Bahan dasar pembuatan stupa adalah

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar. Singkong presto annacamilan gurih bahan dasar ketela yang sangat empuk. Abu vulkanik memiliki sifat merusak terhadap bebatuan yang digunakan sebagai bahan candi. Mungkin karena lokasinya diatas pegunungan kapur putih, dia menggunakan bahan sesuai. Stupa ini terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi.

5 Rekomendasi Material untuk Pagar Batu Alam yang Bagus from d3p0bla3numw14.cloudfront.net Abu vulkanik memiliki sifat merusak terhadap bebatuan yang digunakan sebagai bahan candi. Stupa adalah lambang dari agama buddha yang mempunyai bentuk seperti.

Stupa terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. Bahan dasar pembuatan stupa adalah batu (opsi b). Candi muara takus memiliki keunikan, bahan bangunan candi terdiri dari. Stupa yang terpasang di vatikan itu memiliki tinggi 3. Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar. Singkong presto annacamilan gurih bahan dasar ketela yang sangat empuk.

Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar. Bahan dasar pembuatan stupa adalah bahan dasar pembuatan stupa adalah (opsi b). Candi muara takus memiliki keunikan, bahan bangunan candi terdiri dari. Stupa terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi.

Stupa terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian dasar yang berbentuk membulat disebut anda, bagian tengah yang disebut yasti, sedang pagar yang. Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar. Mungkin karena lokasinya diatas pegunungan kapur putih, dia menggunakan bahan sesuai.

Stupa ini terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. Singkong presto annacamilan gurih bahan dasar ketela yang sangat empuk.

Pada saat itu saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Stupa hasil kerajinan kami terbuat dari bahan batu candi / batu merapi / batu. Stupa yang terpasang di vatikan itu memiliki tinggi 3 .

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Menu andalan mereka adalah rol tahu bumbu botok dengan nasi merah tahu sehat dan jus stupa yang terdiri dari bahan dasar tahu dengan. Abu vulkanik memiliki sifat merusak terhadap bebatuan yang digunakan sebagai bahan candi. Stupa terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian dasar yang berbentuk membulat disebut anda, bagian tengah yang disebut yasti, sedang pagar yang.

Candi muara takus memiliki keunikan, bahan bangunan candi terdiri dari. Slondok stupa 1/4 kgcamilan dari singkong dengan citarasa manis gurih pedas. Bahan dasar pembuatan stupa adalah batu (opsi b). Stupa hasil kerajinan kami terbuat dari bahan batu candi / batu merapi / batu. CANDI JABUNG (TEMPLE) - Special Pengetahuan from 4.bp.blogspot.com Abu vulkanik memiliki sifat merusak terhadap bebatuan yang digunakan sebagai bahan candi.

Slondok stupa 1/4 kgcamilan dari singkong dengan citarasa manis gurih pedas. Stupa adalah lambang dari agama buddha yang mempunyai bentuk seperti. Bahan dasar pembuatan stupa adalah batu (opsi b).

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Candi muara takus memiliki keunikan, bahan bangunan candi terdiri dari. Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar. Stupa terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. Menu andalan mereka adalah rol tahu bumbu botok dengan nasi merah tahu sehat dan jus stupa yang terdiri dari bahan dasar tahu dengan. Candi muara takus memiliki keunikan, bahan bangunan candi terdiri dari.

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Candi muara takus memiliki keunikan, bahan bangunan candi terdiri dari. Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar. Stupa terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. Abu vulkanik memiliki sifat merusak terhadap bebatuan yang digunakan sebagai bahan candi.

Bahan dasar pembuatan stupa adalah batu (opsi b). Stupa hasil kerajinan kami terbuat dari bahan batu candi / batu merapi / batu. Singkong presto annacamilan gurih bahan dasar ketela yang sangat empuk. Mungkin karena lokasinya diatas pegunungan kapur putih, dia menggunakan bahan sesuai. Slondok stupa 1/4 kgcamilan bahan dasar pembuatan stupa adalah singkong dengan citarasa manis gurih pedas. Stupa ini terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi.

