Manfaat hujan bagi manusia

manfaat hujan bagi manusia

Manfaat Air Hujan Bagi Manusia Dan Alam. Air hujan merupakan air yang terbentuk akibat dari proses yang terjadi di alam dan tentu saja karena rahmat dari Manfaat hujan bagi manusia SWT. Saat hujan turun maka tanah maupun wilayah tempat kita akan dipenuhi dengan air hujan yang bahkan di beberapa tempat bisa sampai terjadi banjir.

5 Manfaat Air Hujan Walaupun kadang dikaitkan dengan penyebab banjir, sebenarnya air hujan mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu 1. Sumber Energi Pembangkit Listrik Air hujan yang ditampung di danau buatan dapat dimanfaatkan dengan diubah menjadi sumber energi listrik tenaga air dengan dibantu dengan peralatan teknologi canggih. 2. Membantu Pertanian Tanaman padi, buah dan sayuran dapat tumbuh dengan baik karena adanya air hujan yang membasahi dan mengalirinya.

Tanaman sangat memerlukan air hujan karena agar bisa melakukan fotosintesis atau proses pertumbuhan. Hasil panen bisa jadi tidak terlalu baik apabila terjadi kemarau panjang.

3. Air Minum Air hujan tidak dapat langsung bisa diminum. Terdapat proses yang harus dilewati. Air hujan perlu melewati tahap pemurnian agar bisa diminum. Sebelumnya air hujan ditampung terlebih dahulu di dalam galon ataupun tempat penampungan lainnya.

manfaat hujan bagi manusia

Setelah itu air hujan diteliti agar manfaat hujan bagi manusia melihat zat-zat berbahaya yang terkandung di dalamnya. Oleh sebab itu proses pemurnian tersebut bermanfaat agar menghilangkan semua zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam air hujan setelah itu air hujan dapat diminum tanpa dimasak terlebih dahulu. 4. Kebutuhan Hidup Manusia Air hujan yang turun dari langit akan masuk dan meresap ke dalam tanah, kemudian berubah menjadi air tanah.

Dan air tanah tersebut pada umumnya akan dimanfaatkan oleh manusia untuk keperluan mencuci, memasak serta kebutuhan hidup lainnya. 5. Kelangsungan Hidup Hutan Di hutan terdapat makhluk hidup yaitu pohon-pohon dan hewan liar, mereka memerlukan air yang cukup agar dapat bertahan hidup dan sumber air tersebut salah satunya didapat dari hujan. Pohon berperan sangat penting bagi kehidupan manusia karena pohon akan menyediakan udara yang bersih yang manusia hirup. Dan juga pohon dapat membantu menyerap air hujan serta mencegah banjir.

Bersyukur Atas Nikmat Hujan Bagi yang di wilayahnya sumber air melimpah sebaiknya banyak-banyak bersyukur kepada Allah SWT. Agar nikmat yang diberikan tersebut menjadi berkah dan semakin bertambah. Mengingat ada sebagian dari saudara kita yang sangat kekurangan air atau yang terlalu banyak sehingga mengakibatkan banjir. Oleh sebab itu sebagai manusia yang lemah untuk selalu bersyukur dan semakin mendekatkan diri kepada yang maha kuat Allah SWT.

Terima kasih telah mengunjungi website kami. Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

manfaat hujan bagi manusia

VisitKlaten.Com merupakan media informasi pariwisata dan media iklan di area klaten, surakarta, karanganyar dan sekitarnya. Sebagai sarana untuk memperkenalkan berbagai tempat wisata yang ada di klaten dan sekitarnya yang semoga bisa memajukan pariwisata di klaten. Selain itu juga terdapat beberapa informasi lain, baik yang berkaitan tentang wisata maupun yang tidak untuk menambah wawasan. unsplash.com/Azamat Kinzhitaev Hujan mengeluarkan suara ketika turun yang disebut white noise.

Suara ini berfungsi sebagai pengirim sinyal ke otak sehingga merangsang pikiran untuk menurunkan pekerjaan berat serta menghilangkan stres. Baca Juga: Benarkah Hujan Bawa Penyakit? Awas Tersugesti, Ini 5 Fakta Sebenarnya!

unsplash.com/brookecagle Sifat alkali atau basa pada air hujan ternyata mampu diserap tubuh dengan sempurna. Hasilnya, sifat alkali tersebut akan mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh serta meningkatkan fungsi pencernaan. Selain itu, alkali juga berguna untuk menyeimbangkan PH darah sehingga mengurangi kadar asam dalam tubuh. Nah, meski diidentikkan dapat memperburuk kesehatan, ternyata air hujan juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh.

Masih takut mandi hujan, guys? Baca Juga: 7 Manfaat Mandi Air Dingin di Saat Hujan dan Musimnya, Jangan Takut! Berita Terpopuler • Data Lengkap Kasus COVID-19 di 34 Provinsi Indonesia per Minggu 8 Mei • 10 Momen Geng Artis Raffi-Nagita Libur Lebaran Bareng di Bali, Ramai! • 7 Macam Benjolan pada Vagina, Kenali Ciri-cirinya sebelum Terlambat • 10 Potret Raja dan Ratu Keponakan Kembar Syahrini yang Siap Jadi Kakak • Eks Intelijen AS Nilai Keterlibatan di Ukraina Harusnya Dirahasiakan • 9 Potret Jebolan Puteri Indonesia dengan Suami Tercinta, Lengket Abis • Kronologi Bus Angkutan Mudik Terguling di Tol Cikampek • Viral Rombongan Pesepatu Roda Salip Motor dan Mobil di Jalan Raya Gatsu • 5 Zodiak Ini Terlalu Peduli pada Orang lain sampai Lupa Diri Sendiri
Air hujan adalah air yang terbentuk secara alami dari proses alam.

Proses awal pembentukan air hujan dimulai saat uap air yang berasal dari sumber air di daratan mengalami penguapan. Uap air yang naik ke atas langit akan membentuk awan. Awan yang saling menumpuk akan membawa butir-butir air karena terbawa oleh angin.

Akibatnya butir-butir air ini akan mengalami gravitasi manfaat hujan bagi manusia membuat air bisa turun ke bawah. Saat proses butir-butir air jatuh ke bumi maka ada sebagian air yang kembali menguap ke awan. Air yang jatuh ke permukaan bumi disebut sebagai air hujan. Kandungan air hujan yang jatuh ke permukaan bumi telah melewati lapisan atmosfer. Hal ini membuat kita selalu berpikir, apakah air hujan aman untuk manusia. Pada dasarnya air hujan memiliki kandungan zat dan gas yang berbeda-beda sesuai dengan lokasi jatuhnya air hujan.

