Vven27.blogspot.com ipa kelas 7

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

Privacy Policy Sora Studio built the IPA KELAS 7 SEMESTER 2 app as a Free app. This SERVICE is provided by Sora Studio at no cost and is intended for use as is. This page is used to inform visitors regarding my policies with the collection, use, and disclosure of Personal Information if anyone decided to use my Service. If you choose to use my Service, then you agree to the collection and use of information in relation to this policy.

The Personal Information that I collect is used for providing and improving the Service. I will not use or share your information with anyone except as described in this Privacy Policy. The terms used in this Privacy Policy vven27.blogspot.com ipa kelas 7 the same meanings as i (BAB I) Pembelahan Mitosis Pembelahan mitosis merupakan tipe pembelahan sel yang menghasilkan 2 sel anakan.

Sel anakan tersebut mempunyai karakter identik secara genetik dengan sel induk. Artinya, kedua sel anakan yang terbentuk mempunyai susunan genetika yang sama, termasuk sama dalam jumlah kromosom dengan induknya.

Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah 2n atau disebut dengan diploid. Sel diploid adalah sel-sel yang kromosomnya berpasangan (2n). Pembelahan meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel anakan yang masing-masing sel anakan hanya memiliki separuh dari jumlah kromosom sel induk.

Dapat dikatakan bahwa jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah n atau disebut dengan vven27.blogspot.com ipa kelas 7. Oleh karena itu, meiosis disebut sebagai pembelahan reduksi. kata “seminiferus” berasal dari kata “semen” yang artinya sperma. Jadi tubulus seminiferus adalah saluran panjang yang berkelok-kelok tempat pembentukan sperma. Proses pembentukan sperma pada saluran tersebut terjadi secara bertahap.

Diawali dari sel induk sperma atau spermatogonium yang bersifat diploid (2n). Selanjutnya, sel spermatogonium mengalami pembelahan secara mitosis maupun meiosis dan mengalamidiferensiasi atau perkembangan sehingga terbentuk sel sperma atau spermatozoa yang memiliki ekor.

Sel sperma yang terbentuk tersebut bersifat haploid (n). dari menebalnya dinding rahim adalah untuk mempersiapkan tempat melekatnya embrio apabila sel telur dibuahi oleh sperma. Fungsi lain dari hormon estrogen adalah memicu kembali kelenjar pituitari untuk menghasilkan hormon FSH dan LH Hormon. LH terus diproduksi dan meningkat secara mendadak. Peningkatan hormon LH ini akan memicu pengeluaran sel telur dari folikel yang telah matang, proses ini disebut ovulasi.

masuk ke dalam sel telur dan meninggalkan bagian ekornya di luar sel telur. Proses inilah yang mengawali terjadinya fertilisasi. Fertilisasimerupakan proses peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur sehingga membentuk zigot. Proses fertilisasi ini terjadi di dalam tuba fallopi.Zigot yang terbentuk setelah terjadinya fertilisasi akan melakukan pembelahan, selanjutnya berkembang menjadi embrio yang akan menuju ke rahim kemudian tertanam (implantasi) ke dalam endometrium.

Pada kondisi ini seseorang mengalami kehamilan. Gonorhoe disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gejala penyakit ini adalah rasa sakit dan keluar nanah pada saat kencing, serta keputihan berwarna kuning hijau pada wanita.

Penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan pada bayi yang baru lahir. penyakit Gonorhoe disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit herpes simplex genitalis disebabkan oleh virus Herpes simplex tipe II, yang menyerang kulit di daerah genitalia luar, anus, dan vagina. Gejala penyakit ini berupa gatal-gatal, pedih, dan kemerahan pada kulit di daerah kelamin. Pada daerah tersebut kemudian timbul beberapa lepuh kecil-kecil, selanjutnya lepuh menjadi pecah dan menimbulkan luka.

Penyakit herpes sulit sekali sembuh dan sering kambuh setelah beberapa bulan atau tahun. Keputihan yaitu penyakit kelamin yang terjadi pada perempuan dengan ciri-ciri terdapat cairan berwarna putih kekuningan atau putih keabu-abuan pada bagian vagina. Cairan tersebut bersifat encer maupun vven27.blogspot.com ipa kelas 7, berbau tidak sedap dan bisa menyebabkan rasa gatal.

Penyakit ini bisa diakibatkan oleh infeksi jamur Candida albicans, Penyakit ini terjadi pada pria. Epididimitis adalah peradangan pada saluran epididimis yang disebabkan oleh infeksi atau karena terkena penyakit menular seksual. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri disertai pembengkakan pada salah satu testis.

Salah satu penyebab terjadinya penyakit ini adalah perilaku seks bebas. • Reproduksi aseksual adalah reproduksi tumbuhan atau hewan tanpa melewati proses fertilisasi. Reproduksi aseksual menggunakan organ tubuh ataupun bagian tubuh hewan ataupun tumbuhan • Reproduksi seksual adalah reproduksi yang melalui proses fertilisasi, yaitu proses peleburan inti sel kelamin jantan (sel sperma) dan inti sel kelamin betina (sel telur). • Reproduksi aseksual alami tumbuhan Angiospermae dengan menggu nakan rhizoma (jahe, kunyit, lengkuas, temulawak), stolon (stroberi), umbi lapis (bawang)umbi batang (kentang), kuncup adventif daun (cocor bebek), dan anakan.

• Reproduksi aseksual buatan dapat dilakukan melalui cangkok, merunduk, menyambung, menempel dan setek. Reproduksi seksual pada tumbuhan • Tumbuhan paku mengalami tahap gametofit dan sporofit pada tahap gametofi yaitu dengan diha silkannya sel kelamin. Sel kelamin jantan dan betina yang dihasilkan akan mengalami fertilisasi. Tahapan selanjutnya adalah sporofit,fertilisasi akan tumbuh menjadi tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora.

• Tumbuhan Lumut (Bryophyta) mengalami reproduksi seksual dan aseksual pada satu kali siklus hidupnya. Reproduksi seksual dengan menghasilkan gamet jantan dan gamet betina, yaitu pada tahap gametofit. pada tahap sporofit menghasilkan spora. Reproduksi lumut secara aseksual dapat melalui gemmae atau kuncup. • Beberapa hewan dapat mengalami tahap reproduksi seksual dan tahap reproduksi aseksual dalam satu kali siklus hidup, misalnya pada ubur-ubur.

• Beberapa hewan dapat mengalami metamorfosis atau perubahan struktur tubuh tiap tahap pertumbuhan dan perkembangannya. Metamorfosis da pat digolongkan menjadi metamorfosis sempuna dan metamorfosis tidak sempurna. • Teknologi reproduksi pada hewan ialah melalui inseminasi buatan. • Hewan dan tumbuhan terjaga kelangsungan hidupnya selain melalui reproduksi juga melalui peristiwa adaptasi dan seleksi alam Atom tersusun atas partikel-partikel penyusun atom atau partikel subatom yaitu neutron (n), proton (p), dan elektron (e).

Neutron dan proton membentuk inti atom. Elektron menempati kulit-kulit atom yang ada di sekitar inti. Elektron-elektron tersebut mengelilingi inti dengan kecepatan tinggi membentuk awan elektron. Elektron dan proton merupakan partikel subatom yang mempunyai muatan berlawanan, sedangkan neutron tidak bermuatan.

