lembut yang diletakkan di atas dahi/ kepala boleh melegakan saluran darah dan secara tidak langsung mengurangkan kesakitan kepala.

Sekiranya anda berminat dengan cara ini, ada beberapa cara untuk melakukannya: i. Kain dan Air Sejuk • Sediakan kain yang lembut dan air masak ataupun air yang sejuk. • Basahkan kain tersebut dengan merendamkannya ke dalam air tersebut. Perah sedikit untuk mengelakkan air terlalu banyak. • Letakkannya di atas dahi anda untuk beberapa minit.

• Basahkan kain tersebut sebaik sahaja kain tersebut mula berasa suam (kerana menyerap suhu badan anda). ii. Plastik dan Cara menghilangkan sakit kepala • Sediakan beg plastik yang boleh ditutup ataupun seal, dan air. • Masukkan air ke dalam beg plastik tersebut, kemudian sealkannya. • Biarkan air tersebut membeku (menjadi ais) di dalam peti sejuk.

• Keluarkannya, dan letakkan di atas kepala anda. Anda boleh menggunakan kain sebagai alas. iii. Gunakan Produk Komersial Sekarang, sudah terdapat produk-produk komersial yang menggunakan konsep ini dalam bentuk patch yang mudah dipakai di dahi.

Anda boleh mendapatkannya dari kedai-kedai runcit dan farmasi yang berdekatan. Sekiranya sakit kepala anda berpunca daripada stres, penggunaan air panas memberikan kesan yang lebih baik berbanding dengan air sejuk. Oleh itu, pastikan anda tahu punca sakit kepala anda sebelum mencuba cara-cara di atas.

8. Urutan Pada Muka dan Kepala Pada umumnya, jika anda mengalami masalah sakit kepala, urutan pada kulit cara menghilangkan sakit kepala boleh membantu melegakan kesakitan tersebut.

Hal ini kerana dengan mengurut boleh membantu sistem peredaran darah ke kepala dan otak, dan secara tidak langsung melegakan sakit kepala.

Cara-caranya adalah cara menghilangkan sakit kepala sahaja: • Letakkan ibu jari ataupun jari telunjuk pada sisi kepala (tempat di antara telinga dan mata). • Berikan sedikit tekanan pada tempat tersebut dengan jari anda dan gerakkan dalam pusaran/bentuk bulat.

Selain cara di atas, anda boleh mengurut kulit kepala anda. Anda boleh menggunakan syampu dan mengurut kepala anda dengannya. Salah satu cara cara menghilangkan sakit kepala lain adalah dengan menggunakan minyak kelapa ataupun minyak zaitun.

Sapukan pada kulit kepala dan urutnya seperti biasa. 9. Urut Leher dan Bahu Tekanan pada leher dan bahu boleh menyebabkan masalah sakit kepala. Dan sakit kepala jenis ini adalah yang paling mudah untuk diatasi. Anda boleh menggunakan senaman yang ringan untuk melegakan sakit kepala anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan senaman panaskan badan yang melibatkan pergerakan kepala, bahu, lengan dan pinggan. 10. Guna Kaedah Akupuntur Cara rawatan akupuntur boleh menghilangkan sakit kepala, terutama masalah sakit kepala yang berpunca daripada tekanan ( stres) dan ketegangan otot.

Jika anda ingin menggunakan kaedah ini, anda perlu mengetahui asas-asas titik akupuntur, sekiranya tidak, anda digalakkan untuk mencuba cara yang lain (untuk mengelakkan kemudaratan). Secara ringkasnya, kaedah ini memerlukan anda menekan titik akupuntur anda dengan tekanan yang tertentu dan dalam jangka masa yang tertentu. Jika anda berminat, anda boleh dapatkan gambar rajah titik akupuntur anda di bawah dan tekan pada titik tersebut pada badan anda. Anda juga boleh mengurut pada titik tersebut jika mahu.

11. Belajar Untuk Rileks Orang di seluruh dunia mempelajari dan menguasai cara-cara untuk mengalihkan perhatian daripada berasa sakit. Jika anda mengalami sakit kepala, anda tidak perlu mempelajari benda yang baharu kerana anda mungkin sudah mengenalpasti cara yang sesuai untuk menenangkan diri anda.

