Perut membesar dan keras penyakit apa

perut membesar dan keras penyakit apa

Berbagai kondisi yang bisa menimbulkan perut keras dan membesar adalah: Konstipasi. Radang kantung usus besar (divertikulitis) Penumpukan cairan pada perut (asites) yang sering penyebabnya sirosis hati.26 Apr 2021 Kenapa Himalayan Salt dilarang? Mengandung radioaktif yang buruk untuk tubuh Sebagian dari mineral dalam garam Himalaya termasuk beracun dan radioaktif yang sebenarnya tidak berguna dan berpotensi membahayakan.

Nutrisi tidak baik, seperti merkuri, arsenik, timbal, dan talium terkandung dalam garam Himalaya.18 Des 2020 Kenapa garam himalaya Lebih sehat?

perut membesar dan keras penyakit apa

Dilansir dari Healthline, garam Himalaya mengandung mineral yang lebih tinggi dibandingkan garam laut. Mineral-mineral yang terbukti terkandung lebih tinggi antara lain kalsium, potasium, magnesium, dan zat besi.15 Agu 2021 Apakah garam himalaya bahaya?

Ternyata, di samping manfaatnya, Garam Himalaya juga sangat berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan, lantaran berbagai senyawa di dalamnya bisa menimbulkan reaksi yang tidak baik di dalam tubuh.28 Jan 2021 Kenapa garam himalaya mahal?

Kemudian dari segi harga, garam Himalaya jauh lebih mahal dibandingkan dengan garam biasa. Proses penambangan garam Himalaya tidak mudah dan hanya dapat ditambang dari beberapa tempat saja. Hal ini yang menyebabkan garam Himalaya memiliki harga yang mahal.21 Sep 2021 Lantas, apa saja kemungkinan penyebabnya?

Penyebab perut bagian atas membesar dan keras Perut yang membesar umumnya menandakan penumpukan lemak perut berlebih. Kondisi ini bisa memicu obesitas abdominal atau obesitas perut. International Diabetes Federation menentukan seseorang memiliki obesitas abdominal jika lingkar perutnya lebih besar 90 cm untuk laki-laki dan lebih dari 80 cm untuk perempuan.

Meski demikian, perut bagian atas keras dan membesar bukan hanya tanda-tanda obesitas. Ada penyebab lain yang mungkin bisa muncul. Ketahui lebih lanjut di bawah ini. 1. Lordosis Perut bagian atas terasa keras dan membesar bisa muncul akibat tulang belakang bagian bawah yang terlalu melengkung ke bagian dalam.

perut membesar dan keras penyakit apa

Kondisi ini disebut juga dengan lordosis. Tulang belakang yang normal memang memiliki lekukan alami. Namun, tulang belakang terlalu membengkok ke bagian dalam bisa menyebabkan postur tubuh berubah. Panggul jadi tampak terlalu naik dan dan perut lebih menonjol. Maka dari itu, perut terlihat lebih besar dan terasa lebih keras. 2. Efek samping obat Obat-obatan memang membantu menangani penyakit dan meredakan gejala, tetapi juga menimbulkan efek samping.

perut membesar dan keras penyakit apa

Beberapa obat yang menyebabkan perut bagian atas mengeras dan membesar adalah golongan obat anti-inflamasi nonsteroidseperti: • aspirin, • naproxen, • ibuprofendan • diklofenak. Obat yang digunakan untuk meredakan nyeri dan demam ini menghambat senyawa tubuh yang menyebabkan rasa sakit, yakni prostaglandin. Ternyata, prostaglandin bermanfaat untuk menjaga lapisan pelindung lambung. Karena menghambat prostaglandin, lapisan pelindung lambung pun terganggu sehingga menyebabkan perut kembung dan keras.

3. Penyakit saluran pencernaan Adanya penyakit pada saluran pencernaan tentu berperan besar masalah perut.

perut membesar dan keras penyakit apa

Dalam hal ini, gejala umum yang kerap muncul adalah perut kembung dan mengeras. Inilah beberapa penyakit yang bisa membuat perut bagian atas keras dan membesar. • Gastritis : melemahnya lapisan pelindung lambung dan menyebabkan peradangan dan luka. • Gastroesophageal reflux disease ( GERD ) : naiknya asam lambung ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan kerongkongan. • Radang usus : penyakit autoimun yang menyerang dan membuat kekebalan tubuh dan menyerang usus hingga meradang.

