Apa itu discord

apa itu discord

Mengenal Apa Itu Discord, Aplikasi Populer di Kalangan Gamers Sondang - Teknologi - 18-03-2022 PARBOABOA, Siantar - Para gamers pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Sebab, Discord biasanya digunakan para gamers untuk berkomunikasi dengan pemain lain saat bertanding ataupun menjalin kesepatakan. 1. Jadi, apa itu Discord? Discord adalah aplikasi gratis asal Amerika yang dirancang untuk menciptakan komunitas seperti panggilan suara, panggilan video, pesan teks, media dan file dalam obrolan pribadi atau dalam bentuk komunitas. Discord dibuat untuk membuat dan mengelola komunitas pribadi dan publik.

Ini memberi pengguna akses ke alat yang berfokus di sekitar komunikasi seperti panggilan suara dan video, apa itu discord obrolan persisten, dan integrasi dengan layanan yang berfokus pada pemain lainnya. Aplikasi yang dirilis secara publik pada Mei 2015 ini berasal dari buah pemikiran Jason Citron.

apa itu discord

Setelah menciptakan platform komunikasi untuk gamer bernama OpenFeint dan menjualnya sebesar US$104 juta (hampir Rp1,5 triliun), Citron kemudian mendirikan studio Hammer & Chisel dan merilis game MOBA pertamanya, Fates Forever pada 2014. Namun sayangnya, Fates Forever tidak laku. Kemudian saat melakukan pengembangan, Citron mendapatkan ide untuk membuat layanan voice over internet protocol (VoIP) yang ramah pengguna tanpa mengganggu performa.

Setelah mendapatkan berbagai investasi, Citron pun menggarap Discord. Citron kemudian merilis Discord dengan nama domain discordapp.com. Awalnya, Aplikasi ini hadir sebagai sarana komunikasi untuk para gamer saat bermain PC. Namun ternyata pada 2019, pengguna Discord diketahui mencapai 250 juta per bulan. Bahkan per Juni 2020, Discord berhasil mencatat 100 juta pengguna aktif per bulannya. Kemudian mulai Apa itu discord 2020, Discord mengumumkan pengalihan fokus dari kekhususan permainan video ke komunikasi yang lebih serbaguna dan klien obrolan untuk semua fungsi.

Mereka juga akan merevisi situe web Discord serta mengurangi jumlah lelucon permainan yang digunakannya dalam klien untuk meningkatkan pengalaman orientasi pengguna, dan meningkatkan kapasitas dan keandalan server. Fitur komunikasi via teks, suara, dan video, kualitas layanan komunikasi suara Discord yang berkualitas tinggi dan berlatensi rendah ini pun berhasil mendongkrak popularitas Discord di kalangan gamer, YouTuber, hingga podcaster serta streamer Twitch.

Alhasil, Discord dapat digunakan hampir di semua platform, dari PC, konsol, hingga smartphone Android dan iOS. 2. Fitur-Fitur di Discord - Server Seperti penjelasan di atas, pengguna dapat berkomunikasi dengan panggilan suara, panggilan video, pesan teks, media dan file dalam obrolan pribadi atau sebagai bagian dari komunitas disebut "server." Server adalah kumpulan ruang obrolan tetap dan saluran obrolan suara.

Namun, komunitas Discord diatur ke dalam kumpulan saluran terpisah yang disebut server. Maka dari itu, pengguna dapat membuat server secara gratis dengan mengelola visibilitas publik mereka dan membuat satu atau lebih saluran di dalam server itu. - Channel Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan Channel untuk berkomunikasi via teks atau suara dengan para anggota lain di Discord. Channel terbagi menjadi dua bagian, yakni teks dan suara. Di channel teks, pengguna bukan hanya mengobrol tetapi juga berbagai video, foto, Apa itu discord atau mengunggah file dan dokumen.

Sementara di channel suara, pengguna dapat berbagi layar atau screen-sharing, menjadikannya hampir lebih variatif dibandingkan Zoom dan aplikasi video teleconference lainnya. - Profil pengguna Untuk mendaftar di Apa itu discord, pengguna diwajibkan mengisi alamat email beserta nama pengguna.

Setelah itu pengguna akan diberi nomor empat digit yang disebut "diskriminator", dengan prefix "#", yang ditambahkan ke akhir nama penggunanya untuk mencegah pengguna memiliki nama yang sama. Baik di server dan tingkat pengguna, Discord juga memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ini ke Twitch atau akun layanan permainan lainnya. Bahkan, pengguna dapat menetapkan gambar profil dan pelanggan untuk Discord Nitro, bagian dari rencana monetisasi Discord, dapat menggunakan gambar profil apa itu discord.

- Panggilan Video dan streaming Berbeda dengan aplikasi lain, Discord memiliki keunikan tersendiri yang memungkinkan penggunanya untuk membuat panggilan video pribadi hingga dengan 10 pengguna. Hal itu bahkan meningkat menjadi 40 karena Pandemi covid-19. Tak hanya itu, pengguna juga dapat membagikan layar mereka jika Discord mendeteksi bahwa mereka sedang memainkan permainan dan orang lain di saluran itu dapat bergabung dengan saluran untuk menonton streaming.

3. Lantas, bagaimana cara menggunakan Discord? Untuk ngobrol di komunitas dalam aplikasi Discord, pengguna tentu harus bergabung dan memilih server terlebih dahulu. Untuk membuat server di Discord pun cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

- Cara membuat Server Discord 1. Pertama, klik "Add a Server" (tanda "+" hijau) di kolom kiri layar Discord 2. Selanjutnya, tampilan "Create a Server" akan muncul.

apa itu discord

Kamu dapat membuat server dari nol, atau membuat server berdasarkan template yang disediakan Discord (dari ruang belajar hingga gaming) 3. Kamu dapat memilih apakah server tersebut ditujukan untuk kamu dan teman-teman) atau klub dan komunitas. 4. Tampilan "Customize Your Server" muncul, dan kamu dapat menambahkan foto atau mengganti nama server. Jika sudah yakin, klik "Create". Agar server-mu berkembang, kamu dapat mengirim undangan/invite. Jika kamu ingin mengubah hal-hal di server-mu, kamu dapat mengklik panah bawah di apa itu discord nama server-mu, lalu pilih "Server Settings".

