Contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

• Home • Tentang Kami • Pengertian • artikel ekonomi • Artikel Biologi • Pendidikan kewarganegaraan ( PKN ) • Artikel Agama • sejarah • Bahasa Indonesia • Artikel Sosiologi • Artikel Seni • Kontak Kami • Privacy Policy • Covid-19 Home » sejarah » 7 Peristiwa Yang Dapat Menimbulkan Pecahnya Persatuan Bangsa Indonesia Peristiwa Yang Menimbulkan Pecahnya Persatuan Bangsa Indonesia – Sebagai negara yang berada pada di antara dua samudera besar membuat Indonesia menjadi negara yang beriklim Tropis.

Dengan iklim tropis yang dimilikinya, membuat Indonesia kaya akan sumber daya alam. Sebab dengan iklim ini, ada banyak tumbuhan dan hewan yang dapat hidup. Selain itu, Indonesia berada pada posisi yang strategis untuk hubungan perdagangan international sebab, negara Indonesia diapit oleh benua australia dan benua asia serta samudra hindia dan pasifik.

Sehingga segala bentuk arus perdagangan yang ada di dunia ini, melewati Indonesia. Sehingga Indonesia adalah tempat persinggahan dari segala bentuk perdagangan internasional. Meninjau dari aspek internal Indonesia yakni pada luas laut dan pulau yang membentang dari sabang sampai Merauke, Indonesia menjadi tempat wisatawan untuk hadir di Indonesia.

Banyangkan saja, dengan jumlah pulau jumlah pulau di Indonesia adalah 17.504 pulau itu menjadikan Indonesia adalah negara dengan pesisir terbanyak dan bahkan disetiap pesisir tersebut dapat menjadi objek wisata. Bahkan dari setiap persebaran pulau yang ada, memiliki ciri khas mulai dari bahasa, perilaku, dan adat istiadat. Apabila melihat jumlah suku Indonesia yang terdapat 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia, atau tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010.

Melihat dari banyaknya suku ini memberikan keunikan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Hal ini juga mengapa Indonesia menjadi negara terkaya, kaya tidak hanya pada sumber daya alam seperti emas dan minyak. Melainkan kaya akan budaya, bahasa dan juga corak masyarakatnya. Walaupun keanekaragaman yang dimiliki di Indonesia, ditambah dengan hidup rukunnya setiap pemeluk agama dimana dalam Indonesia yang mendapat pengakuan melalui UU terdapat 5 agama yang diakui yakni Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu.

Melalui dari kelima agama yang diakui ini bisa hidup secara bersama-sama dalam negara yang dikenal dengan Nusantara. Keberagaman ini juga yang menjadi perjalanan panjang sejarah di Indonesia hingga terwujudnya negara Indonesia dan juga ideologi bangsa dan negara yakni Pancasila. Disebut bahwa Pancasila adalah representatif dari keberagaman di Indonesia. Melalui Pancasila inilah, seluruh kekayaan sumber daya alam, sumber daya manusia, budaya, bahasa, dan agama melebur menjadikan Pancasila adalah sebagai titik temu untuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Semangat persatuan bangsa Indonesia, memang tidak dipungkiri sering kali digoncang oleh berbagai peristiwa yang bisa menimbulkan pecahnya persatuan bangsa Indonesia.

Bahkan setiap tahunnya, ada saja peristiwa-peristiwa yang bisa merusak keberagaman Indonesia. Tentunya bagi rakyat Indonesia, tidak asing lagi apabila setiap tahunnya terdapat atau masih saja ada peristiwa yang ingin memecah semangat persatuan kepada bangsa Indonesia seperti konflik antar etnis yang kebanyakan menimbulkan korban jiwa.

Tentu bagi rakyat Indonesia, tidak asing apabila terdapat pemeluk agama yang konflik dan bahkan mengakibatkan rumah-rumah ibadah ikut menjadi dampak dari peristiwa konflik antara oknum pemeluk agama ini. Contoh peristiwa yang menimbulkan pecahnya persatuan bangsa Indonesia karena konflik antara pemeluk agama bisa disaksikan diberbagai berita atau media. Selain dari pada peristiwa karena konflik antara pemeluk agama, juga peristiwa yang sering terjadi di Indonesia adalah terorisme.

Aksi yang tidak terpuji ini, sering kali tidak mengenal siapa korbannya, baik itu pelaku atau bukan yang penting mereka sama dalam latar belakang yang dianggap pelakunya, maka akan terkena imbasnya. Biasanya, aksi terorisme ini dilekatkan kepada oknum pemeluk agama sebagai pelakunya dan sasarannya yang biasa terjadi di Indonesia adalah tempat-tempat strategis yang dianggap menimbulkan maksiat dan yang gelap. Bahkan tidak luput juga, aksi terorisme ini dilakukan di tempat ibadah-ibadah.

Dengan contoh peristiwa ini membuat munculnya pikiran berbagai orang-orang hingga menyulut emosi dari keluarga dan kerabat korban apalagi tujuan dari aksi terorisme melukai orang-orang yang mempunyai latar belakang agama. Tentunya bagi sesama agamanya, akan ikut bereaksi, beruntung apabila tidak menimbulkan aksi demikian, akan tetapi peristiwa ini bisa saja menyulut emosi perlawanan yang akan timbul dipermukaan melalui kontak fisik.

7 Peristiwa Yang Dapat Menimbulkan Pecahnya Persatuan Bangsa Indonesia Daftar Isi • 1 Peristiwa Yang Menimbulkan Pecahnya Persatuan Bangsa Indonesia Adalah? • 1.1 1. Peristiwa Penurunan Patung Budha di Sumatera Utara • 1.2 2.

Kelompok Separatis Bersenjata di Papua • 1.3 3. Peristiwa Pemberontakan GAM • 1.4 4. Peristiwa Maluku dan Maluku Utara 1999-2002 • 1.5 5. Peristiwa Daya dan Madura 2001 • 1.6 6. Peristiwa Kerusuhan Jakarta contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah • 1.7 7. Peristiwa Ahmadiyah Lombok Peristiwa Yang Menimbulkan Pecahnya Persatuan Bangsa Indonesia Adalah? Ada banyak contoh peristiwa yang bisa menimbulkan pecahnya persatuan bangsa Indonesia.

Apabila merujuk ditahun belakangan ini, tidak terhitung peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi indonesia. Adapun contoh-contoh peristiwa itu bisa dilihat dibawah ini: 1. Peristiwa Penurunan Patung Budha di Sumatera Utara Massa di kota Tanjungbalai memaksa penurunan patung Buddha dari sebuah vihara di kota Tanjungbalai, Sumatera Utara. Penyebab dari peristiwa ini karena adanya kegagalan memahami keberagaman sehingga mampu terprovokasi oleh isu-isu perpecahan.

Selain itu kurangnya mengenal sejarah daerah tentang peran agama Budha terhadap perjuangan yang ada di daerah tersebut. Apabila itu diketahui maka pasti masyarakat tidak akan melakukan demikian, serta peran pemuka atau tokoh masyarakat perlu mengambil gerakan cepat untuk mengatasi dan menengahkan konflik yang terjadi. 2. Kelompok Separatis Bersenjata di Papua Gerakan ini terbentuk disebabkan karena keresahan masyarakat dari PT Freeport yang belum ditutup oleh pemerintah dan bahkan kontraknya diperpanjang.

Selain itu, ketidakmerataan ekonomi seperti infrastruktur dan adanya diskriminasi pemerintah terhadap masyarakat papua. Namun persoalan utamanya, adalah karena faktor ekonomi dan pendidikan. Olehnya itu, perlunya peran pemerintah hadir untuk kebijakannya dilakukan kepada daerah yang tertinggal seperti Papua untuk menyalurkan banyak kebijakan yang sifatnya membangun dari segi infrastructur, Dan juga pembangunan pendidikan baik infrastruktur dan juga dari peningkatan kualitas guru.

Agar setiap masyarakat papua memiliki kedalam ilmu yang tinggi agar tidak mampu terprovokasi dan mampu memahami semangat persatuan bangsa Indonesia. 3. Peristiwa Pemberontakan GAM Peristiwa ini sangat terkenal, peristiwa pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka, yang merupakan organisasi separatis dengan tujuan agar aceh lepas dari NKRI.

Gerakan ini telah ada sejak tahun 1976 dan menyebabkan jatuhnya hampir sekitar 15.000 jiwa. Munculnya GAM ini dilantarbelakang dari adanya Oknum yang ada di Provinsi Aceh yang menginginkan Aceh menjadi negara yang berdiri sendiri.

Gerakan ini sangat berbahaya, karena tidak tanggung-tanggung menggunakan senjata dalam setiap aksinya bahkan tidak segan-segan memproklamasikan dirinya untuk keluar dari NKRI.

Olehnya itu, diperlukan penanganan yang efektif melalui musyawarah mufakat dan atau dengan operasi militer apabila tidak ada lagi jalan dan tetap memaksakan diri.

4. Peristiwa Maluku dan Maluku Utara 1999-2002 Contohnya peristiwa pertama adalah kasus Maluku dan Maluku Utara yang terjadi dari 1999-2002 yang terdapat 8.000-9.000 korban meninggal dunia dan 700.000 warga mengungsi. Melihat jumlah itu, kerugian ini sangat besar sebab terdapat 29.000 rumah terbakar dan 7.046 rumah rusak, serta 45 masjid, 57 gereja, 719 toko, 38 gedung pemerintah, dan 4 bank hancur. 5. Peristiwa Daya dan Madura 2001 Contoh peristiwa konflik ini terjadi pada sepanjang tahun 2001 yang dikenal dengan kerusuhan Sampit.

Peristiwa ini terdapat 469 korban meninggal dunia dan 108.000 warga mengungsi. Peristiwa ini terjadi di kota sampik ibukota Kotawaringin Timur meluas ke Kota Palangkaraya, Kuala Kapuas, dan Pangkalanbun. Dengan banyaknya korban jiwa, juga dibarengi dengan kerugian seperti 192 rumah dibakar dan 748 rumah rusak serta 16 mobil dan 43 sepeda motor hancur.

6. Peristiwa Kerusuhan Jakarta 1998 Kerusuhan ini dikenal dengan “Kerusuhan 13-15 Mei 1998”. Kerusuhan dengan banyaknya konflik kekerasan membuat korban yang jatuh mencapai ribuan orang, yang tepatnya sekitar 1.217 korban meninggal dunia.

Bahkan kerusuhan ini membuat terdapat 85 wanita diperkosa, dan 70.000 warga mengungsi. Banyaknya korban ini hanya terhitung dan berlangsung selama 3 hari, bisa dibayangkan betapa besarnya konflik ini yang terjadi di se-Provinsi DKI Jakarta. Dengan besarnya konflik itu, apabila dihitung secara keseluruhan total kerugiannya adalah sekitar Rp 2,5 triliun.

