Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

JAKARTA – Persiapan kelancaran arus mudik harus dilakukan secara matang oleh berbagai pihak. Selain pemerintah yang harus menyiapkan manajeman rekayasa lalu lintas, para pemudik, khususnya pengguna kendaraan pribadi, juga diimbau turut langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah berbagai kemungkinan dengan membawa bekal persediaan makanan yang cukup. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, jalur darat dipastikan paling krusial dalam momentum mudik Lebaran 2022.

Dia mengimbau pemudik yang pulang kampung melewati jalan tol menyiapkan bekal yang cukup agar tidak menghabiskan banyak waktu di area peristirahatan atau rest area. “Tolong di mobilnya banyak makanan, banyak minuman,” kata dia, di Bandung, Jumat (22/4).

Ridwan Kamil meminta para pemudik tidak berlama-lama berada di area peristirahatan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Jumlah area peristirahatan dipastikan tidak akan cukup menampung banyaknya kendaraan yang melintasi jalan Tol Transjawa jika semua istirahat di waktu yang sama. Karena itu, menurutnya, persediaan makanan pribadi menjadi hal cukup penting untuk disiapkan. “Supaya nanti yang ke rest area betul-betul yang kepepet saja, karena kalau sudah di rest area akan dibatasi maksimal hanya 30 menit,” kata dia.

Pekerja beraktivitas di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Ciakar, Kabupaten Sumedang, Jumat (22/4/2022). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, ruas Jalan Tol Cisumdawu dapat digunakan oleh masyarakat umum pada arus mudik lebaran 2022 atau 1443 H hingga pintu keluar Cimalaka atau ruas Jalan Tol Cisumdawu seksi tiga.

Foto: Republika/Abdan Syakura - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA) SHARE Selain persedian makanan, pemudik juga diimbau memastikan kendaraannya dalam kondisi prima untuk meminimalisasi potensi kendala teknis. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, moda transportasi mudik akan didominasi jalur darat meliputi mobil pribadi 47 persen dan kendaraan umum 31 persen.

Kemudian transportasi udara 10 persen, kereta api 10 persen, dan 2 persen transportasi laut. “Ini harus menjadi kewaspadaan dan kesiapsiagaan masing-masing warga yang mudik maupun yang balik menggunakan kendaraan pribadi.

Pastikan hal-hal yang menyangkut teknis seperti ban dan mesin mobil dicek kembali,” ujar dia. Besarnya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi ini membuat Korlantas Polri terus mengingatkan masyarakat yang memungkinkan mudik lebih awal untuk mengambil kesempatan tersebut. Kepala Korlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi, mengatakan, pembagian mudik di awal waktu perlu dilakukan untuk mengurangi potensi kemacetan sebelum puncak arus mudik yang diperkirakan mulai Kamis (28/4).

“Dengan membagi habis, makin banyak waktu berangkat, semakin sedikit beban yang ada di jalan,” ujar Firman. Korlantas Polri telah menyiapkan sejumlah skema untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan pada arus mudik tahun 2022. Salah satunya adalah dengan melakukan rekayasa lalu lintas di ruas tol, jalur arteri, dan kawasan wisata. “Petugas akan melakukan pengaturan parkir, termasuk pengaturan rawan macet oleh tim urai.

Adapun jalur tol yang berpotensi macet ada di gate tol, bottle neck, rest area, termasuk kendaraan yang mengalami masalah,” ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Edy Djunaedi. Edy melanjutkan, untuk di jalan arteri masyarakat diharapkan dapat mengetahui jika ada hambatan.

Seperti adanya pasar tumpah, sumbangan pembangunan tempat ibadah, hingga perlintasan kereta api sebidang. Terkait jumlah personel yang bakal dikerahkan, Polri menerjunkan 144.392 personel untuk memastikan mudik lancar. Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi mengatakan, arus kendaraan masuk ke wilayah Jateng dari arah barat sudah meningkat 13 persen.

Sedangkan kendaraan ke arah Jakarta naik tiga persen. Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, Jawa Tengah menjadi provinsi tujuan pemudik terbanyak. Luthfi memastikan selama arus mudik dan balik Lebaran 2022 tidak ada penyekatan maupun kebijakan putar balik. Warga mengantre saat melakukan registrasi untuk mendapatkan tiket mudik gratis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/4/2022). Polri menyediakan 400 armada bus untuk gelaran mudik gratis bagi warga pada tanggal 25, 26 dan 29 April 2022 dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY Yogyakarta dengan target sebanyak 18 ribu pemudik.

- (Republika/Thoudy Badai) SHARE Polda Jabar mengimbau para pengendara sepeda motor agar tidak membawa muatan berlebihan saat melakukan perjalanan mudik Lebaran karena membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengendara yang lain.

“Muatannya jangan terlalu banyak, baik orang maupun barang yang dimuat,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompodi. Sementara Polda Lampung menawarkan pengawalan keamanan kepada masyarakat yang ingin beraktivitas menjelang Lebaran. Pengawalan anggota kepolisian akan diberikan secara gratis. “Apabila membawa barang berharga seperti uang, perhiasan, dan lainnya mintalah pengawalan kepada pihak kepolisian. Pengawalan diberikan secara gratis,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad.

Dia mengatakan, pengawalan yang diberikan untuk masyarakat merupakan bagian dari kegiatan kepolisian yang ditingkatkan menyambut hari raya Idul Fitri.

Langkah pengawalan juga merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi niat dan kesempatan para pelaku kejahatan. Menurut Pandra, biasanya masyarakat, pengusaha, maupun karyawan sangat sibuk-sibuknya untuk kebutuhan Idul Fitri, seperti mengambil uang dalam jumlah banyak untuk THR atau lainnya.

“Karena itu, mari kita manfaatkan kehadiran kepolisian di tengah-tengah masyarakat agar tidak terjadi hal yang sama-sama tidak kita inginkan,” kata Pandra.

Dalam memberikan pelayanan pengamanan dan pengawalan, Pandra juga meminta masyarakat agar menghubungi call center 110 atau melaporkan kepada petugas kepolisian terdekat, jika melihat dan mencurigakan adanya peristiwa tindak pidana kejahatan. “Dengan pengaduan itu anggota yang berada di posko maupun di lapangan akan langsung merespon dan menuju ke lokasi tersebut,” ujar dia. Uji Coba Peniadaan Transaksi Operator Astra Tol Cikopo-Paliamanan (Cipali) mulai melakukan uji coba peniadaan transaksi pembayaran di Gerbang Tol (GT) Palimanan Cirebon, Jawa Barat.

Uji coba dilakukan dalam rangka persiapan arus mudik Lebaran 2022. “Uji coba mulai diberlakukan pada hari ini (kemarin –Red), di mana transaksi di GT Palimanan ditiadakan,” kata Dept Head Tol Transaksi Manajemen Astra Tol Cipali, Andre Yulianto, di Cirebon, Jumat (22/4).

Andre mengatakan, kebijakan integrasi transaksi Cikampek ke Kalikangkung yang diujicobakan ini akan diberlakukan saat arus mudik Lebaran 2022. Menurut dia, uji coba diberlakukan pada 22-24 April 2022, dan dilakukan dievaluasi bersama kepolisian, Kemenhub, dan lainnya. SHARE “Setelah uji coba dilakukan, kami akan mengevaluasi terlebih dahulu, baru pada 25 April 2022 diterapkan,” ujar Andre. Selama uji coba, lanjut Andre, disiagakan petugas untuk mengarahkan para pengendara agar tidak perlu berhenti melakukan transaksi.

Pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi melalui reklame maupun lainnya di sepanjang jalur Tol Cipali. Polres Semarang menyiapkan sejumlah skenario guna mengantisipasi potensi kemacetan arus lalu lintas di titik simpang Bawen, di wilayah Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, pada saat arus mudik dan balik. Antisipasi dilakukan mengingat beban volume kendaraan diprediksi bakal melonjak signifikan di titik pertemuan arus lalu lintas arteri nasional dari Semarang, Solo, dan Yogyakarta ini.

Kasatlantas Polres Semarang, AKP Rendi Johan Prasetyo mengatakan, di jalur arteri nasional di wilayah hukum Polres Semarang, yang paling krusial adalah simpang Bawen karena bebannya sangat berat. Sebab, selain berdekatan dengan terminal bus tipe A dan exit tol, Simpang Bawen merupakan titik pertemuan arus lalu lintas yang berdekatan dengan enam daya tarik wisata (DTW) favorit di Kabupaten Semarang.

“Sehingga ini akan menjadi tarikan yang luar biasa bagi aktivitas lalu lintas di simpang Bawen,” kata dia. SHARE Maka itu, lanjut Rendi, di simpang Bawen akan ditempatkan pos pelayanan dengan jumlah personel pengamanan yang ditingkatkan dua kali lipat serta buka tutup arus dan contra flow.

