Manfaat buah sawo bagi kesehatan

manfaat buah sawo bagi kesehatan

• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat. • Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 26 Februari 2019 - Diperbarui: 31 Januari 2022 Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat - Ditinjau oleh: Tim Dokter DokterSehat.Com – Apa yang pertama kali terpikirkan ketika mendengar tentang buah sawo?

Anda mungkin akan langsung membayangkan rasanya yang manis atau daging buahnya yang sangat empuk. Tak hanya memiliki rasa yang manis, sawo ternyata memiliki beragam nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat buah sawo untuk kesehatan. 14 Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan yang Tak Terduga Banyaknya manfaat sawo bagi kesehatan sangat terkait dengan kandungan zat dan nutrisi di dalam buah sawo. Di dalam sawo, Anda bisa menemukan protein nabati, lemak sehat, kalsium, karbohidrat, fosfor, hingga berbagai vitamin layaknya vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin E.

Tak hanya itu, sawo juga kaya akan kandungan serat. Berikut adalah berbagai manfaat sawo bagi kesehatan tubuh, di antaranya: 1. Mencegah anemia Manfaat buah sawo bagi kesehatan yang pertama adalah kemampuannya mencegah anemia. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sawo ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Adanya kandungan zat besi ini tentu akan membantu tubuh memproduksi sel darah merah dengan baik sehingga akan mencegah terjadinya anemia.

Sedangkan, bagi wanita yang lebih berisiko terkena masalah anemia saat haid, ada baiknya memperbanyak konsumsi buah ini menjelang atau manfaat buah sawo bagi kesehatan fase menstruasi. Manfaat buah sawo bagi kesehatan ini bisa Anda manfaatkan dengan mengonsumsi sawo secara rutin, tetapi tetap jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

2. Menjaga kecantikan kulit Manfaat buah sawo bagi kesehatan yang kedua adalah menjaga kecantikan kulit. Tingginya kandungan vitamin C pada sawo ternyata bisa membantu tubuh untuk mengusir radikal bebas. Tak hanya itu, manfaat sawo bagi kesehatan juga terkait dengan adanya antioksidan dalam sawo. Buah sawo kaya antioksidan bernama polifenol yang bersifat antiperadangan, antiparasit, antivirus, serta antibakteri. Anda pun akan lebih baik dalam manfaat buah sawo bagi kesehatan keriput dini sekaligus membuat kulit tetap awet muda.

3. Menjaga kesehatan mata Manfaat sawo bagi kesehatan lainnya adalah berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Tingginya kandungan vitamin A pada sawo membuat tubuh lebih baik dalam menjaga kesehatan mata. 4. Mengatasi wasir dan gangguan pencernaan lainnya Mereka yang memiliki masalah wasir ada baiknya rutin mengonsumsi sawo, mengingat manfaat buah sawo yang kaya akan kandungan serat dan tanin yang bisa mengatasi peradangan dan infeksi karena wasir. Tak hanya itu, konsumsi sawo ternyata bisa mencegah masalah sembelit, kanker usus besar, sekaligus membuat pencernaan menjadi lebih sehat.

Sangat besar bukan manfaat sawo untuk kesehatan pencernaan ini? 5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi Khasiat buah sawo lainnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium, fosfor, dan zat manfaat buah sawo bagi kesehatan dalam sawo ternyata bisa membuat tulang dan gigi menjadi lebih sehat dan kuat. 6. Meningkatkan daya tahan tubuh Manfaat buah sawo bagi kesehatan yang keenam adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah sawo mengandung sumber sukrosa dan fruktosa alami yang bisa memberi energi untuk tubuh. Kemudian efeknya bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. 7. Menjaga kesehatan ginjal Mengonsumsi buah sawo bisa membuat ginjal menjadi lebih bersih. Manfaat buah sawo didapatkan karena senyawa kimia yang akan membuat racun dengan cara meningkatkan volume air seni. Proses ini membuat tubuh menjadi lebih bersih dan sehat.

Tentu saja, dampak jangka panjang dari manfaat buah sawo bagi kesehatan ini adalah membuat ginjal terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. 8. Mengatasi nyeri otot Saat otot tubuh Anda bekerja ekstra dampak yang bisa terjadi adalah munculnya nyeri otot pada kaki, tangan, punggung dan pinggang. Manfaat sawo berguna karena mengandung bahan alami yang akan mengurangi infeksi akibat bakteri dan virus.

Bahan inilah yang penting untuk mencegah otot tubuh menjadi lebih mudah sakit dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. 9. Mengatasi stres Khasiat buah sawo bagi kesehatan tidak hanya terkait dengan kesehatan fisik saja, melainkan juga memberikan dampak positif terhadap psikis. Buah sawo dipercaya mampu menghilangkan stres. Hal ini diakibatkan oleh kandungan obat penenang alami yang membantu tubuh dan sistem saraf menjadi rileks. Khasiat buah sawo lanjutannya adalah membantu mengatasi insomnia dan serangan panik.

10. Mengatasi sariawan Manfaat buah sawo untuk kesehatan yang terakhir adalah kemampuannya mengatasi radang mulut dan sariwan. Dengan kandungan vitamin A dan C yang tinggi, buah ini mampu menjaga tubuh dari berbagai macam radikal bebas. Pada akhirnya, tubuh akan lebih kuat dan kebal terhadap serangan penyakit. 11. Mencegah kekurangan zat besi Beberapa ahli gizi merekomendasikan buah sawo untuk membantu meningkatkan zat besi pada tubuh.

Kurangnya asupan zat besi dapat menyebabkan kelelahan kronis dan sakit kepala. Manfaat sawo yang bisa didapatkan adalah meningkatkan sel darah merah dan menghasilkan kadar hemoglobin yang diperlukan secara efektif.

12. Meningkatkan energi Manfaat buah sawo selanjutnya adalah dipercaya meningkatkan energi Anda sepanjang hari. Tingkat energi yang rendah dapat memengaruhi kualitas hidup Anda. Oleh karena itu, Anda harus memilih opsi makanan yang sarat dengan komponen penambah energi.

13.

manfaat buah sawo bagi kesehatan

Mengobati batuk dan pilek Manfaat buah sawo untuk kesehatan lainnya adalah kemampuannya mengatasi batuk dan pilek. Buah sawo mengandung zat anti-inflamasi yang membantu meredakan sesak dan produksi lendir.

