Pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

Halo Alika, kakak bantu jawab ya Jawaban yang tepat adalah B. bisa diperoleh dari pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali dan jamur. Antibiotik merupakan salah satu produk bioteknologi konvensional yang di bidang kesehatan dan farmasi dan dapat berbahan dasar liken. Antibiotik adalah segolongan molekul, baik alami maupun sintetik, yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia pada organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh kuman.

Penemuan antibiotik pertama kali ditemukan pada tahun pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali oleh Sir Alexander Fleming dengan antibiotik yang dihasilkan adalah penisilin yang berasal dari kapang 𝘗𝘦𝘯𝘪𝘤𝘪𝘭𝘭𝘪𝘶𝘮 𝘯𝘰𝘵𝘢𝘵𝘶𝘮.

Semoga membantu. 1. Tanaman berbatang tinggi homozigot disilangkan dengan tanaman berbatang rendah homozigot. Jika tanaman berbatang tinggi dominan terhadap tanaman berbatang rendah. Tentukan : A. Keturunan Pertama (F1) dari persilangan keduanya B. Keturunan Kedua (F2), jika keturuan pertama (F1) saling disilangkan C. Jumlah tanaman berbatang rendah, jika keturunan kedua (F2) menghasilkan sebanyak 16 kacang bioteknologi pangan adalah bioteknologi yang digunakan untuk menghasilkan produk makanan dengan memanfaatkan mikroorganisme.

berikut ini yang termasuk bioteknologi adalah. a. pemanfaatan kedelai untuk membuat tahu b. pemanfaatan bakteri untuk pengomposan c. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi d.

pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka 1. Contoh produk bioteknologi modern adalah… • Pembuatan tempe dan tahu • Pembuatan tape singkong • Pembuatan asam sitrat • Pembuatan nata de coco Pembahasan: Pembuatan asam sitrat merupakan produk dari bioteknologi modern, dengan bantuan fermentor berupa Aspergillus niger, yang digunakan untuk penyedap/penambah cita rasa makanan.

Jawaban: C 2. Keuntungan pemanfaatan mikroorganisme bersel satu untuk pangan, kecuali… a. Kandungan gizi yang lengkap b. Proses perkembangbiakkan yang cepat c. Tidak memerlukan lahan luas d. Diperlukan lahan luas hasil maksimal Pembahasan: Keuntungan pemanfaatan mikroorganisme monoseluler di bidang pangan: • Kandungan gizi yang lengkap • Proses perkembangbiakkan yang cepat • Tidak memerlukan lahan luas Jawaban: D 3.

Pernyataan yang berhubungan dengan produks antibiotik ada di bawah ini, kecuali… a. Ditemukan oleh Alexander Fleming b. Bisa diperoleh dari bakteri dan jamur c. Untuk penyembuhan infeksi kuman d. Dihasilkan dari likenes Pembahasan: Pernyataan yang berhubungan dengan produks antibiotik: 1. Ditemukan oleh Alexander Fleming 2. Bisa diperoleh dari bakteri dan jamur 3. Untuk penyembuhan infeksi kuman 4. Dapat dihasilkan melalui rekayasa genetik. Jawaban: D 4. Bioteknologi untuk mentransper gen anti hama pada tanaman tembakau dapat memanfaatkan aktivitas mikroorganisme… a.

Propionibactenum b. Lactobacilus casei c. Acetobacter xylinum d. Bacilus thuringiensis Pembahasan: Bioteknologi untuk mentransper gen antihama pada tanaman tembakau dapat memanfaatkan aktivitas mikroorganisme Bacillus thuringiensis. Bakteri ini memiliki gen kristal yang akan teraktifkan di lambung larva hama sehingga membentuk kristal yang akan mengoyak usus larva. Jawaban: D 5. Kegiatan yang berhubungan dengan tahapan kultur jaringan: 1.

Perbanyakan planlet 2. Pembentukkan kalus sel 3. Aklimatisasi tanaman baru 4. Penumbuhan jaringan di medium Urutan tahapan yang benar adalah… a. 1 – 2 – 3 – 4 b. 2 – 3 – 1 – 4 c. 3 – 2 – 1 – 4 d. 4 – 2 – 1 – 3 Pembahasan: Kegiatan yang berhubungan dengan tahapan kultur jaringan secara berurutan: • Penumbuhan jaringan di medium • Pembentukkan kalus sel • Perbanyakkan planlet • Aklimatisasi tanaman baru Jawaban: D 6.

Keberhasilan rekayasa genetika antara lain disebabkan oleh kemampuan plasmid yang pada prinsipnya berperan sebagai… a. Penyambung gen asing pada bakteri b. Pembawa gen asing ke dalam sel bakteri c. Penerjemah kode genetik d. Penghasil metabolit sekunder dalam sel Pembahasan: Plasmid merupakan untaian molekul DNA yang terdapat pada sitoplasma bakteri, yang mempunyai kemampuan untuk membawa gen-gen asing dalam rekayasa genetik.

Misalnya, gen asing tersebut adalah DNA insulin untuk diperbanyak diri. Jawaban: B
PENILAIAN TENGAH SEMESTER G ENAP TAHUN PELAJARAN 2020 -2021 Mata Pelajaran : IPA Nama : Waktu : 9 0 Menit Kelas : IX - /No.

Absen : Hari / Tanggal : Rabu / 24 Februari 2021 Pilihlah jawaban yang benar ! 1. Berikut ini adalah hewan yang memanfaatkan medan magnet untuk melakukan m igrasi, kecuali . A. salmon B. penyu C. lobster duri D. beruang 2. Hewan yang menggunakan partikel magnetik pada tubuhnya untuk menciptakan peta navigasi dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah .

A. burung B. beruang C. salmon D. penyu 3. Benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut …. A.paramagnetik B. diamagnetik C. neomagnetik D. feromanetik 4. Contoh dari benda diamagnetik adalah . A. nikel B. seng C. lithium D. besi 5. Pernyataan yang benar tentang sifat-sifat kutub magnet adalah …. A. kutub senama magnet akan tarik menarik B kutub senama magnet akan tolak menolak C. kutub tidak senama akan tolak menolak D.

kutub selatan magnet dapat menarik semua logam 6. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk membuat magnet, kecuali …. A. didekatkan magnet utama C. digosokkan magnet utama B. dialiri arus listrik searah D. dialiri arus listrik bolak balik 7. Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah.

Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka peristiwa yang akan terjadi pada paku adalah …. A. paku akan meleleh C. paku mampu mengalirkan listrik B. paku dapat menjadi magnet D. paku tidak mengalami reaksi apapun 9. Peralatan berikut yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik adalah ….

A. bel listrik B. jam tangan C. lampu listrik D. kompor listrik 10. Sifat kemagnetan suatu logam dapat dihilangkan dengan cara berikut, kecuali …. A. dipanaskan C. di pukul dengan besi B. didinginkan D. dialiri arus bolak balik 11. Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena …. A. letak kutub magnet bumi berada di kutub utara bumi B. letak kutub utara magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi C.

letak kutub magnet bumi berada di kutub selatan magnet bumi D. letak kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi 12. Kawat panjangnya 50 cm berada di dalam muatan magnet berkekuatan 20 T, apabila arus listrik yang mengalir pada kawat itu adalah 5 A, maka gaya Lorentz sebesar .

A. 500 N B. 75 N C. 50 N D. 25 N 13. Diketahui sebuah kawat penghantar lurus mengalir arus listrik dengan arah ke timur berada dalam medan magnet berarah ke utara. Pada kawat tersebut akan timbul gaya Lorentz dengan arah . A. selatan B. barat C. atas D. bawah 14. Alat yang menggunakan prinsip gaya Lorentz ada l ah … A.

relai dan motor listrik C. bel listrik dan trafo B. relai dan alat ukur listrik D. motor listrik dan alat ukur listrik 15.

pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

Beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya ggl induksi elektromagnetik : 1. Jumlah lilitan kawat pada kumparan 2. Arah garis gaya magnet dalam kumparan 3. Kecepatan gerak magnet atau kumparan 4. Arah lilitan kawat pada kumparan Pernyataan yang benar adalah nomor …….

A. 1 dan 3 B. 1 dan 4 C. 2 dan 4 D. 2 dan 3 16. Perhatikan gambar berikut! Jika jumlah lilitan primer dan sekunder pada trafo masing-masing 800 dan 200 lilitan, tegangan input trafo 220 V, maka tegangan output trafo adalah . A. 55 V B.

520 V C. 80 V D. 880 V 17.

pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

Jika daya listrik yang mengalir pada kumparan primer dan sekunder sebuah transformator berturut-turut sebesar 350 watt dan 70 watt, berapakah efisiensi transformator tersebut?

A. 20% B. 25% C. 30% D. 35% 18.

pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

Produk teknologi yang menerapkan prinsip gaya tolak menolak magnet serta penggunaan motor induksi adalah . A. Magnetic Resonance Imaging (MRI) C. kereta Maglev B. pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) D. transformator 19. Berikut ini alasan penggunaan mahluk hidup dalam bioteknologi, kecuali … A .mahluk hidup selalu berkembangbiak C.

dapat dilakukan penyambungan DNA B .mudah diperoleh D. sulit diubah sifatnya 20. Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1) pemanfaatan mikroorganisme secara langsung 2) melibatkan berbagai macam teknik dari berbagai disiplin ilmu 3) umumnya dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan 4) umumnya dimanfaatkan untuk kebutuhan industri 5) teknik berupa fermentasi bahan makanan oleh mikroorganisme Ciri-ciri bioteknologi konvensional ditunjukkan oleh nomor ….