Namun kandungan zat dalam air hujan yang paling mudah ditemukan adalah seperti karbon dioksida, zat asam dan garam. Kandungan semua jenis zat dalam air hujan juga dipengaruhi oleh kualitas udara di sekitar lokasi hujan. Nah untuk menganalisis kandungan ini, kita akan membahas manfaat air hujan bagi kehidupan manusia yang sangat vital. Air hujan sangat berpotensi untuk kehidupan manusia termasuk pengaruhnya untuk ekonomi manusia. Secara umum air hujan telah menjadi sumber penting untuk berbagai pekerjaan manusia seperti pertanian, perikanan dan pengolahan sumber daya hutan.

Kita tau bahwa manfaat hutan sangat penting untuk kehidupan manusia. Pada musim kemarau panjang manusia akan merasakan kekurangan air yang menyebabkan kegagalan panen pada pertanian.

Bahkan kekurangan air hujan sebagai sumber air dalam kehidupan bisa menyebabkan masalah pada perikanan. Manusia memerlukan air hujan sebagai salah satu sumber kehidupan yang sangat besar. Air hujan yang jatuh ke tanah akan masuk dan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya manusia akan memakai air tanah sebagai sumber untuk memasak, mencuci, dan berbagai kebutuhan hidup lain.

Air hujan menjadi salah satu komponen sumber air yang paling besar manusia termasuk untuk mendapatkan makanan dari tanaman dan sayuran. Pembangkit listrik tenaga air atau sering disebut dengan nama PLTA akan menggantungkan sumber air dari air hujan. Meskipun pada proses PLTA biasanya memakai sumber air manfaat hujan bagi manusia langsung dari laut atau danau buatan, maka air hujan tetap menjadi pemasok utama. Air hujan yang jatuh ke laut atau danau akan menjadi sumber energi yang sangat penting.

Air hujan yang masuk dalam penampungan akan dirubah menjadi sumber listrik dengan beberapa perlengkapan teknologi canggih. Ikan adalah salah satu sumber pangan yang penting bagi manusia. ikan menjadi salah satu asupan gizi yang sangat besar. Berbagai jenis ikan yang hidup di air tawar dan air laut memiliki kandungan gizi yang berbeda. Berbagai jeniz zat gizi yang terkandung dalam ikan antara lain adalah protein, lemak, karbohidrat, mineral dan air.

Ikan hanya bisa hidup dengan media air baik di laut maupun perairan tawar. Air hujan menyumbang hampir 80 persen pasokan air untuk media kehidupan ikan. Lingkungan alam terdiri dari berbagai jenis media seperti daratan, lautan dan pegunungan. Memelihara kelestarian alam adalah salah satu kewajiban manusia. Namun semua jenis media ini perlu mendapatkan asupan air yang berasal dari air hujan.

Air hujan dapat membantu pohon-pohon untuk melakukan proses fotosintesa, menyerap sumber air hujan menjadi air tanah dan mempertahankan kontruksi tanah. Secara umum air hujan akan mempertahankan kehidupan alam semesta dengan berbagai fungsi yang saling berhubungan. Kehidupan hutan pada umumnya kite kenal sebagai tempat lingkungan bagi pohon-pohon dan berbagai jenis hewan liar. Pohon yang tumbuh di hutan memiliki peran yang sangat penting untuk lingkungan.

Pohon menjadi salah satu penyedia sumber udara yang bersih bagi manusia. Pohon juga akan membantu mempertahankan kekuatan tanah sehingga tidak mudah longsor. Selain itu pohon juga akan menyerap air hujan sehingga mencegah bencana banjir. Semua jenis mahluk hidup yang ada dalam ekosistem hutan akan berjalan seimbang dengan kebutuhan air yang cukup. Hal ini membuat air hujan yang berasal dari alam sangat penting untuk kehidupan hutan.

Sumber air tanah menjadi sumber kehidupan bagi manusia. Tanpa air tanah, maka manusia akan mengalami berbagai kesulitan untuk menjalankan kehidupan. Air hujan yang jatuh ke tanah akan diserap oleh tanah sebagai cadangan air yang disimpan dalam kedalaman tertentu.

Manusia bisa memanfaatkan air tanah sebagai sumber kehidupan dengan cara memakai sumur bor,maupun pengelolaan dari PAM. Manusia bisa memanfaatkan air dari tanah untuk berbagai kepentingan seperti mencuci, memasak, menyiram tanaman dan berbagai manfaat lain. Tanah menjadi tempat kehidupan bagi manusia. struktur tanah membutuhkan air untuk mempertahankan kekuatan tanah. Salah satu bencana yang disebabkan karena menurunnya fungsi kekuatan tanah adalah erosi.

Erosi bisa menyebabkan bencana yang sangat besar bagi manusia. hal ini biasanya disebabkan karena penebangan pohon liar dan pembangunan rumah di pegunungan. Pada dasarnya sistem kontruksi tanah dapat bertahan karena tanah menerima air hujan dan mampu menyerap air hujan secara maksimal yang dibantu oleh pohon-pohon. Kekeringan panjang yang disebabkan karena musim kemarau dapat membuat struktur tanah menjadi lebih lemah sehingga tanah mudah longsor. Bencana alam adalah salah satu hal yang menyebabkan kekacauan pada kehidupan manusia.

air hujan memiliki peran yang penting untuk menjaga keseimbangan alam bagi manusia. air hujan akan diserap manfaat hujan bagi manusia pohon dan kemudian pohon memakainya untuk proses fotosintesa. Selanjutnya pohon menjadi sumber energi yang penting untuk manusia. Air hujan yang diserap oleh pohon juga membantu manusia dalam melindungi alam agar tidak terkena manfaat hujan bagi manusia alam.

Air hujan yang sudah lama turun memiliki berbagai kandungan zat yang sangat baik untuk memelihara kesehatan rambut. Berbagai jenis mineral dimiliki oleh air hujan, selain itu air hujan juga memiliki kadar garam dan ph netral yang sangat baik.