Beberapa skenario rekayasa lalu lintas ini sifatnya situasional dan tetap koordinatif karena Polri tidak bisa bekerja sendiri di jalur arteri nasional tersebut. Ketika terjadi antrean panjang kendaraan di exit Tol Bawen, menurut dia, kendaraan yang ke arah Magelang atau Yogyakarta akan diprioritaskan dengan cara melakukan kanalisasi jalur exit Tol Bawen karena tidak semua kendaraan yang keluar dari exit Tol Bawen akan menuju Magelang atau Yogyakarta.

Ada yang sebagian mengarah ke Tuntang dan Salatiga. langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah kanalisasi dilakukan sampai dengan 500-700 meter dari exit Tol Bawen untuk memecah terlebih dahulu, mana arus lalu lintas yang akan menuju arah Magelang dan mana lalu lintas yang akan ke Salatiga,” ujar dia. Untuk lalu lintas yang akan ke arah Magelang akan dioptimalkan menjadi 3:1 (tiga dari arah exit tol ke arah Bintangan dan langsung dibelokkan ke jalur Lingkar Ambarawa).

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

Rekayasa ini bakal diberlakukan dengan waktu tertentu sesuai pertimbangan tertentu. Terutama jika terjadi antrean panjang kendaraan yang akan keluar dari exit tol Bawen dan akan menuju arah Magelang terus menumpuk hingga menyentuh Gerbang Tol (GT) Bawen.

“Jadi sebelum ekor antrean kendaraan sampai di GT Bawen, maka rekayasa akan diterapkan guna mengurai kepadatan yang terjadi di exit Tol Bawen,” ujar dia. Sumber : antara Teknologi telah mendorong aliran informasi yang sangat deras. Informasi yang berkualitas pun bercampur dengan informasi palsu tanpa mutu.

Republika.id bergiat untuk terus memandu umat pada sumber literasi yang kredibel. Mari menjadi bagian dari ikhtiar menjaga umat dari informasi sesat melalui gerakan "Literasi Umat". Salurkan donasi Anda untuk mendukung ikhtiar ini. wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang.

Untuk membuat artikel ini, 71 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu. Ada 8 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman. Artikel ini telah dilihat 391.047 kali. "Stamina" adalah kekuatan dan energi yang dibutuhkan seseorang untuk mengerahkan tenaga dalam jangka waktu yang lama. Istilah ini biasanya merujuk pada pengerahan tenaga yang diperlukan untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Akan tetapi, stamina juga dapat berkaitan dengan pengerahan tenaga secara mental yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas atau menyelesaikan masalah yang sulit.

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah kedua jenis stamina ini agar Anda bisa menjalani hidup dengan lebih sehat. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/4e\/Eat-Less-Sugar-Step-8-Version-2.jpg\/v4-460px-Eat-Less-Sugar-Step-8-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/4e\/Eat-Less-Sugar-Step-8-Version-2.jpg\/v4-728px-Eat-Less-Sugar-Step-8-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Makanan digunakan sebagai bahan bakar oleh tubuh untuk dijadikan energi. Makanan yang sehat dan seimbang membuat tubuh Anda berenergi dan sehat sehingga stamina Anda akan meningkat. Usahakan mengonsumsi makanan yang seimbang dan rendah lemak yang berisi banyak sayuran, buah-buahan, dan daging tanpa lemak.

Untuk mendapatkan energi yang tahan lama, dokter juga menyarankan agar sepertiga dari makanan Anda berasal dari tepung dan karbohidrat (sebaiknya dari gandum utuh/ whole wheat). [1] X Sumber Tepercaya National Health Service (UK) Kunjungi sumber • Agar tubuh selalu mendapatkan pasokan energi, konsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil di sepanjang hari, bukan dengan makan satu atau dua kali sehari dalam jumlah besar. • Pilihlah camilan yang berasal dari sayuran mentah, buah-buahan, kacang-kacangan, dan protein tanpa lemak lain di sela-sela waktu makan.

Bawalah kacang-kacangan dan buah yang menyediakan banyak energi ketika melakukan aktivitas dalam waktu yang lama, misalnya bersepeda, hiking, atau ketika belajar keras untuk menghadapi ujian akhir. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/2f\/Improve-Stamina-Step-2-Version-3.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-2-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/2f\/Improve-Stamina-Step-2-Version-3.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-2-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jangan sampai kekurangan cairan.

Banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan meminum banyak air putih. Beberapa di antaranya adalah untuk membantu menurunkan berat badan, mencegah terbentuknya batu ginjal, dan sebagainya.

[2] X Teliti sumber Air putih juga bisa meningkatkan stamina karena menekan rasa lelah pada otot. Jaringan otot yang mengalami dehidrasi tidak bisa menampilkan kinerja yang baik, jadi jagalah stamina dengan meminum kira-kira setengah liter air putih beberapa jam sebelum melakukan latihan berat.

[3] X Teliti sumber Apabila Anda akan melakukan lari jarak jauh atau latihan dalam waktu yang lama, bawalah banyak cairan agar Anda bisa meminumnya nanti ketika haus.

• Apabila Anda lebih menyukai minuman yang beraroma, cobalah mengonsumsi minuman olahraga seperti Powerade, Gatorade, dsb.

Minuman ini menyediakan manfaat tambahan yaitu mengganti elektrolit tubuh (nutrisi penting yang menunjang fungsi otot yang ikut terbuang ketika Anda berkeringat). [4] X Teliti sumber Akan tetapi, minuman ini banyak mengandung kalori, sehingga tidak cocok bagi Anda yang juga ingin menurunkan berat badan. • Jangan mengonsumsi minuman energi yang mengandung kafeina secara berlebihan. Minuman ini memang bagus untuk meningkatkan stamina dalam jangka pendek, tetapi bisa melemahkan stamina dalam jangka panjang.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c3\/Improve-Stamina-Step-3-Version-3.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-3-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c3\/Improve-Stamina-Step-3-Version-3.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-3-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan banyak latihan fisik.

Walaupun ini bisa membuat Anda lelah dalam jangka pendek, latihan fisik akan meningkatkan energi dan stamina secara keseluruhan dalam jangka waktu yang lama. Agar kesehatan dan stamina Ada meningkat, luangkan waktu untuk berolahraga secara teratur. Bagi orang dewasa, disarankan agar melakukan latihan kardiovaskular tingkat sedang selama minimal 150 menit dalam seminggu (atau latihan kardiovaskular intensif selama 75 menit), disertai dengan latihan kekuatan minimal dua kali dalam seminggu.

[5] X Teliti sumber • Latihan kardiovaskular, seperti berlari, aerobik, menari, dan bersepeda, akan melatih paru-paru dan jantung, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk memasok oksigen ke otot. Sebagai hasilnya, latihan kardiovaskular membuat daya tahan dan stamina tubuh akan meningkat secara bertahap (dan tingkat kelelahan akan menurun).

• Latihan kekuatan, misalnya angkat beban dan latihan kekuatan tubuh ( sit up, push up, dsb.) akan membangun stamina otot secara bertahap (selain ukuran, kekuatan, dan bentuk otot). Seiring berjalannya waktu, Anda akan bisa mengangkat beban yang lebih berat dalam waktu yang lebih lama. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fb\/Improve-Stamina-Step-4-Version-3.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-4-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fb\/Improve-Stamina-Step-4-Version-3.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-4-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan aktivitas fisik yang Anda sukai.

Anda bisa lebih mudah mengerahkan tenaga fisik yang akan meningkatkan stamina jika aktivitas tersebut sangat Anda sukai, daripada sesuatu yang tidak Anda nikmati. Atur latihan Anda dengan menyertakan segala aktivitas yang Anda sukai. Ini bisa berupa aktivitas yang telah Anda kuasai, atau bisa juga sesuatu yang belum pernah Anda coba. Apabila Anda tidak yakin latihan apa yang Anda sukai, lakukan eksperimen dengan melakukan berbagai jenis latihan yang berbeda selama satu atau dua minggu.

Misalnya, mungkin ternyata Anda menyukai latihan berdampak rendah seperti bersepeda dan berenang daripada latihan lari yang biasa Anda lakukan, atau mungkin Anda menemukan kenyataan yang sebaliknya! {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/89\/Improve-Stamina-Step-5-Version-3.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-5-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/89\/Improve-Stamina-Step-5-Version-3.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-5-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jalani kehidupan dengan aktif.