Beberapa ahli gizi mendorong memasukkan buah sawo ke dalam menu sehari-hari karena secara alami dapat mengobati virus flu dan demam. Selain itu, sebagai orang tua Anda disarankan untuk memberikan buah sawo pada anak untuk mencegah pilek musiman dan infeksi virus. 14. Menjaga kesehatan rongga mulut Jangan pernah mengabaikan masalah pada rongga mulut seperti gusi berdarah.

Meski hal itu terlihat sepele, nyatanya bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Selain itu, kurangnya perawatan mulut juga berperan pada masalah mulut kronis. Oleh karenanya, Anda perlu mengambil tindakan pencegahan. Dengan memasukkan buah sawo ke dalam menu harian, hal itu dapat mempertahankan berbagai masalah oral termasuk gigi berlubang dan kerusakan gigi. Selain itu, Anda dapat menambahkan sawo ke dalam menu anak Anda untuk mengurangi risiko yang terkait dengan kesehatan giginya.

Nah, itulah manfaat buah sawo untuk kesehatan yang bisa didapatkan oleh tubuh. Masihkah Anda ragu untuk mendapatkan khasiat buah sawo?

Informasi Terbaru • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia • Malassezia Folliculitis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan, Buah sawo merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di negara kita.

Sawo memiliki bentuk bulat dengan warna kulit dan daging yang coklat. Buah ini memiliki rasa yang cukup khas dengan kulit yang tipis. Buah sawo memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan karena mengandung banyak nutrisi serta vitamin yang baik untuk kesehatan.

Buah sawo memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga cocok dijadikan sebagai buah pencuci mulut yang segar. Kandungan Gizi Buah Sawo Buah sawo memiliki banyak sekali kandungan baik bagi tubuh dan telah dibuktikan melalui berbagai peneltian. Banyaknya buah sawo yang diteliti (Food Weight) = 100 gr Bagian buah sawo yang dapat dikonsumsi (Bdd manfaat buah sawo bagi kesehatan Food Edible) = 79 % • Energi : 92 kkal • Protein : 0,5 gr • Lemak : 1,1 gr • Karbohidrat : 22,4 gr • Kalsium : 25 mg • Fosfor : 12 mg • Zat besi : 1 mg • Vitamin A : 60 IU manfaat buah sawo bagi kesehatan Vitamin B1 : 0,01 mg • Vitamin C : 21 mg Buah sawo ternyata bagus juga untuk kesehatan ibu hamil.

Buah yang satu ini mengandung beragam vitamin seperti vitamin A, B, C, protein nabati, zat besi, kalori, karbohidrat dan flavonoid yang bagus untuk ibu hamil dan janinnya. Berikut ini kami jabarkan manfaat mengonsumsi buah sawo bagi kesehatan dan ibu hamil yang terdapat banyak sekali manfaatnya, berikut ini diantaranya : 1. Membantu pembentukan sel darah merah Sawo memiliki kandungan yang bernama zat besi yang berguna untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

Kekurangan darah merah dapat menyebabkan penyakit anemia yang membuat tubuh mudah lemas dan pusing. Mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi juga disarankan bagi ibu hamil supaya terhindar dari anemia yang berbahaya.

Buah-buahan untuk anemia lainnya : • Manfaat buah rambutan • Manfaat tomat • Manfaat buah bit • Manfaat biji nangka • Manfaat durian • Manfaat buah murbei • Manfaat buah cempedak • Manfaat pisang 2.

Menjaga kesehatan tulang 4. Sebagai obat diare Cara menggunakan sawo sebagai obat diare adalah dengan menggunakan 15 tetes getah sawo yang masih muda. Seduh menggunakan setengah gelas air panas. Anda dapat meminumnya setelah airnya hangat atau dingin.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan sawo sebagai obat diare dengan cara mencuci sawo hingga bersih lalu parut dan peras. Air perasan sawo dapat anda campurkan dengan air matang lalu minum 2 kali sehari. Herbal untuk diare lainnya : • Manfaat daun jambu biji • Manfaat buah mengkudu • Manfaat buah duku • Manfaat sari kurma • Manfaat pisang ambon • Manfaat coklat • Manfaat vegeta • Manfaat yakult • Manfaat daun belimbing • Manfaat nasi jagung 5.

Bagus untuk kesehatan mata Sawo mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Menjadikan sawo sebagai buah favorit merupakan pilihan tepat untuk menjaga mata anda tetap sehat dan terhindar dari gangguan mata. 6. Bagus untuk pertumbuhan Sawo mengandung protein yang bagus untuk pertumbuhan terutama bagi mereka yang masih dalam tahap perkembangan. 7. Mencegah kanker usus Buah sawo mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi yang bagus untuk melancarkan pencernaan.

Kandungan serat di dalam sawo juga membantu mengatasi sembelit sekaligus mencegah terjadinya kanker usus. 8. Mengatasi sariawan Buah sawo mengandung banyak vitamin yang berguna dalam mengatasi radikal bebas penyebab penyakit dimana salah satunya sariawan. Untuk mencegah datangnya sariawan, ada baiknya anda menjaga kesehatan mulut anda dengan baik dimana salah satunya adalah dengan cara rutin menggosok gigi 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Selain itu, perbanyak konsumsi vitamin C supaya sistem kekebalan tubuh meningkat. 9. Mencegah terjadinya penuaan dini Vitamin E yang terdapat dalam sawo juga bagus untuk menghindari penuaan dini atau terjadinya keriput pada kulit terutama manfaat buah sawo bagi kesehatan wajah.

10. Untuk mengobati disentri Untuk mengobati disentri, anda dapat mengambil sawo yang masih muda lalu haluskan dan campur menggunakan garam secukupnya. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari. lakukan hingga sakit anda berkurang. 11. Menjaga kecantikan kulit Sawo mengandung vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit.

Banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin E membuat kulit kita tetap lembab dan tampak lebih bersih. Untuk menjaga kecantikan kulit lainnya : • Manfaat vitamin E • Manfaat daun sirsak • Manfaat tomat • Manfaat oat • Manfaat daun serai • Manfaat minyak zaitun • Manfaat mangga • Manfaat mentimun • Manfaat teh • Manfaat jeruk nipis 12.