Stupa yang terpasang di vatikan itu memiliki tinggi 3. Stupa terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian dasar yang berbentuk membulat disebut anda, bagian tengah yang disebut yasti, sedang pagar yang. Menu andalan mereka adalah rol tahu bumbu botok dengan nasi merah tahu sehat dan jus stupa yang terdiri dari bahan dasar tahu dengan .

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Bahan dasar pembuatan stupa adalah batu (opsi b). Stupa hasil kerajinan kami terbuat dari bahan batu candi / batu merapi / batu. Menu andalan mereka adalah rol tahu bumbu botok dengan nasi merah tahu sehat dan jus stupa yang terdiri dari bahan dasar tahu dengan. Stupa terpasang nantinya setinggi 3.6 m dengan. Slondok stupa 1/4 kgcamilan dari singkong dengan citarasa manis gurih pedas.

CANDI JABUNG (TEMPLE) - Special Pengetahuan from 4.bp.blogspot.com Stupa terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. Mungkin karena lokasinya diatas pegunungan kapur putih, dia menggunakan bahan sesuai. Slondok stupa 1/4 kgcamilan dari singkong dengan citarasa manis gurih pedas. Stupa yang terpasang di vatikan itu memiliki tinggi 3. Candi muara takus memiliki keunikan, bahan dasar pembuatan stupa adalah bangunan candi terdiri dari.

Pada saat itu saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Stupa hasil kerajinan kami terbuat dari bahan batu candi / batu merapi / batu. Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar. Bahan dasar pembuatan stupa adalah batu (opsi b). Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar. Singkong presto annacamilan gurih bahan dasar ketela yang sangat empuk.

Stupa adalah lambang dari agama buddha yang mempunyai bentuk seperti. Mungkin karena lokasinya diatas pegunungan kapur putih, dia menggunakan bahan sesuai. Stupa hasil kerajinan kami terbuat dari bahan batu candi / batu merapi / batu. Stupa terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian dasar yang berbentuk membulat disebut anda, bagian tengah yang disebut yasti, sedang pagar yang. Stupa terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi.

Abu vulkanik memiliki sifat merusak terhadap bebatuan yang digunakan sebagai bahan candi. Stupa yang terpasang di vatikan itu memiliki tinggi 3. Slondok stupa 1/4 kgcamilan dari singkong dengan citarasa manis gurih pedas.

Candi muara takus memiliki keunikan, bahan bangunan candi terdiri dari. Stupa ini terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. Bahan dasar pembuatan stupa adalah batu (opsi b).

Bahan Dasar Stupa : √ 7+ Jenis Batu Alam yang Digunakan untuk Bahan Bangunan - Stupa ini terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. Singkong presto annacamilan gurih bahan dasar ketela yang sangat empuk.

Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar. Stupa terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian dasar yang berbentuk membulat disebut anda, bagian tengah yang disebut yasti, sedang pagar yang.

Stupa terpasang nantinya setinggi 3.6 m dengan. Stupa terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. Source: i.pinimg.com Stupa terpasang nantinya setinggi 3.6 m dengan. Stupa hasil kerajinan bahan dasar pembuatan stupa adalah terbuat dari bahan batu candi / batu merapi / batu.

Bangunan utama di kompleks ini adalah sebuah stupa yang besar. Source: 1.bp.blogspot.com Stupa terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian dasar yang berbentuk membulat disebut anda, bagian tengah yang disebut yasti, sedang pagar yang. Pada saat itu saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Mungkin karena lokasinya diatas pegunungan kapur putih, dia menggunakan bahan sesuai.

Source: 4.bp.blogspot.com Mungkin karena lokasinya diatas pegunungan kapur putih, dia menggunakan bahan sesuai. Stupa yang terpasang di vatikan itu memiliki tinggi 3 .

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Slondok stupa 1/4 kgcamilan dari singkong dengan citarasa manis gurih pedas. Source: www.asdar.id Stupa ini terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. Singkong presto annacamilan gurih bahan dasar ketela yang sangat empuk.

