Tenggorokan terasa ada yang mengganjal

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Sensasi globus adalah rasa tidak nyaman atau mengganjal pada tenggorokan. Meski begitu, tenggorokan yang terasa mengganjal tidak terasa sakit, tapi bisa sangat mengganggu. Anda biasanya akan khawatir akan kesulitan menelan atau tersedak makanan karena sensasi mengganjal di tenggorokan ini. Secara umum, sensasi globus tidak disebabkan oleh gangguan kesehatan serius dan bisa diatasi melalui perawatan di rumah dan pengobatan medis.

Mengenal sensasi globus Sensasi globus menimbulkan rasa tidak nyaman, seolah ada yang mengganjal di tenggorokan. Sebagian besar orang yang mengalaminya merasa seperti ada benjolan yang menghalangi atau seperti ada makanan yang tetahan di dalam ternggorokan. Selain rasa mengganjal, tenggorokan juga terasa gatal tetapi tidak terasa sakit berbeda dengan disfagia yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk menelan makanan. Gangguan ini biasanya akan semakin terasa ketika Anda makan atau minum.

Sensasi globus bisa mucul dalam waktu yang lama dan kemungkinan bisa kambuh lagi setelah hilang. Pada studi berjudul Globus Pharyngeus, kasus sensasi globus pertama yang diketahui muncul sekitar 2.500 tahun yang lalu. Namun, baru pada 1707 John Purcell menggambarkan kondisi tersebut sebagai tekanan pada kartilago tiroid yaitu kelenjar di sekitar tenggorokan yang disebabkan oleh kontraksi otot leher.

Para dokter sebelumnya juga menduga bahwa laporan tentang tenggorokan yang terasa mengganjal ada kaitannya dengan histeria (ketakutan yang berlebihan) sesaat. Hal ini disebabkan kebanyakan pasien mengeluh adanya benjolan yang mengganjal di tenggorokan mereka, tapi saat diperiksa tidak ada apa-apa. Oleh karena itu, sensasi mengganjal di tenggorokan ini sering dikaitkan dengan gangguan emosi yang disebabkan oleh efek samping menopause, gangguan kecemasan, atau stres.

Baru pada tahun 1968 kasus globus tidak hanya merujuk pada gangguan psikologis, tapi juga berkaitan dengan penyakit tenggorokan terasa ada yang mengganjal. Sekitar 4% kasus sensasi globus disebabkan dari kondisi di sekitar dari telinga, hidung, dan tenggorokan (THT). Penyebab dari rasa mengganjal di tenggorokan Sensasi globus merupakan gangguan pada tenggorokan yang cukup umum dan bisa menyerang siapa saja. Namun, m endiagnosis penyebab dari sensasi globus tidak mudah karena seperti yang telah dijelaskan gangguan ini bisa disebabkan oleh berbagai penyakit.

Rasa mengganjal juga bisa disebabkan oleh makanan yang tersangkut di tenggorokan. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab munculnya sensasi tenggorokan yang terasa mengganjal: 1. Radang pada tenggorokan Dari kasus yang ada, sensasi globus umumnya merupakan gejala yang ditimbulkan akibat peradangan di sekitar tenggorokan.

Radang di tenggorokan menyebabkan tenggorokan menjadi kering sehingga otot di sekitarnya tertarik sehingga menimbulkan sensasi mengganjal. Kondisi peradangan pada tenggorokan ( faringitis) biasanya disebabkan oleh adanya infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan peradangan di beberapa bagian tenggorokan.

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Beberapa bagian tenggorokan yang terkena yaitu amandel (tonsilitis), epiglotis ( epiglotitis), dan pita suara (laringitis). Selain tenggorokan yang terasa mengganjal, gejala lain seperti tenggorokan terasa panas, nyeri, dan perih juga mungkin dialami. Sakit Tenggorokan 2. GERD (refluks asam lambung) Penyakit refluks asam lambung atau GERD yang menyebabkan zat asam naik ke kerongkongan bisa mengakibatkan munculnya sensasi globus.

Selain bisa mengakibatkan iritasi di kerongkongan dan tenggorokan, naiknya asam lambung juga bisa menekan otot-otot di bagian ini sehingga timbul sensasi mengganjal. Diketahui sebanyak 68% orang yang mengalami kondisi globus kebanyakan berkaitan dengan masalah pada asam lambung. 3. Stres dan gangguan kecemasan Ada beberapa hubungan antara kondisi psikologis dan sensasi pada globus. Beberapa penelitian menemukan bahwa tekanan psikologis seperti stres, depresi, dan kecemasan berkaitan erat dengan munculnya perasaan tercekik atau mengganjal pada tenggorokan.

Begitupun dengan seseorang yang tenggorokan terasa ada yang mengganjal gangguan trauma yang kerap merasakan sensasi globus saat teringat dengan peristiwa-peristiwa traumatis yang dialaminya. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hubungan yang jelas antara faktor psikologis dan sensasi globus.

4. Penyakit tiroid Seseorang yang memiliki kelainan tiroid mungkin juga mengalami sensasi globus. Gejala ini lebih sering terjadi pada orang-orang yang memiliki kelainan tiroid aktif atau sebagai efek samping dari operasi tiroidektomi, yaitu prosedur yang mengharuskan pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid.

5. Makanan tersangkut di tenggorokan Anda biasanya akan merasakan ada yang mengganjal di tenggorokan saat ada makanan menyangkut di tenggorokan. Hal ini bisa disebabkan karena Anda tidak menguyah makanan dengan baik atau tertelan makanan bertekstur keras dan tajam seperti permen atau duri ikan. Cara mengatasi tenggorokan yang terasa mengganjal Tidak ada cara pengobatan yang pasti untuk mengatasi sensasi globus.

Pengobatan untuk gangguan pada tenggorokan ini akan bergantung dengan penyakit yang menyebabkannya. 1. Perawatan di rumah Sensasi globus yang disebabkan radang tenggorokan dan GERD biasanya tidak berbahaya bahkan rasa mengganjal bisa saja hilang dengan sendirinya. Kedua kondisi ini masih bisa ditangani dengan pengobatan rumahan untuk radang tenggorokan. Anda bisa memperbanyak minum cairan dan mengonsumsi obat-obatan seperti obat pereda nyeri atau obat antasida dan obat H-2 blocker seperti ranitidine untuk menurunkan kadar asam lambung.