Namun jika menurutmu terlalu ribet untuk membuat server sendiri, kamu dapat bergabung dengan server lain sesuai dengan topik yang kamu inginkan. Kamu hanya perlu memilih "Explore Public Servers", ikon berbentuk kompas yang berada tepat di bawah opsi "Add a Server". Untuk membantumu memilih, Discord menyediakan pilihan topik-topik di kolom Discover. Dari diskusi gaming dan komik dan film hingga saham serta belajar bahasa pun ada.

apa itu discord

Dengan bergabung ke server-server ini, kamu dapat berinteraksi apa itu discord orang-orang dari berbagai belahan dunia, loh. - Cara mengatur channel Discord Jika kamu membuat server-mu sendiri, maka kamu juga perlu tahu bagaimana cara mengelola channel. Agar teratur, kamu dapat membagi channel menjadi beberapa kategori. Sama seperti mengelola channel, kamu harus memiliki izin "Manage Channel" yang diberikan oleh Admin server atau kamu adalah pencipta server itu sendiri.

Untuk mengatur channel dan kategorinya pun, kamu harus mengenali tampilan label sebagai penunjuk fungsi bagi para anggota. Berikut sejumlah tampilan label Discord lengkap dengan fungsinya. - Tanda "+" adalah untuk membuat channel baru berbentuk teks atau suara - Tulisan "Text Channel" dan "Voice Channel" adalah "Kategori" - Ikon "#" dan "Loudspeaker" menjadi penanda jenis channel.

"#" untuk teks, dan "Loudspeaker" untuk suara - Ikon "orang dengan tanda +" digunakan untuk mengundang orang ke channel, sedangkan tanda "roda gear" untuk mengatur channel - Cara merekam percakapan suara Discord Kamu juga bisa merekam percakapan yang ada di Discord, berikut panduannya: - Pertama, untuk mengundang craig adalah dengan membuka laman “craig.chat/home”.

- Laku, ketuk pilihan “Invite Craig to Your Discord Server”. - Pilih saluran di aplikasi Discord yang telah Anda siapkan. - Secara otomatis Craig akan masuk bersama dengan Anda di daftar teman Anda. - Untuk memulai merekam, tulis perintah “:craig:, join” kemudian secara otomatis Craig akan mulai merekam percakapan yang diinginkan. - Perhatikan notifikasi memulai perekaman, akan ada suara “Now Recording” dari Craig.

- Cara streaming Discord di Android Selain merekam suara, Anda juga bisa streaming game atau apapun di Discord. Berikut caranya: - Masuk/ log in ke aplikasi Discord Anda. - Pilih salah satu voice channel yang Anda inginkan. - Klik "Join Voice". - Kemudian klik ikon share screen yang ada dibawah. - Kini Anda telah berbagi screen. 4. Apa itu Discord Nitro? Pada dasarnya, Discord sebenarnya gratis. Namun, jika kamu ingin mendapatkan layanan lainnya, kamu dapat berlangganan Discord Nitro.

Biaya berlangganan Discord Nitro adalah US$10/bulan (Rp143.500) dan US$100/tahun (Rp1,4 jutaan). Sebab jika apa itu discord berlangganan dengan Discord Nitro, kamu bisa mendapatkan segudang fasilitas apa itu discord - Mengunggah file atau dokumen dengan ukuran lebih besar - Streaming video dan screen-sharing berkualitas HD - Avatar beranimasi dan kode tagar milikmu sendiri - Emoji khusus - Dua Server Boost Sesuai namanya, Server Boost adalah fitur Discord untuk meningkatkan kualitas server-mu dengan berbagai keuntungan.

Tergantung dari level Server Boost yang dipilih, server-mu mendapat slot emoji tambahan, kualitas video dan audio yang lebih jernih, hingga mengirim file hingga 100MB! Harga satu bulan Server Boost adalah US$5 (Rp72 ribu).

5. Apa itu Discord Bot Selain fitur-fitur di atas, kamu juga bisa menambahkan bot ke dalam server. Fitur pihak ketiga Discord ini dapat "mewarnai" server-mu, mulai dari membantumu sebagai moderator otomatis, memainkan musik, hingga memainkan game berbasis teks!

Untuk memulai server-mu, inilah beberapa contoh bot yang direkomendasikan di Discord: - MEE6: sarana moderator otomatis di channel-mu. Selain menjaga channel teks tetap kondusif untuk member baru, MEE6 juga memberikan notifikasi dari Twitter, YouTube, dan Reddit, merekam obrolan suara, membuat perintah khusus, dan fitur-fitur lainnya.

- Groovy: apa itu discord yang bertindak layaknya jukebox, memungkinkan semua orang di server-mu me-request lagu untuk diputar di channel suara. Selain itu, kontrol Groovy pun mudah untuk skip dan pause lagu. - Sesh: bot yang akan membantumu menjadwalkan acara dan menambahkannya ke sistem kalender perangkat lewat perintah obrolan intuitif. - Epic RPG: bot yang akan memberikan pengalaman bermain game RPG yang imersif.

Kamu dapat membuat karakter, menjelajahi dunia RPG, bertempur dengan teman, dan fitur-fitur RPG lainnya hanya dengan mengetikkan perintah di channel teks.

- Simple Poll: bot yang membuat semua jenis jajak pendapat/polling, sangat berguna untuk berinteraksi dengan anggota server. Itulah seputar informasi mengenai apa itu Discord. Selamat Mencoba! Tag : #discord #gamers #teknologi #aplikasi #jason citron #voip #server #channel Beberapa orang masih bertanya-tanya. apa itu perselisihan?? Nama Discord baru-baru ini mendapatkan popularitas dan menjadi topik diskusi. Sebenarnya disonansi ini sudah tidak asing lagi di kalangan gamer.

Jika Anda masih asing dengan discord, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Tentang Perselisihan jika Anda tidak pernah tahu apa itu perselisihan?Itu berarti Anda berada di tempat yang tepat. Anda dapat menggunakan informasi ini sebagai referensi Anda yang paling berguna sekarang dan di masa mendatang. Laporkan melalui situs web resmi klikjon.comDiscord adalah platform tempat pengguna dapat mengobrol atau berbagi. Ini bisa dalam bentuk mengobrol, berbagi foto atau video, dan berbagi layar Anda sekaligus.

