Pohon ceri

pohon ceri

Tentu saja kamu sudah tidak asing lagi dengan pohon ceri atau biasa disebut sebagai pohon kersen. Tanaman yang pohon ceri latin cerasus ini mempunyai buah yang sangat manis rasanya.

Buah yang dihasilkan dari pohon ini dipercayai dapat bermanfaat sebagai antiseptik. Namun, tahukah kamu apa saja ciri-ciri pohon ceri? Sebenarnya pohon ceri merupakan tanaman yang bisa tumbuh di mana saja atau biasa disebut dengan tumbuhan liar.

Pohon ceri banyak dijumpai di daerah pinggiran kota dan mampu bertahan hidup di tempat yang kering. Bentuk buah dari tanaman ini adalah bulat, berwarna merah, dan mempunyai ukuran yang mungil. Morfologi atau Ciri-ciri Pohon CeriDi Indonesia terdapat berbagai macam sebutan untuk pohon ceri. Misalnya di daerah Jawa Tengah menyebut buah ceri dengan sebutan ‘talok’. Biasanya anak-anak yang gemar dengan buah ceri karena mempunyai bentuk yang lucu dan rasanya sangat manis.

Pada zaman dahulu di sela-sela pohon ceri bermain banyak anak-anak yang berburu buah ceri. Salah satu ciri pohon ceri adalah mampu tumbuh hingga tingginya mencapai 12 meter. Akan tetapi, pohon ceria tau pohon kersen yang ada di Indonesia hanya mampu mencapai 3 – 6 meter saja tingginya. Buah ceri tidak termasuk ke dalam buah musiman, karena dapat memproduksi buah secara terus menerus.

Oleh karena itu, tidak heran jika pohon ini berbunga sepanjang tahun. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan morfologi? Pengertian morfologi adalah ciri yang dilihat secara fisik pada bagian-bagian tumbuhan. Berikut penjelasan mengenai morfologi atau ciri-ciri pohon ceri pada setiap bagiannya: 1. BatangBatang potong ceri tergolong ke dalam jenis berkayu ringan. Pohon ceri mempunyai batang yang bercabang-cabang dan mendatar. Terdapat rambut-rambut halus pada pada bagian ranting-rantingnya.

Hal tersebut dikarenakan batang pohon ceri mempunyai rambut kelenjar. Selain itu, bentuk batang pohon ceri menggantung pada bagian ujungnya. Karena memiliki jumlah yang lumayan banyak, maka pohon ini terlihat sangat rindang. Sifat yang dimiliki batang pohon ceri adalah lunak serta kering. Hal ini memungkinkan batang tanaman ceri mudah patah.

Pada umumnya masyarakat akan menggunakan batang tanaman ini sebagai kayu pohon ceri. Fungsi lain yang dimiliki batang pohon ceri ialah sebagai bahan pembuat pembalut dan tali. Batang pohon ceri mempunyai ukuran diameter sebesar 15 hingga 30 cm dan berbentuk tajuk menyerupai payung. Pada bagian kulit batang dalam berbentuk serat dengan warna hijau, sedangkan bagian kulit luarnya cenderung berlekah.

2. DaunDaun pada tumbuhan ceri mempunyai ciri yang sangat khas dan mudah dibedakan dengan daun tumbuhan lain. Bentuk tulang daun tanaman ceri ialah menyirip dan terdapat bulu-bulu halus seperti pada batangnya.

Daun tanaman ceri juga mempunyai rambut kelenjar. Secara keseluruhan daun ceri mempunyai bentuk yang tidak simetris. Pada bagian tepi daun tanaman ceri berbentuk gerigi. Sifat yang ada pada daun tanaman ceri adalah mudah dan cepat sekali untuk tumbuh. Hanya dalam jangka waktu beberapa bulan saja tanaman ceri sudah bisa lebat. Selain itu, daun tanaman ceri juga mudah berjatuhan dan berguguran. Daun yang dimiliki tanaman ceri termasuk ke dalam jenis daun tunggal dan pada bagian pohon ceri berwarna kelabu.

Ukuran daunnya ialah sekitar (1 – 4) cm x (4 – 14) cm dengan bentuk lanset atau bulat telur. 3. BungaPada umumnya bunga tanaman ceri terletak pada bagian ketiak daunnya. Bunga tanaman ceri mempunyai dua jenis kelamin atau biasa disebut dengan kelamin ganda, yakni putik dan benang sari.

Salah satu keunikan bunga tanaman ceri ialah jumlah benang sarinya sangat banyak. Dalam satu tanaman ceri benang sarinya mampu mencapai 100 helai. Ketika sudah tumbuh biasanya bunga tanaman ceri akan muncul di atas helai dedaunan. Tanaman ceri mampu menghasilkan bunga sepanjang tahun. Bunganya berwarna putih dan bentuknya pohon ceri mungil seperti buahnya.

4. Biji dan BuahTanaman ceri menghasilkan buah yang bentuknya bulat dan berwarna kemerahan. Apabila buah ceri belum matang, maka warnanya ialah kehijauan. Buah tanaman ceri mempunyai ukuran yang mungil dan di dalam ada banyak biji halus.

pohon ceri

Biji halus tersebut berwarna kekuningan atau putih. Karena mudah bertahan hidup, kamu dapat menjumpai pohon ceri di berbagai daerah di Indonesia.

pohon ceri

Meskipun sering dikatakan sebagai tumbuhan liar, namun faktanya buah ceri pohon ceri manfaat. Salah satu manfaatnya ialah sebagai antioksidan karena mengandung vitamin C, niasin, dan betakaroten. Artikel ini disusun oleh tim penyunting terlatih dan peneliti yang memastikan keakuratan dan kelengkapannya.

Tim Manajemen Konten wikiHow memantau hasil penyuntingan staf kami secara saksama untuk menjamin artikel yang berkualitas tinggi. Ada 7 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman. Artikel ini telah dilihat 3.420 kali.

Pohon ceri dikenal dengan bunganya yang cantik. Pohon ini tumbuh di daerah beriklim sedang di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Pohon ceri sering diduga sebagai persik ( peach) atau prem ( plum), tetapi sebenarnya tidak sulit untuk mengidentifikasi ceri jika Anda tahu apa yang Anda cari.

Mengenali pohon ceri lebih mudah dilakukan pada musim semi saat sedang berbunga, atau pada pertengahan musim panas saat sedang berbuah.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/6e\/Identify-Cherry-Trees-Step-1-Version-4.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-1-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/6e\/Identify-Cherry-Trees-Step-1-Version-4.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-1-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pelajari bunganya.

pohon ceri

Bunga ceri bisa berwarna putih atau merah muda, dan tidak beraroma. Bunganya bertandan dan setiap tangkai bunga tumbuh dari satu titik pusat. Bunga ceri juga memiliki benang sari panjang yang menyembul dari mahkota bunga.