Anda juga perlu menghindari jenis makanan berlemak, asam, atau pedas hingga rasa mengganjal di tenggorokan benar-benar hilang. Untuk makanan yang menyangkut di tenggorokan, bisa meminum banyak air atau menelan makanan lain sehingga bisa ikut membawa makanan yang tersangkut turun ke saluran pencernaan. Namun, cara mengatasi tenggorokan yang terasa mengganjal ini belum tentu tenggorokan terasa ada yang mengganjal untuk setiap kondisi, apalagi jika gejala terus berlangsung lama atau bahkan sering kambuh.

Kondisi ini memerlukan pengobatan medis seperti antibiotik untuk radang tenggorokan jika memang disebabkan infeksi bakteri.

2. Perawatan medis Untuk faktor stres dan gangguan cemas, gangguan tenggorokan yang terasa mengganjal bisa diobati dengan mengatasi penyebab stres dan cemas tersebut. Anda yang kerap mengalami sensasi globus dan berkaitan dengan gangguan psikologis perlu mendapatkan bantuan medis melalui pengobatan, konseling, dan terapi.

Dokter mungkin merekomendasikan pengobatan antidepresan yang disertai dengan terapi perilaku kognitif (CBT) ataupun metode lain untuk mengurangi kecemasan yang dialami.

Tenggorokan yang terasa mengganjal, tapi tidak terasa sakit bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari radang tenggorokan, gangguan psikologis hingga makanan yang tersangkut. Jika sensasi globus terus menerus dialami apalagi sampai tersedak dan sulit bernapas, sebaiknya Anda segera mencari bantuan medis.

Lee, B. (2012). Globus pharyngeus: A review of its etiology, diagnosis and treatment. World Journal Of Gastroenterology, 18(20), 2462. https://doi.org/10.3748/wjg.v18.i20.2462 Kortequee, Tenggorokan terasa ada yang mengganjal, Karkos, P., Atkinson, H., Sethi, N., Sylvester, D., & Harar, R. et al. (2013). Management of Globus Pharyngeus.

International Journal Of Otolaryngology, 2013, 1-5. https://do.org/10.1155/2013/946780 AAAAI. (2020). Eosinophilic Esophagitis. Retrieved 15 October 2020, from https://www.aaaai.org/conditions-and-treatments/related-conditions/eosinophilic-esophagitis Tenggorokan terasa ada yang mengganjal bisa membuatmu merasa tidak nyaman.

Ternyata, kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Sensasi tenggorokan terasa mengganjal juga dikenal sebagai sensasi globus atau globus pharyngeus. Sensasi globus pada dasarnya tidak menyebabkan rasa sakit, mengganggu proses pernapasan ataupun menelan. Akan tetapi, ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kondisi ini, simak penjelasan selengkapnya di sini. Baca juga: Mengapa Susah BAB Setelah Operasi? Ini 4 Faktor Penyebabnya! Penyebab tenggorokan terasa ada yang mengganjal Perlu kamu ketahui bahwa tenggorokan terasa ada yang mengganjal bisa disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu, di antaranya adalah: 1.

Peradangan pada tenggorokan Peradangan pada tenggorokan atau faring juga bisa menyebabkan iritasi. Adapun beberapa kondisi yang bisa menyebabkan peradangan atau iritasi pada tenggorokan di antaranya adalah tonsillitis ataupun faringitis. Kondisi tersebut bisa menyebabkan peningkatan sensitivitas pada tenggorokan. 2. Gastroesophageal reflux disease (GERD) Penyebab lain dari tenggorokan terasa mengganjal adalah GERD.

GERD dapat terjadi akibat asam lambung yang mengalir kembali ke saluran yang menghubungkan lambut dan mulut, yakni kerongkongan. Bukan hanya dapat menyebabkan sensasi tenggorokan yang terasa mengganjal saja, GERD juga bisa menyebabkan kejang otot. GERD juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti sensasi terbakar pada dada (heartburn), kesulitan untuk menelan, atau regurgitasi makanan atau cairan asam.

3. Koordinasi otot yang berkurang Otot pada tenggorokan yang rileks dan berkontraksi dengan benar memungkinkanmu menelan secara benar. Akan tetapi, jika otot tenggorokan berhenti bekerja dengan baik, ini dapat menyebabkan ketegangan pada otot, yang mana mungkin saja menyebabkan tenggorokan terasa mengganjal. Sensasi ini akan lebih terasa pada saat kamu menelan air liur. 4. Stres dan kecemasan Selain penyebab yang sudah disebutkan di atas, stres dan kecemasan juga bisa menyebabkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal.

Bahkan, terdapat keterkaitan antara kondisi psikologis dan sensasi globus. Beberapa penelitian menemukan bahwa tekanan psikologis seperti stres, depresi, dan kecemasan telah dikaitkan dengan tingkat sensasi globus yang lebih tinggi. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui lebih lanjut keterkaitan tersebut.

5. Penyakit tiroid Dikutip dari Medical News Today, tenggorokan terasa ada yang mengganjal mungkin saja dirasakan oleh seseorang yang memiliki kelainan tiroid, terutama pada kasus kelainan tiroid aktif dan pasca tiroidektomi, yakni prosedur pengangkatan tiroid secara keseluruhan datau sebagian.

Pada dasarnya, keterkaitan antara sensasi globus dan penyakit tiroid belum diketahui secara pasti. Namun pada beberapa kasus, tiroidektomi justru dapat meringankan gejala pada beberapa kasus. Baca juga: Wajib Tahu, Bolehkah Minum Obat Kapsul dengan Cara Dibuka?