Anda boleh memilih beberapa cara cadangan di bawah: • Meditasi • Bersolat • Tarik dan hembus nafas yang panjang • Dengar muzik • Tidur Apa yang penting adalah anda melakukan perkara yang boleh menenangkan anda, ataupun perkara yang anda suka lakukan. Hal ini boleh mengalihkan perhatian otak anda daripada perasaan sakit kepada perkara yang anda sedang lakukan tersebut. 12. Amalkan Senaman Bernafas Kadang kala, dengan bernafas sudah cukup untuk menghilangkan sakit kepala.

Apa yang saya ingin sampaikan adalah dengan menarik dan menghembus nafas yang panjang. Hal ini kerana cara ini boleh melegakan sebarang tekanan minda dan otot anda untuk beberapa ketika. Untuk mengamalkan kaedah ini, anda sebaik-baiknya berada di tempat yang sunyi, suhu yang sesuai dan gelap. Baringkan badan anda dalam posisi yang anda rasa paling selesa, dan mula menarik nafas yang panjang, sehingga anda dapat rasa paru-paru anda berkembang.

Tahan nafas selama 2-5 saat, kemudian menghembuskannya melalui mulut. Lakukannya untuk beberapa kali sehingga sakit kepala anda berkurangan. Sumber: www.infopelajar2u.comPusing dan sakit kepala dapat disebabkan oleh berbagai alasan.

Beberapa orang mengalami pusing disertai dengan gejala seperti mual, muntah, atau mata berkunang-kunang. Lantas, adakah cara menghilangkan pusing dan sakit kepala secara alami tanpa perlu obat? Melansir dari Medical News Todaysebenarnya pusing bukanlah suatu penyakit tersendiri, melainkan gejala dari masalah lain yang dapat memengaruhi kondisi seseorang. Pusing dapat hilang dengan sendirinya.

Namun, bukan berarti pusing dan sakit kepala bisa dibiarkan begitu saja. Menghilangkan pusing dan sakit kepala tidak harus dengan menggunakan obat-obatan. Pasalnya, ada beberapa cara alami yang dapat menghilangkan pusing secara alami. 15 Cara Menghilangkan Pusing dan Sakit Kepala secara Alami 1. Minum Jahe Jahe banyak digunakan sebagai campuran bumbu masak maupun sebagai obat herbal untuk penyakit ringan seperti mual, kedinginan, dan sakit perut. Selain itu, jahe juga mampu menghilangkan pusing.

Ini karena jahe mengandung senyawa termasuk zat cara menghilangkan sakit kepala dan antioksidan. Menurut penelitian Maghbooli yang dikutip dari laman Healthline, studi pada 100 orang dengan migrain kronis yang diberikan 250 mg jahe sama efektifnya dengan obat sakit kepala sumatriptan yang berguna dalam mengurangi rasa nyeri pada migrain.

Cara menghilangkan pusing dengan bahan herbal ini pun cukup mudah. Parents hanya perlu menyeduhnya dengan menambahkan sedikit madu. 2. Kompres Air Dingin, Cara Mudah Menghilangkan Pusing dan Sakit Kepala Mengompres dengan air dingin adalah solusi sederhana menghilangkan pusing dan sakit kepala yang sudah diterapkan banyak orang. Kompres dengan menggunakan es batu atau air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di daerah yang sakit atau pusing.

Cara ini cara menghilangkan sakit kepala dilakukan untuk menghilangkan sakit kepala sementara. Sebuah study di Hawaii pada Journal of Medicine & Public Health menemukan bahwa mengompres es ke leher selama 30 menit secara signifikan mengurangi rasa sakit pada penderita migrain. 3. Menghilangkan Pusing dan Sakit Kepala dengan Istirahat yang Cukup Tak dapat dipungkiri bahwa istirahat memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Tubuh dan otak memerlukan waktu istirahat setelah seharian bekerja dan berpikir. Normalnya, orang dewasa memerlukan waktu istirahat sekitar 7-8 jam per hari untuk memberikan jeda pada organ tubuh sebelum beraktivitas kembali.

Bagi orang yang pusing karena kurang tidur, melakukan istirahat lebih awal dirasakan sebagai salah satu cara menghilangkan pusing yang efektif agar tubuh dan otak memperoleh waktu istirahatnya dengan cukup. 4. Makanan Mengandung Magnesium Magnesium merupakan salah satu mineral yang banyak terkandung dalam tubuh yang digunakan dalam proses mengontrol gula darah dan transmisi saraf. Beberapa penelitian menunjukkan orang yang kekurangan magnesium lebih rentan mengalami sakit kepala dan migrain dibandingkan dengan yang tidak kekurangan magnesium.

