Materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Katulis.com – Berikut ini merupakan Materi Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 yang berupa rangkuman untuk memberikan gambaran kepada Bapak/Ibu Guru dengan tujuan mempermudah Guru dalam mempersiapkan materi pelajaran sebelum mengejar dilaksanakan.

Pada Materi Kelas 5 Semester 1 Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia tepatnya pada Subtema 3 yang membahas Lingkungan dan Manfaatnya, akan memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam menyusun amteri pelajaran yang akan diberikan kepada para siswanya. Rangkuman Materi Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Khusus Tema I dan Subtema III ini meliputi mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan SBdP yang disetiap mapel tersebut sudah ditentukan materi pokok yang harus dibahas oleh Guru.

Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya PEMBELAJARAN 1 Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Pokok dari Gambar Mengembangkan Gagasan Pokok Menjadi Teks Menentukan Gagasan Pokok Setiap Paragraf dari Teks Mengembangkan Gagasan Pokok Menjadi Paragraf IPA Manfaat Organ Gerak Manusia dalam Beraktivitas PEMBELAJARAN 2 IPA Aktivitas Manusia yang Memanfaatkan Organ Gerak Macam-Macam Penyakit pada Tulang Membuat Model Sederhana Penya kit Tulang Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Pokok Setiap Paragraf dari Teks SBdP Mengenal Komik Menggambar Komik Bertema Olahraga PEMBELAJARAN 3 IPS Kondisi Geografis Pulau Madura Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Negara Maritim terhadap Ekonomi Masyarakat Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Negara Maritim terhadap Kehidupan Sosial Menentukan Dampak Kondisi Kemaritiman terhadap Kehidupan Masyarakat Membuat Kliping tentang Kondisi Ekonomi dan Sosial Masyarakat Menyusun Laporan Berdasarkan Kliping Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Pokok Setiap Paragraf dariTeks PPKn Pancasila sebagai Satu Kesatuan yang Utuh Perilaku yang Menunjukkan Kesatuan Sila-Sila Pancasila Membuat Laporan Perilaku yang Sesuai dengan Nilai Pancasila PEMBELAJARAN 4 Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Pokok Setiap Paragraf dari Teks IPS Ciri Keragaman Budaya Masyarakat di Indonesia Pengaruh Kondisi Geografs Indonesia Sebagai Negara Maritim terhadap Budaya Masyarakat Mengenal Budaya Asli dan Campuran di Indonesia Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Negara Maritim terhadap Transportasi Masyarakat Menentukan Dampak Kemaritiman terhadap Kehidupan Masyarakat PPKn Perilaku yang Sesuai Nilai-Nilai Pancasila Mengamati Perilaku Masyarakat terhadap Kelestarian Budaya Daerah PEMBELAJARAN 5 IPA Macam-Macam Penyakit Otot pada Manusia Membuat Model Sederhana Penyakit Otot Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Pokok Setiap Paragraf dariTeks SBdP Ciri-Ciri Komik Menggambar Komik Bertema Perlombaan PEMBELAJARAN 6 IPA Cara Menjaga Kesehatan Organ Gerak Aktivitas yang Mengganggu Kesehatan Organ Gerak Mempresentasikan Penyakit Organ Gerak Menggunakan Model Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Pokok Setiap Paragraf dari Teks SBdP Menggambar Komik dari Teks Bacaan Download Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Apabila anda membutuhkan kumpulan rangkuman materi kelas 5 tema 1 Subtema 3 di atas dalam bentuk Excel atau Microsoft Word bisa diunduh melalui tautan yang kami sediakan di bawah ini: • Materi Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 3 – Unduh Jangan lewatkan: • Materi Kelas V SD Tema 1 Subtema 1 • Materi Kelas V SD Tema 1 Subtema 2 • Materi Kelas V SD Tema 1 Subtema 4 (Proses) Hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait kumpulan materi SD Kelas V Tema 1 Subtema 3 ini, mudah-mudahan apa yang telah kami sampaikan tersebut dapat membantu Bapak/Ibu Guru terutama disaat sedang mempersiapkan bahan pembelajaran.