• Pola pertumbuhan bunga bertandan yang khas ini adalah ciri kunci untuk membedakan pohon ceri dari pohon yang memiliki karakteristik sama. Misalnya, pohon persik yang berbunga tunggal, dan pohon badam ( almond) yang bunganya tumbuh berpasangan.

• Pohon ceri biasanya berbunga pada pohon ceri musim semi. Tandan buah hijau pucat akan muncul pada musim semi nanti. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a4\/Identify-Cherry-Trees-Step-2-Version-4.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-2-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a4\/Identify-Cherry-Trees-Step-2-Version-4.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-2-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pelajari mahkota bunga.

Pada ceri, setiap bunga tunggal memiliki 5 mahkota. Bunga semiganda memiliki 6 - 10 mahkota, dan bunga ganda memiliki 10 mahkota atau lebih. [1] X Teliti sumber Pohon ceri mahkota bunga ceri memiliki celah sumbing kecil di ujungnya, sedangkan mahkota plum membulat.

[2] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/16\/Identify-Cherry-Trees-Step-3-Version-3.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-3-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/16\/Identify-Cherry-Trees-Step-3-Version-3.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-3-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Hitung putiknya.

Putik ceri adalah tabung panjang yang menghubungkan kepala putik ke ovarium bunga, berbeda dengan benang sari. Ovarium adalah bagian bunga yang nanti akan menjadi buah. Setiap bunga ceri hanya memiliki satu batang putik. • Beberapa pohon, seperti pohon malus ( crab tree) pohon ceri berbunga, sangat mirip dengan ceri. Namun, bunga pohon malus memiliki empat sampai lima putik. Sementara, bunga apel dan pir memiliki dua sampai lima putik. Pohon mespil memiliki lima putik. • Kalau Anda mengamati pohon dengan teliti dan melihat bahwa bunganya hanya memiliki satu batang putik, itu pertanda bahwa ini adalah pohon ceri.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/15\/Identify-Cherry-Trees-Step-4-Version-4.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-4-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/15\/Identify-Cherry-Trees-Step-4-Version-4.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-4-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Perhatikan buahnya.

Varietas pohon ceri hias tidak akan menghasilkan buah. Pohon ceri yang berbuah memiliki buah menggantung yang tumbuh berpasangan atau berkelompok. Buahnya menggantung di tempat bunga berada sebelumnya. Buah ceri berukuran kecil, pucat, dan berwarna hijau pada akhir musim semi. Pada akhir musim panas, buah ceri akan membesar dan memerah.

Beberapa ceri menghasilkan buah berwarna kuning atau hitam, alih-alih merah. [3] X Sumber Tepercaya Iowa State University Extension and Outreach Kunjungi sumber • Kalau buahnya diperhatikan dengan teliti, Anda akan bisa membedakan pohon ceri dari pohon buah lain, seperti pohon prem ceri atau pohon apel. Bentuk buah ceri lebih bulat dibandingkan kedua buah tersebut. • Patokan yang perlu diperhatikan adalah jika buahnya lebih pohon ceri dari 2 cm, berarti itu ceri.

Prem ceri dan prem biasa ukuran buahnya lebih besar, yaitu sekitar 2,5 cm atau lebih. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/ef\/Identify-Cherry-Trees-Step-5-Version-4.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-5-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/ef\/Identify-Cherry-Trees-Step-5-Version-4.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-5-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pelajari daunnya.

Daun ceri bergerigi. Bentuknya oval dan ujungnya runcing. [4] X Teliti sumber Tepian daun ceri memiliki gerigi. Panjangnya 5 - 13 cm. • Sebagian besar pohon ceri memiliki daun hijau besar mengilap yang bersusun bergantian pada ranting. Daun terbawah biasanya berwarna hijau medium. Semakin atas, daun semakin pucat kekuningan. • Pada musim gugur, daun ceri berubah kekuningan dengan semburat merah. Pohon ceri termasuk jenis yang meranggas dan akan menggugurkan pohon ceri pada musim gugur.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/d0\/Identify-Cherry-Trees-Step-6-Version-2.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-6-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/d0\/Identify-Cherry-Trees-Step-6-Version-2.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-6-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

Kulit pohon ceri umumnya berwarna cokelat, abu-abu, atau nuansa di antara keduanya. Kulit kayu ceri memiliki sesuatu yang disebut lentisel horizontal. Lentisel horizontal adalah tanda guratan pada kulit kayu yang menyerupai torehan kecil yang warnanya lebih gelap atau lebih terang daripada bagian kulit lain. [5] X Sumber Tepercaya Iowa State University Extension and Outreach Kunjungi sumber • Pada beberapa jenis ceri, kulit kayu akan terkelupas di sejumlah tempat.

Di baliknya, Anda bisa melihat warna cokelat kemerahan yang lebih gelap. • Pohon ceri pohon ceri tidak kasar, tetapi sangat keras, membuatnya berguna untuk dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Semakin ke puncak, kulitnya semakin halus. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/da\/Identify-Cherry-Trees-Step-7-Version-2.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-7-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/da\/Identify-Cherry-Trees-Step-7-Version-2.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-7-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/bd\/Identify-Cherry-Trees-Step-8-Version-2.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-8-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/bd\/Identify-Cherry-Trees-Step-8-Version-2.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-8-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/43\/Identify-Cherry-Trees-Step-9-Version-2.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-9-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/43\/Identify-Cherry-Trees-Step-9-Version-2.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-9-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Identifikasilah pohon ceri Jepang.

Jepang sendiri memiliki lebih dari 100 varietas ceri. [8] X Teliti sumber Pohon-pohon ceri juga biasanya bisa dilihat pada festival bunga sakura di seluruh Amerika dan direkayasa untuk memiliki bunga yang sangat banyak. • Bunga ceri Jepang berukuran sebesar anyelir. Pohon ceri kwanzan memiliki bunga bermahkota ganda berwarna putih atau merah muda, sedangkan pohon ceri yoshino memiliki bunga bermahkota tunggal berwarna putih. • Pohon ceri Jepang tidak menghasilkan buah.

Pohon ini ditanam untuk keindahannya, bukan buahnya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/9b\/Identify-Cherry-Trees-Step-10-Version-2.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-10-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/9b\/Identify-Cherry-Trees-Step-10-Version-2.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-10-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Identifikasihlah apakah itu ceri hitam atau chokecherry ( Prunus virginiana).

