Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

1. Jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja merupakan kalimat…. A. interogatif B. imperatif C. deklaratif D. primitif E.

baku Jawaban: 2. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor jika pengendara melakukan pelanggaran STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Kalimat kompleks tersebut dapat diubah menjadi kalimat sederhana. Kalimat sederhana tersebut adalah… A. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK. B.

Kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana. C. Pelanggaran itu mengakibatkan kematian D. Pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK. E. Utamakanlah SIM sebagai surat yang ditahan oleh Polantas!

Jawaban: A 3. Teks eksplanasi adalah…. A. Teks yang berisi tentang penjelasan. B. Teks yang berisi tentang cara mengerjakan sesuatu. C. Teks yang berisi tentang pendapat. D. Teks yang menceritakan suatu kejadian. E. Teks yang menggambarkan suatu objek. Jawaban: A 4. Gunung es terbuat dari kumpulan es air tawar yang terbawa ke laut karena adanya pecahan gletser, atau ketika potongan es terpisah dari lapisan es yang mengapung.

Sebagian kecil es mengapung di antara air laut yang asin, sedangkan bagian yang tebal tidak terlihat di bawahnya. Gunung es berasal dari daratan. Oleh karena itu, gunung es mengandung batuan besar maupun kecil yang terbawa gletser atau lapisan es dari batuan padat. Batuan itu menyebabkan gunung es menjadi berat sehingga melesap lebih dalam di laut. Topik teks di atas adalah….

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

A. Fenomena gunung es B. Proses terjadinya gunung es C. Pecahan gletser D. Air tawar membantu terjadinya es E. Gunung es tidak terlihat dari jika pengendara melakukan pelanggaran Jawaban: B 5. Kalimat pernyataan umum yang tepat untuk teks eksplanasi tentang kekeringan yaitu…. A. Bencana kekeringan sudah terjadi di mana mana.

B. Kekeringan menyebabkan kebakaran. C. Kekeringan diakibatkan ketiadaannya air dalam waktu yang lama D. Cuaca yang kering sangat buruk untuk kesehatan. E. Kekeringan merupakan salah satu fenomena alam ketika musim kering terjadi dalam waktu yang cukup lama. Jawaban: E 6. Perhatikan langkah membuat teks eksplanasi Berikut. 1. Menentukan topik 2. Menyusun tulisan 3. Membuat kerangka karangan 4. Menyunting tulisan Langkah-langkah yang tepat untuk membuat teks eksplanasi adalah….

A. 1-2-3-4 B. 4-3-1-2 C. 1-3-2-4 D. 2-3- 4-1 E. 2-3-1-4 Jawaban: C 7. Cermatilah teks berikut. Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengeklik tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor dan stabilizer saluran listrik.

Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi komputer. Teks di atas merupakan teks.… A. Eksposisi B. Negosiasi C. Laporan D. Anekdot E.

Prosedur Jawaban: E 8. Berikut adalah contoh kalimat imperatif, kecuali…. A. Terima atau tolak tuduhan. B. Kenali petugas. C. Pengendara memahami kesalahannya D. Pastikan tuduhan pelanggaran E. Jangan serahkan kendaraan dan STNK begitu saja Jawaban: C 9. Bacalah pernyataan berikut! (1) Memiliki tempat persemaian (2) Membuat bedang persemaian (3) Memberi atap Tempat persemaian (4) Menyemai benih (5) Pemeliharaan benih Bagian inti dari langkah pembibitan adalah….

A. (1), (4), (5) B. (1), (2), (5) C. (2), (3), (5) D. (2), (5), (3) E. (2), (4), (5) Jawaban: B 10. Perhatikan drama pendek berikut! Rika : “San, kamu jadi ikut program magister di UI?” Dewi : “Jadi, kenapa memangnya?” Rika : “Saya udah daftar tapi bingung bayarnya ….” Dewi : “Bayar di atm aja lebih simpel gak pake antre.” Rika : “ Oh bisa ya?” Dewi : “Nah, cara pembayaran melalui ATM itu lebih mudah, pertama masuk ke menu Transaksi lainnya, lalu pilih menu Pembayaran, pilih menu Pendidikan, setelah itu kamu masukan nomor pelanggan.” Rika : “Nomor pelanggan maksudnya?” Dewi : “Masukan kode institusi dan nomor registrasi.

Contohnya, kode UI itu 050 dan setelah itu masukkan nomor registrasi kamu …. Setelah itu, ikuti petunjuknya saja … gampang kan?” Judul teks prosedur kompleks yang tepat berdasarkan dialog drama tersebut adalah….

A. Prosedur Registrasi Ujian UI B. Tata Cara Pendaftaran Program Magister UI C. Tata Cara Membuka Rekening di Bank D. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM E.

Tata Cara Pembayaran Registrasi Program Magister UI Jawaban: D 11. Inilah beberapa kiat atau cara untuk membuat status yang berkualitas di media sosial. Harap dierhatikan, isi status seseorang sebenarnya menggambarkan kepribadiaan pemiliknya! Hal yang menarik saat ini adalah banyak perusahaan menjadikan status seseorang di media sosial sebagai daftar riwayat hidup pemiliknya.

Perusahaan juga dapat mengetahui etos kerja dan karakter pemiliknya. Oleh sebab itu, sejak sekarang, isi status tersebut dengan hal yang bermanfaat dan berkualitas!. Kutipan tersebut menginformasikan tentang …. A. Status adalah gambaran pribadi pemiliknya B. Manfaat status di media sosial C. Status adalah riwayat hidup pemiliknya D. Status harus meningkatkan kualitas pemiliknya E.

Cara menjaga status di media sosial agar berkualitas Jawaban: B 12. Baca cermat langkah-langkah pembuatan keripik pisang berikut! (1) Perendaman. (2) Pemilihan bahan. (3) Pengupasan. (4) Penggorengan. (5) Perajangan/ Pemotongan. Urutan langkah yang tepat adalah …. A. (2), (3), (5), (1), (4) B. (2), (1), (3), (4), (5) C. (5), (1), (2), (3), (4) D. (2), (3), (1), (4), (5) E. (1), (2), (3), (5), (4) Jawaban: A 13. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak yang berwajib menilangnya.

Kalimat tersebut mengandung … A. Partisipan bukan manusia. B. Partisipan manusia. C. Partisipan pronomina. D. Partisipan alat. E. Partisipan kekohesian. Jawaban: B 14. Perhatikan wacana berikut dengan cermat!

Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. Kalimat yang menyatakan tujuan terdapat dalam kalimat berikut …. A. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran. B.Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.

C.Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. D.Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. E.Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. Jawaban: B 15. Simaklah teks prosedur berikut dengan cermat! Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.

Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke jika pengendara melakukan pelanggaran karena ada tanda dilarang belok ke kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada. Pernyataan tersebut merupakan kalimat …. A. Deklaratif B. Imperatif C. Interogatif D. Berita E. Jawaban Jawaban: B 16. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.

Verba “mengecek” dalam kalimat tersebut merupakan jenis…. A. Verba tingkah laku B. Verba material C. Verba objektif D. Verba preposisional E.

Verba nominal Jawaban: A 17. Perhatikan prosedur berikut dengan cermat! Langkah-langkah membuat hiasan bordir pakaian.

1) Tentukan motif sebagai model 2) Tentukan bagian pakaian yang akan dibordir. 3) Buatlah gambar model pada bagian pakaian yang akan dibordir. 4) Tentukan kombinasi warna benang bordir agar terlihat lebih indah 5) Bordirlah bagian tersebut setelah pakaian jadi. Perbaikan prosedur kerja yang tidak logis yang tepat adalah….

A. Bordirlah bagian tersebut sebelum pakaian jadi. B. Jadikan pakaian terlebih dahulu agar rapi. C. Kombinasi hiasan bordir siap dikerjakan. D. Penentuan kombinasi warna bersamaan saat membuat motif. E. Model ditentukan setelah membuat pola pakaian. Jawaban: A 18. Bacalah teks prosedur kompleks di bawah ini ! Di Indonesia masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Padahal dalam Undang Undang Lalu Lintas jika pengendara melakukan pelanggaran, akan dikenakan sanksi sesuai dengan kelengkapan surat yang dimiliki.

Untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi sangat mudah sekali, Anda dapat mengurus sendiri melalui kantor Samsat setempat. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi : 1. Siapkan foto copy KTP dan Kartu Keluarga masing-masing dua lembar. 2. Daftarkan diri Anda pada Samsat setempat. 3. Isilah formulir sesuai dengan kolom yang ditentukan. 4. Periksa kesehatan badan di tempat pemeriksaan. 5. Fotolah di tempat yang disediakan. 6. Laksanakan tes uji kendaraan.

Jika dinyatakan lulus uji kendaraan, Anda akan memperoleh tanda bukti untuk pengambilan Surat Izin Mengemudi (SIM). Kalimat 1, 2, dan 3 pada teks di atas merupakan struktur isi prosedur kompleks yang disebut…. A. Judul B. Astrak D. Daftar isi C. Tahapan E. Ciri bahasa Jawaban: E 19. Perhatikan teks prosedur berikut ini! Cara menggunakan sabun cuci deterjen bubuk: (1) Larutkan 1 sendok takar deterjen bubuk ke dalam 10 liter air. (2) Rendam cucian dalam larutan deterjen selama 30 menit.

(3) Kucek cucian seperlunya dalam larutan deterjen. (4) Bilas atau kocok cucian sampai bersih. Maksud yang sesuai dengan petunjuk prosedur tersebut adalah … A. Cucian yang telah direndam 30 menit diberi deterjen 1 sendok, lalu dibilas. B. Cucian dikucek di tempat lain dengan air bersih, lalu dimasukkan ke dalam larutan deterjen. C. Deterjen yang sudah dilarutkan digunakan untuk merendam cucian selama 30 menit, dikucek seperlunya, lalu dibilas sampai bersih.

D. Bilaslah cucian dengan air rendaman lalu dikucek sampai bersih. E. Cucian direndam lebih dahulu dengan air 10 liter, lalu dibilas sampai bersih. Jawaban: C https://www.infastpedia.net/soal-bahasa-indonesia-kelas-12/ 20. Bacalah dengan saksama prosedur berikut. 1) Begitulah seterusnya. 2) Dalam pemanfaatanya, uap tidak seluruhnya dibuang. 3) Justru sebagian uap didinginkan kembali dengan menggunakan blower agar menjadi air dan disambung ke kolam.

4) Kemudian air yang di kolam itu akan disuntikkan kembali ke dalam batuan kedap. 5) Jadi, jelaslah bahwa pembangkit listrik panas bumi tidak mencemari lingkungan. Urutan kalaimat yang tepat agar menjadi paragraph padu adalah…. A. 2, 3, 4, 1, dan 5 B. 2, 3, 1, 4, dan 5 C. 3, 2, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah, 1, dan 5 D. 4, 1, 2, 3, dan 5 E. 3, 1, 2, 4, dan 5 Jawaban: A 21. Dua minggu lalu, sekitar 200-an perempuan berkumpul di sekitar hotel terkenal.

Mereka mengenakan “busana nasional”yang umumnya berupa kain sarung dari berbagai daerah dengan kebaya beragam bentuk. Begitu banyak perempuan berkumpul untuk memeriahkan hari jadi sebuah perkumpulan yang mendedikasikan kegiatan mereka untuk mempromosikan busana nusantara. Inti paragraf diatas adalah…. A. Mereka berkumpul di hotel untuk peragaan busana nasional. B. Mereka berkumpul untuk mengadakan promosi pakaian daerah. C. Mereka berkumpul dalam rangka ulang tahun organisasi.

D. Mereka berkumpul untuk menghadiri promosi mode busana nasional. E. Mereka berkumpul untuk saling bersilaturahmi. Jawaban: C 22. Simaklah wacana berikut dengan saksama! (untuk soal 22-25) • Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca. • Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca. • Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghomatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.

Kutipan teks tersebut terdapat struktur…. A. Latar belakang B.Tujuan C. Langkah-langkah D. Kesimpulan E. Saran-saran Jawaban: C 23. Penanda kebahasaan yang berupa partisipan dalam wacana tersebut adalah….

A. Kalian, mereka, membaca B. Kalian, penonton, pakaian C. Kalian, penonton, pentas D. Kalian, penonton, mereka E.

Mereka, kalian, membaca Jawaban: D 24. Tujuan dalam teks prosedur tersebut adalah … A. Untuk memahami cara membaca puisi di atas pentas. B. Untuk mengetahui cara membaca puisi dengan baik.

C. Untuk mengembangkan secara kreatif sebuah puisi. D. Untuk meningkatkan potensi membaca puisi di pentas. E. Untuk mengetahui teknik membaca puisi di atas pentas. Jawaban: D 25. Judul yang relevan dalam teks prosedur yang terdapat dalam wacana tersebut adalah…. A. Teknik Membaca Puisi secara Kreatif B. Teknik Membaca Puisi secaravEkspresif C.