Mencegah terjadinya infeksi Sawo memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Vitamin A berperan dalam menyehatkan kulit dan vitamin C memiliki berperan dalam melawan jenis penyakit yang berbahaya serta mencegah adanya infeksi. 13. Melancarkan sistem pencernaan Sawo memilki kandungan inflamasi yang bagus untuk melancarkan pencernaan di usus. Selain itu sawo juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan tubuh anda.

Pencernaan yang baik menghindarkan anda dari susah BAB dan gejala sembelit. 14.

manfaat buah sawo bagi kesehatan

Bagus untuk kesehatan gigi Buah sawo bagus untuk kesehatan tulang serta gigi. Buah yang satu ini memiliki kandungan berupa fosfor dan kalsium yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang maupun gigi. Tulang yang kuat dan sehat menghindarkan anda dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

15. Mengatasi radang mulut Bukan hanya buahnya, namun daun dari pohon sawo juga dapat dijadikan sebagai obat salah satunya adalah untuk mengatasi radang mulut. Langkahnya cukup mudah yaitu dengan mencuci bersih daun sawo lalu rebus selama 10 menit. Gunakan rebusan dari daun sawo untuk berkumur. Dalam mengatasi radang mulut, anda juga dapat menggunakan sawo mentah sebagai solusi pengobatannya. 16. Meningkatkan kekebalan tubuh ibu manfaat buah sawo bagi kesehatan Vitamin C di dalam buah sawo dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil supaya tidak mudah sakit.

Selain itu, buah sawo juga bagus untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti halnya sembelit yang banyak dialami oleh ibu hamil. Konsumsi secukupnya supaya nutrisi dan vitamin bisa dengan sempurna terserap oleh tubuh.

manfaat buah sawo bagi kesehatan

Untuk menjaga kesehatan tubuh lainnya : • Manfaat vaksin • Manfaat buah naga • Manfaat cacing tanah • Manfaat wortel • Manfaat buah sawo bagi kesehatan air kelapa • Manfaat omega 9 • Manfaat air lemon • Manfaat teratai salju • Manfaat lobster • Manfaat hati sapi 17.

Mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil Kebaikan sawo dapat pula kita temukan dalam kandungan manfaat vitamin B nya yang bagus dalam mengurangi manfaat buah sawo bagi kesehatan morning sickness pada kehamilan. Konsumsi buah sawo secukupnya dan hindari pengonsumsian yang berlebihan supaya aman bagi ibu dan janin. 18. Mengandung karbohidrat Buah sawo juga mengandung manfaat karbohidrat yang berperan sebagai penambah energi terutama untuk kebutuhan beraktivitas sehari-hari.

19. Obat untuk pendarahan Sawo memiliki kandungan kalium yang mampu menghentikan pendarahan Pada bagian tubuh yang terluka. Jenis Sawo di Indonesia Ada beberapa jenis varian sawo yang cukup terkenal di Indonesia seperti : Ada beberapa sawo yang cukup terkenal dinegara kita, namun tidak semua jenis sawo tersebut dapat dikonsumsi.

• Sawo mentega : buah sawo jenis mentega memiliki bentuk bulat seperti telur terbalik dan memanjang dengan warna hijau mengkilap. Buah sawo yang satu ini memiliki rasa yang manis.

• Sawo manila : sawo manila memiliki bentuk lonjong dan daging buah yang cukup tebal. Sawo manila memiliki banyak kandungan air dan populer di Asia Tenggara. • Sawo duren : memiliki bentuk bulat telur dengan kulit tebal dan banyak mengandung lateks. Sawo duren merupakan jenis sawo yang tidak dapat dimakan.

Buah sawo memiliki banyak kandungan sehat yang bagus untuk kesehatan sekaligus bagus untuk kehamilan asal dikonsumsi dengan takaran yang pas. Buah sawo juga dijual dengan harga yang cukup murah sehingga, cocok dijadikan sebagai salah satu cara sehat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Bagi anda yang tengah bermasalah pada pencernaan sehingga BAB menjadi kurang lancar, maka buah sawo dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengatasinya.
Daftar manfaat buah sawo yang baik untuk kesehatan.

Tekstur lembut dan rasa manis nan gurih, berpadu nutrisi penting di dalamnya. Sawo bisa dibilang salah satu dari banyaknya buah-buahan yang populer, terutama di Tanah Air.

Bagaimana tidak, buah yang juga dikenal dengan nama sapodilla ini menggambarkan warna kulit kebanyakan masyarakat Indonesia, yakni sawo matang. Karena itulah, buah ini menjadi terkenal dan cukup umum ditemukan di negeri ini. Meski begitu, sawo sendiri sebenernya bukanlah buah asli lokal. Melainkan berasal dari Amerika Tengah. Akan tetapi, tetep saja sawo punya tempat tersendiri di sini. Berbicara soal buah, tentu kita selalu penasaran akan apa yang ada dalam kandungannya dan khasiatnya untuk tubuh jika kita mengonsumsinya.

Sebelum itu, mari kita simak beberapa fakta menarik sawo berikut ini: • Tanaman sawo diketahui berasal dari Amerika Tengah, yakni Meksiko dan Karibia. • Daging buah sawo memiliki tekstur legit, mampu menyajikan rasa manis nan gurih di lidah. • Getah pohon sawo dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat permen karet alami dan penambal gigi.

• Pohon sawo bisa tumbuh hingga lebih dari 30 meter (m) dan diameter batang rata-rata 1,5 m. • Sawo biasanya berbuah sebanyak dua kali dalam setahun. Baca Juga: Manfaat Buah Gandaria: Ketika Mangga dan Jeruk Jadi Satu Kandungan Sawo Sumber Gambar: Pexels/Rizki Risnandar Meski tampak luar tidak begitu memikat mata, sawo tetaplah buah yang memiliki nutrisi penting bagi kesehatan tubuh.