Kedua jenis pohon ini asli berasal dari Amerika Utara. Mereka bisa tumbuh sangat besar dan biasanya cukup lurus. Bunganya lebih kecil dan berwarna putih. [9] X Teliti sumber • Bunga ceri akan muncul dalam pohon ceri panjang kurus setelah daun tumbuh pada musim semi. • Kalau Anda melihat bulu-bulu halus berwarna jingga di sepanjang pelepah daun, kemungkinan itu adalah ceri hitam.

Kalau bukan, berarti itu adalah chokecherry. [10] X Sumber Tepercaya Iowa State University Extension and Outreach Kunjungi sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/cb\/Identify-Cherry-Trees-Step-11-Version-2.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-11-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/cb\/Identify-Cherry-Trees-Step-11-Version-2.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-11-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Identifikasilah pohon ceri perkebunan.

Pohon jenis ini biasanya digunakan untuk menghasilkan ceri yang dijual secara komersial. Kadang-kadang pohon ini disebut pohon ceri manis atau ceri asam. Bunganya kecil berwarna putih dan memiliki lima helai mahkota yang mekar sebelum daun tumbuh total pada awal musim semi. [11] X Sumber Tepercaya Iowa State University Extension and Outreach Kunjungi sumber • Pohon ceri manis memiliki lebih banyak daun daripada ceri asam.

Daun ceri manis memiliki urat daun lebih dari 8 pasang. Sementara, daun ceri asam memiliki urat daun kurang dari 8 pasang. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/07\/Identify-Cherry-Trees-Step-12-Version-2.jpg\/v4-460px-Identify-Cherry-Trees-Step-12-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/07\/Identify-Cherry-Trees-Step-12-Version-2.jpg\/v4-728px-Identify-Cherry-Trees-Step-12-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Bedakan pohon prem dan ceri.

Orang sering salah menduga pohon prem sebagai ceri, terutama saat mulai berbunga. Berikut ini perbedaan utamanya: • Wangi pohon ceri sangat samar atau bahkan tidak harum sama sekali. Sementara, pohon prem sangat semerbak. • Mahkota bunga ceri memiliki celah sumbing di ujungnya, sedangkan bunga prem berbentuk oval.

[12] X Teliti sumber • Kulit kayu pohon ceri memiliki garis-garis horizontal. Kulit kayu prem lebih gelap daripada kulit kayu ceri dan tidak memiliki garis horizontal. • Kuntum bunga ceri berbentuk oval. Kuntum bunga prem berbentuk bulat. • Daun ceri berwarna hijau atau seperti tembaga. Daun prem berwarna ungu. • Pohon ceri pohon ceri bermekaran bisa Anda nikmati di taman-taman dan kebun formal. • Pohon malus ( crab apple tree) yang sedang berbunga sering diduga sebagai pohon ceri, tetapi jika Anda pohon ceri lebih dekat, daunnya tidak memiliki kelenjar merah kecil.

Ini adalah kelenjar yang ada pada tangkai daun dan tampak seperti titik-titik merah. • Pohon ceri dewasa yang sudah berbunga bisa mencapai tinggi hingga 7 meter. Namun perlu Anda ketahui, pohon lain juga bisa tumbuh setinggi ini.
3.7/5 - (4 votes) Ceri adalah tumbuhan yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman ini berasal dari genus Prunus, sedangkan buahnya termasuk jenis buah batu. Buah ceri yang banyak terdapat di pasaran saat ini merupakan hasil kultivar dari berbagai macam jenis ceri, misalnya Prunus avium yang menghasilkan buah manis dan Prunus cerasus yang buahnya terasa agak asam.

Daftar Isi • Pohon ceri Ceri • Sejarah Tanaman Ceri • Budidaya Ceri • Jenis Buah Ceri • 1. Ceri Bing • 2. Ceri Tieton • 3. Ceri Sweetheart • 4.

pohon ceri

Ceri Chelan • 5. Ceri Pohon ceri • 6. Ceri Lapins • 7. Ceri Rainier • Keunikan Buah Ceri • 1. Ada Ribuan Jenis Buah Ceri • 2. Buah Pohon Ceri Mencapai 7.000 • 3. Turki, Produsen Ceri Terbesar di Dunia Taksonomi Ceri Ceri adalah flora yang berasal dari bumi belahan utara, meliputi Amerika, Eropa dan Asia bagian utara. Berikut adalah klasifikasi ilmiah tanaman ceri, yaitu: Divisi Tracheophyta Upadivisi Spermatophytina Klad Angiosperms Klad Mesangiosperms Klad Eudicots Klad Core eudicots Klad Superrosids Klad Rosids Klad Fabids Ordo Rosales Famili Rosaceae Upafamili Amygdaloideae Tribus Amygdaleae Genus Prunus Upagenus Prunus subg.

Cerasus Sejarah Tanaman Ceri Dalam bahasa Inggris, tanaman ini disebut dengan ‘cherry’. Penyebutan cherry tidak hanya untuk buahnya, tapi juga untuk pohon dan kayunya. Nama cherry juga digunakan untuk buah dari pohon yang masuk dalam genus Prunus.

Sementara buah ceri yang tumbuh di luar budidaya disebut dengan ‘wild cherry’. Pixabay Kata ‘cherry’ berasal dari bahasa Prancis kuno, yaitu ‘cherise’. Bahasa latinnya juga hampir sama, yaitu ‘cerasum’. Kata ini mengacu pada sebuah daerah di Yunani Kuno, Kerasous, yang berlokasi di dekat Giresun, Turki. baca juga: Pepaya Calina - Taksonomi, Sebaran, Nutrisi & Cara Budidaya Daerah ini merupakan tempat asal ceri yang pertama kali disebarkan ke Eropa.

Jenis tanaman ceri asli yang buahnya manis kemudian menyebar di hampir ke seluruh wilayah Eropa, Asia Barat, dan sebagian Afrika bagian utara. Buah ceri telah dikonsumsi manusia sejak zaman pra sejarah. Tanaman ceri tercatat sudah dibudidayakan pada masa kekaisaran Romawi. Tanaman ini dibawa oleh Lucius Licinus Lucullus pada tahun 72 SM dari bagian timur laut Anatolia yang juga dikenal sebagai wilayah Pontus. Pohon ceri Inggris, buah ceri diperkenalkan di Teynham, yang berlokasi di dekat Sittingbourne di Kent.

Pengenalan ceri ini dilakukan atas perintah Henry VIII yang pernah merasakan buah ceri di Flanders, Belgia. Tanaman ceri selanjutnya tersebar ke Amerika Utara di sekitar wilayah Brooklyn, New York, yang pada saat itu bernama New Netherland.

