Sebutkan macam macam hasil hutan

sebutkan macam macam hasil hutan

Manusia adalah makhluk sosial yang tak dapat hidup sendiri hal ini juga berlaku dalam hal memenuhi kebutuhan hidup. Untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup, maka manusia membutuhkan sokongan dan bantuan daro makhluk hidup yang lain. Mulai dari sesama manusia hingga hewan dan tumbuhan juga dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari sekian banyak makhluk hidup yang ada di bumi, maka bisa dikatakan tumbuhan adalah salah satu yang sangat penting bagi kebutuhan hidup manusia.

Banyak sekali kebutuhan hidup yang disokong oleh tumbuhan yang ada di di bumi. Baik berupa kebutuhan untuk makan hingga kebutuhan sekunder pendukung kehidupan yang lain. hubungan manusia dengan dunia tumbuhan memang tak bisa dipisahkan.

Akan selalu ada ketergantungan yang bisa dikatakan tak akan bisa dihilangkan. kebutuhan manusia yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dengan tumbuhan banyak dipenuhi oleh hutan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hutan adalah sumber kayu yang cukup besar dan banyak.

Kita mengenal banyak sekali jenis-jenis hutan di dunia yang berbeda-beda. Kebanyakan memang kebutuhan manusia yang berhubungan dengan kayu dan hutan, banyak dipenuhi oleh kawasan hutan produksi.

Pada dasarnya ada banyak sekali manfaat hutan bagi manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Pada dasarnya hasil hutan yang dapat kita temukan tak hanya berkutat seputar kayu saja. Ada banyak sekali contoh hasil hutan bukan kayu yang bisa kita temukan. Setiap hasil hutan yang bukan kayu memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda.

beberapa hasil hutan non kayu tersebut yang akan kita bahas sekarang ini, seperti 1. Gaharu Contoh hasil hutan bukan kayu yang akan pertama kita bahas adalah gaharu. Beberapa orang mungkin masih belum paham betul dan mengerti apa itu gaharu sebenarnya. Gaharu adalah salah satu hasil yang di dapat dengan melukai bagian dari pohon Aquilaria malaccensis, bagian yang dilukai tadi kemudian di paksa untuk terinfeksi Fusarium sp.

Dari hasil infeksi itulah kemudian akan muncul gaharu yang berbau harum. Meskipun gaharu berbentuk seperti kayu, namun dimasukan kedalam kategori HHBK atau hasil hutan bukan kayu, karena yang dimanfaatkan adalah resin yang ada di dalamnya.

Dar resin inilah kemudian digunakan untuk berbagai macam produk. Kebanyakan pemanfaatan yang dilakukan berhubungan dengan parfum, dan beberapa wewangian yang lain. 2. Gondorukem Gondorukem merupakan salah satu dari beberapa hasil hutan yang tak termasuk kedalam golongan kayu.

Hasil hutan yang satu ini didapatkan dengan menyadap getah pohon pinus. Gondorukem didapatkan dengan proses destilasi atau penyulingan getah pinus.

Gondorukem sendiri merupakan salah satu bentuk dari potensi sumber daya alam hutan di Indonesia yang bisa dikatakan sangat luas. Biasanya gondorukem di indonesia didapatkan dengan menyadap getah pohon Pinus merkusii.

Kebanyakan penyadapan terhadap getah pohon ini banyak di temukan di bagian provinsi sumatra, yang mana merupakan salah satu pravinsi dengan hutan terluas sebutkan macam macam hasil hutan Indonesia. 3. Kertas Contoh hasil hutan bukan kayu yang berikutnya dapa kita temukan adalah kertas. Hasil hutan yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu hasil hutan yang cukup sering dan cukup banyak diketemukan.

Manusia memang tak pernah bisa lepas dari yang namanya kertas. Ada banyak sekali aspek kehidupan yang bersinggungan langsung dengan kertas.

Meskipun kemajuan teknologi kian cepat, tapi posisi kertas memang akan sangat sulit untuk di gantikan. Kertas sendiri dibuat dengan menghancurkan serat sebutkan macam macam hasil hutan kayu, atau biasa disebut juga dengan bubur kayu atau Pulp. 4. Minyak Atsiri Bentuk pemanfaatan hutan yang berhubungan dengan pengelolaan hasil hutannya adalah terdapatnya minyak Atsiri. Pada beberapa jenis pohon yang ada di dalam hutan baik hutan homogen maupun hutan heterogen terdapat beberapa jenis pohon yang memiliki aroma tertentu.

pada tumbuhan tersebut terdapat senyawa kimia yang disebut dengan atsiri. Untuk mendapatkan atsiri tersebut haruslah di ekstrak terlebih dahulu, biasanya dengan destilasi pada daun. Beberapa contoh tumbuhan yang cukup terkenal sebagai penghasil minyak atsiri adalah kayu putih. 5. Madu Meskipun tak berbentuk terlalu besar, namun madu merupakan salah satu contoh hasil hutan bukan kayu yang bisa kita temukan.

Pada beberapa hutan memang menyimpan madu alami yang banyak diperjual belikan. Pemanfaatan madu alami ini sendiri pada dasarnya sudah banyak dilakukan, terutama oleh masyarakat yang ada di sekitar hutan jika dibandingkan instansi yang terkait. Penjualan madu ini biasanya dilakukan secara perseorangan maupun dalam kelompok yang cukup besar dan teroganisir.

