Apa manfaat latihan sit-up

apa manfaat latihan sit-up

Manfaat Sit Up – Olahraga sebagai aktivitas fisik dapat menjadi salah satu cara ampuh untuh membakar kalori, membuat badan lebih bugar, atau bahkan melepas penat setelah bekerja.

apa manfaat latihan sit-up

Apakah Grameds pernah mencobanya? Seperti yang diketahui, sit up merupakan salah satu olahraga sederhana yang bisa Grameds coba di rumah. Sit up adalah jenis olahraga atau aktivitas fisik yang dapat kamu lakukan di mana saja untuk melatih berbagai otot, seperti otot perut, dada, pinggul, hingga pinggang. Gerakan yang satu ini sangat umum dilakukan bagi mereka yang ingin menjadi atlet.

Sebagian besar orang melakukan sit up untuk memperindah bentuk perut, lho Grameds. Sit up menjadi salah satu olahraga yang tidak membutuhkan keahlian khusus. Sit up menjadi latihan dasar yang cocok untuk membentuk dan menguatkan otot perut.

Grameds bisa mendapatkan segudang manfaat dari sit up saat melakukannya secara rutin. Sit up merupakan latihan dasar dengan gerakan yang bertumpu pada pinggul dan pantat.

Selain itu, gerakan sit up identik dengan posisi lutut yang diarahkan ke atas. Teknik latihan yang satu ini sebenarnya bertujuan untuk menguatkan otot-otot abdomen. Sit up sebagai latihan fisik mampu memetabolisme lemak pada bagian perut untuk mengatasi lingkar perut yang berlebih.

Dapat dikatakan bahwa sit up merupakan latihan kontraksi otot secara isometrik dengan posisi awal berbaring telentang. Kaum pria kerap melakukan sit up sebagai aktivitas fisik untuk mendapatkan perut yang six pack. Sementara kaum wanita biasanya melakukan gerakan sit up untuk menghindari kram perut saat menstruasi. Meski tergolong sebagai latihan dasar, sit up ternyata mampu mendatangkan berbagai manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat sit up untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. • 15 Manfaat Sit Up bagi Kesehatan Tubuh • 1. Meningkatkan Massa Otot • Anda Mungkin Juga Menyukai • 2. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh • 3.

Memperindah Bentuk Perut • 4. Membakar Lebih Banyak Kalori • 5. Menjaga Sistem Metabolisme • 6. Menjaga Pencernaan • 7. Memperbaiki Postur Tubuh • 8. Melancarkan Peredaran Darah • 9. Pembentukan Pinggul • 10. Melatih Bagian Inti Tubuh • 11. Meningkatkan Performa Atletik • 12. Meningkatkan Fleksibilitas • 13. Memperkuat Diafragma • 14.

Meningkatkan Daya Tahan Kardiovaskular • 15. Mengurangi Risiko Cedera dan Sakit Punggung • Cara Melakukan Sit Up dengan Benar • Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • • Buku Terkait • Materi Terkait 15 Manfaat Sit Up bagi Kesehatan Tubuh 1. Meningkatkan Massa Otot Ilustrasi Meningkatkan Massa Otot (sumber: menshealth.de) Rp 89.000 Grameds bisa memperoleh manfaat sit up saat melakukannya secara teratur.

Rutin melakukan sit up dipercaya efektif untuk mengencangkan dan meningkatkan massa otot. Memiliki massa otot yang sehat akan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Manfaat sit up yang satu ini dapat kamu rasakan terutama pada otot bagian perut dan pinggul.

Sebuah penelitian mengungkap temuan bahwa melakukan sit up secara teratur dapat menurunkan risiko sarkopenia pada lansia. Apa itu sarkopenia? Sarkopenia dapat diartikan sebagai kondisi di mana massa otot mengalami penurunan efektivitas karena penuaan otot. 2. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh Sit up sebagai latihan kontraksi otot tentu melibatkan beberapa bagian otot, seperti otot pinggul, otot panggul, dan punggung bawah. Melakukan sit up secara rutin dipercaya mampu memberikan efek yang baik untuk memperbaiki keseimbangan tubuh.

Bagian perut, bahu, lengan, pinggul, dan punggung akan menjadi lebih seimbang saat melakukan gerakan sit up dengan benar. Selain itu, melakukan gerakan sit up tanpa bantuan peralatan dapat memperkuat otot perut untuk mengangkat beban tubuh.

Latihan dasar yang satu ini dapat menjaga keseimbangan yang baik untuk menghindari risiko terjatuh atau melukai diri sendiri. 3. Memperindah Bentuk Perut Sit up dapat dikategorikan sebagai latihan otot pada inti tubuh atau core muscles. Melakukan sit up secara rutin diyakini ampuh untuk membuat otot perut lebih kencang dan lebih rata.

Manfaat sit up yang satu ini dapat dimaksimalkan dengan olahraga aerobik apa manfaat latihan sit-up membakar lemak perut. 4. Membakar Lebih Banyak Kalori Selain memperindah bentuk perut, melakukan sit up dalam jangka panjang bermanfaat untuk membakar lebih banyak kalori. Rutin melakukan sit up ternyata mampu membentuk sel otot yang aktif untuk membakar kalori, lho Grameds. Sit up dapat membakar kalori tubuh secara efektif. Itu artinya sit up menjadi salah satu latihan fisik yang cocok untuk menurunkan berat badan saat menjalani diet ketat.

5. Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh membutuhkan sistem metabolisme yang kuat untuk mengolah berbagai jenis zat asing. Berbagai jenis hormon termasuk hormon pertumbuhan dilibatkan dalam sistem metabolisme. Sisa-sisa metabolisme akan berkumpul pada beberapa organ saat sistem metabolisme tidak berjalan lancar. Gerakan sit up dipercaya mampu untuk menjaga sistem metabolisme dalam tubuh. Latihan dasar ini akan membangun semua otot di bagian perut.

Pasokan oksigen akan mendorong darah membantu sistem metabolisme pada tubuh saat semua otot perut bekerja aktif. 6. Menjaga Pencernaan Pada dasarnya manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Makanan tersebut akan diolah oleh organ pencernaan, yakni usus dan kerongkongan.

Organ usus menjadi bagian pencernaan yang paling banyak mengalami masalah. Sisa makanan yang berkumpul pada usus dapat meningkatkan risiko radang atau kanker saat kekurangan serat. Melakukan sit up secara rutin dapat menggerakkan semua otot perut melakukan pekerjaannya dalam mengolah semua makanan yang masuk. Dengan begitu, gerakan sit up bermanfaat untuk menjaga pencernaan dan menurunkan risiko radang atau kanker.

