Yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

KOMPAS.com - Tugas pemain bola voli tergantung dari posisi yang dia mainkan. Seperti diketahui, ada enam pemain bola voli yang berada dalam satu tim.

Setiap pemain memiliki tugas dan peran yang berbeda. Namun pada dasarnya, ada empat posisi utama dalam bola voli yaitu server, setter/tosser, spiker/smasher, dan libero. Jika merinci tugas dan peran pemain berdasarkan nomor, ada enam posisi dalam permainan bola voli yakni dari 1 sampai 6.

Keenam pemain tersebut memiliki peran masing-masing sesuai tujuan baik untuk melindungi wilayah permainan maupun mencetak angka.

Baca juga: Langkah-langkah Menyusun Pola Penyerangan dalam Bola Voli Adapun pembagian posisi masing-masing pemain secara umum adalah tiga orang di bagian depan, sementara tiga anggota lain berada di garis belakang. Keberadaan pemain dalam permainan bola voli lantas terbagi ke dalam empat posisi, yang akan dijelaskan sebagai berikut termasuk dengan tugasnya.

Berikut empat posisi pemain dalam bola voli beserta tugasnya: • Server • Setter/ Tosser • Spiker/Smasher • Libero Tugas dan Posisi Pemain Bola Voli Server Pemain ini mengambil tugas untuk melakukan servis alias pukulan yang menandai dimulainya permainan atau rally.

Baca juga: Posisi dan Tugas Pemain Bola Voli Berdasarkan Nomor Tugas untuk mengambil servis biasanya diambil secara bergantian, setelah itu pemain bisa mengemban peran lain baik sebagai setter atau pemain bertahan (defender).

Giliran untuk mengambil servis bergantung pada perpindahan penguasaan bola setiap sebuah tim memperoleh angka. Fiorentina Vs AC Milan, Hakan Calhanoglu dan Hoki di Artemio Franchi https://bola.kompas.com/read/2021/03/21/10400088/fiorentina-vs-ac-milan-hakan-calhanoglu-dan-hoki-di-artemio-franchi https://asset.kompas.com/crops/hKZfCDjK30jUBnaAeCeLNnobb3Y=/0x55:907x659/195x98/data/photo/2020/12/04/5fc9a7bea6622.jpg Untuk menghasilkan point dalam permainan bola voli, kita harus bisa mematikan bola di area lapangan lawan.

Untuk mematikan bola yang paling efektif adalah dengan melakukan Smash atau biasa juga di sebut Spike. Secara keseluruhan pemain bola voli terbagi atas beberapa posisi, diantaranya ada smasher (spiker), set upper, universal dan libero. Di mana tiap posisi ini punya peranan dan tugas yang berbeda - beda. Berikut ini kami jelaskan secara lengkap tugas dari posisi pemain bola voli tersebut, lengkap dengan macam - macam smash dan tahapan gerakan saat melakukan smash.

Berikut ini uraiannya; POSISI PEMAIN BOLA VOLI Jenis-jenis pemain bola voli berdasarkan posisi, tugas dan fungsinya: 1. Smasher (Sm), bertugas sebagai penyerang utama • Smasher terbagi ke dalam: • Ace Spiker ⇒ Pemain yang bertugas untuk menyerang dengan bola-bola open (membuka) dan tinggi di atas net • Quicker, ⇒ Pemain yang bertugas untuk menyerang dengan bola-bola cepat dan tidak tinggi (0 – 0,5 M di atas net), biasanya seorang quicker adalah orang yang paling tinggi di tim tersebut karena bertugas sebagai Center Block juga.

Quicker adalah pemain dengan kemampuan spesial yang menyerang dengan kecepatan dan ketepatan pukulan. • All Round Spiker, ⇒ Merupakan pemain yang memiliki kemampuan lebih lengkap dalam menyerang maupun bertahan, memiliki kemampuan tinggi mengolah bola semi (tanggung). • Tahap pertama : Run up (lari menjangkau bola yang di umpankan) • Tahap kedua : Take off (melompat) Pada tahap take off, kedua lengan di julurkan keatas dan tubuh di luruskan.

Lengan dan bahu yang di gunakan di tarik sedikit menjauhi bola. Saat akan memukul bola, punggung agak membungkuk yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian tangan pemukul sedikit ditekuk. • Tahap ketiga : Hit (memukul) Cara memukul smash ada beberapa jenis: • Frontal smash ( smash depan) • Frontal smah dengan twist ( smash dengan putaran) • Smash dengan pergelangan tangan) • Dump ( smash dengan pura-pura) • Tahap keempat : Landing (mendarat) Kesalahan-kesalahan umum yang sering di lakukan pada saat melakukan smash: • Melakukan take off dengan kekuatan yang kurang memadai, sehingga bola akan terpukul pada ketinggian yang kurang tepat • Seluruh gerakannya tidak kontinu dan tidak di sertai ritme yang tepat, sehingga tenggang waktu antara take off dan jump di tandai dengan keragu-raguan yang sangat mempengaruhi kualitas smash itu sendiri.

• Kurang dapat membaca ketingian bola umpan, sehingga bola itu di pukul terlalu tinggi atau terlalu rendah • Ayunan lengan kurang sempurna • Pergelangan tangan terlalu kaku sehingga bola terpukul tidak pada bagian atasnya.
Cara melakukan smash dan blocking yang baik dan benar dalam permainan bola voli.- Pada postingan sebelumnya freedomsiana membagikan postingan mengenai tutorial cara melakukan passing atas dan bawah yang benar dalam permainan bola voli.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan lanjutan keterampilan dalam permainan bola voli, yakni cara melakukan smash yang benar dan blocking yang benar. Karena smash dan blocking juga menjadi salah satu teknik dasar keterampilan bola voli yang harus dikuasi agar bisa cepat bisa bermain voli.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

Berikut penjelasan mengenai keterampilan smash dan blocking. Baca: Cara Melakukan Servis Yang Benar dalam Permainan Bola Voli Keterampilan Smash Smash dalam permainan bola voli adalah suatu usaha memukul bola untuk melakukan serangan keras yang ditujukan pada pertahanan lawan. Dalam melakukan Smash juga tidak asal-asaln, dibutukan cara yang benar agar smash bisa akuran dan menemui sasaran.

