No koes lagu baru dengarkan

no koes lagu baru dengarkan

Artikel ini disusun oleh tim penyunting terlatih dan peneliti yang memastikan keakuratan dan kelengkapannya. Tim Manajemen Konten wikiHow memantau hasil penyuntingan staf kami secara saksama untuk menjamin artikel yang berkualitas tinggi. Ada 10 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman. Artikel ini telah dilihat 17.333 kali. Ketika seseorang mendengarkan musik, biasanya musik tersebut diputar untuk menemani pendengar sambil mengerjakan aktivitas lain seperti pekerjaan kantor/sekolah atau pekerjaan rumah tangga.

Ini artinya, kita tidak “mendengarkan” musik secara aktif. Sebenarnya, musik dapat menjadi penenang dan penyembuh yang hebat untuk “melarikan diri” dari berbagai tekanan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk benar-benar menikmati musik dari berbagai genre dan mendapatkan efek menenangkan, kita harus benar-benar mendengarkan musik yang diputar.

Jika langkah-langkah dalam artikel ini diikuti dengan tepat, Anda akan mengalami peningkatan pengalaman dalam mendengarkan musik. Dengan begini, musik yang didengarkan menjadi lebih “berwarna”. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/7e\/Listen-to-Music-Step-1-Version-3.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-1-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/7e\/Listen-to-Music-Step-1-Version-3.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-1-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jika Anda tidak tahu harus mulai mendengarkan dari mana, mintalah teman-teman atau anggota keluarga yang dipercaya untuk merekomendasikan musik untuk Anda.

no koes lagu baru dengarkan

Jika Anda bukan penggemar berat musik, genre dan gaya musik yang sangat beragam tentunya bisa membuat Anda kewalahan. Oleh karena itu, daripada menyelami genre atau gaya musik yang ada secara acak, mintalah bantuan dari teman dengan selera musik yang Anda kagumi untuk memberikan informasi mengenai genre musik yang bisa Anda coba dengarkan.

Setiap orang memiliki selera yang berbeda. Akan tetapi, orang-orang yang begitu mengenal Anda bisa membantu mencari atau menemukan beberapa musisi yang karyanya bisa Anda coba dengarkan. [1] X Teliti sumber • Ajukan pertanyaan ketika Anda mendegar lagu yang disukai. Carilah judul dan nama penyanyinya untuk mulai membentuk preferensi musik pribadi.

• Tanyakan pada diri sendiri jenis musik apa yang disukai. Jika Anda bisa memberi tahu teman-teman beberapa lagu atau musisi yang Anda sukai, tentunya akan lebih mudah bagi mereka untuk merekomendasikan musisi yang sejenis. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/32\/Listen-to-Music-Step-2-Version-3.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-2-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/32\/Listen-to-Music-Step-2-Version-3.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-2-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Masukkan nama musisi kesukaan Anda ke aplikasi internet yang dapat mencari musik-musik yang serupa.

Sebagai contoh, Pandora memungkinkan Anda untuk membuat stasiun radio unik berdasarkan preferensi musik Anda. Google Music dapat mencari lagu berdasarkan suasana hati atau aktivitas yang penggunanya jalani.

Sementara itu, Spotify menawarkan beragam rekomendasi lagu berdasarkan riwayat pemutaran lagu sebelumnya. Jumlah kode yang ditulis untuk membantu orang-orang mencari musik baru memang sudah banyak sekali. Hal inilah yang memudahkan orang untuk menemukan rekomendasi lagu baru.

Anda hanya perlu menambahkan beberapa judul lagu, nama musisi, atau genre yang disukai ke aplikasi untuk mendapatkan rekomendasi. • Banyak juga program-program pemutar musik lain yang menawarkan layanan rekomendasi musik, seperti iTunes.

Pada iTunes, layanan ini dapat digunakan melalui pengaturan “ Genius”. [2] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/15\/Listen-to-Music-Step-3-Version-3.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-3-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/15\/Listen-to-Music-Step-3-Version-3.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-3-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tontonlah penampilan band atau musisi secara langsung, dan cobalah cari no koes lagu baru dengarkan dan dengarkan musik-musik yang dibawakan oleh band pembuka.

Acara musik yang ditampilkan secara langsung sering kali menjadi ajang terbaik bagi para musisi yang belum terkenal untuk mendapatkan penggemar baru. Tentunya datang ke pertunjukan-pertunjukan langsung seperti itu dapat menjadi cara yang mengasyikkan untuk memperluas pustaka dan pengetahuan musik Anda. Selain itu, Anda juga biasanya bisa bertemu dengan musisi atau membeli barang-barang (semacam memorabilia) yang berkaitan dengan musisi tersebut. Dengan menonton pertunjukan musik, Anda bisa merasakan musik tersebut secara langsung, serta mengenal musisi-musisi hebat yang sedang naik daun dengan informasi atau karya yang (mungkin) sangat sulit untuk dicari di internet.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3e\/Listen-to-Music-Step-4-Version-2.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-4-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3e\/Listen-to-Music-Step-4-Version-2.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-4-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kenali tempat-tempat untuk mendapatkan musik secara gratis.

Dewasa ini, banyak sumber yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan musik secara gratis, tentunya selama Anda mengetahui sumber atau tempat tersebut. Sebagai contoh, aplikasi dan situs seperti Spotify, Pandora, YouTube, SoundCloud, dan beberapa situs lainnya menawarkan pilihan gratis dan memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik tanpa harus membayar (biasanya diselingi dengan iklan).