Penelitian juga menemukan pengobatan dengan menggunakan 600 mg magnesium oral per hari mampu mengurangi frekuensi sakit kepala pada penderita migrain. Magnesium bisa ditemukan pada bahan makanan seperti pisang, ikan, alpukat maupun kacang-kacangan.

Artikel terkait: 8 Jenis sakit kepala paling umum dirasakan, ketahui cara mengatasinya 5. Minyak Kayu Putih Bisa Cara menghilangkan sakit kepala Pusing Cara menghilangkan pusing selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kayu putih.

Minyak kayu putih merupakan salah satu minyak esensial yang mengandung minyak atsiri yang ampuh dalam menghilangkan pusing dan sakit kepala. Dalam sebuah penelitian terkait dengan minyak kayu putih membuktikan bahwa minyak kayu putih memberikan efek relaksasi pada otot dan saraf. Hal ini pada gilirannya bisa mengurangi sakit kepala. 6. Minuman Berkafein Minuman berkafein seperti teh dan kopi dapat juga meredakan sakit kepala yang Parents alami. Kafein selama ini dikenal sebagai senyawa yang menenangkan dan menyempitkan pembuluh darah.

Semua manfaat tersebut dapat memberikan efek positif pada penderita sakit kepala. Kafein pada kopi juga ditemukan pada obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan asetaminofen. Namun, mengonsumsi kopi secara berlebihan juga tidak baik karena malah akan menyebabkan nyeri sakit kepala semakin parah.

Kejadian semacam ini disebut dengan caffeine rebound. 7. Pijat Pelipis dan Leher Juga Efektif Menghilangkan Pusing Memijat pelipis dan leher saat pusing juga merupakan cara menghilangkan pusing yang efektif. Pasalnya, pijatan di pelipis dan leher mampu meredakan ketegangan pada kepala dan melancarkan aliran darah di daerah kepala.

Pijat bagian kepala yang sakit menggunakan ibu jari dan telunjuk selama beberapa saat. Lakukan pijatan ringan secara konstan selama beberapa detik dan ulangi hingga sakit kepala mereda. Artikel terkait: Peyronie, Penyakit yang Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi, Seperti Apa Gejalanya? 8. Minum Air Putih Minum air putih yang cukup juga bisa menghilangkan pusing. Tahukah Parentsdehidrasi menjadi salah satu alasan seseorang mengalami sakit kepala dan kehilangan fokus.

Dijelaskan pada sebuah jurnal yang terbit di Journal of Antioxidant bahwa dehidrasi ringan dapat mengubah cara berpikir seseorang dan membuatnya lebih buruk. Sementara dari Journal of Evaluation in Clinical Practice mengungkap air mampu membuat seseorang merasa lebih baik secara subjektif. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap terhidrasi sepanjang hari dengan minum air putih yang cukup sesuai anjuran. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 2 liter air sehari, semakin besar bobot tubuh maka semakin banyak pula air yang dibutuhkan.

9. Hindari Makanan yang Tinggi Histamin Jangan sampai Salah, Ini Cara Meredakan Batuk dan Flu pada Anak yang Efektif Histamin merupakan bahan alami yang ditemukan di dalam tubuh yang berperan dalam sistem kekebalan, saraf, dan pencernaan. Histamin juga ditemukan pada bahan makanan seperti keju, makanan fermentasi, makanan laut, bir, anggur, ikan asap dan makanan lain.

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung histamin tinggi menyebabkan migrain bagi orang yang sensitif terhadap zat tersebut. Strategi mengurangi makanan mengandung histamin adalah cara menghilangkan sakit kepala satu cara yang dirasakan berguna bagi orang yang sering merasakan sakit kepala. 10. Perbanyak Konsumsi Vitamin dan Zat Besi Perbanyak mengonsumsi vitamin dan zat besi juga merupakan cara menghilangkan pusing yang perlu Parents coba.

Selain bagus untuk metabolisme di dalam tubuh, zat gizi seperti vitamin C, B, maupun E sangat efektif untuk penanganan anemia dan vertigo yang keduanya bisa menyebabkan pusing.

