Obat tidur alami

obat tidur alami

Jika kamu kerap mengalami insomnia atau kesulitan tidur, ada beberapa perawatan obat alami yang bisa kamu gunakan. Obat tidur alami dapat mendorong relaksasi, meredakan kecemasan, dan membantu seseorang cepat tidur.

Obat tidur alami umumnya dianggap lebih aman daripada obat bebas (OTC) dan obat resep. Ini karena obat alami cenderung memiliki lebih sedikit efek samping.

Berikut beberapa jenis obat tidur alami yang bisa kamu coba. 1. Suplemen melatonin Melatonin adalah obat tidur alami yang diproduksi di kelenjar pineal di tengah otak. Hormon ini mengatur ritme sirkadian tubuh, alias ritme harian seperti siklus tidur dan bangun.

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi suplemen melatonin dapat membantu kualitas tidur. Pekerja shift yang mengonsumsi 3 miligram melatonin dapat tertidur lebih cepat. Selain itu suplemen melatonin juga kerap digunakan untuk mengatasi masalah jet lag saat perjalanan internasional.

Dosis melatonin untuk obat tidur alami adalah 0,1 hingga 0,3 miligram sebelum tidur. Jika masalah tidur kamu tetap ada setelah dua minggu penggunaan obat tidur dengan suplemen melatonin, kamu harus berkonsultasi dengan dokter. Baca Juga : Susah Tidur di Malam Hari, Apakah Saya Stres?

2. Chamomile untuk obat tidur alami Chamomile adalah tanaman bunga yang kerap dijadikan ramuan herbal. Ramuan herbal chamomile memiliki efek menenangkan dan relaksasi yang membuat kamu mengantuk. Sebuah penelitian menyebut bahwa teh chamomile bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tidur pada wanita pasca kelahiran dan juga mengurangi gejala depresi. Meskipun tidak ada dosis umum untuk chamomile, kamu dapat menggunakannya sebagai obat tidur alami dengan beberapa cara: • Gunakan bunga chamomile kering untuk membuat teh • Beli kantong teh siap saji yang dijual di toko bahan makanan lokal • Hirup atau oleskan minyak esensial chamomile encer ke kulit • Konsumsi dalam bentuk tablet atau kapsul Namun jika kamu punya alergi terhadap tanaman ini, sebaiknya cari alternatif obat tidur alami lainnya saja ya.

Baca Juga : Gemar Ngopi? Ini Lho, Batas Amannya Supaya Tidak Susah Tidur 3. Valerian Sama seperti chamomile, valerian juga merupakan sebuah tanaman bunga yang kerap digunakan sebagai ramuan herbal alami. Tapi pada tanaman valerian, yang digunakan adalah bagian akarnya. Berdasarkan penelitian pada tahun 2011, valerian dapat membantu obat tidur alami insomnia dan meningkatkan kualitas tidur pada wanita pasca menopause.

Tetapi menurut Natural Medicines Comprehensive Database, tidak ada cukup bukti bahwa obat tidur alami efektif dalam mengobati insomnia. Beberapa temuan terbatas menunjukkan bahwa valerian dapat mengurangi waktu untuk tidur dan dapat meningkatkan kualitas tidur. Kamu dapat mengonsumsi valerian sebagai obat tidur alami dalam beberapa cara: • Jika kamu mengonsumsinya dalam bentuk teh, kamu dapat meminum 1/4 sampai 1 sendok teh, maksimal tiga kali sehari. • Apabila kamu lebih suka meminumnya dalam bentuk kapsul, kamu harus mengikuti dosis yang dianjurkan pada label kemasan.

Setelah tidur membaik, kamu harus terus menggunakan valerian selama dua hingga enam minggu. Ketika kamu ingin menghentikan penggunaan, kamu harus mengurangi dosis secara perlahan. Baca Juga : Kamu Susah Tidur?

obat tidur alami

Coba 10 Cara Ini 4. Lavender untuk obat tidur alami Lavender adalah tanaman harum yang digunakan untuk membuat obat, parfum, dan minyak. Efek harum yang menenangkan dari bunga lavender dapat membantu mendorong rasa ingin tidur.

Sebuah penelitian pada 2015 menemukan lavender efektif dalam meningkatkan kualitas tidur pada wanita pasca melahirkan. Peserta penelitian diminta menghirup aroma lavender sebelum tidur selama delapan minggu. Saat ini minyak aroma atau essential oil sangat mudah ditemukan bahkan di toko online. Saat ingin menggunakannya sebagai obat tidur alami, selalu encerkan minyak esensial lavender dengan air atau minyak zaitun.

Kamu dapat menggunakan lavender sebagai obat tidur alami dengan cara berikut: • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender ke diffuser di dekat tempat tidur • Gosokkan minyak esensial yang telah diencerkan ke dahi dan sekitar hidung (sebelumnya kamu harus melakukan uji tempel sebelum mengoleskan minyak esensial encer ke kulit) • Taruh beberapa tetes minyak esensial di bantal • Gunakan lavender kering untuk membuat teh atau kantong beraroma Baca Juga : 8 Cara Mudah Mengatasi Kekurangan Tidur, Simak Tips Berikut Ini!

5. Suplemen 5-hydroxytryptophan (5-HTP) Selain melatonin, ada juga suplemen lain yang bisa kamu gunakan sebagai obat tidur alami yakni 5-hydroxytryptophan atau 5-HTP. 5-HTP adalah turunan dari triptofan, yang merupakan asam amino. Kandungan ini digunakan untuk meningkatkan kadar serotonin. 5-hydroxytryptophan juga merupakan prekursor melatonin yang mengatur siklus tidur.

Beberapa temuan menunjukkan bahwa 5-HTP dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan, tetapi tidak ada cukup bukti yang mendukung penggunaannya untuk insomnia. Namun studi pada 2016 menyebut 5-HTP dapat meningkatkan tidur bila dikonsumsi dengan suplemen lain yang disebut asam gamma-aminobutyric. Kombinasi tersebut diduga dapat meningkatkan durasi tidur. 5-HTP obat tidur alami dalam bentuk kapsul. Dosis yang dianjurkan adalah 150 hingga 400 miligram per hari, meskipun label produk biasanya tertulis dosis berbeda.

Jangan minum 5-HTP selama lebih dari enam minggu ya! Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami. “Terdapat beberapa pilihan obat tidur alami yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi kesulitan tidur. Salah satunya adalah suplemen magnesium yang penting bagi kesehatan otak dan jantung. Nah, sebuah penelitian menyebutkan bahwa magnesium dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga membuat seseorang lebih mudah tertidur.” Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk tidur akibat berbagai penyebab.

Salah satu penyebab yang paling umum terjadi adalah gangguan tidur seperti insomnia. Padahal, tidur yang cukup sangatlah penting dalam menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, kesulitan tidur obat tidur alami juga dapat memengaruhi suasana hati, sehingga membuat aktivitas terasa sangat menyebalkan saat dijalani.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang seringkali mengalami sulit tidur, sebaiknya kamu jangan menyepelekan kondisi tersebut. Maka dari itu, sebaiknya ketahuilah beberapa pilihan obat tidur alami untuk mengatasinya. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya di sini!

Pilihan Obat Tidur Alami yang Diyakini Obat tidur alami Mengatasi Susah Tidur Sebenarnya, kamu tidak selalu harus mendapatkan resep obat tidur dari dokter untuk obat tidur alami gangguan tidurmu. Sebab, terdapat beberapa obat tidur obat tidur alami yang dapat membantumu. Berikut di antaranya: 1. Akar Valerian Akar Valerian juga merupakan salah satu suplemen herbal untuk mengatasi kesulitan tidur yang paling umum digunakan di Amerika Serikat dan Eropa.

Salah satu penelitian yang diterbitkan pada 2006 silam berjudul Valerian for Sleep: A Systematic Review and Meta-Analysis, menunjukkan bahwa mengonsumsi 300–900 mg suplemen valerian sebelum tidur, dapat meningkatkan kualitas tidur.

Kendati demikian, penelitian lebih mendalam terkait efektivitasnya dalam mengatasi kesulitan tidur masih perlu dilakukan. 2. Lavender Salah satu obat tidur alami lainnya adalah lavender, yang dapat tersedia dalam berbagai bentuk. Contohnya seperti ekstrak yang dapat dikonsumsi, atau minyak aromaterapi. Sebuah penelitian yang berjudul Effect of Inhaled Lavender and Sleep Hygiene on Self-Reported Sleep Issues: A Randomized Controlled Trial menunjukkan hasil yang menarik.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mencium minyak lavender sesaat sebelum tidur mungkin cukup untuk meningkatkan kualitas tidur. Obat tidur alami ini tampak sangat kuat pada mereka dengan insomnia ringan, terutama wanita dan individu muda.