Mungkin Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga apabila Anda sangat sibuk. Untungnya, dengan terus bergerak di sepanjang hari, Anda bisa mengurangi beberapa efek negatif yang terjadi karena kurangnya latihan secara rutin. Jangan hanya duduk diam dalam jangka waktu yang lama, karena hampir semua jenis gerakan merupakan hal yang baik untuk kesehatan jantung; lebih banyak bergerak tentu lebih baik. Daripada naik kendaraan untuk ke langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah kerja, lebih baik Anda berjalan kaki atau naik sepeda.

Apabila Anda harus duduk di depan komputer di sepanjang hari, gunakan meja kerja berdiri ( standing desk) atau walking desk (meja yang di bawahnya ada treadmill) daripada duduk. Pakailah pedometer (alat untuk mengukur langkah kaki) dan berusahalah untuk berjalan 10.000 langkah dalam sehari. Semakin banyak Anda aktif bergerak, kesehatan dan stamina Anda secara keseluruhan akan semakin baik.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/ca\/Improve-Stamina-Step-6-Version-3.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-6-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/ca\/Improve-Stamina-Step-6-Version-3.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-6-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ajak orang lain untuk bergabung dengan Anda.

Apabila Anda merasa tidak mampu meningkatkan stamina dengan melakukannya sendiri, cobalah mengajak teman untuk melakukan aktivitas bersama Anda.

Percaya atau tidak, aktivitas fisik bisa dilakukan dengan lebih mudah jika Anda melakukannya bersama teman-teman. Teman bisa memberi dorongan ketika Anda mulai lelah. Kata-kata mereka bisa menjadi obat yang manjur agar Anda tetap bersemangat. Pada akhirnya, kehadiran teman membuat Anda tidak ingin berhenti, karena Anda ingin membuat mereka terkesan dengan mengeluarkan kemampuan hingga batas maksimal. • Rekan latihan tidak harus teman.

Anda bisa mengajak anak-anak, tetangga, atau anjing peliharaan untuk melakukan aktivitas latihan sehari-hari. Anda juga bisa bergabung dengan pusat kebugaran yang akan menawarkan Anda untuk berpasangan dengan teman latihan. Anda juga dapat mengikuti kelas latihan dan bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki tujuan kebugaran yang sama dengan Anda.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/99\/Improve-Stamina-Step-7-Version-3.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-7-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/99\/Improve-Stamina-Step-7-Version-3.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-7-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Beristirahatlah dalam jumlah yang cukup.

Walaupun melakukan latihan dengan aktif adalah hal yang penting, beristirahat dalam jumlah yang cukup juga merupakan hal penting untuk mendapatkan stamina yang baik. Tidur malam yang baik membuat Anda segar, berenergi, dan fokus, sehingga Anda bisa mengerahkan seluruh kekuatan fisik. Di sisi lain, kurang beristirahat bisa membuat Anda lemah dan memiliki kinerja yang buruk. Kebiasaan tidur yang buruk bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang berdampak negatif terhadap stamina, misalnya bertambahnya berat badan, tekanan darah tinggi, dan sakit.

[6] X Sumber Tepercaya Harvard Medical School Kunjungi sumber • Walaupun kebutuhan tidur tiap-tiap orang tidak sama, National Sleep Foundation menyarankan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah orang dewasa tidur sekitar 7 hingga 9 jam dalam semalam. [7] X Teliti sumber Tidur kurang dari 6 jam dalam semalam biasanya dianggap tidak sehat dan bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti yang disebutkan di atas.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/65\/Improve-Stamina-Step-8-Version-2.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-8-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/65\/Improve-Stamina-Step-8-Version-2.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-8-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tingkatkan target stamina yang harus Anda capai secara bertahap.

Setiap latihan yang Anda jalani untuk meningkatkan stamina harus dilakukan secara bertahap. Jika Anda berlatih terlalu keras lebih dini, mungkin Anda akan kelelahan dan akhirnya menyerah. Sebaiknya Anda menetapkan tujuan yang spesifik dan sederhana sebagai batu loncatan untuk meraih tujuan utama, misalnya berlari sejauh 1 km di saat awal, kemudian dalam dua minggu ditingkatkan menjadi 2 km, lalu 5 km, dan akhirnya 10 km.

Rayakan setiap pencapaian kecil sebagai suatu prestasi. Tetaplah semangat, dan jangan menyerah! • Untuk latihan kardiovaskular, mulailah secara perlahan, lalu tingkatkan denyut jantung secara bertahap dan pertahankan denyut jantung tersebut selama tidak lebih dari 30 menit di saat awal. Tingkatkan intensitas dan durasi latihan dengan interval yang singkat dan realistis hingga tujuan Anda tercapai. Dalam beberapa bulan, mungkin Anda akan memperoleh kemajuan yang pesat tanpa merasakan perubahannya!

• Untuk latihan kekuatan, mulailah dengan beban yang mudah diangkat. Tambahlah berat beban di barbel atau mesin latihan sedikit demi sedikit. Sebagai alternatif, apabila Anda melakukan latihan beban untuk membentuk tubuh, modifikasi latihan Anda agar bisa dilakukan dengan lebih mudah. Misalnya dengan merendahkan kaki ketika melakukan push up, atau melakukan crunch untuk menggantikan sit up.

Tingkatkan berat beban, resistansi, atau intensitas latihan secara bertahap untuk membangun kekuatan secara perlahan dari waktu ke waktu. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/69\/Improve-Stamina-Step-9-Version-2.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-9-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/69\/Improve-Stamina-Step-9-Version-2.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-9-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Luangkan waktu untuk meningkatkan stamina seksual.

Banyak orang yang berupaya untuk meningkatkan stamina fisik mempunyai tujuan khusus, yaitu agar memiliki kemampuan seksual yang lebih lama dan lebih baik. Stamina seksual bisa ditingkatkan dengan memperbaiki kebugaran fisik. Petunjuk latihan di bagian ini digunakan untuk mengatasi singkatnya waktu berhubungan seks yang terjadi karena Anda merasa lelah atau kehabisan napas ketika berhubungan seks. Masalah singkatnya waktu berhubungan seks yang kronis juga bisa disebabkan oleh faktor medis atau hormonal [8] X Teliti sumberwalaupun ini jarang terjadi.

Jadi apabila secara fisik Anda sudah sehat tetapi memiliki stamina seksual yang buruk, periksakan diri Anda ke dokter.

Akan tetapi, seks bukan sekadar aktivitas fisik. Kesehatan emosional juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Ketidakmampuan seseorang untuk melakukan aktivitas seks yang memuaskan sering kali disebabkan oleh masalah emosional atau masalah hubungan pribadi dengan pasangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan seks yang tidak memuaskan, disertai dengan cara penyelesaiannya: [9] X Teliti sumber • Disfungsi Ereksi.

Pria yang sulit mempertahankan ereksi, mungkin akan tergesa-gesa untuk orgasme ketika telah mengalami ereksi. Untungnya, disfungsi ereksi bisa diobati dengan berbagai obat. Pergilah ke dokter untuk mendapatkan resepnya karena kebanyakan obat disfungsi ereksi hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. • Penyebab Biologis. Beberapa hal yang bisa menyebabkan aktivitas seks yang tidak memuaskan di antaranya adalah gangguan hormon, masalah tiroid, bahan kimia otak yang tidak seimbang, serta kerusakan saraf (ini jarang terjadi).

Dalam kasus ini, karena penyebab dasarnya bermacam-macam dan tidak langsung terlihat, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter sebelum menjalani pengobatan. • Penggunaan Obat. Beberapa obat tertentu bisa memengaruhi libido, yang membuat seseorang sulit melakukan hubungan seks yang lama dan memuaskan.

Dalam kasus ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengganti obat tersebut. • Masalah Kecemasan. Seks (apalagi jika tidak berpengalaman) bisa membuat Anda tertekan. Stres dan rasa gugup bisa langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah Anda sulit untuk "mendapatkan suasana hati yang nyaman" atau membuat Anda orgasme lebih cepat. Jika Anda mengalami ini, lakukan segala hal yang bisa membuat Anda tenang dan tidak stres sebelum berhubungan seks.

Perlu ditekankan di sini bahwa aktivitas seks tidak boleh membuat Anda tertekan. Apabila Anda tetap tidak bisa menenangkan diri, berkonsultasilah dengan konselor atau terapis. • Masalah Hubungan.

Aktivitas seks yang tidak memuaskan terkadang disebabkan oleh masalah atau ketegangan emosional antara Anda dengan pasangan.

Dalam kasus ini, cara terbaik adalah dengan berbicara secara terus terang dan terbuka pada pasangan. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan konselor rumah tangga. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3b\/Improve-Stamina-Step-10-Version-2.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-10-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3b\/Improve-Stamina-Step-10-Version-2.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-10-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Visualisasikan tujuan Anda.