Berikut kandungan yang terdapat dalam setiap 100 gram (g) sawo: • Energi: 83 kilokalori (kkal) • Karbohidrat: 19,9 g • Protein: 0,44 g • Serat: 5,3 g • Vitamin A: 60 International Unit (IU) • Vitamin C: 14,7 miligram (mg) • Folat: 13 mikrogram (mcg) • Kalsium: 21 mg • Zat besi: 0,80 mg • Magnesium: 12 mg • Potasium: 193 mg Dengan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya, buah ini juga bisa diandalkan untuk mendukung kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Baca Juga: Manfaat Srikaya: Buah yang Bisa Bikin Bahagia Manfaat/Khasiat Buah Sawo Sumber Gambar: Beauty Glimpse Rasa buah yang manis nan lezat, tekstur lembut, serta kandungan nutrisi yang kaya.

manfaat buah sawo bagi kesehatan

Sawo dapat memberikan banyak hal positif bagi tubuh kita jika mengonsumsinya dalam takaran yang tepat. Berikut daftar manfaat buah sawo yang bisa kamu nikmati khasiatnya: 1. Meningkatkan Energi Kandungan fruktosa dan sukrosa alami pada sawo dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh. Jika sehari-hari kamu sibuk dan jadwal padat seharian penuh, mengonsumsi buah sawo bisa menjadi solusi sebagai penambah energi. 2. Kaya Akan Antioksidan Seperti halnya kebanyakan buah, sawo juga mengandung banyak antioksidan yang berperan sebagai penangkal beberapa jenis kanker tertentu.

Salah satunya adalah menghindari kanker mulut. 3. Mendukung Imunitas Tubuh Salah satu vitamin yang banyak terkandung dalam sawo adalah vitamin C. Di mana seperti diketahui bahwa vitamin ini adalah faktor penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin C dalam sawo juga berperan sebagai penangkal radikal bebas yang bisa kapan saja mengancam sel dalam tubuh. 4. Menjaga Kesehatan Mata Tak hanya kaya akan vitamin C, sawo juga mengandung vitamin A dalam jumlah banyak.

Sehingga mengonsumsinya bisa mendukung kesehatan indra penghlihatan kita. Dengan begitu, manfaat sawo yang satu ini mampu meminimalisir penurunan kesehatan mata seiring bertambahnya usia. 5. Bersifat Antiperadangan Sawo memiliki kandungan tanin tinggi yang berfungsi sebagai antiinflamasi atau peradangan dalam tubuh. Peradangan sendiri telah diketahui dapat menyebabkan beberapa penyakit serius, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit manfaat buah sawo bagi kesehatan.

Konsumsi sawo secara teratur dapat mengurangi kedua penyakit berbahaya ini. Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya! Baca Juga: Manfaat Duku: Obati Cacingan hingga Antimalaria 6. Mengatasi Sembelit Berkat kandungan serat yang manfaat buah sawo bagi kesehatan, khasiat sawo juga bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit. Karena serat yang terkandung di dalamnya bisa berperan sebagai pencahar alami. 7. Melindungi Lambung dan Usus Tak hanya ampuh untuk mengatasi sembeli.

Tapi kandungan sawo juga mampu melindungi organ pencernaan lain, seperti lambung dan usus. Zat seperti tanin dan polifenol dalam sapodilla mampu menetralkan asam berlebih di lambung. Sementara itu, serat sawo juga dapat melindungi usus besar dari pengendapan racun. 8. Mengontrol Tekanan Darah Buah sawo juga bermanfaat sebagai pengontrol tekanan darah. Magnesium dalam sawo dipercaya dapat menjaga pembuluh darah tetap aktif.

Sementara kandungan potasium dalam sawo mampu mengatur tekanan dan sirkulasi darah agar tetap dalam kondisi normal.

9. Mencegah Anemia Zat besi adalah zat yang berparan untuk mencegah penyakit kurang darah alias anemia. Di mana zat besi sendiri adalah salah satu kandungan melimpah yang bisa kamu temukan dalam buah sawo.

10. Ampuh Meredakan Stres Selain hiburan atau aktivitas refreshing, kamu bisa bisa menghalau stres dengan cara mengonsumsi buah. Salah satu yang ampuh meredakan kadar stres tubuh adalah sawo. Kekebalan tubuh akan meningkat seiring dengan stres yang berkurang setelah kita mengonsumsi buah bernama lain Manilkara zapota ini.

11. Mendukung Program Diet Salah satu syarat wajib konsumsi buah dalam program diet adalah buah tersebut harus kaya akan kandungan serat. Di mana sawo bisa memenuhi kriteria ini. Dengan serat tinggi, manfaat sawo juga efektif untuk mengurangi keinginan ngemil. Karena kamu akan merasa kenyang lebih lama dan menghindari peningkatan glukosa dalam darah. Baca Juga: Manfaat Belimbing Wuluh: ‘Si Mungil’ Ampuh Obati Batuk? Cara Konsumsi Sawo Sumber Gambar: Things Guyana Bagi yang belum pernah makan sawo, mungkin akan sedikit kebingunan untuk mengonsumsi buah berwarna kecokelatan ini.

Sepertinya cara menikmati sawo paling enak adalah memakannya secara langsung. Untuk menikmati daging buahnya yang lezat, ambil dan cuci bersih sawo yang telah matang. Potong menjadi dua bagian. Lalu, belah masing-masing menjadi dua bagian lagi. Buang biji buahnya, kemudian kamu bisa dengan mudah melahap dagingnya. Baca Juga: Manfaat Pisang: Buah ‘Merakyat’ yang Kaya Khasiat Meski enak dimakan dan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh.

Yang perlu diingat adalah jangan mengonsumsi buah sawo terlalu banyak. Karena malah dapat meningkatkan berat badan.

Merdeka.com - Manfaat buah sawo acap kali tak disadari saat dikonsumsi. Manfaat luar biasanya bagi tubuh, tak perlu diragukan lagi, hingga diketahui sangat baik bagi ibu hami. Sawo merupakan buah dari tumbuhan famili Sapotaceae, berwarna coklat dan rasanya manis, menyerupai bentuk telur. Buah sawo termasuk dalam tropical fruit yang populer, seperti mangga, pisang, dan nangka.

Pemilik nama ilmiah Manilkara zapota ini bisa tumbuh dengan cepat, tahan angin, serta mampu tumbuh meski menerima sedikit hujan hingga kekeringan. ©www.nhs.uk Dilansir dari Nutrition, buah sawo merupakan salah satu sumber serat makanan yang sangat baik. Dari 100 gram sawo mengandung sekitar 5,6 gram serat.

manfaat buah sawo bagi kesehatan

Selain serta, terdapat senyawa tanin yang cukup tinggi. Efek antiinflamasi dari tanin membantu membatasi kondisi seperti gastritis erosif, refluks esofagitis, radang usus, dan gangguan usus yang mengiritasi.

