Ptn terbaik 2021

ptn terbaik 2021

KOMPAS.com - Tahun 2022 Scimago Institutions Rankings (SIR) kembali merilis hasil pemeringkatan perguruan tinggi dunia, termasuk Indonesia. Scimago Institutions Rankings merupakan lembaga internasional yang mendata dan melakukan pemeringkatan riset dan menilai relevansi riset terhadap publik di suatu institusi riset.

ptn terbaik 2021

Selain menilai kinerja Perguruan Tinggi Negeri (PTN), SIR juga melakukan penilaian terhadap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Baca juga: Kemendikbud Ajukan 4 Warisan Budaya ke UNESCO, Tempe hingga Reog Ada lima kategori institusi riset yang dinilai, yaitu: • Institusi riset pemerintah • Institusi riset kesehatan • Institusi riset perusahaan • Institusi riset lembaga nirlaba • Institusi riset perguruan tinggi Sementara itu, penilaian dilakukan berdasarkan 3 kelompok indikator yaitu: • Research dengan bobot nilai 50 persen • Innovation bobot nilai 30 persen • Societal bobot nilai 20 persen Melansir dari laman www.scimagoir.com, berikut daftar PTN dan PTS terbaik Indonesia 2022: 20 PTN terbaik versi SIR 2022 1.

Universitas Indonesia Peringkat dunia: 534 Baca juga: Tolak Usulan Bahasa Melayu Jadi Bahasa Resmi ASEAN, Nadiem: Bahasa Indonesia Lebih Layak 2. Universitas Gadjah Mada University Ptn terbaik 2021 dunia: 586 Berita Terkait Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad Biaya Kuliah S1 Universitas Indonesia di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri Biaya Kuliah S1 UGM Jalur SNMPTN, Ptn terbaik 2021 dan Jalur Mandiri Biaya Kuliah S1 Unpad 2022 Jalur SNMPTN-SBMPTN untuk Tiap Prodi Biaya Kuliah S1 Undip 2022 Jalur SNMPTN dan SBMPTN Berita Terkait Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad Biaya Kuliah S1 Universitas Indonesia di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri Biaya Kuliah S1 UGM Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri Biaya Kuliah S1 Unpad 2022 Jalur SNMPTN-SBMPTN untuk Tiap Prodi Biaya Kuliah S1 Undip 2022 Jalur SNMPTN dan SBMPTN Kemendikbud Ajukan 4 Warisan Budaya ke UNESCO, Tempe hingga Reog https://www.kompas.com/edu/read/2022/04/11/143151471/kemendikbud-ajukan-4-warisan-budaya-ke-unesco-tempe-hingga-reog https://asset.kompas.com/crops/zdtF8IpV6YHVfGQ2I1jTku-6XS0=/0x17:972x665/195x98/data/photo/2022/04/05/624c032670466.jpg • LATAR BELAKANG Kualitas generasi muda dapat menjadi faktor penentu bagi peradaban, kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan suatu bangsa.

Sumber daya manusia (SDM) yang terdidik, berilmu pengetahuan dan berkualitas akan menjadi aset strategis dalam pembangunan bangsa dan negara dimasa depan. Pendidikan nasional merupakan bagian penting dari pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, yang berfungsi mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berilmu, sehat, berprestasi, berperilaku mulia dan menjadi warga negara yang akan menentukan kekuatan serta daya saing bangsa dan bertanggung jawab akan keberlangsungan masa depan bangsa. Pendidikan adalah investasi utama untuk menyiapkan Indonesia masa depan.

Pelayanan, akses dan kualitas pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya sesuai harapan. Dunia pendidikan masih menghadapi tantangan yang cukup mendasar, yaitu masalah perluasan, pemerataan, mutu, dukungan pendanaan, relevansi kurikulum, daya ptn terbaik 2021 pendidikan, penguatan tata kelola dan akuntabilitas. Kondisi demografi di Indonesia berupa proporsi usia produktif dalam rentang waktu 2010 hingga 2030 merupakan yang terbaik sejak Indonesia merdeka. Hal tersebut akan menjadi bonus demografis bila pendidikan berhasil atau sebaliknya akan menjadi bencana demografis bila pendidikan gagal.

Keberhasilan menyiapkan sumber daya manusia agar menjadi kekuatan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa memerlukan pendidikan yang mampu menghasilkan putra putri bangsa yang berkarakter, cerdas, terampil, berdaya juang dan daya saing ptn terbaik 2021 serta dilandasi dengan semangat kebangsaan yang kuat.

Hak setiap warga negara untuk mendapatkan pendidikan terangkum dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 31, berdasarkan konstitusi, pemerintah wajib memberikan layanan dan kemudahan serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi dan masyarakat berkewajiban memberikan dukungan sumber daya serta biaya untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu.

Oleh karena itu, setiap peserta didik dengan prestasi akademik, namun memiliki keterbatasan secara ekonomi yang terdapat pada setiap jenjang berhak mendapat bantuan biaya pendidikan. Perguruan Tinggi sebagai satuan pendidikan merupakan komponen strategis dalam sistem pendidikan nasional (sisdiknas) yang berperan dalam mempersiapkan dan mencetak sumber daya manusia yang tangguh, terampil, kompeten, kreatif, inovatif, berkarakter, serta berkemampuan sebagai pemimpin yang peka dan peduli terhadap kondisi, serta siap menghadapi globalisasi.

Alokasi APBN yang besar dan beragamnya dana tanggung jawab sosial melalui program beasiswa dari berbagai lembaga, dunia usaha, yayasan, atau anggota masyarakat membuktikan kepedulian tinggi untuk memperbaiki kondisi dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Tingginya biaya pendidikan di Indonesia, menjadi salah satu kendala generasi muda tidak dapat melanjutkan studi, sebagai bentuk kepekaan dan perwujudan kepedulian akan kondisi tersebut, Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupaya berperan aktif dalam peningkatan kualitas masa depan SDM Indonesia melalui program beasiswa bagi mahasiswa yang dapat digunakan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup.

Beasiswa ini juga merupakan salah satu bentuk program unggulan Bank Indonesia yaitu mendorong pengembangan kapasitas SDM unggul. Mahasiswa S1 dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mendapat bantuan program Beasiswa BI karena PTN memiliki sistem seleksi penerimaan mahasiswa dan akreditasi institusi yang diselenggarakan oleh pemerintah sehingga seluruh proses kegiatan pendidikan di PTN dijamin sepenuhnya oleh negara.

Pada tahun 2020, dilakukan perluasan penerima beasiswa untuk mahasiswa program Diploma (D3) di PTN yang memenuhi kriteria. Program Beasiswa BI tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup, para mahasiswa penerima Beasiswa BI juga difasilitasi untuk tergabung dalam komunitas penerima Beasiswa BI.