Teknik Membaca Puisi Indah di Atas Pentas D. Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas Jawaban: D Teks Prosedur merupakan sebuah teks atau kalimat yang memiliki tujuan untuk melakukan atau membuat sesuatu dengan langkah atau tahap yang jelas dan berurutan. Biasanya anda akan menemukan teks prosedur pada sebuah tutorial atau cara pembuatan.

materi teks prosedur biasanya akan anda temukan di sma. Pada materi teks prosedur ini akan banyak hal yang anda pelajari, terutama tentang bagaimana menyusun teks prosedur yang benar dan mudah di mengerti. Untuk memudahkan anda dalam memahami materi ini, tentunya anda bisa menambah ilmu dengan mengerjakan pertanyaan yang berhubungan dengan materi tersebut, mau itu soal pilihan ganda ataupun soal lainnya dalam bentuk essay atau isian, hots dan masih banyak lagi.

Untuk membantu teman-teman lebih memahami tentang materi teks prosedur, kami telah mengumpulkan banyak soal beserta jawaban yang bisa teman-teman pelajari dan jadikan acuan. Soal dibawah ini juga bisa kalian download dalam bentuk pdf atau dokumen.

SOAL 1 : SOAL DAN KUNCI JAWABAN TEKS PROSEDUR 1. Teks yangberisi langkah-langkah/tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan disebut. A. Eksposisi B. Laporan C. Prosedur kompleks D. Negosiasi E. Anekdot 2. Struktur teks prosedur kompleks yaitu. A. Tujuan – langkah-langkah B.

Abstraksi – orientasi – krisis – reaksi – koda C. Pernyataan pendapat – argumentasi – penegasan ulang pendapat D. Pembukaan – isi – penutup E. Klasifikasi – anggota 3. Menurut artinya, kalimat imperatif adalah.

A.Kalimat yangberisi pernyataan B.Kalimat yangmengandung perintah C.Kalimat yangberisi pertanyaan D.Kalimat untukmeminta/melarang seseorang E.Kalimat untukmemberikan informasi 4.Hasil akhiryang akan dicapai disebut. A.Langkah-langkah B.Abstraksi C.Penutup D.Tujuan E.Penawaran 5.Jika,seandainya, apabila merupakan bagian dari.

A.Konjungsitemporal B.Varba tingkahlaku C.Verbamaterial D.Pembukaan E.Konjungsisyarat 6.Verba adadua,yaitu. Tentu pihak berwajib akan menilangnya.

partisipan dalam kalimat tersebut adalah lakudan material B.Temporal dansyarat C.Tujuan danlangkah-langkah D.Material dansyarat E.Tingkah lakudan temporal 7.“Pastikan tuduhan pelanggaran” merupakan contoh dari.

A.Deklaratif B.Interogatif C.Iperatif D.Persuasif E.Deklarasi 8.Yangmerupakan fungsi dari interogatif adalah. A.Meminta/melarang seseorang B.Kalimatmengandung perintah C.Memberikan informasi D.Memintainformasi E.Kalimatberisi pernyataan 9.Konjungsiyang mengacu pada urutan waktu disebut kinjungsi A.Syarat B.Tingkah laku C.Material D.Tujuan E.Temporal 10.Kata ganti yangdigunakan untuk penyebutan berikutnya disebut.

A.Promina B.Pronomina C.Persuasif D.Prototonom E.Antonim 11.“Dapatkah Andamemastikan tuduhan pelanggaran?” merupakan contohdari. A.Deklaratif B.Deklarasi C.Interogatif D.Persuasif E.Imperasif 12.Cara-cara yangditempuh agar tujuan itu tercapai.

A.Langkah-lamgkah B.Tujuan C.Orientasi D.Argumentasi E.Penutup 13.“Melakukanpelanggaran” salah satu contoh dari. A.Verba tingkahlaku B.Konjungsisyarat C.Konjungsitemporal D.Verba material E.Partisipan 14.“Menerima ataumenolak tuduhan” salah satu contoh dari. A.Konjungsisyarat B.Verba tingkahlaku C.Konjungsitemporal D.Verba material E.Partisipan 15.Partisipan yangada pada teks prosedur kompleks adalah. A.Hewan B.Manusia C.Benda D.Tumbuhan E.Air 16.Salah satucontoh kata ganti orang ketiga tunggal ialah.

A.Kamu B.Aku C.Saya D.–Nya E.Apa 17.“Apakah Andamengenali petugas?” kalimat ini termasuk kalimat. A.Persuasif B.Tuturan C.Instruktif D.Interigatif E.Imperaktif 18.Teks prosedurada dua,yaitu. A.Gampang,rumit B.Mudah, sulit C.Sederhana,kompleks D.Susah, mudah E.Sulit, sangatsulit 19.Menurutfungsinya, kalimat diklasifikasikan menjadi.

kalimat A.2 B.3 C.5 D.1 E.6 20.“Pertama,kedua, selanjutnya” merupakan termasuk. A.Prosedur B.Tujuan C.Struktur D.Verba E.Konjungsi Kunci jawaban soal 1 1.C 2.A 3.B 4.D 5.E 6.A 7.C 8.D 9.E 10.B 11.C 12.A 13.D 14.B 15.B 16.D 17.D 18.C 19.B 20.E SOAL 2 : SOAL DAN KUNCI JAWABAN TEKS PROSEDUR Untuk jawaban soal dibawah ini adalah jawaban atau pilihan ganda yang di tebalkan Pilihlah jawaban yang paling benar!(Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1‑3 ) Boleh-boleh saja ikut arus.

Akantetapi, tetap ingat juga tempat kita berpijak agar identitas bangsa tidakhilang. Siapa lagi yang akan mengemban pesan dan peninggalan nenek moyang danleluhur bangsa kalau bukan kita sendiri. Iya, kan? Kita tahu dan sadarbahwa Indonesia kita tercinta ini punya ragam kebudayaan yang sangat kaya.Setiap provinsi dan suku bangsa mempunyai karakter yang berbeda satu sama lain,juga latar belakang budaya yang berbeda.

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

Masing-masing provinsi memiliki bentukpenampilan, mempunyai keunikan yang sangat indah, kaya akan warna, bentuk,detail-detail, dan ornamen-ornamen unik dan penuh identitas kedaerahan.Tentunya semua itu tidak akan pernah dan tidak boleh dilupakan hanya karenaingin ikut arus gaya minimalis. 1. Kata kerja imperatif dalam cuplikan teks di atas adalah …. A. tidak boleh B. kita tahu C. mempunyai D.

mengemban pesan E. ikut arus 2. Contoh konjungsi yang jika pengendara melakukan pelanggaran syarat …. A. dan B. yang C.kalau D. agar E. akan tetapi 3. Cuplikan di atas mengandungpetunjuk tentang …. A. gaya hidup B. pola budaya C. bentuk rumah D. cara mempertahankan budaya bangsa E.

penampilan dalam berkeluarga (Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 4‑5) (1) Sampai di sini penampilan ruangmasih standar gaya minimalis seperti yang sering kita lihat pada umumnya. (2)Jangan dibiarkan karena dapat membuat rumah berkesan tidak atau belum selesaiakibat terlalu bersih, bahkan cenderung gersang. (3) Sementara itu, sebuahrumah tinggal, betapa pun sederhananya tetap harus ada sentuhan manusiawi agar lebihhidup.

4. Kalimat yang menyatakan perintahditandai dengan nomor …. A. (1) B.(2) C. (3) D. (1), (2) E. (2), (3) 5. Konjungsi yang menyatakan penguatandinyatakan dalam kalimat …. A. (1) B.(2) C.

(3) D. (1), (2) E. (2), (3) (Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 6‑7)Seandainya kita berkesempatan berkunjung ke Kutub Utara dan Kutub Selatan, ada pemandangan langit menakjubkan yang hanya ada di daerah itu. Terlihat cahaya berwarna-warni biru, merah, kuning, melengkung, meliuk, menjuntai, dan berpendar puluhan bahkan ratusan kilometer disertai suara desis di kesunyian malam.

Aurora bak tirai cahaya di ketinggian 90 km hingga 800 km yang membungkus dataran es. 6. Bacaan di atas terkategori sebagai jenis teks …. A. ekspalanasi B. anekdot C. eksposisi D. laporan pengamatanE. ulasan 7. Aspek yang berbeda dari teks tersebut dengan prosedur kompleks adalah terdapat pada …. A. penggunaan konjungsi B. penggunaan keterangan waktu C. penggunaan kata kerja imperatif D. penentuan topik tentang hal yang diamatiE. kalimat-kalimatnya yang tidak berupa perintah (Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 8‑10)(1) Yakinkan calon pemberi dana bahwa bekerja sama dalam bentuk pemberian dana dari mereka adalah tindakan yang sangat berharga dan merupakan investasi yang baik.

(2) Gambarkan secara jelas manfaat yang akan ditimbulkan atas bantuan mereka. (3) Keuntungan yang lain (jika ada) mestinya juga harus kita paparkan kepada pemberi dana untuk masa depan. (4) Misalnya, setelah kegiatan berakhir, apakah masih ada rencana tindak lanjut yang mungkin menguntungkan mereka, baik secara psikologis, sosial, politik, maupun ekonomi. 8. Kalimat yang tidak bernada perintah berada pada urutan …. A. pertama B. kedua C. ketiga D.

keempat E. ketiga dan keeempat 9. Contoh kata kerja imperatif dalam teks di atas adalah …. A. yakinkan dan gambarkan B. bekerja sama dan merupakan C. menguntungkan dan mestinya D. berakhir dan tindakan E. misalnya dan maupun 10. Bahwa kalimat ketiga berbentuk pasif ditandai oleh kata-kata …. A. keuntungan B. jika ada C. kita paparkan D. juga harus E. kepada pemberi dana (Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11‑12).(1) Saat Anda bermaksud mencari peluang kerja, mulailah dengan mencari informasi sebanyak- banyaknya.

(2) Sering-seringlah membaca koran atau mendengarkan radio. (3) Kedua jenis media tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah yang kini menjadi corong utama bagi banyak perusahaan dalam merekrut karyawan baru. 11. Contoh kata kerja impertif dalam teks di atas adalah …. A. itulah B. merekrut C. bermaksud D. mulailah E. sebanyak-banyaknya 12.

Kalimat yang menggunakan keterangan penunjuk waktu adalah .… A. (1)B. (2) C. (3) D. (1), (2) E. (2), (3) (Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 13‑15)(1) Teori Wiwin jitu. (2) Tak berapa lama menekuni pekerjaan server, ia terpilih menjadi trainer para server baru. (3) Selama bekerja, Wiwin terus mengembangkan diri dan mengasah ide-ide untuk perusahaan. (4) Ia pun akhirnya dilirik untuk menjadi asisten personnel manager.

(5) Merasa punya bekal lumayan, Wiwin sempat tergoda untuk pindah ke perusahaan lain. (6) Namun, pimpinannya menawarkan posisi aduhai, menjadi purchasing manager. (7) Dari situ ia ditawari lagi menjadi cost controller manager dan akhirnya jika pengendara melakukan pelanggaran relation manager. 13. Teks di atas dikembangkan dengan pola ….

A. umum-khusus B. sebab-akibat C. keruangan D. kronologis E. penting-tidak penting 14. Kata-kata yang menunjukkan urutan waktu, kecuali ….A. tak beberapa lama B. akhirnya C.

selama bekerja D. akhirnya E. sempat tergoda 15. Kalimat yang menggunakan konjungsi antarkalimat .… A. (2) B. (3) C. (5) D. (6)E. (7) (Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 16‑18)(1) Sebelum memutuskan untuk melamar atau bahkan menerima pekerjaan itu, usahakan untuk mengetahui dengan jelas pekerjaan yang harus dilakukan. (2) Sumber yang paling tepat untuk ditanya adalah manajer yang langsung menangani pekerjaan yang akan dilamar.

(3) Bisa juga menghubungi kenalan yang pernah menangani pekerjaan semacam itu. (4) Cara ini penting dilakukan untuk menghindari ‘mimpi’ akan perusahaan yang menawarkan gaji jika pengendara melakukan pelanggaran keuntungan muluk yang kenyataannya jika pengendara melakukan pelanggaran jadi di luar dugaan Anda.

16. Kalimat yang menyatakan perintah ditandai dengan nomor …. A. (1)B. (2) C. (3) D. (4) E. (1), (4) 17. Kalimat yang menggunakan keterangan waktu terdapat pada nomor …. A. (1)B. (2) C. (3) D. (4) E. (1), (2) 18. Contoh kata tidak baku dalam teks adalah …. A. bahkan B. usahakan C. mimpi D. dugaan E. muluk (Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 19‑20)(1) Yang terjadi pada era globalisasi sekarang ini sesungguhnya adalah westernisasi.