Madu hutan alami sendiri biasanya lebih banyak di buru dan dicari dibandingkan dengan madu ternak yang juga cukup terkenal. Selain beberapa contoh yang disebutkan di atas, masih ada beberapa contoh produk hutan lain seperti: • Kemenyan • Rotan • Tanin • Kopal Itulah tadi beberapa contoh hasil hutan bukan kayu yang bisa kita temukan.

Dari beberapa contoh yang disebutkan di atas, bisa dikatakan bahwa ternyata manfaat dan bentuk pemanfaatan dari hutan itu sendiri memang sangat luas. Ketika berbicara mengenai hasil komoditi dari hutan, maka kita tak akan selalu berbicara mengenai kayu. Namun, ada produk-produk lain yang bisa dimanfaatkan. Semoga informasi tadi bermanfaat. Disclaimer Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net.

Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net.

Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net Keberadaan hutan di seluruh permukaan Bumi memberikan peran yang sangat penting.

Bayangkan bagaimana makhluk hidup kalau semua hutan musnah? Tentu sangat mengerikan, bahkan kematian siap mengancam kita.

Hutan menghasilkan oksigen agar makhluk hidup tetap bisa bernapas. Hutan menyerap karbondioksida yang berguna untuk proses fotosintesis tumbuhan. Manusia dan hewan bisa mencari sumber makanan di dalam hutan untuk bertahan hidup.

Keberadaan hutan dapat mencegah banjir bandang, akar-akar pohon membantu menyerap dan menyimpan air di dalam tanah saat terjadi hujan lebat. Adanya hutan juga bisa mendinginkan suhu Bumi yang semakin memanas. Begitu besar peran hutan bagi warga di seluruh dunia, Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Hari Hutan Internasional tanggal 21 Maret setiap tahunnya. Sangat kuat alasan kita sebagai makhluk Bumi untuk selalu menjaga ekosistem.

Timbal balik antara manusia, hewan, tumbuhan dengan lingkungannya harus tetap seimbang. Keberadaan hutan telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan akan terus berlanjut jika tetap menjaganya. Masyarakat memperoleh hasil hutan dengan menebang pohon (Hasil Hutan Kayu) ataupun tanpa melakukan penebangan tetap bisa mendapatkan manfaatnya (Hasil Hutan Bukan Kayu).

Hasil-hasil hutan tersebut bisa langsung dikonsumsi ataupun dijual untuk mendapatkan penghasilan. Hasil Hutan Kayu. 1. Kayu Ulin. Jenis kayu ulin yang terdapat di hutan dikenal kuat, keras, berbobot berat, dan awet. Karena kekuatannya, masyarakat memanfaatnya untuk pembuatan bantalan rel kereta api, bangunan pintu air, bangunan pelabuhan, tiang rumah panggung dan sebagainya.

Kayu ulin banyak terdapat di hutan Kalimantan dan Sumatra. 2. Kayu Agathis. Merupakan jenis kayu yang biasa digunakan untuk pembuatan tangkai keris atau pisau. Damar putih adalah nama lain kayu agathis. Warnanya keabuan sedikit merah, bersifat berat, bulat dan berlemak. Kayu ini banyak tersebar di hutan Indonesia seperti di Maluku, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, Bangka dan Papua.

3. Kayu Jati. Daerah yang banyak terdapat kayu jati seperti hutan di Jawa Timur, Nusa Tenggara, Sulawesi Tenggara dan Jawa Tengah. Kayu jati terkenal dengan kualitasnya dan banyak digunakan sebagai bahan perabotan rumah tangga seperti kursi, meja, lemari, pintu dan sebagainya.

Selain itu, kayu jati bisa digunakan untuk membuat bangunan, kapal, dan bantalan rel kereta api. 4. Kayu Meranti. Masyarakat biasa menggunakan kayu meranti untuk pembuatan papan lantai dan pati emas. Banyak terdapat di hutan Kalimantan dan Sumatra, kayu ini berjenis meranti merah dan sebutkan macam macam hasil hutan putih.

5. Kayu Ramin. Kayu ramin banyak terdapat di hutan rawa gambut seperti di Pantai Selatan, Pantai Timur Kalimantan, Pantai Barat Sumatra, dan Pantai Timur Sumatra. 6. Kayu Kruing. Ada beberapa jenis kayu ini yaitu kruing minyak, kruing bulu, dan kruing batu. Satu lagi jenis di mana masyarakat biasa menggunakannya dalam pembuatan papan geladak, bantalan rel kereta api, dan bahan bangunan rumah adalah kruing bunga.

Kayu kruing banyak tersebar di hutan Sumatra dan Kalimantan. 7. Kayu Bakau. Sebutkan macam macam hasil hutan bakau sering kali digunakan sebagai bahan kertas komputer, kayu bakar, arang dan bisa juga sebagai bahan bangunan.

Hutan bakau tersebar di wilayah Pantai Selatan Papua, Pantai Timur Sumatra, Pantai Timur Kalimantan, dan Pantai Barat Kalimantan. Hasil Hutan Bukan Kayu.

1. Damar. Beragam pohon di hutan bisa sebutkan macam macam hasil hutan getah keras yang disebut damar. Jenisnya beragam seperti damar tanah, damar tulang, damar cengal dan damar sarang.

