Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

Jakarta - Persatuan dan kesatuan berakar dari kata-kata yang sama yaitu satu atau yang tidak terpecah-pecah. Persatuan dapat diartikan sebagai perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu.

Sedangkan kesatuan adalah hasil dari perkumpulan tersebut yang menjadi satu dan utuh. Sebutkan dampak yang terjadi apabila persatuan dan kesatuan tidak terwujud? Apakah detikers dapat menjawabnya?

Berikut adalah 14 dampaknya yang dikutip dari buku SUPER COMPLETE KELAS 4, 5, 6 SD/MI karya Meity Mudikawaty, Melli Meisawati, dan Ari Nurdiana: A. Keluarga Keluarga adalah institusi pertama dalam kehidupan sosial. Oleh karena itu keharmonisan dalam sebuah keluarga adalah hal yang sangat penting. Dalam setiap keluarga diperlukan adanya sikap saling menghormati satu sama lain agar terjadinya persatuan dan kesatuan dalam keluarga semakin kuat.

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

Dampak jika tidak ada persatuan dan kesatuan dalam keluarga adalah sebagai berikut: 1. Terjadinya pertengkaran di dalam keluarga. 2. Kerukunan di dalam keluarga akan berkurang. 3. Keakraban di dalam keluarga juga akan berkurang. B. Sekolah Persatuan dan kesatuan juga diperlukan dalam sekolah. Hal itu dikarenakan agar tercipta lingkungan yang harmonis saat kegiatan belajar dan mengajar.

Berikut adalah dampak jika tidak ada persatuan dan kesatuan tidak terwujud di sekolah: 4. Sombong serta acuh atau tidak peduli terhadap kondisi teman. 5. Membeda-bedakan teman. 6. Mengolok-olok teman. 7. Terjadi tawuran. C. Masyarakat Persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah penting.

Jika memiliki perbedaan pendapat dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah normal dan tidak akan terjadi kekacauan jika memiliki persatuan dan kesatuan. Sebutkan dampak yang terjadi apabila persatuan dan kesatuan tidak terwujud https://www.detik.com/tag/persatuan di masyarakat, ini adalah jawabannya: 8. Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan dan kesedihan yang dialami dan dirasakan orang lain. 9. Kepentingan golongan maupun suku masing-masing adalah yang paling dipentingkan oleh masyarakat.

10. Akan muncul pertikaian dan permusuhan antar warga masyarakat jika visi dan misi tidak sejalan. 11. Tidak adanya kerja sama yang terjalin antar warga masyarakat, padahal gotong royong sangat diprioritaskan dalam kehidupan bermasyarakat. D. Negara Dalam kehidupan berwarganegara kesatuan dan persatuan adalah hal yang sangat penting. Jika tidak ada kesatuan dan persatuan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara akan menyebabkan perpecahan bangsa. Berikut adalah dampaknya: 12.

Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat. Toleransi sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernergara agar menciptakan tenggang rasa dan terjadinya kerukunan.

13. Perpecahan bangsa. Karena setiap individu merasa memiliki kepentingannya sendiri dan semakin tidak memedulikan kepentingan orang lain. 14. Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa. Ketika rakyat tidak lagi bersatu dan bertikai serangan dari luar akan mudah masuk ke tanah air dan dapat berakibat buruk. Jadi jika diminta untuk sebutkan dampak yang terjadi apabila persatuan dan kesatuan tidak terwujud tidak perlu bingung lagi ya detikers! Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan?

Pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 halaman 57, tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Contoh sikap menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut! Pada umumnya, sapu lidi digunakan untuk menyapu.

Bisakah sebatang lidi digunakan untuk menyapu? Tentu saja tidak! Lidi dapat digunakan untuk menyapu jika terdiri atas beberapa puluh atau ratus lidi yang diikat cukup erat menjadi satu. Dengan menyatukan lidi-lidi dalam satu ikatan akan tercipta kekuatan yang besar. Jadi, persatuan dan kesatuan dapat diartikan kumpulan bagian-bagian yang dipersatukan.

Hal itu merupakan bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan persatuan. Dengan demikian, persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok, tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum. Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan kesatuan?

