Rumus luas permukaan balok

rumus luas permukaan balok

Dan bangun balok terdiri dari yaitu panjang (rusuk) balok, lebardan tinggi balok. Balok memiliki enam buah bidang sisi yaitu : • Sisi bagian atas • Sisi bagian bawah • Sisi bagian kanan • Sisi bagian kiri • Sisi bagian depan • Sisi bagian belakang jika sebuah balok dibuka pada sisinya lalu kemudian digambar secara mendatar maka akan membuntuk sebuah jaring jaring balok.

Luas dari jaring-jaring balok itulah yang akan kita hitung luas permukaannya. Rumus Luas Permukaan Balok Dengan menganggap p yaitu panjang dari balok, l ialah lebar balok, t yaitu tinggi balok seperti dilihat pada gambar di atas, maka menghitung luas permukaan balok adalah dengan cara membayangkan dahulu membuka selimut balok menjadi jaring-jaring balok. Kemudian gunaka rumus luas permukaan balok seperti dibawah ini 2 ( panjang.

lebar ) + 2( panjang. tinggi ) + 2 ( lebar. tinggi ) = 2pl + 2pt rumus luas permukaan balok 2lt = 2 ( p. l + p .

rumus luas permukaan balok

t + l. t ) Namun rumus didalam balok buka hanya rumus luas permukaan saja, tetapi ada beberapa rumus lainya yang harus diketahui agar memudahkan mengerjakan soal tentang balok, Berikut adalah rumusnya Rumus Luas Alas Balok Luas alas = p x l Rumus Luas Sisi Samping Balok Luas sisi samping = p x t Rumus Luas Sisi Depan Atau Belakang Balok Luas sisi depan = l x t Contoh Soal Untuk memudahka pemahaman, dibawah ini adalah beberapa contoh soal luas permukaan balok untuk menjadi referensi dalam memahami luas permukaan balok Contoh Soal 1: Menghitung Luas Balok Hitung luas selimut/permukaan balok dibawah ini Jawab : Diketahui : panjang = 10 cm lebar = rumus luas permukaan balok cm tinggi = 4 cm L = 2 x ( p x l + p x t + l x t ) = 2 x (10×5 + 10×4 + 5×4) = 2 x (50 + 40 + 20) = 2 x (110) = 220 cm2 Maka, luas permukaan balok adalah 220 cm2.

Contoh Soal 2 Sebuah balok mempunyai panjang 8 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 2 cm. Hitunglah Luas permukaan balok itu Diketahui : Panjang 8 cm Lebar 5 cm Tinggi 2 cm L = 2 x ( p x l + p x t + l x t ) = 2 x (8×5 + 8×2 + 5×2) = 2 x (40 + 16 + 10) = 2 x (66) = 132 cm2 Maka, luas permukaan balok adalah 132 cm2.

Demikianlah pembahasan mengenai luas permukaan balok, Semoga bermanfaat Artikel Lainya : • Rumus Luas Permukaan Tabung, Luas Alas, Luas Selimut, Volume dan Contoh Soal • Perbandingan Trigonometri : Sudut Istimewa, Identitas, Kuadran, dan Contoh Soal • Persamaan Trigonometri : Rumus dan Contoh Soal • Segitiga Sama Kaki : Sifat, Rumus, Gambar, dan Contoh Soal Tulisan Terbaru • Rumusan Dasar Negara yang Otentik Terdapat rumus luas permukaan balok • Iklim Schmidt Ferguson • Iklim Koppen • Gangguan Pada Hati • Iklim Fisis • Sistem Sosial • Contoh Masalah Sosial • Kesenjangan Sosial • Gangguan Pada Usus Besar • Iklim Oldeman • Rumus Trapesium – Pengertian, Jenis, Keliling, Luas, Beserta Contohnya • Perbedaan Etika dan Moral • Perbedaan Debit Dan Kredit • Perbedaan CV dan PT • Bagian Bagian Pada Telinga Beserta Gambar dan Fungsinya Rumus volume balok adalah cara untuk menghitung volume balok dengan mencari dimensi panjang, lebar, dan tinggi balok.

