Secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Letak geografis Indonesia – ASEAN adalah organisasi antar negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan lain-lain. Saat ini ada 10 negara anggota ASEAN.

Sesuai namanya, semua negara ASEAN adalah negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. ASEAN menjadi organisasi geo-politik dan ekonomi antara negara di wilayah Asia Tenggara yang anggotanya terdiri dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Myanmar.

Sementara Timor Leste masih berstatus sebagai anggota pemantau. Organisasi ASEAN cukup aktif mengadakan kerjasama di bidang ekonomi, politik, dan budaya. Hal ini dilandasi karena letak negara-negara yang saling berdekatan sehingga memudahkan proses kerjasama. Secara geografis, letak negara anggota ASEAN memang saling bersebelahan. Letak astronomis ASEAN terletak pada di 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT. Penentuan letak astronomis didasarkan pada letak wilayah pada garis bujur dan garis lintang.

Lantas bagaimanakah dengan letak geografis ASEAN dilihat dari posisi geografisnya dibandingkan wilayah-wilayah di sekitarnya? (baca juga letak geografis benua Asia) Letak Geografis ASEAN Letak geografis ASEAN secara umum terletak di antara dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik, dan terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia. ASEAN berada di sebelah tenggara wilayah benua Asia, sehingga masuk dalam kawasan Asia Tenggara.

Wilayah ASEAN secara geografis juga bisa dibedakan menjadi wilayah daratan dan wilayah perairan. Secara geografis letak ASEAN diapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Adapun 2 samudera yang mengapit posisi ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Sementara 2 benua yang mengapit ASEAN adalah benua Asia dan benua Australia. Hal ini membuat posisi geografis ASEAN sangat strategis karena melewati jalur perdagangan internasional.

Indonesia menjadi negara ASEAN yang paling strategis karena letak geografis Indonesia juga diapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah Geografis ASEAN Bagaimanakah kondisi geografis ASEAN dilihat dari total luas wilayah, populasi jumlah penduduk, iklim, serta negara di ujung perbatasan? Berikut merupakan ulasan kondisi geografis Asia Tenggara.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Luas Wilayah Total keseluruhan luas wilayah ASEAN adalah 4.522.518 km persegi. Wilayah ASEAN juga terdiri dari wilayah daratan dan perairan. Indonesia menjadi negara dengan luas wilayah terbesar di ASEAN. Jumlah Penduduk Berdasarkan update terbaru, populasi jumlah penduduk di ASEAN saat ini diperkirakan mencapai lebih dari 615 juta jiwa dari negara-negara yang termasuk anggotanya.

Angka ini jelas akan terus bertambah mengingat pertambahan penduduk di negara Asia Tenggara yang relatif tinggi. Iklim Secara umum iklim di wilayah ASEAN adalah iklim tropis karena letaknya yang berdekatan dengan garis khatulistiwa. Indonesia dan Malaysia memiliki iklim tropis khatulistiwa. Vietnam berikim tropis dan sedang. Myanmar bagian utara beriklim subtropis. Sementara sisa negara ASEAN lain beriklim tropis. Perbatasan Indonesia menjadi negara ASEAN yang terletak paling ujung barat dan ujung selatan.

Indonesia pun berbatasan dengan wilayah benua Australia dan Papua Nungini. Sementara Myanmar secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah negara ASEAN yang terletak paling ujung timur dan utara. Myanmar berbatasan dengan China dan kawasan Asia Timur. Batas Wilayah ASEAN ASEAN berbatasan dengan wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya, baik di sebelah utara, timur, selatan, dan barata.

Batas wilayah ASEAN juga meliputi batas daratan atau batas lautan. Berikut merupakan batas-batas ASEAN dengan wilayah di sekitarnya : Sebelah Utara Di sebelah utara, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara China yang masuk kawasan Asia Timur. Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Laut China Timur. Sebelah Timur Di sebelah timur, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara Papua Nugini yang termasuk benua Australia.

Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Pasifik. Sebelah Selatan Di sebelah selatan, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara Australia dan benua Australia secara keseluruhan.

Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Hindia. Sebelah Barat Di sebelah barat, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara India dan Bangladesh yang masuk kawasan Asia Selatan. Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Teluk Benggala, Laut Andaman, dan Samudera Hindia.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Nah itulah referensi letak geografis ASEAN beserta posisi geografis dan batas wilayah Asia Tenggara dengan wilayah di sekitarnya lengkap. Indonesia sendiri termasuk salah satu negara anggota ASEAN. Semoga bisa menjadi tambahan referensi. Artikel Terbaru • 50+ Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Nama Latinnya [Lengkap] • 30+ Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Beserta Pengertiannya • 4+ Fungsi Sosiologi Bagi Masyarakat Beserta Peran dan Manfaatnya • Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Para Ahli & Secara Umum • 8+ Unsur Intrinsik Novel Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap] Artikel Pilihan Batas wilayah Asia Tenggara – Asia Tenggara merupakan suatu kawasan di benua Asia.

Negara-negara Asia Tenggara tergabung dalam organisasi ASEAN. Terdapat 11 negara ASEAN termasuk Indonesia. Luas wilayah ASEAN cukup besar yaitu 4,49 juta km persegi. Letak Asia Tenggara secara geografis berada di antara belahan bumi bagian utara dan selatan. Selain itu juga ada batas batas wilayah ASEAN di sebelah utara, selatan, timur dan barat, baik batas wilayah daratan dan laut. Letak Asia Tenggara secara geografis ada di bumi belahan timur, sementara secara vertikal mencakup bumi belahan utara dan selatan.