Secara mental, sangat mudah untuk keluar dari jalur apabila Anda terlalu berfokus pada kesulitan yang harus dihadapi ketika Anda berupaya untuk menyelesaikan tugas, bukan pada tujuan yang harus Anda capai. Jangan sampai kehilangan hal yang besar demi sesuatu yang kecil, jadi jangan melupakan tujuan utama Anda. Ingatlah selalu tujuan akhir ketika Anda menyelesaikan setiap tugas. Ini akan membantu Anda agar tetap berfokus dan tidak membuang-buang waktu karena mengerjakan hal yang tidak penting.

• Bahkan Anda tidak harus berfokus pada tujuan harfiah, karena Anda bisa membayangkan pencitraan kemenangan lain. Tutup mata Anda dan biarkan pikiran mengembara, lalu bangunlah gambaran mental diri Anda yang sedang menyelesaikan perlombaan dengan kecepatan yang tinggi atau mendapatkan nilai A di ujian akhir. Jangan sampai tertidur! • Hindari tantangan, rintangan, dan hambatan yang mungkin Anda hadapi sebelum tujuan tercapai, namun waspadalah dengan hal-hal tersebut dan berupayalah dengan keras untuk mengatasi rintangan dan gapailah tujuan Anda.

• Saat berada di sekolah, jagalah agar motivasi Anda tetap tinggi dan bangun stamina untuk belajar sebelum ujian akhir dengan mengajak teman-teman untuk belajar bersama. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/1a\/Improve-Stamina-Step-11-Version-2.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-11-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/1a\/Improve-Stamina-Step-11-Version-2.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-11-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Bagilah masalah Anda menjadi beberapa potongan.

Apabila Anda menganggap masalah yang Anda hadapi itu besar dan kuat, Anda akan cepat patah semangat. Oleh karena itu, jagalah agar stamina mental Anda tetap tinggi dengan memecah tugas menjadi beberapa potongan yang lebih mudah dan lebih kecil.

Berfokuslah untuk melakukan hal terpenting terlebih dahulu atau selesaikan tugas dalam bentuk serangkaian tahapan yang berurutan. Sensasi pencapaian yang Anda dapatkan ketika menyelesaikan setiap potongan kecil masalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah membantu Anda agar tetap berfokus dan memberi perhatian penuh pada tugas yang tersisa.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/cc\/Improve-Stamina-Step-12-Version-2.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-12-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/cc\/Improve-Stamina-Step-12-Version-2.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-12-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tingkatkan kemampuan Anda untuk fokus.

Otak tidak sama dengan otot, namun bisa diperkuat seperti otot. Latih kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan berfokus pada tugas besar dari waktu ke waktu dengan cara yang sama seperti ketika Anda membangun otot yang kuat. Tingkatkan durasi dan intensitas tugas mental Anda secara bertahap.

Seiring berjalannya waktu, rasa lelah yang dulu muncul ketika melakukan beberapa tugas mental akan tampak biasa, dan bahkan terasa lebih mudah. • Sebagai contoh, ketika Anda sedang belajar memainkan gitar dan merasa kesulitan untuk berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugas awal untuk berlatih not dan kunci nada dasar, cobalah berlatih setiap hari, dengan menambah waktu latihan selama lima menit per hari di setiap minggu.

Sebagai contoh, berlatihlah selama 30 menit per hari di minggu pertama, 35 menit di minggu kedua, dan seterusnya. Dalam waktu kurang dari dua bulan, Anda akan berlatih selama satu jam dalam sehari dan kemampuan Anda dalam bermain gitar akan meningkat pesat.

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

{INSERTKEYS} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/86\/Improve-Stamina-Step-13-Version-2.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-13-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/86\/Improve-Stamina-Step-13-Version-2.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-13-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Hilangkan gangguan.

Biasanya, ketika menghadapi tugas yang sulit, seseorang akan menundanya dengan menyelesaikan gangguan lain yang tidak berarti.

Agar stamina mental tetap tinggi dan berfokus pada tugas, singkirkan gangguan ini dari kehidupan Anda. Sebagai contoh, apabila Anda mempunyai kebiasaan buruk dengan bermain gim daring ( online) daripada mengerjakan tugas yang menumpuk, unduh aplikasi yang bisa memblokir situs-situs gim. Apabila Anda lebih sering membuang waktu dengan membaca majalah yang tidak bermutu daripada menyelesaikan novel yang telah Anda rancang, berhentilah membeli majalah.

Lakukan segala hal yang bisa membuat Anda berkonsentrasi pada pekerjaan Anda. Karena Anda tidak memiliki pilihan lain kecuali mengerjakannya!

• Periksa ulang jadwal Anda. Periksa jadwal kegiatan untuk acara mendatang yang bisa mengganggu kemampuan Anda untuk berfokus pada pekerjaan. Apabila jadwal kegiatan Anda berbenturan, coret atau jadwalkan ulang acara "bersenang-senang" agar Anda bisa berkonsentrasi pada tugas utama Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/aa\/Improve-Stamina-Step-14-Version-2.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-14-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/aa\/Improve-Stamina-Step-14-Version-2.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-14-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jangan berlebihan dalam mengonsumsi minuman stimulan.

Dalam jangka pendek, kopi dan minuman energi bisa berguna untuk meningkatkan energi, karena kafeina bisa meningkatkan kadar energi dan daya fokus Anda.

Akan tetapi, keduanya tidak berguna untuk meningkatkan stamina mental dalam jangka panjang, karena sering membuat Anda "ambruk" setelah melewati fase dorongan awal, yang membuat Anda lebih lelah daripada sebelumnya. Kedua stimulan ini juga bisa membentuk kebiasaan yang membuat Anda kecanduan dengan kafeina.

Ini bahkan menjadi tidak berguna walaupun dalam jangka pendek. {/INSERTKEYS}

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

• Jangan pernah menggunakan obat stimulan (misalnya Adderall, dsb.) untuk digunakan sebagai bantuan dalam belajar atau bekerja. Obat jenis ini memiliki efek samping yang kuat dan tidak boleh digunakan kecuali atas petunjuk dokter. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/34\/Improve-Stamina-Step-15-Version-2.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-15-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/34\/Improve-Stamina-Step-15-Version-2.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-15-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berbicaralah dengan orang lain.

Apabila Anda mengandalkan stamina mental untuk mengatasi situasi yang sulit misalnya putus cinta atau kehilangan seseorang, ketahuilah bahwa hampir semua masalah akan lebih mudah diatasi apabila Anda membaginya dengan orang lain. Berbagilah dengan kekasih, teman, anggota keluarga, atau orang yang bisa dipercaya ketika Anda sedang mengalami kesulitan.

Sering kali, Anda akan merasa lebih baik hanya dengan mengungkapkan perasaan Anda. Anda akan merasa lebih nyaman walaupun orang tersebut tidak bisa membantu Anda untuk menyelesaikan masalah. • Apabila Anda malu membicarakannya dengan orang lain karena masalah tersebut terlalu pribadi, ungkapkan saja masalah tersebut pada diri Anda sendiri. Pikirkan betapa Anda merasa tertekan dan tulis perasaan ini di buku harian. Setelah beberapa waktu, buka kembali buku tersebut dan baca pikiran yang baru Anda tulis.

Anda akan terkejut dengan segala hal yang Anda tulis dan sekarang Anda pasti mampu untuk berfokus secara lebih jelas untuk mengatasi masalah tersebut. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/1b\/Improve-Stamina-Step-16-Version-2.jpg\/v4-460px-Improve-Stamina-Step-16-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/1b\/Improve-Stamina-Step-16-Version-2.jpg\/v4-728px-Improve-Stamina-Step-16-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Beristirahatlah.

Sama halnya dengan stamina fisik, stamina mental juga perlu beristirahat. Apabila Anda telah berkonsentrasi dengan keras untuk menyelesaikan tugas atau mengatasi situasi yang sulit, beristirahatlah sebentar ketika ada kesempatan. Saat berada di kantor, berjalanlah di lorong kantor untuk mendapatkan suasana yang tenang atau percikkan air ke wajah Anda di kamar kecil.

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk terus tersenyum di acara sosial yang menegangkan, jangan salahkan diri sendiri, dan beristirahatlah selama beberapa menit. Anda akan takjub bahwa istirahat dalam waktu yang singkat dari situasi yang menegangkan bisa membuat Anda lebih segar, berenergi, dan siap untuk beraktivitas kembali.

• Tingkatkan waktu latihan selama beberapa menit setiap hari. • Ketika berlari, jangan terlalu keras ketika menapakkan kaki pada tanah, tapakkan kaki pada tanah dengan ringan, karena tindakan ini bisa membantu menambah jarak tempuh dan mengurangi lelah.

