Kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari? Vitamin C dikenal sebagai vitamin yang dapat membantu memelihara dan menguatkan sistem imun tubuh (1,3). Karena tubuh tidak dapat menghasilkannya sendiri, untuk mendapatkan asupan vitamin C yang cukup Anda harus mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya kandungan tersebut, misalnya buah jambu merah, stroberi, pepaya, paprika, dan mangga (3).

Bila perlu, meminum suplemen vitamin C dengan dosis aman juga bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari (3). Bicara tentang kebutuhan vitamin C, Anda pasti pernah bertanya-tanya apakah dosis yang selama ini dikonsumsi sudah tepat atau justru berlebihan?

Berapakah dosis vitamin C yang ideal untuk orang dewasa? Dan jika ternyata kelebihan vitamin C, apakah berbahaya bagi kesehatan tubuh? Temukan jawaban dari beragam pertanyaan tersebut di bawah ini. Kebutuhan Vitamin C Per Hari Kebutuhan vitamin C harian setiap orang berbeda-beda, yang secara umum berdasarkan kelompok usia.

Misalnya saja untuk balita di rentang usia 1 hingga 3 tahun, kebutuhan vit C harian yang direkomendasikan adalah 40 mg. Sedangkan anak-anak pada kelompok usia 4 hingga 9 tahun membutuhkan 45 mg vitamin C setiap hari.

Saat bertambah usia menjadi 10 hingga 12 tahun, anak-anak membutuhkan 50 mg vitamin C. Beranjak remaja pada usia 13 sampai 15 tahun, kebutuhan vitamin C setiap harinya meningkat menjadi 65 mg untuk perempuan dan 75 mg untuk laki-laki.

Dari titik ini kebutuhan vitamin C tidak hanya ditentukan oleh faktor usia namun juga jenis kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa (5). Nah, ketika dewasa hingga lansia dosis konsumsi vitamin C per hari naik menjadi 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria (5).

kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

Angka kebutuhan ini mungkin bisa dipenuhi hanya dengan diet seimbang (3) jika masih balita atau anak-anak yang hanya membutuhkan ratusan miligram vitamin C.

Namun, kondisinya berbeda dengan remaja dan dewasa yang kebutuhannya naik sampai ribuan milligram. Itulah sebabnya ada baiknya untuk selalu sedia suplemen vitamin C agar kebutuhan harian terpenuhi. Cara Mendapatkan Asupan Vitamin C Sebenarnya, vitamin C adalah zat yang sangat mudah didapatkan di sekitar karena banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan (3, 1). Jika diurutkan dari bahan makanan dengan kandungan vitamin C tertinggi ke kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa paling rendah, maka urutan pertama diduduki oleh jambu merah yang mengandung 165 mg vitamin C (3).

Kemudian disusul oleh stroberi dengan 98 mg, pepaya dan paprika 95 mg, jus jeruk 60 mg, kale 53mg dan brokoli 50 mg (3). Bagi balita dan anak-anak yang sudah bisa mengkonsumsi berbagai macam makanan, mendapatkan asupan vitamin C yang cukup hanya dari aneka jenis makanan sangat mungkin dilakukan. Namun ingat, orang dewasa yang memiliki kebutuhan vitamin C lebih banyak perlu mendapatkan sumber vitamin lainnya, yaitu dari suplemen makanan baik yang berbentuk cair, tablet telan, tablet kunyah maupun tablet larut air.

Jika Kelebihan Vitamin C Batas konsumsi vitamin C per hari secara umum bagi orang dewasa adalah 2000 mg (1, 2, 3). Jumlah ini biasanya tidak dapat langsung dipenuhi baik dari makanan ataupun suplemen. Dosis 2000 mg seringkali menjadi jumlah akumulasi yang didapatkan setika Anda makan makanan yang kaya vitamin C sekaligus meminum suplemen yang tinggi kandungan tersebut.

Nah, jika ternyata jumlah vitamin C yang masuk ke dalam tubuh melebihi ambang batas maksimal, apa yang akan terjadi? Tidak ada. Pasalnya, vitamin C adalah zat yang bersifat larut dalam air sehingga jika di dalam tubuh mengandung terlalu banyak vitamin ini, maka akan ikut dikeluarkan lewat urin (3, 1).

