Pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

Halo Irema, kakak bantu jawab yaa. Jawaban yang tepat adalah A. Yuk kita bahas! Pada saat manusia berkeringat tubuh akan mengeluarkan air dan garam melalui pori - pori kulit sehingga tubuh kekurangan cairan karena dehidrasi. Maka ketika mengeluarkan urine, urine yang terbentuk sedikit dan pekat.

Dengan demikian pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urine yang sedikit dan pekat. Semoga membantu ya :) Cairan empedu merupakan sisa metabolisme di hati. Cairan empedu berisi bilirubin dan biliverdin yang merupakan hasil pembongkaran hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin ini dibongkar menjadi zat besi (Fe), globin, dan hemin. Hemin inilah yang akan diubah menjadi bilirubin dan biliverdin.

Cairan empedu dibuang melalui ginjal dan anus. Bilirubin merupakan pigmen yang menyebabkan urin dan tinja berwarna kuning. TBC merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri dari penderita dapat tersebar ke orang lain melalui droplet yaitu cairan ludah yang tersebar saat batuk/ bersin, menggunakan alat makan atau masker secara bersama dengan penderita.

Untuk mencegahnya adalah menggunakan masker ketika berhadapan dengan penderita, menyediakan ventilasi ruangan sehingga sinar matahari dapat masuk dan sirkulasi udara berjalan baik. Pembentukan urin di ginjal berlangsung dalam 3 tahap, yaitu filtrasi di badan Malpighi yang terdiri atas glomerulus dan kapsula Bowman, reabsorpsi di tubulus proksimal serta distal, dan augmentasi di tubulus distal.

Jadi, pembentukan urin berlangsung dari glomerulus hingga tubulus yang disebut nefron. Reabsorpsi pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang dapat berlangsung di tubulus kontortus distal dan tubulus kolektivus. Reabsorpsi fakultatif terjadi dengan bantuan hormon, misalnya reabsorpsi ion kalsium dibantu oleh hormon paratiroid, ion natrium dibantu oleh hormon aldosteron, dan reabsorpsi air dibantu oleh hormon antidiuretika (ADH). Zat di dalam darah yang masuk ke urin primer adalah: air, garam mineral, urea, urobilin, dan glukosa.

Zat yang masih berguna akan diserap kembali (reabsorpsi) sebagian yaitu air dan garam mineral, atau diserap seluruhnya yaitu glukosa. Oleh karena itu, dalam urin sekunder sudah tidak mengandungglukosa lagi. Sedangkan zat yang tidak berguna akan dibuang melalui urin yaitu urea dan urobilin (zat warna empedu).

sekian ulasan mengenai Contoh soal dan pembahasan sistem ekskresi materi kelas 11 SMA. sistem ekskresi pada ginjal memang sering dibahasa terutama pada soal pilihan ganda. maka tidak heran banyak pencarian mengenai contoh soal sistem ekskresi beserta jawabannya.

untuk contoh soal biologi lainnya silakan cek pada menu utama.
Keringat berlebih sering kali membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman, apalagi jika tidak jelas pemicunya. Meski terlihat ringan dan umumnya tidak berbahaya, kondisi ini sebaiknya tidak diabaikan, sebab keringat berlebih bisa saja menjadi tanda adanya suatu penyakit.

Berkeringat adalah salah satu proses alami tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan luar. Proses ini bekerja dengan cara mengekskresikan atau mengeluarkan cairan yang mengandung garam melalui kelenjar keringat. Normalnya, tubuh akan mengeluarkan keringat ketika melakukan aktivitas berat, konsumsi makanan pedas, atau saat merasakan emosi tertentu seperti marah, malu, takut, atau panik. Selain itu, beberapa kondisi medis seperti hipertiroid dan demam juga dapat memicu tubuh mengeluarkan keringat berlebih.

Lain halnya dengan keringat berlebih yang terjadi tanpa adanya pemicu. Kondisi ini disebut dengan hiperhidrosis dan biasanya terjadi karena adanya penyakit tertentu.

