Pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

Pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. Salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk? • memenuhi kebutuhan konsumen • memperoleh penghargaan dari pemeritah • berbuat baik pada sesama • menarik simpati masyarakat • Semua jawaban benar Jawaban: A.

memenuhi kebutuhan konsumen Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Kegiatan ekonomi meliputi tiga hal yakni konsumsi, produksi dan distribusi. Salah satu contoh kegiatan produksi adalah?

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap. Soal Lainnya Perhatikan daftar berikut ini. Menggunakan bahan . Seorang ibu memilih pakaian dengan harga yang lebih murah di Pasar . Banyak barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi setelah diolah . Batu yang ada di pegunungan akan bertambah nilai gunanya kalau .

Perhatikan daftar berikut ini. Menjual barang . Kegiatan ekonomi meliputi tiga hal yakni konsumsi, produksi dan . Pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna . Seorang pengusaha dodol mangga memanfaatkan mangga yang tidak .

Tingkat konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh harga barang . Biasanya saat menggunakan sepatu maka harus menggunakan kaos kaki .
Bagian pertama adalah soal pilihan ganda sejumlah 40 soal, sedangkan bagian kedua adalah uraian dengan 5 soal yang sudah lengkap dengan kunci jawaban. Soal ini sangat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi tambahan oleh Peserta Didik dalam memahami materi yang ada. Serta dapat dijadikan acuan oleh Guru Mata Pelajaran dalam menyusun soal Penilaian Akhir Tahun.

Jawab : Pasar konkret adalah pasar nyata atau pasar yang unsur-unsur pasarnya seperti penjual, pembeli dan barang yang diperjualbelikan ada disitu.

Sedangkan pasar abstrak adalah pasar yang antara penjual, pembeli dan barang yang diperjualbelikan tidak dapat bertemu langsung di dalam pasar akan tetapi transaksi dilaksanakan dengan menggunakan alat komunikasi dan barang yang diperjualbelikan sudah diketahui betul oleh pembelinya.

Mariyadi.com. Setelah menjalani kegiatan belajar selama satu semester langkah berikutnya yang harus ditempuh oleh adik-adik pelajar kelas 7 SMP/MTs adalah menghadapi Penilaian Akhir Semester 2 Genap (PAS-2). Istilah Ujian Kenaikan Kelas (UKK) yang dulunya dinamakan Ujian Akhir Semester Genap (UAS-2) ini perlu dipersiapkan secara matang untuk mendapatkan nilai PAS/UAS/UKK/PAT yang memuaskan. Untuk membantu adik-adik Kelas 7 SMP/MTs dalam menghadapi UKK (Ujian Kenaikan Kelas) atau PAT (Penilaian Akhir Tahun) pada kesempatan ini saya akan berbagi Soal PAS/UAS IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban.

Saya sertakan link download Soal PAS/UAS IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban dibawah artikel ini. Soal PAT IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban atau Soal UKK IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban ini memiliki pratinjau sebagai berikut: Soal PAS/UAS IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban (Paket 2)
PEMBAHASAN : Pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi.hal tersebut merupakan salah satu kegiatan menghasilkan barang atau jasa atau kegiatan menambah nilai guna barang atau jasa yang disebut dengan P r o d u k s i.

Kegiatan Produksi adalah salah satu bentuk dalam kegiatan ekonomi. Keguatan ekonomi sendiri adalah k e g i a t a n y a n g d i l a k u k a n o l e h m a n u s i a u n t u k m e m e n u h i k e b u t u h a n n y a.

Kegiatan P r o d u k s i adalah kegiatan m e n c i p t a k a n a t a u m e n a m b a h n i l a i g u n a s u a t u b a r a n g a t a u j a s a. Orang atau pihak yang melakukan kegiatan produksi disebut dengan P r o d u s e n. M a t a P e l a j a r a n : I P S K e l a s : V I I M a t e r i : A k t i v i t a s M a n u s i a d a l a m M e m e n u h i K e b u t u h a n K a t a K u n c i : M e n g h a s i l k a n a t a u m e n a m b a h n i l a i g u n a s u a t u b a r a n g K o d e S o a l : 1 0 K o d e K a t e g o r i s a s i : 7 .

