Hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah

hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah

tirto.id - Indonesia dikenal sebagai negara agraris, yaitu negara yang sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian di berbagai bidang pertanian, seperti budi daya tanaman pangan. Kelompok tanaman yang termasuk komoditas pangan adalah tanaman pangan, tanaman hortikultura non tanaman hias dan kelompok tanaman lain penghasil bahan baku produk pangan.

Pengertian Tanaman Pangan Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman pangan. Tanaman pangan adalah sumber kehidupan bagi manusia.

hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah

Jadi, keberadaannya akan selalu dibutuhkan selagi manusia masih hidup. Tanaman pangan dikelompokkan berdasarkan umur, yaitu tanaman semusim dan tanaman tahunan. Tanaman semusim adalah tanaman yang hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah dalam satu musim tanam, yaitu antara 3-4 bulan, misal jagung dan kedelai atau antara 6-8 bulan, seperti singkong. Tanaman tahunan adalah tanaman yang terus tumbuh setelah bereproduksi atau menyelesaikan siklus hidupnya dalam jangka waktu lebih dari dua tahun, misalnya sukun dan sagu.

Tanaman pangan juga dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu serealia, kacang-kacangan dan umbi-umbian. Kelompok serealia dan kacang-kacangan menghasilkan biji sebagai produk hasil budi daya, sedangkan umbi-umbian menghasilkan umbi batang atau umbi akar sebagai produk hasil budidaya. • Serealia: Padi, jagung, sorgum.

• Kacang-kacangan: Kedelai, kacang tanah, kacang hijau. • Umbi-umbian: Singkong, ubi jalar, talas. Jenis dan Contoh Tanaman Pangan Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis dan contoh tanaman pangan, seperti dikutip modul Prakarya dan Kewirausahaan (2017): 1. Padi (Oryza sativa L.) Padi memiliki batang yang berbuku dan berongga. Daun dan anakan tumbuh dari buku yang ada pada batang. Bunga atau malai muncul dari buku yang terakhir. Akar padi berupa akar serabut.

Bulir padi terdapat pada malai yang dimiliki oleh anakan. Budidaya padi dikelompokkan menjadi padi sawah, padi gogo, dan padi rawa. Tanaman padi diperbanyak dengan menggunakan biji. 2. Jagung (Zea mays L.) Jagung memiliki batang tunggal yang terdiri atas buku dan ruas. Daun jagung terdapat pada setiap buku pada batang. Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah, tetapi masih pada pohon yang sama.

Bunga jantan terletak di ujung batang, sedangkan bunga betina (tongkol) berada di bagian tengah batang jagung. Jagung dapat ditanam di lahan kering maupun di lahan sawah sesudah panen padi. Tanaman jagung diperbanyak dengan biji. 3. Sorgum (Sorghum bicolor L.) Tanaman sorgum sekilas mirip dengan jagung. Sorgum memiliki batang yang berbuku-buku. Kadang-kadang sorgum juga dapat memiliki anakan. Sorgum memiliki bunga yang tersusun dalam malai yang terdapat di ujung batang.

Sorgum diperbanyak dengan biji. Sorgum dapat ditanam pada berbagai kondisi lahan, baik lahan subur maupun lahan kurang subur atau lahan marginal karena sorgum memiliki daya adaptasi yang luas. 4. Kedelai (Glycine max L.) Kedelai merupakan tanaman semusim dengan tinggi tanaman antara 40-90 cm, memiliki daun tunggal dan daun bertiga (trifoliate). Daun dan polong kedelai memiliki bulu. Tanaman kedelai memiliki umur antara 72–90 hari.

Polong kedelai yang telah masak ditandai dengan kulit polong yang berwarna coklat. Kedelai diperbanyak dengan biji. Berdasarkan warna bijinya, kedelai dibedakan menjadi kedelai kuning, hijau kekuningan, coklat, dan hitam. Endosperm kedelai umumnya berwarna kuning. Kedelai dapat ditanam di lahan kering atau di sawah sesudah panen padi.

5. Kacang Tanah (Arachis hypogeae L.) Kacang tanah dapat ditanam di lahan kering dan lahan sawah sesudah panen padi. Kacang tanah diperbanyak dengan biji. Kacang tanah memiliki batang yang bercabang dengan tinggi tanaman antara 38-68 cm.

Tanaman ini memiliki tipe tumbuh dengan memanjang di atas permukaan tanah. Kacang tanah memiliki polong yang tumbuh dari ginofor di dalam tanah. Kacang tanah dapat dipanen pada umur 90-95 hari setelah tanam.

6. Kacang Hijau (Vigna radiata L.) Tanaman kacang hijau merupakan tanaman pangan semusim yang mempunyai umur panen antara 55-65 hari setelah tanam. Kacang hijau memiliki tinggi tanaman antara 53-80 cm, batang bercabang serta daun dan polong yang berbulu.

Kacang hijau diperbanyak dengan biji. Kacang hijau dapat ditanam di lahan kering maupun di lahan sawah sesudah panen padi. 7. Singkong (Manihot utilissima) Tanaman singkong atau ubi kayu merupakan tanaman berkayu yang dipanen umbinya. Daun tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai sayuran. Tanaman ubi kayu dapat menghasilkan biji, tetapi tidak digunakan untuk perbanyakan.

Tanaman ini biasanya diperbanyak dengan menggunakan stek batang. Umur tanaman ubi kayu sekitar 8-10 bulan. Tanaman ubi kayu mempunyai daya adaptasi yang luas, tetapi umumnya, ubi kayu ditanam di lahan kering. 8. Ubi Jalar (Ipomoea batatas L.) Tanaman ubi jalar adalah tanaman pangan yang memiliki batang panjang menjalar. Tipe pertumbuhannya dapat berupa semak, semak menjalar atau menjalar. Ubi jalar dapat diperbanyak dengan bagian ubi, pucuk batang dan setek batang.

hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah

Umur tanaman ubi jalar berkisar antara 4-4,5 bulan. Ubi jalar umumnya ditanam pada guludan tanah di lahan tegalan atau lahan sawah. Warna kulit umbi maupun warna daging umbi bervariasi, mulai dari umbi yang berwarna putih, krem, orange atau ungu.

sentralsoal.com - Selamat datang di situs sentral soal. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi mengolah hasil samping serealia menjadi produk pangan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran prakarya kelas VII revisi terbaru. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal materi mengolah hasil samping serealia menjadi produk pangan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran prakarya kelas VII revisi.

Gambar: freepik.com 1. Contoh bahan hasil samping dari serealia adalah . A. Oncom B. Daun singkong C. Bekatul D. Ampas tahu 2. Tepung yang dihasilkan dari serealia adalah .

A. Hunkwe B. Sagu C. Tapioka D. Terigu 3.

hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah

Air cucian beras dapat diolah menjadi produk pangan berupa . A. Nata de coco B. Nata de leri C. Nata de aloe D.