Jenis-Jenis Kondisi Keringat Berlebih Ada dua jenis keringat berlebih atau hiperhidrosis, yaitu hyperhidrosis focal primer dan secondary general hyperhidrosis.

pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

Berikut ini adalah penjelasannya: Hyperhidrosis focal primer Seseorang dengan kondisi hyperhidrosis focal primer akan mengalami keringat berlebih di bagian tubuh tertentu, seperti telapak tangan, telapak kaki, lipat paha, ketiak, atau hanya kepala dan wajah. Area tubuh yang terkena biasanya bersifat simetris, misalnya bila telapak tangan kanan banyak berkeringat, telapak tangan kiri juga akan mengalami hal yang sama.

Jenis keringat berlebih ini dapat disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi sistem saraf. Hyperhidrosis focal primer umumnya mulai terjadi pada usia remaja dan dewasa.

Namun, jika Anda berusia paruh baya atau lebih dan mengalami keringat berlebih di salah satu bagian tubuh, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

Secondary general hyperhidrosis Keringat berlebih jenis ini terjadi pada seluruh bagian tubuh dan biasanya terjadi pada malam hari. Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya penyakit tertentu, seperti: β€’ Gangguan tiroid β€’ Tuberkulosis β€’ Menopause β€’ Gagal jantung β€’ Stroke β€’ Kanker, seperti limfoma dan leukimia β€’ Penyakit Parkinson β€’ Diabetes β€’ Cedera tulang belakang pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang Penyakit paru-paru β€’ Gangguan kecemasan β€’ Kecanduan alkohol Kehamilan juga bisa membuat Anda memiliki kondisi keringat berlebih.

Selain itu, pengobatan dan konsumsi suplemen tertentu juga bisa menjadi penyebab dari keringat berlebih, seperti obat antibiotik, obat untuk tekanan darah, obat untuk mulut kering, dan obat yang digunakan untuk menangani masalah kesehatan mental. Hal yang Perlu Diperhatikan dari Kondisi Keringat Berlebih Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang mengalami keringat berlebih dan disertai beberapa hal berikut ini: β€’ Jumlah keringat yang keluar semakin banyak atau menyebabkan iritasi kulit ketiak dan ketiak hitam.

β€’ Terbangun dengan kondisi kasur sangat basah pada malam hari akibat keringat dingin yang keluar dari tubuh. β€’ Keringat berlebih terjadi pada satu sisi tubuh, misalnya hanya pada lipat paha kanan. β€’ Seluruh bagian tubuh mengalami keringat berlebih dan bukan hanya di bagian tertentu. β€’ Jika keringat berlebih diserta gejala insomnia, rasa haus yang terus meningkat, kelelahan, batuk, atau sering buang air kecil.

β€’ Keringat berlebih muncul tanpa pemicu yang jelas dan berlangsung selama 6 bulan atau lebih. β€’ Mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. β€’ Disertai dengan penurunan berat badan, nyeri dada, demam, detak jantung cepat, dada terasa tertekan, atau sesak napas. Biasanya dokter akan melakukan beberapa tes untuk mengetahui penyebab keringat berlebihan yang Anda alami.

Beberapa jenis tes yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan fisik, tes urine, tes darah, dan tes thermoregulatory. Cara Mengatasi Keringat Berlebih Pada dasarnya penanganan keringat berlebih dilakukan sesuai penyebabnya. Jadi, bila keringat berlebih terjadi pada penderita diabetes, penanganan dilakukan dengan cara mengontrol gula darah.

Selain itu, cara paling mudah untuk mengatasi keringat berlebih adalah dengan menggunakan produk antiperspiran yang dijual bebas dalam berbagai bentuk, seperti losion, roll-on, dan spray. Di samping beberapa hal di atas, ada beberapa cara mengatasi keringat berlebih lain sesuai dengan penyebabnya, seperti: 1. Obat-obatan Pemberian obat antikolinergik bisa mengatasi keringat berlebih yang terjadi secara menyeluruh.