Artinya, mengonsumsi vitamin C dalam jumlah besar sebenarnya aman-aman saja karena akan langsung larut dan disekresikan. Namun, beberapa orang dengan metabolisme tertentu bisa jadi sensitif terhadap jumlah vitamin C yang berlebihan ini sehingga beberapa keluhan mungkin muncul, seperti diare, mual, muntah, kram perut, insomnia, dan sakit kepala (2).

Kapan Butuh Asupan Vitamin C Lebih Banyak Ada beberapa kondisi dimana Anda membutuhkan asupan vitamin C yang lebih banyak dari biasanya. Meskipun lebih banyak, tentu saja jumlahnya sebaiknya tetap sesuai anjuran. Kondisi pertama adalah ketika luka di tubuh sulit atau makan waktu lama untuk sembuh. Tubuh yang kekurangan vitamin C akan kesulitan membentuk kolagen, yaitu zat yang dibutuhkan untuk meregenarasi sel kulit yang rusak. Saat kolagen tidak cepat dihasilkan, otomatis luka yang terjadi akan sembuh lebih lama dan rentan mengakibatkan infeksi.

Hal yang sama juga terjadi pada kulit yang mudah memar (4). Kondisi kedua adalah kulit kering. Kulit yang sehat akan banyak mengandung vitamin C yang berfungsi melindungi lapisan luar kulit dari bahaya radikal bebas, polusi dan sengatan matahari.

Ketika tubuh kekurangan vitamin C, pelindung kulit juga akan menipis sehingga mudah terkontaminasi polusi yang menjadikannya kering (4).

Kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa ketiga adalah gusi berdarah.

kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

Ketika kurang vitamin C, jaringan pada gusi akan menjadi rapuh, begitu juga dengan pembuluh darah sehingga mudah pecah dan berdarah (4). Dari sini bisa disimpulkan bahwa mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak sesuai aturan baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan jika terjadi kelebihan dosis, hal ini bukanlah masalah sebab vitamin akan larut dan dikeluarkan lewat urin. Jadi, pastikan selalu mengonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung vitamin C supaya gangguan kesehatan di atas juga tidak terjadi.

Artikel ini ditinjau oleh: Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia Referensi: • Vitamin C Fact Sheet for Consumers(2021) diakses pada 22 April 2021 dari https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC/Consumer/ • Is it possible to take too much vitamin C? (2020) diakses pada 22 April 2021 dari https://www.mayoclinic.org/healthy/lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/vitamin-c/faq/20058030 • By the way, doctor: What's the right amount of vitamin C for me?

(2020) diakses pada 22 April 2021 dari https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/by-the-way-doctor-whats-the-right-amount-of-vitamin-c-for-me • 15 Signs and Symptoms of Vitamin C Deficiency (2018) diakses pada 22 April 2021 dari https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-deficiency-symptoms#TOC_TITLE_HDR_11 • Angka Kecukupakn Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia (2019) diakses pada 28 April 2021 dari http://hukor.kemkes.go.id/ Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat.

Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistem imunitas tubuh; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi.

kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini. Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri.

Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imunitas Anda. Selengkapnya Redoxon ® untuk sistem imunitas yang lebih sehat Anda perlu menjaga sistem imunitas. Meski tidak terlihat, sistem imunitas bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imunitas membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imunitas yang kuat sepanjang tahun. Berapa kebutuhan vitamin C anak dan orang dewasa dalam sehari? Perlu diketahui bahwa Anda mesti memenuhi kebutuhan vitamin C per hari sesuai standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013.

Menurut Angka Kecukupan Gizi tersebut, anak di kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa satu tahun membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40 – 45 mg. Sedangkan remaja berusia di atas 12 tahun perlu memenuhi kebutuhan vitamin C setidaknya 65 – 90 mg per hari. Untuk orang dewasa di atas 18 tahun, kebutuhan vitamin C hariannya yakni 75 – 90 mg. Beda lagi dengan kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui yang jumlah vitaminnya perlu diperbanyak.

Akan tetapi, konsultasikan dulu dengan dokter kandungan Anda seberapa banyak kebutuhan vitamin C tambahan yang diperlukan. Adakah manfaat mengonsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari? Kebutuhan vitamin C harian berdasarkan AKG memang jauh dari dosis yang ditawarkan macam-macam produk suplemen vitamin.