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

1 0
sentralsoal.com - Selamat datang di situs sentral soal. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal permintaan, penawaran, pasar, dan harga dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru pada mata pelajaran IPS kelas VII revisi kurikulum 2013 terbaru.

Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar kumpulan contoh soal permintaan, penawaran, pasar, dan harga dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru pada mata pelajaran IPS.

Gambar: pixabay.com 1.

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

Harga pasar ini terjadi jika ada . A. Beda pendapat harga antara penjual dan pembeli B. Diskusi tentang harga antara penjual dan pembeli C.

Penjual dan pembeli yang bertemu D. kesepakatan harga antara penjual dan pembeli 2. Banyak barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi setelah diolah terlebih dahulu, salah satunya adalah kacang kedelai akan lebih bernilai jika diolah menjadi susu kedelai. Hal ini merupakan salah satu contoh dari nilai guna .

A. kepemilikan B. waktu C. tempat D. bentuk 3. Biasanya saat menggunakan sepatu maka harus menggunakan kaos kaki untuk menghindari kaki lecet dan bau. Dalam hal ini kaos kaki merupakan salah satu contoh dari barang . A. ekonomis B. bebas C. substitusi D. komplementer 4. Pasar yang penjual dan pembeli memiliki kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang diperdagangkan disebut . A. pasar persaingan sempurna B. pasar persaingan tidak sempurna C. pasar harian D. pasar mingguan 5.

Sumber informasi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknik/methode menghasilkan sesuatu hal baru yang dapat menambah wawasan dan kemudahan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup disebut . A. ilmu pengetahuan B. teknologi C. IPTEK D. riset 6. Berikut yang bukan dampak positif perkembangan IPTEK adalah .

A. dapat membuat segala sesuatu lebih cepat dan mudah B. menambah wawasan pengetahuan C. dapat mempermudah untuk memperluas informasi D. tidak perlu lagi sekolah karena bisa belajar mandiri lewat internet 7.

Pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. Salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk . A. memenuhi kebutuhan konsumen B.

memperoleh penghargaan dari pemerintah C. berbuat baik kepada sesama manusia D. menarik simpati dari masyarakat 8. Seorang ibu memilih pakaian dengan harga yang lebih murah di Pasar Tegal Gubug dibandingkan membeli pakaian di pasar yang ada di sekitar rumahnya.

Hal ini menunjukkan . A. motif ekonomi B. prinsip ekonomi C. tindakan ekonomi D. kegiatan ekonomi 9. Sesuai hukum penawaran, maka kurva penawaran bergerak .

A. naik dari kanan atas ke kiri bawah B. naik dari kiri bawah ke kanan atas C. turun dari kiri atas ke kanan bawah D.

lurus secara vertikal dari atas ke bawah 10. Perhatikan daftar berikut ini! 1) Menggunakan bahan mentah atau baku dengan mutu yang baik 2) Mendirikan tempat usaha yang dekat dengan bahan mentah/bahan baku 3) Menggunakan tenaga kerja dengan upah yang tinggi.

4) Menyalurkan barang dengan prinsip tepat sasaran dan tepat waktu. Manakah yang termasuk penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi . A. 1) dan 2) B. 2) dan 3) C. 2) dan 4) D. 1) dan 3) 11. Faktor yang mempengaruhi permintaan adalah . A. jumlah penduduk B. teknologi C. pajak D. biaya produksi 12. Pada masa pra aksara ada banyak peralatan yang sudah digunakan oleh manusia pada saat itu, seperti kapak persegi, gerabah, dan kapak lonjong. Alat-alat tersebut digunakan pada masa . A. bercocok tanam B.

modern C. perundagian D. berburu dan mengumpulkan makanan 13. Jika diperkirakan di masa datang harga akan naik, maka konsumen cenderung untuk …jumlah barang yang akan dibeli . A. menurunkan B. meningkatkan C. mengurangi D. tetap 14. Bagi pengusaha ada banyak hal yang harus diperhatikan agar perusahaannya tetap berjalan dengan lancar. Berikut yang termasuk dalam motif ekonomi bagi pengusaha ialah .