Namun, karena dapat menyebabkan efek samping berupa konstipasi dan pusing bila digunakan jangka panjang, sebaiknya penggunaan obat ini harus di bawah pengawasan dokter. 2. Sutik botox Selain itu, jika keringat berlebih hanya terjadi pada satu bagian tubuh tertentu saja, dokter akan menyarankan untuk melakukan prosedur suntik botox yang bertujuan untuk menghentikan aktivitas saraf yang memicu produksi keringat berlebih.

three. Operasi Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan keringat berlebih. Jika Anda mengalami keringat berlebihan menyeluruh dan disebabkan oleh gangguan tiroid, dokter biasanya akan melakukan operasi tiroid.

Cara lainnya adalah dengan melakukan operasi pengangkatan kelenjar keringat atau memotong saraf di bagian dada yang dapat memicu keringat berlebih.

pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

Selain itu, dokter juga dapat dilakukan iontophoresis, yaitu pengobatan menggunakan rangsangan listrik bertegangan rendah untuk menghentikan sementara fungsi kelenjar keringat. Tidak semua keringat merupakan tanda suatu penyakit. Namun, jika keringat yang keluar sangat banyak dan disertai gejala lain, Anda perlu waspada. Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Pada Saat Orang Berkeringat Berlebih Maka Terbentuk Urine Yang Source: https://www.alodokter.com/mengenali-keringat-berlebih-dan-cara-mengatasinya Terbaru β€’ Kelompok Ternak Kamdomain_7 Di Purwosari Girimulyo Kulon Progo β€’ Cara Memakai Masker Rambut Makarizo Hair Energy β€’ Cara Menghapus Pintasan Di Layar Utama Xiaomi β€’ Nama Kepala Dinas Peternakan Provinsi Di Yogyakarta β€’ Cara Memindahkan Foto Dari Cd Ke Hp β€’ How to Hack Cctv Camera Using Cmd Pdf β€’ Lingkungan Ternak Ayam Cocok Gak Buat Rumah Tinggal β€’ Cara Membuat Hiasan Pintu Kamar Dari Kardus β€’ Seluk Beluk Usaha Bisnis Ternak Lobster Kategori β€’ Aplikasi β€’ Berkebun β€’ Bisnis β€’ Budidaya β€’ Cara β€’ News β€’ Pelajaran β€’ Serba-serbi β€’ SIM Keliling β€’ Soal β€’ Ternak β€’ Uncategorized Berkeringat adalah proses pengeluaran air dan garam melalui pori-pori kulit yang bertujuan untuk pengaturan suhu tubuh.

Karena proses berkeringat adalah mengeluarkan air maka ketika pengeluaran urin, urin yang dihasilkan akan lebih sedikit dan pekat karena menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Jadi, jawaban yang benar adalah A
Sistem ekskresi adalah sistem pembuangan zat-zat sisa pada makhluk hidup seperti karbon dioksida, urea, racun dan lainnya.

Pada kali ini admin akan memberikan contoh soal mengenai Sistem Ekskresi manusia dan sudah dilengkapi dengan jawabannya. Semoga bermanfaat banyak buat kawan-kawan ya. Soal No. 1). Urin adalah zat sisa berbentuk cairan yang berasal dari … a. Sisa pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang protein b. Perombakan sel darah merah c. Sari makanan yang tidak dapat diserap oleh usus halus d. Penyaringan darah dalam ginjal Jawaban: D Soal No. 2). Empedu adalah zat sisa berbentuk cairan yang bersumber dari … a.

Penbingkaran sel darah merah b. Sisa pencernaan protein c. Penyaringan darah dalam ginjal d. Sari protein yang tidak terserap Jawaban: A Soal No. 3). Dibawah ini adalah fungsi hati, kecuali … a. Menawarkan racun b. Membentuk urea c. Mengubah provitamin A menjadi vitamin A d.