Kawasan Asia Tenggara memiliki luas 4,49 juta km persegi dengan estimasi jumlah penduduk sebanyak 641 juta jiwa. Terdapat 11 nama negara di Asia Tenggara. Tiap negara memiliki karakteristik, pemerintahan dan mata uang negara ASEAN yang berbeda-beda pula. Selain itu terdapat batas batas ASEAN baik batas wilyah daratan atau laut.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Secara geografis, wilayah ASEAN bagian utara berbatasan dengan kawasan Asia Timur. Sementara wilayah ASEAN bagian timur berbatasan dengan Samudera Pasifik. Untuk wilayah asean bagian barat berbatasan dengan kawasan Asia Selatan.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Adapun wilayah asean bagian selatan berbatasan dengan Benua Australia. (baca juga letak geografis Indonesia) Batas Wilayah Asia Tenggara Berikut merupakan batas wilayah kawasan Asia Tenggara di darat dan laut baik di sebelah utara, selatan, barat dan timur.

Batas Wilayah Asia Tenggara Sebelah Utara Batas darat wilayah Asia Tenggara bagian utara berbatasan dengan kawasan Asia Timur, lebih utamanya adalah berbatasan dengan negara China.

Selain itu batas laut wilayah ASEAN bagian utara berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Laut China Timur. • Kawasan Asia Timur (China) • Samudera Pasifik • Laut China Timur Batas Wilayah Asia Tenggara Sebelah Timur Batas darat wilayah Asia Tenggara bagian timur berbatasan dengan Papua Nugini. Selain itu batas laut wilayah ASEAN bagian timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

• Samudera Pasifik • Papua Nugini Batas Wilayah Asia Tenggara Sebelah Barat Batas darat wilayah Asia Tenggara bagian barat berbatasan dengan kawasan Asia Selatan, lebih utamanya adalah negara Asia Selatan seperti India dan Bangladesh.

Selain itu batas laut wilayah ASEAN bagian barat berbatasan dengan Laut Andaman, Teluk Benggala dan Samudera Hindia. • Kawasan Asia Selatan (India & Bangladesh) • Samudera Hindia • Teluk Benggala • Laut Andaman Batas Wilayah Asia Tenggara Sebelah Selatan Batas darat wilayah Asia Tenggara bagian selatan berbatasan dengan benua Australia, meski tidak berbatasan langsung karena terpisah wilayah perairan.

Selain itu batas laut wilayah ASEAN bagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. • Samudera Hindia • Benua Australia Nah itulah batas batas wilayah ASEAN di bagian utara, selatan, barat dan timur, baik batas darat atau pun batas laut.

Kawasan Asia Tenggara memang cukup luas dibanding kawasan lain di dunia sehingga memiliki beberapa batas wilayah baik di sebelah utara, sebelah barat, sebelah timur dan sebelah selatan. Artikel Terbaru • 35+ Jurusan di UBAYA dan Akreditasinya 2021 (Universitas Surabaya) • Kode Pos Padang - Semua Wilayah Kecamatan & Desa [Lengkap] • 5+ Nama Negara di Afrika Selatan Beserta Ibukotanya [Lengkap] • 120+ Universitas Swasta di Medan (Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi) • 10+ Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Ketinggiannya (+Gambar) Artikel Pilihan
KOMPAS.com - Association of Southeast Asian Nations adalah asosiasi negara-negara di Asia Tenggara.

Ada 10 negara di Asia Tenggara yang bergabung dengan ASEAN. Selain Indonesia, ada Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand sebagai pendiri. Lima negara yang bergabung belakangan yakni Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Luas wilayahnya mencapai 4,5 juta kilometer persegi atau sekitar 3 persen total luas daratan di bumi. Baca juga: Kamis Pagi, Jokowi Terima Delegasi US-ASEAN Business Council di Istana Negara ASEAN yang terbesar yakni Indonesia dengan luas 1,9 juta kilometer persegi.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Sementara yang terkecil adalah Singapura dengan luas wilayah 721.5 kilometer persegi. Sebagian negara-negara ASEAN berupa kepulauan. Dua samudra yang mengelilingi ASEAN yakni Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Luas laut ASEAN sekitar tiga kali lipat dari luas daratannya. Paling utara sekaligus paling barat, ada Myanmar. Sementara di ujung selatan sekaligus yang paling timur, Indonesia. Berikut batas- batas wilayah ASEAN: • Sebelah utara: Dataran China • Sebelah selatan: Samudra Hindia dan Timor Leste • Sebelah timur: Samudra Pasifik dan Papua Nugini • Sebelah Barat: Samudra Pasifik dan India Baca juga: Pekan Depan, Indonesia dan Malaysia Teken MoU soal Batas Negara Secara geografis, ASEAN terletak antara 28 LU - 11 LS dan 92 BT - 141 BT.

Keanekaragaman hayati Lokasi geografis di sekitar garis ekuator atau garis khatulistiwa membuat seluruh negara-negara ASEAN beriklim tropis. Berita Terkait Indonesia Juara Umum Lomba ASEAN ICT Award 2019 Peduli Lingkungan, Nike Tak Akan Kirim Kargo Lewat Samudra Arktik BMKG: Tak Ada Potensi Gangguan El Nino Kuat Pada 2020 BMKG: Hari Ini sampai Besok, Beberapa Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat LIPI: Seperlima Lahan Bumi Berkurang, Indonesia Harus Kelola Ini Berita Terkait Indonesia Juara Umum Lomba ASEAN ICT Award 2019 Peduli Lingkungan, Nike Tak Akan Kirim Kargo Lewat Samudra Arktik BMKG: Tak Ada Potensi Gangguan El Nino Kuat Pada 2020 BMKG: Hari Ini sampai Besok, Beberapa Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat LIPI: Seperlima Lahan Bumi Berkurang, Indonesia Harus Kelola Ini Letak geografis ASEAN – ASEAN merupakan organisasi antar negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara.