Discord pertama kali dirilis sekitar tahun 2015 dan digunakan oleh banyak pengguna. pencipta konten berjudi ketika kamu harus streaming langsung. Penemunya adalah Jason Citron dari Amerika Serikat. Sebelumnya, ia membuat aplikasi komunikasi untuk game dengan nama berikut: cat terbukaTapi itu menjual.

Setelah itu, Citron justru membuat game Moba bernama Fates Forever, meski tidak laku di pasaran. Menariknya, Citron berpikir apa itu discord membuat aplikasi Voice over Internet Protocol (VoIP) dalam proses pembuatan game, dan menjadi cikal bakal perseteruan hingga hari ini. Pengguna utama Discord Sekali lagi, perhatikan, discord sebenarnya memiliki banyak kesamaan dengan Skype.

Konon, kita dapat mengatakan bahwa perseteruan ini adalah Skype gamer. Perseteruan ini akan memudahkan para pemain game untuk bekerja sama. Itu karena Discord bekerja melalui server pribadi yang pasti terpisah dari game yang Anda mainkan. Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Delay Touch di Android Terbukti Ampuh Jika Anda ingin mengirim pesan kepada rekan tim game Anda atau membuka forum obrolan, Anda dapat menggunakan Discord.

Penggunaan discord tidak diketahui dapat menurunkan kinerja game yang dimainkan sedikit pun. Pengguna perselisihan tumbuh. Pada dasarnya, aplikasi discord ditujukan untuk para gamer. Apakah Anda seorang pemain game online, pencipta konten di bidang itu. Seiring waktu, pengguna perselisihan baru mulai berkembang.

Discord sekarang digunakan oleh banyak komunitas untuk berkomunikasi tanpa tatap muka. Tentunya di masa krisis corona ini, Discord sangat mendukung aktivitas penting seperti bekerja atau belajar online. Keuntungan dari Perselisihan Apa yang membuat discord begitu populer adalah ia memiliki beberapa keunggulan: ● Lintas platform Sebagian besar pemain game online yang membentuk tim tersebut rata-rata berasal dari platform lain. Solusi untuk nyaman bermain bersama adalah dengan mengandalkan aplikasi Discord ini.

Pasalnya, Discord merupakan aplikasi lintas platform, sehingga bisa digunakan untuk banyak jenis perangkat. Anda dapat mengunduhnya dari Play Store dan App Store terlebih dahulu dan menggunakannya di Android atau iOS. juga pemain permainan Yang suka main di PC bisa mendapatkannya dengan mengakses langsung dari situs discord.com.

Keamanan Terjamin Discord sebenarnya dapat menjamin keamanan Anda. Hal ini karena aplikasi ini menggunakan server terenkripsi. Oleh karena itu, semua pesan yang datang dari alamat IP dijamin aman. Artinya Anda tidak perlu takut jika data pribadi Anda bocor. Obrolan BizWeb.co.id tanpa mengganggu kinerja game Ini adalah fitur paling menarik dari aplikasi Discord ini.

Discord ini memiliki sistem tersendiri saat diterapkan. Sehingga tidak akan mengganggu performa dari game yang sedang kamu mainkan. Frame rate tetap stabil, sehingga Anda dapat bermain dengan nyaman sambil mengobrol dengan teman-teman Anda. Baca Juga : Gawat! Mark Zuckerberg Ancam Tutup Facebook & Instagram di Eropa adalah penjelasan untuk apa itu perselisihan? Berikut adalah beberapa manfaat yang kami rujuk di situs: klik. Apa itu Post Discord? Ini adalah penjelasan yang pertama kali muncul di Cara memulai bisnis dari awal.

Categories Tips & Trik Post navigation
Yahoo is part of the Yahoo apa itu discord of brands. By clicking " Accept all" you agree that Yahoo and our partners will store and/or access information on your device through the use of cookies and similar technologies and process your personal data, to display personalised ads and content, for ad and content measurement, audience insights and product development.

Your personal data that may be used • Information about your device and Internet connection, including your IP address • Browsing and search activity while using Yahoo websites and apps • Precise location You can select ' Manage settings' for more information and to manage your choices. You can change your choices at any time by visiting Your Privacy Controls. Find out more about how we use your information in our Privacy Policy and Cookie Policy. Click here to find out more about our partners.

Daftar Isi • Apa itu Discord ? • Cara Kerja Discord • Perbedaan Discord dengan Platform yang Lain • Apakah Discord Hanya Tersedia untuk Gamer?

• Alasan Discord Disukai Banyak Remaja apa itu discord Link Download • 1. Untuk PC/Laptop • 2. Untuk Android • 3. Untuk iOS • Kesimpulan Bagi orang-orang yang sudah menjadikan game sebagai hobinya mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Discord.

Discord merupakan sebuah layanan obrolan baik dalam apa itu discord teks, gambar, maupun VoIP.

apa itu discord

Discord menyediakan berbagai fitur unik yang pastinya akan menarik siapa saja untuk menggunakannya. Lalu seperti apa cara kerja Discord ? Apakah Discord hanya digunakan untuk para gamer saja? Berikut ini kami akan memberikan penjelasannya kepada Anda. Apa itu Discord ? Penjelasan pertama akan kita mulai dengan membahas definisi atau pengertian dari Discord. Discord merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengakses obrolan.

apa itu discord

Jika diperhatikan aplikasi ini memang hampir sama dengan Skype maupun Slack. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis. Itu artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk mengaksesnya. Apa itu dan Cara Kerja Discord Dengan menggunakan Discord, Anda dapat melakukan obrolan secara real time. Anda bisa berkomunikasi menggunakan teks, suara, dan juga video. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lainnya yang sudah sangat terkenal seperti WhatsApp, LINE, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, Discord awalnya hanya dibuat untuk para apa itu discord. Tujuannya adalah memudahkan mereka di dalam berkomunikasi antara satu pemain dengan pemain yang lainnya ketika bermain game. Sekarang, aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali. Hal ini menunjukkan bahwa discord semakin populer di seluruh dunia.

