Tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

MURIANEWS, Kudus- Rambu lalu lintas adalah salah satu sarana yang ditempatkan di sepanjang ruas jalan raya dengan tujuan menjaga keamanan seluruh pengguna jalan. Oleh sebab itu, semua pengendara wajib hukumnya untuk mematuhi rambu lalu lintas tersebut. Sejauh ini, ada cukup banyak jenis rambu tuliskan arti dari masing-masing rambu ini lintas yang dipasang di jalan raya serta jalan tol.

Masing-masing rambu lalu lintas ini memiliki arti berbeda. Rambu lalu lintas yang ada tidak hanya berupa gambar saja. Namun, ada rambu yang hanya berisikan lambang huruf, angka atau kata-kata. Baca juga: Ketahui Lima Jenis Marka Jalan dan Fungsinya, Harap Perhatikan saat Berkendara Dilansir dari laman Auto2000, rambu lalu lintas yang diterapkan di Indonesia ternyata dibagi menjadi beberapa kelompok.

Pengelompokan ini dibagi berdasarkan arti dari masing-masing rambu. Ada yang menunjukkan peringatan, larangan, perintah, tuliskan arti dari masing-masing rambu ini petunjuk. 1. Rambu Peringatan Kelompok rambu lalu lintas yang pertama adalah rambu peringatan. Rambu peringatan berfungsi untuk memberikan peringatan akan kemungkinan terjadinya bahaya bagi pengguna jalan. Jika melihat rambu seperti ini di jalan, maka Anda perlu lebih berhati hati dan bersiap akan jalanan yang tidak rata.

Rambu jenis ini bisa dikenali dari warna dasar yang digunakan, yakni kuning dengan tulisan atau lambang berwarna hitam. Selain itu, terdapat gambar rambu lalu lintas seperti tanda arah. Berikut beberapa contoh rambu peringatan dan artinya. Rambu Belok Kiri Rambu dengan kode 1a ini memiliki bentuk belah ketupat dengan warna dasar kuning dan lambang panah ke kiri.

Artinya, jalanan akan menikung ke arah kiri. Rambu Belok Kanan Rambu dengan kode 1b ini memiliki bentuk belah ketupat dengan warna dasar kuning dan lambang panah ke kanan. Artinya, jalanan akan menikung ke arah kanan. Rambu Turunan Bergambar sebuah mobil yang melalui turunan. Artinya, di depan akan ada turunan. Rambu Turunan Curam Bergambar sebuah mobil yang melalui turunan curam. Artinya, di depan akan ada turunan curam. Rambu Tanjakan Bergambar sebuah mobil yang melalui tanjakan.

Artinya, di depan akan ada tanjakan. Rambu Tanjakan Curam Bergambar sebuah mobil yang melalui tanjakan curam. Artinya, di depan akan ada tanjakan curam. 2. Rambu Larangan Kelompok rambu lalu lintas selanjutnya adalah rambu larangan.

Rambu ini berfungsi sebagai peringatan larangan akan hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh pengguna jalan. Cirinya adalah berwarna dasar putih dengan tulisan atau lambang berwarna merah, biasanya juga disertai lingkaran atau garis berwarna merah.

Berikut rambu lalu lintas beserta artinya pada kelompok rambu larangan. Rambu Stop Rambu stop memiliki arti rambu lalu lintas yang mewajibkan Anda berhenti sesaat, sebelum mendapat kode untuk meneruskan perjalanan.

Rambu ini pastinya sering dilihat oleh pengguna jalan. Rambu Dilarang Masuk Berbentuk bulat dengan warna dasar merah dan garis horizontal putih di bagian tengah. Rambu larangan ini memiliki arti bahwa Anda tidak boleh masuk ke kawasan tersebut.

Bagi pengemudi kendaraan bermotor, cobalah lebih sering memperhatikan rambu larangan ini karena ada berbagai macam daerah batasan yang tidak boleh dilalui oleh kendaraan bermotor.

Rambu Dilarang Parkir dan Berhenti Berbentuk bulat dengan warna putih sebagai dasarnya dan huruf p dicoret.

Artinya, Anda dilarang parkir. Untuk rambu dilarang berhenti, terdapat huruf s dicoret. Keduanya memiliki garis tepi yang berwarna merah. Rambu Larangan Isyarat Suara Berbentuk bulat dengan warna dasar putih dan lambang “terompet” yang dicoret garis merah. Artinya, Anda dilarang mengeluarkan isyarat suara (klakson). 3. Rambu Perintah Selanjutnya ada kelompok rambu perintah. Rambu-rambu lalu lintas ini berisi perintah yang harus ditaati oleh pengguna jalan.

Bentuknya bundar berwarna biru serta memiliki tulisan atau lambang berwarna putih. Rambu Bundaran Berbentuk bundar dengan warna dasar biru dan arah panah melingkar. Artinya, Anda harus mengikuti arah yang ditentukan bundaran. Rambu Pejalan Kaki Berbentuk bundar berwarna biru dengan lambang dua orang berwarna putih. Artinya, wajib untuk pejalan kaki. Rambu Kecepatan Minimum Berbentuk bundar dengan warna dasar biru dan angka kecepatan berwarna putih, menunjukkan kecepatan minimum yang diwajibkan.

Rambu Lepas Kecepatan Minimum Berbentuk bulat dengan warna dasar biru dan angka kecepatan yang dicoret garis merah, menunjukkan batas akhir kecepatan minimum yang diwajibkan. 4. Rambu Petunjuk Rambu petunjuk digunakan untuk menunjukkan jurusan sekaligus sebagai penegas jurusan dan petunjuk arah untuk mencapai suatu tujuan, entah itu suatu kota, daerah, maupun wilayah.

tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

Rambu satu ini menggunakan warna dasar hijau dengan tulisan atau lambang berwarna putih. Untuk petunjuk objek wisata, rambu lalu lintas menggunakan warna dasar coklat dengan tulisan atau lambang putih. Sedangkan rambu lalu lintas yang menunjukkan fasilitas umum atau perbatasan wilayah memiliki warna dasar biru. Berikut rambu lalu lintas dan artinya pada kelompok rambu petunjuk. Rambu Petunjuk Jurusan di Persimpangan Merupakan rambu pendahulu petunjuk jurusan pada persimpangan di depan.

Rambu Petunjuk Jurusan Arah Daerah Merupakan rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menunjukkan arah daerah. Rambu Petunjuk Objek Wisata Berbentuk serupa tanda panah dengan warna dasar coklat dan tulisan putih, menunjukkan arah menuju objek wisata. Rambu Awal Batas Daerah Berbentuk persegi panjang dengan warna biru dan tulisan putih, menunjukkan awal batas sebuah daerah.

5. Papan Tambahan Kelompok rambu lalu lintas berikutnya adalah papan tambahan. Papan tambahan ini berfungsi untuk menyatakan suatu kondisi yang hanya berlaku pada saat-saat tertentu, jarak tertentu, dan jenis kendaraan tertentu.

Papan tambahan adalah alat bantu untuk melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada situasi tertentu, misalnya kecelakaan lalu lintas. Untuk menggunakannya, papan tambahan dipasang kurang lebih 5-10 cm dari sisi terbawah rambu dengan lebar papan tidak melebihi rambu.

Papan tambahan harus menggunakan warna dasar putih dengan bingkai dan tulisan berwarna hitam. Isi informasi dalam papan tambahan harus berkaitan dengan rambu. Pesan juga harus singkat dan mudah dipahami oleh seluruh pengguna jalan.

Berikut beberapa contoh papan tambahan rambu lalu lintas dan juga artinya yang sering digunakan. Papan Jenis Kendaraan Papan tambahan jenis ini memuat informasi tentang jenis kendaraan yang boleh melintas di jalan tersebut.

Misalnya, papan “Khusus Bus” menunjukkan bahwa jalan tersebut hanya diperuntukkan bagi bus. Papan Berlakunya Rambu Papan tambahan jenis ini memuat informasi terkait seberapa jauh jarak berlakunya rambu. Misalnya, jika pada papan tertulis lambang panah ke kanan 10 meter, maka rambu yang bersangkutan berlaku di sepanjang 10 meter bagian kanan rambu. Papan Durasi Berlakunya Rambu Papan ini memuat informasi mengenai durasi berlakunya rambu.

Misalnya, papan “06.00-09.00” memiliki arti bahwa rambu tersebut berlaku mulai pukul 06.00 hingga 09.00. Di luar jam tersebut, rambu tidak berlaku lagi. Papan Peringatan Papan ini memuat peringatan yang berkaitan dengan rambu. Misalnya, papan “licin di waktu hujan” memperjelas rambu “awas jalanan licin”. 6. Rambu Nomor Rute Poin terakhir dalam berbagai macam rambu lalu lintas menjelaskan tentang rambu nomor rute. Sesuai namanya, rambu nomor rute menunjukkan kode rute dari jalan yang sedang Anda lalui.

Rambu Rute Provinsi Berbentuk segi enam dengan garis merah di bagian atas yang dilengkapi tulisan “provinsi” berwarna putih. Misalnya, rambu “provinsi 36” menunjukkan Anda sedang melintas di rute provinsi nomor 36. Rambu Rute Nasional Berbentuk segi enam dengan garis biru di bagian atas yang dilengkapi tulisan “nasional” berwarna putih.

Misalnya, rambu “nasional 22”, menunjukkan Anda sedang melintas di rute nasional nomor 22. Itulah pembahasan mengenai rambu lalu lintas dan artinya yang berlaku di Indonesia. Dengan memahami tiap-tiap rambu lalu lintas yang ada, Anda telah menjadi pengguna jalan yang tertib. Anda juga sudah membantu menjaga keamanan serta kenyamanan pengguna jalan lainnya. Penulis: Dani Agus Editor: Dani Agus Sumber: auto2000.co.id Apakah kawan GNFI pernah melewati jalan raya?

Mungkin hampir semua orang pasti pernah melewati dan berada di jalan raya ataupun jalan umum lainnya. Berada di jalan karena memang sedang berkendara untuk pergi ke suatu tempat atau mungkin sekadar berjalan kaki untuk membeli sesuatu di seberang jalan.

Tentunya, di setiap jalan ada rambu-rambu yang menjadi acuan bagi pengguna jalan, baik itu rambu dilarang putar arah ataupun sekadar rambu hati-hati. Namun, apakah kawan GNFI pernah memerhatikan warna rambu-rambu lalu tuliskan arti dari masing-masing rambu ini yang terpasang di pinggir jalan?

Ternyata, ada 5 warna rambu lalu lintas yang banyak digunakan untuk memberikan informasi bagi pengguna jalan. Setiap warna rambu tersebut tuliskan arti dari masing-masing rambu ini arti yang berbeda, dan mungkin kawan GNFI ada yang belum mengetahui masing-masing dari warna rambu lalu lintas. Berikut adalah warna-warna rambu lalu lintas yang banyak di gunakan, beserta maknanya. Rambu lalu lintas dengan warna dasar kuning, garis tepi, lambang serta huruf atau angka berwarna hitam.

Rambu lalu lintas berwarna kuning tersebut secara umum berarti peringatan. Rambu peringatan ini ditempatkan di titik lokasi yang berbahaya atau tempat yang bepotensi bahaya. Rambu peringatan guna memberikan sinyal “hati-hati” kepada pengguna jalan terhadap situasi jalan yang ada di depannya.

Misal, rambu kuning adanya perlintasan kereta api di depan, peringatan adanya belokan tajam, dan sebagainya. • Warna merah Rambu lalu lintas dengan warna dasar putih, garis tepi berwarna merah, lambang, huruf atau angka berwarna hitam ini berarti rambu larangan.

Rambu larangan ini apabila dilanggar tentunya si pengguna jalan akan mendapatkan sanksi baik teguran hingga sanksi tindakan langsung (tilang) oleh petugas. Contoh rambu lalu lintas yang bermakna larangan adalah dilarang berhenti, dilaranga parkir, dan sebagainya.

Rambu lalu lintas dengan warna dasar hijau dan tulisan berwarna putih berfungsi untuk memberikan informasi bagi pengguna jalan.

Informasi yang terdapat dalam rambu tersebut berupa penunjuk arah untuk menuju ke wilayah tertentu. Rambu berwarna hijau ini biasanya dipasang dengan posisi tinggi agar mudah dilihat bagi pengguna jalan terutama bus-bus antar kota. • Warna biru Rambu lalu lintas dengan warna dasar putih, garis tepi, lambang, huruf atau angka berwarna hitam tersebut merupakan rambu yang berarti batas akhir dari larangan pada rambu sebelumnya.

Misalkan, pada rambu sebelumnya terdapat larangan untuk membunyikan isyarat suara kendaraan (klakson) kemudian setelah sekitar 100 meter sesudahnya ada rambu yang sama namun dengan warna dasar putih dengan garis tepi berwarna hitam, berarti pengguna jalan dapat membunyikan isyarat suara setelah rambu batas larangan tersebut.

Rambu-rambu lalu lintas tersebut dipasang guna keselamatan para pengguna jalan. Oleh sebab itu, para pengguna jalan wajib mematuhi seluruh rambu lalu lintas serta berkendara dengan kelengkapan yang sudah diwajibkan dalam peraturan. Selain itu, tetap berhati-berhati dalam berkendara untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Safety riding ya kawan GNFI. Catatan kaki: intersport.id - Kompas.com - Peraturan Menteri Perhubungan
Ada berbagai warna rambu lalu lintas dalam aturan di jalan raya.

AutoFamily pasti juga menyadari mengenai warna dari rambu lalu lintas. Namun apakah AutoFamily mengetahui seluruh arti rambu lalu lintas? Masing-masing warna rambu memiliki arti tersendiri yang patut dipahami. Khususnya bagi yang sering berkendara setiap harinya. Oleh karena itu, simak penjelasan selengkapnya mengenai hal ini bersama Auto2000. Macam-macam Warna Rambu Lalu Lintas Total ada lima warna rambu lalu lintas dengan arti berbeda-beda, yaitu hijau, kuning, biru, merah, dan putih. Berikut ulasannya.

1. Hijau Hijau menjadi warna dasar rambu lalu lintas yang paling umum ditemukan. Biasanya warna ini digunakan untuk memberikan informasi jalan atau yang lainnya pada pengguna jalan. Contoh informasi di dalam rambu warna hijau ada batas wilayah, jurusan, lokasi fasilitas umum, nama tempat, daerah, hingga info lainnya. Untuk lebih mudah dibaca, warna hijau dalam rambu lalu lintas ini juga dilengkapi garis, lambang, dan huruf/angka putih agar semakin mudah terbaca. 2. Kuning Warna kuning dalam rambu lalu lintas berisi peringatan akan kemungkinan bahaya atau tempat rawan yang ada di depan pengguna jalan.

Contohnya ada turunan, tanjakan, atau belokan tajam. Selain itu bisa juga jalanan yang cenderung licin. Untuk lebih mudah dibaca, kuning menjadi warna dasar rambu ini. Untuk tulisan dan gambarnya menggunakan warna hitam sehingga semakin mudah terlihat dengan cepat.