Pasalnya, sel-sel tubuh manusia tidak bisa menyerap kebanyakan vitamin C dalam sehari. Menurut penelitian dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), tubuh Anda hanya mampu mencerna 200 mg vitamin C setiap harinya. Lebih dari itu, vitamin C tidak akan diserap alias tidak berguna untuk sel-sel tubuh Anda.

Sebuah penelitian lain dalam American Journal of Clinical Nutrition juga menghasilkan temuan yang serupa. Manusia hanya mampu mengolah 120 – 200 mg vitamin C setiap hari.

[embed-health-tool-”bmr”] Sementara itu, standar minimal AKG yang disampaikan di atas sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Anda setiap hari. Karena itu, sebenarnya manusia tidak butuh konsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari karena kurang manfaat. Jika pola makan harian Anda tak bisa memenuhi kebutuhan vitamin C, suplemen vitamin C dengan dosis lebih rendah seharusnya mencukupi. Namun, penting untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin apa pun.

Dampak jika Anda terlalu banyak minum vitamin C Ya, manusia mungkin saja kelebihan vitamin C. Penelitian dari Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board di Amerika Serikat menguak bahwa bagi orang dewasa, batas aman konsumsi vitamin C harian yaitu 2000 mg. Sedangkan penelitian lain melaporkan bahwa batasnya yaitu 1000 mg.

Untuk menghindari risiko-risiko di bawah ini, hindari mengonsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg per hari. Bila tetap dilakukan, dampak di bawah ini berpotensi terjadi.

kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

• Gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, sakit perut, mual, muntah, dan kembung. • Refluks asam lambung ( penyakit GERD). Gejalanya antara lain kerongkongan panas ( heartburn ), sulit menelan, dan mulut terasa asam atau pahit. • Sakit kepala. • Susah tidur atau insomnia. • Batu ginjal. • Gula darah naik. Ini karena Anda harus minum sebotol minuman vitamin C 1000 mg setiap hari.

kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

Minuman kemasan tersebut mengandung gula atau pemanis buatan yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak. Is It OK to Take 1,000 Milligrams of Vitamin C Daily? http://healthyeating.sfgate.com/ok-1000-milligrams-vitamin-c-daily-9894.html Diakses pada 16 Juni 2017.

Overloading on Vitamin C? https://www.drweil.com/vitamins-supplements-herbs/vitamins/overloading-on-vitamin-c/ Diakses pada 16 Juni 2017. Vitamin C. http://www.nhs.uk/Conditions/vitamins-minerals/Pages/Vitamin-C.aspx Diakses pada 16 Juni 2017. Angka Kecukupan Gizi Kementerian Kesehatan RI.

http://gizi.depkes.go.id/download/Kebijakan%20Gizi/Tabel%20AKG.pdf Diakses pada 16 Juni 2017. Is it possible to take too much vitamin C? http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/vitamin-c/faq-20058030 Diakses pada 16 Juni 2017.
Jakarta - Vitamin C memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak salah jika ketika musim penyakit tiba banyak orang yang berburu untuk mengonsumsi suplemen vitamin C agar tak mudah sakit.

Lantas, berapa kebutuhan vitamin C per hari untuk tubuh? Selain buah dan sayur, suplemen vitamin C menjadi pilihan praktis bagi kebanyakan orang, terutama yang tinggal di perkotaan kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa memenuhi kebutuhan tubuh mereka. Tak jarang jika suplemen dijual dengan dosis tinggi, yaitu sampai 1.000 mg. Namun, benar nggak ya tubuh manusia membutuhkan dosis sebanyak itu? Sayangnya tidak. Dalam kondisi sehat, orang dewasa hanya membutuhkan sekitar 90 mg vitamin C per harinya (setara dengan 2 buah jeruk).

Meskipun kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda (tergantung dari jenis kelamin dan usia), tetapi tidak membutuhkan dosis sebanyak itu.

kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

Perlu diperhitungkan bahwa vitamin C yang diserap tubuh dengan yang dikonsumsi. Sekitar 70 hingga 90 persen vitamin akan diserap dari 30 sampai 180 mg yang masuk ke dalam tubuh. Meski demikian, dosis di atas 1.000 mg per hari hanya akan diserap 50 persen saja, sisanya akan dibuang melalui urine. Baca juga: Awas Overdosis! Dokter Bilang 3 X 1.000 Mg Kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa C Itu Berlebihan Berdasarkan panduan yang dibuat oleh The Institute of Medicine dari Amerika Serikat, berikut daftar kebutuhan vitamin C per hari yang dibutuhkan tubuh.