Dalam komunitas tersebut, para penerima Beasiswa BI mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana, dan terarah guna meningkatkan kompetensi individu serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi insan unggul dan berdaya saing.• NAMA KEGIATAN Program Beasiswa Bank Indonesia yang ditujukan bagi mahasiswa jenjang strata 1 (S1) dan Diploma (D3) di berbagai PTN di Indonesia.• TUJUAN PROGRAM • Meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, indeks pembangunan manusia ( human development index), dan daya saing bangsa; • Meningkatkan motivasi belajar serta menjamin keberlangsungan studi mahasiswa dan menghidupkan harapan bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi (potensi) akademik untuk dapat menempuh serta menyelesaikan pendidikan tinggi; • Meningkatkan prestasi mahasiswa baik dalam bidang akademik (kurikuler) non akademik sehingga mampu menghasilkan SDM yang kreatif, mandiri, produktif, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi serta mampu berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

• RUANG LINGKUP KEGIATAN • RUANG LINGKUP KEGIATAN • Menetapkan desain program secara keseluruhan, termasuk perguruan tinggi penerima, nilai beasiswa, kriteria mahasiswa, dan mekanisme seleksi. • Melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi, monitoring, dan evaluasi selama program beasiswa. • Melaksanakan tahapan program sesuai dengan ketentuan dan periode waktu yang telah ditetapkan. • PENGELOLAAN PROGRAM BEASISWA • Program Beasiswa Bank Indonesia untuk Perguruan Tinggi Negeri terdiri dari 3 skema, yaitu S1 Unggulan, S1 Reguler, dan Vokasi D3.

Perguruan Tinggi dapat diusulkan untuk diberikan ke-3 (tiga) skema sekaligus sepanjang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan dan mendapat persetujuan dari Departemen Komunikasi. • Pemberian beasiswa Bank Indonesia tanpa ikatan dinas dan tidak dikaitkan dengan pelaksanaan seleksi penerimaan calon pegawai Bank Indonesia. • Prosedur pengajuan beasiswa harus melalui proses penilaian kelayakan oleh Bank Indonesia serta mendapat persetujuan dari Pimpinan Departemen Komunikasi BI sebagaimana bagan proses pengajuan beasiswa di bawah : • Pelaksanaan program beasiswa berdasarkan Perjanjian Kerjasama yang dibuat untuk jangka waktu maksimum 2 tahun, ditandatangani oleh Departemen Komunikasi Bank Indonesia di Kantor Pusat atau Kepala Perwakilan Bank Indonesia di daerah yang bertindak untuk dan atas nama Bank Indonesia, bersama dengan Pimpinan PTN (Rektor/Wakil Rektor atau pejabat yang ditunjuk) sebagai mitra kerjasama Program Beasiswa.

• Perjanjian Kerjasama yang telah habis masa berlakunya dapat diperpanjang dan atau diperbaharui kembali dengan kesepakatan kedua belah pihak. • Perpanjangan dan atau pembaharuan diajukan oleh pihak PTN selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sebelum berakhirnya masa berlaku perjanjian kerjasama.

• Penyaluran Beasiswa kepada mahasiswa dapat dilakukan oleh Bank Indonesia atau melalui PTN penerima manfaat Beasiswa. • PTN berkewajiban melaporkan data mahasiswa penerima beasiswa ptn terbaik 2021 Bank Indonesia. Dalam hal penyaluran beasiswa dilakukan oleh PTN maka diwajibkan untuk menatausahakan dokumen penyaluran yang sewaktu-waktu dapat diakses oleh Bank Indonesia.

• Kriteria umum mahasiswa penerima beasiswa jenjang S1: • Merupakan mahasiswa aktif program S1 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa atau surat keterangan aktif • Sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 40 (empat puluh) satuan kredit semester (SKS) atau 3 (tiga) semester. • Setiap mahasiswa, menerima beasiswa paling lama hanya 4 (empat) semester sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

• Maksimal berusia 23 tahun atau belum berusia 24 tahun pada ptn terbaik 2021 ditetapkan sebagai penerima beasiswa. Khusus untuk mahasiswa Orang Asli Papua (OAP) di Papua dan Papua Barat batas usia mahasiswa dimungkinkan sampai dengan 27 tahun. • Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain dan/atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain. • Mempunyai pengalaman menjalankan aktivitas sosial yang memiliki dampak ptn terbaik 2021 bagi masyarakat. • Bersedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan Generasi Baru Indonesia (GenBI) serta berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

• Kriteria umum mahasiswa penerima beasiswa jenjang D3: • Merupakan mahasiswa aktif program D3 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa atau surat keterangan aktif. • Sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 24 (dua puluh empat) satuan kredit semester (SKS) atau 2 (dua) semester. • Setiap mahasiswa, menerima beasiswa paling lama hanya 2 (dua) semester sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditentukan • Maksimal berusia 22 tahun atau belum berusia 23 tahun pada saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa.

• Tidak sedang menerima beasiswa dan/atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain.

ptn terbaik 2021

• Mempunyai pengalaman menjalankan aktivitas sosial yang memiliki dampak kebermanfaatan bagi masyarakat. • Bersedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan Generasi Baru Ptn terbaik 2021 (GenBI) serta berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. • Apabila dalam periode Beasiswa terdapat mahasiswa penerima beasiswa yang lulus dan atau mengalami penurunan prestasi akademik dibawah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang ditentukan, maka pihak PTN harus mengajukan penggantian mahasiswa penerima Beasiswa secara tertulis kepada Bank Indonesia hingga berakhirnya jangka waktu pemberian Beasiswa.

• PTN dapat memberikan persyaratan tambahan kepada mahasiswa penerima beasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kandidat, sepanjang tidak bertentangan dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. • SKEMA Ptn terbaik 2021 KRITERIA • BEASISWA S1 UNGGULAN • Kriteria Perguruan Tinggi • PTN penerima beasiswa Unggulan adalah: • Institut Pertanian Bogor • Institut Teknologi Bandung • Institut Teknologi Surabaya • Universitas Airlangga • Universitas Diponegoro • Universitas Gadjah Mada • Universitas Hasanuddin • Universitas Indonesia • Universitas Padjajaran • Jumlah penerima beasiswa sebanyak 30 (tiga puluh) orang mahasiswa setiap tahun.

• Kriteria Mahasiswa • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) semester terakhir minimal 3.5 (skala 4) • Memiliki TOEFL Score (PBT atau ITP) sebesar 500; atau TOEFL iBT sebesar 61; atau TOEFL CBT sebesar 173; atau IELTS sebesar 6.0 yang dibuktikan dengan dokumen pendukung yang masih berlaku. • Membuat motivation letter dan rencana karir setelah menyelesaikan studi sarjana dalam bahasa Inggris. • Menyertakan surat rekomendasi dari 2 tokoh (akademik dan non-akademik) • Rincian Bantuan Bantuan uang program beasiswa unggulan yaitu masing-masing sebesar Rp1.500.000,- / bulan untuk 30 orang mahasiswa • BEASISWA S1 REGULER • Kriteria Perguruan Tinggi • Jumlah penerima beasiswa dapat diberikan sebanyak 75 (tujuh puluh lima) orang setiap tahun bagi PTN Akreditasi A yang jumlah mahasiswa lebih dari 15.000 orang.

ptn terbaik 2021

• Jumlah penerima beasiswa dapat diberikan sebanyak 50 (lima puluh) orang setiap tahun bagi PTN dengan kriteria : • Akreditasi A yang jumlah mahasiswa kurang dari 15.000 orang • Akreditasi B dan C yang jumlah mahasiswa tidak dibatasi • Kriteria Mahasiswa • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal ptn terbaik 2021 (skala 4).