Hal ini ternyata membuat air hujan bisa digunakan untuk mempertahankan akar rambut sehingga bisa mencegah masalah rambut rontok. Air hujan yang turun pertama kali biasanya banyak mengandung kotoran dari berbagai jenis zat polutan. Akibatnya air hujan yang masih awal biasanya sering menyebabkan penyakit pada manusia. namun air hujan yang sudah sering turun ternyata bisa membantu manusia untuk mendapatkan udara yang lebih baik. Berbagai jenis kandungan polutan dalam udara akan dibersihkan oleh air hujan.

Hal inilah yang membuat kita bisa menghirup udara segar setelah air air hujan turun. Pernahkah Anda mendengar bahwa air hujan bisa dimanfaatkan sebagai manfaat hujan bagi manusia minum? Pada dasarnya air hujan yang turun dari atas memang tidak bisa dikonsumsi secara langsung. Proses pemurnian air manfaat hujan bagi manusia saat ini telah dikembangkan oleh berbagai pakar. Air hujan akan ditampung dalam galon atau penampungan khusus.

Setelah itu air hujan akan diteliti untuk melihat berbagai kandungan zat yang berbahaya. Proses pemurnian akan dilakukan untuk menghilangkan semua zat yang berbahaya bagi manusia. setelah itu air hujan bisa dikonsumsi oleh manusia tanpa harus dimasak. Dengan cara ini maka air hujan bisa menjadi sumber air yang sehat untuk manusia.

manfaat hujan bagi manusia

Penelitian air hujan sebagai obat hingga saat manfaat hujan bagi manusia memang belum dilakukan. Namun beberapa pihak mengatakan bahwa air hujan memiliki kandungan alami yang bisa digunakan sebagai obat. Salah satu pengaruh dari air hujan ini adalah ketika manusia merasa tenang mendengar air hujan yang jatuh ke bumi. Manusia bisa merasakan efek segar dan kehidupan alam dengan cara yang sangat dekat. Pada dasarnya seperti inilah fungsi air hujan yang bisa menjadi obat ketenangan bagi manusia.

Jauh sebelum berbagai jenis sumber air bersih ditemukan, maka manusia memanfaatkan air hujan secara langsung. Namun sekarang manusia bisa menggunakan teknologi canggih untuk menampung air hujan. Air hujan akan di sterilkan dengan berbagai jenis proses. Setelah air hujan disimpan dalam waktu yang lama, maka air murni bisa menjadi sumber air bersih bagi manusia.

Pernahkah Anda melihat air hujan menjadi sumber energi secara langsung. Di Indonesia pemakaian air hujan sebagai sumber energi secara langsung memang belum dikenal. Namun di salah satu bagian negara di Inggris, masyarakat mulai memanfaatkan air hujan sebagai sumber energi terutama untuk lampu taman dan lampu dinding.

Sistem ini dilakukan dengan menanam panel khusus yang menampung energi dari air hujan. Setelah itu air hujan akan disimpan sebagai cadangan energi.

Energi yang dirubah menjadi panas akan manfaat hujan bagi manusia listrik sehingga lampu bisa menyala secara otomatis saat malam hari. Apakah Anda pernah berpikir untuk menampung air hujan? Secara umum air hujan memang sangat bermanfaat untuk manusia. Namun pemakaian air hujan sebagai cara untuk menghemat pemakaian air memang belum layak di terapkan di Indonesia. Sistem tandon atau penampungan air hujan yang ditanam dalam setiap rumah ternyata bisa digunakan untuk menghemat anggaran.

Pemakaian air hujan sebagai sumber air bersih dan sumber energi listrik bisa mengurangi anggaran untuk pembayaran air bersih dan pajak listrik. Secara umum maka jika cara ini diterapkan, negara juga akan mengalami penghematan. Air menjadi salah satu komponen penting bagi manusia. Sekitar lebih dari 73 persen zat yang terkandung dalam tubuh manusia terdiri dari air. Hal inilah yang membuat manusia harus mengkonsumsi air atau minum air dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Air hujan bisa dimanfaatkan oleh manusia menjadi cadangan air minum bersih setelah melalui tahap pemurnian. Cara ini akan mengurangi konsumsi air yang mengandung bahan kimia pada air minum olahan. Air minum yang diolah dari air hujan juga sangat aman dan tidak memiliki kandungan logam sehingga bisa membantu manusia manfaat hujan bagi manusia mengelola kesehatan.

Jumlah manusia yang tinggal di bumi terus mengalami kenaikan. Jumlah polulasi manusia dan mahluk hidup lain akan terus meningkatkan kebutuhan air terutama sumber air yang berasal dari air tanah. Kandungan air tanah yang terus diserap oleh manusia dari sumur atau pengolahan air akan membuat kandungan air tanah semakin menipis. Metode pemakaian air hujan sebagai sumber air bagi manusia akan membantu tanah dalam melakukan proses alam.

Hal ini membuat konsumsi air tanah menjadi berkurang. Manfat Air merupakan zat yang paling penting bagi manusia. air dibutuhkan oleh manusia untuk berbagai jenis kebutuhan baik kehidupan secara langsung maupun tidak langsung.

Hal ini membuat sumber kehidupan manusia banyak dikendalikan oleh air. Sumber air hujan yang didapatkan secara alami bisa meningkatkan potensi kehidupan manusia. Manusia bisa mendapatkan bahan makanan dari tanaman karena ada air hujan.

Manusia juga bisa memelihara kebersihan dan kesehatan karena sumber air yang berasal dari air hujan. Daftar isi • 1. Air Hujan Dapat Menjadi Cadangan Air Ketika Musim Kemarau • 2. Berguna Bagi Kehidupan Sehari – hari Manusia • 3. Air Hujan Menjadi Sumber Energi Pembangkit Listrik • 4. Air Hujan Membantu Melestarikan Lingkungan Hidup • 5. Sebagai Sumber Air Minum • 6. Air Hujan Dapat Memperbaiki Kualitas Udara • 7. Air Hujan Dapat Digunakan Sebagai Obat • 8.

manfaat hujan bagi manusia

Air Hujan Memberikan Manfaat Kecantikan • 9. Air Hujan Dapat Membantu Mengurangi Erosi Tanah • 10. Air Hutan Dapat Menjaga Kelangsungan Hidup Hutan Hujan merupakan hasil dari sebuah proses pengendapan cairan maupun zat padat yang akan mengalami kondensasi kemudian membasahi permukaan bumi. Hujan dapat menyediakan sumber air yang diperlukan dalam kehidupan manfaat hujan bagi manusia bumi ini.