Nata de soya 4. Tajin merupakan hasil samping dari pengolahan . A. kedelai B. kacang hijau C. beras D. jagung 5. Proses pengawetan secara biologis adalah dengan peragian atau . A. Sterilisasi B. Blanching C. Fermentasi D. Pasteurisasi 6. Berikut merupakan bahan-bahan pembuatan puding tajin, kecuali . A. agar-agar B. tepung terigu C. santan D. gula 7. Tujuan pengolahan sisa hasil samping dari serealia dan umbi adalah, kecuali .

A. Meningkatkan nilai ekonomi B. Mengisi waktu biar bermanfaat C. Mengurangi pencemaran D. Memanfaatkannya menjadi produk non pangan 8. Tujuan dari mengolah bahan pangan menjadi setengah jadi adalah .

A. meninggikan harga jual, memperpendek masa simpan, variasi menu B. meningkatkan kualitas, eksploitasi alam, menghindari kejenuhan C.

meningkatkan kualitas, memperpanjang masa simpan, menghindari kejenuhan D. menurunkan harga jual, memperpanjang masa simpan, menghindari kejenuhan 9. 1) Penyajian 2) Pelaksanaan 3) evaluasi 4) Perencanaan Proses pembuatan pengolahan bahan pangan yang benar adalah . A. 2, 3, 4 dan 1 B.

4, 2, 1 dan 3 C. 1, 2, 3 dan 4 D. 4, 3, 2 dan 1 10.

hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah

Secara umum, bahan pangan setengah jadi dari serealia, kacang, dan umbi dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu . A. pipih, tebal, tipis B. pipih, bulatan, tepung C. pipih, butiran besar, butiran debu D. pipih, butiran besar, butiran halus 11. Kandungan Polifenol dapat untuk mencegah penyakit jantung dn menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, kandungan tersebut terdapat pada . A. daun ubi jalar B.

bekatul C. ampas kedelai D. kulit singkong 12. Kelompok bahan setengah jadi berbentuk butiran besar dari jenis serealia adalah . A. Kerupuk gendar, oat, tepung almond B. Aneka pasta, oat, beras instan C.

Grontol, tepung beras, oat D. Aneka pasta, oat, beras instan 13. Perhatikan gambar berikut! Gambar di atas termasuk ke dalam teknik pengolahan makanan dengan nama . A. steaming B. boiling C. baking D. grilling 14. Zat gizi dapat dikelompokkan menjadi 3 berdasarkan kegunaanya bagi tubuh, yaitu . A. penghasil sel, pembangun lemak, pembangun kalori B.

penghasil tenaga, pembangun tenaga, pembangun sel C. penghasil tenaga, pembangun sel, pengatur D. penghasil tenaga, pengatur sel, pembangun kalori 15. Mujiono membeli oleh-oleh khas Bandung berupa Brownies kukus. Ia mengamati bungkus brownies yang terbuat dari kardus berwarna-warni dan membaca beberapa informasi di dalamnya. Bungkus brownies yang dibeli Mujiono berdasarkan cerita di atas merupakan salah satu bentuk alat penyajian dan kemasan sebuah hasil olahan berupa .

A. Kemasan modern B. Penyajian Modern C. Kemasan tradisional D. Kemasan modifikasi 16. Kelompok bahan setengah jadi berbentuk butiran halus dari jenis umbi adalah . A. tepung sorgum B. tepung maizena C. tepung beras D. tepung kentang 17. Bekatul merupakan hasil samping dari tanaman .

A. kedelai B. singkong C. padi D. jagung 18. Rengginang adalah olahan setengah jadi berbentuk pipih yang berasal dari . A. serealia B. buah-buahan C. umbi-umbian D. kacang-kacangan 19. Produk hasil samping berikut yang memiliki kandungan protein tinggi adalah . A. daun ubi B. bekatul C. kulit kentang D. ampas tahu 20. Teknik memasak dengan menggunakan 2 buah panci yang berbeda ukuran di mana salah satu panci lebih kecil sering disebut dengan mengetim atau au bain marie.

Salah satu kegunaan teknik ini adalah ketika kita . A. memasak oat B. menanak nasi C. mengukus sayur D. melelehkan coklat 21. Ampas tahu dapat diolah menjadi produk makanan yaitu . A. kerupuk ampas tahu, tempe gembus B.

nata de soya, nata de leri C. kerupuk ampas tahu, nata de coco D. kecap ampas tahu, nata de leri 22. Hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah corn adalah menu olahan bahan setengah jadi dari jagung pipil yang diolah dengan menggunakan teknik . A. steaming B. stewing C. stir fry D. boiling 23.

Produk yang dihasilkan suatu bahan selain dari produk utamanya disebut . A. produk hasil samping B. produk tambahan C. produk utama D. produk sekunder 24. Olahan bahan pangan setengah jadi sering disebut juga . A. produk pangan tersier B.

produk pangan sekunder C. produk pangan primer D. produk pangan hasil samping 25. Berikut beberapa bentuk bahan samping kecuali . A. daun B. umbi C. ampas D. kulit 26. Bahan makanan penghasil tenaga adalah makanan yang mengandung .

A. vitamin B. mineral C. karbohidrat D. protein 27. Alat yang digunakan untuk mengolah makanan dengan teknik baking adalah . A. Blender B. Oven C. Magicom D. Mixer 28. Beberapa makanan disajikan dalam keadaan yang berbeda, ada yang disajikan panas dan ada pula dalam keadaan dingin.

Hal tersebut menunjukkan bahwa penyajian perlu memperhatikan . A. hiasan B. peralatan saji C. kombinasi warna D. suhu 29. Ukuran yang dimiliki dari hasil samping serealia dan umbi pada umumnya adalah . A. beragam B. sama C. sesuai D. sedang 30. Salad buah disajikan mempunyai warna yang berbeda dari berbagai macam buah. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah perlu memperhatikan . A. alat saji makanan B. komposisi warna C. bentuk/tekstur D.

rasa dan suhu makanan 31. Berikut yang termasuk hasil samping dari tanaman serealia adalah . A. pakan ternak, dan bio arang B. tongkol jagung dan kulit C. daun, kulit, dan umbi D. batang, daun, dan akar 32. Yang tidak termasuk peralatan untuk membuat puding tajin yaitu . A. mangkok B. wajan C. kukusan D. panci 33. Berikut yang tidak termasuk produk pangan setengah jadi dari serealia adalah . A.

pisang goreng B. jenang C. lepet D. bakpia 34. Alat saji yang digunakan pada penyajian puding tajin termasuk dalam . A. alat saji kuno B. alat saji modern C. alat saji tradisional D. alat saji praktis 35. Alat untuk pengemasan produk non pangan dari hasil samping serealia yang berupa briket adalah . A. mica,kertas manila B. kertas hvs, kertas buram C.

plastik, kertas koran D. kardus, kertas koran 36. Salah satu manfaat tajin diantaranya adalah . A. mengatasi masalah pencernaan B. mengatasi anemia C. meningkatkan tekanan darah D. menyembuhkan gatal 37. Untuk membuat keripik kulit kentang digunakan teknik . A. Grilling B.