• Sindrom iritasi usus besar : kumpulan gejala pada usus besar yang muncul bersamaan, seperti diare, sembelitsakit perut, dan kembung. • Tukak saluran pencernaan : adanya luka dan radang pada lapisan usus, lambung, dan kerongkongan. • Kanker lambung : pertumbuhan sel ganas yang memperbesar ukuran perut dan memicu kembung. • Pankreatitis dan kolangitis : radang pankreas dan radang saluran empedu yang menimbulkan penumpukan cairan serta pseudokista atau kantung yang berisi cairan dan membuat perut kembung, membesar, dan keras.

4.

perut membesar dan keras penyakit apa

Stres Siapa sangka, stres membuat perut Anda membesar dan terasa keras. Mengutip hasil studi terbitan Journal of Physiology and Pharmacology (2011), stres membuat hormon dan senyawa pada otak tidak seimbang. Hal ini akan mengganggu kinerja otak yang berkaitan dengan perut.

Kondisi tersebut ternyata membuat perut lebih rentan terhadap rasa sakit, tidak dapat mencerna makanan dengan optimal, dan meningkatkan risiko peradangan pada lambung. Oleh karena itu, perut pun rentan kembung dan membuatnya keras dan membesar. Tidak hanya itu, stres turut meningkatkan risiko penyakit pencernaan, seperti GERD, sindrom iritasi usus besardan radang usus. Ketiga kondisi tersebut juga terbukti membuat perut bagian atas keras dan membesar akibat penumpukan gas berlebih.

5. Perubahan hormonal Perempuan ternyata lebih rentan mengalami perut bagian atas keras dan membesar, salah satu penyebabnya adalah perubahan hormonal pada siklus menstruasi. Saat menstruasi dan masa subur, kadar hormon estrogen di dalam tubuh sedang tinggi. Hormon ini ternyata membuat air di dalam tubuh menumpuk dan membuat perut Anda kembung. Selain itu, volume rahim meningkat sebelum haid sehingga perut pun terlihat lebih besar. Hormon progesteron dan estrogen juga memengaruhi gerakan lambung dan usus dalam mencerna makanan Anda.

Hal ini membuat gas menumpuk di perut dan menyebabkan kembung. Sistem pencernaan turut menerima perintah khusus dari estrogen sehingga membuat perut lebih sensitif. Jadi, Anda seolah-olah merasa perut kembung dan keras. 6. Tumor di dalam perut Tumor adalah jaringan abnormal yang terbentuk karena sel membelah lebih banyak dari jumlah yang seharusnya.

Tumor yang tumbuh bisa bersifat jinak atau ganas. Perbedaan keduannya, tumor jinak bisa membesar, tetapi tidak menyebar dan menyerang ke jaringan di sekitarnya, sedangkan tumor ganas bisa berkembang menjadi kanker. Bila tumor terdapat di organ tubuh di dalam perut, tumor perut membesar dan keras penyakit apa perut membesar karena adanya jaringan tambahan.

Berikut beberapa organ yang ditumbuhi tumor dan memicu perut bagian atas keras dan membesar. • Lambung. • Diafragma. • Usus. • Pankreas. • Ovarium.

perut membesar dan keras penyakit apa

• Liver. • Ginjal. 7. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) PPOK adalah penyakit paru-paru akibat peradangan kronis yang mengganggu saluran udara di dalam paru-paru. Masalah saluran pernapasan ini ternyata membuat perut bagian atas juga keras dan membesar. Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi ini terjadi pada pasien PPOK.

Orang dengan PPOK biasanya memiliki kondisi sleep apnea yang menyebabkan napas berhenti beberapa kali saat tertidur. Untuk mengatasi sleep apneasalah satu perawatan yang dilakukan adalah pemberian aliran udara agar saluran pernapasan tetap terbuka sehingga napas tak terhenti.