Aplikasi ini akan menampung ruang obrolan mengenai berbagai macam topik, seperti musik, game, anime. Namun yang populer adalah meme yang sekaligus menjadikan Discord semakin terkenal. Senang dengan game FPS PC ? Inilah rekomendasi game FPS PC terbaik saat ini yang wajib Anda coba.

apa itu discord

Cara Kerja Discord Bagaimana cara kerja Discord ? Aplikasi ini bisa Anda akses melalui apa itu discord, komputer dekstop, maupun smartphone. Anda bisa bergabung dan juga mengatur ruang obrolan yang disebut Discord sebagai “ server”.

Anda bisa bergabung dengan grup atau bisa membuat grup Anda sendiri dengan membuat grup dan kemudian mengundang orang-orang terdekat Anda. Selain itu, terdapat juga server publik yang dapat digunakan oleh siapa saja. Setiap server pada Discord bisa dipecah menjadi “ channel”.

Channel merupakan ruang yang lingkupnya lebih kecil. Untuk membahas topik tertentu, baik server maupun channel kemungkinan mempunyai tingkat izin yang berbeda untuk pengguna yang berbeda juga. Tingkat izin tersebut mulai dari membatasi siapa saja orang yang bergabung sampai dengan kemampuan untuk mengunggah file ke saluran atau channel.

Perlu Anda ketahui bahwa meskipun Discord bisa apa itu discord oleh pengguna smartphone maupun komputer dengan fungsi yang sama, akan tetapi untuk versi seluler tidak mempunyai opsi layar berbagi. Opsi layar berbagi ini biasanya digunakan untuk melakukan streaming. Selain itu, Anda juga bisa berkirim pesan dengan orang lain sehingga percakapan bisa tetap dirahasiakan. Perbedaan Discord dengan Platform yang Lain Bagi Anda yang hanya ingin mengobrol dengan beberapa orang atau kelompok kecil ketika bermain game, maka Skype maupun Discord bisa menjadi pilihan Anda.

Akan tetapi, Discord menawarkan lebih banyak opsi. Anda bisa menjalankan aplikasi ini di browser. Selain itu, Anda juga bisa mengubah level mikrofon. Aplikasi juga menawarkan lower-lattency voice chat yang akan membantu berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Bagi Anda yang ingin menginstall Discord di komputer, Anda bisa mengaksesnya dari overlay ketika bermain game. Selanjutnya, Anda dapat mengubah level atau ketinggian suara maupun mengetik sesuatu dalam waktu yang singkat tanpa perlu melakukan alt/tab pada jendela lain.

Apakah Discord Hanya Tersedia untuk Gamer? Pertanyaan ini mungkin masih ditanyakan oleh beberapa orang. Apakah Discord dibuat hanya untuk para gamer? Sebenarnya, di awal pembuatan software ini memang diperuntukkan untuk para gamer. Akan tetapi, aplikasi yang mulai menarik perhatian sejak 2015 ini sudah bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain meskipun tidak sedang bermain game. Anda bisa bergabung dengan “ server” baik yang bersifat publik maupun yang bersifat pribadi.

Alasan Discord Disukai Apa itu discord Remaja Apa itu discord apa yang membuat aplikasi ini disukai banyak remaja? Salah satu alasannya karena aplikasi ini menyediakan banyak fitur menarik yang membuat obrolan menjadi lebih menyenangkan.

Anda bukan hanya sekadar berkomunikasi melalui teks. Anda bisa berkomunikasi melalui audio dan bahkan video. Selain itu, Anda juga bisa membagikan meme ke pengguna lain untuk membuat obrolan menjadi lebih seru. Selain itu, Discord juga sudah terintegrasi dengan platform yang populer seperti YouTube dan Twitch. Butuh keyboard gaming terbaik yang mendukung bermain game ? Tim SurgaTekno sudah mengulas rekomendasi keyboard gaming terbaik yang cocok menjadi piluhan Anda.

Link Download Untuk Anda yang ingin mencoba, aplikasi Discord ini sudah tersedia untuk PC, Android, dan iOS. Silahkan Anda download aplikasi dengan klik link di bawah ini : 1. Untuk PC/Laptop Klik untuk Download 2. Untuk Android Kesimpulan Jadi, bagi Anda yang memiliki salah satu atau kedua akun platform tersebut, maka Anda bisa menyinkronkan dengan Discord. Anda juga bisa berkomunikasi baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar.

Sebuah aplikasi yang akan membuat siapa pun menyukai dan ingin menginstallnya di perangkat mereka.
4 Mencari teman Siapa yang menggunakan Discord? Pada dasarnya, Discord memiliki fungsi yang sama seperti Skype. Jadi, bisa dianggap ini adalah Sykpe untuk komunitas gamer. Fitur ini dirancang untuk membantu pemain berkomunikasi dan berkoordinasi melalui server pribadi yang memungkinkan kamu untuk mengirim pesan teks dan obrolan suara dengan orang lain.

Di tengah musim pandemi Covid-19, Discord juga memiliki peranan dalam membantu kegiatan belajar. Mari kita berkenalan lebih dalam dengan apa itu Discord. Fitur dalam Discord Platform komunikasi untuk kamu yang doyan bermain game ini ternyata memiliki fitur-fitur keren untuk penggunanya. Penasaran? Langsung saja! Lintas platform Ingin tetap terhubung dengan teman-teman ketika bermain game di platform yang berbeda? Discord tersedia secara inklusif untuk kebutuhan PC ataupun mobile gaming.

Kamu bisa mencari Discord di App Store, Play Store, atau mengunduhnya langsung untuk perangkat komputer kamu melalui tautan discordapp.com. Keamanan informasi yang terjamin Discord bisa menjamin keamanan setiap akun yang sudah mendaftarkan dirinya. Server yang dimiliki oleh aplikasi ini sudah dienkripsi. Sehingga setiap pesan yang masuk dari IP masing-masing perangkat akan apa itu discord keamanannya. Voice chat tanpa mengganggu gaming Fitur ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Discord mempunyai banyak pengguna di dunia.

Aplikasi ini memiliki sistemnya sendiri untuk melakukan voice chat tanpa mengganggu sistem yang berjalan di CPU sehingga frame rate saat bermain game tidak akan turun ketika kamu menggunakan voice chat. Hal ini akan membuat sensasi bermain game semakin nyaman dan juga menyenangkan.