Para penikmat musik yang mahir menggunakan teknologi bisa mencoba mengunjungi situs-situs torrent untuk mengunduh musik, selama risiko hukumnya diketahui dan dipahami. [3] X Teliti sumber • Jika Anda no koes lagu baru dengarkan memiliki koneksi internet atau perangkat yang memadai, cobalah berkunjung ke perpustakaan daerah (atau badan radio nasional seperti RRI) dan dengarkan koleksi musik yang tersedia di sana.

• Bertukar musik dengan teman, baik melalui Dropbox, CD musik campuran, atau diska keras eksternal, semakin mudah dilakukan di era digital seperti ini. Anda hanya perlu menyalin berkas lagu ke dalam direktori “ My Music” → " Automatically Add to iTunes", atau direktori serupa untuk program yang digunakan. [4] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/6f\/Listen-to-Music-Step-5-Version-3.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-5-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/6f\/Listen-to-Music-Step-5-Version-3.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-5-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Dengarkan genre-genre musik yang belum pernah Anda dengar sebelumnya, atau yang ingin Anda dalami.

Cobalah dengarkan musik bergenre opera ringan (atau show tune) yang diiringi oleh orkestra atau hanya piano. Jangan pikirkan hal-hal lain. Inilah waktunya bagi Anda untuk mendengarkan, menikmati musik, dan bersantai.

no koes lagu baru dengarkan

Dengan begini, Anda bisa mencoba memetakan musik, dan pemetaan tersebut akan meluas ke berbagai no koes lagu baru dengarkan musik yang ada. • Semua genre musik saling memiliki elemen-elemen dari genre yang berbeda.

Anda akan terkejut ketika mengetahui betapa banyaknya pengaruh-pengaruh dari genre-genre berbeda yang saling berpadu dalam satu genre, mulai dari rok opera dan ketukan sampel klasik hip-hop hingga reggae atau punk lovechild (dikenal sebagai musik ska). {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f9\/Listen-to-Music-Step-6-Version-3.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-6-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f9\/Listen-to-Music-Step-6-Version-3.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-6-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tetap dengarkan genre musik yang sesuai dengan preferensi pribadi dan jalani kebiasaan mendengarkan musik yang disukai.

Musik bersifat subjektif. Jika Anda menyukai sebuah lagu, itu sudah lebih dari cukup. Sering kali, orang-orang merasa “tidak nyaman” ketika mereka tidak mendengarkan lagu atau musisi tertentu, atau mencoba mengikuti band yang (sebenarnya) tidak mereka sukai. Cobalah untuk tetap mengikuti selera pribadi; jika Anda menyukai musisi yang memang Anda sukai, tetap dengarkan lagu-lagunya. [5] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/7d\/Listen-to-Music-Step-7-Version-3.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-7-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/7d\/Listen-to-Music-Step-7-Version-3.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-7-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kenali dan dengarkan pengulangan dan variasi dalam lagu.

Pada lagu, bagian atau elemen baru sangat sering muncul menjelang akhir lagu. Temukan bagian yang Anda anggap menarik. Tentukan apakah bagian tersebut merupakan pengulangan, variasi, atau bagian baru dalam lagu.

no koes lagu baru dengarkan

Jika bagian tersebut merupakan bentuk variasi, bisakah Anda mencari tahu elemen apa yang divariasikan? Yang terpenting, mengapa ada bagian yang mengalami pengulangan? Apakah bagian tersebut diulangi karena melodinya yang indah, atau untuk menonjolkan lirik lagu? • Melodi merupakan serangkaian not yang dimainkan, seperti alunan piano pada permulaan lagu “Tetap Dalam Jiwa” atau notasi vokal yang diulang pada bagian refrain.

Melodi yang menarik perhatian biasanya menjadi kunci yang menentukan apakah lagu tersebut menarik atau tidak. • Harmoni merupakan kumpulan not yang dimainkan secara bersamaan. Beberapa orang memvisualisasikan susunan harmoni secara vertikal, dan susunan melodi secara horizontal. Perhatikan bagaimana suara-suara, instrumen-instrumen, dan not-not yang beragam bersatu padu membentuk harmoni, atau saling menonjol di antara satu sama lain.

[6] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/cf\/Listen-to-Music-Step-8-Version-3.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-8-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/cf\/Listen-to-Music-Step-8-Version-3.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-8-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pikirkan dengan baik mengenai tona, suasana, dan perasaan lagu yang didengarkan.

Perasaan seperti apa yang dimunculkan oleh lagu? Atau, agar Anda bisa memikirkannya no koes lagu baru dengarkan lebih mudah, tanyakan pada diri sendiri apakah lagu tersebut merupakan lagu yang ceria atau sedih. Apakah instrumen yang dimainkan terdengar ceria dan bersemangat, atau sendu dan mendalam? Bayangkan seperti apa suasana atau latar yang tergambarkan oleh lagu (mis.

suasana hujan, cerah, ceria, perasaan mendalam, patah hati, dan lain-lain). Ada beberapa istilah yang perlu Anda ingat: • Warna: Melihat warna dalam musik atau suara mungkin bukan hal yang mudah dilakukan, tetapi cobalah tutup mata Anda. Bayangkan lagu tersebut dimainkan dalam sebuah adegan film. Pikirkan suasana atau warna dominan yang ditampilkan dalam adegan tersebut.