7. Memperbaiki Postur Tubuh Hal tersebut dapat memperburuk gejala nyeri punggung yang dialami. Sit up yang bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dapat mengurangi ketegangan, mengurangi rasa sakit, melancarkan pernapasan, dan meningkatkan energi. 8. Melancarkan Peredaran Darah Salah satu proses inti kehidupan yang menjadi media pemasok ketersediaan oksigen ke seluruh tubuh ialah peredaran darah. Memenuhi kandungan oksigen dalam jumlah tertentu dapat menjadi salah satu cara agar darah bekerja secara maksimal.

Sistem metabolisme tubuh akan memburuk apa manfaat latihan sit-up manusia kekurangan oksigen dalam darah. Kondisi tersebut dapat memicu berbagai penyakit, seperti gagal ginjal dan serangan jantung. Grameds perlu melakukan gerakan sit up secara rutin untuk melancarkan peredaran darah. 9. Pembentukan Pinggul Sebagian besar wanita tentu mendambakan bentuk pinggul yang indah. Melakukan sit up secara rutin dapat membentuk pinggul yang indah dan tidak berlemak.

Semua otot tubuh akan menjadi lebih stabil saat melakukan sit apa manfaat latihan sit-up secara rutin.

apa manfaat latihan sit-up

Selain itu, gerakan sit up dapat mencegah berbagai masalah tulang dan otot di masa tua. 10. Melatih Bagian Inti Tubuh Grameds bisa melatih bagian inti tubuh dengan melakukan sit up secara rutin. Memperkuat dan mengencangkan inti tubuh menjadi salah satu tujuan gerakan sit up. Melakukan sit up secara rutin dapat mengurangi risiko cedera dan sakit punggung.

Selain itu, Grameds bisa memetik manfaat sit up untuk membuat tubuh menjadi lebih ringan dan cekatan saat melakukan aktivitas sehari-hari. 11. Meningkatkan Performa Atletik Melakukan sit up secara rutin tentu akan membentuk bagian inti tubuh. Gerakan sit up akan memberikan postur, stabilitas, bentuk tubuh yang lebih baik. Kemudian sit up sebagai latihan kontraksi otot dapat memberikan peluang yang baik utuk melakukan aktivitas fisik dan atletik tanpa mudah kelelahan. 12. Meningkatkan Fleksibilitas Ilustrasi Meningkatkan Fleksibilitas (sumber: danone.es) Gerakan sit up yang menggerakkan tulang belakang dapat membantu mengendurkan kekakuan.

Gerakan tersebut otomatis akan membuat pinggul dan punggung menjadi lebih fleksibel. Latihan dasar yang satu ini dapat mengurangi ketegangan, meningkatkan mobilitas, dan mengurangi kekakuan. Sit up yang diyakini mampu meningkatkan fleksibilitas juga mendatangkan manfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan energi tubuh.

13. Memperkuat Diafragma Sit up merupakan aktivitas fisik yang efektif untuk melatih pernapasan diafragma. Memiliki diafragma yang sehat dapat mengurangi stres, memperbaiki pola pernapasan, dan meningkatkan daya tahan atletik. Rutin melakukan sit up terbukti mendatangkan manfaat dalam meningkatkan fungsi pernapasan dan memperkuat diafragma.

14. Meningkatkan Apa manfaat latihan sit-up Tahan Kardiovaskular Melakukan sit up secara rutin dipercaya ampuh untuk menguatkan otot jantung. Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling vital dalam sistem peredaran darah. Memiliki daya tahan kardiovaskular yang baik dapat meningkatkan kesehatan jantung. Grameds bisa meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung dengan melakukan gerakan sit up. 15. Mengurangi Risiko Cedera dan Sakit Punggung Grameds dapat memperkuat otot punggung bawah, pinggul, panggul, dan perut dengan melakukan gerakan sit up secara rutin.

Kamu juga dapat membantu otot tubuh bekerja sama untuk menstabilkan tubuh dan melindungi diri dari cedera. Saat memiliki otot inti yang kuat, Grameds dapat mengurangi kejang otot, sakit punggung, dan cedera punggung.

Selain itu, gerakan sit up dipercaya efektif untuk melatih fleksor perut dan pinggul. Fleksor tersebut menjadi bagian stabilitator yang penting dalam aktivitas harian untuk membungkuk dan berputar. Grameds perlu memastikan gerakan sit up yang benar untuk mendapatkan manfaat yang satu ini. Cara Melakukan Sit Up dengan Benar Untuk menghindari kerusakan atau cedera otot tubuh, Grames perlu melakukan gerakan sit up dengan benar. Lakukan langkah di bawah ini untuk melakukan sit up yang benar: • Grameds bisa memulai gerakan sit up dengan posisi berbaring telentang.

• Lalu tekuk lutut dan kaki menapak pada lantai untuk membuat tubuh stabil. • Kemudian letakkan tangan di dekat telinga atau dalam posisi silang di atas dada. • Pastikan untuk mengencangkan bagian inti ketika melakukan sit up. • Berikutnya, angkat badan ke arah lutut dengan menggunakan otot perut. • Lakukan gerakan tersebut sambil menghembuskan napas. • Setelah itu, turunkan badan kembali ke posisi berbaring telentang seperti semula.

• Ulangi gerakan sampai menyelesaikan set yang ditentukan. Grameds bisa melakukan gerakan sit up sebanyak 10 kali sehari saat baru memulai berlatih. Kemudian Grameds bisa menambahnya secara bertahap sesuai dengan kemampuan tubuh. Sit up merupakan gerakan yang cukup mudah untuk dilakukan. Gerakan ini cocok untuk pemula yang menginginkan manfaat efektif. Siang hari menjadi waktu terbaik untuk melakukan gerakan sit up karena tulang punggung sudah terbiasa beraktivitas.

Jika melakukan sit up di pagi hari, tulang punggung masih kaku dan belum fleksibel untuk melakukan aktivitas fisik. Grameds bisa mengambil waktu di siang hari hingga sore hari untuk melakukan sit up apa manfaat latihan sit-up mendapatkan otot perut yang rata.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • Pengertian Kebugaran Jasmani • Gerakan Non Lokomotor • Unsur Kebugaran Jasmani • Permainan Sepak Bola • Teknik Dasar Sepak Bola • Tujuan Permainan Sepak Bola • Manfaat Permainan Sepak Bola • Ukuran Lapangan Sepak Bola • Lari Jarak Pendek • Permainan Bola Basket • Tujuan Permainan Bola Basket • Permainan Bola Kasti • Pengertian Pencak Silat • Pengertian Olahraga Renang • Pengertian Permainan Bola Voli • Pengertian Senam Irama • Jenis-jenis Senam Lantai • Macam Gerakan Apa manfaat latihan sit-up Lantai • Manfaat Lompat Tali • Manfaat Sit Up • Lari Jarak Pendek • Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga • Olahraga Lempat Lembing Itulah manfaat dan cara melakukan sit up, Grameds.