A. 2, 4 dan 5 B. 2, 3 dan 5 C. 1, 4 dan 5 D. 1, 3 dan 5 21. Pernyataan berikut merupakan penerapan prinsip bioteknologi 1) Pembuatan alkohol dengan pemanfaatan Saccharomyces sp. 2) Pembuatan nata de coco dengan pemanfaatan Acetobacter xylinum 3) Pemisahan logam dari bijinya dengan pemanfaatan Thiobacillus ferrooxidans 4) Pembuatan hormon pertumbuhan dengan pemanfaatan Escherichia coli Produksi yang menerapkan bioteknologi konvensional adalah ….

A. 1 dan 4 B. 1 dan 2 C. 3 dan 4 D. 2 dan 4 22. Berikut ini yang termasuk bioteknologi adalah . A. pemanfaatan kedelai untuk membuat tahu B. pemanfaatan bakteri untuk pengomposan C. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi D. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka 23. Prinsip pada bioteknologi industri adalah . A. menggunakan teknik fermentasi B.

memproduksi barang dan jasa untuk kebutuhan komersial C. menggunakan bioteknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen D. memproduksi barang dan jasa dalam skala besar dengan cara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme 24.

Bioteknologi merupakan penerapan berbagai bidang ilmu, yaitu . A. biologi, matematika, fisika, dan kimia B. biologi, kimia, fisika, dan pertanian C. mikrobiologi, genetika, biologi molekuler, dan biokimia D. biologi, kimia, matematika, dan genetika 25. Pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini, kecuali … A. ditemukan oleh Alexander Fleming C. untuk penyembuhan infeksi kuman B. bisa diperoleh dari bakteri dan jamur D. dihasilkan dari Lichenes 26.

Produk berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah . A. tahu B. kecap C. yoghurt D. tempe 27. Adonan roti yang sudah diberi khamir ( Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan agar .

A. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen B. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen C. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbon dioksida D. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbon dioksida 28. Jamur Aspergillus wentii berperan dalam pembuatan .

A. tapai B. oncom C. tempe D. kecap 29. Bakteri yang digunakan dalam pembuatan yogurt adalah …. A, Lactobacillus dan Streptococcus C. Spirulina dan Lactobacillus B. Rhizopus dan Streptococcus D. Spirulina dan Rhizopus 30. Organisme yang berperan dalam bioteknologi berikut yang merupakan jenis jamur adalah…. A. Lactobacillus bulgaricus C. Lactobacillus casei B. Acetobacter xylinum D. Neurospora crassa 31.

Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut …. A. rekayasa genetika B. kloning C. transplantasi D. mutasi 32. Teknik rekayasa genetika didukung/ditunjang oleh adanya hal-hal berikutkecuali…. A. ditemukan enzim endonuklease restriksi C. adanya teknik fermentasi B. adanya sel yang mampu berfusi D. ditemukan enzim ligase 33.

Perhatikan tahapan kloning di bawah ini! 1) Morula diimplantasikan ke dalam rahim domba betina. 2) Inti dari sel somatik donor dimasukkan ke dalam ovum.

3) Sel somatik donor diambil intinya. 4) Ovum dirusak intinya dengan sinar ultraviolet. 5) Ovum membelah beberapa kali membentuk morula. 6) Bayi domba siap dilahirkan. Urutan proses kloning domba yang paling benar adalah. pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali. . A. 1 - 3 - 2 - 6 - 4 – 5 C. 4 - 2 - 3 - 1 - 5 - 6 B. 4 - 3 - 2 - 5 - 1 – 6 D. 1 - 2 - 3 - 4 - 6 – 5 34. Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak tidak baik bagi manusia.

Berikut ini yang bukan dampak buruk dari bioteknologi adalah …. A. hasil limbah yang tinggi hasil dari sisa produk bioteknologi B. mengurangi plasma nutfah di Indonesia C. alkohol yang dihasilkan selama proses fermentasi merusak kesehatan jika dikonsumsi D. menciptakan hasil pangan dengan nilai gizi yang tinggi 35. Pemyataan berikut yang sesuai dengan dampak positif pemanfaatan bioteknologi dalam bidang pangan adalah ….

A. bioremediasi merupakan pemanfaatan mikrobia dalam penanggulangan tumpahan minyak di perairan B. limbah kedelai tempe sangat baik dibuang di sungai untuk makanan biota air C. rekayasa genetik pada tanaman tebu dengan memanfaatkan bakteri Escherecia coli menghasilkan tanaman tebu tahan lahan kering D. ditemukannya bakteri Thiobacillus ferrooxidans membantu pemisahan logam besi dari timbal sulfat • ▼ 2021 (6) • ► Oktober (2) • ► Agustus (1) • ► Maret (1) • ▼ Februari (1) • Soal PTS IPA Semester 2 Kelas 9 Kurikulum 2013 revisi pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali ► Januari (1) • ► 2020 (1) • ► September (1) • ► 2019 (1) • ► Oktober (1) • ► 2018 (8) • ► November (1) • ► Oktober (5) • ► Maret (2) • ► 2014 (26) • ► Desember (5) • ► November (3) • ► Oktober (3) • ► Juni (1) • ► Mei (3) • ► April (2) • ► Maret (4) • ► Februari (1) • ► Januari (4) • ► 2013 (82) • ► Desember (12) • ► November (4) • ► Oktober (4) • ► September (7) • ► Agustus (3) • ► Juli (3) • ► Juni (11) • ► Mei (19) • ► April (12) • ► Maret (7) • ► 2012 (1) • ► November (1) Soal No.

1) Keuntungan pemanfaatan mikroorganisme bersel satu untuk pangan, kecuali … a. Kandungan gizi yang lengkap b.

pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

Proses perkembangbiakkan yang cepat c. Tidak memerlukan lahan luas d. Diperlukan lahan luas hasil maksimal Jawaban: D Pembahasan: Keuntungan pemanfaatan mikroorganisme monoseluler di bidang pangan: • Kandungan gizi yang lengkap • Proses perkembangbiakkan yang cepat • Tidak memerlukan lahan luas Soal No.

2) Pernyataan yang berhubungan dengan produks antibiotik ada di bawah ini, kecuali … a. Ditemukan oleh Alexander Fleming b. Bisa diperoleh dari bakteri dan jamur c. Untuk penyembuhan infeksi kuman d. Dihasilkan dari likenes Jawaban: D Pembahasan: Pernyataan yang berhubungan dengan produks antibiotik: 1. Ditemukan oleh Alexander Fleming pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali.

Bisa diperoleh dari bakteri dan jamur 3. Untuk penyembuhan infeksi kuman 4. Dapat dihasilkan melalui rekayasa genetik. Soal No. 3) Contoh produk bioteknologi modern adalah … A. Pembuatan tempe dan tahu B. Pembuatan tape singkong C. Pembuatan asam sitrat D. Pembuatan nata de coco Jawaban: C Pembahasan: Pembuatan asam sitrat merupakan produk dari bioteknologi modern, dengan bantuan fermentor berupa Aspergillus niger, yang digunakan untuk penyedap/penambah cita rasa makanan.

Soal No. 4) Bioteknologi untuk mentransper gen anti hama pada tanaman tembakau dapat memanfaatkan aktivitas mikroorganisme … a. Propionibactenum b. Lactobacilus casei c. Acetobacter xylinum d. Bacilus thuringiensis Jawaban: D Pembahasan: Bioteknologi untuk mentransper gen antihama pada tanaman tembakau dapat memanfaatkan aktivitas mikroorganisme Bacillus thuringiensis.

Bakteri ini memiliki gen kristal yang akan teraktifkan di lambung larva hama sehingga membentuk kristal yang akan mengoyak usus larva. Soal No. 5) Kegiatan yang berhubungan dengan tahapan kultur jaringan: 1. Perbanyakan planlet 2. Pembentukkan kalus sel 3. Aklimatisasi tanaman baru 4. Penumbuhan jaringan di medium Urutan tahapan yang benar adalah … a. 1 – 2 – 3 – 4 b. 2 – 3 – 1 – 4 c. 3 – 2 – 1 – 4 d. 4 – 2 – 1 – 3 Jawaban: D Pembahasan: Kegiatan yang berhubungan dengan tahapan kultur jaringan secara berurutan: • Penumbuhan jaringan di medium • Pembentukkan kalus sel • Perbanyakkan planlet • Aklimatisasi tanaman baru Soal No.

6) Keberhasilan rekayasa genetika antara lain disebabkan oleh kemampuan plasmid yang pada prinsipnya berperan sebagai … a. Penyambung gen asing pada bakteri b. Pembawa gen asing ke dalam sel bakteri c. Penerjemah kode genetik d.

Penghasil metabolit sekunder dalam sel Jawaban: B Pembahasan: Plasmid merupakan untaian molekul DNA yang terdapat pada sitoplasma bakteri, yang mempunyai kemampuan untuk membawa gen-gen asing dalam rekayasa genetik. Misalnya, gen asing tersebut adalah DNA insulin untuk diperbanyak diri. Contoh soal dan pembahasan Sistem Gerak pilihan ganda SMA Posted in Biologi Tagged Bioteknologi • Fungsi interleukin • Jelaskan mengapa kloroplas hanya terdapat pada sel tumbuhan?

• Jelaskan apa yang Anda pahami tentang istilah gamet. • Jelaskan Pentingnya Reproduksi pada Organisme? • Jelaskan pentingnya konservasi sumber pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali Navigasi pos
· DOWNLOAD SOAL DAN KUNCI JAWABAN BIOTEKNOLOGI SMP KELAS IX (9) • Berikut ini adalah soal-soal materi bioteknologi untuk siswa SMP kelas IX. Kunci jawaban di bawah soal. 1. Keuntungan proses fermentasi makanan adalah sebagai berikut, kecuali . a.

nilai gizi lebih tinggi b. cita rasa lebih baik c. harganya lebih murah d. aroma lebih menarik 2. Tindakan berikut ini yang dilakukan dalam bioteknologi modern adalah . a. tidak menggunakan prinsip ilmiah b. menggunakan peralatan canggih c. dilakukan secara sederhana d. tidak diproduksi secara besar-besaran 3.