• Berlarilah dalam waktu yang singkat setiap hari dan tingkatkan jarak tempuhnya jika jarak tempuh yang pertama telah bisa Anda lakukan dengan mudah. • Motivasi diri Anda agar berolahraga setiap hari, walaupun Anda tidak sedang bergairah. • Melakukan olahraga sendiri bisa membantu meningkatkan stamina, karena Anda tidak akan merasa tertekan untuk melakukan sesuatu karena kehadiran orang-orang di sekitar Anda.

Apabila Anda melakukannya secara bertahap sesuai keinginan sendiri, kemungkinan besar Anda akan mampu untuk terus berlatih, dan pada akhirnya akan mencapai tujuan. • Turunkan kadar stres dengan melakukan relaksasi setiap hari. • Beri tubuh Anda banyak istirahat secara fisik atau kognitif. Lakukan secara bergantian antara istirahat fisik dan kognitif agar tidak lelah.

• Lakukan latihan pernapasan dan meditasi setiap hari. Lakukan yoga dan meditasi selama minimal satu jam dalam sehari. • Pergilah berjalan-jalan di malam hari setelah menyantap makanan. • Konsumsi buah-buahan setiap hari. • Lakukan latihan dengan kecepatan yang stabil dan jangan merusak rutinitas Anda. Beristirahat dari aktivitas mungkin bisa berguna, namun tidak melakukan rutinitas selama berhari-hari dalam satu waktu akan menyulitkan Anda untuk kembali menjalani rutinitas tersebut.

• Jangan mengonsumsi minuman yang mengandung kafeina seperti kopi atau minuman energi sebelum melakukan latihan aerobik. Minuman ini mempercepat denyut jantung, dan setelah Anda mulai melakukan latihan, jantung Anda bisa berdenyut terlalu cepat, sehingga bisa membahayakan jiwa.

• Mengonsumsi minuman energi setiap hari adalah tindakan yang tidak sehat. Jika Anda menginginkan tubuh yang sehat dan kuat dengan stamina yang tinggi, hindari mengonsumsi minuman langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah secara berlebihan.
Aldwin Nayoan Follow Aldwin is a content writer at Niagahoster.

Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography. Home » Digital Marketing » Apa itu Ecommerce? Berikut Pengertian, Jenis, serta Manfaatnya! Apa itu Ecommerce? Berikut Pengertian, Jenis, serta Manfaatnya! June 18, 2021 6 min read Berkat adanya internet, perkembangan teknologi telah memunculkan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah peluang baru dalam bisnis.

Ecommerce adalah salah satunya. Namun, tahukah Anda apa itu ecommerce? Akankah bisnis ini menguntungkan Anda? Bagaimana perkembangannya di Indonesia? Kami akan membahas semuanya di sini, dari apa itu ecommerce sampai perkembangan ecommerce di Indonesia.

Pengertian E commerce; Jenis, dan Manfaatnya Apa itu ecommerce? Electronic commerce atau ecommerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Meskipun sarananya meliputi televisi dan telepon, kini ecommerce lebih sering terjadi melalui internet.

Karena pengertian e-commerce tersebut, terkadang ada kesalahpahaman tentang ecommerce dan marketplace. Istilah ecommerce digunakan untuk mendeskripsikan semua transaksi yang memakai media elektronik.

Marketplace sendiri adalah salah satu model ecommerce, di mana ia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu meladeni pembelian. Semua aktivitas lain seperti pengelolaan website sudah diurus oleh platform tersebut. Situs-situs seperti Shopee dan Lazada adalah dua contoh marketplace. Apakah pertanyaan mengenai apa itu ecommerce sudah terjawab? Jika sudah, mari lanjut ke pembahasan berikutnya, yaitu jenis-jenis ecommerce.

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

Apa Saja Jenis Ecommerce? Anda mungkin berpikir bahwa perdagangan online hanya terjadi antara penjual dan pembeli. Akan tetapi, ecommerce sebetulnya dibagi menjadi enam golongan, yaitu: • Business to business (B2B) — Jenis e-commerce dimana sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada perusahaan lainnya.

Dalam model ecommerce ini, biasanya pembeli memesan barang dalam jumlah besar. Contohnya adalah sebuah perusahaan yang membeli perlengkapan kantor dari sebuah produsen. • Business to consumer (B2C) — Dalam jenis ecommerce ini, sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumen. Pada umumnya, pelanggan dalam ecommerce B2C hanya mengecer. Jika anda pernah membeli dari suatu toko online, aktivitas tersebut termasuk langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah golongan ini.

• Consumer to consumer (C2C) — Pernah menjual barang bekas ke orang lain yang membutuhkannya melalui internet? Aktivitas tersebut termasuk dalam jenis e-commerce ini. Dengan kata lain, C2C adalah transaksi online antara dua individu. • Consumer to business (C2B) — Berkebalikan dengan B2C, ecommerce C2B adalah skenario di mana seseorang menjual produk atau layanan kepada sebuah perusahaan. Seorang graphic designer, misalnya, menawarkan dan menjual logo buatannya kepada sebuah bisnis makanan.

• Business to public administration langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah — Model ecommerce ini mirip dengan B2B, tetapi pelakunya adalah bisnis dan lembaga pemerintah.

Contoh B2A adalah jasa pembuatan website untuk sistem administrasi online. • Consumer to public administration (C2A) — Jenis ecommerce satu ini berjalan seperti C2B. Namun, transaksi dilakukan oleh individu dan lembaga pemerintah. Ecommerce dengan model C2A jarang ditemui di Indonesia. Jenis transaksi yang terjadi biasanya berbentuk jasa. Baca Juga: 4 Model Bisnis Ecommerce yang Harus Anda Tahu Contoh Ecommerce Sebelumnya telah disebutkan bahwa terdapat enam golongan ecommerce.

Di bawah ini Anda akan melihat beberapa contoh untuk masing-masing jenis. Namun, contoh ecommerce customer to public administration tidak ditampilkan dalam daftar ini karena jarang ada website atau marketplace yang menghubungkan antara pekerja freelance dengan lembaga pemerintah. • Business to business (B2B) • Electronic City — menjual perlengkapan elektronik kantor dan rumah tangga • Ralali — di samping peralatan kantor dan rumah tangga juga menjual peralatan industri, restoran, dan pertanian • Mbiz — sama seperti Ralali, tetapi juga menyediakan jasa seperti housekeeping dan perbaikan dinding • Business to consumer (B2C) • Lazada — menyediakan fashion, aksesoris, kosmetik, dan elektronik pribadi • Blibli — seperti Lazada, namun juga menjual perabotan, perlengkapan anak, peralatan olahraga • Shopee — sama seperti Blibli • Consumer to consumer (C2C) • OLX — menjual berbagai produk, mulai dari keperluan pribadi hingga kendaraan dan perlatan rumah tangga • Tokopedia — seperti Shopee, tetapi pembeli juga dapat menemukan barang bekas di sini • Kaskus — merupakan forum terbuka, namun tidak jarang digunakan pengguna untuk memasarkan barang bekas • Consumer to business (C2B) • Freelancer — website di mana pekerja freelance menawarkan keahlian pada bisnis yang membutuhkan • Upwork — sama seperti Freelancer • iStock — situs untuk bisnis yang membutuhkan foto, video, dan ilustrasi digital untuk penggunaan komersial • Business to public administration (B2A) • Qlue — menyediakan perangkat lunak untuk membantu kinerja perusahaan dan lembaga pemerintah, termasuk sistem administrasi kendaraan dan aplikasi analitik • Accela — membantu pemerintah melakukan administrasi publik dengan konsep software as a service Perkembangan Ecommerce di Indonesia Industri ecommerce berkembang sangat pesat di Indonesia belakangan ini.

Bahkan, negara kita berada di puncak 10 negara dengan pertumbuhan ecommerce tercepat di dunia. Pada tahun 2018 sendiri, ecommerce di Indonesia memiliki pertumbuhan 78%. Dari angka pertumbuhan tersebut, 17,7% diantaranya merupakan transaksi pembelian tiket pesawat dan pemesanan hotel. Selain itu, pembelian pakaian dan alas kaki menyumbang 11,9% — sedangkan 10% berasal dari kosmetik dan produk kesehatan. Dinilai dari statistik tersebut, memiliki sebuah situs ecommerce tentunya akan sangat menguntungkan, baik bagi Anda yang sudah memiliki bisnis maupun yang baru akan memulai.