Pelajari selengkapnya di sini! Kamu mungkin tidak asing dengan balok dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, bangun ruang yang satu ini erat sebagai bahan material bangunan dan juga ada di pelajaran matematika. Penerapan balok di sekolah bisa berupa penghapus papan tulis. Sedangkan pada kegunaan lainnya bisa jadi balok kayu, kolom dan sejenisnya Untuk itu, agar fungsi dan kegunaan balok sesuai dengan kebutuhan diperlukan rumus volume balok yang tepat. Berikut ini ulasan selengkapnya terkait rumus volume balok dan luas permukaan balok beserta contohnya.Apa Itu Balok?

Melansir dari Website Geometri jurusan MIPA Universitas Gadjah Mada (UGM), balok didefinisikan sebagai bangun ruang. Balok memiliki 6 bidang sisi, 12 rusuk, 8 titik sudut, 4 diagonal ruang, dan 12 diagonal bidang. Namun demikian, rumus yang digunakan untuk menghitung volume balok berbeda dengan cara mencari volume kubus. Sebab kubus memiliki sisi yang sama sedangkan balok berbeda.

rumus luas permukaan balok

Sehingga rumus volume keduanya berbeda.Ciri-Ciri Balok Adapun ciri-ciri dari balok adalah: 1. Memiliki total 12 rusuk, terdiri dari 4 rusuk panjang, 4 rusuk lebar, dan 4 rusuk tinggi. 2. Sisi balok berbentuk persegi panjang atau gabungan persegi panjang dan persegi. 3. Memiliki 6 sisi, terdiri dari 3 pasang, yaitu sisi depan-belakang, atas-bawah, dan kiri-kanan. 4. Ada total 8 sudut yang dimiliki balok. 5. Memiliki 4 diagonal ruang yang sama panjang 6. Memiliki 12 diagonal sisi yang terdiri dari 3 diagonal yang sama panjang di setiap sisinya.Rumus Volume Balok Rumus yang digunakan untuk menghitung volume balok adalah dengan menghitung sisi yang sama panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t).

Volume balok = luas alas x tinggi V = p x l x t Jadi, volume balok = p x l x tRumus Mencari Volume Balok Mengutip dari katadata.co.id, rumus mencari volume balok bisa menghasilkan rumus luas permukaan balok luas permukaan balok.

Rumus volume balok adalah V = p x l x t dimana setiap dimensi memiliki satuan yang sama. Satuan panjang volume adalah centimeter kubik (cm3) atau meter kubik (m3). Ada juga luas permukaan balok yang memiliki 6 sisi terdiri dari 3 pasang sisi yang saling berhadapan sesuai bentuk dan ukuran yang sama.

Luas permukaan balok adalah luas seluruh bidang pada sisi balok. Perhatikan ulasan berikut: Pada balok ABCD.EFGH : 1. Sisi ABCD berhadapan dengan sisi EFGH. AB = CD = EF = GH = panjang balok = p. BC = AD = FG = EH = lebar balok = l. Luas sisi ABCD dan EFGH = 2 p l 2. Sisi ADHE berhadapan dengan sisi BCGF. AD = EH = BC = GF = lebar balok = l. AE = DH = BF = CG = tinggi balok = t. Luas sisi ADHE dan BCGF = 2 l x t 3. Sisi ABFE berhadapan dengan sisi DCGH.

AB = EF = DC = GH = panjang balok = p. AE = BF = DH = CG = tinggi balok = t. Luas sisi ABFE dan DCGH = 2 p x t Jadi luas permukaan balok = luas sisi ABCD + luas sisi EFGH + luas sisi ADHE + luas sisi BCGF + luas sisi ABFE + luas sisi DCGH = 2 x p x l + 2 x l x t + 2 x p x t = 2 ( pl + lt + pt) Jadi, rumus luas permukaan balok rumus luas permukaan balok = 2 ( pl + lt + pt)Contoh Soal Rumus Volume Balok Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengerjakan contoh soal volume balok tergantung bagian yang diketahui.

1.

rumus luas permukaan balok

Contoh Soal Pertama Diketahui luas permukaan balok, yaitu: p: 12 m l: 7 m t: 5 m Ditanya: Lantas berapa rumus volume balok yang dihasilkan? Dijawab: V= p x l x t V= 12 x 7 x 5 V= 420 m3 Jadi, volume dari balok di atas adalah 420 m3 2. Contoh Soal Kedua Diketahui: Volume balok: 105 cm3 t: 5 cm p: 7 cm Ditanya: Berapa luas permukaan balok?