6. Postnasal drip Lendir berlebih dari hidung dan sinus dapat menumpuk di bagian belakang tenggorokan. Kondisi ini dikenal sebagai postnasal drip. Ketika lendir berada di tenggorokan, ini dapat menyebabkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal serta peningkatkan sensitivitas. 7. Penyebab lain tenggorokan terasa ada yang mengganjal Pada kasus yang jarang terjadi, tenggorokan terasa mengganjal disebabkan oleh tumor yang memengaruhi tenggorokan.

Tak hanya itu, sisa makanan yang tersangkut di tenggorokan juga bisa menjadi penyebab lainnya, Dalam kasus tersebut, ini harus ditangani dengan segera. Sebab, sisa makanan yang tersangkut berpotensi dapat bergeser dan menghalangi saluran pernapasan.

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Bagaimana cara mengatasi tenggorokan terasa ada yang mengganjal? Pada dasarnya, pengobatan dari tenggorokan terasa ada yang mengganjal bergantung dari penyebab yang mendasarinya. Misalnya saja dalam kasus GERD. Sensasi tenggorokan terasa mengganjal akan hilang jika GERD diobati. Menguyah atau menelan makanan serta meminum air juga dapat membantu meredakan gejala pada kasus sisa makanan yang tersangkut di tenggorokan. Sedangkan, pada kondisi yang memengaruhi psikologis, mengambil langkah untuk mengurangi stres dan kecemasan dapat mengurangi gejala secara signifikan.

Misalnya saja terapi perlaku kognitif (CBT) atau obat antidepresan. Namun perlu diketahui bahwa cara tertentu mengatasi tenggorokan terasa mengganjal belum tentu cocok atau efektif untuk semua kondisi. Maka dari itu, langkah terbaik yakni berkonsultasi pada dokter. Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab tenggorokan terasa ada yang mengganjal dan cara mengatasinya. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait dengan kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini ! Healthline (2019). Diakses pada 31 Mei 2021.

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

What Causes a Lump in Your Throat? Mayo Clinic (2020). Diakses pada 31 Mei 2021. Gastroesophageal reflux disease (GERD) Medical News Today (2017). Diakses pada 31 Mei 2021.

Globus sensation: Causes of a lump in the throat Medical News Today (2020). Diakses pada 31 Mei 2021. What is globus pharyngeus? Hindawi (2013). Diakses pada 31 Mei 2021. Management of Globus Pharyngeus
Sensasi rasa tidak nyaman seperti ada yang mengganjal di tenggorokan membuat seseorang kesulitan beraktivitas.

Sensasi tersebut juga sering disebut sensasi globus. Banyak orang sering merasa ada benjolan yang terasa menghalangi atau seperti ada makanan yang tertaha di dalam tenggorokan. Selain itu, banyak orang yang merasakan tenggorokannya seperti gatal. Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal akan dipaparkan pad artikel kali ini. Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal dan sesak Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal dan sesak harus terlebih dahulu diketahui penyebabnya.

Karena seringkali suatu kondisi memiliki gejala yang sama namun memiliki penyebab dan penamaan yang berbeda. Penyebab yang berbeda itulah yang akan menjadi diagnosa dan memudahkan dokter dalam memberikan perawatan atau pengobatan yang tepat. Berikut adalah faktor-faktor penyebab tenggorokan seperti mengganjal dan sesak:. advertisement • GERD GERD seringkali dikenal dengan penyakit refluks asam lambung.

Naiknya asam lambung ke kerongkongan membuat seseorang merasakan sensasi mengganjal dan sesak. Asam lambung yang sering naik dapat membuat kerongkongan menjadi iritasi. Sensasi mengganjal disebabkan karena naiknya asam lambung yang akhirnya menekan otot-otot pada bagian kerongkongan sehingga menimbulkan sensasi seperti mengganjal hingga sesak.

Kebanyakan orang yang merasa teggorokan seperti mengganjal dan sesak menderita asam lambung. • Radang tenggorokan Sensasi seperti mengganjal dan sesak pada tenggorokan seringkali ditimbulkan karena adanya radang pada tenggorokan. Radang yang menyerang tenggorokan membuat tenggorokan seseorang menjadi sangat kering hal tersebut menyebabkan oto-oto di sekitarnya menjadi tertarik.

Kondisi itulah yang memunculkan sensasi seperti mengganjal. Radang tenggorokan terjadi karena adanya infeksi bakteri atau tenggorokan terasa ada yang mengganjal yang menjadi penyebab radang di bagian tenggorokan. Selain itu, anda juga akan merasakan sensasi nyeri, perih, dan panas pada tenggorokan.

• Gangguan cemas dan stres berlebih Kondisi psikologi dianggap memiliki andil dalam munculnya sensasi gatal pada tenggorokan dan sesak. Faktor cemas dan stres membuat sensasi seperti tercekik dan mengganjal di tenggorokan muncul. • Menderita penyakit tiroid Orang-orang yang menderita kelainan tiroid dan mengalami efek samping akibat menjalani operasi pengangkatan sebagian atau semua kelenjar tiroid sering mengalami gejala tenggorokan mengganjal.

Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal tapi tidak sakit Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal tapi tidak sakit dapat dilakukan dengan cara sederhana di rumah. Namun pengobatannya tergantung pada penyebab rasa mengganjal yang diderita seseorang. Memang tidak ada cara pasti untuk mengobati sensasi mengganjal dan sesak. Akan tetapi jika mengetahui penyebabnya, kita akan lebih mudah memilih perawatan yang tepat. • Perawatan dengan cara medis. Penyebab sensasi mengganjal dan sesak pada diri seseorang bisa disebabkan oleh faktor stres dan cemas.

Untuk pernyebab yang demikian, anda baiknya memerlukan bantuan medis dengan menjalani terapi, konseling dan pengobatan. Sensasi tenggorokan mengganjal tapi tidak sakit bisa disebabkan karena gangguan psikologis dan radang tenggorokan. Jika disebabkan oleh tenggorokan terasa ada yang mengganjal psikologis, maka dokter biasanya akan memberi obat antidepresan. • Perawatan sederhana di rumah cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal dapat dilakukan dengan perawatan di rumah.

Rasa mengganjal yang diderita penderita GERD tidak berbahaya dan sensasi sesak pun akan menghilang tanpa perlu diobati. Sedangkan untuk radang tenggorokan dapat diberi obat antibiotik jika radang disebabkan oleh bakteri.