3. Suplemen Magnesium Dilansir dari Healthline, magnesium adalah mineral yang berperan dalam membantu ratusan proses dalam tubuh manusia. Selain itu, magnesium juga merupakan mineral yang penting bagi fungsi otak dan kesehatan jantung. Menariknya lagi, sebuah penelitian yang berjudul The effect of magnesium supplementation on primary insomnia in elderly: A double-blind placebo-controlled clinical trial, menjelaskan bahwa magnesium memiliki peranan dalam mengatasi kesulitan tidur.

Menurut studi tersebut magnesium dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga membuat seseorang lebih mudah tertidur. Studi lainnya obat tidur alami bahwa kombinasi antara magnesium, melatonin, dan vitamin B, efektif dalam mengobati insomnia. 4. Asupan Glycine Selain berperan penting dalam sistem saraf tubuh, glycine juga diyakini dapat berperan sebagai obat tidur alami. Hal tersebut berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan pada 2007 silam berjudul Glycine ingestion improves subjective sleep quality in human volunteers, correlating with polysomnographic changes.

Penelitian tersebut menyelidiki efek glycine pada partisipan yang mengalami kurang tidur. Para peneliti mengukur gelombang otak, detak jantung, dan pernapasan mereka saat mereka tidur. Partisipan yang mengonsumsi tiga gram asupan glycin sebelum tidur menunjukkan peningkatan kualitas tidur dibandingkan partisipan yang hanya mengonsumsi substansi plasebo.

Di samping itu, suplemen glycin juga membantu para partisipan untuk tertidur lebih cepat. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen, asupan glycine juga dapat diperoleh melalui mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Contohnya seperti daging, telur, ikan, bayam, kacang polong, hingga kubis. Nah, itulah beberapa pilihan obat tidur alami yang diyakini dapat mengatasi gangguan tidur.

Mulai dari akar valerian, hingga asupan glycine yang dapat diperoleh dari makanan tertentu. Apabila beberapa pilihan tersebut tidak kunjung membuat kualitas tidur meningkat, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Sebab, bisa jadi kesulitan tidur merupakan gejala atau tanda dari gangguan kesehatan serius. Tidur yang cukup tentunya dapat menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun, yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah memenuhi asupan nutrisi penting seperti vitamin C pada tubuh. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa cek kebutuhan vitamin sesuai dengan pilihanmu.

Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang! Referensi: Healthline. Diakses pada 2021. 9 Natural Sleep Aids That May Help You Get Some Shut-Eye WebMD. Diakses pada 2021. Natural Sleep Aids and Remedies Wiley Online Library. Diakses pada 2021. Glycine ingestion improves subjective sleep quality in human volunteers, correlating with polysomnographic changes NCBI.

Diakses pada 2021. The effect of magnesium supplementation on primary insomnia in elderly: A double-blind placebo-controlled clinical trial NCBI. Diakses pada 2021. The Effects of Magnesium – Melatonin – Vit B Complex Supplementation in Treatment of Insomnia NCBI.

Diakses pada 2021. Effect of Inhaled Lavender and Sleep Hygiene on Self-Reported Sleep Issues: A Randomized Controlled Trial NCBI. Diakses pada 2021.

obat tidur alami

Valerian for Sleep: A Systematic Review and Meta-Analysis Sleep Health Foundation. Diakses pada 2021. Common Sleep Disorders
Jakarta - Mendapatkan tiduryang cukup di malam hari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bagaimana tidak, tidur cukup setiap malam bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung, diabetes, stroke dan obesitas. Tapi, faktor eksternal bisa membuat kita kesulitan tidur hingga menderita insomnia. Akibatnya semakin banyak orang yang memiliki kualitas tidur yang buruk.

Jika kalian menderita insomnia, jangan buru-buru membeli obat tidur di apotek. Karena banyak bahan-bahan alami yang bisa kalian konsumsi sebagai obat tidur.

Berikut ini 7 obat tidur alami untuk mengatasi insomnia yang dirangkum detikHealth: 1. Susu Hangat Sebelum tidur, coba minum satu gelas susu hangat. Susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang bisa obat tidur alami otak untuk memproduksi hormon melatonin yang bisa membantu tidur lebih cepat.

2. Akar Valerian Akar Valerian sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat tidur herbal di Amerika Serikat dan Eropa. Tanaman ini bisa menenangkan dan membantu kalian tertidur. 3. Lavender Wangi bunga lavender yang menenangkan ternyata bisa menjadi obat tidur tradisional.

Studi menemukan bahwa menghirup aroma minyak lavender selama 30 menit obat tidur alami tidur bisa membantu mengatasi insomnia ringan. 4. Teh Herbal Teh herbal seperti teh chamomile bisa membantu kalian tidur lebih cepat. Pasalnya chamomile mengandung flavonoid apigenin yang bisa menenangkan otak dan mengurangi rasa cemas, sehingga memudahkan kalian tertidur.

Caranya, minum satu cangkir teh chamomile setelah makan malam. Jangan minum terlalu dekat dengan waktu tidur agar tidak terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil. Baca juga: Badan Nyeri dan Kaku Saat Bangun Tidur, Atasi dengan Tips Ini 5. Magnesium Studi menyebutkan jika tubuh kekurangan magnesium bisa mengakibatkan insomnia dan tidur kurang nyenyak. Karena, magnesium memiliki kemampuan untuk meregulasi produksi melatonin, hormon yang bisa mengatur siklus tidur.

Kalian bisa mendapatkan asupan magnesium dari makanan. Beberapa makanan sumber magnesium adalah sayuran hijau, pisang, almond dan gandum. 6. Glycine Glycine adalah asam amino yang berperan dalam membantu tubuh tertidur lelap tiap malam. Glycine bisa menurunkan temperatur tubuh saat malam menjelang, menandakan bahwa kalian siap untuk tidur. Kalian bisa mendapatkan asupan glycine dari makanan maupun suplemen. Makanan yang mengandung glycine antara lain daging, telur, ikan, kacang-kacangan, bayam, kale, pisang, kiwi dan masih banyak lagi.

7. Tryptophan Obat tidur alami lainnya yang bisa kalian konsumsi adalah makanan yang mengandung tryptophan. Tryptophan sendiri adalah asam amino yang bisa menghasilkan serotonin obat tidur alami kemudian bisa diubah menjadi melatonin. Makanan yang mengandung tryptophan antara lain biskuit cracker, bibit gandum, kuaci dan pisang. Selain tujuh obat tidur alami di atas, kalian bisa mencoba mengubah gaya hidup agar bisa tidur lebih cepat dan lelap. Misalnya dengan melakukan yoga, meditasi dan olahraga atau dengan membatasi asupan alkohol, kafein dan nikotin.

Tidak hanya itu, selalu matikan cahaya buatan di dalam kamar, termasuk layar TV, ponsel atau laptop. Pasalnya cahaya biru yang dipancarkan perangkat-perangkat ini bisa mengganggu siklus tidur kalian. (vmp/erd) Berita Terkait • Imbas Konflik Ukraina, Warga Rusia Panik Borong Obat Tidur dan Kontrasepsi • Kasus Langka Wanita Tak Bisa Tidur Selama 40 Tahun, Ini Penjelasan Medisnya • WHO Sebut COVID-19 Bakal Jadi Endemik, Ini Pengertian dan Daftar Penyakitnya • Ciri-ciri Terpapar Virus Corona: Demam hingga Anosmia • Perbedaan Maag dan Asam Lambung yang Keduanya Sering Disamakan • 4 Doa Meminta Kesembuhan Penyakit yang Diajarkan Rasulullah dan Al Quran • Cek Tempat Tidur COVID-19 Rumah Sakit di yankes.kemkes.go.id/app/siranap • 7 Pengaruh Cuaca untuk Kesehatan dan Pikiran MOST POPULAR • 1 4 Anak RI Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Ini Status Vaksin COVID-nya • 2 Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya • 3 Caisar Diduga Nyabu Saat Live TikTok, Begini Ciri-ciri Pemakai Sabu • 4 Ciri-ciri Hepatitis Akut obat tidur alami Anak, Orangtua Wajib Tahu!