Pasalnya, air merupakan salah satu sumber kehidupan yang sangat dibutuhkan untuk berbagai hal dan memberikan banyak manfaat mulai dari bidang pertanian, industri, hingga pembangkit listrik sekalipun. Kita dapat mendapatkan sumber air tersebut mulai dari sungai, danau, ataupun sumur.

Mengingat kebutuhan akan air bersih menjadi hal yang utama dalam kehidupan di dunia, hujan memainkan peran dalam mencukupinya. Kali ini kami akan membahas mengenai apa saja manfaat air hujan.

Mari kita simak pembahasan berikut ini. 1. Air Hujan Dapat Menjadi Cadangan Air Ketika Musim Kemarau Air hujan yang disimpan dengan baik sebagai cadangan, akan sangat membantu ketika terjadi kekeringan saat musim kemarau.

Penyimpanan cadangan air hujan tersebut dilakukan dengan rekayasa menggunakan dua cara. Cara yang pertama adalah menyimpannya sejak di hulu dan hilir sungai. Revitalisasi dilakukan pada bagian hulu sungai dengan tujuan membuat embung sungai.

Sedangkan cara yang kedua dengan menyimpannya pada permukaan tanah atau di bawahnya. Misalnya saja dengan pembuatan waduk atau sumur. 2. Berguna Bagi Kehidupan Sehari – hari Manusia Sumber energi air yang dapat diperoleh salah satunya dari hujan sangat berguna dan memberikan manfaat yang besar bagi segala aspek kehidupan manusia.

Mulai dari kehidupan sehari – hari seperti memasak, mencuci, serta kebutuhan lainnya. Pasalnya, air hujan menjadi komponen utama yang menyumbang pada persediaan air di bumi. 3. Air Hujan Menjadi Sumber Energi Pembangkit Listrik Air hujan berperan penting sebagai sumber energi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Meskipun bisa dikatakan bahwa sumber air PLTA didapatkan dari danau buatan maupun laut, tidak bisa dipungkiri bahwa air hujan menjadi pemasok yang utama. Pasalnya, air hujan tersebut akan jatuh ke dalam laut maupun danau buatan yang menjadi sumber energi bagi PLTA. Dengan air, sumber energi listrik dapat dihasilkan manfaat hujan bagi manusia melalui beberapa teknologi yang canggih.

4. Air Hujan Membantu Melestarikan Lingkungan Hidup Memelihara kelestarian lingkungan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan manusia. Namun, tetap tak bisa dipungkiri bahwa air menjadi asupan penting yang sangat dibutuhkan. Air dapat diperoleh dari air hujan. Air hujan dapat mendorong kelangsungan hidup dan kelestarian lingkungan salah satunya pohon. Dengan bantuan air, pohon dapat melakukan fotosintesis.

5. Sebagai Sumber Air Minum Meskipun tidak dapat diminum secara langsung, air hujan yang telah melalui beberapa proses pemurnian dapat menjadi sumber air minum bagi manusia. Pemurnian bertujuan untuk menghilangkan segala zat yang dapat berpotensi membahayakan tubuh manusia. Adapun penelitian yang harus dilalui sebelum air minum tersebut sampai ke tangan manusia yang meminumnya.

manfaat hujan bagi manusia

Para pakar benar – benar meneliti apakah air tersebut sudah layak dikonsumsi manusia atau belum. Oleh karenanya, air yang sudah lolos pemeriksaan tersebut dapat langsung dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. 6. Air Hujan Dapat Memperbaiki Kualitas Udara Air hujan yang turun pada awal proses terjadinya hujan biasanya memang mengandung banyak polutan dan zat berbahaya yang dibawanya. Namun, hujan yang turun terus menerus seiring berjalannya waktu dapat membersihkan udara dan memperbaiki kualitas udara.

Sehingga, membantu manusia dalam mendapatkan pasokan udara bersih yang baik bagi kesehatan manusia. 7. Air Hujan Dapat Digunakan Sebagai Obat Meskipun belum ada penelitian yang meneliti mengenai kebenaran khasiat air hujan sebagai obat, namun terdapat beberapa pihak yang menyebutkan bahwa air hujan mengandung berbagai kandungan alami yang menjadi obat. Misalnya dengan mendengar suara hujan, manusia merasakan ketenangan dalam dirinya.

Serta manusia juga dapat merasakan efek segar dari lingkungan di sekitar saat terguyur maupun setelah hujan, serta merasakan kedekatan dengan alam. Fungsi alami inilah yang dapat menjadi obat ketenangan manusia. 8. Manfaat hujan bagi manusia Hujan Memberikan Manfaat Kecantikan Air hujan yang sudah turun beberapa waktu dan bukan pada awal hujan memberikan pengaruh yang baik untuk membantu memelihara kesehatan rambut.

Pasalnya, air hujan yang telah lama turun mengandung banyak kandungan mineral dengan kadar garam dan pH yang netral. Hal tersebut dapat membuat air hujan memberikan manfaat kecantikan, terutama dalam fungsinya dalam mempertahankan dan memperkuat akar rambut. Dengan begitu, masalah kerontokan rambut dapat diatasi. 9. Air Hujan Dapat Membantu Mengurangi Erosi Tanah Tanah yang menjadi tempat manusia menjalani kehidupan sangat membutuhkan air agar strukturnya dapat dipertahankan dan selalu kuat.

Kita tahu bahwa salah satu penyebab bencana manfaat hujan bagi manusia dapat disebabkan karena menurunnya kekuatan tanah seperti erosi. Erosi dapat sangat berpotensi menyebabkan bencana dan membahayakan kehidupan menusia, terutama jika banyak dilakukan penebangan pohon serta semakin banyaknya pembangunan gedung atau rumah di pegunungan. Pasalnya, sistem kontruksi dan kekuatan tanah dapat menjadi kuat dan bertahan karena adanya serapan air hujan yang akan maksimal jika dibantu manfaat hujan bagi manusia keberadaan pohon – pohon.

Oleh karena itu, musim kemarau dan kekeringan yang panjang dapat menyebabkan struktur tanah melemah dan akan berpotensi terjadi bencana tanah longsor. 10. Air Hutan Dapat Menjaga Kelangsungan Hidup Hutan Hutan menjadi tempat hidup bagi banyaknya tumbuha, pohon, dan juga hewan liar. Air hujan dapat membantu menjaga kelangsungan hidup seluruh mahkluk hidup yang ada di dalam hutan dan membantu menghidupi pohon yang ada.