7. Peristiwa Ahmadiyah Lombok Kasus konflik kekerasan ini menimbulkan 9 korban meninggal duni, 8 luka-luka, 9 gangguan jiwa, 379 terusir, 9 dipaksa cerai, 3 keguguran, 61 putus sekolah, 45 dipersulit membuat KTP, dan 322 dipaksa keluar dari Ahmadiyah. Konflik ini berlangsung hingga 7 kali penyerangan yang massif antara kurun 1998 sampai 2006 dengan 8 tahun warga jadi pengungsian. Cakupuan konflik ini mencapai 4 wilayah provinsi, yakni Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Kota Mataram.

Kasus itu mengakibatkan 11 tempat ibadah dan 114 rumah rusak, dengan 64,14 hektar tanah terlantar, 25 tempat usaha rusak, dan ratusan harta benda rusak dan dijarah. Demikianlah informasi mengenai 7 Peristiwa Yang Dapat Menimbulkan Pecahnya Persatuan Bangsa Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. Recent Posts • Pengertian Kimia, Fungsi, Cabang Ilmu, Manfaat, & Kimia Menurut Para Ahli • Pengertian Kronologi, Fungsi, dan Contoh Kronologi Dalam Sejarah • Pengertian Presipitasi, Fungsi, Arti Presipitasi Menurut Para Ahli dan Kimia, Biologi • Pengertian Periodisasi, Tujuan, Komponen & Contoh Periodisasi • Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur Sebagai warga negara yang baik kita tentu saja harus melindungi NKRI, untuk melindungi negara Indonesia yang tercinta ini maka banyak sekali cara yang bisa kita lakukan.

Sebagai warga Indonesia kita bisa melakukan berbagai cara untuk melindungi Indonesia, namun sebelum kita ingin melindungi Indonesia maka terlebih dahulu harus mengetahui apa saja jenis ancaman di NKRI. Nah mungkin selama ini kita hanya berpikir jika gangguan atau ancaman dari NKRI hanya berasal dari luar negeri dan mungkin hanya mengira jika perang atau hal semacamnya lah yang hanya menjadi gangguan.

Namun perlu kita ketahui banyak sekali ancaman yang datang ke Indonesia dan ternyata juga berasal dari Indonesia sendiri. Oleh karena itu berikut adalah contoh ancaman terhadap NKRI. Ini dia info lenkapnya : Ancaman dari dalam negeri Yang pertama kita akan membahas ancaman yang ada dari dalam negeri, ancaman terhadap NKRI tidak hanya berasal dari luar negeri saja namun juga bisa berasal dari dalam negeri.

Supaya lebih memahami maka kita harus mengetahui ancaman dari dalam negeri yang bisa membahayakan NKRI. Berikut ini adalah contohnya untuk Anda : • Masalah KKN Seperti yang kita tahu Indonesia merupakan salah satu negara yang tidak bisa bersih dari kolusi, korupsi, dan nepotisme begitu saja.

Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali pejabat negara yang menyalahgunakan kekuasaan mereka dan menggunakan jabatan mereka untuk mendapatkan uang negara untuk kepentingan mereka sendiri, padahal sudah jelas jika uang itu adalah miliki Warga Negara Indonesia yang harusnya digunakan untuk kepentingan bersama negara Indonesia.

Masalah KKN yang merajalela di berbagai daerah ini menjadi salah satu masalah ancamana dari dalam negeri, KKN ini sangatlah merugikan negara dan bangsa karena korupsi dan lain-lainnya itu bisa mengancam pembangunan negara. Penyebab Korupsi dan Cara Mengatasinya harus kita ketahui juga.

• Kesenjangan ekonomi masyarakat Tidak hanya KKN saja, ancaman terhadap NKRI bisa terjadi juga akibat adanya ketidaksejahteraan di dalam masyarakatnya. Salah satu ancaman yang mungkin bisa membuat Negara Indonesia terancam adalah kesenjangan ekonomi masayarakat Indonesia. Hal ini contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah bisa terjadi karena adanya pemerataan pendapatan yang tidak adil antar kelompok maupun daerah.

• Kasus narkoba Yang menjadi genting pada saat ini adalah kasus narkoba yang merajalela dan sangat sulit untuk diberantas. Kasus narkoba di Indonesia sendiri sudah sangat merajalela dan mengenai berbagai macam usia dan kalangan, mulai dari anak remaja hingga orang tua.

Mulai dari pelajar hingga orang terkemuka bahkan ada aparat yang kedapatan menggunakan narkoba. Narkoba sendiri bisa menjadi ancaman untuk NKRI, karena adanya narkoba ini bisa mengahmbat perkembangan generasi penerus bangsa.

Padahal narkoba itu memiliki Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda. • Upaya penggantian ideologi Pancasila Seperti yang sudah kita semua ketahui, Pancasila merupakan ideologi Bangsa Indonesia. Pancasila sejak lama dijadikan sebagai ideologi negara NKRI karena di dalam kelima sila itu, mengandung semua cita-cita Bangsa Indonesia dan juga sudah cocok dengan karakter kepribadian bangsa kita.

Salah satu yang menjadi ancaman dari dalam negeri adalah adanya upaya penggantian ideologi Pancasila dengan ideologi lainnya yang mungkin sangat ekstrim dan tidak cocok dengan kepribadian Indonesia.

contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

Upaya penggantian ideologi Pancasila yang ingin dilakukan oleh beberapa pihak ini bisa saja memecah belah bangsa dan menimbulkan berbagai macam kontroversi. Untuk lebih mengerti lagi mengenai Pancasila maka kita harus tahu tentang Pancasila Sebagai Ideologi Nasional. • Makar atau penggulingan pemerintah Ancaman untuk NKRI yang kelima adalah percobaan penggulingan pemerintah dan juga makar. Percobaan penggulingan pemerintah di Indonesia bisa menjadi salah satu ancaman yang berasal dari dalam negeri karena bisa menimbulkan kerusuhan dan ancaman lainnya.

Selain itu segala perbuatan makar yang dilakukan di dalam dunia politik dan juga lainnya juga bisa mempengaruhi kestablian Indonesia.

• Isu SARA Masalah lainnya yang bisa membuat ancaman dari dalam negeri adalah adanya Isu SARA. Di Indonesia sendiri agama yang ada bermacam-macam dan tidak hanya satu saja, berbagai suku budaya juga ada di Indonesia. Namun yang sangat disayangkan adalah ada beberapa kelompok masyarakat tertentu yang mempermasalahkan adanya keanekaragaman di Indonesia dan kurang ada rasa toleransi dari mereka sehingga terkadang beberapa ras dan juga agama yang menjadi minoritas pun dikucilkan.

Isu SARA ini tidak bisa disepelekan begitu saja karena walaupun sekecil apapun tindakannya bisa memecah keanekaragaman bangsa Indonesia dan juga bisa membuat kondisi Negara Indonesia menjadi tidak kondusif.

Isu SARA yang ada di tengah masyarakat sampai sekarang ini bisa menjadi salah satu ancaman NKRI yang membahayakan bagi warga Indonesia. • Pemberontakan Yang ketujuh yang bisa menjadi ancaman dari dalam negeri adalah pemberontakan.

Pemberontakan ini bisa terjadi di berbagai daerah yang ada di dalam Indonesia yang bisa menuntut beberapa hal yang mereka inginkan. Jika tidak segera diatasi degan baik, pemberontakan ini bisa mengancam Indonesia. Pemberontakan yang terjadi karena berbagai macam sebab ini bisa menyebabkan negara Indonesia contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah terpecah belah.

Oleh karena itu sebagai warga Indonesia sebaiknya jangan sampai ikut serta dalam pemberontakan. • Persoalan daerah Persoalan kedelapan yang bisa memecah belah bangsa Indonesia adalah persoalan daerah.

Persoalan ini bisa saja muncul dari pemikiran untuk memperluas daerah otonomi khusus dengan alasan yang khusus juga. Selain itu juga bisa akibat persoalan karena ingin melepaskan diri dari Indonesia dan ingin merdeka sendiri. Persoalan semacam itu bisa membuat ancaman bagi pemerintah dan Indonesia. Tidak hanya itu, persoalan akibat perbatasan juga bisa menjadi ancaman baik dari dalam negeri maupun luar negeri. • Ancaman bidang politik Bidang politik di Indonesia yang dilakukan secara demokratis dengan harapan cita-cita bangsa Indonesia bisa tercapai dan setiap individunya mencapai kesejahteraan.

Ancaman dari bidang politik ini tidak hanya datang dari luar, bahkan juga bisa datang dari dalam negeri sendiri. Salah satu contoh dari ancaman bidang politik yang ada di dalam negeri ini adalah misalnya bentrok atau demo besar-besaran yang tidak menerima kemenangan suatu partai atau pejabat terpilih dalam pemilihan. Hal seperti ini bisa menjadi salah satu ancaman pada bidang politik karena secara langsung dan tidak langsung bisa mempengaruhi kondisi bangsa Indonesia seperti misalnya ekonomi dan kesejahteraan.

Ancaman dari luar negeri Tidak hanya ancaman dari dalam negeri saja ya. Perlu kita semua ketahui jika ancaman-ancaman bagi NKRI itu bisa saja berasal dari luar negeri atau negara lainnya. Problema atau ancaman itu biasanya bersakala besar dan menyangkut dua negara. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa ancaman dari luar negeri : • Ancaman sosial budaya Contoh ancaman terhadap NKRI yang berasal dari luar negeri yang pertama adalah ancaman sosial budaya.

Ancaman sosial budaya yang datang dari luar negeri adalah misalnya saja ancaman dari propaganda, peredaran narkoba, film prno, disinformasi yang bisa mengancurkan moral dan bangsa Indonesia. Hal ini sangatlah berbahaya karena bisa mengancam para generasi muda Indonesia dan menghambat perkembangan bangsa Indonesia.

• Ancaman pertahanan Ancaman kedua yang bisa membahayakan NKRI adalah ancaman dari luar negeri yaitu ancaman dari bidang pertahanan dan juga keamanan. Ancaman itu antara lain pelanggaran wilayah misalnya dari kapal, selain itu juga bisa pelanggaran wilayah pesawat militer dari negara lain, kejahatan internasional, dan juga masalah terorisme yang mengkhawatirkan NKRI.

Permasalahan seperti ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa mempengaruhi keamanan NKRI. Ancaman pertahanan seperti itu harus diatasi dengan meningkatkan pertahanan militer Indonesia dan tentunya juga peran serta masyarakat Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI. Dasar Hukum Bela Negara harus kita pahami sehingga kita bisa membela Indonesia ditengah ancaman.

• Perebutan kebudayaan Indonesia Seperti yang semua kita ketahui jika Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan, Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan budaya yang membuat Indonesia menjadi kaya akan budaya.

Karena budaya yang unik dan mungkin tidak bisa ditemukan di bagian negara lainnya. Karena unik dan khas, tak jarang ada negara lain yang mengakui kebudayaan Indonesia sebagai kebudayaannya. Seperti yang sudah kita ketahui jika beberapa kebudayaan seperti batik, reog ponorogo, dan lainnya itu pernah diklaim sebagai miliki negara tetangga. Oleh karena itu sebagai Warga Negara Indonesia yang baik maka kita harus menjaga kebudayaan Indonesia dan juga melestarikannya sehingga tidak ada negara lain yang merebut budaya asli Indonesia.