Dijawab: V= p x l x t 105= 7 x l x 5 105= 35 x l l= 105:35 l= 3 Jadi, luas permukaan balok pada soal di atas rumus luas permukaan balok 3 cm.

Demikian informasi terkaitrumus volume balok dan luas permukaan balok serta contoh soalnya. Semoga bermanfaat, ya. Kamu juga bisa dapatkan artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com. Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, karena Rumah123.comserta99.co selalu#AdaBuatKamu.]]> Rumus Volume Balok dan Luas Permukaan Balok Serta Contoh Soalnya Rumus Volume Balok dan Luas Permukaan Balok Serta Contoh Soalnya Rumus Volume Balok dan Luas Permukaan Balok Serta Contoh Soalnya Rumus Volume Balok dan Luas Permukaan Balok Serta Contoh Soalnya Rumus Volume Balok dan Luas Permukaan Balok Serta Contoh Soalnya
Kalo di artikel sebelumnya kita udah bahas mengenai kubus, sekarang kita move on ke jenis bangun ruang selanjutnya yaitu Balok sehingga kita butuh tau rumus balok.

Penerapan dari balok sendiri juga banyak kita temukan di kehidupan sehari-hari, seperti penghapus papan tulis, balok kayu, kolom, dan lain-lain. Yuk, langsung kita mulai aja! Ilustrasi bangun ruang balok dalam bentuk batu bata (Dok. Pixabay) Dilansir dari website Geometri jurusan MIPA Universitas Gadjah Mada (UGM), balok didefinisikan sebagai bangun ruang yang dibatasi dengan 6 bidang berbentuk persegi atau persegi panjang atau keduanya, serta memiliki 12 rusuk, dan 8 titik sudut.

Rumus luas permukaan balok, apa bedanya dengan kubus? Nah untuk lebih lengkapnya, pada artikel rumus balok ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri balok, rumus luas permukaan balok, rumus volume balok, dan juga contoh soalnya, jadi baca artikel ini sampe abis ya 🙂 Ciri-ciri Balok Salah satu hal yang paling membedakan antara kubus dan balok adalah, kalau kubus panjang semua rusuknya sama, karena terdiri dari bidang berbentuk persegi, sementara hal ini tidak berlaku pada balok.

Sehingga rumus balok berbeda dengan kubus, Sobat Zenius. Ilustrasi Perbedaan Balok dengan Persegi adalah Adanya Sisi Persegi Panjang. (Arsip Zenius) Balok biasanya terdiri dari 3 pasang yang berbentuk persegi atau pun persegi panjang, di mana minimal 1 pasang diantaranya memiliki ukuran yang berbeda. Berikut di bawah ini ciri-ciri balok lebih lengkap: • Memiliki total 12 rusuk, yang terdiri dari 4 rusuk panjang, 4 rusuk lebar, dan 4 rusuk tinggi.

• Sisi balok berbentuk persegi panjang atau persegi panjang dan persegi. • Memiliki 6 sisi, yang terdiri dari 3 pasang, yaitu sisi depan-belakang, sisi atas-bawah, dan sisi kiri-kanan.

• Memiliki total 8 sudut. • Memiliki 12 diagonal sisi yang terdiri dari 3 diagonal yang sama panjang untuk setiap pasangan sisi. • Memiliki 4 diagonal ruang yang sama panjang.

Jaring-Jaring Balok Nah, setelah mengetahui ciri-cirinya, mari kita membahas lebih lanjut mengenai jaring-jaring balok. Sejatinya, jaring-jaring balok merupakan sisi-sisi balok yang direntangkan dengan mengikuti rusuk-rusuknya. Buat Sobat Zenius yang ingin mengetahui jaring-jaring balok sebenarnya bisa dilakukan dengan membongkar kardus yang berbentuk balok. Dari situ, elo akan memahami jaring-jaringnya dengan baik. Supaya elo ada gambaran, gue punya beberapa gambar jaring-jaring balok di bawah ini: Ilustrasi jaring-jaring balok (Dok.

rumus luas permukaan balok

bobo.grid.id) Rumus Luas Permukaan Balok Karena merupakan bangun ruang, balok dapat dihitung isi dan permukaannya. Untuk menghitung isi balok elo bisa menggunakan rumus volume balok dan menghitung permukaan menggunakan rumus luas balok. Pertama, elo akan berkenalan dengan rumus luas permukaan balok yang disusun sebagai berikut: Rumus Luas Permukaan Balok (Arsip Zenius) Keterangan: L = luas permukaan ( ) p = panjang (m) l = lebar (m) t = tinggi (m) Sama halnya dengan kubus, rumus luas permukaan balok ini juga sebenarnya kalo kita paham konsep dari bangun ruang balok, kita bisa dengan mudah mengingatnya.