Rekayasa genetika sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia, antara lain . a. memperoleh hormon insulin dengan memanfaatkan bakteri b. meningkatkan kesuburan tanah dengan pupuk buatan c.

menentukan unsur yang diperlukan oleh tanaman d. memperoleh cara pengobatan penyakit dengan tepat 4. Dengan bioteknologi, reproduksi tanaman secara vegetatif dalam jumlah yang banyak dan seragam dapat dilakukan melalui cara . a. rekombinasi gen b. cangkok c. hidroponik d. kultur jaringan Kultur jaringan tumbuhan merupakan salah satu penerapan bioteknologi • 5. Bioteknologi merupakan penerapan berbagai bidang ilmu, yaitu . a. biologi, matematika, fisika, dan kimia b. biologi, kimia, fisika, dan pertanian c.

mikrobiologi, genetika, biologi molekuler, dan biokimia d. biologi, kimia, matematika, dan genetika 6. Perbedaan antara bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern terletak pada .

a. produk yang dihasilkan b. manfaat produknya c. mikroorganisme yang digunakan d.

pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

prinsip-prinsip ilmiah yang digunakan 7. Produk bioteknologi modern antara lain. a. tempe, tape, kecap, dan asam amino b. asam amino, kecap, vaksin, dan enzim c.

pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

enzim, vaksin, asam amino, dan antibiotika d. tempe, asam amino, antibiotika, dan cuka 8. Gas bio sebagai hasil bioteknologi memiliki kelebihan, yaitu . a. tidak menyebabkan pencemaran lingkungan b. diproduksi oleh mikroorganisme c. mudah memproduksinya d.

bahan bakunya limbah pertanian dan peternakan 9. Yang dapat kita golongkan sebagai protein sel tunggal adalah . a. protein kedelai dan kacang tanah b. protein sel ganggang dan ragi c. protein ikan dan daging d. protein tahu dan tempe 10. Dampak negatif bioteknologi haruslah tetap diwaspadai sebab . a. mikroorganisme akan bertambah banyak b.

merusak tatanan kehidupan manusia c. organisme transgenik dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan d. meningkatkan pencemaran lingkungan 11. Inseminasi pada sapi bertujuan agar keturunannya mempunyai sifat-sifat sebagai berikut, kecuali . a. daging dan susu berkualitas tinggi b. kualitas ternak yang lebih baik c. jinak d. tahan penyakit 12.

Kloning merupakan perkembangbiakan secara . a. seksual b. aseksual c. generatif d. konjugasi 13. Penggunaan cara reproduksi bayi tabung bertujuan untuk . a. menghemat waktu kehamilan b. menciptakan bayi yang sehat c.

mempermudah kelahiran d. membantu kasus infertilitas 14. Pembuahan dengan teknik bayi tabung memiliki kerugian dibandingkan secara alami yaitu . a. mudah dan cepat b. murah dan lambat c. mahal dan rumit d. mahal dan lambat 15. Yang tidak termasuk teknologi reproduksi adalah . a. kloning b. inseminasi buatan c. fermentasi d. bayi tabung 16. Mikroorganisme yang digunakan dalam pembuatan kecap adalah….

a. Saccharomyces cerevisiae b. Neurospora crassa c. Aspergillus wentii d. Acetobacter xylinum 17. Mikroorganisme yang digunakan dalam pembuatan oncom adalah…. a. Rhizopus oryzae b. Neurospora crassa c. Lactobacillus casei d. Acetobacter xylinum 18. Organisme yang berperan dalam bioteknologi berikut yang merupakan jenis jamur adalah…. a. Lactobacillus bulgaricus b.

Acetobacter xylinum c. Lactobacillus casei d. Neurospora crassa 19. Berikut ini adalah hasil bioteknologi modern, kecuali…. a. industri wine b. padi golden rice c.

inseminasi buatan d. tembakau rendah nikotin 20. Penerapan yang salah dalam bioteknologi modern adalah dalam produksi…. a. bayi tabung b. senjata biologis c. tanaman transgenik d. hewan kloning Kunci jawaban : 1.c 2.b 3.a 4.d 5.c 6.d 7.c 8.d 9.b 10.c 11.c 12.b 13.d 14.c 15.c 16.c 17.b 18.d 19.a 20.b Kultur jaringan adalah penerapan bioteknologi di bidang pangan.

pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

Inseminasi buatan merupakan bioteknologi untuk dapat menghasilkan bayi. Kloning adalah bioteknologi untuk menghasilkan individu baru. Dan rekayasa genetika merupakan cara untuk mendapatkan makhluk hidup baru dengan merekayasa gen menggunakan peralatan modern.

Pembahasan: Pembuatan asam sitrat merupakan produk dari bioteknologi modern, dengan bantuan fermentor berupa Aspergillus niger, yang digunakan untuk penyedap/penambah cita rasa makanan. Jawaban: C 2. Keuntungan pemanfaatan mikroorganisme bersel satu untuk pangan, kecuali … a. Kandungan gizi yang lengkap b.

Proses perkembangbiakkan yang cepat c. Tidak memerlukan lahan luas d. Diperlukan lahan luas hasil maksimal 2. Iodin (I) merupakan komponen hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Hormon tiroksin berfungsi untuk meningkatkan laju metabolisme untuk menghasilkan energi, mengatur pertumbuhan pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali perkembangan sistem saraf dan sistem rangka (otot dan tulang), serta menjaga tekanan darah.

Apabila tubuh kekurangan iodin dapat mengakibatkan kelenjar tiroid membesar sampai ukuran abnormal atau yang dikenal dengan penyakit gondok. 3. Bahan yang terbuat dari stirofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan karena stirofoam mengandung senyawa kimia polistirena yang diduga memicu munculnya kanker.

Stirofoam memiliki stabilitas yang rendah terhadap panas, artinya jika plastik ini terkena panas yang cukup tinggi, maka plastik akan rusak sehingga senyawa polistirena yang berbahaya akan tercampur ke dalam makanan. 4. Bahan yang sesuai digunakan untuk membuat kabel listrik yaitu logam tembaga sebagai konduktor listrik dan plastik sebagai isolator listrik.

Pemilihan logam tembaga sebagai konduktor listrik karena tembaga memiliki sifat fisika yaitu rapat, keras, memiliki daya hantar listrik yang baik, dan memiliki titik leleh yang tinggi. Tembaga memiliki sifat kimia yaitu stabil,tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat. Sifat-sifat tersebut membuat tembaga sesuai digunakan sebagai konduktor listrik.

Pemilihan plastik sebagai isolator listrik karena plastik memiliki sifat fisika yaitu rapat, elastis, dan tidak dapat menghantarkan listrik.

Plastik memiliki sifat kimia yaitu stabil, tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat. Sifat-sifat tersebut membuat plastik sesuai digunakan sebagai isolator listrik. 5. Grafit dan intan tersusun dari unsur yang sama yaitu karbon. Namun, keduanya memiliki sifat yang sangat berbeda.

Intan merupakan salah satu kristal yang sangat indah, sangat berharga, dan banyak digunakan sebagai perhiasan. Intan juga memiliki sifat sangat keras, sehingga banyak dimanfaatkan dalam industri sebagai bahan pemotong kaca. Grafit merupakan bahan yang digunakan sebagai isi pensil. Grafit mudah patah atau rapuh dan mampu meninggalkan bekas pada kertas maupun objek lain.

Perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan struktur atau susunan atom karbon. Pada intan, tiap-tiap atom karbon mengikat empat atom karbon lainnya dengan ikatan kovalen membentuk struktur tetrahedral.

Pada grafit, atom karbon berikatan dengan tiga atom C lainnya membentuk lapisan heksagonal Alternatif Jawaban a) ferromagnetik Ferromagnetik adalah bahan-bahan atau material yang ditarik dengan kuat jika didekatkan pada sebuah magnet.

b) diamagnetik Diamagnetik adalah bahan atau material yang hampir-hampir tidak dapat ditarik sama sekali oleh magnet. c) paramagnetik Paramagnetik adalah material atau bahan yang ditarik lemah jika dekatkan sebuah magnet. Soal no. 2 Sebutkan beberapa cara yang biasa digunakan untuk membuat magnet tanpa penjelasan! Alternatif Jawaban Cara-cara untuk membuat magnet: -dengan penggosokan -dengan induksi kemagnetan -dengan memotong sebuah magnet -dengan arus listrik / elektromagnet Soal no. 3 Amir memiliki sebuah magnet batang yang cukup panjang.

Dia ingin memotong magnet tersebut menjadi dua bagian. Bantu si Amir ini untuk menentukan kutub-kutub magnet baru yang dihasilkan dari proses pemotongan tadi!

Alternatif Pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali Pemotongan sebuah magnet akan memberikan hasil kutub-kutub yang sama dengan magnet induknya, lebih jelasnya : A→ Utara B→ Selatan C→ Utara D→ Selatan 2. Kloning dilakukan dengan mengambil sel tubuh domba, misalnya sel kulitnya (sebut domba a). Lalu, sang ilmuwan mengambil sel telur dari domba lain (kita sebut domba b). Sel kulit domba a diambil inti selnya saja dan sel telur domba b dihilangkan inti selnya.

Inti sel domba a disuntikkan ke dalam sel telur domba b, selanjutnya sel tersebut akan berkembang layaknya embrio dan diimplantasikan atau ditanam di rahim domba lain (domba c). Setelahnya, akan lahir domba yang mirip dan identik dengan domba a. 4. Dampak negatif dari penggunaan bioteknologi adalah munculnya alergi pada saat mengonsumsi bahan makanan hasil rekayasa genetika, limbah dari proses pembuatan produk bioteknologi, dan produk minuman beralkohol menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

Dampak tersebut berupa kebiasaan meminum minuman beralkohol sehingga menyebabkan mabuk dan merusak kesehatan. 2. Iodin (I) merupakan komponen hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Hormon tiroksin berfungsi untuk meningkatkan laju metabolisme untuk menghasilkan energi, mengatur pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf dan sistem rangka (otot dan tulang), serta menjaga tekanan darah.

