Sertu ari baskoro

sertu ari baskoro

TRIBUN-BALI.COM - Sersan Satu (Sertu) Ari Baskoro gugur ditembak KKB di Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu 20 November 2021 pagi. Sertu Ari Baskoro merupakan prajurit TNI AD dari Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua. Keluarga mendapat kabar duka meninggalnya Sertu Ari pada Sabtu kemarin. Pada Minggu (21/11/2021), rumah duka di Dusun Legok Sari, RT sertu ari baskoro RW 2 Desa Pidodo Wetan, Kecamatan Patebon, Kendal, Jawa Tengah tampak dipenuhi karangan bunga tanda duka cita dari berbagai pihak.

Lebih dari 20 karangan bunga terpajang di halaman depan rumah duka hingga di jalanan. Karangan bunga di antaranya datang dari Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Baton 3 Kipang D Yonif RK 113/JS Danbrigif 25/Siwah, Granatt 22 Yonif RK 113/JS, Java Army 113/JS, Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman.

Danpusterad Letnan Jenderal TNI Teguh Arief Indratmoko, Danrem 172/PWY, Pangdam XVII/Cen, Kasad Jenderal TNI Dudung, Dandim 0715/Kendal, Pangdam Iskandar Muda Batalion 3 Kipang Yonif RK 113/JS, Communiti Prajurit Asli Kendal (Kompak), Ambalat 23 Indonesia, Ambalat 23 Badak Hitam dan Ganas 3116 Aceh, hingga Kapolsek Pulau Bacan. Kakak korban, Adi Nugroho mengatakan, kabar duka adiknya ia terima Sabtu siang.

Baca juga: KRONOLOGI Kebrutalan KKB Papua Tembaki Pekerja, 1 Warga Terkapar, Berawal Tangki BBM Terbakar Saat itu, ia hanya mendapat kabar kalau adiknya telah gugur tertembak anggota KKB saat hendak membeli perlengkapan dan perbekalan untuk bertugas di Suru-suru. Kendal - Jenazah Sertu Ari Baskoro, prajurit TNI AD yang gugur tertembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua pada Sabtu (20/11), tiba di rumah duka di Dusun Legoksari RT 1 RW 2, Desa Pidodo Kulon, Patebon, Kendal, Jateng.

Jenazah Sertu Ari tiba di rumah duka Senin (22/11/2021) dini hari.

sertu ari baskoro

Sontak tangis keluarga sertu ari baskoro ketika ambulans pembawa jenazah tiba. Sejumlah anggota Kodim 0715 Kendal dan Yonif 400 R lalu mengangkat peti jenazah Sertu Ari untuk dibawa masuk ke dalam rumah. Kakak almarhum, Adi Nugroho, mengatakan jenazah Sertu Ari akan dimakamkan di pemakaman keluarga, Senin siang nanti. Baca juga: Sertu Ari Baskoro Gugur, Penembaknya KKB Pimpinan Tendius Gwijangge Kodim 0715/Kendal menawarkan agar jenazah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP).

Namun ayahanda Ari berkehendak agar anaknya dimakamkan di pemakaman keluarga dengan alasan agar lebih dekat dengan rumah keluarga. Sertu Ari adalah anak ketiga dari pasangan Endro Subroto (63) dan Titik Kisworini (61). Dia mengemban tugas sebagai prajurit TNI AD dari Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Persiapan Suru-suru, Yahukimo, Sertu ari baskoro selama 1 tahun.

Sertu Ari Baskoro tercatat sudah 11 bulan bertugas di tanah Papua. Dia semula direncanakan akan kembali bertugas di Aceh pada Desember mendatang. Baca juga: Kronologi Serangan KKB Terbaru di Papua, 1 Anggota TNI Gugur Ibunda Sertu Ari, Titik Kisworini, biasanya anak ketiganya itu pulang ke Kendal 2 kali dalam setahun.