Sauteing C. Shallow frying D. Deep frying 38. Cara mengawetkan tepung secara sederhana setelah selesai diproduksi adalah dengan cara .

A. dioven B. disangrai C. digoreng D. dijemur 39. Kegiatan mengolah bahan baku pangan dengan proses pengawetan baik pengawetan secara kimia, fisika ataupun mikrobiologi, menjadi aneka ragam olahan pangan setengah jadi yang digunakan selanjutnya sebagai bahan baku pangan. Pernyataan di atas merupakan definisi dari .

A. Olahan siap konsumsi B. Olahan pangan setengah jadi C. Pengolahan D. Bahan pangan 40. Produk bahan olahan setengah jadi dari beras antara lain . A. tepung, bihun, dan rengginang B. tepung moka, gablek tiwul, dan bihun C. rengginang, peyek, dan maizena D.

aneka pasta, kerupuk bawang, dan tepung 41. 1) Aman dalam distribusi dari satu tempat ke tempat lainnya. 2) Menambah biaya dalam penyimpanan 3) Tahan lama dan lebih kuat di cuaca dingin atau panas. 4) Sulit menentukan kemasan Keuntungan mengolah bahan pangan menjadi prosuk setengah jadi yang tepat ditunjukkan oleh nomor .

A. 1) dan 3) B. 2) dan 4) C. 1) dan 2) D. 2) dan 3) 42. Hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah . A. jerami B. beras C. batang D. daun 43. Metode pengolahan produk mentah menjadi produk setengah jadi berbeda dari pengolahan menjadi produk siap konsumsi.

Metode pengolahan berikut merupakan metode pengolahan bahan mentah menjadi olahan setengah jadi, kecuali . A. Pengasapan B. deep frying C. Pembekuan D. Pemanasan 44.

hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah

Mengolah hasil samping serealia dan umbi relatif mudah, diantaranya adalah . A. dibuat bahan pangan B. dibuat bahan campuran C. dibuat media tanam sayur D. dibuat hasil olahan pangan 45. Contoh bahan hasil samping dari serealia adalah . A. Daun singkong B. Ampas tahu C. Leri D. Oncom 46. Berikut contoh pengolahan hasil samping serealia adalah . A. pembuat kertas B. pellet C. arang sekam padi D. bio ethanol 47.

Alat yang digunakan untuk mengolah makanan dengan teknik baking adalah . A. Blender B. Oven C. Magicom D. Mixer 48. Produk yang dihasilkan selain produk utama disebut produk . A. pengolahan B. bahan pangan C. setengah jadi D. hasil samping 49. Berikut ini yang tidak termasuk bahan makanan jadi adalah . A. Biskuit B. Klepon C. Tapioka D. Donat 50. Alat yang digunakan untuk mengayak adalah .

A. baskom B. ayakan C. baki D. lambar 51. Salah satu metode pengolahan bahan mentah menjadi olahan setengah jadi adalah pengeringan. Tujuan utama dari metode pengeringan adalah . A. Menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada makanan B. Membersihkan bahan makanan dari lemak dan kotoran yang ada C. Mengubah tekstur bahan makanan dari lembek menjadi keras D. Mengurangi kandungan air pada ikan dan daging sampai batas yang aman untuk disimpan 52.

Produk utama dari tanaman jagung adalah . A. biji jagung B. kulit jagung C. tongkol jagung D. klobot jagung 53.

Bahan serelia yang merupakan bahan utama pembuatan tepung terigu adalah . A. Gandum B. Jagung C. Umbi D. Padi 54. Produk utama dari tanaman padi disebut .

A. bekatul B. dedak C. sekam D. gabah 55. Produk setengah jadi dengan bentuk butiran halus dari serealia, seperti . A. Beras, jagung, dan kacang B. Tepung singkong dan tepung talas C. tepung beras, tepung jagung/maizena, dan tepung terigu D. Kerupuk gender, rengginang, dan emping jagung 56.

Suatu kegiatan untuk mengurangi ukuran, bahan dengan tujuan memperbaiki kualitas pada tahapan selanjutnya disebut .

A. perebusan B. pendinginan C. pengayaan D. pengecilan ukuran 57. Berikut ini yang termasuk pengolahan bahan panas basah adalah . A. Grilling B. Baking C. Steaming D. Sauteing 58. Tujuan utama dari pengemasan adalah . A. memperbaiki barang B. mengumpulkan barang C. membungkus barang Hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah.

mencegah kerusakan 59. Makanan yang diolah dengan teknik deep frying memperoleh hasil yang . A. Halus B. Kasar C. Basah D. Kering 60. Alat pelindung badan pada saat mengolah makanan disebut . A. masker B. serbet C. celemek D. kerpus 61. Bahan pangan yang bukan merupakan hasil utama dari suatu tanaman disebut . A. Bahan setengah jadi B. Olahan makanan C. Hasil samping D. Hortikultura 62. Proses pengolahan serealia untuk menjadi bahan olahan setengah jadi salah satunya adalah penyosohan yang artinya .

A. blaching B. menghilangkan kadar air C. menghilangkan kulit biji D. penggilingan 63. Olahan makanan yang berbahan dasar tepung adalah . A. Rengginang B. Biskuit C. Jagung grontol D. Keripik tempe 64. Jagung bisa dibuat bahan setengah jadi seperti dibawah ini, kecuali .

hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah

A. bihun B. jagung pipil C. tepung maizena D. tepung tapioka 65. Memasak bahan makanan dengan uap air mendidih disebut . A. Sauteing B. Grilling C. Boiling D. Steaming 66. Didapatkan dengan menggiling beras putih sampai kehalusan yang sesuai, digunakan sebagai bahan pengental dalam produksi makanan kaleng, yaitu tepung .

A. maizena B. tapioka C. beras D. terigu 67. Olahan makanan yang diolah menggunakan teknik steaming adalah . A. Klepon B. Bubur sumsum C. Pecel D. Lambang sari 68. Keuntungan bahan pangan yang diolah menjadi bahan pangan setengah jadi, yaitu . A. menjadi bahan jadi yang fleksibel untuk industri pengolahan lanjut B. menjadi bahan yang fleksibel untuk industri pengolahan C.

menjadi bahan olahan yang fleksibel untuk industri pengolahan lanjut D. menjadi bahan baku yang fleksibel untuk industri pengolahan lanjut 69. Daun ubi jalar dapat diolah menjadi . A. Klepon B. Talam C. Nata de leri D. Sayur bening 70. Tujuan tahap evaluasi pada pengolahan makanan adalah .

A. Untuk mengevaluasi kelebihan makanan yang telah dibuat B. Untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan pada hasil olahan makanan yang telah dibuat C. Untuk mengetahui rasa makanan yang telah dibuat D. Untuk mengevaluasi kekurangan makanan yang telah dibuat
• Jerami Terdiri atas daun pelepah daun batang dan tangkai tanaman padi setelah bijinya misalkan mengandung silika dan selulosa tinggi pelapukan nya lama.