Stupa adalah lambang dari agama buddha yang mempunyai bentuk seperti. Source: 2.bp.blogspot.com Stupa adalah lambang dari agama buddha yang mempunyai bentuk seperti .

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Abu vulkanik memiliki sifat merusak terhadap bebatuan yang digunakan sebagai bahan candi. Stupa ini terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. Source: d3p0bla3numw14.cloudfront.net Bahan dasar pembuatan stupa adalah batu (opsi b). Source: 1.bp.blogspot.com Stupa terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian dasar yang berbentuk membulat disebut anda, bagian tengah yang disebut yasti, sedang pagar yang. Source: www.asdar.id Menu andalan mereka adalah rol tahu bumbu botok dengan nasi merah tahu sehat dan jus stupa yang terdiri dari bahan dasar tahu dengan.

Source: 4.bp.blogspot.com Stupa hasil kerajinan kami terbuat dari bahan batu candi / batu merapi / batu.

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Source: rumusguru.com Stupa terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. • Afrikaans • العربية • Asturianu • Azərbaycanca • Беларуская • Български • भोजपुरी • বাংলা • Буряад • Català • Čeština • Cymraeg • Dansk • Deutsch • Ελληνικά bahan dasar pembuatan stupa adalah English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • فارسی • Suomi • Français • Galego • עברית • हिन्दी • Hrvatski • Magyar • Հայերեն • Íslenska • Italiano • 日本語 • Jawa • ქართული • Қазақша • ಕನ್ನಡ • 한국어 • Latina • Lietuvių • Latviešu • മലയാളം • Монгол • मराठी • नेपाली • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Polski • پنجابی • Português • Română • Русский • سنڌي • Srpskohrvatski / српскохрватски • සිංහල • Slovenščina • Shqip • Српски / srpski • Svenska • தமிழ் • తెలుగు • ไทย • Tagalog • Türkçe • Українська • اردو • Oʻzbekcha/ўзбекча • Tiếng Việt • Winaray • 吴语 • Хальмг • 中文 • 粵語 Ruwanweliseya, Anuradhapura, Sri Lanka Terjemahan dari Stupa Inggris Stupa Pali 𑀣𑀼𑀩𑁂 ("thube"), thūpa Sanskerta स्तूप Tionghoa 窣堵坡 ( Pinyin: sūdǔpō) Jepang 卒塔婆 ( rōmaji: sotoba) Korea 솔도파 bahan dasar pembuatan stupa adalah RR: soldopha) Mongolia суварга Tibetan མཆོད་རྟེན་ ( mchod rten (chorten)) Bengali স্তূপ Myanmar (Myanmar) ( IPA: [zèdì]) Khmer ចេតិយ Tamil தாது கோபுரம் Daftar Istilah Buddhis • lihat • bicara • sunting Stupa ( Sanskerta: स्तूप) merupakan lambang dari agama Buddha yang berbentuk mangkuk terbalik.

Pada bagian atas puncak mangkuk terbalik tersebut terdapat bagian berbentuk persegi empat atau segi delapan yang berbentuk tongkat di atasnya. Stupa merupakan identitas yang menandakan suatu bangunan suci beragama Buddha.

Di beberapa wilayah di dunia, stupa menjadi tanda bagi tempat penguburan untuk barang peninggalan yang berharga. Peninggalan barang berharga itu dapat berupa bagian darir Buddha, mangkuk dan jubahnya, replika cap kaki, serta berbagai material lainnya yang penting dan berhubungan dengan Buddha. [1] Daftar isi • 1 Asal-usul Stupa • 2 Bentuk-bentuk Stupa • 3 Lihat pula • 4 Referensi Asal-usul Stupa [ sunting - sunting sumber ] Bentuk stupa adalah setengah bola yang dibuat oleh manusia.

Bentuk stupa dari pra-Buddha India merupakan tempat penguburan tanah yang beratapkan tiang kayu. Bentuk tersebut melambangkan hubungan antara surga, dunia, dan keadaan di bawah dunia. Di Ceylon dan Srilanka, terdapat penyebutan lain untuk menyebut stupa, yakni dagob. Di Thailand, penyebutan nama stupa disebut dengan cedi. Seorang peneliti bernama Nitin Kumar menyebutkan bahwa stupa dibuat dengan lima komponen unsur kosmik pembentuk alam semesta, yakni tanah, air, api, udara, dan ruang.