(2) Pengaruh negara-negara Barat atau negara-negara maju terus menjejali budaya bangsa-bangsa terbelakang, termasuk kita, sehingga budaya kita sendiri menjadi terkikis. (3) Kita kehilangan identitas karena rapuhnya pondasi mental di samping kepercayaan diri yang sangat lemah. (4) Kita lebih bangga dengan atribut-atribut bangsa lain dan merasa malu dengan identitas bangsa sendiri. 19. Cuplikan di atas merupakan bagian dari jenis teks . A. prosedur kompleks B. eksposisi C. eksplanasi D. cerita ulang E.

laporan observasi 20. Kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas ditandai dengan nomor . A. (1), (4) B. (2), (3) C. (2), jika pengendara melakukan pelanggaran D.

(3), (4) E. (1), 2) SOAL 3 : SOAL DAN KUNCI JAWABAN TEKS PROSEDUR 1.Cermatilah teks berikut. Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengeklik tombol start. Kemudian pilihshutdown.

Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelahprogram komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor danstabilizer saluran listrik. Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiriproses operasi komputer Teks di atas merupakan teks . A. laporan B. eksposisi C. negosiasi D. prosedur E. anekdot 2.

Cermatilah kalimat-kalimat berikut. 1)Selain itu, keyboard ini dapatjuga digunakan untuk desktop PC (personalcomputer) ataulaptop. 2) Dengan menggunakan teknologi sinar laser dan infra merah, keyboard inisangat berguna bagi setiappengguna PDA.

3)Sekarang telah lahir VirtualLaser Keyboard, keyboard canggih yang telahlama ditunggu-tunggu. Urutan yang tepat paragraf prosedurdi atas adalah…. A.1 – 2 – 3 B.2 – 1 – 3 D.3 – 1- 2 C.3 – 2 – 1 E.2 – 3 – 1 3. Cermatilah kalimat-kalimat berikut. (1)Setelah itu, diletakkan dalam sebuah wadah, diberi ragi dan terkadangdiberi sedikit gula untuk mempermanis rasanya.

(2)Selain dari beras ketan, tapetebuat dari singkong yang telah dikupas kemudian direbus. (3)Hal ini bertujuan agar terjadi fermentasi. (4)Pemberian ragi hendaknya rata. (5)Langkah terakhir menutup tape yang beragi dan diberi gula tadi dengandaun pisang serta penutup berupa kain hingga rapat.

(6)Setelah + 3 hari, singkong telah berubah menjadi tape yang enak rasanyadan siap disantap. (7)Selanjutnya tape diitutup selama + 3 hari dan tidak boleh dalam selangwaktu tersebut, penutupnya dibuka. Urutan yang tepat paragraf prosedur di atas adalah…. A.2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5 – 7 B. 2 – 1 -3 – 6 – 7 - 5 – 4 C. 2 – 1 – 4 – 3 – 5 – 7 – 6 D.2 – 1 – 4 – 5 – 3 – 7 – 6 E.

2 – 3 – 1 – 4 – 5 – 6 – 7 4. Perhatikan wacana berikut dengan cermat! Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendaramelakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.

Pengendarakendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yangharus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran, Anda tidak akandirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. Kalimat yang menyatakan tujuan terdapat dalam kalimat berikut ….

A.Di Indonesia banyakpengendara kendaraan bermotor. B.Jika pengendara melakukanpelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. C.Pengendara kendaraan bermotorperlu mengetahui prosedur penilangan.

D.Berikut ini hal yang harusAnda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran. E.Anda tidak akan dirugikan danakan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.

5. Simaklah teks prosedur berikut dengan cermat! Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecektuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakanAnda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok ke kiri, Anda harusyakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada. Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran.Pernyataantersebut merupakankalimat …. A.Imperatif B.Interogatif C.Deklaratif D.Berita E.Jawaban 6. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akanmenilangnya.

Partisipan dalam kalimattersebut adalah …. a.Melakukan pelanggaran b.Pengendara, pihak berwajib c.Akan menilangnya d.Tentu pihak berwajib e.Pengendara melakukan 7. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisitersebut, benar atau tidak.

Verba “mengecek” dalam kalimat tersebut merupakan jenis …. a.Verba material b.Verba tingkah laku c.Verba objektif d.Verba preposisional e.Verba nominal 8. Perhatikanprosedur berikutdengan cermat! Langkah-langkah membuat hiasanbordir pakaian. 1) Tentukan motif sebagai model 2) Tentukan bagian pakaian yang akan dibordir. 3) Buatlah gambar model pada bagian pakaian yang akan dibordir.

4) Tentukan kombinasi warna benang bordir agar terlihat lebih indah 5) Bordirlah bagian tersebut setelah pakaian jadi. Perbaikan prosedur kerja yang tidak logis yang tepat adalah .

A. Jadikan pakaian terlebih dahulu agar rapi. B. Bordirlah bagian tersebut sebelum pakaian jadi. C. Kombinasi hiasan bordir siap dikerjakan. D. Model ditentukan setelah membuat pola pakaian. E. Penentuan kombinasi warna bersamaan saat membuat motif. 9. Bacalah teks prosedur kompleks di bawah ini !

Di Indonesia masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang belum memilikiSurat Izin Mengemudi (SIM). Padahal dalam Undang Undang Lalu Lintas jikapengendara melakukanpelanggaran, akandikenakansanksi sesuai dengankelengkapan surat yang dimiliki. Untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi sangatmudah sekali, Anda dapat mengurus sendiri melalui kantor Samsat setempat.

Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh Surat IzinMengemudi : 1. Siapkan foto copy KTP dan Kartu Keluarga masing-masing dua lembar. 2. Daftarkan diri Anda pada Samsat setempat. 3. Isilah formulir sesuai dengan kolom yang ditentukan.

4. Periksa kesehatan badan di tempat pemeriksaan. 5. Fotolah di tempat yang disediakan. 6. Laksanakan tes uji kendaraan. Jika dinyatakan lulus uji kendaraan, Anda akanmemperolehtanda bukti untuk pengambilan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kalimat 1, 2, dan 3 pada teks di atas merupakan struktur isi prosedurkompleks yang disebut A.judul B.abstrak C. ciri bahasa D. daftar isi E. tahapan 10. Jenis kalimat pada tahapan-tahapan prosedur di atas adalah kalimat . A. interogatif C. deskriptif B. imperatif D.definitif E.deklaratif 11. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!

- Warga Negara Indonesia - Berusia 17 tahun - Membawa surat pengantar dari RT - Foto kopi kartu keluarga Bagian prosedur kompleks “Pembuatan KTP” di atas adalah . A. langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemohon B. kegiatan yang harus dilakukan oleh pemohon C. syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon D. tujuan prosedur pembuatan KTP E. ciri-ciri pembuatan KTP 12.Perhatikan teks prosedur berikutini! Cara menggunakan sabun cuci deterjen bubuk: (1) Larutkan 1 sendok takar deterjen bubuk ke dalam 10 liter air.

(2) Rendam cucian dalam larutan deterjen selama 30 menit. (3) Kucek cucian seperlunya dalam larutan deterjen. (4) Bilas atau kocok cucian sampai bersih. Maksud yang sesuai dengan petunjuk prosedur tersebut adalah . A. Cucian direndam lebih dahulu dengan air 10 liter, lalu dibilas sampaibersih. B. Cucian yang telah direndam 30 menit diberi deterjen 1 sendok, laludibilas. C.Deterjen yang sudah dilarutkandigunakan untuk merendam cucian selama 30 menit,dikucek seperlunya, lalu dibilassampai bersih.

D.Cucian dikucek di tempat laindengan air bersih, lalu dimasukkan ke dalam larutan deterjen. E. Bilaslah cucian dengan air rendaman lalu dikucek sampai bersih. 13. Perhatikan prosedur pengisian tinta printer berikut! (1) Keluarkan katrid dari printer. (2) Suntikkan 15–20 cc tinta ke dalam katrid (3) Buka tutup botol tinta, dan pasang jarum penyuntiknya. (4) Bersihkan kepala cetak (print head) menggunakan kertas tisu basah.Katrid siap untuk digunakan.

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

(5) Gunakan alat yang tersedia untuk mengangkat sumbat lubang katrid ataubesarkan ukuran lubangnya Urutan kalimat yang menjelaskan prosedur pengisian tinta printer adalah ….

A. (1), (5), (3), (2), (4) B. (2), (4), (5), (3), (1) C. (3), (2), (1), (4), (5) D. (4), (5), (2), (1), (3) E. (5), (1), (2), (3), (4) 14. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini! (1) Kenali si petugas (2) Pahami kesalahan Anda (3) Pastikan tudahan pelanggaran Kalimat prosedur kompleks di atas menggunakan kalimat … A. deklaratif B. imperative C. interogatif D. retoris E. pasif 15. Bacalah paragraf di bawah ini!

Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar bukupaspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwalpengambilan paspor yang sudah selesai. Di atas adalah salah satu tahap pembuatan buku paspor. Dalam tahapantersebut terdapat kegiatan yang termasuk prosedur adalah … A. Wawancara, membayar paspor, tanda tangan paspor B. Bayar dan menandatangani buku paspor C. Wawancara, tanda tangan paspor, tentu pihak berwajib akan menilangnya.

partisipan dalam kalimat tersebut adalah informasi jadwal pengambilan D. Membayar paspor, tanda tangan paspor, minta informasi jadwal pengambilanpaspor E.

Wawancara, bayar dan tanda tangan paspor, memberi informasi jadwalpengambilan paspor 16. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini! 1) Calon siswa mengisi formulir secara online 2) Calon siswa mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online 3) Calon siswa melakukan verifikasi di sekolah 4) Calon siswa megikuti tes Teks prosedur kompleks di atas adalah prosedur .

A. pendaftaran sekolah B. pendaftaran sekolah secara online C. pendaftaran sekolah secara manual D. pendaftaran anggota OSIS E. pendaftaran anggota Pramuka 17. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini! 1) Calon siswa mengisi formulir secara online 2) Calon siswa mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online 3) Calon siswa melakukan verifikasi di sekolah 4) Calon siswa megikuti tes Berdasarkan prosedur tersebut, pengumpulan berkas atau syarat-syaratterdapat pada tahap.

A. mengisi formulir secara online B. mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online C. melakukan verifikasi di sekolah D.

megikuti tes E. pada saaat daftar ulang Bacalah paragraf berikut dengan tepat! (untuk soal 18-19) Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraanbermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkankematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapatmenunjukkan SIM.

Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai suratyang ditahan oleh Polantas! 18. Konjungsi yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah … a. Syarat b. Temporal c. Tujuan d. Sebab e. akibat 19. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecualikendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itumengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemuditidak dapat menunjukkan SIM.

Kalimat kompleks tersebut dapat diubah menjadi kalimat sederhana. Kalimatsederhana tersebut adalah … a. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK. b. Kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana.

c. Pelanggaran itu mengakibatkan kematian d. Pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK. e. Utamakanlah SIMsebagai suratyang ditahan oleh Polantas! 20. Cermati petunjuk kerja berikut! 1) Aktifkan blender hingga buah lumat dan homogen.

2) Masukkan buah dan bahan pelengkapnya ke dalam blender. 3) Siapkan bahan-bahan untuk membuat jus buah. 4) Hidangkan dengan dilengkapi garnis. 5) Tuangkan ke dalam gelas jus.

Urutan petunjuk kerja yang tepat adalah …. A. 1-2-3-4-5 B. 5-4-3-2-1 C. 3-2-1-5-4 D. 1-3-2-4-5 E. 2-4-1-3-5 21. Bacalah dengan saksama prosedur berikut. 1) Begitulah seterusnya. 2) Dalam pemanfaatanya, uap tidak seluruhnya dibuang. 3) Justru sebagian uap didinginkan kembali dengan menggunakan blower agarmenjadi air dan disambung ke kolam. 4) Kemudian air yang di kolam itu akan disuntikkan kembali ke dalam batuankedap.

5) Jadi, jelaslah bahwa pembangkit listrik panas bumi tidak mencemarilingkungan. Urutan kalaimat yang tepat agar menjadi paragraph padu adalah…. A. 2, 3, 1, 4, dan 5 B. 2, 3, 4, 1, dan 5 Jika pengendara melakukan pelanggaran. 3, 1, 2, 4, dan 5 D. 3, 2, 4, 1, dan 5 E. 4, 1, 2, 3, dan 5 22. Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut ini! 1) Siapkan tiga pot plastik yang masing-masing diisi dengan pasir (A),kerikil (B), humus(C). 2) Siapkan tiga wadah larutan pupuk organik masing-masing 1 liter dosisyang sama.

Satu wadah (pot B) di masukkan ke ember yang berisi larutan pupukorganik hingga akarnya terendam. 3) Lakukan penyiraman dua kali dalam seminggu selama empat minggu. 4) Tanamlah bibit tomat atau cabai yang sudah disediakan di ketiga pottersebut.