Baca Juga: Alasan Kita Tak Boleh Pakai Lampu Strobo 3. Biru Rambu lalu lintas warna biru memiliki isi perintah wajib bagi para pengguna jalan. Rambu ini sering ditemukan di perempatan di lampu merah atau pinggir jalan. Contoh rambu ini seperti belok kanan langsung di lampu merah dan menyeberang jalan harus melewati tuliskan arti dari masing-masing rambu ini cross. DAPATKAN PROMO MENARIK TOYOTA NEW CALYA BERSAMA AUTO2000 Dengan warna dasar biru, rambu lalu lintas ini dilengkapi dengan tinta putih dan hitam untuk bagian gambar serta tulisannya.

tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

4. Merah Rambu lalu lintas warna merah sudah terlihat memiliki citra keras, yakni berisi larangan. Contoh rambu lalu lintas dengan warna merah, seperti dilarang berhenti, dilarang parkir, dilarang menyalip, serta larangan lainnya. Ketika Anda melihat rambu ini, biasanya akan terus berlaku sepanjang jalan tersebut hingga ada rambu akhir larangan. Agar semakin mudah terbaca, rambu lalu lintas warna merah memiliki dasar putih dengan huruf dan angka hitam. Warna merahnya digunakan untuk garis tepi saja.

5. Putih Ya, sebenarnya ada rambu lalu lintas warna putih. Mungkin Anda jarang menyadari rambu ini. Arti dari rambu ini adalah memberikan isyarat akhir larangan. Bisa dalam bentuk larangan kecepatan minimum/maksimum dan batas akhir dari seluruh larangan yang sebelumnya telah diberikan pada ruas jalan tersebut. Keberadaan rambu ini semakin memudahkan Anda dalam mengetahui apakah larangan yang diberikan sudah selesai atau belum.

Dari segi warna, sudah terlihat jelas bahwa pemilihan putih terkesan netral dengan tinta hitam agar mudah dibaca para pengguna jalan. Itulah penjelasan mengenai warna rambu dari lalu lintas yang sudah digunakan pada saat ini.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk AutoFamily dan jangan lupa untuk selalu melakukan service berkala bersama Auto2000 sebagai dealer resmi Toyota di Indonesia dengan cabang yang telah tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, dan Bali. Baca Juga: Cara Menghilangkan Karat di Beberapa Bagian Mobil AutoFamily semakin mudah untuk melakukan service mobil di sini.

Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga untuk mendapatkan informasi booking service secara online agar jadwal kunjungan ke bengkel semakin pasti.

Kunjungi Dealer Toyota sekarang juga dan dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Toyota terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual Auto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungan di sini.

​​​​​​​ Rasakan ketangguhan Toyota Rush dan All New Toyota Veloz dengan program Mudik Asik dari Auto2000. Mulai dari DP ringan 20% dengan bunga 0%, DP Ringan Rp 30 Juta, atau Bunga Ringan 0% untuk tenor 1 tahun!* AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui layanan Toyota Trust dan Free Insurance selama 2 Tahun.* Ayo mulai perjalanan penuh percaya diri dengan mengisi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk memberikan penawaran terbaik!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *Syarat dan ketentuan berlaku Perjalanan jauh bersama keluarga kini lebih Asik dengan All New Toyota Avanza. Nikmati Program Mudik Asik dari Auto2000 dengan beragam pilihan Paket Kredit mulai dari bunga 0% untuk tenor 6 bulan, cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.7 Jutaan/bulan, hingga DP mulai dari Rp tuliskan arti dari masing-masing rambu ini Jutaan untuk pembelian All New Toyota Avanza.* Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 melalui program tukar tambah Toyota Trust.

tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

Tuliskan arti dari masing-masing rambu ini mulai perjalanan bersama All New Toyota Avanza dengan mengisi formulir di bawah dan tim Auto2000 akan segera menghubungi untuk memberikan penawaran terbaik.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *Syarat dan ketentuan berlaku Warnai serunya perjalananmu dengan mobil Toyota impian. Nikmati promo DP Ringan Rp 34 Juta untuk pembelian Toyota Agya dan Toyota Tuliskan arti dari masing-masing rambu ini melalui program Mudik Asik dari Auto2000.

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap program tukar tambah melalui Toyota Trust. Jadi jangan ditunda lagi! Segera isi formulir di bawah dan Tim Auto2000 akan segera menghubungi AutoFamily.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *Syarat dan ketentuan berlaku Perjalanan bersama keluarga semakin asik dengan Toyota baru pilihan keluarga. Nikmati cicilan ringan EZ Deal mulai Rp 2.5 Jutaan per bulan di program Mudik Asik dari Auto2000. Ini dia beberapa model Toyota yang bisa dicicil melalui program EZ Deal: Toyota Yaris, cicilan mulai Rp 3.3 juta/bulan Toyota Vios, cicilan mulai Rp 3.5 juta/bulan Toyota Raize, cicilan mulai Rp 2.5 juta/bulan Toyota Rush, cicilan mulai Rp 3.1 juta/bulan Toyota Avanza, cicilan mulai Rp 2.7 juta/bulan Toyota Veloz, cicilan mulai Rp 3.2 juta/bulan AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui program Toyota Trust, lho!

Yuk, segera isi formulir di bawah dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Autofamily untuk memberikan penawaran terbaik! Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *Syarat dan ketentuan berlaku KETENTUAN UMUM • Selamat datang di situs resmi milik PT Astra International Tbk - Auto2000 (selanjutnya disebut “ Perusahaan” atau “ Kami”) (selanjutnya disebut dengan “ Situs”).

Berikut ini adalah Syarat dan Ketentuan yang mengatur penggunaan Situs ini (selanjutnya disebut dengan “ Ketentuan”). Dengan mengunduh, mengakses dan/atau menggunakan Situs, anda setuju bahwa anda telah membaca, memahami, mengetahui, menyetujui, dan menerima seluruh informasi, syarat, dan ketentuan penggunaan layanan yang terdapat dalam Ketentuan ini.

Ketentuan ini merupakan perjanjian yang sah antara Tuliskan arti dari masing-masing rambu ini dan anda terkait tata cara dan persyaratan penggunaan Situs ini. • Konten ialah seluruh informasi yang terdapat dalam Situs termasuk, informasi, data dan program tertulis, gambar visual atau audio. • Materi ialah gambar, komentar, penilaian, maupun saran yang anda unggah di dalam Situs.

• Hak cipta atas Konten dari Situs ini adalah milik Perusahaan dan/atau diberikan lisensinya kepada Perusahaan oleh pihak ketiga. Konten dari Situs ini dilindungi oleh undang-undang hak cipta, traktat, dan peraturan perundang-undangan di negara Republik Indonesia dan negara terkait dimana pemilik lisensi berada. Anda dilarang untuk menggunakan Konten di luar ketentuan yang diperbolehkan dalam Ketentuan ini dan yang secara tegas oleh peraturan perundang-undangan, termasuk namun tidak terbatas kepada penggandaan, pendistribusian, pengubahan, penyiaran untuk umum, penggunaan kembali dan/atau pemindahan Konten.

• Anda kapan saja dapat berhenti menggunakan Situs ini, termasuk mengajukan permintaan penghapusan akun (apabila anda telah melakukan pendaftaran sebagai pengguna Situs). Mohon diperhatikan bahwa penggunaan Situs tunduk pada Ketentuan yang Perusahaan keluarkan dan/atau perbaharui dari waktu ke waktu. • Anda menyatakan dan menjamin bahwa anda adalah individu yang secara hukum berhak dan cakap untuk mengadakan dan mengikatkan diri dalam perjanjian berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.

Apabila ketentuan tersebut tidak terpenuhi, Perusahaan berhak berdasarkan hukum untuk membatalkan setiap perjanjian yang dibuat dengan anda. Anda selanjutnya menyatakan dan menjamin bahwa anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Situs. • Perusahaan mengumpulkan dan memproses informasi pribadi Anda seperti nama, alamat, surat elektronik, nomor telepon Anda ketika anda mendaftarkan diri pada Situs. Anda wajib untuk memberikan informasi yang akurat dan lengkap serta memperbaharui informasi dan setuju untuk memberikan kepada Perusahaan bukti identitas apapun yang secara wajar Perusahaan mintakan agar Perusahaan dapat tetap menyediakan layanan melalui Situs secara utuh dan maksimal kepada anda.

• Setelah mendaftarkan diri pada Situs, anda akan mendapatkan suatu akun pribadi yang dapat diakses dengan kata sandi yang anda pilih.

Anda berjanji untuk tidak menyerahkan, mengalihkan maupun memberikan wewenang kepada orang lain untuk menggunakan identitas anda atau menggunakan akun anda. Anda wajib menjaga kerahasiaan kata sandi akun anda dan setiap identifikasi yang Perusahaan berikan kepada atas akun atau identitas pribadi anda.

Dalam hal terjadi pengungkapan kata sandi atas akun anda dengan cara apapun yang terjadi bukan atas kesalahan Perusahaan dan mengakibatkan penggunaan yang tidak sah dan/atau tanpa kewenangan atas akun anda, transaksi maupun pesanan yang terjadi dalam Situs tetap dianggap sebagai transaksi yang sah kecuali anda memberitahu Perusahaan sebelumnya.

• Anda wajib melaporkan kepada Perusahaan bila anda kehilangan kendali atas akun anda. Anda bertanggung jawab atas setiap penggunaan akun Situs anda meskipun jika Akun tersebut telah disalahgunakan oleh pihak lain.

• Anda dapat melakukan pengunggahan informasi, foto, video, konten, penilaian, komentar dalam fitur-fitur tertentu yang terdapat dalam Situs, dimana hasil unggahan anda akan dapat dikonsumsi oleh pengguna Situs lainnya. Anda dilarang tuliskan arti dari masing-masing rambu ini melakukan pengunggahan yang mengandung unsur suku, agama, ras dan antargolongan (“SARA”), pornografi, pelanggaran hak kekayaan intelektual dan/atau copyright.

Perusahaan berhak untuk melakukan penghapusan atau pemblokiran atas hasil unggahan anda apabila unggahan tersebut melanggar Ketentuan.

• Anda tidak diperkenankan untuk membahayakan, menyalahgunakan, mengubah atau memodifikasi Situs dengan cara apapun.

Perusahaan berhak untuk menghentikan penggunaan atas akun Situs anda lebih lanjut jika anda menggunakan Situs tanpa mematuhi Ketentuan.

• Anda hanya diizinkan untuk menggunakan Situs ini untuk tujuan mempergunakan layanan yang disediakan dalam Situs ini dan keperluan lain sesuai tuliskan arti dari masing-masing rambu ini perundang-undangan yang berlaku.

Untuk lebih tegasnya, anda dilarang untuk melakukan penggalian data informasi Perusahaan atau informasi lainnya yang memiliki keterkaitan dengan Situs. Anda tidak dapat mempergunakan Situs ini untuk melakukan penipuan dalam bentuk apapun dan/atau membuat ketidaknyamanan terhadap pihak lain maupun pihak yang menyediakan layanan dalam Situs ini. Segala informasi yang anda dapatkan terkait penggunaan layanan dalam Situs ini tidak akan disalahgunakan oleh anda.

• Anda harus menjaga kerahasiaan dan tidak akan menyalahgunakan informasi yang anda terima dari penggunaan Situs. • Anda dilarang menggunakan Situs untuk hal-hal yang dilarang berdasarkan hukum dan peraturan undang-undang yang berlaku.

• Perusahaan bekerja sama dengan pihak ketiga (“ Mitra Perusahaan”) untuk mengembangkan, menambah dan/atau meningkatkan fitur serta fungsi dalam Situs dan/atau menyediakan layanan termasuk layanan jual beli mobil bekas.

Penggunaan Merek Dagang • Auto2000, produk-produk Auto2000 dan nama-nama produk terkait yang dapat ditemukan dalam Situs ini adalah merek layanan atau merek dagang terdaftar milik Perusahaan. Nama-nama produk maupun layanan dan nama-nama perusahaan lain atau Mitra Perusahaan yang ditemukan dalam Situs adalah nama-nama resmi, merek-merek dagang terdaftar atau merek-merek layanan terdaftar dari perusahaan masing-masing. Perusahaan tidak memberikan lisensi penggunaan merek-merek dagang tersebut di atas kepada pihak lain di dalam atau melalui Situs ini.

Anda dilarang untuk menyalahgunakan merek-merek dagang dan Konten yang ditampilkan pada Situs ini tanpa adanya persetujuan tertulis dari Perusahaan dan/atau pemilik lisensi terkait termasuk Mitra Perusahaan. Merek-merek dagang dan Konten tersebut diizinkan penggunaannya hanya apabila hal itu secara tegas dinyatakan dalam Ketentuan ini. • Konten yang ditampilkan di Situs merupakan milik Perusahaan maupun milik Mitra Perusahaan atau digunakan dengan izin dari pihak terkait.

Anda dan/atau siapapun yang anda izinkan, tidak diperbolehkan untuk menggunakan Konten tersebut kecuali diizinkan secara khusus oleh Ketentuan ini atau izin khusus yang terdapat di bagian lain dalam Situs.

Setiap penggunaan yang tidak sah dari gambar, logo, merek, desain yang terdapat dalam Situs dapat melanggar peraturan perundangan di bidang hak cipta, merek, data pribadi serta hukum perdata dan pidana. • Seluruh Konten penjualan barang dan jasa di luar situs ini bukan menjadi tanggung jawab Perusahaan. Jaminan Mengenai Konten Perusahaan melaksanakan segala upaya dengan itikad baik untuk menyediakan Konten yang benar, aktual, lengkap dan jujur sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku namun Perusahaan tidak bertanggungjawab atas keakuratan dan kelengkapan isi Situs termasuk informasi yang disediakan oleh Mitra Perusahaan yang terjadi di luar kendali Perusahaan.

Perusahaan maupun pihak-pihak lain yang terlibat dalam membuat, memperbaharui maupun meyediakan Situs ini tidak bertanggung jawab atas segala kerugian baik secara langsung atau tidak langsung, konsekuensial, dan/atau tuntutan yang timbul akibat akses, penggunaan, atau kegagalan untuk mengakses atau menggunakan Situs.

Tanpa membatasi hal-hal tersebut, seluruh informasi dan konten yang terdapat di Situs disediakan untuk anda “SEBAGAIMANA ADANYA” TANPA JAMINAN APAPUN, BAIK TERSURAT MAUPUN TERSIRAT, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, JAMINAN UNTUK MELAKUKAN JUAL-BELI, KESESUAIAN DENGAN TUJUAN TERTENTU, ATAU BEBAS DARI PELANGGARAN.

Penggunaan Situs • Perusahaan dari waktu ke waktu berupaya untuk menjaga keamanan dan kelaikan situs, namun Perusahaan tidak bertanggung jawab atas setiap kerusakan, kehilangan, atau kerugian apapun lainnya yang disebabkan oleh akses atau penggunaan Situs oleh anda atau setiap unduhan anda atas setiap Materi dari Situs.

• Sesuai dengan Kebijakan Privasi Perusahaan, setiap Materi yang anda kirimkan ke Situs melalui surat elektronik atau media lainnya akan diperlakukan sebagai non-confidential dan non-proprietary dan dapat digunakan oleh Perusahaan untuk tujuan apapun, termasuk, namun tidak terbatas pada, reproduksi, pengungkapan, pengiriman, publikasi, penyiaran, dan posting.

Selain itu, Perusahaan berhak untuk menggunakan, tanpa kompensasi dan tanggung jawab apapun terhadap anda, setiap ide, konsep, pengetahuan, atau teknik yang terkandung dalam setiap informasi atau Materi yang anda kirim ke Situs untuk tujuan apapun, termasuk, namun tidak terbatas pada, pengembangan, manufaktur, dan pemasaran produk.