Jerami Sebagai bahan bakar pakan ternak alas atau lantai kandang bahan bangunan Musa tanaman pupuk kompos media tumbuh jamur merang dan kerajinan tangan sekam bagian pembungkus atau kulit luar biji. • Sekam Sebagai bahan baku pada industri kimia sebagai bahan baku industri bahan bangunan kandungan silika dapat digunakan untuk campuran pada pembuatan semen Portland bahan isolasi dashboard dan campuran pada industri bata merah kadar selulosa yang cukup tinggi dapat memberikan pembakaran yang rata dan stabil.

• Bekatul Bagian terluar dari bagian bulir yang terbungkus oleh sekam. Bekatul Dapat meningkatkan kesehatan tubuh memperbaiki stamina sebagai terapi untuk mengatasi berbagai penyakit. • D e d a k Hasil samping dari pemisahan beras dengan sekam kulit gabah pada gabah yang telah dikeringkan melalui proses penggilingan. Dedak Sebagai pakan ternak bahan pembuatan pupuk organik. • Menir Butiran-butiran kecil dari beras yang patah. Menir untuk pakan ternak. tirto.id - Tanaman pangan yang termasuk kebutuhan pokok atau dasar guna memenuhi kebutuhan nutrisi manusia untuk kehidupannya dibagi menjadi 3 kelompok yaitu: tanaman serealia, tanaman kacang-kacangan dan tanaman umbi-umbian.

Ketiga jenis hasil tanaman tersebut saat ini dikonsumsi oleh hampir seluruh populasi manusia di dunia. Berikut ini penjelasan tentang bahan pangan tersebut.

Hasil Samping Tanaman Serealia, Kacang-Kacangan, hingga Umbi Serealia (Cereal) Merujuk Modul PJJ Pelajaran Prakarya Kelas VIII, tanaman jenis serealia atau cereal atau biji-bijian merupakan sumber karbohidrat atau pati namun juga memiliki kandungan protein, lemak, serta serat dan hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah jenis vitamin (E, B kompleks) juga mineral (besi, magnesium, seng) dalam jumlah sedikit.

Contoh tanaman penghasil serealia adalah padi, jagung, gandum, dan sorgum. • Padi Dari tanaman padi, diambil bulir-bulir padinya yang jika sudah dipisahkan dari kulit luar atau sekam disebut sebagai beras. Beras adalah sumber karbohidrat yang tinggi glukosa atau zat gula. Glukosa ini menjadi sumber energi bagi tubuh manusia dalam beraktivitas.

Hasil samping dari tanaman padi adalah: - Berasnya menjadi bahan makanan - Bagian kulit sekamnya digunakan sebagai media tanam untuk tanaman lain. - Bagian batang dan daun kering yang diperoleh usai panen dapat menjadi bahan bakar tungku. - Bagian sisa gilingan padi berupa dedak dapat menjadi pakan ternak - Bagian berasnya jika diolah kembali dapat menjadi bahan kosmetika • Jagung Masa tanam jagung yang singkat, hanya sekira 80-150 hari membuat banyak negara menjadikan jagung sebagai sumber makanan pokok.

Tanaman ini diambil butiran bijinya yang kaya karbohidrat sebagai bahan makanan. Selain karbohidrat, jagung juga punya kandungan betakaroten yang yang membentuk vitamin A, C dan likopenyang baik untuk kesehatan kulit. Bioflavonoid dan karotenoid dalam jagung mampu membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung dan mata. Jagung juga kaya serat yang dibutuhkan dalam proses pencernaan yang ideal.

Antioksidannya disebut dapat mencegah kanker yang dipicu oleh radikal bebas. Hasil samping dari tanaman jagung adalah: - Batang dan daun untuk pakan ternak sapi dan kambing - Olahan batang dan daun bisa jadi kompos - Biji jagungnya menjadi bahan makanan manusia dan juga hewan - Batang dan daun tua menjadi bahan bakar tungku • Gandum Gandum termasuk tanaman serealia dari suku padi-padian yang kerap diolah menjadi tepung terigu. Gandum diambil bulir-bulirnya ketika sudah masa panen.

Selain terigu, tanaman ini juga diolah menjadi pakan ternak, fermentasi gandum bisa diolah menjadi minuman beralkohol dan alkohol. Banyak juga yang lebih menyukai konsumsi gandum utuh sebagai makanan pokok karena seratnya membuat kenyang lebih lama dan turunkan kolesterol.

Kandungan karbohidrat dan vitamin serta serat pada gandum baik bagi tubuh manusia. Selain itu, ada pula senyawa fitokimia yakni senyawa kimia yang mempunyai dampak positif untuk kesehatan dan mencegah kanker, laman Kemdikbud melansir. Hasil samping dari gandum: - Sebagai bahan makanan (tepung terigu, sereal, gandum utuh) - Jeraminya digunakan untuk pakan ternak • Sorgum (Sorghum spp) Tanaman ini tidak saja berguna untuk bahan makanan manusia dan ternak, namun juga digunakan untuk bahan baku industri dan bioenergi (bioetanol).

Jenis tanamannya dapat tumbuh di lahan ekstrim yang kurang subur dan pengairan terbatas sehingga potensial dijadikan alternatif diversifikasi pangan karena berbagai kelebihannya tersebut. Kandungan gizi sorgum tidak kalah dari padi yakni karbohidrat, protein, kalsium, dan serat yang lebih tinggi.

Bahkan sorgum mengandung gluten rendah sehingga tepung sorgum sehat dan baik untuk diet. Hasil samping dari sorgum: - Daunnya bisa menjadi pakan ternak - Bunga sorgum yang indah banyak dijadikan hiasan bunga rangkai - Batang sorgum menjadi lumbung bioetanol dan dapat menjadi bahan baku pembuatan pulp kertas. - Akar sorgum dijadikan jamu pelancar aliran darah Kacang-Kacangan Jenis tanaman kacang-kacangan yang digunakan sebagai bahan pangan adalah dari famili Fabaceae (polong-polongan).

Berikut ini beberapa yang digunakan sebagai bahan pangan • Kacang tanah (arachis hypogaea L) Jenis tanaman ini umum ditanam di lahan kering atau sawah setelah panen padi sebagai tanaman palawija, karena akarnya disebut mampu menyuburkan kembali tanah yang gersang. Tanaman ini diambil bijinya untuk bahan makanan, dan dari bijinya pula ia dikembangbiakan.

Masa tanam kacang tanah adalah 90-95 hari. Kandungan gizi kacang tanah diantaranya adalah: serat, protein, lemak nabati, vitamin C, A, D, E, K, B kompleks/folat). Beberapa jenis mineral juga ditemukan dalam jumlah terbatas di kacang tanah. Hasil samping dari kacang tanah adalah: - Bijinya untuk makanan - Daun dan batangnya sebagai pakan ternak • Kacang hijau (Vigna radiata) Tanaman kacang hijau tumbuh subur di wilayah tropis dan diambil bagian biji (polong) buahnya.