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

5) Pengembangan tanaman secara hidroponik dapat dilakukan dengan caraBerikut. 6) Ambil tiga bibit pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalammedia pot A dan C. 7) Siramkan larutan pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalammedia pot A dan C. Urutan kalimat yang benar agar menjadi prosedur sederhana adalah…. A. 5, 1, 6, 4, 2, 7, dan 3 B. 5, 1, 6, 4, 7, 2, dan 3 C. 5, 2, 1, 6, 4, 7, dan 3 D. 5, 6, 1, 3, 4, 2, dan 7 E. 5, 6, 4, 1, 2, 7, dan 3 Teks prosedur berikut ini merupakan acuan untuk menjawab soal nomor23 s.d 30 APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA TERKENA TILANG?

Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendaramelakukan pelanggaran, tentu tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah berwajib akan menilangnya. Pengendarakendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.

Berikut ini hal yangharus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas.Dengan memperhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akandirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yangtercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tandapengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak diluar prosedur.

Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian premanmengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)! K edua, pahami kesalahan Anda. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapayang dilanggar, dan berapa dendanya. Sebagai pembimbing masyarakat, polisiharus menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulangkembali. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukumyang berlaku.

Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecektuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakanAnda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok kiri, Anda harusyakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada. Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan)begitu saja. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecualikendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itumengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemuditidak dapat menunjukkan SIM.

Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi)sebagai surat yang ditahan oleh polantas! Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai duaalternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerimaatau menolak tuduhan tersebut.

Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersediamembayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tandatanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapatbukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraanyang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda.Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberisurat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untukmengikuti sidang.

Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barangsitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim. (Diadaptasi dari sumber samsat dan kepolisian) 23. Berikut ini adalah bukti bahwa teks tersebut adalah teks prosedur. A. Struktur penulisan teks tersebut terdiri: 1. Hal yang dilakukan jika ditilang, terdapat dalam paragraf kesatu 2. Langkah dalam mengatasi masalah terkena tilang, terdapat dalam paragrafkedua sampai keenam. B. Struktur penulisan teks tersebut terdiri: 1.

Tujuan penulisan teks, terdapat dalam paragraf kesatu 2. Langkah-langkah dalam mencapai tujuan, terdapat dalam paragraf keduasampai keenam. C. Struktur penulisan teks tersebut terdiri: 1. Permasalahan dalam teks, terdapat dalam paragraf kesatu 2. Langkah-langkah dalam mengatasi permasalahan, terdapat dalam paragrafkedua sampai keenam.

D. Struktur penulisan teks tersebut terdiri: 1. Pokok pembicaraan dalam teks, terdapat dalam paragraf kesatu 2. langkahyang mendukungpembicaraan teks, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.

E. Struktur penulisan teks tersebut terdiri: 1. Objek permasalahan teks, terdapat dalam paragraf kesatu 2. langkah-langkah menyelesaikan masalah, terdapat dalam paragraf keduasampai keenam. 24. Berikut ini kalimat dalam teks di atas, yang tidak mengandungpartisipan manusia secara umum, adalah. A. Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai denganperaturan.

B. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaianseragamnya. C. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisitersebut, benar atau tidak.

D. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat buktipelanggaran berlalu lintas. E. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaranyang diajukan polantas. 25.Kalimat dalam teks di atas yangmenunjukkan verba material adalah. A.Mereka mempunyai kewajibanmenunjukkan tanda pengenal. B.Pengendara kendaraan bermotorperlu mengetahui prosedur penilangan. C.Di baliknya terdapat buktipenyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan.

D.Jika pengendara melakukanpelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. E. Tanyakanlah apa kesalahan Anda,pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya. 26. Kalimat dalam teks tersebut, yang menunjukkan verba tingkah lakuadalah. . A. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yangdititipkan.

B. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luarprosedur. C. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yangberlaku. D. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah adakeputusan hakim. E. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisitersebut, benar atau tidak. 27. Kalimat dalam teks di atas yang menunjukkan konjungsi temporal adalah . . A. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. B. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan.

C. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah. D. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yangdititipkan. E. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaianseragamnya.

28. Konjungsi syarat dalam teks di atas adalah. A. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yangberlaku.

B. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapadendanya. C. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah adakeputusan hakim.

D. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahanoleh polantas! E. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaranyang diajukan polantas. 29. Konjungsi yang menyatakan pilihan dapat ditunjukkan dalam paragraf ke . . A. satu, kalimat kelima B.

dua, kalimat keempat C. tiga, kalimat ketiga D. lima, kalimat kesatu E. enam, kalimat kedua 30. Berikut ini yang termasuk kalimat imperatif dalam paragraf keenamadalah. A. Terima atau tolak tuduhan. B. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. C. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil D.

Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. E. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar 31. Dua minggu lalu, sekitar 200-an perempuan berkumpul di sekitar hotelterkenal. Mereka mengenakan “busana nasional”yang umumnya berupa kain sarungdari berbagai daerah dengan kebaya beragam bentuk.

Begitu banyak perempuanberkumpul untuk memeriahkan hari jadi sebuah perkumpulan yang mendedikasikankegiatan mereka untuk mempromosikan busana nusantara Inti paragraf diatas adalah…. A. Mereka berkumpul di hotel untuk peragaan busana nasional. B. Mereka berkumpul untuk mengadakan promosi pakaian daerah. C. Mereka tentu pihak berwajib akan menilangnya.

partisipan dalam kalimat tersebut adalah dalam rangka ulang tahun organisasi. D. Mereka berkumpul untuk menghadiri promosi mode busana nasional. E. Mereka berkumpul untuk saling bersilaturahmi. 32. Cermatilah teks prosedur berikut dengan saksama!

CARA MEMBUAT BOTOL KACA 1.Setelah itu, campuran adonan itudibentuk menjadi botol dengan cetakan. 2.Kadang-kadang pecahan-pecahankaca ditambahkan.

3.Akhirnya, botol-botol itu siapuntuk digunakan. 4.Selanjutnya, untuk memperkuatkaca botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan kembali, laludidinginkan. 5.Pertama, ketiga bahan tersebutdicampur secara proporsional.

6.Kaca untuk botol dibuat daripasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagaiberikut. 7.Kemudian, campuran itu dipanaskandalam tungku pada suhu yang sangat tinggi. 8.Lalu, adonan kaca diproduksi. Urutan teks prosedur yang tepat adalah.

. A. 6-5-7-2-8-4-1-3 B. 6-5-8-2-4-7-1-3 C. 6-5-1-2-4-7-8-3 D. 6-5-2-8-7-1-4-3 E. 6-5-4-7-1-8-2-3 33. Bacalah Paragraf berikut! (1) Meminjam buku di perpustakaan sekolah merupakan aktivitas yang rutindilakukan para siswa. (2) Meminjam buku di perpustakaan sekolah perlumemperhatikan prosedur peminjaman agar buku yang Anda cari atau yang akan Andapinjam dapat mudah ditemukan.

(3) Setelah masuk ruang perpustakaan, isilah daftar hadir lebih dahulu. (4)Setelah itu ikuti prosedur peminjaman buku. (5) Pertama, untuk mencari bukujangan langsung mencarinya di rak buku, tetapi carilah buku dalam katalog bukudahulu.

(6) Dalam katolaog, Anda dapat menemukan kode buku. (7) Denganmenemukan kode buku, buku yang Anda cari dapat lebih mudah ditemukan. Kedua, …. Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah pertama prosedur di atas(kalimat 3) adalahkalimat . A. deklaratif B. interogatif C. Definisi D. deskripsi E. imperatif (perintah) 34.Isi pokok teks prosedurkompleks di atas adalah .

A. Meminjam buku merupakanaktivitas rutin para siswa B. Ada beberapa prosedur yangharus diikuti untuk meminjam buku di perpustakaan sekolah C.

Para siswa selalu meminjambuku di perpustakaan sekolah D. Kode buku dapat mempermudahmenemukan buku di perpustakaan sekolah E.Untuk masuk ruangperpustakaan perlu mengisi daftar hadir lebih dahulu Simaklah wacana berikut dengan saksama! (untuk soal 35-38) Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakanpakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca.

Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulaimembaca. Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segalapenjuru sambil memberikan penghomatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala. 35. Kutipan teks tersebut terdapat struktur … a. Latar belakang b.Tujuan c. Langkah-langkah d.

Kesimpulan e. Saran-saran 36. Penanda kebahasaan yang berupa partisipan dalam wacana tersebut adalah… a. Kalian, mereka, membaca b. Kalian, penonton, pakaian c. Kalian,penonton, pentas d. Kalian, penonton, mereka e. Mereka, kalian, membaca 37.Tujuan dalam teks prosedurtersebut adalah … a. Untuk memahami cara membaca puisi di atas pentas.

b. Untuk mengetahui cara membaca puisi dengan baik. c. Untuk mengembangkan secara kreatif sebuah puisi. d. Untuk meningkatkan potensi membaca puisi di pentas. e. Untuk mengetahui teknik membaca puisi di atas pentas.

38. Judul yang relevan dalam teks prosedur yang terdapat dalam wacanatersebut adalah … a. Teknik Membaca Puisi secara Kreatif b. Teknik Membaca Puisi secaravEkspresif c. Teknik Membaca Puisi Indah di Atas Pentas d. Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas e. Teknik Membaca Puisi yang Baik dan Benar Teks ke-1 Prosedur berikut ini perlu Anda ikuti jika Anda menghadapi penilangan agarAnda tidak akan dirugikan.

Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali namadan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyaikewajiban menunjukkan tanda pengenal. Teks ke-2 Beberapa prosedur harus Anda ikuti untuk membuat SIM baru ini, agar Andadapat mengurus SIM dengan hemat waktu dan biaya. Pemohon SIM harus melampirkanKTP asli yang sah, fotokopi KTP, surat keterangan dokter sehat jasmani danrohani, dan SIM A dilengkapi hasil uji simulator. Setelah itu, pemohon akanmasuk dalam tahap I dengan membayar biaya PNBP resi bank melalui ATM, mini ATM,atau teller bank.

39. Persamaan ciri bahasa yang digunakan dalam langkah-langkah dua teksprosedur di atas adalah . A. Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teksprosedur di atas sama, yaitu kalimat deklaratif. B. Partisipan manusia yang digunakan dalam langkah-langkah dalam jika pengendara melakukan pelanggaran teksprosedur di atas sama, yaitu pronomina ‘Anda’. C. Konjungsi temporal yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teksprosedur di atas sama, yaitu konjungsi ‘pertama.’ Tentu pihak berwajib akan menilangnya.

partisipan dalam kalimat tersebut adalah. Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teksprosedur di atas sama, yaitu kalimat interogatif. E. Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu kalimat imperative.40.

Kalimat “Pertama, kenali si petugas.” dalam teks di atas termasuk kalimat . A.interogatif D. imperatif B.deklaratif E. deskripsi C.Definisi KUNCI JAWABAN SOAL 3 1.

D 2. C 3. C 4. E 5. A 6. B 7. B 8. B 9. E 10. B 11. C 12. C 13. A 14. B 15. D 16. B 17. C 18. A 19. A 20. C 21. B 22. B 23. B 24. B 25. A 26. E 27. C 28. C 29. D 30. A 31. C 32. A 33. A 34. B 35. C 36. D 37. D 38. D 39. B 40. D SOAL 4 : SOAL DAN KUNCI JAWABAN TEKS PROSEDUR PILIHAN GANDA DOWNLOAD SOAL Jika anda berminat untuk mendownload keseluruhan soal, silahkan cek link download dibawah ini, jika ada kesalahan dalam link download, silahkan tinggalkan komentar dibawah Download soal 1 + soal 2 + soal 3 download soal 4 Penutup untuk memahami sebuah Teks Prosedur anda harus mengetahui dan paham akan beberapa hal, mulai dari macam-macam Teks Prosedur, ciri-ciri teks prosedur, serta sering membaca contoh dari teks prosedur.

Semoga soal dan jawaban teks prosedur diatas bisa membantu anda dalam memahami materi ini lebih jauh,
Halo, Farhan C. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru.

Kakak bantu jawab ya. Jawaban untuk soal tersebut adalah B. Mari kita simak pembahasan berikut ini. Teks prosedur merupakan teks yang berisi tata cara atau langkah-langkah untuk membuat atau melaksanakan sesuatu. Langkah-langkah tersebut harus dikerjakan sesuai dengan urutannya. Salah satu kaidah tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah dalam teks prosedur kompleks adalah terdapat pelaku atau partisipan.

Partisipan merupakan orang yang terlibat dalam kegiatan tertentu. Kalimat "Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya!" mengandung partisipan. Partisipan dalam kalimat tersebut adalah pengendara dan pihak berwajib.

"pengendara" bermakna orang yang mengendarai kendaraan. "pihak berwajib" bermakna polisi yang bertugas menjaga keamanan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu🙂 Bacalah teks ceramah berikut! Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang “sabar” Sabar berasal dari kata “sobaro-yasbiru” yang artinya menahan.

Menurut istilah, sabar adalah menahan diri dati kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan, dan menahan anggota badan dari perbuatan dosa. Sabar adalah pilar kebahagian seorang hamba, karena dengan kesabaran seseorang akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan. Sabar merupakan ajaran jika pengendara melakukan pelanggaran banyak sekali disinggung dalam Al-Qur’an maupun hadis, sehingga manusia senantiasa diarahkan untuk selalu bersabar dalam kehidupannya.