Meski tergolong sebagai gerakan olahraga yang sederhana, sit up menghadirkan manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Untuk itu Grameds disarankan melakukan sit up secara rutin demi menuai segudang manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Bagaimana, siap untuk tampil bugar dan atletis?

Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 9 • Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1 Olahraga merupakan salah satu cara untuk membakar kalori.

Aktivitas fisik ini mampu membuat badan menjadi lebih bugar sekaligus melepas penat setelah bekerja, contohnya sit up. Secara umum, manfaat sit up tidak hanya untuk otot perut, namun juga otot dada, panggul, pinggang bagian bawah dan leher [1]. Banyak orang memilih sit up karena termasuk ke dalam olahraga sederhana namun tetap mampu melatih berbagai otot agar menjadi lebih kencang.

Apakah sit up juga menjadi salah satu aktivitas favorit Anda? Nah, jika iya, penting diingat bahwa saat melakukan olahraga ini, pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda tetap terpenuhi. Minum #AQUADulu kapanpun Anda merasa haus. Sehingga, tubuh pun terhindar dari dehidrasi. Setelah mendapat asupan mineral yang cukup, tentunya tubuh akan menjadi lebih fit dan manfaat sit up pun bisa diperoleh secara optimal. Tapi, apa saja sebenarnya manfaat sit up untuk tubuh?

Ini dia penjelasannya. 1. Menjaga kestabilan gerakan tubuh Apabila Anda melakukan olahraga ini secara rutin, maka manfaat sit up yang bisa dirasakan adalah sistem otot pada bagian perut akan lebih kuat.

Selain itu, bagian perut, bahu, lengan, pinggul dan punggung akan seimbang. Anda bisa coba melakukannya tanpa bantuan peralatan agar otot perut menjadi lebih kuat saat mengangkat beban tubuh [2]. 2. Menjaga sistem metabolisme Manfaat sit up yang selanjutnya adalah menjaga sistem metabolisme. Sistem metabolisme melibatkan berbagai jenis hormon seperti hormon pertumbuhan.

Sistem metabolisme yang kuat diperlukan untuk mengolah berbagai jenis zat asing yang masuk ke tubuh termasuk makanan. Untuk itu, Anda perlu melakukan sit up agar sistem metabolisme berjalan lancar.

Bila dilakukan secara konsisten dan efektif, sit up akan membangun semua otot di bagian perut. Ketika semua otot perut bekerja secara aktif maka pasokan oksigen untuk pembuluh darah akan terpenuhi sehingga membuat darah bisa membantu sistem metabolisme pada tubuh [2].

3. Menjaga pencernaan Tahukah Anda bahwa bagian pencernaan yang paling banyak bermasalah adalah usus? Ya, semua sisa makanan yang berkumpul pada usus dapat menyebabkan radang atau kanker jika kekurangan serat. Akan tetapi ternyata manfaat sit up bisa menjadi solusi lain dari permasalahan tersebut. Sit up akan menggerakkan semua otot dalam perut dengan mendorong usus agar bisa melakukan pekerjaannya dalam mengolah semua makanan yang masuk [2].

4. Menjaga kesehatan otot Manfaat sit up yang bisa Anda peroleh selanjutnya adalah kesehatan otot terjaga. Gerakan menarik tubuh dan meletakkan punggung dalam sit up sangat bermanfaat apa manfaat latihan sit-up melatih kekuatan otot tubuh sehingga massa otot tubuh akan berkembang dan bisa membuat tubuh lebih sehat [2].

5. Melancarkan peredaran darah Peredaran darah dalam tubuh adalah salah satu proses inti kehidupan karena darah menjadi media untuk memasok ketersediaan oksigen ke seluruh tubuh.

Melakukan sit up secara rutin akan membuat otot bekerja secara maksimal sehingga peredaran darah dalam tubuh Anda berjalan dengan baik [2]. 6. Pembentukan pinggul Mendapatkan bentuk pinggul indah dan tidak terlihat berlemak adalah manfaat sit up yang tak boleh Anda lewatkan. Sit up akan menjaga semua otot tubuh yang bekerja pada bagian perut, pinggul dan kaki menjadi lebih stabil.

Sit up juga akan menempatkan bentuk pinggul sehingga akan mencegah berbagai masalah tulang apa manfaat latihan sit-up otot saat Anda sudah lanjut usia [2]. Sebelum Anda mulai melakukan sit up, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara sit up yang benar dan tepat agar tidak timbul cedera pada leher dan punggung. Memulai sit up yang benar adalah dengan berbaring.

Lanjutkan dengan menekuk lutut, dengan kaki menapak di lantai agar tubuh tetap stabil. Letakkan tangan dalam posisi silang di atas dada atau letakkan di dekat telinga. Untuk menghindari cedera leher, Anda tidak perlu memaksakan leher untuk apa manfaat latihan sit-up bersama dengan tubuh bagian atas. Hindari juga untuk mendorong leher ke atas.

Angkat badan ke atas ke arah lutut, sambil menghembuskan napas saat melakukannya. Kemudian, turunkan badan kembali ke posisi berbaring seperti semula sambil menarik napas. Bagi yang baru memulai berlatih, Anda bisa mendapatkan manfaat sit up dengan melakukan 10 kali sit up sehari. Anda bisa menambahnya secara bertahap sesuai kesanggupan [1].

Agar olahraga Anda berjalan lebih maksimal, jangan lupa untuk mengonsumsi air mineral. Karena, saat melakukan olahraga, tubuh akan banyak kehilangan cairan tubuh, sehingga disarankan untuk mengonsumsi cukup cairan agar kamu terhindar dari kondisi dehidrasi. AQUA dapat menjadi pilihan sebagai air minum terbaik setelah berolahraga karena AQUA sudah hadir lebih dari 48 tahun di Indonesia, menghadirkan kebaikan air mineral alami dari sumber air pegunungan dengan tiga perlindungan.

AQUA melindungi keseimbangan di sekitar ekosistem sumber air, melindungi kealamian mineral, serta melakukan proses yang seksama sehingga kehigienisan dan kualitas terjamin [3]. AQUA teman setia di segala aktivitas. Selamat berolahraga, dan tetap terhidrasi maksimal!

Referensi: • 5 Manfaat Sit Up, Salah Satunya Memperindah Apa manfaat latihan sit-up Perut - buka • Manfaat Sit Up Bagus Untuk Kesehatan Tubuh Anda - buka • Deretan Olahraga Ini Sukses Turunkan Berat Badan
Bola.com, Jakarta - Sit up menjadi satu di antara gerakan dasar olahraga yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Olahraga tersebut juga dapat dilakukan siapa saja dan di mana saja, baik anak-anak maupun dewasa. Kebanyakan orang menganggap remeh manfaat dari melakukan sit up. Padahal gerakan ini merupakan jenis latihan olahraga yang melatih beragam otot.