Komunitas Bingung ketika pertama kali menggunakan Discord? Kamu tidak perlu khawatir. Kamu juga bisa mencari komunitas yang sesuai dengan game yang sedang kamu mainkan dalam situs Discord. Oleh sebab itu kamu bisa langsung bergabung dan berinteraksi dengan komunitas gamer yang ada. Memiliki jutaan pengguna Discord memiliki pengguna aktif yang cukup banyak jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Pengguna yang menggunakan aplikasi perpesanan khusus game ini hingga Mei 2019 tercatat sudah mencapai 56 juta pengguna setiap bulannya.

Pesan yang silih apa itu discord di dalam aplikasi ini juga mempunyai angka yang cukup mencengangkan, yaitu 850 juta pesan dalam sehari. Hal ini tentu menunjukkan bagaimana Discord sangatlah populer di komunitas gamer. Discord, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, ternyata sangat membantu para gamer untuk berkomunikasi. Fitur yang disediakan oleh aplikasi ini membantu para penggunanya berkoordinasi agar misi permainan bisa terselesaikan dengan baik.

Menggunakan Discord Berdasarkan fungsi dasarnya, Discord sangat berguna bagi para gamer untuk saling terhubung melalui chatting, voice call, video call, dan lainnya. Selain berkomunikasi, Discord juga memungkinkan para gamer untuk membuat komunitasnya sendiri dari berbagai negara, seperti Jepang, Apa itu discord, Singapura, Brazil, Hong Kong, dan lainnya. Pertama kali membuka aplikasi Discord melalui desktop, kamu akan langsung disuguhkan dengan sebuah dashboard yang menavigasi kamu ke menu-menu yang ada, seperti: Activity, Library, Nitro, Friends, dan Direct Message.

Di sidebar paling kiri, kamu bisa melihat daftar server yang kamu sudah tergabung di dalamnya. Kamu juga bisa menambahkan server baru baik itu dengan Add a Server ataupun Server Discovery.

apa itu discord

Setelah menemukannya, kamu bisa Join Server. Jangan lupa untuk memperkenalkan diri ya ketika baru bergabung. via Discord Blog Mencari teman Kembali di dashboard home, bila kamu ingin melakukan manajemen pertemanan, kamu bisa melakukannya dengan mengakses fitur Friends di beranda. Dari sini kamu bisa melihat daftar teman kamu berdasarkan statusnya, seperti yang sedang online, yang diblokir, yang masih tertunda permintaan pertemanannya, dan teman yang disarankan.

Untuk menambahkan teman, kamu hanya perlu pilih menu Friends dan kemudian pilih Add Friend di sisi atas. Kamu perlu menuliskan kode unik tiap user untuk mencari teman kamu. Sementara itu, untuk membuat group chat, kamu bisa memilih menu New Group DM yang terletak bersebelahan dengan Add Friend. Setelahnya kamu tinggal Select Friends untuk memulai percakapan grup. Mekanisme percakapannya pun cukup familiar untuk digunakan layaknya interface aplikasi chatting lainnya, dimana kamu bisa mengirim attachment, GIF, dan juga emosikon.

Selain percakapan tulisan, kamu juga bisa melakukan voice call, video call, pin message, dan add friends apa itu discord DM untuk melakukan conference chat. Menu voice call ini bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi selagi bermain game bersama teman. Jadi, kamu tidak perlu repot saat mengatur strategi dengan teman sepermainan kamu. Untuk bisa memperluas lingkaran pertemananmu, kamu bisa melakukannya dengan bergabung ke komunitas-komunitas yang ada dalam Discord. Cukup lakukan Add a Server seperti yang disebutkan di atas.

Discord juga menyediakan serangkaian status, seperti Online, Idle, Do Not Disturb, dan Invisible, untuk menyesuaikan kondisi gaming kamu. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mengklik avatar kamu, kemudian pilih status yang diinginkan. Sementara untuk melakukan pengaturan akun, kamu hanya perlu memilih menu User Settings yang bisa kamu temukan di kolom avatar kamu. Pada menu penyetelan ini, kamu bisa mengatur banyak hal, mulai dari notifikasi, pengaturan akun, pengaturan overlay, streamer mode, dan lain sebagainya.

Akhir kata, Discord sangat memudahkan para gamer untuk berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai apa itu discord fiturnya, khususnya pada server komunitas yang jauh lebih nilai efektivitas dibandingkan dengan Skype, LINE, atau bahkan WhatsApp. Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu Discord?

(Disunting oleh Satya Kevino)
Sering mendapati ajakan mabar dengan tautan link dari Discord?

apa itu discord

Tapi kamu nggak tau apa itu Discord? Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini Ubixlo akan mengupas tuntas apa itu aplikasi Discord. Disimak ya! • Apa itu Discord? • Siapa yang Menggunakan Discord?

• Apakah Discord Hanya untuk Gamer? • Kenapa Banyak Remaja Menyukainya? • Kenapa Harus Discord? • Cara Menggunakan Discord di Smartphone • Cara Menggunakan Discord di PC • Cara Membuat Channel Discord • Cara Menggunakan Overlay di Discord Apa itu discord itu Discord? Discord adalah sebuah platform yang memungkinkan penggunanya untuk saling mengirim chat, gambar, audio, video, bahkan hingga share screen.

apa itu discord

Discord pertama kali dirilis ke publik pada bulan Mei tahun 2015 lalu. Aplikasi ini banyak dipakai oleh content creator gaming yang melakukan live streaming. Asal mula Discord berasal dari Amerika. Discord hadir dari buah pemikiran Jason Citron. Sebelumnya ia pernah menciptakan sebuah platform komunikasi untuk gamer yang bernama OpenFeint, lalu kemudian menjualnya sebesar US$ 104 juta (1,5 triliun).

Citron kemudian membuat studio Hammer & Chisel dan merilis game MOBA perdananya yang bernama Fates Forover pada tahun 2014. Sayangnya, game ciptaannya itu tidak laku di pasaran. Namun, saat proses pengembangannya ia terbesit ide untuk menciptakan layanan voice over internet protocol (VoIP) yang ramah untuk penggunanya tanpa mengganggu performa. Setelah mendapatkan banyak investor, Citron pun mulai menggarap gagasannya itu dan terciptalah Discord seperti sekarang ini.