Pasalnya, pohon menjadi salah satu penyumbang udara bersih dan membantu memperkuat struktur tanah. Dengan bantuan air hujan, segala jenis mahkluk hidup yang tinggal dalam ekosistem hutan akan hidup terpelihara dengan seimbang.
Meski membasahi bumi, ternyata manfaat air hujan memiliki berbagai kebaikan bahkan untuk kesehatan.

Simak selengkapnya di sini. Air hujan disebut sebagai bentuk air paling murni yang ada di bumi jika dibandingkan dengan pasokan air minum. Di sebagian besar wilayah, pasokan air untuk dikonsumsi maupun untuk kebutuhan sehari-hari berasal dari dua sumber utama. Sumber utama tersebut berasal dari air tanah (seperti sumur) dan air permukaan seperti danau dan sungai.

Meminum air hujan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, namun tentu ada perlu yang diperhatikan. Sebab, tidak semua air hujan memiliki manfaat yang baik.

Hujan yang dapat digunakan untuk kesehatan salah satunya adalah air hujan yang turun di lingkungan yang bersih. Sebaliknya, jika hujan turun di daerah yang lingkungannya tidak bersih, maka akan terdapat massa kotor di dalamnya. Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan pH air hujan untuk mengetahui kondisi kebersihan lingkungan sekitarmu. 3 Kandungan Air Hujan 1. Uap Air atau H2O Sumber : freepik Uap air atau H2O adalah kandungan utama yang terdapat pada hujan dengan persentase sebesar 99,9 persen. Sementara, sisanya tergantung pada lapisan atmosfer yang dilaluinya.

2. Karbon Air hujan juga mengandung zat karbon berupa silika yang merupakan zat debu yang mengikat molekul-molekul pada air hingga terbentuklah hujan.

manfaat hujan bagi manusia

3. Asam Nitrat Sumber : utakatikotak.com Hujan asam biasanya terjadi karena pencemaran oleh pabrik yang kotor atau dari semburan gunung berapi. Nah, kandungan asam nitrat yang berlebihan ini disebut tidak baik dan bisa membahayakan. Biasanya, kandungan asam dapat dinyatakan dalam pH. Air hujan normal memiliki pH 6, sedangkan hujan asam memiliki pH di bawah normal, yaitu sekitar 5,7. 5 Manfaat Air Hujan Studi menunjukkan bahwa air hujan dapat diminum jika dikumpulkan dengan cara yang tepat. Air hujan harus disaring dengan peralatan bersih yang benar, disaring dengan cara yang benar, dan air hujan tersebut jatuh dari langit tanpa melewati perantara. Air hujan yang bersih memiliki manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah: 1.

Menyehatkan Kulit dan Rambut Sumber : kompas.com Air hujan disebut dapat membuat kulit terlihat awet muda dan cantik. Sebab, pH basa dalam air hujan dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membantu elastisitas kulit. Tidak hanya membuat kulitmu sehat, mencuci rambut dengan air hujan dinilai baik untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut. Saat mencuci rambut dengan air hujan, pH basa membantu pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih kuat.

2. Menghilangkan Stres Sumber : ccendoscopy.com Siapa yang sangka kalau air hujan ternyata bisa membantu menetralkan asam lambung dan menenangkan dinding lambung. Caranya, kamu hanya perlu meminum sekitar dua hingga tiga sendok makan air hujan di pagi hari sebelum mengonsumsi apapun. 4.

Menetralkan pH Darah Tubuh Air hujan sangat murni dan memiliki pH yang sama dengan air suling dan air reverse osmosis atau RO. Dengan kandungan pH alkali, air hujan dinilai baik untuk kesehatan karena meningkatkan detoksifikasi serta membuat sistem pencernaan sehat. Sama halnya dengan air alkali, air hujan dapat menetralkan pH darah tubuh dan membantu tubuh kita bekerja lebih efektif.  5.

Menyingkirkan Sel Kanker Sumber : hellosehat.com Kandungan pH basa di dalam air hujan disebut dapat membantu menyingkirkan sel kanker. Air hujan dinilai sebagai penawar yang baik untuk manfaat hujan bagi manusia serta sel-sel tubuh. Hal inilah alasan mengapa air manfaat hujan bagi manusia disebut sebagai antioksidan. Untuk itu, penderita kanker dianjurkan untuk meminum air hujan murni pada musim hujan pertama dalam jumlah yang banyak. Itulah berbagai kandungan serta manfaat air hujan yang dapat berguna bagi kesehatan. Jangan lupa kunjungi artikel.rumah123.com untuk dapatkan artikel menarik lainnya seputar properti. Kamu juga bisa mencari properti yang sesuai kebutuhanmu seperti West Senayan hanya di www.rumah123.com .
Manfaat curah hujan yang tinggi bagi kehidupan manusia di Indonesia ataupun di seluruh bumi cukup penting.

Hujan, salah satu musim yang ada di negara Indonesia. Hujan terjadi apabila udara sudah tak sanggup menampung beratnya air lagi. Turunnya hujan tidak hanya berbentuk air saja, namun ada juga yang turun dalam bentuk es (jadi hujan es) atau dalam bentuk salju.

Curah hujan yang tinggi seperti yang terjadi di negara-negara beriklim tropis, ternyata memiliki banyak manfaat. Sebelum membahas apa saja manfaat curah hujan tinggi, kita harus berkenalan dulu dengan hujan, dong.

Simak ulasannya, ya. Siklus Air Hujan dan siklus air saling berkaitan dan merupakan kesatuan, jadi tidak akan ada kata akhir untuk turunnya hujan ini.

Ada siklus air, pasti juga ada hujan. Sebenarnya seperti apa, sih, siklus air ini? Nah, siklus air dimulai ketika terjadi hujan, air yang manfaat hujan bagi manusia ke sungai-sungai, laut, dan tempat lainnya akan menguap. Uap air ditangkap oleh si awan dan disimpan. Saat awan tidak sanggup untuk menahan banyak air yang disimpannya, air tersebut akan turun kembali ke bumi dalam beragam bentuk seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Itulah siklus air yang akan terus terjadi, berulang-ulang. Fungsi Air Hujan yang paling utama adalah menjaga siklus air, selain itu ada berbagai manfaat curah hujan tinggi bagi kehidupan manusia, berikut penjelasannya. 1. Mengairi Sawah dan Lahan Curah hujan yang tinggi membuat para petani jadi lebih hemat, cepat, dan mudah ketika mengairi sawah dan lahan miliknya. Hujan juga membuat petani lebih cepat dalam menanam jagung, padi, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan tanah yang kena hujan jadi lembab dan gembur sehingga mudah untuk diolah, dibajak, atau dicangkul.