Akan tetapi, hal ini bisa membuat udara masuk lebih banyak di dalam perut dan membuat kembung. Saat mempunyai kondisi ini, Anda kesulitan bernapas sehingga menelan udara terlalu banyak saat menarik napas.

Hal ini membuat perut Anda kembung. Tidak hanya itu, kesulitan napas ini membuat udara terjebak di dalam paru-paru sehingga menekan tulang rusuk. Efeknya, perut bagian atas Anda perut membesar dan keras penyakit apa dan keras. 8. Aneurisma aorta abdominalis Aneurisma aorta abdominalis adalah penggelembungan pembuluh darah besar pada bagian perut sehingga tampilan perut tampak membesar.

Penyakit ini ditandai oleh adanya rasa sakit yang berdenyut pada daerah di sekitar pusar. Penyebab utamanya adalah masalah pada jantung. Beberapa kondisi kardiovaskular yang memicu aneurisma aorta abdominalis adalah sebagai berikut. • Aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri. • Peradangan pembuluh darah. • Tekanan darah tinggi. • Benturan keras pada perut. Perut bagian atas keras dan membesar kerap terjadi akibat perut kembung. Selain karena masalah pencernaan, ternyata keluhan ini bisa dipicu oleh masalah fisik hingga mental.

perut membesar dan keras penyakit apa

Ada beberapa penyebab yang mungkin tidak bisa dicegah. Hanya saja, Anda bisa mengurangi risikonya dengan memulai pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga rutin, dan mengelola stres. International diabetes federation – home. (n.d.). Retrieved February 11, 2022, from https://www.idf.org/component/attachments/attachments.html?id=1405%26task=download Brown, J., & Brown, J. (2019). NSAIDs Can Wreck Your Stomach If You’re Not Careful: Are You at Risk?.

Retrieved 11 February 2022, from https://creakyjoints.org/treatment/nsaids-gastrointestinal-side-effects/ Gastritis: Indigestion, Symptoms, Causes, Treatment, Diagnosis. (2022). Retrieved 11 February 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10349-gastritis Irritable Bowel Syndrome (IBS) - NIDDK.

(2020). Retrieved 11 February 2022, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/irritable-bowel-syndrome Konturek, P.

C., Brzozowski, T., & Konturek, S. J. (2011). Stress and the gut: pathophysiology, clinical consequences, diagnostic approach and treatment options. J Physiol Pharmacol62(6), 591-9.

perut membesar dan keras penyakit apa

Irritable bowel syndrome – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 11 February 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/irritable-bowel-syndrome/symptoms-causes/syc-20360016 CDC -What is inflammatory bowel disease (IBD)? – Inflammatory Bowel Disease – Division of Population Health. (2022).

Retrieved 11 February 2022, from https://www.cdc.gov/ibd/what-is-IBD.htm Bloating & wind. Crohn’s & Colitis UK. (n.d.). Retrieved February 11, 2022, from https://www.crohnsandcolitis.org.uk/about-crohns-and-colitis/publications/bloating-wind Peptic ulcer – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 11 February 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/peptic-ulcer/symptoms-causes/syc-20354223 Acute pancreatitis – Complications.

(2018). Retrieved 11 February 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/acute-pancreatitis/complications/ Akkoca, M. (2017). Diagnosis and treatment approaches for intraabdominal masses in adults. Ankara Üniversitesi Tıp Fakültesi Mecmuası70(3), 201-205. doi: 10.1501/Tıpfak_000000987 Pinto, V., & Sharma, S. (2021). Continuous Positive Airway Pressure. Statpearls Publishing.

Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK482178/ Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) Therapy for Obstructive Sleep Apnea - Michigan Medicine. (2022). Retrieved 11 February 2022, from https://www.uofmhealth.org/health-library/hw48752 Obstructive Sleep Apnea and Airway Dimensions in Perut membesar dan keras penyakit apa Obstructive Pulmonary Disease - Annals of the American Thoracic Society.