Berbagai vitamin tersebut dapat Parents temukan pada buah-buahan, biji-bijian, susu, kacang-kacangan. Tentunya Parents juga dapat mengolahnya terlebih dahulu menjadi hidangan lezat sarat manfaat. Artikel terkait: Sakit kepala tak harus minum obat, coba dulu 9 makanan pereda sakit kepala ini 11.

Relaksasi dengan Yoga, Terbukti Bisa Menghilangkan Pusing Yoga selain dapat menjaga kebugaran tubuh ternyata juga menjadi salah satu cara menghilangkan pusing, lo. Pada satu studi terapi efek yoga pada 60 penderita migrain menemukan bahwa penderita mengalami pengurangan sakit kepala setelah mendapatkan perawatan, dan latihan yoga secara rutin dibandingkan dengan pasien yang hanya mendapatkan perawatan konvensional.

Manfaat yoga untuk meredakan sakit kepala diperkuat dengan adanya studi lain yang menjelaskan bahwa orang yang berlatih yoga selama 3 bulan mengalami penurunan frekuensi sakit kepala. Tingkat keparahan dan gejalanya juga lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak berlatih yoga. 12. Matikan Lampu Saat Tidur Sebagian orang yang sering mengalami sakit kepala atau penderita migrain pada dasarnya cara menghilangkan sakit kepala terhadap cahaya lampu yang merupakan stimulus sensorik.

Terlalu banyak menggunakan gadget seperti laptop dan smartphone akan memperparah cara menghilangkan sakit kepala sakit kepala yang dirasakan. Mematikan lampu saat tidur adalah satu cara menghilangkan pusing yang harus dicoba.

cara menghilangkan sakit kepala

13. Kurangi Alkohol Menurut jurnal yang terbit di Pubmed Centralalkohol dapat memicu migrain pada sepertiga orang yang sering mengidap sakit kepala. Alkohol merupakan vasodilator yang memicu terjadinya vasodilatasi yang menyebabkan pembuluh darah di sekitar kepala melebar dan memungkinkan darah mengalir lebih cepat. Selain itu, alkohol juga merupakan zat diuretik yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan tubuh dan mengalami dehidrasi.

cara menghilangkan sakit kepala

Kondisi ini dapat memperburuk sakit kepala yang dirasakan. 14. Hindari Bau yang Tajam Bau yang tajam berasal dari parfum maupun produk pembersih kamar mandi dapat memicu timbulnya sakit kepala. Fenomena ini disebut dengan osmofobia yang biasanya terjadi pada penderita migrain kronis. Dianjurkan bagi orang yang sering merasa pusing untuk menghindari bau menyengat agar sakit kepala yang dirasakan cara menghilangkan sakit kepala semakin parah. 15. Akupuntur Akupuntur merupakan teknik pengobatan tradisional Tiongkok menggunakan jarum berukuran kecil yang ditancapkan pada titik rasa sakit.

Menurut beberapa penelitian, teknik ini telah terbukti menghilangkan sakit kepala beserta gejalanya. Penelitian lain yang dimuat situs NCBI membuktikan bahwa akupuntur sama efektifnya dengan obat antikonvulsa, yakni obat migrain kronis. Akupuntur bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menangani sakit kepala. **** Nah, itulah beberapa cara menghilangkan pusing dan sakit kepala secara alami tanpa obat.

Apakah Parents sudah pernah mencoba salah satunya? Jika Parents ingin berdiskusi seputar pola asuh, keluarga, dan kesehatan serta mau mengikuti kelas parenting gratis tiap minggu bisa langsung bergabung di komunitas Telegram theAsianparent.

Baca juga: id.theasianparent.com/seks-sembuhkan-migrain id.theasianparent.com/sakit-kepala-saat-hamil id.theasianparent.com/sakit-kepala-pasca-melahirkan • Kehamilan • Tips Kehamilan • Trimester Pertama • Trimester Kedua • Trimester Ketiga • Melahirkan • Menyusui • Tumbuh Kembang • Bayi • Balita • Prasekolah • Praremaja • Usia Sekolah • Parenting • Pernikahan • Berita Terkini • Seks • Keluarga • Kesehatan • Penyakit • Info Sehat • Vaksinasi • Kebugaran • Gaya Hidup • Keuangan • Travel • Fashion • Hiburan • Kecantikan • Kebudayaan • Lainnya • TAP Komuniti • Beriklan Dengan Kami • Hubungi Kami • Jadilah Kontributor Kami Tag Kesehatan
Berbagai cara dan tips menghilangkan sakit kepala Penyebab sakit kepala dan gejala yang dirasakan pada setiap orang bisa beragam.