Namun selama pandemi COVID-19, Sertu Ari tidak pernah pulang selama 2 tahun terakhir. "Ya sejak pandemi ini dia tidak pulang dan sudah 2 tahun terakhir ini. Biasanya dia pulang dua kali dalam setahun," jelasnya. Lihat juga video 'Terpantau Drone, 5 Orang Teroris KKB Tembaki Polsek Sugapa di Papua': [Gambas:Video 20detik] (mbr/mbr)
TRIBUNNEWS.COM, KENDAL - Sertu Ari Baskoro gugur tertembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Sabtu (20/11/2021). Sertu Ari Baskoro adalah prajurit TNI AD dari Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua.

Kabar meninggalnya Sertu Ari sampai ke keluarganya di Dusun Legok Sari, RT 1 RW 2 Desa Pidodo Wetan, Kecamatan Patebon, Kendal, Sabtu kemarin. Hari ini Minggu (21/11/2021), rumah duka dibanjiri karangan bunga tanda duka cita dari berbagai pihak. Lebih dari 20 karang bunga terpajang di halaman depan rumah duka hingga di jalanan. Di antaranya dari Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Baton 3 Kipang D Yonif RK 113/JS Danbrigif 25/Siwah, Granatt 22 Yonif RK 113/JS, Java Army 113/JS, Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman.

Danpusterad Letnan Sertu ari baskoro TNI Teguh Arief Indratmoko, Danrem 172/PWY, Pangdam XVII/Cen, Kasad Jenderal TNI Dudung, Dandim 0715/Kendal, Pangdam Iskandar Muda Batalion 3 Kipang Yonif RK 113/JS, Communiti Prajurit Asli Kendal (Kompak), Ambalat 23 Indonesia, Ambalat 23 Badak Hitam dan Ganas 3116 Aceh, hingga Kapolsek Pulau Bacan.

Baca juga: Tak Ada Kaitan dengan KKB, 2 Pelaku Terkait Kontak Tembak di Polsek Sugapa Dipulangkan Kakak korban, Adi Nugroho mengatakan, kabar duka adiknya ia terima kemarin siang.

Saat itu, ia hanya mendapat kabar kalau adiknya telah gugur tertembak anggota KKB saat hendak membeli perlengkapan dan perbekalan untuk bertugas di Suru-suru. KENDAL - Kepergian Sertu Ari Baskoro untuk selamanya, menyisakan duka mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Prajurit TNI AD ini gugur dalam tugasnya, saat tergabung dalam Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Surusuru, Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu (20/11/2021).

Baca juga: Tangis Pecah Sambut Sertu ari baskoro Jenazah Sertu Ari Baskoro, Korban Penembakan Brutal KKB Ibunda Sertu Ari Baskoro, Titik Kisworini (61) mengaku, sering berkomunikasi dengan anak ketiganya selama bertugas di Papua. Hampir setiap hari melakukan panggilan suara atau panggilan video, untuk saling sapa dan menanyakan kabar. Keharmonisan hubungan anak dan orang tuanya berlangsung baik meski terpaut jarak. "Hampir tiap hari telepon, kadang video call kangen lihat orang tua dan keluarganya.

Yang diceritakan paling seputar harga makanan di sana mahal, harus naik perahu sertu ari baskoro belanja bulanan, serta kebiasaan hidup di sana juga," terangnya. Baca juga: Kisah Polwan Cantik Bripda Agatha Jadi Guru Les Gratis Anak-anak Desa di Bukit Menoreh Beberapa kisah lain juga diceritakan Sertu Ari Baskoro kepada ibundanya.

Termasuk bermain dan belajar bersama dengan anak-anak Papua. Lebih lanjut, Titik mengaku tak bisa lagi kontak dengan anaknya sejak 15 November 2021.

Menurutnya beberapa kali keluarga menghubungi tidak bisa, karena dimungkinkan gangguan sinyal. Ia terakhir kali mendapat kabar dari putra ketiganya itu pada 14 November 2021, saat pamit kembali bertugas ke Surusuru dari markas TNI di bagian lain. Saat itu dia hanya berpesan kepada Sertu Ari Baskoro, agar menjaga diri dengan baik selama bertugas. "Dia pamit mau ke Surusuru itu 14 November 2021, setelah itu susah gak bisa menghubungi lagi.