(2022). Annals Of The American Thoracic Society. Retrieved from https://www.atsjournals.org/doi/10.1513/AnnalsATS.201903-220RL Lordosis. Types, Diagnosis and Treatment. (n.d.). Retrieved February 11, 2022, from https://www.nationwidechildrens.org/conditions/lordosis Abdominal aortic aneurysm – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 11 February 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/abdominal-aortic-aneurysm/symptoms-causes/syc-20350688
Munculnya kondisi perut bengkak dan keras dapat dijadikan dasar dugaan awal atau sebagai indikasi pada kondisi tubuh sedang dalam keadaan tidak stabil atau lebih kepada kondisi sistem pencernaan dan organ perut yang sedang dalam keadaan tidak baik.

Penyebab perut bengkak dan keras pada setiap individu adalah beragam tetapi mempunyai dampak buruk yang sama terhadap kesehatan rongga perut, Contoh yang paling sederhana misalnya bagian perut menjadi terasa tidak nyaman dalam berbagai kesempatan.

1.Sirosis hati Penderita gangguan pada organ hati yang muncul karena peradangan lalu mengalami kerusakan dapat mengakibatkan sirosis hati yang dapat menjadi penyebab perut bengkak dan keras.

Sirosis hati dapat menyebabkan asites yaitu akumulasi cairan dalam perut membesar dan keras penyakit apa yang banyak di rongga perut. Penyebab sirosis hati adalah penggunaan alkohol yang terus menerus atau penggunaan obat obatan tanpa resep dokter dalam jangka panjang maupun obat obtan terlarang. Pengobatan sirosis hati paling alami dan mujarab bisa di awali dengan membiasakan diri untuk makan makanan yang rendah lemak.

2.Infeksi ginjal Munculnya gejala infeksi ginjal pada anak dan dewasa dapat disebabkan karena pindahnya bakteri yang ada didalam kandung kemih ke arah organ ginjal sehingga dapat menjadi salah satu penyebab perut bengkak dan kerasDimana kemunculannya diawali mual mual dan dengan rasa tidak nyaman di rongga perut.

3. Infeksi usus Bakteri yang menyerang bagian usus dapat memicu peradangan dan infeksi. Infeksi pada dinding perut akibat makanan dan minuman yang telah terkontiminasi dengan berbagai macam bakteri dapat menjadi penyebab perut bengkak dan keras, Sehingga ulu hati terasa tidak nyaman dalam kurun waktu yang cukup panjang.

• Kanker kolon Kanker kolon adalah sel sel kanker yang tumbuh pada bagian usus besar atau yang menyearng bagaian terakhir pada sistem pencernaan manusia.

Tumbuhnya sel abnormal ini disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya, Pewarna makanan, MSG berlebihan atau akibat makanan yang telah terkontiminasi dengan radikal bebas. Kondisi ini dapat menjadi salah satu penyebab perut bengkak dan keras sehingga rongga perut terasa begah, Penuh dan tidak nyaman.

• Pankreas rusak Tumbuhnya tumor pada organ panktreas yang tidak segera di obati maka akan mengalami pembesaran yang nantinya dapat menyebabkan pankreas mengalami kerusakan, Sehingga mengakibatkan kelemahan fungsi pankreas yang mengacu pada hilangnya kemampuan pankreas dalam membantu mencerna makanan dan lemahnya dalam mengendalikan gula darah, Perut kembung dan terasa keras. Beberapa keluhan tersebut adalah salah satu dari tanda tanda umum jika seseorang sedang menderita kanker pankreas.

Penting bagi manusia untuk mengetahui apa saja selain tumor yang bisa menjadi faktor penyebab pankreas rusak agar pembengkakan perut bisa dihindari lebih awal. • Batu empedu Penyebab perut bengkak dan keras adalah tersembunyinya batu empedu yang belum terditeksi didalam kandung empedu. Batu empedu yang semakin membesar dapat menyebabkan komplikasi berupa infeksi pada dinding kandung empedu dan pembengkakan pada bagian perut dan rasa yang keras pada dinding perut bagian luar akan terlihat semakin signifikan.