Masyarakat menggunakan damar sebagai bahan untuk membuat sebutkan macam macam hasil hutan, sabun, vernis dan dalam bidang farmasi. 2. Rotan. Perabot rumah tangga banyak yang terbuat dari rotan. Selain itu, para pengrajin sanggup mengkreasikan rotan menjadi berbagai bentuk kerajinan yang bisa menghasilkan keuntungan. Rotan tersebar terutama di hutan Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera. Berbagai jenis rotan yang ada di hutan seperti ayer, segak dan sega semu. 3. Sutra alam. Hutan bisa menghasilkan sutra alam (kepompong) yang nantinya menjadi benang sutra sebagai bahan pembuatan kain dan pakaian yang bernilai tinggi.

Hutan-hutan di wilayah Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Sumatra Barat dan Jawa Barat banyak menghasilkan sutra alam. 4. Bambu. Bambu banyak manfaatnya terutama dalam pembuatan kerajinan.

Tak jarang masyarakat juga menggunakannya sebagai bahan bangunan rumah. Hutan di Jawa dan Sumatra adalah daerah yang menghasilkan banyak bambu. 5. Minyak kayu putih. Pohon jenis Eucalyptus tersebar di hutan-hutan Indonesia menghasilkan minyak kayu putih yang bermanfaat sebagai obat luar. Di hutan juga banyak tumbuhan yang bisa menghasilkan minyak atsiri dengan aroma tertentu. Beberapa wilayah seperti Seram Barat di Maluku dan Kayeli di Pulau Buru adalah penghasil minyak kayu putih di Indonesia.

6. Gambir. Masyarakat di Indonesia mengolah getah perasan dari daun gambir di hutan dan menjadikannya bentuk kristal keras. Manfaat gambir terutama sebagai bahan penyamakan kulit. 7. Kapur barus. Pohon kamper di hutan menghasilkan kapur barus dalam retak-retaknya yang kemudian masyarakat memanfaatkannya dalam industri farmasi. 8. Kemenyan. Masyarakat menggunakan kemenyan biasanya dalam upacara adat. Terdapat jenis putih dan hitam yang berasal dari pohon kemenyan atau Syntrax bezoin.

9. Terpentin. Getah pada bagian kulit dan kayu pohon pinus bisa diolah (penyulingan) menjadi minyak terpentin. Banyak terdapat di wilayah hutan Sumatra Utara, terpentin berfungsi sebagai bahan mengencerkan tinta dan cat.

10. Kopal. Pabrik vernis memanfaatkan kopal. Berasal dari pohon agathis, kopal banyak tersebar di hutan Sulawesi. 11. Gondorukem. Gondorukem bermanfaat sebagai bahan cat dan pelitur supaya tampak mengkilat. Banyak terdapat di hutan Sumatra, Jawa Barat, dan Wonogiri. Gondorukem berasal dari getah pohon yang telah lama mengendap dalam tanah sehingga sering disebut getah tanah. Gondorukem juga bisa dihasilkan dari menyadap getah pohon pinus. 12. Madu. Lebah di hutan menghasilkan sebutkan macam macam hasil hutan yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, termasuk sebagai bahan makanan.

Usaha madu banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 13. Gaharu. Gaharu bermanfaat khususnya dalam pembuatan parfum dan wewangian lainnya. Berasal dari pohon Aquilaria malaccensis, masyarakat mengambil bagian resinnya yang kemudian diolah jadi berbagai produk untuk mendapatkan keuntungan. 14. Buah-buahan dan umbi-umbian. Terdapat berbagai macam tanaman di hutan yang bisa dipetik buahnya seperti duku, rambutan hutan, salak hutan, durian, dan lain-lain.

Selain itu, ada juga umbi-umbian seperti keladi, ubi jalar dan singkong. Khususnya bagi orang rimba, hasil hutan tersebut dikonsumsi dan sebagian bisa dijual untuk bertahan hidup.

15. Tanaman obat. Hutan menyediakan berbagai jenis tanaman obat yang bisa diolah. Orang rimba bisa menggunakan tanaman obat sebagai pertolongan pertama untuk penyembuhan luka. Tentu hal itu sangat membantu karena lokasi mereka yang jauh dari fasilitas kesehatan. Contoh tanaman obat dalam hutan seperti tunjuk langit dan akar keloloit yang juga bisa dijual.

16. Hewan. Bagi orang-orang rimba yang tinggal di dalam hutan, berburu hewan seperti ikan dan babi masih menjadi kebiasaan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Nah, sudah tahu kan arti penting hutan bagi kita semua?

Semoga kesadaran kita sebagai manusia berakal bisa bangkit untuk ikut serta menjaga kelestarian hutan, ya! Source • https://m.wajibbaca.com/2019/05/hasil-hutan-dan-manfaatnya.html • https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hutan/contoh-hasil-hutan-bukan-kayu • http://www.tnbukitduabelas.id/konten/jenis-jenis-hasil-hutan-bukan-kayu-di-kawasan-taman-nasonal-bukit-duabelas-yang-dimanfaatkan • https://lingkunganhidup.co/manfaat-hutan-bagi-manusia-dan-lingkungan/
Contents • Mengenali Hutan Indonesia • 10 Hasil Hutan Indonesia • Related posts: Mengenali Hutan Indonesia Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di dunia dengan jumlah luas hutan yang begitu besar.

Ini merupakan karunia dari Allah Ta’ala yang sebutkan macam macam hasil hutan kita jaga dan lestarikan supaya bisa terus dinikmati untuk generasi-generasi berikutnya.