Apalagi, ecommerce menawarkan banyak manfaat. Ingin tahu apa saja? Simaklah bagian berikutnya. Apa Manfaat Ecommerce? Perkembangan industri ecommerce di Indonesia sangatlah pesat. Dengan banyaknya pelaku bisnis online, Anda tentunya bertanya-tanya, apa saja manfaat ecommerce? Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan: • Jangkauan yang luas — Sebagai pemilik toko konvensional, Anda hanya dapat menjangkau pembeli dari daerah yang sama. Lain halnya jika Anda memiliki sebuah website ecommerce.

Manfaat e commerce yang pertama, pembeli dari berbagai penjuru negeri dapat melakukan transaksi di toko Anda. • Tidak dibatasi oleh waktu — Toko di dunia nyata bisa beroperasi selama 24 jam setiap hari, tetapi biaya untuk mendukungnya pun akan sangat besar.

Melalui internet, pembeli tetap dapat mengakses dan membeli dari toko walaupun Anda tertidur lelap. Manfaat e commerce satu ini tentu sangat membantu kita semua. • Biaya yang lebih murah — Biaya operasional lapak online sangat rendah dibandingkan toko berbentuk bangunan.

Setidaknya, Anda tidak perlu memikirkan gaji karyawan, sewa bangunan, serta ongkos listrik. • Tidak perlu stok barang sendiri — Dalam industri ecommerce, Anda bisa menjadi seorang dropshipper. Teknik pemasaran ini memungkinkan Anda berjualan tanpa memiliki stok barang. Ketika order datang, Anda tinggal meneruskannya kepada produsen barang yang diinginkan.

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

Untuk memahami bisnis dropshipping lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel ini. • Kemudahan mengelola transaksi dan pengiriman — Dengan memiliki toko online, Anda tidak perlu pusing memikirkan cara transaksi dan pengiriman barang. Kini sudah ada berbagai layanan pembayaran elektronik yang dilakukan melalui internet.

Selain itu, barang kiriman dapat dilacak secara online. • Anda mampu mempelajari kebiasaan pelanggan — Menjalankan bisnis online tanpa memahami perilaku pelanggan akan menyia-nyiakan investasi Anda. Saat ini sudah banyak tool analytic yang dapat digunakan untuk mempelajari data toko online Anda, seperti Google Analytics. • Kerja dari manapun — Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, satu dari manfaat e commerce adalah dapat diakses kapanpun.

Oleh karena itu, Anda pun dapat menjalankannya dari mana saja asal memiliki perangkat dan koneksi internet yang memadai.

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

Manfaat Website sebagai Platform Ecommerce Kini Anda dapat memulai bisnis ecommerce dengan mudah. Setidaknya ada tiga sarana yang bisa digunakan untuk berjualan secara daring, yaitu marketplace online (seperti Tokopedia dan Bukalapak), website sendiri, dan media sosial.

Marketplace dan media sosial tentunya adalah cara yang lebih gampang. Untuk memulai, Anda hanya perlu membuat akun dan mengatur lapak. Bahkan tidak ada biaya operasional yang perlu Anda keluarkan di awal. Akan tetapi, meskipun cara ini tidak salah, adanya sebuah website yang merepresentasikan toko atau bisnis Anda tetaplah penting. Mengapa? Simak penjelasannya di bawah ini!

Membangun kredibilitas Sosial media atau marketplace memang merupakan etalase online yang mudah digunakan. Namun, tidak banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan diri Anda dalam kedua jenis platform tersebut.

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

Kemungkinan besar, Anda hanya bisa membuat deskripsi pendek tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Lain halnya jika bisnis Anda memiliki sebuah situs tersendiri. Dengan website, Anda memiliki kebebasan dalam menentukan desain dan fitur toko online. Misalnya, Anda dapat membuat tampilan lapak yang lebih ringkas dan mudah dipahami oleh pembeli.

Selain itu, sebuah studi Verisign menunjukkan bahwa 84 persen konsumen setuju bahwa pedagang online yang memiliki website lebih dapat dipercaya daripada yang hanya berjualan di media sosial. Oleh karenanya, Anda perlu memiliki website untuk memasarkan brand Anda.

Apalagi, 77 persen calon pembeli membaca ulasan produk di internet — dan situs Anda adalah tempat yang tepat untuk menampilkannya.

Dapat berfungsi sebagai katalog Ketika menjual produk di media sosial maupun marketplace, Anda tidak diberi kemudahan untuk mendeskripsikannya. Di lain sisi, tampilan website dapat diatur sesuai keinginan.

Misalnya, Anda dapat memajang berbagai barang dagangan Anda beserta tulisan-tulisan yang membantu calon pembeli untuk mengenalnya. Meningkatkan pelayanan kepada pembeli Marketplace dan media sosial memiliki fitur chat atau message yang bisa diakses kapan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah.

Namun demikian, pengelolaan pesan masuk akan menjadi berantakan jika sudah ada banyak orang yang ingin berkomunikasi dengan Anda. Tentunya Anda tidak ingin lupa membalas sebuah pertanyaan dari calon pembeli. Untuk menanggulangi problema tersebut, Anda perlu website yang memiliki fitur chat atau ticketing yang lebih mumpuni dan terorganisir.

Untuk mengetahui fitur apa saja yang perlu dimiliki agar Anda bisa memanjakan pembeli, cek artikel ini. Brand Anda lebih Mudah Ditemukan Melalui Mesin Pencarian Penelitian yang dilakukan oleh GE Capital Retail Bank menunjukkan bahwa 81 persen orang riset produk dengan mesin pencarian sebelum melakukan pembelian.

Selain itu, 60 persen pembeli mengunjungi situs ecommerce yang mereka temukan di mesin pencarian, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Menilai dari fakta tersebut, tentunya berjualan melalui marketplace atau media sosial tidak menjanjikan publikasi brand yang cukup. Alih-alih menggunakan platform perantara, sebaiknya Anda berdagang secara mandiri dengan website ecommerce. Banyak Kompetitor Memiliki Website Kompetisi bisnis di internet sangatlah berat, terutama jika barang atau layanan yang Anda jual juga ditawarkan oleh banyak pihak lain.

Di saat Anda masih berdagang melalui marketplace, banyak kompetitor telah memperkuat brand mereka dengan situs toko online. Ditambah lagi, Anda perlu mengingat bahwa calon pembeli kini menggunakan mesin pencarian untuk menemukan brand terpercaya. Sebelum persaingan semakin ketat, ada baiknya Anda mulai menggunakan website untuk memasarkan usaha.

Membuat Website itu Mudah dan Murah Banyak orang beranggapan bahwa memulai sebuah website bukanlah hal yang gampang. Padahal, prosesnya tidak serumit yang dibayangkan. Sebelum membangun situs toko online pertama Anda, yang perlu dilakukan adalah membeli layanan hosting dan domain. Keduanya tidak memerlukan dana besar. Di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan hosting mulai dari Rp 10.000 per bulan dan domain mulai dari Rp 14.000 per bulan.

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti panduan membuat website ecommerce ini. Anda dijamin dapat mempersiapkan toko online dalam hitungan hari! Intip Kisah Kreature: Memaksimalkan Website Bisnis Menggunakan VPS Tertarik Membuat Website Ecommerce? Ecommerce adalah segala transaksi jual-beli yang dilakukan melalui internet. Berdasarkan pelakunya, ada enam jenis bisnis ecommerce, termasuk business to business dan business to consumer.

Di Indonesia, industri ini tengah digandrungi dan akan terus berkembang cepat, seperti yang diproyeksikan oleh McKinsey & Company pada tahun 2018. Selain itu, ecommerce menawarkan banyak keuntungan dibandingkan toko konvensional. Misalnya, Anda tidak dibatasi oleh tempat dan waktu untuk menjalankan sebuah website toko online.

Saat ini juga sudah ada berbagai platform untuk menunjang bisnis ecommerce, termasuk marketplace online dan media sosial. Akan tetapi, Anda dianjurkan untuk turut memiliki website yang merepresentasikan profesionalitas brand Anda. Terlebih, website mudah dibuat dan besar kemungkinan bahwa para kompetitor Anda telah memilikinya. Nah, setelah mengetahui apa itu ecommerce, jenis-jenis, serta contohnya, Anda mungkin tertarik untuk membangunnya.

Tak usah khawatir, caranya mudah kok. Anda bisa mulai dengan mengklik tombol di bawah! • HOME • NEWS • Politik dan Hukum • Ekonomi • Humaniora • Megapolitan • Nusantara • Internasional • Olahraga • VIEWS • Editorial • Podium • Opini • Kolom Pakar • Sketsa • FOTO • VIDEO • INFOGRAFIS • WEEKEND • SEPAK BOLA • SAJAK KOFE • OTOMOTIF • TEKNOLOGI • RAMADAN • LAINNYA • Live Streaming • Media Guru • Telecommunication Update PENGUCIAN wilayah atau lockdown di Tiongkok membuat situasi dan kondisi perekonomian disana kian melambat.