BACA JUGA: Seperti Jose Mujica, Soekarno pun tinggalkan istana naik VW tua Asyik pesta narkoba di kosan, 7 orang pemakai diringkus polisi Mengutip dari Liputan6, vitamin C pada buah sawo berperan dalam menghancurkan radikal bebas berbahaya. Sedangkan potasium, zat besi dan folat, niasin dan asam pantotenat, memfasilitasi berfungsinya sistem pencernaan yang baik. Cegah Sembelit Masih dari lansiran yang sama, manfaat buah sawo untuk kesehatan berasal dari vitamin dan serat.

Kandungan serat sawo membantu meredakan sembelit. Sehingga cocok sebagai pencahar alami yang baik. Selain itu, kandungan manfaat buah sawo bagi kesehatan bisa melancarkan BAB yang kurang lancar.

Sehingga mendukung membran usus besar dan tahan terhadap infeksi. BACA JUGA: Pengunjung Taat Protokol Kesehatan, Pemkot Pasuruan Sukses Gelar Event Harmonika Diserang Pasukan Milisi, 11 Tentara Mesir Tewas di Semenanjung Sinai Manfaat buah sawo untuk kesehatan berikutnya mampu mengatasi gangguan di lambung dan usus. Kandungan senyawa khusus, seperti tanin dan polifenol yang terbentuk secara alami, akan menetralkan asam dengan mengendapkan protein.

Serat baik buah sawo juga ikut membantu melindungi mukosa usus besar dari racun penyebab kanker. Dikutip dari Nutrition, studi penelitian menunjukkan bahwa tanin memiliki sifat astringent, dan terbukti memiliki potensi efek antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan anti-parasit.

Sifat anti-inflamasi tersebut mencegah masalah kesehatan seperti gastritis dan gangguan usus. Senyawa tanin dari sawo bisa digunakan untuk aplikasi yang berguna dalam pengobatan tradisional sebagai antidiare, hemostatik (menghentikan pendarahan) dan obat wasir.

BACA JUGA: Update Lalin Siang Ini: Ramai Manfaat buah sawo bagi kesehatan, Kalikangkung-Cikampek Ditempuh 5 Jam 50 Menit Teknologi Canggih di Balik Lancarnya Mudik Lebaran 2022 Siapa sangka ternyata di balik rasa lembut dan manis, manfaat buah sawo baik untuk meredakan stres. Dilansir dari Health benefits times, analisis penelitian menunjukkan bahwa Vitamin C membantu sistem kekebalan melemah yang disebabkan oleh stres. Stres telah menjadi masalah kesehatan umum yang bisa diatasi dengan asupan vitamin C yang cukup, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

manfaat buah sawo bagi kesehatan

Vitamin C terdapat pada buah sawo sekitar 39,33 persen. BACA JUGA: Potret Christian Sugiono & Titi Kamal Makan di Resto Tertinggi Dunia, Romantis Banget 'Kemacetan Saat Mudik Tak Bisa Dihindari, Namun Harus Dikendalikan' Sekitar 1000 milligram Vitamin C bisa membantu mencegah masuk angin. Selain itu, bukti menunjukkan bahwa sawo yang kaya vitamin C membantu mencegah kemungkinan infeksi paru-paru dan pneumonia.

Bantu Program Diet ©Istock Bagi Anda yang tengah menjalani program diet sehat, bisa diperoleh dari manfaat buah sawo dalam membantu menurunkan berat badan. Mengutip dari Health benefits times, buah sawo yang kaya serat membantu mengurangi keinginan ngemil. Sehingga mengurangi lonjakan glukosa darah yang menghasilkan lebih sedikit mengidam karbohidrat dan lebih sedikit penyimpanan lemak. Lalu membantu menghilangkan perut buncit.

Seseorang harus menambahkan makanan berprotein tinggi ke dalam diet penurunan berat badan. Mencegah Anemia ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/alexskopje Manfaat buah sawo untuk kesehatan selanjutnya ialah mencegah anemia yang disebabkan kekurangan manfaat buah sawo bagi kesehatan besi. Tubuh tidak akan dapat memproduksi hemoglobin dan mengangkut oksigen karena keberadaan zat besi yang tidak mencukupi.

Anemia banyak dijumpai pada anak-anak dan wanita menopause. Sehingga patut mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti buah sawo. Sehatkan Tekanan Darah Masih perihal darah, manfaat buah sawo untuk kesehatan baik dalam menjaga tekanan darah.

Dikutip dari Liputan6, magnesium dari buah sawo menjaga pembuluh darah tetap beroperasi. Serta kalium bertugas mengatur tekanan dan sirkulasi darah. Selain itu sawo dikenal karena sifat hemostatiknya, yakni menghentikan kehilangan darah. Menjaga Fungsi Otak ©2020 Merdeka.com/pixabay Manfaat buah sawo untuk kesehatan berikutnya baik dalam menjaga fungsi otak.

Otak membutuhkan oksigen untuk fungsi yang efisien. Zat besi membantu mengantarkan oksigen ke otak dan menghilangkan ingatan yang buruk dan mudah lesu. Melansir dari Health benefits times, manfaat buah sawo bagi kesehatan zat besi menyebabkan gelisah, mudah tersinggung dan lalai. Penelitian menunjukkan bahwa tembaga membantu galaktosa dan dopamin yang merupakan neurotransmiter penting untuk menjaga energi, suasana hati, pandangan dan fokus.

Sehatkan Tulang © scienceunraveled.com Manfaat buah sawo untuk kesehatan selanjutnya baik untuk menyehatkan tulang sebab kandungan kalsium yang berlimpah. Kalsium dipercaya mampu membantu memperkuat dan meningkatkan kualitas tulang. Tambahan kalsium, fosfor dan zat besi dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahan dan menguatkan tulang. Sehingga mendukung pertumbuhan tulang pada anak, menjaga gigi dari lubang, sendi lemah, serta mencegah osteoporosis.

Kurangi Arthritis Masih perihal kesehatan tulang, manfaat buah sawo ternyata baik dalam menghilangkan kekakuan dan nyeri yang berhubungan dengan artritis, berasal dari tembaga dengan sifat anti-inflamasinya. Kandungan dari buah sawo akan membantu memperkuat otot, menurunkan nyeri sendi dan memperbaiki jaringan ikat. Menyembuhkan Luka Melansir dari Health benefits times, penelitian menunjukkan bahwa Vitamin B5 mempercepat proses penyembuhan luka dan mengatasi reaksi kulit akibat terapi radiasi.