Berikut cara melakukan keterampilan smash dalam permainan bola voli yang baik dan benar. • Berdiri menghadap net/jaring dengan jaran 2-3 langkah. • Ambil awalan dengan langkah lebar dan datar, kemudian kedua lengan diayunkan ke belakang dan pandangan tertuju ke arah bola.

• Lakukan tolakan dengan menekuk kedua lutut, kemudian lanjutkan dengan loncatan. • Ayunkan lengan yang akan memukul ke depan dan punggung melenting ke belakang.

• Bola dipukul dengan lengan terjulur, telapak tangan terbuka, dan menaungi bola dengan melecutkan pergelangan tangan. • Lakukan pendaratan dengan menapakkan kedua kaki secara bersamaan dan lutut mengeper. Kesalahan: Dalam beberapa kondisi, smash yang harusnya bisa dilakukan dengan baik malah berakhir dengan kegagalan.

Diantaranya adalah sikap badan kaku, berdiri terlalu dekat net (jaring), awalan langkah terlalu banyak dan lebar, tolakan tidak menekuk lutut dan lengan tidak terayun ke depan pada saat akan memukul bola, serta pendaratan tidak dilakukan dengan lutut mengeper.

Keterampilan Bendungan (Block) Bendungan dalam permainan bola voli disebut dengan istilah “ Block“, yaitu upaya mengagalkan serangan ( smash) dari pihak lawan dengan cara membendung bola dia atas jaring sambil melompat. Blocking dapat dibedakan menjadi blocking tangan aktif dan pasif.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

Dalam sebuah permainan, Blocking dapat dilakukan oleh satu orang, dua orang, atau tiga orang. Hal tersebu tergantung pada kuat atau tidaknya serangan ( smash) dari lawan. Untuk dapat memenangkan pertandingan, sebuah tim harus dapat bekerja sama dengan baik. Apabila sebuah smash terlalu kuat dan salah satu pemain berusaha melakukan blocking tetapi belum berhasil, pemain yang lain harus bisa bergerak cepat dan tepat untuk melanjutkan blocking. Baca: Cara melakukan Blocking Aktif dalam Bola Voli yang Benar Kesalahan: Beberapa hal yang terkadang menimbulkan kesalahan pada saat melakukan blocking adalah sikap badan kaku, berdiri tidak menghadap net/jaring, awalan loncat kurang maksimal karena tolakan tidak menekuk lutut, kedua tangan tidak berada di atas depan, kedua tangan kurang dijulurkan melewati net/jaring, dan pendaratan tidak dilakukan dengan lutut mengeper.

Teknik Smash Bola Voli ~ Bicara masalah voli pasti kita tidak lepas sama yang namanya teknik. untuk teknik yang akan saya ungkap disini adalah teknik yang sudah tidak asing lagi untuk kita khususnya dalam permainan bola voli. bahkan semua pemain maupun pelajar yang hobi dengan main voli pasti ingin bisa melakukan smash yang keras dan tajam dan tentunya juga langsung mematikan.

tapi ini merupakan bagian teknik dalam permainan bola voli bukan yang paling penting. menurut saya justru teknik dalam bola voli yang terpenting adalah pasing. andai saja kita bisa pasing pasti masih bisa melakukan permainan yang lumayan bagus.

coba bayangkan saja seandainya dalam satu team cuma bisa smash saja tanpa bisa pasing pasti semuanya kacau bahkan permainannya sudah tidak enak lagi dipandang. ok deh kali ini saya akan bahas masalah smash dan gak usah lama-lama buat sobat pembaca semua, cekidot deh: Pengertian Smash adalah pukulan yang utama dalam penyerangan dalam usaha mencapai kemenangan.

Untuk mencapai keberhasilan yang gemilang dalam melakukan smash ini diperlukan raihan yang tinggi dan kemampuan meloncat yang tinggi. Smash akan tercapai apabila dari para pemain menguasai teknik dasar bola voli lainnya sebelum seorang pemain dapat melakukan smash yaitu adanya passing yang bagus. Smash merupakan suatu teknik yang mempunyai gerakan yang komplek, • Melakukan awalan 1 sampai dengan 3 langkah. • Langkah yang dibuat menggunakan langkah kaki yang lebar.

• Pada saat mendekati net kedua lengan di ayunkan ke belakang. • Kedua kaki dihentakan bersusulan, lalu meloncat; lengan yang akan memukul • Mulai terayun ke depan,punggung menegang ke belakang. • Bola di pukul dengan lengan terjulur, tangan terbuka dan menaungi bola, • Sementara pergelangan tangan harus longgar Melihat uraian di atas maka dapat di simpulkan bahwa smash merupakan pukulan serangan yang sangat keras, terarah dan membutuhkan skill yang baik untuk angka.

Seorang smasher membutuhkan kegesitan, kepandaian melompat serta mempunyai kemampuan memukul bola sekeras mungkin. untuk lebih jelasnya dalam meraih prestasi smash yang bagus lihat uraian berikut ini: Berikut cara melakukan smash yang benar beserta uraiannya : Smash adalah tindakan memukul bola ke bawah dengan kekuatan besar, biasanya meloncat ke atas, masuk ke bagian lapangan berlawanan. Hal itu dapat dilihat dari kerasnya bola yang dihasilkan bahwa teknik smash datangnya bola lebih keras dan lebih menyulitkan bagi penerima bola.

Semua sikap memukul bola ke daerah lawan kecuali servis dan blok adalah merupakan pukulan serangan. Ada tiga metode penyerangan yang semuanya menjadi efektif yaitu melakukan tip : spike, pelan dan smash, keras.

Teknik smash digunakan sebagai senjata untuk menyerang dan mengumpulkan angka dalam permainan bola voli. Mengingat pentingnya hal tersebut maka pelaksanaan teknik smash dalam pertandingan harus efektif. Ada beberapa macam smash menurut macam umpannya yaitu : Awalan tergantung dari lintasan bola umpan, kira-kira 2,5 sampai 4 meter dari jatuhnya bola.