2. Cadangan Air Ketika Kemarau Panjang Hujan yang deras atau curah hujan tinggi adalah saat paling tepat mengisi kolam-kolam penampung air yang dapat jadi manfaat hujan bagi manusia saat kemarau panjang melanda. (Baca : manfaat sumur resapan) 3. Menjaga Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup di Bumi Tidak adanya air hujan dikarenakan kemarau yang panjang menyebabkan kelangsungan hidup beberapa makhluk hidup terganggu.

Banyak hewan mati kekurangan air, tumbuhan layu dan kemudian mengering. Akibat kemarau lainnya adalah berkurangnya mineral dan senyawa yang ada di dalam tanah. Dengan curah hujan yang tinggi, mineral dan senyawa tersebut kadarnya dapat normal kembali. Kelangsungan hidup makhluk hidup pun akan terjaga tatkala air hujan yang tinggi membasahi bumi.

4. Salah Satu Sumber Air Minum Air hujan adalah air bersih, murni, tanpa tambahan zat kimia berbahaya. Sementara air yang kita pakai setiap hari, yang sebagian besar asalnya dari ledeng terdapat kandungan zat yang gunanya untuk membuat kuman dalam air ledeng mati. Zat tersebut kita kenal dengan nama klorin. Klorin merupakan bahan berbahaya bagi tubuh. Sebab itulah air hujan adalah sumber air minum yang aman untuk dikonsumsi dan sehat.

5. Menjaga kelestarian Hutan Iklim di Indonesia sangat besar pengaruhnya bagi keberlangsungan kehidupan makhluk di bumi. Begitu juga dengan hutannya yang menjadi paru paru dunia.

Curah hujan yang tinggi juga dapat berperan dalam menjaga kesuburan tanah dan hutan. Fungsi hutan lindung atau hutan lainnya selain dapat dijadikan sebagai cara mencegah tanah longsor juga dapat dijadikan mencegah erosi tanah.

6. Seluruh Bidang Pertanian Cukup Terbantu Hampir semua petani sangat menginginkan hujan, karena akan membantu pola tanam hingga meningkatkan kesuburan tanah mereka.

7. Kesuburan Tanah Curah hujan yang tinggi juga dapat berperan dalam menjaga kesuburan tanah sehingga sangat cocok di jadikan daerah pertanian. Termasuk di Indonesia. 8. Bisnis : Menguntungkan Penjual Payung dan Jas Hujan Hujan deras, curah hujan yang tinggi, sangat membahagiakan bagi para penjual payung dan jas hujan. Keuntungan yang mereka dapat dari orang-orang yang membutuhkan kedua benda itu karena hujan lebat pun akan bertambah.

9. Menguntungkan Ojek Payung Bagi yang kebetulan terjebak hujan di pusat perbelanjaan, pasar, terminal, atau tempat-tempat umum lainnya kehadiran ojek payung sangat membantu. Manfaat hujan bagi manusia hujannya kecil, kebanyakan orang pasti memilih untuk menerobos gerimis itu. Akan tetapi berbeda jika curah hujan yang turun termasuk tinggi.

Orang tidak mungkin akan basah-basahan, kan? Maka ini akan memberi keuntungan lebih bagi penyedia jasa ojek payung. 10. Menenangkan Hujan akan membawa kita pada hati yang sejuk dan sangat menenangkan sehingga sangat layak ketika film film romantis terkadang mengangkat latar belakang hujan didalamnya.

Intensitas Curah Hujan Intensitas curah hujan antara satu daerah dengan daerah lain tentunya berbeda-beda. Untuk wilayah yang tergolong luas, jarang terjadi hujan lebat (intensitas tinggi). Biasanya yang turun adalah hujan intensitas rendah dan kurun waktu lama. Hujan dengan intensitas tinggi akan turun di daerah atau wilayah yang sempit (tidak luas) itupun waktunya tidak lama.

Jika curah hujan tinggi terjadi berhari-hari dan lama, kemungkinan bisa terjadi banjir bandang yang dapat merusak tanaman juga lahan petaniannya. Faktor Yang Mempengaruhi Curah Hujan 1. Luas Wilayah Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, semakin luas suatu daerah, curah hujan yang diterimanya juga makin rendah dan sebaliknya, jika wilayah sempit maka curah hujan tinggi.

2. Arah Angin dan Sumber Penguapannya Uap air akan diangkut oleh si angin melewati tempat di mana sumber penguapan terjadi. Daerah yang terletak dekat dengan sumber penguapannya berdampak pada tingginya curah hujan di tempat tersebut. 3. Tinggi Wilayah Semakin rendah suatu wilayah, curah hujan yang akan diterimanya pun makin tinggi. Makin tinggi suatu daerah, curah hujannya akan rendah. 4. Letak Garis Lintang Terhadap Suatu Daerah Wilayah yang terletak pada garis lintang rendah akan memiliki curah hujan tinggi.

Begitu juga sebaliknya. Ingat! Suhu tinggi yang ada di suatu daerah pun berakibat pada tingginya penguapan yang nantinya akan mempengaruhi curah hujan. Baca : ( Pengaruh letak astronomis dan geografis indonesia) Selain ada manfaat, namun tingginya curah hujan juga dapat mengakibatkan hal hal negatif seperti : • Kebanjiran • Tanah Longsor • Erosi • Bencana alam lainnya Jadi intensitas yang terlalu tinggi jika tidak di dukung oleh daerah yang baik, bisa menyebabkan terjadinya bencana.

Baca juga : • Jenis Jenis Hujan • Proses terjadinya Hujan • Konsep GeografiBumi (baca: kerak Bumi) merupakan planet yang ada di tata surya yang sangat luar biasa. Dikatakan sebagai planet yang luar biasa karena Bumi merupakan planet yang bergejolak.