• Keseimbangan: Pikirkan berapa banyak instrumen yang dimainkan secara bersamaan. Apakah aransemen musik yang didengar terdengar ringan (dengan jumlah instrumen yang sedikit), seperti bagian pembuka lagu “Semua Tentang Kita”?

Atau justru aransemennya terdengar berat, tebal, dan nyaring, seperti pada bagian refrain dan akhir lagu “Laskar Cinta”? • Tekstur: Alunan gitar dapat terdengar “kasar” atau “lembut”.

Sebagai contoh lain, suara terompet pada bagian solo terompet dapat terdengar “halus” atau nyaring dan “abrasif”. Biasanya, tekstur pada musik didapatkan dari ritmenya. Pikirkan apakah not-not ritme yang dimainkan cukup panjang, ditahan, dan dimainkan dengan lembut, atau justru singkat, terpotong, dan terdistorsi.

[7] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/8e\/Listen-to-Music-Step-9-Version-3.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-9-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/8e\/Listen-to-Music-Step-9-Version-3.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-9-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cobalah dengarkan instrumen tertentu dan perhatikan bagaimana setiap instrumen dimainkan secara bersamaan dan berpadu membentuk musik.

Perhatikan elemen bas yang tampak “hidup”, kaya akan makna, atau sekadar terdengar keren. Perhatikan juga perubahan-perubahan yang terjadi pada bagian lagu yang Anda sukai. Apakah melodi pada bagian tersebut naik ke aksen yang berbeda? Apakah ritme baru yang muncul menambah ketajaman musik?

Apakah elemen “kejutan” ( buzz) baru yang muncul tiba-tiba pecah menjadi kebisingan dan kemeriahan? {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3e\/Listen-to-Music-Step-10.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3e\/Listen-to-Music-Step-10.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pikirkan tentang pergerakan atau progres lagu.

Apakah akhir lagu terdengar sama atau serupa dengan bagian awalnya? Atau, apakah no koes lagu baru dengarkan tersebut menceritakan sebuah kisah dan mengalami pergerakan atau “perubahan” sehingga penyanyinya ikut mengalami perubahan dari awal lagu hingga ke akhir?

Kedua faktor tersebut memang banyak dilibatkan dalam proses penulisan lagu, tetapi keduanya menceritakan kisah yang berbeda. Jika ada perubahan pada lagu, tanyakan pada diri sendiri bagaimana “argumen” pada lagu diceritakan oleh penyanyi atau musisi. Tanyakan juga pada bagian apa perubahan keseluruhan ide atau nuansa musik terjadi.

• Sebagai contoh, perubahan kunci atau nada dasar pada lagu “Persahabatan” yang dibawakan oleh Sherina merupakan salah satu pergerakan atau perubahan yang paling penting dan terkenal dalam dunia musik pop, terutama musik pop anak-anak.

Dalam sekejap, suasana lagu tersebut berubah, dari suasana mendayu dan “kontemplatif” menjadi suasana ceria dan meriah. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/25\/Listen-to-Music-Step-11.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/25\/Listen-to-Music-Step-11.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Carilah pesan atau makna penting tentang lagu tersebut yang berada di luar konteks lirik.

Setiap lagu tidak diciptakan begitu saja tanpa adanya “alasan” yang melatarbelakangi penulisan lagu. Terkadang, ketika kita masuk ke dalam konteks lagu, kita akan memahami makna atau pesan yang disampaikan oleh lagu tersebut. Sebagai contoh: [8] X Teliti sumber • Lagu “Usah Kau Lara Sendiri” yang dibawakan oleh Katon Bagaskara dan Ruth Sahanaya akan terasa lebih kuat dan mendalam ketika Anda mengetahui bahwa lagu tersebut pada awalnya ditulis untuk orang-orang yang mengidap HIV/AIDS.

• Lagu “Tini dan Yanti” yang dibawakan oleh Banda Neira merupakan lagu yang pada awalnya ditulis oleh mantan tawanan politik tahun 1965 untuk anak dan istrinya. Jika Anda tidak memahami latar belakang lagu tersebut, ada kemungkinan lagu tersebut akan terkesan asing atau sulit dipahami.

[9] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/1b\/Listen-to-Music-Step-12.jpg\/v4-460px-Listen-to-Music-Step-12.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/1b\/Listen-to-Music-Step-12.jpg\/v4-728px-Listen-to-Music-Step-12.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kembangkan konsentrasi untuk mendengarkan musik-musik yang lebih panjang.

Mendengarkan karya-karya jaz, klasik, rok progresif, atau genre dan bentuk musik lainnya dengan durasi di atas 10 menit tentunya terdengar menakutkan. Akan tetapi, jangan khawatir jika pada awalnya perhatian Anda teralihkan atau Anda merasa bosan; hal tersebut wajar terjadi.

Cobalah dorong diri sendiri untuk berfokus pada setiap bagian ketika Anda mendengarkan lagu secara berulang.

no koes lagu baru dengarkan

Ingatlah bahwa penggubahan karya seperti ini dilakukan dengan serius. Penggubahnya ingin mengisi setiap no koes lagu baru dengarkan dengan musik dan membawa Anda untuk menikmati setiap detik karya yang digubahnya. Meskipun karya-karya panjang seperti itu tidak selalu berhasil membuat Anda tertarik, cobalah berfokus untuk mendengarkan seluruh lagu. Mungkin saja Anda akan terkejut dengan elemen-elemen kecil nan menarik atau keseluruhan karya yang Anda dengarkan.