Langkah terakhir paling menentukan pada waktu mulai meloncat sehingga smasherharus memperhatikan baik-baik posisi kaki yang akan meloncat dan berada di tanah lebih dahulu, kaki lain menyusul di sebelahnya. Arah yang diambil harus diatur sedemikian rupa, sehingga atlet akan berada di belakang bola pada saat akan meloncat. Tubuh saat itu berada pada posisi menghadap net. Kedua lengan yang menjulur ke depan diayunkan ke belakang dan ke atas sesudah langkah pertama, kemudian diayunkan ke depan sehingga pada saat meloncat kedua lengan itu tergantung ke bawah di depan tubuh atlet.

b) Tahap meloncat Untuk memukul right hand langkahkan kaki kiri ke depan dengan langkah biasa kemudian diikuti kaki kanan yang panjang, diikuti dengan segera oleh kaki kiri yang diletakkan samping kaki kanan ( untuk pemukul left hand sebaliknya). Langkah pada waktu meloncat harus berlangsung yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian lancar tanpa terputus-putus.

Pada waktu meloncat kedua lengan yang menjulur digerakkan ke atas. Tubuh diteruskan, kaki yang digunakan untuk meloncat yang memberikan kekuatan pada saat meloncat. Lengan yang dipakai untuk memukul serta sisi badan diputar sedikit sehingga menjauhi bola, punggung agak membungkuk dan lengan yang lain tetap dipertahankan setinggi kepala yang berguna untuk mengatur keseimbangan secara keseluruhan.

c) Tahap saat memukul bola Dalam gerakan memukul dapat disesuaikan dengan jenis smash yang ada. Gerakan memukul hasilnya akan lebih baik apabila menggunakan lecutan tangan, lengan dan membungkukkan badan. Suharno, (1982 : 34) menyatakan setelah smasher berada di udara dan lengan sudah terangkat ke atas dilanjutkan gerakan memukul bola dan hasil pukulannya akan lebih sempurna apabila smasher menggunakan lecutan tangan, lengan, dan membungkukkan badan merupakan kesatuan gerak yang harmonis.

VIDEO LATIHAN SMASH BOLA VOLI LATIHAN SMASH BOLA VOLI Sekarang sudah jelas kan smash itu apa.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

semoga artikel ini bisa membantu sobat pembaca dan para pelajar yang membutuhkan rincian lengkap dari teknik permainan bola voli. untuk selanjutnya saya akan bahas teknik bola voli yang laen khususnya Teknik block permainan bola voli klik disini.
Akan tetapi, bagi pemain pemula atau pemain yang bukan profesional biasanya hanya asal bermain tanpa tahu posisi masing-masing pemain dan tugasnya.

Padahal masing-masing posisi pemain akan berkaitan dengan rotasi permainan. Kesalahan rotasi permainan dalam kompetisi resmi akan memberikan poin kepada lawan. Baca juga: Teknik Dasar Bola Voli Daftar isi • Posisi Pemain Bola Voli • Tugas Pemain Bola Voli • 1. Posisi Server • 2.

Posisi Spiker atau Smasher ( Penyerang ) • 3. Posisi Tosser atau Set-upper ( Pengumpan ) • a. Block Bola Open • b.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

Block Bola Semi • c. Block Bola Quick • 4. Posisi Defender atau Liberro • a. Pasing Bawah • b. Passing Atas • Cara Pergeseran Posisi Pemain Bola Voli (Rotasi) Posisi Pemain Bola Voli Untuk itu, mari mengenal posisi pemain bola voli beserta tugasnya.

Posisi Pemain Bola Voli Berikut keterangan gambar diatas selengkapnya : • Server • Spiker atau smasher • Tosser atau set-upper • Spiker atau smasher • Defender atau libero • Defender atau libero Tugas Pemain Bola Voli Nah selanjutnya adalah penjelasan lengkap tentang nama-nama posisi pemain bola voli beserta tugasnya dalam permainan. 1.

Posisi Server Server adalah posisi pemain yang bertugas melakukan servis dalam lapangan. Servis adalah penyajian bola pertama saat permainan dimulai. Setelah melakukan servis, secara otomatis server merangkap menjadi pemain belakang atau defender untuk membantu pertahanan. Server dituntut menguasai teknik servis, minimal servis atas dan servis bawah. • Servis atas adalah memukul bola dengan cara jari-jari tangan yang terbuka dan rapat, bola dipukul dengan telapak tangan.

Bola yang dipukul harus dilambungkan diatas kepala dan dipukul sebelum melewati kepala. • Sedangkan servis bawah adalah memukul bola dengan jari-jari tangan yang menggenggam. Bola dilambungkan kemudian dipukul di bagian bawah pusar perut. Selain dua teknik servis tersebut, masih ada teknik servis lainya. 2. Posisi Spiker atau Smasher ( Penyerang ) Spiker atau Smasher adalah posisi pemain yang bertugas untuk melakukan pukulan atau smash bola kearah lawan, tujuannya mendapatkan poin atau nilai untuk tim.

Smash adalah pukulan yang dilakukan dengan sekeras-kerasnya kearah bawah lapangan lawan.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

Smasher berada diposisi paling depan, tepatnya di depan net atau di samping tosser. Pemain yang berada pada posisi smasher diharuskan memiliki kemampuan yang bisa melakukan serangan dan pukulan yang bagus.

Smasher juga menjadi pemain yang piawai menjaga pertahanan bagian depan. Pemain yang berada pada posisi ini memiliki peran ganda, yaitu sebagai penyerang (mengeksekusi serangan atau smash untuk mendapat kemenangan) sekaligus pertahanan (melakukan blocking untuk menghindari kekalahan).

Smasher dituntut menguasai jenis-jenis smash berikut ini: • Open Smash adalah gerak awal yang dilakukan saat bola lepas dari tangan pengoper. Pukulan dilakukan saat smasher mencapai puncak maksimal lompatan dan saat bola berada pada jangkauan lengan smasher yang tertinggi. • Smash Semi adalah memukul bola dengan ketinggian umpan sekitar 50 sentimeter di atas net. • Quick Smash adalah memukul dengan bola umpan sekitar 30 sentimeter di atas net. • Straigh Smash adalah pukulan yang dilakukan saat bola berada di tepi jaring.