Elektron memiliki muatan negatif sedangkan proton memiliki muatan positif. Selain disusun oleh molekul yang berbeda, sifat-sifat suatu materi atau benda yang berbeda juga dapat disebabkan oleh perbedaan susunan molekul-molekul dalam materi itu.

Ada beberapa teori perkembangan atom, yaitu teori Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan teori atom modern.Partikel subatom, misalnya elektron banyak digunakan dalam berbagai bidang, misalnya dalam mikrokskop elektron dan sinar-X.

Setiap atom memiliki nomor atom dan nomor massa. Nomor atom menunjukkan jumlah proton, sedangkan nomor massa menunjukkan penjumlahan proton dan neutron.

Molekul dan atom yang menerima atau melepas elektron menjadi bermuatan dan membentuk ion. jika benda bermuatan listrik positif didekatkan dengan benda bermuatan listrik negatif maka akan saling tarik menarik. Sebaliknya, jika benda bermuatan listrik positif didekatkan dengan benda bermuatan listrik positif, vven27.blogspot.com ipa kelas 7 benda bermuatan listrik negatif didekatkan dengan benda bermuatan listrik negatif akan saling tolak menolak.

Interaksi kedua muatan tersebut merupakan gejala sederhana listrik statis.
Rangkuman dapat diartikan sebagai suatu hasil merangkum atau meringkas suatu tulisan atau pembicaraan menjadi suatu uraian yang lebih singkat dengan perbandingan secara proporsional antara bagian yang dirangkum dengan rangkumannya Disini saya akan memberikan sedikit ilmu berupa rangkuman materi kelas 7 ''Ipa dan Pkn'' ,yang lebih mudah dipahamai dan dimengerti.

berikut ini adalah rangkumannya: RANGKUMAN Materi Ipa Kelas 7 Semester 1 dan 2 Besaran dan Pengukuran • Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka, sedangkan satuan adalah besaran pembanding yang digunakan dalam pengukuran.

• Besaran pokok terdiri dari panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, jumlah zat, dan intensitas cahaya. Dari besaran pokok tersebut vven27.blogspot.com ipa kelas 7 diturunkan besaran turunan seperti luas, volume, kecepatan, gaya, dan sebagainya. • Alat-alat yang digunakan untuk pengukuran besaran panjang antara lain mistar, rol meter, jangka sorong, dan mikrometer sekrup. • Alat untuk mengukur besaran massa disebut timbangan atau neraca.

Terdapat bermacam-macam jenis timbangan atau neraca sesuai kegunaannya. • Alat pengukuran waktu adalah jam dan stopwatch. Stopwatch digunakan dalam pengukuran waktu yang membutuhkan ketelitian seperti mencatat waktu dalam perlombaan olahraga lari, renang, balap mobil, dan sebagainya.

• Suhu adalah besaran untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan. Alat pengukuran suhu adalah termometer. • Ada empat skala satuan suhu, yaitu Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin dengan konversi sebagai berikut: • t °C = 5 / 9 (t °F – 32) atau t °F = 9 / 5 t °C + 32 • t °C = 5 / 4 t °R atau t °R = 4 / 5 t °C • t °C = t K – 273 atau t K = t °C + 273 Klasifikasi Zat • Semua zat kimia merupakan asam, basa dan garam. • Asam memiliki sifat antara lain rasanya masam, menghantarkan arus listrik, jika dilarutkan dalam air akan melepaskan ion hidrogen, mengubah lakmus biru menjadi merah dan korosif terhadap logam.

• Basa memiliki sifat licin jika terkena kulit, menghantarkan arus listrik, jika vven27.blogspot.com ipa kelas 7 dalam air akan melepaskan ion hidroksida, mengubah lakmus merah menjadi biru dan menetralkan asam. • Garam bersifat menghantarkan arus listrik (dalam bentuk lelehan) dan tidak mengubah warna kertas lakmus merah maupun biru. • Untuk mengidentifikasi asam, basa, dan garam digunakan indikator alami (ekstrak kulit manggis, kubis ungu dan bunga sepatu) dan indikator buatan (kertas lakmus, indikator universal, dan pH meter).

• Tingkat keasaman dinyatakan dengan angka 1 - 14. Larutan bersifat asam jika pH kurang dari 7, larutan netral memiliki pH 7 dan larutan basa memiliki pH lebih dari 7. • Jenis zat kimia yang utama dibedakan menjadi unsur, senyawa, dan campuran.

• Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia sederhana.

• Nama unsur dapat dinyatakan dengan lambang unsur. Lambang unsur yang kita gunakan sekarang ini menurut usulan Berzelius. • Senyawa merupakan zat yang tersusun atas dua unsur atau lebih yang bergabung secara kimia dengan perbandingan massa tertentu.

Rumus kimia dari senyawa dinyatakan dengan Ax Bydi mana A dan B menyatakan lambang unsur penyusun sedangkan x dan y menyatakan jumlah relatif atom A dan B dalam senyawa. • Campuran merupakan materi yang tersusun atas dua jenis zat atau lebih dengan perbandingan tidak tetap. Campuran dibedakan atas campuran homogen (larutan) dan campuran heterogen (suspensi dan koloid). Bab. 3 Wujud Zat dan Perubahannya • Berdasarkan wujudnya, zat dibedakan atas zat padat, cair, dan gas.

• Zat padat memiliki bentuk tetap, volume tetap, umumnya mempunyai massa jenis besar, susunan partikelnya teratur dan jarak antarpartikel sangat dekat. • Zat cair memiliki bentuk tidak tetap (mengikuti wadah), volume tetap, mempunyai massa jenis sedang, susunan partikelnya kurang teratur dan kurang rapat.

• Zat gas memiliki bentuk mengikuti bentuk wadahnya, volume tergantung tempatnya, massa jenis sangat kecil, dan jarak antar partikelnya sangat jauh. • Massa jenis menyatakan perbandingan antara massa dan volume suatu zat.

• Zat padat mengalami muai panjang, luas, dan volume. Zat zair dan zat gas mengalami muai volume. • Pengetahuan pemuaian berguna dalam pemanfaatan bimetal, pengelingan, pemasangan bingkai besi pada roda, dan pemasangan kaca jendela. • Kalor berperan dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda. • Kalor yang diperlukan dalam perubahan suhu zat dirumuskan: Q = m · c · ∆T. • Proses penguapan dipercepat dengan memperluas permukaan, mengurangi tekanan pada permukaan, memanaskan atau menaikkan suhu zat, dan meniupkan udara di atas permukaan.

• Asas Black menyatakan kalor yang dilepaskan sama dengan kalor yang diterima. • Perpindahan kalor dapat melalui tiga cara yaitu konveksi, konduksi, dan radiasi.

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

• Termos merupakan alat yang berguna mencegah perpindahan kalor secara konveksi, konduksi, dan radiasi. Bab. 4 Perubahan Fisika dan Kimia • Sifat suatu materi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sifat fisika dan sifat kimia. • Sifat fisika adalah sifat materi yang dapat dilihat secara langsung dengan indra. Sifat fisika suatu materi antara lain wujud zat, kekeruhan, kekentalan, kelarutan, titik didih, titik leleh dan warna. • Sifat kimia suatu materi merupakan sifat yang dihasilkan dari perubahan kimia.

Sifat kimia suatu materi antara lain mudah tidaknya suatu materi terbakar, berkarat dan busuk. • Campuran tersusun atas beberapa unsur atau senyawa secara fisika dengan perbandingan tidak tetap.

