Kelentukan dapat dilatih dengan

kelentukan dapat dilatih dengan

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPesenam artistik putri Indonesia, Rifda Irfanaluthfi melakukan lompatan nomor balok keseimbangan di Rizal Coliseum Stadion RSMC Nino Aquino, Manila, Filipina, Rabu (4/12/2019). Rifda Irfanaluthfi menyumbang medali perak di nomor balance beam putri dengan total skor sebesar 7.033.

KOMPAS.com - Kemampuan tubuh dalam melakukan gerak dengan sendi tanpa menimbulkan gangguan pada bagian tersebut adalah kelentukan atau kelenturan atau fleksibilitas. Kelentukan sangat penting bagi atlet hampir semua cabang olahraga karena kelentukan dapat kelentukan dapat dilatih dengan risiko cedera pada otot dan sendi. Selain itu, kelenturan mampu menambah setiap atlet dari segi kecepatan, koordinasi, kelincahan, menghemat penggunaan tenaga, hingga memperbaiki sikap tubuh.

Oleh karena itu, kelentukan perlu banyak dilatih. Terlebih sejak usia dini. Baca juga: Cara Melatih Kelentukan Sendi Lutut Manfaat latihan kelentukan menyebabkan otot menjadi tidak kaku, lentur, mudah digerakkan atau elastis.

Macam-macam Bentuk Latihan Kelentukan Dikutip dari materi pendidikan Pengertian Kelentukan dan Cara Melatihnya karya Suharjana dari FIK UNY, berikut bentuk latihan kelentukan. • Latihan mencium lutut dalam posisi duduk pada gerakan senam lantai.

kelentukan dapat dilatih dengan

Latihan ini ditujukan untuk melatih kelenturan otot punggung. • Latihan mencium lutut dalam posisi berdiri pada gerakan senam lantai. Latihan ini ditujukan untuk melatih kelenturan otot punggung dan pinggang. • Latihan mencium lantai pada posisi duduk dengan kaki terlentang pada gerakan senam lantai.

Latihan ini bertujuan untuk melatih kelenturan otot punggung dan pinggang. • Latihan berbaring kangkang. Latihan ini bertujuan untuk melatih kelentukan otot pinggang. • Latihan kayang. Latihan kayang bertujuan untuk melatih kelentukan otot perut, punggung, dan pinggang.

• Latihan sikap cobra. Latihan ini dapat dilakukan untuk melatih kelenturan otot pinggang. • Latihan splits. Latihan ini meregangkan kedua kaki sehingga membentuk garis lurus.

Splits dapat melatih kelenturan otot selangkangan. Baca juga: Kelentukan: Pengertian, Latihan, dan Manfaat Macam-macam Kelentukan Untuk lebih lanjut, perlu dipahami bahwa kelentukan dibagi menjadi enam jenis. Berikut penjelasannya! • Kelentukan Umum • Kelentukan Pasif • Kelentukan Aktif • Kelentukan Khusus • Kelentukan Statis • Kelentukan Dinamis Baca juga: Fungsi Senam Lantai KOMPAS.com - Kebugaran jasmani memiliki sejumlah unsur utama kelentukan dapat dilatih dengan kekuatan, daya tahan, kelincahan, kecepatan dan kelentukan.

Unsur kelentukan dalam kebugaran jasmani dapat diartikan sebagai tingkat penyesuaian seseorang pada segala aktivitas kerja secara efektif, efisien, dan optimal saat mengulurkan bagian tubuh. Seperti dilansir dari laman Very Well Fit, kelentukan bisa dipahami juga sebagai kondisi kebugaran komponen tubuh untuk menjangkau dan persendian gerak. Adapun setiap bagian otot maupun persendian dalam tubuh bisa saja memiliki tingkat kebugaran dari segi kelentukan yang berbeda.

Oleh karena itu tingkat kelentukan tubuh dalam gerakan akan diperoleh berkat latihan secara teratur. Ragam latihan kelentukan umumnya melatih tubuh atau bagian tertentu, untuk bergerak dalam satu ruang atau jangkauan seluas mungkin. Baca juga: Unsur-unsur Kebugaran Jasmani Metode atau bentuk latihan kelentukan dapat dilatih dengan dapat digunakan untuk mengembangkan kelentukan antara lain gerakan kayang, berbaring kangkang, atau senam lantai sederhana.

Gerakan latihan kayang dapat melatih kelentukan otot perut, punggung, dan pinggang dalam waktu bersamaan jika dilakukan secara rutin. Jenis latihan berbaring kangkang memberi manfaat berupa kebugaran jasmani yakni kelentukan pada otot pinggang. Sejumlah gerakan senam lantai sederhana seperti mencium lutut dalam posisi duduk, berdiri, maupun posisi duduk dengan kaki terlentang bisa meningkatkan kelentukan otot punggung dan pinggang. Bentuk olahraga lain yang bisa memberi manfaat berupa kelentukan adalah yoga dan renang, karena adanya gerak aktif mengulurkan bagian tubuh maupun menggerakkan persendian.

Baca juga: Jenis Latihan Fisik untuk Meningkatkan Kebugaran Tubuh Tingkat kebugaran jasmani berupa kelentukan bisa mengurangi risiko cedera seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Latihan kebugaran jasmani untuk kelentukan secara rutin juga dapat memperbaiki sikap maupun postur tubuh.
Fleksibelitas adalah jangkauan gerakan yang dapat dilakukan tangan dan kaki.

Kulit, jaringan yang berhubungan, dan kondisi sendi membatasi jangkauan gerakan, begitu juga dengan lemak tubuh yang berlebihan. Cedera terjadi bila tangan dan kaki dipaksa bergerak melebihi jangkauan normalnya, jadi meningkatnya fleksibelitas mengurangi potensi ini. Latihan fleksibelitas sangat penting bila anda berlatih untuk meningkatkan tenaga atau daya tahan.