Kesabaran yang sebenarnya adalah kemampuan dalam mengendalikan sikap, sehingga bisa dengan ikhlas dan rela hati menerima kondisi yang sedang dihadapinya demi mendapat balasan yang baik di akhirat. Teks tersebut termasuk struktur bagian ….

a. pendahuluan b. isi c. penutup d. interpretasi e. orientasi Cermati teks berikut! Wabah Virus Korona di Wuhan, China mengakibatkan 17 orang tewas dan ratusan lainnya terinfeksi.

Virus Korona yang diduga berasal dari kelelawar atau ular ini penyebarannya begitu pesat lewat udara dan sentuhan langsung dengan orang yang terinfeksi. Makna kata "wabah" dari teks di atas adalah. A. Menular B. Menyebar C. Menjalar D. Menebar 140 kumpulan soal uts bahasa Indonesia kelas XI semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ini, berisikan materi b. Indonesia mengenal teks prosedur, sampai belajar teks eksplanasi. Dimana sebanyak 115 soal (70 pilihan ganda + 45 essay/uraian) telah admin publish sebelumnya, yang bisa siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederatjat baca pada tulisan: contoh soal UTS b.

Indonesia kelas 11 semester 1 K13 dengan kunci jawaban. Adapun yang anda baca dan pelajari sebagai referensi belajar online ini, merupakan soal tambahan sebanyak 25 butir soal yang berbentuk PG. Selain itu, bagi guru mapel bahasa Indonesia yang mencari rujukan dalam pembuatan soal penilaian tengah semester genap, bisa membaca postingan lainnya: 30 soal UTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 Kurikulum 2013 beserta jawaban. Lanjut ke 25 soal tambahan. Berikut dibawah ini, soal penilaian tengah semester ganjil kurtilas edisi revisi dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1.Bacalah paragraf berikut dengan tepat! (untuk soal 1-2) Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM.

Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh Polantas! Konjungsi yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah … A.

Temporal B. Syarat C. Tujuan D. Sebab E. Akibat Jawaban: B 2.Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM.

Kalimat kompleks tersebut dapat diubah menjadi kalimat sederhana. Kalimat sederhana tersebut adalah… A. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK. B. Kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana. C. Pelanggaran itu mengakibatkan jika pengendara melakukan pelanggaran D. Pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK.

E. Utamakanlah SIM sebagai surat yang ditahan oleh Polantas! Jawaban: A 3.Teks eksplanasi adalah…. A. Teks yang berisi tentang penjelasan. B. Teks yang berisi tentang cara mengerjakan sesuatu. C. Teks yang berisi tentang pendapat. D. Teks yang menceritakan suatu kejadian. E. Teks yang menggambarkan suatu objek. Jawaban: A 4.Gunung es terbuat dari kumpulan es air tawar yang terbawa ke laut karena adanya pecahan gletser, atau ketika potongan es terpisah dari lapisan es yang mengapung.

Sebagian kecil es mengapung di antara air laut yang asin, sedangkan bagian yang tebal tidak terlihat di bawahnya. Gunung es berasal dari daratan. Oleh karena itu, gunung es mengandung batuan besar maupun kecil yang terbawa gletser atau lapisan es dari batuan padat.

Batuan itu menyebabkan gunung es menjadi berat sehingga melesap lebih dalam di laut. Topik teks di atas adalah…. A. Fenomena gunung es B. Proses terjadinya gunung es C. Pecahan gletser D. Air tawar membantu tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah es E. Gunung es tidak terlihat dari atas Jawaban: B 5.Kalimat pernyataan umum yang tepat untuk teks eksplanasi tentang kekeringan yaitu…. A. Bencana kekeringan sudah terjadi di mana mana. B.

Kekeringan menyebabkan kebakaran. C. Kekeringan diakibatkan ketiadaannya air dalam waktu yang lama D. Cuaca yang kering sangat buruk untuk kesehatan. E. Kekeringan merupakan salah satu fenomena alam ketika musim kering terjadi dalam waktu yang cukup lama. Jawaban: E 6.Perhatikan langkah membuat teks eksplanasi Berikut. 1. Menentukan topik 2. Menyusun tulisan 3. Membuat kerangka karangan 4.

Menyunting tulisan Langkah-langkah yang tepat untuk membuat teks eksplanasi adalah…. A. 1-2-3-4 B. 4-3-1-2 C. 1-3-2-4 D. 2-3- 4-1 E. 2-3-1-4 Jawaban: C 7.Cermatilah teks berikut. Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengeklik tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis.

Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor dan stabilizer saluran listrik. Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi komputer. Teks di atas merupakan teks.… A. Eksposisi B. Negosiasi C. Laporan D. Anekdot E. Prosedur Jawaban: E 8.Berikut adalah contoh kalimat imperatif, kecuali.

A. Terima atau tolak tuduhan. B. Kenali petugas. C. Pengendara memahami kesalahannya D. Pastikan tuduhan pelanggaran E. Jangan serahkan kendaraan dan STNK begitu saja Jawaban: C 9.Bacalah pernyataan berikut! (1) Memiliki tempat persemaian (2) Membuat bedang persemaian (3) Memberi atap Tempat persemaian (4) Menyemai benih (5) Pemeliharaan benih Bagian inti dari langkah pembibitan adalah.

A. (1), (4), (5) B. (1), (2), (5) C. (2), (3), (5) D. (2), (5), (3) E. (2), (4), (5) Jawaban: B 10.Perhatikan drama pendek berikut! Rika : “San, kamu jadi ikut program magister di UI?” Dewi : “Jadi, kenapa memangnya?” Rika : “Saya udah daftar tapi bingung bayarnya ….” Dewi : “Bayar di atm aja lebih simpel gak pake antre.” Rika : “ Oh bisa ya?” Dewi : “Nah, cara pembayaran melalui ATM itu lebih mudah, pertama masuk ke menu Transaksi lainnya, lalu pilih menu Pembayaran, pilih menu Pendidikan, setelah itu kamu masukan nomor pelanggan.” Rika : “Nomor pelanggan maksudnya?” Dewi : “Masukan kode institusi dan nomor registrasi.

Contohnya, kode UI itu 050 dan setelah itu masukkan nomor registrasi kamu …. Setelah itu, ikuti petunjuknya saja … gampang kan?” Judul teks prosedur kompleks yang tepat berdasarkan dialog drama tersebut adalah….

A. Prosedur Registrasi Ujian UI B. Tata Cara Pendaftaran Program Magister UI C. Tata Cara Membuka Rekening di Bank D. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM E. Tata Cara Pembayaran Registrasi Program Magister UI Jawaban: D 11.Inilah beberapa kiat atau cara untuk membuat status yang berkualitas di media sosial.

Harap dierhatikan, isi status seseorang sebenarnya menggambarkan kepribadiaan pemiliknya! Hal yang menarik saat ini adalah banyak perusahaan menjadikan status seseorang di media sosial sebagai daftar riwayat hidup pemiliknya. Perusahaan juga dapat mengetahui etos kerja dan karakter pemiliknya. Oleh sebab itu, sejak sekarang, isi status tersebut dengan hal yang bermanfaat dan berkualitas!.

Kutipan tersebut menginformasikan tentang …. A. Status adalah gambaran pribadi pemiliknya B. Manfaat status di media sosial C. Status adalah riwayat hidup pemiliknya D. Status harus jika pengendara melakukan pelanggaran kualitas pemiliknya E. Cara menjaga status di media sosial agar berkualitas Jawaban: B 12.Baca cermat langkah-langkah pembuatan keripik pisang berikut! (1) Perendaman. (2) Pemilihan bahan. (3) Pengupasan. (4) Penggorengan. (5) Perajangan/ Pemotongan. Urutan langkah yang tepat adalah ….

A. (2), (3), (5), (1), (4) B. (2), (1), (3), (4), (5) C. (5), (1), (2), (3), (4) D. (2), (3), (1), (4), (5) E. (1), (2), (3), (5), (4) Jawaban: A 13.Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak yang berwajib menilangnya. Kalimat tersebut mengandung … A. Partisipan bukan manusia. B. Partisipan manusia. C. Partisipan pronomina. D. Partisipan alat. E. Partisipan kekohesian. Jawaban: B 14.Perhatikan wacana berikut dengan cermat!

Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan jika pengendara melakukan pelanggaran.

Kalimat yang menyatakan tujuan terdapat dalam kalimat berikut …. A. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran.

B.Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. C.Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor.

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

D.Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. E.Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. Jawaban: B 15.Simaklah teks prosedur berikut dengan cermat! Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.

Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok ke kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada. Pernyataan jika pengendara melakukan pelanggaran merupakan kalimat …. A. Deklaratif B. Imperatif C. Interogatif D. Berita E. Jawaban Jawaban: B 16.Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Verba “mengecek” dalam kalimat tersebut merupakan jenis….

A. Verba tingkah laku B. Verba material C. Verba objektif D. Verba preposisional E. Verba nominal Jawaban: A 17.Perhatikan prosedur berikut dengan cermat! Langkah-langkah membuat hiasan bordir pakaian. 1) Tentukan motif sebagai model 2) Tentukan bagian pakaian yang akan dibordir. 3) Buatlah gambar model pada bagian pakaian yang akan dibordir. 4) Tentukan kombinasi warna benang bordir agar terlihat lebih indah 5) Bordirlah bagian tersebut setelah pakaian jadi. Perbaikan prosedur kerja yang tidak logis yang tepat adalah.

A. Bordirlah bagian tersebut sebelum pakaian jadi. B. Jadikan pakaian terlebih dahulu agar rapi. C. Kombinasi hiasan bordir siap dikerjakan. D. Penentuan kombinasi warna bersamaan saat membuat motif. E. Model ditentukan setelah membuat pola pakaian. Jawaban: A 18.Bacalah teks prosedur kompleks di bawah ini ! Di Indonesia masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Padahal dalam Undang Undang Lalu Lintas jika pengendara melakukan pelanggaran, akan dikenakan sanksi sesuai dengan kelengkapan surat yang dimiliki.

Untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi sangat mudah sekali, Anda dapat mengurus sendiri melalui kantor Samsat setempat. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi : 1. Siapkan foto copy KTP dan Kartu Keluarga masing-masing dua lembar.

2. Daftarkan diri Anda pada Samsat setempat. 3. Isilah formulir sesuai dengan kolom yang ditentukan. 4. Periksa kesehatan badan di tempat pemeriksaan. 5. Fotolah di tempat yang disediakan. 6. Laksanakan tes uji kendaraan. Jika dinyatakan lulus uji kendaraan, Anda akan memperoleh tanda bukti untuk pengambilan Surat Izin Mengemudi (SIM). Kalimat 1, jika pengendara melakukan pelanggaran, dan 3 pada teks di atas merupakan struktur isi prosedur kompleks yang disebut.

A. Judul B. Astrak D. Daftar isi C. Tahapan E. Ciri bahasa Jawaban: E 19.Perhatikan teks prosedur berikut ini! Cara menggunakan sabun cuci deterjen bubuk: (1) Larutkan 1 sendok takar deterjen bubuk ke dalam 10 liter air.

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

(2) Rendam cucian dalam larutan deterjen selama 30 menit. (3) Kucek cucian seperlunya dalam larutan deterjen. (4) Bilas atau kocok cucian sampai bersih. Maksud yang sesuai dengan petunjuk prosedur tersebut adalah … A.

Cucian yang telah direndam 30 menit diberi deterjen 1 sendok, lalu dibilas. B. Cucian dikucek di tempat lain dengan air bersih, lalu dimasukkan ke dalam larutan deterjen.

C. Deterjen yang sudah dilarutkan digunakan untuk merendam cucian selama 30 menit, dikucek seperlunya, lalu dibilas sampai bersih. D. Bilaslah cucian dengan air rendaman lalu dikucek sampai bersih. E. Cucian direndam lebih dahulu dengan air 10 liter, lalu dibilas sampai bersih. Jawaban: C Baca juga kumpulan soal-soal b. Indonesia lainnya di umardanny.blogspot.com - 40 Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban - Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban - 20 Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap - 20 Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap - 20 Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap 20.Bacalah dengan saksama prosedur berikut.

1) Begitulah seterusnya. 2) Dalam pemanfaatanya, uap tidak seluruhnya dibuang. 3) Justru sebagian uap didinginkan kembali dengan menggunakan blower agar menjadi air dan disambung ke kolam.

4) Kemudian air yang di kolam itu akan disuntikkan kembali ke dalam batuan kedap. 5) Jadi, jelaslah bahwa pembangkit listrik panas bumi tidak mencemari lingkungan. Urutan kalaimat yang tepat agar menjadi paragraph padu adalah…. A. 2, 3, 4, 1, dan 5 B. 2, 3, 1, 4, dan 5 C. 3, 2, 4, 1, dan 5 D. 4, 1, 2, 3, dan 5 E.