Pada masa itu, kawasan tersebut masih berada di bawah kedaulatan Belanda. Dalam sebuah sertifikat bernama Certificate of Corielis van Tienlioven, tercatat bahwa telah ditemukan 12 pohon apel, 40 pohon buah persik, dan 73 pohon ceri di belakang rumah Anthony Jansen dari Salee, Maroko. Budidaya Ceri Pada umumnya, tanaman ceri yang dibudidayakan berasal daro spesies sweet cherry atau Prunus avium. Jenis ceri ini merupakan induk pohon ceri kebanyakan kultivar ceri.

Pixabay Selain itu, spesies Prunus cerasus atau sour cherry juga banyak dibudidayakan. Jika sweet cherry umumnya dimakan secara langsung, maka sour cherry biasanya untuk bahan masakan. Kedua spesies ini berasal dari Eropa dan Asia bagian barat. Spesies ceri yang lainnya sebenarnya juga menghasilkan buah yang bisa dimakan, tapi tidak ditanam secara besar-besaran atau budidaya, kecuali di beberapa area di utara, dimana sweet cherry dan sour cherry tidak bisa tumbuh.

Tanaman ceri bukanlah tanaman yang mudah ditanam. Pohon ceri ini membutuhkan sistem irigasi yang tepat, penyemprotan, dan tenaga manusia agar menghasilkan buah yang bagus. Selain itu, buah ceri juga mudah rusak karena hujan biasa atau hujan es.

pohon ceri

Kerentanan ini menjadikan harga buah ceri relatif mahal. Namun demikian, permintaan akan buah ini tetaplah tinggi. baca juga: Buah Persik - Taksonomi, Morfologi, Fosil, Asal Tanaman pohon ceri Jenis Kultivar Pohon ceri produksi komersial, buah ceri terkadang dipanen dengan cara digoyangkan pohonnya menggunakan mesin “shaker”.

Meski begitu, panen secara manual dengan cara memetik langsung juga masih dilakukan. Teknik pemanenan tersebut dilakukan agar untuk menghindari kerusakan pada buah dan pohon ceri. Pohon ceri membutuhkan waktu 3 sampai 4 tahun setelah ditanam hingga akhirnya menghasilkan buah.

Sementara untuk mencapai usia dewasa mencapai waktu 7 tahun. Terdapat pula pohon ceri berukuran kecil, beberapa jenis yang paling populer adalah Mazzard, Colt, Mahleb dan Gisela. Tinggi pohonnya hanya sekitar 2,5 sampai 3 meter .

pohon ceri

Jenis Buah Ceri Berikut ini adalah beberapa jenis buah ceri yang sering dikonsumsi dan populer di pasaran, yaitu: Pixabay 1. Ceri Bing Warna buah ceri bing merah gelap, bahkan ada yang agak kehitaman. Ukurannya sangat besar untuk ukuran ceri. Kandungan gula alami didalamnya sekitar 17% sampai 19%. 2. Ceri Tieton Warna ceri tieton hampir sama dengan ceri bing, yaitu merah gelap. Bedanya, ceri tieton tidak ada yang berwarna kehitaman. Ukurannya juga cukup besar, meski tidak sebesar ceri bing.

3. Ceri Sweetheart Buah ini adalah jenis ceri yang sering ada di ilustrasi, yaitu ceri dengan bentuk melengkung seperti hati. Bentuknya yang indah sering digunakan untuk menggambarkan buah pohon ceri. Warnanya merah marun dan ukurannya cukup besar, serta eksturnya agak keras. Rasanya tidak terlalu manis dengan kadar gula alami 16% hingga 19%.

4. Ceri Chelan Buah ceri chelan berwarna merah seperti kayu mahogani, tidak gelap seperti ceri Bing dan Tieton. Tekstur ceri chelan agak keras dan berukuran besar. Kadar gula alami yang dikandungnya sekitar 16% hingga 18%. baca juga: Pohon Waru - Taksonomi, Morfologi & Manfaat 5. Ceri Skeena Jenis buah ceri skeena hampir menyerupai ceri chelan, baik dari segi warna maupun bentuknya. Namun ceri skeena mempunyai tekstur buah halus, rasanya juga lebih manis dengan kadar gula mencapai 19% sampai 20%.

6. Ceri Lapins Ceri lapins merupakan buah ceri favorit karena ukurannya yang besar dan tidak mudah pecah. Warnanya merah seperti ceri chelan. Tekstur buahnya agak keras dan rasanya cukup manis dengan kadar gula 17% sampai 19%. 7. Ceri Rainier Jenis ceri rainier sangat unik, warnanya adalah merah muda dengan beberapa pohon ceri yang berwarna kuning.

Bentuknya yang melengkung seperti hati membuat ceri eainier tampak cantik. Ukurannya kira-kira sama dengan ceri bing. Rasanya ceri rainier paling manis dibandingkan keenam ceri lainnya, sebab kadar gulanya pohon ceri 17% sampai 23%. Keunikan Buah Ceri Beberapa hal unik yang berkaitan dengan buah dan tanaman ceri adalah: Pixabay 1. Ada Ribuan Jenis Buah Ceri Karena telah menjadi tanaman budidaya sejak lama, maka buah ceri memiliki jenis yang berbeda-beda, bahkan mencapai ribuan!

Ceri termasuk buah yang digemari dan memiliki nilai jual tinggi, sehingga menjadikan para petani dan ahli botani selalu mengembangkan kultivar ceri.

pohon ceri

Tujuan pengembangan tersebut untuk menghasilkan ceri dengan tekstur tidak mudah hancur dan rasa yang manis. 2. Buah Pohon Ceri Mencapai 7.000 Tanaman ceri termasuk pohon berukuran besar, kira-kira sama dengan pohon plum, persik, dan almon karena masih berada di famili yang sama.

Satu batang pohon ceri dalam sekali panen dapat menghasilkan buah hingga 7.000 buah. 3. Turki, Produsen Ceri Terbesar di Dunia Meski Australia dan Amerika juga melakukan budidaya ceri besar-besaran, tetapi penghasil buah ceri terbesar di dunia adalah Turki. Dalam 1 tahun, perkebunan ceri dari negara ini bisa menghasilkan panen sekitar 480.000 ton. Ceri yang dihasilkan merupakan campuran dari berbagai macam jenis.

