Cara pencegahan varises

cara pencegahan varises

Advertisement Cara mencegah varises Varises paling sering terjadi pada tungkai. Kemunculan varises dapat terjadi secara tiba-tiba apabila Anda memiliki faktor risiko di atas. Meski sulit untuk mencegah terjadinya varises, namun Anda dapat mencegah penyakit yang dialami menjadi semakin buruk. Beberapa cara mencegah varises dapat dilakukan, antara lain: 1. Hindari berdiri atau duduk dalam waktu lama Jangan terlalu sering berdiri dan duduk dalam waktu yang lama karena hal inilah yang sering menjadi penyebab varises.

Usahakan untuk berjalan setiap 30 menit. Ketika duduk, hindari untuk menekuk atau menyilangkan kaki. 2. Berolahraga secara teratur Otot pada tungkai dapat membantu aliran balik darah vena menuju jantung, yang melawan gaya gravitasi. Olahraga yang melibatkan otot tungkai juga dapat mencegah terbentuknya varises baru, dan membantu mengurangi berat badan jika Anda memiliki berat badan berlebih atau cara pencegahan varises. 3. Memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung Pada saat beristirahat, Anda dapat menaruh bantal di bawah kaki Anda agar sedikit terangkat.

Cara pencegahan varises yang disarankan adalah membuat kaki Anda berada lebih tinggi dari posisi jantung. Hal ini dapat memperlancar aliran darah dari kaki menuju jantung. 4. Tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat Hindari menggunakan pakaian terlalu ketat, terutama pada area sekitar pinggang, panggul, dan tungkai.

Pakaian ketat ini dapat memperparah varises yang Anda alami. 5. Menghindari penggunaan sepatu hak tinggi terlalu sering Wanita suka menggunakan sepatu berhak tinggi. Jika Anda menggunakannya, hindari menggunakan sepatu tersebut dalam waktu lama. Hak sepatu yang lebih rendah dapat membantu tonus otot pada tungkai, yang berguna untuk memperlancar aliran vena. 6.

cara pencegahan varises

Memperbaiki cara pencegahan varises tidur untuk wanita hamil Kehamilan adalah salah satu penyebab terbesar dari varises. Namun tenang, ada cara mencegah varises yang bisa dicoba oleh bumil! Cobalah untuk tidur menghadap ke kiri untuk mencegah dan mengurangi gejala varises. Posisi tidur ini dapat mengurangi tekanan pada vena besar di area panggul, sehingga varises tidak akan muncul.

7. Menjaga berat badan ideal Berat badan yang berlebih, atau banyaknya lemak di dalam tebuh, menjadi salah satu penyebab varises. Sebab, obesitas atau berat badan berlebih dapat memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah di kaki. Hal ini menyulitkan darah untuk bisa dipompa kembali ke jantung. Cobalah cara pencegahan varises menjaga berat badan ideal Anda sebagai cara mencegah varises agar tidak datang!

8. Menggunakan stoking kompresi Menurut ahli, menggunakan stoking kompresi dapat membantu pergerakan aliran darah menuju jantung. Stoking ini didesain secara khusus untuk memberikan tekanan pada tungkai sehingga mencegah darah berkumpul pada tungkai bawah dan mengurangi pembengkakan pada tungkai.

Selain mencegah, stoking kompresi juga dapat membantu meredakan gejala nyeri, rasa tidak nyaman, dan pembengkakan yang Anda alami akibat varises.

Terdapat tiga jenis stoking kompresi yang dapat Anda gunakan, yaitu: • Pantyhose. Stoking model ini memberikan tekanan paling rendah dan banyak dijual di berbagai toko pakaian.

cara pencegahan varises

• Stoking kompresi gradien. Stoking jenis ini memberikan tekanan lebih pada daerah kaki, pergelangan kaki, dan tungkai bawah. Area tersebut merupakan area yang membutuhkan tekanan paling tinggi untuk mengalirkan darah balik menuju jantung. Stoking ini dapat Anda temukan di toko alat kesehatan dan toko obat. • Stoking kompresi bertekanan tinggi. Stoking jenis ini memiliki tekanan terbesar pada daerah kaki, pergelangan kaki, dan tungkai bawah.

Stoking ini cara pencegahan varises dapat Anda beli dengan menggunakan resep dokter. Biasanya, Anda perlu melakukan pengukuran untuk menyesuaikan stoking dengan ukuran tungkai Anda.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan stoking kompresi, yaitu pastikan Anda tidak memiliki kondisi medis lain, seperti gagal jantung, yang dapat memperburuk kondisi jika Anda mengunakan stoking bertekanan tinggi. Stoking kompresi juga dapat digunakan ketika hamil untuk mencegah terjadinya varises. Saat hamil, Anda berisiko tinggi untuk mengalami varises akibat peningkatan tekanan cara pencegahan varises janin yang dapat menekan pembuluh darah vena di area sekitar panggul.

Penggunaan stoking kompresi sebaiknya dilakukan sepanjang hari, mulai saat bangun tidur di pagi hari hingga sebelum tidur malam. Pada kondisi cuaca panas, penggunaan stoking dapat terasa tidak nyaman, tetapi sebaiknya Anda tetap menggunakannya mengingat keuntungan dari penggunaan stoking kompresi ini.

Salah satu dampak penggunaan stoking adalah kulit yang menjadi kering. Jika hal ini terjadi, Anda dapat menggunakan krim pelembap sebelum tidur agar kelembapan kulit Anda tetap terjaga. Perhatikan munculnya luka, perubahan warna, dan lenting pada tungkai Anda.

Penggunaan stoking kompresi dapat bertahan hingga 6 bulan. Setelah 6 bulan, sebaiknya Anda mengganti dengan stoking yang baru.

Hal ini dikarenakan penggunaan berulang menyebabkan stoking rusak dan penggunaannya tidak lagi efektif. Perawatan stoking juga diperlukan dengan mencucinya menggunakan air hangat. Pengobatan varises Varises yang tergolong ringan umumnya tidak membutuhkan pengobatan medis khusus dan dapat dilakukan di rumah. Namun, jika varises yang Anda alami telah menimbulkan gejala atau menyebabkan komplikasi, maka tindakan medis harus segera dilakukan.

Metode pengobatan yang akan dilakukan tergantung pada beberapa faktor, yaitu: • Kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan • Posisi dan ukuran varises • Tingkat keparahan varises yang dialami Pengobatan varises dilakukan dengan tujuan meredakan gejala, mengurangi keparahan, dan mencegah munculnya komplikasi.

Beberapa metode pengobatan cara pencegahan varises yang umumnya dilakukan adalah: 1. Pemberian obat Dokter akan meresepkan obat antiperadangan, seperti asam mefenamat atau ibuprofen untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan. 2. Terapi stoking Terapi ini menggunakan stoking kompresi khusus untuk menangani varises.