[10] X Teliti sumber • Tidak banyak lagu pop Indonesia yang memiliki durasi di atas 10 menit. Akan tetapi, jika Anda mau cobalah dengarkan lagu-lagu pop barat atau klasik dengan durasi yang panjang. Jika Anda menyukai genre rok dan punk, cobalah dengarkan lagu “Jesus of Suburbia” yang dibawakan oleh Green Day. Atau, jika Anda penggemar musik klasik, coba dengarkan “Piano Concerto in E Minor Opus 11” karya Frédéric Chopin. Karya tersebut memiliki nuansa yang bersifat dinamis, serta beberapa tema dan melodi yang mengalami pengulangan dan variasi.

• Jangan menyamakan video musik dengan musik. Beberapa orang berpendapat bahwa musik terbaik biasanya tidak “membutuhkan” asosiasi verbal atau visual agar terdengar lebih baik. Akan tetapi, cobalah tutup mata Anda (sambil mendengarkan musik) dan bayangkan warna-warna yang menemani musik tersebut. Atau, cobalah padukan musik tersebut dengan gambaran kehidupan Anda (tentunya dengan situasi yang sesuai).

Gunakan tafsiran emosional Anda untuk memahami apa yang ingin diungkapkan oleh penulis lagu dan cobalah untuk terhubung dengan realita penulis tersebut. • Dengarkan musik secara emosional. Dalam hal ini, biarkan perasaan dan suasana hati Anda berubah mengikuti perubahan bunyi yang Anda dengar. • Dengarkan “Four Seasons” karya Antonio Vivladi tanpa melihat judulnya terlebih dahulu (karya ini terdiri dari empat pergerakan atau movement).

Setelah itu, cobalah tebak musim yang digambarkan oleh setiap pergerakan. Anda akan terkejut ketika mengetahui bahwa musik itu sendiri dapat membentuk gambaran atau imaji di pikiran Anda, tanpa menggunakan kata-kata. • Gunakan headphone jika Anda sedang bersama atau di dekat orang-orang yang tidak boleh diganggu (atau jika Anda mendengarkan musik di malam hari).

Jangan gunakan headphone ketika Anda sedang mengemudi! • Semua musik (tanpa pengecualian) digubah berdasarkan pengulangan, variasi, dan melodi baru.

Meskipun Anda tidak benar-benar menikmati musik yang didengarkan, Anda bisa selalu mencoba melihat penerapan prinsip tersebut. Dengan begini, musik yang didengarkan mungkin terasa “cocok” di telinga.

• Cobalah dengarkan musik mikrotonal. Mikrotonalitas mengacu pada penggunaan notasi yang berjarak lebih kecil dibandingkan dengan sistem penjarakan 12 not yang biasa digunakan. Musik dengan nada dasar yang berbeda memungkinkan adanya penyampaian efek emosional unik dalam cara yang berbeda dengan musik bernada dasar standar (dalam hal ini, musik-musik yang dibuat dewasa ini).

YouTube dapat menjadi sumber yang baik untuk mendengarkan musik dengan sistem notasi yang berbeda. • No koes lagu baru dengarkan dengarkan CD “What Makes it Great?” dari Robert Kapilow. CD tersebut dapat menjadi sumber yang bermanfaat ketika Anda ingin mendengarkan musik dengan baik.

• Jika Anda menggunakan headphone, pastikan kualitasnya baik. Headphone berkualitas rendah no koes lagu baru dengarkan musik yang dimainkan terdengar lebih buruk dari kualitas sebenarnya.

• Jangan terburu-buru. Tidak ada jaminan bahwa lagu yang baru Anda dengarkan sebentar akan menjadi lagu kesukaan Anda sepanjang masa. Dengarkan lagu tersebut lebih sering lagi, dan jika Anda mulai menyukainya, cobalah dengarkan lebih banyak lagu yang serupa. Jika Anda tidak merasakan perbedaan setelah mendengarkan lagu tersebut beberapa kali, ada kemungkinan Anda tidak menyukai lagu tersebut. Jika Anda tidak menyukainya, tidak ada hal lain yang bisa dilakukan.

• Anda mungkin tidak bisa mendengarkan lagu dengan saksama pada awalnya. Akan tetapi, jangan menyerah! Pada akhirnya, Anda bisa mendengarkan ritme, melodi, dan harmoni lagu dengan baik. • Jangan dengarkan musik terlalu keras. Mungkin Anda tergoda untuk mendengarkan musik dalam volume yang keras dan, terkadang, Anda tertantang untuk mendengarkannya dalam volum yang rendah.

Akan tetapi, mendengarkan musik terlalu keras bisa dan, pada akhirnya, akan merusak pendengaran Anda.

no koes lagu baru dengarkan

• Terkadang, musik membuat orang terobsesi dengan kehidupan dan semua emosi yang ada. Musik juga terkadang menjadi gairah hidup yang sangat kuat. Oleh karena itu, waspadalah untuk tetap menyeimbangkan dan mengendalikan obsesi tersebut terhadap no koes lagu baru dengarkan. • Seperti halnya bentuk seni yang lain, musik juga memiliki kualitas. Perlu diingat bahwa tidak semua musik dibuat untuk memenuhi standar yang sama. • Cobalah hindari stres berkepanjangan dalam hidup.