Terdapat 11 negara yang ada di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Posisi geografis ASEAN pun cukup strategis karena diapit 2 benua dan 2 samudera. ASEAN merupakan organisasi untuk menghimpun kerjasama negara Asia Tenggara di bidang ekonomi, politik, militer, pendidikan, lingkungan, sosial, dan budaya. ASEAN pertama didirikan pada tahun 1967 oleh 5 negara pendiri, termasuk Indonesia.

Saat ini ada 10 negara anggota ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Myanmar.

Tambahan satu negara lagi yakni Timor Lester adalah anggota pengamat yang juga terletak di Asia Tenggara, sehingga total ada 11 negara Asia Tenggara. Sebagai salah satu kawasan di benua Asia, peran ASEAN pada bidang ekonomi dan politik dunia pun cukup besar. Secara geografis letak ASEAN pun cukup strategis karena dekat dengan jalur perdagangan lautan dan dekat dengan dua samudera besar di dunia. (baca juga karakteristik negara ASEAN) Letak Geografis ASEAN (Asia Tenggara) Berikut akan diberikan penjelasan mengenai letak dan posisi geografis wilayah Asia Tenggara beserta batas-batas wilayahnya.

Posisi Geografis ASEAN Posisi geografis wilayah Asia Tenggara terletak di sebelah tenggara benua Asia, sesuai dengan namanya. Terdapat 5 kawasan yang ada di Asia, yakni Asia Barat, Asia Selatan, Asia Timur, Asia Tengah, dan Asia Tenggara. Letak Asia Tenggara ada di sebelah secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah benua Asia. Letak Geografis ASEAN Secara geografis, letak ASEAN berada di antara benua Asia dan benua Australia. Benua Australia ada di sebelah tenggara wilayah ASEAN, sedangkan benua Asia ada di sebelah barat laut ASEAN, yang juga termasuk dalam benua Asia itu sendiri.

Wilayah ASEAN juga diapit oleh 2 samudera, yakni Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Samudera Pasifik terletak di sebelah timur laut ASEAN, sementara Samudera Hindia ada di sebelah barat daya wilayah ASEAN.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Kondisi Geografis ASEAN • Total luas wilayah : 4.522.518 km persegi • Populasi penduduk : (estimasi) 700 juta jiwa • Indonesia adalah negara terluas di ASEAN menurut luas wilayahnya. • Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak di ASEAN.

• Myanmar adalah negara ASEAN yang terletak paling utara dan paling barat. • Indonesia adalah negara ASEAN yang terletak paling timur dan paling selatan. Batas Geografis Wilayah ASEAN Berikut ini adalah batas wilayah Asia Tenggara di sebelah utara, timur, barat, dan selatan, baik batas daratan maupun batas lautan. • Sebelah utara : China, Samudera Pasifik, Laut China Timur • Sebelah timur : Secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah Pasifik, Papua Nugini • Sebelah selatan : Samudera Hindia, Benua Australia • Sebelah barat : India, Bangladesh, Teluk Benggala, Laut Andaman Nah itulah penjelasan letak geografis ASEAN/Asia Tenggara beserta posisi, kondisi geografis, dan batas-batas wilayahnya, dibahas secara lengkap.

Asia Tenggara menjadi salah satu kawasan yang ada di benua Asia. Artikel Terbaru • 35+ Jurusan di UBAYA dan Akreditasinya 2021 (Universitas Surabaya) • Kode Pos Padang - Semua Wilayah Kecamatan & Desa [Lengkap] • 5+ Nama Negara di Afrika Selatan Beserta Ibukotanya [Lengkap] • 120+ Universitas Swasta di Medan (Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi) • 10+ Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Ketinggiannya (+Gambar) Artikel Pilihan
Teman-teman Kelas Pintar pasti udah ga asing lagi kan dengan yang namanya ASEAN?

Negara kita Indonesia juga termasuk dalam ASEAn ini. Bagi yang belum tahu, ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah sebuah organisasi yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Diisi oleh berbagai Negara yang berada di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan berbagai negara lainnya.

Tapi tahukah kamu dimana letak geografis ASEAN? Table of Contents • Letak Geografis ASEAN • GENERAL DESCRIPTION OF BOGOR REGENCY • Video yang berhubungan Letak Geografis ASEAN Secara geografis, ASEAN terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Hal ini menjadikan letak geografis ASEAN sangat strategis, karena dilewati oleh jalur perdagangan Internasional.

Luas wilayah dari ASEAN mencapai angka 4,5 juta kilometer persegi atau sekitar 3 persen dari total luas daratan bumi. Nah, negara kita Indonesia adalah negara dengan lokasi yang paling strategis. Sebab letak geografis Indonesia juga berada di antara dua samudra dan dua benua. Indonesia juga menjadi negara terluas dengan total luas 1,9 juta kilometer persegi.

Negara ASEAN terkecil adalah Singapura. Karakteristik Negara ASEAN Negara ASEAN memiliki 4 karakteristik yang cukup menonjol, yaitu: Compact Yaitu wilayah negara yang berbentuk menyerupai lingkaran. Salah satu contohnya adalah negara Kamboja.

Fragmented Yaitu wilayah negara yang berbentuk kepulauan terpisah-pisah (memiliki banyak pulau). Contohnya adalah negara Indonesia dan Filipina.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Elongated Karakteristik wilayah negara ASEAN yang satu ini adalah negara yang berbentuk memanjang. Contohnya adalah negara Vietnam dan Laos. Protruded Karakteristik ini akan mengelompokan negara yang memiliki bentuk lebih kompleks dan beragam, seperti tangan yang memanjang. Contohnya adalah negara Thailand dan Myanmar. Batas Wilayah ASEAN Bila melihat letak geografis ASEAN, daerah ini akan berbatasan dengan beberapa wilayah yang ada di sekitarnya, yaitu : Sebelah Utara : Berbatasan dengan Laut Cina Timur dan negara Cina yang masuk ke kawasan Asia Timur.