Apabila tubuh kekurangan iodin dapat mengakibatkan kelenjar tiroid membesar sampai ukuran abnormal atau yang dikenal dengan penyakit gondok. 3. Bahan yang terbuat dari stirofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan karena stirofoam mengandung senyawa kimia polistirena yang diduga memicu munculnya kanker.

Stirofoam memiliki stabilitas yang rendah terhadap panas, artinya jika plastik ini terkena panas yang cukup tinggi, maka plastik akan rusak sehingga senyawa polistirena yang berbahaya akan tercampur ke dalam makanan.

4. Bahan yang sesuai digunakan untuk membuat kabel listrik yaitu logam tembaga sebagai konduktor listrik dan plastik sebagai isolator listrik.

Pemilihan logam tembaga sebagai konduktor listrik karena tembaga memiliki sifat fisika yaitu rapat, keras, memiliki daya hantar listrik yang baik, dan memiliki titik leleh yang tinggi.

Tembaga memiliki sifat kimia yaitu stabil,tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat. Sifat-sifat tersebut membuat tembaga sesuai digunakan sebagai konduktor listrik. Pemilihan plastik sebagai isolator listrik karena plastik memiliki sifat fisika yaitu rapat, elastis, dan tidak dapat menghantarkan listrik. Plastik memiliki sifat kimia yaitu stabil, tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat. Sifat-sifat tersebut membuat plastik sesuai digunakan sebagai isolator listrik.

5. Grafit dan intan tersusun dari unsur yang sama yaitu karbon. Namun, keduanya memiliki sifat yang sangat berbeda. Intan merupakan salah satu kristal yang sangat indah, sangat berharga, dan banyak digunakan sebagai perhiasan. Intan juga memiliki sifat sangat keras, sehingga banyak dimanfaatkan dalam industri sebagai bahan pemotong kaca.

Grafit merupakan bahan yang digunakan sebagai isi pensil. Grafit mudah patah atau rapuh dan mampu meninggalkan bekas pada kertas maupun objek lain. Perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan struktur atau susunan atom karbon.

Pada intan, tiap-tiap atom karbon mengikat empat atom karbon lainnya dengan ikatan kovalen membentuk struktur tetrahedral. Pada grafit, atom karbon berikatan dengan tiga atom C lainnya membentuk lapisan heksagonal [27/10 21:26] Istriku: 🍃بسم الله الرحمن الرحيم🍃 *Catatan Notulen Nahwu 22* السلام عليكم Ùˆ رحمة اللّٰÙ‡ Ùˆ بركاته. ___________≈≈≈≈____________ إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله .{ÙŠَا Ø£َÙŠُّÙ‡َا الَّØ°ِينَ آمَÙ†ُوا اتَّÙ‚ُوا اللَّÙ‡َ Ø­َÙ‚َّ تُÙ‚َاتِÙ‡ِ Ùˆَلا تَÙ…ُوتُÙ†َّ Pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali ÙˆَØ£َÙ†ْتُÙ…ْ Ù…ُسْÙ„ِÙ…ُونَ} .{ÙŠَا Ø£َÙŠُّÙ‡َا النَّاسُ اتَّÙ‚ُوا رَبَّÙƒُÙ…ُ الَّØ°ِÙŠ Ø®َÙ„َÙ‚َÙƒُÙ…ْ Ù…ِÙ†ْ Ù†َفْسٍ ÙˆَاحِدَØ©ٍ ÙˆَØ®َÙ„َÙ‚َ Ù…ِÙ†ْÙ‡َا زَÙˆْجَÙ‡َا ÙˆَبَØ«َّ Ù…ِÙ†ْÙ‡ُÙ…َا رِجَالاً ÙƒَØ«ِيراً ÙˆَÙ†ِسَاءً ÙˆَاتَّÙ‚ُوا اللَّÙ‡َ الَّØ°ِÙŠ تَسَاءَÙ„ُونَ بِÙ‡ِ ÙˆَالْØ£َرْØ­َامَ Ø¥ِÙ†َّ اللَّÙ‡َ Ùƒَانَ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ رَÙ‚ِيباً} {ÙŠَا Ø£َÙŠُّÙ‡َا الَّØ°ِينَ آمَÙ†ُوا اتَّÙ‚ُوا اللَّÙ‡َ ÙˆَÙ‚ُولُوا Ù‚َÙˆْلاً سَدِيداً، ÙŠُصْÙ„ِØ­ْ Ù„َÙƒُÙ…ْ Ø£َعْÙ…َالَÙƒُÙ…ْ ÙˆَÙŠَغْفِرْ Ù„َÙƒُÙ…ْ Ø°ُÙ†ُوبَÙƒُÙ…ْ ÙˆَÙ…َÙ†ْ ÙŠُØ·ِعِ اللَّÙ‡َ ÙˆَرَسُولَÙ‡ُ فَÙ‚َدْ فَازَ فَÙˆْزاً عَظِيماً} أما بعد: إنّ أصدق الحديث كتاب الله وخير الهدي هدي محمد صلى ال [27/10 22:12] Istriku: 🍃بسم الله الرحمن الرحيم🍃 *Catatan dars Nahwu* السلام عليكم Ùˆ رحمة اللّٰÙ‡ Ùˆ بركاته.

___________≈≈≈≈____________ إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله .{ÙŠَا Ø£َÙŠُّÙ‡َا الَّØ°ِينَ آمَÙ†ُوا اتَّÙ‚ُوا اللَّÙ‡َ Ø­َÙ‚َّ تُÙ‚َاتِÙ‡ِ Ùˆَلا تَÙ…ُوتُÙ†َّ Ø¥ِÙ„َّا ÙˆَØ£َÙ†ْتُÙ…ْ Ù…ُسْÙ„ِÙ…ُونَ} .{ÙŠَا Ø£َÙŠُّÙ‡َا النَّاسُ اتَّÙ‚ُوا رَبَّÙƒُÙ…ُ الَّØ°ِÙŠ Ø®َÙ„َÙ‚َÙƒُÙ…ْ Ù…ِÙ†ْ Ù†َفْسٍ ÙˆَاحِدَØ©ٍ ÙˆَØ®َÙ„َÙ‚َ Ù…ِÙ†ْÙ‡َا زَÙˆْجَÙ‡َا ÙˆَبَØ«َّ Ù…ِÙ†ْÙ‡ُÙ…َا رِجَالاً ÙƒَØ«ِيراً ÙˆَÙ†ِسَاءً ÙˆَاتَّÙ‚ُوا اللَّÙ‡َ الَّØ°ِÙŠ تَسَاءَÙ„ُونَ بِÙ‡ِ ÙˆَالْØ£َرْØ­َامَ Ø¥ِÙ†َّ اللَّÙ‡َ Ùƒَانَ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ رَÙ‚ِيباً} {ÙŠَا Ø£َÙŠُّÙ‡َا الَّØ°ِينَ آمَÙ†ُوا اتَّÙ‚ُوا اللَّÙ‡َ ÙˆَÙ‚ُولُوا Ù‚َÙˆْلاً سَدِيداً، ÙŠُصْÙ„ِØ­ْ Ù„َÙƒُÙ…ْ Ø£َعْÙ…َالَÙƒُÙ…ْ ÙˆَÙŠَغْفِرْ Ù„َÙƒُÙ…ْ Ø°ُÙ†ُوبَÙƒُÙ…ْ ÙˆَÙ…َÙ†ْ ÙŠُØ·ِعِ اللَّÙ‡َ ÙˆَرَسُولَÙ‡ُ فَÙ‚َدْ فَازَ فَÙˆْزاً عَظِيماً} أما بعد: إنّ أصدق الحديث كتاب الله وخير الهدي هدي محمد صلى ا
2.

Keberhasilan rekayasa genetika, antara lain disebabkan oleh kemampuan plasmid yang pada prinsipnya berperan sebagai …. A. Penyambung gen asing yang dicangkokan ke bakteri B.

Pembawa gen asing ke dalam sel bakteri C. Penerjemah kode genetik D. Penghasil metabolit sekunder dalam sel E. Pembentuk protein antibodi JAWABAN: A 10. Dalam usaha mencari sumber energi baru, pemerintah merencanakan membuat alkohol dari ubu kayu dengan bantuan mikroba.

Mikroba yang digunakan adalah yang memiliki kemampuan …. A. Mengubah gula menjadi alkohol B. Membuat alkohol dari CO2 dan H2O C. Mengubah pati langsung jadi alkohol D. Mengubah pati jadi gula, gula jadi alkohol E.

Mengubah asam organik menjadi alkohol JAWABAN: D 2. Pernyataan di bawah ini yang menyebabkan perubahan leher jerapah adalah …. • jerapah berleher panjang berasal dari induk jerapah berleher pendek • pada masa lampau, terdapat jerapah berleher panjang maupun berleher pendek • memanjangnya leher jerapah karena pengaruh lingkungan • jerapah berleher pendek mati, sedangkan jerapah berleher panjang tetap hidup Menurut teori evolusi Darwin, yang berhubungan dengan evolusi jerapah adalah ….

a. 1 dan 2 b. 1 dan 4 c. 2 dan 3 d. 2 dan 4 e. 3 dan 4 5. Stanley Miller melakukan simulasi kondisi atmosfer purba di laboratorium Miller memasukkan gas H2, CH4 (metana), NH3, dan air ke suatu alat, kemudian memberi sumber energi yang bertindak sebagai “halilintar” agar gas-gas dan uap air bereaksi. Percobaan Miller bertujuan untuk membuktikan bahwa ….

a. mahkluk hidup bersel satu terbentuk dari reaksi gas H2, CH3, NH3, dan H2O b. campuran gas H2, CH3, NH3, dan H2O merupakan bahan dasar pembentuk sel c.

