Sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

tirto.id - Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, bahasa, dan kebudayaan. Menurut sensus Badan Pusat Statistik (2010), Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik, serta 1.340 suku bangsa. Setiap identitas kelompok tersebut memiliki kebudayaan khas masing-masing yang menggambarkan keragaman Indonesia yang bhinneka. Lantas, apa pengaruh positif & negatif keberagaman masyarakat Indonesia?

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia adalah negara terluas ke-15 di seluruh dunia, menurut Worldometers. Dari Sabang sampai Merauke, berbagai suku bangsa menghuni daratan Nusantara. Jika keberagaman itu tidak dirawat dengan baik, kondisi itu riskan menimbulkan gesekan dan perpecahan. Di sisi lain, jika keragaman itu terjaga dan harmonis, Indonesia akan memperoleh dampak positif, saling mengenal satu sama lain, serta bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan bangsa.

Potensi lainnya dapat membuat bangsa Indonesia sebagai bangsa besar dan memiliki kekayaan melimpah, baik sumber daya alam hingga kekayaan budayanya. Keragaman Indonesia dapat terjadi karena lima faktor, sebagaimana dilansir laman Kemdikbud: • Letak strategis wilayah Indonesia • Kondisi negara kepulauan • Perbedaan kondisi alam • Keadaan transportasi dan komunikasi • Penerimaan masyarakat terhadap perubahan Pengaruh Keberagaman Masyarakat Indonesia Masyarakat Indonesia yang sangat beragam memiliki dampak positif dan negatif bagi rakyatnya.

Motto bangsa Indonesia untuk merawat keberagaman adalah Bhinneka Tunggal Ika: Berbeda-beda tapi tetap satu. Selain itu, ideologi negara Pancasila sila ke-3 juga menjunjung tinggi persatuan, sebagai bentuk prevensi gesekan dan konflik sosial karena keragaman tersebut. Berikut ini dampak positif dan negatif keragaman masyarakat Indonesia, sebagaimana dikutip dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2018) yang ditulis Asep Sutisna Putra dan Sumartini.

Infografik SC Pengaruh Keberagaman Masyarakat Indonesia. tirto.id/Sabit Dampak Positif Keragaman Masyarakat Indonesia • Keragaman dapat menciptakan integritas dan persatuan nasional. • Menjadi sarana memajukan pergaulan antarsuku, agama, budaya, dan golongan di Nusantara.

• Keragaman memperkaya khazanah budaya bangsa, baik itu kebudayaan benda ataupun warisan budaya tak benda (WBTB). Dampak Negatif Keragaman Masyarakat Indonesia • Jika tak dirawat dengan baik, keragaman dapat menyebabkan konflik dalam masyarakat • Munculnya sikap primordialisme, yaitu pandangan yang berpegang teguh pada hal-hal yang dibawa sejak kecil adalah paling baik.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Sikap primordial itu mengutamakan tradisi, adat istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di lingkungan pertamanya. • Munculnya sikap etnosentrisme, yaitu suatu pandangan yang menganggap bahwa suku bangsanya sendiri lebih unggul dibandingkan dengan suku yang lainnya.

• Fanatisme berlebihan, yaitu paham yang berpegang teguh secara berlebihan terhadap keyakinan sendiri sehingga menganggap salah terhadap keyakinan yang lain Tribatanews.kepri.polri.go.id – Jika kita memperhatikan dengan cermat kehidupan di sekitar kita, nilai-nilai kebudayaan sangatlah lekat dengan masyarakat Indonesia.

Hal ini tentunya tidak hanya ditemukan di tempat-tempat tertentu saja. Dimanapun kita berada selama itu masih merupakan tanah Indonesia, kita akan menemukan kekhasan setiap daerah dilihat dari budayanya.

Keberagaman budaya di Indonesia merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Tanpa adanya budaya dari setiap daerah kita seakan tidak punya identitas.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Meskipun demikian, dampak positif dan negatif keberagaman budaya di Indonesia perlu kita ketahui agar kekayaan ini tidak malah menjerumuskan kita pada dengan berpegang pada dampak negatifnya saja. Berikut adalah 8 manfaat keberagaman budaya yang ada di Indonesia yang patut kita ketahui, dalam membangun sebuah proses negara: • Sebagai Identitas Negara Ketika ditanyakan negara kepulauan terbesar di dunia, tentu saja kita langsung terpikirkan jawabannya yaitu negara kita Indonesia.

Adanya ribuan pulau di Indonesia menjadi alasan munculnya beragam pengertian budaya dari tiap-tiap daerah tersebut. Hal ini seperti menjadi ciri khas dari negara kita sehingga ketika ada yang menanyakan negara mana yang kaya akan kebudayaan kita sudah tahu dengan pasti jawabannya: Indonesia. • Membentuk Masyarakat yang Toleran Kemanapun kita datang berkunjung di suatu daerah di Indonesia, tentu kita tidak hanya akan menemukan orang-orang asli daerah tersebut. Ada juga perantau yang akhirnya menetap di daerah itu atau hanya sekedar datang untuk jalan-jalan.

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan adanya orang luar daerah mereka yang hadir di tengah-tengah mereka tanpa mengucilkan orang tersebut. Perbedaan budaya, suku, ras dan hal-hal lainnya seakan tidak lagi mempengaruhi kondisi penduduk Indonesia karena kita sama-sama warga negara Indonesia. Kita bisa merasakan rasa toleransi yang tinggi di antara masyarakat Indonesia terutama di kota-kota besar.

• Objek Wisata di Setiap Daerah Setiap daerah memiliki budayanya masing-masing dan tentunya berbeda-beda. Bahkan di suatu daerah kita bisa menemukan kelompok-kelompok yang menggunakan bahasa yang benar-benar berbeda dengan latar belakang sejarah yang berbeda.

Biasanya setiap budaya memiliki peninggalan bersejarahnya masing-masing. Tentu peninggalan bersejarah ini akan sangat baik bagi daerah tersebut untuk dijadikan objek wisata seperti museum, monumen, dan tempat wisata lainnya. • Masyarakat Kaya Akan Pengetahuan Suatu kebudayaan tentunya terdiri sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia berbagai macam hal yang berhubungan dengan daerah asalnya.