Latihan ini membantu anda mempertahankan jangkauan gerakan yang dapat saja berkurang. Kebanyakan pelari memilih peregangan untuk membuat waktu luang menjadi lebih menyenangkan. Betis, hamstring, kunci paha, otot punggung menjadi tegang dan sakit, khususnya setelah intensitas atau durasi latihan ditambah, dan peregangan setiap hari dapat menunjukkan perbedaan antara kesenangan dan ketidaknyamanan.

Fleksibelitas memberikan kontribusi pada pekerjaan dan olahraga. Kurangnya fleksibelitas diimplikasikan dalam perkembangan cedera yang akut dan kronis dan masalah di bagian bawah punggung.

Kita semua mendapat keuntungan dari latihan peregangan secara teratur, dan orang yang lebih tua memiliki kebutuhan khusus, karena jaringan yang berhubungan menjadi semakin tidak elastis. 10 latihan fleksibelitas ini dapat digunakan dalam program kebugaran otot anda. Ingatlah untuk melakukan setiap peregangan dilakukan dengan gerakan yang lambat dan halus, jangan menyentak. Teruslah bernafas secara normal selama setiap latihan.

Lakukan peregangan di awal sesi latihan untuk kelentukan dapat dilatih dengan otot menghadapi aktivitas yang lebih berat, dan pada akhir latihan untuk mengurangi rasa sakit. Latihan ini akan meregangkan punggung dan hamstring. Dengan jari kaki diarahkan ke atas, perlahan-lahan luncurkan tangan ke bawah kaki hingga anda merasakan peregangan, tahan posisi ini. Pegang pergelangan kaki anda, dan perlahan-lahan tarik hingga kepala mendekati kaki. Lemaskan. Tarik jari kaki ke belakang, dan perlahan-lahan berusaha menyentuhnya.

Ulangi beberapa kali.

kelentukan dapat dilatih dengan

Untuk variasi, anda dapat mencoba menyentuh jari dengan kaki direntangkan. Otot dan sendi yang dilatih adalah otot-otot bagian dorsal tungkai atas ( Hamstring muscles) dan sendi lutut, tujuannya adalah agar otot-otot tersebut cukup lentur sehingga orang tersebut dapat melenturkan kelentukan dapat dilatih dengan pada sendi pangkal paha tanpa mengganggu otot-otot punggung.

Pada keadaan ini umumnya otot-otot pendek bagian dorsal tungkai atas akan tertarik dan menyebabkan rasa sakit di bagian pinggang. Otot dan sendi yang dilatih adalah bagian lateral tungkai atas (otot-otot abduktor) yang terdiri dari : (1) muskulus abduktor maldanus sebelah dalam, (2) muskulus abduktor brevis sebelah tengah, (3) muskulus abduktor longus sebelah luar dan sendi lutut, sendi panggul. Tujuannya adalah menambah kelenturan tungkai atas dan pada waktu yang bersamaan meregangkan pita tendo yang terbentang antara crista iliaca sampai permukaan lateral lutut ( tractus iliotibialis).

Pita tendo yang terlalu tegang dapat menyebabkan cedera pada condylus lateralis tibia misalnya pada pelari-pelari jarak jauh (disebut runner's knee). Gerakan ini meregangkan kunci paha dan paha dalam. Tarik pergelangan kaki anda sambil menekan kaki ke bawah dengan siku selama 6 detik, istirahat kelentukan dapat dilatih dengan detik, kemudian tekan lagi selama 10 detik, lalu posisi ini ditahan selama 6 detik, istirahat lagi 2 detik dan akhirnya ditekan lagi dengan kedua tangan selama 10 detik dengan otot-otot pangkal paha dalam keadaan relaksasi.

Untuk variasi, anda dapat membungkuk ke depan dan berusaha menyentuhkan kepala ke kaki atau lantai. Otot dan sendi yang dilatih adalah otot-otot abduktor yang terdiri dari : (1) muskulus abduktor maldanus sebelah dalam, (2) muskulus abduktor brevis sebelah tengah, dan (3) muskulus abduktor longus sebelah luar, muskulus rectus femoris dan sendi panggul, sendi lutut.

Tujuannya adalah untuk menambah panjang golongan otot-otot tertentu dan memperluas jangkauan gerak pada tiap persendian yang dilalui otot tersebut.

kelentukan dapat dilatih dengan

Peregangan ini baik sekali untuk menyembuhkan otot-otot pendek (akibat cedera atau karena latihan yang salah) agar mencapai panjangnya yang normal kembali. Latihan ini melatih otot betis dan paha. Perlahan-lahan lakukan posisi melangkah dengan kaki yang berada di depan datar di atas lantai, lutut lurus di atas pergelangan kaki, dan kaki yang di belakang pada jari. Letakkan tangan anda pada kursi atau lantai untuk menjaga keseimbangan. Tahan selama 10 hitungan, kemudian lakukan pada kaki lainnya.

Otot dan sendi yang dilatih adalah bagian dorsal pergelangan kaki (otot-otot fleksor pangkal kaki) yang terdiri dari : (1) muskulus biseps femoris, (2) muskulus semi membranosus, (3) muskulus semi tendinosis, (4) muskulus sartorius, muskulus gastronemius, muskulus soleus dan sendi panggul, sendi lutut. Tujuannya adalah agar otot-otot bagian dorsal sendi pangkal kaki tidak menghambat kelenturan sendi tersebut.

Bila otot-otot ini pendek, ini akan menimbulkan ketegangan (kekakuan) terhadap otot-otot bagian ventral tungkai bawah dan hal ini memudahkan terjadinya cedera. Gerakan ini meregangkan otot betis dan melatih kelenturan sendi pergelangan tangan ( kelentukan dapat dilatih dengan radiocarpea). Berdirilah 3 kaki dari dinding, kaki sedikit direnggangkan.