• Drive Smash adalah pukulan yang mengarahkan bola keluar net dengan jarak yang panjang. • Dummy Smash merupakan gerakan yang hampir sama dengan smash normal.

Akan tetapi, bola tidak dipukul melainkan di sentuh saja dengan jari tangan. • Smash Bola 3 Meter adalah pukulan serangan yang dilakukan dari belakang garis serang. • Smash Kijang atau umpan bola back adalah pemukul yang melakukan langkah panjang dengan tolakan loncatan menggunakan satu kaki, pemukul tangan kanan menolak dengan kaki kiri.

• Smash Double Step adalah smash dengan menggunakan gerak tipu. Pemukul melakukan dua kali gerak untuk melakukan tolakan meloncat. Gerakan pertama untuk mengecoh block, gerakan kedua pemukul meloncat dan melakukan serangan. • Smash Step L adalah gerakan yang dilakukan dengan 3 langkah, pertama melangkah kedepan, kedua langkah kesamping sebelum tolakan, ketiga melompat naik untuk melakukan serangan. 3. Posisi Tosser atau Set-upper ( Pengumpan ) Tosser adalah posisi pemain yang bertugas mengatur serangan dari tim.

Ketika tim melakukan serangan yang berhak menentukan komando adalah tosser. Pemain yang berada pada posisi tosser diharuskan mempunyai kualitas umpan dan kecerdasan dalam memberikan berbagai variasi umpan. Dengan kata lain tosser merupakan penentu dan pengatur serangan dalam permainan voli.

Tosser dituntut menguasai teknik smash dan blocking yang baik. Blocking adalah gerakan yang dilakukan oleh pemain untuk menghalau serangan atau smash dari tim lawan. Jenis-jenis blocking diantaranya: a. Block Bola Open Langkah block bola open: • Tosser bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukam smash dengan posisi tangan berada di bawah dada.

• Merendahkan posisi badan dengan menekuk lutut hingga membentuk sudut 100. • Meloncat setelah smasher lawan melakukan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompat vertikal.

b. Block Bola Semi Langkah block semi: • Tosser bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukam smash dengan posisi tangan dinaikkan ke depan atas kepala. • Merendahkan posisi badan badan dengan menekuk lutut hingga membentuk sudut 110.

• Meloncat setelah smasher lawan melakukan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompat vertikal. c. Block Bola Quick Langkah block bola quick: • Tosser bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukam smash dengan posisi kedua tangan diluruskan. • Merendahkan posisi badan badan dengan menekuk lutut hingga membentuk sudut 135. • Meloncat bersamaan dengan smasher lawan melakukan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompat vertikal.

4.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

Posisi Defender atau Liberro Liberro adalah posisi pemain yang bertugas menerima dan menahan berbagai serangan dari pemain lawan dengan melakukan passing. Pemain yang berada pada posisi ini dituntung menguasai passing. Baca juga: Ukuran Lapangan Bola Voli Pengertian passing adalah gerakan yang dilakukan untuk mengoper bola ke arah teman timnya untuk dimainkan di daerah sendiri. Jenis-jenis passing diantaranya: a. Pasing Bawah Pasing bawah adalah gerakan yang dilakukan oleh pemain untuk mengoper bola atau menerima bola dari depan badan menggunakan kedua tangan secara bersamaan.

b. Passing Atas Passing atas atau set up adalah gerakan pemain untuk mengoper bola yang dilakukan saat bola diatas kepala menggunakan kedua tangan secara bersamaan.

Cara Pergeseran Posisi Pemain Bola Voli (Rotasi) Rotasi dalam permainan bola voli dilakukan saat tim mendapatkan giliran service setelah memenangkan rally atas regu lain. Rotasi dilakukan sekali searah jarum jam. Atau putaran server dilakukan dari kanan depan ke sisi kanan belakang lapangan. Lebih lengkapnya tentang : cara rotasi permainan bola voli Nah itulah berbagai posisi pemain dalam permainan bola voli beserta tugasnya.

Dalam permainan, pemain akan mengalami rotasi sehingga berpindah dari satu peran ke peran yang lain. Kecuali untuk liberro yang tidak tergantikan. ARTIKEL LAINNYA • Jumlah Pemain Bola Voli Setiap Regu, Tugas dan Namanya • Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli • Induk Organisasi Seluruh Cabang Olahraga Indonesia dan Dunia • Jumlah Pemain Basket Beserta Tugas, Posisi dan fungsinya • Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Gambar dan Keterangan • Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya • Permainan Bola Voli • Pengertian Cloud Storage Beserta Fungsi, Contoh dan Kelebihan Kekurangannya
Bobo.id - Sama seperti olahraga permainan lainnya, bola voli juga memiliki aturan dasar yang harus dipatuhi pemain.

Selain itu, para pemain juga memiliki posisi dan tugasnya masing-masing berdasarkan nomor. Apa saja posisi dan tugas pemain voli itu? Yuk, temukan kunci jawabannya di sini!

Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim itu terdiri dari enam orang pemain di lapangan. Baca Juga: Kombinasi Gerak Non Lokomotor dan Manipulatif dalam Permainan Bola Voli Nah, para pemain itu menempati posisi sesuai dengan tugasnya.

Secara umum, posisi pemain dalam bola voli dibagi menjadi enam yaitu server, tosser atau set-upper, spiker atau smasher, pembendung atau blocker, libero atau defender, dan universal player atau pemain serbaguna.

Dikutip dari situs resmi Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), starting line-up sebuah tim voli saat bertanding biasanya terdiri dari satu orang tosser, dua orang blocker, dua orang defender, dan satu orang universal player. ARTIKEL TERKAIT • 5 Olahraga Ini Unik dan Aneh! • Sepak Takraw, Permainan Anak Desa yang Jadi Salah Satu Cabang Olahraga • Gerak Dasar Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif dalam Olahraga Voli, Ada Apa Saja?