• Anak usia 1 - 3 tahun: 15 mg • Anak usia 4 - 8 tahun: 25 mg • Remaja 9 - 13 tahun: 45 mg • Remaja 14 - 18 tahun: 65 - 75 mg • Wanita dewasa 19+ : 75 mg • Pria dewasa 19 : 90 mg I • bu hamil 19+: 85 mg • Ibu menyusui 19+: 120 mg Beberapa efek samping jika asupan tak sesuai kebutuhan vitamin C per hari Konsumsi vitamin C dosis tinggi sembarangan tanpa petunjuk dari dokter bisa berbahaya bagi kesehatan lho.

Seperti disinggung di atas, rata-rata dosis vitamin C bagi orang dewasa sehat per hari adalah 75 sampai 90 miligram. Berikut risiko yang bisa dialami juga terlalu banyak konsumsi vitamin C: • Sakit perut • Diare • Kram perut • Insomnia • Heartburn • Mual • Batu ginjal Berita Terkait • Sederet Manfaat Vitamin D, Salah Satunya Cegah Infeksi Parah COVID-19 • Kapan Waktu yang Tepat Minum Vitamin C di Bulan Puasa untuk Anak?

• 3 Buah yang Mengandung Vitamin D, Bantu Penyembuhan COVID-19 • Hati-hati, Riset Ungkap Suplemen Ini Tingkatkan Risiko Kanker Prostat 163 Persen • Awas, Jangan Kalap!

Berlebihan Minum Vitamin C dan D Bisa Bahayakan Ginjal • Ini Rekomendasi Vitamin untuk COVID-19 Bergejala Ringan atau Tanpa Gejala • 4 Rekomendasi Vitamin untuk Perkuat Imun Cegah COVID-19 • 4 Manfaat Jeruk Mandarin, Sajian Khas Imlek yang Menyehatkan MOST POPULAR • 1 Hepatitis Akut 'Misterius' Menular Lewat Pernapasan dan Pencernaan, Begini Mencegahnya • 2 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius?

Ini Penjelasan Pakar IDI • 3 Masih Misterius, IDAI Ungkap Kemungkinan Cara Penularan Hepatitis Akut • 4 Tips Curi-curi Waktu untuk Bercinta di Pagi Hari • 5 Post Holiday Blues Bikin Tak Semangat Bekerja? Psikolog Sarankan Ini • 6 Dijalani Raja Salman, Apa Itu Kolonoskopi yang Bisa Deteksi Kanker Usus Besar? • 7 Perlengkapan Main Sepatu Roda, Penting agar Tetap Aman Saat Meluncur • 8 5 Tips Foreplay yang Bikin Seks Makin Panas • 9 WHO: Angka Kematian Tak Langsung Pasien COVID-19 RI Tertinggi Ketiga di Dunia • 10 Wajib Dicoba!

Ini 4 Posisi yang Bikin Seks Makin Enak • SELENGKAPNYA Di samping vitamin E, mungkin vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang paling dikenal sebagai solusi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dan yang tak kalah populer adalah anggapan suplemen vitamin C sebagai obat sariawan. Kebutuhan Vitamin C per hari pada setiap orang bisa berbeda. Mulai dari bayi, ibu hamil, hingga orang dewasa mempunyai kebutuhan vitamin C per hari yang disesuaikan dengan umurnya.

Baca Juga • Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Cairan? • 8 Alasan Jus Acar Sangat Baik untuk Kesehatan • Obat Losartan untuk Kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa Tekanan Darah, Bagaimana Cara Kerjanya? Apa itu vitamin C? Beberapa anggapan mengenai vitamin C di atas itu adalah benar. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh.

kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

Fungsinya mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, membantu tubuh dalam pembentukan kolagen dan proses penyembuhan luka, serta melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin C juga dikenal dengan nama asam askorbat.

Meski penting untuk tubuh, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri. Oleh karena itu kita harus mendapatkannya dari sumber lain, yaitu buah-buahan sayur-sayuran, hingga suplemen vitamin C.