Sayangnya laju kerusakan hutan di Indonesia amatlah besar, kerusakan yang terjadinya banyaknya karena penebangan hutan secara ilegal, alih fungsi lahan hutan, pembakaran disekitar hutan dan yang lainnya. Untuk kita kita harus me- refresh lagi pengetahuan kita akan fungsi-fungsi hutan bagi kehidupan manusia supaya kita sadar akan pentingnya hutan. Baca Juga : Mengenali Hasil Laut Indonesia Dan di bawah ini adalah manfaat hutan bagi kehidupan manusia: • Sebagai paru-paru dunia.

• Dapat menyimpan air dalam volume yang sangat besar. • Mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor • Tempat wisata, riset dan pendidikan.

sebutkan macam macam hasil hutan

• Hasil hutannya bisa dijual baik di dalam maupun luar negeri. • Dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah setelah kita mengetahui apa saja fungsi dari hutan, mari kita simak apa saja hasil-hasil hutan Indonesia ini, lets check this out: 10 Hasil Hutan Indonesia • Kayu jati.

• Kayu ulin. • Kayu alba atau agathis. • Kayu sengon. • Kayu meranti. • Rotan. • Damar.

sebutkan macam macam hasil hutan

• Bambu. • Minyak kayu putih. • Kapur barus. Dan masih banyak lagi hasi-hasil hutan Indonesia, seperti misalnya jamur, madu, getah, resin, kayu cendana yang yang lainnya. Tulisan Lainnya : Inilah Hasil Pertanian Indonesia Mungkin cukup sekian tulisan saya terkait dengan beberapa hasil hutan Indonesia yang perlu untuk kita ketahui bersama.

Tentunya saya berharap dengan ini kita semakin termotivasi lagi untuk senantiasa menjaga dan melestarikan hutan khususnya yang ada disekitar kita.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman para pembaca sekalian yang budiman, sekian dan terima kasih banyak atas kunjungannya. Recent Posts • Pengaruh Letak Geografis Indonesia yang Harus Kita Tahu • Berapa Jumlah Pemain Sepakbola?

Inilah Jawabannya • Pengaruh Letak Astronomis Indonesia yang Harus Kamu Tahu • Pengaruh Letak Geologis Indonesia yang Harus Kamu Tahu • ASEAN Merupakan Organisasi? Jawaban Lengkapnya Disini • Apa yang Dimaksud dengan Iklan Non Niaga? Jawabannya Disini • Iklan Non Niaga Adalah? Inilah Jawabannya • Gambar Iklan Non Komersial Terbaik yang Pernah Ada • Contoh Iklan Non Komersial di Sekitar Kita • Iklan Non Komersial Adalah? Inilah Jawabannya Potongan kayu dari Sebutkan macam macam hasil hutan Mountain Ash Hasil hutan adalah segala macam material yang didapatkan dari hutan untuk penggunaan komersial seperti kayu potong, kertas, dan pakan hewan ternak.

Kayu adalah hasil hutan komersial yang paling dominan, digunakan di berbagai industri seperti bahan bangunan dan sebagai bahan baku kertas dalam bentuk pulp kayu. Sedangkan hasil hutan non-kayu yang merupakan hasil hutan yang didapatkan tanpa menebang pohon, sangat beragam jenisnya.

Banyak kebijakan manajemen hutan diimplementasikan yang berdampak pada ekonomi hasil hutan, termasuk pembatasan akses hutan, bea penebangan hutan, dan kuota penebangan. Deforestasi, pemanasan global, dan masalah lingkungan lainnya menjadi alasan pentingnya penerapan kebijakan manajemen hutan, karena semua itu juga mengganggu ketersediaan dan keberlanjutan hasil hutan pada masa depan. Ide kehutanan berkelanjutan yang bertujuan menjaga hasil hutan tanpa menyebabkan kerusakan ekosistem yang tidak dapat diperbaiki telah mengubah hubungan antara aktivis lingkungan dan industri hasil hutan.

Lihat pula [ sunting sebutkan macam macam hasil hutan sunting sumber ] • Wanatani • Kaki papan, sebuah satuan pengukuran kayu di Amerika Utara • Tebang habis • Cord (volume) • Manajemen hutan • Hasil hutan non-kayu • Silvikultur Referensi [ sunting - sunting sumber ] • Hutan lindung • Hutan konservasi • Kawasan suaka alam • Cagar alam • Suaka margasatwa • Kawasan pelestarian alam • Taman nasional • Taman hutan raya • Taman wisata alam • Taman buru • Hutan produksi • Hutan produksi terbatas • Hutan produksi tetap • Kawasan hutan dengan tujuan khusus • Perhutanan kota • Cagar biosfer Bedasarkan iklim • Aforestasi • Alometri pohon • Arborikultur • Arsitektur pohon • Deforestasi • Degradasi • Dendrologi • Dendrokronologi • Ekologi api • Hutan • informatika • Inventarisasi • Manajemen hama • Patologi • Perlindungan • Restorasi • Hutan primer • Kayu bersertifikat • Manajemen berkelanjutan • Pemanfaatan hutan • Pembakaran terkendali • Penipisan ekologis • Pengukuran pohon • Permodelan pertumbuhan dan hasil • Reboisasi • ( urban) • Silvikultur • Silvologi Lingkungan • Anatomi kayu • Hasil hutan • Penebangan kayu • Terubusan • Manufaktur • Kayu gelondongan • Industri pulp dan kertas • Penggergajian kayu • Produk • Kayu lapis • Kayu serpih • Venir kayu • Papan partikel • Papan serat • Furnitur • Biochar • Biomassa • Arang • Hasil hutan non-kayu • Rayon • Resin • Karet • Kulit kayu penyamakan • Jalur rel hutan • Hutan tanaman • Budi daya pohon natal • Budi daya kenanga • Sebutkan macam macam hasil hutan daya sengon • Hutan jati • Hutan pinus • Budi daya pohon-pohon keras • Kayu Pekerjaan • FAO • ITTO • IUFRO • FSC • Perum Perhutani • Hutan Tanaman Industri • Kementrian • Direktorat Jenderal Kehutanan, Departemen Pertanian • Departemen Kehutanan • Departemen Kehutanan dan Perkebunan • Kementerian Kehutanan Indonesia • Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Kebijakan kehutanan • Halaman ini terakhir diubah pada 25 Februari 2020, pukul 09.02.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.

• Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Hutan adalah suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas.

Hutan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, dan pelestari tanah serta merupakan salah satu aspek biosfer bumi yang paling penting. Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar. Fungsi/Kegunaan/Manfaat Hutan Bagi Manusia dan Lingkungan Hutan memiliki banyak manfaat untuk kita semua.

Hutan merupakan paru-paru dunia (planet bumi) sehingga perlu kita jaga karena jika tidak maka hanya akan membawa dampak yang buruk bagi kita di masa kini dan masa yang akan datang. 2.

sebutkan macam macam hasil hutan

Manfaat/Fungsi Klimatologis a. Hutan dapat mengatur iklim b. Hutan berfungsi sebagai paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen bagi kehidupan. 3. Manfaat/Fungsi Hidrolis a. Dapat menampung air hujan di dalam tanah b. Mencegah intrusi air laut yang asin c. Menjadi pengatur tata air tanah 4.

Manfaat/Fungsi Ekologis a. Mencegah erosi dan banjir b. Menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah sebagai wilayah untuk melestarikan kenaekaragaman hayati 1.

Kayu cendana, dihasilkan dari hutan cendana yang terdapat di daerah Nusa Tenggara. 2. Kayu bakau, merupakan hasil hutan di daerah yang berpayau-payau. 3. Bambu, dihasilkan dari hutan honaogen (bambu), terdapat di Jawa dan Sulawesi.

4. Kayu jati, dihasilkan dari hutan jati yang terdapat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Pulau Buton. 5. Kayu pinus, dihasilkan dari hutan pinus yang terdapat di Takengon (Aceh). 6. Kayu meranti, kamper, kruing, ulin, kayu besi, kayu hitam, dan jenis-jenis kayu yang lain adalah hasil hutan rimba di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Seram, Sebutkan macam macam hasil hutan, dan Papua.

7. Kayu jeunjing (sengon), dihasilkan dari hutan kayu sengon. Terdapat di Jawa Barat dan Jawa Tengah. 8. Rotan, banyak terdapat di hutan Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. 9. Damar (getah pohon-pohon, seperti getah dari pohon barus), banyak terdapat di hutan Sumatera dan Sulawesi.

10. Getah agatis, berasal dari pohon agatis yang terdapat di hutan-hutan Kalimantan, Sulawesi Tengah, dan Maluku. 11. Jelantung, merupakan hasil hutan yang banyak terdapat di Kalimantan dan Sumatera. 12. Buah tengkawang, dihasilkan dari hutan Kalimantan. Kemenyan, merupakan hasil hutan yang banyak terdapat di Sumatera. 13. Getah perca (getah liar), yaitu sejenis karet hutan yang banyak terdapat di Sumatera dan Kalimantan. 14. Gambir, dihasilkan dari hutan yang terdapat di Riau dan Kalimantan.
Hasil Pertanian Berbagai contoh dari hasil pertanian beserta pemanfaatannya, antara lain : 1.

Padi = Sebagai bahan makanan pokok. 2.

sebutkan macam macam hasil hutan

Jagung = Sebagai bahan makanan pokok dan pakan ternak. 3. Kacang Kedelai = Sebagai bahan baku pembuatan tempe, susu, tahu, dan kecap. 4. Kubis = Sebagai lauk makanan pokok dan sumber Vitamin. 5. Gandum = Sebagai bahan makanan pokok dan bahan pembuat roti. 6. Labu Siam = Sebagai sumber makanan bergizi. 7. Cabai = Sebagai bahan pelengkap makanan serta sebagai sumber perekonomian. 8. Bawang = Sebagai bahan pelengkap makanan pokok.

9. Kacang Tanah = Sebagai bahan baku pembuatan rempeyek. 10. Ubi-ubian = Sebagai bahan baku pembuatan keripik, kue, cemilan, dsb.

sebutkan macam macam hasil hutan

_________________________ Hasil Perkebunan Berbagai contoh dari hasil perkebunan beserta pemanfaatannya, antara lain : 1. Kelapa Sawit = Sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng dan margarin. 2. Karet = Sebagai bahan baku pembuatan ban dan isolator kabel. 3. Tebu = Sebagai bahan baku pembuatan gula pasir. 4. Kina = Sebagai bahan baku pembuatan obat malaria. 5. Nilam = Sebagai bahan baku pembuatan parfum. 6. Kakao = Sebagai bahan baku pembuatan bubuk coklat, es krim, susu, makanan ringan, dsb.