• Perusahaan tidak bertanggung jawab atas setiap kerusakan dan/atau kerugian yang diakibatkan oleh pihak ketiga yang secara melawan hukum maupun secara tidak sah menggunakan dan/atau memodifikasi informasi atau Konten yang terkandung di dalam Situs. • Perusahaan tidak berkewajiban dan bertanggung jawab atas setiap kerusakan dan/atau kerugian yang timbul akibat segala kesalahan, pencemaran nama baik, fitnah, unsur pornografi, melanggar norma-norma, atau ketidaktepatan yang terkandung dalam Materi yang anda kirimkan atau posting ke Situs.

• Anda dilarang memposting atau mengirimkan Materi yang melanggar hukum, mengancam, memfitnah, mengandung unsur pornografi atau yang merupakan atau mendorong tindakan yang akan dianggap suatu pelanggaran pidana atau menimbulkan tanggung jawab perdata.

• Perusahaan akan bekerjasama dengan setiap pejabat penegak hukum atau mematuhi perintah pengadilan atau instansi berwenang lainnya yang meminta atau mengarahkan Perusahaan untuk mengungkapkan identitas dari siapa pun yang memposting maupun mengirmkan Materi ke Situs. Tautan ( Link) ke Situs web Lain Perusahaan tidak bertanggung jawab atas isi maupun konsekuensi dari setiap situs lain yang terhubung ke dan dari Situs.

Tindakan anda mengakses situs lain tersebut sepenuhnya merupakan resiko anda sendiri. Walaupun Perusahaan dapat menyediakan link pada Situs ini untuk terhubung ke situs-situs lain, adanya link tersebut semata-mata untuk kenyamanan anda dan tidak dapat ditafsirkan sebagai bagian dari Situs. Perusahaan tidak bertanggungjawab atas jaminan, tersurat maupun tersirat, keakuratan, validitas, atau legalitas atas informasi yang terkandung dalam situs lain tersebut. Aturan Hukum yang Berlaku dan Yurisdiksi Konten yang ada pada Situs ini dan yang ada pada Ketentuan ini tunduk kepada aturan hukum negara Republik Indonesia.

Setiap perselisihan yang terkait dengan, atau muncul dari, Situs ini antara anda dengan Perusahaan akan diselesaikan berdasarkan hukum Indonesia dengan domisili hukum Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

MENGENAI INFORMASI PRIBADI PENGGUNA SITUS Informasi Yang Diterima • Anda dengan ini memberikan persetujuan secara tegas kepada Perusahaan untuk melakukan pemanfaatan data pribadi dan/atau data transaksi anda untuk penggunaan Situs, transaksi, kegiatan bisnis dan operasional Perusahaan maupun keperluan lain yang terkait dengan pelaksanaan layanan dalam Situs ini.

• Perusahaan menerima data pribadi tentang anda sebagai pengguna Situs, dimana anda harus melengkapinya sebelum menggunakan Situs ini, terutama ketika berbelanja online melalui Situs. Data pribadi termasuk, namun tidak terbatas pada, nama Anda, nomor kartu identitas, alamat tempat tinggal, nomor ponsel, alamat e-mail, dan informasi-informasi pribadi terkait lainnya. Perusahaan dapat meminta Anda untuk menyediakan informasi yang tuliskan arti dari masing-masing rambu ini mengenai domisili Anda dan informasi-informasi pribadi lainnya terkait ketentuan proses pembayaran pembelian kendaraan bermotor.

• Dalam menggunakan layanan melalui Situs, anda diwajibkan untuk selalu memberikan informasi dan data pribadi yang benar dan akurat.

tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

Kegagalan maupun kesalahan dalam pemberian informasi dan data pribadi yang benar dan akurat dapat mengakibatkan Perusahaan gagal untuk memberikan layanan terbaik dan akurat kepada A ndadan hal ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab A nda sebagai pemberi d ata i nformasi.

• Segala informasi dan data yang Perusahaan terima dari anda melalui Situs ini akan Perusahaan gunakan untuk pengembangan jasa Perusahaan termasuk layanan pemasaran Perusahaan. Anda dilarang menggunakan Situs ini untuk keperluan sebagai berikut: • Meniru orang lain atau entitas termasuk namun tidak terbatas pada seorang wakil dari Perusahaan, ataupun meniru sebagai perwakilan dari individu ataupun entitas yang melakukan pembelian.

• Melakukan pengunggahan yang mengandur unsur suku, agama, ras dan antar golongan (“SARA”), dan pornografi termasuk segala hal yang dilarang oleh peraturan dan hukum yang berlaku. • Mengunggah, menyampaikan, mengirim Materi yang melanggar paten, merek, rahasia dagang, hak cipta, atau hak kekayaan lain yang dimiliki oleh pihak lain. • Memberikan informasi palsu, informasi yang dilarang berdasarkan hukum yang berlaku, informasi yang dilarang disampaikan menurut perjanjian tertentu.

• Memperoleh atau menyimpan informasi pribadi atau data milik pengunjung lain atau pengguna Situs ini, dan menyebarkan data-data tersebut kepada pihak ketiga lain. • Melakukan hacking, cracking, atau percobaan lain untuk mengambil alih kontrol terhadap Situs. Informasi/Data Pribadi Anda Dalam Transaksi • Data Pribadi adalah setiap data perseorangan baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non elektronik (“Data Pribadi”).

• Setiap layanan Perusahaan dilakukan sesuai dengan prosedur yang Perusahaan jalankan. Dalam hal ini, anda dapat diminta untuk memberikan Data Pribadi dan/atau informasi lain guna memproses pembelian anda atas layanan Perusahaan.

• Perusahaan dapat mempergunakan data pribadi anda dan informasi lain yang diberikan melalui Situs untuk memberikan pelayanan bagi Anda yang dapat meliputi hal-hal sebagai berikut: • Pendaftaran akun untuk transaksi pembelian produk; • Pembuatan SPK Online (penjelasan lebih lanjut dalam Syarat dan Ketentuan Situs); • Administrasi pembayaran sampai serah terima barang (termasuk tuliskan arti dari masing-masing rambu ini produk ke alamat Anda); • Promosi produk berupa potongan harga (penjelasan lebih lanjut dalam Syarat dan Ketentuan Situs); • Untuk kepentingan lain yang memerlukan informasi/data pribadi pengguna Situs di masa depan (apabila ada), yang dipergunakan atas suatu tindakan baru yang tidak dijelaskan dalam Ketentuan ini.

• Perusahaan akan segera memberitahukan kepada anda apabila terdapat gangguan terhadap penyimpanan data pribadi Anda.

Perlindungan dan Penggunaan Data Pribadi • Guna melindungi hak privasi sesuai dengan peraturan yang berlaku dan untuk senantiasa meningkatkan kualitas produk/layanan, anda sebagai pemilik data pribadi memberikan Persetujuan kepada Perusahaan untuk : • menerapkan sistem, prosedur dan perangkat teknis serta mengambil tindakan lain yang kami anggap perlu sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undang yang berlaku untuk melindungi data pribadi yang diberikan oleh terkait p roses dan/atau transaksi A nda dengan Perusahaan ; • memperoleh, mengelolamenyimpan dan memusnahkan data pribadi, termasuk dengan cara bekerjasama dengan pihak penyedia layanan teknologi informasi atau pihak lainnya; • memberikan akses kepada afiliasi dari Perusahaan termasuk Mitra Perusahaan, penasehat professional, auditor eksternal, termasuk penasehat hukum, keuangan dan konsultan lainnya untuk mempergunakan data pribadiantara lain untuk analisa data, hosting situs, untuk berkomunikasi dengan a nda melalui berbagai sarana/kanal komunikasi, menyampaikan promosi dan informasi lain yang menurut Kami bermanfaat untuk a nda dan melakukan kajian untuk memahami produk/layanan yang menurut Kami menjadi kebutuhan a nda.

anda dengan ini memberikan persetujuan secara tegas kepada Perusahaan bahwa Perusahaan dapat mengirimkan, menyimpan, menggunakan dan mengolah data pribadi dan/atau data transaksi anda pada server yang terletak di pusat data yang ditunjuk oleh Perusahaan. Pusat data tersebut dapat dikelola oleh pihak ketiga dan/atau terletak di luar wilayah negara Republik Indonesia. d. Untuk dipahami bahwa Perusahaan dapat membuka data informasi anda dalamsituasi-situasi sebagai berikut : • Untuk dibawa/dipergunakan membantah suatu klaim/tuntutan; • Untuk memenuhi perintah pengadilan, proses yudisial; • Untuk investigasi penipuan atau tindakan melawan hukum lainnya.

• Untuk menerapkan Ketentuanyang dapat diaplikasikan ke produk dan jasa Perusahaan. • Untuk melindungi hak, properti atau keamanan dari Perusahaan, pengguna lain dari Situs ini atau pihak lain yang termasuk kebijakan Perusahaan.

• Untuk situasi apapun yang diper kenankan secara hukum yang berlaku di Indonesia. MENGENAI PRODUK DAN/ATAU LAYANAN Setiap Konten produk dan/atau layanan yang terdapat dalam Situs dapat berbeda dengan kondisi aslinya baik bentuk, jumlah, ketersediaan, waktu, tempat, spesifikasi maupun warna yang tersedia.

Anda disarankan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada Perusahaan atas kondisi aktual maupun ketersediaan produk dan/atau layanan tersebut, melalui telepon ( call center Auto2000) dan/atau whatsapp chat dan/atau layanan Tasia pada Situs. Apabila anda tidak melakukan konfirmasi terlebih dahulu, maka transaksi maupun pesanan yang terjadi dalam Situs tetap dianggap sebagai transaksi yang sah.

Adapun produk dan/atau layanan yang tersedia dalam Situs ini adalah jual beli kendaraan bermotor, baik baru maupun bekas, servis kendaraan bermotor, jual beli aksesori dan suku cadang kendaraan bermotor. Informasi Produk • Perusahaan berhak untuk mengubah setiap detail spesifikasi produk tanpa pemberitahuan. Rincian spesifikasi juga dapat berubah sesuai kondisi dan persyaratan yang berlaku dilokasi anda. Kendaraan yang digambarkan dan spesifikasi rinci dalam Situs ini dapat berbeda dari model yang tersedia di lokasi anda.

Model, bentuk dan warna aksesori kendaraan dapat berbeda dari gambar di Situs ini. Harga-harga yang tercantum dalam Situs terkait dengan produk dan layanan dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. • Perusahaan memiliki hak untuk berhenti menampilkan beberapa produk dan/atau layanan. Perusahaan berhak untuk mengubah harga produk dan/atau layanan. • Untuk keperluan perbaikan, penentuan rating, spesifikasi serta pengembangan Konten, tampilan produk dapat berubah tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

• Gambar yang ditampilkan oleh Situs dapat menampilkan nada warna yang berbeda berdasarkan karakteristik layar monitor yang anda gunakan. • Semua merek dagang dalam Situs adalah milik Toyota. • Perusahaan menyediakan layanan Tasia yaitu media komunikasi berupa chat yang terdapat pada Situs, berfungsi untuk membantu anda mengerti lebih jelas tentang Situs ini dan produk serta layanan yang terdapat dalam Situs.

Anda juga dapat menghubungi cabang-cabang Perusahaan langsung melalui telepon ( call center Auto2000) atau melalui aplikasi whatsapp pada nomor yang tertera pada Situs ini, ataupun dengan mendatangi langsung cabang penjualan milik Perusahaan terdekat.

Perusahaan berhak untuk mengganti informasi mengenai produk yang dijual tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya dengan memasang versi yang sudah diubah di dalam Situs ini. Harga Produk dan/atau Layanan Harga produk dan/atau layanan yang tertera pada Situs merupakan harga yang tidak mengikat dan sewaktu-waktu dapat berubah. • Pembelian Kendaraan Bermotor Baru ( New Car) Harga pembelian kendaraan bermotor (mobil) baru yang ditampilkan dalam Situs ini akan disesuaikan berdasarkan kota dimana alamat yang tertera pada Kartu Tanda Pengenal (“ KTP”) pemesan berada.

Sistem dalam Situs akan meminta pemesan untuk memasukan informasi KTP pemesan ketika pemesan akan melakukan transaksi pembelian online sebagai salah satu persyaratan proses transaksi online sale. Harga kendaraan bermotor akan disesuaikan dengan kota lokasi pembelian kendaraan. • Jual Beli Kendaran Bermotor Bekas ( Used Car) Kendaraan bermotor bekas (selanjutnya disebut “ Mobil Bekas”) yang ditampilkan dalam Situs ini adalah produk milik PT Astra Auto Trust (selanjutnya disebut “ AAT”) sebagai salah satu Mitra Perusahaan, dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Harga Mobil Bekas dalam Situs ini tidak termasuk biaya pengiriman dan Biaya Balik Nama (BBN). Harga dapat mengalami perubahan sewaktu – waktu Proses Pembayaran untuk pembelian kendaraan bermotor bekas mengikuti proses pembayaran untuk kendaraan baru. • Layanan Servis Harga biaya layanan servis yang tertera pada Situs bersifat estimasi, artinya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Booking service & pembatalannya yang dilakukan melalui Situs tidak dipungut biaya. • Pembelian Aksesoris Harga pembelian aksesoris kendaraan akan ditampilkan sesuai dengan harga per item. Ketersediaan produk bergantung pada stok yang ada pada cabang Perusahaan. Harga yang ditampilkan merupakan harga final dan sudah termasuk biaya pemasangan di bengkel cabang Perusahaan.

• Pembelian Suku Cadang Harga suku cadang yang tercantum dalam Situs belum termasuk biaya pemasangan di bengkel cabang Perusahaan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga yang dipergunakan untuk pembayaran adalah harga suku cadang ketika anda telah mengkonfirmasi untuk melakukan pembelian suku cadang. Apabila harga suku cadang ketika anda melakukan permintaan melalui Situs, berbeda dengan harga ketika anda melakukan konfirmasi tuliskan arti dari masing-masing rambu ini melalui cabang Perusahaan, maka harga yang dipergunakan adalah harga ketika konfirmasi pembelian telah dilakukan melalui cabang Perusahaan.

Promosi Produk (Potongan Harga/Diskon) • Promosi yang terdapat dalam Situs berlaku sesuai periode yang dicantumkan dan berlangsung selama persediaan masih ada. Promosi berlaku spesifik hanya untuk model, tenor, dan periode sesuai yang tercantum dalam halaman promosi Situs.

Perhitungan kredit dalam promo yang berlaku bersifat fixed dan tidak dapat diubah ataupun dimodifikasi. Promo tidak dapat digabungkan dengan promosi lainnya. Adapun promosi tidak berlaku untuk kendaraan Dyna, HiAce, dan Hilux.

• Dalam hal pembelian kendaraan bermotor dengan cara online sale dengan kode promo dan/atau voucher diskon, maka setiap kode promo dan/atau voucher diskon tersebut harus diinput sebelum pembayaran dilakukan.

Anda tidak diperkenankan untuk meminta agar tuliskan arti dari masing-masing rambu ini promo ataupun voucher diskon tersebut dipergunakan secara offline dengan alasan apapun. Permintaan yang dimaksud adalah permintaan potongan harga pembelian dengan meminta cashback dengan penggunaan kode promo ataupun voucher setelah pembayaran secara offline selesai diproses.