Baca juga:Â 4 Jenis Vitamin Penting untuk Wanita Berapa kebutuhan vitamin C per hari yang direkomendasikan? Rata-rata, dalam kondisi sehat, orang dewasa membutuhkan sekitar 90 mg vitamin C per harinya (setara dengan 2 buah jeruk). Meskipun kebutuhan setiap orang berbeda (tergantung dari jenis kelamin dan usia), tetapi umumnya kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa membutuhkan dosis hingga sebanyak 1000 mg.

Perlu diperhitungkan juga takaran vitamin yang diserap tubuh dengan yang dikonsumsi. Sekitar 70-90% vitamin akan diserap dari 30-180 mg yang masuk ke dalam tubuh. Meski demikian, dosis diatas 1000 mg/hari hanya akan diserap 50%, sisanya dibuang melalui urine. Dikutip dari Kementerian Kesehatan, berikut dosis kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan:Â 1.

Bayi / Anak • 0 - 5 bulan = 40 mg • 6 - 11 bulan = 50 mg • 1 - 3 tahun 40 mg • 4 - 6 tahun 45 mg • 7 - 9 tahun 45 mg 2. Laki-laki • 10 - 12 tahun = 50 mg • 13 - 15 tahun 75 mg • 16 - 18 tahun = 90 mg • 19 - 29 tahun 90 mg • 30 - 49 tahun 90 mg • 50 - 64 tahun 90 mg • 65 - 80 tahun 90 mg • 80+ = 90 mg 3.

Perempuan • 10 - 12 tahun = 50 mg • 13 - 15 tahun 65 mg • 16 - 18 tahun = 75 mg • 19 - 29 tahun 75 mg • 30 - 49 tahun 75 mg • 50 - 64 tahun 75 mg • 65 - 80 tahun 75 mg • 80+ = 75 mg 4. Ibu Hamil (dosis tambahan) • Trimester 1 = +10 • Trimester 2 = +10 • Trimester 3 = +10 5. Ibu Menyusui (dosis tambahan) • 6 bulan pertama = +45 • 6 bulan kedua = +45 Efek samping terlalu banyak mengonsumsi vitamin C Mengonsumsi vitamin lebih dari kebutuhan vitamin c harian yang diperlukan tubuh, akan menimbulkan risiko kesehatan.

Walaupun kelebihannya dibuang oleh tubuh, konsumsi berlebih seperti ini malah dapat menimbulkan penyakit. Beberapa efek samping terlalu banyak mengonsumsi vitamin C adalah: • Sakit perut • Diare • Kram perut • Insomnia • Heartburn • Mual • Batu ginjal • Katarak (namun jika mengonsumsinya dalam kadar yang tepat setiap hari malah bermanfaat mencegah katarak) • Menyerap zat besi dalam jumlah banyak sehingga berbahaya bagi mereka yang menderita hemokromatosis. Cara yang tepat untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian Dibandingkan lewat suplemen vitamin C, cara terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin satu ini adalah lewat makanan.

Vitamin C dari makanan sehat jauh kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa dianjurkan daripada suplemen, karena mengandung kebutuhan nutrisi penting lainnya.

Berikut sejumlah makanan yang bisa menjadi sumber vitamin C harian Anda: Buah • Jeruk • Stroberi • Cabai merah • Kiwi • Lemon • Pepaya • Jambu biji • Nanas • Mangga Sayur • Brokoli • Kembang kol • Bayam Baca juga:Â Â Ragam Gejala Kekurangan Vitamin C, Picu Gangguan pada Kulit Hingga Gusi Catatan dari SehatQ Vitamin C adalah nutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat optimal.

