Panta rei artinya

panta rei artinya

Apa arti dari panta rei? Sebetulnya, saya baru mendengar dan tahu arti kata ini dari sebuah buku berjudul”Menang dan Kalah” karya S. Takdir Alisjahbana. Panta Rei adalah sebuah filosofi dari Heraclitus yang artinya kurang lebih; Semuanya Mengalir. Kemarin, saya merasa sangat bahagia karena baru memperoleh apa yang selama ini saya inginkan. Saat itu, rasa percaya diri saya mencapai klimaks, mungkin. Mengetahui bahwa akhirnya saya bisa memenuhi rasa ego saya yang kesempatannya jarang sekali datang.

Hari ini, jujur, saya merasakan apa yang dimaksud oleh Heraclitus. Semuanya tidak ada yang pasti. Panta rei artinya ini terus mengalir seperti sungai. Suatu hal yang dipertahankan mati-matian pun akhirnya akan berlalu. Tidak ada yang namanya ABADI (selain Tuhan tentu). Tidak ada yang namanya kekal. Banyak manusia (dan tentunya saya) yang menolak kenyataan dari sebuah Panta Rei. Mereka mati-matian menentukan target, memilih tujuan, mengikat hubungan, meresapi setiap perasaan, menimbulkan imej yang baik, memantapkan rencana, tapi, mereka akan sadar, bahwa semuanya tidak bersifat kekal.

panta rei artinya

Harus ada yang menjadi cadangan, menjadi subtitusi dari setiap rencana mereka. Tapi cadangan itu juga tidak bersifat kekal, jadi mereka harus mencari lagi cadangan dari cadangan yang telah mereka buat.

Waw. Manusia! Mereka sampai-sampai harus merontokkan rambut dan memberi nyawanya hanya untuk berpikir tentang itu! (Atau ini memang sifat orok manusia?) Terkadang saya berpikir, sungguh nikmat menjadi orang bodoh, orang miskin, orang terlantar, anak-anak jalanan.

Mereka tidak merasa perlu memikirkan hal-hal yang jauh ke depan. Soal pendidikanlah, soal makanlah, uang dan uang, dan segala tetek bengek lainnya. Yang mereka pikirkan hanya bagaimana mereka bisa bertahan hari ini. Atau jangan-jangan…. orang seperti merekalah yang disebut orang yang bijaksana? Mungkin saya tahu jawabannya; pasrah. Orang yang bijaksana adalah orang yang pasrah. Bukan apatis dengak keadaan sekitar, tapi bisa MENERIMA dan MENJALANKAN hidupnya dengan baik(menurut mereka masing-masing, bukan menurut orang lain.

Karena penilaian baik dan jahat hampir setiap orang itu berbeda-beda). Tidak terlalu sering melihat ke belakang dan tidak terlalu sering melihat ke panta rei artinya.

panta rei artinya

Tidak terlalu memaksakan sesuatu, tidak terlalu mengkhawatirkan sesuatu. tapi, walau sampai sekarang ini saya masih mencoba untuk menjadi orang yang seperti itu, terkadang ajaran Panta Rei masih membuat hati saya sakit. Rancangan yang sudah dari awal disusun matang-matang, buyar.

Relasi yang berusaha dipertahankan, patah.

panta rei artinya

Akibatnya, lahir batin runtuh tak karuan. Heraclitus of Ephesus (530-470BC) was one of the most influential philosophers in the ancient world. His views on change were in fundamental contradiction with the picture of the static universe promoted by Parmenides, and fed into the work of untold philosophers from Marcus Aurelius to Nietzsche. Heraclitus’ philosophy is a good starting point for anyone who is dealing with change in life.

Heraclitus claimed that life is like a river. The peaks and troughs, pits and swirls, are all are part of the ride. Do as Heraclitus would – go with the flow. Enjoy the ride, as wild as it may be. Heraclitus was born into a wealthy family, but he renounced his fortune and went to live in the mountains. There, in a tiny hut deep in the forest, Heraclitus had plenty of opportunity to reflect on the natural world.

Heraclitus observed that nature is in a state of constant flux. ‘Cold things grow hot, the hot cools, the wet dries, the parched moistens’, he noted. Everything is constantly shifting, changing, and becoming something other to what it was before. Heraclitus concluded fron this that nature itself is change.

Like a river, nature flows ever onwards. Even the nature of the flow changes. This vision of life is evident in Heraclitus’ epigram on the river of flux: ‘We both step and do not step in the same rivers. We are and are not’(B49a). Panta rei artinya standard interpretation of this passage is that Heraclitus is saying we can’t step into the same river twice.

This is because panta rei artinya river is constantly changing. If one strolls down the banks of the Danube, the water before one’s eyes is not the same water from moment to moment.

If the river is this water (a debatable point, but let’s leave this aside), it follows that the Danube is not the panta rei artinya river from moment to moment.

We step into the Danube; we step out of it again. When we step into it a second time, we step into different water and thus a different river. Furthermore, we step into and out of the river as different beings.

Most interpretations of Heraclitus’s river fragment focus on the idea of the river in a state of flux.

panta rei artinya

But Heraclitus says more than this in this fragment: ‘We are and are not’. The river changes and so do you! We are familiar with the principle of biological generation and corruption. Heraclitus puzzled over this principle two thousand years before the birth of the modern biological sciences and drew its ultimate lesson for the human condition. As material beings, we live in a world of flux. Moreover, we are flux. As physical bodies, we are growing and dying all the time, consuming light and resources to replicate our structure, while shedding matter continuously.

Change and panta rei artinya are ubiquitous features of the natural world. Perhaps this is what Heraclitus meant when he said, in his inimitable way: ‘Gods are mortal, humans immortal, living their death, dying their life’.

panta rei artinya

Perubahan dapat dikatakan sebagai gejala yang biasa terjadi dalam setiap masyarakat manusia. Cepat atau lambat, manusia atau masyarakat akan mengalami perubahan. Perubahan dalam masyarakat akan terus berlangsung seiring dengan perjalanan waktu. 1. Perubahan dalam sejarah Perubahan ini dapat diartikan sebagai segala aspek kehidupan yang terus bergerak seiring dengan perjalanan kehidupan masyarakat. Heraclitus mengatakan “Panta rei”, artinya tidak ada yang tidak berubah, semuanya mengalir, masyarakat sewaktu-waktu bergerak dan berubah.