A. mengeluarkan biaya produksi setinggi-tingginya B. menerima pegawai sebanyak-banyaknya C. mencari keuntungan sebanyak-banyaknya D. memproduksi barang dalam jumlah besar 15. Permintaan yang didukung oleh daya beli disebut permintaan .

A. individu B. potensial C. pasar D. efektif 16. Jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu disebut . A. permintaan B. penawaran C.

hukum permintaan D. hukum penawaran 17. Harga ditentukan oleh mekanisme pasar. Bentuk pasar yang dimaksud adalah . A. Pasar monopoli B. Pasar Oligopoli C. Pasar persaingan sempurna D. Pasar tidak sempurna 18. Pasar yang memperjualbelikan barang-barang keperluan seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan disebut dengan pasar .

A. harian B. mingguan C. bulanan D. tahunan 19. Seorang pengusaha dodol Durian memanfaatkan Durian yang tidak tahan lama untuk diolah kembali menjadi barang yang memiliki harga jual lebih tinggi. Hal tersebut merupakan salah satu kegiatan menghasilkan barang/jasa atau kegiatan menambah nilai guna barang/jasa yang disebut dengan .

A. produksi B. konsumsi C. distribusi D. transisi 20. Jumlah barang dan jasa yang diminta dalam tingkat harga dan waktu tertentu disebut . A. permintaan B. penawaran C. pengiriman D. pembelian 21. Tingkat konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh harga barang yang dikonsumsi. Jika harga barang-barang yang dikonsumsi naik, maka seseorang akan .

A. menambah jumlah barang yang dikonsumsi B. menambah jumlah jasa yang dikonsumsi C. mengurangi jumlah barang yang dikonsumsi D. mengurangi jumlah jasa yang dikonsumsi 22. Berikut ini yang merupakan definisi konsep permintaan yang tepat adalah . A. jumlah barang yang diminta terus-menerus B. jumlah barang yang diminta akan diproduksi pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi.

salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk saat C. jumlah barang dan jasa yang diminta dengan tingkat kualitas yang tinggi D. jumlah barang dan jasa yang diminta dalam tingkat harga dan waktu tertentu 23. Banyak kata atau istilah yang diambil dari bahasa asing termasuk dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), salah satunya adalah kata Ekonomi yang diambil dari Bahasa Yunani yakni Oikonomia.

Kata Oikonomia artinya adalah . A. aturan negara B. aturan rumah tangga C. kegiatan manusia D. aturan masyarakat 24. Jenis pasar yang hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar disebut .

A. pasar monopoli B. pasar oligopoli C. pasar monopolistik D. pasar persaingan sempurna 25. Jika di rumah seorang ibu tidak masak nasi lalu diganti dengan menyediakan singkong goreng, maka hal tersebut merupakan salah satu contoh dari barang .

A. ekonomis B. bebas C. substitusi D. komplementer 26. Berikut ini yang merupakan bunyi hukum permintaan yang benar adalah . A. jika harga naik maka jumlah barang yang diminta naik, sedangkan jika harga turun maka jumlah barang yang diminta turun B.

jika harga naik maka jumlah barang yang diminta tetap, sedangkan jika harga turun maka jumlah barang yang diminta naik C. jika harga naik maka jumlah barang yang diminta akan turun, sedangkan jika harga naik maka jumlah barang yang diminta tetap D. jika harga naik maka jumlah barang yang diminta akan turun, sedangkan jika harga turun maka jumlah barang yang diminta naik 27.

Ada dampak positif dan negatif dengan adanya IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Berikut ini yang merupakan dampak negatif dari perkembangan IPTEK adalah . A. dapat terpenuhinya berbagai kebutuhan manusia. B. dapat membuat kegiatan manusia lebih cepat dan mudah.

C. membantu perluasan dan pengembangan wawasan pengetahuan D. dapat menyebabkan terjadinya polusi udara, air, dan tanah. 28. Rofinus membutuhkan seragam sekolah baru karena seragam yang lama sudah sempit. Akhirnya pada hari Minggu ia membeli seragam ke toko bersama ibu dengan menggunakan uang tabungannyA. Berdasarkan ilustrasi tersebut, permintaan Rofinus tergolong ke dalam .