Sit up dapat membuat perut lebih rata, namun dengan cara mengencangkan otot-otot perut. Tidak hanya otot perut, ketika kamu melakukan sit up, otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, dan leher juga menjadi lebih kencang. Manfaat sit up setiap hari sangat positif bagi kesehatan tubuh. Olahraga ini akan memberikan manfaat lebih banyak apabila dilakukan secara rutin, setidaknya 10-20 kali dalam sehari. Biasanya kaum pria melakukan gerakan sit-up secara rutin guna mendapatkan perut six pack.

Untuk wanita, latihan sit up sangat berguna menghindari kram saat menstruasi yang rasanya amat menyakitkan. Apakah manfaat sit up selain membentuk otot perut? Berikut rangkuman beberapa manfaat sit up apabila dilakukan rutin setiap hari dari Dokter Sehat, Healthline, dan Muscle Class, Sabtu (11/7/2020). 1. Memperbaiki Postur Tubuh Manfaat yang pertama dari melakukan olahraga sit up adalah mampu memperbaiki postur tubuhmu.

apa manfaat latihan sit-up

Selain itu, ketika kamu melakukannya bisa mengatasi sakit pingging bawah. Hal ini sangat baik untuk mempermudah kamu melakukan aktivitas sehari-hari. Melakukan sit up juga bisa memperkecil risiko kamu terkena cedera pada otot dan sendi. 2.

apa manfaat latihan sit-up

Membakar Kalori Manfaat sit up apa manfaat latihan sit-up adalah dapat membakar kalori. Ketika kamu melakukan sit up dapat membakar hingga 2 kalori dalam tubuh. Dengan manfaat membakar kalori, tentunya hal ini juga berguna bagi kamu yang sedang dalam program diet. 3. Menjaga Kesehatan Otot Meskipun olahraga sit up hanya memfokuskan otot pada bagian perut bawah, namun sebenarnya sit up juga bermanfaat bagi seluruh kesehatan otot tubuh.

Jika kamu melakukan sit up secara rutin maka tubuh juga akan terlatih melakukan gerakan dan tentunya membuat tubuh menjadi bugar.

Secara keseluruhan, melakukan olahraga ini membuat massa otot akan bertambah dan tubuh akan menjadi lebih sehat. Faktanya latihan ini menciptakan gerakan-gerakan variabel yang meliputi gerakan mengangkat seluruh berat perut. Otot yang diperkuat oleh sit up, antara lain otot penstabil, otot kaki, fleksor pinggul, dan otot punggung. 4. Meningkatkan Daya Tahan Kardiovaskular Jantung merupakan satu di apa manfaat latihan sit-up organ yang memiliki otot paling vital di dalam tubuh. Rutin melakukan sit up mampu menguatkan otot jantung.

Bila memiliki jantung yang kuat, kamu juga memiliki daya tahan kardiovaskular yang lebih baik. Selain itu, melakukan gerakan push up dan sit up sebelum tidur dapat meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung. Sehingga hal ini dapat menghilangkan apa manfaat latihan sit-up yang menempelm pada pembuluh darah dan tentunya membantu kesehatan jantung.

5. Meningkatkan Metabolisme Sit up mampu melatih sistem kerja otot menjadi lebih baik. Hal ini akan berpengaruh pada suplai oksigen serta aliran darah menjadi lebih baik. Selain itu, gerakan sit up juga mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Metabolisme tubuh yang baik, membuat lemak dan racun di dalam tubuh bisa dibuang dengan cepat. Sit up bisa merangsang organ di dalam tubuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang berfungsi dalam mengolah segala nutrisi dan zat yang masuk ke dalam tubuhmu.

6. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh Ketika melakukan sit up, olahraga ini akan melibatkan beberapa bagian otot, seperti otot di bagian panggul, pinggang, dan perut. Hal ini akan memberikan efek yang baik dalam memperbaiki keseimbangan tubuh.

Otot yang terletak di pinggul merupakan satu di antara bagian penyeimbang gerakan tubuhmu. Ketika kamu rutin melakukannya, maka tubuh akan terlatih dengan beban yang ditopang.

7. Melancarkan Peredaran Darah Perlu diketahui bahwa, olahraga sit up mampu melancarkan aliran darah yang ada di dalam apa manfaat latihan sit-up. Selain itu, melakukan olahraga ini secara rutin juga mampu melancarkan sirkulasi oksigen yang ada di dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan oksigen, maka tentu saja proses metabolisme di dalam tubuh tidak akan dapat berjalan dengan baik. Kekurangan oksigen tersebut akan memiliki dampak pemicu berbagai penyakit.

Beberapa di antaranya adalah serangan jantung, gagal ginjal, dan penyakit berbahaya lain. Melakukan sit up secara rutin secara teratur, otot kamu akan dapat bekerja dengan maksimal sehingga peredaran darah juga akan menjadi lebih lancar. Hal ini akan membuat seluruh organ tubuh mendapatkan pasokan oksigen sehingga dapat bekerja dengan baik.

Sumber: Dokter Sehat, Healthline, Muscle Class Berbagai manfaat sit up untuk tubuh. Selain membentuk perut atletis, juga dapat perbaiki postur badan agar lebih ideal. Sit up adalah latihan yang dilakukan dengan berbaring telentang sambil mengangkat tubuh bagian atas. Ini menggunakan massa tubuh untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut. Aktivitas ini melibatkan bagian pinggul, dada, dan leher.

Tujuannya, yakni membantu proses apa manfaat latihan sit-up postur tubuh yang lebih baik dengan cara melatih punggung bawah dan otot gluteal. Latihan sit up perlu dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam program olahraga rutin, sebab gerakan ini cukup mudah dilakukan dan difokuskan pada bagian inti tubuh dan otot perut.

Baca Juga: Manfaat Plank: Rahasia Tubuh Langsing dan Perut Rata Manfaat/Tujuan Sit Up untuk Tubuh Selain itu, juga ada berbagai manfaat lainnya dari latihan sit up. Simak daftar keuntungan yang bisa kamu nikmati jika rutin melakukannya: 1. Melatih Bagian Inti Tubuh Melakukan sit up secara rutin dapat melatih bagian inti tubuh kamu, tujuan sit up adalah memperkuat dan mengencangkan bagian inti tubuh.