Wertheim, menuliskan, History is a continuity and change (Sejarah adalah peristiwa yang berkesinambungan dan perubahan). Perkembangan kehidupan dalam masyarakat ada yang berlangsung lambat dan ada yang cepat. Arah perubahan dibedakan atas keadaan yang lebih baik (progres) dan keadaan yang lebih buruk (regres). 2. Berkelanjutan dalam sejarah Dalam mempelajari panta rei artinya, rangkaian peristiwa yang ada merupakan peristiwa yang berkelanjutan.

Kehidupan manusia saat ini merupakan mata rantai dari kehidupan masa lampau, sekarang dan masa mendatang. Setiap peristiwa tidak berdiri sendiri dan tidak terpisahkan dari peristiwa lain. Roeslan Abdul Gani menyatakan ilmu sejarah dapat diibaratkan sebagai penglihatan terhadap tiga dimensi, yaitu penglihatan ke masa silam, masa sekarang, dan masa depan.

Hal ini sejalan dengan Arnold J. Toynbee yang mengatakan bahwa mempelajari sejarah adalah mempelajari masa lampau, untuk membangun masa depan (to study history is to study the past to build the future).

Selain membahas manusia atau masyarakat, sejarah juga melihat hal lain yaitu waktu. Waktu menjadi konsep penting dalam ilmu sejarah. Sehubungan dengan konsep waktu, dalam ilmu sejarah menurut Kuntowijoyo meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan dan panta rei artinya. Disebut mengalami perkembangan apabila dalam kehidupan masyarakat terjadi gerak secara berturut-turut dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain. Perkembangan terjadi biasanya dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang kompleks.

Misalnya adalah perkembangan demokrasi di Amerika yang mengikuti perkembangan kota. Pada awalnya masyarakat di Amerika tinggal di kota-kota kecil. Di kota-kota kecil itulah tumbuh dewan-dewan kota, tempat orang berkumpul.

Dari kota-kota kecil panta rei artinya proses menjadi kota-kota besar hingga menjadi kota metropolitan. Di sini, demokrasi berkembang mengikuti perkembangan kota. Kesinambungan terjadi bila suatu masyarakat baru hanya melakukan adopsi lembaga-lembaga lama. Misalnya pada masa kolonial, kebijakan pemerintah kolonial mengadopsi kebiasaan lama, antara lain dalam menarik upeti raja taklukan, Belanda meniru raja-raja pribumi. Sementara itu disebut pengulangan apabila peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau terjadi lagi pada masa berikutnya, misalnya menjelang presiden Soekarno jatuh dari kekuasaannya pada tahun 1960-an banyak terjadi aksi dan demonstrasi, khususnya yang dilakukan oleh para mahasiswa.

Demikian halnya menjelang presiden Soeharto jatuh pada 1998, juga banyak terjadi aksi dan demonstrasi. Sedangkan dikatakan perubahan apabila dalam masyarakat terjadi perkembangan secara besar-besaran dalam waktu yang relatif singkat. Perubahan terjadi karena adanya pengaruh dari luar. Misalnya gerakan nasionalisme di Indonesia sering dianggap sebagai kepanjangan dari gerakan romantik di Eropa.

Berhubungan dengan konsep waktu ini lah dikisahkan kehidupan manusia pada masa lalu. Masa lalu merupakan sebuah masa yang sudah terlewati. Namun, masa lalu bukanlah suatu masa yang terhenti dan tertutup.

Masa lalu bersifat terbuka dan berkesinambungan sehingga dalam sejarah, masa lalu manusia bukan demi masa lalu itu sendiri. Segala hal yang terjadi di masa lalu dapat dijadikan acuan untuk bertindak di masa kini dan untuk meraih kehidupan yang lebih baik di masa datang.

1. Faktor Intern Ada beberapa faktor yang bersumber dalam masyarakat itu sendiri yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial, yaitu perubahan penduduk, penemuan-penemuan baru, konflik dalam masyarakat, dan pemberontakan. a. Perubahan Penduduk Perubahan penduduk berarti bertambah atau berkurangnya penduduk dalam suatu masyarakat.

Hal itu bisa disebabkan oleh adanya kelahiran dan kematian, namun juga bisa karena adanya perpindahan penduduk, baik transmigrasi maupun urbanisasi. Transmigrasi dan urbanisasi dapat mengakibatkan bertambahnya jumlah penduduk daerah yang dituju, serta berkurangnya jumlah penduduk daerah yang ditinggalkan. Akibatnya terjadi perubahan dalam struktur masyarakat, seperti munculnya berbagai profesi dan kelas sosial. b. Penemuan-Penemuan Baru Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan barang dan jasa semakin bertambah kompleks.

Oleh karena itu berbagai penemuan baru diciptakan oleh manusia untuk membantu atau memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Penemuan baru yang menyebabkan perubahan pada masyarakat meliputi proses discovery, invention, dan inovasi.

panta rei artinya

1) Discovery, yaitu suatu penemuan unsur kebudayaan baru oleh individu atau kelompok dalam suatu masyarakat. Unsur baru itu dapat berupa alat-alat baru ataupun ide-ide baru. 2) Invention, yaitu bentuk pengembangan dari suatu panta rei artinya, sehingga penemuan baru itu mendapatkan bentuk yang dapat diterapkan atau difungsikan.

Discovery baru menjadi invention apabila masyarakat sudah mengakui, menerima, serta menerapkan penemuan baru ini dalam kehidupan nyata di masyarakat. 3) Inovasi atau proses pembaruan, yaitu proses panjang yang meliputi suatu penemuan unsur baru serta jalannya unsur baru dari diterima, dipelajari, dan akhirnya dipakai oleh sebagian besar warga masyarakat.

Suatu penemuan baru, baik kebudayaan rohaniah (imaterial) maupun jasmaniah (material) mempunyai pengaruh bermacam-macam. Biasanya pengaruh itu mempunyai pola sebagai berikut. 1) Suatu penemuan baru menyebabkan perubahan dalam bidang tertentu, namun akibatnya memancar ke bidang lainnya.