7. Kopi = Sebagai bahan baku pembuatan bubuk kopi. 8.

sebutkan macam macam hasil hutan

Teh = Sebagai bahan baku pembuatan minuman teh. 9. Vanili = Sebagai sebutkan macam macam hasil hutan tambahan makanan atau minuman. 10. Apel = Sebagai bahan baku pembuatan keripik apel dan jus apel. _________________________ Hasil Laut dan Perikanan Berbagai contoh dari hasil Laut dan Perikanan beserta pemanfaatannya, antara lain : 1.

Ikan = Sumber protein hewani. 2. Rumput Laut = Obat, bahan makanan, dan Kosmetik. 3. Terumbu Karang = Wahana Rekreasi bahari. 4. Mutiara = Sebagai bahan baku perhiasan. 5. Udang = Sebagai sumber protein hewani. 6. Teripang = Sebagai sumber makanan dan obat-obatan. 7. Garam = Sebagai bahan penambah makanan.

8. Cumi-cumi = Sebagai sumber protein hewani. 9. Kepiting = Sebagai sumber protein hewani. 10. Minyak bumi = Sebagai sumber bahan bakar. _________________________ Hasil Hutan Berbagai contoh dari hasil hutan beserta pemanfaatannya, antara lain : 1. Getah Damar = Sebagai bahan pembuatan cat, pewarna, tinta, kosmetik, dll. 2. Resin Gaharu = Sebagai bahan pembuatan parfum. 3.

sebutkan macam macam hasil hutan

Cendana = Sebagai bahan tambahan parfum, bahan obat-obatan, bahan meubel, dll. 4. Kayu Manis = Sebagai bahan penyedap makanan serta obat kesehatan. 5. Kemiri = Sebagai bahan penyedap makanan. 6. Sagu = Sebagai sumber makanan pokok. 7. Jati = Sebagai bahan furniture, infrastruktur bangunan, dsb. 8. Mahoni = Sebagai bahan bangunan, sumber obat herbal, serta sumber bahan pembuatan lem. 9. Anggrek Hutan = Sebagai tanaman hias. 10. Pasak Bumi = Sebagai sumber kesehatan bagi tubuh manusia.

_________________________ Hasil Peternakan Berbagai contoh dari hasil peternakan beserta pemanfaatannya, antara lain : 1. Sapi = Susu, bahan pembuatan pakaian kulit. 2. Kambing = Sebagai bahan utama pembuatan jaket maupun sumber protein hewani. 3. Ayam = Sumber protein hewani, bulunya untuk kemoceng. 4. Telur = Sumber protein hewani. 5. Bebek = Sumber protein hewani.

6. Ulat Sutera = Sumber bahan baku kain sutera. 7. Lebah = Madu. 8. Kerbau = Sumber protein hewani. 9. Kelinci = Hewan peliharaan sebutkan macam macam hasil hutan sumber protein hewani. 10. Kuda = Sebagai penunjang olahraga pacu kuda maupun sumber protein hewani. _________________________ Hasil Pertambangan Berbagai contoh dari hasil pertambangan beserta pemanfaatannya, antara lain : 1. Batubara = Bahan pembangkit tenaga listrik.

2. Belerang = Komponen penyusun pupuk buatan. 3. Biji Besi = Bahan pembuatan baja, kawat baja, dsb 4. Fosfat = Penguat tulang dan gigi. 5. Emas dan Perak = Sebagai perhiasan. 6. Gas Alam = Sebagai pembangkit listrik serta bahan bakar. 7. Grafit = Sebagai timbal pada pensil. 8. Granit = Sebagai bahan infrastruktur bangunan eksterior. 9. Minyak Bumi = Sebagai bahan bakar kendaraan.

10. Nikel = Bahan campuran pembuatan stainless steel. Semoga jawaban kakak dapat membantu, apabila masih terdapat pertanyaan yang lain, jangan ragu ajukan pertanyaanmu di Brainly ya. Detail Tambahan Kelas : IV Pelajaran : Tema 9 Kayanya Negeriku Kategori : Subtema 2 - Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Kata Kunci : Hasil Perkebunan, Pertanian, Perikanan, Pertambangan, Hutan, Pemanfaatan Kode : - 1.Tari Saudati gerakannya diilhami oleh .

2.Tari Saudati merupakan penggambaran . 3.Dalam tari Saudati tepukan dada disebut . 4.Dalam tari Sa … udati jentikan jari disebut . 5.Dalam tari Saudati dipimpin oleh seorang. 6.tari Saudati ditarikan berkelompok sebanyak .7.Tari Serampang dua belas mengisahkan tentang.8.Tari Serampang dua belas sebelumnya bernama.9.Tari Serampang dua belas diiringi oleh lagu .

10.Serampang dua belas bertempo. ​ Image Source: sebutkan macam macam hasil hutan Hallo para pembaca wajibbaca.com, sebagaimana yang kita ketahui bahwa hutan memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah hutan menghasilkan hasil hutan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk lainnya dimuka bumi ini. Nah, berbicara mengenai hasil hutan, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas.

Namun, yang akan menjadi poin utama pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai beberapa contoh hasil hutan dan pemanfaatannya. Yang dimaksud dengan hasil hutan adalah semua jenis material yang diperoleh dari dalam hutan dan dipergunakan secara komersil atau untuk kepentingan ekonomi.

Secara umum hasil hutan ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu Hasil Hutan Non-Kayu dan Hasil Hutan Kayu. Hasil hutan non-kayu, yaitu yang didapatkan dengan tanpa menebang pohon hutan.

Sedangkan hasil hutan kayu, yaitu yang didapatkan dengan menebang pohon hutan. Lalu apa saja contoh hasil dari hutan dan manfaatnya?