• Campuran dapat dipisahkan berdasarkan sifat fisika. Metode pemisahan campuran antara lain filtrasi, sentrifugasi, evaporasi, distilasi, kromatografi dan sublimasi. • Air perlu diolah sebelum dikonsumsi dan memenuhi persyaratan kualitas dari segi fisika, kimia, dan biologis. • Cara sederhana untuk menjernihkan air meliputi pengendapan, penyaringan, dan koagulasi. • Perubahan materi dibedakan menjadi perubahan fisika dan perubahan kimia.

• Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak vven27.blogspot.com ipa kelas 7 zat yang jenisnya baru sedangkan perubahan kimia adalah perubahan yang menimbulkan zat yang jenisnya baru. • Peristiwa perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari antara lain perubahan wujud, bentuk, ukuran, volume, bentuk energi, dan karena pelarutan.

• Peristiwa perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari antara lain karena pembakaran, perkaratan dan pembusukan. • Perubahan fisika dan perubahan kimia bermanfaat dalam industri, misal industri obat-obatan dan plastik. • Reaksi kimia merupakan peristiwa perubahan kimia dari zat-zat yang bereaksi (reaktan) menjadi zat-zat hasil reaksi (produk). • Terjadinya reaksi kimia ditandai dengan timbulnya perubahan warna, terbentuk endapan, terjadi perubahan suhu, dan timbul gas.

• Gerak lurus adalah suatu gerak yang mempunyai lintasan lurus. Besaran-besaran dalam gerak lurus antara lain jarak, perpindahan, kelajuan, dan kecepatan. • Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda tanpa memerhatikan arah.

• Perpindahan adalah panjang lintasan yang ditempuh benda dengan memperhatikan arahnya. • Kelajuan adalah perubahan jarak terhadap posisi awalnya dalam suatu selang waktu tertentu tanpa memperhatikan arahnya • Kecepatan adalah kelajuan dengan memperhatikan arahnya. • Kelajuan rata-rata adalah hasil bagi lintasan total yang ditempuh suatu benda dengan selang waktu total yang diperlukan untuk menempuh lintasan tersebut.

Kecepatan rata-rata = lintasan yang ditempuh / waktu total • Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak suatu benda pada lintasan yang lurus di mana pada setiap selang waktu yang sama, benda tersebut vven27.blogspot.com ipa kelas 7 jarak yang sama (gerak suatu benda pada lintasan yang lurus dengan kelajuan tetap).

• Pada gerak lurus beraturan, perpindahan (s) benda dapat ditentukan dengan persamaan sebagai berikut. s = so + v. t • Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda yang menempuh lintasan lurus dan mengalami perubahan kecepatan yang sama setiap sekonnya atau mengalami percepatan yang sama.

• Pada gerak lurus berubah beraturan, perpindahan (s) benda dapat ditentukan dengan persamaan sebagai berikut. s = s 0 + v 0. t + ½ at 2 Bab. 6 Gejala Alam dan Kerja Ilmiah • Sains berkembang dari melalui pengamatan dan percobaan.

Objek pengamatan dapat berupa gejala kejadian maupun gejala kebendaan, baik objek biotik maupun abiotik. Percobaan dilakukan dengan metode ilmiah dan peneliti harus juga harus bersikap ilmiah, sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. • Pengamatan atau observasi dapat menggunakan indra maupun dengan bantuan alat ukur. Pengamatan dengan indra menghasilkan data kualitatif, sedangkan pengamatan dengan alat ukur menghasilkan data kuantitatif.

Untuk mempermudah, data dapat disajikan dalam bentuk tabel, gambar, diagram, grafik, dan sebagainya. • Eksperimen dilakukan dengan metode ilmiah. Urutan metode ilmiah yaitu merumuskan masalah, menyusun hipotesis, melakukan penelitian, mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data, dan membuat kesimpulan.

Hasil eksperimen harus dikomunikasikan dengan orang lain sehingga pengetahuannya bermanfaat. • Mikroskop merupakan alat bantu untuk mengamati benda yang berukuran sangat kecil. Perbesaran total yang dihasilkan mikroskop dapat dihitung dari perbesaran lensa objektif dikalikan perbesaran lensa okuler. • Semua kegiatan eksperimen atau penelitian harus memperhatikan keselamatan kerja.

Keselamatan kerja dapat ditingkatkan dengan mengenal sifat bahan kimia di laboratorium, memahami cara kerja alat, dan menggunakan peralatan kerja yang tepat. Bab. 7 Keanekaragaman Makhluk Hidup • Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakan dengan makhluk tak hidup dan benda mati.

Ciri-ciri makhluk hidup adalah bernapas, memerlukan makanan, bergerak, peka terhadap rangsangan, adaptasi, berkembang biak, tumbuh dan berkembang, dan mengeluarkan zat sisa.

• Makhluk hidup yang ada di bumi sangat beraneka ragam. Keanekaragaman vven27.blogspot.com ipa kelas 7 terdapatnya perbedaan ciri dan sifat pada makhluk hidup yang berlainan jenis. Sedangkan variasi adalah terdapatnya perbedaan ciri dan sifat pada makhluk hidup yang sejenis. • Untuk memudahkan mempelajari makhluk hidup yang beraneka ragam, dibuat sistem pengelompokan atau klasifikasi.

Klasifikasi sistem filogeni vven27.blogspot.com ipa kelas 7 dari mula-mula sistem dua kingdom (Plantae dan Animalia) hingga menjadi sistem lima kingdom (Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia). • Setiap makhluk hidup diberi nama ilmiah yang berlaku secara internasional. Tata nama ilmiah mengacu pada sistem binomial nomenklatur yang diusulkan oleh Carolus Linnaeus.

• Dalam sistem klasifikasi setiap makhluk hidup mempunyai tingkatan takson berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri dengan makhluk hidup yang lain. Untuk menentukan nama jenis atau tingkatan takson suatu makhluk hidup dapat menggunakan kunci determinasi.

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

• Organisasi kehidupan merupakan urutan tingkatan organisasi pada makhluk hidup, yaitu makhluk hidup tersusun atas sel, sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan. Beberapa jaringan membentuk organ. Dan beberapa organ menyusun sistem organ. • Sel-sel yang menyusun makhluk hidup mempunyai struktur dasar yang sama, yaitu terdiri dari membran sel, sitoplasma, dan inti sel. Selain itu sel mempunyai organela, misalnya mitokondria, retikulum endoplasma, ribosom, plastida, vakuola, badan golgi, dan lisosom.

• Jaringan merupakan sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Contoh jaringan pada hewan dan vven27.blogspot.com ipa kelas 7 adalah jaringan epitel, ikat, otot, dan saraf. Jaringan pada tumbuhan misalnya jaringan meristem, parenkim, sklerenkim, kolenkim, xilem, dan floem.

• Beberapa jaringan bekerjasama membentuk organ. Contoh organ pada hewan dan manusia adalah mulut, lambung, usus, paru-paru, kulit, mata, dan ginjal. Contoh organ pada tumbuhan yaitu akar, batang, dan daun. • Beberapa organ saling bekerja sama dalam suatu sistem organ. Organisme tingkat tinggi mempunyai beberapa sistem organ.

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

Misalnya sistem pernapasan tersusun dari organ hidung, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru Bab. 8 Ekosistem dan Pelestarian Sumber Daya Hayati vven27.blogspot.com ipa kelas 7 Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ekosistem disusun oleh komponen vven27.blogspot.com ipa kelas 7 berupa makhluk hidup dan komponen abiotik. • Setiap makhluk hidup menempati tempat yang sesuai yang disebut habitat. Setiap makhluk hidup juga mempunyai peranan tertentu yang disebut nisia.