Sama halnya dengan ciri- ciri planet lainnya, Bumi juga terdiri dari unsur- unsur yang menyusun di dalamnya. Unsur- unsur yang ada di dalam Bumi saling berkaitan antara satu dengan yang manfaat hujan bagi manusia. Terkadang karena keterkaitan masing- masing unsur ini maka menjadikan Bumi mengalami peristiwa tertentu. Hal ini karena masing- masing unsur bisa mengalami perubahan bentuk tertentu hingga memunculkan peristiwa (baca: fenomena alam menakjubkan di dunia) tertentu pula.

Berbicara mengenai berbagai macam peristiwa di Bumi, maka akan ada banyak sekali peristiwa yang bisa kita bicarakan. Peristiwa- peristiwa alam yang terjadi di Bumi ada berbagai macam bentuk. Peristiwa- peristiwa alam yang ada di Bumi misalnya, hujan, petir, angin topan, munculnya pelangi (baca: proses terjadinya pelangi), munculnya aurora (baca: proses terjadinya aurora), hingga pemanasan global, dan masih banyak lagi. Dari berbagai macam peristiwa di Bumi, ada satu peristiwa yang seringkali kita alami.

Peristiwa yang dimaksud adalah hujan. Proses Terjadinya Hujan Hujan merupakan salah satu peristiwa di Bumi yang paling sering kita jumpai. Ya, di Indonesia sendiri bahkan hanya terdapat dua musim saja (baca: pembagian musim di Indonesia), yakni musim kemarau dan juga musim penghujan.

Musim kemarau merupakan musim yang panas dan terik, dimana hujan jarang sekali turun. Sementara musim penghujan merupakan musim justru berkebalikan dari musim kemarau.

Musim penghujan merupakan suatu musim dimana hujan seringkali turun dengan intensitas yang tinggi.

manfaat hujan bagi manusia

Sehingga ketika musim penghujan tiba, kita manfaat hujan bagi manusia sering mendengar berita banjir terjadi dimana- mana. Hujan merupakan peristiwa turunnya butiran- butiran air yang berasal dari awan yang mana terbentuk atas peristiwa penguapan air laut.

Barangkali ketika duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), kita sudah belajar mengenai hujan dan juga proses terjadinya hujan tersebut. Mengenai terjadinya hujan sendiri melalui beberapa proses yang sedikit panjang. Namun panjang atau tidaknya proses ini tergantung pada kondisi dan juga tempat terjadinya hujan tersebut. Setidaknya setiap jenis hujan mempunyai sebab yang berbeda- beda.

Pada dasarnya hujan ini terbentuk karena beberapa tahapan atau proses. Proses terjadinya hujan adalah sebagai berikut: • Pemanasan Proses terjadinya hujan pertama kali diawali dengan adanya pemanasan yang disebabkan karena sinar matahari yang terik.

Sinar matahari yang terik akan menyebabkan berbagai sumber air (baca: proses terjadinya mata air) di Bumi mengalami pemanasan. Pemanasan yang disebabkan oleh matahari ini sifatnya alami sehingga hanya pemanasan inilah yang mampu menjadikan terjadinya hujan. Dan di daerah tropis, yakni di daerah yang dilalui garis ekuator maka akan mengalami pemanasan yang lebih banyak daripada di daerah yang tidak dilalui oleh garis ekuator.

• Penguapan Setelah mengalami pemanasan, selanjutnya adalah proses penguapan.

manfaat hujan bagi manusia

Ketika kita duduk di bangku Sekolah Dasar kita juga telah mempelajari berbagai macam perubahan bentuk benda. Salah satu yang kita pelajari adalah apabila benda cair dipanaskan maka akan terjadi penguapan, yakni benda cair tersebut akan berubah bentuk menjadi uap. Ketika mengalami pemanasan, sumber air yang ada di Bumi yang juga berbentuk cair akan mengalami penguapan.

manfaat hujan bagi manusia

Ketika sumber- sumber air ini mengalami penguapan maka air- air tersebut akan berubah menjadi uap air yang berbentuk titik- titik air. Kemudian titik- titik air tersebut akan bergerak naik ke atas karena terbawa oleh angin (baca: jenis jenis angin) dan juga akibat tekanan udara yang ada di sekitar daerah penguapan tersebut. • Terbentuknya awan Setelah uap air yang terbentuk akan naik ke atas maka lama- kelamaan akan terbentuk awan (baca: proses terjadinya awan).

Awan- awan yang terbentuk merupakan awan yang terdiri atas uap- uap air akibat penguapan yang disebabkan panas matahari. Awan- awan tersebut lama- kelamaan akan membesar dan terakumulasi. Awan- awan tersebut akan tertiup angin karena semakin tinggi angin akan semakin besar. Awan yang tertiup angin ini lama- kelamaan akan terkumpul dan berada di suatu daerah dan ketinggian tertentu. • Turunnya hujan Setelah awan- awan terakumulasi dan terkumpul menjadi gumpalan yang cukup besar.

Maka karena tekanan udara tertentu yang ada di sekitar daerah tersebut, awan yang terdiri atas uap air tersebut akan mengalami kejenuhan.

Kemudian akibat kejenuhan awan ini maka air yang terkandung di dalam awan pun lama kelamaan akan terjatuh dan menjadi titik- titik hujan. Hal inilah yang kemudian terbentuk menjadi hujan.

Lebat atau tidaknya hujan tergantung pada intensitas air yang terkandung di dalam awan dan terkadang juga karena kondisi yang ada di sekitarnya, misalnya angin dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tahapan manfaat hujan bagi manusia terjadinya hujan. Sehingga jika negara Indonesia hanya mempunyai musim penghujan dan juga musim kemarau, itu karena Indonesia terdapat di sekitar garis khatulistiwa dan memiliki iklim tropis yang panas.

Panas matahari yang diterima oleh negara Indonesia lebih banyak daripada negara- negara lain yang tidak memiliki iklim tropis (baca: iklim di Indonesia). Oleh karena panas matahari yang diterima oleh Indonesia ini lebih banyak, maka Indonesia mudah sekali terjadi hujan. Namun ada pula hal yang mempengaruhi terjadinya hujan di Indonesia adalah karena terjadinya angin muson barat dan juga terjadinya angin muson timur.

Angin muson ini merupakan cikal bakal terjadinya musim kemarau dan musim penghujan di Indonesia. Manfaat Hujan Hujan adalah satu peristiwa yang kerap kali kita rasakan dalam kehidupan sehari- hari.