Jawaban: Sikap persatuan dan kesatuan di perlukan agar terciptanya kedamaian serta ketentraman dalam hidup bermasyarakat. Apa yg akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan? Jawaban : Akan terciptanya kerukunan, kedamaian serta kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan: 1. Hidup rukun antara sesama manusia, saling tolong menolong jika ada yang membutuhkan pertolongan.

2. Ikut serta dalam kegiatan desa, seperti gotong royong, kerja bakti, ronda, dan acara desa lainnya. 3. Menjaga keamanan dan perdamaian di sekitar lingkungan bermasyarakat. 4. Ikut serta dalam kegiatan pembangunan yang di selenggarakan pemerintah. 5. Saling menghormati antara sesama manusia, khususnya kepada orangtua. 6. Saling menghargai pendapat seseorang.

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 57. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku.

Terimakasih, selamat belajar! Pos-pos Terbaru • Amatilah Gambar Berikut Selanjutnya Tuliskan Pendapatmu Mengenai Gambar Halaman 134 Sampai 135 • 3 Sikap Persatuan dan Kesatuan yang Pernah Kamu Lakukan Saat di Sekolah, di Rumah, dan di Masyarakat • Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133 134 135 136 137 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia • Coba Renungkan Tentang Kegunaan Benda-benda atau Materi yang Berada di Sekitar Kamu • Nama Zat Unsur Senyawa Air, Tembaga, Gula, Perak, Garam, Hidrogen
Kelas : V Pelajaran : PPKN Kategori : Persatuan & Kesatuan Kata Kunci : lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat, negara, bangsa Pembahasan Bila tidak ada persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga akan mengakibatkan hal-hal berikut: 1.

Sikap tenggang rasa antaranggota keluarga tidak berkembang 2. Timbul sikap memaksakan kehendak pribadi agar keinginannya dituruti 3. Kurangnya keterbukaan antaranggota keluarga sehingga dapat menimbulkan salah sangka dan penyimpangan perilaku 4. Antaranggota keluarga tidak mau mengalah satu sama lain 5. Kurangnya kerukunan dan keakraban di dalam keluarga karena hilangnya kebersamaan 6.

Mudah terjadi pertengkaran 7. Musyawarah keluarga tidak dapat mencapai kata mufakat Bila tidak ada persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah akan mengakibatkan hal-hal berikut: 1. Mudah terjadi pelanggaran tata tertib sekolah serta penyimpangan perilaku 2.

Rendahnya ketertiban dan sikap disiplin ketika mengikuti upacara bendera 3. Tingkat kepedulian yang rendah terhadap kebersihan sekolah 4. Kurangnya kebersamaan dan saling tenggang rasa. 5. Timbul sikap membeda-bedakan atau memilih teman berdasarkan suku, agama, dan ras, sehingga muncul kelompok-kelompok tertentu di sekolah 6. Rendahnya keberhasilan dalam kerja sama kelompok 7. Kemungkinan dapat terjadi tawuran yang dimulai dari perselisihan 8. Nama baik sekolah menjadi tidak terjaga Bila tidak ada persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat akan mengakibatkan hal-hal berikut: 1.

Timbul sikap mementingkan diri sendiri atau golongannya saja 2. Kurangnya terjalin kerja sama antarwarga baik di situasi normal maupun ketika ada kesulitan, termasuk membiarkan terjadinya pelanggaran norma dan pelanggaran hukum di wilayahnya 3.

Kurangnya kepedulian terhadap lingkungan sehingga cenderung untuk saling lempar tanggung jawab urusan kebersihan dan ketertiban 4.

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

Rendahnya disiplin untuk ikut menjaga keamanan karena alasan pekerjaan 5. Bergaul hanya dengan warga sesama suku, agama, ras, bahkan kepentingan golongan dan politik yang sama 6. Mudahnya timbul pertikaian dan permusuhan antarwarga ketika rencana dan tujuan tidak sejalan. Bila tidak ada persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bernegara akan mengakibatkan hal-hal berikut: 1. Mendahulukan kepentingan pribadi, golongan, dan politik di atas kepentingan bangsa dan negara 2.