Gak ada firasat apa-apa," kata dia.
TRIBUNNEWS.COM - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku tidak kaget dengan adanya penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang menewaskan satu anak buahnya, Sertu Ari Baskoro. Sebagai catatan, penyerangan KKB kali ini merupakan kejadian pertama setelah Andika dilantik sebagai Panglima TNI pada Rabu (17/11/2021) lalu. Andika mengatakan terkait penanganan KKB di Papua, Andika bakal segera memutuskan perubahan penangan konflik di Papua sebagaimana yang pernah ia sampaikan saat dirinya menjalani fit and proper test calon Panglima TNI beberapa waktu lalu.

sertu ari baskoro

Ia mengaku tidak kaget dengan penyerangan KKB yang baru saja terjadi. "Itu hal yang akan saya putuskan perubahannya sesuai dengan apa yang saya sampaikan pada saat fit and proper test. Memang itu rencana saya. Tetapi, kemarin itu memang bukan sesuatu yang saya kaget. Terus terang tidak. Karena kita kan juga sudah mengamati," katanya dikutip dari KompasTV, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Sertu Ari Baskoro Gugur, Adi Dapat Kabar Adiknya itu Tertembak KKB Saat Hendak Membeli Perbekalan Lebih lanjut, dengan perubahan yang bakal ia terapkan, Andika berharap penanganan konflik di Papua bakal lebih efektif. "Tapi harus melakukan suatu pendekatan yang berbeda sehingga saya berharap akan lebih efektif.

Sementara. Karena saya juga akan orientasi di satuan internal sertu ari baskoro penanganan-penanganan operasi di seluruh Indonesia," terangnya. Diberitakan Tribunnews.com sebelumnya, prajurit TNI AD dari Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Suru-suru, Sertu Ari Baskoro gugur setelah ditembak KKB. KKB melakukan serangan di Komando Rayon Militer (Koramil) Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu (20/11/2021) pagi.
KOMPAS.

sertu ari baskoro

com - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang markas Komando Rayon Militer (Koramil) Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu (20/11/2021) pagi. Komandan Kodim (Dandim) 1715 Yahukimo, Letkol Inf Cristian Irreuw mengatakan, dua prajurit TNI menjadi korban dalam serangan tersebut.

Korban tewas yakni Sertu Ari Baskoro. Dia mengalami luka tembakan. Baca juga: Koramil Suru-suru di Yahukimo Diserang KKB, Satu Anggota TNI Gugur Selain Sertu Ari yang tewas, Komandan Rayon Militer (Danramil) Suru-suru Kapten Inf Arviandi juga mengalami luka. Letkol Inf Irreuw menyebutkan, kedua korban penembakan sudah ditangani di Puskesmas Dekai dan dievakuasi ke Jayapura, Minggu (21/11/2021).

"Anggota sudah diperintahkan bersiaga termasuk yang ada di pos-pos guna mengantisipasi penembakan yang dilakukan KKB," ujar Dandim 1715 dikutip dari Antara, Sabtu. Baca juga: Detik-detik Karyawan Ditembak oleh KKB di Nduga, Bermula Lihat Tangki Terbakar Berencana tunangan PEXELS/ IRINA IRISER. Di balik tewasnya Sertu Ari, ternyata anggota TNI tersebut sudah memiliki rencana bertunangan dengan kekasihnya.

Kakak Sertu Ari, Adi Sertu ari baskoro menceritakan bahwa adiknya memang pernah ditugaskan di Aceh setelah diterima menjadi TNI pada 2016. Selama di Aceh, Ari paling tidak 1 tahun sekali menyempatkan pulang ke rumah orangtuanya di Kendal.

Kemudian, mula Desember 2020, Sertu Ari ditugaskan ke Papua. Desember 2021 nanti, Sertu Ari berencana akan kembali ke Aceh kemudian bertunangan. “Setelah almarhum kembali ke Aceh, berencana akan cuti dan pulang ke Kendal.