• Teknik Dasar Bola Voli: Penjelasan Teknik Servis, Passing, Smash, dan Block dalam Bola VoliDaftar Isi • 1 Jawaban: E kemampuan smash, passing, dan mengumpan • 2 Posisi Pemain Bola Voli • 2.1 Posisi Pemain Bola Voli • 3 Tugas Pemain Bola Voli • 3.1 1. Posisi Server • 3.2 2. Posisi Spiker atau Smasher ( Penyerang ) • 3.3 3. Posisi Tosser atau Set-upper ( Pengumpan ) • 3.3.1 a.

Block Bola Open • 3.3.2 b. Block Bola Semi • 3.3.3 c. Block Bola Quick • 3.4 4. Posisi Defender atau Liberro • 3.4.1 a. Pasing Bawah • 3.4.2 b.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

Passing Atas • 3.5 Cara Pergeseran Posisi Pemain Bola Voli (Rotasi) • 3.5.1 Rotasi Permainan Bola Voli Jawaban: E kemampuan smash, passing, dan mengumpan Pembahasan Posisi Pemain Bola Voli Untuk itu, mari mengenal posisi pemain bola voli beserta tugasnya.

Posisi Pemain Bola Voli Berikut keterangan gambar diatas selengkapnya : • Server • Spiker atau smasher • Tosser atau set-upper • Spiker atau smasher • Defender atau libero • Defender atau libero Tugas Pemain Bola Voli Nah selanjutnya adalah penjelasan lengkap tentang nama-nama posisi pemain bola voli beserta tugasnya dalam permainan. 1. Posisi Server Server adalah posisi pemain yang bertugas melakukan servis dalam lapangan. Servis adalah penyajian bola pertama saat permainan dimulai.

Setelah melakukan servis, secara otomatis server merangkap menjadi pemain belakang atau defender untuk membantu pertahanan.

Server dituntut menguasai teknik servis, minimal servis atas dan servis bawah.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

• Servis atas adalah memukul bola dengan cara jari-jari tangan yang terbuka dan rapat, bola dipukul dengan telapak tangan. Bola yang dipukul harus dilambungkan diatas kepala dan dipukul sebelum melewati kepala.

• Sedangkan servis bawah adalah memukul bola dengan jari-jari tangan yang menggenggam. Bola dilambungkan kemudian dipukul di bagian bawah pusar perut. Selain dua teknik servis tersebut, masih ada teknik servis lainya.

2. Posisi Spiker atau Smasher ( Penyerang ) Spiker atau Smasher adalah posisi pemain yang bertugas untuk melakukan pukulan atau smash bola kearah lawan, tujuannya mendapatkan poin atau nilai untuk tim. Smash adalah pukulan yang dilakukan dengan sekeras-kerasnya kearah bawah lapangan lawan. Smasher berada diposisi paling depan, tepatnya di depan net atau di samping tosser. Pemain yang berada pada posisi smasher diharuskan memiliki kemampuan yang bisa melakukan serangan dan pukulan yang bagus.

Smasher juga menjadi pemain yang piawai menjaga pertahanan bagian depan. Baca juga: Sebutkan sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan iptek di bidang ekonomi! Pemain yang berada pada posisi ini memiliki peran ganda, yaitu sebagai penyerang (mengeksekusi serangan atau smash untuk mendapat kemenangan) sekaligus pertahanan (melakukan blocking untuk menghindari kekalahan). Smasher dituntut menguasai jenis-jenis smash berikut ini: • Open Smash adalah gerak awal yang dilakukan saat bola lepas dari tangan pengoper.

Pukulan dilakukan saat smasher mencapai puncak maksimal lompatan dan saat bola berada pada jangkauan lengan smasher yang tertinggi. • Smash Semi adalah memukul bola dengan ketinggian umpan sekitar 50 sentimeter di atas net. • Quick Smash adalah memukul dengan bola umpan sekitar 30 sentimeter di atas net. • Straigh Smash adalah pukulan yang dilakukan saat bola berada di tepi jaring. • Drive Smash adalah pukulan yang mengarahkan bola keluar net dengan jarak yang panjang.

• Dummy Smash merupakan gerakan yang hampir sama dengan smash normal. Akan tetapi, bola tidak dipukul melainkan di sentuh saja dengan jari tangan. • Smash Bola 3 Meter adalah pukulan serangan yang dilakukan dari belakang garis serang. • Smash Kijang atau umpan bola back adalah pemukul yang melakukan langkah panjang dengan tolakan loncatan menggunakan satu kaki, pemukul tangan kanan menolak dengan kaki kiri.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

• Smash Double Step adalah smash dengan menggunakan gerak tipu. Pemukul melakukan dua kali gerak untuk melakukan tolakan meloncat.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

Gerakan pertama untuk mengecoh block, gerakan kedua pemukul meloncat dan melakukan serangan. • Smash Step L adalah gerakan yang dilakukan dengan 3 langkah, pertama melangkah kedepan, kedua langkah kesamping sebelum tolakan, ketiga melompat naik untuk melakukan serangan. 3. Posisi Tosser atau Set-upper ( Pengumpan ) Tosser adalah posisi pemain yang bertugas mengatur serangan dari tim. Ketika tim melakukan serangan yang berhak menentukan komando adalah tosser.

Pemain yang berada pada posisi tosser diharuskan mempunyai kualitas umpan dan kecerdasan dalam memberikan berbagai variasi umpan. Dengan kata lain tosser merupakan penentu dan pengatur serangan dalam permainan voli. Tosser dituntut menguasai teknik smash dan blocking yang baik. Blocking adalah gerakan yang dilakukan oleh pemain untuk menghalau serangan atau smash dari tim lawan.

Jenis-jenis blocking diantaranya: Baca juga: Essay: Sebutkan 5 contoh pengaruh positif iptek dalam bidang hukum, pertahanan, dan keamanan! a. Block Bola Open Langkah block bola open: • Tosser bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukam smash dengan posisi tangan berada di bawah dada. • Merendahkan posisi badan dengan menekuk lutut hingga membentuk sudut 100. • Meloncat setelah smasher lawan melakukan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompat vertikal. b. Block Bola Semi Langkah block semi: • Tosser bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukam smash dengan posisi tangan dinaikkan ke depan atas kepala.