C, H, O, dan N adalah unsur utama penyusun sel makhluk hidup d. senyawa organik dapat terbentuk secara perlahan dari senyawa anorganik tanpa memerlukan adanya makhluk hidup e. asam amino dan nukleotida adalahs senyawa kompleks pembentuk sel 6.

Pernyataan berikut yang berkaitan dengan teori Lamarck adalah …. a. lingkungan berpengaruh terhadap proses evolusi organisme b. organ yang sering digunakan akan berkembang, sedangkan organ yang jarang digunakan akan menyusut c.

perubahan organ tubuh diwariskan kepada keturunannya d. seleksi alam memacu kepenuhan organisme 7. Inti teori Darwin adalah …. a. manusia bisa saja berasal dari monyet b. homologi menjadi dasar makhluk hidup berevolusi c. makhluk hidup dapat berubah sendiri secara spontan d. hanya melalui mutasi makhluk hidup berubah bentuk dan berevolusi e. makhluk hidup berubah bentuk karena seleksi dan adaptasi lingkungan 8. Pernyataan berikut merupakan pokok-pokok pemikiran yang mendasari hipotesis Darwin tentang seleksi alam, kecuali ….

a. tidak ada dua individu yang identik b. setiap ukuran populasi cenderung bertambah c. perkembangbiakan memerlukan makanan dan sumber daya yang cukup d. lingkungan tidak memengaruhi potensi reproduksi pada makhluk hidup e.

pertambahan populasi tidak berjalan terus-menerus 9. Teori Kosmozoan menyatakan bahwa …. a. kehidupan muncul berdasarkan hukum fisika-kimia b. sumber bahan organik makhluk hidup berasal dari luar angkasa c. kehidupan diciptakan oleh zat supranatural d.

kehidupan muncul dari benda tidak hidup pada berbagai kesempatan e. kehidupan tidak memiliki asal usul 10. Salah satu petunjuk adanya evolusi diperlihatkan dengan adanya analogi pada organ-organ tubuh beberapa hewan, seperti …. a. tangan manusia dan sirip lumba-lumba b. sayap pinguin dan sayap burung c. kaki depan kuda dan tangan manusia d. sirip ikan paus dan sirip ikan hiu e. sayap kelelawar dan sayap ayam Jawaban: b 5. Translokasi adalah ….

a. pertukaran gen dalam 1 kromosom ke kromosom lain yang bukan homolognya b. pertukaran basa nitrogen purin dengan basa nitrogen purin lainnya c. pertukaran basa nitrogen purin dengan basa nitrogen pirimidin d. perubahan triplet basa nitrogen e. pertukaran gen dalam 1 kromosom ke kromosom lain yang homolog Jawaban: A 8.

Perbedaan yang jelas antara mutasi gen dan mutasi kromosom adalah …. a. mutasi kromosom mudah terjadi b. mutasi gen menimbulkan sifat aneuploidi c. mutasi kromosom berakibat lebih nyata pada fenotipe suatu makhluk hidup d. mutasi gen berakibat lebih nyata pada fenotipe suatu makhluk hidup e. mutasi gen dapat menimbulkan sifat poliploidi Jawaban: C 11. Perbedaan yang nyata antara mutasi gen dengan mutasi mutasi kkromosom adalah ….

a. mutasi gen dapat menimbulkan sifat poliploid b. mutasi gen berakibat lebih nyata pada fenotipe c. mutasi gen menimbulkan sifat aneuploid d. mutasi kromosom frekuensinya lebih sering terjadi e. mutasi kromosom berakibat lebih nyata pada fenotipe Jawaban: E 12. Percobaan Herman J. Muller tentang mutasi buatan pada Drosophyla melanogaster, menunjukkan bahwa …. a. radiasi sinar radio aktif berpengaruh pada sifat-sifat genetis b. radiasi sinar radio aktif dapat menimbulkan adanya perubahan pada sifat-sifat genetis c.

mutasi dapat terjadi secara alamiah d.

pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

mutasi merupakan bahan mentah untuk berlangsung evolusi e. perubahan sifat-sifat genetis dapat terjadi oleh karena perubahan pada lingkungan Jawaban: BPagi ini akan saya postingkan soal Bioteknologi yang lebih aplied sehingga bagaimana membumikan materi theorynya menjadi lebih kena s emoga berguna THEORY THEORY 2 NOVEL THEORY 3 SOAL 1.

Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu species lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai … A. Kultur jaringan B. Rekayasa genetic C. Transplantasi D. Radiasi induksi E. Mutasi buatan Pembahasan : Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu species lain dengan perantaraan pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali dikenal sebagai transplantasi ge n atau rekombinasi gen, Transplantasi ini yang sering digunakan adalah memakai teknik plasmiddengan gunting enzim berupa enzim Endonuklease Restriksi dan Lemnya Enzim ligase Skema Transplantasi gen Jawab : C 2.

Berikut ini merupakan kelebihan pengawetan makanan dengan menggunakan radiasi, kecuali A. Kesegaran bahan pangan tidak berubah B. Tidak membusuk selamanya C. Tidak menimbulkan polusi lingkungan D. Meningkatkan mutu dan hygiene bahan pangan E. Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan Pembahasan : Penggunaan teknologi nuklir (radioisotop) dalam bidang teknologi pangan lazim disebut proses iradiasi. Iradiasi bahan pangan mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan proses pengawetan konvensional antara lain : • Dapat dilakukan pada bahan yang telah dikemas • Kesegaran bahan pangan tidak berubah • Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan • Tidak menimbulkan polusi pada lingkungan • Dapat menggunakan bahan pengeras yang murah • Dapat meningkatkan mutu dan hygiene bahan makanan Penggunaan Radio Isotob adalah Uns ur kimia yang stabil yang dibuat labil karena penyinaran sinar radioaktif dari unzur radioktif di reaktor Jawab : B 3.

Dampak negative yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi terhadap sumber daya manusia adalah . A. Timbulnya pengangguran tenaga kerja pasar B. Menurunnya sumber plasma nutfah C. Produksi yang berlebihan menyebabkan turunnya harga D. Terjadinya perubahan sikap social E. Lahan pertanian berkurang, produksi kecil Pembahasan : Kemajuan ilmu dan teknologi disamping memberikan dampak positif terhadap kelestarian sumber daya alam, juga dapat memberikan dampak negative terutama pada sumber daya alam manusia.

Dampak negative yang dapat dirasakan pada sumber daya manusia adalah terjadinya perubahan sikap social. Jawab : D 4. Salah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyambungkan. A. DNA bakteri ke dalam pancreas manusia B. Kromosom bakteri ke dalam DNA manusia C. Gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri D. DNA virus ke dalam DNA bakteri E.

Gen virus ke dalam gen bakteri Pembahasan : Pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran telah banyak ditemukan beberapa rekayasa gen, yang diantaranya adalah gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri, sehingga bakteri itu yang menghasilkan hormone insulin dan orang yang menderita kencing manis (diabetes) bias mendapat hormone insulin kembali.Teknik ini dikenal dengan Teknik plasmid dengan merekayasa penyambungan sequen DNA plasmid dengan DNA yang diinginkan.

kemudian plasmid yang terangkai gabungan D NA rekombinan dimasukkan kembali ke bakteri atau sebaliknya tergantung tujuannya Proses Pembuatan Insulin Gambar di atas adalah rekayasa genetika pada bakteria guna menghasilkan hormon insulin yang penting untung pengendalian gula darah pada penderita diabetes. Tahap-tahapnya adalah sebagai berikut: • Tahap pertama dalam membuat bakteria yang bisa menghasilkan insulin adalah dengan mengisolasi plasmid pada bakteri tersebut yang akan direkayasa.

Plasmid adalah materi genetik berupa DNA yang terdapat pada bakteria namun tidak tergantung pada kromosom karena tidak berada di dalam kromosom.

• Kemudian plasmid tersebut dipotong dengan menggunakan enzim di tempat tertentu sebagai calon tempat gen baru yang nantinya dapat membuat insulin.

• Gen yang dapat mengatur sekresi (pembuatan) insulin diambil dari kromosom yang berasal dari sel manusia. • Gen yang telah dipotong dari kromosom sel manusia itu kemudian ‘direkatkan’ di plasmid tadi tepatnya di tempat bolong yang tersedia setelah dipotong tadi. • Plasmid yang sudah disisipi gen manusia itu kemudian dimasukkan kembali ke dalam bakteria. • Bakteria yang telah mengandung gen manusia itu selanjutnya berkembang biak dan menghasilkan insulin yang dibutuhkan. Dengan begitu diharapkan insulin dapat diproduksi dalam jumlah yang tidak terbatas di pabrik-pabrik.

Jawab : C 5. Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada … A. Meningkatnya jenis hama tanaman B. Meningkatnya keanekaragaman genetic C. Meningkatnya keanekaragaman ekologi D. Menurunkan kualitas produk pertanian E. Menurunkan kualitas lingkungan Pembahasan : Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada meningkatnya keanekaragaman genetic.

Seperti contoh : jenis padi, pelita I, pelita II, barito, cisadane, dan sebagainya.dari hasil yang unggul ini bisa diperbanyak dengan kultur jaringan sehingga produk keunggulan nya bisa sama Jawab : B 6. Pengaruh rekayasa genetic terhadap sumber daya protein hewani adalah … A. Meningkatnya biaya pemeliharaan hewan B. Menurunkan variasi pada hewan C.

Meningkatnya daya tahan hewan terhadap virus D. Meningkatnya populasi hewan E. Menurunnya jumlah makanan yang dibutuhkan hewan Pembahasan : Pengaruh rekayasa genetic terhadap sumber daya protein hewani adalah untuk meningkatnya daya tahan hewan terhadap virus.

Kini telah diketemukan Interferon hasil teknologi H ibridoma yang bisa membuat interferon untuk memusnahkan virus Jawab : C 7. Berikut ini pemanfaatan rekayasa genetika untuk meningkatkan kualitas kesehatan manusia, kecuali … A. Insulin B. Antibiotic C.