Unsur-unsur budaya Mulai dari bahasa, busana, tarian, kuliner, rumah adat, bahkan mitos-mitos dan ada kepercayaan yang berbeda. Sebagai masyarakat yang tinggal di satu negara yang sama, tentu kita memiliki rasa ingin tahu yang besar mengenai kebudayaan dari masyarakat di daerah lain dari negara kita. Hal ini menjadikan masyarakat Indonesia kaya akan pengetahuan mengenai daerah-daerah tetangganya.

• Membuka Peluang Usaha Kekayaan manfaat keberagaman budaya yang kita miliki ini bisa menghadirkan peluang usaha bagi masyarakatnya. Para pengrajin kain tenun atau pembuat kerajinan tangan khas daerah misalnya, bisa menjual karya mereka dan mengembangkan bisnis dari kebudayaan mereka sendiri. Bisnis paling menjanjikan yang dihasilkan dari suatu kebudayaan adalah kulinernya.

Kita bisa merasakan sendiri berbagai macam kuliner yang berbeda-beda yang bisa kita temukan di daerah di Indonesia. • Daya Tarik Wisatawan Sadar atau tidak, wisatawan yang berkunjung ke Indonesia bukan semata-mata karna kekayaan alamnya yang begitu indah tapi juga karena Indonesia kaya akan budaya yang tidak mungkin kita temukan di negara lain.

Wisatawan asing begitu takjub dengan beragam kebudayaan yang ada di negara kita yang begitu kental, sebut saja Bali, Yogya dan Toraja. Setiap tahunnya ada jutaan turis asing yang memilih tempat-tempat ini untuk dijadikan tujuan, bukan hanya untuk berwisata tapi juga menambah pengetahuan.

• Menambah Pendapatan Negara Dengan adanya objek wisata dan bisnis masyarakat yang berorientasi budaya di setiap daerah di Indonesia pendapatan negara tentunya semakin bertambah. Bukan hanya dari situ saja, dengan diadakan festival budaya di berbagai daerah, tentunya akan semakin menarik wisatawan asing yang bisa membuka peluang untuk semakin di kenal di dunia internasional. Pemerintah dan masyarakat harus bisa bekerja sama mempertahankan hal ini dengan pengelolaan yang tepat, sistem pewarisan budaya dan dukungan maksimal demi tercapainya kelestarian budaya di setiap daerah.

• Pemersatu Negara Mungkin ada yang beranggapan keragaman budaya di Indonesia menjadikan peluang terjadinya perpecahan di Indonesia sangatlah besar. Padahal jika kita telusuri lebih jauh, justru keberagaman semakin mempersatukan kita. Seni batik yang banyak ditemukan di pulau Jawa bukan hanya milik orang Jawa saja, tapi seluruh rakyat Indonesia. Itulah mengapa ketika batik Indonesia diklaim hak miliknya oleh negara luar, yang protes bukan hanya orang Jawa saja tapi seluruh rakyat Indonesia.

Inilah bukti nyata bahwa kekayaan budaya yang kita miliki hendaklah dimanfaatkan sebagai alat pemersatu karena itulah fungsinya, bukan sebagai alasan untuk saling memecah belah.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Melihat 8 manfaat keberagaman budaya kita yang ada di Indonesia, tentunya segala dampak negatif dari adanya keberagaman budaya di kehidupan kita sehari-hari rasanya tidak perlu untuk kita pikirkan.

Biarlah keanekaragaman yang kita miliki ini menjadi suatu kebangaan bagi kita sebagai warga negara Indonesia yang kaya akan budaya. Penulis : Gilang Editor : Tahang Publish : Tahang Berita Terbaru • Purchase Custom Essays Online Service • Kapolres Bintan Sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia Langsung Arus Balik Masyarakat di Pelabuhan ASDP • Korban Investasi Bodong Desak Public Figur Dijerat UU ITE dan TPPU • Sidang Umum PBB, Menparekraf Sampaikan Indonesia Jadi Acuan Dunia dalam Penanganan Pandemi dan Keban… • Monitoring Persediaan dan Harga Minyak Makan kepada para Pedagang / Distributor di Wilayah Hukum Pol… • Polres Kepulauan Anambas Sukses Mengatur Puncak Arus Mudik dengan Lancar dan Aman • Pos Bergerak Ops Ketupat Seligi – 2022, Sat Polairud Polresta Tanjungpinang Laksanakan Patroli… • Polsek Batu Ampar Gelar Cipta Kondisi Himbau Masyarakat Yang Masih Berkumpul • Kapolres Bintan Kunjungan Kerja Ke Polsek Tambelan • Properti Yang Digunakan Tari Saman • Berikut Beragam Kue Khas Betawi Yang Disajikan Saat Lebaran • Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Belakang Padang Beri Himbauan kepada Masyarakat • Cek Arus Balik di Tol Cikatama, Kapolri: Kemungkinan One Way Waktunya Diperpanjang • Tinjau Arus Balik di BakauheniKapolri Minta Masyarakat Manfaatkan WFH dan Libur Sekolah • Kapolres Natuna Cek dan Monitoring Aktifitas Penumpang KMP Bahtera Nusantara 01 di Pelabuhan Penagi,… • Kapolres Bintan Selaku Ka Ops Res Melakukan Inspeksi Mendadak Ke Pos Pam Operasi Ketupat Seligi R… • Antisipasi Barang Hilang dan Tercecer, Wakapolres Bintan beserta Anggota Pos Pam Himbau Pemudik Teta… • Kalemdiklat Polri Minta Anggota Polisi Melek Teknologi • Kapolri Tinjau Langsung Tol Cikampek, Pastikan One Way-Contraflow Berjalan Lancar • Kapolri Pastikan Polisi akan Berikan Pelayanan Maksimal Hadapi Arus Balik Lebaran Arsip Arsip Alhamdulillahi rabbil ‘alamin puji syukur kehadirat Allah SWT.

Website Tribratanews Polda Kepri telah tampil dihadapan kita. Sebagai saluran informasi Kepolisian di wilayah Kepri, semoga dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah Kepri dan mampu menjadi pengawal situasi kamtibmas yang kondusif.