Balok memiliki karakteristik memiliki 3 pasang bangun datar yang berukuran sama, itulah kenapa setiap sisi pada rumus luas permukaan balok dikalikan rumus luas permukaan balok 2. Rumus Volume Balok Secara matematis, rumus volume balok disusun sebagai berikut: Rumus Volume Balok (Arsip Zenius) Keterangan: V= Volume ( ); p= panjang (m); l=lebar (m); t=tinggi (m). Begitu juga dengan balok, kalo kubus rumus volumenya ,kalo pada rumus balok, maka rumus nya jadi panjang x lebar x tinggi, karena ukuran ketiganya nya tidak sama, atau minimal 1 sisi memiliki ukuran yang berbeda.

Rumus Menghitung Diagonal Balok Selain rumus luas dan volume balok, gue juga rumus luas permukaan balok berbagi tentang rumus menghitung diagonal bidang, ruang dan luas bidang diagonal. Rumus Diagonal Bidang Balok Rumus diagonal bidang balok. (Arsip Zenius) Rumus Diagonal Ruang Balok Rumus diagonal ruang balok. (Arsip Zenius) Rumus Luas Bidang Diagonal Balok Rumus luas bidang diagonal balok.

(Arsip Zenius) Contoh Balok dalam Kehidupan Sehari-hari Nah, di atas kita sudah tahu, nih, rumus-rumus balok. Namun, tahukah elo kira-kira apa saja, sih, barang atau benda yang memiliki bangun ruang balok dalam kehidupan sehari-hari.

rumus luas permukaan balok

Saat sekolah, beberapa dari Sobat Zenius pasti ada yang memakai tempat pensil di kelas. Nah, tempat pensil itu ternyata bangun ruangnya itu balok, lho!

rumus luas permukaan balok

Nggak cuman tempat pensil, masih ada banyak sekali benda-benda yang mempunyai bangun ruang balok seperti lemari, kulkas, batu bata, kardus sepatu, hingga akuarium. Lemari Berbentuk Balok (Dok. Pixabay) Kurang lebih itu guys pembahasan mengenai rumus balok dan cara menghitungnya, mudah bukan?

Kalo elo mau liat pembahasan mengenai bangun ruang balok dalam bentuk video singkat dan dijelasin oleh tutor matematika dari Zenius. Elo juga bisa banget akses videonya di materi bangun ruang balok secara gratis lho! Cuma perlu login. Semoga artikel ini membantu kalian ya guys, selamat belajar!

Baca Juga Artikel Matematika Lainnya Kumpulan Rumus Matematika Lengkap Cara Mudah Menghitung Persen Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty Date: February 6, 2021 3.2.

Related posts: Pengertian Luas permukaan balok Luas permukaan balok ialah luas keseluruhan dari permukaan ataupun bidang sisi pada balok. Balok mempunyai enam buah sisi yaitu sisi atas, sisi kanan, sisi bawah, sisi kiri, sisi depan dan sisi belakang. Apabila sisi-sisi balok kita gambarkan mendatar maka akan terbentuk sebuah jaring-jaring balok.luas dari jaring-jaring rumus luas permukaan balok itu lah yang disebut sebagai luas permukaan balok.

rumus luas permukaan balok

Pada gambar di atas p ialah panjang (rusuk) balok, l ialah lebar balok, dan t ialah tinggi balok.kita akan membahas secara detail dan rinci mengenai bagaimana cara menghitung luas permukaan balok termasuk menghitung luas alas balok berdasarkan luas selimut balok. Rumus Luas Permukaan Balok Luas permukaan balok dapat ketahui menggunakan rumus balok : Luas Permukaan Balok = 2 (pl + pt + lt) p ialah panjang dari balok, l ialah lebar balok, dan t ialah tinggi balok seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, maka untuk menghitung luas permukaan balok kita bayangkan dahulu membuka selimut balok tersebut jadi jaring-jaring balok.