Stoking kompresi bekerja dengan cara memberikan tekanan pada otot kaki dan vena untuk melancarkan aliran darah. 3. Prosedur khusus Terdapat beberapa jenis prosedur yang bisa dilakukan untuk mengobati varises, yaitu: • Skleroterapi • Terapi laser • Terapi ablasi endotermal (radiofrekuensi) • Ambulatory phlebectomy • Transenduminated power phlebectomy • Ligasi pembuluh vena. • Endoskopi pembuluh vena ( endoscopic vein surgery) National Heart, Lung, and Blood Institute.

https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/varicose-veins Diakses pada April 2019 NHS Inform. https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/heart-and-blood-vessels/conditions/varicose-veins Diakses pada April 2019 Women's Health.

https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/varicose-veins-and-spider-veins Diakses pada April 2019 Healthline.

cara pencegahan varises

https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-varicose-veins#inpregnant-women Diakses pada 4 Februari 2021 San Francisco Vein Center.

https://www.sfveincenter.com/obesity-weight-varicose-veins/#:~:text=Excess%20body%20fat%20is%20also,gravity%20back%20to%20the%20heart. Diakses pada 4 Maret 2021 Penyakit Ini Penyebab dan Obat Nyeri Otot Paha yang Efektif Kram otot adalah penyebab utama nyeri otot paha. Kondisi ini disebabkan karena otot terlalu sering dipakai sehingga otot menjadi tegang dan timbul rasa sakit. Beruntung, saat ini ada berbagai obat nyeri otot paha yang efektif untuk atasi keluhan ini. Selain menyebabkan rasa kurang percaya diri ketika mengenakan cara pencegahan varises pendek atau bawahan yang lainnnya, varises dan spider veins(pembuluh darah kapiler yang berukuran lebih kecil) juga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti kesemutan, cepat merasa pegal, dan bahkan rasa sakit atau nyeri ketika berjalan atau berdiri.

Varises adalah pelebaran pembuluh darah yang seringkali terjadi pada kaki, dan telah mempengaruhi sebagian dari orang dewasa diseluruh dunia terutama wanita. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh tekanan yang terus-menerus pada pembuluh darah dikaki, yang pada akhirnya melemahkan pembuluh darah tersebut.

Sayangnya tidak ada cara yang pasti untuk mencegah varises ini agar tidak terjadi pada kaki Anda, namun Anda bisa memperkecil kemungkinannya dengan melakukan beberapa hal dalam keseharian Anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena penyembuhan varises termasuk sulit, bahkan bisa memerlukan pembedahan atau laser.

cara pencegahan varises

Berikut ini beberapa cara terbaik pencegahan varises Daftar Konten • Olahraga secara teratur. • Hindari berdiri terlalu lama. • Duduk dengan cara yang benar. • Menjaga berat badan yang sehat. • Berhenti mer*okok. • Hindari Pil KB tinggi estrogen • Istirahatkan kaki • Kenakan Pakaian yang nyaman • Memakai kaus/sarung kaki kompresi. • Pilihan pengobatan medis.

• Tips Olahraga secara teratur. Berjalan kaki dan joging akan meningkatkan sirkulasi pada kaki, dan sirkulasi darah yang tepat bisa membantu mencegah perkembangan dan memburuknya varises. Olahraga secara keseluruhan juga bisa menurunkan tekanan darah tinggiserta memperkuat seluruh sistem peredaran darah Anda. Hindari berdiri terlalu lama. Berdiri menetap dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan tekanan pada pembuluh vena di kaki.

Seiring dengan berjalannya waktu, tekanan ini pada akhirnya melemahkan dinding pembuluh darah. Jika berdiri tidak bisa dihindari pada pekerjaan Anda, kurangi dengan jalan menggeser posisi berdiri sesering mungkin, dan cobalah untuk berjalan-jalan setidaknya setiap 30 menit sekali.

Duduk dengan cara yang benar. Duduklah yang tegak, dan jangan menyilangkan kaki Anda. Postur duduk yang baik akan meningkatkan sirkulasi, sedangkan duduk bersila akan membatasi aliran darah menuju dan dari kaki.

Menjaga berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan akan membuat tekanan yang berlebihan pada kaki dan sistem peredaran cara pencegahan varises Anda. Secara khusus, mengurangi berat badan juga akan mengurangi risiko varises. Biasakan makan yang sehatserta menghindari makanan yang bergizi rendah dan berkalori tinggi. Selain itu, sertailah dengan berolahraga secara teratur.

Makan sehat dan gerakan yang teratur akan membantu mengurangi risiko varises pada pembuluh vena Anda. Ketahuilah bahwa beberapa orang lebih rentan mengembangkan varises daripada yang lain, terlepas dari faktor berat badan. Dalam hal ini, selain penting untuk tetap fit dan sehat, Anda mungkin juga perlu untuk memeriksakan diri ke dokter ,untuk memperoleh saran atau cara-cara lain untuk mengurangi risiko varises Anda.

Berhenti mer*okok. Merok*k berpotensi terhadap segudang masalah kesehatan, dan perlu diingat bahwa tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan merok*k juga bisa menyebabkan varises.

Hindari Pil KB tinggi estrogen Penggunaan pil KB tinggi estrogen dalam jangka panjang telah terbukti meningkatkan risiko varises, yaitu dengan cara mengubah fungsi katup sirkulasi.

Jika Anda memerlukan kontrol kelahiran untuk jangka waktu yang lama, tanyakanlah ke dokter Anda tentang pilihan KB yang lain. Istirahatkan kaki Terutama jika Anda harus berdiri untuk waktu yang lama, luangkan waktu sejenak untuk kaki Anda bersantai, dan tiingkatkan sirkulasi darah dengan cara menyelonjorkan kaki selama beberapa menit setiap hari ketika beristirahat. Anda juga bisa mencoba menggunakan tabel inversi atau mengangkat kaki Anda ditempat tidur, sehingga posisi kaki Anda sedikit lebih tinggi dari kepala Anda ketika Anda tidur.

Kenakan Pakaian yang nyaman Untuk meningkatkan sirkulasi darah ke tubuh bagian bawah, maka hindarilah sering mengenakan pakaian ketat pada kaki dan pinggang.

Gunakan pakaian yang longgar yang nyaman, dan kurangi waktu mengenakan sepatu hak tinggi. Memakai kaus/sarung kaki kompresi. Jika Anda sudah mendapatkan varises, maka usahakanlah secara teratur untuk menggunakan kaus kaki kompresi (semacam stoking untuk kaki). Alat ini bisa dibeli di toko alat kesehatan atau apotek, yang tersedia dalam berbagai ukuran penekanan yang berbeda. Periksa ke dokter atau apoteker sebelumnya untuk memastikan Anda mendapatkan selang dengan tekanan yang tepat.