Selain unsur kosmik, bentuk fisik Buddha juga direpresentasikan ke dalam bentuk stupa. Pada stupa digambarkan alas stupa yang merupakan representasi kaki Buddha, kubah stupa merupakan bagian tubuh Buddha, dan kepala yang diperlihatkan dalam bentuk kubus yang terdapat di antara kubah dan ouncak kerucut stupa.

[2] Di India kuno, bangunan stupa digunakan sebagai makam, tempat menyimpan abu kalangan bangsawan atau tokoh tertentu. Di kalangan Buddhis, stupa menjadi tempat menyimpan relik Buddha. Setelah wafat lalu dikremasi, sisa pembakaran yang berupa kristal yang juga disebut sebagai relik atau sarira disimpan dalam delapan stupa terpisah yang didirikan di India Utara.

Dalam perkembangannya, stupa menjadi lambang Agama Buddha. Semasa pemerintahan Ashoka, dibangun banyak stupa untuk menanandakan kedudukan Agama Buddha sebagai agama utama di India. Demikian pula di Asia Timur dan Asia Tenggara, stupa didirikan sebagai bukti bahan dasar pembuatan stupa adalah terhadap Agama Buddha di wilayah yang bersangkutan.

Bagi kita sekarang, stupa dapat menjadi petunjuk seberapa luas Agama Buddha tersebar di suatu wilayah. Stupa Candi Borobudur Sebagai lambang perjalanan Sang Buddha mencapai pencerahan, bangunan terdiri atas 3 bagian, yaitu andah, yanthra, dan cakra. Pembagian dan maknanya tidak jauh berbeda dengan candi. Bangunan stupa di Indonesia memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan di India maupun di Asia Timur.

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Di tempat lain banyak bangunan stupa yang berdiri sendiri. Sedangkan di Indonesia, lebih sering dijumpai bangunan stupa yang menjadi bagian candi, seperti Candi Mendut dan Candi Borobudur.

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Bentuk-bentuk Stupa [ sunting - sunting sumber ] Stupa yang tersebar di beberapa wilayah di belahan dunia memiliki bentuk-bentuk khas yang mencirikan wilayah setempatnya. Namun demikian, pada dasarnya secara umum bentuk-bentuk stupa berkembang dari dasar yang sama, yakni Prasadha, Anda, Harmika, dan Yasthi.

Prasadha stupa merupakan bagian yang terdiri atas susunan tingkatan-tingkatan berbingkai atau berpelipit. Bagian Anda stupa merupakan bagian badan stupa yang berbentuk seperti setengah bola atau berbentuk lonceng. Bentuk yang disebut dengan harmika pada stupa ialah bagian yang berada di atas bagian anda stupa yang berbentuk menyerupai bantalan persegi. [3] Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Candi • Candi Borobudur • Candi Mendut Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ Mentari, Gaya (2020).

Makna-makna Stupa Candi Borobudur. Yogyakarta: Alif Gemilang Pressindo. hlm. 17. ISBN 9786023961306. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ Miksic, John (1991). Borobudur: Golden Tales of Buddhas. Singapura: Periplus. hlm.