BERITA LALULINTAS • Kapolres Bintan Tinjau Langsung Arus Balik Masyarakat di Pelabuhan ASDP • Polres Kepulauan Anambas Sukses Mengatur Puncak Arus Mudik dengan Lancar dan Aman • Cek Arus Balik di Tol Cikatama, Kapolri: Kemungkinan One Way Waktunya Diperpanjang • Tinjau Arus Balik di BakauheniKapolri Minta Masyarakat Manfaatkan WFH dan Libur Sekolah • Kapolri Tinjau Langsung Tol Cikampek, Pastikan One Way-Contraflow Berjalan Lancar WEBSITE TRIBRATA NEWS POLDA KEPRI Ini adalah website resmi Tribratanews Polda Kepri dengan template dan desain baru.

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang Tribratanews Polda Kepri di website ini. Kami akan selalu memperbarui website ini, termasuk informasi-informasinya dan kami terus berusaha mengembangkan website kami agar menjadi lebih baik GIAT OPS • Kapolres Bintan Tinjau Langsung Arus Balik Masyarakat di Pelabuhan ASDP • Monitoring Persediaan dan Harga Minyak Makan kepada para Pedagang / Distributor di Wilayah Hukum Pol… • Polres Kepulauan Anambas Sukses Mengatur Puncak Arus Mudik dengan Lancar dan Aman • Pos Bergerak Ops Ketupat Seligi – 2022, Sat Polairud Polresta Tanjungpinang Laksanakan Patroli… • Polsek Batu Ampar Gelar Cipta Kondisi Himbau Masyarakat Yang Masih Berkumpul KABID HUMAS POLDA KEPRI BINKAM • Korban Investasi Bodong Desak Public Figur Dijerat Sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia ITE dan TPPU • Polsek Batu Ampar Gelar Cipta Kondisi Himbau Masyarakat Yang Masih Berkumpul • Kapolres Natuna Cek dan Monitoring Aktifitas Penumpang KMP Bahtera Nusantara 01 di Pelabuhan Penagi,… • Kapolres Bintan Selaku Ka Ops Res Melakukan Inspeksi Mendadak Ke Pos Pam Operasi Ketupat Seligi R… • Antisipasi Barang Hilang dan Tercecer, Wakapolres Bintan beserta Anggota Pos Pam Himbau Pemudik Teta… Kontak Kami
Indonesia, negara di Asia Tenggara yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

Penduduk Indonesia termasuk bersifat heterogen dan memiliki budaya yang beraneka ragam. Keberagaman budaya di Indonesia juga dipengaruhi oleh kondisi geografis yang ada.

Dengan jumlah penduduk yang mencapai sekitar 200 juta orang lebih, penduduk Indonesia tersebar di masing-masing pulau dan mempunyai ciri khas budayanya sendiri. Warisan budaya yang berkembang di Indonesia, berasal dari berbagai macam etnis, suku, dan bahasa di daerah-daerah yang menyebar di tanah nusantara.

Arti Keberagaman Budaya Keberagaman budaya adalah keseluruhan struktur-struktur sosial, religi. Dimana didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, adat istiadat yang ada di dalam sebuah masyarakat yang diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Pada dasarnya Indonesia yang memiliki banyak budaya yang beragam. Pada perkembangannya manfaat keberagaman budaya ini adanya akulturasi budaya, namun tidak menghilangkan ciri khas masing-masing malahan jadi menambah keanekaragaman budaya Indonesia menjadi semakin kaya.

Ciri Keberagaman Budaya di Indonesia Budaya di Indonesia sangatlah beragam tidak hanya masalah bahasa, namun seni-seni yang di miliki budaya Indonesia pun juga sangat banyak.

Kita tahu bahkan masing-masing daerah di Indonesia memiliki lagu daerah masing-masing, tidak hanya lagu daerah juga ada alat musik, rumah adat. Pakaian adat, dll. Jika di ringkas mungkin inilah beberapa hal yang bisa dijadikan bukti akan kekayaan budaya Indonesia yakni: • Keragaman suku bangsa – Indonesia memiliki barbagai macam suku bangsa seperti ; suku Toraja, Bali dan Lombok, Ambon, Irian, Timor, Jawa tengah dan Jawa Timur, Jawa Barat, Surakarta, Ternate dan masih banyak lagi yang lainnya.

• Keberagaman religi – Indonesia terdapat enam agama yang diakui secara resmi yakni: Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Konghucu dan Buddha. • Keberagaman seni dan budaya – Suku bangsa yang beraneka ragam menghasilkan seni dan budaya. Baik itu dalam seni sastra, seni tari dan lain-lain. • Keberagaman Bahasa – Bahasa daerah masing-masing propinsi menghasilkan keberagaman bahasa, seperti bahasa Jawa, Sunda, Bali, Sumba dan lain-lain. Keberagaman budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia, menjadi identitas bangsa.

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang unik, karena bisa hidup rukun dalam satu negara yang terdiri dari berbagai budaya. Banyak manfaat yang didapat dari sini, diantaranya: 1. Menumbuhkan sikap nasionalisme Perbedaan budaya yang ada akan menciptakan rasa cinta tanah air, karena keanekaragam budaya adalah suatu kekayaan yang dimiliki suatu bangsa. Tidak hanya hasil tambang, komoditi ekspor yang mempengaruhi pendapatan negara. Faktor budaya juga menjadi daya tarik dan kekayaan yang bisa dimiliki suatu bangsa.

Budaya mengajarkan kita akan nilai-nilai leluhur yang memiliki keunikan dan kegunaannya masing-masing. Ketika kita memandang bahwa keanekaragaman budaya adalah suatu kekayaan, maka dengan sendirinya kita akan berusaha menjaga kekayaan kita tersebut.

Sehingga rasa nasionalisme, sikap memiliki dan menghargai kekayaan bangsa akan timbul di dalam diri. 2. Identitas bangsa di mata internasional Dengan kemajemukan budaya yang ada bisa menjadi identitas diri suatu bangsa. Kita tahu bahwa bangsa australia adalah bangsa aborogin, hal itu adalah salah satu identitas negara australian di mata dunia. Kita tahu bahwa alat musik gitar akustik adalah ciri musik latin dari Amerika selatan.

Itu pun bisa menjadi ciri khas suatu bangsa. Oleh sebab itu, manfaat keberagaman budaya Indonesia ini membuat indonesia memiliki banyak sekali artefak budaya yang bisa mengenalkan negara kita kepada dunia internasional. Dengan keanekaragam budaya pula tentunya melahirkan berbagai macam ide yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara. Dengan mempunyai berbagai bahasa daerah, tidak menyebabkan bangsa Indonesia terpecah belah namun justru menambah kekayaan perbendaharaan bahasa.