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Penyebab tenggorokan seperti ada yang mengganjal penyebab tenggorokan seperti ada yang mengganjal dapat disebabkan oleh banyak faktor. Sensasi mengganjal dan sesak mungkin saja terjadi karena beberapa faktor. Namun, beberapa lagi muncul hanya sebagai sebuah sensasi yang akan hilang dengan sendirinya. Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal pun juga dapat dilakukan dengan sederhana. Namun ketahuilah terlebih dahulu penyebab-penyebabnya seperti berikut: • Menghilangnya koordinasi otot Otot yang berada pada bagian kerongkongan atau tenggorokan secara alami dapat menegang dan mengendur.

Kerjasama antar otot itulah yang menjadikan manusia dapat berbicara serta menelan dengan baik. Akan tetapi jika kerjasama antar otot tersebut tidak berjalan semestinya, maka akan terjadi ketegangan yang memunculkan sensasi sesak atau mengganjal pada tenggorokan.

• Otot yang tegang Saat anda tidak sedang melakukan aktivitas menelan, biasanya otot pada tenggorokan anda akan mengendur dengan sendirinya. Akan tetapi, jika proses tersebut tidak berjalan sesuai dengan semestinya, maka anda akan mengalami tegang otot. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab seseorang merasa sesak atau mengganjal di tenggorokan.

Cara mengatasi tenggorokan ada yang mengganjal cara mengatasi tenggorokan ada yang mengganjal dapat dilakukan dengan pengobatan medis ataupun pengobatan di rumah. Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut: Feb 24, 2022 • Menghindari mengonsumsi makanan yang menjadi penyebab iritasi pada tenggorokan contohnya seperti makanan pedas, lemak dan bersantan • Rajin mengonsumsi air putih minimal 2 liter perhari • Menghindari mengonsumsi rokok dan alkohol • Lakukan kumur-kumur untuk menghilangkan gejala mengganjal pada tenggorokan • Senantiasa menjaga tenggorokan terasa ada yang mengganjal pada mulut • Makan secara teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih • Jangan stres Penyebab tenggorokan terasa ada yang mengganjal Sensasi seperti ada yang mengganjal pada tenggorokan sering mengganggu aktivitas seseorang.

Seringkali orang yang menderitanya bingung harus mengobati dengan cara apa. Penyebab tenggorokan terasa ada yang mengganjal dapat disebabkan oleh faktor berikut: • Kemasukan benda asing Ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tenggorokan tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Bahkan sensasi tersebut masih terjadi meskipun benda asing sudah diambil. Jika hal tersebut anda alami, ada baiknya segera mengunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan pertolongan yang tepat. advertisement • Postnasal drip Sensasi seperti ada yang mengganjal di tenggorokan dan sesak dapat disebabkan oleh postnasal drip.

Kondisi tersebut terjadi saat lendir yang berlebih terperangkap di dalam tenggorokan. Kejadian seperti itulah yang memunculkan sensasi sesak dan rasa mengganjal pada tenggorokan. Penyebab tenggorokan ada yang mengganjal Penyebab tenggorokan ada yang mengganjal dapat pula disebabkan oleh Mononukleosis.

Mononukleosis merupakan sebuah penyakit yang dapat menular dan disebabkan oleh virus Epstein Barr. Virus tersebut dapat menyebar melalui cairan yang ada pada tubuh seperti air liur. Salah satu gejalanya yakni tenggorokan terasa sakit dan panas. Gejala lain yang juga dapat terjadi pada tingkat yang lebih parah yakni demam, sakit kepala, ruam, kelelahan yang parah dan membengkaknya kelenjar di area leher atau ketiak. Cara mengatasi tenggorokan yang terasa mengganjal Cara mengatasi tenggorokan yang terasa mengganjal dapat dilakukan dengan langkah sederhana seperti berikut.

• Menghindari makanan atau minuman yang mengandung pengawet, perasa dan pewarna • Sering mengonsumsi minuman yang hangat • Hindari gorengan • Mengonsumsi makanan yang lembut • Hindari stres • Banyak istirahat • Dan makan makanan yang bergizi Cara mengobati tenggorokan seperti ada yang mengganjal cara mengobati tenggorokan seperti ada yang mengganjal akibat makanan yang tersangkut: • Minum-minuman bersoda Jika anda mengalami tenggrorokan mengganjal, ada baiknya cobalah mengonsumsi minuman bersoda untuk mengeluarkan makanan yang tersangkut tenggorokan terasa ada yang mengganjal tenggorokan anda.

• Obat simetikon Obat simetikon dapat mengeluarkan makanan yang tersangkut pada kerongkongan. Obat yang mengandung simetikon memudahkan seseorang memproduksi gas pada perutnya. Sehingga makanan akan terdorong masuk dan tidak tersangkut lagi.

Mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal dapat dilakukan dengan cara minum air dengan sedikit-sedikit. Hal tersebut dipercaya dapat membantu mendorong makanan yang tersangkut di kerongkongan. Air liur akan melumasi dan membuat makanan tidak lagi tersangkut di kerongkongan. Meminum air dengan cara sedikit-sedikit akan membuat makanan menjadi lembab dan mudah tenggelam.

Cara menghilangkan tenggorokan seperti ada yang mengganjal Cara menghilangkan tenggorokan seperti ada yang mengganjal dapat dilakukan dengan cara menggunakan baking soda kue. Obat seperti alka seltzer membuat anda dalam memecah makanan yang tersangkut di dalam tenggorokan.

Obat yang berbuih ini dapat larut apabila terkena cairan. Mirip dengan minuman yang mengandung soda, gelembung tersebut akan memudahkan makanan hancur. Sehingga anda tidak akan lagi merasakan sensasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal.

Mengapa tenggorokan seperti ada yang mengganjal Mengapa tenggorokan seperti ada yang mengganjal? Tenggorokan seperti ada yang mengganjal karena disebabkan oleh radang amandel.