Letakkan kedua tangan di dinding. Dengan tumit di atas lantai, miringkan tubuh ke depan perlahan-lahan dan rasakan peregangan di betis anda. Tahan posisi ini selama 15 hingga 20 detik. Ulangi kelentukan dapat dilatih dengan kali. Otot dan sendi yang dilatih adalah bagian dorsal pergelangan kaki (otot-otot fleksor pangkal kaki) yang terdiri dari : (1) muskulus biseps femoris, (2) muskulus semi membranosus, (3) muskulus semi tendinosis, (4) muskulus sartorius, muskulus gastronemius, muskulus soleus dan wrist joint.

Tujuannya adalah agar otot-otot bagian dorsal sendi pangkal kaki tidak menghambat kelenturan sendi tersebut dan menambah kelenturan pada gerakan dorsofleksi. Penggunaannya adalah pada olahraga yang menggunakan raket seperti tenis dan tenis meja. Otot dan sendi yang dilatih adalah otot-otot tungkai yakni otot-otot abduktor terdiri dari : (1) muskulus abduktor maldanus sebelah dalam, (2) muskulus abduktor brevis sebelah tengah, dan (3) muskulus abduktor longus sebelah luar, otot-otot extensor (quadriseps) terdiri dari : (1) muskulus rektus femoris, kelentukan dapat dilatih dengan muskulus vastus lateralis eksternal, (3) muskulus vastus medialis internal, (4) muskulus inter medialis, otot-otot fleksor yang terdiri dari : (1) muskulus biseps femoris, (2) muskulus semi membranosus, (3) muskulus semi tendinosis, (4) muskulus sartorius, otot-otot tungkai bawah yang terdiri dari : (1) muskulus tibialis anterior, (2) muskulus ekstensor falangus longus, (3) muskulus popliteus, (4) muskulus fleksor falangus longus, (5) muskulus tibialis posterior, muskulus trapezius, muskulus latimus dorsi, muskulus romboid, muskulus seratus posterior, dan genu, tibia fibula superior dan inferior, talokruralis.

Otot dan sendi yang dilatih adalah muskulus brakialis, muskulus karpi radialis longus, bisep, trisep, muskulus deltoid, muskulus trapezius, muskulus latisimus dorsi, dan akromio clavicula, artikulasio humeri, radio ulnaris superior dan inferior.

Tujuannya adalah menambah kelenturan badan terutama di daerah punggung. Otot dan sendi yang dilatih adalah muskulus deltoid, muskulus trapezius, muskulus latimus dorsi, dan sendi bahu, akromio clavicula, radio ulnaris superior dan inferior. Tujuannya adalah menambah kelenturan sendi bahu yang sangat diperlukan untuk berolahraga, misalnya bulu tangkis, tenis, golf, bola voli dan renang.

Otot dan sendi yang dilatih adalah muskulus brakialis, muskulus karpi radialis, bisep, trisep, muskulus rektus femoris, muskulus gastronemius, muskulus soleus, kuadrisep, hamstring, dan akromio clavicula, artikulasio humeri, radio ulnaris superior dan inferior, bagian dorsal pergelangan kaki (otot-otot fleksor pangkal kaki) yang terdiri dari : (1) muskulus biseps femoris, (2) muskulus semi membranosus, (3) muskulus semi tendinosis, (4) muskulus sartorius, muskulus gastronemius, muskulus soleus dan sendi lutut.

Tujuannya adalah menambah kelenturan tangan dan kaki. Metode latihan penguatan dasar dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu : metode isometris, isotonis dan isokinetis.

kelentukan dapat dilatih dengan

Metode isometris membutuhkan kontraksi otot melawan resistensinya tanpa harus mengubah panjang otot dan tanpa mengubah sudut persendian. Metode isotonis membutuhkan adanya perubahan panjang otot dan perubahan dalam posisi persendian pada saat memindahkan gerakan resistensi atau memindahkan berat dalam bentuk lengkungan gerakan.

Metode isokinetis menggunakan kecepatan yang konstan dengan resistensi yang bervariasi (apabila kekuatan melawan otot berubah maka harus disesuaikan dengan adanya perubahan posisi sendi) selama melakukan gerakan-gerakan melengkung.

Dari ketiga metode latihan tersebut, semuanya dapat memberikan hasil yang optimal apabila latihan tersebut menggunakan beban secara progresif (dilakukan bertahap dengan beban yang bertambah), akan menghasilkan kekuatan pada otot, power, dan ketahanan otot.

Ambil posisi berdiri atau duduk, kedua tangan kelentukan dapat dilatih dengan berpegangan di belakang punggung dengan kedua siku tetap lurus. Tarik kedua punggung ke arah belakang dan tekan (rengkuhkan) tulang belikat (tulang punggung) secara bersamaan. Bertahanlah pada posisi meregang selama 10 detik. Ulangilah gerakan tersebut 10 kali. (Latihan ini baik sekali untuk mengembalikan struktur tubuh terutama bagi orang-orang yang banyak melakukan pekerjaan sambil duduk di kursi, pekerja kantor atau para sekretaris operator komputer).

Otot dan sendi yang dilatih adalah muskulus bisep, muskulus trisep, muskulus karpi radialis longus, muskulus deltoid, muskulus teres mayor, dan akromio clavicula, artikulasio humeri, radio ulnaris superior dan inferior.

Berdiri dengan posisi kaki maju selangkah di depan, kaki yang lain tetap (kuda-kuda kaki lurus). Kedua siku anda menegang secara penuh, berada di samping tubuh anda.

kelentukan dapat dilatih dengan

Angkat dumbel dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas kemudian berhenti (bertahan) pada saat mencapai sudut 100 derajat dengan siku anda. Bertahanlah pada posisi meregang selama 5 detik. Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali. a) Posisi berdiri, angkat dumbel pembeban sampai melewati kepala, arahkan kedua siku ke arah atas (langit-langit) dengan kedua tangan berada di samping kepala.

Regangkan kedua siku anda pada saat mengangkat beban dumbel ke atas kepala, tahan sebentar. Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali secara perlahan-lahan. a) Berbaring terlentang (punggung mendatar pada lantai) dengan kedua lutut ditekuk.