Pemetaan Kompetensi Dasar Pkn • KD 3 : Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari • KD 4 : Menyajikan Hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan sehari-hari IPS • KD 3 : Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris, serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi • KD 4 : Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritime dan agraris, serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi Bahasa Indonesia • KD 3 : Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulenyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis dan visual • KD 4 : Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis dan visual Bacalah teks berikut Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila Pancasila sebagai dasar neraga Indonesia bukan lagi suatu materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 yang baru bagi masyarakat Indonesia.

Dari zaman dahulu, nilai-nilai Pancasila memang sudah terkandung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat kita. Nilai-nilai tersebut telah meliputi berbagai aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara sampai saat ini. Nilai-nilai Pancasila perlu sekali kita kembangkan dalam kehidupan sosial budaya. Hal ini dimaksudkan agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai dan aman. Tanpa nilai-nilai tersebut, kita tidak akan dapat mencapai semua itu.

Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya. Nilai yang terkandung dalam sila ni juga mengharuskan kita untuk saling menghormati dan berkerja sama antarpemeluk agama yang berbeda-beda.

Kita tidak boleh memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah. Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Setiap warga negara hendaklah mengakui persamaan derajat, persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagai asa kebersamaan bangsa Indonesia, dan persamaan hak. Dengan menjunjung tinggi persamaan derajat hak dan kewajiban, maka seluruh bangsa Indonesia menegakkan dan juga memelihara kebersamaan. Penerapan nilai ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengembangkan rasa saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, gemar melakukan kegiatan kemanusian, serta berani menegakkan kebenaran dan keadilan.

Persatuan Indonesia Makna dan nilai yang terkandung dalam sila ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia, Dengan menerapkan sikap cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara, serta memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

Nilai Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama. Kedudukan yang sama tersebut hendaknya digunakan secara sadar dengan mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.

Materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 itu, warga negara Indonesia harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu peroalan bersama. Penerapan dalam sikap sehari-hari adalah dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, serta mengutamakan budaya musyawarah dalam menyelesaikan masalah dengan diliputi oleh semangat kekeluargaan. Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia Kita harus menghindarkan diri dari sifat pemborosan, selalu bergaya hidup mewah, dan perbuatan-perbuatan yang merugiakan kepentingan umum.

Bekerja keras dan menghargai hasil kerja keras orang lain sangat dibtuhkan dalam mewujudkan sikap kebersamaan. Di samping itu, harus dikembangkan pula sikap adil terhadap sesama, menghormati hak orang lain, serta menolong dan menghargai orang lain. Letak Geografis Indonesia Letak Geografis Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Apa itu letak geografid? Letak Geografis adalah letak dimana suatu daerah itu dilihat dari kenyataan di bumi. Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benuda Asia dan Benua Australia, dan diantara dua Samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Dengan demikian, wilayah Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis. Beberapa keuntungan yang diperoleh berdasarkan letak geografis Indonesia, antara lain sebagai berikut. Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra memungkinkan menjadi persimpangan lalu lintas dunia, baik lalu lintas udara maupun laut.

Indonesia sebagai titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industri dan negara-negara yang sedang berkembang.

Misalnya antara Jepang, Korea, dan RRC dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa. Karena letak geografis Indonesia pula Indonesia mendapat pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dunia. Serta secara alami letak geografis Indonesia dipengaruhi oleh angin musim.

Sekitar bulan Oktober-April angin bertiup dari Asia ke Australia yang membawa banyak uap air dari Samudra Pasifik sehingga menimbulkan musim hujan. Sekitar bulan April-Oktober angin bertiup dari Australia ke Asia yang sedikit membawa uap air dari Samudra Hindia sehingga menimbulkan musim kemarau. Indonesia hanya mengenal dua musim, musim kemarau dan musim penghujan.

Letak Astonomis Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Apa itu garis lintang dan garis bujur? Baik garis lintang maupun garis bujur adalah garis khayal.