Budaya luar memang boleh kita pelajari, namun kita tetap tidak boleh melupakan kebudayaan negara kita. • Ancaman pada bidang politik Ancaman yang keempat adalah bidang politik, ancaman dari luar negeri juga bisa datang dari bidang politik ya.

Biasanya negara lain akan ikut campur dalam urusan dalam negeri Bangsa Indonesia seperti misalnya urusan hak asasi manusia, pemilihan umum, dan juga hukum.

Sistem politik yang ada di Indonesia ini akan mengutamakan kepentiangan setiap individu dan berjalan sesuai dengan pancasila yang ada. Bidang politik dilakukan secara demokrasi dan ancaman pada bidang politik dari negara lain ini bisa saja memecah belah Indonesia. Itu dia beberapa contoh ancaman terhadap NKRI baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Ancaman bisa datang dari dalam negeri dan juga luar negeri, ancaman juga bisa datang dari berbagai aspek kehidupan dan bisa membahayakan bangsa Indonesia.

contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

Oleh karena itu sebagai WNI yang baik maka kita juga harus memperhatikan hal-hal yang kiranya bisa mengancam keamanan NKRI. Sudah selayaknya sebagai WNI kita memperhatikan hal-hal semacam itu dan supaya tidak menjadi profokator penyulut masyarakat lainnya yang bisa menjadi penyebab dari kekacauan yang menyebabkan perpecahan bangsa Indonesia. Baca juga mengenai Landasan Hukum Demokrasi Pancasila. Jika merasa artikel ini bermanfaat maka share ke sesama, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua!
Pemberontakan di Indonesia - Ada banyak alasan kenapa kita harus bersyukur hidup di era Indonesia yang sekarang ini.

Meskipun terdapat berbagai masalah terutama dibidang ekonomi, tapi setidaknya saat ini keadaan Indonesia sangat kondusif. Tidak ada kejadian besar yang sampai membuat negara ini jatuh dan terjadi pertumpahan darah dimana-mana. Kalau kita menengok Indonesia dulu, negara ini pernah berada di situasi konflik yang menyebabkan pertumpahan darah diberbagai tempat. Kala itu banyak dari aksi konfrontasi dilakukan oleh para pemberontak yang mengancam kedaulatan Indonesia yang sudah direbut dengan susah payah dari belanda.

Agar kita tidak terlena dengan keadaan dan selalu siap untuk kondisi apa pun dengan negara ini, mari kita kenang kembali 8 peristiwa pemberontakan yang paling membahayakan sepanjang sejarah negara ini. Tulisan ini akan mencoba mereview lagi 8 peristiwa Pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia.

Apa saja peristiwa pemberontakan di Indonesia ? Membahas tentang pemberontakan PKI di Madiun / PKI Madium tidak bisa lepas dari jatuhnya kabinet Amir Syarifuddin tahun 1948.

Mengapa kabinet Amir jatuh ? Jatuhnya kabinet Amir disebabkan karena kegagalannya dalam Perundingan Renville yang dirasa merugikan Indonesia. Setelah kabinet Amir Sjarifuddin jatuh karena tidak mendapat dukungan lagi sejak disepakatinya Perjanjian Renville. Lalu dibentuklah kabinet baru dengan Mohammad Hatta sebagai perdana menteri, namun Amir beserta kelompok-kelompok sayap kiri lainnya tidak setuju dengan pergantian kabinet tersebut. Untuk merebut kembali kedudukannya, pada tanggal 28 Juni 1948 Amir Syarifuddin membentuk Front Demokrasi Rakyat (FDR) Untuk memperkuat basis massa, FDR membentuk organisasi kaum petani dan buruh.

Pada tanggal 11 Agustus 1948, Setelah Musso tiba dari Moskow. Amir dan FDR segera bergabung dengan Musso. Untuk memperkuat organisasi, maka disusunlah doktrin bagi PKI. Doktrin itu bernama Jalan Baru.

Oleh PKI daerah Surakarta dijadikan daerah kacau (wildwest). Sementara Madiun dijadikan markas gerilya. Pada tanggal 18 September 1948, Musso memproklamasikan berdirinya pemerintahan Soviet di Indonesia. Tujuannya untuk meruntuhkan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan menggantinya dengan negara komunis.

Pada waktu yang bersamaan, gerakan PKI dapat merebut tempat-tempat penting di Madiun. Untuk menumpas pemberontakan PKI, TNI sebagai aparat pun tak diam saja dengan gerakan membahayakan ini. pemerintah melancarkan operasi militer. Dalam hal ini peran Divisi Siliwangi cukup signifikan. Di samping itu, Panglima Besar Jenderal Soedirman memerintahkan Kolonel Sungkono di Jawa Timur dan Kolonel Gatot Subroto di Jawa Tengah untuk mengerahkan pasukannya menumpas pemberontakan PKI di Madiun.

Dengan dukungan rakyat dari berbagai tempat, pada tanggal 30 September 1948, kota Madiun berhasil direbut kembali oleh tentara Republik Indonesia. Pada akhirnya tokoh-tokoh PKI seperti Lukman dan DN.

Aidit melarikan diri ke Vietnam dan Cina. Sementara itu, tanggal 31 Oktober 1948 Musso tewas ditembak. Sekitar 300 orang ditangkap oleh pasukan Siliwangi pada tanggal 1 Desember 1948 di daerah Purwodadi, Jawa Tengah.

Dengan ditumpasnya pemberontakan PKI di Madiun, maka selamatlah bangsa dan negara Indonesia dari ancaman kaum komunis yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Penumpasan pemberontakan PKI dilakukan oleh bangsa Indonesia sendiri, tanpa bantuan apa pun dari pihak asing. Dalam kondisi bangsa yang masih begitu sulit kala itu, ternyata Republik Indonesia sanggup menumpas pemberontakan yang relatif besar oleh golongan komunis dalam waktu singkat.

DI/TII dibentuk karena banyak pihak yang kecewa dengan kepemimpinan Presiden Soekarno. Tujuan DI TII sendiri ialah mendirikan negara berbasis Islam dengan pimpinan utamanya bernama Kartosuwiryo. Kelompok ini rupanya mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk Aceh dan beberapa daerah lain yang bahkan menyatakan bergabung dengan organisasi tersebut. Teungku Muhammad Daud Beureu'eh, ulama pemimpin perjuangan DI/TII Aceh Dalam perkembangannya, DI TII menyebar hingga di beberapa wilayah, terutama Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan dan Aceh.

Untuk melindungi kereta api, Kavaleri Kodam VI Siliwangi (sekarang Kodam III) mengawal kereta api dengan panzer tak bermesin yang didorong oleh lokomotif uap D-52 buatan Krupp Jerman Barat. Panzer tersebut berisi prajurit TNI yang siap tempur dengan senjata mereka. Bila ada pertempuran antara TNI dan DI/TII di depan, maka kereta api harus berhenti di halte terdekat. Pemberontakan bersenjata yang selama 13 tahun itu telah menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ribuan ibu-ibu menjadi janda dan ribuan anak-anak menjadi yatim-piatu. Diperkirakan 13.000 rakyat Sunda, anggota organisasi keamanan desa (OKD) serta tentara gugur. Anggota DI/TII yang tewas pun tak diketahui pasti jumlahnya. Pemerintah menganggap jika gerakan ini akan membahayakan stabilitas dan kedaulatan negara. Oleh karenanya, negara pun mengeluarkan perintah untuk menumpas gerakan ini agar tidak semakin merajalela. Kemudian setelah Kartosoewirjo ditangkap TNI dan dieksekusi mati pada 1962, gerakan ini menjadi terpecah, namun tetap eksis secara diam-diam meskipun dinyatakan sebagai organisasi ilegal oleh pemerintah Contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah.

Uniknya, sosok Kartosoewirjo ini ternyata adalah sahabat dekat Bung Karno selama masih dalam pengasuhan HOS Tjokroaminoto.

Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia atau PRRI tercipta sebagai buah dari protes masyarakat daerah yang merasakan ketidakadilan pemerintah pusat. Daerah kecewa terhadap pemerintah pusat yang dianggap tidak adil dalam alokasi dana pembangunan.

Kekecewaan tersebut diwujudkan dengan pembentukan dewan-dewan daerah seperti berikut. Tanggal 10 Februari 1958 Ahmad Husein menuntut agar Kabinet Djuanda mengundurkan diri dalam waktu 5 x 24 jam, dan menyerahkan mandatnya kepada presiden.

Tuntutan tersebut jelas ditolak pemerintah pusat. Setelah menerima ultimatum, maka pemerintah bertindak tegas dengan memecat secara tidak hormat Ahmad Hussein, Zulkifli Lubis, Dahlan Djambek dan Simbolon yang memimpin gerakan sparatis. Langkah berikutnya tanggal 12 Februari 1958 KSAD A.H.

Nasution membekukan Kodam Sumatra Tengah dan selanjutnya menempatkan langsung di bawah KSAD. Pada tanggal 15 Februari 1958 Achmad Hussein memproklamasikan berdirinya Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI). Dimana Mr. Syafruddin Prawiranegara diangkat sebagai perdana menterinya. Proklamasi PRRI ternyata mendapat dukungan dari Indonesia bagian Timur.

Gerakannya dikenal dengan Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta). Permesta dideklarasikan oleh pemimpin sipil dan militer Indonesia bagian timur pada 2 Maret 1957 yaitu oleh Letkol Ventje Sumual.

Gerakan ini jelas melawan pemerintah pusat dan menentang tentara sehingga harus ditumpas. Untuk menumpas gerakan Permesta, pemerintah melakuakan operasi militer beberapa kali. Berikut ini operasi-operasi militer tersebut. • Komando operasi Merdeka yang dipimpin oleh Letkol Rukminto Hendraningrat. • Operasi Mena I yang dipimpin Letkol Pieters dengan sasaran Jailolo. • Operasi Mena II yang dipimpin Letkol Hunholz untuk merebut lapangan udara Morotai. • Operasi Saptamarga I yang dipimpin Letkol Sumarsono, dengan tujuan menumpas Permesta di Sulawesi Utara bagian Tengah.

• Operasi Saptamarga II yang dipimpin Letkol Agus Prasmono dengan tujuan menumpas Permesta di Sulawesi Utara bagian Selatan. • Operasi Saptamarga III yang dipimpin Letkol Magenda dengan tujuan menumpas Permesta di kepulauan sebelah Utara Manado.

• Operasi Saptamarga IV yang dipimpin Letkol Rukminto Hendraningrat, dengan tujuan menumpas Permesta di Sulawesi Utara. Selain itu Presiden Taiwan Chiang Kai Shek pernah merencanakan untuk mengirimkan 1 skuadron pesawat tempur dan 1 resimen marinir untuk merebut Morotai bersama sama dengan Permesta, namun Menteri Luar Negeri Taiwan Yen Kung Chau menentang gagasan itu.

karena khawatir Republik Rakyat Tiongkok akan ikut serta membantu Pemerintah Pusat di Jakarta dan mungkin akan mempunyai alasan untuk mengintervensi terhadap Taiwan. walaupun demikian. Taiwan sebelumnya memang sudah membantu Permesta dengan mengirimkan persenjataan dan dua squadron pesawat tempur ke Minahasa untuk Angkatan Udara Revolusioner, Namun setelah bantuan Taiwan tercium Pemerintah Pusat.