Radang amandel merupakan radang pada amandel yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Radang amandel dapat menyebabkan tenggorokan nyeri, panas, dan membuat amandel membengkak sehingga seseorang akan susah menelan makanan, merasa demam, sakit di telinga bahkan kelelahan ekstrim.

Berbagai cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal telah dipaparkan pada artikel ini. Sensasi seperti ada yang mengganjal dan sesak sebaiknya juga harus diwaspadai. Karena berbagai penyakit berbahaya dapat juga diawali dengan perasaan sesak dan tenggorokan mengganjal.

Sehingga apabila kondisi tersebut terus berlanjut dalam waktu lama dan tidak segera sembuh, anda disarankan untuk berkonsultasi pada dokter. Semoga dapat membantu. • Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi tenggorokan terasa ada yang mengganjal dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat.

• Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 21 Januari 2021 - Diperbarui: 24 Januari 2022 Ditulis oleh: Devani Adinda Putri - Ditinjau oleh: dr.

Ursula Penny Putrikrislia Tenggorokan terasa mengganjal tiba-tiba dengan gejala gatal dan sakit sangat menelan tentu sangat mengganggu Anda.

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Ketahui penyebab dan cara mengatasi tenggorokan terasa mengganjal dalam pembahasan ini. Apa Itu Tenggorokan Terasa Mengganjal? Tenggorokan terasa mengganjal adalah istilah umum untuk bahasa medis Globus Sensation atau Sensasi Globus, yaitu sensasi seperti ada benda yang menggumpal di tenggorokan dan membuat Anda sulit menelan.

Sensasi globus disertai dengan rasa nyeri dan adanya benjolan, namun sebagian besar orang yang mengalaminya tidak merasakan sakit. Mereka hanya merasakan sensasi mengganggu yang membingungkan pada tenggorokan. Penyebab Tenggorokan Terasa Mengganjal Penyebab paling umum dari tenggorokan terasa ada yang mengganjal tenggorokan yang terasa mengganjal adalah efek dari gastroesophageal reflux (GERD), radang tenggorokan, atau efek kecemasan.

Pelajari tentang apa saja penyebab sensasi globus, berikut ini! 1. Peradangan Faring (Faringitis) Faring terletak di antara kerongkongan dan tenggorokan. Peradangan pada faring termasuk penyakit faringitis, tonsilitis, atau sinusitis kronis dapat menyebabkan iritasi dan sensasi globus karena tenggorokan lebih peka dan sensitif.

2. Penyakit Refluks Gastroesofagus Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) adalah kondisi di mana asam lambung naik kembali ke kerongkongan hingga menyebabkan gejala seperti nyeri dada setelah makan, sulit menelan, dan sensasi globus juga. Asam lambung yang naik ke esofagus (kerongkongan) akan menyebabkan otot tegang dan pembengkakan jaringan tenggorokan. Berdasarkan penelitian, 23-68% orang dengan sensasi globus mengaitkannya dengan gejala GERD.

3. Penyumbatan Tenggorokan Mungkin ada sesuatu atau sisa makanan yang menyumbat tenggorokan Anda.

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Segera minum lebih banyak air untuk mengalirkan sisa makanan tersebut, terutama bila sebelumnya Anda tersedak. 4. Kecemasan atau Stres Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kondisi psikologis dan sensasi globus. Tekanan emosional seperti kesedihan, kecemasan, kelelahan ekstrim, dan stres bisa membuat tenggorokan terasa mengganjal dan mual.

Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan hubungan antara faktor psikologis dan sensai globus.

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

5. Masalah pada Fungsi Sfingter Esofagus Bagian Atas Upper esophageal sphincter (UES) atau sfingter esofagus bagian atas, yaitu suatu katup yang terdiri dari otot, untuk menjaga agar makanan tidak refluks, tidak berfungsi dengan normal sehingga menyebabkan sensasi globus. Dalam kasus yang ringan, dokter akan memberikan suntikan untuk membantu mengembalikan fungsi UES dengan baik.

6.

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Penyakit Tiroid Tiroid adalah kelenjar di leher yang menghasilkan hormon untuk membantu proses metabolisme tubuh. Walaupun belum ada kepastian secara medis, namun seseorang diperkirakan lebih rentan mengalami gejala sensasi globus bila memiliki kelainan tiroid. Terutama bila orang tersebut memiliki kelainan tiroid aktif atau tenggorokan terasa ada yang mengganjal (pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid). 7. Ketegangan Otot Ketegangan otot sekitar tenggorokan dapat menyebabkan sensasi globus.

Otot tenggorokan dapat menjadi tegang saat Anda makan, berbicara terlalu banyak, atau berteriak. Otot tenggorokan yang tegang juga dapat menyebabkan benjolan dan masalah tenggorokan.

8. Masalah Koordinasi Otot Sensasi globus umum terjadi akibat adanya masalah koordinasi otot. Salah satu otot tegang dan tidak bekerja dengan semestinya. Misalnya, saat Anda sedang minum air namun otot malah menghalangi air untuk masuk dan Anda akan merasakan sesuatu yang mengganjal. 9. Postnasal Drip Postnasal drip adalah kondisi ketika tubuh memproduksi lendir yang lebih pekat dan berlebihan. Lendir berlebihan tersebut diproduksi oleh hidung atau sinus dan menumpuk di belakang tenggorokan.

Tetesan lendir di tenggorokan akan menyebabkan sensasi mengganjal. 10. Tumor Langka Sensasi globus adalah salah satu gejala umum dari kondisi kanker langka seperti metastasis orofaring dari karsinoma sel Merkel. Walaupun demikian, sensasi globus bukanlah satu-satunya gejala tenggorokan terasa ada yang mengganjal bukan selalu berarti gejala kanker langka.

Itulah pembahasan tentang penyebab tenggorokan terasa mengganjal dan mual. Kondisi ini mungkin disebabkan akibat masalah tenggorokan biasa namun bisa juga menjadi tanda penyakit serius pada tenggorokan. Cara Mengatasi Tenggorokan Terasa Mengganjal Tidak ada pengobatan yang pasti untuk gejala sensasi globus, karena penyebabnya pun tidak jelas diketahui.