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Jika garis lintang adalah garis yang melintang bola bumi. Garis lintang nol derajat disebut garis katulistiwa, dan Indonesia berada di wilayah garis katulistiwa, sehingga Indonesia memiliki iklim tropis yang panasnya merata sepanjang tahun dan mempunyai dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Sedangkan garis bujur adalah garis khayal pada peta atau globe yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan bumi. Garis bujur no derajat berada di Greenwich, Inggris. Indonesia berada di garis bujur 95 derjat Bujur Timur(BT) - 141 derajat BT (Bujur Timur).

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Letak ini menyebabkan Indoneisa memiliki tiga daerah waktu, yaitu a. Waktu Indonesia Barat (WIB) b. Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) c. Waktu Indonesia bagian Timur(WIT)
Powerpoint Kelas 5 Tema 1 Semester 1 Guru Zaman Now – Rekan – rekan pendidik yang berbahagia pada kesempatan kali ini kami masih akan melanjutkan postingan media ajar PPT atau Power Point.

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Media ajar yang kami bagikan masih seputar materi Sekolah Dasar yaitu Materi PPT / Powerpoint Kelas 5 Tema 1 Semester 1. Kami berharap dengan dibagikannya materi PPT atau Power Point yang menarik akan menunjang keberhasilan pembelajaran di dalam kelas. Materi atau media ajar powerpoint Kelas V Semester 1 yang kami bagikan ini merupakan sebuah alternatif bahan ajar yang bisa diberikan pada pembelajaran tatap muka atau bisa juga saat pembelajaran daring.

Sebagai pendidik sudah menjadi kewajiban jika kita harus menggunkan media atau alat peraga yang menarik pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini dikarenakan apabila pendidik selalu menggunakan metode pembelajaran yang sama, maka peserta didik yang kita ajar akan merasa jenuh dan bosan. Dengan adanya media atau bahan ajar Powerpoint Kelas 5 Tema 1 ini baik guru ataupun siswa punya warna baru dalam kegiatan belajar mengajar. Tentunya dengan media ajar yang menarik baik guru dan siswa bisa memiliki interaksi dan semangat belajar yang baru.

Rekomendasi RPP 1 Lembar • RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 • RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 + Lampiran Penilaian Download Materi Powerpoint Kelas 5 SD Tema 1 Bagi rekan – rekan pendidik serta wali murid yang ingin menjadikan referensi materi ajar PPT Tematik Kelas V Semester 1 Tema 1, berikut ini akan kami bagikan link downloadnya secara gratis.

Kami memberikan dua contoh Powerpoint dari penerbit yang berbeda yaitu PLATINUM dan BUPENA. Untuk memiliki silahkan klik link yang kami sematkan di bawah ini : Power Point Kelas V >> PLATINUM • Power Point Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 [Unduh Disini] • Power Point Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 [Unduh Disini] • Power Point Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 [Unduh Disini] • Power Point Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 [Unduh Disini] Power Point Kelas V >> BUPENA Power Point Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 [Unduh Disini] Power Point Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 [Unduh Disini] Power Point Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 [Unduh Disini] Power Point Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 [Unduh Disini] Demikian tadi ulasan singkat mengenai materi ajar Power Point Kelas 5 Tema 1 yang bisa kami bagaikan.

Untuk mendapatkan secara lengkap materi PPT Kelas 5 Semester 1 dan Semester 2, anda bisa melengkapinya dengan mengklik tautan link di bawah ini : Media ajar Powerpoin Kelas 5 Semester 1 Tema 2 Media ajar Powerpoin Kelas 5 Semester 1 Tema 3 Media ajar Powerpoin Kelas 5 Semester 1 Tema 4 Media ajar Powerpoin Kelas 5 Semester 1 Tema 5 Media ajar Powerpoin Kelas 5 Semester 2 Tema 6 Media ajar Powerpoin Kelas 5 Semester 2 Tema 7 Media ajar Powerpoin Kelas 5 Semester 2 Tema 8 Media ajar Powerpoin Kelas 5 Semester 2 Tema 9 Semoga media ajar Powerpoint Kelas 5 Semester 1 yang kami bagikan bermanfaat.