Untuk lebih mudahnyarumus luas permukaan balok kita mempunyai balok dengan panjang 7 satuan, lebar 4 satuan dan tinggi 2 satuan. Maka bisa menggambarkan jaring jaring balok tersebut Dari link jaring jaring diatas, bisa di lihat bahwa setiap sisi mempunyai pasangan (ada 2 sisi sama, 2 sisi yang berwarna biru, 2 sisi yang berwarna kuning dan 2 sisi yang berwarna hijau ), sehingga kita bisa menghitung luas balok Contoh Soal Permukaan Balok Luas Permukaan Balok = 2 (pl+pt+lt) = 2 x ( 30×14 ) + ( 20×10 ) + ( 14×10 ) = 2 x ( 420 + 200 + 140 ) = 2 x 760 = 1240 cm2 jadi luas permukaan balok tersebut ialah 1,520 cm2 Contoh Soal 2 Apabila sebuah balok mempunyai volume 480cm3 dengan panjang dan lebar sisi berturut-turut 20cm dan 8cm.

jadi berapakah tinggi dari balok tersebut?

rumus luas permukaan balok

Dan berapakah jumlah luas permukaannya? Penyelesaian: Diketahui: Volume = 480 cm3 P = 20 L = 8 Contoh soal 3 Apabila di ketahui luas permukaan dari sebuah balok ialah 202cm3 hitunglah lebar dari balok itu jika memiliki panjang yaitu 5 cm dan tingginya adalah 2cm. Penyelesaian: Luas Permukaan balok = 2 (5l + (5×2) + (2l) 202 cm3 = 2 ( 10+7l ) 202 cm3 = 20 + 14l 202-20 = 14l 182 = 14l l = 182/14 l = 13cm jadi lebar dari balok ialah 13cm Artikel terkait : • Rumus Luas Prisma • Rumus Luas Lingkaran Related posts: • Poligon • Rumus Luas Permukaan Kerucut Beserta Contoh Soal • Aturan Cosinus Rumus luas permukaan balok in Rumus Balok, Rumus Matematika Tagged contoh soal luas permukaan balok, luas permukaan balok tanpa tutup, luas permukaan kubus, luas permukaan prisma, luas permukaan tabung, rumus luas alas balok, rumus luas permukaan balok dan kubus, volume balok Artikel Terbaru • Pola Aliran Sungai • Massa Jenis Minyak • Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 • Fungsi Umum dan Khusus Pancasila • Contoh Hipotesis Dalam Penelitian • Manfaat dan Tujuan Penelitian • Contoh Rumusan Masalah • Cara Membuat Abstrak Dalam Penelitian • Ideologi Pancasila • Aplikasi Penghasil Uang Terbukti Membayar
Rumus volume balok adalah cara untuk menghitung volume balok dengan mencari dimensi panjang, lebar, dan tinggi balok.

Pelajari selengkapnya di sini! Kamu mungkin rumus luas permukaan balok asing dengan balok dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, bangun ruang yang satu ini erat sebagai bahan material bangunan dan juga ada di pelajaran matematika. Penerapan balok di sekolah bisa berupa penghapus papan tulis. Sedangkan pada kegunaan lainnya bisa jadi balok kayu, kolom dan sejenisnya Untuk itu, agar fungsi dan kegunaan balok sesuai dengan kebutuhan diperlukan rumus volume balok yang tepat. Berikut ini ulasan selengkapnya terkait rumus volume balok dan luas permukaan balok beserta contohnya. Apa Itu Balok? Melansir dari Website Geometri jurusan MIPA Universitas Gadjah Mada (UGM), balok didefinisikan sebagai bangun ruang.

Balok memiliki 6 bidang sisi, 12 rusuk, 8 titik sudut, 4 diagonal ruang, dan 12 diagonal bidang. Namun demikian, rumus yang digunakan untuk menghitung volume balok berbeda dengan cara mencari volume kubus. Sebab kubus memiliki sisi yang sama sedangkan balok berbeda. Sehingga rumus volume keduanya berbeda. Ciri-Ciri Balok Adapun ciri-ciri dari balok adalah: 1.