Antibody monoclonal D. Interferon E. Terapi gen sel sumsum tulang Pembahasan : Bioteknologi dibidang kedokteran adalah Antibodi Monoklonal, Terapi GenInterferonVaksin. Jawab : B, Antib iotic adalah bioteknologi konvensional seperti fermentasi yang didapatkan dari hasil metabolit sekunder orga nisme seperti Penicillium notatumP chrissogenumStreptomyces dll 8. Ilmuwan yang dikenal sebagai Bapak Bioteknologi adalah . A. Alexander Flemming B.

Robert Hooke C. Robert Cock D. Louise Pasteur E. Lazzaro Spalanzani Pembahasan : Bapak bioteknologi adalah Alexander Flemming dengan penemuan penisilin dari Penicillium notatum. Jawab : A 9. Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia pertama kali adalah pada penderita … A.

Malaria B. Diabetes C. Asma D. Ginjal E. Jantung Pembahasan : Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia pertama kali adalah pada penderita diabetes dengan cara menyambungkan gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri dalam bioteknologi modern Teknik Plasmid. Jawab : B 10. Berikut ini bahaya dari bioteknologi, kecuali . A. Digunakan untuk senjata biologis B. Memunculkan organisme strain jahat C. Mengganggu keseimbangan lingkungan D.

Menyalahi hukum dan nilai masyarakat E. Menambah keanekaragam hayati Pembahasan : Hal hal diatas termasuk bahaya berkembannya bioteknologi, kecuali menambah keanekaragaman hayati Jawab : E 11.

Proses manakah yang terjadi di dalam bejana fermentasi sehingga terbentuk zat antibiotik penisilin? A. Terjadinya reaksi kimia antara zat makanan dan jamur Penicillium sehingga terbentuk zat penisilin. B. Zat antibiotic penisilin perlu ditambahkan dalam bejana sehingga dapat merangsang jamur untuk memproduksi antibiotic.

C. Jamur Penicillium tumbuh subur dalam bejana fermentasi sehingga dapat menghasilkan penisilin D. Bakteri – bakteri tertentu tumbuh subur dalam bejana fermentasi sehingga menghasilka penisilin E.

Udara dalam bejana fermentasi menyebabkan makanan dalam bejana tersebut teroksidasi dan membentuk penisilin Pembahasan : Jamur “Penicillium” menghasilkan zat antibiotik penisilin. Dalam bejana fermentasi, jamur ini tumbuh dengan subur karena suplai makanan atau media yang cukup. Jawab : C 12. Mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam pembuatan asam sitrat adalah A. Aspergillus niger B. Aspergillus flavus C. Aspergillus wentii D. Aspergillus soyae E.

Aspergillus oryzae Pembahasan : Untuk memperoleh asam nitrat, mikroorganisme yang kita butuhkan adalah Aspergillus niger.Ciri produk Bioteknologi haruslah skala industri karena ingin me me nuhi kebutuhan manusia Jawab : A 13. Organisme yang mengandung gen dari spesies lain disebut…. A. Transplantasi B. Transgenik C. Mutasi D. Implementasi E. Vaksinasi Jawaban : B • Transplantasi : proses pemindahan suatu organ dari satu organisme/bagian tubuh ke individu lain.

• Mutasi : perubahan materi genetik yang mengakibatkan terjadinya perubahan sifat atau karakter dan dapat bersifat menurun • Implementasi : penerapan • Vaksinasi : merupakan tahapan yang berguna untuk menahan daya tahan tubuh terhadap penyakit tertentu.

Organisme Transgenik dibuat dengan Transplantasi Gen / T eknik Plasmid yang kemudian dikenal dengan Rekayasa Genetika 14.

Teknik yang bisa digunakan untuk membantu penderita diabetes mellitus adalah… A. Terapi gen B. Plasmid C. Retrovirus D. Rekombinan DNA E. Mieioma Jawaban : D Orang yang mengalami kelainan diabetes melitus, dapat dibantu dengan teknik DNA rekombinan, insulin dapat dipanen dari bakteri. 15.Gen yang diberikan pada sapi segar pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali produksi susu sapi meningkat adalah…. A.

Somatotropin B. Tirotropin C. Insulin D. Retrovirus E. Virulen Jawaban : A Somatotropin merupakan gen yang dapat menngkatkan produksi susu sapi. 16. Berikut ini merupakan cabang ilmu biologi dan ilmu kimia yang mendukung kemajuan dan perkembangan bioteknologi, kecuali…… A. Fisiologi B. Biologi molekuler C. Inokulasi D. Genetika E. Mikrobiologi Jawaban : C Fisiologi, Biologi molekuler, Genetika, dan mikrobiologi merupakan cabang biologi yang dimaksud kecuali Inokulasi.

17. Manakah yang termasuk produk dari bioteknologi konvensional? A. Zat Glutamat B. Kultur jaringan C. Autoklaf D. Cloning E. Hibridoma Jawaban : A • Hibridoma t ergolong Modern karena Disatukan dua sel untuk membentuk sel Hibrid • Sel hibrid yang terbentu k itu dikenal dengan sel Hibridoma • Sel Hibridoma ini dilakukan dengan menggunakan Bioteknologi modern yaitu Teknik Hibridoma • Dalam Bioteknologi teknik ini dil akukan misalnya menyatukan sel kanker yang cepat membelah namun tidak menghasilkan antibody dengan sel Lympocyt yang menghasilkan antibody namun pembelahan nya lambat.

• Produk fusi sel itu diharapkan menghasilkan sel hibridoma yang mampu men ghasilkan antibody monoklonal yang ce pat membelah namun bisa menghasilkan antibody OK 18. Pada tahap persiapan kultur jaringan, digunakan alat yang berfungsi untuk sterilisasi alat dan bahan yang disebut…. A. Kalus B. Autoklaf C. Aseptis D. Aklimatis E. Metabolit Jawaban : B 19.

Tahapan penanaman eksplan yang sudah steril ke dalam atau diatas medium buatan pada botol kultur adalah. A. Aklimatisasi B. Pemeliharaan C. Persiapan D. Tahap pembentukkan E.

Inokulasi Jawaban : A Teks berikut untuk menjawab soal MULAI no. 20 • Saat ini, prtein tunggal (PST) sudah ada yang diproduksi untuk konsumsi manusia. Proteinnya disebut mikroprotein. PST dibuat oleh hifa jamur, bukan oleh sel tunggal. Walaupun demikian, mikroprotein ni digolongkan sebagai PST. • Media tumbuh yang digunakan dapat berasal dari sampah pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali.

Mikroprotein yang dihasilkan dapat diolah menjadi kue atu potongan “daging” yang rasanya mirip daging ayam. • Mikroprotein merupakan makanan yang sangat baik, kadar proteinnya 45%, sedikit lemak, bebas kolesterol dan banyak mengandung serat. 20. Serat yang dikandung mikroprotein kebanyakan berasal dari. A. Hifa B. Mikrospora C. Protalium D. Miselium E. Batang jamur Jawaban : D LANJUTAN KERJA SENDIRI YA 21. Berikut ini merupakan peranan bakteri dalam pemisahan logam : • Thiobacilus ferooksidans tumbuh subur pada lingkungan yang mengandung zat organik • Thiobacilus ferooksidans adalah salah satu species kemoliotrop (bakteri pemakan batuan) • Bakteri kemoliotrop tidak dapat memperoleh energi dari oksidasi zat anorganik • Para penambang mineral melakukan pembiakan murni terhadap Thiobacilus ferooksidans untuk pemisahan logam murni Dari pernyataan di atas yang benar mengenai biometalurgi adalah nomor……….

A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 1 dan 4 D. 2 dan 3 E. 2 dan 4 22. Di bawah ini menunjukkan hubunganyang tepat antara mikroorganisme dan peranannya dalam bidang bioteknologi adalah ….

pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

A.Saccharomyces cerreviceae – membuat yoghurt B.Monilia sitophilla – membuat tempe C.Rhizopus orizyae – membuat kecap D.Spirullina maxima – penghasil protein E.Chlorella – penghasil karbohidrat 23.

Contoh pemanfaatan bioteknologi konvensional yang banyak dilakukan di Indonesia, kecuali A.Pembuatan asam cuka B.Pembuatan nata de coco C.Pembuatan tape D.Pembuatan tempe E.Pembuatan keju 24.

Berikut ini ada beberapa jenis jamur : • Penicillium camemberti • Rhizopus oryzae • Trichoderma rassei • Saccharomyces ovale • Auricularia polytrica Jamur yang dapat menghasilkan keju, mengubah protein menjadi asam amino, dan dapat disayur adalah………… A. 1-2-3 B. 1-3-4 C. 1-2-5 D. 2-3-4 E. 2-4-5 25. Penggunaan bakteri Bacillus thuringiensis (Bt) dalam rekayasa tumbuhan bertujuan untuk memperoleh tumbuhan yang……. A. Menghasilkan asam amino yang lengkap B.

Menghasilkan pestisida pembunuh hama C. Mampu memupuk dirinya sendiri D. Menguraikan senyawa yang bersifat racun E. Proses fotosintesisnya berjalan sangat cepat 26.

Perhatikan gambar berikut ini Kapas transgenik yang dikembangkan di Sulawesi memanfaatkan jenis mikroorganisme …… A. Pseudomonas sp. B. Bacillus thuringiensis C. Bacolovirus sp. D. Thiobacillus ferooksidans E. Methanomonas methanica 27. Species jamur berikut ini yang tidak dapat digunakan sebagai Bahan pembuatan protein sel tunggal adalah……….

A. Saccharomyces cerreviceae B. Fusarium sp C. Trichoderma rassei D. Candida utilis E. Neurospora crassa 28. Perhatikan gambar ini Mikroorganisme berikut yang digunakan untuk membuat produk makanan diatas adalah …. A. Rhizopus oligospora, Saccharomyces cereviceae B. Streptococcus, Aspergillus flavus C. Lactobacillus, Aspergillus oryzae D. Rhizopus oryzae, Aspergillus wentii E. Saccharomyces, Aspergillus oryzae 29. Dalam proses pembuatan yakult melibatkan bakteri…. A. Acetobacter xylinium B.