Vitamin ini juga mudah larut dalam air sehingga memiliki potensi keracunan yang rendah.

kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

Tetapi konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi setiap harinya bukanlah hal yang baik. Karena pada dasarnya seseorang hanya memerlukan sekitar 90 mg vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Kelebihan dosis vitamin C malah dapat menimbulkan risiko penyakit. Dibandingkan dengan suplemen, mendapatkan vitamin C lewat mengonsumsi sayur dan buah jauh lebih baik.

kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

Namun ada kalanya suplemen vitamin C diperlukan tubuh Anda. Konsultasikan kepada dokter jika Anda berencana mengonsumsi suplemen vitamin secara rutin. Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar kebutuhan Vitamin C per hari, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-much-vitamin-c-should-i-take-daily Diakses pada 20 Februari 2020 WebMD.

https://www.webmd.com/eye-health/cataracts/news/20160324/healthy-amount-of-vitamin-c-might-keep-cataracts-at-bay#1 Diakses pada 20 Februari 2020 NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3185206/ Diakses pada 20 Februari 2020 Kemenkes RI. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf Diakses pada 13 Oktober 2020
Vitamin C atau asam askorbat ( ascorbic acid) adalah vitamin yang diperlukan untuk mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin C.

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan terjadinya penyakit skorbut atau scurvy. Selain itu, vitamin C juga memiliki efek antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Vitamin C berperan penting dalam berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh, termasuk menjaga dan mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh, pembentukan kolagen, protein, neurotransmiter, dan meningkatkan penyerapan zat besi.

Vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, kiwi, cabai, tomat, stroberi, atau bayam.

Beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kekurangan vitamin C adalah memiliki kebiasaan merokok, menderita penyakit kronis, atau menjalani diet tertentu.

Merek dagang vitamin C: Corbavit, Dipa C 1000, Enervon Active, Enervon C, Glowtagen C, Hemaviton C-1000, Sankorbin, Sido Muncul Vitamin C 500, Ulvice, Vitacimin, VitaminC, Pure C, Vitacom, Vitamin C IPI, Xon-ce Apa itu Vitamin C (Asam Askorbat) Golongan Obat bebas Kategori Suplemen vitamin Manfaat Mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin C Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak Vitamin C untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Vitamin C dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter Bentuk obat Tablet, kaplet, bubuk, sirop, dan suntik Peringatan Sebelum Menggunakan Vitamin C (Asam Askorbat) Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan vitamin C, yaitu: • Jangan menggunakan vitamin C jika Anda alergi terhadap suplemen vitamin ini.

• Vitamin C suntik hanya boleh diberikan oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter • Konsultasikan ke dokter perihal penggunaan suplemen vitamin C jika Anda menderita hemokromatosis, defisiensi enzim G6PD, atau penyakit ginjal, seperti batu ginjal.

kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa

• Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan suplemen vitamin C jika Anda seorang perokok, karena merokok bisa menurunkan efektivitas vitamin C. • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan suplemen vitamin C jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan. • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan suplemen vitamin C jika Anda sedang mengonsumsi suplemen lain, produk herbal, atau obat-obatan.

• Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat, overdosis, atau efek samping serius setelah kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa vitamin C.

Dosis dan Aturan Pakai Vitamin C (Asam Askorbat) Berikut ini adalah dosis vitamin C berdasarkan usia pasien dan tujuan penggunaannya: Tujuan: Menjadi suplemen makanan • Dewasa: 50–200 mg per hari. • Anak-anak: 35–100 mg per hari. Tujuan: Mengobati skorbut ( scurvy) • Dewasa: 100–250 mg, 1–2 kali sehari selama 2 minggu atau lebih.

• Anak-anak: 100–300 mg per hari yang dibagi menjadi beberapa dosis, selama 2 minggu atau lebih. Tujuan: Pengasaman urine • Dewasa: 000–12.000 mg per hari dibagi menjadi 3–4 dosis.

• Anak-anak: 500 mg tiap 6–8 jam. Angka Kecukupan Gizi (AKG) Vitamin C (Asam Askorbat) Angka kecukupan gizi (AKG) harian vitamin C berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan pasien.

Berikut ini adalah AKG harian vitamin C: • Bayi usia 0–5 bulan: 40 mg • Bayi usia 6–11 bulan: 50 mg • Anak usia 1–3 tahun: 15 mg • Anak usia 4–6 tahun: 25 mg • Anak usia 7–9 tahun: 45 mg • Anak laki-laki usia 10–12 tahun: 50 mg • Anak laki-laki usia 13–15 tahun: 75 mg • Laki-laki usia 16–80 tahun: 90 mg • Anak perempuan usia 10–12 tahun: 50 mg • Anak perempuan usia 13–15 tahun: 65 mg • Perempuan usia 16–80 tahun: 75 mg • Ibu hamil: 85 mg • Ibu menyusui: 120 mg Cara Menggunakan Vitamin C (Asam Askorbat) dengan Benar Selalu ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang terdapat pada kemasan obat sebelum mengonsumsi vitamin C.