Almarhum juga berencana mau tunangan dengan pacarnya yang tinggal di Kendal,” ujar Adi di rumah duka, Desa Pidodo Kulon, Kecamatan Patebon, Kendal, Jawa Tengah, Minggu (21/11/2021). Baca juga: Sertu Ari Baskoro, Anggota TNI yang Gugur Ditembak KKB Papua Berencana Tunangan Berita Terkait Duka Keluarga KRI Nanggala-402, Sertu Yoto Eki Gugur Tinggalkan Istri yang Hamil Anak Pertama Gubernur Sumsel Beri Semangat Keluarga Sertu Ryan Yogi Pratama yang Gugur di KRI Nanggala-402 Sertu Ari Baskoro, Anggota TNI yang Gugur Ditembak Sertu ari baskoro Papua Berencana Tunangan Sertu Ari Baskoro Sebelum Gugur Ditembak KKB Papua Video Call dengan Pacar, Ingin Bicara sampai Sinyal Hilang Berita Terkait Duka Keluarga KRI Nanggala-402, Sertu Yoto Eki Gugur Tinggalkan Istri yang Hamil Anak Pertama Gubernur Sumsel Beri Semangat Keluarga Sertu Ryan Yogi Pratama yang Gugur di KRI Nanggala-402 Sertu Ari Baskoro, Anggota TNI yang Gugur Ditembak KKB Papua Berencana Tunangan Sertu Ari Baskoro Sebelum Gugur Ditembak KKB Papua Video Call dengan Pacar, Ingin Bicara sampai Sinyal Hilang Tak Tenang, Sertu ari baskoro Pembunuhan Pegawai Honorer di Kupang Serahkan Diri ke Polisi https://regional.kompas.com/read/2021/11/22/090901778/tak-tenang-pelaku-pembunuhan-pegawai-honorer-di-kupang-serahkan-diri-ke https://asset.kompas.com/crops/nFm0FMFBw6l9Bnv5r7EJ_k6ng_A=/0x0:1000x667/195x98/data/photo/2018/02/24/1521343522.jpgKendal - Sertu Ari Baskoro, prajurit TNI AD gugur tertembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua akhir pekan lalu.

sertu ari baskoro

Almarhum Ari ternyata berencana untuk menikahi gadis pujaannya pada bulan depan. "Ari memang punya rencana mau menikah dengan gadis pilihannya sepulang dari tugasnya di Papua bulan depan. Namanya Sri Mardiyanti. Ya kami sebagai orang tua juga inginnya secepatnya," kata ibunda Ari, Titik Kisworini (61), saat ditemui di rumahnya, Desa Pidodo Wetan, Kecamatan Patebon, Kendal, Senin (22/11/2021).

Titik pun mengungkap hampir setiap hari dia berkomunikasi lewat anak ketiganya via telepon.

sertu ari baskoro

Namun, Titik mengaku hilang kontak dengan Sertu Ari mulai 15 November 2021. Baca juga: Curahan Hati Keluarga Satpam yang Dibunuh Perampok di Gudang Rokok Solo Titik mengungkap kepergian Ari meninggalkan duka mendalam bagi keluarganya.

sertu ari baskoro

Meski begitu, keluarga sudah mengikhlaskan kepergian Ari. "Ya mau gimana lagi harusnya pulang bulan depan untuk menikah tapi sertu ari baskoro pulang lebih cepat meninggalkan keluarganya. Kami ikhlas dan bangga meski Ari sudah tiada," terang dia. Sebelumnya diberitakan, Sertu Ari Baskoro gugur usai tertembak KKB Papua pada Sabtu (20/11) lalu.

Sertu Ari mengemban tugas sebagai prajurit TNI AD dari Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Persiapan Suru-suru, Yahukimo, Papua selama satu tahun. Baca juga: Sidang Nani Sianida di Bantul Ditunda Pekan Depan, Ternyata Ini Alasannya Sertu Ari Baskoro sempat bertugas di Aceh pada 2016 lalu, dan tercatat sudah 11 bulan bertugas di tanah Papua.