Lactobacillus thermophillus C. Lactobacillus bulgaricus D. Lactobacillus casei E. Streptomyces griseus 30. Peranan rekayasa genetika dalam kehidupan manusia adalah……… A. Memperbanyak jenis untuk meningkatkan keanekaragaman B. Melakukan perubahan gen agar dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia C. Memanfaatkan sifat yang terdapat dalam sperma atau ovum secara optimum D. Membiakkan perkawinan secara buatan dan terencana E.

Merangkai gen untuk menemukan varietas baru 31.Perhatikan beberapa mikroorganisme di bawah ini ! • Spirulina • Penicillium • Lactobacillus • Chlorella • Eucheuma • Saccharomyces Mikroorganisme yang dapat dibuat protein sel tunggal adalah nomor……. A. 1, 2, dan 5 B. 1, 3, dan 4 C. 1, 4, dan 6 D. 2, 4, dan 5 E. 3, 5, dan 6 32. Teknik pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali segmen DNA dari suatu organisme ke DNA organisme lain melalui vektor untuk memperoleh hasil yang diinginkan disebut teknologi ………… A.

hibridoma B. interferon C. plasmid D. fermentasi E. kloning 33. Rekayasa genetik terhadap hewan dilakukan untuk mengefektifkan sumber daya hewan, Alasanya karena dapat . A. menghasilkan interferon untuk melawan penyakit tertentu B. menghasilkan anti biotik untuk pengobatan penyakit yang di sebabkan oleh virus C. memperbaiki kualitas induk hewan piaraan dan peternakan D. menambah daya tahan tubuh terhadap hewan tertentu E. menganekaragamkan jenis hewan yang ada di alam 34.

pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali

Berdasarkan tabel berikut ini hubungan yang benar antara produk bioteknologi dengan mkroorganisme adalah……. 35. Suatu lingkaran kecil (DNA) yang dapat digunakan untuk menstabilkan potongan DNA yang pendek pada proses rekayasa genetika disebut…….

A. Kromosom B. Plasmid C. DNA stabil D. DNA rekombinan E. Hibridoma 36. Berikut ini tahap-tahap pada rekayasa genetika : • Plasmid diabsorbsi oleh bakteri • Penyedian plasmid bakteri • Pembiakan bakteri penghasil insulin • Penyambungan gen insulin ke plasmid • Pemotongan gen penghasil insulin dari kromosom Dari pernyataan tersebut urutan tahapan rekayasa genetika yang benar adalah…… A.

1-2-3-4-5 B. 2-3-4-5-1 C. 4-5-3-2-1 D. 5-2-4-1-3 E. 5-3-4-1-2 37. Prosedur yang digunakan untuk mendapatkan DNA rekombinan adalah…. A. hibridisasi galur murni B. induksi kolkisin pada tanaman budidaya C. menumbuhkan sel somatik dari wortel melalui kultur jaringan D. transformasi bakteri dengan DNA manusia E. menghalangi pembentukan benang spindel pada saat mitosis 38.

Manakah dari pernyataan berikut yang menunjukkan adanya keterlibatan bioteknologi? a. peningkatan produksi pangan melalui seleksi bibit unggul b. pembuatan tape dengan menambahkan jamur ragi Saccharomyces sp. c. diognosa penyakit dengan menggunakan radiasi sinar X d. pemanfaatan udang untuk bahan dasar krupuk udang e.

pembuatan agar-agar dari alga merah Eucheuma spinosum 39. Bioteknologi memungkinkan manusia memindahkan sifat-sifat organisme yang satu ke organisme lainnya. Teknologi ini pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali dilaksanakan dengan menggunakan sarana……… A. Bakteri dan sel kanker B. Virus dan bakteri C. Sel kanker dan virus D. Sel kanker dan plasmid E.

Plasmid dan virus 40.Rekayasa genetika dapat dilakukan dengan cara : • Kultur jaringan • Perkawinan silang • Pembiakan sel dengan kolkisin • Radiasi buatan • Kultur virus untuk produksi interferon Tanaman bibit unggul dapat diperoleh melalui rekayasa genetika berikut : A.

2 dan 3 B. 2 dan 4 C. 1 dan 5 D. 1 dan 4 E. 3 dan 5 41. Perhatikan tabel berikut ini! Peranan jenis yang sesuai dengan produksinya adalah…… A. 1-A-P B. 1-C-P C. 2-B-Q D. 3-C-R E. 3-B-R 42. Antibodi monoklonal sangat berguna terutama untuk………. A. Pengenalan antibodi baru B. Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap kanker C.

Menghasilkan protein hasil rekayasa genetika D. Mendiagnosis jenis penyakit yang diderita pasien E. Bahan mentah bagi industri plastik 43. Dari jamur berikut ini yang menghasilkan racun yang mematikan adalah………… A. Saccharomyces cerreviceae B.

Fusarium sp C. Trichoderma rassei D. Candida utilis E. Aspergillus flavus 44. Perhatikan tabel hubungan antara bakteri dengan peranannya berikut ini, pasangan yang tepat adalah…… 45.Contoh jamur yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan PST adalah.

A. Fusarium B. Saccharomyces C. Acetobacter D. Lactobacillus E. Escherchiacoli Jawaban : A • Saccharomyces merupakan mikroorganisme dalam pembuatan roti • Acetobacter merupakan mikroorganisme dalam pembuatan nata de coco • Lactobacillus merupakan mikroorganisme dalam pembuatan yoghurt • Eschercia coli merupakan mikroorganisme dalam tempat pembuangan 46.

Manfaat dari kultur jaringan adalah untuk memperoleh ………. A. keturunan sifatnya unggul dalam jumlah besar B. tanaman jenis baru yang tahan C. hasil yang bervariasi dari tanaman jenis unggul D. individu baru yang cepat berkembang E. individu baru dalam jumlah besar dalam waktu relatif singkat 47.

Bioteknologi mikroorganisme Methanobacterium omelianski bermanfaat dalam proses . A. Mengubah limbah menjadi bahan bakar gas B. Memisahkan logam tertentu dari bijinya C. Mengubah limbah menjadi zat yang tidak berbahaya D. Memecah mineral sulfida menjadi ion sulfat E.

Menjadikan tanaman dapat menyerap N2 bebas dari udara 48.Hasil rekayasa genetika yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan manusia, mencakup: • Vaksin • Transgenik • Terapi gen • Bovine Growth Hormone Jawaban : B Karena, sejauh yang diketahui transgenik dan Bovine Growth Hormone digunakan pada hewan. 49. Sisa-sisa pembakaran sampah dapat dijadikan sebagai media tumbuh PST SEBAB Sisa-sisa pembakaran sampah merupakan zat organik.

Jawaban : A 50. Sel – sel hibridoma dihasilkan dari penyatuan dua tipe sel berbeda dan mengandung gen-gen aslinya … SEBAB Kombinasi gen baru dari sel hibridoma dapat diperoleh melalui teknik rekayasa genetika Pembahasan : Teknik hibridoma adalah penggabungan dua sel dari organisme yang sama ataupun dari sel organisme yang berbeda sehingga menghasilkan sel tunggal berupa sel hybrid (hibridoma) yang memiliki sifat dari kedua sel tersebut, kombinasi gen baru dapat diperoleh melalui teknik rekayasa genetika.

Jawab : B Rekayasa genetic dapat dapat dilakukan dengan mengganti materi genetic sel mikroba dengan materi genetic lain yang diinginkan. Agar materi genetic lain tadi dapat mengambil alih metabolisme sel mikroba, materi genetic sel mikroba yang diganti tersebut adalah … • rRNA • mRNA • tRNA • DNA Pembahasan : DNA berhubungan erat dengan penurunan sifat rekayasa genetika, dapat dilakukan denga transformasi, yaitu pemindahan sifat-sifat dari satu mikroba ke mikroba lainnya melalui bagian-bagian DNA tertentu dari mikroba pertama Jawab : D 51.

Vaksin dapat dibuat dari virus aktif untuk menghasilkan antibody SEBAB Vaksin digunakan untuk melawan penyakit Jawaban : A Karena virus juga dapat dibuat dari virus yang aktif, tetapi tidak bersifat patogen. 52. Tumbuhan sangat bergantung pada persenyawaan N dari dalam tanah, dan mengambilnya dalam bentuk ion NO3 maupun NH4, karenanya dibutuhkan organisme penambat nitrogen SEBAB Tumbuhan dapat mengambil unsure N dalam bentuk gas.

Jawaban : C Karena tumbuhan memang membutuhkan persenyawaan N, karenanya dibutuhkan organisme penambat nitrogen. Namun, tumbuhan tidak dapat mengambil Nitrogen bebas diudara secara langsung. 53. Berikut ini contoh pengembangan bioteknologi di bidang kedokteran, kecuali…. A. Pembuatan vaksin B. Pembuatan antibodi monoclonal C. Terapi tulang D. Terapi gen E. Pembuatan produk obat-obatan Jawaban : C 54. Pemanfaatan sifat totipotensi pada tumbuhan untuk memperoleh…… A.anakan yang sifatnya lebih baik dari induknya B.anakan yang akan diperlukan untuk hibridisasi C.anakan yang unggul dalam jumlah besar dan cepat D.bibit unggul yang bergizi tinggi E.anakan yang seragam dalam jumlah besar 55.

Transkripsi gen X dikendalikan oleh transkripsi faktor A. Gen X ditranskripsi hanya ketika faktor A difosforilasi.