Data perekonomian yang kemarin keluar adalah turunnya data PMI Composite dan Services hingga ke level dibawah 50. Artinya bahwa perekonomian di Tiongkok tengah mengalami berjuang. Oleh karena itu, pemerintah Tiongkok berjanji untuk meningkatkan stimulus moneter untuk perekonomian, karena risiko domestik dan global lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya. Pejabat akan tetap menggunakan beberapa alat kebijakan moneter namun akan menggunakan di waktu yang tepat untuk mendukung ekonomi di sektor riil.

Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang mengatakan bahwa kompleksitas, dan ketidakpastian lingkungan domestik dan global telah meningkat. Namun Tiongkok tidak memberikan langkah yang spesifik untuk menanggulanginya, meski Pemerintah Tiongkok selalu memberikan sinyal adanya pemangkasan tingkat suku bunga pada bulan Juli dan Desember tahun 2022. Baca juga: Covid-19 Melonjak, Hampir 30 Juta Orang Terkena Lockdown di Tiongkok "Para pejabat yang berwenang berjanji untuk menstabilkan perekonomian karena lockdown yang dilakukan telah membatasi pengeluaran dan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah bisnis," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Jumat (8/4).

Indeks PMI Services telah turun ke level terendahnya dalam kurun 2 tahun terakhir. Apalagi setelah Shanghai juga mengalami lockdown, yang menimbulkan keraguan apakah pertumbuhan ekonomi 5,5% masih tetap dapat tercapai tahun ini.

Hal tersebut juga membuat Lembaga Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas pertumbuhan ekonomi global, salah satunya disebabkan adanya kebijakan tersebut mendorong perlambatan ekonomi, mengingat Tiongkok merupakan negara dengan ekonomi terkuat kedua setelah AS. Regulator perbankan terkemuka di Tiongkok meminta bank di sana untuk mempercepat penyaluran kredit kepada perusahaan manufaktur dan proyek infrastruktur.

Di tengah perlambatan ekonomi yang sedang melanda negerinya, Tiongkok membanting setir ekonominya ke arah investasi infrastruktur. Prediksi Goldman Sachs, investasi pada bidang infrastruktur akan tumbuh 8% pada 2022. Secara historis, laju investasi infrastrukturnya sudah mengalami penurunan secara bertahap. Tahun lalu, pertumbuhannya hanya 0,4% dibandingkan pertumbuhan sebelumnya yang berada hampir 20% setiap tahunnya dalam satu dekade terakhir.

Rencana arah kebijakan ekonomi tersebut dimaksudkan untuk mencapai target pertumbuhan ekonominya sebesar 5,5% pada 2022. Dewan negara mengatakan bahwa saat ini perekonomian Tiongkok masih bergerak dalam kisaran yang boleh dikatakan wajar meskipun tekanan ke bawah meningkat seperti peningkatan kasus Covid, perlambatan pemulihan ekonomi global, dan harga komoditas yang berfluktuasi.

Tentu hal ini memberikan gambaran bahwa pemerintah harus segera menyiapkan langkah yang kondusif, untuk menstabilkan ekspektasi pelaku pasar dan investor yang mulai pesimis terhadap Tiongkok dan mengajukan beberapa kebijakan yang sebelumnya sudah ada dalam laporan kerja pemerintah. "Kami cukup khawatir, apabila Pemerintah Tiongkok tidak melakukan sesuatu untuk mengembalikan ekspektasi, maka pelaku pasar dan investor akan lebih pesimis melihat perekonomian Tiongkok," jelas Nico.

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

"Mereka juga tidak boleh segan untuk melakukan apa yang harus dilakukan, karena ini demi kepentingan rakyatnya. Bukankah itu yang selalu dikatakan olehPresiden Xi Jinping," kata Nico. Saat ini pemerintah tengah berjanji untuk mengurangi peraturan yang menghambat, mendukung pengembangan properti, dan menstimulus perekonomian melalui kebijakan moneter.

Namun sampai dengan saat ini tidak ada langkah konkret lanjutan yang diambil. "Oleh karena itu harapan kami adalah bahwa ini bukan sekedar tugas Bank Sentral Tiongkok melainkan juga tugas dari pemerintahnya. Sebab bauran kebijakan antara moneter dan fiskal juga memainkan peranan penting," kata Nico. Yang paling menjadi pusat perhatian saat ini adalah bahwa adanya perbedaan kebijakan antara Bank Sentral Tiongkok dengan Bank Sentral di seluruh dunia yang justru tengah memperketat kebijakannya.

Munculnya divergensi kebijakan akan menjadi salah satu yang mencuri perhatian, karena implikasinya akan kemana mana. Sejauh ini likuiditas Tiongkok masih stabil, rate pinjaman 1y dan pinjaman antar bank masih stabil. Yang memperumit kebijakan moneter adalah bagaimana caranya agar kredit bisa tumbuh dan berkembang. Pemerintah sangat berharap bahwa dengan kenaikkan tingkat suku bunga kredit, maka akan mendorong dorongan terhadap perekonomian. Lockdown yang terjadi saat ini telah mendorong pembatasan mobilitas, namun juga menyebabkan aktivitas ekonomi mengalami penurunan.

Dewan Negara berjanji untuk dapat meningkatkan pelayanan keuangan bagi penduduk kota baru dan permintaan properti perumahan yang terjangkau sebagai bagian dari upaya meningkatkan konsumsi. Obligasi yang diterbitkan oleh daerah akan digunakan untuk mengisi modal bagi bank skala menengah dan kecil untuk meningkatkan kemampuan perbankan kelas ini. Bank Sentral juga tengah menerbitkan rancangan garis besar untuk menstabilkan perekonomian dengan memberikan dukungan kepada perusahaan yang memiliki masalah melalui dana.

Dana tersebut akan dibentuk dengan modal dari lembaga keuangan dan akan mendapatkan dukungan likuiditas dari bank sentral atau PBOC, namun sayangnya angka tersebut tidak diberikan. "Tampaknya kali ini Tiongkok akan memasuki masa kelam dalam pertumbuhan ekonomi, sementara itu sentiment dari global juga tidak berhenti untuk memberikan tekanan terhadap perekonomian Tiongkok.

Sejauh mana pemerintah dan bank sentral mau menciptakan bauran kebijakan, sejauh ini pula perekonomian Tiongkok akan bertahan," kata Nico.

(Try/OL-09)
• العربية • Azərbaycanca • Български • བོད་ཡིག • Català • Čeština • Deutsch • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Euskara • فارسی • Suomi • Français • Galego • עברית • Magyar • Íslenska • Italiano • Қазақша • 한국어 • Кыргызча • Lietuvių • മലയാളം • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Polski • Română • Русский • संस्कृतम् • Simple English • Svenska • Türkçe • Українська • Oʻzbekcha/ўзбекча • 中文 • Bân-lâm-gú • 粵語 Pemenang medali emas estafet pada World Orienteering Championship 2008 Estafet atau balapan estafet adalah salah satu cabang olahraga lari dalam kategori atletik yang dilakukan secara beregu dan setiap pelari harus menempuh jarak yang telah ditentukan sebelum memberikan tongkat penyambung ke teman satu tim yang berada di depannya.

Proses ini harus diulang beberapa kali hingga sampai pada pelari terakhir untuk secepat mungkin mencapai garis akhir perlombaan. [1] Setiap regu otomatis akan didiskualifikasi apabila salah satu pelari kehilangan tongkat estafet dan menghalangi perpindahan tongkat regu lain saat berlari menuju garis akhir.

Regu masih memiliki kesempatan apabila menjatuhkan tongkat dan masih bisa menyerahkannya kembali kepada pelari lain di depannya. [2] Selain kepentingan prestasi atlet, lari sambung juga memiliki tujuan yang baik untuk anak usia dini antara lain untuk melatih ketangkasan, melatih meningkatkan koordinasi, melatih kecepatan, melatih sikap kerja sama, melatih kelincahan. Dengan demikian bermain estafet apabila dikembangkan sangat memiliki banyak manfaat untuk anak-anak baik dalam menjalankan aktivitas belajar dalam bermain maupun dalam melakukan kegiatan sehari-hari dapat berjalan secara optimal.

[3] Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah isi • 1 Sejarah • 2 Ukuran tongkat • 3 Teknik permainan • 4 Aturan permainan • 5 Prinsip permainan • 6 Kesalahan dalam permainan • 7 Rujukan Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Lari sambung dimulai dari bangsa Aztek, Inka, dan Maya bertujuan untuk meneruskan berita yang telah diketahui sejak lama.