Kacang hijau kaya dengan protein nabati dan berbagai jenis vitamin yang baik untuk kesehatan. Kandungan gizi kacang hijau adalah: kalsium yang baik untuk tulang, fosfor, zat besi yang baik untuk mencegah anemia, vitamin B kompleks yang mencegah penyakit beri-beri dan cacat pada janin dan melancarkan ASI.

• Kedelai (Glycine Max L) Tanaman kedelai masuk familia fabaceae yang diambil biji polongnya dan diperbanyak juga dengan bagian biji tersebut. Kedelai banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan juga pakan ternak.

Kandungan gizi kedelai yang menonjol adalah protein nabati, bermanfaat untuk membangun sel tubuh. Terdapat vitamin B1, B2, dan B6 serta provitamin A, juga berbagai mineral seperti magnesium, kalium, fosfor, dan selenium serta asam omega 3 pada kedelai. Kedelai juga mengandung lemak sehat dan tidak memicu kolesterol naik sehingga aman dikonsumsi. Ada pula lesitin, isoflavon, serta vitamin E yang semua baik bagi kesehatan tubuh. Bagian daun dan batang kedelai dapat menjadi pakan ternak setelah masa panen.

Dapat juga diolah menjadi pupuk kompos. Umbi Umbi adalah perakaran yang mengalami perubahan hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah serta ukuran karena berubah fungsi menjadi penyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan. Umbi umumnya tumbuh di bawah permukaan tanah, dan bisa juga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tanaman. Berikut ini beberapa jenis umbi yang bermanfaat untuk sumber makanan manusia: • Ubi jalar (sweet potato) Memiliki kadar gizi yang tinggi, ubi jalar dikenal dengan nama ilmiah Ipomoea batatas L.

Jenisnya antara lain ada ubi ungu, ubi madu, ubi kuning, juga ubi oranye dan ubi dengan isi yang berwarna putih.

Kandungan gizinya selain karbohidrat kompleks yang baik untuk diet penderita diabetes, ada juga vitamin C, A dan beta karoten pada ubi ungu, ubi kuning dan ubi oranye yang mencegah terjadinya kanker. Serat ubi cukup tinggi dan baik untuk pencernaan, serta memiliki mineral seperti zat besi, folat dan tembaga serta mangan. • Singkong/ubi kayu Singkong memiliki akar tunggang dan akar cabang yang akan membesar seiring lamanya masa tanam dan dapat dikonsumsi jika sudah siap panen.

Singkong menjadi makanan pokok di beberapa wilayah dengan kondisi tanah yang tidak terlalu subur. Kandungan karbohidratnya tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi untuk manusia dan hewan. Selain karbohidrat, umbi singkong juga memiliki dalam jumlah sedikit protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, juga vitamin B, C dan amilum. Pakar gizi menyebut manfaat singkong adalah untuk anti kanker, antitumor, dan menambah nafsu makan. Daun singkong dikonsumsi bagian pucuk mudanya dengan nilai gizi berupa vitamin A, B1 dan C, juga kalori, kalsium, fosfor, lemak, protein, hidrat arang dan zat besi.

Kulit batang singkong mengandung tanin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat. • Talas (keladi) Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi membuat umbi talas bisa jadi bahan makanan pengganti makanan pokok. Selain ubinya, talas juga dikonsumsi daun mudanya. Daun talas juga banyak digunakan sebagai pembungkus makanan. Serat pada umbi talas baik untuk menyehatkan pencernaan, menyehatkan jantung karena membantu menurunkan kolesterol, juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Vitamin C dan B6 pada talas baik untuk imunitas tubuh, juga vitamin E untuk kesehatan jantung. Hasil samping talas adalah akar rimpangnya yang diolah menjadi bubur yang berkhasiat mengurangi encok. Getah akar rimpangnya untuk obat bisul serta getah daunnya untuk obati perdarahan luka dan bengkak. Jika dibakar sebentar, pelepah daun talas bisa jadi obat mengurangi gatal-gatal dan obat gigitan kalajengking. Bahan sisa umbi, daun dan pelepah talas juga dapat digunakan untuk pakan ternak.

• Kentang Tanaman kentang baik sekali tumbuh di wilayah dataran tinggi serta iklim tropis. Kentang banyak jadi makanan pokok penduduk Eropa dan Amerika, selain juga wilayah lainnya di dunia, karena dianggap lebih sehat daripada beras. Kandungan serat kentang bagus bagi pencernaan, dan berindeks glikemik rendah yang baik untuk mencegah diabetes. Kentang juga diyakini mencegah penyakit jantung, karena ada antioksidan dan vitamin C nya.

Hasil samping dari kentang selain untuk bahan makanan manusia dan hewan, juga dipakai untuk bahan kosmetik karena umbi kentang dapat mengurangi mata bengkak, mata panda, mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, dan membuat kulit terlihat lebih segar.
370 Buku Guru kelas VII SMPMTs Semester I nformasi untuk Guru I Jagung merupakan tanaman pangan yang terpenting setelah padi dan gandum, karena mengandung karbohidrat.

Bagian jagung yang sering dimanfaatkan sebagai produk samping yaitu : 1. Kulit jagung bermanfaat untuk pakan ternak 2. Tongkol jagung bermanfaat untuk pakan ternak, pembuatan arang tongkol briket. 3. Rambut jagung bermanfaat sebagai obat-obatan herbal. 4. Bulir jagung bermanfaat untuk pembuatan tepung jagung, sebagai bahan baku pembuatan pakan ternak.

roses Pembelajaran P Sebelum hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah informasi deskripsi tentang padi, gali terlebih dahulu informasi peserta didik tentang tanaman padi.

Gunakan metode kelompok. Tanyakan tentang : 1. Berapa jenis kelompok jagung. 2. Apakah manfaatnya bagi kehidupan manusia. engayaan P Peserta didik mencari informasi dari berbagai media tentang produk samping dari jagung yang dimanfaatkan manusia. emedial R Peserta didik mem- presentasikan salah satu produk samping dari jagung. 147 Kurikulum 2013 Prakarya berpati. Dalam proses penggilingan padi di Indonesia, dedak dihasilkan pada proses penyosohan pertama, bekatul pada proses penyosohan kedua.

Mineral yang terkandung pada bekatul yaitu kalsium Ca, Magnesium Mg, mangan Mg, zat besi Fe, kalium K, seng Zn dan vitamin B15. Bekatul secara umum mampu memberikan efek nyata dalam peningkatan dan pemeliharaan kesehatan tubuh, mempebaiki stamina dan juga sebagai terapi yang sangat aman dan efektif untuk mengatasi berbagai penyakit.