Data pada distribusi jaringan dari faktor A dan aktivitas darisuatu protein kinase dan protein fosfatase spesifik untuk faktor A ditunjukkan pada tabel di atas. Dari tiga jaringan ini, gen X akan ditranskripsi pada ESSAY • Apa yang dimaksud bioteknologi? • Jelaskan perbedaan bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern. • Tuliskan lima contoh hasil bioteknologi yang dapat Anda temukan sehari-hari. • Apakah yang dimaksud fusi sel? Jelaskan pula proses dan tujuannya. • Apakah dampak positif dan negatif dari bioteknologi?

JAWABAN ESSAY • Bioteknologi adalah semua aplikasi teknologi yang menggunakan sistem biologi, organisme hidup, atau devivatnya untuk membuat atau memodifikasi produk atau proses. • Contoh bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain tempe, yoghurt, semangka tanpa biji, antibiotik, dan roti.

• Bioteknologi memiliki dampak positif dalam kehidupan antara lain dapat meningkatkan gizi masyarakat, meningkatkan produksi ternak, sumber makanan baru, hingga alternatif bahan bakar baru. Adapun dampak negatif dari bioteknologi, yakni dapat mengubah lungkang gen, hama resisten, penyakit baru, dan bertentangan dengan norma dalam masyarakat Bioteknologi konvensional, contohnya: • Tempe, dibuat dari kedelai dengan menggunakan jamur Rhizopus oligosporus • Oncom, dibuat dari ampas tahu dengan menggunakan jamur Neurospora sitophila • Tape ketan, dibuat dari beras ketan dengan menggunakan Saccharomyces cereviceae • Kecap, dibuat dari kedelati dengan menggunakan jamur Aspergillus wentii • Yoghurt, dibuat dari susu kedelai menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus • Keju, dibuat dari susu sapi menggunakan bakteri famili Lactobacilli dan Streptococci • Antibiotik, misalnya dari jamur Penicillium notatum • Insektisida biologi, menggunakan bakteri Bacillus thuringiensis • Pemurnian biji tembaga, menggunakan bakteri Thiobacillus oxidans dan Thiobacillus ferrooxidans Teknik hibridoma adalah teknik pembuatan sel yang dihasilkan dari fusi antara sel B limfosit dengan sel kanker.

Sifat dari sel hibridoma ini adalah immortal, artinya sel abadi karena mampu bertahan hidup, membelah dan memperbanyak diri dalam jumlah tak terbatas dalam media kultur. • Teknik hibridoma dilakukan untuk memproduksi antibodi monoklonal, yaitu antibodi monospesifik yang dapat mengikat satu epitop saja. • Teknik hibridoma untuk memproduksi antibodi monoklonal dilakukan dengan tahapan sebagai berikut • proses imunisasi dengan menggunakan antigen tertentu yang disuntikan ke dalam tubuh mencit (Mus musculus) • sel B-limfosit mencit akan merespon antigen sehingga terbentuk antibodi • pemisahan sel B-limfosit yang sudah mengandung antibodi dari organ limpa mencit • sel B-limfosit kemudian difusikan dengan sel kanker immortal menghasilkan sel hibridoma • fusi sel hibridoma ini dilakukan dengan membuat membran sel menjadi lebih permeabel sehingga kedua sel bisa menyatu • sel hibridoma kemudian diklon pada kultur sel sehingga dihasilkan banyak sel yang memiliki anti bodi tertentu sehingga dikenal dengan antibodi monoklonal yang bias disimpan lama dalam keadaan dibekukan Skematis dari teknik hibridoma untuk memproduksi antibodi monoklonal disajikan pada gambar di bawah ini.

"MIGUNANI TUMRAP ING LIYAN" MELAYANI INFORMASI BIOLOGI SEBANYAK BANYAKNYA UNTUK TINGKAT SMA, SMP YANG AKAN MENGHADAPI ULANGAN HARIANULANGAN BLOK ,ULANGAN UMUM, UJIAN NASIONALDAN TEST PERGURUAN TINGGI ATAUPUN TUGAS TUGAS YANG BERHUBUNGAN DENGAN BIOLOGI.

TIDAK PERLU PAKAI PASWORDPAKAI YANG ANEH ANEH .POKOKNYA INGIN PINTER SEGERA DOWNLOAD GRATIS HEHEHEHE "HOPEFULLY USEFUL".isharmanto bojonegoro • ► 2022 (7) • ► April (2) • ► February (1) • ► January (4) • ► 2021 (66) • ► December (5) • ► October (1) • ► September (3) • ► August (15) • ► July (11) • ► June (14) • ► May (3) • ► April (5) • ► March (2) • ► February (6) • ► January (1) • ► 2020 (45) • ► December (3) • ► November (3) • ► October (4) • ► September (9) • ► August (5) • ► July (3) • ► June (11) • ► May (2) • ► April (3) • ► March (1) • ► February (1) • ► 2019 (81) • ► December (8) • ► November (4) • ► October (1) • ► September (5) • ► July (1) • ► June (6) • ► May (3) • ► April (3) • ► March (7) • ► February (36) • ► January (7) • ► 2018 (54) • ► December (6) • ► November (8) • ► October (5) • ► September (6) • pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali August (1) • ► July (2) • ► June (5) • ► May (3) • ► April (2) • ► March (4) • ► February (10) • ► January (2) • ► 2017 (144) • ► Pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali (4) • ► November (5) • ► October (9) • ► September (16) • ► August (15) • ► July (5) • ► June (24) • ► May (17) • ► April (6) • ► March (6) • ► February (9) • ► January (28) • ► 2016 (338) • ► December (67) • ► November (45) • ► October (35) • ► September (27) • ► August (9) • ► July (7) • ► June (38) • ► May (8) • ► April (24) • ► March (35) • ► February (25) • ► January (18) • ► 2015 (392) • ► December (41) • ► November (37) • ► October (52) • ► September (24) • ► August (15) • ► July (40) • ► June (56) • ► May (20) • ► April (19) • ► March (25) • ► February (29) • ► January (34) • ► 2014 (378) • ► December (38) • ► November (35) • ► October (47) • ► September (62) • ► August (10) • ► July (9) • ► June (21) • ► May (18) • ► April (7) • ► March (58) • ► February (35) • ► January (38) • ► 2013 (295) • ► December (96) • ► November (28) • ► October (35) • ► September (42) • ► August (4) • ► July (7) • ► June (6) • ► May (11) • ► April (11) • ► March (21) • ► February (16) • ► January (18) • ► 2012 (374) • ► December (36) • ► November (39) • ► October (28) • ► September (13) • ► August (33) • ► July (53) • ► June (35) • ► May (28) • ► April (20) • ► March (35) • ► February (19) • ► January (35) • ► 2011 (403) • ► December (63) • ► November (30) • ► October (34) • ► September (18) • ► August (16) • ► July (15) • ► June (44) • ► May (28) • ► April (37) • ► March (34) • ► February (42) • ► January (42) • ► 2010 (668) • ► December (46) • ► November (51) • ► October (35) • ► September (39) • ► August (35) • ► July (58) • ► June (35) • ► May (51) • ► April (41) • ► March (91) • ► February (77) • ► January (109) • ▼ 2009 (232) • ► December (138) • ▼ November (66) • LATIHAN SOAL KELAS 10 • LATIHAN SOAL BIOLOGI UN 1 • LATIHAN SOAL BIOLOGI BERBOBOT • HIBRIDOMA - KENDALANYA • MIGRASI • SELF SKEMA • SIMPLIFIKASI SINTESA PROTEIN • RADIKAL BEBAS • ANTIOKSIDAN • SOAL VIRUS • RANGKUMAN MATERI Pernyataan yang berhubungan dengan produk antibiotik ada di bawah ini kecuali X • PREDIKSI UN KELAS X SERI C • PREDIKSI UN BIOLOGI KELAS X 2015 • ANALISA / PREDIKSI SKL 01 KLASIFIKASI NEW • SEL THEORY • BAKTERI • METABOLISME SEL SOAL • BIOTEKNOLOGI SOAL • KARAKTER INVERTEBRATA • BANK SOAL ( 1000 SOAL ) • TRY OUT NEGERI 4 • SOAL TRY OUT 2 UN 2010 • SOAL LATIHAN UN • MUTASI TEORI • THEORY SISTEM RESPIRASI • SYSTEM KOORDINASI HORMON • KULTUR JARINGAN • TRY OUT 5 • TEORI REPRODUKSI SEL • DESKRIPSI SKL BIOLOGI UN 2011 • SOAL REPRODUKSI SEL • SISTEM KOORDINASI SYARAF • PANCA INDRA • FUNGI - ESSAY • PROTISTA - ESSAY • BAKTERI - ESSAY • PROTISTA - JAMUR • PROTISTA-PROTOZOA • PROTISTA - ALGAE • SOAL PROTISTA • SKL 1 KEANEKA RAGAMAN • TEORI PROTISTA • FERMENTASI • KEMOSINTESIS • POLUSI • TRY JARINGAN HEWAN • TRY INVERTEBRATA • TEST AWAL SEL • SOAL LATIHAN FOTOSINTESIS • RESPIRASI SEL-SOAL • TRY SISTEM GERAK • TRY SYSTEM KOORDINASI • SOAL MUTASI DAN PEMBAHASAN • SOAL EKOLOGI 1 • BIOTEKNOLOGI THEORY • TRY METABOLISME SEL • SOAL-BAHAS SYST RESPIRASI • SINTESA PROTEIN 2 • VIRUS s/d FUNGI • EVOLUSI SOAL • SOAL CHORDATA - VERTEBRATA • SISTEM PENCERNAAN • SYNDROMA MANUSIA • ASAL USUL KEHIDUPAN • FAKTOR EXTERNAL PERTUMBUHAN • ANALISA SKL I UN 2011 • ► October (4) • ► September (18) • ► July (1) • ► April (4) • ► March (1) • ► 2008 (1) • ► October (1)

BAHAYA MENGGUNAKAN ANTIBIOTIK ANTI BIOTIK BERLEBIHAN I MEMILIKI KONSEKUENSI SERIUS I




2022 www.videocon.com