Dalam ekosistem terdapat tingkatan trofik komponen biotik, yaitu ada organisme yang berperan sebagai produsen, konsumen primer, konsumen sekunder, konsumen tersier, konsumen puncak, dan pengurai. • Dalam ekosistem terdapat tingkatan organisasi makhluk hidup penyusunnya. Individu-individu sejenis menyusun populasi, beberapa populasi makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan membentuk komunitas. Komunitas dengan lingkungannya membentuk suatu ekosistem.

Beberapa ekosistem membentuk bioma dan keseluruhan bioma dan ekosistem di bumi menyusun biosfer. • Di dalam ekosistem yang seimbang, komponen penyusun ekosistem selalu berada dalam komposisi yang seimbang. Ekosistem bersifat dinamis dan selalu mengalami perubahan. Perubahan suatu ekosistem menuju keseimbangan dalam jangka waktu yang lama disebut suksesi. • Komponen penyusun ekosistem selalu berinteraksi baik sesama komponen biotik maupun antara komponen biotik dengan komponen abiotik.

Interaksi ini membentuk jaring-jaring kehidupan yang terdiri dari rantai makanan, jaring-jaring kehidupan, dan piramida makanan. • Hubungan antarorganisme dalam suatu ekosistem dapat berupa hubungan netral, simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme, kompetisi, dan predasi. • Keanekaragaman makhluk hidup berfungsi sebagai sumber pangan, pakaian, perumahan, kesehatan.

Keanekaragaman juga memberi manfaat secara ekonomi, ekosistem, dan keilmuan.

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

• Beberapa upaya pelestarian keanekaragaman hayati adalah dengan membuat undang-undang, penyuluhan kepada masyarakat, membuat taman nasional, cagar alam, kebun raya, dan taman laut. Bab. 9 Kependudukan dan Permasalahan Lingkungan • Dinamika penduduk adalah perubahan jumlah penduduk di suatu daerah dari waktu ke waktu. Perubahan jumlah penduduk dipengaruhi oleh kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk (imigrasi dan emigrasi).

• Dinamika penduduk yang menunjukkan peningkatan jumlah penduduk disebut pertumbuhan penduduk. Jumlah penduduk dapat ditentukan dengan mengadakan sensus.

• Kepadatan penduduk adalah perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas wilayah yang ditempati. Kepadatan penduduk tiap daerah berbeda-beda. Tingginya kepadatan penduduk dapat menyebabkan berbagai permasalahan sosial, ekonomi, keamanan, kesejahteraan, pangan, ketersediaan lahan dan air bersih, yang dapat • berdampak pada kerusakan lingkungan. • Pertumbuhan jumlah penduduk dan kemajuan teknologi telah banyak menimbulkan kerusakan lingkungan.

Kerusakan lingkungan akibat ulah manusia disebabkan karena banyaknya zat pencemar/polutan yang masuk ke lingkungan. • BAB I NORMA DALAM KEHIDUPAN A. Hakikat norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat.

1. Pengertian - Norma adalah aturan/ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat Norma adalah aturan/ketentuan yang dijadikan sebagai pedoman, panduan,tuntunan manusia dalam bertingkah laku dalam kehidupan - Kebiasaan adalah perbuatan berulang-ulang dengan pola yang sama dan tetap karena dianggap penting - Adat istiadat adalah tata kelakuan yang bersifat kekal dan turun temurun - Peraturan adalah tatanan (petunjuk, kaidah, ketentuan) yang dibuat untuk mengatur 2.

Tujuan - Mewujudkan tatanan kehidupan yang aman, tertib, rukun dan damai - Menciptakan ketertiban, ketentraman, keamanan, kedamaian dan kesejahteraan 3. Manfaat / Fungsi Mengatur, mengarahkanmembatasi dan mengendalikan tingkah laku manusia agar tidak berbuat sewenang-wenang 4. Pentingnya Norma Membatasi dan mengatur tingkah laku agar tidak swwenang-wenang - Menciptakan kehidupan yang aman, tertib, serasi, selaras dan seimbang - Membentuk budi pekerti manusia yang baik, patuh, sadar hukum dan vven27.blogspot.com ipa kelas 7 akhlak mulia.

5. Macam-macam a. Norma Agama Adalah petunjuk hidup yang berasal dari Tuhan yang berisi perintah, larangan atau anjuran Contoh : beribadah, beramal dan tidak maksiat Sanksi : dosa, siksa neraka b. Norma Kesusilaan Adalah aturan yang bersumber dari hati nurani manusia tentang baik buruknya suatu perbuatan. Contoh : berlaku jujur, bertindak adil Sanksi : malu, menyesal, merasa bersalah c.

Norma Kesopanan Adalah peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok manusia di dalam masyarakat Contoh : meludah di sembarang tempat Sanksi : Celaan, cemoohan, hinaan, kebenciaan d. Norma Hukum Adalah pedoman hidup yang dibuat oleh lembaga Negara (badan yang berwenang) Contoh : UUD 1945, UU ALJR, UU Sisdiknas Sanksi : penjara 6.

Sanksi Pelanggaran Norma Sanksi adalah hukuman yang diberikan akibat melanggar aturan - Contoh : Mencuri, sanksi bagi … Agama : dosa, siksaan neraka Kesusilaan : malu, menyesal, merasa bersalah Kesopanan : cemoohan, celaan, hinaan, kebencian Hukum : hukuman penjara. 7. Contoh Norma dalam kehidupan - Bermasyarakat : - Berbangsa : - Bernegara : B.

Hakikat dan arti penting hukum bagi Warga Negara 1. Pengertian Hukum Adalah himpunan petunjuk hidup (perintah-perintah dan larangan-larangan) yang mengatur tata tertib dalam masyarakatdan harus ditaati oleh seluruh anggota masyarakat. Adalah peraturan yang dibuat oleh badan yang berwenang yang bersifat meangatur, mengikat dan bersanksi.

Unsur-unsur hukum : - peraturan mengenai tingkah vven27.blogspot.com ipa kelas 7 - dibuat oleh badan berwenang - sifatnya memaksa - sanksinya tegas Ciri-ciri hukum : - adanya perintah dan / atau larangan - perintah / larangan harus ditaati oleh setiap orang Sifat-sifat hokum : - vven27.blogspot.com ipa kelas 7 - mengikat - memaksa - bersanksi 2. Tujuan Hukum - Untuk mengatur tata tertib manusia (van Apeldoorn) - Untuk menjaga kepentingan tiap-tiap manusia supaya kepentingan itu tiadk dapat diganggu (van khan) - Untuk menjamin adanya kepastian hokum (Utrecht) Pentingnya hukukum bagi warga Negara : - Memberikan rasa keadilan bagi warga - Menjamin kepastian hukum bagi warga Negara - Melindungi dan mengayomi hak-hak warga Negara 3.

Pembagian Hukum Jenis-jenis hukum menurut : a. Sumbernya • Undang-Undang • Traktat • Yurisprudensi • Doktrin • Kebiasaan b. Wilayahnra • Hukum Lokal • Hukum Nasional • Hukum Regional (Antar Negara) • Hukum Internasional c. Sifatnya • Hukum yang bersifat memaksa • Hukum yang bersifat mengatur • Hukum yang bersifat mengikat d.