• 5 Kemenkes Buka Suara Kasus Anak Jatim Meninggal Diduga Hepatitis Misterius • 6 Eks Bos WHO Bicara soal Potensi Hepatitis 'Misterius' Obat tidur alami Pandemi • 7 Pemerintah Pastikan Biaya Perawatan Pasien Hepatitis Ditanggung BPJS Kesehatan • 8 Hasil Kolonoskopi Diungkap, Begini Kondisi Raja Salman Usai Masuk RS • 9 Dijalani Raja Salman, Apa Itu Kolonoskopi yang Bisa Deteksi Kanker Usus Besar?

• 10 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius? Ini Penjelasan Pakar IDI • SELENGKAPNYA Buka Tutup • Makan nasi dan makanan kaya karbohidrat lainnya bisa menjadi obat tidur alami, sebab dapat mempermudah riptofan menuju otak. • Melakukan peregangan ringan seperti yoga dan meditasi bisa membantu merilekskan tubuh sehingga Anda lebih mudah tidur.

• Kurangi konsumsi minuman berkafein dan berhentilah merokok jika Anda ingin bisa cepat tidur setiap malam. • Beberapa bahan alami lainnya yang bisa membantu cepat tidur adalah daun selada, daun lemon, obat tidur alami chamomile, hingga teh oolong. • Meski terbuat dari bahan alami, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencoba konsumsi obat tidur alami.

• Klik untuk mendapatkan obat Lelap atau obat gangguan tidur lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD. Obat tidur kerap menjadi andalan bagi orang-orang yang mengalami susah tidur setiap malam. Hati-hati, penggunaan obat tidur yang tidak sesuai aturan malah bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Cara amannya, Anda bisa menggunakan sejumlah obat tidur yang alami dengan efek samping minimal.

Akan tetapi, jangan lupa bahwa obat-obatan alami juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. 26 Obat tidur alami yang paling ampuh menurut dokter Tidur merupakan aktivitas penting agar tubuh bisa beristirahat. Sayangnya, sebagian orang justru mengalami gangguan tidur, contohnya insomnia. Bila tidak segera diatasi, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Baca juga: 10 Akibat Kurang Tidur yang Merugikan Kesehatan Selain mengenali penyebab susah tidur dan cara mengatasinya, ada beberapa obat tidur alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi gangguan tidur tersebut.

Obat-obatan alami biasanya tidak memiliki efek samping dan juga tidak menyebabkan ketergantungan seperti obat-obatan kimiawi. Sejumlah obat tidur alami yang terbilang ampuh, antara lain: 1. Makanan kaya magnesium dan kalsium Magnesium dan kalsium merupakan zat yang dapat membantu Anda untuk lebih cepat tidur. Zat-zat tersebut akan lebih efektif apabila dikonsumsi secara bersamaan.

Konsumsi makanan kaya magnesium dan kalsium juga dapat membantu menurunkan risiko gangguan jantung.

obat tidur alami

Beberapa makanan yang mengandung kombinasi magnesium dan kalsium meliputi bayam, tahu, brokoli, dan kacang kedelai. 2. Daun selada Belum banyak yang tahu bahwa daun selada juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tidur alami. Pasalnya, kandungan dalam daun selada mampu menghilangkan kegelisahan dan mengurangi kecemasan. Konsumsi daun selada sebanyak 30-120 miligram sebelum tidur diketahui dapat membantu mengatasi susah tidur. Selain itu, daun berwarna hijau ini juga bisa meredakan sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi.

3. Bunga lavender sebagai aromaterapi Bunga lavender sering digunakan sebagai aromaterapi sekaligus obat tidur yang alami. Jenis bunga berwarna keunguan ini diketahui dapat membantu menangkal racun atau zat lainnya yang masuk ke tempat tidur Anda. Gunakan pewangi ruangan beraroma lavender dan semprotkan sebelum tidur. Dengan begitu, Anda pun akan merasa nyaman dan lebih cepat tidur. 4.

Melatonin Melatonin adalah hormon penting yang mengendalikan siklus tidur Anda. Maka tak heran jika mengonsumsi makanan yang mengandung melatonin akan membuat Anda cepat tidur dengan pulas. Makanan yang dapat merangsang hormon melatonin antara lain buah ceri, pisang, nanas, jeruk, jagung manis, dan tomat. Namun, perhatikan juga dosisnya. Dosis melatonin yang terlalu tinggi dapat memicu toksisitas bahkan meningkatkan risiko depresi hingga gangguan kesuburan.

5. Lakukan yoga dan meditasi Agar bisa cepat tidur, obat tidur alami rileksasi supaya tubuh jadi lebih santai dan tenang. Misalnya dengan yoga yang gerakannya lebih ringan atau teknik peregangan lainnya.

Anda bisa melakukan yoga di tempat tidur dan diikuti dengan sedikit meditasi. Tutup mata Anda selama 5-10 menit sembari mengatur pernapasan sampai Anda merasa lega dan nyaman. Lambat laun, pikiran Anda jadi lebih tenang dan tidur pun jadi nyenyak. Baca Selengkapnya: Cara Mengatasi Insomnia dengan Yoga 6.

Konsumsi L-theanine L-theanine adalah asam amino yang berasal dari teh hijau. Zat tersebut tidak hanya membantu menjaga konsentrasi di siang hari, tapi juga membantu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Menjelang tidur, cobalah minum secangkir teh hijau. Namun, karena bersifat diuretik, jenis teh ini dapat meningkatkan siklus tidur REM dan membuat Anda terbangun untuk buang air kecil. Rapid Eye Movement (REM) adalah kondisi normal dari tidur yang ditandai dengan gerakan cepat dan acak dari mata.

7. Akar valerian Akar tanaman valerian adalah salah satu obat tidur alami yang paling sering digunakan untuk mengatasi insomnia. Tanaman yang satu ini bisa membuat Anda tidur nyenyak, lebih cepat tidur, sekaligus menjaga kualitas tidur Anda. Akan tetapi, manfaat akar valerian ini tidak bisa langsung dirasakan dalam sekali pemakaian. Biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu sampai khasiatnya terasa.

8. Minum susu di malam hari Susu memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Ternyata, susu juga dapat digunakan sebagai obat tidur alami untuk mengatasi insomnia. Minumlah susu hangat setengah jam sebelum Anda tidur untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Lakukan hal tersebut secara rutin sebelum tidur supaya pola tidur Anda tetap terjaga.

9. Seduhan daun lemon Daun lemon juga dapat digunakan sebagai obat tidur yang alami. Cara membuatnya adalah sebagai berikut: • Siapkan daun jeruk lemon dan 2 sendok teh madu. • Rebus daun lemon dan madu selama kurang lebih 5 menit. • Saring seduhan tersebut dengan saringan teh. obat tidur alami Minum air seduhan daun lemon tersebut sekitar 30-45 sebelum tidur • Obat tidur alami secara rutin agar khasiatnya lebih maksimal. 10. Konsumsi karbohidrat Anda pasti pernah mendengar bahwa kebanyakan makan nasi bisa bikin ngantuk.

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan karbohidrat di dalam nasi.

obat tidur alami

Nah, kalau Anda ingin bisa cepat tidur, cobalah makan makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini juga akan membuat triptofan lebih mudah menuju otak. Tak harus dengan makan nasi, Anda juga bisa sekadar makan roti 30 menit sampai 1 jam sebelum tidur. Sehabis makan, rasa kantuk pun obat tidur alami segera datang dan membuat Anda tertidur. 11. Kurangi minuman yang tinggi kafein Minuman yang banyak mengandung kafein tinggi akan membuat mata Anda tetap melek sepanjang malam.

Itulah sebabnya mengapa kopi identik dengan minuman untuk begadang. Hal tersebut dikarenakan kafein dapat memberikan tenaga dan memacu adrenalin dalam tubuh. Untuk menghilangkan masalah insomnia, kurangilah mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh di malam hari. Baca Juga: Meskipun Kaya Manfaat, Kafein Juga Memiliki Efek Samping 12. Rajin olahraga Rajin olahraga akan membuat tubuh mengeluarkan banyak tenaga dan membuat lelah. Ini akan membuat tubuh Anda lebih cepat membutuhkan istirahat dan mudah tertidur.