• Dalam hal terjadi kesenjangan persyaratan IPK (2,5 ≤ IPK < 3,0) di Kawasan Timur Indonesia (KTI), untuk pemerataan penyaluran PSBI, penerima beasiswa di KTI dimaksud tetap dapat diberikan beasiswa sepanjang mahasiswa tersebut ptn terbaik 2021 dalam peringkat 30 terbaik yang diusulkan oleh PTN yang bersangkutan. • Khusus untuk penerima beasiswa di Papua dan Papua Barat, komposisi Orang Asli Papua (OAP) minimum sebesar 20% dengan IPK ≥ 2,5 dari skala 4 dan kriteria umum maksimal s.d.

27 tahun. • Diutamakan bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu (pra sejahtera), yang ditunjukkan lewat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan/desa setempat. Dalam hal tidak terdapat calon penerima beasiswa yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu, maka dibuka kesempatan kepada calon penerima beasiswa lainnya sepanjang memenuhi persyaratan lainnya • Membuat resume pribadi dan motivation letter dalam bahasa Indonesia.

• Menyertakan surat rekomendasi dari 1 tokoh (akademik atau non - akademik) • Rincian bantuan Bantuan uang program beasiswa S1 reguler yaitu: • Untuk 75 orang mahasiswa @ Rp.000.000,-/bulan • Untuk 50 orang mahasiswa @ Rp.000.000,- /bulan • BEASISWA D3 REGULER • Kriteria Perguruan Tinggi • Jumlah penerima beasiswa sebanyak 25 (dua puluh lima) orang mahasiswa setiap tahun. • Perguruan tinggi penerima beasiswa D3 adalah PTN existing yang telah bekerja sama dengan Bank Indonesia maupun perguruan tinggi negeri usulan yang memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku.

• Kriteria Mahasiswa • Memiliki IPK minimal 3.00 (skala 4).

ptn terbaik 2021

• Diutamakan bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu (pra sejahtera), yang ditunjukkan lewat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan/desa setempat. Dalam hal tidak terdapat calon penerima beasiswa yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu, maka dibuka kesempatan kepada calon penerima beasiswa lainnya sepanjang memenuhi persyaratan lainnyaMembuat resume pribadi dan motivation letter dalam bahasa Indonesia • Membuat resume pribadi dan motivation letter dalam bahasa Indonesia.

• Menyertakan surat rekomendasi dari 1 tokoh (akademik atau non - akademik). • Rincian Bantuan Bantuan uang program beasiswa D3 Reguler yaitu masing-masing sebesar Rp1.000.000,- / bulan untuk 25 orang mahasiswa • PROGRAM STUDI / JURUSAN / DEPARTEMEN • Jenjang S1 Penerima Beasiswa Bank Indonesia jenjang S1 Reguler dan Unggulan diutamakan Program Studi/Jurusan/Departemen, sebagai berikut : • Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan • Manajemen/Pendidikan Ekonomi Manajemen • Akutansi/Pendidikan Akutansi • Perbankan/Keuangan Syariah • Ekonomi Islam/Ekonomi Syariah • Matematika/Pendidikan Matematika • Statistika • Pertanian/Perternakan/Agribisnis/Hortikultura • Sosial Ekonomi Pertanian / Sosial Ekonomi Perikanan • Ilmu Hukum/Hukum Ekonomi Syariah • Ilmu Pemerintahan • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik • Komunikasi/Ilmu Komunikasi • Teknologi Informasi • Sistem Informasi • Ilmu Komputer/Informatika • Jenjang D3 Penerima Beasiswa Bank Indonesia jenjang D3 Reguler diutamakan berasal dari Program Studi/Jurusan/Departemen, sebagai berikut : • Pertanian • Peternakan • Pariwisata • Kelautan • Perikanan • Ekonomi Kreatif • KOMPOSISI PENERIMA BEASISWA • Komposisi Penerima Beasiswa S1 Unggulan • Total mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan adalah sebanyak 30 (tiga puluh) orang dalam 1 (satu) perguruan tinggi sesuai dengan kriteria yang dipenuhi oleh masing-masing perguruan tinggi dengan komposisi sebagai berikut: • 25 orang mahasiswa berasal dari 16 Program Studi Prioritas tersebut diatas • 5 orang mahasiswa berasal dari luar 16 Program Studi Prioritas • Dalam hal komposisi pada angka 1 tidak terpenuhi maka komposisi dapat disesuaikan sepanjang jumlah total penerima tidak melampaui jumlah kuota.

• Komposisi Penerima Beasiswa S1 Reguler • Total mahasiswa penerima Beasiswa Reguler adalah sebanyak 50 atau 75 orang dalam 1 (satu) perguruan tinggi sesuai dengan kriteria yang dipenuhi oleh masing-masing perguruan tinggi • Untuk 50 orang mahasiswa, komposisi adalah sebagai berikut : • 40 orang berasal dari 16 Program Studi sebagaimana pada romawi VII • 10 orang berasal dari luar 16 Program Studi sebagaimana pada romawi VII • Untuk 75 orang mahasiswa, komposisi adalah sebagai berikut : • 60 orang berasal dari 16 Program Studi sebagaimana pada romawi VII • 15 orang berasal dari luar 16 Program Studi sebagaimana pada romawi Ptn terbaik 2021 • Dalam hal komposisi pada angka 2 dan ptn terbaik 2021 tidak terpenuhi maka komposisi dapat disesuaikan sepanjang jumlah total penerima tidak melampaui jumlah kuota.

• Komposisi Penerima Beasiswa D3 • Total mahasiswa penerima beasiswa D3 adalah sebanyak 25 orang dalam 1 (satu) perguruan tinggi dengan komposisi sebagai berikut: • 20 orang ptn terbaik 2021 berasal dari ptn terbaik 2021 Program Studi Prioritas pada romawi VII • 5 orang mahasiswa berasal dari luar 6 Program Studi Prioritas • Dalam hal komposisi pada angka 1 tidak terpenuhi, komposisi dapat disesuaikan sepanjang jumlah total penerima tidak melampaui jumlah kuota.

• MEKANISME PELAKSANAAN PROGRAM • Tahap Seleksi Perguruan Tinggi • Bank Indonesia menyampaikan informasi tentang program beasiswa disertai dengan kriteria mahasiswa calon penerima beasiswa dan tata cara pengajuan kepada Perguruan Tinggi • Perguruan Tinggi mengajukan surat permohonan disertai dengan proposal yang berisi antara lain : legalitas lembaga, akreditasi, jumlah program studi, jumlah dosen, beasiswa yang sudah ada, jumlah mahasiswa, jumlah mahasiswa yang sudah mendapat beasiswa dan lainnya yang diperlukan untuk proses asesmen perguruan tinggi.

• Setelah melakukan seleksi administrasi terhadap point b. diatas, selanjutnya Departemen Komunikasi melakukan asesmen perguruan tinggi dengan cara melakukan kunjungan langsung ke lokasi untuk menilai kelayakan dan kesiapan lembaga serta untuk melihat kesesuaian data yang diberikan dengan kondisi yang sebenarnya. Termasuk mengumpulkan data dan informasi lainnya yang tidak diberikan oleh perguruan tinggi tetapi dibutuhkan oleh Bank Indonesia sebelum memberikan bantuan program beasiswa.

• Setelah melakukan kunjungan, Departemen Komunikasi mengajukan usulan ke pimpinan/ADG yang membawahi Departemen Komunikasi mengenai hasil asesmen untuk mendapatkan persetujuan • Hasil persetujuan akan diinformasikan kepada perguruan tinggi atau melalui KPwDN apabila perguruan tinggi berada di wilayah kerja KPwDN yang kemudian akan dilanjutkan dengan PKS antara Bank Indonesia (Departemen Komunikasi atau KPwDN) dengan Perguruan Tinggi.