Isinya • Hukum Publik • Hukum Tata Negara • Hukum Administrasi Negara • Hukum Pidana • Hukum Internasional • Hukum Privat • Hukum Perdata • Hukum Dagang • Hukum Perorangan • Hukum Keluarga • Hukum Harta Kekayaan • Hukum Waris e. Cara mempertahankannya - Hukum Formil - Hukum Materiil f. Waktu berlakunya - Ius Constitutum (Hukum Positif) - Ius Constituendum (Hukum yang dicita-citakan) - Lex Naturalis (Hukum Alam) g. Bentuknya - Hukum Tertulis - Hukum Tidak Tertulis a. Macam-Macam Peradilan Menurut pasal 24 ayat (2) UUD 1945 - Peradilan Umum - Mahkamah Agung - Pengadilan Tinggi - Pengadilan Negeri b.

Peradilan Agama c. Peradilan Militer d. Peradilan Tata Usaha Negara e. Mahkamah Konstitusi 4. Sikap patuh terhadap hukum dalam kehidupan sehari-hari (silahkan isi sendiri) a. Lingkungan Keluarga - - b. Lingkungan Sekolah - - c. Lingkungan Masyarakat - - d. Lingkungan Negara - - C. Menerapkan norma-norma, kebisaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara 1.

Pentingnya penerapan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan - Untuk mengendalikan tingkah laku manusia, agar tidak sewenang-wenang - Agar tercipta suasana masyarakat yang aman, tentram, tertib, damai dan sejahtera 2. Akibat pelanggaran norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan - Akan terjadi kekacauan (anarkhi) - Tidak tentram, tidak tertib 3.

Sikap patuh terhadap norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan - - BAB II PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA A. Makna Proklamasi Kemerdekaan 1. Makna Proklamasi Kemerdekaan Pernyataan bangsa Indonesia kepada diri sendiri maupun kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan tindakan-tindakan yang harus segera dilakukan berkaitan dengan pernyataan kemerdekaan itu Makna lainnya : - Proklamasi berarti pembebasan bangsa - Proklamasi berarti pembangunan bangsa - Proklamasi sebagai jembatan emas - Proklamasi sebagai titik kulminasi (puncak) perjuangan bangsa 2.

Ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia • Sebelum 1908 - bersifat kedaerahan (local) - menggunakan cara kekerasan bersenjata (fisik) - sangat tergantum kepada pemimpin - persenjataan tidak seimbang - belum ada rasa persatuan dan kesatuan - ampuhnya politik devide et impera • Sesudah 1908 - perjuangan melalui organisasi social dan budaya (taktik politik) - perjuangan tidak tergantung pada pemimpin - perjuangan bersifat nasional 3.

Bentuk penderitaan yang vven27.blogspot.com ipa kelas 7 Bangsa Indonesia pada masa penjajahan - sistem kerja rodi (kerja paksa) mengakibatkan kesengsaraan bagi rakyat - sistem tanam paksa (cultur steksel) mengakibatkan penderitaan bagi para petani - sistem monopoli perdagangan mengakibatkan kerugian bagi pedagang dan petani - sistem politik ‘devide et impera’ politik adu domba, pecah belah mengakibatkan penderitaan rakyat 4.

Faktor-faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaan - persamaan nasib (sejarah) dan cita-cita - persamaan bangsa, bahasa dan tumpah darah (sumpah pemuda) - rasa nasionalisme dan patriotisme 5. Pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan - Penting ? Konstitusi —–Constitutio (Latin), Constituir (Perancis), - Membentuk, menyusun suatu Negara - Peraturan dasar mengenai pembentukkan suatu Negara – Grondwet (Belanda), grundgesetz (Jerman), Constitution (Inggris) - UUD - Segala ketentuan dan aturan tentang ketatanegaraan, UUD suatu Negara B.

Suasana kebatinan Konstitusi Pertama 1. Peristiwa Rengasdengklok - 6 & 9 Agustus 1945 Amerika Serikat membom Hirosima dan Nagasaki - 14 Agustus 1945 Jepang menyerah kepada sekutu - Pejuang Golongan Muda : Sukarni, Adam Malik, Kusnaeni, Syahrir, Soedarsono, Soepomo, Chaerul, BM Vven27.blogspot.com ipa kelas 7, Bakri, Sayuti Melik, Iwa Kusuma Sumantri, Wikana, Yusuf Kunto - 15 Agustus 1945 Golongan muda membawa golongan tua ; Ir Soekarno dan Drs Moh Hatta ke Rengasdengklok - 16 Agustus 1945 ; Mr Achmad Soebarjo menjemput Ir Soekarno dan Drs Moh Hatta - Malam ; Rapat di Rumah Laksamana Maeda (Jl Imam Bonjol 1 Jkt) - 17 Agustus 1945 ; Proklamasi Kemerdekaan RI - Di Rumah Ir Soekarno - Jl Pegangsaan Timur No 56 - Hari Jumat Pukul 10.00 WIB pagi 2.

Peristiwa Perumusan Naskah Proklamasi - Rapat di rumah Laksamana Maeda - Dihadiri oleh golongan muda dan golongan tua (15 orang) - Makna Proklamasi bagi bangsa Indonesia 3.

Suasana Sidang BPUPKI dan PPKI - Sidang I (29 Mei – 1 Juni 1945) Dasar Negara Konsep Dasar Negara : Mr Moh Yamin (29 Mei 1945) Konsep pidato : 1) Peri Kebangsaan 2) Peri Kemanusiaan 3) Peri Ketuhanan 4) Peri Kerakyatan 5) Kesejahteraan Rakyat Konsep tertulis : 1) Ketuhanan Yang Maha Esa 2) Kebangsaan, persatuan Indonesia 3) Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab 4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permuyawaratan/perwakilan 5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Mr Soepomo (31 Mei 1945) Konsepnya : Paham atau ide Negara Integralistik, yaitu “negara hendaknya tidak menyatu dengan bagian yang terbesar dari rakyat, juga dengan kelompok ekonomi terkuat, melainkan harus mengatasi semua golongan dan kelompok dan semua individu” Ir Soekarno (1 Juni 1945) Konsepnya : dinamakan Pancasila 1) Kebangsaan Indonesia 2) Internasinalisme atau peri kemanusiaan 3) Mufakat atau Demokratis 4) Kesejahteraan social 5) Ketuhanan Yang Maha Esa - Sidang II (10 – 17 Juli 1945) - UUD 1945 - 22 Juni 1945 : Piagam Jakarta —– Panitia Sembilan - 7 Agustus 1945 : BPUPKI —–PPKI 4.

Keputusan Sidang PPKI 18 Agustus 1945 1) Menetapkan UUD 1945 2) Memilih Ir Soekarno dan Drs Moh Hatta sebagai Presiden dan Wapres 3) Pembentukan KNIP (untuk membantu Presiden, sementara) A. Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945 Proklamasi kemerdekaan mempunyai hubungan yang erattidak dapat dipisahkan dan merupakan satu kesatuan vven27.blogspot.com ipa kelas 7 bulat dengan UUD 1945, terutama dengan Pembukaan UUD 1945.

Apa yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 merupakan amanat yang luhur dan suci dari Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Alinea pertama Proklamasi dijabarkan dalam alinea kesatu, kedua dan ketiga Pembukaan UUD 1945 Alinea kedua Proklamasi dijabarkan dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945, yaiitu amanat pembentukan Negara RI berdasarkan Pancasila. Bentuk Negara Indonesia —— Kesatuan Bentuk pemerintahan ———– Republik Sistem pemerintahan ———— Presidensil Tujuan Negara : • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia • Memajukan kesejahteraan umum • Mencerdaskan kehidupan bangsa • Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi • keadilan social • Palsafah Negara ——————- Pancasila B.