Kedua lengan tegak lurus dengan tubuh anda.

kelentukan dapat dilatih dengan

Angkat dumbel ke atas kepala. Usahakan kedua siku anda tetap lurus. Berhenti sebentar pada saat mencapai puncak, kemudian turunkan lagi secara perlahan-lahan. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali. b) Berbaring dengan punggung mendatar pada lantai, letakkan kedua lengan tegak lurus dengan tubuh anda dan kedua siku dibengkokkan 90 derajat. Perlahan-lahan angkat dumbel ke atas kepala dan regangkan kedua siku. Bertahan sebentar pada waktu posisi puncak. Kemudian perlahan-lahan turunkan.

Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali. Duduk di samping bangku, letakkan lengan bawah di atas bangku pada bagian tepi, dengan telapak tangan menghadap ke bawah, pegangi erat-erat dumbel dan tegangkan pergelangan tangan ke atas. Bertahanlah pada posisi meregang selama 5 detik. Turunkan secara pelahan-lahan. Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali.

Berbaring dengan perut mendatar (telungkup) pada sebuah bidang datar. Letak siku anda pada tepi bidang tersebut, lengan tegak lurus dengan tubuh anda. Pegang erat-erat dumbel, posisi siku anda membentuk 90 derajat dengan lengan bawah menggantung pada tepi bidang. Angkat lengan bawah ke arah belakang dengan telapak tangan menghadap ke atas. Bertahanlah pada posisi meregang selama 5 menit.

Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali. Berbaring dengan punggung mendatar, kedua lutut dibengkokkan. Usahakan punggung anda mendatar penuh pada lantai dengan mencoba mengencangkan otot-otot abdominal bawah dan otot-otot pantat, dan rengkuhkan pelvis belakang.

Bertahanlah pada posisi meregang selama 10 detik. Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali. a) Berbaring dengan punggung mendatar, kedua lutut dibengkokkan. Kepala dan kedua bahu ditekuk (dibengkokkan) 30 derajat. Bertahanlah pada posisi meregang selama 5 detik.

Lakukan gerakan tersebut dengan posisi kedua lengan di samping tubuh anda, kemudian secara bertahap cobalah untuk meletakkan kedua lengan menyilang pada dada, kemudian kedua lengan diletakkan di belakang kepala. b) Berbaring dengan punggung mendatar, posisi kedua paha membentuk sudut 90 derajat vertikal (terangkat lurus). Kemudian secara perlahan-lahan turunkan kedua kaki secara bersamaan.

Berhentilah pada saat posisi punggung bawah menyentuh kelentukan dapat dilatih dengan. Jangan menurunkan kedua kaki melebihi sudut 45 derajat. Bertahanlah pada posisi meregang selama 5 detik. Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali. a) Berbaring dengan punggung mendatar, kedua lutut dibengkokkan. Angkat batang tubuh anda ke atas, sambil mengarahkan salah satu bahu ke arah lutut secara berlawanan. Bertahanlah pada posisi meregang selama 5 detik.

Kembali ke posisi permulaan lagi, kemudian angkat bahu yang lainnya ke arah lutut yang berlawanan. Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali. b) Berdiri tegak dengan masing-masing tangan memegang dumbel, bengkokkan batang tubuh anda ke arah samping. Tahan sesaat, kemudian perlahan-lahan luruskan batang tubuh anda ke posisi tegak lurus kembali. Gantilah dengan melakukan gerakan yang sama pada posisi yang berlawanan.

Ulangilah gerakan tersebut kelentukan dapat dilatih dengan kali. a) Berbaring dengan perut mendatar, letakkan kedua lengan di samping batang tubuh anda. Angkat kedua bahu dan dada bagian atas, jangan mencoba membengkokkan punggung secara berlebihan. Bertahanlah pada posisi meregang selama 5 detik. Setelah melakukan latihan ini, secara bertahap anda dapat melakukannya di atas bidang permukaan dengan posisi sebagian dada menggantung pada tepi (ujung) bidang, kelentukan dapat dilatih dengan mengangkat sampai pada posisi horisontal.

Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali. b) Duduk pada kursi, secara perlahan-lahan rengkuhkan tubuh anda ke bawah di antara kedua kaki semaksimal mungkin. Lakukan gerakan dengan penuh konsentrasi dan terkontrol terutama pada saat merengkuhkan tulang pinggang ke bawah. Tahan gerakan anda sebentar, kemudian perlahan-lahan angkat punggung ke posisi tegak lurus (jangan menggunakan pembeban). Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali. sabrahackney 4 Maret 2022 17.18 The 20 Best Casinos in San Francisco, CA - Mapyro Best casinos in San Francisco · 1.

Golden Nugget Bay · 2. 안산 출장안마 Treasure Island · 하남 출장안마 3. Bally's ë³´ë ¹ 출장마사지 Resort & Casino · 4. The Venetian 포천 출장샵 · 5. The Venetian 춘천 출장안마 Balas Hapus Pendidikan olahraga kelentukan dapat dilatih dengan pembelajaran yang sangat penting dan bisa membantu untuk menjaga kesehatan setiap manusia.

Kegiatan olahraga juga banyak macamnya, mulai dari latihan kelentukan, latihan kekuatan, latihan kebugaran, latihan kecepatan, dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai latihan kelentukan, anda pasti secara tidak sadar sudah pernah melakukan olahraga yang satu ini. Umumnya olahraga ini sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan oleh semua orang. Kelentukan juga membuat setiap individu memiliki otot yang lebih fleksibel alias tidak kaku.

Daftar Isi Materi • Latihan Kelentukan • Contoh Latihan Kelentukan • Sebarkan ini: • Posting terkait: Latihan Kelentukan Kelentukan pada dasarnya merupakan kemudahan maupun keleluasaan yang dimiliki sesorang terutama dalam melakukan gerak pada otot-otot persendian.

Latihan kelentukan yang disebut dengan fleksibilitas ini memiliki tujuan yang sangat baik antara lain yaitu membentuk otot-otot persendian menjadi tidak kaku dan dapat bergerak dengan leluasa tanpa ada gangguan yang berarti.