Memiliki total 12 rusuk, terdiri dari 4 rusuk panjang, 4 rusuk lebar, dan 4 rusuk tinggi. 2. Sisi balok berbentuk persegi panjang atau gabungan persegi panjang dan persegi. 3. Memiliki 6 sisi, terdiri dari 3 pasang, yaitu sisi depan-belakang, atas-bawah, dan kiri-kanan. 4. Ada total 8 sudut yang dimiliki balok. 5. Memiliki 4 diagonal ruang yang sama panjang 6. Memiliki 12 diagonal sisi yang terdiri dari 3 diagonal yang sama panjang di setiap sisinya. Rumus Volume Balok Sumber: Detik.com Mengutip dari katadata.co.id, rumus mencari volume balok bisa menghasilkan rumus luas permukaan balok. Rumus volume balok adalah V = p x l x t dimana setiap dimensi memiliki satuan yang sama. Satuan panjang volume adalah centimeter kubik (cm3) atau meter kubik (m3). Ada juga luas permukaan balok yang memiliki 6 sisi terdiri dari 3 pasang sisi yang saling berhadapan sesuai bentuk dan ukuran yang sama. Luas permukaan balok adalah luas seluruh bidang pada sisi balok.

Perhatikan ulasan berikut: Pada balok ABCD.EFGH : 1. Sisi ABCD berhadapan dengan sisi EFGH. AB = CD = EF = GH = panjang balok = p. BC = AD = FG = EH = lebar balok = l. Luas sisi ABCD dan EFGH = 2 × × p l 2. Sisi ADHE berhadapan dengan sisi BCGF. AD = EH = BC = GF = lebar balok = l. AE = DH = BF = CG = tinggi balok = t. Luas sisi ADHE dan BCGF = 2 × l x t rumus luas permukaan balok.

Sisi ABFE berhadapan dengan sisi DCGH. AB = EF = DC = GH = panjang balok = p. AE = BF = DH = CG = tinggi balok = t. Luas sisi ABFE dan DCGH = 2 × p x t Jadi luas permukaan balok = luas sisi ABCD + luas sisi EFGH + luas sisi ADHE + luas sisi BCGF + luas sisi ABFE + luas sisi DCGH = 2 x p x l + 2 x l x t + 2 x p x t = 2 ( pl + lt + pt) Jadi, rumus luas permukaan balok adalah = 2 ( pl + lt + pt) Contoh Soal Rumus Volume Balok Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengerjakan contoh soal volume balok tergantung bagian yang diketahui. 1.

Contoh Soal Pertama Diketahui luas permukaan balok, yaitu: p: 12 m l: 7 m t: 5 m Ditanya: Lantas berapa rumus volume balok yang dihasilkan? Dijawab: V= p x l x t V= 12 x 7 x 5 V= 420 m3 Jadi, volume dari balok di atas adalah 420 m3 2. Contoh Soal Kedua Diketahui: Volume balok: 105 cm3 t: 5 cm p: 7 cm Ditanya: Berapa luas permukaan balok? Dijawab: V= p x l x t 105= 7 x l x 5 105= 35 x l l= 105:35 l= 3 Jadi, luas permukaan balok pada soal di atas adalah 3 cm.

Demikian informasi terkait rumus volume balok dan luas permukaan balok serta contoh soalnya. Semoga bermanfaat, ya. Kamu juga bisa dapatkan artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com. Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, karena Rumah123.com serta 99.co selalu #AdaBuatKamu.
KOMPAS.com - Balok adalah salah satu bangun ruang tiga dimensi yang sebenarnya tergolong ke dalam prisma.

rumus luas permukaan balok

Balok memiliki satu alas dan satu tutup yang dapat berbentuk persegi maupun persegi panjang. Balok juga memiliki empat buah sisi yang berbentuk persegi panjang. Bentuk balok sangat akrab dalam kehidupan manusia. Kamu dapat menjumpai banyak benda berbentuk balok di lingkungan sekitarmu. Dilansir dari Splash Learn, balok atau bisa juga disebut prisma balok adalah bangun ruang yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya kardus sepatu, lemari, kontainer mobil pengangkut barang, kotak sereal, kotak susu UHT, balok kayu, tempat pensil, kotak surat, laci meja, kotak makanan, buku, kemasan berbagai benda, batu bata, televisi, dan juga handphone.