Sikap positif terhadap makna Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama - Mengisi kemerdekaan - Mempertahankan kemerdekaan 1. Sikap positif terhadap Proklamasi Kemerdekaan Menghargai jasa-jasa para pahlawan Membela kemerdekaan Indonesia Rela berkorban demi bangsa dan Negara Vven27.blogspot.com ipa kelas 7 serta menjaga nama baik bangsa dan Negara Ikut berpartisifasi dalam pembangunan nasional dll 2.

Sikap positif terhadap Konstitusi Pertama Mendukung keberadaan bentuk Negara Indonesia (kesatuan), bentuk pemerintahan Indonesia (Republik) dan sistem pemerintahan (presidensil) Menjunjung tinggi proses peradilan yang bebas dan tidak memihak Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan Mendukung dan menyukseskan terselenggaranya pemilu yang luber dan jurdil Menghargai budaya demokrasi dalam proses pergantian kepemimpinan nasional dll Molekul-molekul gas pada atmosfer bumi yang terdiri dari tiga atom atau lebih disebut gas-gas rumah kaca karena dapat menangkap energi inframerah sinar matahari yang dipantulkan bumi sehigga meningkatkan suhu atmosfer bumi.

Gas-gas rumah kaca antara lain air (H 2O), ozon (O 3), karbon dioksida (CO 2), dan metana (CH 4). Juga dalam kadar kecil, chloro-fluoro-carbon (CFC) mempengaruhi efek rumah kaca. 7) Penipisan lapisan ozon. Lapisan ozon adalah salah satu lapisan atmosfer yang berada di dalam lapisan stratosfer, yaitu sekitar 17-25 km di atas permukaan Bumi.

Lapisan inilah yang melindungi Bumi dari bahaya radiasi sinar ultra violet (UV). Berdasarkan pengamatan satelit, diketahui bahwa lapisan ozon secara berangsur-angsur mengalami penipisan sejak pertengahan tahun 1970.

OBYEK IPA DAN PENGAMATAN A. OBYEK dalam mata pelajaran IPA adalah Benda Benda disini bisa benda mati atau (benda hidup = mahkluk hidup) Dalam IPA untuk melakukan pengamatan perlu menggunakan metode ilmiah dengan menggunakan Pendekatan scientifik seperti. 1. Mengamati 2. Bertanya 3. Mencoba 4.

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

Bernalar 5. Komunikasi Manfaat dan keuntungan dalam menggunakan metode ilmiah vven27.blogspot.com ipa kelas 7 lain 1. Dapat memecahkan masalah 2. Meningkatkan kualitas hidup 3. Memahami tentang lingkungan disekitar kita 4. Dapat berfikir logis dan sistematis B. PENGUKURAN Pengukuran adalah membandingkan dua besaran yang satu akan di ukur dan yang satu sebagai alat ukur. Pengukuran ada 2 yaitu : 1.

Pengukuran baku ( mengukur dengan menggunakan alat ukur) dalam pengukuran kita sering menggunakan satuan baku karena ( bersifat universal dan tetap) 2. Pengukuran tak baku 3. Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan angka - angka Contoh :Seperti mengukur panjang meja menghasilkan angka. contoh : 20 Kg macam - macam besara ada 2 (dua) yaitu : 1. Besaran Pokok Panjang, masssa, waktu, suhu, kuat arus, jumlah zat, jumlah zat dan intensitas cahaya 2.

Besaran Turunan Luas, volume, gaya, daya, usaha dll 4. Satuan adalah sesuatu yang menyertai besaran Contoh : Siswa kelas 7 sejumlah 41orang siswa sedang melakukan praktikum dilaboraturium 40 besaran dan orang satuanya 5. Pengenalan besaran panjang, satuan dan alat - alat pengukuran 1. Alat ukur panjang . (meter) .Mistar.

dll 2. Alat ukur massa . (Kg).Neraca dll 3. Alat ukur waktu . (Sekon) .Stopwatch dll 4. Alat ukur suhu . (Kelvin).Termometer dll 5. Kuat arus .( Vven27.blogspot.com ipa kelas 7 .Amperemater 6. Intensitas Cahaya . (Candela) .

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

Luxmeter 7. Jumlah zat . (Mol) Berikut link belajar alat ukur jangka sorong https://drive.google.com/open?id=19eoKwA3_4Jf6KEQ9k0euJomNMVWcHu0p WUJUD ZAT 1. Pengertian zat Semua zat menempati ruang dan mempunyai massa, dan dapat berada dalam wujud yang berbeda. 2. Wujud zat Wujud zat ada 3 yaitu : - zat padat - bentuk dan volumenya tetap - bentuk molekulnya teratur - ikatan antara molekul sangat kuat - zat cair - bentuk mengikuti tempatnya dan volumenya tetap - bentuk molekulnya tidak teratur - ikatan antara molekul lemah - zat gas - bentuk mengikuti tempatnya dan volumenya tetap - bentuk molekulnya tidak teratur - ikatan antara molekul lemah Bisakah kalian menjelaskan dan memberi contoh tentang vven27.blogspot.com ipa kelas 7 fisika dan perubahan kimia .

Apakah yang dimaksud dengan kapilaritas . Gaya Adhesi dan gaya Kohesi Gaya Adhesi adalah gaya tarik menarik antara partikel yang tidak sejenis sedangkan gaya kohesi adalah gaya tarik menarik antara partikel yang sejenis, bisakah kalian memberikan contoh ?
A. Potensi Lokasi dan Upaya pemanfaatannya • Secara astronomis, Indonesia terletak pada 6° LU - 11°LS dan 95°BT- 141° BT. • Secara geografis, Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudra. Vven27.blogspot.com ipa kelas 7 yang mengapit Indonesia adalah Benua Asia dan Benua Australia.

Samudra yang mengapit Indonesia adalah Samudra pasifik dan Samudra Hindia. Jalur pelayaran internasional Rute pelayaran utama dunia relatif sederhana, yaitu menghubungkan Amerika Utara, Erop dan Asia Pasifik melalui Terusan Suez, Selat malaka, dan Terusan Panama.

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

Keuntungan posisi Indonesia vven27.blogspot.com ipa kelas 7 dapat dilihat dari geologis. Indonesia berada pada jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu Lempeng Eurasia,Pasifik, Hindia. Keuntungan dari letak geologi seperti ini adalah beragamnya potensi sumber energi dan mineral.

Sebagai contoh, energi panas bumi banyak ditemukan di Indonesia karena adanya aktivitas kegunungapian. • Rusia (809 juta hektar persentase total wilayah 47,35%) • Brazil ( 478 juta hektar persentase total wilayah 53,37%) • Kanada ( 310 juta hektar persentase total wilayah 31,06%) • Amerika Serikat (303 juta hektar persentase total wilayah 31,51%) • China (197 juta hektar persentase total wilayah 21,40%) • Australia ( 164 juta hektar persentase total wilayah 21,23%) • R.D Kongo (134 juta hektar persentase total wilayah 56,71%) • Indonesia (847,522 juta hektar persentase total wilayah 45.56%) • Peru (685,536 juta hektar persentase total wilayah 53,34%) • India (677,598 juta hektar persentase total wilayah 21,17%) Minyak bumi (petroleum) atau dikenal juga sebagai emas hitam merupakan cairan kental, cokelat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar yang terdapat pada lapisan teratas dari beberapa area di kerak bumi.