Sehingga dapat mengurangi risiko sakit punggung dan cedera. Manfaat lainnya kamu akan merasa tubuh jadi lebih ringan dan cekatan saat melakukan aktivitas sehari-hari maupun kegiatan atletik lainnya. 2. Meningkatkan Massa Otot Sit up juga membangun bagian otot perut dan pinggul.

Menurut penelitian pada 2016, wanita lansia yang dapat melakukan sit up lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami sarcopenia, yaitu hilangnya otot secara alami karena penuaan. Wanita yang mampu melakukan sit up lebih dari 10 kali, memiliki apa manfaat latihan sit-up massa dan fungsi otot yang lebih tinggi. 3. Meningkatkan Performa atletik Bagian inti tubuh akan lebih terbentuk bila melakukan sit up secara rutin.

Hasil dari bagian yang terlatih akan memberi kamu postur, stabilitas, dan bentuk yang lebih baik. Selain itu, melakukan sit up secara rutin memberikan kamu peluang untuk melakukan aktivitas fisik dan atletik tanpa mudah kelelahan. 4. Menjaga Keseimbangan dan Stabilitas Sit up membantu kamu untuk melatih keseimbangan dan stabilitas tubuh. Sehingga menjaga tubuh kamu tetap stabil saat bergerak dan beraktivitas sepanjang hari. Ini membantu otot panggul, punggung bawah, dan pinggul bekerja sama dengan otot perut.

Keseimbangan yang baik dapat menghindari kamu terjatuh jatuh atau melukai diri sendiri. 5. Meningkatkan Fleksibilitas Menggerakkan tulang belakang dapat membantu mengendurkan kekakuan pada tulang belakang dan pinggul kamu, dengan kata lain sit up membuat pinggul dan punggung kamu lebih fleksibel.

Rutin melakukan sit up juga dapat meningkatkan mobilitas dan mengurangi ketegangan dan kekakuan. Peningkatan fleksibilitas sebagai hasil dari sit up juga memberi manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres, dan meningkatkan energi tubuh. 6. Memperbaiki Postur Tubuh Melakukan sit up secara rutin memudahkan untuk menjaga bagian pinggul, tulang belakang, dan bahu agar sejajar dan menampilkan postur tubuh yang lebih baik, secara tidak langsung sit up mengecilkan perut.

Manfaat dari postur tubuh yang baik juga dapat mengurangi rasa sakit, ketegangan, meningkatkan energi, dan melancarkan pernapasan. Yuk, lebih aktif dengan perlengkapan olahraga terbaik dan termurah di sini! Baca Juga: Manfaat Pull Up: Tubuh Lebih Kuat dan Sehat! 7. Mengurangi Risiko Nyeri Punggung Sit up juga melatih punggung bawah, pinggul, dan panggul, dengan kata lain dapat mengurangi kemungkinan sakit punggung dan cedera.

Namun, kamu perlu berhati-hati dalam melakukan sit up untuk menghindari cedera ringan. Selama dapat melakukan gerakan dengan tepat, maka sit up akan memberikan manfaat lebih besar hingga mampu meredakan sakit punggung. 8. Memperkuat Diafragma Aktivitas ini adalah cara yang bagus untuk melatih pernapasan diafragma. Diafragma yang kuat dan sehat dapat memperbaiki pola pernapasan, mengurangi stres, dan meningkatkan daya tahan atletik.

Sit up terbukti bermanfaat dalam memperkuat diafragma dan meningkatkan fungsi pernapasan. 9. Melancarkan Peredaran Darah Melancarkan peredaran darah dapat dilakukan dengan melakukan sit up secara rutin. Peredaran darah yang lancar dapat menjaga agar tubuh agar tidak kekurangan oksigen. Sehingga dapat mencegah serangan jantung maupun gagal ginjal akibat dari peredaran darah yang tidak lancar.

Kinerja otot juga dapat meningkat karena sistem peredaran darah yang berjalan lancar. 10. Meningkatkan Metabolisme Tubuh Melakukan latihan sit up secara rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk membantu proses mengolah nutrisi dan zat yang masuk ke tubuh.

Sehingga dapat membantu proses pengeluaran racun dan lemak dari tubuh menjadi lebih cepat. 11. Bantu Bakar Kalori Kamu tentu sudah tahu bahwa sit up dapat membakar kalori tubuh secara efektif, dengan kata lain sit up sangat cocok untuk kamu yang sedang diet.

Gerakan sit up juga cukup mudah dilakukan tanpa teknik yang sulit, cocok untuk pemula. Hasil yang diberikan juga sangat efektif untuk membentuk postur tubuh yang lebih ideal Baca Juga: Jenis Olahraga Kardio untuk Bakar Lemak dan Kecilkan Perut! Cara Melakukan Sit Up Kamu bisa mempertimbangkan sit up menjadi salah satu latihan dalam rutinitas olahraga.

Karena cukup mudah dilakukan tanpa membutuhkan teknik yang sulit, serta hasilnya pun terbilang efektif. Berikut langkah-langkah melakukan sit up: • Pertama-tama, berbaring telentang dengan lutut ditekuk pada matras. • Tempelkan dagu ke dada apa manfaat latihan sit-up rilekskan bagian belakang leher.

• Silangkan lengan kamu pada bahu yang berlawanan, atau letakkan telapak tangan di samping tubuh. • Buang napas saat kamu mulai mengangkat tubuh bagian atas ke arah paha. • Tarik napas dan perlahan turunkan diri kembali ke lantai. • Ulangi gerakan tersebut hingga 3 set secara rutin setiap minggu untuk mendapatkan hasil maksimal. Baca Juga: Alat Olahraga Wajib di Rumah, Enggak Lagi Perlu Keluar Itu dia berbagai manfaat dan cara melakukan sit up, Toppers.

Siap untuk tampil lebih bugar dan atletis? Kamu hanya perlu menjadikan gerakan ini sebagai salah satu latihan rutin kamu saat berolahraga. Untuk menunjang kegiatan olahraga, kamu juga bisa temukan berbagai perlengkapan olahraga lainnya dengan mudah hanya di Tokopedia! Olahraga di dalam rumah tak masalah dengan matras yoga terbaik di sini! Penulis: Claudia Angelista Jeheskiel
ERROR: The request could not be satisfied 403 ERROR The request could not be satisfied.

The Amazon CloudFront distribution is configured to block access from your country.

apa manfaat latihan sit-up

We can't connect to the server for this app or website at this time. There might be too much traffic or a configuration error. Try again later, or contact the app or website owner. If you provide content to customers through CloudFront, you can find steps to troubleshoot and help prevent this error by reviewing the CloudFront documentation.