bahan dasar pembuatan stupa adalah

49. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan bahan dasar pembuatan stupa adalah ( bantuan) • ^ Mentari, Gaya (2020). Makna-makna Stupa Candi Borobudur. Yogyakarta: Alif Gemilang Presindo. hlm. 23. ISBN 9786023961306. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) Kategori tersembunyi: • Halaman dengan rujukan yang menggunakan parameter yang tidak didukung • Halaman yang menggunakan multiple image dengan pengubahan ukuran gambar otomatis • Artikel mengandung aksara Pali • Artikel mengandung aksara Sanskerta • Artikel mengandung aksara Tionghoa • Artikel mengandung aksara non-Indonesia • Artikel mengandung aksara Jepang • Artikel mengandung aksara Korea • Artikel mengandung aksara Mongolia • Artikel mengandung aksara Bengali • Artikel mengandung aksara Khmer • Artikel mengandung aksara Tamil • Semua artikel rintisan • Rintisan bertopik bangunan dan struktur • Semua artikel rintisan Januari 2022 • Halaman ini terakhir diubah pada 25 Januari 2022, pukul 09.31.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Adalah bangunan atau susunan batuan yang menyerupai genta yang ada di candi peninggalan agama Buddha, atau biasanya merupakan bangunan suci agama Buddha (tempat menyimpan relik atau benda-benda suci sang Buddha).

Stupa terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian dasar yang berbentuk membulat disebut anda, bagian tengah yang disebut yasti, sedang pagar yang mengelilinginya disebut harmika, dan bagian puncak yang berupa payung disebut chatra. Stupa adalah perlambangan dari tempat penyimpanan abu jenazah Buddha Ghautama.

Stupa yang terdapat di Candi Borobudur berupa stupa pada pagar langkan, stupa terawang belah ketupat, stupa terawang bujur sangkar, dan stupa induk. Candi Borobudur mempunyai 72 buah stupa pada tiga lantai teratas dengan stupa besar yang menjadi pusatnya.

Ke-72 stupa tersebut merupakan stupa berlubang yang mempunyai rongga di dalamnya dan berisikan arca Buddha. Pada lantai 8, bentuk lubang pada stupa adalah kotak, sedangkan pada lantai 9 – 10 bentuk lubangnya adalah belah ketupat.

Stupa induk tidak terdapat rongga di dalamnya. Selain 72 stupa di lantai teratas, Borobudur mempunyai stupa-stupa kecil pada kemuncak pagar langkan di lantai 3 – 7.

Bahan dasar pembuatan stupa adalah batu (opsi B). Pembahasan Stupa Stupa adalah lambang dari agama Buddha yang mempunyai bentuk seperti mangkuk terbalik. Dalam agama Buddha, stupa dijadikan identitas suatu bangunan suci.

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Bahkan, di beberapa tempat di dunia, stupa menjadi tanda bagi tempat penguburan untuk barang peninggalan yang berharga. Peninggalan barang berharga tersebut dapat berupa bagian dari Buddha seperti mangkuk, jubah, replika cap kaki, atau material lainnya yang masih berhubungan dengan Buddha.

Pada bagian atas stupa terdapat bagian berbentuk persegi empat atau persegi delapan yang berbentuk tongkat di atasnya. Stupa memiliki bentuk dasarnya sendiri namun bentuk ini dapat berkembang di beberapa wilayah. Bentuk-bentuk tersebut membentuk suatu bentuk baru dengan ciri khas dari daerahnya masing-masing. Secara umum, bentuk-bentuk stupa mempunyai bentuk dasar yang sama yaitu: • Prasadha Jenis stupa ini adalah bagian yang terdiri dari susunan tingkatan-tingkatan berbingkai atau berpelipit.

• Anda Bagian Anda dalam stupa adalah bagian badan stupa yang berbentuk seperti setengah bola atau bisa juga berbentuk lonceng. • Harmika Stupa harmika adalah bagian yang berada di atas bagian stupa Anda dan berbentuk seperti bantalan persegi.

Karena sangat berhubungan dengan agama Buddha, stupa dapat ditemukan pada candi seperti candi Borobudur dan candi Mendut. Stupa dalam candi umumnya terbuat dari batu (opsi B). Fungsi Stupa Stupa mempunyai beberapa fungsi, beberapa di antarnya adalah: • Tempat penyimpanan relik peninggalan dari Buddha atau biksu dan biarawan. • Tempat untuk bermeditasi • Simbol ajaran-ajaran agama Buddha. • Simbol ucapan terimakasih dari umat Buddha.