Sebelah Timur : Berbatasan dengan Samudra Pasifik dan negara Papua Nugini yang termasuk dalam Benua Australia. Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Samudra Hindia, negara Australia, serta Benua Australia. Sebelah Barat : Berbatasan dengan Samudra Hindia, Teluk Benggala, Laut Andaman, negara Bangladesh, dan India. Ada juga beberapa fakta menarik seputar ASEAN, yaitu: • Indonesia, Malaysia, dan Filipina adalh 3 dari 17 negara paling beragam secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah dunia.

Ketiganya merupakan negara ASEAN. • 9 persen burung endemik dan 11 persen spesies mamalia menjadikan ASEAN sebagai rumahnya. Ini membuat ASEAN wilayah dengan proporsi burung endemik dan mamalia terbesar di dunia. • Sekitar 25 persen tumbuhan berpembuluh endemik dari total yang ada di dunia, ada di negara-negara ASEAN.

• Selama dua dekade terakhir, lebih dari 2.000 spesies baru ditemukan di wilayah ASEAN. • Tidak lupa dengan kekayaan bawah laut, wilayah ASEAN menjadi pusat keanekaragaman hayati laut yang dikenal sebagai Coral Triangle atau Segitiga Terumbu. • Di lautan ASEAN, ada beragam jenis terumbu karang. Luas terumbu karang sekitar 70.000 kilometer persegi atau 28 persen dari total terumbu karang yang ada di dunia.

Waw luar biasa ya, mulai dari letak geografi ASEAN yang strategis, hingga kekayaan fauna dan juga lautnya menjadikan ASEAN sebagai salah satu daerah yang berkembang dengan pesat di dunia saat ini. Kalau kamu punya pertanyaan lebih lanjut mengani hal ini, yuk tulis di kolom komentar, dan jangan lupa untuk di share juga ya. Wilayah Kabupaten Bogor memiliki luas ± 2.664 km². Secara geografis terletak di antara 6?18'0" – 6?47'10" Lintang Selatan dan 106?23'45" – 107?13'30" Bujur Timur, dengan tipe morfologi wilayah yang bervariasi, dari dataran yang relative rendah di bagian utara hingga dataran tinggi di bagian selatan, dataran rendah sekitar 29,28% berada pada ketinggian 15 – 100 meter di atas permukaan laut (dpl), merupakan kategori ekologi hilir.

Dataran bergelombang sekitar 43,62% berada pada ketinggian 100 – 500 meter dpl, merupakan kategori ekologi tengah. Sekitar 19,53% daerah pegunungan berada pada ketinggian 500 - 1.000 meter dpl, merupakan kategori ekologi hulu. Daerah penggunungan tinggi sekitar 8,43% berada pada ketinggian 1.000 – 2.000 meter dpl, merupakan kategori ekologi hulu dan0,22% berada pada ketinggian 2.000 – 2.500 meter dpl, merupakan kategori hulu.

Batas-batas wilayah Kabupaten Bogor adalah sebagai berikut :• Sebelah Utara, berbatasan dengan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kabupaten/Kota Bekasi;• Sebelah Barat, berbatasan dengan Kabupaten Lebak;• Sebelah Timur, berbatasan dengan Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Purwakarta;• Sebelah Selatan, berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur;• Bagian Tengah berbatasan dengan Kota Bogor.Selain itu, kondisi morfologi Kabupaten Bogor sebagian besar berupa dataran tinggi, perbukitan dan pegunungan dengan batuan penyusunnya didominasi oleh hasil letusan gunung, yang terdiri dari andesit, tufa dan basalt.

Gabungan batu tersebut termasuk dalam sifat jenis batuan relatif lulus air dimana kemampuannya meresapkan air hujan tergolong besar. Jenis pelapukan batuan ini relative rawan terhadap gerakan tanah bila mendapatkan siraman curah hujan yang tinggi. Selanjutnya, jenis tanah penutup didominasi oleh material secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah lepas agak peka dan sangat peka terhadap erosi, antara lain Latosol, Aluvial, Regosol, Podsolik dan Andosol.

Oleh karena itu, beberapa wilayah rawan terhadap tanah longsor. Secara klimatalogi, wilayah Kabupaten Bogor termasuk iklim tropis sangat basah di bagian Selatan dan iklim tropis basah di bagian Utara, dengan rata -rata curah tahunan 2.500 – 5.00 mm/tahun, kecuali di wilayah bagian utara dan sebagian kecil wilayah timur curah hujan kurang dari 2.500 mm/tahun.

Suhu rata-rata di wilayah Kabupaten Bogor adalah 20º - 30ºC, dengan suhu rata-rata tahunan sebesar 25º. Kelembaban udara 70% dan kecepatan angin cukup rendah, dengan rata -rata 1,2 m/detik dengan evaporasi di daerah terbuka rata-rata sebesar 146,2 mm/bulan.Sedangkan secara hidrologis, wilayah Kabupaten Bogor terbagi kedalam 7 (tujuh) buah Daerah Aliran Sungai (DAS) yaitu: (1) DAS Cidurian; (2) DAS Cimanceuri; (3) DAS Cisadane; (4) DAS Ciliwung; (5) Sub DAS Kali Bekasi; (6) Sub DAS Cipamingkis; dan (7) DAS Cibeet.

Selain itu juga terdapat 32 jaringan irigasi pemerintah, 794 jaringan irigasi pedesaan, 93 situ dan 96 mata air. Letak Geografis Koordinat : 6º18' 6º47'10 LS dan 106º23'45- 107º 13'30 BT Luas Wilayah : ± 2.664 km² Batas Administrasi : • Utara : Kab.