A. permintaan efektif B. permintaan absolut C. permintaan potensial D. permintaan tersembunyi 29. Yang dimaksud harga pasar adalah . A. daftar harga-harga barang yang dengan sengaja dipampang oleh pengelola pasar B. harga-harga barang yang telah ditentukan terlebih dahulu oleh penjual C. harga kesepakatan pihak penjual dan pembeli melalui proses tawar-menawar D. daftar harga barang yang ditetapkan pemerintah 30.

Industri kain tenun merupakan salah satu komoditas unggulan dari Lombok, namun karena adanya gempa bumi membuat jumlah penawaran kain tenun dari Lombok menurun drastis. Berdasarkan fenomena tersebut, faktor yang memengaruhi penawaran kain tenun dari Lombok adalah .

A. teknologi B. bencana alam C. biaya produksi D. harapan produsen untuk memperoleh laba 31.

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

Masalah ekonomi muncul karena adanya kebutuhan manusia yang terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan jasa terbatas adanya. Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan itu disebut . A. kelangkaan B. kebutuhan C. keinginan D. kemakmuran 32. Perhatikan pernyataan berikut! 1) Tersedia jasa angkutan. 2) Ada penjual dan pembeli. 3) Ada barang yang diperjualbelikan.

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

4) Terdapat pemimpin pasar. Unsur penting pasar ditunjukkan oleh nomor . A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 3 dan 4 33. Perhatikan daftar berikut ini! 1) Menjual barang dengan harga murah 2) Hasil produksi lebih berguna bagi masyarakat 3) Membantu diskontinuitas kegiatan produsen 4) Menyalurkan barang dari produsen ke konsumen Manakah yang termasuk tujuan kegiatan distribusi . A. 1) dan 2) B. 2) dan 3) C.

2) dan 4) D. 1) dan 3) 34. Bunyi hukum permintaan yang benar adalah . A. jika harga naik, maka jumlah barang yang diminta naik; sedangkan jika harga turun, maka jumlah barang yang diminta turun B.

jika harga naik, maka jumlah barang yang diminta akan turun; sedangkan jika harga turun, maka jumlah barang yang diminta naik C.

jika harga naik, maka jumlah barang yang diminta tetap; sedangkan jika harga turun, maka jumlah barang yang diminta naik D. jika harga naik, maka jumlah barang yang diminta akan turun; sedangkan jika harga naik, maka jumlah barang yang diminta tetap 35.

Untuk mendapatkan air mineral dibutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit, seperti membangun pabrik di daerah yang dekat dengan sumber mata air, distribusi dari pabrik yang berada di pegunungan ke konsumen dan lain-lain.

Air mineral merupakan salah satu contoh dari barang . A. substitusi B. komplementer C. ekonomis D. bebas 36. Kurva keseimbangan pasar merupakan gabungan dari kurva . A. pembelian dan penjualan B. penjualan dan permintaan C. pembelian dan penawaran D. permintaan dan penawaran 37. Batu yang ada di pegunungan akan bertambah nilai gunanya kalau dibawa ke toko bangunan dan digunakan oleh konsumen, hal tersebut dinamakan nilai guna .

A. tempat B. kepemilikan C. waktu D. bentuk 38. Bunyi hukum penawaran yang benar adalah . A. jika harga naik, maka penawaran turun; sedangkan jika harga turun, maka penawaran naik B. jika harga turun, maka penawaran tetap; sedangkan jika harga naik, maka penawaran turun C. jika harga naik, maka penawaran naik; sedangkan jika harga turun, maka penawaran turun D. jika harga naik, maka penawaran turun; sedangkan jika harga turun, maka penawaran tetap 39.

Pasar hewan yang biasa buka setiap hari kamis, disebut pasar . A. Harian B. Mingguan C. Bulanan D. Tahunan 40. Perhatikan pernyataan berikut! 1) Biaya produksi 2) Teknologi 3) Selera 4) Iklan Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran ditunjukkan oleh nomor .