Materi Tematik Kelas 5 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Sahabat buku paket yang setia, kali ini kami akan berbagi informasi terkait materi pelajaran yang ada di kelas 5 SD/MI berdasarkan kurikulum 2013 yang telah direvisi 2017. Pada kesempatan ini kami akan berbagi materi kelas 5 tema 1 tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia. Dalam materi tema 5 ini terbagi menjadi tiga subtema yang didalamnya ada beberapa pembelajaran. Materi Tematik Kelas 5 Tema 1 Materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 2013 Revisi 2017 - Bagi adik-adik yang saat ini duduk di kelas 5 ada baiknya mengunduh materi yang akan kami bagikan ini sebagai bahan untuk belajar di rumah maupun di sekolah.

Materi yang akan kami bagikan berupa subtema sehingga memudahkan untuk belajar. Berikut ini adalah materi pelajaran yang ada di kelas 5 pada tema 1 tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia yang bisa kamu download.

• Materi Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan • Materi Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan • Materi Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya Demikianlah informasi mengenai materi pelajaran yang ada di kelas 5 tema 1 tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia. Semoga materi ini dapat membantu memudahkan siswa maupun guru dalam belajar. Selamat belajar. • ► 2020 (4) • ► Maret (3) • ► Januari (1) • ► 2019 (12) • ► April (2) • ► Maret (1) • ► Februari (8) • ► Januari (1) • ▼ 2018 (101) • ► Materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 (15) • ► November (11) • ► Oktober (13) • ► September (2) • ► Agustus (5) • ▼ Juni (18) • Materi Tematik Kelas 5 Tema 5 Kurikulum 2013 Revis.

• Materi Tematik Kelas 5 Tema 4 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 5 Tema 3 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 5 Tema 2 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 5 Tema 1 Kurikulum 2013 Revis.

• Materi Tematik Kelas 4 Tema 5 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 4 Tema 4 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 4 Tema 3 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 4 Tema 2 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 4 Tema 1 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 2 Tema 4 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 2 Tema 3 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 2 Tema 2 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 2 Tema 1 Kurikulum 2013 Revis.

• Materi Tematik Kelas 1 Tema 4 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 1 Tema 3 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Revis. • Materi Tematik Kelas 1 Tema 1 Kurikulum 2013 Revis. • ► Mei (11) • ► April (2) • ► Maret (1) • ► Februari (1) • ► Januari (22) • ► 2017 (19) • ► Desember (3) • ► November (2) • ► Oktober (3) • ► Juli (8) • ► Januari (3) • ► 2016 (253) • ► Desember (1) • ► November (23) • ► Oktober (33) • ► September (35) • ► Agustus (38) • ► Juli (29) • ► Juni (20) • ► Mei (21) • ► April (18) • ► Maret (17) • ► Februari (10) • ► Januari (8) • ► 2015 (117) • ► Desember (17) • ► November (18) • ► Oktober (26) • ► September (11) • ► Agustus (25) • ► Juli (20)
Shanum99.com ----- Bahan Ajar Kelas materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3.

Bahan Ajar ini berisikan cakupan materi yaitu materi tiga mata pelajaran yaitu PPKn, IPS, dan Bahasa Indonesia. Bahan Ajar ini digunakan oleh guru Kelas 5 pada Tema 1 Subtema 3 (Lingkungan dan Manfaatnya) di Pembelajaran 3 di Semester 1.

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Bahan Ajar ini sifatnya melengkapi rancangan pembelajaran dikelas. Bahan Ajar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 Bahan Ajar Kelas 5 Tema 1 (ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN ) Subtema 3 (Lingkungan dan Manfaatnya) Pembelajaran 3 ini bermuatan tiga mata pelajaran yaitu PPKn, IPS, dan Bahasa Indonesia.

Bapak dan ibu guru jangan bersusah payah membuat Bahan Ajar ini karena penulis akan berbagi Bahan Ajar yang sudah jadi dan lengkap dengan RPP, Media Pembelajaran dan Soal Evaluasinya atau Penilaian yang dapat didownload file wordnya secara gratis.