Contohnya penemuan handphone yang menyebabkan perubahan di bidang komunikasi, interaksi sosial, status sosial, dan lain-lain. 2) Suatu penemuan baru menyebabkan perubahan yang menjalar dari satu lembaga ke lembaga yang lain. Contohnya penemuan internet yang membawa akibat pada perubahan terhadap pengetahuan, pola pikir, dan tindakan masyarakat. 3) Beberapa jenis penemuan baru dapat mengakibatkan satu jenis perubahan. Contohnya penemuan internet, e-mail, televisi, dan radio menyebabkan perubahan pada bidang informasi dan komunikasi.

4) Penemuan baru dalam panta rei artinya kebudayaan rohaniah (ideologi, kepercayaan, sistem hukum, dan sebagainya) berpengaruh terhadap lembaga kemasyarakatan, adat istiadat, maupun pola perilaku sosial. Contohnya pemahaman dan kesadaran akan nasionalisme oleh orangorang Indonesia yang belajar di luar negeri pada awal abad ke-20, mendorong lahirnya gerakan-gerakan yang menginginkan kemerdekaan politik dan lembaga-lembaga sosial baru yang bersifat nasional.

c. `Konflik dalam Masyarakat Suatu konflik yang kemudian disadari dapat memecahkan ikatan sosial biasanya akan diikuti dengan proses akomodasi yang justru akan menguatkan ikatan sosial tersebut.

panta rei artinya

Apabila demikian, maka biasanya terbentuk keadaan yang berbeda dengan keadaan sebelum terjadi konflik. Contohnya konflik antarteman di sekolah. Konflik dapat merubah kepribadian orang-orang yang terlibat di dalamnya, misalnya jadi murung, pendiam, tidak mau bergaul, dan lain-lain. Namun apabila orang-orang yang terlibat konflik sadar akan hal itu, maka mereka akan berusaha untuk memperbaiki keadaan itu agar lebih baik dari sebelumnya. d.

panta rei artinya

Pemberontakan (Revolusi) dalam Tubuh Masyarakat Revolusi di Indonesia pada 17 Agustus 1945 mengubah struktur pemerintahan kolonial menjadi pemerintahan nasional. Hal itu diikuti dengan berbagai perubahan mulai dari lembaga keluarga, sistem sosial, sistem politik, sistem ekonomi, dan sebagainya. 2. Faktor Ekstern Dengan melakukan interaksi sosial, banyak pengaruhpengaruh dari luar masyarakat kita yang mendorong terjadinya perubahan sosial.

Faktor-faktor ekstern yang menyebabkan perubahan sosial adalah sebagai berikut. a. Faktor Alam yang Ada di Sekitar Masyarakat Berubah Bagi manusia, alam mempunyai makna yang sangat penting bagi kehidupannya. Misalnya alam mempunyai nilai estetika yang mendorong manusia untuk cinta pada alam, alam sebagai sumber penyediaan bahan-bahan makanan dan pakaian, serta alam menjadi sumber kesehatan, keindahan, dan hiburan atau rekreasi.

Mengingat pentingnya alam bagi kehidupan manusia, maka sudah seharusnyalah kita menjalin keserasian hubungan dengan alam yang ada di sekitar kita agar tetap terjaga kelestariannya. Panta rei artinya apa yang terjadi? Tidak jarang tindakan manusia justru mengakibatkan munculnya kerusakan alam. Misalnya tindakan manusia menebang hutan secara liar. Tindakan tersebut dapat menimbulkan banjir dan tanah longsor pada musim penghujan karena terjadinya pengikisan tanah oleh air hujan (erosi). Akibatnya banyak masyarakat yang kehilangan tempat tinggal, keluarga, dan sarana umum lainnya.

b. Peperangan Peperangan yang terjadi antara negara yang satu dengan negara yang lain dapat menyebabkan terjadinya perubahan yang sangat mendasar, baik seluruh wujud budaya (sistem budaya, sistem sosial, dan unsur-unsur budaya fisik) maupun seluruh panta rei artinya budaya (sistem pengetahuan, teknologi, ekonomi, bahasa, kesenian, sistem religi, dan kemasyarakatan).

Perubahan-perubahan itu umumnya terjadi pada negara yang kalah perang karena biasanya negara yang menang cenderung untuk memaksakan nilai-nilai, budaya, cara-cara, dan lembaga kemasyarakatannya kepada negara tersebut. c. Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain Terjadinya pengaruh kebudayaan masyarakat panta rei artinya adalah sebagai berikut.

1) Apabila terjadi hubungan primer, maka akan terjadi pengaruh timbal balik. Di samping dipengaruhi, suatu masyarakat akan memengaruhi masyarakat lain. 2) Apabila kontak kebudayaan terjadi melalui sarana komunikasi massa seperti radio, televisi, majalah atau surat kabar. Dalam hal ini pengaruh kebudayaan hanya terjadi sepihak, yaitu pengaruh dari masyarakat yang menguasai sarana komunikasi massa tersebut.

3) Apabila dua masyarakat yang mengalami kontak kebudayaan mempunyai taraf kebudayaan yang sama, terkadang yang terjadi justru cultural animosity, yaitu keadaan di mana dua masyarakat yang meskipun berkebudayaan berbeda dan saling hidup berdampingan itu saling menolak pengaruh kebudayaan satu terhadap yang lain. Biasanya terjadi antara dua masyarakat yang pada masa lalunya mempunyai konflik fisik ataupun nonfisik.

4) Apabila dua kebudayaan bertemu salah satunya mempunyai taraf yang lebih tinggi, maka yang terjadi adalah proses imitasi (peniruan) unsur-unsur kebudayaan masyarakat yang telah maju oleh kebudayaan yang masih rendah.
Apa arti dari panta rei? Sebetulnya, saya baru mendengar dan tahu arti kata ini dari sebuah buku berjudul”Menang dan Kalah” karya S.

Takdir Alisjahbana. Panta Rei adalah sebuah filosofi dari Heraclitus yang artinya kurang lebih; Semuanya Mengalir.