Terlalu banyak stres yang dialami dalam jangka panjang dapat menyebabkan kekurangan dopamin, [11] X Teliti sumber [12] X Teliti sumber senyawa kimia dalam otak yang memicu rasa bahagia, sehingga menyebabkan terjadinya anhedonia.

Dopamin merupakan saraf pemancar atau neurotransmiter yang mengatur rasa bahagia atau kepuasaan terhadap berbagai hal. Penurunan dopamin yang terjadi secara signifikan dapat mengurangi kemampuan Anda untuk merasakan emosi dari musik yang didengarkan.

• ↑ https://www.brainpickings.org/2012/04/12/elliott-schwartz-music-ways-of-listening/ • ↑ http://www.ehow.com/how_5509830_restore-dopamine.html - "When levels of dopamine are reduced by antipsychotic drugs, excess serotonin (another neurotransmitter), chronic stress, inadequate sleep, or by some type of medical condition." • ↑ http://www.jneurosci.org/content/20/4/1568.full.pdf+html Selama ini, lagu pop Indonesia sering kali menjadi pilihan sebagian besar anak muda ketika ingin mendengarkan lagu.

Hal ini nggak mengherankan karena lagu-lagu mainstream biasanya dari genre pop. Nah, kalau kamu ingin sesuatu yang berbeda, dengarkan saja lagu nostalgia Indonesia yang nggak kalah dengan berbagai lagu terbaru, geng. Kumpulan Lagu Nostalgia Indonesia Paling Populer Meskipun mungkin kamu belum lahir ketika lagu-lagu legendaris ini dirilis, namun bisa jadi kamu sudah pernah mendengar beberapa di antaranya, geng. Ya, lagu-lagu nostalgia Indonesia kadang masih diputar di televisi, radio, atau dinyanyikan oleh para penggemarnya, termasuk mungkin orang tuamu.

Dengan demikian, anak muda masa kini juga bisa tahu tentang berbagai lagu kenangan tersebut. Berkat teknologi yang semakin canggih, kamu bisa mendengarkan berbagai lagu nostalgia Indonesia melalui aplikasi streaming musik seperti Spotify, meskipun lagunya sudah dirilis puluhan tahun yang lalu. Nah, kalau kamu belum punya aplikasinya, langsung saja download melalui link di bawah ini supaya kamu bisa mendegarkan lagu nostalgia Indonesia dengan puas.

Sementara itu, industri musik Indonesia sedang dihiasi oleh lagu-lagu dari para penyanyi dan grup musik terkenal, seperti Chrisye, Koes Plus, dan God Bless. Lagu-lagu mereka bahkan masih didengarkan hingga kini, geng. Nah, kalau kamu ingin istirahat sejenak dari lagu-lagu Tiktok yang sudah terlalu sering diputar di tahun 2020, yuk, dengarkan lagu nostalgia Indonesia 70an berikut ini.

1. Bujangan - Koes Plus Sumber foto: Media Indonesia Nggak kalah dengan lagu nostalgia Indonesia 70an, lagu-lagu lawas Indonesia dari era 80an juga banyak yang enak didengar, nih, geng. Apakah kamu tahu salah satunya?

Nah, kamu juga bisa download MP3 lagu kenangan 80an melalui aplikasi download lagu, sehingga kamu bisa mendengarkan lagunya kapan saja tanpa perlu koneksi internet. Sebelum download lagu tembang kenangan MP3, kamu bisa dengarkan terlebih dahulu lagu nostalgia Indonesia 80an di bawah ini. Siapa tahu ada yang bisa menjadi favoritmu. 1. Surat Cinta - Vina Panduwinata Sumber foto: Kanal247 Lagu nostalgia Indonesia 90an didominasi oleh lagu-lagu dari Slank. Sampai sekarang pun band rock ini masih memiliki banyak penggemar.

Bahkan, di konser penyanyi no koes lagu baru dengarkan grup musik apa pun, pasti ada yang membawa bendera Slank. Tapi, nggak hanya band itu saja yang terkenal pada era 90an, melainkan juga Dewa 19, Padi, dan KLa Project. Lagu-lagu mereka yang enak bikin kita ingin download agar bisa mendengarkannya di mana saja. Selain lewat aplikasi, kamu juga bisa download lagu kenangan 90an melalui berbagai situs download lagu. Nah, sambil download, kamu bisa mendengarkan lagu nostalgia Indonesia 90an di bawah ini.

1. Kangen - Dewa 19 Sumber foto: Twitter Masih kurang puas dengan lagu-lagu nostalgia Indonesia di atas? Tenang, geng, Jaka masih punya daftar lagu lawas lainnya yang menarik untuk kamu dengar. Tapi, lagu-lagunya nggak sembarangan, lho, karena yang akan Jaka rekomendasikan ke kamu termasuk 150 Lagu Indonesia Terbaik versi Majalah Rolling Stone Indonesia edisi #56. Sebenarnya, beberapa lagu nostalgia Indonesia di atas juga ada yang termasuk ke dalam daftar ini.

Nah, kalau kamu mau tahu tembang kenangan terbaik lainnya supaya kamu nggak hanya mendengarkan lagu Barat terbaru, simak daftarnya berikut ini.

no koes lagu baru dengarkan

1. Kebyar Kebyar - Gombloh Sumber foto: KLY Pada tahun 2000-an bisa dibilang sebagai tahun keemasan musik Indonesia. Band-band atau penyanyi solo berhasil mengeluarkan lagu-lagu hits yang masih asyik didengar hingga sekarang. Bahkan, terkadang diputar di cafe-cafe kenamaan. Buat kamu yang tumbuh besar di era 1990-an, lagu nostalgia 2000-an tentu memberikan kenangan tersendiri.