Kebanyakan orang yang mengalami gejala globus tidak mengalami gejala serius dan biasanya dapat hilang dengan cepat.

Ketahui cara mengatasi tenggorokan terasa mengganjal, sebagai berikut: 1. Minum Air Hal pertama yang dapat Anda lakukan saat tenggorokan terasa mengganjal adalah minum air putih yang cukup, minum air hangat bila perlu untuk melegakan tenggorokan. Minum air putih akan membuat dehidrasi tubuh terjaga serta melancarkan seluruh fungsi tubuh. 2. Makan Sesuatu Sensasi benjolan di tenggorokan mungkin akan semakin terasa saat menelan air atau saliva, namun makan sesuatu yang lembut bisa membantu meredakan sensasi tersebut.

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Anda bisa mencoba makan nasi hangat untuk meredakan sensasi globus. 3. Istirahatkan Suara Anda saat Anda Sakit Anda mungkin sedang mengalami gejala demam, flu, atau radang tenggorokan, maka sebaiknya istirahatkan suara Anda sementara. Berbicara atau berteriak terlalu banyak akan meningkatkan kerusakan dan ketegangan otot tenggorokan.

4. Jangan Merokok Bila Anda seorang perokok, sebaiknya hentikan penggunaan rokok bila tenggorokan terasa mengganjal dan mual. Kandungan rokok dan tembakau akan memengaruhi kesehatan tenggorokan, sinus, dan mulut. 5. Semprotan Hidung Cara mengatasi gejala sensasi globus adalah dengan semprotan hidung bila gejala disebabkan oleh postnasal drip. Semprotan hidung mengandung dekongestan untuk meredakan produksi lendir berlebihan. 6. Terapi Otot Anda mungkin perlu terapi otot bila penyebab sensasi globus adalah masalah otot tenggorokan.

Seorang dokter THT atau ahli terapi bicara akan membantu Anda untuk meredakan ketegangan otot dan masalah terkait lainnya. 7. Gunakan Obat Antasida Bila memiliki riwayat GERD dengan gejala sensasi globus, gunakan obat antasida.

Anda dapat mempertimbangkan obat antasida dari dokter atau mungkin menggunakan obat antasida yang dijual secara bebas (over-the-counter). Itulah pembahasan tentang cara mengatasi tenggorokan terasa mengganjal. Kondisi ini sangat umum dan sebagian besar tidak menunjukan gejala lain yang serius. Semoga informasi ini bermanfaat! • Fletcher, Jenna. 2017. Globus sensation: Causes of a lump in the throat. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320245. (Diakses pada 21 Desember 2021). • Holland, Kimberly.

2019. What Causes a Lump in Your Throat?. https://www.healthline.com/health/lump-in-throat. (Diakses pada 21 Desember 2021). Informasi Terbaru • Peningkatan Tekanan Intrakranial: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia
Advertisement Akan tetapi, jangan menganggap sepele sensasi tenggorokan terasa mengganjal karena bisa jadi hal tersebut merupakan indikasi dari cedera pita suara, berupa timbulnya nodul dan polip pita suara.

Cedera, penyebab tenggorokan terasa seperti ada yang mengganjal Sensasi tenggorokan terasa mengganjal bisa menjadi salah satu pertanda dari kemunculan nodul dan polip pita suara. Keduanya merupakan tonjolan yang muncul tenggorokan terasa ada yang mengganjal terjadi cedera pada pita suara. Nodul pita suara merupakan suatu benjolan serupa kapalan yang muncul pada bagian tengah lipatan pita suara dan timbul pada kedua pita suara. Sementara polip pita suara hanya muncul pada salah satu pita suara saja. Polip pita suara juga berwarna merah dan serupa dengan lepuhan serta memiliki ukuran yang lebih besar dari nodul pita suara.

Keduanya dapat disebabkan oleh penggunaan pita suara secara berulang atau salah. Namun, polip pita suara bisa timbul karena penggunaan kotak suara secara berlebih dalam satu waktu, seperti berteriak atau menjerit. Selain sensasi tenggorokan yang mengganjal, penderita juga bisa mengalami rasa sakit di leher dan suara yang serak. Bila tidak segera ditangani, nodul pita tenggorokan terasa ada yang mengganjal bisa makin membesar dan bertambah kaku. Anda akan mengalami kesulitan dalam berbicara dan hal tersebut akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Kenapa tenggorokan terasa mengganjal? Jika Anda masih merasa tenggorokan seperti ada yang mengganjal, mungkin cedera pada pita suara bukanlah penyebabnya. Ada berbagai penyebab berbeda dari sensasi yang dikenal sebagai sensasi globulus ini. Berikut adalah beberapa penyebab tenggorokan terasa mengganjal.

• GERD GERD adalah suatu keadaan yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung. Meskipun ciri khas dari GERD adalah sensasi panas di dada ( heartburn), tetapi GERD juga bisa menyebabkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal. Rasa serak, sakit tenggorokan, sakit saat menelan, batuk kering, napas yang berbau tidak sedap, rasa sakit di telinga, dan sensasi panas atau terbakar di mulut juga merupakan tanda-tanda lain yang bisa muncul karena GERD.

• Reaksi emosional Gangguan psikologis, seperti rasa cemas, stres, ataupun depresi bisa memicu sensasi tenggorokan terasa mengganjal. Bahkan hal-hal traumatis juga mampu menimbulkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal. • Berkurangnya koordinasi otot Otot-otot leher yang tidak bisa bergerak dengan baik secara teratur dapat mengakibatkan otot yang tertekan dan membuat penderita kesulitan untuk menelan.

Hal ini juga dapat menyebabkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal. Sensasi tenggorokan terasa mengganjal akan makin terasa saat penderita mencoba untuk menelan air liur. Periksakanlah ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab dari otot-otot yang tidak berkoordinasi secara benar. • Lendir yang masuk ke tenggorokan akibat alergi Normalnya, lendir tercampur dengan air liur dan tidak disadari oleh Anda, tetapi saat tubuh memproduksi lendir yang berlebih, maka Anda akan mulai menyadari keberadaan lendir yang tertelan tersebut.