Karena keunikan ini adalah kekayaan yang mana tidak ada negara lain yang memiliki keanekaragaman budaya seperti Indonesia. Bhineka Tunggal Ika adalah simbol kerukunan yang ada di Indonesia dan sangat menarik di mata dunia.

4. Sebagai ikon pariwisata Dengan melestarikan keberagaman budaya yang ada, dapat menjadi magnet dalam bidang pariwisata. Peninggalan masa lalu mual dari bangunan, tarian, bahasa, dan artefak budaya lainnya bisa di sulap menjadi obyek wisata yang bisa mendatangkan wisatawan yang tidak hanya domestik namun juga wisatawan asing. Pemanfaatan di bidang pariwisata ini secara tidak langsung dapat meningkatkan devisa negara.

5. Menambah Pendapatan Nasional Hal ini adalah efek dari manfaat keberagaman budaya dalam bidang pariwasata dapat mendatangkan wisatawan asing dan domestik. Jika dikelola oleh negara, maka obyek pariwisata tersebut keuntungannya akan masuk ke kas negara.

Oleh karena itu pendapatan kita di dalam APBN akan bertambah dan bisa digunakan untuk pembangunan bangsa. 6. Memupuk sikap toleransi Masih banyak lagi manfaat yang dapat kita rasakan dari keberagaman budaya di Indonesia. Dengan adanya multikulturalisme (ragam budaya), diharapkan mempertebal sikap toleransi dan rasa tolong menolong serta nasionalisme kita.

7. Sumber pengetahuan bagi dunia Budaya adalah nilai-nilai yang dimiliki suatu masyarakat dan dilembagakan dalam suatu bentuk artefak budaya yang bisa dinikmati oleh masyarakat dan generasi penerusnya. Dengan artefak budaya kita akan mengenal nilai-nilai masyarakat di masa lalu.

Hal ini sangat penting untuk dijadikan sumber pengetahuan. Bagi sejarawan dan budayawan, artefak budaya sangatlah penting dan harus dilestarikan.

Karena suatu artefak budaya dari masa lalu bisa menjadi sumber informasi berharga. Peran Masyarakat Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Di jaman modern seperti sekarang ini, budaya asli kita sudah mulai memudar. Generasi muda jaman sekarang, umumnya sangat antusias dengan perkembangan budaya luar negeri.

Diperlukan peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian budaya sendiri, tanpa harus menutup diri dengan budaya sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia. Selain ancaman dari luar, dengan adanya penduduk yang bersifat heterogen, bisa menimbulkan ancaman dari dalam. Untuk itu untuk menjaga keberagaman budaya, masyarakat harus mengembangkan: • Sikap tolerasi (saling menghargai) dan tidak mementingkan kepentingan kelompok,golongan, ras atau pun etnik.

Semuanya dipikirkan untuk kepentingan bersama. • Sikap untuk menegakkan hukum bagi semua warga, tanpa memandang kedudukan dan kepentingan golongan tertentu. • Sikap nasionalisme, yakni cinta tanah air. • Kesadaran sosial yakni sikap tolong menolong dalam hidup bermasyarakat. [/tab] Mengenal Unsur Budaya Menurut Koentjaraningrat, Budaya dibangun oleh tujuh unsur pokok yang bersifat universal. Ketujuh unsur-unsur tersebut adalah: • Kesenian – Manusia memiliki kebutuhan jasmasi dan rohani.

Kesenian lahir karena menusia ingin memenuhi kebutuhan psikis. • Bahasa – Bahasa merupakan unsur yang bermanfaat dalam komunikasi antar manusia. Bahasa berawal dari kode dan tulisan. Indonesia mempunyai berbagai macam bahasa, seperti bahasa Jawa, Bali, Batak dan lain-lain. Untuk mempersatukan manfaat keberagaman semua bahasa ini, maka dikenal bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan. • Sistem pengetahuan – Pengetahuan terlahir karena terdapat perbedaan pendapat, sehingga memunculkan berbagai ide yang perlu disampaikan agar orang lain mengerti.

• Sistem mata pencarian dan ekonomi – untuk memnuhi kebutuhan jasmani, manusia menciptakan berbagai penemuan-penemuan yang baru. Maka terciptalah berbagai benda yang menjadi esensi dari budaya itu sendiri. • Sistem religi – Kepercayaan manusia terhadap Yang Maha Pencipta, menyebabkan manusia melahirkan berbagai adat istiadat yang memperkaya khasanah budaya.

• Organisasi masyarakat – Manusia selain sebagai makhluk individu juga tercipta sebagai makhluk sosial. Interaksi antar manusia menyebabkan lahirnya ide-ide baru dalam berbudaya.

• Teknologi dan peralatan – Manusia diciptakan mempunyai akal dan pikiran. Dalam membantu kegiatannya, manusia menciptakan berbagai penemuan-penemuan baru.

[/tab] 7 Manfaat Keberagaman Budaya di Indonesia Budaya Indonesia, negara di Asia Tenggara yang disebut negara kepulauan paling besar didunia. Masyarakat Indonesia termasuk juga berbentuk heterogen serta mempunyai budaya yang beragam macam. Keberagaman budaya di Indonesia juga di pengaruhi oleh keadaan geografis yang ada. Dengan jumlah masyarakat yang menjangkau sekitaran 200 juta orang lebih, masyarakat Indonesia menyebar di semasing pulau serta memiliki keunikan budayanya sendiri.

Warisan budaya yang berkembang di Indonesia, sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia dari beragam jenis etnis, suku, serta bhs di beberapa daerah yang menebar di tanah nusantara. Keberagaman budaya yang dipunyai oleh negara Indonesia, jadi jati diri bangsa. Bangsa Indonesia di kenal jadi bangsa yang unik, karna dapat hidup rukun dalam satu negara yang terbagi dalam beragam budaya.