• Merendahkan posisi badan badan dengan menekuk lutut hingga membentuk sudut 110. • Meloncat setelah smasher lawan melakukan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompat vertikal. c. Block Bola Quick Langkah block bola quick: • Tosser bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukam smash dengan posisi kedua tangan diluruskan.

• Merendahkan posisi badan badan dengan menekuk lutut hingga membentuk sudut 135. • Meloncat bersamaan dengan smasher lawan melakukan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompat vertikal. 4. Posisi Defender atau Liberro Liberro adalah posisi pemain yang bertugas menerima dan menahan berbagai serangan dari pemain lawan dengan melakukan passing. Pemain yang berada pada posisi ini dituntung menguasai passing. Pengertian passing adalah gerakan yang dilakukan untuk mengoper bola ke arah teman timnya untuk dimainkan di daerah sendiri.

Jenis-jenis passing diantaranya: a. Pasing Bawah Pasing bawah adalah gerakan yang dilakukan oleh pemain untuk mengoper bola atau menerima bola dari depan badan menggunakan kedua tangan secara bersamaan.

b. Passing Atas Passing atas atau set up adalah gerakan pemain untuk mengoper bola yang dilakukan saat bola diatas kepala menggunakan kedua tangan secara bersamaan.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

Cara Pergeseran Posisi Pemain Bola Voli (Rotasi) Rotasi dalam permainan bola voli dilakukan saat tim mendapatkan giliran service setelah memenangkan rally atas regu lain. Rotasi dilakukan sekali searah jarum jam. Atau putaran server dilakukan dari kanan depan ke sisi kanan belakang lapangan. Rotasi Permainan Bola Voli Berbeda dengan jenis permainan sepak bola, pada permainan bola voli pemain harus melakukan rotasi. Kesalahan melakukan rotasi bisa mengakibatkan pemain lawan mendapatkan poin secara gratis.

Rotasi dalam permainan bola voli dilakukan saat tim mendapatkan giliran service setelah memenangkan rally atas regu lain. Rotasi dilakukan sekali searah jarum jam.

Atau putaran server dilakukan dari kanan depan ke sisi kanan belakang lapangan. Berikut cara rotasi permainan bola voli: • Setiap regu bola voli terdiri dari dua baris, serta mengisi tempat sebanyak enam titik: • ”Posisi 1 berada di ”Kanan belakang, adalah pemain server”. • ”Posisi 2 berada di ”Kanan depan, tepat di depan dari posisi kanan belakang. • ”Posisi 3 berada di ”Tengah depan, di kiri posisi kanan depan. • Posisi 4 berada ”Kiri depan, di kiri posisi tengah depan.

• Posisi 5 berada ”Kiri belakang, di belakang posisi kiri depan. • Posisi 6 berada ”Tengah belakang, di belakang posisi tengah depan. • Ketahui peran pemain dalam regu. Masing-masing peran memiliki tugas yang tidak akan berubah.

Hanya ketika melakukan rotasi, pemain akan memiliki peran baru. Jadi yang perlu diperhatikan, dimana posisi pemain setelah melakukan rotasi.

Disitulah petanya akan terlihat. Satu-satunya yang peranya tidak berubah adalah liberoo. • Rotasi dilakukan saat bola keluar garis dan pemain yang mendapatkan angka bukanlah yang melakukan server. Maka rotasi dilakukan oleh regu tersebut. Rotasi dilakukan searah jarum jam. Pemain di depan kanan berpindah ke kanan belakang, dengan begitu pemain tersebut menjadi server baru. Sedang bagi regu yang melakukan server dan mendapatkan angka, tidak perlu melakukan berotasi melainkan tetap di posisi yang sama.

• Setelah melakukan server dari posisi 1, maka berputar ke posisi 6 (tengah belakang), lalu ke posisi 5 (kiri belakang), lalu ke posisi 4 (kiri depan), lalu ke posisi tiga (tengah depan), lalu ke posisi dua (kanan depan), dan kembali lagi ke posisi 1. • Perlu diingat, rotasi hanya dilakukan satu kali setelah regunya mendapatkan server.

Dan akan dilakukan kembali oleh tim yang mendapatkan poin dari service yang dilakukan lawan. Search for: Recent Posts • Higgs domino mod apk speeder tanpa iklan • Higgs domino mod apk speeder tanpa iklan • 10 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga dan Kesehatan (Terbaru 2022) • 10 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga dan Kesehatan (Terbaru 2022) • Gejala Vulkanisme : Jenis, Proses, Fenomena, Pengertiannya Categories Categories
tirto.id - Smash bola voli atau spike adalah 1 dari 4 teknik dasar permainan olahraga ini selain servis, passing, dan block.

Bola voli adalah olahraga tim yang dimainkan oleh 2 grup berlawanan dan dipisahkan oleh net. Setiap grup terdiri dari 6 pemain. Poin dihitung berdasarkan banyaknya bola yang jatuh di area lawan. Lalu, apa saja teknik dasar permainan yang dibutuhkan oleh seorang atlet voli? Dalam permainan voli, yang digunakan adalah sistem best of five atau maksimal 5 set. Dalam sistem ini, tim yang bisa meraih kemenangan 3 set lebih dahulu yang akan menang.

Oleh karenanya, skor yang mungkin tercipta adalah 3-0, 3-1, atau 3-2. Baca juga: Voli: 'Basket' untuk Orang Dewasa Ciptaan William Morgan Teknik Dasar Permainan Voli Setiap atlet voli mesti memiliki kemampuan dasar bermain voli.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bola Voli Intenasional (FIVB), teknik dasar tersebut meliputi servis, passing, spike dan blocking. Penguasaan dasar permainan ini akan berpengaruh pada permainan tim.

Sebagai contoh, pengumpan bola ( tosser), harus mahir memberi operan kepada pemain yang akan melakukan smash atau spike yang jadi kunci raihan poin tim tersebut. Serve (Servis) Serve dilakukan sebagai penanda dimulainya sebuah set, juga dilakukan sebagai awal reli, usai sebuah tim mencetak poin. Serve dilakukan dengan tujuan agar bola melewati net dan jatuh di area pertahanan lawan yang kosong.