Tuhan menciptakan proses yang yang sedemikian rupa bukan tanpa alasan. Seperti halnya hujan. Dibalik terjadinya hujan manusia akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Manfaat- manfaat hujan ini akan dirasakan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Bahkan tidak hanya makhluk hidup saja, namun hujan juga akan memberikan manfaat bagi Bumi yang kita tempati ini.

Ada banyak sekali manfaat manfaat hujan bagi manusia baik yang kita sadari maupun tidak kita sadari. Adapun beberapa manfaat dari hujan antara lain sebagai berikut: • Menyuburkan tanaman Manfaat dari hujan yang pertama adalah menyuburakan tanaman.

Ini adalah hal yang pasti karena tumbuh- tumbuhan sangat membutuhkan air untuk tumbuh dan berkembang. Karena air akan berperan sebagai air minum bagi tumbuh- tumbuhan.

manfaat hujan bagi manusia

Air yang cukup diterima oleh tumbuhan akan menyebabkan tumbuhan tersebut tumbuh subur dan juga mudah berkembang. Oleh karena itulah kita seringkali melihat bahwa ketika musim penghujan tiba maka kita melihat tumbuh- tumbuhan akan lebih subur dibandingkan ketika musim kemarau tiba. Oleh karena itulah kita juga bisa melihat bahwa ketika musim penghujan tiba maka lingkungan di sekitar kita menjadi lebih hijau dan juga lebih subur.

• Persediaan air minum Hujan juga bisa bermanfaat sebagai salah satu penyedia air minum. Meskipun kita telah mengetahui bahwasannya air minum biasanya diambil dari sumber air yang ada di dalam tanah atau dari daerah pegunungan, namun ternyata air minum juga bisa disediakan dari air hujan. Namun air hujan yang akan dijadikan air minum ini perlu diolah terlebih dahulu agar bersih dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain itu kadar asam yang terkandung di dalam air hujan juga perlu diturunkan supaya bisa dikonsumsi dengan aman oleh perut manusia. Manfaat hujan bagi manusia mengolah air hujan menjadi air minum kita dapat menghemat pemakaian air tanah (baca: ciri-ciri air tanah yang baik). Sehingga persediaan air tanah akan cukup digunakan untuk waktu yang lebih lama.

• Sebagai sumber perekonomian sebagian masyarakat Air hujan juga dapat digunakan sebagai sumber penghasilan bagi sebagian masyarakat. Ada beberapa profesi yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan turunnya hujan. Beberapa profesi tersebut antara lain ojek payung, taksi, ataupun bagi orang- orang yang menjual beberapa perlengkapan hujan.

Dengan demikian orang- orang ini akan mendapatkan penghasilan lebih ketika musim hujan datang. Selain profesi- profesi yang telah disebutkan di atas, ada pula beberapa penjual makanan yang laris apabila berjualan di musim penghujan. Misalnya adalah penjual makanan- makanan serba hangat. Penjual makanan hangat akan lebih banyak mendapatkan penghasilan ketika musim hujan tiba.

Karena biasanya orang- orang akan mencari makanan yang serba hangat ketika hujan sedang turun. • Mendukung keberhasilan dalam bercocok tanam Manfaat hujan yang lainnya adalah mendukung keberhasilan bercocok tanam. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pertumbuhan dan kesuburan tanaman sangat bergantung kepada air.

Dan hujan pun menurunkan air yang akan membuat tanaman- tanaman tersebut menjadi subur. Oleh karena itulah hujan juga akan menyuburkan tanaman- tanaman termasuk juga tanaman yang ditanam oleh para petani. Sebagian besar masyarakat di Indonesia mempunyai profesi sebagai petani, dengan demikian hujan akan sangat menguntungkan petani. Petani tidak perlu repot- repot membeli air untuk menyirami tanaman karena sudah ada hujan yang turun. • Sumber tenaga listrik Hujan juga dapat bermanfaat sebagai sumber tenaga listrik.

Kekuatan hujan terkadang dapat menimbulkan kekuatan untuk dapat memunculkan energi listrik. Terkadang pula hujan yang turun menyebabkan terjadinya petir.

Petir merupakan listrik alam. Ada alat yang bisa digunakan untuk menangkap kekuatan daro petir dan menyimpannya sebagai sumber listrik. Apabila listrik alam kita manfaat hujan bagi manusia maka kita bisa sedikit menghemat pembuatan listrik yang dibuat dari bahan bakar fosil (baca: kelebihan dan kekurangan bahan bakar fosil) manfaat hujan bagi manusia gterkadang dapat manfaat hujan bagi manusia bagi manusia.

• Menghemat air tanah Manfaat hujan yang selanjutnya adalah bisa menghemat kita dalam penggunaan air ntanha.

Kita semua tahu banyak sekali fungsi yang diperoleh dari air hujan. Oleh karena air hujan ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, maka kita akan dapat menghemat penggunaan air tanah. Kita bisa menggunakan air hujan untuk menyirami tanaman dan tidak menggunakan air tanah.

Kemudian kita bisa mengolah air minum dari air hujan dan menghemat penggunaan air tanah. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan air hujan untuk hal- hal lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh air tanah.

• Menjaga kelangsungan hidup manusia Keberadaan air sangat penting manusia. Air ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Demikian pula hujan. Oleh karena itulah seringkali orang menyebutkan bahwa hujan yang turun merupakan suatu berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dan itu memanglah benar. Salah satu berkah yang dapat dirasakan oleh manusia bahwa keberadaan hujan ini adalah untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. • Memperbaiki kualitas udara Salah satu fungsi yang sangat penting dari adanya hujan adalah memperbaiki kualitas udara di sekitar kita.

Udara yang berada di sekitar kita sudah banyak sekali tercemar polusi udara. Polusi udara ini bersalah dari bermacam- macam hal, seperti asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan penggunaan beberapa macam peralatan elektronik yang menimbulkan zat- zat tertentu. Dengan adanya hujan maka keadaan udara yang tercemar tadi akan ternetralisir. Seperti halnya ketika udara di sekitar kita tercemar oleh banyak sekali debu, maka ketika menyiram dengan air maka debu- debu tersebut akan hilang dan kembali bersih.

Itulah beberapa manfaat dari adanya hujan yang turun. Selain manfaat- manfaat yang telah disebutkan di atas, masih banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan baik yang kita sadari maupun tidak kita sadari.

Manfaat Hujan ☔☔☔




2022 www.videocon.com