Jika Anda terbang, tanyakan selang kompresi kepada dokter, untuk membantu mengurangi ketegangan pada kaki Anda dan bisa membantu untuk mencegah memburuknya varises yang ada.

Pilihan pengobatan medis. Langkah-langkah di atas mungkin bisa membantu untuk mencegah timbulnya varises, menghentikan yang baru muncul, dan mengurangi ukuran varises dan rasa sakit yang ditimbulkan. Namun pengobatan mungkin disarankan jika kondisi varises Anda sudah parah, atau jika metode diatas tidak membantu.

Pengobatan termasuk skleroterapi, operasi laser, dan pengupasan vena. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan pilihan pengobatan cara pencegahan varises terbaik cara pencegahan varises Anda. Varises pada umumnya bukan masalah kesehatan yang serius, namun bisa menyebabkan kondisi yang berpotensi lebih berbahaya.

Jika Anda mengetahui varises Anda berkembang, sebaiknya memeriksakan diri secara medis dengan lengkap dan membicarakan kesehatan Anda dengan dokter Anda. Tips • Cobalah untuk menjaga kaki lebih tinggi dari tubuh Anda saat tidur, cara pencegahan varises oleskan minyak almond untuk membantu melancarkan aliran darah. • Sehabis berolahraga, jangan langsung duduk dengan menekuk kaki, tapi usahakan untuk duduk selonjor hingga usai beristirahatnya.

• Varises lebih sering terjadi pada wanita, walaupun juga bisa mempengaruhi sejumlah besar orang. Semakin tua umur Anda, maka akan semakin besar kemungkinan Anda untuk mengembangkan varises.

Namun varises bisa terbentuk pada usia berapa pun, dan keturunan mungkin juga bisa menjadi faktor resikonya. • Berkomitmen untuk melakukan perawatan, dan sehat dengan pakaian kompresi yang sesuai.
KOMPAS.com - Selain menganggu penampilan, varises juga menimbulkan sensasi tak nyaman di tubuh.

Varises terjadi ketika pembuluh darah membesar, melebar, dan terjadi penumpukan darah sehingga muncul garis-garis biru atau ungu di permukaan kulit. Dalam kebanyakan kasus, varises biasannya muncul di kaki bagian cara pencegahan varises.

Varises terjadi ketika katup vena tidak berfungsi dengan baik sehingga darah tidak mengalir secara efektif. Menurut data Mayo Clinic, varises seringkali tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun, jika terjadi pembengkakan, nyeri cara pencegahan varises rasa tidak nyaman yang mengangu, kita harus segera menghubungi dokter. Penyebab Varises terjadi ketika vena tidak berfungsi dengan baik. Vena memiliki katup satu arah yang mencegah darah mengalir mundur.

Ketika katup-katup tersebu gagal berfungsi, darah akan mengumpul di pembuluh darah dan tak bisa diteruskan menuju jantung. Varises biasanya terjadi di area kaki karena pengaruh gravitasi membuat darah lebih sulit mengalir ke bagian atas tubuh. Beberapa faktor juga bisa membuat seseorang lebih berisiko mengalami varises.

Berikut faktor-faktor tersebut: 1. kehamilan Selama kehamilan, volume darah dalam tubuh meningkat untuk mendukung pertumbuhan janin. Namun, hal ini dapat memperbesar pembuluh darah di kaki.

Perubahan hormon selama kehamilan juga dapat berperan dalam mengembangkan varises. Artikel ini disusun bersama Vlad Gendelman, MD. Dr. Vlad Gendelman, MD adalah Dokter Spesialis Bedah Ortopedi di Los Angeles, California. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, dia merupakan spesialis bedah ortopedi umum, meliputi trauma ortopedik, cedera olahraga, dan penggantian sendi. Dr. Gendelman memiliki gelar BS di bidang Cara pencegahan varises dari University of Southern California dan meraih gelar Doktor dari University of California di Irvine.

Kemudian dia menuntaskan residensi Bedah Ortopedi di SUNY Downstate. Dr. Gendelman dokter bedah besertifikasi American Board of Orthopaedic Surgery dan merupakan anggota American Academy of Orthopaedic Surgery.

Dia adalah anggota Los Angeles County Medical Association, California Medical Association, California Orthopaedic Association, dan American Academy of Orthopaedic Surgery. Dr. Gendelman juga menulis beberapa makalah tentang bedah ortopedi. Ada 22 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman. Artikel ini telah dilihat 3.754 kali. Varises (vena varikosa) adalah pelebaran pembuluh darah yang paling sering terjadi di kaki, dan dialami oleh sekitar separuh orang dewasa di AS.

Masalah ini umumnya diakibatkan oleh tekanan di vena yang lama-kelamaan melemahkan dan merusak katup dan dinding vena. Bagi sebagian besar orang, varises dan spider vein (pelebaran pembuluh darah kapiler cara pencegahan varises lebih kecil) hanyalah masalah yang mengganggu penampilan. Walaupun begitu, varises juga bisa menyebabkan nyeri saat berjalan dan berdiri, dan bahkan dalam kasus ekstrem, varises dapat mengakibatkan tukak pada kulit.

Walaupun tidak ada cara pasti untuk mencegah pembentukan varises, ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi peluang mengalami varises.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/19\/Prevent-Varicose-Veins-Step-1-Version-2.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-1-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/19\/Prevent-Varicose-Veins-Step-1-Version-2.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-1-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ketahui faktor risiko Anda.

Sebagian orang lebih rentan mengalami varises dibandingkan orang lain. Mengetahui faktor risiko mengalami varises dapat membantu Anda memilih gaya hidup sehat. Jika Anda mempunyai beberapa faktor risiko, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui cara mengelolanya. • Usia. Usia adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap risiko terjadinya varises. Usia mengakibatkan penurunan elastisitas vena. Katup dalam vena pun tidak dapat lagi berfungsi secara efisien.

Kedua hal ini pada akhirnya dapat menimbulkan varises. [1] X Sumber Tepercaya National Heart, Lung, and Blood Institute Kunjungi sumber • Jenis kelamin.

Wanita lebih rentan terhadap varises. Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormon yang biasanya dialami oleh wanita selama menopause dan kehamilan.

[2] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Keturunan. Jika anggota keluarga langsung Anda mengalami varises, Anda pun lebih berisiko. [3] X Sumber Tepercaya National Health Service (UK) Kunjungi sumber Jika Anda terlahir dengan katup vena yang lebih lemah, Anda akan lebih berisiko mengalami varises. • Obesitas. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada vena dan mengakibatkan varises.