• Tempat peringatan peristiwa penting dalam hidup Buddha atau para biksu dalam penyebaran agama Buddha. Dengan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa bahan dasar pembuatan stupa adalah batu (opsi B). Hal ini dapat dilihat pada candi-candi Buddha yang ada di Indonesia. Bahan dasar pembuatan stupa adalah A (kayu) bukanlah jawaban yang tepat karena kayu mudah lapuk jika diletakkan di luar ruangan sedangkan umur stupa yang ada di Indonesia sangat tua, jadi tidak mungkin menggunakan kayu.

Opsi C (besi) bukan jawaban yang benar karena sifat besi yang susah untuk diukir atau dipahat. Opsi D (tulang) juga bukan jawaban yang tepat karena tulang merupakan bahan yang cukup susah untuk dibuat menjadi stupa. Pelajari lebih lanjut 1. Materi tentang relief: brainly.co.id/tugas/1885678 2. Materi tentang kerajinan batu: brainly.co.id/tugas/3338973 3. Materi tentang candi Borobudur: brainly.co.id/tugas/21527202 ---------------------------------------------------------- Detail jawaban: Kelas: 9 SMP Mapel: Seni Bahan dasar pembuatan stupa adalah Bab: Bab 2 - Seni Patung Kode: 9.19.2 Kata kunci: relief, jenis relief, peninggalan Buddha #AyoBelajar
Pembuatan Stupa dan Pemasangan Stupa Candi Borobudur di Komplek Taman Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta Proses Pembuatan dan Pemasangan Stupa Candi Borobudur di Bandara Adisucipto Yogyakarta Alhamdullilah, MUNTHUCOM dipercaya dalam pembuatan stupa Candi Borobudur yang ditempatkan di Taman Bandara Internasional Adisucipto di Maguwo, Yogyakarta.

Berikut kami sertakan foto-foto proses pembuatan serta pemasangannya. Kami pasang pada tanggal 1 Juni 2017 yang lalu.

bahan dasar pembuatan stupa adalah

Pengantar Proses Pembuatan Stupa Candi Borobudur Harga: Rp 15.000.000 – Rp 100.000.000 per unit. Salah satu produk unggulan kerajinan seni pahat batu alam / batu candi di Sewan, Sedayu, Muntilan, dan sekaligus merupakan keahlian khusus yang tidak sembarang bahan dasar pembuatan stupa adalah bisa melakukannya adalah pembuatan Stupa Candi Borobodur.

Ya, ini sama persis dengan ukuran Stupa yang ada di Candi Borobudur yang berupa susunan dan pahatan batu alam membentuk stupa, bukan sekedar miniatur atau ukuran stupa yang dijual sebagai souvenir yang berukuran kecil. Ini benar-benar Stupa Candi Borobudur dengan ukuran sebenarnya alias 1 banding 1 (1:1). Nah secara singkat saya akan menyampaikan beberapa proses pembuatan Stupa Candi di kesempatan kali. Ukuran Stupa Candi Borobudur yang dijadikan contoh proses pembuatan oleh pengrajin MunTHu.Com ini memiliki diameter 250centimeter atau 2,5 meter dan tinggi 300 centimeter atau 3 meter.

Pembuatan Stupa Candi ini dimulai dari bagian paling bawah yaitu bagian dasar sebagai pondasi dari Stupa itu sendiri. Agar membentuk lingkaran secara sempurna dibuat semacam lingkaran bantuan terlebih dahulu berupa semacam garis imaginer. Lalu sedikit demi sedikit, batu-batu disusun membentuk lingkarang dasar sampai terbentuk sempurna. Lalu dilanjutkan dengan bagian atasnya satu demi satu. Proses pemahatan dasar Stupa yang berbentuk bunga teratai dilakukan setelah didapatkan bentuk sempurna dari bagian ini.

Jadi bentuk teratai dipahat ketika sudah menjadi bentuk lingkaran bukan sebelum berbentuk lingkaran. Demikian pula bagian-bagian atasnya. Untuk itulah terdapat semacam tonggak / tiang sebagai pusat (center) yang dipergunakan agar bentuk bagian-bagiannya tetap membentuk lingkaran sempurna.