Serve yang mengenai net lantas masuk ke area lawan tetap dinyatakan sah. Serve ini dilakukan di luar garis lapangan. Terdapat berbagai tipe serve yang mungkin dilakukan seorang atlet, yaitu serve bawah, a tas, hingga dengan lompatan. Servis bawah dilakukan dengan satu tangan dengan mengayunkannya dari bawah.

Sentuhan terjadi pada area pergelangan tangan. Servis atas dilakukan dengan satu tangan juga. Bedanya, bola dipukul setelah dilempar ke atas kepala. Perkenaan bola terjadi pada area telapak atau pergelangan tangan. Sementara itu servis lompatan dilakukan hampir sama seperti teknik smash. bola dilemparkan jauh ke atas terlebih dahulu, kemudian si pemain menyambut bola di udara dengan lompatan dan pukulan mirip smash. Jika bola tidak melewati net dan jatuh di area sendiri, poin jadi milik tim lawan.

Secara otomatis, servis berpindah ke kubu lawan. Setiap pemain hanya mendapat satu kesempatan melakukan servis, kecuali jika reli yang dimainkan selalu berbuah poin bagi timnya. Baca juga: Sejarah Olahraga Bola Voli: Terinspirasi Basket, Badminton, & Tenis Passing Sama seperti sepak bola, passing dalam voli juga dilakukan untuk mendukung tim dalam meraih poin.

Dalam permainan voli, maksimal sentuhan setiap tim adalah 3 kali. Jika melakukan lebih dari itu, poin bertambah untuk tim lawan. Ada dua jenis teknik mengumpan alias passing dalam bola voli: passing bawah dan passing atas. Passing bawah atau biasa disebut dig, dilakukan dengan dua tangan yang saling menggenggam.

Sentuhan bola terjadi pada area lengan bawah bagian dalam. Operan dengan teknik ini memiliki akurasi cukup tinggi dibandingkan passing atas. Saat menerima bola, diusahakan kaki dibuka selebar bahu dengan lutut sedikit ditekuk.

Hal ini untuk membuat kuda-kuda yang kuat, demi mengantisipasi datangnya laju bola kencang. Jika para pemain tidak memiliki kemampuan melakukan teknik ini, tim lawan akan mudah membuat poin.

Sebab, tidak ada yang mampu menahan laju pukulan smash yang dilakukan pemain lawan. Selain passing bawah atau dig, ada passing atas.

Teknik ini biasanya digunakan oleh tosser untuk memberikan umpan kepada pemukul ( spiker). Passing atas alias overhand pass dilakukan dengan kedua telapak tangan yang terbuka. Kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga.

Teknik ini dilakukan ketika bola mengarah ke atas dahi si pemain. Spike Setelah tosser mengumpan dengan overhead pass, seorang pemain depan akan menyambut bola dengan lompatan dan pukulan keras menuju area lawan. Teknik ini disebut juga dengan smash atau spike. Teknik ini merupakan cara paling efektif untuk memenangkan reli. Saat memukul bola, bagian tubuh spiker tidak boleh menyentuh net. Jika hal itu terjadi, pukulannya, meskipun jatuh di area lawan, tidak terhitung poin.

Sebaliknya, poin dberikan kepada tim lawan. Selain itu, usai melakukan spike, pemukul tidak boleh mendarat di area lawan, bahkan menginjak garis batas net.

Blok ( Blocking) Saat regu lawan melakukan pukulan spike, upaya pertahanan yang pertama kali dapat dilakukan adalah blocking. Tujuannya adalah menutup datangnya bola smash pemain lawan. Blocking biasanya dilakukan oleh 3 pemain. Sejumlah pemain tersebut melompat ke atas net dengan posisi rapat satu sama lain.

Lalu, menghadang bola menggunakan kedua tangan yang terbuka lebar. Sama seperti spike, saat mengeblok, tangan boleh masuk area lawan, asalkan tidak menyentuh net. Penetrasi merupakan kunci keberhasilan teknik ini.

Tangan atlet yang melakukan blocking mengerah ke area lawan untuk menghentikan spike tim lawan. Posisi tangan yang demikian lebih efektif daripada tangan lurus ke atas dan menebak arah bola.
Contents • 1 Beberapa Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli • 1.1 1. Kesalahan saat Melakukan Servis • 1.2 2. Kesalahan atau Pelanggaran Net • 1.3 3.

Pemain Keluar dari Posisi yang Seharusnya • 1.4 4. Pelanggaran Ketika Sedang Bermain • 1.5 5. Pelanggaran Akibat Tingkah Laku Pemain, Pelatih, dan Manager Tim • 1.6 6.

Melempar atau Menangkap Bola Saat Pertandingan Berlangsung • 1.7 7. Pelanggaran saat Melakukan Smash • 1.8 8. Pelanggaran Ketika Menggunakan Dua Kali Time Out • 1.9 9. Pelanggaran Pemain Pengganti Saat akan Masuk Lapangan • 1.10 10. Pelanggaran Saat Pemain Sengaja Membuang Bola Keluar Lapangan Beberapa Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli Ketika melakukan sebuah permainan olahraga, penting bagi seseorang untuk mengetahui cara bermain dan aturan-aturan yang tidak boleh dilakukan.

Akan tetapi biasanya dalam pertandingan bola voli beberapa kesalahan tetap dilakukan. Yuk simak bentuk pelanggaran dalam kegiatan tersebut.

1. Kesalahan saat Melakukan Servis Servis merupakan bagian terpenting dalam permainan bola voli. Akan tetapi pemain biasanya juga melakukan pelanggaran. Pertama, mereka mengulur waktu terlalu lama saat mengambil yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian.

Kedua, pemain tidak memukul bola dengan tangan. Ketiga, bola servis keluar lapangan pertandingan, melewati bawah net, menyentuh net atau bahkan melewati sisi batas net. Keempat, kaki pemain menginjak garis batas ketika melakukan servis serta posisi kaki juga diangkat. Yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian, mereka tidak melambungkan bola terlebih dulu.