Mengubah provitamin D menjadi vitamin D Jawaban: D Soal No. 4). Berikut ini merupakan fungsi hati, kecuali …. a. Pengubahan provitamin D b. Tempat pembuatan empedu c. Mengubah bibit penyakit d. Tempat pembentuka protrombin Jawaban: A Soal No. 5). Yang bukan merupakan fungsi hati ialah … a. Tempat pembentuka vitamin A b.

pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

Tempat pembentuka protrombin c. Tempat pembentukan urea d. Tempat pembentukan vitamin D Jawaban: D Soal No. 6). Satuan unit terkecil di ginjal yang bertugas membentuk urin adalah. a. kapsula Bowman b. glomerulus c. tubulus d. nefron Jawaban: D Pembahasan: Pembentukan urin di ginjal berlangsung dalam 3 tahap, yaitu filtrasi dalam tubuh Malpighi yang terdiri dari glomerulus dan kapsul Bowman, reabsorpsi dalam tubulus proksimal dan distal, dan augmentasi dalam tubulus distal.

Jadi, pembentukan urin bergerak dari glomerulus ke tubulus yang disebut nefron. Soal No. 7). Pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang. a. sedikit dan pekat b. sedikit dan encer c. banyak dan pekat d. banyak dan encer Jawaban: A Pembahasan: Pada saat berkeringat berlebihan maka tubuh kekurangan cairan karena dehidrasi. Usaha tubuh untuk mengatasi kekurangan air adalah dengan mereabsorpsi (menyerap kembali) air yang sudah menjadi urin sehingga terbentuk urin yang sedikit dan pekat.

Soal No. 8). Pada manusia yang sehat, ginjal berfungsi untuk menyaring darah. Zat berikut yang ada dalam darah dan urin primer, namun tidak ada di urin sekunder adalah. a. urea b. garam c. glukosa d. urobilin Jawaban: C Pembahasan: Zat dalam darah yang masuk urin primer adalah: air, garam mineral, urea, urobilin, dan glukosa.

Zat yang masih berguna akan diserap kembali (reabsorpsi) sebagian, yaitu air dan garam mineral, atau diserap seluruhnya, yaitu glukosa. Karena itu, urin sekunder tidak mendukung mukosa lagi. Sedangkan zat pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang tidak berguna akan dikeluarkan melalui urin, yaitu urea dan urobilin (empedu zat warna).

Soal No. 9). Reabsorpsi ion kalsium di tubulus kolektivus ginjal dibantu oleh hormon. a. antidiuretika b. aldosteron c. paratiroid d.

insulin Jawaban: C Pembahasan: Reabsorpsi fakultatif dapat terjadi pada tubulus distal dan tubulus collectivus. Reabsorpsi fakultatif terjadi dengan bantuan hormon, misalnya reabsorpsi ion kalsium dibantu oleh hormon paratiroid, ion natrium dibantu oleh hormon aldosteron, dan reabsorpsi air dibantu oleh hormon antidiuretik (ADH).

Soal No. 10). Salah satu ciri makhluk hidup adalah melakukan ekskresi yang bertujuan untuk …. a. mengeluarkan sisa pencernaan b. merangsang pengeluaran hormon c. membuang sisa hasil metabolisme d. menjaga keseimbangan cairan tubuh e. merombak zat ada di dalam tubuh Jawaban: C Soal No. 11). Dari hasil analisis urine seorang siswa, ternyata ditemukan kandungan senyawa protein. Hal ini dapat menunjukkan adanya kerusakan organ ginjal pada bagian ….

a. glomerulus b. kapsula bowman c. tubulus kolektivus d. tubulus kontortus distal e. tubulus kontortus proksimal Jawaban: A Soal No. 12). Proses pembentukan urine pada manusia melalui tiga tahap yaitu filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi.

pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

Pada tahap augmentasi terjadi proses …. a. pembentukan filtrat glomerulus b. penyaringan zat yang terlarut bersama darah c. penyerapan zat-zat yang masih berguna bagi tubuh d. penyerapan zat-zat tertentu secara transpor aktif dan difusi e.

penambahan zat-zat yang tidak berguna dalam urine sekunder Jawaban: E Soal No. 13). Salah satu jenis protein yang dihasilkan dalam hati adalah albumin.