Banyak faedah yang didapat dari sini, salah satunya : 1. Menumbuhkan sikap nasionalisme Ketidaksamaan budaya yang ada juga akan membuat rasa cinta tanah air, karna keanekaragam budaya yaitu satu kekayaan yang dipunyai satu bangsa.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Bukan sekedar hasil tambang, komoditi export yang memengaruhi pendapatan negara. Aspek budaya juga jadi daya tarik serta kekayaan yang dapat dipunyai satu bangsa. Budaya mengajarkan kita juga akan nilai-nilai leluhur yang mempunyai kekhasan serta manfaatnya semasing. Saat kita melihat kalau keanekaragaman budaya yaitu satu kekayaan, jadi dengan sendirinya kita juga akan berupaya melindungi kekayaan kita itu. Hingga rasa nasionalisme, sikap mempunyai serta menghormati kekayaan bangsa juga akan muncul didalam diri.

2. Jati diri bangsa di mata internasional Dengan kemajemukan budaya yang ada dapat jadi jati diri diri satu bangsa.

Kita ketahui kalau bangsa australia yaitu bangsa aborogin, hal tersebut yaitu satu diantara jati diri negara australian di mata dunia. Kita ketahui kalau alat musik gitar akustik yaitu ciri musik latin dari Amerika selatan. Itu juga dapat jadi keunikan satu bangsa. Oleh karenanya, faedah keberagaman budaya Indonesia ini membuat indonesia mempunyai banyak artefak budaya yang dapat memperkenalkan negara kita pada dunia internasional. Dengan keanekaragam budaya juga pastinya melahirkan beragam jenis inspirasi yang bermanfaat untuk pembangunan bangsa serta negara.

3.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Alat pemersatu bangsa Dengan memiliki beragam bhs daerah, tidak mengakibatkan bangsa Indonesia terpecah iris tetapi malah menaikkan kekayaan perbendaharaan bhs. Karna kekhasan ini yaitu kekayaan yang mana tak ada negara beda yang mempunyai keanekaragaman budaya seperti Indonesia.

Bhineka Tunggal Ika yaitu lambang kerukunan yang berada di Indonesia serta begitu menarik di mata dunia. 4. Jadi ikon pariwisata Dengan melestarikan keberagaman budaya yang ada, bisa jadi magnet dalam bagian pariwisata. Peninggalan waktu dulu mual dari bangunan, tarian, bhs, serta artefak budaya sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia lain dapat di sulap jadi object wisata yang dapat menghadirkan wisatawan yang bukan sekedar domestik tetapi juga wisatawan asing.

Pemakaian di bagian pariwisata ini otomatis bisa tingkatkan devisa negara. 5. Menaikkan Pendapatan Nasional Hal semacam ini yaitu dampak dari faedah keberagaman budaya dalam bagian pariwasata bisa menghadirkan wisatawan asing serta domestik. Bila dikelola oleh negara, jadi object pariwisata itu keuntungannya juga akan masuk ke kas negara. Oleh karenanya pendapatan kita didalam APBN juga akan jadi bertambah serta dapat dipakai untuk pembangunan bangsa. 6. Memupuk sikap toleransi Banyak sekali lagi faedah yang bisa kita rasakan dari keberagaman budaya di Indonesia.

Dengan terdapatnya multikulturalisme (macam budaya), diinginkan mempertebal sikap toleransi serta rasa tolong membantu dan nasionalisme kita. 7. Sumber pengetahuan untuk dunia Budaya yaitu nilai-nilai yang dipunyai satu orang-orang serta dilembagakan dalam satu bentuk artefak budaya yang dapat di nikmati oleh orang-orang serta generasi penerusnya.

Dengan artefak budaya kita juga akan mengetahui nilai-nilai orang-orang di waktu kemarin. Hal semacam ini begitu perlu untuk jadikan sumber pengetahuan.

Untuk sejarawan serta budayawan, artefak budaya sangat perlu serta mesti dilestarikan. Karna satu artefak budaya dari waktu dulu dapat jadi sumber info bernilai.
MENU • Home • Pendidikan • Pilih Jurusan • Pilih Kampus • Tips • Karir • Tips Karir • Job Description • Bisnis • Marketing • Peluang Usaha • Tips • Wirausaha • Digital Marketing • Tips Trik • Lainnya • Artikel Islam • Teknologi • Kata Bijak • Arti Kata • Otomotif • Insight • Motivasi • Referensi • IPS • Pendidikan Kewarganegaraan • Sejarah • Ekonomi • IPA • Wawasan Kebangsaan • Kewirausahaan • Kitapunya.net, Di pagi menjelang siang ini admin mau share sedikit informasi mengenai manfaat keberagaman budaya, tadi pagi kami juga sudah membahas tentang faktor penyebab keberagaman budaya, yang mana faktor faktor yang menjadi penyebab keberagaman budaya adalah faktor manusia, faktor lingkungan alam, faktor perubahan nilai dan sikap, pengaruh kebudayaan masyarakat lain, faktor kemajuan teknologi dan faktor kependudukan.

Pengertian Keberagaman Budaya Kata “Budaya” memiliki arti pikiran, akal budi. Budaya dalam bahasa Inggris dikenal sebagai culture yang asal usulnya dari bahasa Latin yaitu Colere, artinya adalah mengolah atau mengerjakan.

Sehingga, jika dilihat dari asal katanya kebudayaan merupakan hal yang berkaitan dengan budi dan akal.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Menurut Tylor (1871), kebudayaan diartikan sebagai pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat, istiadat, kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota dari sebuah kelompok masyarakat. Lebih lanjut tentang keberagaman budaya adalah proses, cara atau pembuatan menjadikan banyak macam ragamnya tentang kebudayaan yang telah ada. Beraneka ragam corak kehidupan di Indonesia, disertai dengan latar belakang kesukaan, wilayah, agama, maupun ras membuat Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam.

Keberagaman budaya tersebut dapat kita lihat dari unsur-unsur kebudayaan (umum) sebagai berikut : a. Kesenian b.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Religi c. Sistem Pengetahuan d. Organisasi social e. Sistem ekonomi f. Sistem teknologi g. Bahasa. Sekilas Tentang Keberagaman Budaya di Indonesia Sebagai bangsa yang kaya akan suku dan budaya, kita harus bangga. Kita juga harus menghargai dan menghormati budaya yang kita miliki, yaitu dengan mengapresiasinya dan melestarikannya. Tercatat, Indonesia memiliki sedikitnya 743 bahasa yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Indonesia juga memiliki 1.128 suku, yang masing-masing suku tentu memiliki budayanya masing-masing.