Di tepi jalan, pinggiran selokan, lapangan, halaman rumah, halaman rumah yang terbengkalai, atau bahkan pohon ini bisa tumbuh di sela-sela dinding yang terbuka. Pohon ceri buah ini agak manis apabila teman-teman mencoba buah yang berwarna merah. Penasaran? Kita cari tahu lebih banyak soal pohon ini, yuk! Baca Juga: Apa Otak Kita Sengaja Membuat Mimpi Buruk? Cari Tahu Fakta Mimpi, yuk!
• Basa Bali • Bikol Central • Cebuano • Čeština • Deutsch • English • Esperanto • Español • فارسی • Français • ગુજરાતી • 日本語 • Jawa • ភាសាខ្មែរ • ಕನ್ನಡ • മലയാളം • Bahasa Melayu • Nederlands • Kapampangan • Polski • Português • Русский • Sunda • Svenska • தமிழ் • ไทย • Tagalog • Tiếng Việt • Winaray • 中文 Kersen, [a] seri, [1] ceri, [2] talok atau kerukup siam ( Muntingia calabura) secara lokal disebut kersen atau kersem adalah sejenis pohon sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah.

Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri (untuk ceri dari Genus Prunus, lihat ceri). Dalam Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datiles, aratiles, manzanitas ( Filipina); mât sâm ( Vietnam); khoom sômz, takhôb ( Laos); takhop farang ( Thailand); krâkhôb barang ( Kamboja); dan kerukup siam ( Malaysia).

Juga dikenal sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito ( bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry ( Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers pohon ceri jepang"), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalam bahasa Indonesia atau ada yang menyebutnya ceri. Pohon ceri. Perdu atau pohon, tinggi sampai 12 m, meski umumnya hanya sekitar 3–6 m saja.

Hijau abadi dan terus menerus berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya; membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar; demikian pula daunnya. Daun-daun terletak mendatar, berseling; helaian daun tidak simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan berujung runcing, 1-4 × 4-14 cm, sisi bawah berambut kelabu rapat; bertangkai pendek.

Daun penumpu yang sebelah meruncing bentuk benang, lk. 0,5 cm, agak lama lalu mengering dan rontok, sementara sebelah lagi rudimenter. Bunga ceri, muncul di antara dedaunan Bunga dalam berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sebelah atas tumbuhnya daun; bertangkai panjang; berkelamin dua dan berbilangan 5; kelopak berbagi dalam, taju meruncing bentuk benang, berambut halus; mahkota bertepi rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk.

1 cm. Benang sari berjumlah banyak, 10 sampai lebih dari 100 helai. Bunga yang mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun setelah menjadi buah menggantung ke bawah, tersembunyi di bawah helai daun.

Umumnya hanya satu-dua bunga yang menjadi buah dalam tiap berkasnya. Buah buni bertangkai panjang, bulat hampir sempurna, diameter 1-1,5 cm, hijau kuning dan akhirnya merah apabila masak, bermahkota sisa tangkai putik yang tidak rontok serupa bintang hitam bersudut lima.

Berisi pohon ceri ribu biji yang kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dalam daging dan sari buah yang manis sekali. Hasil, ekologi pohon ceri penyebaran [ sunting - sunting sumber ] Semai kersen tumbuh pada retakan lantai trotoar Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan codot. Anak-anak sekolah sering memanjat pohonnya, meninggalkan bekas-bekas berupa ranting yang berpatahan dan kulit batang yang terkelupas.

Buah ini juga dapat dijadikan selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di pasar. Pohon kersen di Indonesia mudah dijumpai. Biasanya pohon ini dijadikan tempat teduh bagi tukang becak di Indonesia sambil minum dan makan camilan. Kayu kersen lunak dan mudah kering, sangat berguna sebagai kayu bakar. Kulit pohon ceri yang mudah dikupas digunakan sebagai bahan tali dan kain pembalut. Daunnya dapat dijadikan semacam teh.

Burung-burung pemakan buah, seperti kelompok merbah dan burung cabe, sering mengunjungi pohon ini di waktu siang untuk memakan buah atau sari buahnya yang manis. Di waktu hari gelap, berganti aneka jenis kelelawar pemakan buah yang datang dengan tujuan yang sama. Biji kersen tidak tercerna oleh burung dan codot, karena itu kedua kelompok hewan ini sekaligus berfungsi sebagai pemencar bijinya. Pohon kersen khususnya berguna sebagai pohon peneduh di pinggir jalan.

Pohon kecil ini awalnya sering tumbuh sebagai semai liar di tepi jalan, selokan, atau muncul di tengah retakan tembok lantai atau pagar, dan akhirnya tumbuh dengan cepat –biasanya dibiarkan saja– membesar sebagai pohon naungan.

Sebab itulah pohon kersen acapkali ditemukan di wilayah perkotaan yang ramai dan padat, di tepi trotoar dan lahan parkir, di tepi sungai yang tidak terurus atau di tempat-tempat yang biasa kering berkepanjangan.

Karena sifat-sifat dan daya tahannya itu, kersen menjadi salah satu tumbuhan pionir yang paling banyak dijumpai di wilayah hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Pohon ceri tropis (Meksiko selatan, Karibia, Pohon ceri Tengah sampai ke Peru dan Bolivia), seri dibawa masuk ke Filipina pada akhir abad-19, dan lalu dengan cepat menyebar di seluruh wilayah tropis Asia Tenggara.

Kandungan gizi [ sunting - sunting sumber ] Dalam setiap 100 gram bahan yang dapat dimakan dari buah kersen terkandung: [3] • Air (77,8 g) • Protein (0,324 g) • Lemak (1,56 g) • Serat (4,6 g) • Kalsium (124,6 mg) • Fosfor (84,0 mg) • Zat besi (1,18 mg) • Karotin (0,019 mg) • Vitamin B1 (Tiamin) (0,065 mg) • Riboflavin (0,037 mg) • Niacin (0,554 mg) • Vitamin C (Ascorbic acid) (80,5 mg) Khasiat untuk pengobatan [ sunting - sunting sumber ] Pelbagai bagian dari kersen (pepagan, daun, bunga, dan buah) mengandung aneka bahan aktif yang berkhasiat obat.

Bunganya bersifat antispasmodik (meredakan kekejangan otot); rebusan bunganya dipakai untuk mengatasi kram perut. Bunga dan daunnya juga bersifat antiseptik atau antibakteri, dan digunakan untuk meringankan sakit kepala dan selesma.

[4] Khasiat yang lain adalah sebagai antioksidan, anti-radang, antipiretik, analgesik, antipruritik, antiulcer, antifungal, insektisidal, dan banyak lagi sifat lainnya. [4] Galeri [ sunting - sunting sumber ] • Buah kersen Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ (Indonesia) Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Republik Indonesia "Arti kata seri pada Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan".

Diakses tanggal 2019-09-28. • ^ (Indonesia) Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Republik Indonesia "Arti kata ceri pada Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan". Diakses tanggal 2019-09-28. • ^ Morton, Julia F. (1987). "Jamaica Cherry, Muntingia calabura L". Fruits of warm climates (dalam bahasa Inggris).