Siapa yang Menggunakan Discord? Pada dasarnya, Discord mempunyai fungsi yang mirip dengan Skype. Jadi, bisa dibilang ini adalah “Skype” nya untuk komunitas gamer.

Discord didesain untuk membantu para pemain dapat bisa berkomunikasi dan berkoordinasi melalui server pribadi yang terpisah dari game itu sendiri. Hal ini memungkinkan para penggunanya dapat saling berkirim pesan teks dan obrolan suara tanpa mengganggu performa bermainnya sama sekali. Apakah Discord Hanya untuk Gamer?

Awal nya Discord hadir hanya untuk sarana komunikasi para gamers ketika sedang bermain game di PC. Namun nyatanya, saat ini Discord mulai banyak digunakan oleh berbagai macam komunitas. Di tengah wabah virus Corona, Discord juga mempunyai peranan dalam proses kegiatan belajar.

Kenapa Banyak Remaja Menyukainya? Target pasaran Discord memang dituju ke kalangan para remaja, di mana banyak dari mereka yang suka bermain game. Hal tersebut sejalan dengan maksud dan tujuan Discord untuk memudahkan berkomunikasi dan berkoordinasi satu sama lain ketika sedang bermain game.

Selain itu Discord juga terintegrasi dengan platform streamer populer seperti Twitch dan YouTube, sehingga pengguna dapat menyinkronkan Discord ke akun ini platform ini. Kebanyakan para content creator gaming saat ini didominasi oleh anak muda.

Kenapa Harus Discord? Berikut alasan kenapa Discord banyak diminati dan bisa dibilang lebih baik dengan aplikasi sejenis lainnya. • Lintas Platform • Keamanan Informasi yang Terjamin • Voice Chat Tanpa Mengganggu Performa Gaming apa itu discord Banyak Komunitasnya • Mempunyai Jutaan Pengguna 1.

Lintas Platform Ingin tetap terhubung dengan teman mabar kalian saat bermain game di platform yang berbeda? Tenang saja, Discord tersedia secara inklusif untuk kebutuhan PC maupun mobile.

Kamu dapat cari Discord di Google Play store dan App Store atau mengunduhnya untuk perangkat komputer kamu di laman resminya discord.com 2. Keamanan Informasi yang Terjamin Discord menjamin keamanan setiap orang yang menggunakannya. Server yang dimilikinya telah terenkripsi, sehingga setiap apa itu discord yang masuk dari alamat IP masing-masing bakal terjamin keamanannya.

Jadi, tidak perlu khawatir informasi pribadimu bocor. 3. Voice Chat Tanpa Mengganggu Performa Gaming Fitur ini mungkin menjadi salah satu penyebab kenapa Discord banyak dipakai oleh para gamer di dunia. Discord memiliki sistem tersendiri ketika sedang melakukan voice chat tanpa mengganggu sistem yang berjalan di CPU sehingga frame rate ketika bermain game tetap stabil. Tentunya, hal ini akan membuat sensasi bermain game-mu lebih seru dan menyenangkan.

4. Banyak Komunitasnya Bingung ketika pertama kali menggunakannya? Jangan khawatir, karena kamu dapat mencari komunitas di situs Discord untuk mencari komunitas game yang sedang kamu mainkan, dan bergabung ke komunitas tersebut. 5. Mempunyai Jutaan Pengguna Dari mulai perilisannya, Discord langsung disambut baik oleh para komunitas gamer.

Discord mempunyai pengguna aktif yang cukup banyak dibanding dengan aplikasi serupa. Tercatat, pada tahun 2019 pengguna Discord dikatakan mencapai 56 juta.

Pertahun 2020 kemaren pengguna Discord mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni mencapai 100 juta pengguna, angka yang cukup fantastis, bukan? Cara Menggunakan Discord di Smartphone Langkah #1: Download dan install aplikasi Discord terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkannya di Google Play Store atau App Store. Langkah #2: Buka Discord dan buat akun dengan menekan tombol register.

Kalau kamu sudah punya akun, klik tombol login. Langkah #3: Setelah berhasil masuk, klik ikon “+” yang berada di sidebar sebelah kiri, akan ada dua opsi yaitu create server dan join server. Jika ingin gabung dengan server yang sudah ada bisa langsung memasukan code link servernya. Jika belum ada, kamu bisa membuat server sendiri dengan pilih create server dan tulis nama server yang diinginkan.

Perlu diketahui server disini merupakan istilah pada Discord jika ingin membuat ruangan virtual ( room meeting). Langkah #4: Server Discord berhasil dibuat. Tampilan utama pada laman Discord mempunyai fungsi utama untuk chatting dengan ditampilkannya daftar teman dan daftar channel.

Nah, untuk menggunakan fitur voice chat atau panggilan, klik menu tiga garis horizontal yang berada di bagian kiri atas. Lalu, klik menu general yang ada di bawah bagian voiche channels. Dan klik tombol Join Voice. Langkah #5: Setelah itu fitur voice chat telah akftif dan akan terus berjalan di background dan bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan teman mabarmu sambil apa itu discord game.

Langkah #6: Jika ingin menambahkan teman pada grup voice klik ikon “ +”, dan jika ingin mengakhiri percakapan cukup tekan tombol “x” berwarna merah yang ada di bawah. Cara Menggunakan Discord di PC Langkah apa itu discord Download dan install software Discord dari situs web resminya di discord.com Langkah #2: Buka software Discord yang sudah diinstall tadi dan login dengan akun Discord kamu.

Langkah #4: Pada halaman menu utama, klik ikon “ +” yang terletak di sebelah kiri sidebar untuk membuat server baru. Langkah #5: Perbedaan Discord PC dengan Discord HP terletak pada langkah ini, yakni Discord versi PC menyediakan beberapa template server yang bisa kamu pakai, seperti Gaming, Study Group, Friend, Komunitas, dan masih banyak lagi. Apa itu discord #6: Setelah pilih create server masukan nama yang dinginkan pada kolom yang tersedia setelah itu klik tombol create.

Sama dengan versi smartphone, kamu akan disuguhkan tampilan menu utama yang telah dibuat. Langkah #7: Server telah berhasil dibuat, selanjutnya untuk bisa terhubung dengan teman klik Invite People. kemudian akan muncul kotak laman kecil, klik copy untuk menyalin link Discord. Dan undang teman menggunakan link yang sudah disalin tersebut. Cara Membuat Channel Discord Apa itu discord mempunyai satu fitur yang dinamakan “channel”.