Dengan bermacam-macam budaya yang kita miliki, jangan sampai malah membuat perpecahan, tetapi seharusnya membuat kita semakin bersatu agar Indonesia tercinta ini terkenal sebagai negara yang kaya akan budaya dan dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang favorit.

Budaya yang kita miliki sangat berharga, untuk itu harus kita jaga dan lestarikan.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Jangan sampai budaya yang kita miliki diakui oleh negara lain, seperti yang terjadi beberapa tahun silam. Setiap daerah mempunyai budaya masing-masing, dan sikap kita adalah harus saling menghormati budaya daerah lain tersebut sehingga kerukunan dan keamaan dalam kehidupan di masyarakat dapat tercapai.

Keberagaman budaya memberikan keunikan tersendiri bagi sebuah bangsa, untu itulah sebuah bangsa harus pedulis dan terus melestarikan budaya yang ada. Apalagi keberagaman budaya ini memiliki sejuta manfaat yang bisa langsung maupun tidak langsung kita rasakan. Manfaat Keberagaman Budaya Di bawah ini adalah beberapa manfaat keberagaman budaya : • Dapat mempererat tali persaudaraan • Menjadi aset wisata yang dapat menghasilkan pendapatan negara • Memperkaya kebudayaan nasional • Sebagai identitas negara indonesia di mata seluruh negara di dunia • Dapat dijadikan sebagai ikon pariwisata sehingga para wisatawan dapat tertaarik dan berkunjung di Indonesia • Dengan banyaknya wisatawan maka dapat menciptkan lapangan pekerjaan • Sebagai pengetahuan bagi seluruh warga di dunia • Sebagai media hiburan yang mendidik • Timbulnya rasa nasionalisme warga negara terhadap negara Indonesia • Membuat Indonesia terkenal dimata dunia berkat keberagaan budaya yang kita miliki Demikian saja 10 manfaat keberagaman budaya di Indonesia.

Semoga bermanfaat dan terimakasih. Posting terkait: • Beberapa Kebijakan Thomas Stamford Raffles di Indonesia (1811 – 1814) • Faktor dan Unsur Pembentuk Kepribadian • 5 Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya • 13 Contoh Perilaku Beriman Kepada Nabi dan Rasul Allah • Pengertian dan Contoh Tindakan Cinta Produk Indonesia • Materi Produksi: Pengertian, Tujuan, Faktor, Fungsi, Macam-macam (Lengkap) Posting pada Materi Ditag IPS, Kebudayaan, Pengetahuan
• Info Maritim • Daerah • Lifestyle • Industri Maritim • Pariwisata Maritim • Advertorial • Geladak • Jasa Maritim • Misteri Laut • Tokoh • Olahraga • Video • Galeri • Kolom • Redaksi • Tentang Kami • Visi dan Misi • Kebijakan Privasi • Pedoman Pemberitaan Media Siber • Standar Perlindungan Profesi Wartawan • Kode Etik Perilaku Manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa dapat dilihat dari berbagai macam aspek, yakni ekonomi dan sosial.

Di aspek ekonomi, manfaat keberagaman adalah menjadi aset kekayaan bangsa. Secara keseluruhan, keberagaman budaya merupakan identitas negara. Indonesia adalah bangsa majemuk dengan berbagai macam suku. Sebagai negara kepulauan, perbedaan antar suku yang mendiami satu pulau dengan pulau lain atau berada di satu kawasan berbeda-beda budayanya. Menurut penelitian badan statistik yang dibuat Badan Pusat Statistik, melalui survei penduduk yang di lakukan tahun 2010,di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa.

Struktur dan komposisi penduduk Indonesia menurut kelompok suku bangsa menurut Sensus Penduduk 2010 memperlihatkan Suku Jawa yang berasal dari Pulau Jawa bagian tengah hingga timur sebagai kelompok suku terbesar dengan populasi sebanyak 85,2 juta jiwa atau sekitar 40,2 persen dari populasi penduduk Indonesia.

Baca Juga: 5 Manfaat Hidup Rukun di Masyarakat dan Sekolah Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Antar suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia.

Keberagaman lainnya dari bangsa Indonesia adalah agama dan kepercayaan. Sejarah bangsa Indonesia menunjukkan bahwa berbagai agama di Indonesia sejak dahulu kala berkembang dan berdampingan secara damai. Secara sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia, penyebab keberagaman Bangsa Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya sebagai berikut : • Letak strategis wilayah Indonesia • Kondisi negara kepulauan • Perbedaan kondisi alam • Keadaan transportasi dan kumunikasi • Penerimaan masyarakat terhadap perubahan Keberagaman di Indonesia Adalah Berkah Keberagaman suku, budaya, adat istiadat, ras, agama atau kepercayaan, dan golongan merupakan berkah bagi bangsa Indonesia.

Dijuluki jamrud khatulistiwa, keberagaman menjadi modal bangsa untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Mustaghfiroh Rahayu, dalam artikel berjudul Keragaman di Indonesia dan Politik Pengakuan (Suatu Tinjauan Kritis) pada Jurnal Pemikiran Sosiologi menyebutkan, keberagaman di Indonesia terbentuk dari lebih banyak varian daripada yang terjadi di Barat.

Dalam varian itu terdapat adat istiadat, hubungan dengan keturunan Tiongkok yang sudah tinggal di Indonesia sejak lama, dan pluralisme hukum yang menjadi warisan dari masa kolonial. Jadi, keberagaman di Indonesia dan negara-negara Asia secara umum berbeda dengan sejarah keragaman di negara-negara Barat, yang menghasilkan respon dan kebijakan yang tidak seluruhnya sama. Beberapa kebijkan mungkin menggunakan nama yang sama, tapi pada praktiknya melalui proses dan memiliki makna yang berbeda.

Dilansir dari situs Guruberbagi Kemdikbud, negara Indonesia sangat besar sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia sangat sulit untuk mengaturnya apabila tidak ada perstuan, oleh karena itu persatuan sangat penting serta negara dapat terwujud persatuan dan kesamaannya.

Seluruh warga negara sudah seharusnya punya andil yang besar dalam mengetahui, mempelajari, dan mengembangkan persatuan bangsa yang memiliki komitmen terhadap semangat persatuan dalam konteks NKRI, serta tetap bergerak dalam koridor persatuan dan kesatuan melalui berbagai kegiatan yang membangun.