Generated by cloudfront (CloudFront) Request ID: a9sqcuJNiU3X3nD2cYwq9hi6PH6nELetKV2bCsB8mc4o1dBDGSnlkg==
Sit Up adalah olahraga yang sangat terkenal dikalangan wanita, meskipun pria juga sering melakukan latihan ini.Gerakan sit up pada dasarnya akan menguatkan otot pada bagian perut.

apa manfaat latihan sit-up

Namun sit up lebih menekan ke bagian otot punggung. Banyak orang yang tidak mau melakukan sit up karena sering merasa sakit dan kurang nyaman pada bagian perut bawah dan punggung. padahal rasa sakit dan kurang nyaman ini, sebenarnya disebabkan karena ada sistem otot perut pada bagian bawah yang mengalami gerakan cepat saat sip up.

Jika hal ini terjadi, berarti gerakan sit up yang dilakukan kurang tepat atau ada kesalahan posisi. Melakukan sit up secara rutin akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Berikut ini adakah beberapa macam manfaat sit up untuk kesehatan. 1. Menjaga Kestabilan Gerakan Tubuh Melakukan sit up secara rutin akan membuat sistem otot pada bagian perut menjadi lebih kuat seperti yang di dapat dari manfaat skot jump.

Apa manfaat latihan sit-up itu gerakan sit up yang tepat akan membuat keseimbangan pada bagian perut, bahu, lengan, pinggul dan punggung. Jika sit up dilakukan tanpa bantuan peralatan, maka otot perut akan terlatih lebih kuat untuk mengangkat beban tubuh.

2. Menjaga Keseimbangan Tubuh Apakah sering mengalami jatuh? Semua orang pasti pernah jatuh, namun sering jatuh saat sudah dewasa berarti ada masalah dengan keseimbangan badan.

Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan sit up secara rutin. Manfaat sit up akan membuat gerakan otot pada bagian pinggul menjadi lebih kuat. Manfaat olahraga sit up juga akan membuat otot pada bagian kaki, perut dan lengan menjadi lebih stabil sehingga membuat badan lebih bugar dan seimbang. 3. Menjaga Kesehatan Tubuh Menderita penyakit ringan ataupun penyakit berat menjadi hal yang sangat menyulitkan dalam hidup.

Pada dasarnya memelihara kesehatan tidak harus dilakukan dengan cara yang mahal. Cukup mengkonsumsi makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi seperti manfaat buah-buahan dan sayuran.

Selain itu perhatikan untuk terus melakukan olahraga ringan seperti sit up. Sit up akan membantu peredaran darah di daerah perut dan pinggul. Kedua bagian tubuh ini akan mempertahankan berbagai sistem yang sangat penting untuk kesehatan seperti pencernaan dan imunitas tubuh. 3.

Menjaga Sistem Metabolisme Sistem metabolisme dalam apa manfaat latihan sit-up diperlukan untuk mengolah berbagai jenis zat asing yang masuk ke tubuh termasuk makanan. Sistem metabolisme melibatkan berbagai jenis hormon termasuk hormon pertumbuhan. Jika sistem metabolisme tidak berjalan lancar maka ada sisa-sisa metabolisme yang berkumpul pada beberapa organ. Sebagai solusi yang sangat mudah adalah dengan melakukan sit up. 4. Menjaga Pencernaan Setiap hari manusia membutuhkan makan sebagai sumber tenaga.

Makanan yang masuk ke tubuh akan diolah oleh organ pencernaan diantaranya adalah kerongkonan dan usus. Bagian pencernaan yang paling banyak bermasalah adalah usus. Semua sisa makanan yang berkumpul pada usus dapat menyebabkan radang atau kanker. Hal ini sering terjadi karena kekurangn serat pada manfaat sayur-sayuran. Namun selain asupan serat, cara lain untuk mencegah semua penyakit ini maka bisa melakukan sit up secara rutin. Sit up akan menggerakkan semua otot dalam perut.

Otot perut akan mendorong agar usus bisa melakukan pekerjaannya dalam mengolah semua makanan yang masuk. Jadi, sit up rutin akan membuat pekerjaan usus menjadi lancar dan Anda bisa terhindar dari penyakit.

apa manfaat latihan sit-up

5. Menjaga Postur Tubuh Memiliki postur tubuh yang sempurna adalah keinginan semua orang, namun memiliki postur yang terlihat menarik dan sempurna memang tidak harus dilakukan dengan cara yang mahal. Kita bisa melakukan latihan sit up rutin selama 10 hingga 20 kali setelah bangun tidur. Sit up akan membangun semua otot tubuh bekerja dengan baik sehingga tubuh menjadi lebih stabil, seimbang dan bisa mendapatkan postur tubuh yang baik. 6. Menjaga Kesehatan Otot Meskipun secara umum manfaat sit up hanya bekerja untuk meningkatkan sistem kerja otot perut, namun sebenarnya sit up juga penting untuk menjaga kesehatan otot tubuh.

Massa otot tubuh yang sehat akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih bugar. Melakukan sit up secara rutin akan membuat otot tubuh terlatih melakukan gerakan.

apa manfaat latihan sit-up

Gerakan menarik tubuh dan meletakkan punggung dalam sit up sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan otot tubuh. Akibatnya adalah massa otot tubuh akan berkembang dan bisa membuat tubuh lebih sehat. 7. Melancarkan Peredaran Darah Peredaran darah dalam tubuh menjadi salah satu proses inti kehidupan. Darah menjadi media untuk memasok ketersediaan oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu cara agar darah bisa bekerja secara maksimal adalah jumlah kandungan oksigen yang harus tersedia dalam jumlah tertentu.

Jika manusia kekurangan oksigen dalam darah maka sistem metabolisme tidak akan berlangsung dengan baik. Hal ini akan memicu timbulnya berbagai penyakit seperti serangan jantung, gagal ginjal dan penyakit lain. Melakukan sit up secara teratur akan membuat kerja otot bekerja secara maksimal sehingga peredaran darah dalam tubuh juga berjalan dengan baik. 8. Membantu Meredakan Nyeri Punggung Bawah Apakah pernah merasakan sakit pada bagian punggung bawah?

Sakit ini lebih sering dikatakan sebagai sakit pinggang. Pada dasarnya rasa sakit ini dapat muncul karena ada sistem kerja otot yang tidak benar. Sistem otot bisa terlalu kaku sehingga akan terasa nyeri jika tubuh melakukan berbagai aktivitas. Untuk mengatasi masalah ini maka bisa mencoba untuk sit up selama 5 hingga 10 kali dalam sehari.

Lakukan saat pagi atau sore hari. Pada latihan pertama mungkin punggung bawah akan terasa sakit, namun jika sudah terbiasa maka tubuh akan terasa nyaman. Optimalkan dengan mengkonsumsi manfaat air putih untuk mencegah masalah pinggang yang lebih parah.