Diperlukan pula semacam pasir untuk mengisi kekosongan dari stupa tersebut agal stupa lebih mudah ditata dan tidak bergeser. Proses Pembuatan Stupa gak dilekatkan dengan alat pelekat, tapi sekedera ditata seperti lego. Stupa Candi Borobudur dari Batuan Andesit buatan MunTHu.Com Bagian yang berlubang berbentuk belah ketupat (diamond) juga dibentuk sedikit demi sedikit, sampai proses itu sempurna. Biasanya dilakukan setelah bentuk tengah sudah terbangun utuh, baru kemudian dipahat bagian yang membentuk belah ketupat tersebut.

Hampir semua peralatan pahat batu digunakan untuk bisa membuat Stupa Candi ini. Mulai dari Gergaji Batu, Cutter Batu, Tatah, Cuplik, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan Stupa Candi memiliki kerumitan tersendiri dalam pengerjaannya.

Waktu yang diperlukan untuk membuat Stupa Candi ini pun bahan dasar pembuatan stupa adalah bisa cepat alias butuh waktu yang lama sekitar 4 sampai 6 minggu. Yang mengerjakannya pun bukan hanya 1 pengrajin, tapi bisa lebih dari 2 pengrajin. Spesifikasi Stupa Batu Candi Ukuran dan Harga: Diameter bawah 1,5meter / 150cm; Harga 13 juta (Rp 15.000.000,00) Diameter bawah 2 meter / 200cm; Harga 25 juta ( Rp 27.000.000,00) Diameter bawah 2,5 meter / 250cm; Harga 35 juta (Rp 38.000.000,00) Diameter bawah 3 meter / 300cm; Harga 55 juta (Rp 55.000.000,00) Diameter bawah 3,5 meter / 350cm; Harga 80 juta (Rp 80.000.000,00) Bahan Baku: Batu Alam Merapi / Batu Candi Pengerjaan: Potong batu, Pahat, pemasangan, penghalusan, finishing Batu Alam Batu Candi Batu Merapi Pahat Batu Sewan Stupa Borobudur Stupa Candi Post navigation
• HOME • KATEGORI • ENSIKLOPEDIA • EBOOK • GALLERY • VIDEO • Download • BERITA • Sertifikat • TENTANG KAMI • Profil • Struktur Organisasi • Download • KONTAK • Kontak Kami • ZONA INTEGRITAS • Maklumat Layanan • Formulir Kepuasan Layanan • Whistleblowing System • Hasil Survey Kepuasan Layanan • Pengaduan Masyarakat • Video Zona Integritas Menuju WBK/WBMM • SOP Layanan • SOP Balai Konservasi Borobudur • Layanan Daring Layanan • Alamat Perizinan dan Kepentingan • Jenis Layanan • Laporan Adalah bangunan atau susunan batuan yang menyerupai genta yang ada di candi peninggalan agama Buddha, atau biasanya merupakan bangunan suci agama Buddha (tempat menyimpan relik atau benda-benda suci sang Buddha).

Stupa terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian dasar yang berbentuk membulat disebut anda, bagian tengah yang disebut yasti, sedang pagar yang mengelilinginya disebut harmika, dan bagian puncak yang berupa payung disebut chatra. Stupa adalah perlambangan dari tempat penyimpanan abu jenazah Buddha Ghautama. Stupa yang terdapat di Candi Borobudur berupa stupa pada pagar langkan, stupa terawang belah ketupat, stupa terawang bujur sangkar, dan stupa induk. Candi Borobudur mempunyai 72 buah stupa pada tiga lantai teratas dengan stupa besar yang menjadi pusatnya.

Ke-72 stupa tersebut merupakan stupa berlubang yang mempunyai rongga di dalamnya dan berisikan arca Buddha. Pada lantai 8, bentuk lubang pada stupa adalah kotak, sedangkan pada lantai 9 – 10 bentuk lubangnya adalah belah ketupat.

Stupa induk tidak terdapat rongga di dalamnya. Selain 72 stupa di lantai teratas, Borobudur mempunyai stupa-stupa kecil pada kemuncak pagar langkan di lantai 3 – 7.

Tutorial membuat adonan dasar Fiber glass (Gelcoat)




2022 www.videocon.com