Seperti bangun ruang lainnya, balok dapat dihitung luas permukaannya. Balok memiliki enam buah sisi persegi di permukaannya. Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Area permukaan balok Luas permukaan Balok = jumlah luas sisi balok = (p x l) + (p x t) + (l x t) + (p x l) + rumus luas permukaan balok x t) + (l x t) = 2 x {(p x l) + (p x t) + (l x t)} Baca juga: Cara Menghitung Luas Permukaan Bola Untuk lebih memahami bagaimana cara menghitung luas permukaan balok, yuk kita simak pembahasan soal berikut ini!

Contoh Rumus luas permukaan balok 1. Hitunglah luas permukaan balok jika diketahui panjangnya adalah 12 cm, lebarnya 6 cm, dan tingginya 8 cm!Mengutip buku Kajian Matematika SD oleh Yayuk & Prasetyo (2018), balok merupakan bangun ruang berbentuk tiga dimensi yang disusun oleh dua pasang persegi panjang, di mana pada kedua ujungnya berbentuk persegi panjang atau persegi.

Ada pula balok yang tidak mempunyai tutup. Lalu, bagaimana rumus luas permukaan balok tanpa tutup ?
Contoh Soal Pengertian Luas Permukaan Balok Luas permukaan balok adalah sebuah jumlah luas keseluruhan dari permukaan atau bidang sisi pada balok tersebut. Selain itu, Bangun balok terdiri dari panjang (rusuk) balok, lebar, dan tinggi balok. Balok mempunyai enam buah bidang sisi adalah : • Sisi bagian atas • Sisi bagian bawah • Sisi bagian kanan • Sisi bagian kiri • Sisi bagian depan • Sisi bagian belakang Apabila balok dibuka pada sisinya lalu digambar secara mendatar sehingga akan membuntuk jaring jaring balok.

Untuk Luas dari jaring-jaring balok itulah yang akan kita hitung luas permukaannya. Baca Juga : Luas Segitiga Siku Siku Rumus Luas Permukaan Balok Menganggap p adalah panjang dari balok, l yaitu lebar balok, t adalah tinggi balok. Maka untuk menghitung luas permukaan balok yaitu dengan cara membayangkan dahulu. Kemudian membuka selimut balok dan akan menjadi jaring-jaring balok. Lalu gunakan rumus luas permukaan balok seperti dibawah ini.

2 ( panjang. lebar ) + 2( panjang .

rumus luas permukaan balok

tinggi ) + 2 ( lebar. tinggi ) = 2pl + 2pt + 2lt = 2 ( p. l + p. t + l. t ) Tetapi untuk rumus didalam balok buka hanya rumus luas permukaan saja. Namun ada juga beberapa rumus lainnya yang perlu diketahui agar memudahkan dalam mengerjakan soal balok, Berikut yaitu rumusnya.

Rumus Luas Alas Balok Luas alas = p x l Rumus Luas Sisi Samping Balok Luas sisi samping = p x t Rumus Luas Sisi Depan Atau Belakang Balok Luas sisi depan = l x t Contoh Soal Dibawah ini yaitu beberapa contoh soal luas permukaan balok. Contoh Soal 1: Menghitung Luas Balok Hitung luas selimut/permukaan balok dibawah ini. Jawab : Diketahui : panjang = 10 cm lebar = 5 cm tinggi = 4 cm L = 2 x ( p x l + p x t + l x t ) = 2 x (10×5 + 10×4 + 5×4) = 2 x (50 + 40 + 20) = 2 x (110) = 220 cm2 Maka, luas permukaan balok yaitu 220 cm2.

Baca Juga : Rumus Volume Balok Contoh Soal 2 Terdapat sebuah balok memiliki panjang 8 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 2 cm. Maka anda hitunglah Luas permukaan balok tersebut. Diketahui : Panjang 8 cm Lebar 5 cm Tinggi 2 cm L = 2 x ( p x l + p x t + l x t ) = 2 x (8×5 + 8×2 + 5×2) = 2 x (40 + 16 + 10) = 2 x (66) = 132 cm2 Maka, luas permukaan rumus luas permukaan balok yaitu 132 cm2.

Demikian pembahasan mengenai luas permukaan balok. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima Kasih

Menghitung Luas Permukaan Balok Tanpa Tutup




2022 www.videocon.com