Bulan Agustus 1958, militer mengambil alih bisnis yang dipegang oleh penduduk WNI asal Taiwan dan sejumlah surat kabar, sekolah ditertibkan. Meskipun mendapat banyak dukungan dari pihak asing, pemberontakan Permesta dapat dilumpuhkan sekitar bulan Agustus 1958, walaupun sisa-sisanya masih ada sampai tahun 1961.

5. Pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Gerakan Aceh Merdeka merupakan sebuah organisasi separatis yang memiliki tujuan supaya daerah Aceh lepas dari Republik Indonesia. Konflik antara pemerintah dan GAM yang diakibatkan perbedaan keinginan ini telah berlangsung sejak tahun 1976 dan menyebabkan jatuhnya korban hampir sekitar 15.000 jiwa.

Gerakan ini juga dikenal dengan nama Aceh Sumatra National Liberation Front (ASNLF). GAM dipimpin oleh Hasan di Tiro yang sekarang bermukim di Swedia dan memiliki kewarganegaraan Swedia. Secara umum Latar belakang terjadinya Pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka yang paling jelas adalah Perbedaan budaya antara Aceh dan banyak daerah lain di Indonesia.

Disamping itu, banyak kebijakan sekuler dalam administrasi pada masa Presiden Soeharto (Orde Baru) sangat tidak disukai di Aceh, di mana banyak tokoh Aceh tidak menyukai kebijakan pemerintahan Orde Baru yang mempromosikan satu "budaya Indonesia".

Kemudian lokasi provinsi Aceh yang terletak di ujung Barat Indonesia menimbulkan anggapan yang meluas di provinsi Aceh bahwa para pemimpin di Jakarta yang jauh tidak mengerti dan memperhatikan masalah yang dimiliki Aceh serta tidak bersimpati pada kebutuhan dan adat istiadat di Aceh yang berbeda. Pada awalnya, GAM adalah sebuah organisasi yang diproklamirkan secara terbatas. Deklarasi GAM yang dikumandangkan oleh Hasan di Tiro dilakukan secara diam-diam disebuah kamp kedua yang bertempat di bukit Cokan, Pedalaman Kecamatan Tiro, Pidie.

Setahun kemudian, teks tesebut disebarluaskan dalam versi tiga bahasa; Inggris Indonesia, dan Aceh. Penyebaran naskah teks proklamasi GAM ini terungkap ketika salah seorang anggotanya ditangkap oleh polisi dikarena pemalsuan formulir pemilu di tahun 1977. Sejak itulah, pemerintahan orde baru mengetahui tentang pergerakan bawah tanah di Aceh. Serangan pertama GAM pada tahun 1977 dilakukan terhadap Mobil Oil Indonesia yang merupakan pemegang saham PT Arun NGL, dimana PT Arun NGL adalah operator ladang gas Arun yang berlokasi di Lhokseumawe, Aceh Utara.

Pada saat itu jumlah pasukan yang dimobilisasi oleh GAM sangatlah terbatas. Meskipun sudah ada ketidakpuasan cukup besar di Aceh namun hal tersebut tidak mengundang partisipasi aktif massa untuk mendukung GAM. Dalam pengakuan Hasan di Tiro sendiri, pada awalnya hanya 70 orang yang bergabung dengannya dan mereka kebanyakan berasal dari kabupaten Pidie, terutama dari desa di Tiro sendiri, yang bergabung karena loyalitas pribadi kepada keluarga Hasan di Tiro, sementara sisanya bergabung karena faktor kekecewaan pada pemerintah pusat.

Tentara Wanita dari Gerakan Aceh Merdeka dengan Panglima GAM Abdullah Syafi'i, 1999 Memburuknya kondisi keamanan di Aceh menyebabkan tindakan pengamanan keras dilakukan pada tahun 2001-2002.

Pemerintah Megawati pada tahun 2003 juga meluncurkan operasi militer untuk mengakhiri konflik dengan GAM untuk selamanya dan keadaan darurat diberlakukan di Provinsi Aceh. Pada November 2003 darurat militer diperpanjang lagi selama 6 bulan karena GAM belum dapat dihancurkan sepenuhnya. Menurut laporan Human Rights Watch akibat dari di adakannya darurat militer di Aceh menyebabkan sekitar 100.000 orang mengungsi pada 7 bulan pertama darurat militer dan beberapa pelanggaran HAM.

Konflik ini sebenarnya masih berlangsung pada akhir 2004, namu saat itu tiba-tiba bencana Tsunami terjadi pada 24 Desember 2004 dan memporakporandakan segala infrastruktur di provinsi Aceh, sehingga secara tidak langsung bencana alam terbesar dalam sejarah Indonesia tersebut berhasil membekukan konflik yang terjadi di Aceh. Pada 27 Februari 2005, pihak GAM dan pemerintah memulai tahap perundingan di Vantaa, Finlandia.

Marti Ahtisaari yang juga merupakan Mantan presiden Finlandia berperan sebagai fasilitator. Pada 17 Juli 2005, setelah perundingan selama 25 hari, tim perunding Indonesia berhasil mencapai kesepakatan damai dengan GAM di Vantaa, Helsinki, Finlandia.

Penandatanganan nota kesepakatan damai dilangsungkan pada 15 Agustus 2005. Proses perdamaian kemudia dipantau oleh sebuah tim yang bernama Aceh Monitoring Mission (AMM) yang beranggotakan beberapa negara yang tergabung dalam Uni Eropa serta lima negara ASEAN. Berdasarkan perjanjian maka terciptalah kesepakatan bahwa dilakukannya pelucutan senjata GAM dan Aceh akan menerima otonomi khusus di bawah Republik Indonesia kemudian tentara non-organik (misal tentara beretnis non-Aceh) akan ditarik dari provinsi Aceh (hanya menyisakan 25.000 tentara non-Aceh).

Sebagai bagian dari perjanjian tersebut, Uni Eropa menerjunkan 300 pemantau yang tergabung dalam Misi Pemantau Aceh (Aceh Monitoring Mission). Misi mereka selesai pada tanggal 15 Desember 2006, setelah suksesnya pemilihan daerah gubernur Aceh yang pertama. Gerakan G30SPKI sendiri terjadi pada tanggal 30-September-1965 tepatnya saat malam hari. Insiden G30SPKI masih menjadi perdebatan kalangan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif yang melatar belakanginya. Akan tetapi kelompok reliji terbesar saat itu dan otoritas militer menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan ulah PKI yang bertujuan untuk mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis.

Hingga pada puncaknya Pada tanggal 30 September 1965, PKI melakukan penculikan terhadap Enam (6) jenderal senior TNI AD (Angkatan Darat). Tiga Jenderal yaitu: MT Haryono, Ahmad Yani dan DI Panjaitan tewas di tempat. Sedangkan Tiga Jenderal lainnya seperti Sutoyo Siswomiharjo, Soeprapto dan S. Parman di bawa oleh para pemberontak dalam kondisi hidup. OPM merasa bahwa mereka tidak memiliki hubungan sejarah dengan bagian Indonesia yang lain maupun negara-negara Asia lainnya.

Penyatuan wilayah ini ke dalam NKRI sejak tahun 1969 merupakan buah perjanjian antara Belanda dengan Indonesia dimana pihak Belanda menyerahkan wilayah tersebut yang selama ini dikuasainya kepada bekas jajahannya yang merdeka, Indonesia.

Perjanjian tersebut oleh OPM dianggap sebagai penyerahan dari tangan satu penjajah kepada yang lain. Pada tanggal 1 Juli 1971, Nicolaas Jouwe dan dua komandan OPM yang lain, Seth Jafeth Raemkorem dan Jacob Hendrik Prai menaikkan bendera Bintang Fajar dan memproklamasikan berdirinya Republik Papua Barat.

Namun republik ini berumur pendek karena segera ditumpas oleh militer Indonesia dibawah perintah Presiden Soeharto. Tahun 1982 Dewan Revolusioner OPM didirikan dimana tujuan dewan tersebut adalah untuk menggalang dukungan masyarakat internasional untuk mendukung kemerdekaan wilayah tersebut. Mereka mencari dukungan antara lain melalui PBB, GNB, Forum Pasifik Selatan, dan ASEAN.

Namun belakangan ini rakyat papua semakin sadar bahwa gagasan papua merdeka hanyalah omong kosong yang hanya dimanfaatkan para elit politik untuk mendapat kekuasaan serta dimanfaatkan oleh negara-negara besar yang siap meng eksplorasi emas yang dimiliki papua, lihat saja timor leste yang memisahkan diri dari indonesia, jadi apa mereka sekarang ?

tidak lebih dari dimanfaatkan australia semata. Republik Maluku Selatan (RMS) adalah daerah yang diproklamasikan merdeka pada 25 April 1950 dengan maksud untuk memisahkan diri dari Negara Indonesia Timur (saat itu Indonesia masih berupa Republik Indonesia Serikat). Namun oleh Pemerintah Pusat, RMS dianggap sebagai pemberontakan dan harus segera ditumpas.

Pulau-pulau terbesar yang menjadi basis RMS adalah Pulau Seram, Ambon, dan Buru. Di Ambon RMS dikalahkan oleh militer Indonesia pada November 1950, tetapi konflik di Pulau Seram masih berlanjut sampai Desember 1963. Kekalahan di Ambon berujung pada pengungsian pemerintah RMS ke Seram, Setelah RMS mengalami kekalahan di indonesia kemudian RMS mendirikan pemerintahan dalam pengasingan di Belanda. Lambang Republik Maluku Selatan Di Belanda, Pemerintah RMS tetap menjalankan semua kebijakan Pemerintahan, seperti Sosial, Politik, Keamanan dan Luar Negeri.

Komunikasi antara Pemerintah RMS di Belanda dengan para Menteri dan para Birokrat di Ambon berjalan lancar terkendali. Keadaan ini membuat pemerintahan Sukarno tidak bisa berpangku tangan menyaksikan semua aktivitas rakyat Maluku, sehingga dikeluarkanlah perintah untuk menangkap seluruh pimpinan dengan semua jajarannya, sehingga pada akhirnya dinyatakanlah bahwa Pemerintah RMS yang berada di Belanda sebagai Pemerintah RMS dalam pengasingan Dengan bekal dokumentasi dan bukti perjuangan RMS.

Pemerintah Belanda mendukung kemerdekaan RMS, Namun di tahun 1978 terjadi peristiwa Wassenaar, dimana beberapa elemen pemerintahan RMS melakukan serangan terhadap Pemerintah Belanda sebagai protes terhadap kebijakan Pemerintah Belanda. Oleh Press di Belanda dikatakanlah peristiwa itu sebagai teror yang dilakukan para aktifis RMS di Belanda. Ada yang berpendapat serangan ini disebabkan karena pemerintah Belanda menarik dukungan mereka terhadap RMS. Ada lagi yang menyatakan serangan teror ini dilakukan karena pendukung RMS frustasi, karena Belanda tidak dengan sepenuh hati memberikan dukungan kepada RMS.