Selain itu, olahraga rutin juga dapat menurunkan stres. Jadi, mulailah berolahraga untuk memperbaiki obat tidur alami tidur Anda. 13. Berhenti merokok Bagi Anda yang punya kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini agar bisa cepat tidur. Pasalnya, kandungan nikotin pada rokok akan membuat kinerja otak jadi meningkat, sehingga Anda jadi susah tidur. Bagi para perokok, sebaiknya berhentilah minimal 4 jam sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Bahkan akan lebih baik bagi Anda untuk benar-benar berhenti merokok.

obat tidur alami

Jangan lupa bahwa ada begitu banyak efek buruk yang dialami tubuh jika Anda merokok. 14. Akupunktur Tidak hanya bahan herbal, pengobatan alternatif juga dapat dijadikan sebagai obat tidur alami. Salah satunya dengan akupunktur. Pengobatan alternatif yang satu ini mampu mengatasi banyak macam kondisi kesehatan dan gangguan tidur. Hal ini karena akupunktur mampu memperbaiki keseimbangan energi Anda sekalgius menghilangkan stres. Bagi Anda yang tidak takut jarum, Anda dapat mencobanya sebagai obat untuk mengatasi insomnia.

15. Minum seduhan daun kopi muda Minum seduhan daun kopi muda ternyata bisa menjadi salah satu cara agar Anda bisa tidur nyenyak. Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa daun kopi bisa digunakan sebagai obat tidur yang alami, sedangkan kopi tidak demikian? Untuk menghilangkan rasa penasaran Anda, sebaiknya buktikan sendiri khasiatnya. Ambil segenggam daun kopi muda, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih.

Setelah mendidih, Anda saring hingga mendapatkan air seduhannya saja. Minumlah air seduhan daun kopi muda sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mengobati insomia dan membuat Anda lebih cepat tidur. 16. Akar melati Obat tidur alami selanjutnya adalah akar melati.

Cara yang harus Anda lakukan pun cukup mudah, yaitu dengan menyediakan akar melati secukupnya, kemudian dicuci bersih lalu ditumbuk. Akar melati yang telah ditumbuk kemudian diseduh dengan air hangat. Minumlah seduhan tersebut secara rutin.

18. Daun putri malu Daun putri malu yang menguncup saat disentuh ternyata bisa digunakan sebagai obat tidur yang alami. Alasannya, tanaman ini mengandung melatonin yang mampu memberikan efek tenang dan rileks agar dapat tidur nyenyak di malam hari. Caranya, rebus 33 gram daun putri malu dengan 20 gram daun sawi langit dan 35 gram daun calincing. Sisakan airnya rebusannya sebanyak 1 gelas, lalu Anda saring dan airnya dapat diminum sebelum tidur.

19. Konsumsi teh chamomile Teh chamomile terkenal sebagai obat tidur alami karena efeknya yang dapat menenangkan dan aman untuk tubuh. Berbeda dari teh biasa, jenis teh ini baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah susah tidur. Untuk menambah rasa nikmat, Anda dapat menambahkan susu, madu, atau perasan lemon pada teh. Baca Juga: Demi Kesehatan, 5 Teh Herbal Ini Wajib Dikonsumsi 20. Daun teh Oolong Selain teh chamomile, terdapat daun teh lainnya yang mampu mengatasi insomnia, yaitu daun teh oolong.

Jemur daun teh tersebut sampai kering, kemudian gunakan sebagai bantal tidur. Obat tidur alami ini diyakini mampu mengatasi masalah gangguan tidur. 21. Menggunakan daun pegagan Belum banyak yang tahu bahwa daun pegagan sangat ampuh mengatasi insomnia.

Siapkan 2 lembar daun pegagan, 3 potong kangkung, ½ sendok ketumbar, dan 1 sendok biji jintan putih. Setelah itu, rebus bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai akhirnya air rebusan tersisa 1 gelas. Saring dan minum airnya sebelum tidur.

22. Rebusan jamur kayu Bagi penderita insomnia, rebusan jamur kayu dapat dijadikan sebagai salah satu obat tidur natural.

Caranya dengan merebus 5 gram jamur kayu, lalu diamkan air rebusannya sampai dingin. Minum rebusan jamur kayu setiap hari akan membuat Anda lebih mudah tidur tanpa harus meminum pil obat tidur yang dapat membahayakan kesehatan. 23. Bunga atau buah adas Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat obat tidur alami dari tanaman adas. Cara pertama dengan memanfaatkan bunganya, yakni dengan merebus 7 gram bunga adas.

Setelah itu, air rebusannya diminum guna mendapatkan khasiatnya. Cara yang kedua adalah dengan menumbuk buah adas sampai halus, lalu seduh dengan air panas. Air seduhan tersebut juga efektif mengatasi insomnia. 24. Biji teratai Siapkan 10 gram biji teratai kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus dengan air hingga mendidih.

Minumlah ramuan ini selagi hangat obat tidur alami dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik. 25. Buah pala Buah pala juga dapat dijadikan sebagai obat tidur alami tidur natural. Tumbuk buah pala hingga halus, kemudian seduh dengan air panas. Untuk hasil yang maksimal dan menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan 1 sendok madu pada seduhannya. Sebaiknya ramuan ini dikonsumsi selagi hangat supaya membantu tubuh lebih rileks menjelang tidur. 26. Bawang putih Salah satu manfaat bawang putih adalah dapat mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia.

Cukup dengan memotong bawang putih menjadi obat tidur alami, lalu ditelan seperti pil. Lakukanlah hal tersebut setiap hendak tidur dan rasakan manfaatnya. Baca juga: 11 Obat tidur alami Bawang Putih untuk Kesehatan Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins.

(gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya. Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti.

Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app
Sulit tidur memang menjadi masalah besar yang bila tidak segera diatasi, malah justru menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Obat tidur berbahan kimia pun menjadi pilihan beberapa orang supaya bisa cepat pulas ketika malam datang.

Namun, sehatkah mengonsumsi obat tidur yang demikian? Jelas tidak sehat dan untuk itulah, obat tidur alami di bawah ini bisa Anda pertimbangkan.

obat tidur alami

(Baca juga: dampak insomnia bagi kesehatan) 1. Minum Susu sebelum Tidur Tampaknya sudah bukan rahasia lagi bahwa khasiat susu obat tidur alami murni bagi kesehatan sangat besar. Bahkan untuk masalah insomnia atau sulit tidur juga dapat diatasi dengan minum susu sapi hangat di malam hari. Meski belum ada penelitian yang menyatakan bukti tentang susu membuat mengantuk, segelas susu hangat akan sangat merilekskan tubuh dan pikiran Anda. Inilah yang menjadi alasan mengapa susu sangat berperan dalam mendukung Anda yang sulit tidur untuk bisa tertidur lelap, santai dan tenang.

Jadikan kegiatan minum susu sebelum tidur sebagai rutinitas; konsumsilah setengah jam sebelum tidur. Anda pasti akan merasakan manfaatnya yang luar biasa. obat tidur alami. Menggunakan Daun Lemon Daun jeruk lemon mungkin agak kurang begitu familiar bagi Anda, dan mungkin Anda kemudian berpikir bagaimana bisa bahan ini menjadi obat tidur alami. Dengan menyiapkan daun jeruk lemon kering 2 sendok makan yang sudah kering, begitu juga madu secukupnya plus air mendidih sebanyak 8 ons.

Bahan yang sudah Anda siapkan bisa langsung diseduh dengan air mendidih sebanyak 8 ons tadi. Proses penyeduhan sebaiknya 5 menit saja, lalu Anda saring sebelum kemudian diminum secara rutin setiap menjelang tidur 30-45 menit sebelumnya. Anda akan merasakan perbedaannya ketika menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas setiap malam.

(Baca juga: penyebab insomnia) 3. Memenuhi Asupan Karbohidrat Sering dengar bukan bahwa tubuh yang obat tidur alami karbohidrat lebih akan lebih cepat mengantuk? Karbohidrat yang berlebihan memang bukanlah hal baik, namun untuk penderita insomnia, karbohidrat dapat menjadi obat tidur alami yang jauh lebih baik ketimbang pil obat tidur. Mengonsumsi karbohidrat akan membuat triptofan lebih mudah untuk obat tidur alami otak. Tak perlu harus makan nasi tepat sebelum tidur, makan saja sepotong roti atau sereal 1 jam atau 30 menit sebelum Anda berangkat tidur.

Ini akan membuat Anda tak hanya merasa kenyang, tapi juga merasa semakin gampang mengantuk. Pilihlah cemilan karbohidrat apabila Anda tidak sedang melakukan program diet karena cara ini pun dianggap efektif.

4. Menghindari Makanan/Minuman Berkafein Tinggi Makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi konon katanya adalah yang akan membuat Anda betah melek sepanjang malam. Itulah mengapa kopi selalu menjadi teman di kala Anda butuh untuk begadang. Kafein akan memberikan tenaga bagi Anda dan ini akan memacu adrenalin lebih sehingga pada jam istirahat, Anda malah semakin bersemangat, bukannya merasa rileks.