Terkadang, penyebabnya tidak diketahui, tetapi sakit kepala juga bisa menjadi tanda dari suatu kondisi medis atau penyakit tertentu. Mayo Clinic menyebut, mengetahui perbedaan penyebab dan gejala ini dapat membantu Anda dan dokter untuk menentukan jenis sakit kepala yang dialami. Adapun setiap jenis sakit kepala membutuhkan penanganan yang berbeda.

Misalnya, sakit kepala sekunder dapat mereda bila penyakit yang menyebabkannya terkontrol, atau sakit kepala tegang dapat berkurang bila stres atau otot di sekitar leher kepala yang menegang teratasi.

Namun, cara menghilangkan sakit kepala cara tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membantu meringankan, mengurangi, atau bahkan menyembuhkan sakit kepala yang Anda alami. Berikut adalah beberapa cara, tips, atau trik untuk membantu menghilangkan sakit kepala dengan cepat yang bisa Anda coba: 1.

Perbanyak minum air Manfaat minum air putih dengan cukup sangat beragam, termasuk bisa menjadi cara untuk mengatasi sakit kepala. Dengan minum banyak air putih, dehidrasi dapat teratasi. Adapun beberapa penelitian menyebut, dehidrasi adalah pemicu umum sakit kepala, termasuk migrain. Selain mengurangi sakit kepala, perbanyak minum air putih juga dapat membantu mencegah sakit kepala muncul kembali pada masa mendatang. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda dapat membawa botol air minum ke mana pun Anda pergi dan minum terus sepanjang hari, terutama begitu mulai merasa haus.

Selain itu, Anda pun bisa mengatasi dehidrasi dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung air. 2. Kompres area kepala dengan es Sumber: Health Beauty Idea Ketika kepala Anda sedang cenat-cenut karena sakit kepala sebelah atau migrain, cara paling cepat untuk mengatasi nyerinya adalah dengan mengompres dahi atau pelipis dengan lap dingin.

Kompres dingin dapat menghambat pelepasan zat-zat perangsang peradangan yang bergerak menuju kepala sehingga bisa mengurangi nyeri. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa menggunakan waslap dingin dan basah atau isi kantong kecil dengan es dan bungkus dengan handuk atau kain lembut. Tempatkan kompres pada bagian kepala yang sakit selama 10-15 menit.

Apabila mau melakukannya kembali, berikan jeda dulu selama 15 menit. 3. Gunakan heating pad atau kompres hangat Berbeda jika Anda mengalami sakit kepala tipe ketegangan ( tension headache). Pada sakit kepala jenis ini, Anda dapat menggunakan bantalan pemanas ( heating pad) di leher atau bagian belakang kepala Anda sebagai cara untuk mengurangi nyeri dan meredakan tegang otot yang sudah berlangsung lama.

Jika tidak memiliki heating pad, Anda bisa membuat kompres hangat sendiri dengan handuk yang telah direndam dalam cara menghilangkan sakit kepala hangat atau botol yang berisi air hangat.

Selain itu, mandi atau berendam air hangat pun bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati jenis sakit kepala ini. 4. Hindari tekanan pada area kepala Saat sakit kepala menyerang, sebisa mungkin singkirkan tekanan berlebih yang ada di area kepala. Pasalnya, sakit kepala kadang dapat dipicu oleh ikat rambut yang terlalu kencang, topi yang kesempitan, memakai kacamata terlalu lama atau yang kekecilan, hingga memakai bandana (ikat kepala) saat berolahraga. Kendurkan ikatan pada area kepala Anda atau lepas dulu segala aksesoris yang menempel di kepala sampai sakitnya mereda sendiri.

5. Beristirahat di tempat temaram atau gelap Cahaya terang dan berkedip, atau cahaya menyilaukan dari layar komputer juga dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala dan migrain. Oleh karena itu, bila sakit kepala terasa semakin parah, beranjak dulu dari tempat duduk dan beristirahatlah di tempat yang minim cahaya.

Matikan lampu dan tutup jendela dengan merapatkan tirai. Buat suasana ruangan setenang mungkin, jauh dari keramaian. Apabila Anda sedang keluar rumah untuk beraktivitas, mengenakan kacamata hitam bisa menjadi cara untuk menghilangkan sakit kepala tanpa obat.