Makin berkembangnya berbagai paham dan gerakan terlarang yang bertujuan memecah-belah bangsa 3. Sebagian kebudayaan asing yang tak sesuai dengan akar budaya bangsa makin mudah diterima 4. Produk-produk asing makin deras masuk karena kurangnya persatuan agar kita mengembangkan produk-produk bangsa sendiri 5. Kurangnya pertukaran misi antarbudaya tiap daerah 6. Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam bermasyarakat, termasuk lemahnya pengawasan dalam memberantas narkoba yang makin mengkhawatirkan bagi generasi muda 7.

Terjadi perpecahan bangsa secara perlahan 8. Pertahanan dan keamanan bangsa menjadi lemah sehingga mudah dikuasai bangsa lain Persatuan dan esatuan yang tidak dijaga dapat menimbulkan perselisihan. Berikut ini merupakan akibat tidak menjaga persatuan dan kesatuan dalam lingk … ungan masyarakat adalah A. tercipta kerukunan dalam masyarakatB. saling membantu antar anggota masyarakatC.

muncul sikap individualisme di masyarakatD. terwujud ketertiban dan kemanan di masyarakat​ TRIBUNPADANG.COM - Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan? kunci jawaban Tema 1 Kelas 4.

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

Pertanyaan tersebut merupakan soal Buku Tema 1 Kelas 4 SD/MI halaman 57, Pembelajaran 4 Subtema 1 yang berjudul Keberagaman Budaya Bangsaku. Subtema 1 ini merupakan bagian dari Buku Tema 1 berjudul Indahnya Kebersamaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Berikut pertanyaan dan kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 57: Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?

Jawaban: 1. Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan dan kesedihan yang dialami dan dirasakan orang lain. 2. Kepentingan golongan maupun suku masing-masing adalah yang paling dipentingkan oleh masyarakat. 3. Muncul pertikaian dan permusuhan antar warga masyarakat ketika misalnya visi dan misi tidak sejalan.
KOMPAS.com - Persatuan dan kesatuan menjadi hal penting untuk menjaga dan mempertahankan keberagaman yang ada di Indonesia.

Dalam buku Pengantar Ringkas Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (2020) karya Elly M. Setiadi, proses pembentukan persatuan dan kesatuan di Indonesia tidak lepas adanya penjajahan kolonial Belanda dan Jepang. Negara lain mudah menginvasi Indonesia karena lemahnya persatuan dan kesatuan antarsuku bangsa.

Hal tersebut kemudian memunculkan kesadaran bahwa persatuan dan kesatuan menjadi sarana untuk memperkokoh kekuatan bangsa. Maka muncul pergerakan nasuonak sebagai perwujudan perlawanan terhadap penjajah. Tidak adanya persatuan dan kesatuan akan berdampak bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Contoh Perilaku yang Mencerminkan Rasa Persatuan dan Kesatuan Dampaknya, kehidupan berbangsan dan bernegara adalah kondisi negara yang terombang-ambil, bahkan bisa terpecah belah. Dampa lebih luas tidak adanya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah: Perpecahan bangsa Salah satu dampak tidak adanya persatuan dan kesatuan yaitu perpecahan bangsa.

Jika rakyat Indonesia tidak bersatu untuk melawan penjajah, mungkin tidak akan terwujud kemerdekaan Indonesia seperti yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945. Karena setiap individu atau kelompok merasa memiliki kepentingan sendiri dan tidak memedulikan kepentingan orang lain. Jika itu tidak diantisipasi, tidak heran bangsa menjadi pecah. Melemahnya pertahanan dan keamanan Tidak adanya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara juga akan berdampak pada melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa.

Ketika rakyat tidak lagi bersatu malah bertikai sendiri, maka serangan dari luar akan mudah masuk. Mereka tidak hanya masuk, tapi juga akan memengaruhi rakyat. Baca juga: Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Terjadi konflik antar kelompok Tidak adanya persatuan dan kesatuan juga menyebabkan konflik antarkeompok. Merea akan lebih mementingkan golongan sendiri atau suku masing-masing.

Sebagai warga negara harus menjaga dan mengamalkan sikap persatuan dan kesatuan di mana pun. Adanya persatuan dan kesatuan menjadi alat memperkokoh keamanan dan ketahanan negara dari ancaman baik dalam maupun luar negeri.
Persatuan dan kesatuan sudah seharusnya dijaga dan dipertahankan demi keberlanjutan pembangunan bangsa. Persatuan dan kesatuan sangat penting di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara.