(Baca juga: efek bahaya kafein bagi tubuh) 5. Minum Daun Kopi Muda Bila kopi yang berkandungan kafein tinggi tidak boleh, apakah daun kopi muda dianggap aman sebagai obat tidur Anda? Anda dapat membuktikan sendiri bahwa dengan mengambil daun kopi muda sebanyak 1 genggaman tangan, lalu merebusnya dengan air 2 gelas hingga mendidih akan membantu insomnia Anda. Air didihan atau rebusan inilah yang Anda perlu nikmati sehari 2 kali untuk efek cepat tidur. 6. Menggunakan Akar Melati Bahan herbal lainnya yang oke punya sebagai obat tidur yang baik dan efektif adalah akar melati.

Cukup dengan menyediakan akar melati sebanyak ½ jengkal saja, cucilah dulu sebelum kemudian bisa ditumbuk. Tumbukan tersebut bisa Anda seduh bersama air hangat. Aduk dan saring lebih dulu sebelum airnya diminum secara rutin. 7. Menggunakan Daun Putri Malu Karena ada kandungan melatonin di dalamnya sehingga efek sedatifnya bisa menguasai Anda di mana ini adalah efek tenang dan rileks yang diperlukan supaya bisa tidur nyenyak.

Siapkan daun putri malu sebanyak 33 gram, bersama dengan daun sawi langit 20 gram dan daun calincing 35 gram yang semuanya perlu direbus dengan air 2 gelas saja. Airnya harus tersisa 1 gelas sebelum akhirnya disaring lalu airnya diminum tepat sebelum tidur sampai habis. (Baca juga: penyebab tidak bisa tidur) 8. Minum Teh Kamomil Seperti yang kita sudah tahu bahwa teh kamomil terkenal sebagai obat tidur alami karena efek penenangnya yang sama sekali obat tidur alami bagi tubuh.

Berbeda dari teh biasa di mana ada bahaya minum teh bagi kesehatan jika diminum sering-sering, teh kamomil ini baik untuk mendukung Anda cepat tidur. Tambahkan susu, madu atau perasan lemon sesuai selera Anda. 9. Memakai Daun Teh Oolong Sediakan daun teh oolong, atau lebih tepatnya ampasnyalah yang Anda bisa ambil lalu seduh. Jemurlah sampai daun ini benar-benar kering, lalu Anda dapat menggunakannya bukan dengan meminumnya, melainkan sebagai bantal tidur.

Diyakini bahan obat tidur alami ini bisa secara efektif mengusir masalah gangguan tidur semacam insomnia. 10. Makan Buah Bermelatonin Buah yang bermelatonin juga akan membantu Anda dalam mendapatkan kualitas tidur terbaik. Penderita insomnia bisa mengonsumsi buah ceri, di mana ada kandungan melatonin tinggi. Untuk menikmatinya, Anda bisa membuat jus ceri. Selain buah ceri, buah pisang juga sangat berkandungan gizi tinggi.

Melatonin ada di dalamnya obat tidur alami bagus obat tidur alami dikonsumsi setengah jam sebelum tidur. Ini akan memberikan reaksi tenang dan nyaman bagi tubuh serta pikiran pengonsumsinya. Relaksan otot dari pisang ini justru adalah kandungan magnesium dan kaliumnya. (Baca juga: efek samping melatonin) 11. Menggunakan Daun Pegagan Tak banyak yang tahu bahwa daun pegagan sangat ampuh mengatasi insomnia, yaitu hanya dengan 2 lembar ditambah juga dengan 3 potong kangkung, ketumbar ½ sendok makan, serta biji jintang putih 1 sendok teh.

Rebus semua bahan dengan air sebanyak 2 gelas sampai akhirnya air rebusan tersisa 1 gelas saja. Sesudah disaring, airnya bisa Anda minum sebelum tidur di malam hari.

12. Berolahraga Olahraga menjadi salah satu obat tidur yang baik karena olahraga akan membuat tubuh mengeluarkan tenaga lebih.

Karena lelah, tidur biasanya akan menjadi lebih gampang dan sangat nyenyak. Ingat bahwa kurang olahraga adalah faktor dari berbagai penyakit dan ini fakta bahwa olahraga pun adalah cara penurun stres. Jadi, tak salah bila mencoba hidup sehat dengan berolahraga supaya pola tidur pun lebih baik. 13. Memakai Jamur Kayu Mungkin banyak juga yang belum tahu akan rahasia dari fungsi jamur kayu ini, tapi sebenarnya ada manfaat bagi yang kiranya sulit tidur di malam hari. Insomnia dapat diatasi hanya dengan merebus 5 gram jamur kayu dengan air secukupnya.

Airnya bisa diminum setelah Anda diamkan sampai dingin; konsumsi setiap hari akan membuat Anda lebih gampang tidur tanpa harus minum pil obat tidur yang berbahaya bagi kesehatan. (Baca juga: ciri-ciri insomnia) 14. Menggunakan Bunga Adas Untuk mengatasi masalah insomnia ringan ataupun berat, cobalah ambil bunga adas sebanyak 7 gram. Lanjutkan dengan mencucinya sampai bersih, lalu merebusnya dengan air secukupnya.

Ketika sudah mendidih, angkat, diamkan dulu hingga mulai hangat barulah diminum. Atau, boleh saja Anda langsung menumbuk buahnya, lalu Anda seduh dengan air panas. Air seduhan buah adas juga terpercaya efektif. 15. Memakai Biji Teratai Sediakan biji teratai sebanyak 10 gram, pastikan bahwa Anda sudah mencucinya sampai bersih sebelum menggunakannya.

Barulah setelah itu Anda boleh merebusnya dengan air secukupnya dan ketika mendidih bisa Anda angkat. Meminumnya selagi hangat secara teratur akan membantu Anda memperoleh kualitas tidur yang sempat hilang. 16. Menggunakan Madu dan Pala Ramuan obat tidur ini juga sangat alami dan terjamin efektivitasnya, dan Anda hanya memerlukan 1 sendok makan madu murni dan 1 buah pala.

Pala tersebut bisa Anda tumbuk lebih dulu, kemudian lanjutkan dengan menyeduhnya dengan air panas secukupnya. Sebelum diminum, tambahkan madu lebih dulu dan akan lebih baik kalau dikonsumsi saat masih hangat. (Baca juga: bahaya tidak tidur di malam hari) 17.

Memakai Bawang Putih Terlepas dari efek samping bawang putih yang mungkin sempat membuat Anda khawatir, salah satu manfaatnya adalah sebagai obat tidur yang baik. Cukup menyediakan bawang putih mentah secukupnya yang kemudian bisa Anda potong-potong obat tidur alami telanlah seperti minum obat kapsul atau pil. Lakukanlah setiap hendak berangkat tidur dan rasakan khasiatnya.

18. Menghindari Rokok Anda punya kebiasaan merokok? Bisa jadi ini adalah faktor yang turut mendukung Anda sulit tidur, jadi pastikan Anda tidak merokok 4 jam sebelum naik ke tempat tidur. Zat nikotin pada rokoklah yang dapat membuat kinerja otak meningkat, jadi hindari kegiatan buruk ini agar tidur bisa lebih nyenyak. Akan jauh lebih bijak bila Anda memutuskan untuk berhenti dari kebiasaan tak sehat satu ini. 19. Akupuntur Seperti yang obat tidur alami diketahui, akupuntur menjadi salah satu pengobatan alternatif yang mampu mengatasi banyak macam kondisi kesehatan.

Insomnia tampaknya tak terkecuali dalam hal ini, jadi Anda boleh mencoba akupuntur yang rupanya adalah termasuk praktik penyembuhan tertua di dunia supaya bisa lekas tidur. Bagi Anda yang tidak takut jarum, cara ini sangat layak dicoba karena memang akupuntur mampu memperbaiki keseimbangan energi Anda dan menghilangkan stres. (Baca juga: efek samping akupuntur) Demikianlah serangkaian daftar obat tidur alami bagi Anda yang akhir-akhir ini bergumul dengan masalah sulit tidur.

Tak usah ragu melepaskan kebiasaan mengonsumsi pil obat tidur, Anda dapat mencoba beberapa obat atau cara di atas supaya mengurangi efek samping obat tidur kimia Anda.

obat tidur alami

Selamat mencoba dan kiranya bisa menjadi referensi yang sangat efektif. Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!
Tidur adalah kebutuhan untuk tubuh Anda. Sayangnya, beberapa orang masih saja mengeluh susah tidur alias insomnia. Cara paling mudah untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menepkan sleep hygiene. Bisa juga dengan obat tidur alami dokter, seperti mengikuti terapi atau minum obat tidur.