Diakses tanggal 06-11-2019. Periksa nilai tanggal di: -access-date= ( bantuan) • ^ a b Stuart, Godofredo U. (2018). "Aratiles, Muntingia calabura Linn". Philippine Medicinal Plants (dalam bahasa Inggris).

Diakses tanggal 06-11-2019. Periksa nilai tanggal di: -access-date= ( bantuan) Catatan kaki [ sunting - sunting sumber ] • ^ Tumbuhan ini lebih umum disebut "kersen" oleh mayarakat umum, namun menurut KBBI nama kersen seharusnya merujuk pada tumbuhan dari genus Prunus ( Prunus cerasus) Bahan Bacaan [ sunting - sunting sumber ] • Steenis, CGGJ van. 1981. Flora, untuk sekolah di Indonesia. Pradnya Paramita, Jakarta.

• Verheij, E.W.M. dan R.E. Coronel (eds.). 1997. Sumber Daya Nabati Asia Tenggara 2: Buah-buahan yang dapat dimakan. PROSEA – Gramedia. Jakarta. ISBN 979-511-672-2. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • (Inggris) Germplasm Resources Information Network: Muntingia calabura [ pranala nonaktif permanen] • (Inggris) USDA Plants ProBerkas: Muntingia calabura • (Inggris) Aratiles • (Inggris) Jamaican Cherry Tree Diarsipkan 2013-05-06 di Pohon ceri Machine.

• (Inggris) Pacific Island Ecosystems: Muntingia calabura • Wikidata: Q1915507 • Wikispecies: Muntingia calabura • AoFP: 1551 • APNI: 125879 • Calflora: 8552 • Ecocrop: 1500 • EoL: 584862 • EPPO: MUNCA • FNA: 220008874 • GBIF: 3152036 • GRIN: 24697 • iNaturalist: 165586 • IPNI: 320779-2 • IRMNG: 10590548 • ISC: 35164 • ITIS: 21503 • NCBI: 45164 • NZOR: 0ba4b4b2-3df2-401e-bd14-65093711f484 • PalDat: Muntingia_calabura • Plant List: kew-2507614 • PLANTS: MUCA4 • POWO: urn:lsid:ipni.org:names:320779-2 • Tropicos: 11700033 • WFO: wfo-0000451606 Kategori tersembunyi: • Galat CS1: tanggal • CS1 sumber berbahasa Inggris (en) • Artikel dengan pranala luar nonaktif • Artikel dengan pranala luar nonaktif permanen • Templat webarchive tautan wayback • Taxonbar dengan 20–24 ID takson • Semua artikel rintisan • Rintisan bertopik tumbuhan • Semua artikel rintisan Januari 2022 • Halaman yang menggunakan pranala magis ISBN • Halaman ini terakhir diubah pada 21 Januari 2022, pukul 20.41.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.

• Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Pada tulisan ini, musim semi telah bermunculan dan itu berarti musim ceri.

Saya suka ceri Bing dan tidak diragukan lagi variasi ceri ini adalah salah satu dari kebanyakan yang kita kenal. Namun, ada sejumlah jenis pohon ceri. Di antara varietas pohon ceri, apakah ada pohon ceri yang cocok untuk lanskap Anda?

Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut. Jenis Pohon Ceri Dua jenis pohon ceri dasar adalah yang menghasilkan buah ceri manis yang dapat dimakan dengan pohon ceri diambil dari pohon dan ceri asam atau ceri pendukung. Kedua jenis pohon ceri matang lebih awal dan siap dipanen pada akhir musim semi.

Kebanyakan ceri manis membutuhkan penyerbuk sementara ceri asam sebagian besar membuahkan hasil. Jenis Pohon Cherry Umum • Chelan memiliki kebiasaan yang kuat dan penuh semangat dengan buah yang matang dua minggu di depan ceri Bing dan tahan terhadap retak.

• Coral memiliki buah yang besar dan kuat dengan rasa yang sangat baik dan kerentanan yang rendah terhadap keretakan. • Critalin lahir lebih awal dan merupakan penyerbuk yang sangat baik dan mengandung buah yang gelap, merah, dan berair.

• Rainier adalah ceri pertengahan musim yang berwarna kuning dengan rona merah. • Awal Robin matang seminggu lebih pohon ceri dari Rainier. Rasanya ringan dengan batu semi-bebas dan bentuk hati. • Buah ceri Bing berukuran besar, gelap dan salah satu ceri yang paling sering dijual secara komersial. • Tartarian hitam adalah pembawa hebat buah ungu-hitam, manis, dan berair. • Tulare mirip dengan Bing dan menyimpan dengan baik untuk waktu yang lama. • Glenare memiliki buah jenis berwarna merah gelap yang sangat besar, manis, dan clingstone.

• Utah Gold memiliki buah yang lebih besar dan lebih kuat dari Bing dan sebagian merupakan batu loncatan. • Van memiliki ceri berwarna hitam kemerahan dan merupakan penyerbuk yang sangat baik. • Attika adalah pohon sakura yang mekar dengan buah besar gelap. • Regina memiliki buah yang lembut dan manis dan tahan terhadap keretakan. • Kaisar Francis adalah cherry putih atau kuning yang manis dan sering digunakan sebagai ceri maraschino.

pohon ceri

• Ulster adalah ceri manis lainnya, berwarna hitam, kuat dan agak tahan terhadap pohon ceri retak. • Bahasa Inggris Morello adalah jenis ceri asam yang dibuat oleh pembuat kue dan jus komersial. • Montmorency adalah varietas yang paling populer dari ceri asam, yang merupakan 96% dari total produksi untuk tambalan dan topping kue komersial. Varietas Pohon Ceri Sendiri yang Subur Di antara varietas pohon ceri yang subur sendiri, Anda akan menemukan: • Vandalay, buah besar berwarna anggur. • Stella juga memiliki buah besar dengan warna merah darah.

Stella sangat produktif tetapi sensitif terhadap dingin. Tehranivee adalah ceri musim panas, subur diri. • Sonata kadang-kadang disebut Sumleta TM dan memiliki buah hitam besar. • Whitegold adalah awal musim, ceri manis. • Simfoni matang di akhir musim dengan ceri besar berwarna merah cerah yang tahan terhadap hujan retak. • Blackgold adalah akhir musim, ceri manis dengan toleransi musim semi es.

• Sunburst sangat produktif dengan buah yang besar dan kuat. • Lapin agak retak tahan. • Skeena adalah cherry mahoni yang gelap. • Sayang jatuh tempo dengan buah besar. Jenis pohon pohon ceri manis adalah buah yang subur dengan ceri merah-gelap, sedang hingga besar tetapi mereka membutuhkan pemangkasan agar tidak lepas kendali.