BACA JUGA: Istilah-Istilah dalam Bola Voli yang Wajib Dipahami 2. Kesalahan atau Pelanggaran Net Selain kesalahan saat melakukan servis, pemain biasanya juga mendapatkan pelanggaran yang berhubungan dengan net. Pertama sengaja maupun tidak, pemain biasanya menyentuh tiang net saat permainan voli masih berlangsung. Kedua, pemain mengulurkan tangan melewati atau melebihi net sebelum tim lawan menyelesaikan serangan mereka.

Ketiga, mengganggu lawan baik dengan cara menyentuh maupun menarik kaos voli agar fokus menjadi teralihkan. 3. Pemain Keluar dari Posisi yang Seharusnya Posisi dari masing-masing pemain saat permainan bola voli sedang berlangsung sangat penting untuk diperhatikan.

Kesalahan yang sering dilakukan yaitu pertama ketika melakukan service mereka menginjak daerah untuk melakukan servis sebelum dipukul ke arah lawan. Kedua, pemain tidak berada dalam posisi dimana mereka harusnya berdiri ketika melakukan servis atau memukul bola. Ketiga, pemain pengganti kembali masuk dalam permainan yang berlangsung tetapi menempati tempat berbeda dari sebelumnya. 4. Pelanggaran Ketika Sedang Bermain Saat pertandingan sedang berlangsung, tentu terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan pemain.

Di antaranya yaitu pertama, ketika bola dalam posisi permainan dipukul dua kali secara bersamaan oleh satu orang. Kedua, memukul bola dua kali berturut-turut. Ketiga, melakukan dua kali sentuhan secara berturut-turut pada bola tanpa adanya kontak dengan lawan terlebih dahulu.

Keempat, pemain secara sengaja ataupun tidak memasuki lapangan permainan voli lebih dari 3 kali. 5.

yang berhak melakukan smash dan block dalam permainan bola voli adalah pemain yang berada di bagian

Pelanggaran Akibat Tingkah Laku Pemain, Pelatih, dan Manager Tim Pelanggaran akibat tingkah laku orang-orang yang terlibat dalam pertandingan tersebut juga sering terjadi. Di antaranya yaitu pertama, baik dari pemain, pelatih, ataupun manager tim mengeluarkan atau mengucapkan kata-kata kasar dan kurang sopan.

BACA JUGA: Sejarah Bola Voli dan Perkembangannya Kedua, pemain pengganti, pelatih, manajer tim ataupun supporter dari salah satu peserta masuk ke dalam lapangan selama pertandingan masih berlangsung. Ketika, menghentakkan kaki maupun berteriak dengan keras guna mengalihkan perhatian lawan. 6. Melempar atau Menangkap Bola Saat Pertandingan Berlangsung Ketika sedang bermain permainan bola voli, pemain tidak diperbolehkan untuk melempar maupun menangkap bola.

Jadi, benda tersebut harus dipantulkan karena hal itu sudah menjadi peraturan dari olahraga ini sehingga akan dihitung sebagai bentuk pelanggaran. Maka dari itu, jika Anda sedang bermain bola voli alangkah baiknya untuk tidak melempar atau menangkap bola agar pelanggaran dapat dihindari. Cukup lakukan sesuai aturan yang ada sehingga permainan menjadi lebih seru dan tidak tersendat karena sebuah kesalahan. 7. Pelanggaran saat Melakukan Smash Ketika melakukan smash, terkadang seorang pemain secara tidak sadar melewati garis pembatas net sehingga masuk ke daerah lawan.

Meskipun kaki mereka tidak jatuh di sana, akan tetapi saat melompat mereka mengayunkan ke depan. Hal itu sama saja mereka melewati garis pembatas. Jadi, ketika Anda bermain bola voli harap perhatikan posisi dengan betul sehingga yang tadinya dapat menjadi poin tim sendiri malah diambil oleh lawan. 8. Pelanggaran Ketika Menggunakan Dua Kali Time Out Ketika bermain dalam sebuah pertandingan bola voli, biasanya salah satu tim merasa butuh mengatur kembali strategi.

Maka dari itu, salah satu dari keduanya biasanya meminta sedikit waktu yang biasanya disebut time out. Time out ini dalam setiap pertandingan bola voli hanya satu kali kesempatan yang boleh digunakan. Jika tim memintanya 2 kali, maka itu dianggap pelanggaran.

Jadi, manfaatkan waktu tersebut dengan baik ketika sedang bermain. BACA JUGA: Servis Bawah Bola Voli: Kenali Tekniknya Berikut Ini! 9. Pelanggaran Pemain Pengganti Saat akan Masuk Lapangan Sebuah pelanggaran yang terjadi di tengah-tengah pertandingan bola voli tidak hanya dilakukan oleh mereka ketika berada di lapangan saja. Pemain pengganti pun dapat melakukan kesalahan ketika akan masuk menggantikan rekan lainnya.

Pemain pengganti akan dianggap melanggar jika mereka tidak memberikan laporan kepada wasit atau pencatat pertandingan ketika akan masuk ke lapangan untuk menggantikan rekan satu timnya. Jadi, lapor dulu ya saat akan bermain. 10. Pelanggaran Saat Pemain Sengaja Membuang Bola Keluar Lapangan Ketika berada di tengah-tengah pertandingan bola voli, terkadang ada salah satu pemain yang dengan sengaja memukul atau membuang bola keluar lapangan.

Ternyata hal itu masuk pada salah satu bentuk pelanggaran dalam olahraga ini. Selama pertandingan masih berlangsung, pemain tidak diperbolehkan untuk membuang bola keluar lapangan dengan sengaja. Karena hal tersebut dapat mengganggu jalannya pertandingan yang kemudian membuatnya menjadi kurang nyaman. Demikian beberapa penjabaran mengenai 10 pelanggaran dalam permainan bola voli yang wajib Anda ketahui.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi para pembaca ketika akan bermain olahraga satu ini. Categories 🥇 Voli Post navigation

TEKNIK BLOCKING DALAM BOLA VOLI..!! Tutorial Bola Voli




2022 www.videocon.com