Kemarin, saya merasa sangat bahagia karena baru memperoleh apa yang selama ini saya inginkan. Saat itu, rasa percaya diri saya mencapai klimaks, mungkin. Mengetahui bahwa akhirnya saya bisa memenuhi rasa ego saya yang kesempatannya jarang sekali datang. Hari ini, jujur, saya merasakan apa yang dimaksud oleh Heraclitus.

Semuanya tidak ada yang pasti. Hidup ini terus mengalir seperti sungai. Suatu hal yang dipertahankan mati-matian pun akhirnya akan berlalu.

Tidak ada yang namanya ABADI (selain Tuhan tentu). Tidak ada yang namanya kekal. Banyak manusia (dan tentunya saya) yang menolak kenyataan dari sebuah Panta Rei.

Mereka mati-matian menentukan target, memilih tujuan, mengikat hubungan, meresapi setiap perasaan, menimbulkan imej yang panta rei artinya, memantapkan rencana, panta rei artinya, mereka akan sadar, bahwa semuanya tidak bersifat kekal. Harus ada yang menjadi cadangan, menjadi subtitusi dari setiap rencana mereka. Tapi cadangan itu juga tidak bersifat kekal, jadi mereka harus mencari lagi cadangan dari cadangan yang telah mereka buat. Waw. Manusia! Mereka sampai-sampai harus merontokkan rambut dan memberi nyawanya hanya untuk berpikir tentang itu!

(Atau ini memang sifat orok manusia?) Terkadang saya berpikir, sungguh nikmat menjadi orang bodoh, orang miskin, orang terlantar, anak-anak jalanan. Mereka tidak merasa perlu memikirkan hal-hal yang jauh ke depan. Soal pendidikanlah, soal makanlah, uang dan uang, dan segala tetek bengek lainnya. Yang mereka pikirkan hanya bagaimana mereka bisa bertahan hari ini. Atau jangan-jangan….

orang seperti merekalah yang disebut orang yang bijaksana? Mungkin saya tahu jawabannya; pasrah. Orang yang bijaksana adalah orang yang pasrah.

Bukan apatis dengak keadaan sekitar, tapi bisa MENERIMA dan MENJALANKAN hidupnya dengan baik(menurut mereka masing-masing, bukan menurut orang lain. Karena penilaian baik dan jahat hampir setiap orang itu berbeda-beda). Tidak terlalu sering melihat ke belakang dan tidak terlalu sering melihat ke depan. Tidak terlalu memaksakan sesuatu, tidak terlalu mengkhawatirkan sesuatu. tapi, walau sampai sekarang ini saya masih mencoba untuk menjadi orang yang seperti itu, terkadang ajaran Panta Rei masih membuat hati saya sakit.

Rancangan yang sudah dari awal disusun matang-matang, buyar. Relasi yang berusaha dipertahankan, patah. Akibatnya, lahir batin runtuh tak karuan. Terimakasih.

(waktunya menangis) Apa maksud Panta rei, aphorism berterusan menjadi, semuanya mengalir dalam fikiran ahli falsafah Yunani Heraclitus, yang rumit tetapi dalam pemikiran yang sangat mendalam. Panta rei aphorism Panta Rei, ungkapan Yunani yang secara literal boleh diterjemahkan ke dalam aliran segala-galanya, menyatakan secara sintetik pemikiran Heraclitus, seorang ahli falsafah Yunani yang penting yang hidup sekitar 500 SM. Merujuk kepada perubahan realiti yang berterusan, Heraclitus menulis aphorisme berikut: "Anda tidak boleh turun dua kali di sungai yang sama dan anda tidak dapat menyentuh bahan fizikal dalam keadaan yang sama dua kali, tetapi kerana kecacatan dan kelajuan perubahan itu tersebar dan dikumpulkan, datang dan pergi".

Membuat perbandingan yang ketara dengan sungai, konsep yang diungkapkan oleh Heraclitus bermakna segala-galanya berubah dan segalanya berubah, sebab ini tidak ada panta rei artinya. Sesungguhnya sungai itu, walaupun nampaknya tetap sama dengannya, sentiasa berubah kerana ia memperbaharui dirinya sendiri kerana aliran air yang berterusan, oleh kerana itu, tidak mungkin untuk membenamkan diri di dalamnya lebih dari sekali, sejak kali kedua tidak lagi Sungai yang sama seperti dahulu. Oleh itu, mustahil setiap manusia mengulangi pengalaman yang serupa dua kali, kerana segala-galanya, dalam cara yang kelihatan kepada kita, adalah tertakluk kepada perubahan yang berterusan.

Konsep "semua yang berlalu" sering diasimilasikan kepada ungkapan panta rei, yang bermaksud bahawa masalah, halangan dan penderitaan dapat diatasi, karena mereka tertakluk pada transformasi disebabkan oleh peredaran waktu. Tetapi makna sebenar aphorisme Yunani yang terkenal ini jauh lebih mendalam kerana ia berdasarkan konsep falsafah menjadi. Panta rei Heraclitus meninggikan rasa benda dan kosmos yang melihat ketinggian menjadi gerbang, yang mewakili entiti yang memerintah dunia, mendakwa bahawa tanpa perubahan, tidak ada yang bisa ada, sejak menjadi dirinya sendiri adalah inti dari kosmos, di mana kehidupan sehari-hari setiap kita berputar.

Memandangkan semua pertimbangan ini, Heraclitus panta rei artinya sebagai ahli falsafah menjadi, bertentangan dengan Parmenides, yang dikenali sebagai seorang ahli falsafah. Bacaan yang disyorkan • Apa maksudnya untuk benar-benar mencintai seseorang • Apa maksud blog: dari buku harian peribadi ke laman web • Sukarelawan: maksudnya, makna dan sinonim dari derivatif semangat • Sembang: maksud istilah • Apa arti sejuk: keistimewaan membuat fesyen dan trend Gaya orakular dan kerja berpecah membuat filsafat Heraclitus 'agak kompleks, sehingga Aristotle sering menyebutnya seorang ahli falsafah yang tidak jelas.
Panta rei adalah kalimat yang dicetuskan oleh ahli filsafat besar yunani kuno panta rei artinya Heraclitus.