9. Membantu Apa manfaat latihan sit-up Fisik Memiliki penampilan fisik yang menawan akan menjadi dukungan penampilan yang sangat penting.

Biasanya laki-laki akan melakukan fitness untuk mendapatkan bentuk badan yang terlihat dengan massa otot yang kuat. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu maka lakukan latihan sit up secara rutin.

Sit up yang dilakukan untuk menarik kekuatan otot perut akan membentuk perut menjadi “six-pack”. Perut akan terlihat rata seolah-olah tidak ada lemak. Selain itu sit up juga akan membuat postur tubuh bagian bawah dan atas menjadi lebih seimbang. 10. Menurunkan Lemak dalam Tubuh Sit up biasanya dilakukan hanya sebagai latihan ringan untuk memperkuat otot pada bagian perut, namun jika melakukan sit up secara rutin maka gerakan otot perut akan membakar lemak pada anggota tubuh yang terhubung.

Lemak pada bagian perut, pinggang dan dada bisa diatasi dengan melakukan sit up. Manfaat Sit up adalah olahraga yang bisa membantu tubuh dalam melakukan proses pembakaran kalori. Waktu terbaik untuk melakukan sit up dalam setiap hari adalah selama 15 menit. Anda bisa membuat target jumlah sit up atau melakukan latihan secara rutin. 11. Pembentukan Pinggul Memiliki bentuk pinggul yang indah akan menjadi hal paling menyenangkan bagi wanita. Untuk mendapatkan bentuk pinggul indah dan tidak terlihat berlemak dapat dilakukan dengan sit apa manfaat latihan sit-up.

Sit up akan menjaga semua otot yang bekerja pada bagian perut, pinggul dan kaki menjadi lebih stabil. Sit up juga akan menempatkan bentuk pinggul saat sudah lanjut usia.

Hal ini akan mencegah berbagai masalah tulang dan otot saat sudah lanjut usia. 12. Membentuk Otot Dada Otot dada yang kuat dan sehat akan terlihat dari bentuk dada yang sesuai dengan postur tubuh. Bagi wanita memiliki otot dada yang kuat akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Ketika melakukan sit up maka ada gaya tarik yang sangat besar antara bagian perut saat bangun dan perut saat posisi tidur. Kekuatan otot lengan yang berusaha untuk membuat otot perut apa manfaat latihan sit-up maksimal akan mendukung pembentukan dada secara alami seperti manfaat push up.

13. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot Memiliki tulang kuat dan otot yang sehat akan mempengaruhi kehidupan kita saat lanjut usia. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan otot dan tulang adalah dengan melakukan sit up secara rutin.

apa manfaat latihan sit-up

Latihan sit up akan membuat semua otot pada bagian perut, punggung bawah, tumit, kaki dada dan lengan bisa terlatih secara alami. Otot akan bekerja mengalirkan kekuatan ke bagian tulang rawan ke seluruh tubuh. Akibatnya massa otot pada tubuh akan bertahan dalam waktu lama bahkan hingga lanjut asia.

Kekuatan otot pada semua bagian tubuh dan tulang rawan akan mencegah penyakit tulang keropos. 14. Memperpanjang Harapan Hidup Manfaat pola hidup sehat memang tiada tergantikan.

Menghabiskan waktu hingga memiliki suami, anak-anak dan cucu adalah keinginan yang sangat wajar. Namun untuk mewujudkan apa manfaat latihan sit-up ini juga harus melakukan beberapa usaha. Salah satunya adalah dengan melakukan sit up. Sit up sudah terbukti bisa menambah kekuatan otot dan tulang, meningkatkan sistem kesehatan dan imunitas, menjaga sistem metabolisme dan membantu tubuh memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Dengan melakukan sit up secara teratur paling tidak salam 15 menit dalam satu hari akan membuat kesehatan tubuh menjadi lebih bugar. Dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar maka Anda bisa mempertahankan sistem tubuh sehingga bisa memiliki umur yang panjang.

Cara Melakukan Sit Up yang Benar Sit up yang benar tidak akan menyebabkan rasa nyeri pada otot. Banyak orang yang baru pertama kali melakukan apa manfaat latihan sit-up up biasanya akan merasa sakit pada bagian perut. Untuk mencegah semua rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada bagian perut bawah, Anda bisa melakukan sit up sesuai petunjuk di bawah ini: • Ambil matras untuk digunakan sebagai alas tubuh.

Lakukan posisi telentang dengan lutut yang ditekuk.

apa manfaat latihan sit-up

Ambil posisi tumit dengan jarak 1 meter di depan tulang belakang. Silangkan jari-jari pada bagian belakang kepala. • Tekan bahu secara bersamaan, ambil tenaga pada bagian perut, buang nafas dan angkat kepala ke atas lutut yang telah ditekuk. Jangan melakukan tekanan dan tarikan pada bagian leher, saat kepala hampir sampai ke bagian lutut, maka angkat dagu ke bagian atas.

• Agar tulang punggung dan tulang ekor tidak sakit selama sit up, maka jangan mendekatkan bagian bawah kaki ke arah lantai. Otot paha dan perut akan bekerja maksimal saat Anda berusaha untuk melakukan posisi duduk.

Ambil hitungan saat posisi kepala mendekati lutut dan tahan hingga 2-3 hitungan. • Saat Anda ingin menurunkan badan ke posisi semula, maka tarik nafas agar otot perut kembali santai. Turunkan bagian punggung ke arah lantai secara perlahan-lahan. Ulangi beberapa langkah tersebut dan lakukan dengan benar sehingga otot perut akan melakukan kontraksi dengan baik. [/tab] Tips untuk Saat Melakukan Sit Up Untuk mendapatkan fungsi yang sempurna apa manfaat latihan sit-up sit up, maka semua posisi badan harus dilakukan dengan benar.

Berikut ini apa manfaat latihan sit-up tips untuk melakukan sit up dengan benar. • Melakukan sit up sesuai dengan langkah-langkah yang benar akan membuat otot perut terjaga dari cedera. • Setiap melakukan gerakan sit yang terus diulang, maka stabilitas dan konsistensi gerakan tubuh diperlukan agar bagian punggung dan perut tidak mengalami cedera. • Jika Anda tidak bisa melakukan sit up sendiri, maka bisa mendapatkan bantuan orang lain.

Bantuan dengan penekanan di bagian kaki akan membuat tenaga pada bagian otot perut dan bahu bekerja secara perlahan sehingga bisa menjauhkan tubuh dari cedera. [/tab] Jadi, apakah anda masih ragu untuk melakukan sit up secara rutin?

Sit up merupakan olahraga yang sangat dianjurkan, karena memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan apa manfaat latihan sit-up.