[4] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Kurang bergerak. Jika Anda duduk atau berdiri lama sepanjang hari, Anda lebih berisiko terhadap varises. Tidak bergerak terlalu lama akan meningkatkan tekanan pada vena untuk memompa darah ke jantung. [5] X Sumber Tepercaya National Heart, Lung, and Blood Institute Kunjungi sumber • Cedera kaki. Jika Anda pernah mengalami trauma atau cedera seperti penggumpalan darah, Anda lebih berisiko mengalami varises.

[6] X Sumber Tepercaya National Heart, Lung, and Blood Institute Kunjungi sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/22\/Prevent-Varicose-Veins-Step-2-Version-2.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-2-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/22\/Prevent-Varicose-Veins-Step-2-Version-2.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-2-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jaga berat badan sehat.

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada kaki dan sistem peredaran darah. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, menurunkannya akan mengurangi tekanan pada vena, dengan demikian mengurangi risiko varises.

[7] X Sumber Tepercaya National Heart, Lung, and Blood Institute Kunjungi sumber cara pencegahan varises class=\"mw-parser-output\"><\/div>"} Biasakan makan sehat. Hindari makanan berkalori tinggi dan rendah nutrisi. Makanlah makanan kaya serat. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara makanan rendah serat dan terjadinya varises. [8] X Teliti sumber Makanan kaya serat juga dapat membantu Anda menurunkan kolesterol dan tekanan darah. [9] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Hindari garam jika mungkin.

Mengurangi asupan garam dapat membantu mengurangi pembengkakan pada varises. Mengurangi garam juga dapat mengurangi retensi air pada tubuh. [10] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/43\/Prevent-Varicose-Veins-Step-4-Version-2.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-4-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/43\/Prevent-Varicose-Veins-Step-4-Version-2.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-4-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berolaharaga teratur.

Berjalan dan jogging dapat memperbaiki sirkulasi darah di kaki, dan sirkulasi darah yang baik dapat mencegah dan menghambat memburuknya varises. Berolahraga secara umum juga dapat menurunkan tekanan darah dan memperkuat sistem peredaran darah secara keseluruhan.

• Berlari juga bermanfaat untuk mencegah varises karena memperbaiki sirkulasi darah di kaki. [11] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/90\/Prevent-Varicose-Veins-Step-5-Version-2.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-5-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/90\/Prevent-Varicose-Veins-Step-5-Version-2.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-5-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berhenti merokok.

Merokok dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh merokok juga dapat menyebabkan varises. Merokok juga dikaitkan dengan "insufisiensi vena tubuh bagian bawah" yang menyebabkan darah tidak dapat mengalir dengan lancar dan mengumpul di kaki. [12] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/eb\/Prevent-Varicose-Veins-Step-6-Version-2.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-6-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/eb\/Prevent-Varicose-Veins-Step-6-Version-2.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-6-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Hindari penggunaan pil KB estrogen tinggi.

Penggunaan pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron tinggi dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami varises. Terapi penggantian hormon juga mempunyai efek yang sama. Konsultasikan dengan dokter untuk mencari pilihan yang terbaik bagi Anda.

cara pencegahan varises

• Penggunaan estrogen dan progesteron jangka panjang dapat melemahkan katup vena dan mengganggu sirkulasi darah di kaki. [13] X Teliti sumber • Pil KB yang menggunakan estrogen dosis rendah berpeluang lebih kecil menyebabkan varises atau penggumpalan darah.

[14] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/22\/Prevent-Varicose-Veins-Step-7-Version-2.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-7-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/22\/Prevent-Varicose-Veins-Step-7-Version-2.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-7-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jauhi sinar matahari.

Pada orang berkulit putih, paparan sinar matahari berlebihan dapat mengakibatkan spider vein. Paparan sinar matahari juga berisiko menyebabkan kanker kulit. [15] X Sumber Tepercaya Centers for Disease Control and Prevention Kunjungi sumber • The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk selalu mengenakan tabir surya selama di luar rumah dan menghindari sinar matahari siang yang terik.

[16] X Sumber Tepercaya Centers for Disease Control and Prevention Kunjungi sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3a\/Prevent-Varicose-Veins-Step-8-Version-2.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-8-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3a\/Prevent-Varicose-Veins-Step-8-Version-2.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-8-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Hindari berdiri terlalu lama.

Berdiri di satu tempat dalam waktu lama akan meningkatkan tekanan vena di kaki dan telapak kaki. Lama-kelamaan, tekanan ini akan melemahkan dinding pembuluh darah. Akibatnya, varises baru akan terbentuk dan varises yang sudah ada akan semakin parah.

[17] X Sumber Tepercaya Johns Hopkins Medicine Kunjungi sumber • Pada beberapa pekerjaan, berdiri dalam waktu lama tidak dapat dihindari, jadi berusahalah mencegah varises dengan mengganti posisi berdiri sesering mungkin. Cara pencegahan varises berjalan-jalan berkeliling paling tidak setiap 30 menit. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/85\/Prevent-Varicose-Veins-Step-9-Version-2.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-9-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/85\/Prevent-Varicose-Veins-Step-9-Version-2.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-9-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Duduk dengan benar.

Duduklah dengan tegak dan jangan menyilangkan kaki. Postur tubuh yang baik dapat memperbaiki sirkulasi darah, di sisi lain, menyilangkan kaki dapat menghambat aliran darah dari dan menuju kaki. [18] X Sumber Tepercaya National Heart, Lung, and Blood Institute Kunjungi sumber • Hindari duduk terlalu lama tanpa jeda. Berdiri atau berjalanlah sebentar setiap sekitar setengah jam. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/74\/Prevent-Varicose-Veins-Step-10-Version-2.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-10-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/74\/Prevent-Varicose-Veins-Step-10-Version-2.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-10-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tinggikan kaki jika mungkin.

Relaksasi kaki dengan meninggikan posisinya dapat membantu mengurangi risiko timbulnya varises. [19] X Sumber Tepercaya National Heart, Lung, and Blood Institute Cara pencegahan varises sumber Usahakan untuk meninggikan kaki hingga melebihi jantung selama 15 menit, 3-4 kali sehari. [20] X Teliti sumber Langkah ini akan membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi tekanan pada vena. • Bila mungkin, tinggikan posisi kaki saat duduk atau tidur. [21] X Sumber Tepercaya National Heart, Lung, and Blood Institute Kunjungi sumber • Pilihan lainnya antara lain menggunakan penyangga atau meninggikan ujung bawah tempat tidur agar kaki lebih tinggi daripada kepala selama Anda tidur.

Konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba cara ini. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c7\/Prevent-Varicose-Veins-Step-11.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c7\/Prevent-Varicose-Veins-Step-11.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pilih pakaian yang tepat.

Perbaiki sirkulasi darah di bagian bawah tubuh dengan menghindari pakaian ketat. Terlebih lagi, hindari pakaian yang ketat di bagian pinggang, kaki, dan selangkangan.

Pakaian ketat dapat memperparah varises yang sudah ada, dan meningkatkan risiko Anda mengalaminya. [22] X Sumber Tepercaya National Heart, Lung, and Blood Institute Kunjungi sumber • Kenakan sepatu berhak rendah yang nyaman daripada sepatu berhak tinggi.

Sepatu berhak rendah dapat membantu memperkuat betis sehingga memungkinkan darah mengalir dengan lancar di dalam vena. [23] X Sumber Tepercaya National Heart, Lung, and Blood Institute Kunjungi sumber Pastikan ukuran sepatu Anda pas agar tidak menekan kaki. [24] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/48\/Prevent-Varicose-Veins-Step-12.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-12.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/48\/Prevent-Varicose-Veins-Step-12.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-12.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kenakan stoking kompresi.

Jika Anda mengalami varises, cobalah menggunakan stoking kompresi secara rutin. Stoking ini dapat dibeli di toko alat kesehatan atau apotek dan tersedia dalam beragam pilihan tingkat kompresi.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan atau mengenakan stoking kompresi. [25] X Sumber Tepercaya National Heart, Lung, and Blood Institute Kunjungi sumber • Gunakan pita ukur untuk mengukur kaki sehingga Anda dapat menentukan ukuran yang tepat. Stoking kompresi seharusnya cukup kuat menekan kaki namun tidak terasa ketat. [26] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Jika Anda harus bepergian dengan pesawat cukup lama, pertimbangkan untuk mengenakan stoking kompresi sesuai saran dokter.

Alat ini dapat mengurangi ketegangan pada kaki dan bermanfaat mencegah timbulnya varises baru atau semakin parahnya varises yang sudah ada. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b0\/Prevent-Varicose-Veins-Step-13.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-13.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b0\/Prevent-Varicose-Veins-Step-13.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-13.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kenali gejala varises.

Varises (vena varikosa) umumnya tidak menyebabkan masalah kesehatan serius. Namun dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri, dan mengganggu penampilan. Anda mungkin perlu bantuan dokter untuk mengatasi varises sekalipun tidak menyebabkan masalah kesehatan serius. Gejala umum gejala varises meliputi: • Cara pencegahan varises dan rasa sakit pada kaki • Kram atau nyeri menusuk • Kaki yang terasa berat atau membengkak • Kaki yang terasa gatal, teriritasi, atau menggelap • Kaki gemetar {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b2\/Prevent-Varicose-Veins-Step-14.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-14.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b2\/Prevent-Varicose-Veins-Step-14.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-14.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ketahui saatnya mencari pertolongan medis.

Sebagian besar varises memang tidak menyebabkan masalah kesehatan serius, namun terkadang dapat menyebabkan masalah yang perlu penanganan medis. Kunjungi dokter jika Anda mengalami varises yang disertai gejala berikut ini: [27] X Teliti sumber • Pembengkakan mendadak pada kaki • Daerah sekitar vena yang memerah atau terasa hangat • Perubahan ketebalan atau warna kulit • Pendarahan di atas atau di sekitar varises • Benjolan yang terasa nyeri di kaki • Luka terbuka atau tukak {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/5d\/Prevent-Varicose-Veins-Step-15.jpg\/v4-460px-Prevent-Varicose-Veins-Step-15.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/5d\/Prevent-Varicose-Veins-Step-15.jpg\/v4-728px-Prevent-Varicose-Veins-Step-15.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pertimbangkan pilihan perawatan lainnya.

Jika perubahan rumahan yang sudah dilakukan tidak membantu mengatasi varises, Anda mungkin perlu mempertimbangkan pilihan perawatan lainnya.

Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui pilihan Anda. [28] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Sclerotherapy. Terapi ini adalah pilihan yang paling lazim digunakan untuk mengatasi varises. Dalam sclerotherapy, bahan kimia akan disuntikkan ke dalam varises sehingga membengkak kemudian cara pencegahan varises rapat.

Setelah beberapa minggu, vena akan berubah menjadi jaringan parut kemudian memudar. Tindakan ini biasanya dapat dilakukan langsung di klinik dokter. • Operasi laser. Tindakan ini lebih jarang digunakan karena tidak semua jenis dan warna kulit dapat ditangani dengan aman menggunakan cara ini. Tindakan ini pun biasanya tidak aman bagi vena yang berukuran lebih besar dari 3 mm.

• Teknik endovena. Perawatan ini ditujukan untuk varises yang dalam atau berat. Tindakan ini dilakukan di bawah bius total di klinik dokter. • Operasi. Operasi biasanya dilakukan untuk mengatasi varises yang berukuran sangat besar atau berat.

Konsultasikan dengan dokter untuk memilih tindakan operasi yang tepat untuk Anda. • Walaupun varises umumnya bukanlah masalah kesehatan serius, hal ini mungkin menandakan kondisi yang berbahaya.

Cara pencegahan varises Anda melihat varises mulai timbul, luangkan waktu untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan membicarakannya cara pencegahan varises dokter.

• Varises lebih sering terjadi pada wanita, namun juga dapat dialami oleh pria. Semakin tua usia Anda, semakin besar risiko Anda mengalami varises. Walaupun demikian, varises dapat terjadi pada semua usia dan keturunan mungkin adalah faktor risikonya. • Cara pencegahan varises besar asuransi di AS menjamin perawatan varises. Spider vein pun terkadang juga ditanggung.

Namun di negara lain, termasuk Indonesia, Anda mungkin perlu memastikannya terlebih dahulu ke asuransi Anda ataupun BPJS. • Pakaian kompresi berbahan velcro dengan gelang kaki lebih mudah dikenakan dan mungkin lebih cocok bagi sebagian orang. • Beberapa orang merasakan manfaat cuka apel dalam meredakan rasa tidak nyaman akibat varises.

Padahal, kemungkinan besar, meninggikan kaki, pemijatan, dan kompresilah yang bermanfaat meredakan varises, bukan cuka apel. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa cuka apel merupakan perawatan yang efektif untuk varises. [29] X Teliti sumber Test This Remedy.

cara pencegahan varises

By: Goldstein, Laura, Prevention, 00328006, Apr2003, Vol. 55, Issue 4 • Berlawanan dengan anggapan umum, olesan minyak almon tidak membantu melancarkan darah dan tidak terbukti secara ilmiah dapat membantu perawatan varises. Di sisi lain, mengonsumsi almon dapat melancarkan peredaran darah sekaligus memperbaiki tekanan darah. [30] X Teliti sumber • Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami varises disertai nyeri dada, sesak cara pencegahan varises sulit bernapas.