Panta rei dalam bahasa yunani kuno berarti segala sesuatu itu mengalir datar. Intisari dari panta rei ini bahwa tidak ada yang bersifat abadi, semua hal berubah dan akan senantiasa berubah. Panta rei panta rei artinya erat dengan waktu yang mengalir silih berganti tiada hentinya.

Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Gujarat (India) ! * 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Persia (Iran) ! … * 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Mekah (Arab) ! * 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Cina ! * 20 points Menurut anda manakah teori Islam yang paling akurat kebenarannya terkait proses masuknya Islam di Indonesia (pilih salah satu), dan tuliskan alasan anda memilih teori tersebut secara singkat dan jelas !

* 20 points
Halo Flora Selaian membahas manusia atau masyarakat, sejarah juga melihat hal lain perkembangan, keberlanjutan/ kesinambungan, pengulangan dan perubahan. Perubahan ini dapat diartikan sebagai segala aspek kehidupan yang terus bergerak seiring dengan perjalanan kehidupan masyarakat.

Heraclitus mengatakan “Panta rei”, artinya tidak ada yang tidak berubah, semuanya mengalir, masyarakat sewaktu-waktu bergerak dan berubah. Dengan demikian, tokoh yang mengemukakan Panta rei adalah Heraclitus. Mapel: Sejarah Kelas: 10 SMA Topik: Manusia dan Sejarah Semoga membantu ya. 1. pada 1971 Roy Tomlinson dan rekannya berhasil menciptakan situs penyedia surat elektronik atau email hasil temuan Roy Tomlinson tersebut bermanfaat bagi manusia karena A.

mempercepat pertukaran informasi B. mengakomodasi kepentingan pribadi C. memudahkan interaksi dengan banyak orang D. memperlancar komunikasi antar orang banyak E. memudahkan masyarakat menjalankan aktivitas Masa Reformasi dimulai dengan mengembalikan hak-hak rakyat, baik dalam tataran elite maupun rakyat pada umumnya. SEBAB Reformasi melakukan beberapa koreksi terhadap penyelewengan-penyelewengan yang dilakukan Orde Baru.

A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat. C. Jika pernyataan pertama benar sedangkan pernyataan kedua salah. D. Jika pernyataan pertama salah, tetapi pernyataan kedua benar. E. Jika kedua pernyataan salah.Jelaskan isi, bukti panta rei artinya, dan kelemahan dari teori Gujarat (India) !

* 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Persia (Iran) ! … * 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Mekah (Arab) ! * 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Cina ! * 20 points Menurut anda manakah teori Islam yang paling akurat kebenarannya terkait proses masuknya Islam di Indonesia panta rei artinya salah satu), dan tuliskan alasan anda memilih teori tersebut secara singkat dan jelas ! * 20 points
• Tebar Hikmah Ramadan • Life Hack • Ekonomi • Ekonomi • Bisnis • Finansial • Fiksiana • Fiksiana • Cerpen • Novel • Puisi • Gaya Hidup • Gaya Hidup • Fesyen • Hobi • Karir • Kesehatan • Hiburan • Hiburan • Film • Humor • Media • Musik • Humaniora • Humaniora • Bahasa • Edukasi • Filsafat • Sosbud • Kotak Suara • Analisis • Kandidat • Lyfe • Lyfe • Diary • Entrepreneur • Foodie • Love • Viral • Worklife • Olahraga panta rei artinya Olahraga • Atletik • Balap • Bola • Bulutangkis • E-Sport • Politik • Politik • Birokrasi • Hukum • Keamanan • Pemerintahan • Ruang Kelas • Ruang Kelas • Ilmu Alam & Teknologi • Ilmu Sosbud & Agama • Teknologi • Teknologi • Digital • Lingkungan • Otomotif • Transportasi • Video • Wisata • Wisata • Kuliner • Travel • Pulih Bersama • Pulih Bersama • Indonesia Hi-Tech • Indonesia Lestari • Indonesia Sehat • New World • New World • Cryptocurrency • Metaverse • NFT • Halo Lokal • Halo Lokal • Bandung • Joglosemar • Makassar • Medan • Palembang • Surabaya • SEMUA RUBRIK • TERPOPULER • TERBARU • PILIHAN EDITOR • TOPIK PILIHAN • K-REWARDS • KLASMITING NEW • EVENT Tak ada perubahan yang panta rei artinya bisa diatasi.

Manusia selalu mempunyai cara untuk bertahan hidup. Akalnya akan mencari jalan keluar dari kesulitan-kesulitan yang menderanya demi hidup yang lebih baik.

Sekalipun jalan keluar itu amat sederhana, yang penting dia berhasil survive. Berbagai peristiwa yang terjadi di tanah air kita misalnya, dapat menjadi cermin yang menyadarkan kita bahwa manusia adalah mahluk cerdas; homo sapiens. Sebagai contoh, kita tahu betapa berat kehidupan para korban lumpur Lapindo.Mereka harus kehilangan sumber penghasilan hidup karena sawah,ladang, dan kebunnya habis dibanjiri lumpur.

Namun demikian, hal itu tidak membuat mereka menderita berkepanjangan, tewas kelaparan, atau hanya diam menyesali buruknya pengelolaan teknologi. Contoh lain bisa kita jumpai pada para korban bencana alam di negeri ini atau di berbagai penjuru belahan dunia.

Dengan tertatih, dengan seluruh rasa sakit dan kekurangan di sana- sini, mereka mampu bertahan hidup; melanjutkan hidupnya karena itulah pilihan paling bijaksana. Seperti ungkapan “tak ada yang abadi”, begitulah kehidupan berjalan. Jika mundur jauh ke belakang, kita menjumpai berbagai revolusi terjadi dalam sejarah kehidupan manusia.  Revolusi, apa pun itu, ibarat peperangan yang mengubah seluruh sendi kehidupan manusia.

Banyak orang mengalami ketidakseimbangan dalam hidupnya setelah itu. Beberapa contoh bisa dilihat pada tahun 1800-an, para penarik perahu di Cina kehilangan pekerjaan akibat dioperasikannya kapal uap dan kereta api pada saat Revolusi Industri terjadi. Namun, sekeras apa pun mereka mengeluh dan memberontak kepada Kaisar akibat perubahan itu, hidup mereka terus berjalan.