Tangerang Kab / Kota Bekasi, Kota Depok • Timur : Kab. Cianjur dan Kab. Karawang • Selatan : Kab. Sukabumi dan Cianjur • Barat : Kab. Lebak ( Prov. Banten) • Tengah : Kota Bogor GENERAL DESCRIPTION OF BOGOR REGENCY Geographical Site Coordinate : 6º18' 6º47'10 LS (Southward) dan 106º23'45- 107º 13'30 BT (westward) Area Vastness (size) : 268.838.304 ha Administrative Borders : • North :Kab.

Bekasi, Kota Depok, Tangerang (Prop. Banten) • East : Kab. Karawang • South : Kab. Cianjur, Sukabumi • West : Kab.

Lebak (Prop. Banten) • Middle : Kota Bogor PETA KABUPATEN BOGOR Indonesia memiliki perbatasan darat internasional dengan tiga negara tetangga yaitu Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Sedangkan di laut, perairan Indonesia berbatasan dengan sepuluh negara tetangga yakni: India, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Palau, Australia, Timor Leste dan Papua Nugini. Untuk itu peran Badan Geologi sangat strategis dalam mengelola wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mengingat batas wilayah darat dan dasar laut merupakan bagian dari bumi, maka tak bisa dielakkan peran Badan Geologi sangat diperlukan untuk memiliki data-data geologi. Keseluruhan data tersebut selanjutnya diintegrasikan untuk memetakan karakteristik lingkungan fisik permukaan bumi terkait tapal batas negara, menentukan potensi sumber daya alam di kawasan perbatasan baik batas darat maupun dasar laut, dan kajian aspek infrastruktur guna peningkatan ekonomi wilayah perbatasan.

Kawasan perbatasan merupakan kawasan strategis nasional yang mempunyai peranan dan fungsi penting. Dalam pengelolaannya kawasan perbatasan negara tersebut yang meliputi perbatasan darat, laut dan pulau-pulau kecil terluar telah diatur dalam UU Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara menyebutkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia, terdiri dari wilayah darat, wilayah perairan, dasar laut dan tanah di bawahnya serta ruang udara di atasnya, termasuk seluruh sumber kekayaan yang terkandung di dalamnya.

Kebijakan yang dilakukan dalam pengembangan kawasan perbatasan adalah "mempercepat pembangunan kawasan perbatasan di berbagai bidang, terutama peningkatan bidang ekonomi, sosial dan keamanan, serta menempatkan kawasan perbatasan sebagai pintu gerbang aktivitas ekonomi dan perdagangan dengan negara tetangga secara terintegrasi dan berwawasan lingkungan".

Harapannya kawasan perbatasan sebagai bagian terluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mendukung keberhasilan pembangunan nasional dan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat disekitarnya (prosperity approach) serta peningkatan kondisi pertahanan dan keamanan (security approach). Menyadari pentingnya data-data geologi tersebut, maka Badan Geologi melakukan survei, pemetaan geologi, dan akuisisi data di kawasan perbatasan guna memperoleh kejelasan hak-hak kedaulatan negara yang harus dipertahankan termasuk kekayaan alam didalamnya.

Tentu saja data-data tersebut sangat dibutuhkan sebagai modal Pemerintah dalam perundingan penentuan wilayah perbatasan antar negara. Dari data survei geologi dan geofisika yang telah dilakukan di kawasan perbatasan secara jelas menunjukkan masih banyaknya potensi sumber daya alam, terutama minyak dan gas bumi untuk diolah sebagai prospek wilayah kerja baru. Hal tersebut tidak hanya berguna dalam menambah penguatan cadangan energi nasional akan tetapi sekaligus menjadi peluang Pemerintah dalam mengembangkan kawasan perbatasan untuk menghindari hilangnya wilayah NKRI.

Seperti halnya kegiatan yang telah dilakukan di Cekungan Akimeugah Papua, yang memanjang hingga ke perbatasan Papua Nugini (PNG). Di area tersebut Badan Geologi telah menghasilkan data-data survei geologi, geokimia batuan induk, gaya berat, Passive Seismic Tomography (PST) dan Microseepage. Cekungan Akimeugah merupakan kelanjutan dari Papua Basin di Papua New Guinea (PNG) yang memiliki 10 top lead dengan cadangan lebih dari 1.800 MMBOE. Hitungan sumber daya spekulatif oleh Badan Geologi di cekungan ini mencapai 116 TCF.

Kegiatan lain yang juga telah dilakukan oleh Badan Geologi adalah survei seismik 2D di perairan Arafura dan Sahul yang telah berhasil menemukan graben-graben dengan dimensi yang cukup besar yang membuka peluang bagi penemuan baru lapangan migas.

Lokasi akuisisi seismik tersebut berbatasan dengan perairan Australia dan PNG (di beberapa lokasi batas teritorial di kawasan tersebut masih berupa garis putus-putus yang berarti masih terbuka peluang untuk dirundingkan). Dengan diperolehnya data-data geologi dan geofisika akan menjadi modal utama guna meningkatkan kepercayaan diri Pemerintah dalam melakukan perundingan. Selain survei potensi sumber daya alam, pemetaan geologi yang juga telah dilakukan oleh Badan Geologi adalah pemetaan korelasi geologi di perbatasan Timor Leste dan Malaysia yaitu Pulau Kalimantan di wilayah Sintang-Silantek (Kalimantan Barat-Sarawak) dan Serudong-Nunukan (Kalimantan Utara).

Kegiatan selanjutnya untuk wilayah tersebut adalah melakukan pemetaan geomorfologi dan geologi kuarter. Kedua hal tersebut sangat penting untuk dilakukan guna mendukung pengembangan wilayah dan pembangunan infrastruktur serta peningkatan ekonomi wilayah perbatasan. Wilayah dan pelaksanaan kerja sama perbatasan Indonesia-Timor Leste Informasi geomorfologi yang mencakup kondisi topografi, bentuk dan kemiringan lereng, pola aliran dan material penutup lahan sangat penting untuk digunakan sebagai data dasar dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur di wilayah perbatasan.