Fungsi protein albumin adalah …. a. membantu ketersediaan kalsium dan unsur-unsur penting lain dalam aliran darah b. membantu menyembuhkan luka dan membentuk zat koagulan c. mengangkut lemak dalam aliran darah ke dalam jaringan tubuh d. membawa oksigen dalam sel darah merah e. berperan dalam sistem kekebalan tubuh Jawaban: A Soal No.

14). Organ manusia yang memiliki fungsi dalam sistem digesti dan ekskresi adalah hati (hepar). Organ hati dalam sistem ekskresi berfungsi …. a.

pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

mendetoksifikasi racun b. menghasilkan cairan empedu c. menghasilkan albumin dan globulin d. mengubah glukosa menjadi glikogen e. menghasilkan hormon glukagon untuk mengubah glikogen menjadi glukosa Jawaban: B Soal No. 15). Bilirubin merupakan zat sisa hasil pembongkaran. a. hemoglobin di hati b. protein di hati c. hemoglobin di kantong empedu d. protein di kantong empedu Jawaban: A Pembahasan: Bilirubin adalah zat residu yang dihasilkan dari pengangkatan hemoglobin di hati.

Hemoglobin dalam sel darah merah akan dibongkar oleh sel Kupffer di hati menjadi zat besi (Fe), globin, dan hemin. Hemin dikonversi menjadi bilirubin. Soal No. 16). Zat berikut kadarnya lebih tinggi di urin dibanding di plasma darah, kecuali. a. urea b. kreatinin c. bilirubin d. glukosa Jawaban: D Pembahasan: Zat dari sisa metabolisme dikeluarkan melalui urin. Tingkat zat residu dalam urin lebih tinggi daripada yang ada dalam plasma darah, yaitu urea, kreatinin, dan bilirubin.

Glukosa setelah memasukkan urin akan diserap kembali (reabsorpsi) dan masuk ke plasma darah.

pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

Ekskresi
β˜… Ujian Tengah Semester 2 Genap UTS MID IPA SMP MTs Kelas 8 Pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang… a. Sedikit dan pekat b.

Sedikit dan encer c. Banyak dan pekat d. Banyak dan encer Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Gerak Pada Makhluk Hidup - IPA SMP Kelas 8 Ceetah dan kuda dapat bergerak lebih lincah dibandingkan hewan lain karena terdapat perbedaan….

A. struktur tulang dan otot B. gaya aksi-reaksi C. gaya gesek D. kekuatan kaki Materi Latihan Soal Lainnya: β€’ Tema 8 Subtema 1 SD Kelas 6 β€’ Permainan Rounders - Penjas PJOK SD Kelas 5 β€’ Bab 4 Iman Kepada Rosul - PAI SMA Kelas 11 β€’ Tema 2 Subtema 2 SD Kelas 2 β€’ Gaya Mempengaruhi Gerakan Benda - IPA SD Kelas 4 β€’ PTS 1 - PPKn SMP Kelas 9 β€’ Teknik Layanan Jaringan SMK Kelas 12 β€’ Biografi - Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 β€’ PAS Semester 2 Genap Penjaskes PJOK SD Kelas 1 β€’ Sistem Pemerintahan - PPKn SMA Kelas 10 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang yang tersedia.

Tips : Jika halaman ini selalu menampilkan soal yang sama secara beruntun, maka pastikan kamu mengoreksi soal terlebih dahulu dengan menekan tombol "Koreksi" diatas. Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia.

Halaman Depan β€’ Hubungi Kami β€’ Kirim Soal β€’ Privacy Policy β€’ β€’1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20 Jika suhu tubuh atau lingkungan tinggi, kecepatan respirasi akan meningkat dan pembuluh darah pada permukaan kulit melebar sehingga cairan tubuh berdifusi dari kapiler ke permukaan kulit (tubuh berkeringat).

Akibatnya, volume cairan tubuh berkurang dan merangsang sekresi hormon ADH sehingga reabsorbsi air meningkat. Hal ini akan menurunkan volume urine yang dihasilkan dan warna urine menjadi lebih pekat.