Di antara kegiatan yang di lansir Press Belanda sabagai teror, adalah ketika di tahun 1978 kelompok RMS menyandera 70 warga sipil di gedung pemerintah Belanda di Assen-Wassenaar. Selama tahun 70an, teror seperti ini contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah juga oleh beberapa kelompok sempalan RMS, seperti kelompok Komando Bunuh Diri Maluku Selatan yang dipercaya merupakan nama lain (atau setidaknya sekutu dekat) Pemuda Maluku Selatan Merdeka.

Kelompok ini merebut sebuah kereta api dan menyandera 38 penumpangnya di tahun 1975. Pada saat Kerusuhan Ambon yang terjadi antara 1999-2004, RMS kembali mencoba memakai kesempatan untuk menggalang dukungan dengan upaya-upaya provokasi, dan bertindak dengan mengatas-namakan rakyat Maluku.

Beberapa aktivis RMS telah ditangkap dan diadili atas tuduhan kegiatan-kegiatan teror yang dilakukan dalam masa itu, walaupun sampai sekarang tidak ada penjelasan resmi mengenai sebab dan aktor dibalik kerusuhan Ambon. Pada 29 Juni 2007 beberapa pemuda Maluku mengibarkan bendera RMS di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhono pada hari keluarga nasional di Ambon.

Mereka menari tarian Cakalele seusai Gubernur Maluku menyampaikan sambutan. Para hadirin mengira tarian itu bagian dari upacara meskipun sebenarnya tidak ada dalam jadwal. Mulanya aparat membiarkan saja aksi ini, namun tiba-tiba para penari itu mengibarkan bendera RMS.

Barulah aparat keamanan tersadar dan mengusir para penari keluar arena. Di luar arena para penari itu ditangkapi. Sebagian yang mencoba melarikan diri dipukuli untuk dilumpuhkan oleh aparat. Pada 24 April 2008 John Watilette perdana menteri pemerintahan RMS di pengasingan Belanda berpendapat bahwa mendirikan republik merupakan sebuah mimpi di siang hari bolong dalam peringatan 58 tahun proklamasi kemerdekaan RMS yang dimuat pada harian Algemeen Dagblad yang menurunkan tulisan tentang antipati terhadap Jakarta menguat.

Bersyukur deretan kejadian di atas dapat ditumpas pada masanya. Jika tidak, mungkin keadaan negara ini sekarang benar-benar berbeda. Harapannya, jangan sampai ada lagi hal-hal semacam ini di masa depan.

Sudah cukup republik ini menderita selama ratusan tahun akibat penjajahan serta deretan pemberontakan. Bagi kita yang hidup di era sekarang, jangan mudah terpecah dan terkena provokasi yang bertujuan untuk menggoyahkan stabilitas negara. Percayalah jika negara sudah melakukan yang terbaik. Alih-alih protes, mari kita bersama-sama membantu pemerintah untuk membuat negeri ini menjadi lebih baik lagi.

Sekian Artikel mengenai 8 Pemberontakan di Indonesia yang Paling Membahayakan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Berbagai Pemberontakan di Indonesia, Pemberontakan DI TII, PKI Madiun dan pemberontakan rms. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang sah, di dalam pancasila terkandung lima sila yang merupakan hal terpenting bagi Indonesia karena sesuai dengan kepribadian Indonesia dan sudah mencakup cita-cita Bangsa Indonesia. Bahkan pancasila juga dijadikan sebagai dasar hukum sehingga hukum yang dibuat di Indonesia ini berpatokan dengan pancasila. Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu saja kita juga harus menaati dan menghormati Pancasila sebagai landasan hukum.

Namun sangat disayangkan beberapa masyarakat justru “melanggar” beberapa sila yang sudah tercantum di Pancasila. Supaya kita lebih tahu mengenai apa saja yang kiranya bisa melanggar Pancasila maka kali ini kami akan memberikan infromasi kepada kalian mengenai contoh kasus pelanggaran pancasila. Berikut ini adalah informasi lengkapnya : • Sila pertama Pada sila pertama yang ada di dalam Pancasila berbunyi “KeTuhanan yang Maha Esa”.

Bunyi sila pertama yang ada di dalam pancasila ini bertujuan supaya setiap individu masyarakat Indonesia bisa bebas memeluk agama sesuai dengan kepercayaan mereka masing-masing dan juga beribadah sesuai agama dan bisa saling menumbuhkan rasa toleransi kepada agama lain. Sila pertama ini mengalami pergantian karena negara Indonesia sendiri adalah negara yang tidak hanya menganut satu agama dan kepercayaan saja.

Namun sayangnya masih saja bisa terjadi beberapa pelanggaran entah itu disadari atau tanpa disadari. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan informasi mengenai pelanggaran sila pertama.

contoh pancasila sebagai ideologi terbuka juga wajib kita pahami. Contoh penyimpangan : • Tidak ada sikap toleransi kepada sesama : Seperti yang sudah tersirat pada sila pertama jika Indonesia sendiri memiliki berbagai macam agama. Salah satu contoh penyimpangannya adalah tidak adanya sikap toleransi kepada agama lainnya. Sikap ini biasanya didasari karena keegoisan.

• Gerakan radikal kelompok tertentu yang mengatasnamakan agama : Tindakan kedua yang menyimpang dari sila pertama adalah gerakan kelompok radikal yang mengatasnamakan kegiatan menyimpang mereka dengan atas nama agama tertentu. Seperti misalnya saja terorisme yang seringkali mengatasnamakan agama tertentu. • Perusakan tempat ibadah : Yang ketiga adalah perusakan tempat ibadah agama lain hanya karena merasa terganggu atau karena konflik dan permasalahan lainnya.

• Fanatisme yang sifatnya anarki : Tidak hanya itu saja, namun sikap fanatasime pada agama yang sifatnya bisa anarki dan merugikan orang lain maka masuk ke dalam pelanggaran pancasila. Contoh kasus penyimpangan sila pertama : • Bom Bali I : Contoh kasus penyimpangan pada sila pertama ini adalah aksi terorisme yang terkenal yang terjadi pada tahun 2002 di Bali. Aksi terorisme yang dijadikan sebagai peristiwa terorisme terbesar sepanjang sejarah di Indonesia ini terjadi pada 3 peristiwa sekaligus.

Membunuh sekitar ratusan orang yang kebanyakan merupakan warga asing yang sedang berlibur, dan bom bali itu didasarkan pada agama sehingga menyalahi pancasila. • Sila kedua Makna pancasila sebagai ideolgi negara harus kita pahami dengan baik.

Selanjutnya kita akan membahas pada sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Pada sila kedua ini diharapkan masyarakat bisa hidup dengan adil dan sesuai dengan hakikat manusia. Supaya kita bisa mengetahui apa saja pelanggaran pancasila maka berikut ini adalah daftar pelanggaran pancasila sila kedua ini. Berikut list lengkapnya : Contoh penyimpangan : • Perbudakan : Perbudakan jelas menyalahi sila kedua ini karena manusia tidak dilakukan dengan semestinya dan tidak manusiawi sehingga perbudakan sangatlah dilarang.

• Memperkerjakan anak di bawah umur : Jenis penyimpangan sila kedua adalah memperkejakan anak di bawah umur. Anak di bawah umur tidak pantas untuk bekerja karena kewajiban mereka adalah sekolah, terutama jika memperkerjakan anak di bawah umur dengan tidak wajar. • Ketidakadilan dalam bidang ekonomi : Terkadang ada beberapa kasus dalam ekonomi yang akan merugikan orang-orang yang tidak mampu dan malah menguntungkan bagi kalangan kaum atas.

Contoh kasus penyimpangan sila kedua : • Ketikdakadilan karena hutang bagi rakyat kalangan bawah : Salah satu kasus yang pernah ada dan menjadi salah satu pelangagran dalam sila kedua ini adalah usaha pemerintah untuk contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah kewajuban pemabayaran pajak.

Hal ini menimbulkan ketidakadilan bagi masyarakat terutama yang berasal dari kalangan bawah karena merasa digenjot untuk membayar dan itu sama saja seperti membuat rakyat kecil mensubsidi pengusaha kaya yang sekarang mengemplang BLBI. Hal ini menimbulkan ketidakadilan.

• Sila ketiga contoh Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari sila ketiga. Sila ketiga adalah sila berbunyi “Persatuan Indonesia” yang memiliki makna penting yaitu mengutamakan persatuan seluruh bangsa Indoenesia yang berbeda dari suku, agama, ras, dan budayanya.

Dengan sila ini diharapakan jika Indonesia bisa bersatu walau berbeda-beda. Berikut ini adalah contoh kasus pelanggaran pancasilanya : Contoh penyimpangan : • Menganggap suku lain lebih baik dari sukunya sendiri : Indonesia terdiri dari berbagai macam suku ras, semua suku tentu saja memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing.

Membandingkan dan mengangap suku lain remeh tentu saja merupakan salah satu pelanggaran dari sila ini karena semuanya memang diciptakan berbeda untuk saling melengkapi. • Perang antar suku : Seperti yang dilihat, makna dari sila ini adalah mempersatukan Indonesia. Jika terjadi perang suku tentu saja Indonesia akan terpecah dan mungkin tidak menjadi utuh sehingga ini bisa menjadi salah satu pelanggaran pancasila.

• Menjadi provoator etnis atau suku tertentu : Yang ketiga adalah ketika ada seseorang yang menjadi seorang provokator dari suku atau etnis tertentu yang bisa memcicu adanya perang antar suku atau konflik panas.

Contoh kasus penyimpangan sila ketiga : • OPM (Organisasi Papua Merdeka) : Organisasi Papua Merdeka ini sudah beridiri sejak tahun 1965 dan bahkan masih berdiri sampai sekarang.

contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

Gerakan ini merupakan salah satu organisasi yang bersikeras untuk memisahkan Papua Barat dari wilayah NKRI dan ingin merdeka sendiri karena merasa jika daerah mereka tidak ada hubungannya dengan bangsa Indonesia.

Ini termasuk pelanggaran sila ketiga karena ingin berpisah dari Bangsa Indonesia. • Sila keempat Sila keempat adalah sila yang berbunyi seperti ini, “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dan kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”.

Pada sila keempat ini memiliki makna yang lebih mengutamakan kepentingan masyarakat dan juga negara. Berikut adalah beberapa contoh penyimapangan dan juga kasus riilnya. Ini dia informasi pentingya untuk Anda! Contoh penyimpangan : • Ketidakadilan bagi masyarakat : Sila keempat mengungkapkan akan lebih mementingkan masyarakat daripada pemerintah itu sendiri.

Namun nyatanya masih banyak penyimpangan dan kekeliruan dalam hukum sehingga menimbulkan ketidakadilan bagi masyarakat. • Melarang orang berpendapat : Contoh penyimpangan dari sila keempat ini adalah melarang orang untuk berpendapat atau bahkan memboikotnya. Hal ini jelas berbeda dan bertentangan dari silam keempat.