Sederhananya, jika server merupakan tempat untuk kita chatting, maka channel ini lebih ke tempat agar kita bisa membuat satu room khusus untuk membicarakan topik tertentu. Misalnya : • Channel “Mabar ML” untuk game Mobile Legends.

• Channel “Mabar PUBG” untuk game PUBG. Discord menyediakan 2 jenis channel yang bisa kamu pilih, yang pertama Text Channel untuk membuat channel khusus grup chat saja, dan yang kedua Voice Channel untuk obrolan audio dan video.

Berikut cara membuat channel Discord: • Klik icon “ +” pada kolom channel. • Tulis nama channel yang diinginkan. • Jika sudah, klik tombol Create Channel.

Cara Menggunakan Overlay di Discord Ketika sedang bermain game multiplayer tentunya dibutuhkan komunikasi antarpemain satu tim untuk berkoordinasi. Pastinya bakal ribet banget kalo harus bolak-balik buka aplikasi game dan pindah ke Discord hanya untuk berkomunikasi dengan teman satu tim.

Maka dari itu, Discord menyediakan fitur bernama overlay yang dapat menampilkan kotak dialog chat Discord pada game yang sedang dimainkan, contohnya PUBG, Among Us, ML, dll. Jangan khawatir, kotak dialog Discord ini tidak akan mengganggu pandangan karena tampil dengan transparansi yang rendah.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan fitur overlay Discord: Langkah #1: Masuk ke halaman Setting Discord dengan mengklik ikon gambar gear yang berada di samping nama profil kamu.

Langkah #2: Cari dan pilih menu Apa itu discord. Langkah #3: Aktifkan toggle Enable in-game overlay. Akhir kata, Discord sangat membantu para komunitas, terutama para gamer untuk saling berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai fitur yang dimilikinya.

Buat kamu yang suka bermain game multiplayer, wajib banget install aplikasi yang satu ini. Sekarang sudah tahukan apa itu Discord? Tertarik untuk langsung mencobanya? Atau kamu udah pernah pakai Discord?

Tulis komentarmu di kolom berikut ini ya!Jika Pro sering kesulitan mencari teman untuk bermain game online, maka Pro wajib coba-coba cari teman di Discord! Untuk kamu yang belum tahu apa itu Discord, aplikasi ini singkatnya adalah tempat nongkrongnya para gamer sejati di seluruh dunia. Pro yang sudah memasuki jenjang kerja mungkin pernah memakai aplikasi Skype atau Slack, platform komunikasi profesional yang memiliki fitur obrolan suara, kan?

Nah, jika diibaratkan, Discord itu bisa dibilang merupakan Skype atau Slack khusus untuk gamer, Pro! Sejarah Singkat Discord Nah, sebelum Pro bisa mengetahui seluk-beluk apa itu Discord, kamu apa itu discord mengetahui dulu sejarah dari aplikasi satu ini. Aplikasi Discord pertama kali dirilis di tahun 2015 dari Jason Citron, developer yang sudah lama berkecimpung di dunia game. Saat bermain game di PC bersama rekan-rekannya, Citron melihat bahwa aplikasi voice over IP (VoIP) yang ada di pasaran masih belum optimal.

Observasi ini yang akhirnya menuntun Citron untuk mengembangkan sebuah aplikasi chat sebagai alternatif. Meskipun Citron tidak spesifik menargetkan komunitas gamer, aplikasi ini langsung mendapat sambutan hangat di kalangan gamer, Pro! Banyak komunitas game di situs Reddit yang akhirnya migrasi ke Discord dan mendirikan server mereka sendiri. Sekarang, aplikasi Discord itu sudah menjadi pilihan komunikasi pertama bagi mereka yang hobi gaming, Pro!

Dari hanya memiliki 10 juta pengguna di tahun 2017, sekarang memiliki lebih dari 100 juta pengguna, lho. Apa Itu Discord? Pada dasarnya, Discord adalah aplikasi chatting yang mengizinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Berbeda dengan WhatsApp yang dikhususkan untuk interaksi kecil-kecilan, Discord memiliki skala yang jauh lebih besar.

Discord itu sendiri terbagi menjadi lebih dari jutaan Server dan tiap Server itu melambangkan komunitas yang berbeda, Pro. Biasanya, tiap game atau tiap komunitas lokal memiliki Server mereka sendiri. Contohnya, Genshin Impact memiliki Server Discord resmi yang bersifat global, berbeda dengan Server untuk komunitas Genshin Impact Indonesia.

Sistem Server ini memang sangat mirip dengan sistem Workspace yang ada di Slack, Pro. Selain bisa bergabung dengan Server yang ada, kamu juga bisa langsung bertukar pesan dengan pengguna lain secara privat.

Saat menggunakan Direct Message (DM) ini, kamu bisa memanfaatkan fitur video atau voice chat yang tersedia pada aplikasi ini. Fitur-Fitur dan Kelebihan Aplikasi Discord Mengingat saat ini sudah banyak aplikasi chat yang bisa kamu gunakan, apa sih, yang membuat aplikasi Discord itu berbeda? Banyak banget Pro, terutama untuk apa itu discord yang doyan bermain game!

Seiring dengan meningkatnya popularitas di kalangan gamer, Discord terus menambahkan fitur-fitur yang bertujuan untuk menambah kenyamanan kamu bermain game. Pro bisa cek sendiri di daftar fitur dan kelebihannya berikut!

1. Bisa Digunakan di PC maupun iOS/Android Mau kamu itu seorang PC atau mobile gamer, tidak ada diskriminasi dalam aplikasi ini, Pro. Discord tersedia di PC, Android, dan iOS dan semua versi secara garis besar mempunyai fitur-fitur yang sama alias tidak ada yang dianaktirikan.

Saat ini, Discord juga sudah tersedia di konsol Xbox dan Sony sendiri sudah mengumumkan kalau akan tersedia di konsol PlayStation pada tahun 2022. Jadi, kamu tetap bisa berhubungan dengan teman mabar kamu tidak peduli apa platform yang mereka gunakan, Pro! (Baca juga: Rekomendasi Game Yang Bisa Mabar Di Android Untuk Seru-Seruan Bersama Teman) 2.