Di Yunani, estafet obor diselenggarakan dalam hubungannya dengan pemujaan leluhur dan untuk meneruskan api keramat ke jajahan-jajahan baru. Tradisi api olimpiade berasal dari tradisi Yunani tersebut.

Lari estafet 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter bagi pria dalam bentuk sekarang ini, pertama kali diselenggarakan pada olimpiade tahun 1992 di Stockholm. Estafet 4 x 100 meter bagi wanita sejak tahun 1928 menjadi nomor olimpiade dan 4 x 400 meter dilombakan sejak tahun 1972. [4] Ukuran tongkat [ sunting - sunting sumber ] Tongkat estafet mempunyai ukuran khusus.

Berdasarkan peraturan perlombaan tahun 2018-2019 dinyatakan bahwa tongkat estafet berbentuk tabung halus berongga, berpenampang lingkaran, terbuat dari kayu atau logam atau bahan lain yang sejenis. Ukuran tongkat mempunyai panjang 28-30 cm, diameter untuk dewasa 4 cm, langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah untuk anak-anak 2 cm, dan beratnya tidak kurang dari 50 gram.

Tongkat harus terlihat berwarna sehingga jelas dilihat selama lomba. [5] Teknik permainan [ sunting - sunting sumber ] Teknik permainan dalam estafet adalah pelari pertama menggunakan awalan jongkok. Pelari kedua dan seterusnya menggunakan awalan melayang (berdiri). Ketika ada aba-aba permainan dimulai, pelari pertama menuju pelari kedua dengan membawa tongkat, pelari kedua menuju pelari ketiga dan seterusnya.

[6] Untuk teknik pemberian tongkat dibagi menjadi tiga yaitu pemberian tongkat dari atas, pemberian tongkat dari bawah dan pemberian tongkat dengan cara didorong.

Untuk teknik penerimaan tongkat dibagi menjadi dua yaitu teknik penerimaan tongkat dengan cara melihat dan penerimaan tongkat dengan cara tidak melihat.

[7] Aturan permainan [ sunting - sunting sumber ] Aturan permainan estafet setiap regu berlari pada lintasan masing-masing yang sudah ditentukan. Saat melakukan awalan, tongkat yang dipegang pelari pertama tidak boleh menyentuh tanah. Pemberian tongkat kepada pelari selanjutnya tidak boleh dilempar. Pengoperan tongkat dilakukan pada jarak 20 meter di wissel zone. Jika pengoperan dilakukan di luar zona tersebut akan didiskualifikasi.

Penerima tongkat dibolehkan menunggu pada jarak 10 meter sebelum zona tersebut. Jika tongkat jatuh maka tongkat harus diambil oleh pelari yang menjatuhkannya. Pelari pertama membawa tongkat degan menggunakan awalan jongkok. Tongkat diberikan kepada pelari selanjutnya, yaitu pelari kedua. Pelari kedua, ketiga, dan keempat menerima tongkat dengan menggunakan start melayang. Pelari kedua memberikan tongkat ke pelari ketiga, dan pelari ketiga memberikan tongkat ke pelari keempat.

Selanjutnya, pelari keempat berlari membawa tongkat sampai ke garis akhir.

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

{INSERTKEYS} [8] Prinsip permainan [ sunting - sunting sumber ] Dalam estafet ada prinsip permainan yang harus dipatuhi oleh atlet seperti pengoperan atau pemberian tongkat lebih baik dilakukan secara bersilang, yaitu pelari satu dan tiga memegang tongkat dengan tangan kanan.

Sementara, pelari dua dan tiga menahan tongkat dengan tangan bagian kiri. Penempatan posisi pelari sebaiknya sesuai dengan kelebihan yang dimiliki oleh setiap pelari. Pelari yang mempunyai kemampuan baik dalam jalur tikung, sebaiknya ditempatkan di nomor satu dan tiga. Sedangkan, pelari yang memiliki kemampuan daya tahan harus diposisikan pada nomor dua dan empat. Jarak penantian para pelari dengan nomor dua, tiga, dan empat harus tepat sesuai dengan kebiasaan waktu latihan.

Setelah pelari nomor satu, dua, dan tiga memberikan tongkat, jangan keluar dari lintasannya masing-masing sebelum pelari nomor empat sampai pada garis akhir . [9] Kesalahan dalam permainan [ sunting - sunting sumber ] Biasanya para atlet estafet melakukan beberapa kesalahan permainan yang dapat merugikan tim yaitu, penerima tongkat belum siap menerima tongkat dan memulai terlalu dini atau terlambat.

Hal ini disebabkan karena penerima tongkat tidak mengetahui tugasnya dengan pasti dan keliru memperkirakan kecepatan pemberi tongkat. {/INSERTKEYS}

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

Penerima tongkat berlari dengan tangan ke belakang, selama beberapa langkah sebelum menerima tongkat. Alasannya penerima tongkat tidak merasa pasti apakah akan menerima tongkat dan takut tidak menerima tongkat. Pelari menjatuhkan tongkat saat dioperkan.

Alasannya pemberi tongkat mungkin tidak memegang 1/3 pangkal tongkat. Penerima tongkat tidak membuka telapak tangan dengan benar atau membiarkan tangan bergoyang sehingga menjadi target yang tidak tetap. Tangan yang menerima mungkin diulurkan terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Pemberi tongkat terlalu cepat mengulurkan tangan untuk mengoperkan tongkat dan merusak ritme lari. Karen pemberi tongkat merasa gelisah dan tidak pasti dimana tongkat akan dioperkan. Pemberi tongkat memperlambat langkahnya sebelum mengoperkan tongkat. Alasannya pemberi tongkat menghawatirkan pengoperan tongkat dan tidak pasti dimana tongkat yang akan dioperkan.

Pelari mungkin memiliki ketahanan lari yang tidak memadai. Pelari menendang tumit penerima. Hal ini disebabkan karena pelari melupakan bagian litasan yang hams ditempuh.

Penerima terlambat memulai lari. Pemberi meninggalkan lintasan segera setelah mengoperkan tongkat ke penerima langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah.

Hal ini disebabkan pengetahuan pelari tentang peraturan yang mengontrol lomba estafet kurang. Anggota tim yang terakhir, saat menerima tongkat, memindahkan tongkat ke tangan yang lain. Alasannya pelari tidak memahami tugas-tugas anggota terakhir dalam tim. Atau pelari terlalu semangat atau gelisah. [10] Rujukan [ sunting - sunting sumber ] • ^ Putri, Nina Hertiwi (2021-03-11).

"Lari Estafet: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar". SehatQ. Diakses tanggal 2022-02-22. • ^ Laudia, Tysara (2022-01-17). "Pengertian Lari Estafet adalah Olahraga Membawa Tongkat Bersambung, Simak Peraturannya". liputan6.com. Diakses tanggal 2022-02-22. • ^ Dwiningsih, Rurin; Aisyah, Aisyah; Ibrahim, Husain (2019-10-28).

"Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Lari Estafet". Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO (dalam bahasa Inggris). 2 (3): 226. doi: 10.36709/jrga.v2i3.9193. ISSN 2615-5664. • ^ Suratmin (2021). Kepelatihan Atletik Jalan dan Lari - Rajawali Pers. Depok: PT. Raja Grafindo Persada. hlm. 47. ISBN 978-602-425-348-6. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ Nopiyanto, Yahya Eko; Raibowo, Septian (2020).

Dasar-dasar Atletik. Bengkulu: El Markazi. hlm. 54. ISBN 978-623-6584-44-6. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ Sari, Bibit Retno; Sinaga, Santa Idayana (2020). "PENGARUH BERMAIN LARI ESTAFET TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN TK YASPA PALEMBANG". PERNIK Jurnal PAUD. 3 (2): 182. doi: 10.31851/pernik.v4i1.6796. ISSN 2622-5174. • ^ Lengkana, Anggi Setia (2015).

Belajar & Berlatih Atletik. Bandung: CV Salam Insan Mulia. hlm. 43. ISBN 978-602-74162-5-3. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ Nelistya, Anne (2019). MENJADI PEMAIN ATLETIK YANG TANGGUH. Bandung: Be Champion. hlm. 29. ISBN 978-602-8884-07-5. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ Maarif, Syamsul Dwi (2021-11-01).

"Apa Itu Lari Estafet? Berapa Ukuran Tongkat Lari Sambung?". tirto.id. Diakses tanggal 2022-02-22. • ^ Muhtar, Tatang; Irawati, Riana (2020). Atletik. Sumedang: UPI Sumedang Press. hlm. 42. ISBN 978-602-6438-91-1. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • Halaman ini terakhir diubah pada 22 Maret 2022, pukul 12.15.

langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •

Hindari Cedera ! Inilah Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga




2022 www.videocon.com