Dedak merupakan hasil samping dari pemisahan beras dengan sekam kulit gabah pada gabah yang telah dikeringkan melalui proses pemisahan dengan digiling atau ditumbuk yang dapat digunakan sebagai pakan ternak. Dedaka dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan yang digunakan pada pembuatan pupuk organic atau kompos. Hartadi dkk 1997 menyatakan bahwa dedak dengan kandungan serat kasar 6-12 memiliki kandungan lemak 14,1, protein kasar 13,8, sedangkan menurut National Research Council 1994 dedak padi mengandung energi metabolis sebesar 2100 kkalkg, protein kasar 12,9, lemak 13, serat kasar 11,4, Ca 0,07, P tersedia 0,21, serta Mg 0,22.

Hasil utama penggilingan padi adalah beras. Beras yang berhasil digiling dan digunakan adalah beras dengan hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah tertentu yang biasa disebut beras kepala.

Ukuran butir beras hasil giling dibedakan atas beras kepala, beras patah, dan menir Selama penyosohan terjadi, penekanan terhadap butir beras sehingga terjadi butir patah. Menir merupakan kelanjutan dari butir patah menjadi bentuk yang lebih kecil daripada butir patah.

Pemanfaatan menir pada bidang non pangan masih terbatas sebagai tambahan pakan ternak.

hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah

b. Jagung Produk utama tanaman jagung adalah biji jagung. Hasil samping dari tanaman jagung diantaranya, tongkol, batang tua dan muda, daun jagung dan klobot. Hasil samping tanaman jagung dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan antara lain: t Batang dan daun muda: pakan ternak t Batang dan daun tua setelah panen: pupuk hijau atau kompos t Batang dan daun kering: kayu bakar Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 5.5 Dedak Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 5.6 Menir beras Kurikulum 2013 Prakarya 371 nformasi untuk Guru I Bagian tubuh gandum bermanfaat untuk : 1.

Biji gandum digunakan sebagai makanan ternak burung pemakan biji-bijian. 2. Daun gandum sebagai pakan ternak. 3. Batang gandum sebagai pakan ternak. Bagian tubuh sorgum bermanfaat untuk : 1. Biji digunakan sebagai bahan pangan. 2. Daun sebagai pakan ternak.

hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah

3. Batang sebagai bahan baku bioetanol, gula, dan pakan ternak. roses Pembelajaran P Peserta didik dibagi beberapa kelompok untuk berdiskusi dan setiap kelompok diminta melakukan presentasi tentang pengolahan bahan pangan serealia menjadi produk non pangan.

enilaian P Penilaian dalam kegiatan diskusi: 1. Sikap yaitu percaya diri, toleransi, kerjasama dan keaktifan saat diskusi. 2. Pengetahuan yaitu kerincian, ketepatan pengetahuan, pilihan kata, kreativitas bentuk laporan. 3. Keterampilan yaitu kemampuan presentasi dan penyajian m e n g e m u k a k a n pendapat.

4. Setelah presentasi lakukan penilaian antar kelompok. 148 Kelas VIII SMPMTs Semester II t Batang jagung: lanjaran turus t Batang jagung: pulp bahan kertas t Klobot jagung: bahan kerajinan t Tongkol jagung: makanan ternak Sumber: Dok.

Kemdikbud Gambar 5.7 batang-daun muda jagung, batang-daun tua jagung, batang-daun kering jagung, klobot dan tongkol jagung c. Gandum Hasil utama gandum adalah biji. Hasil samping dari tanaman gandum berupa batang, daun, sekam hasil penggilingan gandum seperti bran adalah bagian terluar dari kulit gandum, pollard kulit gandum bagian dalam yang berupa serpihan. Bran dan pollard dimanfaatkan untuk pakan ternak unggas.

Jika brand dan pollard dicampurkan dan diproses lebih lanjut menjadi pellet pakan ternak. d. Sorgum Hasil utama sorgum yang dimanfaatkan untuk bahan pangan adalah bijinya. Selain untuk bahan pangan sorgum bisa dijadikan bioethanol yang digunakan sebagai bahan bakar. Hasil samping sorgum berupa batang dan daun masih bisa dimanfaatkan.

Pemanfatannya diantaranya: t Daun Sorgum menjadi sumber pakan ternak, tangkai daunnya bisa dijadikan kerajinan tangan dan sapu. Bunga sorgum yang juga bisa dimanfaatkan sebagai bunga kering untuk hiasan. t Batang Sorgum adalah lumbung bioetanol dan bahan pembuat kertas. Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 5.8 Tanaman Sorgum:batang dan daun sebagai hasil samping Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 5.9 Pellet sebagai hasil samping gandum 372 Buku Guru kelas VII SMPMTs Semester I nformasi untuk Guru I Kelompok umbi-umbian terdiri dari umbi akar contohnya; ubi kayu, bengkuang sedangkan ubi jalar, kentang dan gadung.

Umbi memiliki produk samping berupa kulit umbi yang dapat di manfaatkan sebagai pakan alami ternak dengan diberikan langsung pada hewan ternak dan sebagai bahan baku pembuatan pakan buatan pellet untuk hewan ternak. Selain untuk pakan ternak produk samping umbi-umbian juga berfungsi ZLIHNHPIPVÅH]VUVPKWLUNNHU[PTPU`HRKHUTLUQHKPW\W\RVYNHUPR roses Pembelajaran P Peserta didik dibagi beberapa kelompok untuk berdiskusi dan setiap kelompok diminta melakukan presentasi tentang pengolahan bahan pangan umbi menjadi produk non pangan.

149 Kurikulum 2013 Prakarya 2. Jenis Hasil Samping dari Bahan Pangan Umbi Indonesia merupakan negara penghasil singkong terbesar kedua di dunia. Singkong merupakan salah satu tanaman yang murah dan banyak terdapat di pedesaan. Seperti kita ketahui seluruh bagian singkong banyak sekali manfaatnya, seluruh bagian dari umbi singkong dapat dimanfaatkan tanpa ada yang terbuang.

Singkong hasil utamanya adalah umbinya. Daun dan kulit merupakan hasil samping dari singkong. Daun singkong diketahui mengandung senyawa biolavonoid rutin, sedangkan dari rutin dapat diperoleh senyawa biolavonoid kuersetin dengan cara menghidrolisisnya.

Semenjak tahun 1991 telah dilakukan berbagai penelitian yang berkaitan dengan daun singkong sebagai sumber rutin dan kuersetin, mulai dari aspek budidaya, teknologi isolasi dari skala laboratoriurn dan skala pilot, bioaktivitas, prefomulasi, famakokinetik dan forrnulasi sediaan obat dan kosmetik, serta sebagai antioksidan minyak dan zat pengatur tumbuh. Selain itu, hasil samping isolasi rutin dan kuersetin telah pula diteliti sebagai pakan ternak.

Kulit singkong merupakan limbah berserat yang sangat baik jika dimanfaatkan sebagai pupuk alternatif yang fungsinya seperti pupuk kandang. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak alternatif untuk mencukupi kebutuhan pakan yang murah.