3, 1, 2, 4, dan 5 Jawaban: A 21.Dua minggu lalu, sekitar 200-an perempuan berkumpul di sekitar hotel terkenal. Tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah mengenakan “busana nasional”yang umumnya berupa kain sarung dari berbagai daerah dengan kebaya beragam bentuk.

Begitu banyak perempuan berkumpul untuk memeriahkan hari jadi sebuah perkumpulan yang mendedikasikan kegiatan mereka untuk mempromosikan busana nusantara. Inti paragraf diatas adalah…. A. Mereka berkumpul di hotel untuk peragaan busana nasional. B. Mereka berkumpul untuk mengadakan promosi pakaian daerah. C. Mereka berkumpul dalam rangka ulang tahun organisasi. D. Mereka berkumpul untuk menghadiri promosi mode busana nasional.

E. Mereka berkumpul untuk saling bersilaturahmi.

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

Jawaban: C 22.Simaklah wacana berikut dengan saksama! (untuk soal 22-25) Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca. Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.

Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghomatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala. Kutipan teks tersebut terdapat struktur. A. Latar belakang B.Tujuan C. Langkah-langkah D. Kesimpulan E.

Saran-saran Jawaban: C 23.Penanda kebahasaan yang berupa partisipan dalam wacana tersebut adalah. A.

Kalian, mereka, membaca B. Kalian, penonton, pakaian C. Kalian, penonton, pentas D. Kalian, penonton, mereka E. Mereka, kalian, membaca Jawaban: D 24.Tujuan dalam teks prosedur tersebut adalah … A. Untuk memahami cara membaca puisi di atas pentas. B. Untuk mengetahui cara membaca puisi dengan baik.

C. Untuk mengembangkan secara kreatif sebuah puisi. D. Untuk meningkatkan potensi membaca puisi di pentas. E. Untuk mengetahui teknik membaca puisi di atas pentas.

Jawaban: D 25.Judul yang relevan dalam teks prosedur yang terdapat dalam wacana tersebut adalah. A. Teknik Membaca Puisi secara Kreatif B.

Teknik Membaca Puisi secaravEkspresif C. Teknik Membaca Puisi Indah di Atas Pentas D. Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas Jawaban: D Baca juga: - Contoh Soal USP/USBN Bahasa Indonesia Beserta Jawaban
Hai Firda N.

Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Unsur partisipan dalam sebuah teks adalah orang yang berperan serta dalam suatu kegiatan yang disebutkan dalam teks. Kalimat tersebut berisi tentang pelanggaran bagi pengendara yang jika dilakukan akan ditilang oleh pihak yang berwajib. Dengan demikian, partisipan dalam kalimat tersebut adalah pengendara dan pihak berwajib. Kami setuju bahwa pihak sekolah diperbolehkan menjual buku-buku yang berkaitan dengan materi pelajaran.

Hal itu akan memudahkan siswa dalam mendapatkan buku yang diperlukan dikarenakan tidak semua siswa mengetahui tempat atau toko untuk mendapatkan buku-buku tersebut. Kutipan tersebut tidak sesuai dengan ragam bahasa debat karena …. A. menggunakan kata konotasi B. tidak menggunakan tanda baca sesuai kaidah C. menggunakan kata yang mubazir D. menggunakan kata yang tidak baku E.

menggunakan frasa yang ambigu “Semua ini karena kau terlambat bangun pagi,” kata Wina. Ia mendesah panjang dan mengundurkan perlahan-lahan punggungnya pada bantalan kursi. “Siapa yang tahu kalau akan hujan?” kataku membela diri. Aku dapat mencium bau napasku yang tak sedap. Selepas bangun pagi, aku hanya mencuci muka, berganti baju, membawa tas dan ransel yang sudah penuh dengan barang-barang ke kios. Semua kulakukan terburu-buru karena takut terlambat.

Tetapi, pagi itu, jam sepuluh, Wina sudah membuka kios dan menggeser kursi yang biasa ia duduki saat menunggu pelanggan ke depan pintu geser. “Bukan masalah hujannya, Nak,” katanya, “kita mungkin bisa sampai ke terminal lebih cepat dan tidak harus menunggu hujan reda.” Aku melihat ke luar.

Hujan semakim lebat. Rinai hujan itu seperti membentuk selimut tebal yang sukar ditembus. Aku tidak dapat melihat tokoh di seberang kios kami. Barangkali, hujan ini akan berlangsung terus sampai sore. “Maafkan, Nyonya ….” “Jangan panggil aku Nyonya!” bentaknya. Ia menoleh padaku. Aku tidak melihat siratan kemarahan dalam sorot matanya yang tajam.

Aku memperhatikan matanya yang sembab dan merah. Ia terlihat seperti orang yang habis menangis atau kurang tidur. Kalimat esai yang sesuai kutipan cerpen tersebut adalah. A. Pengarang cerpen “Petang di Taman” memiliki kekuatan menulis cerita kehidupan seseorang. Tema cerita diangkat berdasarkan peristiwa yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari meskipun terdapat unsur fantasi.

B. Pengarang cerpen “Petang di Taman” menyuguhkan cerita ringan yang dapat dialami dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembaca harus meluangkan banyak waktu untuk memahami maksud cerita tersebut. C. Pengarang cerpen “Petang di Taman” ingin menghadirkan cerita yang biasa dialami orang.

Cerita tersebut didukung oleh penggambaran latar dan konflik yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. D.

Pengarang cerpen “Petang di Taman” menampilkan sifat tokoh cerita yang dimiliki pada zaman sekarang. Penggambaran peristiwa cerita tersebut sesuai dengan peristiwa yang dialami orang pada zaman sekarang. E. Pengarang cerpen “Petang di Taman” menghadirkan cerita yang kompleks. Peristiwa dalam cerita berkisah masalah-masalah hidup yang rumit dan tidak dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Bacalah penggalan resensi berikut! Betapa apiknya Mangunwijaya menelusuri latar keturunan tokoh Atik.

Ayahnya, Pak Ansana, adalah pencinta alam. Maka, tidak mengherankan apabila anaknya, Atik, kemudian menjadi ahli biologi. Atik senang buku, ia tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah dengan buku. Ia membuat kariernya dengan buku. Keistimewaan Mangunwijaya lagi bahwa ia menampilkan penutur-penutur sesuai dengan tingkat sosial dan lingkungannya Masalah yang disoroti dalam penggalan resensi novel tersebut adalah.
Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengeklik tombol start.

Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor dan stabilizer saluran listrik.

Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi komputer Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. Di Indonesia masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang belum memiliki Surat Jika pengendara melakukan pelanggaran Mengemudi (SIM).

Padahal dalam Undang Undang Lalu Lintas jika pengendara melakukan pelanggaran, akan dikenakan sanksi sesuai dengan kelengkapan surat yang dimiliki. Untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi sangat mudah sekali, Anda dapat mengurus sendiri melalui kantor Samsat setempat. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, tentu pihak berwajib akan menilangnya.

partisipan dalam kalimat tersebut adalah tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh Polantas! Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.

Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas.

Dengan memperhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya.

Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)!

Kedua, pahami kesalahan Anda. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya. Sebagai pembimbing masyarakat, polisi harus menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali.

Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku. Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan) begitu saja. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas!

Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan.

Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.

31. Dua minggu lalu, sekitar 200-an perempuan berkumpul di sekitar hotel terkenal. Mereka mengenakan “busana nasional”yang umumnya berupa kain sarung dari berbagai daerah dengan kebaya beragam bentuk. Begitu banyak perempuan berkumpul untuk memeriahkan hari jadi sebuah perkumpulan yang mendedikasikan kegiatan mereka untuk mempromosikan busana nusantara (1) Setelah masuk ruang perpustakaan, isilah daftar hadir lebih dahulu. (4) Setelah itu ikuti prosedur peminjaman buku.

(5) Pertama, untuk mencari buku jangan langsung mencarinya di rak buku, tetapi carilah buku dalam katalog buku dahulu. (6) Dalam katolaog, Anda dapat menemukan kode buku. (7) Dengan menemukan kode buku, buku yang Anda cari dapat lebih mudah ditemukan. Kedua, …. Beberapa prosedur harus Anda ikuti untuk membuat SIM baru ini, agar Anda dapat mengurus SIM dengan hemat waktu dan biaya.

Pemohon SIM harus melampirkan KTP asli yang sah, fotokopi KTP, surat keterangan dokter sehat jasmani dan rohani, dan SIM A dilengkapi hasil uji simulator.

Setelah itu, pemohon akan masuk dalam tahap I dengan membayar biaya PNBP resi bank melalui ATM, mini ATM, atau teller bank. Amouy July 23, 2019 at 5:55 PM Happy Weekend para member setia ARENADOMINO, kali ini kami akan memberikan kepada kalian semua refrensiuntuk kalian yang mau mencari situs poker online hanya dengan 1 USER ID KALIAN BISA BERMAIN DI BANYAK GAMEkalian bisa bermain bersama ARENADOMINO, karena ARENADOMINO adalah situs yang terpercaya dan juga situs yang memberikan kalian semua bonus yang besardan juga berapapun kemenangan yang kalian dapatkan akan di bayarkan lunas, Daftarkan diri kalian sekarang juga bersama ARENA-DOMINO.COM Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di: WA : [+855]964967353 Line: ARENA_01 Ayo tunggu apalagi !!

Reply Delete Ranyrxny September 20, 2020 at 4:47 AM ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.

1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan : – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll. – Drop out takut dimarahin ortu – IPK jelek, ingin dibagusin – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain – Dll. 2. PRODUK KAMI Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D SARJANA (S1, S2).

Hampir semua perguruan tinggi kami punya data basenya. UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP STIE SUKABUMI YAI ISTN STIE PERBANAS LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA STIMIK UKRIDA UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA UNIVERSITAS BUNG KARNO Jika pengendara melakukan pelanggaran PADJAJARAN UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM UNIVERSITAS SAHID DLL 3.

DATA YANG DI BUTUHKAN Persyaratan untuk ijazah : 1. Nama 2. Tempat & tgl lahir 3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com 4. IPK yang di inginkan 5. universitas yang di inginkan 6. Jurusan yang di inginkan 7. Tahun kelulusan yang di inginkan 8. Nama dan alamat lengkap, serta no.

telphone untuk pengiriman dokumen 9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk 10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI, 11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE 4. Biaya – Biaya • SD = Rp. 1.500.000 • SMP = Rp. 2.000.000 • SMA = Rp. 3.000.000 • D3 = 6.000.000 • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S3 / Doktoral Rp.

24.000.000 (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan) • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000 (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4) • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter.

Rp. 32.000.000 Delete Amouy July 28, 2019 at 12:51 PM JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDAAYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA.

Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di: WA : [+855]964967353 Reply Delete Syair Pitung May 15, 2020 at 7:39 PM *WakaToto Bandar Togel Online Tepercaya* Kami memberikan pelayanan dan kualitas server berkelas international Gabung dan rasakan sendiri kapanpun dan dimanapun Situs Rolet Online Terpercaya Bandar Dadu Online Situs Casino Online Terbaik Syair Hk Data SGP Prediksi Togel Online Reply Delete Ranyrxny September 20, 2020 at 4:48 AM ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.

1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan : – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll. – Drop out takut dimarahin ortu – IPK jelek, ingin dibagusin – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain – Dll.

2. PRODUK KAMI Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D SARJANA (S1, S2). Hampir semua perguruan tinggi kami punya data basenya. UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP STIE SUKABUMI YAI ISTN STIE PERBANAS LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA STIMIK UKRIDA UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM UNIVERSITAS SAHID DLL 3.

DATA YANG DI BUTUHKAN Persyaratan untuk ijazah : 1. Nama 2. Tempat & tgl lahir 3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com 4. IPK yang di inginkan 5. universitas yang di inginkan 6.

Jurusan yang di inginkan 7. Tahun kelulusan yang di inginkan 8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen 9.

Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk 10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI, 11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE 4. Biaya – Biaya • SD = Rp. 1.500.000 • SMP = Rp. 2.000.000 • SMA = Rp. 3.000.000 • D3 = 6.000.000 • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000 (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan) • D3 Kebidanan / keperawatan Rp.