A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 3 dan 4 41. Perhatikan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan di bawah ini! 1) Mengikuti pemilihan kepala desa. 2) Menanam padi di sawah pada musim hujan. 3) Menyisihkan uang untuk membantu sesama.

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

4) Berjualan makanan ringan di pasar tradisional. 5) Membantu orang lain yang mengalami kesulitan.

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan kegiatan manusia yang didorong oleh motif memenuhi kebutuhan ditunjukkan oleh nomor . A. 1) dan 3) B. 1) dan 4) C. 2) dan 4) D. 3) dan 5) 42. Tempat bertemunya antara penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung disebut . A. supermarket B. swalayan C. pasar D. mal 43. Jika harga BBM diumumkan akan naik maka permintaan BBM akan [.] pada saat ini. A. turun B. stagnan C. stabil D.

naik 44. Nilai tukar yang dibayar menggunakan satuan uang untuk mendapatkan barang atau jasa disebut . A. permintaan B. pendapatan C. diskon D. harga 45. Semakin murah suatu barang maka permintaan barang itu akan . A. Berkurang B. Sama seperti sebelumnya C.

Defisit D. Bertambah 46. Jenis-jenis pasar berdasarkan wujudnya dibagi menjadi . A. pasar konkret dan pasar abstrak B. pasar online dan pasar tradisional C. pasar konsumsi dan pasar distribusi D. pasar nasional, regional, dan internasional 47.

Tempat bertemunya penjual dan pembeli dengan transaksi dilakukan penjual hanya dengan membawa contoh barang adalah pengertian dari . A. pasar abstrak B. pasar persaingan sempurna C. pasar nyata D. pasar monopoli 48. Berdasarkan jenis barang yang diperjualbelikan, minimarket dan supermarket digolongkan ke dalam pasar . A. distribusi B. konsumsi C. abstrak D. nyata 49. Pasar dapat membuka kesempatan kerja dan menyerap banyak tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran.

Hal ini sesuai dengan peran pasar bagi . A. konsumen B. produsen C. pembangunan D. sumber daya manusia 50. Perbedaan antara pasar tradisional dan pasar modern adalah . A. penataan barang di pasar tradisional lebih rapi dibandingkan dengan pasar modern B.

berbelanja di pasar tradisional relatif lebih nyaman dibandingkan dengan pasar modern C. harga barang di pasar tradisional relatif lebih mahal dibandingkan dengan pasar modern D. kualitas barang di pasar modern cenderung lebih baik dibandingkan dengan pasar tradisional 51.

Salah satu faktor yang memengaruhi jumlah barang yang diminta yaitu harga barang substitusi. jika harga mentega naik, permintaan marganin akan . A. naik B. tetap C. turun D. stabil 52. Payung dan jas hujan memiliki hubungan sebagai barang substitusi.

Jika harga payung naik, maka pengaruhnya terhadap permintaan jas hujan adalah . A. permintaan jas akan tetap B. permintaan jas hujan akan naik C. permintaan jas hujan akan turun D. permintaan jas tidak dipengaruhi harga payung 53. Siswa mengumpulkan sumbangan untuk dikirimkan kepada saudaranya yang sedang mengalami musibah tsunami di Banten. Tindakan ini merupakan salah satu motif ekonomi yakni .

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

A. memenuhi kebutuhan B. berbuat sosial C. mendapatkan penghargaan D. memperoleh kekuasaan 54. Jenis permintaan yang didukung oleh kemampuan daya beli konsumen namun belum dilakukan transaksi disebut .

A. permintaan efektif B. permintaan absolut C. permintaan potensial D. permintaan tersembunyi 55. Jika penduduk suatu negara jumlahnya meningkat maka permintaan terhadap bahan pokok akan . A. menurun B. sedang-sedang saja C. meningkat D. stagnan 56.

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

Pasar kulit Garut menjual berbagai macam kulit dan alat-alat membuat tas. Berdasarkan jenis barang yang diperjualbelikan, pasar kulit Garut dikategorikan sebagai . A. pasar konsumsi B. pasar produksi C. pasar abstrak D.

pasar nyata 57. Ketika terjadi kesepakatan pada suatu harga antara penjual dan pembeli maka saat itu pasar mempunyai fungsi . A. distribusi B. tawar-menawar harga C. pembentuk harga D. promosi 58. Berikut ini yang merupakan contoh permintaan absolut adalah . A. Roni membeli tas setelah menerima gaji B.