• Tahap Seleksi Mahasiswa • Perguruan Tinggi yang telah disetujui untuk mendapat bantuan program beasiswa, akan mendapatkan sosialisasi dari Bank Indonesia. • Sosialisasi diberikan terutama bagi mahasiswa calon penerima beasiswa mengenai tahap-tahap seleksi selanjutnya terkait program beasiswa Bank Indonesia agar dapat lebih mempersiapkan diri menghadapi proses seleksi calon penerima beasiswa Bank Indonesia.

• Perguruan Tinggi melakukan seleksi administrasi terhadap mahasiswa calon penerima beasiswa sesuai dengan ptn terbaik 2021 yang telah ditentukan. • Perguruan Tinggi mengumpulkan, memeriksa, memverifikasi, dan memvalidasi seluruh berkas persyaratan administrasi mahasiswa kandidat penerima beasiswa sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

• Perguruan Tinggi menyerahkan daftar nama calon penerima beasiswa yang telah memenuhi kriteria, dengan jumlah kandidat ptn terbaik 2021 penerima beasiswa sebagai berikut: • Untuk skema S1 Unggulan dengan jumlah penerima 30 orang mahasiswa, perguruan tinggi dapat mengajukan calon penerima beasiswa sebanyak 50 s.d.

60 orang • Untuk skema S1 Reguler dengan jumlah penerima 75 orang mahasiswa, perguruan tinggi dapat mengajukan calon penerima beasiswa sebanyak 100 s.d.

150 orang • Untuk skema S1 Reguler dengan jumlah penerima 50 orang mahasiswa, perguruan tinggi dapat mengajukan calon penerima beasiswa sebanyak 75 s.d. 100 orang • Untuk skema D3 Reguler dengan jumlah penerima 25 orang mahasiswa, perguruan tinggi dapat mengajukan calon penerima beasiswa sebanyak 35 s.d.

50 orang • Daftar nama calon penerima beasiswa harus disertai dengan kelengkapan dokumen pendukung sebagai berikut : • Biodata yang disediakan oleh Bank Indonesia (Form A.1); • Fotocopy kartu identitas (KTP dan KTM) yang masih berlaku; dan • Fotocopy Kartu/Lembar Hasil Ptn terbaik 2021 • Resume pribadi dan motivation letter dalam bahasa Indonesia untuk skema reguler • Surat rekomendasi dari 1 tokoh (akademik atau non - akademik) untuk skema reguler • Fotocopy dokumen pendukung TOEFL/IELTS untuk skema unggulan • Surat motivation letter dan rencana karir setelah menyelesaikan studi sarjana dalam bahasa Inggris untuk skema unggulan • Surat rekomendasi dari 2 tokoh (akademik dan non-akademik) untuk skema unggulan • Bank Indonesia melakukan ptn terbaik 2021 wawancara kepada calon penerima beasiswa yang diajukan oleh perguruan tinggi untuk dinilai dan diseleksi yang kemudian ditetapkan sebagai penerima beasiswa.

• Seleksi wawancara dilakukan untuk mengetahui motivasi, kepribadian, kondisi keluarga, kehidupan sosial, penelusuran potensi, minat, dan bakat. • Pelaksanaan wawancara yang terkait dengan jumlah dan komposisi pewawancara (interviewer), metode, jenis pertanyaan, skala pengukuran / penilaian serta hasil akhir menjadi wewenang Bank Indonesia. • Dalam proses pelaksanaan wawancara, Bank Indonesia dapat menunjuk pihak ketiga yang kredibel untuk mewakili Bank Indonesia atau bersama-sama melakukan proses wawancara.

• Proses pelaksanaan wawancara diadakan secara langsung (face to face) dengan metode parallel session (one on one) atau panel session (one to many).

Namun, untuk sementara ini, sehubungan dengan adanya pandemi COVID-19 di Indonesia dan himbauan Pemerintah untuk melakukan social distancing, pelaksanaan seleksi wawancara disesuaikan secara online dengan meggunakan perangkat virtual (tata acara pelaksanaan wawancara calon penerima Beasiswa BI secara online terlampir).
KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan dunia Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) kembali merilis peringkat universitas top dunia QS WUR 2022.

Biasanya pemeringkatan dari lembaga internasional seperti ini juga menjadi acuan calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi. Apalagi bagi siswa yang mendaftar Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN) 2022, informasi tersebut juga menjadi bahan pertimbangan mereka untuk menentukan kampus pilihan.

Pada pemeringkatan QS WUR 2022, ada 13 perguruan tinggi negeri (PTN) yang berhasil masuk dalam pemeringkatan. Selain 13 PTN, ada juga 3 PTS di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan QS WUR 2022. Baca juga: Jokowi Larang Menteri Bahas Penundaan Pemilu, Pengamat UGM: Itu Sudah Tepat Dilansir dari laman www.topuniversities.com, Jumat (8/4/2022), pemeringkatan QS WUR 2022 melibatkan 1.300 kampus top dunia dan menjadi yang terbesar selama ini.

PTN terbaik versi QS WUR 2022 Pada pemeringkatan ini, QS menggunakan beberapa indikator untuk memberikan penilaian terhadap perguruan tinggi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia: • Academic Reputation • Employer Reputation • Citations per Faculty • Faculty/Student Ratio • International Faculty Ratio • International Student Ratio Baca juga: 4 Bidang Ilmu ITS Masuk 500 Besar QS WUR by Subject 2022 Berikut PTN terbaik versi QS WUR 2022: 1.

Universitas Gadjah Mada (UGM) • Peringkat dunia: 254 2. Universitas Indonesia (UI) • Peringkat dunia: 290 3. Institut Teknologi Bandung (ITB) Berita Terkait Jokowi Larang Menteri Ptn terbaik 2021 Penundaan Pemilu, Pengamat UGM: Itu Sudah Tepat Dosen Unair Bagikan Tips Berolahraga Saat Puasa bagi Lansia 4 Bidang Ilmu ITS Masuk 500 Besar QS WUR by Subject 2022 Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes Menurut Dokter RNSD Undip Pendaftaran SMMPTN Barat 2022 Dibuka, Cek Cara Daftar dan Biayanya Berita Terkait Jokowi Larang Menteri Bahas Penundaan Pemilu, Pengamat UGM: Itu Sudah Tepat Dosen Unair Bagikan Tips Berolahraga Saat Puasa bagi Lansia 4 Bidang Ilmu ITS Masuk 500 Besar QS WUR by Subject 2022 Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes Menurut Ptn terbaik 2021 RNSD Undip Pendaftaran SMMPTN Barat 2022 Dibuka, Cek Cara Daftar dan Biayanya Jakarta - Kalender pendidikan SMA tahun 2021/2022 mungkin tidak jauh bergeser dari sebelumnya.

Siklus pendidikan di Indonesia sebetulnya hampir sama tiap tahun, karena menggunakan acuan waktu semester atau enam bulan. Dengan kenyataan tersebut, tiap siswa bisa memperkirakan waktu ujian dan seleksi PTN. Kalender pendidikan SMA tahun 2021/2022 juga bisa dilihat di Keputusan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Pemerintah Provinsi Bali.

"Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran siswa selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif sekolah, hari efektif sekolah, dan hari libur," tulis Kepala Disdikpora Bali Dr KN Boy Jayawibawa dalam keputusan tersebut. Baca juga: 10 Jurusan yang Paling Dicari 2021 dan Besaran Gajinya Kalender pendidikan SMA 2021/2022 Berikut adalah kalender akademik SMA dikutip dari keputusan Disdikpora Bali dan agenda pendidikan yang sempat ditulis detikEdu, Juli 2021 • 12 Juli 2021: Hari pertama masuk sekolah dan dimulainya tahun ajaran 2021/2022 • 13-15 Juli 2021: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa baru.

Minggu pertama masuk ptn terbaik 2021 berlangsung pada 12-17 Juli 2021. • 31 Juli 2021: Libur Hari Raya Idul Adha Agustus 2021 • 17 Agustus 2021: Libur Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia ke-75 • 21 Agustus 2021: Libur Tahun Baru Islam 1442 Hijriah September 2021 • Pertengahan atau akhir September 2021: Ujian Tengah Semester (UTS) Oktober 2021 • Bulan bahasa sepanjang Oktober 2021 • 28 Oktober 2021: Peringatan Hari Sumpah Pemuda • 30 Oktober 2021: Libur Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW November 2021 • 25 November: Hari Guru Nasional Desember 2021 • 7-10 Desember 2021: Ujian Akhir Semester (UAS) • 17 atau 18 Desember 2021: Pembagian rapor semester satu • 19 atau 20 Desember hingga 1 atau 2 Januari 2021: Libur semester satu • Awal hingga pertengahan Desember 2021: Jadwal seleksi masuk PTN biasanya resmi keluar dari LTMPT Januari 2022 • 4 Januari 2022: Awal semester dua baru • Awal hingga pertengahan Januari: Proses pendaftaran SNMPTN 2022 Februari 2022 • Awal Februari 2022: Pendaftaran akun siswa KIP Kuliah • 12 Februari 2022: Libur tahun baru Imlek 2571 • Pertengahan hingga akhir Februari 2022: Akhir pendaftaran SNMPTN 2022 Maret 2022 • Pertengahan hingga akhir Maret 2022: pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 • 11 Maret: Libur peringatan Isra Mi'raj • 14 Maret: Libur Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1943 • Pertengahan atau akhir Maret 2022: Ujian Akhir Semester (UAS) • Akhir hingga awal April 2022: Pengumuman SNMPTN 2022 • Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah antara Maret dan Mei 2022 bergantung keputusan Kemdikbud Ristek April 2022 • 2 April 2022: Libur peringatan Wafat Isa Almasih • Pertengahan hingga akhir April 2022: Pelaksanaan UTBK 2022 Mei 2022 • 1 Mei 2022: Libur peringatan Hari Buruh Nasional • 2 Mei 2022: Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah • 9-21 Mei 2022: UAS • Awal hingga pertengahan Mei 2022: Kelanjutan UTBK 2022 • 26 Mei: Libur Hari Raya Waisak yang jatuh pada hari Ra • Pendaftaran seleksi mandiri di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sepanjang Mei 2022 Juni 2022 • 1 Juni: Libur Hari Kelahiran Pancasila • 3 atau 4 Juni 2022: Pembagian rapor semester dua • Pertengahan Juni: Pengumuman SBMPTN 2022 • ptn terbaik 2021 Juni 2022: Libur semester dua • 27 Juni-9 Juli 2022: libur akhir tahun pelajaran • Pendaftaran dan pelaksanaan seleksi mandiri di beberapa PTN masih berlangsung Juli 2022 • 1-11 Juli: Penerimaan Peserta Didik Baru 2022/2023 untuk masuk SMA • Pelaksanaan seleksi mandiri PTN di sepanjang Juli 2022.

Baca juga: Gaji Lulusan IPDN, Bisa Tembus Rp 20 Juta dan Jadi Gubernur Kalender pendidikan 2021/2022 tentu bisa berubah jika ada kebijakan baru dari pemerintah pusat. Karena itu, siswa wajib terus update info terbaru dari sumber yang valid.

Bagi para siswa yang ingin ikut seleksi masuk PTN, kalender pendidikan SMA 2021/2022 bisa memudahkan proses persiapan ujian dan mencegah telat info. Semoga bisa meraih prestasi terbaik ya detikers. Simak Video " Isi Kuliah Subuh, Anies Cerita Upaya Bung Karno Berantas Buta Huruf" [Gambas:Video 20detik] (row/erd)
KOMPAS.com - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2022 ( UTBK-SBMPTN 2022) masih berlangsung hingga 15 April 2022.

Setiap calon mahasiswa yang mengikuti UTBK-SBMPTN 2022, pastinya ingin mendapatkan satu kursi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik yang diinginkan.

ptn terbaik 2021

Baca juga: Ikut UTBK-SBMPTN 2022, Ini 13 PTN Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2022 Dari seluruh PTN yang ada di Indonesia, ada beberapa kampus yang masuk daftar perguruan tinggi terbaik dari pemeringkatan lembaga perguruan tinggi internasional, seperti Webometrics dan Quacquarelli Symonds (QS). Berdasarkan rangkuman Kompas.com, Senin (4/4/2022) menjelaskan Webometrics merupakan organisasi pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia yang dilakukan sejak Juli 2012. Webometrics melakukan pemeringkatan menggunakan indikator impact atau visibility, openness atau transparency, dan excellence.

ptn terbaik 2021

Seperti pemeringkatan Webometrics 2022. Sementara QS merupakan penyedia layanan, analitik, dan wawasan terkemuka di dunia untuk sektor pendidikan tinggi global.

Dalam rilis QS World University Rankings 2022 (QS WUR 2022), banyak kampus terbaik dunia, termasuk di Indonesia. Pemeringkatan QS WUR 2022 memberikan analisa terbaik terhadap 1.300 perguruan tinggi top dunia yang berada di 97 lokasi. Setidaknya ada beberapa indikator yang dilakukan QS dalam memberikan peringkat ke perguruan tinggi, yakni Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Faculty, Faculty/Student Ratio, International Faculty Ratio, dan International Student Ratio.

Baca juga: 8 Sekolah Kedinasan Buka Pendaftaran pada 9 April 2022, Ini Daftarnya Nah, apa saja PTN terbaik di Indonesia versi Webometrics dan QS WUR 2022? Berikut daftarnya, agar bisa menjadi acuan calon mahasiswa dalam memilih kampus terbaik di ajang UTBK-SBMPTN 2022.

10 PTN terbaik ptn terbaik 2021 Indonesia versi Webometrics 2022 Berikut daftar 10 PTN terbaik di Indonesia versi Webometrcis 2022, bisa menjadi acuan calon mahasiswa di ajang UTBK-SBMPTN 2022.