8.500.000 (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4) • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000 Reply Delete • AKM (3) • HOTS (7) • INFO PENTING (88) • KARBANG (2) • KISAH ROMANTIS (1) • KISI-KISI PAT (4) • KISI-KISI SOAL UKK 16/17 (4) • KUMPULAN SOAL JENIS-JENIS TEKS (13) • KURIKULUM 2013 REVISI 2017 (22) • KURIKULUM 2018/2019 (9) • MEMBACA NONSASTRA (3) • MEMBACA SASTRA (1) • MENULIS TERBATAS (1) • MENYUNTING (4) • OGN (16) • OGN 2017 SD (2) • OGN 2017 SMP (13) • OGN 2018 SMA/SMK (15) • OGN SMA (3) • OLIMPIADE GURU NASIONAL (OGN) 2017 (54) • PEMBELAJARAN (154) • PENGEMBANGAN DIRI/DIKLAT (1) • PKB (20) • PKB GURU PEMBELAJAR (44) • PKP 2019 (1) • PPDB (5) • PPG (6) • PPG-PLPG (17) • PPG=PLPG (2) • PRAKONDISI PLPG 2017 (19) • PRE-TES PKB 2017 (1) • PROFIL (2) • PUISI (1) • RINGKASAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK (39) • RINGKASAN MATERI KOMPETENSI PROFESIONAL (28) • RPP (18) • RPP 1 Halaman (36) • RPP 1 LEMBAR SMP (2) • RPP 2018/2019 (84) • RPP 2019/2020 SMA (28) • RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017 (10) • RPP PJJ (36) • RPP SMP (42) • SBMPTN (1) • SERBA-SERBI UTN 2017 (4) • SMA N 2 BOYOLALI (2) • SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK (9) • SOAL KOMPETENSI PROFESIONAL (8) • SOAL UTN 2017 (31) • STEM (11) • UJIAN NASIONAL (76) • UJIAN SEKOLAH SMA (3) • UKK SMA (4) • UN 2017/2018 SMA/MA (55) • UN 2017/2018 SMK (53) • UN 2018/2019 SMA (69) • UN 2018/2019 SMK (3) • UN BAHASA INDONESIA (4) • UN SMA 2020 (52) • UN SMK (1) • UN SMP (169) • USBN SD (37) • USBN SMA (11) • ► 2021 (12) • ► February (3) • ► January (9) • ► 2020 (93) • ► July (39) • ► June (2) • ► March (3) • ► February (18) • ► January (31) • ▼ 2019 (285) • ► December (19) • ► November (21) • ► October (40) • ► September (11) • ► August (4) • ▼ July (37) • CONTOH RPP MODEL STEM Tentu pihak berwajib akan menilangnya.

partisipan dalam kalimat tersebut adalah INDONESIA SMA TEKS AR. • CONTOH RPP STEM BAHASA INDONESIA TEKS EKSPOSISI • SOAL-SOAL TEKS CERITA SEJARAH/NOVEL SEJARAH PILIHA. • CONTOH SOAL MENENTUKAN KONFLIK DALAM CERITA (PEMBA. • KUMPULAN SOAL TEKS EKSPLANASI PILIHAN GANDA DAN UR. • CONTOH SOAL TEKS EKSPOSISI PILIHAN GANDA DAN URAIA. • CONTOH SOAL PENILAIAN SURAT LAMARAN PEKERJAAN DAN .

• 100 CONTOH SOAL PENILAIAN TEKS PROSEDUR DAN KUNCI . • CONTOH SOAL KALIMAT FAKTA DAN PEMBAHASAN SOAL UN 2. • 100 SOAL TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) DAN KU. • CONTOH SOAL MENENTUKAN NILAI BUDAYA DALAM CERITA D. • CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN KALIMAT BERMAJAS DALAM . • SOAL DAN PEMBAHASAN MENENTUKAN MAKSUD KALIMAT DALA. • SOAL DAN PEMBAHASAN MAKNA SIMBOLIK ATAU KATA LAMBA. • SOAL DAN PEMBAHASAN KALIMAT TIDAK PADU DALAM PARAG. • PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN PELA.

• KUNCI JAWABAN SOAL UN TAHUN 2018/2019 BAHASA INDON. • PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2018.

• SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BAHASA INDONESIA. • SOAL DAN PEMBAHASAN MENUNJUKKAN BUKTI SIMPULAN TEK. • KUNCI JAWABAN SOAL UN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA . • SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA. • SOAL UN 2019, KUNCI JAWABAN, DAN PEMBAHASAN MAPEL . • PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMA. • UNDUH FILE WORD RPP BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII.

• UNDUH FILE WORD RPP KELAS XI SEMESTER 1 DAN SEMEST. • UNDUH RPP BAHASA INDONESIA SMA KELAS X SEMESTER 1 . • UNDUH RPP KELAS XII KD 3.9 DAN 4.9 BAHASA INDONESI. • UNDUH RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI TEKS CERPEN KD.

jika pengendara melakukan pelanggaran UNDUH RPP BAHASA INDONESIA KELAS XII KD 3.8 DAN 4. • UNDUH RPP TEKS CERPEN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. • UNDUH RPP BUKU PENGAYAAN NONFIKSI KELAS XI SEMESTE. • UNDUH FILE RPP LITERASI BUKU PENGAYAAN FIKSI DAN N. • CONTOH RPP BAHASA INDONESIA MODEL PBL (PEMBELAJARA.

• LOVE STORY AT THE LODGE MARIBAYA • UNDUH RPP LITERASI KD 3.7 DAN 4.7 ISI BUKU FIKSI D. • APA, MENGAPA, DAN BAGAIMANA “MGMP REBORN” (sebuah . • ► June (53) • ► May (4) • ► April (19) • ► March (15) • ► February (40) • ► January (22) • ► 2018 (438) • ► December (26) • ► November (35) • ► October (17) • ► September (39) • ► August (46) • ► July (37) • ► June (68) • ► May (38) • ► April (10) • ► March (18) • ► February (44) • ► January (60) • ► 2017 (588) • ► December (48) • ► November (86) • ► October (71) • ► September (35) • ► August (29) • ► July (12) • ► June (33) • ► May (103) • ► April (141) • ► March (30)SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER 2 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : X IPA/IPS Hari, Tanggal : ……….

Waktu : 07.30-09.00 Pilihlah salah satu jawaban yang Anda anggap paling tepat dengan cara memberikan tanda hitam (menghitamkan) pada Lembar Jawab Komputer Anda!

Perhatikan wacana berikut dengan cermat! (untuk soal no. 1-2) Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.

Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. 1. Kalimat yang jika pengendara melakukan pelanggaran tujuan terdapat dalam kalimat berikut ….

a. Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. b. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. c. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.

d. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran. e. Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. 2. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Partisipan dalam kalimat tersebut adalah …. a. Melakukan pelanggaran b. Pengendara, pihak berwajib (2) Simaklah teks prosedur berikut dengan cermat! (untuk soal no. 3-5) Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran.

Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok ke kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.

3. Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pernyataan tersebut merupakan kalimat …. a. Imperatif b. Interogatif c. Deklaratif d. Berita e. Jawaban 4.

Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Verba “mengecek” dalam kalimat tersebut merupakan jenis …. a. Verba material b. Verba tingkah laku c. Verba objektif jika pengendara melakukan pelanggaran.

Verba preposisional e. Verba nominal 5. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok ke kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada. Kalimat tersebut merupakan jenis …. a. Kalimat syarat b. Kalimat tanya c. Kalimat perintah (3) e. Kalimat majemuk Simaklah kutipan berikut dengan baik!

(untuk soal no. 6-7) Hasil studi yang diterbitkan di American Journal of Epidemiologi ini menyebutkan resiko serangan jantung pada responden yang minum lebih dari 5 gelas per hari berkurang sampai 41%. Sementara pada pria resiko yang mengkonsumsi minuman lain termasuk teh, kopi, jus, susu, dan alkohol tetap beresiko tinggi terkena serangan jantung. 6. Partisipan yang terdapat dalam kalimat “Hasil studi yang diterbitkan di Americam Journal of Epidemiologi ini menyebutkan resiko serangan jantung pada responden yang minum lebih dari 5 gelas per hari berkurang sampai 41%” adalah ….

a. Hasil studi b. American Journal c. Serangan jantung d. Responden e. Risiko tinggi 7. Kosakata serapan yang tepat dalam kutipan paragraf tentu pihak berwajib akan menilangnya.

partisipan dalam kalimat tersebut adalah adalah …. a. resiko, responden, mengonsumsi b. resiko, responder, mengkonsumsi c.

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

risiko,responden, mengonsumsi d. risiko, renponding, mengkonsumsi e. risiko, responsif, mengkonsumsi Bacalah wacana berikut dengan saksama! (untuk soal 8-9) Beberapa cerpen karangan Seno Gumira Ajidarma menggunakan pola dongeng. Pada dongengtampak jelas pada perstiwa yang uncul, berkisar pada hal-hal yang bersifat khayal dan luar biasa. Penanda lainnya adalah pada awal cerpen selalu ditandai oleh seorang tokoh lain bercerita kepadanya tentang tema tertentu, kemudian juru cerita mulai mendongeng sesuai dengan tema yang diminta.

Cerpen selalu diawali tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah pembuka yang mirip awal dongeng untuk anak-anak misalnya, “Pada suatu hari ….” (4) a. Cara menciptakan cerpen yang baik b. Cara menulis cerpen dengan metode jelas c. Cara menulis cerpen dengan metode dongeng d. Cara menilai cerpen dari sudut dongeng e. Cara mereka-reka cerpen agar menarik. 9. Beberapa cerpen karangan Seno Gumira Ajidarma menggunakan pola dongeng. Kata “menggunakan” pada kalimat tersebut merupakan verba ….

a. Temporal b. Tingkah laku c. Material d. Nominal e. Numeral Bacalah paragraf berikut dengan tepat! (untuk soal 10-12) Keempat, jangan serahkan kendraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan) begitu saja. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh Polantas!

10. Konjungsi dalam kalimat pertama paragraf tersebut adalah … a. Syarat b. Temporal (5) 11. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM.

Kalimat kompleks tersebut dapat diubah menjadi kalimat sederhana. Kalimat sederhana tersebut adalah … a. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK. b. Kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana. c. Pelanggaran itu mengakibatkan kematian d. Pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK.

e. Utamakanlah SIM sebagai surat yang ditahan oleh Polantas! 12. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM.

Kalimat tersebut merupakan jenis kalimat … a. Berita b. Pernyataan c. Tanya d. Perintah e. sederhana 13. Mereka menanggapi masalah itu dengan santai dan penuh dengan kesabaran. Kata menanggapi dalam kalimat tersebut merupakan verba … a. Material b. Temporal c. Tingkah laku (6) 14. Kalimat, “Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak yang berwajib menilangnya”.

Penanda kebahasaan yang berperan sebagai nomina dalam kalimat tersebut adalah … a. Kalimat tanya b. Kalimat perintah c.

Verba material d. Verba tingkah laku e. Partisipan Simaklah wacana berikut dengan saksama! (untuk soal 15-18) Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca. Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca. Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghomatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.

15. Kutipan teks tersebut terdapat struktur … a. Latar belakang b. Tujuan c. Langkah-langkah d.

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

Kesimpulan e. Saran-saran 16. Penanda kebahasaan yang berupa partisipan dalam wacana tersebut adalah … a. Kalian, mereka, membaca (7) e. Mereka, kalian, membaca 17. Tujuan dalam teks prosedur tersebut adalah … a. Untuk memahami cara membaca puisi di atas pentas. b. Untuk mengetahui cara membaca puisi dengan baik. c. Untuk mengembangkan secara kreatif tentu pihak berwajib akan menilangnya.

partisipan dalam kalimat tersebut adalah puisi. d. Untuk meningkatkan potensi membaca puisi di pentas. e. Untuk mengetahui teknik membaca puisi di atas pentas. 18. Judul yang relevan dalam teks prosedur yang terdapat dalam wacana tersebut adalah … a. Teknik Membaca Puisi secara Kreatif b. Teknik Membaca Puisi secaraEkspresif c. Teknik Membaca Puisi Indah di Atas Pentas d. Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas e.

Teknik Membaca Puisi yang Baik dan Benar Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama! (untuk soal 19-21) Walhasil, saya gagal jadi Ketua RT, gagal mendamaikan Pak Dwiyatmo dan Said. Saya, dokter ilmu politik berijazah luar negeri!

Entah apa yang akan saya katakan pada Said kalau kebetulan ketemu di kampus. Saya juga menghindar setiap mau ketemu orang yang saya persangkakan dari Ambon, nyata atau khayalan, hidup atau mati, di mana saja.

Saya sangat malu. Leiriza, Luhulima, Tuhuleley, Patirajawane, Raja Hitu, sepertinya semua berwajah Said Tuasikal. Saya juga gagal memahami Pak Dwiyatmo.

Saya sudah pergi ke empat benua untuk belajar, riset, seminar, dan mengajar. Tetapi, bahkan tentang tetangga saya, Pak Dwiyatmo, saya tidak tahu apa-apa. Pak Dwiyatmo, Pak Dwiyatmo. Manusia itu misteri bagi orang lain.

Tiba-tiba saya merasa bodoh, sangat bodoh (Kuntowijaya, RT 03 RW 22, Jalan Belimbing atau Jalan “Asmaradana”). 19. Kutipan cerpen di atas sesuai dengan teks prosedur kompleks perihal … a. Tokoh Pak RT berhasil mendamaikan Pak Dwiyatmo dengan Said Tuasikal sehingga ia wajar jika ia tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah. (8) c. Tokoh Pak RT selalu terbayang-bayang wajah Said Tuasikal orang Ambon dan Pak Dwiyatmo jika bertemu di kampus.

d. Tokoh Pak RT merupakan sosok yang penuh dengan perasaan, mudah berbangga hati, dan mudah pula merasa pesimis. e. Tokoh Pak RT berpendidikan tinggi namun tak becus menyelesaikan masalah yang terjadi antar para warganya. 20. Karakter tokoh Saya adalah … a. Merasa bodoh, mengakui kekurangan sendiri, jujur b. Angkuh, tak mengakui kekurangan sendiri, jujur c.