Penting bagi manusia untuk mengetahui lebih awal langkah pencegahan batu empedu agar terhindar dari perut yang semakin membuncit dan mengeras. • Hepatitis Gejala hepatitis akut dan kronis paling mudah dilihat salah satunya adalah ketika air seni telah berubah warna menjadi lebih keruh.

perut membesar dan keras penyakit apa

Tetapi jika Penyakit hepatitis mengalami jumlah cairan empedu yang berlebihan lalu terjadilah penumpukan sehingga pembengkakan pada perut tidak dapat dihindari.

10.Obesitas Salah satu penyebab perut buncit pada wanita dan pria adalah adanya penumpukan lemak pada dinding rongga perut. Lemak dapat melekat pada dinding organ pencernaan hingga menyebabkan pelebarab dinding rongga perut. Kondisin inilah yang menyebabkan mengapa penderita obesitas perutnya kerab terlihat membesar atau pada wanita dimana perutnya membengkak seperti seseorang yang sedang hamil.

11.Sembelit Sembelit adalah gangguan yang terjadi pada pencernaan yang disebabkan karena makanan atau minuman yang mengandung gas. Gas berlebihan yang ada didalam lambung atau rongga pencernaan menyebabakan cairan tubuh terserap dan fases yang terbentuk gtidaka mengalami pencairan saaat akan dikeluarkan sehingga prrut akan terlihat lebih buncit, 12.Busung lapar Busung lapar adalah kondisi tubuh yanag muncul akibat tubuh menderita kekurangan gizi dalam jangka panajang.

Busung lapar adalah kondisi perut yang mengalami pembesaran dengan ukuran yang tidak wajar. Kekurangan asupan gizi dalam jumlah yang berlebihan dan terjadi dalam jangka panjang adalah salah satu perut membesar dan keras penyakit apa perut bengkak dan kerasa dalam waktu yang cukup lama.

13.Makan terlalu cepat Kebiasaan makan yang terlalu cepata atau terburu buru merupakan penyebab perut bengkka dan keras yang umum dapat menyerang siapa saja.

Makan terlalu cepat dapat menyebabkan perut menjadi kenyang lebih cepat tetapi menyebabkan nafsu makan semakin meningkat, Akibatnya perut yang sudah penuh tetapi mulut tetap ingin menyantap makanan dapat menyebabkan perut menjadi besar dan membengkak dari ukuran yang normal. • Masuknya udara Masuknya udara yang berlebihan melalui rongga ulut dapat menyebabkan rongag perut mengalami pembengkakan secara perlahan lahan. Pembesaran perut bisa terjadi jika udara berkumpul pada sisten pencernaan dalam jumlah yang banyak.

Udara tersebut dapat menekan dan mendorong rongga perut hingga meninggalkan jejak ukuran perut menjadi seperti sedang membengkak, Bahkan akan muncul sensasi rasa yang keras pada dinding perut bagian luar. Kondisi ini paling umum diderita seseorang yang sedang terkena masuk angin. • Penyakit celiac Mengkonsumsi makanan olahan atau makana yang dikemas secara berlebihan dan jangka panjnag ternyata dapat menyebabkan penekanan pada dinding usus lalu menyebabkan diare, Sakit perut dan perut membesar dan keras penyakit apa menjadi terlihat lebihb besar dari ukuran normal.

Penyakit celiac adalah gangguan pencernaan yang disebabkan karena seseorang sering atau gemar mengkonsumsi makan yang mengandung glutein. Glutein adalah protein yang ada pada makana jenis gandum, Sereal, Barley, pasta atau pada makanan siap saji. • Alergi Seseorang ynag memiliki alergi terhadap makana olahan produk susu maka tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan apalagi dalam jangka panjang. produk susu yang dikemas dalam kardus atau kalengan mengandung banyak bahan pengawer atau bahkan zat glutein yang dapat menjadi salah satu penyebab perut bengkak dan keras.

perut membesar dan keras penyakit apa

Kondisi ini paling banyak perut membesar dan keras penyakit apa oleh anak anak dan usia remaja khususnya penggemar sproduk susu olahan. • Fruktosa Makanan yang mengandung fruktosa tinggi misalnya sirup jagung, Pudding dan es krim ternyata dapat menjadi penyebab perut bengkak dan keras. Fruktosa adalah gula pengganti yang tidak baik jika berada didalam pencernaan dalaam jumlah yang tidak wajar atau berlebihan karena menyebabkan pelemahan dinding perutKembungUlu hati tidak nyaman sehingga muncul perubahan pada bentuk perut.