Berikut ini, Jaka sajikan kumpulan lagu 2000-an terbaik yang pernah hits dan tak lekang di ingatan. 1. Posesif - Naif Akhir Kata Nah, itu dia kumpulan lagu nostalgia Indonesia mulai dari era 70an, 80an, 90an, hingga yang terbaik di antara semuanya.

no koes lagu baru dengarkan

Lagu mana yang paling kamu sukai, geng? Apakah ada lagu favoritmu yang belum masuk di artikel ini? Tuliskan jawabanmu pada kolom komentar di bawah, ya. Baca juga artikel seputar Musik atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.
Betapa hatiku bersedih Mengenang kasih dan sayangmu Setulus pesanmu kepadaku Engkau ‘kan menunggu Andaikan kau datang kemari Jawaban mana yang ‘kan kuberi Adakah jalan yang kau temui Untuk kita kembali lagi Bersinarlah bulan purnama Seindah serta tulus cintanya Bersinarlah terus sampai nanti Lagu ini kuakhiri Leave a Reply Cancel reply Your email address will not be published.

Required fields are marked * Comment * Name * Email * Website Save my name, email, and website in this browser for the next time I comment. By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

* Sign me up for the newsletter! This site uses functional cookies and external scripts to improve your experience. Which cookies and scripts are used and how they impact your visit is specified no koes lagu baru dengarkan the left. You may change your settings at any time. Your choices will not impact your visit. NOTE: These settings will only apply to the browser and device you are currently using.

Momen pulang kampung selalu mengingatkan saya untuk kembali ke masa lalu. Bukan hanya dari suasananya yang serasa berbeda, tetapi juga sesekali memori-memori itu bangkit lagi melalui lagu-lagu yang pernah saya dengarkan ketika masih tinggal bersama orang tua. Kenangan itu berjangkar pada satu benda bernama VCD player.

no koes lagu baru dengarkan

Kebetulan pada akhir ‘90-an VCD player memang sedang populer. Selain gampang dihubungkan ke televisi rumahan, peranti audio visual ini bisa didapat dengan harga terjangkau. Keluarga kami tak perlu lagi menyewa pemutar VHS dan Betamax no koes lagu baru dengarkan untuk menonton video Kamen Rider atau film-film Kembalinya Si Janda Kembang Warkop DKI. Kemunculan VCD itu menyebabkan mewabahnya lapak-lapak penjual CD/DVD bajakan (walau mereka kadang juga menjual disc ori juga).

Harganya bisa dibilang murah, lima sampai sepuluh ribu per keping, tergantung jenis dan kontennya (video musik/MP3/film). Tape recorder perlahan ditinggalkan karena harga kaset masih tiga kali lipat lebih mahal ketimbang CD. Dan secara kualitas, MP3 tidak kalah bagus dibanding suara dari kaset tape atau Walkman.

Karena kami memang berbeda generasi, jadilah keluarga kami membeli CD MP3 kesukaan kami masing-masing. Bapak saya termasuk yang paling sering membeli CD musik bergenre lagu-lagu nostalgia era ’70-an hingga ’90-an, campursari, sampai lagu-lagu hits evergreen mancanegara. Hampir saban hari CD-CD bapak dan ibu tersebut diputar berulang kali.

no koes lagu baru dengarkan

Mungkin ini juga dialami banyak anak dari generasi ’90-an, orang tua mereka membuat mereka juga punya selera jadul, musik-musik dari era ’70 hingga ’90-an. Saya tak bisa mengelak, beberapa lagu meninggalkan ingatan di kepala sampai sekarang.

Meskipun lagu-lagu berikut dikenal sebagai lagu menye-menye (seputar kisah cinta sedih, pelipur lara, kekuatan hati), bagaimanapun lagu-lagu ini sangat mewakili karakter lagu-lagu pop paling ngehits di eranya. Lagu-lagu yang dulu kala hanya bisa dinikmati lewat saluran radio dan kaset belaka. “ Teluk Bayur ”, Ernie Djohan Konon lagu ini diciptakan oleh kelompok musik asal Solo, Zaenal Combo, pada 1953.

Lagu ini tercipta saat mereka sedang show di Padang dan tinggal beberapa lama di sana. Untuk mengenal budaya Minang dan sebagai hadiah perpisahan, mereka menciptakan lagu ini. Lagu “Teluk Bayur” semakin dikenal luas dalam belantika musik Indonesia setelah no koes lagu baru dengarkan oleh artis Ibu Kota yang sedang populer di tahun 1968, Ernie Djohan. Dalam versi yang lain, ada pula “Teluk Bayur” yang dinyanyikan oleh penyanyi Rani Pancarani.

Saya sih yakin, banyak di antara pembaca Mojok yang sebelumnya tak tahu di provinsi manakah letak Teluk Bayur itu kan? Ya sudah, resapi penggalan lirik lagu ini saja. Kalau bisa jangan sambil nyanyi, tapi dengan dramatisasi puisi. Lambaian tanganmu Ku rasakan pilu di dada Kasih sayangku bertambah padamu Air mataku berlinang tak terasakan olehku Nantikan aku di Teluk Bayur Bonus track dari penyanyi yang sama: “ Kau Selalu di Hatiku” “ Hati yang Luka ”, Betharia Sonata Mungkin lagu ini adalah lagu Indonesia paling pedih yang pernah saya dengarkan, baik secara lirik maupun aransemen.