Sebagai informasi setiap prinisp latihan kelentukan, anda harus melakukan gerakan yang disesuaikan dengan sifat dan bentuk dari persendian agar terjadi kenyamanan dalam meakukan latihan kelentukan itu sendiri. Contoh Latihan Kelentukan Latihan kelentukan ini juga memiliki banyak macamnya dan berikut dibawah ini yang menjadi contoh latihan kelentukan ialah; • Latihan kelentukan otot leher Latihan kelentukan otot kelentukan dapat dilatih dengan Kelentukan otot leher ini memiliki tujuan paling utama yaitu di bagian otot sesuai dengan namanya.

Latihan ini biasanya melatih bagian persendian otot leher ke depan, samping, dan belakang. Selanjutnya untuk melakukan latihan kelentukan otot leher ada beberapa hal tahapan yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut : • Posisikan badan agar berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan di letakkan di pinggang dan pandangan ke depan • Lakukan gerakan dengan memiringkan kepala dari kiri ke kanan dengan hitungan 4 X 2 • Selanjutnya lakukan gerakan lanjutan yaitu dengan menganggukkan kepala ke bawah dan ke atas dengan hitungan 4 X 2 • Gerakan berikutnya yaitu kepala menengok dari arah ke kiri dan ke kanan dengan hitungan 4 X 2 • Terakhir, putar kepala ke arah kiri 4 kali dan ke arah kanan 4 kali • Latihan kelentukan sendi bahu Latihan kelentukan sendi bahu Lathihan kelntukan sendi bahu memiliki tujuan yaitu untuk melatih persendian bahu dan memperluas gerak bahu.

Latihan ini perlu dilakukan beberapa tahapan dan berikut dibawah ini cara melakukan latihan kelntukan sendi bahu ialah: • Pertama-tama buka kedua kaki dengan lebar dan rentangkan tangan setinggi bahu • Selanjutnya rentangkan kedua tangan lurus ke samping, lakukan gerakan putararan kedua lengan secara perlahan-lahan kemudian dipercepat dan putaran mulai kecil kemudian diperbesar • Lakukan gerakan yang diawali dengan memutar lengan ke arah depan 8 kali kemudian ke arah belakang 8 kali • Latihan kelentukan otot pinggang Kelentukan otot pinggang Contoh kelentukan yang berikutnya yaitu latihan kelentukan otot punggung.

Tujuan dari latihan ini ialah untuk memperluas gerakan otot pinggang dan melenturkan otot-otot pinggang itu sendiri. Gerakan dalam latihan kelentukan otot pinggang ada beberapa cara yaitu sebagai berikut ini : • Posisis tubuh berdiri tegak dengan catatan kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan di atas pinggang serta lakukan gerakan membengkokkan ke samping kiri dan kanan secara bergantian 4 kali • Letakkan tangan di atas kepala, buat telapak tangan memiliki kerapatan yang baik dan luruskan lengan.

Ulangi gerakan dengan membengkokkan ke samping kanan dan kiri secara bergantian 4 X 4 • Berikutnya letakkan tangan di atas pinggang dan lakukan putaran batang tubuh 4 X 4 • Terakhir, letakkan tangan kelentukan dapat dilatih dengan atas kepala, telapak tangan rapat, lengan lurus.

Putar batang tubuh ke kanan dan ke kiri 4 X 4 • Latihan kelentukan sendi pinggul Kelentukan kelentukan dapat dilatih dengan pinggul Tujuan dari latihan ini yaitu melatih kelenturan sendi dan otot pinggul. Dalam kelentukan sendiri pinggul ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut : • Awali posisi tubuh anda dengan cara berdiri tegak dan rapatkan kedua kaki dengan kedua tangan lurus di atas kepala • Selanjutnya ayunkan kedua lengan dari bawah dengan cara menekuk lutut sampai bengkok dan lakukan gerakan berikutnya yaitu gerakan tangan ke atas sampai di atas kepala • Gerakan bisa dilakukan secara bergantian dari bawah ke atas dan dari atas ke bawah dengan hitungan 2 X 4 • Latihan kelentukan sendi lutut Latihan kelentukan sendi lutut Kegiatan olahraga ini memberikan tujuan untuk melatih kelenturan sendi lutut dan menguatkan sendi lutut.

Cara untuk melakukan kelentukan sendiri lutut yaitu sebagai berikut: • Berdiri tegak, kemudian letakkan salah satu kaki di depan dengan lutut kaki yang berada di depan ditekuk • Tapakan kedua telapak tangan di lantai sejajar dengan kaki yang di depan • Tekan pinggul ke bawah dengan posisi kaki bergantian yang mulanya di depan ganti ke belakang dan yang belakang ganti di depan • Latihan kombinasi gerak sendi pinggang, pinggul dan lutut Latihan kombinasi gerak sendi pinggang, pinggul dan lutut Latihan kombinasi gerak sendi pinggang, pinggul dan lutut ini merupakan latihan yang bisa melatih koordinasi gerakan sendi pinggul, pingang, dan lutut.

Ada beberapa cara yang bisa dimulai untuk melakukan latihan ini yaitu sebagai berikut: • Posisi badan berdiri tegak dan rapatkan kedua kaki dengan kedua tangan di samping badan • Kemudian bungkukkan badan ke depan, kedua kaki lurus, kepala dirundukkan dan kedua telapak tangan menyentuh tanah • Lakukan gerakan jongkok pada saat memasuki hitungan kedua dan tumit di angkat dengan kedua tangan lurus ke depan sejajar dengan bahu • Saat hitungan ketiga posisikan tubuh seperti di awal • Hitungan ke empat, angkat kedua tangan ke atas ke belakang, kepala tengadah ke atas • Latihan kelentukan pergelangan tangan Latihan kelentukan ini memiliki tujuan yang sangat baik yaitu untuk melemaskan otot dan persendian pergelangan tangan.