Gejala ini mungkin adalah pertanda gumpalan darah yang masuk ke paru-paru atau jantung. • Waspadai terapi alternatif berbiaya mahal. Walaupun sebagian besar perawatan seperti itu tidak berbahaya, biasanya juga tidak efektif.

Waspadai juga suplemen herbal yang dinyatakan mampu menyembuhkan varises. Banyak perusahaan membuat pernyataan yang fantasis tanpa dukungan bukti ilmiah. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan suplemen herbal. Dokter mungkin tidak bisa memastikan benar atau tidaknya pernyataan herbalis, namun dapat menginformasikan efek samping berbahaya dari beberapa sediaan herbal tertentu.

• Anda tidak disarankan untuk "memecahkan" varises sendiri, seperti dengan pemijatan ataupun vibrasi. Hal ini dapat menyebabkan emboli yang menyumbat kapiler jantung dan mengakibatkan serangan jantung. Emboli juga dapat menyumbat otak dan menyebabkan stroke, atau menyumbat paru-paru dan mengakibatkan infark paru. Semua kondisi ini merupakan masalah berat dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

cara pencegahan varises

• Segera kunjungi dokter jika varises Anda mengeluarkan darah, terasa sangat nyeri, terjadi pembengkakan pada kaki atau telapak kaki, atau jika ada benjolan di dalam atau dekat varises. [31] X Sumber Tepercaya Johns Hopkins Medicine Kunjungi sumber • cara pencegahan varises http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/varicose-spider-veins • ↑ http://www.medicaldaily.com/varicose-veins-sitting-cross-legged-plus-other-potential-causes-309822 • ↑ http://aje.oxfordjournals.org/content/155/11/1007.full • ↑ http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/features/new-treatments-for-varicose-veins • ↑ http://www.emedicinehealth.com/hormonal_birth_control_risk_of_blood_clots-health/article_em.htm • ↑ http://www.cdc.gov/cancer/skin/index.htm • ↑ http://www.cdc.gov/cancer/skin/basic_info/sun-safety.htm • ↑ http://www.hopkinsmedicine.org/healthlibrary/conditions/cardiovascular_diseases/varicose_veins_85,P08259/ • ↑ http://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/vv/prevention • ↑ http://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/vv/prevention • ↑ http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/001109.htm • ↑ http://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/vv/prevention • ↑ http://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/vv/prevention • ↑ http://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/vv/prevention • ↑ http://www.vascular.surgery.ucsf.edu/conditions--procedures/varicose-veins.aspx • ↑ http://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/vv/prevention • ↑ http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/varicose-veins/basics/treatment/con-20043474 • ↑ http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/tc/varicose-veins-when-to-call-a-doctor • ↑ http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/varicose-veins/basics/treatment/con-20043474 • ↑ Test This Remedy.

By: Goldstein, Laura, Prevention, 00328006, Apr2003, Vol. 55, Issue 4 • ↑ http://www.sciencedaily.com/releases/2014/06/140630094527.htm • ↑ http://www.hopkinsmedicine.org/healthlibrary/conditions/cardiovascular_diseases/varicose_veins_85,P08259/ Artikel ini disusun bersama Vlad Gendelman, MD.

Dr. Vlad Gendelman, MD adalah Dokter Spesialis Bedah Ortopedi di Los Angeles, California. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, dia merupakan spesialis bedah ortopedi umum, meliputi trauma ortopedik, cedera olahraga, dan penggantian sendi. Dr. Gendelman memiliki gelar BS di bidang Biologi dari University of Southern California dan meraih gelar Doktor dari University of California di Irvine.

Kemudian dia menuntaskan residensi Bedah Ortopedi di SUNY Cara pencegahan varises. Dr. Gendelman dokter bedah besertifikasi American Board of Orthopaedic Surgery dan merupakan anggota American Academy of Orthopaedic Surgery. Dia adalah anggota Los Angeles County Medical Association, California Medical Association, California Orthopaedic Association, dan American Academy of Orthopaedic Surgery.

Dr. Gendelman juga menulis beberapa makalah tentang bedah ortopedi. Artikel ini telah dilihat 3.754 kali.
Daftar Isi • Penyebab Varises • Mencegah dan Menghilangkan Varises Secara Alami Tanpa Operasi • 1. Melakukan Olahraga • 2. Mendapatkan Berat Badan Ideal • 3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat dan Rendah Garam • 4.

Jangan Menggunakan Sepatu Hak Tinggi atau Stoking Ketat Terlalu Lama • 5. Ubah Posisi Beridiri atau Duduk Secara Berkala • Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari Varises umumnya terjadi di bagian kaki seperti betis, paha, lutut atau tungkai yang ditandai dengan warna kulit kebiru-biruan atau ungu gelap.

Selain itu, penderita varises juga akan mengalami pembengkakan atau tonjolan di permukaan kulit. Sebenarnya varises tidak hanya terjadi pada bagian kaki saja, melainkan juga dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, seperti panggul, anus, rahim, vagina, atau bahkan kerongkongan (varises esofagus).

Bagian kaki paling berisiko mengalami varises karena kaki lebih banyak menerima beban khususnya ketika berdiri atau berjalan. Selain itu, gaya gravitasi juga menyebabkan darah sulit mengalir dari bawah ke atas menuju jantung. Baca juga: 7 Faktor Penyebab Penyakit Varises yang Cara pencegahan varises Disepelekan Penyebab Varises Ada beragam faktor risiko penyebab varises, berikut beberapa di antaranya: • Usia.

• Jenis kelamin. • Kehamilan. • Genetik. • Obesitas. Selain itu, varises juga dapat disebabkan karena duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. Posisi yang sama dalam waktu lama akan menyebabkan aliran darah cara pencegahan varises atau tidak dapat mengalir dengan baik. Mencegah dan Menghilangkan Varises Secara Alami Tanpa Operasi Pada dasarnya tidak ada cara yang sepenuhnya dapat mencegah varises. Namun beberapa upaya dapat dilakukan agar sirkulasi darah dapat mengalir dengan cara pencegahan varises sehingga mengurangi risiko varises.

Berikut beberapa cara pencegahan varises untuk mencegah varises. Cara ini juga dapat dilakukan untuk menghilangkan varises ringan pada kaki maupun bagian tubuh lain: 1.

Melakukan Olahraga Rutin melakukan olahraga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah khususnya pada kaki. Ketika sirkulasi darah dalam kondisi baik maka dapat membantu mendorong darah yang bertumpuk di pembuluh vena.