Nadanya simpel dan hanya dibangun dengan tiga kunci dasar G-C-D. Saya mendengarkan lagu “Hati yang Luka” seperti sedang menyaksikan adegan film sepasang suami istri zaman dulu yang berada di ambang perceraian.

Kedua-duanya sudah pasrah menjadi manunggal. Tak ada lagi sifat sakinah mawaddah warahmah di antara mereka. Siap kembali ke pangkuan orang tua masing-masing. Suara khas Betharia Sonata muda yang tinggi sekali itu semakin menambah pilu aura lagu ini. Uniknya, lagu yang diciptakan oleh Obbie Messakh ini juga punya versi jawaban dari pihak laki-laki (suami), berjudul “Jawaban Hati yang Luka”, dipopulerkan oleh Johan Untung.

Lagu dibalas dengan lagu dan perihnya jadi kuadrat! Saking pesimis dan cengengnya, lagu ini pernah dicekal oleh Menteri Penerangan Harmoko, hiks. Dulu, segenggam emas kau pinang aku… Dulu, bersumpah janji di depan saksi… Namun semua hilanglah sudah, ditelan dusta… Namun semua tinggal cerita, hati yang luka… “ Widuri ”, Bob Tutupol y No koes lagu baru dengarkan sebelum Om Bob dikenal sebagai pembawa acara Golden Memories Tembang Kenangan di Indosiar, ia sudah dikenal sebagai penyanyi pop Indonesia.

Karakternya setipe dengan almarhum penyanyi kawakan Broery Pesulima alias Broery Marantika. Om Bob dikenal dengan suaranya yang serak-serak basah. Lagu-lagu yang ia nyanyikan cenderung sentimentil dan romantis. Barangkali lagu-lagu yang ia nyanyikan cocok dengan suasana asmara muda-mudi zaman itu. Jika diperhatikan, pada bagian setelah reff lagu “Widuri” ini, ada selipan kata-kata puitisnya lo. Perempuan mana yang tidak kelepek-kelepek mendengar rayuan Bob Tutupoly muda satu ini?

Ini adalah salah satu lagu kesukaan ibu saya. Ia biasa menyetel dan mendengarkan lagu ini sembari membersihkan kenangan rumah. Widuri … elok bagai rembulan, oh sayang … Widuri … elok bagai lukisan, oh sayang … Widuri … bukalah pintu hati untukku … Widuri … ku akan menyayangi … “ Madu dan Racun ”, Arie Wibowo Dulu awalnya saya kira Arie Wibowo yang dimaksud adalah aktor sinetron laga Deru Debu, adik Ira Wibowo. Eh ternyata beda orang.

no koes lagu baru dengarkan

Yang musisi adalah Arie Wibowo, sedangkan yang aktor adalah Ari Wibowo. Sosok Arie Wibowo sangat lekat dengan lagu ini. Meski bukan termasuk sosok yang sering tampil di televisi, lagunya masih sering dibawakan sampai sekarang.

Musik-musik ciptaan Arie Wibowo biasa dibawakan dengan irama pop disko. Lagu-lagunya ciptaannya cenderung ceria, semacam “Astaga” dan “Singkong dan Keju”.

no koes lagu baru dengarkan

Lagu “Madu dan Racun” dipopulerkan oleh grup musiknya sendiri, Bill & Brod. Jika Anda ada yang masih ingat, karakter Arie Wibowo dalam video musiknya selalu mengenakan topi baret dan kacamata necis. Selain dibawakan oleh beberapa penyanyi solo, termasuk Jamal Mirdad, band J-Rocks juga pernah membawakan lagu ini dengan irama rock.

Madu di tangan kananmu … Racun di tangan kirimu … Aku tak tahu mana yang … Akan kau berikan padaku … “ Hatimu Hatiku ”, Titiek Sandhora & Muchsin Alatas Pada mulanya saya penasaran dengan video musiknya yang sering tampil berduaan, begitu pula dengan sampul album-albumnya. Ternyata mereka berdua memang sepasang suami istri.

no koes lagu baru dengarkan

Duh, romantisnya. Dua-duanya sama-sama bisa nyanyi bagus, baik saat sendiri maupun duet. Dua-duanya pun dikenal sebagai aktris dan aktor film Indonesia pada zamannya. Lagu “Hatimu Hatiku” adalah salah satu lagu duet Titiek & Muchsin yang paling populer selain “Halo Sayang”, “Dunia Belum Kiamat”, “Pertemuan Adam & Hawa”, dan “Jangan Marah”.

Hingga no koes lagu baru dengarkan ini mereka tercatat telah menelurkan empat album duet. Di era ketika popularitas lagu hanya ditopang lewat medium radio, lagu-lagu Titiek & Muchsin baru benar-benar merakyat di awal 1970-an.

Saya mengibaratkan pasangan Titiek & Muchsin ini seperti pasangan penyanyi Endah & Rhesa pada masa sekarang. Di antara hatiku hatimu … Terbentang dinding yang tinggi … Tak satu jua jendela di sana … Agar ku memandangmu … “ Benci tapi Rindu ”, Hetty Koes Endang Tante Hetty yang saya kenal dulu sering membawakan lagu-lagu pop golden hits ke dalam irama musik keroncong. Siapa yang belum pernah mendengarkan lagu “Ada Apa denganmu”-nya Peterpan versi Hetty Koes Endang? Cengkok keroncongnya punya aura yang Indonesia banget.