Lebih dari itu informasi ini sangat penting untuk dimanfaatkan sebagai pedoman dalam pemanfaatan lahan dan penetapan tapal batas antar negara. Sebagaimana diketahui bahwa penetapan batas antar negara antara wilayah Indonesia dan Malaysia di Kalimantan adalah menggunakan batas alamiah berupa punggungan gunung yang mengikuti batas pemisah air (watershed), hal tersebut menjadikan informasi geomorfologi dan geologi kuarter menjadi salahsatu kunci utama dalam menyelesaikan permasalahan tapal batas antara Indonesia-Malaysia.

Harapan yang diamanatkan dari pengembangan dan pengelolaan kawasan perbatasan adalah kawasan tersebut bisa benar-benar menjadi wilayah kerja aktif dimana terlihat adanya aktifitas pengembangan wilayah secara nyata. Nilai penting dari pengelolaan kawasan perbatasan adalah keseriusan dari Pemerintah untuk mengelola, memproduksi, mengembangkan dan mengefektifkan serta tidak menelantarkan kawasan perbatasan.

Hal tersebut hanya dapat dilakukan jika telah diperoleh data-data geologi secara komprehensif melalui kegiatan survei, pemetaan dan inventarisasi.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Jika Pemerintah Indonesia tidak memiliki data-data geologi secara komprehensif dan lalai dalam pengelolaan wilayah perbatasan, maka akan berdampak pada saat dilakukan perundingan terhadap wilayah tersebut.

Dikhawatiran pemerintah kurang maksimal dalam perundingan yang pada gilirannya berpotensi terjadi ancaman besar yaitu hilangnya wilayah kedaulatan NKRI seperti lepasnya Sipadan dan Ligitan dari Indonesia. Kasus hilangnya kedua pulau milik Indonesia di dekat kawasan kaya potensi minyak di Ambalat Kalimantan tentu saja tidak kita inginkan terjadi lagi di masa mendatang.
Teman-teman Kelas Pintar pasti udah ga asing lagi kan dengan yang namanya ASEAN?

Negara kita Indonesia juga termasuk dalam ASEAn ini. Bagi yang belum tahu, ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah sebuah organisasi yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Diisi oleh berbagai Negara yang berada di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan berbagai negara lainnya. Tapi tahukah kamu dimana letak geografis ASEAN? Letak Geografis ASEAN Secara geografis, ASEAN terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia.

Hal ini menjadikan letak geografis ASEAN sangat strategis, karena dilewati oleh jalur perdagangan Internasional. Luas wilayah dari ASEAN mencapai angka 4,5 juta kilometer persegi atau sekitar 3 persen dari total luas daratan bumi.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Nah, negara kita Indonesia adalah negara dengan lokasi yang paling strategis. Sebab letak geografis Indonesia juga berada di antara dua samudra dan dua benua. Indonesia juga menjadi negara terluas dengan total luas 1,9 juta kilometer persegi. Negara ASEAN terkecil adalah Singapura. Karakteristik Negara ASEAN Negara ASEAN memiliki 4 karakteristik yang cukup menonjol, yaitu: Compact Yaitu wilayah negara yang berbentuk menyerupai lingkaran. Salah satu contohnya adalah negara Kamboja. Fragmented Yaitu wilayah negara yang berbentuk kepulauan terpisah-pisah (memiliki banyak pulau).

Contohnya adalah negara Indonesia dan Filipina. Elongated Karakteristik wilayah negara ASEAN yang satu ini adalah negara yang berbentuk memanjang. Contohnya adalah negara Vietnam dan Laos. Protruded Karakteristik ini akan mengelompokan negara yang memiliki bentuk lebih kompleks dan beragam, seperti tangan yang memanjang.

Contohnya adalah negara Thailand dan Myanmar. Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Para Pendiri ASEAN Batas Wilayah ASEAN Bila melihat letak geografis ASEAN, daerah ini akan berbatasan dengan beberapa wilayah yang ada di sekitarnya, yaitu : Sebelah Utara : Berbatasan dengan Laut Cina Timur dan negara Cina yang masuk ke kawasan Asia Timur. Sebelah Timur : Berbatasan dengan Samudra Pasifik dan negara Papua Nugini yang termasuk dalam Benua Australia.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Samudra Hindia, negara Australia, serta Benua Australia. Sebelah Barat : Berbatasan dengan Samudra Hindia, Teluk Benggala, Laut Andaman, negara Bangladesh, dan India. Ada juga beberapa fakta menarik seputar ASEAN, yaitu: • Indonesia, Malaysia, dan Filipina adalh 3 dari 17 negara paling beragam di dunia.

Ketiganya merupakan negara ASEAN. • 9 persen burung endemik dan 11 persen spesies mamalia menjadikan Secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah sebagai rumahnya. Ini membuat ASEAN wilayah dengan proporsi burung endemik dan mamalia terbesar di dunia. • Sekitar 25 persen tumbuhan berpembuluh endemik dari total yang ada di dunia, ada di negara-negara ASEAN.

• Selama dua dekade terakhir, lebih dari 2.000 spesies baru ditemukan di wilayah ASEAN. • Tidak lupa dengan kekayaan bawah laut, wilayah ASEAN menjadi pusat keanekaragaman hayati laut yang dikenal sebagai Coral Triangle atau Segitiga Terumbu. • Di lautan ASEAN, ada beragam jenis terumbu karang. Luas terumbu karang sekitar 70.000 kilometer persegi atau 28 persen dari total terumbu karang yang ada di dunia. Waw luar biasa ya, mulai dari letak geografi ASEAN yang strategis, hingga kekayaan fauna dan juga lautnya menjadikan ASEAN sebagai salah satu daerah yang berkembang dengan pesat di dunia saat ini.