Sama halnya dengan pekerja yang harus mengalami PHK, wanita/pria yang menjadi single parent, dan lain-lain, mereka harus tetep meneruskan hidupnya. Di titik itulah, akal sehat bekerja sama dengan hati nurani memegang peranan penting. Keduanya membimbing, mengarahkan, dan menunjukkan jalan mana yang harus ditempuh. Pun ketika krisis di negeri ini sambung menyambung menerpa tanpa henti. Berbagai demo marak terjadi hampir setiap hari. Toh, Indonesia tetap berdiri meskipun mungkin tak setegak tiang bendera yang terbuat dari besi.

Tidak hanya perubahan besar yang kita alami, tetapi juga perubahan-perubahan kecil pun kita jumpai panta rei artinya keseharian. Misalnya, saat kita menggunakan tas yang berbeda dari tas biasanya, mungkin kita lupa memindahkan beberapa barang ke tas baru. Akibatnya, ada hal-hal yang tidak bisa kita lakukan di hari itu.

Lupa memindahkan dompet tentu berakibat cukup sistemik pada agenda-agenda lain bahkan untuk hal-hal sederhana. Membayar ongkos angkutan umum, jajan cemilan, dan sebagainya.

panta rei artinya

Perubahan, baik revolusi maupun evolusi,berperan penting dalam kehidupan manusia. Mengutip pemikiran Herakleitos, “ Panta rhei kai uden menei,” yang berarti semuanya mengalir dan tidak ada sesuatu pun yang tinggal tetap. Herakleitos menganalogikannya dengan aliran air sungai.Katanya,”Kita tidak akan turun ke aliran sungai yang sama. Sebab, air sungai yang mengalir saat ini tentu berbeda dengan air sungai yang mengalir beberapa menit kemudian.

Setiap perubahan panta rei artinya impresi-impresi yang membuat hidup terasa lebih hidup. Seperti tag iklan kripik kentang, “Life is never flat.” Begitulah pengaruh perubahan terhadap hidup kita. Meskipun tak bisa dipungkiri, perubahan seringkali mengagetkan. Terlebih jika dia mengubah hidup kita besar-besaran, seperti ditinggal orang-orang tercinta atau kehilangan pekerjaan. Kai uden menei, tidak ada sesuatu pun yang tinggal tetap. Oleh karena itu, kita harus mampu membangun kekuatannya sendiri.

Perubahan seharusnya mengajarkan kita panta rei artinya meminimalkan ketergantung kepada orang lain di luar dirinya. Ketergantungan, baik terhadap hal materi maupun nonmateri, bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri;cengeng. Sebagai manusia, kita harus bersiap dan mempersiapkan diri menghadapi apa pun dalam kondisi apa pun.

Kesadaran ini juga mengingatkan kita agar berhati-hati dalam melangkah, dalam menentukan impian. Hidup tak pernah kita ketahui bagaimana perjalanannya.

panta rei artinya

Mungkin akan ada di jalan lurus hingga ajal datang menjemput. Bisa juga terkaget-kaget saat jalan hidup yang harus dilalui berkelok-kelok tiada akhir. Namun demikian, dengan kecerdasannya, manusia pasti bisa mengatasi apa pun yang datang dalam hidupnya. Satu hal yang harus diingat,”Tuhan tidak panta rei artinya memberi hamba-Nya panta rei artinya melampaui kemampuannya.” Manusia pasti bisa mengatasi pahit getirnya kehidupan dengan akal dan hati nurani yang Tuhan anugerahkan kepadanya.

Manusia sebagai mahluk monodualistik mempunya kemampuan luar biasa dalam mengatasi semua masalah kehidupan.
KOMPETENSI DASAR (PENGETAHUAN) KOMPETENSI Panta rei artinya (KETERAMPILAN) 3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah 4.1 Menyajikan hasil penerapan konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, panta rei artinya, dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau bentuk lain 3.2 Memahami konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah 4.2 Menerapkan konsep perubahan dan keberlanjutan dalam mengkaji peristiwa sejarah PETA KONSEP BAGIAN 1.

RANGKUMAN MATERI PENGERTIAN SEJARAH DAN PRA AKSARA • Asal usul kata sejarah • Istilah Sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu S yajaratun yang berarti Pohon. Penggunaan kata Syajaratun mengacu pada pohon silsilah, mengacu pada masalah asal usul atau keturunan seseorang. • Dalam bahasa Indonesia terdapat kata serapan dari bahasa lain yang dipergunakan untuk mengkaji masa lampau seperti: “silsilah” yang menunjuk pada asal usul keluarga atau nenek moyang; “hikayat” yang banyak dipergunakan untuk mengisahkan seseorang; ”babad” dan “carita” atau “cerita” yang dipergunakan mengisahkan kejadian-kejadian tertentu.

• Kata Sejarah dalam bahasa Yunani berasal dari kata “ Historia” yang berarti Ilmu atau Orang pandai. Dalam panta rei artinya Inggris berasal dari kata “ History” yaitu masa lampau umat manusia, Dalam bahasa Jerman berasal dari kata “ Geschichte” yaitu sesuatu yang telah terjadi. Dan dalam bahasa Belanda berasal dari kata Geschiedenis (dari kata geschieden yang berarti sesuatu yang telah terjadi) • Beberapa definisi sejarah menurut para ahli • Edward Harlott Carr, sejarah adalah suatu proses interaksi antara sejarawan dengan fakta-fakta yang ada padanya; suatu dialog tiada henti-hentinya antara masa sekarang dengan masa silam • Roeslan Abdulgani, Sejarah ialah ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadiannya; dengan maksud untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan-pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres masa depan.

• Herodotus, ahli sejarah pertama dunia berkebangsaan Yunani, yang mendapat julukan “ The Father of History” atau Bapak Sejarah.

Menurut Herodotus sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. • Ibnu Khaldun, Sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.