• Apabila anda menggunakan promosi dan diskon dalam bentuk kode promo/voucher, maka perhitungan harga beli produk menjadi harga jual (OTR) dikurangi potongan harga promo pada Situs dikurangi potongan harga kode promo/voucher. • Promo dan diskon yang berlaku akan selalu Perusahaan tampilkan dalam Situs, yaitu pada tauta n promosi.

Anda dapat selalu mengecek promo dan/atau diskon yang sedang berlaku pada tautan tersebut. Pembayaran Produk • Pembayaran produk dan/atau layanan yang Perusahaan sediakan dapat melalui virtual account atau kartu kredit yang diterbitkan oleh bank yang bekerjasama dengan Perusahaan.

• Pembayaran yang Perusahaan terima untuk unit kendaraan bermotor hanya melalui virtual account. Pembayaran menggunakan metode selain melalui virtual account tidak akan Perusahaan terima, dan akan menghambat proses pembelian produk dan/atau layanan yang anda kehendaki.

• Virtual Account adalah nomor identifikasi pelanggan Perusahaan yang disediakan oleh Bank atas permintaan Perusahaan untuk selanjutnya diberikan oleh Perusahaan kepada anda sebagai nomor rekening tujuan penerimaan ( collection). Virtual Account merupakan suatu bentuk open payment (tidak memiliki jumlah tagihan yang pasti), dimana setiap setoran atas Virtual Account dibukukan oleh sistem ke rekening utama dengan mencantumkan nomor dan nama rekening virtual.

Dengan metode ini, pembayaran akan menjadi lebih mudah, yaitu anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual, melainkan sudah dibukukan langsung oleh sistem bank. • Untuk pembayaran biaya layanan service, aksesoris dan/atau suku cadang, dapat dilakukan melalui virtual account atau kartu kredit yang diterbitkan oleh bank yang bekerjasama dengan Perusahaan.

Dalam hal anda bermaksud untuk melakukan pembatalan atas pembayaran biaya aksesoris/suku cadang secara online, pembatalan tersebut hanya dapat dilaksanakan secara offline di cabang Perusahaan. • Dengan anda melakukan pembayaran dengan cara yang disediakan berarti anda memahami secara jelas penjelasan di atas, dan Anda menyetujui kebijakan ketentuan pembatalan yang tercantum di atas. MENGENAI PEMBELIAN UNIT KENDARAAN BERMOTOR Kendaraan Bermotor Yang Dijual Dalam Situs ini, Perusahaan menjual produk kendaraan bermotor berupa mobil dengan merek Toyota, yang terdiri dari mobil baru ( new car) dan mobil bekas ( used car).

Ketentuan mengenai pembelian unit kendaraan bermotor ini berlaku untuk mobil baru maupun bekas. Pembayaran Unit Kendaraan Bermotor • A pabila dalam proses transaksi online pembelian Kendaraan Toyotaanda telah memilih untuk melakukan pembayaran, baik secara tunai, pembiayaan ( leasing), maupun dengan booking fee, kemudian anda melakukan pembatalan pesanan anda, maka anda akan dikenakan denda 50% dari pembayaran, baik secara tunai, leasing, maupun pembayaran booking fee yang sudah diterima oleh Perusahaan.

Khusus untuk pem esanan k endaraan Toyota dengan status kendaraan masih dalam proses produksi dan/atau pemesanan di A gen T unggal P emegang M erek ( inden )denda pembatalan tidak berlaku apabila pembatalan diminta oleh anda dikarenakan adanya kenaikan harga melebihi 10% dari harga O n T he R oad.

• Dengan melakukan pembayaran dengan cara yang disediakan berarti Anda memahami secara jelas penggunaan cara pembayaran tersebut dan anda menyetujui kebijakan ketentuan pembatalan yang tercantum di atas. • Dengan melakukan pembayaran, anda menyetujui syarat dan ketentuan ini dan anda memahami untuk tidak menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran anda kepada pihak lain selain pihak perwakilan Perusahaan.

Apabila terjadi kerugian akibat anda menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran anda kepada pihak ketiga, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab anda. Ketentuan Pembayaran • Pembayaran Tunai dengan Tuliskan arti dari masing-masing rambu ini Account Ketentuan t ransaksi online k endaraan Toyota dengan mekanisme tunai dengan Virtual Accountyaitu: • Proses t ransaksi pe mesanan k endaraan Toyota akan dilanjutkan setelah Anda melakukan seluruh pembayaran sesuai nilai yang tertera pada ringkasan pemesanan k endaraan pada Situs ini.

• Pembayaran secara tunai hanya dilakukan dengan cara Virtual Account dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Perusahaan dan b ank penyedia. • Bukti penerimaan pembayaran akan dikirimkan melalui e-mail berdasarkan alamat e-mail yang anda berikan kepada Perusahaan sesuai dengan data pemilik akun yang digunakan untuk log in.

• Untuk pem esanan k endaraan Toyota dengan status kendaraan masih dalam proses produksi dan/atau pemesanan di A gen T unggal P emegang M erek ( inden )maka harga sewaktu – waktu dapat berubah menyesuaikan harga O n T he R oad terbaru saat unit kendaraan bermotor tersedia. • Pembayaran dengan Perusahaan Pembiayaan Ketentuan t ransaksi k endaraan Toyota dengan mekanisme melalui leasingyaitu: • Proses administrasi t ransaksi k endaraan Toyota dilanjutkan setelah anda terlebih dahulu melakukan pelunasan uang muka sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan; • Pembayaran hanya dilakukan dengan cara Virtual Account dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Perusahaan dan bank penyedia; • Proses pembiayaan kendaraan Toyota akan diteruskan ke perusahaan pembiayaan setelah Anda melakukan pembayaran Booking Fee sesuai nilai yang tertera pada ringkasan pemesanan Kendaraan Toyota.

• Persetujuan kredit merupakan wewenang penuh dari pihak perusahaan penyedia leasing yang anda pilih. • Pilihan perusahaan pembiayaan yang tersedia dalam Situs merupakan upaya Perusahaan untuk memberikan kemudahan bagi anda. Anda dapat memilih perusahaan pembiayaan selain yang tercantum dalam Situs dengan memilih tombol others pada Situs.

Jika. Setiap anda melakukan pilihan pembelian melalui perusahaan penyedia leasing, maka anda akan di arahkan ke website perusahaan pembiayaan terkait atau anda akan dihubungi oleh Perusahaan atau perusahaan penyedia leasing yang anda pilih. • Pada saat melakukan pembayaran, anda akan diminta untuk melakukan pembayaran Booking Fee sesuai unit yang dipesan melalui Virtual Account. • Bukti penerimaan pembayaran akan dikirimkan melalui e-mail berdasarkan alamat e-mail yang anda berikan kepada Perusahaan sesuai dengan data pemilik akun yang digunakan untuk log in.

• Apabila pihak perusahaan penyedia leasing tidak menyetujui pengajuan leasing, maka transaksi dinyatakan batal. • Kendaraan Toyota akan dikirimkan setelah seluruh proses admistrasi penjualan selesai dan pelanggan sudah menandatangani kontrak perjanjian dengan perusahaan pembiayaan. • Memesan dengan Booking Fee Apabila anda memilih t ransaksi k endaraan Toyota dengan metode booking fee, proses pembelian akan dilanjutkan dan/atau diteruskan setelah anda menentukan jenis pembayaran yang ada piilih.

Perusahaan menyediakan waktu bagi anda dalam menentukan jenis pembayaran selama 3x24 jamapabila dalam waktu tersebut a nda belum menentukan jenis pembayaran maka transaksi pem esanan k endaraan Toyota Anda tidak akan di teruskan ke proses lebih lanjut ( batal ).

Perusahaan akan menghubungi tuliskan arti dari masing-masing rambu ini dalam menindaklanjuti proses pembatalan. A nda wajib memilih salah satu dari metode ketentuan pembayaran dalam melakukan pembayaran. Dalam proses pembayaran, anda wajib untuk mengunggah dokumen pribadi anda, yaitu [foto atau scan] KTP, serta melengkapi data-data pribadi anda, seperti tanggal lahir, jenis kelamin, alamat sesuai KTP, nomor ponsel, alamat email, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Harga pembelian akan menyesuaikan dengan domisili KTP anda. Untuk kepentingan tanda tangan elektronik anda, anda wajib mengunggah swafoto anda dan memasukan kode OTP yang akan dikirimkan melalui email sebagai proses verifikasi akun tanda tangan elektronik anda. Anda tidak dapat melanjutkan proses transaksi pembayaran kendaraan anda, sebelum melengkapi seluruh data pribadi yang diminta dan memilih cabang Perusahaan tempat pembelian kendaraan.

Adapun apabila nama STNK dan BPKB kendaraan yang akan dibeli berbeda dengan nama anda selaku pembeli, maka anda harus memasukkan informasi pihak yang tercantum sebagai pemilik kendaraan.

Anda akan diminta untuk membayar Booking Fee (apabila anda memilih metode pembayaran melalui pembiayaan ( leasing) dan/atau memesan dengan Booking Fee). Apabila proses ini telah dilakukan, maka anda akan menerima pesan konfirmasi melalui alamat email yang anda daftarkan.

Anda wajib mengkonfirmasi transaksi anda sesuai email yang anda terima. Transaksi pembelian kendaraan anda akan di- follow up oleh pramuniaga Perusahaan ( Salesman) Perusahaan sesuai cabang yang telah Anda pilih. Perusahaan akan memberikan pemberitahuan tahap-tahap transaksi kepada anda pada setiap tahap transaksi yang anda lakukan melalui Situs. Ketentuan Harga OTR ( On the Road) Harga OTR mengikuti lokasi yang dipilih dan mengikuti domisili yang tertera pada KTP Pemesan untuk pengajuan STNK.

Adapun harga tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga pembelian akan menjadi harga final pada saat anda melakukan check out pembayaran. Harga yang tercantum di Situs akan mengikuti penambahan biaya pajak progresif (apabila ada) sesuai dengan ketentuan yang berlaku di pro v insi yang memberlakukan p ajak p rogresif. Simulasi Pembiayaan Apabila anda memilih metode pembayaran melalui leasingmaka Situs akan menampilkan simulasi kredit.

Simulasi kredit dibuat berdasarkan harga OTR ( On the Road) yang disesuaikan dengan lokasi yang dipilih oleh anda. Anda akan memperoleh perhitungan kredit tetap ( fixed) ketika anda telah sepakat dengan perusahaan pembiayaan yang a nda pilih. Apabila Anda melakukan penambahan produk maupun layanan selain unit kendaraan bermotor, maka harga tersebut akan ditambahkan dalam simulasi kredit yang secara otomatis dimunculkan oleh sistem Situs.

Perhitungan dalam simulasi ini mencakup uang muka dan cicilan (biaya Toyota Astra Credit Protection (TACP) dan bunga leasing berdasarkan tenor), namun tidak termasuk biaya administrasi untuk leasing, biaya fidusia, tanggung jawab hukum (TJH) pihak ketiga. Biaya administrasi untuk leasing dan premi asuransi All Risk Pre-paid akan tergabung dalam jumlah total uang muka kendaraan.

Adapun asuransi All Risk Pre-paid merupakan asuransi yang pembayaran preminya dilakukan di awal bersama dengan pembayaran uang muka kendaraan, dan tidak dapat dicicil bersama cicilan pembayaran kendaraan. Surat Pesanan Kendaraan (SPK) • Dalam hal pembelian kendaraan bermotor, baik baru maupun bekas, anda diwajibkan untuk mengisi Surat Pesanan Kendaraan (selanjutnya disebut “SPK”).

Pengisian SPK dapat dilakukan secara online ataupun offline. Anda dapat memilih untuk melanjutkan pemesanan secara online ataupun offline.

• Apabila anda memilih transaksi pemesanan melalui online, maka SPK yang berlaku merupakan SPK Online yang memerlukan tandatangan digital. Formulir pengisian SPK tersebut akan muncul setelah melalui tahap pemilihan kendaraan bermotor, pengisian data diri dan melengkapi dokumen persyaratan, serta anda telah menyelesaikan transaksi pembayaran uang muka.

Setiap Data Pesanan yang terdapat dalam SPK online merupakan data yang Perusahaan anggap benar akan dipergunakan untuk proses selanjutnya. • Apabila Anda memilih untuk melanjutkan transaksi secara offline, maka seluruh pemesanan Anda akan dilanjutkan di cabang Perusahaan dengan bantuan salesman Perusahaan.

Dalam hal pengisian formulir SPK, proses ini akan dilaksanakan menggunakan format hardcopy yang ditandatangani secara manual yang berisi detail pilihan kendaraan bermotor, data diri dan metode pembayaran yang telah dipilih dan diinput oleh anda melalui Situs.

Apabila anda ingin mengubah data mengenai kendaraan yang anda pesan, yaitu tipe kendaraan, jenis kendaraan, warna kendaraan, metode pembayaran yang anda pilih, dan seluruh informasi yang anda berikan mengenai pesanan anda yang tercantum dalam SPK (“Data Pesanan”) pembelian kendaraan, maka anda harus melanjutkan proses pembelian unit kendaraan bermotor dengan menggunakan SPK offline yaitu menandatangani seluruh dokumen-dokumen secara fisik.

Dalam hal pengubahan dilakukan sehingga tuliskan arti dari masing-masing rambu ini SPK offline, proses SPK online secara otomatis menjadi tidak berlaku.

• Apabila Anda ingin mengubah Data Pesanan pada saat dihubungi atau bertatap muka dengan salesman Perusahaan, maka pengisian data yang telah dilakukan secara online melalui Situs menjadi tidak berlaku.

Anda wajib melakukan proses pembatalan isian data online terlebih dahulu sebelum melakukan pengubahan Data Pesanan melalui salesman Perusahaan. • SPK merupakan dokumen penting yang akan menjadi bukti pemesanan anda atas produk kendaraan bermotor yang dijual oleh Perusahaan, serta menjadi dokumen persyaratan untuk melanjutkan pembelian anda hingga anda menerima kendaraan bermotor yang anda beli, serta menjadi alat bukti transaksi jual beli antara anda dan Perusahaan apabila terjadi sengketa di kemudian hari.

Pembelian Kendaraan Online • Dalam hal pembelian kendaraan secara online, anda diwajibkan untuk mengisi SPK Online. SPK Online harus ditandatangani dengan tanda tangan elektronik yang telah disertifikasi sah oleh instansi yang oleh peraturan perundang-undangan diberi kewenangan untuk hal tersebut.

Ketentuan mengenai tanda tangan elektronik akan dijelaskan lebih lanjut dalam Ketentuan ini. • Adapun SPK online yang sudah ditandatangani secara elektronik akan menjadi bukti pembelian kendaraan yang berlaku sah antara Perusahaan dan anda, selaku pihak penjual dan pembeli dalam transaksi pembelian kendaraan bermotor secara online, atau dengan kata lain merupakan surat perjanjian elektronik.

Anda akan menerima SPK online yang sudah ditandatangani dalam bentuk digital yang akan dikirimkan ke e-mail akun anda yang telah terdaftar di Situs ini. • Transaksi jual beli kendaraan secara online yang terdapat dalam Situs ini dapat tuliskan arti dari masing-masing rambu ini hanya untuk pembelian kendaraan pribadi.