6. Berhenti mengunyah Jika sedang sakit kepala, hindari dulu mengunyah makanan yang keras-keras dan lengket, termasuk permen karet. Hal ini tidak hanya membuat rahang Anda pegal, tetapi juga bisa memperparah sakit kepala Anda. Dari sebuah penelitian ditemukan, mengunyah permen karet dapat memicu serangan sakit kepala, terutama pada jenis sakit kepala tegang dan migrain. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan ini bila Anda sedang sakit kepala untuk membantu mengobati gejala tersebut.

7. Tidur yang cukup Terkadang, sakit kepala bisa diatasi hanya dengan memperbaiki pola tidur Anda. Bila kurang tidur bisa menjadi salah satu pemicunya, memiliki waktu tidur yang cukup dapat menjadi salah satu cara untuk cara menghilangkan sakit kepala sakit kepala tanpa obat. Tidak hanya itu, tidur yang cukup dengan rutinitas yang teratur juga bisa menurunkan frekuensi atau bahkan mencegah sakit kepala pada masa mendatang.

8. Melakukan peregangan Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala adalah otot yang tegang akibat stres atau kondisi lainnya. Maka dari itu, cara mengatasi sakit kepala lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan merelaksasi tubuh dan melakukan peregangan. Selain melakukan gerakan peregangan, Anda juga bisa melakukan olahraga yang dapat membantu meringankan sakit kepala, seperti yoga, pilates, tai chi, juga rutin berjalan kaki.

9. Melakukan pijat kepala Cara lain untuk menghilangkan sakit kepala adalah dengan memijat area kepala, leher, serta pelipis. Sama seperti melakukan peregangan, memijat beberapa area tersebut dapat merelaksasi tubuh serta membantu meredakan jenis sakit kepala tegang yang disebabkan oleh stres. Pijat untuk sakit kepala dapat dilakukan dengan memijat area kepala yang sakit menggunakan jari telunjuk atau ibu jari. Berikan pijatan ringan selama beberapa detik dan ulangi kembali sampai rasa sakit mulai berkurang.

10. Memperbaiki postur tubuh Postur tubuh yang baik dapat membantu otot Anda tidak menegang, sehingga sakit kepala dapat berkurang. Oleh karena itu, salah satu cara atau tips untuk mengatasi sakit kepala tanpa obat adalah dengan memperbaiki dan menjaga postur tubuh Anda.

Untuk menjaga postur tubuh ini, Anda dapat menegakkan bahu dan mengangkat kepala sambil menarik perut dan pantat Anda ketika sedang berdiri. Saat duduk, pastikan paha Anda sejajar dengan lantai dan kepala Anda tidak tertunduk ke depan. 11. Makanan penyembuh sakit kepala Mengonsumsi makanan tertentu diyakini dapat menjadi cara untuk meredakan sakit kepala.

Adapun beberapa makanan pereda sakit kepala yang bisa Anda coba, yaitu sayuran, kacang-kacangan, coklat, atau jenis makanan lainnya yang mengandung magnesium. Selain makanan, suplemen magnesium pun bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Magnesium disebut dapat membantu tubuh melemaskan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah dan oksigen menuju otak. Asupan makanan ini diyakini dapat mengurangi frekuensi migrain, termasuk migrain atau sakit kepala saat menstruasi.

12. Minum teh atau kopi hangat Bagi penyuka teh dan kopi, cara ini tentu tidak boleh dilewatkan untuk menghilangkan sakit kepala. Teh atau kopi yang mempunyai kandungan kafein diklaim mampu meredakan sakit kepala. Saat sakit kepala menyerang, tubuh melepaskan adenosin yang menyebabkan pembuluh darah kepala melebar sehingga menyebabkan rasa sakit. Asupan kafein membantu mempersempit pembuluh darah yang membesar tersebut.

Namun, perhatikan pula kadar kafein yang Anda konsumsi karena kafein yang berlebihan juga dapat memicu terjadinya sakit kepala. 13. Melakukan akupunktur Akupunktur merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok. Cara kerja akupunktur adalah dengan memasukkan jarum yang tipis ke dalam titik tertentu pada area tubuh.