Namun, adakah pilihan obat tidur alami yang bisa mengatasi susah tidur? Pilihan obat tidur alami untuk atasi insomnia Terus-menerus susah tidur tidak hanya membuat mata mengantuk. Dalam jangka panjang, kekurangan tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara obat tidur alami.

Mulai dari gampang sakit hingga rentan mengalami kecelakaan yang mungkin bisa mengancam keselamatan jiwa.

obat tidur alami

Dokter biasanya akan merekomendasikan Anda untuk melakukan terapi perilaku kognitif untuk mengatasi insomnia, minum pil tidur, atau suplemen yang mengandung melatonin.

Namun, ada cara lain yang mungkin bisa Anda pertimbangkan, yakni minum obat tidur alami (herbal), seperti berikut: 1. Akar valerian Valerian adalah tanaman herbal asal Eropa dan sebagian wilayah Asia. Sudah bertahun-tahun lamanya, akar valerian sering digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi gejala kecemasan, depresi, menopause, hingga sulit tidur.

Ya, bagi Anda penderita insomnia, obat herbal alami yang satu ini mungkin bisa membantu. Beberapa penelitian pun telah melaporkan bahwa dengan mengonsumsi 300-900 mg valerian sebelum tidur dapat memicu rasa kantuk lebih cepat, sekaligus meningkatkan kualitas tidur. Namun, semua hasil penelitian ini bergantung pada pengukuran obyektif yang dilakukan selama tidur, meliputi gelombang otak dan denyut jantung.

Penelitian obat tidur alami dimuat dalam American Journal of Medicine menyatakan bahwa asupan valerian jangka pendek masih tergolong aman untuk dewasa. Yang terpenting, akar valerian sebaiknya tidak ibu hamil dan menyusui konsumsi. Meski begitu, Anda perlu tahu efek samping dari obat tidur alami ini, seperti sakit kepala, pusing, dan gangguan pencernaan. 2. Teh chamomile Selain akar valerian, Anda juga bisa memilih chamomile sebagai obat tidur herbal.

Menurut studi pada Journal of advanced nursingmenunjukkan bahwa teh chamomile dapat mengurangi masalah tidur pada obat tidur alami yang baru saja melahirkan. Efek menenangkan dari chamomile bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, sehingga membuat ibu yang baru saja melahirkan dapat tidur lebih mudah.

4. Lavender Obat tidur alami tidak selalu dalam bentuk makanan atau ekstrak yang bisa Anda konsumsi. Bisa juga dalam bentuk minyak aromaterapi, seperti lavander ini.

Studi tahun 2015 pada Journal of alternative and complementary medicine menunjukkan peserta yang menghirup minyak esensial lavender selama 2 minggu rutin, melaporkan dapat tidur dengan mudah dan tidak terbangun di malam hari. Peneliti menyebutkan efeknya ini berasal dari komponen linalool. Komponen berinteraksi dengan zat kimia otak GABA untuk merelaksasikan otak sehingga bisa membantu menghilangkan kecemasan dan stres yang mengganggu tidur.

4. Makanan mengandung glycine Glycine merupakan asam amino yang memainkan peran penting dalam kerja sistem saraf tubuh.

Di sisi lain, studi pada jurnal Neuropsychopharmacology menunjukkan bahwa zat ini dapat kembali ritme sirkadian, yakni jam biologis tubuh yang mengatur waktu Anda untuk bangun dan tidur.

Caranya dengan mengaktivasi reseptor NMDA di suprachiasmatic nucleus (SCN), yaitu bagian otak yang mengendalikan ritme sirkadian. Dengan begitu, ritme sirkadian bisa berfungsi lebih baik dan membuat tidur Anda juga jadi lebih nyenyak.

Nah, dari khasiat glycine inilah bisa Anda manfaatkan sebagai obat tidur alami. Anda bisa mendapatkan zat ini dari berbagai makanan, contohnya ikan, daging sapi, kacang kedelai, dan daging ayam.

5. Makanan yang mengandung melatonin Melatonin adalah hormon yang bertugas untuk mendukung kineja ritme sirkadian. Dengan adanya melatonin, Anda dapat tidur dengan baik. Produksi hormon ini pada tubuh Anda bisa terganggu sehingga bisa menyebabkan Anda susah tidur. Tidak hanya secara alami, hormon ini juga Anda dapatkan dari makanan, seperti jamur, buah ceri, susu, kacang almond, dan kavang kenari.

Anda bisa mengolah jamur menjadi menu makanan sehat, susu sebagai camilan atau sarapan, dan buah ceri serta kacang sebagai camilan. 6. Passion flower Tanaman herbal terakhir yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat tidur alami adalah passion flower ( Passiflora incarnata). Studi berbasis hewan menunjukkan bahwa komponen aktif dari tanaman ini dapat menginduksi SWS (slow wave sleep) atau tidur gelombang lambat atau Anda kenal dengan sebutan tidur nyenyak.

Manfaatnya juga terkait tidur adalah menghambat terjadinya fase tidur REM, yakni tahapan tidur yang membuat tekanan darah meningkat, gerakan mata cepat dan gelisah, dan Anda bisa bermimpi. Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum minum obat tidur alami Meskipun penelitian sudah menunjukkan potensi dari obat tidur alami yang tercantum di atas, konsultasi ke dokter sebelum obat tidur alami obat tetap yang harus Anda utamakan.

Pasalnya, beberapa obat bisa bereaksi dengan zat lain, seperti benzodiapine, alkohol, dan antidepresan. Mengatasi insomnia tidak hanya obat tidur alami Anda lakukan dengan minum obat herbal saja. Anda juga perlu menerapkan gaya hidup yang mendukung agar tidak lagi insomnia. Contohnya, tidur lebih awal dan bangun pagi secara rutin, menghindari minum kopi atau makan malam menjelang tidur, serta menahan diri untuk tidak bermain ponsel di kamar tidur. Anda juga bisa menerapkan terapi relaksasi sebelum tidur atau mencoba terapi alternatif akupresur untuk tidur lebih nyenyak.

Bent, S., Padula, A., Moore, D., Patterson, M., & Mehling, W. (2006). Valerian for sleep: a systematic review and meta-analysis. The American journal of medicine, 119(12), 1005–1012. https://doi.org/10.1016/j.amjmed.2006.02.026.

Cancer. (2018, December 12). Retrieved April 08, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cancer/symptoms-causes/syc-20370588.

obat tidur alami

Insomnia. (2016, October 15). Retrieved April 08, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/insomnia/symptoms-causes/syc-20355167. Chang, S. M., & Chen, C. H. (2016). Effects of an intervention with drinking chamomile tea on sleep quality and depression in sleep disturbed postnatal women: a randomized controlled trial. Journal of advanced nursing, 72(2), 306–315.

https://doi.org/10.1111/jan.12836. Kawai, N., Sakai, N., Okuro, M., Karakawa, S., Tsuneyoshi, Y., Kawasaki, N., Takeda, T., Bannai, M., & Nishino, S. (2015). The sleep-promoting and hypothermic effects of glycine are mediated by NMDA receptors in the suprachiasmatic nucleus. Neuropsychopharmacology : official publication of the American College of Neuropsychopharmacology, 40(6), 1405–1416.

https://doi.org/10.1038/npp.2014.326. Foods by GLYCINE CONTENT. (n.d.). Retrieved April 08, 2021, from https://www.nutritionvalue.org/foods_by_Glycine_content.html. Meng, X., Li, Y., Li, S., Zhou, Y., Gan, R. Y., Xu, D. P., & Li, H. B. (2017). Dietary Sources and Bioactivities of Melatonin. Obat tidur alami 9(4), 367. https://doi.org/10.3390/nu9040367.

Melatonin: What you need to know. (n.d.). Retrieved April 08, 2021, from https://www.nccih.nih.gov/health/melatonin-what-you-need-to-know. Guerrero, F. A., & Medina, G. M. (2017). Effect of a medicinal plant ( Passiflora incarnata L) on sleep. Sleep science (Sao Paulo, Brazil), 10(3), 96–100.

https://doi.org/10.5935/1984-0063.20170018. Lillehei, A. S., Halcón, L. L., Savik, K., & Reis, R. (2015). Effect of Inhaled Lavender and Sleep Hygiene on Obat tidur alami Sleep Issues: A Randomized Controlled Trial. Journal of alternative and complementary medicine (New York, N.Y.), 21(7), 430–438. https://doi.org/10.1089/acm.2014.0327.• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat.

• Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 19 Januari 2022 - Diperbarui: 9 Maret 2022 Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu - Ditinjau obat tidur alami dr.