Yonce memiliki uang untuk membeli rumah C. Mariana ingin membeli mobil, tetapi uangnya tidak cukup D. Ketty membeli sepatu olahraga menggunakan uang tabungan 59. Kegiatan ekonomi meliputi tiga hal yakni konsumsi, produksi dan distribusi. Salah satu contoh kegiatan produksi adalah . A. tukang ojek online membeli makanan di pasar B. seorang montir sedang memperbaiki sepeda motor C. tukang sayur menjajakan sayuran ke rumah-rumah D. peserta didik memakai seragam pramuka 60.

Dampak yang terjadi ketika penambahan jumlah permintaan lebih besar dibandingkan dengan penawarannya adalah . A. harga naik, sedangkan jumlah barang turun B. harga turun, sedangkan jumlah barang naik C. harga dan jumlah barang turun D. harga dan jumlah barang naik 61. Setiap orang memiliki perbedaan, salah satunya dalam hal konsumsi makanan.

Gena lebih suka rumbah dibandingkan dengan Vivin yang lebih menyukai seblak. Hal ini menunjukkan perbedaan . A. pendapatan B. keinginan C. harga D. selera 62. Bapak Simon adalah seorang pengusaha batik arjuna.

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

Beliau dahulu memproduksi batik secara tradisional, dan per bulan hanya mampu menghasilkan 300 meter. Namun, setelah adanya mesin pencetakan kain batik, Bapak Simon mampu menghasilkan kain batik sebanyak 1000 meter per bulan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, faktor yang meningkatkan jumlah penawaran batik adalah . A. teknologi B. biaya produksi C. faktor nonekonomi seperti bencana alam D. harapan produsen untuk memperoleh laba yang tinggi 63. Kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup disebut kebutuhan .

A. sekunder B. primer C. tersier D. kuarter 64. Perhatikan faktor berikut! 1) Selera 2) Pendapatan 3) Biaya produksi 4) Ekspektasi harga dimasa depan 5) Bencana alam Faktor yang memengaruhi permintaan ditunjukkan oleh nomor . A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 2, 3, dan 5 D. 3, 4, dan 5 65. Pasar yang unsur-unsur pasarnya seperti penjual, pembeli dan barang yang diperjualbelikan ada di satu tempat disebut dengan pasar . A. bulanan B. konkret C.

abstrak D. tahuna 66. Perhatikan pernyataan berikut! 1) Selera 2) Teknologi 3) Tingkat harga 4) Biaya produksi 5) Jumlah penduduk Berdasarkan pernyataan tersebut, faktor-faktor yang memengaruhi permintaan ditunjukkan oleh nomor . A. 1), 2), dan 3) B. 1), 2), dan 4) C. 1), 3), dan 4) D. 1), 3), dan 5) 67. Permintaan yang dilaksanakan oleh masyarakat banyak atau pada umumnya disebut Permintaan . A. pasar B. kelompok C. umum D. lembaga 68. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai kelangkaan adalah .

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

A. jumlah permintaan sama dengan jumlah keseimbangan pasar B. jumlah permintaan lebih banyak dibandingkan penawaran C. jumlah permintaan lebih sedikit dibandingkan penawaran D. jumlah permintaan sama dengan penawaran 69. Perhatikan macam barang berikut ini! 1) Tas 2) Sinar Matahari 3) Udara 4) Air Mineral 5) Pakaian Barang bebas ditunjukkan dengan nomor .