Sebuah studi menunjukkan akupunktur dapat menjadi cara yang baik untuk menghilangkan sakit kepala kronis dan migrain. Jarum yang menekan area tertentu tersebut dapat merangsang saraf sehingga melepaskan hormon endorfin. 14. Melakukan terapi fisik Sedikit berbeda dengan jenis sakit kepala lainnya.

Jenis sakit kepala cervicogenic mungkin hanya bisa disembuhkan dengan terapi fisik. Sakit kepala cervicogenic termasuk jenis sakit kepala sekunder yang dimulai dari area leher, tetapi hanya terasa di bagian kepala. Latihan terapi fisik yang biasanya akan dilakukan adalah menggerakkan bagian kepala serta leher, mobilitas sendi, kekuatan dan daya tahan otot pada leher bagian dalam.

15. Mengonsumsi obat pereda sakit kepala Apabila cara di cara menghilangkan sakit kepala masih belum mampu meredakan sakit kepala Anda, hal yang bisa dilakukan adalah beristirahat dan minum obat sakit kepala, seperti aspirin, ibuprofen, paracetamol, dan lain-lain. Obat sakit kepala tersebut tersedia di apotek dan dapat Anda beli bebas tanpa resep dokter. Namun, jika sakit kepala begitu mengganggu atau disertai dengan gejala lainnya, sebaiknya Anda segera ke dokter untuk mendapat obat cara menghilangkan sakit kepala yang lebih tepat atau pengobatan lainnya yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selain cara-cara di atas, Anda pun dapat mencoba berbagai obat alami untuk sakit cara menghilangkan sakit kepala yang bisa Anda temui dengan mudah di rumah. Beberapa obat alami tersebut seperti jahe yang diseduh dengan air atau menggunakan minyak essensial. Selain itu, hindari pula berbagai gaya hidup buruk yang dapat memicu sakit kepala pada Anda, seperti mengonsumsi alkohol, merokok, stres, atau melewatkan makan. American Migraine Foundation.

2020. Migraine in the Emergency Department. https://americanmigrainefoundation.org/resource-library/migraine-stroke-heart-disease/. Accessed November 26, 2020. Harvard Health Publishing. 2020. Headache remedies to help you feel better. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/headache-remedies-to-help-you-feel-better. Accessed November 26, 2020. Harvard Health Publishing. 2020. 4 ways to tame tension headache. https://www.health.harvard.edu/pain/4-ways-to-tame-tension-headaches. Accessed November 26, 2020.

Mayo Clinic. 2020. Headaches: Treatment depends on your diagnosis and symptoms. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-daily-headaches/in-depth/headaches/art-20047375. Accessed November 26, 2020. Mayo Clinic. 2020. Tension-type headaches: Self-care measures for relief. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tension-headache/in-depth/headaches/art-20047631. Accessed November 26, 2020.

Mayo Clinic. 2020. Tension headaches – Diagnosis & Treatment. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tension-headache/diagnosis-treatment/drc-20353982. Accessed November 26, 2020.

Mount Sinai. 2020. Headache Triggers and Tips. https://www.mountsinai.org/care/neurology/services/headache/triggers. Accessed November 26, 2020. National Headache Foundation. 2020. Physical Therapy for Headache. https://headaches.org/2016/10/11/physical-therapy-headache/. Accessed November 26, 2020. National Migraine Centre. 2020. “Natural” remedies for migrain – should I try them? https://www.nationalmigrainecentre.org.uk/migraine-and-headaches/migraine-and-headache-factsheets/natural-remedies-for-migraine-should-i-try-them/.

Accessed November 26, 2020. Stanford Health Care. 2020. Headache Treatment and Headache Relief. https://stanfordhealthcare.org/medical-conditions/brain-and-nerves/headache/treatments.html. Accessed November 26, 2020. Selecthealth. 2020. Natural Remedies to Get Rid of a Headache. https://selecthealth.org/blog/2020/04/natural-remedies-headache. Accessed November 26, 2020. University of Minnesota. 2020. What are headaches? https://www.takingcharge.csh.umn.edu/migraines. Accessed November 26, 2020.

Lippi, G., Cervellin, G., & Mattiuzzi, C. (2015). Gum-Chewing and Headache: An Underestimated Trigger of Headache Pain in Migraineurs?. CNS & neurological disorders drug targets, 14(6), 786–790.

https://doi.org/10.2174/1871527314666150225143105.

Ayat Ruqyah Untuk Sakit di Sekitar Kepala




2022 www.videocon.com