Jati Satriyo Insomnia adalah masalah tidur di mana seseorang sulit tidur di malam hari. Ada beberapa bahan herbal yang dipercaya dapat mengatasi masalah tidur. Simak daftar obat tidur herbal berikut ini! Obat Tidur Alami yang Ampuh Konsumsi obat tidur memang dapat mengatasi insomnia, namun penggunaan obat tidur jangka panjang tentunya tidak baik obat tidur alami berpotensi menimbulkan efek samping.

Anda bisa lebih dulu mencoba obat tidur herbal untuk mengatasi insomnia yang mengganggu Anda. Berikut adalah 27 obat alami susah tidur yang bisa Anda coba! 1. Lavender Bunga lavender yang cantik juga dikenal dengan kemampuannya sebagai salah satu obat tidur alami.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghirup minyak lavender sebagai aromaterapi selama 30 menit sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Salah satu penelitian pada orang lanjut usia bahkan melaporkan bahwa aromaterapi lavender mungkin sama efektifnya dengan obat tidur konvensional, tentunya dengan efek samping yang lebih rendah.

Obat tidur alami untuk efektivitas suplemen lavender, belum ada penelitian yang cukup membuktikan suplemen ini dapat meningkatkan kualitas tidur. Maka dari itu, akan lebih baik menggunakan lavender dalam bentuk aromaterapi dibandingkan dengan suplemen untuk mengatasi susah obat tidur alami.

2. Passion Flower Passion flower (Passiflora incarnata) adalah salah satu obat tidur alami yang cukup populer. Efek passion flower yang dapat merangsang tidur telah dibuktikan pada penelitian terhadap hewan. Sedangkan penelitian pada manusia menunjukkan hasil yang lebih beragam. Passion flower dapat ditemukan dalam bentuk teh maupun suplemen. Penelitian menunjukkan bahwa sepertinya bunga ini memberikan manfaat lebih banyak apabila dikonsumsi dalam bentuk teh dibandingkan dengan bentuk suplemen.

3. Akar Valerian Akar valerian adalah obat alami yang digunakan untuk mengatasi gejala kecemasan, depresi, dan menopause. Banyak orang yang mencoba akar valerian sebagai obat tidur herbal dan mendapatkan hasil yang memuaskan, namun hasil penelitian tentang efektivitas suplemen ini masih sangat sedikit.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi 300-900 mg valerian sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun hasil ini merupakan hasil subjektif berdasarkan pengakuan partisipan dan tidak ada pengukuran objektif seperti monitoring gelombang otak atau detak jantung selama tidur. Penggunaan suplemen akar valerian relatif aman. Anda dapat mencoba sendiri akar valerian dan melihat hasilnya. Namun tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang karena belum diketahui efek samping yang akan terjadi.

4. Ginkgo Biloba Obat tidur alami selanjutnya adalah ginkgo biloba. Obat tidur alami 250 mg ramuan ginkgo biloba alami 30-60 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, dan juga meningkatkan kualitas tidur.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam ginkgo biloba dipercaya dapat membantu mengurangi kecemasan. Selain itu, herbal ini memiliki sifat antiinflamasi yang diduga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengurangi tingkat hormon stres yang tinggi.

Tingkat hormon stres yang tinggi dapat menjadi salah satu penyebab anemia. 5. Melatonin Melatonin adalah hormon yang diproduksi alami oleh tubuh. Hormon ini bekerja untuk memberi tahu otak bahwa sudah waktunya Anda untuk tidur. Siklus produksi dan pelepasan hormon dipengaruhi oleh waktu dalam sehari, umumnya kadar hormon ini naik di malam hari dan turun di pagi hari.

Konsumsi suplemen melatonin dianggap sebagai salah satu cara mengatasi susah tidur yang cukup ampuh. Suplemen ini banyak digunakan oleh orang yang mengalami jet lag dan juga menjalani kerja shift. 6. Teh Chamomile Teh chamomile memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dipercaya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu kandungan antioksidan dalam obat tidur alami chamomile adalah apigenin, yaitu antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak obat tidur alami dapat meningkatkan rasa kantuk.

Hal ini lah yang membuat teh chamomile dipercaya sebagai salah satu obat tidur herbal paling ampuh. 7. Ginseng Merah Ginseng adalah salah satu obat herbal yang dipercaya memiliki berbagai manfaat seperti melawan stres, meningkatkan energi, hingga mengatasi impotensi. Konsumsi ekstrak ginseng merah terbukti memberikan efek positif terhadap orang yang memiliki masalah tidur. Peserta mengalami meningkatkan kualitas tidur setelah mengonsumsi ekstrak ginseng merah selama seminggu.

Dosis yang dianjurkan adalah 800 mg hingga 2 gram bubuk ginseng per hari. Penggunaan ginseng bisa dilakukan hingga 3 bulan, kemudian Anda disarankan untuk menunggu selama seminggu sebelum mengonsumsi ginseng lagi.

8. L-Theanine L-Theanine adalah asam amino yang banyak ditemukan dalam teh hijau. Dalam sejarahnya, asam amino satu ini memang digunakan sebagai agen relaksasi.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 400 mg L-Theanine setiap hari aman dan efektif dalam meningkatkan beberapa aspek kualitas tidur pada anak laki-laki yang didiagnosis ADHD. Masalah tidur merupakan salah satu gejala umum ADHD. Konsumsi suplemen L-Theanine sebanyak 200-400 mg per hari dipercaya dapat membantu meningkatkan tidur dan relaksasi. 9. Glycine Selain L-Theanine, asam amino lain yang juga dipercaya dapat membantu mengatasi susah tidur adalah glycine.

Glycine adalah asam amino yang memainkan peran penting dalam sistem saraf dan penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Senyawa ini diduga dapat menurunkan suhu tubuh pada jam tidur, sehingga memberikan sinyal pada tubuh untuk tidur.

Konsumsi glycine sebelum obat tidur alami dapat membuat Anda tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Glycine umumnya ditemukan dalam bentuk pil atau bubuk. 10. Triptofan Sama seperti glycine dan L- Theanine, triptofan juga merupakan jenis asam amino. Asam amino ini dapat ditemukan dalam bentuk suplemen kapsul dan bubuk. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dosis asam amino esensial serendah 1 gram per hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat Anda tertidur lebih cepat.

Triptofan dapat memicu pelepasan melatonin. 11. Magnesium Obat tidur alami selanjutnya adalah magnesium. Mineral ini sangat penting bagi tubuh, termasuk dalam menjaga fungsi otak dan kesehatan jantung. Magnesium juga dipercaya dapat memberikan efek menenangkan dan membuat kita lebih cepat tertidur.

Diduga magnesium dapat menjadi salah satu obat tidur paling ampuh karena mineral ini memiliki kemampuan dalam mengatur melatonin, hormon yang memandu siklus tidur-bangun dalam tubuh manusia.

12. Susu Hangat Minum susu hangat sebelum tidur dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak? Pernyataan ini mungkin ada benarnya. Susu dapat menjadi sumber triptofan bagi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa susu hangat terbukti dapat meningkatkan tidur pada lansia, terutama apabila dikonsumsi bersama dengan melatonin. Olahraga secara teratur akan semakin membantu efek positif dari konsumsi susu hangat sebelum tidur ini. 13. Kava Kava Kava kava berasal dari tanaman Piper methysticum.

Herbal ini memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah untuk mengurangi stres dan kecemasan. Kava kava dipercaya memiliki efek ansiolitik atau dapat menghambat kecemasan. Efek rileks dan santai dari hasil konsumsi kava kava ini membuat herbal satu ini dipercaya dapat menjadi obat tidur alami. 14. Kacang Kenari Kacang kenari atau walnut adalah kacang yang sangat kaya akan nutrisi, juga dipercaya dapat menjadi obat alami susah tidur.

Kandungan asam lemak omega-3 pada kacang kenari dapat membantu meningkatkan serotonin, senyawa kimia yang dapat meningkatkan perasaan nyaman dan senang, sehingga kualitas tidur juga dapat meningkat. 15. Kacang Almond Selain kacang kenari, jenis kacang pohon lainnya yang dipercaya dapat menjadi obat tidur alami adalah kacang almond.

Kacang almond dapat menjadi sumber melatonin dan magnesium. Seperti yang sudah disebutkan di atas, keduanya merupakan hormon dan mineral yang dapat menunjang siklus tidur yang lebih teratur.