• Benton adalah pohon ceri yang subur untuk lansekap yang tumbuh di pertengahan musim dan telah terkenal untuk melampaui ceri Bing. • Santina adalah ceri hitam awal dengan rasa manis dari ceri hitam lainnya.

Heather adalah semak abadi yang populer di taman utara. Tanaman kecil yang keras ini sering mekar ketika terlalu dingin untuk apa pun untuk menunjukkan warna apa pun dan dapat berkembang di tanah yang terlalu asam bagi sebagian besar tanaman lainnya. Heather cocok dengan banyak sudut kecil dalam desain lansekap, tetapi membeli sejumlah tanaman bisa mahal Buah ara yang umum, Ficus caricaadalah pohon yang beriklim sedang di Asia Barat Daya pohon ceri Mediterania. Secara umum, ini berarti bahwa orang yang hidup di iklim yang lebih sejuk tidak dapat menanam buah ara, bukan?

Salah. Temui Chicago Hardy ara. Apa yang dimaksud dengan Chicago hardy? Hanya pohon ara dingin toleran yang dapat tumbuh di zona USDA 5-10 Tumbuh peterseli di dalam ruangan di jendela yang cerah adalah hias serta praktis. Jenis keriting memiliki berenda, dedaunan berenda yang terlihat bagus dalam pengaturan apa pun dan varietas daun datar dihargai pohon ceri rasanya. Mempelajari cara menanam peterseli di dalam ruangan sama sekali tidak rumit dan juga bukan perawatan peterseli dalam ruangan Lumut yang tumbuh di halaman atau kebun Anda bisa membuat frustrasi jika Anda tidak menginginkannya di sana.

Membersihkan rumput lumut membutuhkan sedikit kerja, tetapi itu bisa dilakukan. Membunuh lumut adalah benar-benar masalah membuat halaman rumput Anda menjadi tempat yang tidak cocok untuk lumut tumbuh Tanaman Fingerleaf Rodgersia adalah aksen yang sempurna untuk taman air atau rawa. Daun yang besar dan dalam yang melebar menyebar dan menyerupai dedaunan pohon kastanye kuda. Kisaran asli Rodgersia adalah Cina ke Tibet.

Tanaman lebih menyukai lingkungan matahari parsial di mana tanah lembab dan sedikit asam Penyakit pada tanaman bisa sangat sulit didiagnosis karena jumlah patogen yang hampir tak terbatas.

Penyakit Phytoplasma pada tumbuhan umumnya dilihat sebagai “kuning, ” suatu bentuk penyakit yang umum pada banyak spesies tanaman. Apa itu penyakit phytoplasma? Nah, pertama-tama Anda perlu memahami pohon ceri kehidupan phytoplasma dan bagaimana mereka menyebar. St Ketika Anda pertama kali memilih pohon buah Anda, Anda mungkin mengambilnya dari katalog pohon.

Daun mengkilap dan buah-buahan berkilau dalam gambar menarik dan menjanjikan hasil yang lezat setelah beberapa tahun perawatan yang minimal. Sayangnya, pohon buah bukanlah tanaman riang yang Anda harapkan • Pengomposan • Kebun yang Dapat Dimakan • Berkebun Cara pohon ceri Houseplants • Perawatan Rumput • Kebun Hias • Masalah • Artikel Khusus • Kebun Khusus • Kawasan Penanaman USDAPenjelasan, Klasifikasi Dan Manfaat Ceri atau Cherry Lengkap Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang buah Ceri atau dalam bahasa inggris disebut Cherry.

Berikut ini penjelasan lengkapnya.

pohon ceri

Ceri atau Cherry adalah tanaman buah dari marga Prunus. Selain itu bunga dan buah ceri juga dijadikan hiasan hidangan pohon ceri atau minuman. Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan. Musim tanam Ceri sangat singkat dan bisa tumbuh didaerah beriklim sedang. Musim puncak untuk panen ceri adalah di musim panas. Ada bayak jenis buah ceri, tetapi jenis ceri yang sering kita konsumsi adalah Prunus avium (Ceri manis) dan Prunus cerasus(Ceri asam).

Klasifikasi ilmiah Ceri Kerajaan: Plantae Divisi: Tumbuhan berbiji Upadivisi: Tumbuhan berbiji tertutup Kelas: Tumbuhan berkeping satu Ordo: Rosales Famili: Rosaceae Upafamili: Prunoideae Genus: Prunus Upagenus: Cerasus Species: Prunus pohon ceri Prunus avium (Ceri manis) Prunus campanulata Prunus canescens Prunus cerasus (Ceri asam) Prunus concinna Prunus conradinae Prunus dielsiana Prunus emarginata (Ceri pahit) Prunus fruticosa Prunus incisa Prunus litigiosa Prunus mahaleb (Ceri Santo Lusi) Prunus maximowiczii Prunus nipponica Prunus pensylvanica (Ceri pin) Prunus pilosiuscula Prunus rufa Prunus sargentii Prunus serotina (Ceri hitam) Pohon ceri serrula Prunus serrulata (Ceri Jepang) Prunus speciosa Prunus subhirtella Prunus tomentosa Kalori (kcal) 50 Jumlah Lemak 0,3 g Lemak jenuh 0,1 g Lemak tak jenuh ganda 0,1 g Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g Kolesterol 0 mg Natrium 3 mg Kalium 173 mg Jumlah Karbohidrat 12 g Pohon ceri pangan 1,6 g Gula 8 g Protein 1 g Vitamin A 1.283 IU Vitamin C 10 mg Kalsium 16 mg Zat besi 0,3 mg Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0 mg Vitamin B12 0 µg Magnesium 9 m • Perlindungan antioksidan • Dapat Meredakan asam urat • Dapat Menyehatkan jantung • Dapat Meredakan rasa sakit • Dapat membantu meredakan nyeri otot usai berolahraga • Dapat Membuat tidur lebih nyenyak • Dapat Membantu mencegah stroke • Baik untuk diabetes Demikian artikel pembahasan tentang” Ceri – Penjelasan, Klasifikasi Dan Manfaat Ceri atau Cherry Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Sampai jumpa • Jeruk Bali – Penjelasan, Klasifikasi, Kandungan Gizi, Serta Manfaat Jeruk Bali Atau Pomelo • Sawo Manila – Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila Bagi Kesehatan • Jenis-Jenis Buah Sawo Yang Ada Serta Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan • Salak – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan, Manfaat, Serta Jenis-Jenis Buah Salak • Nangka – Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Manfaat Serta Efek Samping Mengkonsumsi Nangka • Lengkeng – Penjelasan, Klasifikasi, Kandungan Gizi, Serta Manfaat Lengkeng Categories Flora, Flora dan fauna, Umum Post navigation Artikel Terbaru • Cara Budidaya Biriba atau Srikaya Nanas (Rollinia deliciosa), Berukuran Raksasa dan Mahal • Panduan Cara Menanam Srikaya Jumbo Dalam Pot (Tabulampot Srikaya Jumbo) Agar Cepat Berbuah • Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Murbei Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula • Cara Menanam Tanaman Hanjuang Atau Andong (Cordyline), Tanaman Hias Daun Yang Kaya Manfaat • Cara Budidaya dan Merawat Kembang Coklat, Tanaman Hias Berbunga Putih Yang Kaya Manfaat • Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Rainbow atau Mawar Pelangi Bagi Pemula • Panduan Lengkap Cara Budidaya Kemukus, Tanaman Yang Kaya Manfaat
• Aragonés • Azərbaycanca • تۆرکجه • Башҡортса • Žemaitėška • Беларуская • Български • Чӑвашла • Emiliàn e rumagnòl • English • Español • Eesti • Euskara • فارسی • Suomi • Võro • Français • עברית • Magyar • Հայերեն • Jawa • 한국어 • Кыргызча • Лезги • Lietuvių • Latviešu • മലയാളം • Кырык мары • Bahasa Melayu • Эрзянь • Nederlands • Occitan • Ирон • Kapampangan • Polski • Português • Русский • తెలుగు • ไทย • Українська • Vepsän kel’ • 中文 Ceri manis Data Sumber dari Ceri dan kayu pohon ceri Tumbuhan Jenis buah buah berbiji Taksonomi Divisi Tracheophyta Upadivisi Spermatophytina Klad Angiospermae Klad mesangiosperms Klad eudicots Klad core eudicots Klad superrosids Klad rosids Klad fabids Ordo Rosales Famili Rosaceae Upafamili Amygdaloideae Tribus Amygdaleae Genus Prunus Upagenus Prunus subg.