Dia semula direncanakan akan kembali bertugas di Aceh pada Desember mendatang.

sertu ari baskoro

Kodim 0715/Kendal sempat menawarkan agar jenazah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP). Namun ayahanda Ari berkehendak agar anaknya dimakamkan di pemakaman keluarga dengan alasan agar lebih dekat dengan rumah keluarga. Para pelayat pun berdatangan ke rumah duka siang ini.

sertu ari baskoro

Di antaranya Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Rudianto, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfhi, Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan forkopimda.
KENDAL, iNews.id - Sertu Ari Baskoro, prajurit TNI yang gugur dalam kontak senjata dengan KKB di Koramil Suru-Suru, Kabupaten Yahukimo Papua, rencananya sertu ari baskoro gadis pujaannya Desember 2021.

Sertu Ari pun sebelumnya sudah memberitahu keluarganya jika tugasnya di Koramil Suru-Suru Yahukimo segera berakhir. Setelah itu, akan pulang untuk melamar gadis pujaan hatinya. BACA JUGA: Sertu Ari Baskoro Gugur Ditembak KKB Papua, Keluarga di Kendal Sertu ari baskoro Hal Ini Menurut keluarga, terakhir Sertu Ari komunikasi pada tanggal 14 November 2021 dengan mengabarkan keadaan sekaligus memberikan kabar tinggal beberapa hari lagi dia sertu ari baskoro selesai melaksanakan tugasnya di Koramil Suru-Suru.

"Setelah selesai tugas Desember rencana Ari akan pulang ke Kendal dan akan melamar sang kekasih," kata Kaka korban, Adi Nugroho, Minggu (21/11/2021). BACA JUGA: 1 Anggota TNI Gugur Ditembak di Bagian Leher oleh KKB Papua Dia mengaku tidak ada firasat apa pun saat komunikasi terakhir dengan almarhum. "Tidak ada (firasat). Sabtu (20/11/2021) siang, kami dapat kabar kalau Ari meninggal dunia karena tertembak KKB saat akan belanja kebutuhan sehari-hari," katanya. Di mata keluarga, Sertu Ari Baskoro merupakan sosok yang baik.

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini memang bercita-cita ingin menjadi anggota TNI. Sukses menjadi anggota TNI pada tahun 2016, Sertu Ari langsung ditempatkan di Aceh hingga ditugaskan di Koramil Suru-Suru. Sertu Ari Baskoro kelahiran 26 Oktober 1996 dan masuk di TNI AD bulan Februari 2016 Kemudian Ari bertugas sebagai anggota satuan BKO Apter Koramil persiapan Suru-Suru yang akan berakhir di bulan Desember ini Sertu Ari Baskoro merupakan putra ketiga dari pasangan Endro Subroto dan Titik Kisworini yang saat ini tinggal di Desa Pidodokulon Kecamatan Patebon Kendal.

Anak pertama bernama Adi Nugroho, anak kedua Agung Raharjo dan Ari Baskoro merupakan anak bungsu. “Dia dari SD kalau lihat tentara itu pengin sekali jadi tentara. Akhirnya setelah lulus SMA, dia mendaftarkan diri ke Secaba.

Dia anaknya cenderung pendiam tidak banyak ngomong,” kata Adi Nugroho.
KOMPAS.com - Sersan Satu (Sertu) Ari Baskoro gugur dalam serangan yang dilakukan KKB di Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu (20/11/2021) pagi. Adi Nugraha, kakak Sertu Sertu ari baskoro Baskoro menuturkan, pada 14 November 2021 kemarin, almarhum sempat melakukan panggilan video dengan keluarga dan pacarnya.

Saat berbicara dengan keluarga, baik Adi maupun orangtuanya tidak mendapat firasat dari almarhum. “Tapi, saat video call dengan pacarnya, almarhum sempat bilang jangan diputus pembicaraannya sampai sinyal hilang,” cerita Adi, di rumah duka di Desa Pidodo Kulon, Kecamatan Patebon, Kendal, Jawa Tengah, Minggu (21/11/2021).