Sehingga manfaat buah sawo untuk kesehatan baik untuk mempercepat penyembuhan. Studi terbaru menunjukkan bahwa Vitamin B5 mempercepat proses penyembuhan dengan meningkatkan perbanyakan sel. Selain itu, buah sawo baik dalam memperlambat proses penuaan seperti bintik hitam dan kerutan. Menjaga Kecantikan Kulit ©©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Edyta Pawlowska Manfaat buah sawo selanjutnya baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Berasal dari kandungan vitamin C yang membantu manfaat buah sawo bagi kesehatan untuk mengusir radikal bebas. Dilansir dari Dokter sehat, buah sawo kaya akan antioksidan bernama polifenol yang bersifat antiperadangan, antiparasit, antivirus, serta antibakteri.

Menjaga Kesehatan Ginjal Masih dari lansiran yang sama, manfaat buah sawo untuk kesehatan baik juga dalam menjaga ginjal dengan cara menjadikannya lebih bersih. Senyawa kimia dari buah sawo akan membuang racun melalui peningkatan volume air seni. Proses tersebut membuat tubuh jadi lebih bersih dan sehat. Mendektoksifikasi Tubuh Manfaat buah sawo untuk kesehatan sebagai diuretik dan dengan demikian membantu menghilangkan bahan limbah dari tubuh atau detoksifiksi.

Dikutip dari Liputan6, buah sawo mencegah edema atau retensi air dengan mempertahankan konsentrasi air dalam tubuh. Selain kaya akan serat, vitamin A dan B, dan C, sawo juga dikemas dengan anti-oksidan. Adanya antioksidan polifenolik, sapota ditemukan memiliki beberapa sifat anti-virus, anti-parasit dan anti-bakteri. 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 3 Tak Terima Rekayasa Lalu Lintas, Pengguna Mobil Mewah Ini Berkata Kasar Kepada Polisi 4 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 5 Misteri Penembak Arief Rahman Hakim: Pengawal Presiden atau Polisi Militer Jakarta?

Selengkapnya
Manilkara zapota atau buah sawo adalah buah tropis yang umumnya mudah ditemukan di Indonesia. Sama seperti buah-buahan lainnya, buah sawo memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kaya akan mineral, manfaat buah sawo dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi buah sawo secara langsung. Apa saja manfaat buah sawo untuk kesehatan? Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai manfaat buah sawo yang telah Jovee rangkum berikut ini.

1. Menjaga kesehatan mata dan tingkatkan daya tahan tubuh Mengonsumsi buah sawo dalam takaran yang tepat dapat menjaga kesehatan mata sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat buah sawo yang satu ini diperoleh dari kandungan vitamin A dan C yang terkandung di dalamnya.

Vitamin A diketahui dapat mencegah timbulnya rabun senja dan dapat membantu memperlambat penurunan fungsi penglihatan yang berkaitan dengan usia. Sedangkan, vitamin C dikenal sebagai sumber antioksidan terbesar yang berperan vital dalam sistem kekebalan tubuh. 2. Meningkatkan energi Kandungan fruktosa dan sukrosa alami pada sawo dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh.

Fungsi zat ini adalah untuk membantu tubuh menghasilkan energi, menyimpan energi dalam bentuk glikogen, dan membentuk lemak dalam tubuh. Jika kamu memiliki aktivitas yang padat, kamu dapat mengonsumsi buah sawo sebagai penambah energi alami.

3. Sebagai anti-inflamasi Sawo memiliki kandungan tanin yang tinggi, berfungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan. Tanin dalam buah sawo bertindak seperti antioksidan yang dapat membantu menekan proses inflamasi dalam tubuh, sehingga nyeri dan pembengkakan dapat dikurangi. Selain itu, tanin juga merupakan anti bakteri yang kuat.

Tanin mampu melawan sejumlah patogen yang biasanya mengganggu sistem pencernaan. Bahkan, ketika dikombinasikan dengan antibiotik, tanin dapat melawan bakteri resisten antibiotik seperti Staphylococcus aureus (MRSA) yang resisten terhadap methicillin. Menurut laporan dari Molecular Nutrition & Food Research, tanin juga dapat menghentikan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori, yang merupakan salah satu penyebab paling umum dari sakit maag.

4. Melindungi sistem pencernaan Manfaat buah sawo lainnya yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan di usus. Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo akan memudahkan kerja usus dalam mencerna makanan. Serat membantu bakteri baik dalam sistem pencernaan bekerja dengan baik. Dengan mengonsumsi buah sawo, kamu bisa terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit. 5. Baik untuk kesehatan tulang Sawo merupakan sumber mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Mineral ini merupakan sumber utama yang dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahannya.

Dengan demikian, buah sawo bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan dan memperkuat tulang. Selain itu, buah sawo juga mengandung tembaga yang penting untuk pertumbuhan tulang dan otot.

Kekurangan tembaga meningkatkan kemungkinan osteoporosis, kelemahan otot, kerusakan, dan sendi yang lemah. Studi menunjukkan bahwa asupan tembaga dengan mangan, seng, dan kalsium yang cukup memperlambat keropos tulang.

Untuk memenuhi asupan kalsium yang cukup, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen khusus untuk kesehatan tulang seperti Bio Calci 72- Suplemen Vitamin Tulang (Rp68.950). 6. Mengontrol tekanan darah Manfaat buah sawo lainnya adalah sebagai pengontrol tekanan darah. Salah satu penyebab naiknya tekanan darah adalah konsumsi sodium yang berlebihan.

Kandungan kalium dalam buah sawo dapat menyerap sodium dalam sistem pencernaan dan membuangnya melalui urin. Sehingga, sodium tidak terserap oleh tubuh dan tekanan darah tetap terjaga. Studi lainnya juga menunjukkan bahwa kekurangan kalium dalam tubuh tidak hanya menaikkan tekanan darah, tetapi juga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

7. Mencegah risiko penyakit kanker Salah satu penyebab terjadinya kanker adalah karena adanya zat radikal bebas di dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu dalam mencegah dan melawan penyakit kanker, karena perannya sebagai pelindung sel-sel tubuh dari zat radikal bebas.