Pembelian kendaraan oleh badan usaha dapat dilakukan langsung di cabang-cabang Perusahaan ( offline sale). Pembelian Aksesoris Ketentuan untuk transaksi pembelian aksesoris, yaitu : • Pembatalan transaksi pembelian aksesoris hanya dapat dilakukan secara offline dan tidak dapat sepihak dengan sebelumnya Anda melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke call center Auto2000 atau datang ke cabang Auto2000, dengan melengkapi mekanisme ketentuan yang telah ditentukan Perusahaan.

• Biaya yang tercantum di Situs sudah termasuk biaya pemasangan aksesoris dan tidak ada biaya tambahan lainnya. • Jaminan yang berlaku pada aksesoris sesuai dengan ketentuan garansi ( Warranty) Perusahaan dan berlaku hanya apabila pemasangan produk dilakukan di bengkel cabang Perusahaan.

• Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan Virtual Account ataupun kartu kredit Pemesanan Suku Cadang • Pemesanan suku cadang melalui Situs akan mengikat hanya apabila cabang Perusahaan yang anda pilih telah mengkonfirmasi permintaan anda untuk dilakukannya pemesanan sesuai ketentuan di cabang Perusahaan tersebut.

Ketentuan mengenai harga pembelian suku cadang tunduk kepada ketentuan harga jual beli suku cadang yang telah diatur di bagian Harga Produk dan/atau Layanan. • Terkait ketersediaan stok produk pada cabang yang dipilih dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok produk kosong anda akan menadapatkan pemberitahuan dan akan diinfokan melalui notifikasi email atau pada saat anda datang ke cabang.

Tanda Tangan Elektronik • Tanda tangan elektronik merupakan tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi.

UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo. UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahannya menjelaskan bahwa informasi dan/atau dokumen elektronik merupakan suatu alat bukti hukum yang sah. • Dalam hal pembelian online melalui Situs ini, khususnya untuk pembelian kendaraan bermotor, informasi yang sah dalam perjanjian transaksi jual beli antara Perusahaan dan anda, selaku pihak penjual dan pembeli dibuktikan dengan adanya tanda tangan elektronik pada SPK Online.

Tanda tangan elektronik yang dipergunakan dalam perikatan ini merupakan tanda tangan elektronik yang diterbitkan oleh perusahaan sertifikasi tandatangan elektronik yang sah oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Keabsahan tanda tangan elektronik menjadi salah satu poin yang harus dipenuhi untuk suatu dokumen perjanjian yang sah sebagai alat bukti hukum.

• Setiap pemesanan anda melalui Situs dianggap sah apabila telah ditandatangani oleh anda dengan tanda tangan elektronik. Dalam hal ini, Perusahaan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga penyedia layanan sertifikasi tanda tangan elektronik yaitu PT Solusi Net Internusa (Digisign.id). Untuk dapat menggunakan layanan tersebut, anda wajib melakukan registrasi dan/atau log in ke situs pihak ketiga tersebut yang akan langsung terintegrasi dengan Situs serta melengkapi data dan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan.

Anda juga diwajibkan untuk mengunggah swafoto sesuai dengan ketentuan dari pihak ketiga penyedia layanan sertifikasi tanda tangan elektronik. Dalam hal anda telah memiliki akun sebelumnya dalam pihak ketiga tersebut, anda dapat langsung melakukan transaksi menggunakan akun anda yang terdapat dalam pihah ketiga penyedia layanan sertifikasi tanda tangan elektronik selama pihak ketiga tersebut bekerjasama dengan Perusahaan.

Perihal Kredit Untuk pembelian kendaraan bermotor, baik baru maupun bekas, dapat dilakukan dengan cara tunai maupun kredit. Dalam hal pembelian tunai, harga yang tertera pada Situs setelah faktur belanja tercantum dalam Situs merupakan harga final kendaraan bermotor. Sementara untuk pembelian dengan metode pembayaran kredit, anda dapat memilih perusahaan pembiayaan sesuai preferensi anda. Perusahaan akan menampilkan simulasi perhitungan harga beli dengan kredit melalui perusahaan pembiayaan setelah anda memilih metode pembayaran dan perusahaan pembiayaan sesuai preferensi anda.

Perhitungan yang ditampilkan dalam Situs hanya merupakan simulasi dan tidak bersifat mengikat. Perhitungan harga final adalah harga yang telah disetujui oleh perusahaan pembiayaan. Fitur Pre-Order Used Car • Dalam pembelian mobil bekas ( used car) pada Situs, Perusahaan menyediakan fitur “Pre-Order”.

Melalui layanan ini, anda dapat memesan kendaraan bekas yang tidak tersedia maupun belum sesuai dengan kebutuhan anda yang terdapat di dalam Situs. Fitur layanan ini akan diproses oleh AATdan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. AAT akan membantu anda mencarikan kendaraan yang anda inginkan tanpa dipungut biaya apapun. • Anda wajib melengkapi data anda dengan benar agar dapat dihubungi selanjutnya.

• AAT akan menghubungi anda apabila AAT telah memperoleh kendaraan yang mungkin sesuai dengan yang anda pesan. Anda tidak akan dipungut biaya apapun sebelum anda telah melihat secara langsung kendaraan tersebut di showroom AAT. Apabila anda sudah setuju dengan kendaraan tersebut maka proses pembelian kendaraan bekas akan berlangsung secara offline. Ketentuan Trade-In • Layanan Trade-In dalam Situs ini merupakan fasilitas untuk anda dapat melakukan pembayaran uang muka kendaraan baru yang anda ingin beli dengan menggunakan hasil penjualan kendaraan bekas anda.

• Melalui layanan ini, anda dapat memperoleh informasi estimasi harga kendaraan bekas anda. Adapun harga tersebut merupakan harga estimasi dan tidak mengikat yang dibuat berdasarkan perhitungan harga pasar. • Untuk mendapatkan harga kesepakatan penjualan kendaraan bekas anda, anda dapat melakukan penilaian kendaraan ( appraisal booking) berdasarkan waktu dan lokasi yang anda tentukan.

• Harga yang dipergunakan (harga tetap) sebagai harga pembayaran uang muka layanan Trade-In di Situs ini dianggap harga yang sudah disepakati oleh anda selaku penjual kendaraan dengan AAT. Fitur Get Advised Dalam Situs ini, Perusahaan menyediakan fitur Get Advised yang dapat anda pilih dan isi dalam rangka mendapatkan informasi lebih rinci mengenai produk kendaraan bermotor Perusahaan.

Dengan melengkapi dan mengajukan form isian Get Advised, anda setuju untuk dihubungi oleh petugas Perusahaan dan menerima newsletter secara berkala dari Perusahaan melalui email yang anda cantumkan. Test Drive Perusahaan menyediakan fasilitas test drive bagi anda dalam Situs ini. Adapun ketentuan-ketentuan mengenai test drive kendaraan, antara lain : • Anda wajib memiliki SIM A yang masih berlaku.

• Unit kendaraan bermotor yang tersedia untuk test drive disesuaikan dengan list kendaraan yang tercantum dalam pilihan jenis test drive pada Situs ini.

• Anda dapat memilih tipe kendaraan yang hendak dilakukan test drive dan mengatur jadwal anda untuk test drive kendaraan. • Waktu dan lokasi pelaksanaan test drive dapat berubah dan dilaksanakan sesuai dengan konfirmasi tuliskan arti dari masing-masing rambu ini oleh Salesman Perusahaan. • Perusahaan tidak menjamin bahwa setiap kendaraan yang Perusahaan jual di Situs ini selalu tersedia untuk dilakukan test drive. Apabila kendaraan yang hendak anda lakukan test drive tidak tersedia, maka anda harus menunggu Perusahaan menghubungi anda dan memberikan pemberitahuan kepada anda ketika test drive dapat dilaksanakan.

MENGENAI LAYANAN SERVIS KENDARAAN BERMOTOR Servis kendaraan bermotor adalah layanan purna jual yang Perusahaan sediakan untuk pelanggan Perusahaan, yang ingin melakukan perawatan atas kendaraan merek Toyota-nya baik secara berkala maupun tidak. Harga biaya servis yang tertera pada Situs bersifat estimasi, artinya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan harga yang mengikat ialah harga pada saat perbaikan selesai dilakukan.

Booking service & pembatalannya yang dilakukan melalui Situs tidak dipungut biaya. Untuk pembayaran biaya service, aksesoris dan/atau suku cadang, dapat dilakukan melalui virtual account dan/atau kartu kredit (pilih salah satu). BOOKING SERVIS Apabila anda ingin melakukan booking servis kendaraan bermotor anda, maka ketentuan yang berlaku adalah sebagai berikut : • Dalam hal servis General Repair dan Body Paint kendaraan bermotor, booking wajib dilakukan maksimal 2 (dua) hari sebelum servis hendak dilaksanakan.

• Dalam hal servis kendaraan bermotor dengan layanan Toyota Home Service (THS), maka booking servis wajib dilakukan maksimal 1 (satu) hari sebelum servis hendak dilaksanakan. • Apabila anda ingin melakukan pengaturan ulang jadwal servis General Repair dan Body Paint, maka pilihan jadwal tercepat yang dapat anda pilih adalah maksimal 2 (dua) hari setelah jadwal baru diperbarui. • Apabila anda ingin melakukan pengaturan ulang jadwal servis Toyota Home Service (THS), maka pilihan jadwal tercepat yang dapat anda pilih adalah maksimal 1 (satu) hari setelah jadwal baru diperbarui.

Dalam hal servis kendaraan bermotor, anda dapat melakukan tahapan sebagai berikut : • Membuat pemesanan layanan servis ( service booking) kendaraan anda melalui Situs. • Booking Order terbit. • Pihak cabang akan melakukan konfirmasi booking order sesuai jam buka operasional bengkel, yaitu pukul 08.00 s/d 16.00 waktu setempat (hari minggu & libur nasional tutup).

Apabila booking order dibuat pada hari libur, maka konfirmasi booking akan dilakukan pada hari kerja berikutnya. • Anda membawa kendaraan ke bengkel Perusahaan dan menyerahkan Surat Perintah Kerja dari Situs berdasarkan booking order agar kendaraan bermotor yang bersangkutan dapat dikerjakan. • Setelah kendaraan tuliskan arti dari masing-masing rambu ini selesai dikerjakan, anda dapat melakukan pembayaran di kasir ataupun melalui virtual account dan/atau kartu kredit.

• Untuk setiap jadwal servis, anda diharapkan untuk datang sesuai waktu booking. Apabila anda terlambat dari waktu yang sudah dijadwalkan, maka antrian akan mengikuti ketersediaan mekanik/stall pada bengkel. PAKET SERVIS Dalam rangka menyediakan layanan servis terbaik bagi anda, Perusahaan menyediakan paket servis, yang ketentuannya adalah sebagai berikut : • PESTA (Paket Servis Toyota) Paket Servis Toyota (PESTA) adalah paket perawatan kendaraan bermotor baru selama periode atau jarak (kilometer) tertentu yang ditawarkan oleh bengkel Auto2000.

Paket ini memberikan kemudahan bagi anda dalam melakukan perawatan berkala kendaraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Sertifikat Paket Servis Toyota. Sertifikat Paket Servis adalah dokumen berupa 1 lembar sertifikat sebagai bukti kepemilikan yang diperoleh pelanggan ketika berhasil melakukan pembayaran atas paket servis yang dipilih.

Sertifikat berisi data diri pemilik, cabang penjual, tipe paket servis yang dipilih beserta daftar item penggantian part yang ditanggung dalam Paket Servis. PESTA terdiri dari 5 jenis, antara lain : • Paket servis 1,5 Tahun dengan servis berkala (0-20.000 km) mana yang tercapai lebih dahulu; • Paket servis 3 Tahun dengan servis berkala (0-40.000 km) mana yang tercapai lebih dahulu; • Paket servis 4 Tahun dengan servis berkala (0-60.000 km) mana yang tercapai lebih dahulu; • Paket servis 5 Tahun dengan servis berkala (0-80.000 km) mana yang tercapai lebih dahulu; • Paket servis 6 Tahun dengan servis berkala (0-100.000 km) mana yang tercapai lebih dahulu.

Ketentuan Harga PESTA Harga yang tercantum di Situs merupakan harga final termasuk PPN dan biaya kirim sertifikat. Adapun list harga PESTA tercantum jelas di Situs sesuai dengan model kendaraan dan jenis PESTA yang dipilih.

PESTA dapat dijual secara online maupun offline, dengan ketentuan sebagai berikut: • Online Dapat diakses saat pelanggan melakukan log in di Situs dan melakukan transaksi pembelian mobil baru bersama dengan pembelian aksesoris dan paket servis. • Offline Dapat dibeli saat pelanggan berkunjung di cabang Auto2000 melalui tuliskan arti dari masing-masing rambu ini cabang dengan syarat kilometer kendaraan belum mencapai 10.000 km. • SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan) SPONTAN merupakan paket layanan servis yang Perusahaan sediakan, khusus untuk kendaraan bekas ( used car).

Melalui program ini, Perusahaan memberikan biaya servis yang lebih murah. SPONTAN merupakan paket servis kendaraan bekas merk Toyota, dimulai dari kilometer berapapun (≥60.000 km). SPONTAN terdiri dari 3 jenis, antara lain : • SPONTAN A Terdiri dari 2x Servis Kecil* dengan masa berlaku kupon selama 1,5 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu. b. SPONTAN B Terdiri dari 1x Servis Kecil & 1x Servis Besar** dengan masa berlaku kupon selama 1,5 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu.

c. SPONTAN C Terdiri dari 3x Servis Kecil & 1x Servis Besar dengan masa berlaku kupon selama 3 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu. *Servis Kecil : Service Berkala selain 40.000 km dan kelipatannya. **Servis Besar : Service Berkala 40.000 km dan kelipatannya. Ketentuan Harga SPONTAN Harga yang tercantum di Situs merupakan harga final termasuk PPN dan biaya kirim sertifikat servis. Adapun list harga SPONTAN tercantum jelas di Situs sesuai dengan model kendaraan dan jenis SPONTAN yang dipilih.

SPONTAN dapat dijual secara online maupun offline, dengan ketentuan sebagai berikut: • Online Dapat diakses saat pelanggan melakukan log in di Situs dan melakukan transaksi pembelian paket servis secara terpisah tidak bersama dengan pembelian unit melalui menu Layanan Kita di Situs.

tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

• Offline Dapat dibeli saat pelanggan berkunjung di cabang Auto2000 melalui frontline cabang dengan syarat kilometer kendaraan lebih dari 50.000 km. • Ketentuan PESTA & SPONTAN : • Sertifikat hanya berlaku untuk kendaraan dengan data yang terdaftar.

• Sertifikat wajib dibawa saat melakukan service berkala. • Paket service mencakup pekerjaan service berkala, dengan ketentuan pergantian part tercantum pada sertifikat. Pekerjaan dan penggantian suku cadang di luar paket service akan dikenakan biaya tambahan.

• Sertifikat service tidak dapat diuangkan. • Sertifikat service dapat digunakan di seluruh bengkel Auto2000. Kebijakan Cookies Cookie adalah berkas data kecil yang ditempatkan browser anda pada komputer atau perangkat seluler anda. Dengan cookie, Situs dapat mengingat tindakan dan preferensi anda dari waktu ke waktu sehingga Perusahaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Perusahaan.