Kalau kamu punya pertanyaan lebih lanjut mengani hal ini, yuk tulis di kolom komentar, dan jangan lupa untuk di share juga ya.Hai anak-anak, jangan bosan bosan untuk selalu membaca ya. Karena dengan membaca kalian bisa mendapatkan lebh banyak ilmu dan selalu mengetahui informasi terbaru yang ada di dunia. Manfaatkan gadget yang diberikan oleh orang tuamu untuk belajar dan mendalami materi.

Meskipun kalian sedang berada dirumah, akan tetapi semangat kalian harus seperti ketika di sekolah. Pada hari ini kita akan membahas mengenai “Letak Geografis dan Batas Wilayah ASEAN”. ASEAN merupakan organisasi antara negara di wilayah Asia Tenggara yang anggotanya terdiri dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Myanmar. Sementara Timor Leste masih berstatus sebagai anggota pemantau.

secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah

Peta Wilayah ASEAN Organisasi ASEAN cukup aktif mengadakan kerjasama di bidang ekonomi, politik, dan budaya. Hal karena letak negara-negara yang saling berdekatan sehingga memudahkan proses kerjasama. Secara geografis, letak negara anggota ASEAN memang saling bersebelahan. Letak Geografis ASEAN Secara geografis letak ASEAN diapit oleh 2 samudera dan 2 benua.

Adapun 2 samudera yang mengapit posisi ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Sementara 2 benua yang mengapit ASEAN adalah benua Asia dan benua Australia.

Hal ini membuat posisi geografis ASEAN sangat strategis karena melewati jalur perdagangan internasional. Indonesia menjadi negara ASEAN yang paling strategis karena letak geografis Indonesia juga diapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Kondisi Geografis ASEAN Bagaimanakah kondisi geografis ASEAN dilihat dari total luas wilayah, populasi jumlah penduduk, iklim, serta negara di ujung perbatasan? Berikut merupakan ulasan kondisi geografis Asia Tenggara. Semangat membaca ya!.

Luas Wilayah, total secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah luas wilayah ASEAN adalah 4.522.518 km persegi. Wilayah ASEAN juga terdiri dari wilayah daratan dan perairan. Indonesia menjadi negara dengan luas wilayah terbesar di ASEAN. Jumlah Penduduk, populasi jumlah penduduk di ASEAN saat ini diperkirakan mencapai lebih dari 615 juta jiwa dari negara-negara yang termasuk anggotanya.

Angka ini jelas akan terus bertambah mengingat pertambahan penduduk di negara Asia Tenggara yang relatif tinggi. Iklim, di wilayah ASEAN adalah iklim tropis karena letaknya yang berdekatan dengan garis khatulistiwa. Indonesia dan Malaysia memiliki iklim tropis khatulistiwa. Vietnam berikim tropis dan sedang. Myanmar bagian utara beriklim subtropis.

Sementara sisa negara ASEAN lain beriklim tropis. Perbatasan, perbatasan di ASEAN ialah paling ujung barat dan ujung selatan Indonesia. Indonesia pun berbatasan dengan wilayah benua Australia dan Papua Nungini. Sementara Myanmar menjadi negara ASEAN yang terletak paling ujung timur dan utara. Myanmar berbatasan dengan China dan kawasan Asia Timur. Batas Wilayah ASEAN, berbatasan dengan wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya.

Sebelah Utara wilayah ASEAN berbatasan dengan negara China dan perairan Laut China Timur. Sebelah Timur berbatasan dengan negara Papua Nugini dan perairan Samudera Pasifik. Sebelah Selatan berbatasan dengan negara Australia, benua Australia dan perairan Samudera Hindia. Sebelah Barat berbatasan dengan negara India dan Bangladesh, selain itu juga berbatasan dengan wilayah perairan Teluk Benggala, Laut Andaman, dan Samudera Hindia.

Negara-negara Anggota ASEAN Nah, itulah sedikit materi menganai letak geografis ASEAN beserta posisi geografis dan batas wilayah ASEAN dengan wilayah di sekitarnya. Jangan lupa untuk selalu membaca referensi lain ketika belajar. Buat orang tua kalian bangga dengan prestasi kalian!. Selanjutnya, agar materi yang kalian baca dapat bertahan lama di diri kalian. Ayo coba mengerjakan soal di bawah ini.

Jangan lupa untuk menuliskan pertanyaannya ya. (KAP) Sekarang kegiatan kalian yang harus dilakukan ialah menjawab pertanyaan di bawah ini! • Secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah jelaskan apa yang dimaksud dengan letak geografis menggunakan kalimat kalian sendiri!

• Coba jelaskan batas-batas wilayah ASEAN, mulai dari batas sebelah utara, selatan, timur dan barat! • Sesuai dengan pembelajaran sebalumnya, menurut kalian negara mana saja yang menjadi pendiri ASEAN? “Tetap semangat, jangan lupa untuk selalu belajar menggunakan semua sumber yang kamu miliki” Diterbitkan oleh khrisnaadhipradana Khrisna Adhi Pradana, was born February 27, 1996 in Pacitan.

Now I am living in Malang, East Java, Indonesia. Iam taking class of Education of Primary School Teacher, Faculty of Education, University of Malang. Teaching is thing that I love. Since I study at Education of Primary School Teacher, I began to teach kids around my house. By introducing culture to the children, I want them be aware of cultural diversity and local tourism in. Lihat semua pos dari khrisnaadhipradana Navigasi pos
Zona Daratan (Burma, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam) sebenarnya merupakan perpanjangan dari benua Asia.

Muslim dapat ditemukan di semua negara daratan, tetapi populasi yang paling signifikan adalah di Thailand selatan dan Burma Barat (Arakan).