Berita Terkait Astra International Buka Lowongan Kerja Lulusan S1-S2, Buruan Daftar Pertamax Resmi Naik, Ini Dampaknya Menurut Pakar Ekonomi Unair 8 Sekolah Kedinasan Buka Pendaftaran pada 9 April 2022, Ini Daftarnya Penerimaan Polri 2022 Lulusan SMA-S1, Ini Syarat hingga Cara Daftar Lowongan Kerja PAM Jaya untuk Lulusan S1, Ptn terbaik 2021 Kualifikasinya Berita Terkait Astra International Buka Lowongan Kerja Lulusan S1-S2, Buruan Daftar Pertamax Resmi Naik, Ini Dampaknya Menurut Pakar Ekonomi Unair 8 Sekolah Kedinasan Buka Pendaftaran pada 9 April 2022, Ini Daftarnya Penerimaan Polri 2022 Lulusan SMA-S1, Ini Syarat hingga Cara Daftar Lowongan Kerja PAM Jaya untuk Lulusan S1, Ini Kualifikasinya Munculnya Bahasa Gaul ala Anak Jaksel, Begini Pendapat Dosen Unair https://edukasi.kompas.com/read/2022/04/04/122638271/munculnya-bahasa-gaul-ala-anak-jaksel-begini-pendapat-dosen-unair https://asset.kompas.com/crops/KjvUw06TFF9UOhlj48tWw_vZiOw=/0x18:1000x518/195x98/data/photo/2018/02/26/3149983892.jpg
BACAAN TERBARU • Cara Download dan Cetak Kartu Peserta UTBK 2019/2020 19 views • Contoh Soal TPS Penalaran Umum dan Kunci Jawaban 18 views • SOAL UTBK DAN PEMBAHASAN 2019/2020 11 views • Sertifikat Nilai UTBK 2020 6 views • DOWNLOAD SOAL UTBK SBMPTN DAN PEMBAHASAN 6 views • PERSYARATAN FOTO UTBK SBMPTN 2019/2020 6 views • Akreditasi Prodi IAIN Pekalongan 2021 5 views • Akreditasi Prodi UIN Makassar Terbaru 5 views • Akreditasi Prodi IAIN Purwokerto 2020 5 views SILAHKAN DIBACA • Cara Download dan Cetak Kartu Peserta UTBK 2019/2020 19 views • Contoh Soal TPS Penalaran Umum dan Kunci Jawaban 18 views • SOAL UTBK DAN PEMBAHASAN 2019/2020 11 views • DOWNLOAD SOAL UTBK SBMPTN DAN PEMBAHASAN 6 views • PERSYARATAN FOTO UTBK SBMPTN 2019/2020 6 views • Sertifikat Nilai UTBK 2020 6 views • Akreditasi Prodi IAIN Pekalongan 2021 5 views • Akreditasi Prodi UIN Makassar Terbaru 5 views • Akreditasi Prodi IAIN Purwokerto 2020 5 viewsDaftar isi • Contoh Mukadimah Pidato Bahasa Arab Dengan Tulisan Latinnya • Contoh Mukadimah Singkat • Contoh Mukadimah MC • Contoh Mukadimah Islami • Contoh Mukadimah Umum • Contoh Mukadimah Mudah Di Hafal • Contoh Mukadimah Alhamdulillahillazi • Contoh Mukadimah Alahamdullah Hirobbil Alamin • Contoh Mukadimah Terbaik • Contoh Mukadimah Menarik • Contoh Mukadimah Bahasa Arab Dan Artinya • Contoh Mukadimah Panjang • Contoh Mukadimah Innalhamdalillah • Contoh Mukadimah Bahasa Arab • Contoh Mukadimah Kultum • Contoh Mukadimah Lainnya • Mukadimah 1 • Mukadimah 2 • Mukadimah 3 • Mukadimah 4 • Mukadimah 5 • Mukadimah 6 • Mukadimah 7 • Mukadimah 8 • Mukadimah 9 • Mukadimah 10 Berikut merupakan berbagai contoh dari kumpulan mukadimah pidato bahasa arab da latinnya Contoh Mukadimah Singkat الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdilillahi was sholatu was salaamu ‘alaa rosulillahi wa’alaa aalihi wa sohbihi wa maw waalaah.

Amma ba’du. Contoh Mukadimah MC السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ بِسْمِ اللهِ الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِ الله، لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِالله وَ بَعْدُ Segala Puji bagi Allah, Sholawat dan Salam-Nya semoga tetap tercurahkan ke haribaan Nabi agung Muhammad S.A.W. Contoh Mukadimah Islami الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi ptn terbaik 2021 ‘aalamiin, wabihi nasta’inu ‘alaa umuriddunya waddiin.

Wassholatu wassalamu ‘alaa asyrofil mursaliin, wa’alaa aalihi wa sohbihi ajma’iin. Amma ba’du. Contoh Mukadimah Umum الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ.

ptn terbaik 2021

وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillahil ladzii an’amanaa bini’matil iimaan wal islaam. Wanushalli wanusallimu ‘alaa khairil anaam, sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihii wasohbihi aj-ma’iin, amma ba’du. Contoh Mukadimah Mudah Di Hafal الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ لَقَدْ جَاءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّ وَنُودُوا أَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ Alhamdulillahi-lladzii hadaana lihadzaa, wama kunna linahtadiya laula an hadanallah, laqod jaa-at rusulu robbinaa bil haqqi wanuuduu an-tilkumul jannah, uuritstumuuhaa bimaa kuntum ta’maluun.

Contoh Mukadimah Alhamdulillahillazi اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي هَدَانَا لِهٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللّٰهُ ، اَشْهَدُ اَنْ لۤا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ.

Ptn terbaik 2021 hadaana lihadzaa, wama kunna linahtadiya laula an hadanallah, Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarikalah, wa Asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuluh, La nabiya ptn terbaik 2021.

Baca Juga : Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi Contoh Mukadimah Alahamdullah Hirobbil Alamin الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Contoh Mukadimah Terbaik بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أََمَّا بَعْدُ Bismillahirrohmanirrohiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, was-sholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursaliin, sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi aj’ma’iin, Amma ba’du. Contoh Mukadimah Menarik الْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِهِ الْـمُصْطَفَى، وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillahi wakafaa, wassholatu wassalaamu ‘alaa rosulihil ptn terbaik 2021, wa’alaa aalihi wasohbihi wamanih tadaa, amma ba’du.

Contoh Mukadimah Bahasa Arab Dan Artinya اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا.

أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ ورَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.

ptn terbaik 2021

أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahil ladzii kaana bi’ibadihi khabiiran bashiraa, tabaarokal ladzii ja’ala fis samaa’i buruujaw waja’ala fiihaa sirojaw waqomarom miniira. Asyhadu an-laa ilaa ha-illallah, wa asy-hadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, alladzii ba’atsahu bil haq ptn terbaik 2021 wanadziiroo. Wa da’iyan ilal haqqi bi’idznihi wa sirojam muniiraa. Allahumma shalli ‘alaihi wa’alaa alihi wa shohbihi wa sallim tasliman katsiroo.

Amma ba’du. Contoh Mukadimah Panjang اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ. اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ صدق الله العظيم أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, was-sholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursaliin, wa’alaa aalihi wa sohbihi ajma’iin.

Qoolallahu ta’ala fil qur’aanil kariim, a’uudzubillahi minasy-syaithoonir rajiim, bismillahir rahmaanir rahiim. Subhaanal ladzii asroo bi’abdihi lailam minal masjidil haroomi ilal masjidil aqsol ladzii baarokna haulahu linuriyahu min aayatinaa innahu huwas samii’ul bashiir.

ptn terbaik 2021

Shodaqallahul ‘adziim. Amma ba’du. Contoh Mukadimah Innalhamdalillah إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ Baca Juga : Contoh Proposal Kegiatan Idul Adha Innal hamdalillah, nahmaduhu wanasta’inuhuu wanastaghfiruhu, wa na’udzubillahi min ptn terbaik 2021 anfusinaa wa min sayyiaati a’maalinaa, may-yahdihil laahu falaa mudhillalah, wa-may yudhlil falaa haadiyalah, Asyhadu an-laa ilaa-ha illallaah, wahdahula syariikalah, wa-asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, amma ba’du.