Apa saja hasil hutan kayu dan nonkayu? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa contoh hasil hutan dan manfaatnya dibawah sebutkan macam macam hasil hutan. Baca Juga : • Lagi Musim Dingin, Amerika Bisa Kebakaran Hutan Sebesar ini Layaknya Neraka • Luar Biasa, Keindahan Wisata Pinus Kragilan Jadi Trending di Instagram • Berbagai Macam Potensi Sumber Daya Alam Indonesia yang Sangat Kaya Hasil Hutan dan Manfaatnya Berikut Ini Contoh Hasil Hutan Non-Kayu  Image Source: beritasatu.com 1.

Rotan Rotan ini banyak dihasilkannya dari hutan pulau Sumatera, pulau Kalimantan dan pulau Sulawesi. Jenis rotan sebenarnya ada banyak, seperti rotan sega, rotan sega semu dan rotan ayer.

sebutkan macam macam hasil hutan

Adapun sebagian besarnya rotan ini dimanfaatkan dan digunakan untuk perabot rumah dan bahan barang-barang untuk kerajinan. 2. Damar Damar adalah getah keras dari bermacam-macam pohon. Adapun fungsi dan kegunaan damar yaitu antara lain sebagai bahan untuk industri pembuatan sabun, cat, vernis dan industri farmasi lainnya.

3. Kapur barus Kapur Barus merupakan kristal-kristal kecil dalam lekah-lekah (retak-retak) pohon kapur atau kemper. Adapun kapur barus bermanfaat pada bidang farmasi dan sebagai bau-bauan. 4. Kemenyan Kemenyan adalah hasil pohon kemenyan (Sytrax benzoin). Kemenyan terdiri dari kemenyan hitam dan putih. Biasanya kemenyan dimanfaatkan dan digunakan untuk upacara adat. 5. Gambir Gambir berasal dari getah perasan daun gambir yang diolah hingga menjadi kristal-kristal keras.

Gambir dipergunakan dan difungsikan untuk bahan-bahan penyamakan kulit. 6. Kopal Kopal ini berasal dari pohon agathis yang digunakan untuk pabrik-pabrik vernis. Adapun hutan-hutan di Sulawesi merupakan hutan yang banyak menghasilkan kopal.

7. Gondorukem Gondorukem disebut juga getah tanah, karena gondorukem berasal dari getah pohon yang telah memfosil di dalam tanah. Gondorukem banyak dihasilkan dari hutan daerah Priangan, Jawa Barat dan Wonogiri. Hasil hutan non-kayu jenis gondorukem ini sangat bermanfaat untuk bahan pelitur dan cat agar mengkilat. 8. Terpentin Terpentin merupakan minyak hasil penyulingan getah dari kulit dan kayu pohon pinus. Fungsi dan manfaat terpentin yaitu sebagai bahan pengencer cat dan tinta.

Dan daerah Sumatera Utara adalah daerah yang banyak sebutkan macam macam hasil hutan menghasilkan terpentin ini. 9. Bambu Bambu ini banyak dihasilkan di hutan pulau Sumatera dan pulau Jawa. Fungsi dan kegunaan dari bahan jenis bambu yaitu antara sebutkan macam macam hasil hutan sebagai bahan bangunan rumah dan bahan baku kerajinan. 10. Sutra alam Jenis usaha per-sutraan alam menghasilkan kukonj (kepompong) yaitu sebuah bahan baku dasar dari benang sutra.

Benang sutra bernilai ekonomi tinggi. Kebanyakan sutra alam ini dihasilkan dari hutan-hutan di daerah provinsi Sumatera Barat, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Sulawesi Selatan. Fungsi dan kegunaan dari bahan jenis sutra yaitu sebagai bahan dasar pembuatan sarung sutra, pakaian, kain dan lain sebagainya. 11. Minyak kayu putih Minyak kayu putih berasal dari daun pohon Eucalyptus. Pohon jenis ini tersebar di seluruh Indonesia. Daerah penghasil minyak kayu putih yaitu seperti Kayeli (Pulau Buru) dan Seram Barat (Maluku).

Pada umumnya, minyak kayu putih digunakan sebagai obat luar berbagai penyakit, diantaranya seperti pelemas otot, kejang, mulas perut dan sakit kepala.

sebutkan macam macam hasil hutan

12. Madu Madu merupakan hasil usaha untuk meningkatkan hasil hutan non-kayu. Usaha ini dilakukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia yang mana mendapatkan jenis bahan ini melalui perantara seperti hewan lebah.

Mulai dari lebah dari alam maupun lebah yang dipelihara atau diternak. Berikut Ini Contoh Hasil Hutan Kayu  Image Source: inilahtasik.com 1. Agathis Agathis disebut juga dengan damar putih merupakan kayu yang berlemak, memiliki sifat berat, bulat dan dari luar berwarna keabu-abuan dengan sedikit merah.

Kayu ini biasanyaa dimanfaatkan dan difungsikan untuk membuat tangkai pisau dan keris. Daerah-daerah penghasil kayu agathis yaitu seperti hutan di daerah Maluku, Sumatera, Bangka, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

2. Bakau Hutan bakau banyak terdapat di daerah Pantai Timur Sumatera, Pantai Barat dan Pantai Timur Kalimantan, serta Pantai Selatan Papua. Fungsi dan manfaat kayu bakau yaitu sebagai bahan bangunan, kayu bakar, arang dan bahan kertas komputer.