18.Gagal jantung Penyebab perut bengkak dan keras dapat menjadi indikasi awal jika seseorang sedang mengalami gangguan jantungMisalnya pada penderita gejala gagal jantung kiri dan kanan yang menyebabkan dinding perut melebar dan memicu munculnya pembengkakan.

• Menstruasi Pada siklus haid wanita serigkali menderita perasaan rongga perut yang seperti penuh dan melebar sehingga terlihat lebih besar dari biasanya. Haid adalah peristiwa bulanan yang umum dialami setiap wanita karena dinding rahim yang mengalami peruluhan akibat sel telur matang yang tidak dibuahi. Menstruasi adalah penyebab perut bengkak dan keras yang dapat kembali normal kembali saat siklus haid selesai. Menstruasi memang penyebab perut bengkak dan keras tapi tidak termasuk sebagai penyakit dan kelainan yang dapat menyebabkan gejala penyakit tertentu, Karena menstruasi adalah hal yang umum terjadi pada rahim wanita.

• Kehamilan ektopik Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi diluar rahim atau pembuahan sel telur yang terjadi diluar kantung rahim atau bisa juga terjadi pada salah satu tuba falopi.Kehamilan ektopik dapat menjadi penyebab perut bengkak dan keras tetapi jika kerhamilann tersebut diangkat melalui tindakann pembedahan maka bentuk perut akan kembali normal. Dalam kondisi kehamilan kembar juga bisa menyebabkan perut membesar dan keras dan akan kembali pada keadaan yang normal saat proses persalinan usai.

Related Posts • 5 Penyebab Kwashiorkor – Gejala dan Pencegahan • Susah Tidur – Kemungkinan Penyakit, Penyebab dan Cara Mengatasi • Sakit Ulu Hati Sampai Ke Punggung, Ternyata Tanda Penyakit Parah • 10 Penyakit yang Menyebabkan Rambut Rontok Parah dan Kebotakan • 10 Gejala Leptospirosis – Pengobatan dan Pencegahan Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya! Perut membesar dan keras penyakit apa - perut Anda buncit dan terasa keras? Jangan dianggap enteng, apalagi diabaikan begitu saja. Segera lakukan pemeriksaan medis. Bukan tidak mungkin asites yang menjadi penyebab.

Apa itu asites? Asites adalah akumulasi cairan perut membesar dan keras penyakit apa jumlah yang tidak wajar di rongga perut. Cairan berlebih ini menyebabkan perut membengkak dan terasa tak nyaman. Menurut situs Pancreatic Cancer Action Network, asites sering dijumpai pada penderita sirosis hati.

Namun asites juga bisa terjadi pada pasien gagal jantung, kanker payudara, kanker kolon, dan kanker perut. Ketika pasien sudah mengalami asites, umumnya sel kanker sudah menyebar hingga ke peritoneum atau rongga perut. Berikut ini kami uraikan penyebab, gejala, dan penanganan asites. 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Selamat!

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah Selengkapnya
Jakarta - Dok, saudara saya punya gejala di perut.

Pertama-tama dimulai pendarahan yang terus menerus, dan setelah beberapa bulan tanpa ada pengobatan yang baik tiba-tiba rasa sakit yang sangat amat datang di bagian perut tapi lama kelamaan perut jadi besar dan keras seperti hamil 7 bulan.

Setelah berobat jalan dan semua tes sudah dijalani ternyata baru ketahuan kalau penyakit yang diderita saudara saya tumor. Yang mau saya tanyakan, apakah benar penyakitnya itu tumor atau kanker? Kalaupun benar tumor apakah ganas atau jinak? Terimakasih. Maria U (Perempuan Menikah, 29 Tahun), azXX_XX@yahoo.com Tinggi Badan 156 Cm dan Berat Badan 52 Kg Jawaban Apabila perut membesar umumnya tentu ada kelainan, entah itu ada tumor, gas, ataupun air (cairan).