• Yamin, Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwayang dapat panta rei artinya dengan kenyataan. • Thomas Carlyle, Sejarah adalah peristiwa masa lampau yang mempelajari biografi orang-orang terkenal. Mereka, adalah penyelamat pada zamannya. Mereka merupakan orang-orang besar yang pernah dicatat sebagai peletak dasar sejarah. • Sartono Kartidirdjo : Sejarah adalah berbagai bentuk penggambaran tentang pengalaman kolektif di masa lampau • Mohammad Ali : Sejarah adalah berbagai bentuk penggambaran tentang pengalaman kolektif di masa lampau • Ciri – Ciri Peristiwa Sejarah Ciri-ciri suatu peristiwa itu termasuk dalam peristiwa sejarah atau bukan : • Peristiwa yang unik.

Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang unik karena hanya satu kali terjadi dan tidak pernah terulang persis sama untuk yang kedua kalinya. • Peristiwa yang abadi Peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa abadi, karena peristiwa tersebut tidak berubah–ubah dan tetap dikenang sepanjang masa.

• Peristiwa yang penting / Peristiwa besar. Peristiwa sejarah merupakan peristiwa penting dan dapat dijadikan momentum, karena mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak • Sejarah sebagai ilmu Sejarah sebagai ilmu memiliki ciri sebagai berikut : • Empiris Kata empiris berasal dari kata Yunani empeiria yang berarti pengalaman.

Sejarah sangat berkaitan dengan pengalaman manusia. Sejarah ilmu empiris artinya sejarah itu diperoleh dari hasil penelitian, percobaan, dan pengamatan yang telah dilakukan. • Memiliki Objek Objek yang menjadi kajian sejarah adalah manusia dengan waktu. Kehidupan masa lampau namun dapat dikaitkan dengan masa sekarang dan masa yang akan datang. Akan tetapi objek sejarah lebih ditekankan kepada manusia dalam sudut pandang waktu.

• Memiliki Teori Teori berasal dari bahasa Yunani theoria berarti renungan. Sejarah mempunyai teori artinya berisi satu kumpulan tentang kaidah pokok suatu ilmu. Contoh teori sejarah Challenge and Response oleh Arnold Toynbee, teori konflik sosial dari Karl Marx.

• Memiliki Metode Methodos dalam bahasa Yunani berarti cara. Sejarah mempunyai metode tersendiri yaitu : • Heuristik Istilah heuristik berasal dari bahasa Yunani heurisken yang artinya menemukan. Heuristik berarti tahap pencarian sumber sejarah baik sumber lisan, tertulis, atau benda. Sumber sejarah terbagi menjadi sumber primer dan sumber sekunder. • Verifikasi Tahap mengkritik isi sumber dalam ilmu sejarah : • Kritik Intern adalah kritik terhadap isi dari suatu peninggalan sejarah, seperti isi prasasti, isi kitab kuno, isi dokumen dll.

• Kritik Ekstern adalah kritik terhadap keaslian dari sumber – sumber sejarah yang ada. • Interpretasi Tahap penafsiran fakta–fakta sejarah sudah di dapatkan. Penafsiran ini dapat dilakukan melalui cara analisis dan sintesis. • Historiografi Tahap penulisan kembali suatu peristiwa sejarah sebagai sebuah bentuk catatan sejarah atau dalam kata lain historiografi merupakan penghubung dari data menjadi sejarah.

• Kegunaan Sejarah Manfaat mempelajari sejarah sebagai berikut : • Edukatif Edukatif berarti nilai-nilai yang mengandung unsur pendidikan, dapat dijadikan pelajaran dalam kehidupan keseharian bagi setiap manusia.

Orang sering berkata “Belajar dari sejarah”, “Belajarlah dari masa lalu”. • Inspiratif Sejarah memberikan ilham atau inspirasi kepada kita, tindakan-tindakan kepahlawanan dan peristiwa-peristiwa gemilang pada masa lalu dapat mengilhami kita semua pada masa yang sekarang. Inspirasi berarti memberikan ilham atau semangat yang berkaitan dengan pelajaran sejarah tentang semangat nasionalisme dan patriotisme.

• Instruktif Instruktif secara harfiah dapat diartikan pengajaran. Pengajaran dalam konteks di sini memberikan arti keterampilan yang diperoleh dari pengajaran sejarah. Keterampilan tersebut, baik berupa keterampilan berpikir maupun keterampilan yang bersifat fisik.

• Rekreatif Sejarah dapat mengandung arti wisata yang mengikuti lorong waktu masa lalu. Dengan mempelajari sejarah yang indah dan menarik tentang suatu tokoh atau peristiwa, maka akan memperoleh hiburan. Dengan mempelajari kisah-kisah sejarah di tempat yang jauh, di negara-negara lain, maka seolah-olah kita bertamasya dan memberikan kepuasan dalam bentuk “pesona perlawatan”, Kesenangan ini berupa “wisata intelektual” yang dipancarkannya kepada kita.

• Pengertian Pra Sejarah Pra berarti sebelum dan sejarah adalah sejarah, sehingga prasejarah berarti sebelum ada sejarah. Sebelum ada sejarah berarti sebelum ada aktivitas kehidupan manusia. Dalam kenyataannya sekalipun belum mengenal tulisan, manusia sudah memiliki sejarah dan sudah menghasilkan kebudayaan. Oleh karena itu, para ahli mempopulerkan istilah praaksara untuk menggantikan istilah prasejarah.

• Pengertian Pra Aksara • Praaksara berasal dari dua kata, yakni pra yang berarti sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Dengan demikian zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.

panta rei artinya

• Istilah yang mirip dengan istilah praaksara, yakni istilah nirleka. Nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan. • Mulai zaman Pra Aksara Zaman praaksara dimulai sejak manusia ada, itulah titik dimulainya masa praaksara. Zaman praaksara berakhir setelah manusianya mulai mengenal tulisan. • Cara meneliti zaman Pra Aksara Karena belum ada tulisan maka untuk mengetahui sejarah dan hasil-hasil kebudayaan manusia adalah dengan melihat sisa peninggalan berupa artefak dan fosil.