• Melarang orang menduduki jabatan tertentu karena suku, ras, agama, dll : Poin ketiga ini sangat nyata sedang terjadi di Indonesia. Sangat disayangkan jika Indonesia ini memiliki beragam suku namun masyarakatnya masih banyak yang belum bisa berkembang dengan baik.

Contohnya saja adanya larangan seseorang yang beragama dan suku minoritas yang dilarang menduduki suatu jabatan hanya karena tidak seagama atau tidak satu suku. Contoh kasus penyimpangan sila keempat : • Ketikdakadilan hukum : Penyimpangan kasus dari sila keempat ini adalah ketikdakadilan hukum bagi pejabat dan kaum bawah. Buktinya beberapa tahun silam orang yang dikataka mencuri buah seperti semangka dan kakao harus mendekam di balik jeruji besi mulai dari ancaman 1 hingga 5 tahun, hanya karena mencuri kakao seharga 2000 rupiah saja.

Sedangkan para pejabat yang sudah menelan uang milik negara milyaran rupiah hanya ditahan selama 1-2 tahun bahkan tidak diselidiki. Hal ini memang ironis tapi memang ada di Indonesia, merupakan salah satu pelangagran berat pancasila. • Sila kelima Yang terakhir adalah sila kelima atau berbunyi, “keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia”.

Yang memiliki makna jika semua masyarakat Indonesia harus bisa hidup dengan adil. Namun nyatanya sampai saat ini masih banyak sekali hal dilanggar. Berikut adalah contohnya : Contoh penyimpangan : • Menelantarkan para veteran : Salah satu contoh nyata tidak adilnya itu bisa kita lihat bagaiamana negara memperlakukan veteran atau pejuang yang sudah mengabdi pada negara bahkan sejak jaman kemerdekaan. Banyak sekali veteran dan mantan atlet yang sekarang ini hidupnya susah dan bahkan harus berjualan di usia rentanya.

Padahal dahulu mereka berjuang bertaruh nyawa hanya untuk merdeka dan bisa mengharumkan nama Indonesia.

contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

Balasannya? • Perlakuan tidak adil karena kondisi tertentu : Yang kedua adalah perlakuan yang tidak adil kepada masyarakat mungkin karena perbedaan yang ada. Contoh kasus penyimpangan sila kelima : • Perbedaan kehidupan warga Ibukota dan Papua : Pelanggaran dari sila kelima ini bisa dilihat dari perbedaan kehidupan anatara masyarakat kota Jakarta dan Papua.

Walau mungkin sama-sama warga Indonesia tetap saja warga Jakarta dan Papua ini berbeda, di Jakarta semua infrastruktur dibangun merata sedangkan di Papua pembangunan belum rata dan masih banyak yang menggunakan koteka.

Nah itu dia informasi mengenai contoh kasus pelanggaran pancasila yang dapat kita pahami. Pahami juga mengenai contoh ancaman terhadap nkri dan juga Contoh hak asasi hukum. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua!
Perjuangan bangsa indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan.

Sebagai dasar bagi konflik dan diskriminasi terhadap kelompok lain. Pengertian dalam ruang tertutup yaitu bahwa penyampaian pernyataan. Republik indonesia no 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka yang diatur. Tidak hanya itu, hoax bahkan bisa membuat perpecahan antaranak bangsa yang bisa mengganggu persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik indonesia (nkri).

Membina Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Merupakan Wujud from assets-a1.kompasiana.com Persatuan dan kesatuan menjadi kunci bangsa indonesia untuk menjaga. Persatuan dan kesatuan bangsa dalam negara kesatuan yang adil dan. Setelah melalui penyelidikan dan penyidikan tentang kasus pelanggaran ham.

1 oleh karena itu, kajian mengenai parpol akan terkait dengan studi mengenai. Partai ini belum menunjukan ciri sebagai parpol dalam pengertian moderen. Membina karakter/watak, memelihara rasa persatuan dan kesatuan secara kekeluargaan. Perjuangan bangsa indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan.

Semakin menunjukkan pengaruh dan efek yang negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Tidak hanya itu, hoax bahkan bisa membuat perpecahan antaranak bangsa yang bisa mengganggu persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik indonesia (nkri). Membina karakter/watak, memelihara rasa persatuan dan kesatuan secara kekeluargaan. Terlebih, berita bohong atau fitnah yang menyebar.

Oleh sebab itu bangsa indonesia harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Perjuangan bangsa indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan. Republik indonesia no 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka yang diatur. Partai ini belum menunjukan ciri sebagai parpol dalam pengertian moderen. Pengertian dalam ruang tertutup yaitu bahwa penyampaian pernyataan. Tidak hanya itu, hoax bahkan bisa membuat perpecahan antaranak bangsa yang bisa mengganggu persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik indonesia (nkri).

Setelah melalui penyelidikan dan penyidikan tentang kasus pelanggaran ham. 1 oleh karena itu, kajian mengenai parpol akan terkait dengan studi mengenai. Semakin menunjukkan pengaruh dan efek yang negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Berdasarkan aspek historis wawasan nusantara masih berkaitan dengan. Aturan hukum yang tegas mengatur masalah kebebasan berpendapat. Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa indonesia sejak kemerdekaan hingga. Persatuan dan kesatuan menjadi kunci bangsa indonesia untuk menjaga.

1 oleh karena itu, kajian mengenai parpol akan terkait dengan studi mengenai. Aturan hukum yang tegas mengatur masalah kebebasan berpendapat. Partai ini belum menunjukan ciri sebagai parpol dalam pengertian moderen. Contoh Kasus Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam from 3.bp.blogspot.com Persatuan dan kesatuan menjadi kunci bangsa indonesia untuk menjaga.

Sebagai dasar bagi konflik dan diskriminasi terhadap kelompok lain. Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa indonesia sejak kemerdekaan hingga. Pengertian dalam ruang tertutup yaitu bahwa penyampaian pernyataan. Aturan hukum yang tegas mengatur masalah kebebasan berpendapat.

Oleh sebab itu bangsa indonesia harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Semakin menunjukkan pengaruh dan efek yang negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Partai ini belum menunjukan ciri sebagai parpol dalam pengertian moderen. Partai ini belum menunjukan ciri sebagai parpol dalam pengertian moderen. Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa indonesia sejak kemerdekaan hingga. Semakin menunjukkan pengaruh dan efek yang negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

Partai ini belum menunjukan ciri sebagai parpol dalam pengertian moderen. Sebagai dasar bagi konflik dan diskriminasi terhadap kelompok lain. Aturan hukum yang tegas mengatur masalah kebebasan berpendapat.

Berdasarkan aspek historis wawasan nusantara masih berkaitan dengan. Persatuan dan kesatuan bangsa dalam negara kesatuan yang adil dan. Terlebih, berita bohong atau fitnah yang menyebar. Setelah melalui penyelidikan dan penyidikan tentang kasus pelanggaran contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah.

Membina karakter/watak, memelihara rasa persatuan dan kesatuan secara kekeluargaan. Tidak hanya itu, hoax bahkan bisa membuat perpecahan antaranak bangsa yang bisa mengganggu persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik indonesia (nkri). Pengertian dalam ruang tertutup yaitu bahwa penyampaian pernyataan.

Republik indonesia no 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka yang diatur. Persatuan dan kesatuan menjadi kunci bangsa indonesia untuk menjaga. Aturan hukum yang tegas mengatur masalah kebebasan berpendapat. Setelah melalui penyelidikan dan penyidikan tentang kasus pelanggaran ham .

contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

Pengertian dalam ruang tertutup yaitu bahwa penyampaian pernyataan. Terlebih, berita bohong atau fitnah yang menyebar. Bersama dalam Keberagaman SARA from guetau.com Aturan hukum yang tegas mengatur masalah kebebasan berpendapat. Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa indonesia sejak kemerdekaan hingga. Republik indonesia no 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka yang diatur. Terlebih, berita bohong atau fitnah yang menyebar.

Berdasarkan aspek historis wawasan nusantara masih berkaitan dengan. Oleh sebab itu bangsa indonesia harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Sebagai dasar bagi konflik dan diskriminasi terhadap kelompok lain. Perjuangan bangsa indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan. Sebagai dasar bagi konflik dan diskriminasi terhadap kelompok lain. 1 oleh karena itu, kajian mengenai parpol akan terkait dengan studi mengenai. Berdasarkan aspek historis wawasan nusantara masih berkaitan dengan.

Semakin menunjukkan pengaruh dan efek yang negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan bangsa dalam negara kesatuan yang adil dan. Perjuangan bangsa indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan. Oleh sebab itu bangsa indonesia harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Partai ini belum menunjukan ciri sebagai parpol dalam pengertian moderen. Sebagai dasar bagi konflik dan diskriminasi terhadap kelompok lain. Terlebih, berita bohong atau fitnah yang menyebar .

contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

Pengertian dalam ruang tertutup yaitu bahwa penyampaian pernyataan. Tidak hanya itu, hoax bahkan bisa membuat perpecahan antaranak bangsa yang bisa mengganggu persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik indonesia (nkri). Persatuan dan kesatuan menjadi kunci bangsa indonesia untuk menjaga. Republik indonesia no 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka yang diatur. Contoh Kasus Konflik Terkait Persatuan Dan Kesatuan Bangsa / Melihat kembali kerukunan umat beragama di Indonesia : Partai ini belum menunjukan ciri sebagai parpol dalam pengertian moderen.

Pengertian dalam ruang tertutup yaitu bahwa penyampaian pernyataan. Persatuan dan kesatuan menjadi kunci bangsa indonesia untuk menjaga. Setelah melalui penyelidikan dan penyidikan tentang kasus pelanggaran ham .

contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

Republik indonesia no 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka yang diatur. Semakin menunjukkan pengaruh dan efek yang negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Source: 4.bp.blogspot.com Tidak hanya itu, hoax bahkan bisa membuat perpecahan antaranak bangsa yang bisa mengganggu persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik indonesia (nkri). 1 oleh karena itu, kajian mengenai parpol akan terkait dengan studi mengenai. Sebagai dasar bagi konflik dan diskriminasi terhadap kelompok lain.

Source: id-static.z-dn.net Republik indonesia no 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka yang diatur. Pengertian dalam ruang tertutup yaitu bahwa penyampaian pernyataan. Oleh sebab itu bangsa indonesia harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Source: 1.bp.blogspot.com Berdasarkan aspek historis wawasan nusantara masih berkaitan dengan. Persatuan dan kesatuan bangsa dalam negara kesatuan yang adil dan.

Terlebih, berita bohong atau fitnah yang menyebar. Source: imgv2-2-f.scribdassets.com Partai ini belum menunjukan ciri sebagai parpol dalam pengertian moderen.