Konsumsi segenggam almond di malam hari dan lihat sendiri efeknya pada tidur Obat tidur alami. 16. Kiwi Buah kiwi ternyata tidak hanya lezat, tapi bisa menjadi salah satu pilihan obat susah tidur. Konsumsi kiwi sebelum tidur terbukti dapat membuat seseorang tidur lebih cepat dan tidur lebih lama. Hal ini diduga karena kandungan serotonin yang ada pada kiwi. Selain itu, kiwi juga mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C dan karotenoid.

Kemampuan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan ini diduga juga berkontribusi dalam manfaat kiwi untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. 17. Barley Grass Barley grass umumnya ditemui dalam bentuk bubuk.

Herbal satu ini mengandung beberapa senyawa yang dapat meningkatkan kualitas tidur seperti GABA, kalsium, triptofan, zinc, kalium, dan juga magnesium.

Bubuk barley grass dapat dicampurkan ke dalam smoothie atau dapat juga digunakan dalam masakan seperti salad dan sup. 18. Ikan Berlemak Konsumsi ikan berlemak seperti salmon dan tuna juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Ikan berlemak merupakan sumber vitamin D dan asam lemak omega-3, kedua nutrisi ini penting dalam mengatur kadar serotonin dalam tubuh.

Selain itu, ikan berlemak juga memiliki berbagai kandungan nutrisi lainnya yang tentunya akan membantu melengkapi asupan nutrisi harian tubuh.

obat tidur alami

19. Pisang Buah lain yang dapat menjadi obat susah tidur selanjutnya adalah pisang. Pisang memiliki kandungan melatonin, triptofan, dan magnesium yang sudah dijelaskan sebelumnya sangat berpengaruh pada siklus tidur seseorang. Dengan semua nutrisi tersebut, pisang diklaim baik untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Konsumsi pisang secara rutin dipercaya dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. 20. Selada Selada dan minyak biji selada memiliki kandungan senyawa laktusin yang dapat memberikan efek sedatif.

Penelitian tidak hanya menunjukkan selada dapat meningkatkan durasi tidur, tapi selada juga dipercaya dapat melindungi sel-sel dari peradangan dan kerusakan yang mungkin terjadi akibat stres selama gangguan tidur. 21. Keju Makanan selanjutnya yang dapat menjadi obat tidur alami adalah keju. Keju seperti obat tidur alami cottage memiliki kandungan kasein, protein susu ini dikenal dapat membantu dalam perbaikan otot selama tidur ketika dikonsumsi sebelum tidur.

Selain itu, jenis keju lain seperti keju swiss dan cheddar, memiliki kandungan asam amino triptofan yang juga berguna untuk meningkatkan kualitas tidur. 22. Udang dan Lobster Makanan laut seperti udang dan lobster juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah susah tidur. Udang dan lobster memiliki kandungan triptofan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, udang dan lobster juga terbukti dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Jadi, jika Anda ingin tidur berkualitas dan bangun di pagi hari dengan kemampuan kognitif yang lebih baik, cobalah untuk mengonsumsi kedua makanan ini.

23. Ceri Asam Makanan lainnya yang tidak hanya lezat tapi juga dapat membantu mengatasi masalah susah tidur adalah ceri asam. Buah ceri asam memiliki banyak senyawa yang berpengaruh pada kualitas tidur mulai dari melatonin, triptofan, kalium, dan serotonin. Kandungan senyawa antioksidan polifenol yang ada dalam buah ini juga diduga berpengaruh pada peningkatan kualitas tidur.

Buah ceri dapat menjadi camilan yang baik sebelum tidur karena buah ini juga memiliki banyak nutrisi lainnya seperti serat, vitamin C, dan juga vitamin E. 24. Ayam Kalkun Konsumsi ayam kalkun juga dapat menjadi cara mengatasi susah tidur. Ayam kalkun mengandung asam amino triptofan yang dapat meningkatkan produksi hormon melatonin. Selain itu, ayam kalkun juga merupakan sumber protein. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein dalam jumlah sedang di malam hari dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik dan dapat menurunkan intensitas bangun sepanjang malam.

Anda dapat mengonsumsi kalkun di malam hari, tapi jangan lupa untuk memerhatikan pengolahannya agar makanan ini tidak menyebabkan efek negatif bagi kesehatan. 25. Nasi Nasi putih adalah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, tidak disangka bahwa nasi putih dapat membantu dalam masalah susah tidur. Obat tidur alami nasi putih dapat menjadi obat tidur alami karena kandungan indeks glikemiknya yang tinggi.

Konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi beberapa jam sebelum tidur dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Meskipun dipercaya dapat membantu mengatasi masalah tidur, nasi putih tidak disarankan untuk dikonsumsi sesaat sebelum tidur. Konsumsilah nasi putih paling tidak 2-3 jam sebelum tidur. Perlu diperhatikan juga bahwa kandungan indeks glikemik tinggi dalam nasi membuat nasi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar gula darah tinggi. 26. Oatmeal Makanan selanjutnya yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tidur adalah oatmeal.

Sama seperti nasi putih, oatmeal juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi sehingga dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, oatmeal juga memiliki kandungan melatonin. Oatmeal juga merupakan makanan tinggi nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Makanan ini mengandung serat tinggi dan dipercaya dapat menurunkan berbagai risiko penyakit kronis. 27. Olahraga Aktivitas fisik dapat obat tidur alami meningkatkan kualitas tidur. Olahraga secara rutin dapat menyelesaikan masalah insomnia kronis.

Selain dapat meningkatkan kualitas tidur, olahraga juga dapat memelihara kesehatan Anda secara keseluruhan. Meskipun begitu, olahraga sebaiknya tidak dilakukan pada saat-saat menjelang tidur, karena olahraga dapat meningkatkan endorfin. Selain menimbulkan rasa nyaman, endorfin juga diduga dapat membuat Anda lebih fokus dan terjaga. Apabila Anda memilih makanan sebagai obat tidur, pastikan Anda mengonsumsinya dengan tidak berlebihan. Jika memilih obat herbal, pastikan Anda mengonsumsi aturan pakai yang ada pada produk.

Penggunaan herbal jangka panjang yang belum jelas efek sampingnya sebaiknya tidak dilakukan. Itulah pembahasan tentang obat tidur herbal. Pastikan juga Anda tidak memiliki kondisi kesehatan tertentu yang membuat Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan atau herbal di atas.

Apabila anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, diskusikan lebih dulu dengan dokter Anda sebelum memilih obat tidur yang alami tepat.

Selain itu, jika Obat tidur alami memiliki gangguan tidur yang serius dan tidak dapat diatasi dengan menggunakan cara alami, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Gangguan tidur serius dapat mengindikasikan gejala gangguan fisik atau mental tertentu. Apakah Obat Tidur Alami Pasti Aman Digunakan? Konsumsi bahan alami sebagai cara mengatasi susah tidur relatif aman untuk dilakukan.

Meskipun begitu, tetap terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Laxing adalah obat tidur herbal dari bahan-bahan alami yaitu Valerianae Radix, Myristicae semen, Eleuthroginseng Radix, dan Polygalae Radix.

Bila mengalami insomnia, konsumsi 1-2 kaplet per hari tepatnya 30 menit-1 jam sebelum tidur agar tidur lelap bangun segar. • Cronkleton, Emily. 2018. 8 Natural Sleep Aids: What Works?. https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/natural-sleep-aids. (Diakses 29 Oktober 2019). • Elliott, Brianna. 2017. The 9 Best Foods to Eat Before Bed. https://www.healthline.com/nutrition/9-foods-to-help-you-sleep. (Diakses 29 Oktober 2019). • Huizen, Jennifer. 2019. Which foods can help you sleep?.

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324295.php. (Diakses 29 Oktober 2019). • Johns Hopkins Medicine. Natural Sleep Aids: Home Remedies to Help You Sleep. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/natural-sleep-aids-home-remedies-to-help-you-sleep. (Diakses 29 Oktober 2019).

• Jung, Alyssa. 2019. 16 Bedtime Snacks That Will Help You Sleep Better. https://www.thehealthy.com/sleep/foods-that-help-you-sleep/. (Diakses 29 Oktober 2019). • Nutritious Life.

obat tidur alami

10 Foods That Help You Sleep. https://nutritiouslife.com/sleep-deep/10-foods-that-help-you-sleep/slide/1.-almonds-+-cashews/. (Diakses 29 Oktober 2019). • Petre, Alina. 2017. 9 Natural Sleep Aids That Are Backed by Science.

https://www.healthline.com/nutrition/sleep-aids. (Diakses 29 Oktober 2019). Informasi Terbaru • Peningkatan Tekanan Intrakranial: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia




2022 www.videocon.com