Hal tersebut umumnya terjadi karena alergi, pilek, flu, dan kondisi medis lainnya yang meningkatkan produksi lendir dalam tubuh. Produksi lendir berlebih yang mengalir ke tenggorokan memicu sensasi tenggorokan terasa mengganjal dan batuk-batuk. • Kanker nasofaring Kanker nasofaring merupakan salah satu penyebab lain dari sensasi tenggorokan terasa mengganjal.

Kanker ini menggerogoti daerah bagian atas tenggorokan yang berada di antara bagian belakang hidung dan bagian atas kerongkongan. Selain sensasi tenggorokan terasa mengganjal, gejala lain yang bisa dirasakan adalah kesulitan bernapas atau berbicara, kesulitan mendengar, sakit kepala, mimisan, adanya rasa sakit atau suara berdering di telinga. Segera konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami gejala-gejala di atas agar segera diberikan penanganan yang cepat.

• Laringitis Laringitis adalah kondisi saat terjadi peradangan pada pita suara yang mengakibatkan suara serak atau kehilangan suara. Biasanya, laringitis yang kronis atau yang telah berlangsung selama lebih dari tiga minggu dapat menyebabkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal.

Selain itu, laringitis kronis juga mengakibatkan gejala-gejala lain. Gejala lain yang bisa dialami oleh penderita adalah batuk yang terus muncul, sakit tenggorokan, produksi dahak yang berlebih, kehilangan suara, demam, dan kesulitan menelan.

Laringitis kronis dapat diakibatkan oleh infeksi, sinusitis yang kronis, terpapar zat kimia dan debu yang memicu iritasi, merokok, asam lambung, konsumsi alkohol berlebih, penggunaan suara secara berlebih, dan penggunaan medikasi inhaler steroid.

• Kanker laring Penyebab sensasi tenggorokan terasa mengganjal yang satu ini merupakan suatu kondisi serius yang membutuhkan penanganan medis dengan secepatnya. Ciri khas dari kanker laring suara serak yang tidak kunjung hilang dalam kurun waktu tiga minggu. Selain itu, orang-orang yang menderita kanker laring juga dapat mengalami penurunan berat badan, tenggorokan terasa ada yang mengganjal menelan, sesak napas, dan batuk. Meskipun demikian, gejala-gejala ini dapat diakibatkan oleh kondisi medis lainnya.

Oleh karenanya, kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan memastikan penyebab sensasi tenggorokan terasa mengganjal ataupun suara serak yang dialami.

• Gangguan otot rangka Gangguan otot tenggorokan terasa ada yang mengganjal atau skeletal muscle disorder seperti myasthenia gravis dan myotonia dapat menyebabkan tenggorokan terasa penuh atau mengganjal.

Hal ini terjadi karena adanya masalah pada otot di bagian tenggorokan mereka sehingga mengundang tenggorokan terasa penuh. Baca Juga • Penyebab Amandel pada Anak dan Pengobatannya • Inilah Penyebab Suara Serak Berkepanjangan yang Perlu Anda Waspadai • Obat Radang Tenggorokan di Apotik dan Kandungan Bahan Aktifnya Bila Anda merasa tenggorokan seperti ada yang mengganjal sampai membuat susah bernapas lega, jangan ragu untuk berkonsultasi tenggorokan terasa ada yang mengganjal dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. American Family Physician.

https://www.aafp.org/afp/1999/0901/p885.html Diakses pada 15 Juli 2019 ASHA. https://www.asha.org/public/speech/disorders/Vocal-Cord-Nodules-and-Polyps/ Diakses pada 15 Juli 2019 Baishideng Publishing Group. https://www.wjgnet.com/1007-9327/full/v18/i20/2462.htm Diakses pada 15 Juli 2019 Cancer Research UK.

https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/laryngeal-cancer/symptoms Diakses pada 15 Juli 2019 Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15424-vocal-cord-lesions-nodules-polyps-and-cysts Diakses pada 15 Juli 2019 Healthline. https://www.healthline.com/health/lump-in-throat Diakses pada 15 Juli 2019 Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323208.php Diakses pada 15 Juli 2019 Medical News Today.

https://www.medicalnewstoday.com/articles/320245.php Diakses pada 15 Juli 2019 NIH. https://www.cancer.gov/types/head-and-neck/patient/adult/laryngeal-treatment-pdq Diakses pada 15 Juli 2019 NIH. https://www.cancer.gov/types/head-and-neck/patient/adult/nasopharyngeal-treatment-pdq Diakses pada 15 Juli 2019 UT Southwestern Medical Center. https://utswmed.org/conditions-treatments/vocal-cord-nodules-polyps-and-cysts/ Diakses pada 15 Juli 2019 WebMD.

https://www.webmd.com/allergies/postnasal-drip#1 Diakses pada 15 Juli 2019 Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318633#Causes Diakses pada 8 Juni 2021 Penyakit Tenggorokan Berdahak dan Gatal, Apa Saja Pemicunya? Ada kalanya seseorang merasa tenggorokannya menghasilkan lendir lebih banyak dari biasa. Sebenarnya, produksi lendir ini melindungi sistem pernapasan dengan menyaring kotoran.

Tenggorokan berdahak berlebih bisa terjadi karena alergi, asma, naiknya asam lambung, atau infeksi.

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Hidup Sehat Mudah Asal Konsisten, Ini 10 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Setelah menonton konser atau pergi karaoke dengan teman, biasanya keesokan hari tenggorokan terasa sakit dan suara menghilang. Mengatasi tenggorokan kering sangat krusial untuk melindungi pita suara dari iritasi dan masalah lainnya. Kehamilan Obat Sakit Tenggorokan untuk Ibu Hamil dari Medis dan Alami yang Aman Obat sakit tenggorokan untuk ibu hamil tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik jika sakit tenggorokan saat hamil disebabkan oleh infeksi bakteri, antasida bila disebabkan oleh kenaikan asam lambung, dan obat batuk untuk mengurangi peradangan.
Kamu mungkin pernah merasakan sensasi mengganjal di tenggorokan. Hal ini bisa sangat mengganggu karena rasanya kamu sulit menelan, bahkan ludah sendiri.