Cara menghargai keragaman di masyarakat misalnya tidak menghina kebudayaan lain, merasa ikut memiliki, dan ikut melestarikan kebudayaan daerah yang hampir punah. Maka dari itu persatuan dan kesatuan sangat penting untuk mewujudkan cita-cita Negara yang tentunya harus berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila serta komitmen untuk menjadikan Negara yang maju, bermartabat dan berwibawa.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Dalam menerima keragaman suku bangsa dan sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia di masyarakat diperlukan sikap yang lapang dada, tulus ikhlas dan sikap rela menerima adanya perbedaan. Saling Menghargai Antar Sesama di Lingkungan Sekolah Membingkai Keberagaman di Indonesia Dalam masyarakat Indonesia yang majemuk, ada dua istilah yang penting dipahami yaitu kemajemukan (pluralitas) dan keanekaragaman (heterogenitas). Pluralitas sebagai kontraposisi dari singularitas mengindikasikan adanya suatu situasi yang terdiri dari kejamakan, dan bukan ketunggalan.

Artinya, dalam “masyarakat Indonesia” dapat dijumpai berbagai subkelompok masyarakat yang tidak bisa disatukelompokkan satu dengan yang lainnya. Adanya tidak kurang dari 500 suku bangsa di Indonesia menegaskan kenyataan itu.

Demikian pula halnya dengan kebudayaan mereka. Sementara heterogenitas yang merupakan kontraposisi dari homogenitas mengindikasikan suatu kualitas dari keadaan yang menyimpan ketidaksamaan dalam unsur-unsurnya.

Artinya, masing-masing subkelompok masyarakat itu beserta kebudayaannya bisa sungguh-sungguh berbeda satu dari yang lainnya. Dalam tulisan ini, pluralitas dan heterogenitas akan dipakai secara bergantian sebagai kebhinnekaan. Baca Juga: Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia Kebhinnekaan bangsa Indonesia dapat dilihat baik secara vertikal maupun horizontal. Secara vertikal, kebhinnekaan bangsa kita dapat dilihat dari perbedaan tingkat pendidikan, ekonomi, pemukiman, pekerjaan, dan tingkat sosial budaya.

Sedangkan secara horizontal, kebhinnekaan bangsa Indonesia dapat dilihat dari perbedaan agama, etnis, bahasa daerah, geografis, pakaian, makanan, dan budayanya. Dalam masyarakat Indonesia yang plural dan sekaligus heterogen, tersimpan kekuatan yang sangat besar (sebagai modal sosial dan budaya) berupa beragam adat istiadat, agama dan kepercayaan, bahasa yang berjenis-jenis yang menjadi pengikat kelompok-kelompok masyarakat untuk bersatu menentang penjajahan.

Sifat kebhinnekaan Indonesia justru lebih memperkuat keinginan untuk bersatu dalam mencapai cita-cita bersama. Oleh karena itu kebhinnekaan masyarakat Indonesia perlu dilihat sebagai sesuatu yang cair dengan tujuan adil, makmur dan bermartabat bagi tiap warga negara. Cair dalam arti bahwa ada kebutuhan situasional dan konstekstual yang perlu diperbaharui dan/atau direvisi dari waktu ke waktu atau perubahan waktu. Realitas masyarakat Indonesia yang plural dan heterogen dapat diilustrasikan sebagai sebuah mozaik dimana keutuhan dan keserasiannya ditopang oleh sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia unsur-unsurnya yang berasal dari keanekaragaman yang ada dalam masyarakat.

Dengan demikian, masyarakat Indonesia dibentuk dari pertemuan berbagai macam warna dari kelompok masyarakat pendukungnya. Mengapa keberagaman budaya merupakan salah satu aset yang dapat dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia? Berikut penjelasannya: Jadi Identitas Negara Ketika ditanyakan negara kepulauan terbesar di dunia, tentu saja kita langsung terpikirkan jawabannya yaitu negara kita Indonesia. Adanya ribuan pulau di Indonesia menjadi alasan munculnya beragam pengertian budaya dari tiap-tiap daerah tersebut.

Hal ini seperti menjadi ciri khas dari negara kita sehingga ketika ada yang menanyakan negara mana yang kaya akan kebudayaan kita sudah tahu dengan pasti jawabannya: Indonesia. Membentuk Masyarakat yang Toleran Antar Sesama Kemanapun kita datang berkunjung di suatu daerah di Indonesia, tentu kita tidak hanya akan menemukan orang-orang asli daerah tersebut.

Ada juga perantau yang akhirnya menetap di daerah itu atau hanya sekedar datang untuk jalan-jalan. Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan adanya orang luar daerah mereka yang hadir di tengah-tengah mereka tanpa mengucilkan orang tersebut.

Perbedaan budaya, suku, ras dan hal-hal lainnya seakan tidak lagi mempengaruhi kondisi penduduk Indonesia karena kita sama-sama warga negara Indonesia. Kita bisa merasakan rasa toleransi yang tinggi di antara masyarakat Indonesia terutama di kota-kota besar.

Manfaat keberagaman sebagai pendorong toleransi antar masyarkat. Menarik Wisatawan Setiap daerah memiliki budayanya masing-masing dan tentunya berbeda-beda. Bahkan di suatu daerah kita bisa menemukan kelompok-kelompok yang menggunakan bahasa yang benar-benar berbeda dengan latar belakang sejarah yang berbeda.

Biasanya setiap budaya memiliki peninggalan bersejarahnya masing-masing. Tentu peninggalan bersejarah ini akan sangat baik bagi daerah tersebut untuk dijadikan objek wisata seperti museum, monumen, dan tempat wisata lainnya. Sadar atau tidak, wisatawan yang berkunjung ke Indonesia bukan semata-mata karna kekayaan alamnya yang begitu indah tapi juga karena Indonesia kaya akan budaya yang tidak mungkin kita temukan di negara lain.

Wisatawan asing begitu takjub dengan beragam kebudayaan yang ada di negara kita yang begitu kental, sebut saja Bali, Yogya dan Toraja. Setiap tahunnya ada jutaan turis asing yang memilih tempat-tempat ini untuk dijadikan tujuan, bukan hanya untuk berwisata tapi juga menambah pengetahuan.