Informasi dipergunakan untuk menelusuri pengunjung Situs dan mengkompilasi laporan statistik dalam aktivitas Situs. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai cookie, dapat mengunjungi laman www.aboutcookies.org atau www.allaboutcookies.org.

Beberapa tampilan Situs mungkin tidak akan berfungsi apabila anda menghapus cookie pada browser anda.

Jika anda tidak mengaktifkan cookie, maka anda tidak dapat mengakses fungsi atau tampilan penting tertentu dari Situs dan hanya dapat menggunakan Situs secara terbatas. Kontak kami Anda memiliki Hak atas perbaikan dan penghapusan data pribadi anda termasuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan Situs dan transaksi.

Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut maupun terdapat keluhan dan komplain, anda dapat menghubungi Perusahaan melalui Fitur Get Advised yang tersedia pada Situs. Jika pertanyaan anda tidak terjawab secara online, anda dapat menghubungi Kami di nomor 1-500-898. ​​​​​​​ Pada saat berkendara di jalan, Sahabat tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan rambu – rambu lalu lintas yang dipasang di tepi jalanan. Rambu-rambu ini bukan sekedar gambar hiasan yang dipasang di tepi jalan namun memiliki arti bagi pengendara.

Rambu lalu lintas adalah papan tanda yang didirikan di sisi atau di atas jalan untuk memberi instruksi atau informasi kepada pengguna jalan. Rambu lalu lintas berfungsi untuk memudahkan pengendara dan sebagai navigasi dalam perjalanan serta membantu mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Arti dan Gambar Rambu Perintah Ada berbagai macam-macam rambu lalu lintas yang bisa Sahabat temui ketika berkendara. Setiap rambu tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Rambu perintah adalah rambu-rambu yang berisi perintah kepada para pengguna jalan yang wajib untuk dipatuhi. Ada banyak simbol rambu perintah yang memiliki maknanya masing-masing.

Pada umumnya, rambu perintah berwarna biru berbentuk bundar dengan bagian lambangnya berwarna putih. Berikut beberapa tanda rambu lalu lintas perintah dan artinya. iii.

Tanda panah belok kiri belok kiri Arti: Pengendara diperintahkan untuk belok ke arah kiri 4. Tanda panah belok kanan belok kanan Arti: Pengendara diperintahkan untuk belok ke arah kanan 5. Tanda panah atas panah atas Arti: Pengendara diharuskan untuk terus berjalan lurus. Rambu ini biasa dapat ditemui pada jalan tol atau jalan searah yang melarang pengendara untuk berbalik arah atau berbelok 6. Tanda panah bawah serong kiri serong kiri Arti: Pengendara diperintahkan untuk masuk ke lajur atau jalur yang ditunjuk oleh rambu yakni ke kiri seven.

Tanda panah bawah serong kanan serong kanan Arti: Pengendara diperintahkan untuk masuk ke lajur atau jalur yang ditunjuk oleh rambu yakni ke kanan 8. Tanda angka kecepatan minimum dalam kilometer (km) kecepatan minimum Arti: Berkendara tidak boleh melebihi batas kecepatan atau kurang dari batas kecepatan.

Arti rambu ini adalah batas minimum kecepatan yang harus diambil oleh pengendara yakni 40 km/jam. Arti dan Gambar Rambu Larangan Sesuai dengan arti rambu lalu lintas larangan yang melarang pengguna jalan melakukan sesuatu, maka warna lambang pada rambu larangan biasanya dibuat dari warna merah serta hitam.

Sementara untuk warna latar adalah warna putih. Berikut adalah gambar dan arti dari rambu larangan: 1. Tanda bertuliskan Terminate finish Arti: Lambang Stop dengan tuliskan arti dari masing-masing rambu ini merah berarti Sahabat dilarang untuk terus berjalan di suatu lajur. Sahabat diharuskan untuk berhenti baik sementara maupun ketika kondisi sudah dipastikan aman dan selamat dari adanya konflik lalu lintas.

2. Tanda strip stop Arti: Tanda strip ini memiliki arti dilarang masuk ke suatu tempat baik bagi kendaraan bermotor maupun yang tidak bermotor kecuali ada tanpa pengecualian bagi pihak tertentu iii. Tanda angka kecepatan maksimum dalam kilometer (km) maksimum Arti: Pengguna jalan dilarang untuk berkendara melampaui batas kecepatan 40 km/jam 4. Tanda South dicoret stop Arti: Rambu larangan S alias Stop di garis ini memiliki makna bahwa pengguna jalan dilarang untuk berhenti dari mulai tempat pemasangan tanda hingga jarak fifteen meter disesuaikan dengan arah lalu lintas (mengenai jarak bisa berubah apabila ada tanda pengecualian di papan tambahan.

5. Tanda P dicoret dilarang parkir Arti: Rambu larangan P allonym Parkir di garis ini memiliki makna bahwa pengguna jalan dilarang untuk memarkir kendaraannya dari mulai tempat pemasangan tanda hingga jarak 15 meter disesuaikan dengan arah lalu lintas (mengenai jarak bisa berubah apabila ada tanda pengecualian di papan tambahan) 6. Tanda putar balik dicoret dilarang putar balik Arti: Rambu ini biasa Sahabat temui di persimpangan atau di jalan searah untuk melarang pengguna jalan baik itu kendaraan bermotor maupun yang tidak bermotor untuk berbalik arah.

seven. Tanda belok kiri dicoret dilarang ke kiri Arti: Rambu larangan ini biasa dipasang pada lajur jalan yang searah lalu lintas ataupun jalan dengan simpangan. Maksud dari rambu larangan ini adalah untuk melarang para pengguna jalan baik kendaraan bermotor ataupun pengguna jalan tidak bermotor untuk berbelok ke arah kanan 8. Tanda belok kanan dicoret dilarang ke kanan Arti: Tuliskan arti dari masing-masing rambu ini larangan ini melarang para pengguna jalan baik kendaraan bermotor ataupun pengguna jalan tidak bermotor untuk berbelok ke arah kanan Arti dan Gambar Rambu Peringatan Berbeda dengan rambu lalu lintas lengkap sebelumnya, rambu peringatan memiliki warna dominan kuning dengan lambangnya berwarna hitam.

Bentuk rambu peringatan pada umumnya adalah belah ketupat dan memiliki isi berupa peringatan kepada para pengguna jalanan agar lebih waspada mengenai tantangan yang ada di depan.

1. Tanda tiga panah melingkar panah melingkar Arti: Rambu lalu lintas menunjukkan adanya persimpangan berbentuk bundaran yang memiliki prioritas 2. Tanda seru (!) tanda seru Arti: Rambu ini sebagai peringatan kepada pengguna jalan agar berhati-hati memasuki jalur tertentu iii.

Tanda plus (+) tanda plus Arti: Rambu ini menunjukkan akan adanya persimpangan empat iv. Tanda plus dihapus bagian kanannya persimpangan Arti: Rambu yang menunjukkan adanya persimpangan tiga sisi dengan satu ke arah kiri v.

Tanda plus dihapus bagian kirinya persimpangan Arti: Rambu yang menunjukkan adanya persimpangan tiga sisi dengan satu ke arah kanan six. Tanda panah ke atas dan ke bawah dua arah Arti: Makna dari rambu ini adalah bahwa lalu lintas yang dilalui berlaku dua arah. Arti dan Gambar Rambu Petunjuk Rambu petunjuk memiliki tujuan untuk memberikan petunjuk jalan bagi para pengguna jalan.

Rambu petunjuk ini memiliki beragam gambar rambu lalu lintas unik yang menjadi ciri khas sendiri dan tidak seperti rambu sebelumnya yang memiliki ciri khas sendiri. one. Tanda arah kota di persimpangan persimpangan Arti: Rambu ini berguna sebagai pendahulu petunjuk jurusan ke suatu lokasi yang akan ditemui di persimpangan jalan di depan ii. Tanda arah kota jurusan Arti: Rambu ini merupakan rambu petunjuk arah atau jurusan ke suatu daerah iii. Tanda jalan tol jalan tol Arti: Rambu ini menyatakan bahwa Sahabat sebentar lagi akan memasuki surface area jalan tol 4.

Tanda rumah sakit rumah sakit Arti: Rambu ini menunjukkan tanda rumah sakit v. Tanda POM bensin pom bensin Arti: Rambu ini menunjukkan tanda keberadaan POM bensin atau Pompa bahan bakar vi. Tanda ranjang/tempat tidur ranjang Arti: Rambu ini menunjukkan tanda adanya hotel atau motel 7. Tanda orang jalan kaki jalan kaki Arti: Rambu ini menunjukkan tanda tempat bagi para pejalan kaki eight. Tanda bus bus Arti: Rambu ini menunjukkan tanda tempat berhentinya omnibus Rambu Papan Tambahan Tuliskan arti dari masing-masing rambu ini dengan rambu lalu lintas di atas yang memiliki ciri khas tersendiri dan sudah terstandarisasi, rambu papan tambahan berfungsi untuk memberi informasi tambahan secara langsung kepada para pengguna jalan yang tidak diperoleh hanya dari rambu di atas.

tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

Papan tambahan biasanya memberikan informasi terkait jenis kendaraan tertentu, jarak, waktu berlakunya rambu yang ada hingga apapun yang berkaitan dengan manajemen dari rekayasa lalu lintas. Sahabat akan menemukan papan tambahan di bawah daun rambu. Download Macam-Macam Rambu Lengkap Untuk sahabat yang ingin mempelajari terkait rambu-rambu lalu lintas dapat mengunduh rambu-rambu lalu lintas resmi yang ada di internet.

Sahabat hanya perlu masuk ke web browser yang ada di laptop atau smartphone kemudian kunjungi website resmi Dinas Perhubungan milik pemerintah Provinsi Jawa Barat. Untuk memudahkan, Sahabat bisa mengunduhnya langsung dengan mengklik link berikut (http://dishub.jabarprov.go.id/doc/maps/rambu.pdf).

Ada 18 halaman lengkap berisi rambu-rambu lalu lintas mulai dari rambu larangan, perintah, peringatan, petunjuk fasilitas umum, petunjuk arah dan lokasi dan sebagainya. Pelajari rambu lalu lintas serta makna dari setiap gambar rambu-rambu di atas. Pasalnya, mengetahui arti dari setiap rambu-rambu lalu lintas akan sangat membantu pengendara seperti Sahabat agar dapat berkendara dengan aman dan selamat. Selain itu, memahami arti dari rambu-rambu akan memudahkan navigasi Sahabat ketika berkendara.

Apa Arti Dari Masing Masing Rambu Tersebut Source: https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/rambu-lalu-lintas—macam-tanda-arti-gambar-lengkap/ Terbaru • Kelompok Ternak Kamdomain_7 Di Purwosari Girimulyo Kulon Progo • Cara Memakai Masker Rambut Makarizo Hair Energy • Cara Menghapus Pintasan Di Layar Utama Xiaomi • Nama Kepala Dinas Peternakan Provinsi Di Yogyakarta • Cara Memindahkan Foto Dari Cd Ke Hp • How to Hack Cctv Camera Using Cmd Pdf • Lingkungan Ternak Ayam Cocok Gak Buat Rumah Tinggal • Cara Membuat Hiasan Pintu Kamar Dari Kardus • Seluk Beluk Usaha Bisnis Ternak Lobster Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya tuliskan arti dari masing-masing rambu ini Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
Rambu-rambu lalu lintas adalah bagian tak terpisahkan dari perlengkapan jalan.

Rambu-rambu lalu lintas ini bisa berupa lambang, angka, huruf dan atau pun perpaduan di antaranya. Tujuan rambu-rambu lalu lintas ini adalah sebagai peringatan, petunjuk, perintah atau pun larangan untuk para pengguna jalan. Pembahasan 1. Apa arti masing-masing rambu tersebut? Adapun arti dari masing-masing rambu lalu-lintas yang ada di gambar sebagai berikut: • Rambu STOP adalah perintah yang mewajibkan pengguna jalan untuk berhenti atau larangan untuk berjalan terus. • Segitiga merah terbalik adalah rambu berupa larangan berjalan terus jika mengakibatkan hambatan, rintangan, gangguan lalu lintas bagi mereka dari arah lain yang harus didahulukan.

• Tanda silang merah (biasa juga dijumpai dalam warna putih) bermakna larangan berjalan terus, wajib untuk bertenti sejenak mencari kepastian apakah aman atau tidak. • Gambar motor yang disilang artinya bahwa kendaraan bermotor dilarang masuk atau melintas di kawasan tersebut. • Tulisan nama tempat dengan panah tersebut adalah rambu penunjuk arah lokasi CIBITUNG. • Rambu dengan gambar ranjang dan tanda plus tersebut menunjukan keberadaan rumah sakit.

• Rambu dengan tulisan DIENG 10 KM merupakan rambu petunjuk yang menerangkan bahwa jarak Dieng dari titik tersebut sebanyak 10 KM. 2. Apa manfaat rambu-rambu tersebut bagi pengguna jalan?

Manfaatnya adalah untuk melindungi dari resiko kecelakaan, memberikan petunjuk, menertibkan lalu lintas dan lain lain. 3. Jika rambu-rambu tersebut tidak ada, apa pengaruhnya terhadap pengguna jalan? Apabila rambu-rambu tersebut tak ada maka kondisi lalu lintas menjadi kacau dan tidak tertib. Kondisi ini selain menjadikan perjalanan tidak efektif juga bisa berakibat fatal yakni berujung pada kecelakaan.

Untuk rambu-rambu yang bersifat petunjuk, kalau tidak ada maka akan membuat pencarian menjadi tidak praktis.

4. Apakah kamu pernah melihat rambu rambu lain di jalan? Jelaskan tentang rambu tersebut. Sering. Rambu-rambu ini sering saya lihat baik itu di jalanan besar maupun jalanan kecil. Di jalanan besar, rambu-rambu yang sering saya jumpai seperti larangan parkir, larangan bagi kendaraan tertentu melintas, rambu untuk wajib stop dan lain sebagainya.

Khusus di jalanan kecil seperti gang, rambu-rambu lalu lintas yang paling sering saya jumpai adalah rambu yang dipasang mandiri oleh warga. Umumnya rambu tersebut berisi perintah melambatkan laju kendaraan. Pelajari lebih lanjut: • Materi tentang manfaat rambu lalu lintas brainly.co.id/tugas/741670 • Materi tentang arti rambu-rambu lalu lintas brainly.co.id/tugas/4045746 • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • Detil Jawaban Kode : - Kelas : SD Mapel : Tematik Bab : Rambu-rambu Lalu Lintas Kata Kunci : Stop, Arah, Petunjuk, Larangan, Perintah
rambu lalu lintas – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com.

Kali ini kita tuliskan arti dari masing-masing rambu ini belajar mengenal tentang macam-macam rambu lalu lintas, tanda serta artinya.

Mari kita bahas satu per satu. Biar tambah berkah, jangan lupa baca basmallah dulu sebelum membaca. Bismillahirromanirrohim. Sebenarnya ada banyak sekali rambu lalu lintas yang bisa kita pelajari dan sering dijumpai di jalan, namun setidaknya penulis akan memberikan sedikit banyak tentang rambu-rambu yang ada.

Penting bagi kita untuk mengetahui beberapa pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas. Supaya kita bisa mengerti dan dapat mematuhi peraturan dengan baik, sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan. Dengan pahamnya kita tentang rambu-rambu yang dipasang, maka kita juga akan terhindar tuliskan arti dari masing-masing rambu ini polisi.