Contoh Mukadimah Bahasa Arab الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ ، فَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِـمِيْنَ ؛ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ،نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ أَرْسَلَهُ اللهُ رَحْـمَةً لِلْعَالَمِيْنَ ، وَعَلَى اَلِهِ أَزْوَاجِهِ الطَّاهِرَاتِ أُمَّهَاتِ الـمُؤْمِنِيْنَ ، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ الغُرِّ الـمَيَامِيْنِ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wal ‘aaqibatu lil muttaqien, falaa ‘udwaanaa illa ‘aladzoolimiin.

Wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursaliin. nabiyyinaa wa habiibinaa muhammadin arsalahullahu rohmatal lil a’lamiin. wa’alaa alihii wa-azwajihit-thohirooti ummahaatil mu’miniin, wa’alaa alihiit-thoyyibiin, wa ashabihil ghurril mayaamiin, wa-man tabi’ahum bi-ihsanin ila yaumiddin.

Amma ba’du. Contoh Mukadimah Kultum ~~اَلْحَمْدُ ِللهِ الْعَزِيْزِ الْغَفُوْرِ، اَلَّذِيْ جَعَلَ فِي اْلإِسْلاَمِ الْحَنِيْفِ الْهُدَي وَالنُّوْرِ، اَللَّهُمَّ صَلِّيْ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَاتِمِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمَرْسَلِيْنَ وَعَلَي آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ اْلأَخْيَارِ أَجْمَعِيْنَ.

ptn terbaik 2021

أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillahi adzizil gaafuur, Alladzi ja’ala fil islamil haniifil hudaa wannur, Allahumma shalli ala sayyidina Muham madin khatimil ambiya’i wal mursaliin wa ala alihi thayyibina wa as-habihil ahyari ajma’iin. Amma Ba’du. Contoh Mukadimah Lainnya Mukadimah 1 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ سْمِ اللهِ الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِ الله، لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِالله وَ بَعْدُ Segala Puji bagi Allah, Sholawat dan Ptn terbaik 2021 semoga tetap tercurahkan ke haribaan Nabi agung Muhammad S.A.W.

Mukadimah 2 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Mukadimah 3 الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillahil ladzii an’amanaa bini’matil iimaan wal islaam. Wanushalli wanusallimu ‘alaa khairil anaam, sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihii wasohbihi aj-ma’iin, amma ba’du.

Mukadimah 4 الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wabihi nasta’inu ‘alaa umuriddunya waddiin.

Wassholatu wassalamu ‘alaa asyrofil mursaliin, wa’alaa aalihi wa sohbihi ajma’iin. Amma ba’du. Mukadimah 5 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَبِهِ أَجْمَعِيْنَ.

أََمَّا بَعْدُ Baca Juga : Angka Dalam Bahasa Arab Bismillahirrohmanirrohiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, was-sholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursaliin, sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi aj’ma’iin, Amma ba’du.

Mukadimah 6 الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ Alhamdilillahi was sholatu was salaamu ‘alaa rosulillahi wa’alaa aalihi wa sohbihi wa maw waalaah.

Amma ba’du. Mukadimah 7 اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي هَدَانَا لِهٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللّٰهُ ، اَشْهَدُ اَنْ لۤا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ. Alhamdilillahi was sholatu was salaamu ‘alaa rosulillahi wa’alaa aalihi wa sohbihi wa maw waalaah.

Ptn terbaik 2021 ba’du. Mukadimah 8 اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا.

أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ ورَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillaahil ladzii kaana bi’ibadihi khabiiran bashiraa, tabaarokal ladzii ja’ala fis samaa’i buruujaw waja’ala fiihaa sirojaw waqomarom miniira.

Asyhadu an-laa ilaa ha-illallah, ptn terbaik 2021 asy-hadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, alladzii ba’atsahu bil haq basyiiraw wanadziiroo. Wa da’iyan ilal haqqi bi’idznihi wa sirojam muniiraa.

Allahumma shalli ‘alaihi wa’alaa alihi wa shohbihi wa sallim tasliman katsiroo. Amma ba’du. Mukadimah 9 الْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِهِ الْـمُصْطَفَى، وَعَلىَ آلِهِ ptn terbaik 2021 وَمَنِ اهْتَدَى، أَمَّا بَعْدُ Alhamdulillahi wakafaa, wassholatu wassalaamu ‘alaa rosulihil musthofaa, wa’alaa aalihi wasohbihi wamanih tadaa, amma ba’du.

Mukadimah 10 إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ Innal hamdalillah, nahmaduhu wanasta’inuhuu wanastaghfiruhu, wa na’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wa min sayyiaati a’maalinaa, may-yahdihil laahu falaa mudhillalah, wa-may yudhlil falaa haadiyalah, Asyhadu an-laa ilaa-ha illallaah, wahdahula syariikalah, wa-asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, amma ba’du.

Demikianlah artikel kali ini yang telah membahas berbagai Contoh Mukadimah. Semoga bermanfaat dan jangan pernah bosan menggali ilmu dengan membaca. Wassalamualaikum wr.wb Baca Juga : • Contoh Teks Ceramah Singkat • Tulisan Arab Innalillahi • Tulisan Arab Assalamualaikum Share this: • Facebook • Tweet • WhatsApp Posted in Agama Tagged contoh kalimat mukadimah, contoh mukadimah assignment, contoh mukadimah assignment bahasa arab, contoh mukadimah bahasa indonesia, contoh mukadimah khutbah jumat, contoh mukadimah kultum, contoh mukadimah mc, contoh mukadimah pengajian, contoh mukadimah pidato, contoh mukadimah pidato singkat
Fitrah Islamic World Academy (FIWA) is an Islamic International Boarding school located in Bogor, West Java, Ptn terbaik 2021.

A Research-based boarding school that is إن شاء الله the gate of future Ulama, Leaders ptn terbaik 2021 Entrepreneurs in facing future Islam. ​ Recognized as Pesantren Sunnah or Sunnah Boarding School, Fitrah Islamic World Academy Islamic International Boarding School provides Islamic international education for all Muslims nationally and internationally through Islamic character building based on al Quran and Sunnah of the prophet Muhammad ﷺ.

Through our extensive, balanced and invigorating Islamic global curriculum, we aim to develop students aqeedah based on the examples of the first three generations of Islam, solid and shahih Islamic knowledge, leadership and entrepreneurial skills and Islamic manners which will help our students become lifelong learners, leaders, entrepreneurs, and global citizens.

Attributes such as Islamic ethical, critical thinking, innovative, risk-taker and the ability to reflect on learning are imperative which will benefit our students to undertake the challenges of life in an ever-changing world. ​ Register your beloved son & daughter now at FIWA Islamic International Boarding School, together we will prepare the bright future for our children in the world and hereafter, إن شاء الله.
Jakarta - Scimago Institutions Rangkings (SIR) merilis daftar perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia.