Buah sawo merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. Dengan kandungan yang kaya akan vitamin dan serat, mengkonsumsi buah sawo dipercaya dapat mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker mulut. 8. Baik dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui Ada banyak manfaat buah sawo bagi ibu hamil dan menyusui. Sarat dengan vitamin A, C, asam folat, B6, dan sumber karbohidrat sederhana yang baik, buah sawo membantu mengatasi mual di pagi hari dan pusing.

Vitamin C dalam buah sawo membantu penyerapan zat besi pada tubuh ibu hamil. Dengan tercukupinya kebutuhan zat besi, bumil dapat terhindar dari anemia. Hal ini sangat penting karena anemia dapat menyebabkan masalah pada kehamilan, seperti bayi yang lahir dengan berat badan rendah. Selain manfaat buah sawo di atas, kandungan asam folat dalam buah sawo juga membantu tumbuh kembang janin dan mencegah janin mengalami kecacatan.

manfaat buah sawo bagi kesehatan

9. Mengatasi anemia Anemia merupakan kondisi kesehatan yang umum terjadi pada wanita di usia reproduksi yang disebabkan karena kekurangan zat besi.

manfaat buah sawo bagi kesehatan

Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak mampu membuat hemoglobin sel darah merah yang mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh sel. Buah sawo yang sarat dengan zat besi dan tembaga dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dan mengobati anemia.

10. Menjaga kesehatan kulit Manfaat buah sawo yang jarang diketahui adalah buah sawo dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kaya akan vitamin esensial A, C dan B, buah sawo meremajakan sel-sel kulit baru dan mengunci kelembapan kulit dari dalam.

Kandungan flavonoid dan antioksidan dalam buah sawo mencegah rusaknya sel-sel kulit yang sehat, memudarkan keriput, garis-garis halus, memperlambat penuaan, dan meningkatkan warna kulit dan cahaya secara alami. Itulah manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan dan manfaat buah lainnya, kamu dapat unduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan juga rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan gaya hidup personalmu.

[1] https://voi.id/en/lifestyle/31461/6-benefits-of-consuming-sapodilla-fruit-for-body-health#:~:text=Rich%20in%20vitamins%20A%20and,radicals%2C%20and%20preventing%20heart%20problems. [2] https://unsplash.com/photos/LNkPyDMbQf8?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink [3] https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-a-benefits#TOC_TITLE_HDR_4 [4] https://www.everydayhealth.com/digestive-health/experts-why-is-fiber-important.aspx [5] https://www.world-today-news.com/sapodilla-tropical-fruit-has-many-benefits-one-of-which-is-anti-inflammatory/ [6] https://www.verywellhealth.com/how-does-potassium-affect-high-blood-pressure-4137331 [7] https://www.netmeds.com/health-library/post/sapodilla-sapota-health-benefits-nutrition-uses-recipes-and-side-effects Dengan Jovee, suplemen yang kamu pesan adalah hasil rekomendasi berdasarkan kebutuhan kamu.

Dengan menggunakan teknik machine learning, Jovee akan membantu kebutuhan suplemen kamu berdasarkan pertanyaan yang kamu jawab melalui aplikasi. Selain itu kamu juga tidak perlu repot untuk bertransaksi ulang karena di Jovee kamu bisa berlangganan. Dan jangan khawatir kamu bisa berhenti berlangganan kapan saja.
1.

Melancarkan Buang Air Besar Karena kandungan seratnya yang sangat tinggi, buah sawo bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Tidak hanya itu saja, ternyata buah yang berasal dari Amerika Tengah tersebut sering digunakan sebagai obat pencahar yang alami.

2. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah Manfaat buah sawo yang lainnya adalah membantu pembentukan sel darah merah. Ini manfaat buah sawo bagi kesehatan, karena buah tersebut banyak mengandung zat besi yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah. Oleh karena itu, bagi penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Lalu bagi ibu hamil juga wajib hukumnya memakan sawo, karena akan mengurangi rasa lemas akibat kekurangan darah.

3. Menjaga Kesehatan Tulang Buah yang memiliki rasa manis tersebut juga mempunyai manfaat yang lain seperti menjaga kesehatan tulang. Mengapa bisa begitu? Karena pada sawo terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang sangat bagus untuk tulang. 4.

manfaat buah sawo bagi kesehatan

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Sawo mengandung zat antioksidan dan juga vitamin C yang sangat tinggi, oleh karena itulah buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi orang yang mengonsumsinya.

5. Sebagai Sumber Energi Dengan banyaknya kalori atau karbohidrat yang terdapat dalam sawo, maka buah tersebut sangat cocok sebagai sumber energi. Memakan beberapa buah tersebut bisa membuat perut Anda kenyang dan aktivitas Anda pun tidak akan terganggu.

6. Sebagai Obat Pendarahan Kandungan kalium yang terdapat dalam buah manis ini juga bermanfaat sebagai obat pendarahan. Kalium sendiri berperan sebagai zat yang mampu menghentikan darah pada bagian tubuh yang luka. 7. Melembabkan Kulit Selain mencegah penuaan dini, sawo juga mempunyai manfaat yang lain bagi kesehatan kulit, yaitu bisa melembabkan kulit. Vitamin E yang ada di dalamnya bisa membuat kulit Anda terhindar dari busik dan tentu penampilan akan semakin menarik jika Anda rutin mengonsumsi buah yang satu ini.

8. Mengurangi Mual Pada Ibu Hamil Pada ibu hamil apalagi saat hamil muda maka intensitas mual dan muntah semakin meningkat, karena pengaruh hormon. Anda pun akan mengalami istilah morning sickness dan itu menjadi hal yang lumrah.

Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi buah sawo. Pasalnya kandungan vitamin B pada buah tersebut sangat ampuh mengurangi manfaat buah sawo bagi kesehatan dan muntah pada ibu hamil.

9. Mencegah Infeksi Lagi-lagi peran vitamin C dan zat antioksidan pada sawo sangat membantu kesehatan tubuh Anda. Serangan radikal bebas seketika akan mudah dikalahkan apabila tubuh Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi dan infeksi di dalam tubuh pun akan cepat tertangani.

Sebagai contoh, apabila Anda tidak sengaja terkena pisau maka luka Anda akan cepat menutup dengan sendirinya dan terhindar dari infeksi kuman. 10. Membantu Pertumbuhan Pada Anak Buah yang banyak mengandung vitamin, mineral, energi, serat dan kalsium seperti sawo maka akan membantu pertumbuhan pada anak.