Vitamin C suntik akan diberikan oleh dokter atau tenaga kesehatan di bawah pengawasan dokter di rumah sakit. Vitamin C suntik diberikan melalui pembuluh darah (intravena/IV), otot (intramuskular/IM), atau di bawah kulit (subkutan/SC).

Vitamin C dalam bentul minum (tablet, kaplet, bubuk, sirop) dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Jangan mengonsumsi vitamin C melebihi dosis yang dianjurkan. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup selama menjalani pengobatan dengan vitamin C.

Vitamin C tidak dapat menyembuhkan flu dan batuk. Namun, mengonsumsi vitamin C secara rutin sebelum munculnya flu, diduga dapat mempercepat waktu pemulihan flu yang ringan.

Jika Anda mengalami keluhan demam, batuk, dan sesak yang memberat jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Asupan vitamin C dari suplemen dan multivitamin tidak dapat menggantikan asupannya dari makanan. Sebisa mungkin, cukupi asupan vitamin C dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi, contohnya jeruk, lemon, kiwi, mangga, pepaya, dan stroberi. Asupan vitamin C alami juga bisa didapatkan dari beberapa sayuran yang mengandung banyak vitamin C, seperti brokoli, tomat, bayam, dan kubis.

Simpan vitamin C di tempat yang kering, terhindar dari sinar matahari langsung, dan pada suhu ruangan. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak Interaksi Vitamin C (Asam Askorbat) dengan Obat Lain Ada beberapa efek interaksi yang mungkin terjadi jika vitamin C digunakan bersama obat-obatan tertentu, yaitu: • Meningkatnya penyerapan zat besi atau antasida yang mengandung aluminium • Penurunan efektivitas obat antikoagulan, seperti warfarin • Peningkatan kadar obat hormonal yang mengandung estrogen • Penurunan kadar amfetamin di dalam darah • Peningkatan kadar dan efek dari aspirin • Penurunan kadar vitamin C jika digunakan dengan obat golongan barbiturat, seperti phenobarbital Efek Samping dan Bahaya Vitamin C (Asam Askorbat) Pada umumnya, vitamin C aman jika digunakan sesuai aturan pakai dan tidak melebihi dosis yang dianjurkan.

Namun, pada beberapa orang bisa muncul efek samping tertentu, seperti diare, pusing, mual, sakit kepala, kram perut, atau heartburn. Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak juga membaik atau semakin berat.

Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau efek samping serius berupa nyeri saat berkemih maupun urine berdarah atau urine berwarna merah muda.
Lantas, berapa banyak vitamin C yang sebenarnya perlu Anda dapatkan supaya tubuh bisa berfungsi dengan normal?

Di bawah ini jawabannya. Kebutuhan vitamin C per hari Pada dasarnya, Anda bisa menghitung kebutuhan gizi menggunakan beberapa rumus umum. Akan tetapi, perhitungan ini hanya berlaku untuk zat gizi makro berupa protein, karbohidrat, dan lemak. Kebutuhan zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral umumnya mengacu pada Angka Kecukupan Gizi yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Angka ini yaitu nilai kecukupan rata-rata yang disarankan bagi semua orang dalam satu lingkup yang sama. Kebutuhan vitamin C setiap orang pada dasarnya berbeda-beda, kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa usia, berat badan, tinggi badan, dan berbagai faktor lainnya. Namun, sebagai pedoman umum, Anda dapat mengacu pada Permenkes RI Nomor 28 Tahun 2019 berikut.

1. Bayi dan anak Kebutuhan semua zat gizi bayi berusia 0 – 6 bulan dipenuhi dari air susu ibu ( ASI). Jadi, ibu perlu mengonsumsi makanan sumber vitamin C guna mencukupi kebutuhan anak. Setelah 6 bulan, barulah anak mendapatkan asupan vitamin C dari makanan.