Orang Cham dari Vietnam tengah dan Kamboja juga Muslim. Ada beberapa negara kepulauan di Asia Tenggara termasuk Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, Brunei, dan negara baru Timor Timur (sebelumnya bagian dari Indonesia). Islam adalah agama negara di Malaysia dan Brunei. Meskipun 85 persen penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 234.000.000 adalah Muslim, jumlah yang lebih besar daripada negara lain di dunia, Islam bukanlah agama resmi negara.

Muslim adalah minoritas di Singapura dan Filipina selatan. Peta menunjukkan pulau-pulau Indonesia dengan negara-negara sekitarnya, perbatasan internasional, provinsi, batas-batas provinsi, ibukota nasional Jakarta, ibukota provinsi, dan kota-kota besar.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, negara ini terletak di Maritim Asia Tenggara, antara Laut Cina Selatan, Samudera Pasifik (di utara) dan Samudra Hindia (di selatan). Baca : Perkembangan Jumlah Penduduk Indonesia Indonesia terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, yang terbesar adalah Sumatra, Jawa, Borneo (dikenal sebagai “Kalimantan“), dan Sulawesi atau kenal sebagai Kepulauan Sunda Besar. Sebagian besar pulau-pulau besar adalah pegunungan, dengan puncak berkisar antara 3.000 dan 3.800 m.

Dengan luas 1.904.569 km² dan populasi 238 juta orang menjadikan Indonesia negara terbesar dan terpadat di pulau-pulau, kepulauan gabungan ini sedikit lebih kecil dari Meksiko. Peta menunjukkan Kamboja dan negara-negara sekitarnya dengan perbatasan internasional, sungai utama dan danau, ibu kota negara Phnom Penh, ibukota provinsi, kota-kota besar, jalan utama, jalur kereta api, bandara utama dan lokasi dua situs Warisan Dunia Kamboja, Angkor Wat, utara Danau Tonle Sap dan Kuil Preah Vihear di pusat utara, dekat perbatasan Thailand.

Pulau-pulau Filipina di Asia Tenggara, yang membentang di Laut Cina Selatan di barat dan Samudera Pasifik di timur, dengan Malaysia di barat daya, Indonesia di selatan, dan Vietnam di barat, Taiwan, dan Cina daratan ke utara.

Batas wilayah maritim Filipina yaitu dengan: Cina, Indonesia, Jepang, Malaysia, Palau, Taiwan (ROC), dan Vietnam. Baca Juga : Jumlah Penduduk Filipina Batas Wilayah Singapura Singapura adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terdiri dari pulau Singapura (dihubungkan dengan jalan lintas ke ujung selatan Semenanjung Malaya) dan sekitar 54 pulau kecil. Negara-kota, secara resmi Republik Singapura, terletak 137 kilometer (85 mil) utara khatulistiwa, dan tepat di selatan Semenanjung Malaysia.
Jakarta - ASEAN merupakan organisasi internasional yang menaungi negara di kawasan Asia Tenggara.

Kawasan ini kondang dengan bentang alam yang sangat menawan. Letak geografis ASEAN berada di antara dua samudra, yakni Hindia dan Pasifik serta dua benua, yakni Asia dan Australia.

Ada 10 negara yang masuk sebagai anggota ASEAN, yakni Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Timor Leste meskipun berada dalam kawasan Asia Tenggara belum menjadi anggota organisasi ini. Seperti diketahui ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand secara geografis perbatasan wilayah asean di sebelah selatan adalah Deklarasi Bangkok.

ASEAN dibentuk oleh lima negara, yakni Indonesia, Filipina, Thailand, Singapura, dan Malaysia. Baca juga: 10 Negara Anggota Asean dan Profilnya Lengkap Berikut letak geografis negara ASEAN: 1. Letak Koordinat ASEAN dan Batas Negara ASEAN terletak di 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT. Dengan letak tersebut, batas sebelah Utara adalah China, Selatan dengan Australia, Timur dengan Papua Nugini, dan Barat dengan Bangladesh dan India. 2. Sumber Daya Alam Berkat letak geografis negara ASEAN, sumber daya alam di wilayah ini beranekaragam.

Misalnya, untuk fauna terdapat gajah, badak, harimau, hingga kera berjambul. Kemudian, dari alam kawasan ini dianugerahi dengan kandungan potensi tambang yang besar, seperti minyak bumi. Adapun, beberapa negara yang memiliki tambang tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Selain minyak bumi, ada juga pertambangan nikel, batu barat, bauksit, tembaga, hingga gas alam. Baca juga: 10 Negara Anggota Asean dan Profilnya Lengkap 3. Iklim Negara ASEAN Letak geografis negara ASEAN menyebabkan di kawasan ini sebagian besar memiliki iklim tropis sehingga hanya ada dua musim di wilayah ini, yakni kemarau dan penghujan.

Musim penghujan terjadi pada periode Oktober hingga Februari. Saat itu posisi matahari berada di langit belahan bumi selatan. Kondisi tersebut mengakibatkan belahan bumi selatan, khususnya Australia, lebih banyak memperoleh panas matahari daripada benua Asia dan tekanan udaranya rendah. Dampaknya angin bergerak dari benua Asia ke Australia. Angin dari benua Asia akan berbelok saat melintasi Khatulistiwa.

Proses ini menyebabkan kemunculan angin monsun barat. Angin ini melewati Samudera Pasifik, Samudera Indonesia dan Laut Cina Selatan membawa banyak uap air. Pergerakan angin monsun barat ke negara kawasan ASEAN menyebabkan curah hujan tinggi terutama di wilayah barat. Sebaliknya terjadi saat musim kemarau. Simak Video " Malaysia-Indonesia Sepakat Perkuat Bahasa Melayu" [Gambas:Video 20detik] (pay/pal)

LUAS DAN BATAS-BATAS WILAYAH INDONESIA




2022 www.videocon.com