Latiha ini ada beberapa cara yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut: • Posisi tubuh berdiri tegak dan buka kaki selebar bahu • Tangan lurus ke depan dengan mengaitkan jari – jari kedua tangan • Lakukan gerakan memutar pada pergelangan kedua tangan dengan posisi saling berkaitan • Lakukan gerakan tersebut dengan hitungan 2 X 8 • Latihan kelentukan merenggutkan tangan Latihan kelentukan yang satu ini memiliki tujuan untuk melentukkan pergelangan jari – jari tangan.

Pelaksanaan latihan ini cukup mudah dengan cara-cara sebagai berikut • Tubuh berdiri tegak dan kaki dibuka selebar bahu. • Lakukan gerakan merenggutkan tangan posisi di depan dada sebanyak 8 kali hitungan. • Gerakan membungkukkan badan 8 kali. • Gerakan memutar pinggang ke arah kiri dan ke arah kanan sebanyak 8 kali. • Latihan kelentukan badan Contoh latihan kelentukan yang selanjutnya yaitu kelentukan badan. Perlu anda ketahui bahwa dalam latihan kelentukan badan ini ada tujuan yang hendak dicapai yaitu melemaskan otot pinggang.

Dengan tahapan mengiyang-goyangkan secara berlahan pinggang. • Latihan peregangan Latihan peregangan termasuk contoh latihan kelentukan yang cukup dikenal dan secara tidak sadar mungkin sudah pernah atau sering dilakukan seseorang dalam melakukan aktivitas sehar-hari.

Tujuan latihan kelentukan peregangan ini yaitu untuk melenturkan otot. • Latihan tidur telentang Tidur telentang pada dasarnya termauk latihan kelentukan.

Karena pada kegiatan ini anda bisa mengangkat kedua kaki dengan setinggi-tingginya dan biarkan kedua tangan lurus di lantai. Gerakan ini bisa dilakukan untuk melatih kelentukan tubuh.

• Latihan gerakan kayang Kelentukan gerakan kayang Sama halnya dengan gerakan-gerakan yang lain, kayang adalah salah satu contoh latihan kelentukan yang bermanfaat untuk memberikan kelenturan pada bagian tubuh terutama pada punggung. Alasannya karena manfaat kelentukan dapat dilatih dengan didapatkan dari kayang ini mampu membuat seluruh tubuh bergera seperti roda.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa latihan kelentukan merupakan olahraga yang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi jika anda sudah mengetahui secara pasti teknik atau cara-cara yang baik untuk melakukan gerakan kelentukan, maka anda akan mampu untuk melakukan latihan kelentukan ini dengan mudah tanpa panduan dari orang lain.

Oleh karena itulah latihan ini menjadi cabang olahraga yang cukup mudah dilakukan dan biasanya dalam latihan ini berkaitan dengan ruang gerak persendian yang ada pada tubuh manusia.

Kelentukan berhubungan pula dengan elastisitas otot, maka dari itu melalui latihan ini proses fleksibelitas dalam tubuh akan lebih dirasakan. Latihan kelentukan membutuhkan pengembangan yang baik terutama untuk kelentukan tubuh dengan cara latihan peregangan otot dan latihan untuk memperluas ruang gerak persendian. Sebagai informasi pula bahwa latihan kelntukan ini pada dasarnya juga berhubungan dengan istilah latihan keseimbangan. Melalui bentuk, tubuh yang fleksibel maka daya keseimbangan tubuh juga bisa terjaga semakin baik.

Itulah akibatnya bahwa latihan kelentukan memberikan pengaruh yang baik pula untuk menjaga keseimbangan tubuh anda. Nah, demikinalah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh latihan kelentukan dan teknik untuk melakukannya. Semoga mampu menambah pengetahuan bagi siapapun yang membutuhkan. Posting terkait: • Pengertian Latihan Fisik, Jenis, Teknik Melakukan, dan Manfaatnya • 5 Manfaat Daya Tahan bagi Tumbuh Manusia yang Baik • 20 Macam Permainan Bola Besar dan Penjelasannya Posting pada Contoh, Fisik dan Jasmani, Latihan Ditag cara melakukan latihan kelentukan, contoh latihan kelentukan, jenis latihan kelentukan, latihan kelentukan, latihan kelentukan pada tubuh, macam latihan kelentukan, teknik latihan kelentukan Navigasi pos Kategori • Atlentik • Catur • Ciri • Contoh • Dampak • Fisik dan Jasmani • Lari • Latihan • Macam • Manfaat • Materi Penjaskes • Olahraga • Pandauan Teknik • Pencak Silat • Pengertian Ahli • Penyelamatan • Peraturan Permainan • Permainan • Ragam Bahasan • Sejarah • Senam • Teknik • Tokoh • Tujuan • Unsur
Kelentukan yang dalam pendidikan jasmani bisa dikatakan fleksibilitas sangatlah penting dalam menjaga kebugaran, alasannya karena memungkinkan kinerja yang lebih baik saat bermain olahraga serta menjalankan aktivitas sehari-hari.

Latihan kelentukan ini juga membuat gerakan membungkuk, berjalan, dan mengangkat lebih mudah. Hal itu sebagaimana laporan Ahli Bedah Umum A.S. tentang aktivitas fisik dan kesehatan, yang menyatakan bahwa fleksibilitas didefinisikan sebagai komponen kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan yang berhubungan dengan rentang gerak yang tersedia di sendi.