Di bawah ini kebutuhan vitamin C per hari bagi bayi dan anak berdasarkan usia. • 0 – 5 bulan: 40 miligram • 6 – 11 bulan: 50 miligram • 1 – 3 tahun: 40 miligram • 4 – 6 tahun: 45 miligram • 7 – 9 tahun: 45 miligram 2. Laki-laki Asupan vitamin C amat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Bagi laki-laki, asupan vitamin C yang disarankan dalam sehari yakni sebagai berikut. • 10 – 12 tahun: 50 miligram • 13 – 15 tahun: 75 miligram • 16 – 18 tahun: 90 miligram • 19 – 29 tahun: 90 miligram • 30 – 49 tahun: 90 miligram • 50 – 64 tahun: 90 miligram • 65 – 80 tahun: 90 miligram • Di atas 80 tahun: 90 miligram 3.

Perempuan Kebutuhan vitamin C per hari untuk perempuan pada masa perkembangan remaja tidak jauh berbeda dengan laki-laki. Akan tetapi, secara umum nilainya lebih rendah begitu Anda menginjak usia 16 – 18 tahun. Berikut rinciannya. • 10 – 12 tahun: 50 miligram • 13 – 15 tahun: 65 miligram • 16 – 18 tahun: 75 miligram • 19 – 29 tahun: 75 miligram • 30 – 49 tahun: 75 miligram • 50 – 64 tahun: 75 miligram • 65 – 80 tahun: 75 miligram • Di atas 80 tahun: 75 miligram 4.

Hamil atau menyusui Ibu hamil atau menyusui membutuhkan lebih banyak asupan vitamin C karena mereka juga memenuhi kebutuhan gizi bayi. Berikut kebutuhan vitamin C per hari untuk ibu hamil atau menyusui. • Hamil trimester 1 – 3: tambah 10 miligram dari kebutuhan harian • Menyusui selama 12 bulan pertama: tambah 25 miligram dari kebutuhan harian Jika asupan vitamin C tidak sesuai kebutuhan Asupan vitamin C yang cukup bukan hanya diperlukan untuk menjaga fungsi normal tubuh, tapi juga penting untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Baik asupan yang kurang ataupun berlebih, keduanya dapat menimbulkan dampak negatif. Berikut dampak yang mungkin terjadi bila asupan vitamin C tidak sesuai dengan kebutuhan per hari. 1. Kekurangan vitamin C Vitamin C memiliki peran besar dalam kesehatan peredaran darah dan jaringan tubuh, terutama kulit, sendi, tulang, dan rambut.

Ketika tubuh kekurangan vitamin C, berbagai jaringan inilah yang biasanya paling terdampak Kekurangan vitamin C ringan mungkin tidak menimbulkan gejala. Namun, jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, Anda dapat mengalami tanda-tanda berupa: • nyeri otot dan sendi, • mudah memar, • badan letih dan lesu, • kulit kering, • mimisan, • luka lebih sulit sembuh, • rambut patah atau bercabang, • tubuh mudah terinfeksi, • gusi bengkak atau berubah warna, • gusi berdarah, atau • penurunan berat badan.

2. Kelebihan vitamin C Kebutuhan rata-rata vitamin C per hari bagi orang dewasa yaitu 90 miligram dengan batas maksimum sebesar 2.000 miligram. Jadi, Anda sebetulnya tidak perlu memaksakan diri untuk mendapatkan asupan 1.000 miligram vitamin Kebutuhan vitamin c per hari untuk dewasa dalam sehari. Asupan melebihi batas anjuran kemungkinan tidak berbahaya, sebab tubuh dapat membuang kelebihan vitamin C melalui urine.

Akan tetapikelebihan vitamin C mungkin dapat menyebabkan: • mual atau muntah, • heartburn• sakit perut, • diare, • sakit kepala, dan • insomnia. Setiap orang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari guna menjaga fungsi tubuhnya. Bahkan tanpa suplemen vitamin sekalipun, Anda sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan vitamin ini dengan mengonsumsi makanan yang beragam. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.

(2019). Retrieved 3 March 2021, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/129886/Permenkes%20Nomor%2028%20Tahun%202019.pdf Is it possible to take too much vitamin C?

(2020). Retrieved 3 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/vitamin-c/faq-20058030 Vitamin C Deficiency. (2018). Retrieved 3 March 2021, from https://patient.info/healthy-living/vitamin-c-deficiency-leaflet Vitamin C. (2021). Retrieved 3 March 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-HealthProfessional/

"Pentingnya Vitamin C Bagi Tubuh"




2022 www.videocon.com