Baca juga: Sertu Ari Baskoro, Anggota TNI yang Gugur Ditembak KKB Papua Berencana Tunangan Sertu Ari diterima menjadi TNI tahun 2016 dan ditugaskan di Aceh. Selama bertugas di Aceh, setidaknya dalam 1 tahun sekali almarhum menyempatkan pulang ke rumah.

Tapi, sejak Desember 2020, almarhum ditugaskan di Papua.

sertu ari baskoro

Rencananya pada Desember 2021 nanti, almarhum akan kembali ke Aceh lalu berniat untuk bertunangan dengan kekasihnya. “Setelah almarhum kembali ke Aceh, berencana akan cuti dan pulang ke Kendal. Almarhum juga berencana mau tunangan dengan pacarnya yang tinggal di Kendal,” ujar Adi.

Berita Terkait KKB Tembak Seorang Karyawan PT Delarosa di Nduga, Polisi: Korban Terluka di Kaki Detik-detik Karyawan Ditembak oleh KKB di Nduga, Bermula Lihat Tangki Terbakar Kronologi Karyawan PT Delarosa Ditembak KKB di Nduga, Korban Hendak Padamkan Tangki Solar yang Terbakar Koramil Suru-suru di Yahukimo Diserang KKB, Satu Anggota TNI Gugur Sertu Ari Baskoro, Anggota TNI yang Gugur Ditembak KKB Papua Berencana Tunangan Berita Terkait KKB Tembak Seorang Karyawan PT Delarosa di Nduga, Polisi: Korban Terluka di Kaki Detik-detik Karyawan Ditembak oleh KKB di Nduga, Bermula Lihat Tangki Terbakar Kronologi Karyawan PT Delarosa Ditembak KKB di Nduga, Korban Hendak Padamkan Tangki Solar yang Terbakar Koramil Suru-suru di Yahukimo Diserang KKB, Satu Anggota TNI Gugur Sertu Ari Baskoro, Anggota TNI yang Gugur Ditembak KKB Papua Berencana Tunangan Anak Anggota DPRD Diduga Perkosa Siswi SMP, Polisi: Masih Penyelidikan https://regional.kompas.com/read/2021/11/21/193637378/anak-anggota-dprd-diduga-perkosa-siswi-smp-polisi-masih-penyelidikan https://asset.kompas.com/crops/lo_DUS4bEoJVeHyC076AHxc_prM=/0x0:1000x667/195x98/data/photo/2019/10/04/5d96d6cbe5f1e.jpg
Mulai Desember 2020, Sertu Ari ditugaskan di Papua.

Sertu Ari Baskoro gugur dalam serangan yang dilakukan KKB Papua di Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu (20/11/2021) pagi. Baca juga: KKB Papua Klaim Tembak Mati 4 TNI/Polri di Intan Jaya Setelah sertu ari baskoro Jam Baku Tembak, Kapendam Membantah Adi Nugraha, kakak Sertu Ari Baskoro menuturkan, pada 14 November 2021 kemarin, almarhum sempat melakukan panggilan video dengan keluarga dan pacarnya.

Saat berbicara dengan keluarga, baik Adi maupun orangtuanya tidak mendapat firasat dari almarhum. “Tapi, saat video call dengan pacarnya, almarhum sempat bilang jangan diputus pembicaraannya sampai sinyal hilang,” cerita Adi, Minggu (21/11/2021), melansir dari Kompas.com dalam artikel 'Sertu Ari Baskoro Sebelum Gugur Ditembak KKB Papua Video Call dengan Pacar, Ingin Sertu ari baskoro sampai Sinyal Hilang'.

Sertu Ari diterima menjadi TNI tahun 2016 dan ditugaskan di Aceh.

Satu Prajurit TNI Meninggal usai Diserang KKB Papua




2022 www.videocon.com