Indonesia adalah sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya. Indonesia memiliki konteks persatuan bangsa. Persatuan memiliki makna bahwa apa pun budaya, ras, dan sukunya tidak ada yang dapat memisahkan dan menggoyahkan persatuan yang telah terjalin. Persatuan dan kesatuan memiliki arti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan dan kesatuan memiliki makna “bersatunya berbagai macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi”. Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia dapat diartikan sebagai persatuan bangsa / negara yang menduduki wilayah Indonesia.

Beberapa sebab dan akibat yang dapat ditimbulkan karena tidak adanya persatuan dan kesatuan A. Di lingkungan keluarga Sebagai sebuah keluarga tentu persatuan adalah hal utama yang perlu diunggulkan beserta dengan keharmonisan. Setiap anggota keluarga dapat menghormati dan menghargai satu sama lain adalah yang terbaik dan menjadikan kesatuan keluarga semakin kuat. Jika dari lingkup keluarga saja sudah terpecah-belah, akibatnya sebagai berikut.

• Terjadi pertengkaran di dalam keluarga.

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

Apabila anggota keluarga selalu bertengkar dan tidak rukun, persatuan di dalam keluarga tidak akan terjadi. Setiap anggota keluarga harus rela mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan keluarga. Pertengkaran yang terjadi di dalam sebuah keluarga karena adanya unsur keegoisan dan tidak mau mengalah satu sama lain. • Kurangnya kerukunan di dalam keluarga.

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

Sebuah keluarga seharusnya memiliki tujuan yang sama untuk diperjuangkan dan dicapai bersama. Ketika satu dengan lainnya memiliki perbedaan, maka ketidakrukunan bisa terjadi secara otomatis.

• Kurangnya keakraban di dalam keluarga. Keakraban dalam keluarga sangat penting. Keakraban keluarga dapat menunjang persatuan dan kesatuan dalam keluarga. Ketidakakraban biasanya disebabkan karena kurangnya komunikasi antaranggota keluarga. Selain itu, pertengkaran yang selalu terjadi dalam sebuah keluarga juga menjadi penyebab kurangnya keakraban dalam keluarga. B. Di lingkungan sekolah Setelah dari lingkungan keluarga atau rumah, penerapan dari persatuan dan kesatuan juga diperlukan di lingkungan sekolah.

Penerapan sikap tersebut sangat penting pada setiap aktivitas yang dilakukan di area sekolah.

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

Ada sejumlah akibat yang timbul dari tidak adanya persatuan. • Sombong dan tidak peduli dengan sesama teman. Rasa sombong timbul karena adanya rasa bangga pada diri sendiri yang berlebihan. Rasa sombong dapat membuat kita terpisah dari teman di kelas. Rasa sombong juga membuat hubungan dengan teman sekolah menjadi renggang. Selain itu, rasa sombong juga dapat menjadikan kita orang yang tidak peduli terhadap sesama teman.

Rasa sombong dan sikap tidak peduli menyebabkan tidak adanya persatuan dan kesatuan di kelas dan lingkungan sekolah. • Membeda-bedakan teman, Persatuan berarti tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama. Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, seorang peserta didik dapat memilih-milih teman berdasarkan agama, suku, maupun ras.

Hal ini bukan merupakan sikap terpuji dan justru bertentangan dengan Pancasila sila ke-3. • Mengolok-olok teman. Mengolok-olok atau mengejek teman merupakan perbuatan yang tidak terpuji. mengolok-olok akan melukai perasaan dan hati teman sekolah.

Mengolok-olok teman menandakan tidak adanya rasa persatuan dankesatuan yang tecermin dari seorang peserta didik. • Terjadi tawuran. Tawuran biasanya berawal dari mengolok-olok teman. Akibat dari olokolok berlanjut menjadi pertikaian fisik. Pertikaian fisik menjadi semakin serius dan dapat membuat orang lain turut merasa terluka. Tawuran dapat terjadi antarsekolah. Tawuran menandakan tidak adanya persatuan dan kesatuan.

C. Di lingkungan masyarakat Masyarakat adalah lingkup yang lebih luas untuk mempraktikkan Perbedaan kepentingan dan pendapat akan menjadi masalah besar ketika setiap orang tidak memiliki sikap persatuan. Ada beberapa akibat yang akan terjadi dalam masyarakat bila setiap warganya tidak memiliki semangat persatuan.

• Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain • Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih diutamakan dalam masyarakat • Tidak adanya kerja sama yang terjalin antarwarga masyarakat D. Di lingkup negara Pengikat suatu negara untuk tetap kokoh dan teguh adalah semangat persatuan. Landasan serta arah perjuangan Indonesia adalah UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta Pancasila.

Apabila tidak terdapat persatuan dan kesatuan dalam negara, ada beberapa akibat yang timbul. • Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam bermasyarakat.

Kehidupan sosial atau bermasyarakat membutuhkan banyak hal untuk dijalani dan dipatuhi. Misalnya, harus adanya saling toleransi dan tenggang rasa agar hubungan antarwarga masyarakat dapat dipertahankan dengan baik. Namun, tanpa adanya rasa persatuan, tenggang rasa dan toleransi mustahil dapat bertahan.

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

• Perpecahan bangsa. Karena setiap individu merasa memiliki kepentingannya sendiri dan semakin tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka dapat menimbulkan perpecahan bangsa.

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

Setiap individu pasti memiliki kepentingannya sendiri. Akan tetapi, kita tidak boleh hanya mementingkan kepentingan diri sendiri. Kita juga harus memedulikan kepentingan orang lain. Apabila kita tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka dapat menimbulkan perpecahan bangsa. • Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa. Salah satu penyebab melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa karena rakyat yang tidak bersatu.

Ketika rakyat tidak lagi bersatu, serangan dari luar akan dengan mudah masuk ke tanah air. Serangan dari luar juga dapat memberikan pengaruh buruk bagi masyarakat. Ayo Berlatih 1. Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya memiliki konteks persatuan bangsa.

Jelaskan makna persatuan tersebut. Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya memiliki konteks persatuan bangsa dimana persatuan ini memiliki makna bahwa apapun budaya, ras, dan sukunya tidak ada yang dapat memisahkan dan menggoyahkan persatuan yang telah terjalin.

2. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga. Berikut akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga : Terjadi pertengkaran di dalam keluarga, Kurangnya kerukunan di dalam keluarga, dan Kurangnya keakraban di dalam keluarga.

3. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah. Berikut akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah :Sombong dan tidak peduli dengan sesama teman, Membeda-bedakan teman, Mengolok-olok teman, dan Terjadi tawuran 4. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat.

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kestuan

Berikut akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat : Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain dan Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih diutamakan oleh masyarakat. Serta tidak adanya kerja sama yang terjalin antarwarga masyarakat 5. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkup negara.

Berikut akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan negara : Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam bermasyarakat, Perpecahan bangsa, dan Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa.

Di dalam khidupan sehari-hari, tentu persatuan dan kesatuan sangat dibutuhkan, baik itu di keluarga, sekolah, masyarakat dan negara. Dalam proses mencapai sebuah tujuan, persatuan sangatlah penting. Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku dan budaya memiliki konteks persatuan bangsa di mana persatuan ini memiliki makna bahwa apapun budaya, ras dan suku kita, tidak ada yang dapat memisahkan dan menggoyahkan persatuan kita.Bobo.id - Pada materi pembelajaran kelas 4 SD subtema 1, teman-teman akan mempelajari mengenai persatuan dan kesatuan.

Contoh soal dapat kamu temukan setelah teks bacaan berjudul "Siap Menghadapi Musim Hujan", yaitu apa yang terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan?

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD: Identifikasi Keberagaman Suku Sunda dari Bahasa hingga Kebiasaan ARTIKEL TERKAIT • Cari Jawaban Kelas 4 SD: Tuliskan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung pada Teks Bacaan 'Suku Minang' • Cari Jawaban Kelas 4 SD: Identifikasi Keberagaman Pulau Maluku dari Bahasa hingga Kebiasaan • Cari Jawaban Kelas 4 SD: Identifikasi Keberagaman Pulau Bali dari Bahasa hingga Kebiasaan • Cari Jawaban Kelas 4 SD: Identifikasi Keberagaman Suku Betawi dari Bahasa hingga Kebiasaan

Perkembangan Perangkat Mengajar Saat Covid 19 Daring




2022 www.videocon.com