Selain itu, ia juga acap membawakan lagu-lagu pop Sunda. Meski lagu ini sudah dibawakan oleh banyak penyanyi, dari Ratih Purwasih, Diana Nasution, Ello (anak Diana Nasution), Titi DJ, hingga Glenn Fredly, lagu ini punya daya tarik tersendiri.

Lagu ini juga merupakan salah satu masterpiece pengarang lagu legendaris Indonesia yang sering namanya diparodikan untuk menggambarkan sifat menye-menye, seperti lagu-lagunya. Yak, dialah Rinto Harahap. Yang muka Rambo, hati Rinto, silakang ngacung. Dulu lagu ini sering saya dengarkan melalui speaker Simbadda dengan setelan bass penuh di rumah.

Menyimak indahnya versi keroncong lagu ini sambil menunggu hidangan makan siang dalam keadaan perut keroncongan sepulang sekolah adalah momen yang masih cukup berkesan sampai sekarang.

Kau datang dan pergi sesuka hatimu … Kejamnya dikau, teganya dikau, padaku … Sebenarnya masih ada beberapa lagu lagi yang ingin saya tulis. Daripada Anda keburu bosan, mending saya kasih lagu bonus yang dinyanyikan oleh grup pengamen di Telaga Warna sana. Lagu ini diciptakan Rinto Harahap juga dan pernah dipopulerkan oleh Tante Christine Panjaitan (yang masih cantik sampai-sampai bikin Om Ikang Fawzi nggak bisa move on, menurut versi Tante Marissa Haque), juga Yuni Shara, Nindy Idol, sampai band Armada.

Ini dia lagu “ Katakan Sejujurnya”! Menurut Anda yang generasi ’90-an atau lebih, apa lagu jadul paling berkesan selain yang sudah saya sebut di atas? Tidak usah menyangkal jika Anda juga termasuk salah satu yang rindu mendengarkan para pengamen menyanyikan sederet lagu-lagu lawasan tadi.
Biasanya, orang yang senang mendengarkan musik dari YouTube ingin yang lebih praktis yaitu hanya mendengarkan musiknya saja.

Baca Juga: Meninjau Hukum Properti Indonesia dari The Penthouse: Ketika Tuhan Bernilai Won Musik dan lagu saat ini sudah menjadi salah satu hiburan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Saat sedang sendirian, ataupun sedang berkumpul, mendengarkan lagu dan musik menjadi hal yang mudah dilakukan untuk menghibur.
Aplikasi Lagu Tembang Kenangan tahun 80-90an mp3 ini merupakan aplikasi pemutar musik gratis lagu tembang kenangan terpopuler untuk para pecinta lagu nostalgia dan musik kenangan.

Lagu kenangan sepanjang masa mp3 ini sangat disukai oleh remaja terutama orang dewasa. Banyak cara mencari aplikasi lagu kenangan full album ini karena kami menyediakan kumpulan semua lagu kenangan terbaru serta terbaik, dan fitur aplikasi lagu kenangan mp3 ini sangat no koes lagu baru dengarkan untuk full album tembang kenangan 90 an, kumpulan lagu tembang kenangan lengkap yang ada di aplikasi lagu kenangan hits ini semuanya akan mendapatkan update terbaru dari lagu kenangan 80-90an dan tentunya gudang lagu kenangan ini sangat bagus untuk anda.

Keunggulan dari aplikasi lagu tembang kenangan sepanjang masa terbaru ini sangat berbeda dengan aplikasi lagu kenangan indonesia lainnya, aplikasi lagu kenangan indonesia full mp3 ini sangat cepat dalam mengganti list lagu kenangan berikutnya, dan semua lagu tembang kenangan lengkap ini juga mempunyai kualitas musik nostalgia QHD.

Fitur Aplikasi :  Suara sangat Jernih  Dapat di putar secara offline / online  Mode repeat / shuffle / Pause  Putar ulang otomatis  Sekali Play putar sampai Selesai  Cobalah Dengarkan Menggunakan Headphone / Headset / Salon Aktif  Bisa Kamu Bagikan Ke media sosial kalian atau ke teman kalian  Putar di latar belakang tanpa mengganggu aktifitas Layar utama  Tampilan menarik dan mudah di gunakan Daftar Top Penyanyi : • Betharia Sonata • Broery Marantika • Christine Panjaitan • Chrisye • Cici Paramida • Desi Ratnasari • Dewi Yull • D'LLOYD • Doel Sumbang • Ebit G Ade • Gito Rollies • God Bless • Gombloh • Iis Sugianto • Inka Christie • Koes Plus • Nia Daniaty • Nicky Astria • Nike Ardila no koes lagu baru dengarkan Panbers • Pance Pondang • Tommy J Pissa • Vanny Vabiola • Yuni Shara Disclaimer : Hak cipta dari lagu-lagu dalam aplikasi ini adalah sepenuhnya milik pencipta, musisi dan label musik yang bersangkutan.

Penggunaan lagu semata-mata untuk kepentingan hiburan masyarakat edukasi akan budaya bangsa. Jika anda adalah pemegang hak cipta lagu yang terdapat di aplikasi ini dan tidak berkenan lagu anda ditampilkan, silahkan hubungi kami melalui email developer dan beritahu kami tentang status kepemilikan anda atas lagu tersebut.

Lagu Terbaik No Koes




2022 www.videocon.com