Karena kita sudah mentaati hukum yang berlaku saat berlalu lintas. Daftar isi • 1 Pertama : Rambu Lalu lintas Peringatan • 1.1 Penjelasan dari gambar rambu-rambu: • 2 Kedua : Rambu Larangan • 3 Ketiga : Rambu Lalu Lintas Perintah • 4 Keempat : Rambu Lalu Lintas Petunjuk • 5 Kelima : Rambu Papan Tambahan • 6 Keenam : Rambu Nomor Rute • 6.1 Contoh Penempatan Rambu Nomor Rute: • 6.2 Share this: Pertama : Rambu Lalu lintas Peringatan Penjelasan dari gambar rambu-rambu: • 1.a.

Tikungan ke kiri, sebentar lagi arah depan akan ada tikungan ke kiri sekitar arah jam 10.30. • 1.b. Tikungan ke kanan, tidak jauh lagi arah depan akan ada tikungan ke kanan dengan arah jam 1.30. • 1.c. Tikungan tajam ke kiri, beberapa meter lagi ada tikungan tajam arah jam 9, sehingga kita mengharuskan untuk melambat agar bisa melewatinya dengan aman.

• 1.d. Tikungan tajam ke kanan, beberapa meter lagi ada tikungan tajam arah jam 3. • 1.e. Tikungan ganda, tikungan pertama ke kiri, pada rambu ini maka kita benar-benar disuruh untuk berhati-hati dalam melewati jalur depan yang tak lama lagi kita lewati. Karena pada rambu ini, jalan yang kita lewati adalah tikungan ganda dan cukup berbahaya jika kita dalam keadaan laju cepat.

• 1.f. Tikungan ganda, tikungan pertama ke kanan, penjelasan sama seperti nomer 5 (1.e) hanya saja yang ini arah tikungan pertama ke kanan. • 1.g. Urutan beberapa tikungan, tikungan pertama ke kiri, pada rambu ini juga kita diingatkan bahwa jalur yang ada didepan yang akan kita lalui adalah bebrapa tikungan yang bertubi-tubi, sehingga kita harus melambat untuk melewati jalur ini.

• 1. h. Urutan beberapa tikungan, tikungan pertama ke kanan, penjelasan sama seperti nomer 7 (1.g) • 1. i. Pengarah tikungan ke kanan, rambu yang menjelaskan jika kita akan belok ke kanan. • 1. j. Pengarah tikungan ke kiri, rambu yang menjelaskan jika kita akan belok ke kanan. • 2. a. Turunan, rambu yang menjelaskan kita akan melewati turunan. • 2. b. Turunan curam, rambu yang menjelaskan kita akan melewati turunan yang cukup terjal atau curam.

tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

Penjelasan dari gambar rambu-rambu: • 2. c. Tanjakan, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan yang menanjak. • 2. d. Tanjakan terjal, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati tanjakan yang tinggi. • 3. a. Penyempitan di kiri dan kanan jalan, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan yang menyempit di sisi kanan dan kiri jalan. • 3. b. Penyempitan di kiri jalan, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan yang menyempit di sisi kiri jalan.

• 3. c. Penyempitan di kanan jalan, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan yang menyempit di sisi kanan jalan. • 3. d. Jembatan, penyempitan di jembatan, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan yang menyempit di sebuah jembatan. • 3. e. Pengurangan jalur kiri, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan yang berkurang pada sisi jalur kiri.

• 3. f. Pengurangan jalur kanan, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan yang berkurang pada sisi jalur kanan. • 4. Jembatan angkat, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jembatan angkat. • 5. Jalan menuju tepian air, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan menuju tepian air dan tepian jurang. • 6. a. Jalan tidak datar, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan berbukit yang tidak datar. • 6. b. Jalan cembung, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan yang cembung, atau sebuah jembatan yang cembung.

• 6. c. Tuliskan arti dari masing-masing rambu ini cekung, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan yang cekung. • 7. Jalan licin, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan yang licin.

• 8. Kerikil lepas, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati jalan yang berkerikil. Penjelasan dari gambar rambu-rambu: • 9. a. Longsoran tanah, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati longsoran tanah atau batu yang berjatuhan dari sebelah kiri jalan.

• 9. b. Longsoran tanah, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati longsoran tanah atau batu yang berjatuhan dari sebelah kanan jalan. • 10. Penyeberangan jalan, rambu yang menerangkan ada penyeberangan jalan di arah depan. • 11. Banyak anak-anak, rambu yang menerangkan banyak anak-anak di daerah sekitar. • 12. Banyak orang yang berseperda, rambu yang menerangkan banyak orang yang bersepeda di daerah sekitar itu.

• 13. a. Banyak satwa jinak, rambu yang menerangkan banyak satwa jinak di daerah sekitar yang sering melintasi jalan tersebut. • 13. b. Banyak satwa liar, rambu yang menerangkan banyak satwa liar di daerah sekitar yang sering melintasi jalan tersebut. • 14. Ada pekerjaan jalan, rambu yang menerangkan ada perbaikan jalan. • 15.

Lampu pengaturan lalulintas. • 16. Lintasan pesawat terbang, rambu yang menerangkan pengemudi akan melewati lintasan jalan pesawat terbang. • 17. Angin dari samping. • 18. a. Lalulintas dua arah. • 18. b. Awal bangunan bangunan pemisah untuk lalu lintas dua arah. • 18. c. Awal bangunan bangunan pemisah untuk lalu lintas dua arah. • 18. d. Awal bangunan bangunan pemisah untuk lalu lintas satu arah. Penjelasan dari gambar rambu-rambu: Dibawah ini adalah rambu-rambu penjelas bagi para pengemudi bahwa dia akan melewati persimpangan yang dipaparkan tuliskan arti dari masing-masing rambu ini pinggiran jalan.

• 19. a. Persimpangan empat. • 19. b. Persimpangan tiga sisi kiri. • 19. c. Persimpangan tiga sisi kanan. • 19.

tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

d. Persimpangan tiga serong kiri. • 19. e. Persimpangan tiga serong kiri. • 19. f. Persimpangan tiga serong kanan. • 19. g. Persimpangan tiga serong kanan. • 19. h. Persimpangan tiga type T. • 19. i. Persimpangan tiga type Y. • 19. j. Persimpangan ganda kiri kanan. • 19. k. Persimpangan ganda kanan kiri. • 19. l. Persimpangan tiga ganda kiri. • 19. m. Persimpangan tiga ganda kanan. • 20. a. Persimpangan tiga dengan prioritas. • 20. b.

Persimpangan tiga sisi kiri dengan prioritas. Penjelasan dari gambar rambu-rambu: • 20. c. Persimpangan tiga sisi kanan dengan prioritas. • 20. d. Persimpangan tiga serong kiri dengan prioritas. • 20. e. Persimpangan tiga serong kanan dengan prioritas. • 20. f. Persimpangan bundaran dengan proritas. • 21. a. Tinggi ruang bebas ” … ” m.

(dalam kurung adalah ukurannya) • 21. b. Lebar ruang bebas ” … ” m. (dalam kurung adalah ukurannya) • 22. a. Tuliskan arti dari masing-masing rambu ini datar dengan lintasan kereta api berpintu. • 22. b. Persilangan datar dengan lintasan kereta api tanpa pintu. • 23. Hati-hati!. • 24. a. Rambu tambahan menyatakan jarak 450 m. • 24. b. Rambu tambahan menyatakan jarak 300 m. • 24. c. Rambu tambahan menyatakan jarak 150 m. • 25. Peringatan tentang bahaya tanah longsor di musim hujan.

Kedua : Rambu Larangan Rambu lalu lintas berwarna merah adalah rambu yang menyuruh kita agar tidak melakukan suatu tindakan atau hal yang ada di rambu jalan tersebut. Juga sebuah peringatan kepada kita supaya kita taat dan tidak melakukannya di tempat itu Ketiga : Rambu Lalu Lintas Perintah Rambu lalu lintas perintah adalah rambu yang menyuruh kita untuk mengikuti apa yang ada dalam rambu tersebut.

Bila larangan adalah suatu rambu yang tidak membolehkan kita untuk melakukan suatu tindakan, maka rambu ini adalah rambu yang mewajibkan kita untuk melakukan apa yang diperintahkan rambu tersebut. Berikut gambar rambu beserta perintahnya.Life Style Rambu Lalu Lintas: Warna, Arti dan Gambar di Indonesia 27 April, 2022 Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan istilah tuliskan arti dari masing-masing rambu ini lalu lintas, karena seringkali ditemukan di pinggir jalan dan rambu lalu lintas menjadi pedoman berkendara yang harus ditaati.

Namun tidak semua pengendara sudah benar-benar memahami gambar rambu lalu lintas tersebut dan artinya tersebut. Lalu, apa arti rambu lalu lintas? Secara definisi, bisa dijelaskan sebagai papan tanda yang merupakan salah satu perlengkapan yang didirikan di sisi kanan dan kiri jalan.

Tujuannya, sebagai navigasi atau instruksi kepada para pengguna jalan, agar tetap aman dan terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Berikut ini artikel lifestyle Wuling terkait gambar dan arti rambu lalu lintas di Indonesia. Arti Rambu Perintah Gambar rambu rambu lalu lintas perintah dan artinya Secara umum, ada beberapa macam gambar rambu lalu lintas yang sering ditemukan di jalan dan setiap rambu pasti memiliki kegunaan tuliskan arti dari masing-masing rambu ini berbeda-beda.

Rambu perintah menjadi salah satu jenis rambu yang wajib dipatuhi para pengguna agar menghindarkan pengendara dari hal-hal yang tidak diinginkan. Rambu perintah biasanya memiliki papan yang berwarna biru bulat atau bundar dan pada bagian lambangnya biasanya berwarna putih. Ini dia beberapa rambu perintah yang sering ditemukan dan harus dipahami perintahnya dengan baik. 1. Panah Kiri Gambar tanda rambu lalu tuliskan arti dari masing-masing rambu ini panah kiri Panah kiri mengharuskan pengguna jalan untuk membawa kendaraan mengikuti jalur ke arah kiri.

2. Panah Kanan Gambar rambu rambu lalu lintas panah kanan tuliskan arti dari masing-masing rambu ini arti Panah kanan mengharuskan pengguna jalan untuk mengendarai kendaraan ke arah kanan. 3. Panah Belok Kiri Gambar rambu lalu lintas panah belok kiri Panah belok kiri mengharuskan pengendara untuk membelokkan kendaraan ke arah kiri.

4. Panah Belok Kanan Gambar rambu-rambu lalu lintas panah belok kanan Panah belok kanan mengharuskan pengendara untuk membelokkan kendaraan ke arah kanan. 5. Panah atas Gambar rambu rambu lalu lintas panah atas Panah Atas merupakan rambu perintah yang mewajibkan pengendara untuk terus lurus dan rambu ini seringkali ditemukan di jalan searah atau jalan tol.

Panah atas melarang para pengendara untuk berbelok atau melakukan balik arah. 6. Panah Bawah Serong Kiri Gambar rambu-rambu lalu lintas panah bawah serong kiri Panah bawah serong kiri mengharuskan pengendara untuk mengikuti jalur atau lajur kiri. 7. Panah bawah serong kanan Gambar rambu-rambu lalu lintas panah bawah serong kanan Panah bawah serong kanan mengharuskan para pengendara untuk mengikuti jalur ke arah kanan. Arti Rambu Larangan Gambar rambu lalu lintas larangan dan arti Rambu larangan adalah rambu-rambu lalu lintas yang melarang para pengendara untuk melakukan suatu hal dan rambu larangan biasanya dibuat dengan warna merah yang dikombinasikan hitam, sedangkan latarnya biasanya menggunakan warna putih.

Berikut ini adalah beberapa rambu larangan yang sering ditemukan di jalan. 1. Stop Gambar rambu-rambu lalu lintas stop Ini adalah rambu lalu lintas stop. Apabila Anda melihat tanda stop dengan latar yang berwarna merah, maka dilarang untuk melaju atau berkendara pada suatu jalur.

Pengendara diharuskan untuk berhenti sejenak atau berhenti sampai kondisi lebih aman dan hal ini dilakukan untuk menghindarkan adanya konflik dalam lalu lintas. 2. Strip Gambar rambu lalu lintas strip atau dilarang masuk Strip adalah rambu yang melarang pengguna jalan untuk masuk ke suatu tempat dan larangan ini berlaku buat pengendara atau pejalan kaki.

Rambu lalu lintas dilarang masuk ini bisa dilanggar oleh pihak yang memiliki pengecualian. 3. Angka kecepatan minimum dalam kilometer(km) Gambar rambu-rambu lalu lintas angka kecepatan minimum dalam kilometer (km) Tips Liburan Road Trip dengan Keluarga Saat Pandemi Apabila melihat rambu perintah yang menunjukkan angka kecepatan minimum, maka pengguna jalan tidak boleh membawa kendaraan di bawah atau melebihi batas kecepatannya.

Dengan melihat rambu ini, maka pengendara bisa mengetahui kecepatan terbaik dan aman dalam berkendara. 4. S Dicoret Gambar rambu rambu lalu lintas s dicoret Tanda S biasanya menandakan stop atau berhenti, sedangkan tanda “S” dicoret menandakan jangan berhenti. Apabila anda melihat rambu ini, maka anda tidak boleh berhenti sejenak atau parkir dan apabila anda melanggar, maka anda akan dikenakan tilang sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

5. P Dicoret Gambar rambu rambu lalu lintas p dicoret atau dilarang parkir Ini adalah rambu lalu lintas dilarang parkir. Apabila anda melihat rambu P dicoret, maka anda tidak boleh parkir di area tersebut dan tanda ini biasanya diterapkan untuk menghindarkan kemacetan akibat adanya parkir liar.

Tanda ini juga sering ditemukan di area perkotaan, agar menghindarkan angkutan umum parkir dan mencari penumpang dalam waktu lama. 6. Putar Balik Dicoret Gambar rambu lalu lintas putar balik dicoret putar balik dicoret adalah rambu yang sering ditemukan di area persimpangan atau di jalan satu arah dan rambu ini melarang pengendara untuk melakukan putar balik.

Rambu ini biasanya diterapkan untuk menghindarkan kemacetan di area persimpangan. 7. Belok Kiri Dicoret Gambar rambu rambu lalu lintas belok kiri dicoret Belok kiri dicoret kebanyakan ditemukan di jalan satu arah, meskipun ada juga yang dipasangkan di area persimpangan. Larangan ini berlaku untuk pengendara motor atau mobil dan pelarangan belok kiri biasanya untuk menghindarkan kemacetan atau penumpukan kendaraan.

8. Belok Kanan Dicoret Gambar rambu rambu lalu lintas belok kanan dicoret Belok kanan dicoret tentu melarang para pengendara untuk berbelok ke arah kanan dan larangan ini biasanya menghindarkan adanya tabrakan antara pengendara di lajur kiri dengan kanan.

Arti Rambu Peringatan Gambar rambu lalu lintas peringatan dan artinya Rambu peringatan juga banyak ditemukan di jalan dan rambu peringatan identik memiliki warna kuning dengan lambang yang berwarna hitam.