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Penulis membagikan atau share Bahan Ajar Kelas 5 Tema 1 (ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN ) Subtema 3 (Lingkungan dan Manfaatnya) di Pembelajaran 3 ini, secara Cuma-Cuma karena mengingat beban guru yang berat dan penulis ingin berbagi Bahan Ajar ini dan penulis berharap dapat meringankan atau membantu bapak dan ibu guru dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran.

Bapak dan Ibu guru dapat mendownload Bahan Ajar Kelas 5 Tema 1 (ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN ) Subtema 3 Pembelajaran 3 file wordnya kemudian disesuaikan atau dimodifikasi dengan kondisi sekolah bapak dan ibu guru, supaya menjadi lebih baik lagi.

Bahan Ajar ini lengkap dengan RPP, Media Pembelajaran dan Soal Evaluasinya atau Penilaian yang dapat didownload secara terpisah pada tautan link dibawah ini : Adapun format lengkap dan jelas Bahan Ajar Kelas 5 Tema 1 (ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN ) Subtema 3 (Lingkungan dan Manfaatnya) Pembelajaran 3 dapat di download pada tautan link dibawah ini : Bahan Ajar Kelas 5 K13 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 ---- Download Baca dan Download RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 dapat di lihat pada tautan link ini : Baca dan Download Baca dan Download LKPD Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 dapat di lihat pada tautan link ini : NO Baca dan Download Media Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 dapat di lihat pada tautan link ini : Baca dan Download Demikian RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Soal Evaluasi (Penilaian) Kelas 5 Tema 1 (ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN ) Subtema 3 (Lingkungan dan Manfaatnya) Pembelajaran 3 yang dapat penulis bagikan.

Semoga bermanfaat dan meringankan beban bapak dan ibu guru. Terima kasih atas kunjunganya. Jangan lupa di share atau berbagi kepada teman-teman yang lain dan mengikuti atau follow website ini supaya mendapat informasi terbaru dari website ini.

Dan jika ada yang ingin ditanyakan atau memberi saran dapat berkomentar di kolom komentar dibawah ini.
Negara maritim adalah negara yang sebagian besar wilayahnya berupa laut/perairan. Selain negara maritim, Indonesia juga merupakan negara kepulauan. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena I ndonesia terdiri dari banyak pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan menyimpan potensi yang besar dalam berbagai bidang, seperti di bidang ekonomi, materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3, budaya, dan transportasi.

Potensi potensi tersebut dapat menjadi modal yang penting dalam pembangunan nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Wilayah Indonesia yang berupa kepulauan, antara pulau satu dengan yang lainnya disatukan oleh laut, mengakibatkan bervariasinya potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Masing masing pulau memiliki karakteristik masing masing.

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Mulai dari kondisi alam maupun kondisi sosial budayanya. Variasi dan karakteristik potensi tersebut terlihat dari beragamnya bentang alam dan hasil alamnyaberagamnya suku bangsa yang mengakibatkan beragam pula adat Istiadat dan budayanyaserta beragamnya agama, golongan, dan kelompok masyarakatnya. Keberagaman yang disebabkan adanya perbedaan antara pulau satu dengan pulau lainnya Ini tidak membuat masyarakat kita terpecah-belah. Namun, justru menjadi pemersatu.

Itu karena antara masyarakat satu dengan lainnya bisa saling melengkapi. A. Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim berpengaruh terhadap kehidupan ekonomi masyarakat. Setelah diakuinya Indonesia secara internasional sebagai negara maritim, yang ditetapkan dalam UNCLOS pada tahun 1982, Indonesia diberi kewenangan untuk memanfaatkan potensi sumber daya laut.

Sumber daya laut, di antaranya ikan, terumbu karang dengan kekayaan biologi yang bernilai ekonomi tinggi, wisata bahari, sumber energi minyak dan gas bumi, bahan mineral, dan media transportasi antarpulau. Hasil pemanfaatan dari sumber daya laut tersebut dapat menunjang ekonomi masyarakat, terutama masyarakat di sekitar pantai. Beragamnya sumber daya laut, membuat jenis lapangan pekerjaan masyarakat di sekitar pantai menjadi lebih beragam.