A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 2 dan 4 D. 4 dan 5 70. Berikut ini pembagian pasar berdasarkan struktur/organisasinya yang benar adalah . A. pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna B. pasar monopoli dan pasar monopolistik C. pasar monopolistik dan pasar oligopoli D. pasar monopoli dan pasar oligopoli12. Seorang pengusaha dodol mangga memanfaatkan mangga yang tidak tahan lama untuk diolah kembali menjadi barang yang memiliki harga jual lebih tinggi. Hal tersebut merupakan salah satu kegiatan menghasilkan barang/jasa atau kegiatan menambah nilai guna barang/jasa yang disebut dengan… A.

produksi B. konsumsi C. distribusi D. transisi 13. Pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. Salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk. A. memenuhi kebutuhan konsumen B. memperoleh penghargaan dari pemerintah C. berbuat baik kepada sesama manusia D.

menarik simpati dari masyarakat 14. Kegiatan ekonomi meliputi tiga hal yakni konsumsi, produksi dan distribusi.

pengusaha kerupuk memanfaatkan hasil laut agar memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi. salah satu tujuan produsen membuat barang tersebut adalah untuk

Salah satu contoh kegiatan produksi adalah. A. tukang ojek online membeli makanan di pasar B. seorang montir sedang memperbaiki sepeda motor C. tukang sayur menjajakan sayuran ke rumah-rumah D. peserta didik memakai seragam pramuka 15. Perhatikan daftar berikut ini! 1. Menjual barang dengan harga murah 2.

Hasil produksi lebih berguna bagi masyarakat 3. Membantu diskontinuitas kegiatan produsen 4. Menyalurkan barang dari produsen ke konsumen Manakah yang termasuk tujuan kegiatan distribusi. A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C.

2 dan 4 D. 1 dan 3 16. Batu yang ada di pegunungan akan bertambah nilai gunanya kalau dibawa ke toko bangunan dan digunakan oleh konsumen, hal tersebut dinamakan nilai guna… A. tempat B. kepemilikan C. waktu D.

bentuk 17. Banyak barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi setelah diolah terlebih dahulu, salah satunya adalah kacang kedelai akan lebih bernilai jika diolah menjadi susu kedelai.

Hal ini merupakan salah satu contoh dari nilai guna. A. kepemilikan B. waktu C. tempat D. bentuk 18. Seorang ibu memilih pakaian dengan harga yang lebih murah di Pasar Tegal Gubug dibandingkan membeli pakaian di pasar yang ada di sekitar rumahnya. Hal ini menunjukkan. A. motif ekonomi B. prinsip ekonomi C. tindakan ekonomi D. kegiatan ekonomi 19. Perhatikan daftar berikut ini! 1. Menggunakan bahan mentah atau baku dengan mutu yang baik 2. Mendirikan tempat usaha yang dekat dengan bahan mentah/bahan baku 3.

Menggunakan tenaga kerja dengan upah yang tinggi. 4. Menyalurkan barang dengan prinsip tepat sasaran dan tepat waktu. Manakah yang termasuk penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi… A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 2 dan 4 D. 1 dan 3 20. Siswa mengumpulkan sumbangan untuk dikirimkan kepada saudaranya yang sedang mengalami musibah tsunami di Banten.

Tindakan ini merupakan salah satu motif ekonomi yakni . A. memenuhi kebutuhan B. berbuat sosial C. mendapatkan penghargaan D.

memperoleh kekuasaan 21. Perhatikan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan di bawah ini! (1) Mengikuti pemilihan kepala desa. (2) Menanam padi di sawah pada musim hujan. (3) Menyisihkan uang untuk membantu sesama. (4) Berjualan makanan ringan di pasar tradisional. (5) Membantu orang lain yang mengalami kesulitan. Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan kegiatan manusia yang didorong oleh motif memenuhi kebutuhan ditunjukkan oleh nomor.

A. 1 dan 3 B. 1 dan 4 C. 2 dan 4 D. 3 dan 5 Tags kunci jawaban Soal UKK IPS Kelas 7 Semester 2 Kunci Jawabannya Kunci Jawaban Soal UKK IPS Kunci Jawaban Soal UKK kunci jawaban dan soal ukk ipas kelas 7 IPS Semester 2 Soal Pilihan Ganda & Essay pilihan ganda soal KUNCI Jawaban Soal UKK IPS Kelas 7 Google Berita Terkini Pontianak TRIBUNPONTIANAK.CO.ID Madrosid

PANEN MELIMPAH BUDIDAYA IKAN NILA DAN KOI MEMANFAATKAN ALIRAN SUNGAI




2022 www.videocon.com