Beberapa jenis olahraga yang melibatkan aktivitas fisik seperti berjalan, bersepeda, berenang, senam atau yoga dapat membantu mengurangi sekaligus menghilangkan varises. 2. Mendapatkan Berat Badan Ideal Berat badan merupakan salah satu faktor penyebab varises, mendapatkan berat badan ideal atau dalam arti tidak mengalami kegemukan (obesitas) akan mengurangi risiko varises.

Berat badan ideal akan membantu mengurangi tekanan berat pada kaki, sehingga aliran darah dapat lebih lancar dan mencagah penumpukan darah di pembuluh darah vena. 3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat dan Rendah Garam Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat dapat menyehatkan sistem penceranaan sehingga mencegah sembelit atau konstipasi. Apa hubungannya sembelit dengan varises? Sembelit atau konstipasi akan membuat penderitanya mengejan lebih kuat saat BAB, kondisi ini akan menyebabkan tekanan pada perut.

Tekanan inilah yang dapat memicu timbulnya varises. Sementara makanan rendah garam akan memaksimalkan tubuh mendapatkan cukup air sehingga mencegah dehidrasi.

4. Jangan Menggunakan Sepatu Hak Tinggi atau Stoking Ketat Terlalu Lama Menggunakan sepatu hak tinggi yang jamak dilakukan oleh wanita dapat menyebabkan tekanan besar pada kaki. Kondisi ini meningkatkan risiko wanita mengalami verises. Sedangkan stoking ketat dapat memperlambat aliran darah dan kaki menuju cara pencegahan varises. Akibatnya, darah akan menumpuk di pembuluh darah vena pada area kaki. 5. Ubah Posisi Beridiri atau Duduk Secara Berkala Jika pekerjaan Anda mengharuskan berdiri atau duduk terlalu lama maka Anda perlu untuk melakukan perubahan posisi secara berkala agar aliran darah pada area kaki tidak terhambat.

Memposisikan kaki lebih tinggi saat istirahat akan mempermudah darah mengalir dari bawah menuju jantung. Jika tidak memungkinkan, cukup lakukan peregangan atau melakukan pergerakan dengan jalan-jalan di sekitar untuk mencegah penumpukan darah di pembuluh darah vena. MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi.

Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang! Baca juga: • Beragam Gejala Penyakit Beri-Beri yang Wajib Diwaspadai Sesuai Jenisnya • Kenali Gejala Pembengkakan Jantung yang Jarang Diketahui Penderitanya • 5 Gejala Sinusitis Paling Khas dan Ketahui Kapan Harus ke Dokter
Pada umumnya, varises muncul pada permukaan kulit pada bagian kaki. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau penyakit yang terjadi akibat pembengkakan pembuluh vena ini ini terlihat pada bagian tubuh lainnya.

Selain merusak penampilan kulit Anda, varises juga bisa menimbulkan komplikasi jika tidak diobati dengan benar. Jangan khawatir, berikut ini ada berbagai cara untuk mencegah varises. Cara mencegah varises yang efektif Sebenarnya, tidak ada cara yang ampuh untuk mencegah munculnya varises pada permukaan kulit.

Akan tetapi, jika Anda mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih baik, maka kemungkinan besar dapat memperlambat kehadiran varisest. Berikut adalah cara mencegah varises. 1. Mulai berolahraga Salah satu jenis olahraga yang ampuh untuk mencegah varises adalah berjalan kaki. Selain itu, melakukan gerakan yoga juga dapat menjadi pertimbangan Anda. Pose yang dianjurkan adalah headstand, shoulder stand, atau legs-up-the-wall.

Gerakan-gerakan tersebut dapat membantu meregangkan dan mengencangkan otot-otot pada betis dan paha belakang. Otot tersebut dapat membantu melancarkan sirkulasi pembuluh darah vena.

Intinya, cara ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, termasuk mencegah varises muncul. 2. Ubah pola makan Garam atau makanan yang mengandung natrium yang menyebabkan tubuh menahan air. Jadi, dengan mengurangi makanan asin dan gurih bisa meminimalisasi situasi tersebut.

Oleh karena itu, gantilah dengan zat kalium karena dapat membantu mengurangi retensi air di dalam tubuh, seperti: • almond, • kentang, • ikan, seperti tuna atau salmon, • sayur-sayuran, dan • kacang-kacangan.

cara pencegahan varises

Ada alasan kenapa Anda perlu mengurangi konsumsi makanan tinggi garam untuk mencegah varises. Ketika kandungan garam tinggi dan tubuh menahan air, berat badan akan meningkat. Orang dengan berat badan cara pencegahan varises berlebih, memiliki kecenderungan lebih tinggi dan cepat terkena varises. Alangkah baiknya jika mulai mengubah pola makan menjadi lebih sehat, sehingga cara ini dapat mencegah timbulnya varises.

Selain makanan asin, kurangi juga makanan tinggi lemak karena jenis makanan ini cenderung membuat berat badan naik lebih mudah. 3. Hindari duduk dan berdiri dalam jangka waktu lama Posisi duduk atau berdiri yang dilakukan dalam kurun waktu yang lama juga bisa menyebabkan varises. Hal tersebut terjadi karena kedua posisi tersebut dapat mempersulit sirkulasi darah pada kaki, sehingga tekanan pada pembuluh darah pun meningkat. Kondisi tersebut menyebabkan darah menggumpal mulai dari pergelangan kaki hingga betis dan membuatnya bengkak serta lebih pegal.

Oleh karena itu, istirahatkan kaki dengan meluruskannya atau sekedar menggerak-gerakan kaki, agar dapat memperlancar pembuluh darah. 4. Ubah posisi tidur Biasanya, orang yang sering terkena varises adalah ibu hamil.

Salah satu cara agar mencegah perkembangan varises pada kulit saat cara pencegahan varises adalah mengubah posisi tidur ibu hamil. Cobalah untuk tidur dengan menghadap ke kiri. Posisi tidur ini dapat mengurangi tekanan pada rahim yang membesar dan memperlancar sirkulasi pembuluh darah vena yang ada di panggul sang ibu hamil. 5. Berhenti merokok Salah satu penyebab munculnya varises di tubuh kita adalah merokok, menurut studi tahun 2014 pada jurnal Circulation. Kandungan berbahaya pada rokok bisa membuat pembuluh darah menjadi kaku dan lebih sempit, sehingga tidak menjadi elastis lagi.

Oleh karena itu, jika Anda melakukan cara ini, kemungkinan besar dapat mencegah penyakit varises tumbuh lebih cepat. 6. Hindari pemakaian baju ketat dan sepatu hak tinggi Pemakaian baju ketat dapat menghambat aliran darah pada tubuh. Jika kita memakai pakaian yang lebih longgar, sirkulasi darah kemungkinan besar lebih lancar ke tubuh bagian bawah.