Pada umumnya, hasil samping dari berbagai umbi-umbian seperti ubi jalar, talas dan ganyong adalah kulitnya yang dimanfaatkan sebagai pakan hewan ternak. Kulit dari hasil pengupasan umbi umumnya mengandung protein maupun serat yang tinggi dan banyak mengandung air, sehingga bahan-bahan tersebut menjadi mudah rusak. Sifat bahan atau hasil samping dari umbi yang banyak mengandung air ternyata memiliki keuntungan karena bahan-bahan tersebut dapat digunakan untuk makanan ternak dan sebagai pupuk untuk tanaman.

Dapatkah kamu mengidentiikasi hasil samping serealia dan umbi yang lainnya yang ada di rumahmu dan sekitarmu? Apakah hasil samping tersebut masih dapat dimanfaatkan dengan baik? Bagaimana sebaiknya sikapmu pada Tuhan dan tanah airmu? Coba cari tahu untuk memperluas wawasan pengetahuanmu Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 5.10 kulit singkong sebagai hasil samping singkong enilaian P Penilaian dalam kegiatan diskusi: 1.

Sikap yaitu percaya diri, toleransi, kerjasama dan keaktifan saat diskusi. 2. Pengetahuan yaitu kerincian, ketepatan pengetahuan, pilihan kata, kreativitas bentuk laporan. 3. Keterampilan yaitu kemampuan presentasi dan penyajian mengemukakan pen- dapat. 4. Setelah presentasi lakukan penilaian antar kelompok. Kurikulum 2013 Prakarya 373 nformasi untuk Guru I Ada berbagai macam teknik pengolahan, berupa pengecilan ukuran, pengeringan dan pengayakan.

Hal ini menjadikan dasar kita dalam menghasilkan produk non pangan yang akan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, selain itu dengan mengenal berbagai teknik pengolahan peserta didik diharapkan dapat berkreasi secara lebih inovatif. roses Pembelajaran P Pada bagian ini peserta didik menyimak dengan cara diberi kesempatan membaca aneka teknik pengolahan bahan pangan serealia dan umbi menjadi produk non pangan.

Model pembelajaran individual Individual Learning dapat diterapkan untuk materi ini. Dengan diberi kesempatan untuk belajar secara mandiri diharapkan pemahaman secara konsep akan lebih mudah dicerna. Selingi dengan metode tanya jawab secara interaktif agar pemahaman peserta didik bertambah. nteraksi Orang Tua I Komunikasikan dengan orang tua agar hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah peserta didik dalam proses pemahaman tentang teknik pengolahan.

150 Kelas VIII SMPMTs Semester II C. Teknik Pengolahan Beberapa jenis produk non pangan dari hasil samping serealia dan umbi, telah dimanfaatkan sejak dulu seperti pupuk organik, kompos dan pakan ternak, saat ini telah di kembangkan pemanfaatan limbah sereal menjadi bioplastik, biofuel dan briket.

Bahan-bahan tersebut umumnya dimaksudkan untuk mengurangi pencemaran lingkungan, memanfaatkan limbah atau hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan yang lebih bermanfaat bagi kehidupan, serta untuk meningkatkan nilai ekonomi dari hasil samping tersebut. Produk non pangan apa saja yang dibuat dari hasil samping serealia dan umbi yang dapat dijumpai di daerah kamu?

Teknik pengolahan hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan yang umum diterapkan adalah pengecilan ukuran, pengayakan, dan pencampuran. Berikut ini diuraikan teknik pengolahan yang sering diterapkan pada pengolahan hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan: 1. Pengecilan ukuran Pengecilan ukuran adalah suatu kegiatan untuk mengurangi atau memperkecil ukuran bahan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pada tahapan pengolahan selanjutnya.

Kegiatan pengecilan ukuran berupa pemotongan dan penghancuran, pemotongan adalah mengurangi ukuran padatan menjadi ukuran yang lebih kecil sesuai dengan pengolahan berikutnya sedangkan penghancuran adalah pengurangan ukuran padatan menjadi partikel-partikel yang lebih kecil biasanya penghancuran berupa penggilingan. Alat pengecil ukuran yang sederhana dapat menggunakan pisau atau golok atau alat yang lebih canggih seperti penghancur tongkol jagung atau pencacah pohon jagung dan yang sejenis.

Hasil samping serealia dan umbi yang ada di sekitar kita umumnya memiliki ukuran yang beragam. Ada hasil samping serealia dan umbi yang berukuran relatif besar seperti tongkol jagung, batang jagung, daun jagung dan jerami padi, kulit singkong, kulit ubi jalar dan sebagainya.

Namun demikian, ada pula hasil samping serealia dan umbi yang memiliki ukuran relatif kecil, seperti: dedak dan bekatul padi. 2. Pengeringan Pengeringan merupakan metode tertua untuk mengawetkan bahan pangan maupun non pangan.

Pada pengeringan bahan non pangan akan terjadi penurunan kadar air sampai kadar air 374 Buku Guru kelas VII Hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah Semester I nformasi untuk Guru I Bagian ini terdapat Lembar Kerja -2 yang menugaskan peserta didik melakukan kegiatan study pustaka dengan cara pengamatan pada berbagai media.

Pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran kelompok cooperative learning. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan, kerjasama, toleransi, disiplin, mandiri, dan tanggung jawab. roses Pembelajaran P Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu tugaskan untuk melakukan studi pustaka di berbagai media. Sebelumnya guru meminta peserta didik mempelajari perintah tugas dan lembar kerja dahulu. Setelah melakukan studi pustaka, peserta didik membuat laporan dan mempresentasikannya di depan kelas.

enilaian P Aspek yang dinilai dari tugas kelompok yaitu kerincian, ketepatan, pengetahuan, pilihan kata, kreativitas bentuk laporan dan perilaku. 151 Kurikulum 2013 Prakarya tertentu sesuai dengan yang dikehendaki.

Selama pengeringan terjadi penguapan air yang terdapat dalam bahan non pangan. Oleh sebab itu, bahan non pangan yang dikeringkan akan terjaga keawetannya karena kandungan airnya rendah sehingga organisme pembusuk tidak dapat tumbuh dan berkembang biak. Pengeringan dapat dilakukan dengan cara mengeringkan bahan non pangan di bawah sinar matahari maupun dengan menggunakan alat pengering.

Selain manfaat di atas, pengeringan bahan non pangan juga bertujuan untuk memperkecil volume tempat penyimpanan dibandingkan dengan bahan non pangan yang masih segar. Disamping itu, bahan non pangan kering akan tahan lama bila disimpan dan lebih eisien dalam proses pengangkutan maupun distribusi. 3. Pengayakan Pengayakan merupakan kegiatan untuk menyeragamkan ukuran bahan non pangan sebelum dilakukan pengolahan lebih lanjut.

hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah

Pengayakan digunakan untuk memisahkan bahan non pangan sesuai dengan tujuan pengolahan bahan non pangan berikutnya. Alat yang digunakan untuk mengayak dikenal dengan nama ayakan. Alat yang digunakan untuk mengayak bahan non pangan dari serealia dan umbi berbeda dengan alat yang digunakan untuk mengayak tepung.