Namun untuk mengetahui keganasannya, kami juga harus meneliti terlebih dahulu di organ apakah tumor tersebut bersarang dan apakah gejala lainnya? Perlu juga dilihat apakah penyakitnya ini ada di sistem pencernaan atau bukan.

Sistem pencernaan terdiri atas esofagus, lambung, duodenum, usus besar, anus, hati, limpa dan pankreas. Gangguan pada organ-organ ini sering juga bukan sekadar gangguan pencernaan. Kadang pasien baru terdiagnosis adanya tumor atau kankernya setelah stadiumnya tinggi. Prof. Dr. Li Yuan Zhong Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di Gedung Menara Citicon Lantai 11 Blok C2, Jl. Jend S Parman kavling 72 slipi, Jakarta Barat. Nomer telepon: (021) 999 333 80, (021) 920 88881, (021) 2930 8708, (021), 2930 8709 0818197758. Cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222. Alamat Website: www.cancerhospital.co.id http://www.asiancancer.com/ (ver/vit) Berita Terkait • Benjolan Hilang Setelah Jadi Vegetarian, Bisakah Muncul Lagi?

• Benjolan di Lidah yang Tak Sakit, Tapi Sudah 25 Tahun • Khawatir Tumor karena Benjolan di Payudara Muncul Lalu Hilang • Adakah Pengobatan Selain Operasi untuk Kista Tiroid?

• Nyeri Dada Hingga Punggung, Ini Kanker Paru atau Hanya Infeksi? • Ada Benjolan Antara Paha dan Selangkangan, Apakah Itu Kanker? • Benjolan Tidak Sakit, Haruskan Dioperasi? • Anak Sering Sembelit, Apakah Bisa Kena Kanker Usus? MOST POPULAR • 1 Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya • 2 Dijalani Raja Salman, Apa Itu Kolonoskopi yang Bisa Deteksi Kanker Usus Besar?

• 3 Hepatitis Akut 'Misterius' Menular Lewat Pernapasan dan Pencernaan, Begini Mencegahnya • 4 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius?

perut membesar dan keras penyakit apa

Ini Penjelasan Pakar IDI • 5 Masih Misterius, IDAI Ungkap Kemungkinan Cara Penularan Hepatitis Akut • 6 Eks Bos WHO Bicara soal Potensi Hepatitis 'Misterius' Jadi Pandemi • 7 Tips Curi-curi Waktu untuk Bercinta di Pagi Hari • 8 Post Holiday Blues Bikin Tak Semangat Bekerja?

Psikolog Sarankan Ini • 9 Perlengkapan Main Sepatu Roda, Penting agar Tetap Aman Saat Meluncur • 10 5 Tips Foreplay yang Bikin Seks Makin Panas • SELENGKAPNYA
KOMPAS.com – Penyebab perut terasa keras dan menggembung pada umumnya hanyalah efek samping dari makanan atau minuman tertentu.

Tapi terkadang, jika sudah disertai dengan gejala lain, perut yang keras bisa menjadi indikasi dari kondisi medis yang mendasarinya. Jika disebabkan oleh makanan, perut terasa keras dan membengkak biasanya akan hilang setelah penderita berhenti mengonsumsi makanan atau minuman apa pun yang memicunya. Baca juga: 8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga Namun, terkadang gejalanya bisa terus bertahan dan merupakan tanda seseorang membutuhkan perhatian medis.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab perut terasa keras yang baik untuk diketahui: 1. Minum minuman berkarbonasi Cek Fakta Melansir Health Line, terkadang gas yang menumpuk akibat minum soda terlalu cepat bisa mengakibatkan perut keras.

Perasaan tidak nyaman ini biasanya akan menghilang saat gas perlahan keluar. 2. Makan berlebihan Makan terlalu banyak atau perut membesar dan keras penyakit apa terlalu cepat dapat membuat Anda merasa kenyang dan perut yang keras.

Asites kondisi rongga perut terisi cairan berlebihan




2022 www.videocon.com