Memiliki Ratusan Juta Pengguna Aktif Namanya aplikasi chat, pastinya tidak akan banyak berguna jika tidak ada yang menggunakan aplikasi tersebut, Pro. Untungnya, kamu tidak akan menemukan masalah itu ketika menggunakan Discord. Di awal tahun ini, tercatat bahwa saat ini sudah ada 140 juta pengguna Discord aktif tiap bulannya.

Untuk kamu yang mencari teman mabar atau sekedar bertukar pikiran game favorit kamu, pasti kamu bisa menemukan teman sepemikiran. Sejak dunia dilanda pandemi COVID-19, aplikasi ini sekarang juga sudah mulai banyak digunakan oleh komunitas di luar video game, lho. Discord sendiri sudah menyediakan tag Non-Gaming untuk server yang memang ditujukan untuk komunitas-komunitas seperti ini, Pro.

3. Ada Jutaan Komunitas atau Server yang Bisa Kamu Ikuti Namanya bermain game online pasti garing kalau kamu tidak memiliki teman mabar. Untungnya, mencari teman mabar itu jauh lebih mudah ketimbang kamu mendapatkan match di aplikasi kencan, Pro! Kamu cukup bergabung ke Server Discord dari game yang bersangkutan dan mulai memperkenalkan dirimu ke penghuni Server yang lain.

Nah, untuk menemukan Server tersebut, kamu bisa langsung menggunakan fungsi Search yang tersedia. Biasanya, nama Server akan mengikuti nama game tersebut, jadi kamu juga tidak akan kesulitan menemukan Server yang sesuai. Untuk Server khusus pengguna Indonesia, kamu juga tinggal menambahkan embel-embel Indonesia pada nama game tersebut, Pro.

Tiap Server biasanya akan membuka beberapa Channel berbeda tergantung dari fungsinya. Contohnya, pengguna Discord yang mencari teman mabar mungkin bisa ikut nimbrung di Channel #Mabar.

Sedangkan user yang cuma sekedar ingin ngobrol bisa masuk ke Channel #Lounge. Nama Channel yang digunakan di atas cuma sekedar contoh, tapi umumnya, tiap Administrator Server akan menamai Channel tergantung fungsinya.

Jika kamu tidak menemukan Server yang sesuai, kamu juga bisa memulai Server pribadi kamu sendiri, lho! 4.

apa itu discord

Discord Memperluas Lingkaran Pertemanan Kamu Selayaknya media sosial, ada juga fitur Friends yang bisa kamu manfaatkan untuk teman-teman mabar kamu, Pro. Dengan fitur Friends ini, kamu bisa langsung berkomunikasi dengan user lain meskipun kamu tidak tergabung di Server yang sama. Untuk mencegah interaksi yang tidak diinginkan, terdapat batasan-batasan tertentu pada fitur DM.

Tapi, batasan-batasan ini tidak akan berlaku untuk user yang sudah masuk ke daftar Friends kamu, Pro. Di daftar Friends, kamu juga bisa melihat aktivitas apa yang sedang dilakukan oleh setiap user. Jika kebetulan salah satu Friends kamu sedang bermain game yang sama, kamu bisa langsung mengajak mereka mabar, Pro!

5. Sudah Terintegrasi dengan Berbagai Game dan Aplikasi Lain Sejak 2017, pengembang sudah meluncurkan fitur bernama Rich Presence yang diperuntukkan untuk developer pihak ketiga. Menggunakan Rich Presence ini, developer lain dapat dengan mudah mengintegrasikan aplikasi atau game mereka, Pro. Sayangnya, fitur Rich Presence ini mayoritas masih terdapat di game PC saja, dan itupun masih terbatas. Tapi, jika kebetulan game favorit kamu sudah terintegrasi, pengalaman gaming kamu dijamin akan lebih seru!

Contohnya, kamu bisa langsung mengajak user yang ada di daftar Friends kamu untuk ikut langsung main game bersama-sama, Pro!

6. Banyak Fitur Ekstra yang Tersedia di Discord Nitro Nah, selain dari beragam fitur di atas apa itu discord bisa kamu nikmati secara gratis, Discord juga memiliki layanan premium yang bernama Discord Nitro. Layaknya nitro di seri Fast & Furious yang bisa membuat mobil langsung ngacir, Nitro juga menawarkan banyak fitur ekstra, Pro.

Untuk kamu yang hobi membagi pengalaman bermain game melalui video atau screenshot, layanan Nitro memiliki batas upload yang lebih besar. Jadi, video atau gambar yang kamu upload akan tetap menggunakan resolusi tinggi alias tidak pecah-pecah. Selain itu, kamu juga bisa pamer menggunakan avatar dan emoji spesial yang hanya tersedia untuk pelanggan Discord Nitro, Pro!

Discord: Platform Apa itu discord Para Pecinta Game Seperti gamer sejati yang membutuhkan kursi atau aksesoris gaming khusus lainnya, kamu juga harus menggunakan aplikasi chat khusus gaming, Pro!

Melalui Discord, siapa tau kamu juga bisa bertemu dengan pengguna Aplikasi MPL lainnya untuk saling bertukar tips & trik mendapatkan Berlian Kemenangan!

Seputar Game • 11 Game Balap Mobil Terbaik dan Paling Seru untuk Android • Rekomendasi 5 Game Balap Motor Terbaik Apa itu discord Android • Rekomendasi Game Android Penghasil Uang: Cuan Dengan Main Game! • Rekomendasi Pilihan Ludo Online Di Android: Tuntun Bidak Sampai Ke Rumah!

• Rekomendasi Game FPS Android Terbaik: Aksi Tembak-Tembakan Seru! • Rekomendasi Game Ngabuburit Android Untuk Menemani Kamu Di Bulan Ramadhan! • Call Bridge: Cara Main dan Perbedaannya Dengan Bridge Biasa! • Sejarah Perkembangan Video Game Sampai Saat Ini • 15 Game Online Terbaik Untuk Tetap Bergaul Bersama Teman dari Rumah!

• 10 Game RPG Android Terbaik, Mulai Dari Action Hingga Tactical RPG

Apa itu discord? Ini dia penjelasannya!!




2022 www.videocon.com