Tinggi hati, mengakui kekurangan sendiri, jujur d. Baik hati, mengakui kekurangan sendiri, jujur e. Pemaaf, tak mengakui kekurangan sendiri, jujur 21. Sudut pandang yang digunakan dalam cerpen tersebut adalah … a.

Orang ketiga mahatahu b. Orang ketiga terbatas c. Orang ketiga terarah d. orang pertama tokoh tambahan e. orang pertama tokoh utama Bacalah kutipan artikel berikut ini! (untuk soal 22-24) (1) Untuk memeroleh visa.

Seseorang harus mempunyai paspor terlebih dahulu, (2) Visa ditempelkan pada paspor itu. (3) Paspor dikeluarkan oleh kantor jika pengendara melakukan pelanggaran yang ada hampir di setiap kota. (4) Paspor adalah buku kecil yang berisi foto dan informasi identitas diri seseorang. (5) Paspor berfungsi sebagai KTP internasional. 22. Wacana di atas dapat disusun menjadi paragraf yang keheren sebagai berikut … a.

(1), (2), (3), (4), (5) (9) c. (2), (3), (1), (4), (5) d. (1), (4), (5), (3), (2) e. (1), (4), (5), (2), (3) 23. Dalam teks prosedur kompleks wacana tersebut merupakan bagian … dalam teks.

a. Pengantar b. Dasar pemikiran c. Tujuan d. Langkah-langkah e. Kesimpulan 24. Paspor dikeluarkan oleh kantor imigrasi yang ada hampir di setiap kota. Kata dikeluarkan dalam kalimat tersebut termasuk verba … a. Nominal b. Temporal c. Tingkah laku d. Material e. Konjungsi 25. Perhatikan judul teks prosedur kompleks, “Cara membuat Botol Kaca”!

Dengan judul tersebut, jenis wacana tulisan yang sesuai adalah … a. Narasi b. Deskripsi c. Eksposisi d. Argumentasi e. Persuasi (10) a. Untuk memahami cara membuat botol kaca. b. Sebagai pengetahuan dan pengalaman pembaca c. Sebagai bahan referensi cara membuat botol. d. Agar pembaca memeroleh pengetahuan banyak.

e. Untuk mengetahui cara membuat botol kaca. Bacalah teks negosiasi berikut dengan saksama!(untuk soal no. 27-30) Kain sarung ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga oleh masyarakat di Negara-negara lain, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Flipina, hingga ke negeri Asia Tengah, seperti India, Pakistan, dan Bangladesh. Bahkan, masyarakat Negara-negara di kawasan Timur Tengah, seperti Saudi Arabia, Yaman, Dubai, dan Somalia sangat menggemari kain sarung untuk digunakan sebagai pelengkap pakaian sehari-hari.

Kain sarung asal Indonesia, menurut H. Sultoni (53), sangat digemari oleh orang-orang Somalia, Saudi Arabia, dan Yaman. Melihat potensi pasar kain sarung yang cukup besar di Kawasan Timur Tengah itu, pada tahun 2005 ia mengekspor kain sarung ke kawasan tersebut. 27. Ide pokok pada paragraf pertama kutipan teks tersebut adalah … a.

Masyarakat negara-negara di kawasan Timur Tengah menggemari kain sarung. b. Malaysia, Brunei Darussalam, Flipina, hingga Asia Tengah, senang kain sarung. c. Kain sarung ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia. d. Saudi Arabia, Yaman, Dubai, dan Somalia sangat menggemari kain sarung. e. Kawasan Timur Tengah menggemari sarung sebagai pelengkap pakaian sehari-hari. 28. Pertanyaan yang sesuai dengan wacana tersebut adalah … a. Mengapa kain sarung digemari oleh masyarakat Indonesia dan Kawasan Timur Tengah?

b. Bagaimanakah perkembangan perdagangan kain sarung di Kawasan Timur Tengah? c. Bagaimanakah cara mengekspor kain sarung hingga ke Kawasan Timur Tengah? (11) 29. Kutipan paragraf kedua teks negosiasi tersebut merupakan bagian … 30. Jika diperhatikan dari isinya, teks negosiasi tersebut dapat digolongkan pada jenis tulisan… a. Narasi Ada patung Garuda Wisnu Kencana yang dibuat dari kayu? Ya, ada. Di sebelah sana, yang besar atau yang kecil? (penjual menunjukkan tempat patung yang ditanyakan pembeli) Yang sedang saja.

Yang dibuat dari kuningan ada? Ya ini tidak terlalu besar. Tapi, terbuat dari kayu. Yang dari kuningan habis. Ya, dari kayu tidak apa-apa. (12) Pembeli : Saya pakai sendiri. Harganya berapa? 31. Percakapan antara penjual dan pembeli tersebut secara berurutan melalui penahapan … a. Orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran b. Orientasi, pemenuhan, permintaan, permintaan c. Orientasi, penawaran, permintaan, pemenuhan d. Orientasi, permintaan, penawaran, penutup e.

Orientasi, permintaan, pemenuhan, penutup 32. Isi percakapan tersebut adalah … a. Negosiasi antara penjual dan pembeli b. Telah terjadi negosiasi penjual dan pembeli c. Sedang terjadi negosiasi antara penjual dan pembeli d. Harga barang telah disepakati oleh penjual dan pembeli e. Hampir saja terjadi negosiasi penjual dan pembeli 33. Bahasa yang digunakan oleh penjual dan pembeli merupakan fungsi bahasa sebagai … a.

Ekspresi b. Komunikasi c. Sosial d. Ekspresi e. deskripsi 34. Bagian tuturan yang dimiringkan dalam kutipan tersebut merupakan jenis bahasa … a. Naratif (13) Perhatikan teks negosiasi berikut dengan baik! (untuk soal 35-38) Tetapi, tanda tangan ini seperti tanda tangan Bapak. Bukan. Ini bukan tanda tangan saya. Coba saya cek sekali lagi. Oh, maaf, saya mohon maaf. Ada orang lain lagi yang bernama David, sama dengan nama Bapak.

Beliau bersama isrinya makan malam di restoran hotel ini tadi malam. Jadi, itu bukan Bapak. Saya betul-betul mohon maaf atas kesalahpahaman ini. Ya, tidak apa-apa. 35. Percakapan dalam teks negosiasi tersebut sesuai jika diberi judul … a. Kesimpangsiuran b. Ketidakmengertian c. Kebelumtahuan d. Kesalahpahaman e. Kesalahsangkaan 36. Penahapan proses negosiasi antara Manajer dengan David adalah sebagai berikut … a. Meminta-menolak permintaan-pemenuhan-penutup b.

Menyuruh-memenuhi suruhan-pemenuhan-penutup c. Mengancam-menolak ancaman-pemenuhan-penutup d. Mengancam-menerima ancaman-pemenuhan-penutup e. Memberi informasi-menolak informasi-pemenuhan-penutup 37.

Akhir dari negosiasi tersebut adalah … (14) e. Telah terjadi kesepakatan penyelesaian kesalahpahaman 38. Akhir dari teks negosiasi tersebut dapat diceritakan kembali dalam bentuk monolog sebagai berikut … a.

Meskipun demikian, David masih canggung untuk memaafkan atas kecerobohan manajer. b. Akhirnya, manajer hotel itu meminta maaf kepada David. Tentu saja, David memaafkannya. c. Sesaat David berpikir apakah ia akan member maaf kepada sang manajer atau tidak.

d. Bagaimanapun manajer itu adalah manusia biasa, karenanya David tulus memaafkannya. e. Manajer sangat berharap agar David tamu hotelnya memberikan maaf untuknya. Bacalah teks berikut dengan cermat!

(untuk soal 39-40) Dengan surat ini saya ingin mengajak Tuan untuk bekerja sama. Saya mempunyai kain batik tulis yang berkualitas dengan harga yang murah. Berikut ini saya kirimkan beberapa contoh kain tersebut beserta daftar harganya. 39. Kutipan tersebut merupakan bagian …. dari teks negosiasi. a. Orientasi b. Pengajuan c. Penawaran d. Persetujuan e. Penutup 40. Kutipan tersebut merupakan contoh surat … a.

Permintaan b. Perjanjian c. Penawaran (15)
1. Perhatikan kalimat berikut! Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Partisipan dalam kalimat tersebut adalah. A. tentu pihak B. akan menilangnya C. pengendara melakukan D. melakukan pelanggaran E. pengendara, pihak berwajib 2. Perhatikanlah susunan prosedur terkena tilang berikut! 1.

Pastikan tuduhan pelanggaran 2. Jangan serahkan kenderaan/STNK begitu saja 3. Pahami kesalahan anda 4. Kenali si petugas 5. Terima atau tolak tuduhan. Susunan kalimat yang tepat diatas agar menjadi teks prosedur tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah. A. 3-1-2-5-4 D. 4-3-1-2-5 B. 5-3-2-4-1 E. 1-2-3-4-5 C.

4-1-3-2-5 3. Kalimat yang berisikan pernyataan dan berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu adalah kalimat .

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

. . A. biasa B. imperatif C. introgatif D. deklaratif E. Sempurna 4. Perhatikan kalimat berikut! Pengendara kenderaan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Kalimat yang bergaris bawah di atas menunjukkan contoh. A. verba material B. kalimat penjelas C. verba tingkah laku D. partisipan manusia E. konjungsi temporal tolong bantu di jawab kak​ • E. pengendara, pihak berwajib • D.

4-3-1-2-5 • D. deklaratif • - Pembahasan 1.

jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah

Perhatikan kalimat berikut! Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Partisipan dalam kalimat tersebut adalah. A. tentu pihak B. akan menilangnya C. pengendara melakukan D. melakukan pelanggaran E. pengendara, pihak berwajib √ Penjelasan : Partisipan adalah unsur yang berperan dalam kegiatan dalam suatu kalimat.

Maka, jawaban yang benar adalah E. 2. Perhatikanlah susunan prosedur terkena tilang berikut! 1. Pastikan tuduhan pelanggaran 2. Jangan serahkan kenderaan/STNK begitu saja 3. Pahami kesalahan anda 4. Kenali si petugas 5. Terima atau tolak tuduhan .Susunan kalimat yang tepat diatas agar menjadi teks prosedur adalah. A. 3-1-2-5-4 B. 5-3-2-4-1 C. 4-1-3-2-5 D. 4-3-1-2-5 √ E. 1-2-3-4-5 Penjelasan : Untuk menyusun kalimat menjadi teks prosedur yang padu, kita perlu mengetahui urutan kejadian dari awal hingga akhir.

3. Kalimat yang berisikan pernyataan dan berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu adalah kalimat. A. biasa B. imperatif C. introgatif D. deklaratif √ E. Sempurna Penjelasan : Kalimat yang berisikan pernyataan dan berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu adalah kalimat deklaratif, Kalimat yang berisi pertanyaan adalah kalimat introgatif Kalimat yang berisi perintah adalah kalimat imperatif 4.

Perhatikan kalimat berikut! Pengendara kenderaan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Kalimat yang bergaris bawah di atas menunjukkan contoh. A. verba material B. kalimat penjelas C. verba tingkah laku D. partisipan manusia E. konjungsi temporal Penjelasan : soal tidak jelas Pelajari lebih lanjut • Materi tentang teks prosedur brainly.co.id/tugas/25982278 • materi tentang kalimat deklaratif brainly.co.id/tugas/23468861 • Materi tentang kalimat interogatif brainly.co.id/tugas/1025158 ------------------------------------ Detil jawaban Kelas : 11 Mapel : Bahasa Indo Bab : Teks prosedur Kode : 11.1.1 #AyoBelajar 3.

Berikut pernyataan yang benar adalah terkait campuran homogen adalah.A. zat penyusun bisa dibedakan.B. tentu pihak berwajib akan menilangnya. partisipan dalam kalimat tersebut adalah penyusun tidak bisa dibedakanC. zat pe … nyusun tidak tercampur sempurnaD. Terdapat endapan zat yang dicampur4. Minyak yang dimasukkan ke dalam air ember akan membentuk.A. campuran heterogenB. campuran HomogenC. zat tunggalD. zat sejenis5. Campuran minyak dan pasir termasuk karena.A.

campuran homogen; komponen penyusunnya tidak dapat dibedakanB. campuran heterogen; komponen penyusunnya dapat dibedakanC. campuran heterogen; tidak meninggalkan endapanD. campuran homogen; menghasilkan endapantolong jawab ya kak secepatnya​

MENGAPA SUDAH MENANG DIPENGADILAN, tetapi Tidak Bisa mendapatkan Hak?




2022 www.videocon.com