S elain itu, memakai sepatu hak cara pencegahan varises juga dapat memberatkan tumit sehingga aliran darah terhambat. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan sepatu dengan hak datar untuk cara pencegahan varises sirkulasi darah. Seiring dengan berjalannya waktu, katup vena akan semakin melemah, sehingga varises pun semakin buruk. Mulai dari faktor usia, jenis kelamin, hingga riwayat keluarga juga turut menjadi pendukung timbulnya varises.

Akan tetapi, dengan mengikuti cara-cara tersebut secara rutin, dapat menjaga tekanan darah Anda, sehingga mencegah penyakit varises timbul lebih cepat muncul di kulit. 7. Rendam kaki dengan air hangat Penyakit varises berhubungan erat dengan sirkulasi darah yang buruk. Jika Anda seharian berdiri atau duduk, sesekali merendam kaki dalam air hangat ternyata bisa memberikan manfaat. Suhu panas dari air bisa mengurangi kekauan pada otot kaki. Di samping itu membantu melancarkan sirkulasi darah yang tadinya buruk.

Dengan begitu, risiko varises secara tidak langsung bisa berkurang. Â Varicose veins. (2021, January 30). Retrieved June 09, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/varicose-veins/symptoms-causes/syc-20350643.

Piazza, G. (2014). Varicose veins. Circulation, 130(7), 582-587. doi:10.1161/circulationaha.113.008331. Varicose veins. (n.d.). Retrieved June 09, 2021, from https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/varicose-veins. Tuchsen, F. (2005). Prolonged standing at work and hospitalisation due to Varicose VEINS: A 12 Year prospective study of the Danish population. Occupational and Environmental Medicine, 62(12), 847-850.

doi:10.1136/oem.2005.020537. Neema, P. (2008). Faculty opinions recommendation of venous function and central VENOUS Pressure: A physiologic story. Faculty Opinions – Post-Publication Peer Review of the Biomedical Literature. doi:10.3410/f.1115071.571046. Varicose veins. (n.d.). Retrieved June 09, 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/varicose-veins.Kemunculan varises sering kali mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Nah, untuk mengatasinya, ada cara menghilangkan varises yang dapat Anda coba lakukan, baik secara mandiri maupun medis. Dengan demikian, kaki indah bebas varises pun dapat Anda wujudkan. Varises dapat terbentuk saat tekanan dalam pembuluh darah cara pencegahan varises. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kehamilan, sembelit, tumor, dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Jika tidak ditangani dengan tepat, varises dapat menimbulkan perdarahan, pembekuan darah, dan luka di kulit. Bahkan, varises dapat memicu luka kronis yang diduga bisa menjadi penyebab kanker kulit.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan varises guna mencegah berbagai komplikasi yang dapat terjadi. Penanganan Varises secara Mandiri Varises yang tergolong ringan dapat diatasi dengan melakukan perawatan secara mandiri di rumah. Perawatan ini dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat agar perkembangan varises melambat dan mencegah terjadinya komplikasi, seperti luka atau perdarahan.

cara pencegahan varises

Ada beberapa langkah menghilangkan varises yang bisa Anda lakukan secara mandiri, yaitu: • Hindari berdiri atau duduk terlalu lama.

• Jaga berat badan tetap ideal. • Kenakan stoking kompresi. • Lakukan olahraga secara teratur. • Posisikan kaki lebih tinggi dari dada ketika berbaring. • Batasi penggunaan sepatu hak tinggi. Bagi Anda yang sedang hamil dan menderita varises, jangan khawatir.

Varises pada cara pencegahan varises hamil biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam 3–12 bulan setelah melahirkan. Cara Menghilangkan Varises secara Medis Jika kondisi tidak membaik dengan perawatan mandiri, ada beberapa cara menghilangkan varises melalui prosedur medis, di antaranya: 1. Operasi laser Varises yang berukuran kecil dapat dihilangkan dengan operasi laser. Cara menghilangkan varises melalui operasi ini dilakukan dengan mengarahkan cahaya laser ke vena hingga varises memudar dan perlahan menghilang.

Metode operasi laser ini tidak membutuhkan sayatan atau suntikan. 2. Mikroskleroterapi Terapi untuk menghilangkan varises ini dilakukan dengan menyuntikkan cairan kimia dalam dosis kecil ke vena. Cairan kimia yang disuntikkan ini akan menimbulkan jaringan parut dalam pembuluh darah, sehingga menutup varises.

Cara menghilangkan varises dengan mikroskleroterapi perlu dilakukan beberapa kali hingga mencapai hasil yang diinginkan. 3. Terapi ablasi vena Cara menghilangkan varises dengan terapi ablasi vena ini melibatkan sinar laser atau gelombang radio untuk menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan nantinya digunakan untuk memanaskan bagian dalam cara pencegahan varises dan menutupnya hingga varises memudar. Sebelum prosedur dilakukan, dokter akan membuat area di sekitar vena mati rasa sehingga Anda tidak akan merasakan sakit.

Meski demikian, terapi ini memiliki efek samping berupa nyeri, muncul memar, dan perubahan warna kulit. 4. Flebektomi Flebektomi diawali dengan menempatkan cahaya yang disebut transluminator endoskopik di bawah kulit untuk melihat bagian vena yang perlu diangkat. Selanjutnya, dokter akan membuat satu atau dua sayatan di kaki dan memotong vena yang akan diangkat.

Efek samping yang dapat ditimbulkan dari prosedur ini adalah memar dan perdarahan. 5. Pengupasan vena Untuk kasus varises yang parah, metode pengupasan vena atau ligasi akan digunakan oleh dokter. Metode ini diawali dengan mengikat vena, lalu membuat sayatan kecil untuk mengeluarkan vena tersebut. Prosedur ini tergolong menyakitkan sehingga diperlukan bius total. Komplikasi yang dapat terjadi setelah prosedur pengupasan vena adalah infeksi, kerusakan saraf, memar, nyeri, dan perubahan warna kulit.

6. Bedah endoskopi vena Bedah endoskopi vena cara pencegahan varises jika varises tergolong parah dan menyebabkan luka. Operasi ini diawali dengan membuat sayatan kecil di dekat vena yang terkena varises, lalu memasukkan tabung kecil dengan kamera di ujungnya.

Tabung dengan kamera ini dapat membantu dokter untuk melihat varises lebih dekat dan melakukan pengangkatan. Namun, prosedur bedah vena biasanya tidak memerlukan rawat inap. Meski ada beragam metode mengatasi varises, alangkah baiknya bila Anda tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna menentukan cara menghilangkan varises yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Cara Mengatasi Varises




2022 www.videocon.com