Kondisi ini perlu diwaspadai, terutama jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Bisa saja ada beberapa penyakit serius yang jadi penyebabnya.

Baca juga: Sederet Penyebab Sulit Menelan Makanan: dari Heartburn hingga Stroke Apa yang menimbulkan sensasi mengganjal di tenggorokan?

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan sensasi mengganjal di tenggorokan yang perlu kamu waspadai. Di antaranya adalah: Disfagia Disfagia atau kelainan menelan dapat terjadi pada tiga fase menelan, yaitu di oral, faring dan esofagus.

Penyakit ini banyak terjadi pada penyintas stroke dan dapat memengaruhi fase menelan di oral dan atau di faring mereka. Selain stroke, penyebab umum disfagia adalah makanan yang tersangkut di tenggorokan terasa ada yang mengganjal.

Pada disfagia yang disebabkan oleh makanan ini, kamu masih bisa bernapas, tapi akan terasa sakit, tidak nyaman dan berpotensi membahayakan. Beberapa orang bisa langsung menyadari dan mengenali apa makanan yang menyangkut di tenggorokan mereka. Bisa saja karena tulang atau duri ikan. Tanda dan gejala disfagia Selain sensasi tersangkut di tenggorokan, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa timbul karena disfagia: • Batuk atau tersedak ketika makan atau minum • Makanan yang kamu makan kembali ke atas, terkadang melalui hidung • Air liur yang keluar secara terus menerus • Tidak mampu mengunyah makanan dengan benar Terkadang disfagia juga bisa menimbulkan gejala seperti berat badan yang turun dan infeksi di dada yang berulang.

Cara mengatasi disfagia Penanganan penyakit ini tergantung dari penyebab dan jenisnya. Banyak kasus disfagia yang bisa menjadi lebih baik lewat manajemen penanganan yang tepat, tapi tidak selamanya bisa disembuhkan.

Beberapa penanganan disfagia adalah sebagai berikut: • Terapi bicara dan bahasa untuk belajar teknik menelan • Mengubah jenis makanan dan minuman menjadi yang lebih mudah dan aman ditelan • Memasukkan makanan dengan cara lain, seperti lewat selang atau perut • Operasi untuk melebarkan esofagus dengan cara meregangkan atau memasukkan selang plastik atau logam Globus pharyngeus Merupakan sensasi mengganjal di tenggorokan atau dada yang tidak kunjung hilang.

Beberapa orang mendeskripsikan kondisi ini sebagai suatu perasaan yang timbul ketika minum obat berbentuk pil yang masih separuh jalan dan tersangkut di tenggorokan. Globus pharyngeus berbeda dengan disfagia yang merupakan kesulitan ketika menelan. Meskipun demikian, beberapa orang dengan globus pharyngeus juga bisa merasakan kesulitan menelan atau merasa khawatir ketika menelan akan membuat mereka tersedak.

Meskipun globus pharyngeus tidak menyakitkan, namun kondisi ini bisa sangat membuat tidak nyaman. Maka tidak jarang beberapa penderitanya kerap mengunjungi dokter untuk meminta penjelasan akan apa yang mereka alami. Apa saja penyebab globus pharyngeus? Diagnosis globus pharyngeus biasanya diberikan dokter ketika tidak ada tanda atau benjolan yang dapat menyumbat tenggorokan.

Otot tenggorokan dan membran lendir dapat menjadi tegang ketika tenggorokan kering, membuat sensasi ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan.

Keringnya tenggorokan juga bisa disebabkan oleh obat yang kamu konsumsi. Ada juga beberapa penyebab inflamasi yang bisa menimbulkan sensasi ini, di antaranya adalah Gastroesophageal reflux disease atau GERD, masalah kesehatan psikologis dan perubahan suasana hati, eosinophilic tenggorokan terasa ada yang mengganjal hingga Zenker’s diverticulum. Cara mengatasi globus pharyngeus Tidak ada obat atau perubahan gaya hidup yang secara spesifik dapat diandalkan untuk mengatasi globus pharyngeus.

Karena itu, tidak jarang penderita globus pharyngeus bisa merasakan kondisi ini lagi. Jika kondisi ini disebabkan oleh masalah medis, maka penanganan khusus terhadap kondisi itu bisa mengatasi hal ini. Sebagai contoh antasida dan perubahan gaya hidup bisa jadi satu langkah untuk mengatasi globus pharyngeus yang disebabkan oleh GERD. GERD Gastroesophageal reflux disease ( GERD) merupakan salah satu penyakit yang bisa menimbulkan disfagia ataupun globus pharyngeus.

Penyebabnya yakni ketika asam lambung dan isi lambung kembali ke kerongkongan. Akibatnya, akan terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan hingga rasa nyeri di dada. Kondisi ini dapat menyebabkan batuk-batuk dan rasa tidak nyaman. Cara mengatasi GERD Banyak obat yang bisa kamu dapatkan dengan atau tanpa resep dokter untuk mengatasi penyakit ini.

Misalnya dengan antasida, H-2 receptor blocker, proton pump inhibitor. Demikianlah berbagai penjelasan tentang sensasi adanya ganjalan atau sesuatu yang menyangkut di tenggorokan dan penyebabnya. Selalu jaga kondisi kesehatan kamu, ya! Cek kesehatan lambungmu di Klinik Maag bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini ya!

tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini! • Cleveland Clinic, diakses 26 April 2021. Feel Like Food Is Stuck in Your Throat?

What to Do and How to Find Relief • Cleveland Clinic, diakses 26 April 2021. GERD (Chronic Acid Reflux): Symptoms, Treatment, & Causes • Cleveland Clinic, diakses 26 April 2021. Dysphagia (Difficulty Swallowing): Treatment, Causes & Symptoms • MedicalNewsToday, diakses 26 April 2021. Globus pharyngeus: What is this sensation? • NHS, diakses 26 April 2021. Dysphagia (swallowing problems)

Leher TERASA MENGGANJAL, tercekik asam lambung naik




2022 www.videocon.com