ADH disebut juga hormon vasopressin merupakan salah satu hormon yang terlibat dalam keseimbangan cairan. ADH dikeluarkan sebagai respon terhadap peningkatan konsentrasi darah dan pengeluaran keringat yang berlebihan saat latihan fisik. ADH bekerja di ginjal untuk meningkatkan reabsorbsi air (Wilmore & Costill, 2004).

Kurangnya kadar sekresi ADH disebabkan tidak normalnya sistem saraf pusat (neurogenic diabetes insipidus), disebabkan oleh trauma, tumor, encephalitis (pembengkakan hypothalamus), atau pengangkatan kelenjar pituitari. Pasien diabetes insipidus melepas kadar air yang tinggi pada setiap kali urinasi.
Soal No. 2). Di bawah ini yang tidak termasuk organ manusia adalah ….

pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

A. lambung, usus B. mata, telinga hidung C. jantung dan paru-paru D. epitel dan syaraf Jawaban: D Soal No. 3). Transpirasi pada tumbuhan hijau terjadi pada …. A. batang, akar B. batang, daun C. daun, akar D. batang, daun, akar Jawaban: B Soal No.

4). Pengangkutan oksigen dan sari-sari makanan adalah fungsi .… A. pencernaan B. peredaran darah C. pernafasan D. syaraf Jawaban: B Soal No. 5). Pembuluh yang mengangkut hasil fotosintesis adalah pembuluh …. A. xylem B. floem C. pengangkutan D. respirometer Jawaban: Soal No.

6). Tenggorokan adalah salah satu organ sistem …. A. pernafasan B. pengeluaran C. percernaan D. peredaran darah Jawaban: A Soal No. 7). Urutan organisasi kehidupan adalah …. A. sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme B. organisme – sel – jaringan – sistem organ – organ C. organ – sistem organ – organisme – sel jaringan D. jaringan – sel – organ – sistem organ – organisme Jawaban: A Soal No.

8). Dibawah ini, pernyataan yang benar mengenai sel adalah …. A. sel adalah makhluk hidup B. sel tidak dimiliki tumbuhan C. sel merupakan bagian terkecil dari makhluk hidup maupun tak hidup D. sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup Jawaban: D Soal No.

9). Urutan tingkatan organisasi kehidupan dibawah ini yang benar adalah …. A. sel – jaringan – organ – sistem pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang – organisme B. organisme – sel – jaringan – sistem organ – organ C. organ – sistem organ – organisme – sel jaringan D. jaringan – sel – organ – sistem organ – organisme Jawaban: A Soal No. 10). Ilmuan yang menemukan istilah sel karena menemukan ruang-ruang kosong pada sayatan gabus Quercus suber adalah.

A. Schleiden B. Max Schultze C. Robert Hooke D. Hugo Von Mohl Jawaban: Soal No. 11). Proses Pembentukan Urin yang benar adalah (Tim solusi Cerdas, 2014) a. Filtrasi-Reabsorbsi-Augmentasi b. Augmentasi-Reabsorbsi-Filtrasi c. Reabsorbsi-Augmentasi-Filtrasi d. Reabsorbsi-Filtrasi-Augmentasi e. Augmentasi-Filtrasi-Reabsorbsi Jawaban: A Pembahasan: Proses Pembentukan urin selalu diawali dengan filtrasi di glomerulus, yaitu penyaringan zat – zat sisa, kemudia dilanjutkan dengan reabsorbsi yang terjadi di tubulus kontortus proksimal dan lengkung henle dengan menyerap kembali zat – zat yang masih berguna.

Lalu dilanjutkan ke tahap augmentasi di tubulus kontortus distal, dengan penambahan zat sisa yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Soal No. 12). Kelainan manakah yang bukan terjadi pada sistem ekskresi? a. Nefritis b. anuria c. diabetes melitus d. albuminura e. oligouria Jawaban: C Yang bukan akibat kelainan pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang ekskresi adalah diabetes melitus.

Diabetes melitus merupakan kelainan pada sistem hormon karena kerusakan pada sel B pankreas sebagai penghasil insulin atau menurunnya sensitivitas reseptor – reseptor insulin. Soal No. 13). TBC merupakan kelainan paru-paru yang dapat disebarkan melalui cara berikut, kecuali.