Bahkan sit up juga bisa melatih tubuh agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit saat usia sudah lanjut. Melakukan sit up secara rutin bisa dimulai dengan jumlah yang kecil, misalnya sehari 5 kali dan terus bertambah sesuai dengan kekuatan tubuh.Sit up olahraga sederhana untuk meningkatkan kekuatan otot perut tanpa perlu berolahraga di gym.

Mengutip publikasi ilmiah berjudul Pengaruh Sit Up Terhadap Massa Otot, sit-up sudut 45 derajat, 90 derajat, dan 120 derajat terhadap otot perut merupakan latihan yang menggunakan sistem energi predominan anaerob. Ciri khususnya, pengerasan otot sangat kuat karena respons dari pembebanan dinamis yang cepat di bagian yang mengalami tekanan. Manfaat sit up bagi otot perut meningkatkan tonus otot, massa otot, dan serabut otot. Healthline merujuk penelitian pada 2016, perempuan paruh baya yang masih mampu berlatih sit up mengurangi risiko sarcopenia atau hilangnya kekuatan otot karena faktor penuaan.

Setidaknya melakukan sit up minimal 10 kali dalam satu hari bermanfaat meningkatkan massa otot dan fungsinya. Sit up membantu bersamaan gerak panggul, punggung bawah, otot pinggul dan otot perut. Sit up juga berdampak positif untuk pernapasan diafragma. Diafragma yang sehat memperbaiki pola pernapasan, mengurangi stres, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

• Risiko sit up Gerak sit up harus dilakukan sesuai ketepatan polanya supaya tak mengalami risiko buruk, seperti cedera otot atau ketegangan perut (kram). Mengutip Livestrong, kram terjadi karena sebelum sit up tak melakukan pemanasaan atau terlalu banyak mengonsumsi makanan yang menyebabkan iritasi usus. Dua hal itu bisa berdampak buruk terhadap masalah pencernaan setelah melakukan sit up. Tak perlu memaksakan diri saat melakukan sit up, apalagi sampai berakibat kelelahan otot.

Saat mengonsumsi makanan, sebaiknya tidak kurang dari dua jam sebelum melakukan sit up. Sebelum sit up, tak mengonsumsi kafein, vitamin C dosis tinggi, minuman bersoda, dan makanan yang terlalu banyak mengandung gula atau lemak.

apa manfaat latihan sit-up

BALQIS PRIMASARI Baca: Manfaat Sit up Tak hanya untuk Otot Perut, tapi Melatih Keseimbangan Tubuh Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu
Ada beragam manfaat sit upterutama untuk memperindah bentuk perut.

Dengan melakukan s it up secara rutin, latihan ini bisa mengencangkan otot-otot peru t, sehingga perut Anda tampak lebih rata. Sit up merupakan salah satu jenis latihan olahraga yang dapat melatih kekuatan otot dan membuat otot menjadi lebih kencang.

Tidak hanya otot perut, sit apa manfaat latihan sit-up juga melatih otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, hingga leher. Manfaat Sit U p bagi Kesehatan Tubuh Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari melakukan sit up secara teratur: 1. Meningkatkan massa otot Sit up dapat mengencangkan dan meningkatkan massa otot, terutama otot perut dan pinggul. Bahkan, ada studi yang menunjukkan bahwa sit up dapat menurunkan risiko terjadinya sarkopenia pada lansia, yaitu kondisi di mana massa otot mengalami penurunan karena penuaan otot.

2.

apa manfaat latihan sit-up

Memperbaiki keseimbangan tubuh S it up melibatkan beberapa bagian otot, seperti otot panggul, pinggul, dan punggung bawah, sehingga melakukan olahraga ini secara rutin akan memberikan efek yang baik dalam memperbaiki keseimbangan tubuh. 3. Memperbaiki postur tubuh Postur tubuh yang baik dapat membuat tubuh Anda tampak lebih proporsional dan mengurangi risiko terjadinya berbagai asalah, seperti cedera pada otot dan sendi serta skoliosis.

Nah, untuk memperbaiki postur tubuh, Anda bisa melakukan gerakan s it up. Namun, latihan ini sebaiknya dijauhi, jika Anda sedang mengalami keluhan nyeri punggung atau saraf terjepit. Ini karena gerakan sit up bisa membuat otot punggung mengencang, sehingga gejala nyeri punggung bisa semakin parah.

4. Memperindah bentuk perut Sit up juga dapat dilakukan sebagai latihan otot-otot inti tubuh ( core muscles), sehingga membuat otot-otot perut menjadi lebih kencang dan tampak lebih rata.

Namun, untuk memaksimalkan manfaat sit up yang satu ini, Anda juga perlu melakukan olahraga aerobik untuk mengecilkan perut serta membakar lemak perut. 5. Membakar lebih banyak kalori Selain manfaat s it up di atas, melakukan sit up dalam jangka panjang dapat membakar lebih banyak kalori. Hal ini karena sit up yang dilakukan secara teratur akan membentuk sel otot, dan sel otot inilah yang akan aktif membakar kalori dibandingkan sel lemak.

Cara Melakukan Sit Up dengan Benar Melakukan gerakan sit up dengan benar sangatlah penting demi menghindari kerusakan atau cedera pada otot-otot tubuh. Oleh karena itu, berikut adalah langkah melakukan sit up yang benar: • Mulailah dengan posisi berbaring telentang, kemudian tekuk lutut dan kaki menapak di lantai, agar tubuh tetap stabil. • Letakkan tangan dalam posisi silang apa manfaat latihan sit-up atas dada atau letakkan di dekat telinga. • Angkat badan ke atas ke arah lutut sambil menghembuskan napas saat melakukannya.

• Turunkan badan kembali ke posisi berbaring seperti semula sambil menarik napas. Bagi yang baru memulai berlatih, Anda bisa mendapatkan manfaat sit up dengan melakukan 10 kali sit up sehari.

Setelah itu, Anda bisa menambahnya secara bertahap sesuai kemampuan tubuh. Selain dilakukan di rumah, Anda juga bisa menggunakan alat sit up yang biasanya tersedia di gy m atau pusat kebugaran. Alat ini memungkinkan Anda untuk melakukan sit up dalam posisi duduk guna mencegah ketegangan pada leher. Sit up merupakan salah satu olahraga otot yang memiliki banyak manfaat, Meski begitu, Anda perlu hati-hati melakukannya karena jika tekniknya salah, sit up berisiko menyebabkan cedera.

Agar lebih aman, sebaiknya Anda minta bantuan instruktur fitness atau menonton beberapa tayangan apa manfaat latihan sit-up di internet tentang cara melakukan sit up yang benar. Bila perlu berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui keamanan melakukan sit up terhadap kondisi tubuh Anda.

Manfaat Latihan Sit-up




2022 www.videocon.com