Sedangkan untuk contoh latihan kelentukan meliputi latihan peregangan untuk memperpanjang otot dan mungkin termasuk kegiatan seperti yoga atau Tai Chi. Tingkat kelentukan togok (tubuh) bisa diukur dengan menggunakan sits and reach test, sedangkan tingkat kelentukan sendi pinggul bisa diukur dengan menggunakan split test, dan lain sebagainya. Daftar Isi Materi • Latihan Kelentukan • Pengertian Latihan Kelentukan • Prinsip Latihan Kelentukan • Tujuan Latihan Kelentukan • Manfaat Latihan Kelentukan • Contoh Latihan Kelentukan • Sebarkan ini: • Posting terkait: Latihan Kelentukan Latihan kelentukan yang dikenal juga dengan kelenturan mengacu pada rentang gerakan dalam sendi atau serangkaian sendi dan panjang otot yang melintasi sendi untuk menginduksi gerakan membungkuk.

kelentukan dapat dilatih dengan

Kelentukan bervariasi antara individu, terutama dalam hal perbedaan panjang otot otot multi-sendi. Kelentukan pada beberapa sendi bisa ditingkatkan sampai taraf tertentu dengan arti olahraga, dengan meregangkan komponen latihan yang umum untuk mempertahankan atau meningkatkan kelentukan. Hipermobiliti, juga dikenal sebagai double-jointedness, menggambarkan sendi yang membentang lebih jauh dari biasanya.

Kelentukan ditingkatkan dengan peregangan. Peregangan hanya boleh dimulai ketika otot hangat dan suhu tubuh meningkat. Agar efektif saat melakukan peregangan, gaya yang diterapkan pada tubuh harus tepat (tidak menyebabkan rasa sakit) dan perlu ditahan setidaknya selama sepuluh detik.

Meningkatkan rentang gerakan menciptakan postur yang baik dan mengembangkan kinerja yang mahir dalam kegiatan sehari-hari yang meningkatkan masa hidup dan budaya hidup sehat keseluruhan individu. Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa peregangan dapat meningkatkan kelentukan atau fleksibilitas. Tetapi kita tidak perlu melakukan peregangan berjam-jam untuk menikmati manfaat dari pelatihan fleksibilitas. Kita dapat mengikuti kelas peregangan atau menonton video online yang berfokus hanya pada latihan peregangan untuk meningkatkan rentang gerak di seluruh tubuh.

Program-program tersebut umumnya dimulai dengan pemanasan lembut untuk meningkatkan suhu tubuh. Kemudian, berkembang melalui serangkaian latihan peregangan untuk memanjangkan otot-otot di kaki, tangan, pinggul dan batang tubuh, dan akhirnya naik melalui kepala dan leher.

Ada berbagai jenis peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas, diantaranya yaitu: • Peregangan Statis Pemanasan statis bisa dilakukan dengan cara bergerak ke posisi yang memanjangkan otot kelentukan dapat dilatih dengan dan menahan posisi selama 15-60 detik. Ingatlah untuk bernapas saat kita memegang setiap peregangan. • Peregangan Dinamis Caranya yaitu bergerak keluar dari posisi yang memanjangkan otot target. Peregangan dinamis sering melibatkan gerakan memantul lembut dan kadang-kadang disebut peregangan balistik.

• Active Isolated Stretching (AIS) Caranya yaitu menggerakkan sendi melalui rentang gerakan yang lengkap, memegang titik akhir hanya sebentar, lalu kembali ke titik awal dan ulangi.

Banyak atlet dan berolahraga aktif menggunakan peregangan terisolasi aktif untuk mencegah cedera atau ketidakseimbangan otot. Pengertian Latihan Kelentukan Kelentukan dapat dilatih dengan kelentukan adalah keberadaan ruang gerak persendian dan elastisitas otot yang lebih luas.

kelentukan dapat dilatih dengan

Kelentukan dapat diartikan sebagai kemampuan menggerakkan persendian dan otot pada seluruh ruang geraknya. Selain persendian, kelentukan juga ditentukan oleh keelastisan otot-otot tendon dan ligamen. Kelentukan bisa diperoleh melalui berbagai latihan peregangan yang bisa dilakukan di manapun dan dalam posisi apapun. Sehingga bisa dikatakan bahwa, kelentukan berbicara tentang kemampuan fungsi persendian atau pergelangan seperti sendi bahu, lutut, kaki, pinggul, pergelangan tangan dan lain-lain.

Kemampuan kelentukan ditandai oleh adanya keluasan gerakan yang bisa dilakukan pada persendian/pergelangan. Melakukan peregangan bisa sambil duduk atau berdiri, dan menggunakan bermacam-macam benda sebagai alat bantu latihan, misalnya yaitu menggunakan tembok, kursi, lemari, dan sebagainya.

Akan tetapi, apabila kita belum mampu melakukan latihan secara lengkap, berikut ini cara kreatif dalam melakukan latihan kelentukan, diantaranya yaitu: • Menggunakan tangga sebanyak mungkin dan menghindari lift maupun elevator. Sebagai variasi, kita bisa melompati 2 anak tangga sekaligus, atau mempercepat langkah kita.

• Berjalanlah kelentukan dapat dilatih dengan yang kita bisa. Terdapat beragam cara yang bisa kita lakukan lakukan,- misalnya dengan memarkir kendaraan agak jauh dari tujuan, dan hindari berbelanja secara drive-through.

Apabila kita memindahkan barang-barang, jangan lakukan sekaligus sehingga kita perlu berjalan bolak-balik. Pengertian Kelentukan Menurut Para Ahli Adapun definisi kelentukan menurut para kelentukan dapat dilatih dengan, antara lain: • Jonath dan Krempel ( 1981), Latihan kelentukan ( flexibility) adalah kemampuan tubuh untuk melakukan latihan-latihan dengan amplitudo gerakan yang besar atau luas. • Bompa ( 2000), Pengertian latihan kelentukan atau fleksibilitas mengacu pada rentang gerakan di sekitar persendian.

Prinsip Latihan Kelentukan Prinsip-prinsip dalam melakukan latihan kelentukan diantaranya yaitu: • Dimulai dengan latihan kelentukan umum yang melibatkan hampir seluruh fungsi persendian tubuh secara menyeluruh.

• Kelentukan-kelentukan khusus pada cabang olahraga tertentu harus dilatih dan dicapai dengan melakukan amplitudo gerakkan yang optimal sebab kelentukan tersbeut dibutuhkan untuk pertandingan dan peningkatan prestasi.