3. Kruing Hutan di daerah pulau Sumatera dan pulau Kalimantan banyak menghasilkan kayu jenis ini. Jenis-jenis kruing adalah antara lain seperti kruing minyak, batu, bunga dan kruing bulu. Adapun kruing bunga ini bermanfaat untuk bangunan rumah, bantalan rel kereta api dan papan geladak. 4. Ulin Kayu ulin disebut juga kayu besi, karena kayu ulin adalah jenis kayu yang memiliki bobot paling berat, paling keras dan paling awet.

Kayu ulin digunakan untuk bangunan pelabuhan, bantalan rel kereta api, dek jembatan, tuang pancang, bangunan pintu air dan sirap (atap bangunan). Adapun daerah penghasil kayu ulin ini yaitu seperti hutan Sumatera (terutama Sumatera Selatan) dan Kalimantan. 5. Jati Kayu jati tergolong kayu yang berkualitas baik, sehingga kayu jati sering dimanfaatkan untuk bahan bangunan, bantalan sebutkan macam macam hasil hutan kereta api dan bahan pembuat kapal.

Dan sekarang ini banyak juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan lemari, kursi, pintu dan lain-lainnya. Adapun daerah penghasil kayu jati adalah antara lain seperti hutan Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara dan Sulawesi Tenggara.

6. Ramin Kayu raminn ini banyak sekali dihasilkan dari hutan rawa gambut di daerah Pantai Timur Sumatera, Pantai Sebutkan macam macam hasil hutan Sumatera, Pantai Selatan dan Pantai Timur Kalimantan. 7. Meranti Terdapat jenis meranti merah dan meranti putih. Kayu meranti biasanya dimanfaatkan untuk papan lantai dan papan pati emas. Adapun daerah penghasil meranti yaitu antara lain seperti hutan di Sumatera dan Kalimantan.

Demikian penjelasan diatas mengenai beberapa macam hasil hutan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!
#2 jenis hutan, jenis kayu, hasil hutan, fungsi dan manfaatnya akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini.

Adapun point-point pokok pembahasan tentang jenis-jenis hutan, jenis kayu, pengelompokan hasil hutan, fungsi dan manfaat hutan didalam persebaran sumber daya alam di Indonesia yang masuk kedalam kategori sumber daya alam yang dapat diperbaharui ( renewable resources) yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain : 5.

Bentuk khas hutan hujan tropis terletak pada ketinggian 0-1.000 meter diatas permukaan air laut (dpal). Pada ketinggian 1.000-2.400 meter diatas permukaan air laut, susunan jenis tumbuhan kurang beragam. Sedangkan pada ketinggian diatas 2.400 meter diatas permukaan air laut merupakan hutan yang terdiri dari lumut dengan pohon-pohon yang kerdil dan merunduk.

Jenis usaha per-sutraan alam menghasilkan kukonj (kepompong) yaitu sebuah bahan baku dasar dari benang sutra. Benang sutra bernilai ekonomi tinggi. Kebanyakan sutra alam dihasilkan dari hutan-hutan di daerah provinsi Sumatera Barat, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Sulawesi Selatan. Fungsi dan kegunaan dari bahan jenis sutra adalah sebagai bahan dasar pembuatan sarung sutra, pakaian, kain dan lain sebagainya.

Minyak kayu putih berasal dari daun pohon Eucalyptus. Pohon jenis ini tersebar di seluruh Indonesia. Daerah penghasil minyak kayu putih adalah seperti Kayeli (Pulau Buru) dan Seram Barat (Maluku). Umumnya, minyak kayu putih digunakan sebagai 0b4t luar berbagai penyakit, diantaranya seperti pelemas otot, kejang, mulas perut dan sakit kepala.

Madu adalah hasil usaha untuk meningkatkan hasil hutan non-kayu. Usaha ini dilakukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia yang mana mendapatkan jenis bahan ini melalui perantara seperti lebah, mulai dari lebah dari alam maupun lebah yang dipelihara atau diternak. Contoh madu yang sering dijual di toko atau swalayan adalah madu tj, madurasa dan lain sebagainya. Agathis disebut sebutkan macam macam hasil hutan dengan damar putih adalah kayu yang berlemak, memiliki sifat berat, bulat dan dari luar berwarna keabu-abuan dengan sedikit merah.

Kayu ini dimanfaatkan dan difungsikan untuk membuat tangkai pisau dan keris. Daerah-daerah penghasil kayu agathis adalah seperti hutan di daerah Maluku, Sumatera, Bangka, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Kayu ulin disebut juga kayu besi sehingga kayu ulin adalah jenis kayu yang memiliki bobot paling berat, paling keras dan paling awet. Kayu ulin digunakan untuk bangunan pelabuhan, bantalan rel kereta api, dek jembatan, tuang pancang, bangunan pintu air dan sirap (atap bangunan).

sebutkan macam macam hasil hutan

Adapun daerah penghasil kayu ulin adalah seperti hutan Sumatera (terutama Sumatera Selatan) dan Kalimantan. Kayu jati termasuk kayu yang berkualitas baik, sehingga kayu jati sering dimanfaatkan untuk bahan bangunan, bantalan rel kereta api dan bahan pembuat kapal serta sekarang ini banyak juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan lemari, kursi, pintu dan lain sebagainya.

Adapun daerah penghasil kayu jati adalah antara lain seperti hutan Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara dan Sulawesi Tenggara.

Praktek Mengajar 2_Materi Psikotropika




2022 www.videocon.com