1 oleh karena itu, kajian mengenai parpol akan terkait dengan studi mengenai. Membina karakter/watak, memelihara rasa persatuan dan kesatuan secara kekeluargaan. Source: cdns.klimg.com Pengertian contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah ruang tertutup yaitu bahwa penyampaian pernyataan. Aturan hukum yang tegas mengatur masalah kebebasan berpendapat. Semakin menunjukkan pengaruh dan efek yang negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

Source: 4.bp.blogspot.com Terlebih, berita bohong atau fitnah yang menyebar. Source: cdns.klimg.com Oleh sebab itu bangsa indonesia harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Source: id-static.z-dn.net Berdasarkan aspek historis wawasan nusantara masih berkaitan dengan. Source: 1.bp.blogspot.com Semakin menunjukkan pengaruh dan efek yang negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Source: 3.bp.blogspot.com Tidak hanya itu, hoax bahkan bisa membuat perpecahan antaranak bangsa yang bisa mengganggu persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik indonesia (nkri).
Hallo Hannnes H.

Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah pemberontakan G30 S/PKI. Berikut ini penjelasannya. G30 S/PKI terjadi pada malam hingga dini hari, tepat pada akhir tanggal 30 September dan masuk 1 Oktober 1965.

Gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia.

Tiga dari enam orang yang menjadi target langsung dibunuh di kediamannya. Contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah ini didalangi oleh Partai Komunis Indonesia.

Pemberontakan G30 S/PKI menjadi salah satu bentuk disintegrasi bangsa, dimana hal tersebut merupakan gerakan pengkhianatan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk merebut kekuasaan dan mengganti dasar negara Pancasila dengan ideologi komunis.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pemberontakan G30 S/PKI. Semoga membantu ya.Wilayah Indonesia yang luas dan subur merupakan karunia dari Tuhan YME yang wajib kita syukuri dan kita pertahankan keutuhannya untuk kemakmuran dan kebahagiaan bangsa Indonesia, sebagai Negara kesatuan kita tidak pernah luput dari ancaman yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Contoh kasus yang pernah terjadi di Indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah ? A. Pemberontakan RMS B. Pemberontakan PKI C. Pemberontakan DI/TII D.

Pemberontakan APRA E. Pemberontakan PRRI/Permest Jawabannya adalah B. Pemberontakan PKI. promo asuransi mobil asuransi mobil online asuransi mobil murah asuransi mobil termurah daftar asuransi mobil allianz asuransi mobil asuransi mobil aca cermati asuransi mobil aca asuransi mobil asuransi mobil tua asuransi mobil all risk asuransi mobil bulanan asuransi mobil autocillin garda oto asuransi mobil asuransi mobil syariah asuransi mobil all risk terbaik adira asuransi mobil raksa asuransi mobil asuransi raksa mobil asuransi mobil adira syariah asuransi mobil sinarmas asuransi mobil sinar mas asuransi mobil asuransi aca mobil lifepal asuransi mobil asuransi mobil sinarmas asuransi mobil allianz asuransi mobil raksa asuransi mobil bekas asuransi mobil yang bagus asuransi all risk mobil terbaik asuransi sinar mas mobil asuransi kendaraan terbaik asuransi mobil sinar mas all risk asuransi kendaraan syariah marketplace asuransi harga asuransi mobil all risk asuransi mobil lifepal asuransi mobil terbaik asuransi mobil tugu cermati asuransi asuransi adira mobil asuransi kendaraan mobil asuransi mobil adira asuransi mobil abda asuransi mobil astra asuransi mobil garda oto asuransi mobil terbaik 2021 premi asuransi mobil all risk biaya asuransi mobil all risk asuransi mobil sompo harga unit link aia premi asuransi mobil asuransi mobil bca asuransi mobil axa ramayana asuransi mobil bca asuransi mobil asuransi mobil ramayana asuransi mobil baru asuransi bca mobil asuransi mobil tlo mag asuransi mobil asuransi kehilangan mobil asuransi mobil honda abda asuransi mobil asuransi mobil bca finance asuransi mobil terbaik 2020 harga asuransi mobil adira insurance syariah asuransi mobil axa mandiri asuransi kendaraan asuransi jiwa term life harga asuransi mobil all risk 2021 simas mobil asuransi tlo mobil bekas asuransi abda terdekat cara asuransi mobil asuransi mag mobil otoransi biaya asuransi mobil asuransi jiwa premi murah garda oto terdekat asuransi all risk garda oto asuransi adira syariah asuransi mobil adira syariah asuransi jiwa online asuransi astra garda oto asuransi toyota biaya asuransi all risk asuransi all risk asuransi mobil toyota asuransi jiwa murni terbaik asuransi kesehatan online quotes asuransi asuransi jiwa murni sahabat asuransi biaya asuransi mobil all risk bca asuransi kendaraan bermotor asuransi garda oto terdekat garda oto tb simatupang asuransi travel online asuransi perjalanan online beli asuransi perjalanan online asuransi perjalanan allianz online beli asuransi perjalanan allianz online cara beli asuransi perjalanan online beli asuransi travel online asuransi perjalanan axa online asuransi perjalanan luar negeri online
Pertanyaan Wilayah Indonesia yang luas dan subur merupakan karunia dari Tuhan YME yang wajib kita syukuri dan kita pertahankan keutuhannya untuk kemakmuran dan kebahagiaan bangsa Indonesia, sebagai Negara kesatuan kita tidak pernah luput dari ancaman yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Contoh kasus yang pernah terjadi di Indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah …. Hallo Mamarizatos 5. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah peristiwa gerakan 30 September 1965 yang diduga dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia. Berikut ini penjelasannya. Peristiwa Gerakan 30 September 1965 ialah tragedi nasional yang diduga dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia dan menimbulkan korban dikalangan petinggi militer.

Peristiwa ini dilatar-belakangi oleh persaingan politik, pertentangan antara PKI dengan Angkatan Darat, di mana PKI menganggap AD sebagai kekuatan yang menghalangi PKI merebut kekuasaan.

Pemberontakan G30 S/PKI menjadi salah satu bentuk disintegrasi bangsa, dimana hal tersebut merupakan gerakan pengkhianatan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk merebut kekuasaan dan mengganti dasar negara Pancasila dengan ideologi komunis.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah peristiwa gerakan 30 September 1965 yang diduga dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia. Semoga membantu ya.
30 Soal Pilihan Ganda PPKn Kelas XI Bab six Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline posting contoh soal Pilihan Ganda (PG) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas Xi SMA/MA/SMK/MAK.

Soal dari Modul PJJ berikut ini membahas Bab 6 tentang Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Republic of indonesia. Baca juga: – Pembelajaran Pertama: Makna dan hakikat persatuan dan kesatuan bangsa, persatuan dan kesatuan bangsa dalam sejarah serta prinsip-prinsip persatuan dan kesatuan bangsa – Pembelajaran Kedua: faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia – Pembelajaran Ketiga: Perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara kesatuan dan persatuan bangsa Republic of indonesia Bagi yang belum membaca, silahkan dibaca postingan Sekolahmuonline yang berjudul: Soal PG PPKn Kelas Eleven Bab 6 Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada pada postingan ini. thirty Soal Pilihan Ganda PPKn Kelas Eleven Bab six Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Republic of indonesia Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

sekolahmuonline.com i. Pada hakikatnya, arti persatuan dan kesatuan merupakan besatunya berbagai bangsa yang mendiami Indonesia menjadi satu……. A. Kebulatan yang utuh B. Keharmonisan yang sederajat C. Persamaan harkat dan martabat D.

Kesetaraan golongan Eastward. Komponen utaman Jawaban: A 2. Indonesia terletak pada…. Yang ditengah-tengahnya terbentang garis equator sehingga Indonesia mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau’ A.

eight° LU–11° LS, 90° BT–145° BT B. 6° LU–11° LS, 95° BT–141° BT C. 9° LU–eleven° LS, lxxx° BT–150° BT D. eleven° LU–6° LS, 141° BT–95° BT E. 12° LU–6° LS, 142° BT–95° BT Jawaban: B 3. Salah satu prinsip persatuan dan kesatuan bangsa Republic of indonesia adalah bersikap setia kepada bangsa dan negara, yang dikena dengan sikap… A. Patriotism B. Nasionalisme C. Chauvinism D. Fanatisme E. Sekularisme Jawaban: A 4. Momentum yang merupakan konsesus nasional yang merupakan konsep persatuan dan kesatuan bangsa adalah.

A. Sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 B. Proklamasi kemerdekaan 17 Agsutus 1945 C. Penetapan Pancasila pada tanggal 17 Agustus 1845 D. Kebankitan nasional twenty Mei 1928 Eastward. Kongres pemuda II pada tanggal 27 Otober 1928 Jawaban: A five. Persatuan dan kesatuan mempunyai arti yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Persatuan dan keberagaman harus dipahami oleh setiap masyarakat agar dapat mewujudkan hal-hal sebagai berikut, kecuali. A. Pembangunan lebih lancar B. Pergaulan antar sesame lebih akrab C.

Kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang D. Perbedaan tidak menjadi sumber masalah E. Persatuan dan kesatuan demi kebersamaan kelompok tertentu Jawaban: E six. Integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan yang ada pada bangsa Indonesia yang menganut semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu jua, sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional.

contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

Agar kebhinekaan itu tidak menimbulkan disintegrasi bangsa maka diperlukan sikap dan perilaku yaitu …. A. membanggakan kebudayaan bangsa Indonesia yang berbeda B.

menghargai perbedaan sebagai suatu rahmat dari Tuhan YME C. mengagungkan bangsa dan negara dan merendahkan bangsa lain D.

membanggakan suku bangsa yang memiliki keanekaragaman budaya E. menghargai kekayaan bangsa Republic of indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain Jawaban: D 7. Perhatikan hal-hal berikut. 1. Menjadi awal tumbuhnya kesadaran untuk hidup berbangsa dan bernegara 2. Menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu 3. Menandai munculnya lambing-lambang pemersatu bangsa iv.

Memisahkan kepentingan bangsa dengan kepentingan golongan five. Memudahkan pemisahan kekuatan kelompok-kelpmpok daerah Makna yang terkandung dalam sumpah pemuda ditunjukkan oleh nomor… A. one, 2, dan 3 B. 1, 3, dan v C. 2, 3, dan 4 D. ii, four, dan v E. three, 4dan v Jawaban: Contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah 8.

Mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu, kelompok golongan, suku bangsa atau daerah adalah… A. arah wawasan nusatara B. tujuan wawasan nusantara C. kedudukan wawasan nusantara D. fungsi wawasan nusanatar E. isi wawasan nusantara Jawaban: B 9. Yang bukan merupakan karakteristik negara Indonesia berdasarkan konsep Wawasan Nusantara adalah…… A.

negara kepulauan yang pengertiannya adalah suatu wilayah lautan yan di kelilingi pulau-pulau kecil B. konsep utamanya adalah manunggalnya wilayah ;aut, darat, dengan wilayah udara C.

lautan atau perairan merupakan wilayah pokok bukan merupakan pelengkap D. wilayah udara adalah milik bersama, siapapun berhak untuk memilikinya Due east. lautan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari daratan, bukan pemisah Jawaban: D 10. Bahwa Pancasila merupakan satu-satunya falsafah serta ideology bangsa dan negara, yang melandasi, membimbing dan megarahkan bangsa menuju tujuannya adalah perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan….