Potensi minyak bumi Indonesia terus mengalami penurunan karena dimanfaatkan terus menerus. Minyak bumi dimanfaatkan sebagai : Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang terbentuk dari tumbuhan yang mati dan kemudian tertimbun selama jutaan tahun. Pohon-pohon tinggi yang tumbuh saat itu seperti lycopods dan pakis raksasa, kemudian mati dan jatuh ke dalam rawa dan genangan air.

Pohon-pohon mati tersebut kemudian tertimbun lumpur dan pasir dalam keadaan basah secara terus-menerus sehingga lapisan tumbuhan mati dalam keadaan basah dan asam.

Negara tujuan ekspor batu bara Vven27.blogspot.com ipa kelas 7 diantaranya adalah Hongkong, Taiwan, China, Korsel, Jepang, India, Eropa, dan Italia. Walaupun persentasenya kecil, namun Indonesia merupakan negara pengekspor gas alam terbesar di dunia. Negara tujuan ekspor gas alam Indonesia adalah Jepang, Korea, Taiwan, China, dan AS. 5. Sumber Daya Alam Kekayaan laut Indonesia juga terlihat dari keanekaragaman hayati biota laut. Laut Indonesia memiliki 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang.

Oleh karena itu, tidak heran jika Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman hayati laut terbesar di dunia Berbagai upaya dilakukan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan produksi ikan.

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

Salah satunya adalah program industrialisasi kelautan dan perikanan. Program yang dijalankan adalah dengan meningkatkan kapasitas industri untuk ikan kaleng cakalang, sarden, tuna, udang, dan produk olahan ikan. Selain itu, dilakukan juga upaya peningkatan produksi rumput laut Tenaga kerja (manpower) adalah penduduk usia 15 tahun ke atas vven27.blogspot.com ipa kelas 7 sedang bekerja, seseorang yang memiliki pekerjaan namun sementara tidak bekerja, seseorang yang tidak memiliki pekerjaan dan sedang mencari pekerjaan dikategorikan bekerja.

Angkatan kerja (labor force) adalah mereka yang sedang bekerja dan penganggur. Tenaga kerja atau penduduk dalam usia kerja terdiri atas angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

Angkatan kerja terdiri atas golongan yang bekerja dan golongan yang menganggur dan mencari pekerjaan. Kelompok bukan angkatan kerja terdiri atas golongan yang bersekolah, golongan yang mengurus rumah tangga, dan golongan lain- Kualitas sumber daya manusia dapat dinilai dengan menggunakan kriteria yang dikembangkan oleh United Nation Development Programme (UNDP), sebuah organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) vven27.blogspot.com ipa kelas 7 Human Development Index.Human Development Report menjadi empat kelompok.

Keempat kelompok itu ialah kelompok negara Bahasa yang digunakan di Indonesia terdiri atas bahasa nasional yang diambil dari bahasa Melayu. Selain bahasa nasional, terdapat bahasa daerah yang jumlahnya mencapai 746 bahasa daerah. Bahasa daerah adalah suatu bahasa yang dituturkan di suatu wilayah tertentu.

Percakapan antarsesama suku biasanya menggunakan bahasa daerah. Beberapa bahasa daerah yang digunakan seperti Bahasa Sunda, Jawa, Aceh, Gayo, Alas, Minangkabau, Betawi, dan Dayak. Tarian memiliki makna, pesan atau simbol tertentu. Ada tarian yang melambangkan pemujaan atau rasa syukur terhadap Tuhan, penyambutan tamu, kegembiraan pemuda-pemudi, dan keperkasaan. Contoh tarian yang bersifat pemujaan adalah Tari Pendet yang kemudian menjadi penerima tamu. Tari Saman dari Nanggroe Aceh Darussalam dan Tari Pendet dari Bali merupakan contoh tarian untuk menyambut tamu.

Tari Perang dari Kalimantan dan Tari Reog dari Ponorogo merupakan contoh tari perang atau keperkasaan. • Jalan Nasional: jalan arteru dan jalan kolektir dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antar ibukota dan pemimpin. • Jalan Provinsi: kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang meghubungkan ibu kota provinsi • Jalam kabupaten/kota : jalan lokal dalam sistem jaringan jalan primer Negara ini berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, Samudra pasifik disebelah,barat, Samudra Atlantik di sebelah timur serta Meksiko, Teluk Meksiko, dan Kuba di sebelah selatan.

Amerika Serikat juga memiliki negara bagian yang terpisah dari daratan utamanya yaitu Alaska yang terletak di vven27.blogspot.com ipa kelas 7 laut Kanada. 3. Inggris Lokasi Inggris terletak di Benua Eropa yang secara geografis berbatasan di utara dengan Samudra Atlantik, di sebelah barat dengan Irlandia dan Samudra Atlantik, di sebelah timur dengan Laut Utara, dan di sebelah selatan dengan Selat English Channel.

4. Jerman Lokasi Letak geografisnya berada di Eropa Utara dan berbatasan di utara dengan Laut Utara, di selatan dengan Austria dan Swiss, di barat dengan Belanda, Prancis, Luxemberg, dan Belgia, di timur dengan Polandia dan Republik Ceko. Dari data hasil sensus, diketahui bahwa laju pertumbuhan penduduk Indonesia mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

Pertumbuhan penduduk di suatu wilayah dikatakan tinggi jika laju pertumbuhan penduduknya mencapai angka lebih dari 2%. Jika angka pertumbuhannya antara 1 dan 2 persen, laju pertumbuhan termasuk sedang. Jika angka pertumbuhan kurang dari satu persen, laju pertumbuhan termasuk rendah. • Tersedianya tenaga kerja untuk meningkatkan produksi dalam memenuhi kebutuhan yang terus meningkat. • Bertambahnya kebutuhan akan pangan, sandang, dan papan sehingga berkembang jumlah dan jenis usaha lokal.

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

• Meningkatnya investasi atau penanaman modal karena makin banyak kebutuhan manusia. • Meningkatnya inovasi karena penduduk dipaksa untuk memenuhi kebutuhannya.

Misalnya, agar produktivitas lahan pertaniannya meningkat, manusia mengembangkan pupuk dan benih unggul untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang terus meningkat. • Meningkatnya Angka Pengangguran Angka pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan lapangan kerja akan menimbulkan masalah pengangguran. • Meningkatnya Angka Kriminal. Banyaknya tenaga kerja yang menganggur atau belum mendapatkan pekerjaan sangat rentan terhadap perilaku kejahatan atau kriminal.

• Meningkatnya Angka Kemiskinan Pertumbuhan penduduk yang tinggi berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan sumber daya, khususnya sumber daya alam. • Berkurangnya Lahan untuk Pertanian dan Permukiman.

Bertambahnya penduduk di suatu wilayah tentu membutuhkan lahan pertanian dan permukiman baru. • Makin Banyaknya Limbah dan Polusi. Kegiatan penduduk, baik kegiatan di rumah, kegiatan perdagangan, atau industri pasti menghasilkan sampah atau limbah.