Beberapa jenis lapangan pekerjaan masyarakat di sekitar pantaiantara lain: nelayan, budi daya rumput laut, kerang dan mutiara, tambak ikan, pertambangan, jasa penyewaan transportasi laut, serta pengelola tempat wisata kawasan pantai. B. Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Wilayah Indonesia terletak di antara Benua Australia dan Benua Asia.

Posisi tersebut menyebabkan Indonesia menjadi jalur perdagangan dunia. Perdagangan dunia biasanya dilakukan melalui jalur perairan. Pedagang-pedagang dari seluruh dunia akan melewati Indonesia selama melakukan kegiatan perdagangan.

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Oleh karena itu, Indonesia dikatakan memiliki letak yang Strategis. Pedagang-pedagang dari berbagai negara yang melewati Indonesia memiliki latar belakang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Mereka membawa adat-adat atau budaya dari negara asal masing-masing.

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Sebagian dari mereka menetap di Indonesia. Lambat laun, adat budaya yang mereka bawa berbaur dengan adat budaya asli Indonesia.

👉Dampak letak dan kondisi geografis bangsa Indonesia Sebagai negara maritim atau kepulauan terhadap kehidupan sosial masyarakat. 1. Komunikasi dan interaksi antarpenduduk menjadi lebih mudah, baik antarwarga Indonesia maupun orang Indonesia dengan warga asing. Hal ini didukung adanya kemajuan teknologi di bidang pelayaran antarpulau dan antarnegara.

2. Terjadinya pembauran, pencampuran, atau peleburan nilai-nilai antarpulau dan antarnegara. Munculnya perkampungan-perkampungan etnis tertentu, seperti Pecinan dan Kampung Arab. 3.Terjadinya perubahan perilaku masyarakat karena pengaruh masuknya pola dan nilai perilaku dari pulau, daerah, maupun negara lain.

2. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena . 3. Kehidupan ekonomi masyarakat di sekitar pantai meningkat karena banyaknya lapangan pekerjaan di sekitar pantai. Pernyataan di atas merupakan pengaruh kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dalam bidang .

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

4. Terjadinya pembauran masyarakat antarpulau ataupun antamegara adalah dampak kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dalam bidang . 5. Salah satu dampak negatif dari letak dan kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan terhadap kehidupan sosial masyarakat adalah . Perilaku yang Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila Pancasila terdiri atas lima sila.

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Meskipun terdiri atas lima sila, Pancasila tetap merupakan satu kesatuan yang utuh. Pancasila diumpamakan sebagai satu paket lengkap yang menopang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh dari kelima silanya. Sila pertama menjiwai sila kedua, menjiwai sila ketiga, keempat, dan kelima. Sila kedua dijiwai oleh sila pertama, ketiga, keempat, dan kelima, dan begitu seterusnya.

Kelima sila tidak bisa dilepas satu dengan yang lainnya. Walaupun masing-masing sila mempunyai nilai-nilai sendiri, tetapi hubungan antarsila merupakan hubungan yang utuh dan saling terkait. Setiap sila yang membentuk Pancasila merupakan unsur mutlak yang membentuk kesatuan, bukan unsur pelengkap. Artinya, satu sila menjiwai dan dijiwai oleh sila-sila yang lain.

Sila pertama menjiwai sila kedua, ketiga, keempat, dan kelima.

materi kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3

Sila kedua dijiwai oleh sila pertama, ketiga, keempat, dan kelima, dan begitu seterusnya. Misalnya, meskipun sila Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan sila yang berkaitan dengan Tuhan, tetapi tidak berarti sila-sila yang lain hanya sebagai pelengkap saja.

Setiap sila yang membentuk Pancasila juga sebagai satu kesatuan yang mutlak, tidak dapat ditambah dan dikurangi.

Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3




2022 www.videocon.com