Tugas Kerja Kelompok Pengamatan melalui studi pustaka 1. Carilah informasi dari berbagai media majalah, koran, buku dan internet kegunaan produk samping dari serealia dan umbi. 2. Setiap kelompok mencari satu informasi tentang produk dari hasil samping serealia atau umbi.

3. Presentasikan hasil penelusuran kelompokmu Lihat LK-2 Parts » Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Tujuan Mata Pelajaran Prakarya di SMP Karakteristik » Penggunaan Material dan Media Hasil Pembelajaran » Kompetensi Inti Kompetensi Dasar » Bahan dan Proses Limbah Organik » Prinsip Pengolahan Limbah Organik » Produk Kerajinan dari Bahan Limbah Organik » Kemasan untuk Produk Kerajinan dari Bahan Limbah Organik » Kerajinan Modifikasi Paduan Bahan Limbah Organik » Kerajinan Modifikasi dari Bahan Limbah Organik dengan Menyederhanakan atau » Kemasan untuk Produk Kerajinan Modifikasi dari Bahan Limbah Organik » Berkarya Kerajinan Modifikasi dari Limbah Organik » Sumber Listrik DC Searah » Komponen elektronika pasif i.

Resistor » Komponen elektronika aktif i. Dioda » Jenis Produk Rekayasa Penghasil Bunyi Bersumber Arus Listrik DC dan Manfaatnya » Peralatan Untuk Membuat Produk Rekayasa Penghasil Bunyi » Kipas Angin Blender Jenis Produk Rekayasa Penghasil Gerak Bersumber Arus Listrik DC » Mixer Jenis Produk Rekayasa Penghasil Gerak Bersumber Arus Listrik DC » Peralatan Untuk Membuat Produk Rekayasa » Membuat Perahu Mainan dengan Sumber Arus Listrik DC » Wadah Budidaya Ikan Konsumsi » Jenis Wadah Tempat Budidaya Ikan Konsumsi » Persiapan Wadah Budidaya Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Budidaya Pembesaran Ikan Konsumsi » Jenis-Jenis Ikan Konsumsi Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Tahapan Budidaya pembesaran Ikan Konsumsi » Serealia dan Umbi Menjadi Makanan » Pengertian Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Jenis dan Manfaat Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Jenis Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Teknik Pengolahan Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Tahapan Pengolahan Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Kerupuk Rengginang a.

Perencanaan » Jagung Pipil Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Tiwul Instan Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Perencanaan Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » PelaksanaanPembuatan Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Limbah anorganik lunak Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Prinsip Pengolahan Limbah Anorganik » Produk Kerajinan dari Bahan Limbah Anorganik » Mengenal Kerajinan dari Bahan Anorganik » Kemasan untuk Produk Kerajinan dari Bahan Limbah Anorganik » Berkarya Kerajinan dari Limbah Anorganik a.

Perencanaan » Identiikasi Kebutuhan Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Modiikasi Produk Kerajinan dari Bahan Limbah Anorganik » Kerajinan Modifikasi Paduan Bahan Limbah Anorganik » Kerajinan Modifikasi dari Bahan Limbah Anorganik dengan Menyederhanakan atau » Membuat Produk Rangkaian Pengubah Besaran Listrik » Jenis Produk Rekayasa Penghasil Pengubah Besaran listrik dan Manfaatnya » Membuat Lampu Alternatif pada Saat Mati Lampu » Persiapan Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Peralatan dan Bahan Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Membuat Produk sensor Menggunakan Teknologi Kelistrikan » Membuat Lampu Otomatis Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Gambar Rangkaian: Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Wadah Budidaya Ikan Hias » Jenis-jenis wadah budidaya ikan hias, jenis ikan yang dibudidayakan pada wadah » Jenis-Jenis Wadah Budidaya Ikan Hias » Desain dan Kontruksi Wadah » Presentasikan hasil penelusuran kelompok kamu LK-2 » Jenis-jenis wadah budidaya ikan hias, jenis ikan yang dibudidayakan pada wadah Presentasikan di muka kelas serta disimpulkan Lihat LK-3 berikut ini » Budidaya Pemeliharaan Ikan Hias » Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar » Halfmoon setengah bulan, cupang jenis ini hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah » Crowntail ekor mahkota atau serit, cupang jenis ini » Plakat Halfmoon Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Blue tangs Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Yellow Tangs Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Clownish Badut Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Butterfly ish Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya hasil samping dari tanaman padi yang berupa batang adalah Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Sarana Produksi dan Teknik Budidaya Ikan Hias » Tahapan Budidaya Ikan Hias » Jenis makanan khas Indonesia dari bahan baku olahan pangan setengah jadi dengan bentuk » Teknik Pengolahan Jenis makanan khas Indonesia dari bahan baku olahan pangan setengah jadi dengan bentuk » Teknik Pengolahan Makanan Panas Basah Moist Heat » Kombinasi warna Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Bentuk, tekstur dan kekentalan » Rasa dan suhu Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Alat saji makanan Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Hiasangarnish Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Jenis dan Manfaat Penyajian » Jenis Hasil Samping dari Bahan Pangan Serealia » Teknik Pengolahan Jenis Hasil Samping dari Bahan Pangan Umbi » Pengecilan ukuran Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com » Pengeringan Buku Guru Kelas 8 SMP Prakarya 2014 Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com Show more
Preview soal lainnya: Ujian Prakarya SMP Kelas 9 Perhatikan pernyataan berikut!

1. Meningkatkan harga jual. 2. Melindungi produk. 3. Mudah didapat dan aman bagi kesehatan. 4. Memperindah penampilan produk 5. Bahan harus berasal dari bahan alami Pernyataan di atas yang merupakan fungsi utama pengemasan produk kerajinan yang tepat ditunjukkan pada nomor …. A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 2, 3, dan 4 D. 3, 4, dan 5 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Materi Latihan Soal Lainnya: • Seni Musik - Seni Budaya SMP Kelas 9 • Kuis Matematika SD Kelas 2 • MID Semester 1 Ganjil Bahasa Inggris SMP Kelas 9 • PTS IPS Tema 6 SD Kelas 6 • Perubahan Sosial dan Globalisasi - IPS SMP Kelas 9 • UTS PPKn SMP Kelas 7 • Ulangan IPS Bab 3 SMP Kelas 7 • Harmoni Keberagaman di Indonesia - PPKn SMP Kelas 9 • Ulangan Sosiologi SMA Kelas 11 • Penilaian Harian Bahasa Indonesia Tema 4 - SD Kelas 5 Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • •

EM4 PERTANIAN ! INILAH MANFAAT DAN BAHAYA EM4 YANG BELUM DIKETAHUI




2022 www.videocon.com