• Lakukan latihan kelentukan ke segala arah secara optimal sesuai dengan fungsi dan kemampuan persendian. • Latihan-latihan kelentukan harus dilakukan sebelum dan sesudah latihan kekuatan dan latihan kecepatan agar menghindari kekakuan otot dan membantu pemulihan. • Program pengembangan kelentukan juga perlu dikombinasikan dengan latihan kekuatan sebab tanpa kekuatan amplitudo gerakan yang besar tidak bisa Tujuan Latihan Kelentukan Tujuan melakukan latihan kelentukan, antara lain; • Fleksibelitas yaitu tujuan dari pelatihan kelenturan adalah agar tubuh menjadi kuat dengan otot-otot sendi tidak kaku agar dapat bergerak dengan leluasa tanpa ada gangguang yang berarti.

Manfaat Latihan Kelentukan Berikut ini beberapa manfaat latihan kelentukan, antara lain: • Membantu meraih suatu prestasi dalam bidang olahraga • Membantu mengembangkan kecepatan, koordinasi, dan kelincahan • Kelentukan dapat dilatih dengan kemungkinan terjadinya cedera pada otot dan sendi • Menghemat pengeluaran tenaga saat melakukan gerakan • Membantu memperbaiki sikap tubuh Contoh Latihan Kelentukan Berikut ini beberapa contoh bentuk latihan kelentukan melalui peregangan otot yang dapat dilakukan dengan cara: Latihan Kelentukan Otot Leher Tujuannya yaitu untuk melatih kelentukan persendian dan otot leher.

Adapun untuk cara melakukannya: • Diawali dengan berdiri tegak, kaki dibuka, kedua tangan dipinggang, dan pandangan ke depan. • Kepala dipatahkan ke kiri dan ke kanan sebanyak 2×4 hitungan. • Kepala dianggukkan ke bawah dan ke atas sebanyak 2×4 hitungan.

• Kepala diputar ke kanan sebanyak empat hitungan. • Kepala diputar ke kiri sebanyak empat hitungan.

kelentukan dapat dilatih dengan

Latihan Kelentukan Sendi Pinggul Tujuannya yaitu untuk melenturkan sendi dan otot pinggul. Cara melakukannya: • Mengambil sikap berdiri tegak, kaki rapat, dan tangan lurus di atas kepala. • Tekuk lutut kemudian ayunkan lengan dari bawah sampai ke atas kepala. • Lakukan gerakan ini secara bergantian dari bawah ke atas dan sebaliknya, sebanyak 5 hitungan. Latihan Kelentukan Otot Pinggang Tujuannya yaitu untuk melenturkan otot-otot pinggang.

kelentukan dapat dilatih dengan

Cara melakukannya: • Mengambil sikap berdiri dengan kaki dibuka dan kedua tangan di pinggang. • Bengkokkan pinggang ke kiri dan ke kanan bergantian sebanyak 2×5 hitungan. • Luruskan lengan ke atas kemudian kelentukan dapat dilatih dengan pinggang ke kiri dan ke kanan bergantian sebanyak 2×5 hitungan. • Letakkan kedua tangan di pinggang kemudian putar badan 5 kali ke kanan dan 5 kali ke kiri. Latihan Kelentukkan Sendi Lutut Tujuannya yaitu untuk menguatkan persendian lutut.

Cara melakukannya: • Diawali berdiri kaki kanan melangkah ke depan kemudian lutut kaki depan ditekuk. • Kedua telapak tangan menumpu di lantai dan sejajar dengan kaki depan. • Renggutkan pinggul ke bawah berulang-ulang dengan posisi kaki bergantian.

• Lakukan gerakan ini ke depan dan ke belakang sebanyak 2×4 hitungan. Latihan Kelentukan Pergelangan Kaki Cara melakukannya: • Berdiri dengan ujung kaki (jinjit). Tahan sampai delapan kali hitungan kemudian berjalan.

kelentukan dapat dilatih dengan

• Ambil sikap berdiri. Injakkan sisi telapak kaki kanan dan kiri. Tahan sampai delapan kali hitungan. • Pergelangan kaki diputar ke kanan dan ke kiri pada sikap berdiri. Masing-masing kaki dilakukan sampai 8 kelentukan dapat dilatih dengan hitungan.

Latihan Kelentukan Pergelangan Tangan Cara melakukannya: • Menggerakkan telapak tangan kanan dan kiri ke atas dan ke bawah dan menahannya sampai delapan kali hitungan. • Merapatkan kedua punggung tangan dan menekannya.

Tahan sampai sepuluh kali hitungan. Maka, itulah tadi ulasan lengkap yang bisa kami sebutkan kepada segenap pembaca terkait dengan bahasan atas materi pengertian latihan kelentukan menurut para ahli, prinsip, tujuan, manfaat, dan contohnya gerakan-gerakannya.

Semoga bermanfaat, trimakasih. Posting terkait: • Pengertian Latihan Fisik, Jenis, Teknik Melakukan, dan Manfaatnya • 5 Manfaat Daya Tahan bagi Tumbuh Manusia yang Baik • Pengertian Olahraga, Jenis, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya Posting pada Fisik dan Jasmani, Latihan, Pengertian Ahli Ditag aktivitas latihan kelenturan, contoh latihan kelentukan, gerakan latihan kelentukan, latihan kelentukan, latihan kelentukan adalah, latihan kelentukan menurut para ahli, manfaat latihan kelentukan, pengertian latihan kelentukan, prinsip latihan kelentukan, tujuan latihan kelentukan Navigasi pos Kategori • Atlentik • Catur • Ciri • Contoh • Dampak • Fisik dan Jasmani • Lari • Latihan • Macam • Manfaat • Materi Penjaskes • Olahraga • Pandauan Teknik • Pencak Silat • Pengertian Ahli • Penyelamatan • Peraturan Permainan • Permainan • Ragam Bahasan • Sejarah • Senam • Teknik • Tokoh • Tujuan • Unsur

BENTUK LATIHAN KELENTURAN #latihankelenturan #kelentukan




2022 www.videocon.com