• Ketersediaan Pangan Makin Berkurang permukiman, industri, perdagangan, dan aktivitas manusia lainnya terus Akibatnya, produksi pertanian berkurang dan terus berkurang • Kesehatan Masyarakat Makin Menurun. Pertumbuhan penduduk yang tinggi, khususnya di daerah perkotaan, akan membuat harga lahan makin mahal.

vven27.blogspot.com ipa kelas 7

Akibatnnya, sebagian penduduk tidak mampu membeli lahan. Apalagi jika sanitasinya buruk, tentu keadaan itu vven27.blogspot.com ipa kelas 7 menimbulkan berbagai macam penyakit. • Berkembangnya Permukiman Tidak Layak Huni • Rendahnya penghasilan atau upah di desa sehingga tidak dapat mencukupi • Makin terbatasnya pemilikan lahan pertanian akibat makin besarnya jumlah penduduk di desa.

• Terbatasnya lapangan kerja di desa. • Terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan di desa. • Terbatasnya sarana hiburan di desa. •. Adanya bencana alam di desa, misalnya kekeringan, banjir, longsor b. Transmigrasi • Kabinet- kabinet : Kabinet Natsir (September 1950–Maret 1951). • Kabinet Sukiman (April 1951–Februari 1952).

• Kabinet Wilopo (April 1952–Juni 1953). • Kabinet Ali Sastroamidjojo I ( Juli 1953–Juli 1955). • Kabinet Burhnanuddin Harahap ( Agustus 1955- Maret 1956) • Kabinet Ali Sastroamidjojo II (Maret 1956–Maret 1957). • Kabinet Djuanda (Maret 1957–Juli 1959) Pada tanggal 5 Juli 1959, Presiden Soekarno mengeluarkan dekrit yang dikenal dengan Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Adapun isi dari Dekrit Presiden tersebut adalah dibubarkannya Konstituante, berlakunya kembali UUD 1945 dan tidak berlakunya UUDS 1950; dibentuknya MPRS dan DPAS.Berlakunya kembali UUD 1945 melalui Dekrit Presiden 5 Juli 1959 diterima baik oleh rakyat Indonesia, bahkan DPR menyatakan diri bersedia untuk bekerja atas dasar UUD 1945.

Dengan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959, berakhirlah Demokrasi Liberal dan digantikan dengan Demokrasi Terpimpin. Demikian pula mulai saat itu, sistem Kabinet Parlementer ditinggalkan dan diganti menjadi Kabinet Presidensial. • Menjalin kerja sama dengan International Moneter Fund-IMF (Dana Moneter Internasional) untuk membantu dalam proses pemulihan ekonomi. • Menerapkan indenpendensi perekonomian.

• Melikuidasi beberapa bank yang bermasalah. • Menaikkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika hingga di bawah Rp10.000,00. • Membentuk lembaga pemantau dan penyelesaian masalah utang luar negeri.
Sanggar Belajar Hero - Download Soal dan Pembahasan PAT/UKK IPA kelas 7 SMP semester 2 Kurikulum 2013.

Pada postingan kali ini Sanggar Belajar Hero sudah berbagi informasi tentang Download Soal dan Pembahasan PTS kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum 2013 TP 2020/2021, kali ini Sanggar Belajar Hero kembali akan mengupdate informasi yang berkaitan dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ulangan Kenaikan Kelas khususnya IPA Kelas 7 Semester genap Kurikulum 2013, berikut materi dan penjelasannya.

Soal Penilaian Akhir Tahun atau Ulangan Kenaikan Kelas yang biasa disingkat PAT kelas 7 SMP Kurikulum 2013 adalah soal-soal untuk menguji kemampuan siswa atau peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang di sudah diajarkan di kelas selama siswa tersebut aktif dalam kegiatan belajar mengajar di akhir semester 2 (genap). Download Soal dan Pembahasan PAT/UKK IPA kelas 7 SMP semester 2 Kurikulum 2013 akan Sanggar Belajar Hero bagikan pada Tengah postingan, dengan semakin dekatnya Penilaian Akhir Tahun (PAT) SMP yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan bahan Soal-soal PAT untuk dijadikan referensi atau bahan materi ujian pada anak didiknya, terutama pada saat-saat seperti ini tentunya dalam menghadapi Penilaian AKhir Tahun yang kemudian akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Akhir Tahun untuk kelas 7 SMP semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021.

Surat Edaran Pemerintah yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal-soal baik PTS atau soal-soal ulangan yang lain pada Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh sebab itu Sanggar Belajar Hero sengaja berbagi Soal dan Pembahasan PAT IPA kelas 7 SMP Semester Genap dalam rangka mempermudah Bapak/Ibu Guru dalam memberikan Materi Soal Ulangan Kenaikan Kelas, untuk mempersingkat waktu silahkan simak penjelasan berikut ini.

Soal dan Pembahasan PAT/UKK IPA kelas 7 SMP Semester genap Kurikulum 2013, dibuat dari prediksi soal-soal latihan PTS Kurikulum 2013 dan juga berdasarkan kisi-kisi soal Kurikulum 2013. Selain soal-soal PAT Sanggar Belajar Hero juga melengkapinya dengan kunci Pembahasan agar bisa mengantisipasi jika terjadi kesalahan. Namun Soal dan Pembahasan PAT Semester Genap IPA kelas 7 SMP ini juga memang jauh dari sempurna apabila Bapak/Ibu Guru menjadikan acuan utama, karena Sanggar Belajar Hero yakin indikator pencapaian kompetensi di setiap sekolah tentunya berbeda-beda dan mesti di sesuaikan dengan sekolahnya masing-masing.

Download Juga : - Soal dan Pembahasan PAT/UKK Prakarya Kelas 7 SMP - Soal dan Pembahasan PAT/UKK Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP - Soal dan Pembahasan PAT/UKK Bahasa Inggris Kelas 7 SMP Download Soal dan Pembahasan PAT/UKK IPA kelas 7 SMP semester 2 Kurikulum 2013 ini dalam bentuk File microsoft word sehingga rekan-rekan semua tentu bisa dengan mudah melakukan perubahan maupun pengeditan sesuai dengan kondisi yang diinginkan.

Download Soal dan Pembahasan PAT/UKK IPA kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Berikut Sanggar Vven27.blogspot.com ipa kelas 7 Hero berikan contoh Soal PAT/UKK kelas 7 SMP Semester Kurikulum 2013 Beserta Pembahasannya dari berbagai sumber yang kami himpun, yang bisa pengunjung dapatkan melalui link yang sudah kami sediakan di bawah ini : Download Soal PAT IPA kelas 7 SMP Semester Genap < Download> Download Pembahasan PAT IPA kelas 7 SMP Semester Genap < Download> Demikian Download Soal PAT/UKK kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Pembahasannya, semoga menjadi referensi terbaik untuk Anda.27 Jan 2021 by CLEARNOTE Halooo !!

kembali lagi dengan rekomendasi catatan dari adminn. Kali ini admin mau share rekomendasi Catatan IPA untuk Kelas 7 Semester 2 ! Di semester 2 ini, kamu akan disuguhkan dengan materi-materi menarik seperti Tata Surya, Pemanasan Global, dan Sistem Organisasi Kehidupann.

Tunggu apalagii, yuk langsung ajaa dicek. Eitss jangan lupa cek catatan lainnya di bawah ini yaa • Dinamika Vven27.blogspot.com ipa kelas 7 – Rangkuman Catatan • Rangkuman Teks Biografi Bahasa Indonesia Kelas 10 • Momentum dan Impuls Kelas 10 • Catatan Termodinamika Kelas 11 • Jenis Teks Bahasa Indonesia SMP

PENCEMARAN LINGKUNGAN : IPA KELAS 7 SMP




2022 www.videocon.com