Untuk menyelidiki zaman praaksara, para sejarawan menggunakan ilmu bantu : • Ilmu arkeologi, yaitu bidang ilmu yang mengkaji bukti-bukti atau jejak peninggalan fisik, seperti lempeng artefak, monumen, candi dan sebagainya. • Ilmu geologi dan percabangannya, terutama yang berkenaan dengan pengkajian usia lapisan bumi. • Ilmu biologi berkenaan dengan kajian tentang ragam hayati ( biodiversitas) makhluk hidup. • Arti penting dari pembelajaran tentang sejarah kehidupan zaman praaksara : • Kesadaran akan asal-usul manusia.

• Kita bisa belajar banyak dari keberhasilan dan capaian prestasi terbaik dari pendahulu kita. Sebaliknya kita juga belajar dari kegagalan mereka yang telah menimbulkan malapetaka bagi dirinya atau bagi banyak orang. • Akhir zaman Pra Aksara Zaman praaksara berakhir setelah kehidupan manusia mulai mengenal panta rei artinya. Terkait dengan masa berakhirnya zaman pra aksara masing-masing tempat berbeda.

Penduduk di Kepulauan Indonesia baru memasuki masa aksara sekitar abad ke-4M dan ke-5M. • KRONOLOGIS, DIAKRONIK DAN SINKRONIK • B erpikir kronologis dalam mempelajari sejarah • Kronologi dapat diartikan urutan waktu dari sejumlah kejadian atau peristiwa. Peristiwa sejarah akan selalu berlangsung sesuai dengan panta rei artinya waktu sehingga peristiwa-peristiwa sejarah tidak terjadi secara melompat-lompat urutan waktunya atau bahkan berbalik urutan waktunya (anakronis).

• Kronologi sejarah diperlukan karena dalam peristiwa-peristiwa sejarah terdiri berbagai jenis dan bentuk yang berbeda. Setiap peristiwa perlu diklasifikasi berdasarkan jenis dan bentuk peristiwanya.

panta rei artinya

Persitiwa-peristiwa yang telah diklasifikasikan itu lalu disusun secara runut berdasarkan waktu kejadian berlangsung, disusun dari masa yang paling awal hingga masa yang paling akhir. • Tanpa konsep kronologi, penyusunan peristiwa sejarah akan mengalami kerancuan dan dikhawatirkan peristiwa yang terjadi pada suatu masa akan masuk ke dalam masa atau zaman yang lain.

Kronologi berarti sesuai dengan urutan waktu. • Contoh kronologi : Kronologi sejarah Indonesia 1. Zaman Pendudukan Jepang ………………………………. 1942–1945 2. Zaman Kemerdekaan ………………………………………… Awal 1945 3. Zaman Revolusi ………………………………………………… 1945–1949 4. Zaman Orde Lama …………………………………………….

1949–1966 5. Zaman Orde Baru ……………………………………………… 1967–1998 6. Zaman Reformasi ……………………………………………… 1998–Sekarang • B erpikir diakronik dalam mempelajari sejarah Sejarah memanjang dalam waktu, Sejarah berupaya melihat segala sesuatu dari sudut pandang waktu. Pendektan diakronik adalah salah satu cara menganalisis perubahan sesuatu dari waktu ke waktu, kemampuan memahami peristiwa dengan melakukan penelusuran pada masa lalu (Ciri berpikir Sejarah) • B erpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah Melebar dalam ruang.

Pendekatan sinkronik menganalisis sesuatu tertentu pada saat tertentu. Memahami peristiwa dengan mengabaikan aspek perkembanganya dengan mementingkan struktur yang terdapat didalam setiap peristiwa (ciri berpikir ilmu sosial) • KONSEP MANUSIA, RUANG DAN WAKTU DALAM SEJARAH Sejarah terbentuk dari tiga unsur, yang ketiganya tidak dapat terpisahkan antara satu dengan yang lain. Ketiga unsur tersebut, panta rei artinya manusia, ruang dan waktu. • Manusia Manusia adalah pelaku/aktor utama yang sangat mementukan suatu peristiwa sejarah.

Sehingga mempelajari sejarah dapat diartikan juga kita mempelajari sejarah manusia. • Ruang Ruang dalam sejarah adalah tempat terjadinya peristiwa, jadi terkait dengan aspek geografis. Unsur ruang ini akan menjadikan pemahaman kita tentang peristiwa sejarah menjadi riil.

• Waktu Sejarah adalah studi tentang aktivitas manusia dilihat dari kurun waktunya. Dari unsur waktu inilah, maka di dalam sejarah, sifat kronologis menjadi sangat penting. Dari unsur waktu dan sifat kronologis, di dalam panta rei artinya sejarah dikenal adanya konsep periodisasi. • KONSEP PERUBAHAN DAN KEBERLANJUTAN DALAM SEJARAH • Makna perubahan • Perubahan ini dapat diartikan semua aspek kehidupan yang terus bergerak seiring dengan perjalanan kehidupan masyarakat. Heraclitus mengatakan “ Panta rei”, artinya tidak ada yang tidak berubah, semuanya mengalir, masyarakat sewaktu-waktu bergerak dan berubah.

Wertheim, menuliskan, History is a continuity and change (Sejarah adalah peristiwa yang berkesinambungan dan perubahan). • Perkembangan kehidupan dalam masyarakat ada yang berlangsung lambat dan ada yang cepat.

Arah perubahan dibedakan atas keadaan yang lebih baik (progres) dan keadaan yang lebih buruk (regres). • Makna keberlanjutan • Peristiwa yang berkelanjutan artinya kehidupan manusia saat ini merupakan panta rei artinya rantai dari kehidupan masa lampau, sekarang dan masa mendatang.

Setiap peristiwa tidak berdiri sendiri dan tidak terpisahkan dari peristiwa lain. • Roeslan Abdul Gani menyatakan ilmu sejarah dapat diibaratkan sebagai penglihatan terhadap tiga dimensi, yaitu penglihatan ke masa silam, masa sekarang, dan masa depan.

Hal ini sejalan dengan Arnold J. Toynbee yang mengatakan bahwa mempelajari sejarah adalah mempelajari masa lampau, untuk membangun masa depan ( to study history is to study the past to build the future).

'One never steps in the same river twice' [Illustrated]




2022 www.videocon.com