Pemeringkatan yang dilakukan SIR menggunakan tiga indikator yaitu penelitian, inovasi, dan dampak sosial. Indikator SIR tersebut dinilai dari karakteristik ilmiah, ekonomi, dan sosial lembaga. Setelah indikator akhir dihitung dari kombinasi indikator yang berbeda (yang telah diberikan bobot yang berbeda), nilai yang dihasilkan telah dinormalisasi pada skala 0 hingga 100.

1. Research bobot nilai 50 persen 2. Innovation bobot nilai 30 persen 3. Societal bobot nilai 20 persen Lantas apa saja PTN terbaik versi SIR 2021, berikut ptn terbaik 2021 penjelasannya yang dikutip dari laman scimagoir.com 20 PTN Terbaik 1. Universitas Indonesia Ranking dunia: 651 2. UIN Sunan Gunung Djati Ranking dunia: 689 3. Universitas Hasanuddin Ranking dunia: 695 4.

Universitas Gadjah Mada Ranking dunia: 697 5. Universitas Negeri Padang Ranking dunia: 702 6. IPB University Ranking dunia: 704 7. Universitas Sumatera Utara Ranking dunia: 708 8. Universitas Diponegoro Ranking dunia: 712 9. Institut Teknologi Bandung Ranking dunia: 714 10. Universitas Lampung Ranking dunia: 715 11.

Universitas Pendidikan Indonesia Ranking dunia: 720 12. Universitas Pendidikan Ganesha Ranking dunia: 720 13.

Universitas Sebelas Maret Ranking dunia: 724 14. Universitas Syiah Kuala Ranking dunia: 726 15. Universitas Negeri Yogyakarta Ranking dunia: 735 16. Universitas Negeri Surabaya Ranking dunia: 736 17. Universitas Sriwijaya Ranking dunia: 747 18. Universitas Jenderal Soedirman Ranking dunia: 748 Baca juga: 4 PTN Jurusan Kedokteran Terbaik, Referensi SBMPTN 2022 19. Universitas Mulawarman Ranking dunia: 750 20. Universitas Negeri Semarang Ranking dunia: 752 Demikianlah daftar PTN terbaik versi SIR 2021.

Ada kampus impian detikers untuk SBMPTN 2022? Simak Video " Erick Thohir hingga Wiku Dapat Gelar Kehormatan dari ILUNI UI" [Gambas:Video 20detik] (atj/erd)
Kode PT Nama Perguruan Tinggi Jenis PT Akreditasi PT 001001 Universitas Gadjah Mada PTN A 001002 Universitas Indonesia PTN A 001003 Universitas Sumatera Utara PTN A 001004 Universitas Airlangga PTN A 001005 Universitas Hasanuddin PTN A 001006 Universitas Andalas PTN A 001007 Universitas Padjadjaran PTN A 001008 Universitas Diponegoro PTN A 001009 Universitas Sriwijaya PTN Unggul 001010 Universitas Lambung Mangkurat PTN A 001011 Universitas Syiah Kuala PTN A 001012 Universitas Sam Ratulangi PTN Unggul 001013 Universitas Udayana PTN A 001014 Universitas Nusa Cendana PTN B 001015 Universitas Mulawarman PTN A 001016 Universitas Mataram PTN B 001017 Universitas Riau PTN A 001019 Universitas Brawijaya PTN A 001020 Universitas Jambi PTN B 001021 Universitas Pattimura PTN B 001022 Universitas Tanjungpura PTN A 001023 Universitas Jenderal Soedirman PTN A 001024 Universitas Palangka Raya PTN B 001025 Universitas Jember PTN A 001026 Universitas Lampung PTN A 001027 Universitas Sebelas Maret PTN A 001028 Universitas Tadulako PTN B 001029 Universitas Halu Oleo PTN B 001030 Universitas Bengkulu PTN B 001032 Universitas Negeri Padang PTN A 001033 Universitas Negeri Malang PTN Unggul 001034 Universitas Pendidikan Indonesia PTN A 001035 Universitas Negeri Manado PTN B 001036 Universitas Negeri Makassar PTN A 001037 Universitas Negeri Jakarta PTN Unggul 001038 Universitas Negeri Yogyakarta PTN A 001039 Universitas Negeri Surabaya PTN A 001040 Universitas Negeri Medan PTN A 001041 Universitas Negeri Semarang PTN A 001042 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa PTN A 001043 Universitas Trunojoyo PTN Baik Sekali 001044 Universitas Khairun PTN B 001046 Universitas Malikussaleh PTN B 001047 Universitas Negeri Gorontalo PTN A 001048 Universitas Pendidikan Ganesha PTN A 001049 Universitas Bangka Belitung PTN B 001050 Universitas Borneo Tarakan PTN B 001052 Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) PTN B 001053 Universitas Samudra PTN B 001054 Universitas Sulawesi Barat PTN Baik 001055 Universitas Sembilanbelas November Kolaka PTN Baik 001058 Universitas Teuku Umar PTN Baik Sekali 001063 Universitas Singaperbangsa Karawang PTN B 002001 Institut Teknologi Bandung PTN A 002002 Institut Teknologi Sepuluh Nopember PTN A 002003 Institut Pertanian Bogor PTN A 002013 Institut Teknologi Kalimantan PTN B 002014 Institut Teknologi Sumatera PTN Baik 005001 Politeknik Manufaktur Bandung PTN Baik Sekali 005002 Politeknik Negeri Jakarta PTN B 005003 Politeknik Negeri Medan PTN B 005004 Politeknik Negeri Bandung PTN A 005005 Politeknik Negeri Semarang PTN A 005006 Politeknik Negeri Ptn terbaik 2021 PTN Baik Sekali 005007 Politeknik Negeri Lampung PTN B 005008 Politeknik Negeri Ambon PTN B 005009 Politeknik Negeri Padang PTN Baik Sekali 005010 Politeknik Negeri Bali PTN B 005011 Politeknik Negeri Pontianak PTN B 005012 Politeknik Negeri Ujung Pandang PTN B 005013 Politeknik Negeri Manado PTN B 005014 Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya PTN A 005015 Politeknik Negeri Banjarmasin PTN B 005016 Politeknik Negeri Lhokseumawe PTN B 005018 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PTN A 005019 Politeknik Negeri Jember PTN B 005021 Politeknik Pertanian Negeri Kupang PTN B 005023 Politeknik Negeri Malang PTN A 005025 Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh PTN B 005026 Politeknik Negeri Samarinda PTN B 005027 Politeknik Negeri Media Kreatif PTN Baik Sekali 005029 Politeknik Negeri Batam PTN B 011009 Universitas Katolik Santo Thomas PTS B 021019 Universitas Bina Darma PTS B 031007 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya PTS A 031009 Universitas Kristen Indonesia PTS B 031015 Universitas Tarumanagara PTS A 031037 Universitas Gunadarma PTS A 031038 Universitas Bina Nusantara PTS A 031051 Universitas Multimedia Nusantara Jakarta PTS A 051008 Universitas Widya Mataram PTS B 051011 Universitas Kristen Duta Wacana PTS A 053009 Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD PTS B 061004 Universitas Muhammadiyah Magelang PTS B 061044 Universitas Ngudi Waluyo PTS B 071026 Universitas Katolik Widya Karya Malang PTS C 091002 Universitas Muslim Indonesia PTS Unggul 101001 Universitas Bung Hatta PTS B 151002 Universitas Flores PTS B

10 PTN PALING DIMINATI TAHUN 2021




2022 www.videocon.com