Kebanyakan rambu peringatan memiliki bentuk menyerupai belah ketupat dan informasi dalam rambu peringatan biasanya memberikan kewaspadaan kepada pengendara dengan tantangan jalan yang ada di depan. 1. Tiga panah melingkar Gambar rambu rambu lalu lintas tiga panah melingkar Tiga panah melingkar merupakan rambu peringatan yang menandakan adanya persimpangan atau bundaran, sehingga pengendara harus berhati-hati dan mengurangi kecepatan berkendara.

2. Seru (!) Gambar rambu rambu lalu lintas tanda seru Rambu peringatan rambu lalu lintas tanda seru biasanya memberikan kewaspadaan ke pengendara, agar lebih berhati-hati saat memasuki suatu jalur. 3. Plus (+) Gambar rambu rambu lalu lintas tanda plus Apabila Anda menemukan rambu peringatan dengan tanda plus, maka akan menemukan persimpangan empat dan pengendara diharapkan memperlambat laju kendaraan.

4. Plus Dihapus Bagian Kanan Gambar rambu rambu lalu lintas tanda plus dihapus bagian kanan Tanda plus dihapus bagian kiri merupakan rambu yang menunjukkan adanya persimpangan tiga sisi dan salah salah satunya ke arah kanan. 5. Plus Dihapus Bagian Kiri Gambar rambu rambu lalu lintas tanda plus dihapus bagian kiri Apabila Anda menemukan rambu ini, maka akan menemukan persimpangan dengan tiga sisi dan ada satu arah yang ke kiri. 6. Panah Atas dan Bawah Gambar rambu rambu lalu lintas panah atas dan bawah Panas atas dan bawah menandakan bahwa jalur yang bisa dilalui yaitu lajur atas dengan bawah.

Arti Rambu Petunjuk Gambar rambu rambu lalu lintas petunjuk dan artinya Rambu petunjuk merupakan jenis rambu yang menandakan petunjuk arah, sehingga pengendara tidak tersesat. Rambu petunjuk biasanya memiliki gambar yang variatif, sehingga sangat terlihat unik dan keren. Setidaknya ada beberapa rambu petunjuk yang sering ditemukan di jalan. 1. Arah Kota di Persimpangan Gambar rambu rambu lalu lintas arah kota di persimpangan 9 Warna Mobil Ini Menggambarkan Karakter Pemiliknya Tanda arah kota di persimpangan biasanya menandakan petunjuk jurusan ke sebuah lokasi dan petunjuk ini biasanya ditemukan di berbagai persimpangan jalan.

2. Arah Kota Gambar rambu rambu lalu lintas arah kota Tanda arah kota biasanya menjadi petunjuk arah untuk pengendara, agar pengendara mengambil lajur yang tepat saat ingin datang ke sebuah daerah. 3.

tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

Jalan Tol Gambar rambu rambu lalu lintas jalan kota Tanda jalan tol merupakan petunjuk untuk pengendara, apabila sebentar lagi akan memasuki area jalan tol. 4. Rumah Sakit Gambar rambu rambu lalu lintas rumah sakit Tanda rumah sakit tentu menjadi petunjuk bagi pengendara, bahwa di depan ada sebuah rumah sakit. 5. POM Bensin Gambar rambu pom bensin Tanda pom bensin menjadi petunjuk yang tepat untuk pengendara yang ingin mengisi bahan bakar kendaraannya. 6. Tempat Tidur Gambar rambu tempat tidur Apabila Anda menemukan tanda ranjang atau tempat tidur, maka akan segera menemukan sebuah hotel atau penginapan.

7. Orang Berjalan Gambar rambu orang berjalan Ketika Anda menemukan tanda orang berjalan kaki, maka menunjukkan bahwa area tersebut untuk para pejalan kaki. 8. Bus Gambar rambu bus Tanda bus biasanya menandakan tempat berhentinya bus atau tempat bus mencari penumpang.

Arti Papan Tambahan Papan tambahan adalah bagian dari rambu lalin yang ditambah tepat di bawah rambu utama. Penggunaan tanda ini, biasa untuk memuat keterangan tambahan. Adapun keterangan yang sering ditambahkan adalah jarak, waktu berlaku hingga jenis kendaraan tertentu. Papan tambahan dibuat dengan warna dasar putih yang dipadukan dengan tulisan hitam. Papan tambahan dibuat tidak melebihi rambu utama.> Arti Rambu Nomor Rute Jalan Jenis rambu lalin terakhir yang Wuling bahas adalah rambu nomor rute jalan.

Adapun nomor rute pada rambu jalan ini adalah pembubuhan kode angka yang difungsikan untuk identitas ruas jalan. Identitas ini menunjukkan rute perjalanan. Penomoran ini diatur sedemikian rupa sehingga bisa dengan gampang dikenal dalam bentuk model jaringan jalan.

Rambu nomor rute jalan terbagi atas nasional, tol, dan provinsi. Nomor rute jalan nasional hanya dipakai di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali. Di jawa penomoran rute dari 1 hingga 38. Daerah Sumatera dari 1 hingga 55. Sedangkan Bali, dari 1 hingga 6. Untuk nomor rute jalan tol, terdapat 1 nomor rute di Pulau Bali, 11 nomor di Jawa, dan 5 nomor rute jalan di Sumatera.

Muatan rambu nomor rute jalan nasional berisi paduan tulisan nasional dan warna dasar merah, diikuti kode wilayah provinsi. Pada bagian bawahnya berisi nomor rute. Untuk rambu nomor rute jalan tol berisi tulisan tol dengan warna dasar merah, diikuti kode area provinsi.

Bagian bawah dituliskan nomor rute, Sedangkan rambu nomor rute jalan raya provinsi berisi tulisan provinsi dengan warna dasar biru dan diikuti simbol atau kode jalan kabupaten/kota. Bagian bawahnya adalah nomor rute jalan. Ketentuan urutan nomor rute tiap jenis jalan adalah sebagai berikut: • Nomor ganjil dengan awalan angka 1 di tuliskan arti dari masing-masing rambu ini pulau difungsikan untuk ruas jalan memanjang pulau atau sejajar dengan garis pantai.

• Penomoran yang berikutnya dibuat dimulai dari kiri-kanan, atas-bawah hingga ruas jalan yang ada di pulau telah selesai dipetakan.

tuliskan arti dari masing-masing rambu ini

• Nomor genap dengan awalan angka 2 di tiap pulau difungsikan untuk ruas jalan yang melintangi pulau. • Penomoran untuk ruas jalan baru melanjutkan penomoran yang telah ada. • Khusus Pulau Sulawesi, penomoran rute dimulai dari bagian bawah hingga atas pulau. Macam-macam Warna Rambu Lalu Lintas Terdapat bermacam warna rambu lalu lintas yang ada di dalam aturan lalin.

Anda pastinya juga menyadari tentang warna rambu lintas. Namun, apa Anda tahu arti dari warna rambu lalu lintas ini? Masing-masing dari warna rambu lalin ini mempunyai artinya tersendiri yang sudah patut diketahui, khususnya, bagi Anda yang sering berkendara setiap hari. Secara umum, terdapat 5 warna rambu lalu lintas, yakni kuning, hijau, merah, biru, dan putih. Berikut ini penjelasannya.< 1.

Kuning Warna kuning pada rambu lalu lintas difungsikan untuk peringatan, kemungkinan bahaya, dan tempat rawan. Penggunaan warna rambu lalin ini, secara umum, pada lokasi tanjakan, turunan, jalanan licin, dan belokan yang tajam. Warna kuning ini menjadi dasar pada rambu lalu lintas yang dipadukan dengan tulisan atau gambar berwarna hitam.

Tujuan perpaduan warna ini agar tanda lalu lintas ini mudah terlihat secara cepat. 2. Hijau Warna hijau jadi warna dasar pada rambu lalin yang paling sering ditemukan. Biasanya, warna ini digunakan untuk memberikan info jalan pada pengendara kendaraan.

Penggunaan warna ini pada rambu, biasanya, digunakan untuk memberikan info jurusan, batas wilayah, nama tempat, lokasi fasilitas umum, daerah, hingga info yang lainnya. Agar dapat dengan mudah dibaca, warna ini dipadukan dengan lambang, huruf/angka, serta garis berwarna putih. 3. Merah Rambu lalin yang berwarna merah difungsikan untuk info larangan. Contoh info yang digunakan menggunakan warna ini adalah dilarang parkir, dilarang menyalip, dilarang berhenti, serta larangan lainnya.

Rambu ini akan terus berlaku sepanjang jalan hingga terlihat lagi rambu akhir larangan. Warna merah ini biasanya digunakan pada garis tepi saja. Bagian dasarnya diberi warna putih dengan angka dan huruf berwarna hitam. 4. Biru Rambu lalin yang berwarna biru difungsikan untuk info perintah wajib bagi pengguna jalan. Tanda lalin ini sering sekali ditemukan pada perempatan di pinggir jalan dan lampu merah. Contoh rambu yang menggunakan warna ini adalah menyebrang jalan harus lewat zebra cross, dan belok kanan langsung di lampu merah.

Warna biru digunakan sebagai dasar pada rambu lalin. Perpaduan warnanya adalah dengan putih dan hitam untuk gambar serta tulisannya. 5. Putih Warna rambu lalu lintas terakhir yang Wuling bahas adalah putih.

Putih digunakan sebagai dasar rambu yang dipadukan dengan hitam untuk gambar, angka dan tulisan. Rambu ini difungsikan sebagai isyarat akhir larangan. Adapun contoh larangannya seperti, batas akhir larangan sebelumnya. FAQ Traffic Sign Banyak pertanyaan tentang traffic sign dan atau rambu lalu lintas. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan tentang traffic sign yang dimaksud mulai dari apa itu jalan raya, hingga ciri warna dasar rambu peringatan.

Apa Itu Jalan Raya? Yang dimaksud dengan jalan raya, adalah jalan atau tempat lalu lintas utama yang bisa digunakan umum dan menghubungkan 1 kawasan dengan kawasan lainnya. Ukuran jalan raya itu lebih besar, lebar, dilapis aspal dan dapat dilewati dari 2 arah yang berlawanan.

Salah satu klasifikasi dari jalan raya adalah jalan arteri primer. Apa Rambu Petunjuk yang Berwarna Biru di Jalan Tol? Palang biru merupakan palang petunjuk dengan warna dasar biru bergaris tepi putih, dan warna tulisan atau lambang putih.

Berdasarkan Permen Tuliskan arti dari masing-masing rambu ini No. 13 Tahun 2014 Pasal 17 merupakan palang rambu perintah. Ada pun maksud perintah di sini adalah bila pemakai jalan tol akan menuju area spesifik, maka mereka perlu lewat jalan yang sudah diarahkan oleh tanda panah pada palang itu.

Rambu Apa yang Dipasang pada Persimpangan Empat? Pada persimpangan empat sebaiknya dipasang rambu lalu lintas simpang empat. Traffic sign ini punya fungsi buat mengingatkan para pengguna jalan supaya tuliskan arti dari masing-masing rambu ini hati-hati atas adanya bahaya yang mengintai di persimpangan empat jalan.

Apa Ciri Warna Dasar Rambu Peringatan? Rambu peringatan lalu lintas mempunyai ciri warna dasar kuning. Warna rambu lalu lintas ini menginformasikan peringatan atas adanya kemungkinan bahaya dan atau lokasi rawan yang ada di posisi depan pemakai jalan.

Keluarga Wuling, itulah penjelasan lengkap topik trivia mengenai warna, arti dan gambar pada rambu lalu lintas. Ingat, selalu patuhi peraturan selama di perjalanan, ya. Jangan lupa, liat produk Wuling yang ada di website ini ya!
Breaking News • Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah…… • 1. teknik menembak sambil melayang dalam bola basket disebut … • Besaran pokok panjang dapat diturunkan menjadi​ • Jelaskan 143 meaning​ • Berikan contoh peristiwa sinkronik dan diakronik!

• Sebutkan pengaruh positif dari globalisasi yang sudah kalian rasakan? • Kebutuhan kebugaran jasmani seseorang berbeda-beda, kebutuhan tersebut tergantung pada …. • Unsur utama dalam tari daerah adalah • Apa yang dimaksud pola irama • Induk organisasi bulu tangkis indonesia adalah 1.Apa arti masing masing rambu tersebut? 2.Apa manfaat rambu rambu tersebut bagi pengguna jalan? 3.Jika rambu rambu tersebut tidak ada,apa pengaruhnya terhadap pengguna jalan? 4.Apakah kamu pernah melihat rambu rambu lain di jalan?jelaskan tentang rambu tersebut.

Jawaban: Rambu-rambu lalu lintas adalah bagian tak terpisahkan dari perlengkapan jalan. Rambu-rambu lalu lintas ini bisa berupa lambang, angka, tuliskan arti dari masing-masing rambu ini dan atau pun perpaduan di antaranya.

Tujuan rambu-rambu lalu lintas ini adalah sebagai peringatan, petunjuk, perintah atau pun larangan untuk para pengguna jalan. Pembahasan 1. Apa arti masing-masing rambu tersebut? Adapun arti dari masing-masing rambu lalu-lintas yang ada di gambar sebagai berikut: • Rambu STOP adalah perintah yang mewajibkan pengguna jalan untuk berhenti atau larangan untuk berjalan terus. • Segitiga merah terbalik adalah rambu berupa larangan berjalan terus jika mengakibatkan hambatan, rintangan, gangguan lalu lintas bagi mereka dari arah lain yang harus didahulukan.

• Tanda silang merah (biasa juga dijumpai dalam warna putih) bermakna larangan berjalan terus, wajib untuk bertenti sejenak mencari kepastian apakah aman atau tidak. • Gambar motor yang disilang artinya bahwa kendaraan bermotor dilarang masuk atau melintas di kawasan tersebut. • Tulisan nama tempat dengan panah tersebut adalah rambu penunjuk arah lokasi CIBITUNG. • Rambu dengan gambar ranjang dan tanda plus tersebut menunjukan keberadaan rumah sakit.

• Rambu dengan tulisan DIENG 10 KM merupakan rambu petunjuk yang menerangkan bahwa jarak Dieng dari titik tersebut sebanyak 10 KM. 2. Apa manfaat rambu-rambu tersebut bagi pengguna jalan? Manfaatnya adalah untuk melindungi dari resiko kecelakaan, memberikan petunjuk, menertibkan lalu lintas dan lain lain. 3. Jika rambu-rambu tersebut tidak ada, apa pengaruhnya terhadap pengguna jalan? Apabila rambu-rambu tersebut tak ada maka kondisi lalu lintas menjadi kacau dan tidak tertib. Kondisi ini selain menjadikan perjalanan tidak efektif juga bisa berakibat fatal yakni berujung pada kecelakaan.

Untuk rambu-rambu yang bersifat petunjuk, kalau tidak ada maka akan membuat pencarian menjadi tidak praktis. 4. Apakah kamu pernah melihat rambu rambu lain di jalan? Jelaskan tentang rambu tersebut. Sering. Rambu-rambu ini sering saya lihat baik itu di jalanan besar maupun jalanan kecil.

Di jalanan besar, rambu-rambu yang sering saya jumpai seperti larangan parkir, larangan bagi kendaraan tertentu melintas, rambu untuk wajib stop dan lain sebagainya. Khusus di jalanan kecil seperti gang, rambu-rambu lalu lintas yang paling sering saya jumpai adalah rambu yang dipasang mandiri oleh warga. Umumnya rambu tersebut berisi perintah melambatkan laju kendaraan.

Rambu rambu Lalu Lintas dan Artinya




2022 www.videocon.com