Baca Juga: Cara Menjalin Keberagaman Indonesia Antar Masyarakat Aneka Budaya Membuat Masyarakat Kaya Akan Pengetahuan Suatu kebudayaan tentunya terdiri dari berbagai macam hal yang berhubungan dengan daerah asalnya. Unsur-unsur budaya Mulai dari bahasa, busana, tarian, kuliner, rumah adat, bahkan mitos-mitos dan ada kepercayaan yang berbeda.

Sebagai masyarakat yang tinggal di satu negara yang sama, tentu kita memiliki rasa ingin tahu yang besar mengenai kebudayaan dari masyarakat di daerah lain dari negara kita. Hal ini menjadikan masyarakat Indonesia kaya akan pengetahuan mengenai daerah-daerah tetangganya. Manfaat Keberagaman Sebagai Peluang Usaha Daerah Setempat Kekayaan manfaat keberagaman budaya yang kita miliki ini bisa menghadirkan peluang usaha bagi masyarakatnya.

Para pengrajin kain tenun atau pembuat kerajinan tangan khas daerah misalnya, bisa menjual karya mereka dan mengembangkan bisnis dari kebudayaan mereka sendiri.

Bisnis paling menjanjikan yang dihasilkan dari suatu kebudayaan adalah kulinernya. Kita bisa merasakan sendiri berbagai macam kuliner yang berbeda-beda yang bisa kita temukan di daerah di Indonesia.

Dengan adanya objek wisata dan bisnis masyarakat yang berorientasi budaya di setiap daerah di Indonesia pendapatan negara tentunya semakin bertambah.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Bukan hanya dari situ saja, dengan diadakan festival budaya di berbagai daerah, tentunya akan semakin menarik wisatawan asing yang bisa membuka peluang untuk semakin di kenal di dunia internasional. Pemerintah dan masyarakat harus bisa bekerja sama mempertahankan hal ini dengan pengelolaan yang tepat, sistem pewarisan budaya dan dukungan maksimal demi tercapainya kelestarian budaya di setiap daerah.KOMPAS.com - Keberagaman budaya adalah kondisi masyarakat yang terdiri atas berbagai macam suku bangsa, bahasa, dan budaya.

Disadari atau tidak, kondisi keberagaman budaya membawa banyak manfaat bagi suatu bangsa. Nurul Akhmad dalam jurnal Ensiklopedia Keragaman Budaya (2010) menjelaskan jika keberagaman budaya hendaknya membuat masyarakat suatu bangsa saling bersatu membentuk persatuan.

Salah satu caranya dengan menghormati dan menghargai berbagai kebudayaan. Manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa Hendaknya keberagaman budaya dijadikan motivasi untuk membentuk persatuan bangsa. Apabila keberagaman ini disikapi dengan baik, akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan suatu bangsa.

Apakah manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa? Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut ini beberapa manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa: • Menjadi identitas bangsa di mata dunia Keberagaman budaya menciptakan identitas bagi suatu bangsa.

Identitas tersebut akan membuat bangsa semakin dikenal di mata dunia. Baca juga: Contoh Keberagaman di Rumah dan Cara Menyikapinya • Memperkaya kebudayaan nasional Keberagaman budaya bermanfaat untuk memperkaya kebudayaan nasional. Sebagai contoh Indonesia, yang dari Sabang sampai Merauke, mempunyai kebudayaan khas di tiap daerahnya. Hal ini menjadikan Indonesia sangat kaya dalam hal kebudayaan. • Mempererat persaudaraan Manfaat lain dari keberagaman budaya bagi suatu bangsa adalah eratnya ikatan persuadaraan.

Ikatan ini tumbuh karena masyarakatnya saling menghormati serta menghargai tiap kebudayaan, tanpa merasa budayanya jauh lebih baik dibanding lainnya. • Menjadi aset wisata Keberagaman budaya yang dimiliki suatu bangsa menghasilkan daya tarik tersendiri, khususnya bagi warga mancanegara.

Dengan demikian, keberagaman budaya dapat dijadikan potensi atau aset wisata bagi suatu bangsa. • Menjadi sumber pengetahuan Keberagaman budaya di suatu bangsa bisa menjadi sumber pengetahuan, tidak hanya untuk penduduk lokal, tetapi juga mancanegara. Hal ini berarti budaya milik bangsa dapat dijadikan sumber pengetahuan untuk dipelajari serta diamati. • Menumbuhkan rasa nasionalisme Manfaat lain dari keberagaman budaya bagi suatu bangsa adalah tumbuhnya sikap nasionalisme.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Sikap ini muncul karena adanya rasa bangga, mencintai, serta menghormati banyak kebudayaan. Baca juga: Peran Pancasila dalam Keberagaman Bangsa
Indonesia merupkan negara multikultural yang kaya akan adat istidat, budaya, bahasa, suku, ras dan agama. Hal ini tidak mengherankan, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang setiap daerahnya terpisah oleh perairan. Hal ini menyebabkan keberagaman menjadi suatu hal yang tidak terhindarkan. Lalu, a pakah manfaat keberagaman di dalam suatu masyarakat?

Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia yang memiliki makna “berbeda-beda tetapi tetap satu jua”. Hal ini menunjukkan bahwa keberagaman telah menjadi ciri khas dan identitas bangsa kita. Saat semboyan ini dikukuhkan oleh para pendiri bangsa, tentu tujuannya agar negara kita dapat hidup rukun dan memegah teguh prinsip kesatuan, meskipun memiliki banyak keberagaman. Toleransi adalah rasa saling menghargai, menghormati dan memberi privasi kepada orang lain.

Dengan memiliki banyak keberagaman, maka hal ini akan memupuk sikap toleran pada masyarakat.

sebutkan manfaat keberagaman suku bangsa yang ada di indonesia

Tentunya, sikap toleran tidak dapat tumbuh sendiri, melainkan harus diasah oleh setiap individu agar lebih menghargai sesama manusia.

Apakah manfaat keberagaman di dalam suatu masyarakat ? Manfaat yang terakhir yaitu dapat memperkaya kebudayaan nasional. Negara kita memiliki warisan kebudayaan yang luhur dari nenek moyang dan perlu dilestarikan oleh anak dan cucu kita khelak.

Oleh karena itu, kebudayaan yang beragam ini mampu menambah kekayaan bangsa Indonesia.

6 Manfaat Keberagaman Budaya di Indonesia




2022 www.videocon.com