. a. cairan ludah yang keluar saat batuk b. menggunakan masker bergantian dengan penderita c. menggunakan alat makan bergantian dengan penderita d. menggunakan masker ketika berhadapan dengan penderita e. menggunakan sendok garpu yang sama Jawaban: D TBC merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Bakteri dari penderita dapat tersebar ke orang lain melalui droplet yaitu cairan ludah yang tersebar saat batuk/ bersin, menggunakan alat makan atau masker secara bersama dengan penderita. Untuk mencegahnya adalah menggunakan masker ketika berhadapan dengan penderita, menyediakan ventilasi ruangan sehingga sinar matahari dapat masuk dan sirkulasi udara berjalan baik. Soal No. 14). Pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang. a. sedikit dan pekat b.

sedikit dan encer c. banyak dan pekat d. banyak dan encer e. semua jawaban di atas salah Jawaban: A Pada saat berkeringat berlebihan maka tubuh kekurangan cairan karena dehidrasi. Usaha tubuh untuk mengatasi kekurangan air adalah dengan mereabsorpsi (menyerap kembali) air yang sudah menjadi urin sehingga terbentuk urin yang sedikit dan pekat.

Soal No. 15). Bilirubin merupakan zat sisa hasil pembongkaran. .

pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

. .

pada saat orang berkeringat berlebih maka terbentuk urin yang

a. hemoglobin di hati b. protein di hati c. hemoglobin di kantong empedu d. protein di kantong empedu e. Semua jawaban di atas salah Jawaban: A Bilirubin merupakan zat sisa hasil pembongkaran hemoglobin id hati. Hemoglobin yang ada dalam sel darah merah akan dibongkar oleh sel Kupffer yang ada di hati menjadi zat besi (Fe), globin, dan hemin. Hemin diubah menjadi bilirubin.

Soal No. 16). Jaringan pada hewan yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan adalah. . A. jaringan lemak B. jaringan darah C. jaringan embrional D. jaringan tulang Jawaban: A Soal No. 17). Organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai penawar racun yang masuk kedalam tubuh bersama sama makanan adalah. A. hati B. paru-paru C. kulit D. ginjal Jawaban: A Soal No. 18). Jaringan yang berdinding tipis dan selalu membelah adalah. A. jaringan epidermis B.

jaringan parenkim C. jaringan penguat D. jaringan meristem Jawaban: D Soal No. 19). Dibawah ini yang bukan merupakan jaringan pengikat/penyokong adalah. A. jaringan tulang B. jaringan darah C. jaringan otot D. jaringan lemak Jawaban: C Soal No. 20). Tempat berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan adalah. A. akar B. batang C. daun D. bunga Jawaban: C Pos-pos Terbaru β€’ Soal: Berdasarkan nukleus, virus termasuk dalam β€’ Soal: Berdasarkan korelasi, temukan opsi yang benar dari kolom.

Kolom IColumn-IIColumn III. Tanaman bodoh(p) Hormon volatil (i) Menginduksi dormansiII. Menginduksi penuaan (q) GA (r) Zeatin(ii) Buah matang (iii) Biasanya tanaman steril β€’ Soal: Berdasarkan sifatnya yang mendaki, kadal disebut sebagai β€’ Soal: Berdasarkan ciri-ciri yang diberikan di bawah ini, beri nama fium atau kelas untuk masing-masing: Adanya kolumna vertebralis, kulit berbulu dan bersifat vivipar ____.

β€’ Soal: Pada stimulasi otot rangka, kalsium segera tersedia untuk mengikat troponin dari Komentar Terbaru β€’ nonem pada Soal dan pembahasan asam basa SMA pilihan ganda β€’ Anonim pada Soal dan jawaban essay masa praaksara β€’ Anonim pada 10 Soal dan jawaban bulu tangkis pilihan ganda β€’ Anonim pada Soal dan pembahasan unsur radioaktif β€’ Anonymous pada Soal dan jawaban jamur (fungi) pilihan ganda

Keringat Berlebihan, Waspada Pertanda Penyakit




2022 www.videocon.com