A. Politik B. Idiologi C. Pertahana dan keamanan D. Eknomi Due east. Sosial budaya Jawaban: A 11. Bahwa kekayaan wilayah nusantara baik potensial maupu efektif adalah modal dan milik berama bangsa, keperluan hidup sehari-hari harus merta dan tersedia di seluruh tanah air, adalah perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan… A. Ekonomi B. Politik C. Pertahanan dan kemanan D. Sosial budaya E. Ideology Jawaban: A 12. Bahwa masyarakat budaya Indonesia pada hakikatnya adalah satu.

Corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya, adalah perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ….

A. Sosial budaya B. Politik C. Pertahanan dan kemanan D. Ekonomi E. Ideologi Jawaban: A 13. Ancaman terhadap seluru daerah pada hakikatnya merupakan ancaman bagi seluruh bangsa dan negara, adalah perwujudan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan.

A. Pertahanan dan keamanan B. Ekonomi C. Sosial budaya D. Politik E. Idologi Jawaban: A fourteen. Selain ancaman dalam bidang militer, sebagai bangsa yang majemuk kita harus mewaspadai adanya ancaman di bidang ekonomi, yaitu sistem persaingan bebas yang saling menghancurkan dan dapat menumbuhkan eksploitasi masyarakat dan bangsa lain, yang dikenal dengan … A.

Sistem etatisme B. Sistem monopoli C. Sistem oligopoly D. Sistem markantilisme E. Sistem Free fight liberalism Jawaban: E 15. Paham nasionalisme mulai dikenal di Indonesia sejak awal abad ke-twenty, yaitu saat berdirinya Budi Utomo. Berdirinya Budi Utomo itu merupakan awal dari kebangkitan nasional dan merupakan awal dari kesadaran nasional.

Tanggal berdirinya organisasi pergerakan tersebut hingga kini kita peringati sebagai hari Kebangkitan Nasional adalah… A. 2 Mei B. xx Mei C. 21 April D. 1 Juni E. 12 Juli Jawaban: B 16. Dibawah ini yang bukan merupakan faktor pendorong tercapainyapersatuan dan kesatuan bangsaadalah ditandai dengan adanya … A. persamaan dan kesetiakawanan yang agung antar pemeluk agama B. rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah.

C. ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Republic of indonesia. D. tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa indonesia seperti yang dinyatakan dalam Sumpah Pemuda. E. ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Jawaban: C 17. Pasal 30 Ayat (one) dan (2) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan bahwa tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara yang dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, dengan komponen utama, yaitu … A.

Masyarakat B. TNI dan Polri C. Tentara Nasional Indonesia D. Kepolisian Republik Indonesia E. Pertahanan Sipil Jawaban: B 18. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, Ayat 2, menyebutkan bahwa Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan melalui beberapa program, kecuali … A.

pendidikan Kewarganegaraan B. pelatihan dasar kemiliteran C. pengabdian sesuai dengan profesi D. Sistem pertahananan dan keamanan rakyat semesta East. pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau wajib Jawaban: B 19. Ancaman merupakan setiap usaha atau kegiatan baik dari dalam maupun dari luar yang dinilai dapat persatuan dan kesatuan Negara, serta juga dapat berbahaya bagi keselamatan bangsa dan warga Negara.

Bentuk ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa ada beberapa macam, salah satunya yaitu ancaman dibidang militer. Yang termasuk ancaman dibidang militer yaitu….

A. Perdagangan narkoba B. Banyaknya tindakan korupsi C. Agresi, spionase, dan sabotase D. Kegiatan imigrasi gelap/ilegal E. Penangkapan ikan di laut secara illegal Jawaban: C 20. Ketidakpuasan pemerataan ekonomi pada daerah-daerah terluar Indonesia menimbulkan ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, salah satunya adalah… A. Ketergantungan ekonnomi pada negara tetangga B.

Munculnya gerakan separatisme C. Mekanisme distrubusi bantuan tidak merata D. Bahasa Indonesia mulai luntur East. Kecemburuan sosial di masyarakat Jawaban: B 21.

contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

Landasan hukum penerapan Upaya bela negara yangg dapat dilakukan oleh warga negara tertuang dalam Undang-Undang Republik Republic of indonesia tentang Pertahanan Negara, yaitu … A. UU Nomor iii Tahun 2001 B. UU Nomor 2 Tahun 2002 C.

UU Nomor 3 Tahun 2002 D. UU Nomor 2 Tahun 2003 East. UU Nomor iii Tahun 2003 Jawaban: B 22. Dalam sistem pertahanan keamana rakyat semesta, rakyat berfungsi sebagai kekuatan …. A. utama sistem keamanan B. utama sistem pertahanan C. mayoritas sistem pertahanan D. pendukung pertahanan keamanan E. utama sistem pertahanan dan keamanan Jawaban: D 23. Contoh keikutsertaan kalian di sekolah dalam menjaga persatuan dan kesatuan dapat dilakukan melalui kegiatan …… A.

Ekstrakurikuler sesuai arahan pihak sekolah B. pertandingan olah raga di tingkat internasional C. kepramukaan dengan penuh kesadaran D. olimpiade fisika, matematika dan kimia di luar negeri E. penanggulangan korban bencana alam Jawaban: C 24. Sistem pertahanan dan keamanan Bangsa Republic of indonesia memiliki disebut dengan Sistem pertahanan keamanan Rakyat semesta, (Sishankamrata).

Berdasarkan sistem ini, TNI pada dasarnya merupakan unsur utama pertahanan dan keamanan, sedangkan unsur pendukungnya adalah …. A. pelajar dan mahakalian B. organisasi kepemudaan C. seluruh rakyat Republic of indonesia D. organisasi kemasyarakatan Eastward. Kepolisian Republik Indonesia Jawaban: C 25. Di Indonesia terdapat Kebhinekaan dalam berbagai macam budaya, adat istiadat, suku bangsa dan bahasa.

Salah satu modal dalam pembangunan nasional adalah…. A. Adanya perbedaan pandangan dalam masyarakat B. Budaya yang ada yang dimiliki Bangsa Indonesia C. Kebhinekaan dalam persatuan dan kesatuan bangsa D. Berbagai karakter dan kepribadiaan Bangsa yang heterogen E. Kemajemukan suku Bangsa yang mendiami wilayah Indonesia Jawaban: C 26. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat besar baik dari kebudayaan ataupun wilayahnya. Selain dampak positif, juga menimbulkan masalah yang baru, diantaranya terdapat karakter yang berbeda-beda antar suku bangsa sehingga dapat mengancam keutuhan bangsa Republic of indonesia.

Untuk mengatasi ancaman keutuhan NKRI maka dibutuhkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mengatasi ancaman terhadap terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa yaitu …. A. tidak membedakan keberagaman suku dan budaya daerah B. menjalankan ibadah secara bersama-sama dengan umat agama lain. C. menggunakan dan memanfaatkan fasilitas umum untuk kepentingan pribadi D. bergotong royong untuk meningkatkan kekompakan masyarakat yang sesuku E. mau dan bersedia untuk bekerja sama dengan masyarakat yang sesuku dan seagama Jawaban: A 27.

contoh kasus yang pernah terjadi di indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah

Masyarakat Indonesia yang beragam suku, agama, ras, warna kulit, bahasa merupakan kekayaan sekaligus ancaman oleh sebab itu rakyat Indonesia harus memiliki sikap untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa diantaranya ….

A. kesadaran bela Negara B. membangun etnosentris C. menjadi contoh bagi generasi muda D. mengembangkan sikap provinsialisme E. menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal Jawaban: C 28. Masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga serta mengatasi ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. Salah satu peran tersebut misalnya…. A. memiliki sikap dan kepatuhan yang tinggi sebagai warga negara B.

berwawasan luas dalam setiap menyelesaikan permasalahan hidup C. rajin dan tekun belajar untuk mendapatkan masa depan yang cerah D. tidak membedakan keberagaman pada suku, budaya daerah ( SARA ) E. memiliki gaya hidup modern dan mampu memanfaatkan teknologi mod Jawaban: Eastward 29.

Wilayah Indonesia yang luas dan subur merupakan karunia dari Tuhan YME yang wajib kita syukuri dan kita pertahankan keutuhannya untuk kemakmuran dan kebahagiaan bangsa Indonesia, sebagai Negara kesatuan kita tidak pernah luput dari ancaman yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Contoh kasus yang pernah terjadi di Indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah…. A. Pemberontakan PKI B.

Pemberontakan APRA C. Pemberontakan RMS D. Pemberontakan DI/TII E. Pemberontakan PRRI/Permesta Jawaban: A 30. Persatuan dan kesatuan suatu negara merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan pembangunan yang dijalankannya. Begitu juga dengan Negara Kesatuan Republik Republic of indonesia yang tengah melaksanakan pembangunan di segala bidang.

Indonesia sangat memerlukan adanya persatuan dan kesatuan di antara rakyat Indonesia. Suatu programme pembangunan tidak akan terlaksana dengan baik dan mencapai suatu keberhasilan jika kondisi negara terpecah belah atau tidak adanya persatuan dan kesatuan di antara warga negaranya. Dengan demikian, persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan yang sedang dilaksanakan.

Persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Republic of indonesia adalah hal yang mutlak dipertahankan dan terus diperkuat dalam seluruh aspek kehidupan. Kita harus menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa, misalnya merendahkan suku bangsa lain, mengganggap sukunyalah yang paling baik, dan sebagainya. Kita harus memupuk persaudaraan dengan sesama warga negara Indonesia agar persatuan dan kesatuan bangsa senantiasa terjaga.

Ada tiga faktor yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu…. A. Sumpah Pemuda, Pancasila, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

B. Bahasa Indonesia, Bendera Merah putih, dan Lambang Negara Pancasila C. Perasaan senasib sepenanggungan, latar belakang sejarah, dan persamaan cita- cita D.

Tujuan yang sama, suku bangsa yang sama, dan perjuangan yang sama E. Latar belakang, cita – cita, dan tujuan yang sama Jawaban: A Baca juga: Soal PG PPKn Kelas Eleven Bab 6 Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia Salah Satu Persamaan Yang Dimiliki Bangsa Indonesia Adalah Source: https://www.sekolahmuonline.com/2021/03/soal-pilihan-ganda-ppkn-kelas-11-bab-persatuan-dan-kesatuan-bangsa-dalam-negara-kesatuan-republik-indonesia.html Terbaru • Seluk Beluk Usaha Bisnis Ternak Lobster • Panduan Ht Baofeng Uv 82 Bahasa Indonesia • Jelaskan Cara Mengubah Interval Nada D Mayor • Pembagian Kerja Dan Beban Kerja Di Perusahaan Peternakan • Cara Pasang Twrp Redmi Note 7 Tanpa Pc • Berikut Ini Cara Memperkecil Resiko Resiko Usaha Adalah • Contoh Membuat Pohon Akar Masalah Tentang Peternakan • Hack Wifi Wpa2 Psk Windows 7 Cmd • Makalah Pemanfaatan Limbah Untuk Pakan Ternak Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized

KTT ASEAN-AS Membahas Perdagangan dan Pertahanan




2022 www.videocon.com