Cerasus A.Gray, 1856 Tata nama Basionim Cerasus (en) Ceri ( Prunus subg. Cerasus) adalah subgenus tumbuhan dari Prunus, dengan ciri-ciri memiliki bunga corymbs kecil majemuk (tidak sendiri-sendiri, atau dalam racemes), dan memiliki buah yang halus dengan hanya alur lemah di satu sisi, atau tidak ada alur. Subgenus adalah pohon ceri asli daerah beriklim belahan bumi utara, dengan dua spesies di Amerika, tiga di Eropa, dan sisanya di Asia. Ceri adalah pohon yang sangat disukai di Jepang dan bunganya disebut sakura.

Pada awal musim semi, di saat bunga ceri bermekaran, orang-orang berpiknik di taman-taman yang ditumbuhi pohon ini ( Hanami). Di Australia ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, sedangkan di Amerika dan Eropa selatan pada bulan Juni. Produksi di seluruh dunia saat ini tiga juta ton per tahun. Selain itu bunga dan buah ceri juga dijadikan hiasan hidangan makanan atau minuman. Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan.

Selain itu, rutin mengkonsumsi buah ceri setiap hari dapat menurunkan jumlah kadar asam urat dalam tubuh, bahkan dapat menyembuhkan pirai. Daftar isi • 1 Musim Tanam • 2 Galeri • 3 Manfaat • 4 Rujukan • 5 Pranala luar Musim Tanam [ sunting - sunting sumber ] Ceri memiliki musim tanam yang sangat singkat dan bisa tumbuh di daerah beriklim sedang.

Musim puncak untuk panen ceri adalah di musim panas. Di Australia dan Selandia Baru, masa puncak panen ceri adalah pada akhir bulan Desember, di Eropa selatan pada bulan Juni, di Amerika Utara pada bulan Juni, di Kanada pada bulan Juli hingga pertengahan bulan Agustus dan di Inggris masa puncak panen buah ceri adalah pada bulan Juli.

Seperti kebanyakan pohon ceri beriklim sedang, biji ceri membutuhkan udara dingin untuk dapat tumbuh (mekanisme pohon berevolusi untuk mencegah perkecambahan selama musim gugur, yang kemudian akan menghasilkan bibit yang dibunuh oleh suhu musim dingin).

Lubang-lubang yang disediakan untuk ditanamnya biji ceri di musim gugur (setelah pertama menjadi dingin) dan bibit ceri akan muncul ke permukaan di musim semi. Sebuah pohon ceri akan memakan waktu tiga sampai empat tahun untuk menghasilkan panen buah pertama, dan tujuh tahun untuk mencapai kematangan penuh.

Karena kebutuhan akan iklim yang dingin, tumbuhan ceri di negara beriklim tropis seperti Indonesia hanya bisa tumbuh di daerah dataran tinggi (lebih dari 700 m dpl). [1] [2] Galeri [ sunting - sunting sumber ] • Bunga tumbuhan ceri Manfaat [ sunting - sunting sumber ] Jika melihat pada kandungan nutrisi di dalamnya, buah ceri dapat dikatakan memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat buah ceri untuk kesehatan: • Menjaga kesehatan jantung • Menurunkan risiko asam urat • Membantu menurunkan kadar gula darah • Menurunkan kolesterol • Mempercepat pemulihan setelah olahraga • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh • Meningkatkan kualitas tidur • Meningkatkan memori • Meningkatkan penglihatan • Menurunkan berat badan • Pohon ceri penuaan • Mencegah kanker [3] Manfaat di atas adalah berdasarkan nutrisi yang terkandung dalam buah ini.

Diperlikan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efektivitasnya. Rujukan [ sunting - sunting sumber ] • ^ "Panduan Lengkap Cara Menanam Cherry/Ceri dari Biji Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula – Flora dan Fauna" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-02. • ^ Agus, Cahyono; Adriyanti, Dwi T.; Syahbudin, Atus; Basori, Achmad Fauzan (2018-04-26).

Tanaman Langka Indonesia: di KP4 UGM. UGM PRESS. ISBN 9789794208953. • ^ "12 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Lho!".

www.doktersehat.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-15. Diakses tanggal 2020-07-14. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] Wikimedia Commons memiliki media mengenai Cherry.

Lihat informasi mengenai cherry di Wiktionary. • (Indonesia) Belajar mewarnai buah ceri • "Cherry juice hailed as superfood", Daily Mail, 26 September 2008. • Phenolic compounds in sweet and sour cherries Diarsipkan 2009-03-06 di Wayback Machine.— Cornell University study. Wikimedia Commons memiliki media mengenai Cherry. Lihat informasi mengenai cherry di Wiktionary. • Halaman ini terakhir diubah pada 14 Januari 2022, pukul 00.47.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan pohon ceri lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •

pohon ceri

Begini Cara Stek Batang Pohon Kersen!! Gampang Gak Ribet




2022 www.videocon.com