Apabila anak-anak merasa bosan dengan makanannya mungkin menggantinya dengan buah sawo adalah ide yang baik. ? Sumber : 1. Semangun H. 2007. Tanaman Hortikultura di Indonesia. Edke-2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2. Buku Saku Buah Sawo. 2016. Direktorat Buah dan Florikultura, Kementerian Pertanian RI. 3. Rahma Ayu Priani, dkk. 2010. Deteksi dan Diferensiasi Virus Kerdil Pisang dengan Teknik PCR-RFLP. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia, Vol.

16, No. 1, 2010: 1?5. 4. https://alamtani.com/manfaat tanaman-sawo/ Penulis : Iman Priyadi, (Penyuluh Pertanian Balai Besar pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian) email : imanpriyadi@yahoo.co.idSawo adalah salah satu buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, termasuk Indonesia. Ada banyak manfaat sawo bagi kesehatan tubuh di balik cita rasanya yang manis, seperti menurunkan kadar gula darah dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Buah sawo umumnya dinikmati sebagai hidangan pencuci mulut karena teksturnya yang lembut serta rasa dan aromanya yang manis. Anda bisa mengonsumsi sawo dengan cara dimakan langsung atau dengan menjadikannya jus maupun selai.

Kandungan Nutrisi dalam Sawo Manfaat sawo bisa didapatkan dari beragam nutrisi yang dikandungnya. Dalam 1 buah sawo terkandung kurang lebih 140 kalori.

Selain itu, ada berbagai nutrisi lainnya yang juga bermanfaat bagi tubuh, yaitu: • Karbohidrat • Serat • Lemak • Mineral, seperti kalsium, potasium, magnesium, dan zat besi • Vitamin, termasuk vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6 Tidak hanya itu, buah sawo juga mengandung antioksidan, di antaranya adalah polifenol dan karotenoid. Beragam Manfaat Sawo bagi Kesehatan Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam sawo bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga untuk ibu hamil.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sawo: 1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan Dibandingkan dengan buah tropis yang lain, sawo memiliki kandungan serat yang lebih tinggi, bahkan lebih tinggi daripada apel. Berkat kandungan serat dan polifenolnya yang tinggi, sawo bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda. Selain dapat melancarkan buang air besar, kedua nutrisi ini berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan bakteri baik dan melawan bakteri yang dapat membahayakan pencernaan Anda, sehingga Anda terbebas dari berbagai masalah pencernaan, seperti irritable bowel syndrome dan penyakit Crohn.

2. Menurunkan kadar gula darah Kandungan polifenol yang tinggi dalam sawo dapat merangsang pengeluaran hormon insulin yang diperlukan tubuh untuk mengangkut gula dari aliran darah ke sel-sel dalam tubuh, sehingga kadar gula manfaat buah sawo bagi kesehatan menjadi turun. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2.

3. Melawan radikal bebas Sawo mengandung vitamin C yang juga memiliki sifat antioksidan. Antioksidan ini bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh guna melawan radikal bebas yang berisiko merusak sel-sel dalam tubuh dan memicu timbulnya berbagai penyakit serius. 4. Mencegah kanker Kandungan polifenol dalam sawo memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antikanker yang baik.

Jika dimakan secara teratur bersama dengan makanan sehat lainnya, kandungan polifenol dalam sawo dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. 5. Menjaga kesehatan jantung Kandungan karoten pada sawo diyakini berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini diduga berasal dari sifat antiinflamasi karoten yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, termasuk pada pembuluh darah jantung, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Walau ada banyak manfaat sawo bagi kesehatan, tubuh tetap membutuhkan berbagai macam nutrisi dari berbagai variasi makanan sehat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi beraneka ragam sumber nutrisi yang sehat, termasuk buah dan sayuran, guna memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dengan optimal.

Selain itu, perlu diketahui bahwa sawo mengandung protein yang bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang. Jadi, berhati-hatilah saat mengonsumsi buah ini untuk pertama kalinya.

Jika masih ragu atau memiliki pertanyaan terkait sawo dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, Manfaat buah sawo bagi kesehatan bisa mengonsultasikannya dengan dokter.
Breaking News • Pluang Aplikasi Investasi Online EMAS Tahun 2021 • 5 Aplikasi Kamera Tembus Pandang Android Terbaik Tahun 2021 • Aplikasi Cashfree Apk Penghasil Uang, Pulsa Dan Handphone Gratis • 5 Cara Kredit HP Di Shopee Lengkap dan Mudah ACC!

• 5 Cara Kredit Hp Di Lazada Lengkap dan Mudah! • 4 Cara Kredit HP Di Bukalapak, Dengan : Home Credit, Bukalapak, Kredivo, Alfamart dan Indomart • Cara Kredit Hp Di Tokopedia Dengan Dan Tanpa Kartu Kredit, Kredivo dan Akulaku • Cara Kredit Hp di Blibli Lengkap, Dengan Akulaku, Kredivo, Home Credit dan Kartu Kredit • Cara Kredit HP di Jd.Id Tanpa Kartu Kredit, Simak!

• 4 Cara Kredit HP Di Bhinneka Manfaat buah sawo bagi kesehatan Kartu Kredit, Simak! sumbersehat.com – Manfaat buah sawo bagi tubuh sangat banyak. Buah berwarna coklat dan manis ini cukup banyak digemari karena rasa dan juga manfaatnya yang luar biasa.

Sawo ini termasuk buah musiman, sehingga cukup sulit ditemukan jika sedang tidak musimnya. Namun, bila sudah musim panen, sawo bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket, bahkan di toko online.

Banyaknya manfaat buah sawo untuk kesehatan terkait dengan kandungan nutrisi dan zat di dalamnya. Di dalam buah sawo terkandung protein nabati, lemak sehat, karbohidrat, kalsium, fosfor serta kaya akan serat.

Selain itu juga terkandung beragam vitamin, seperti vitamin A, C, B1, dan E. Banyak sekali bukan? Nah, bagi Anda yang penasaran dengan khasiat sawo, simak penjelasan di bawah ini! Daftar Isi Halaman • Inilah Ragam Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan • 1. Manfaat Sawo Untuk Mencegah Anemia • 2.

Khasiat Buah Sawo Untuk Mengatasi Wasir dan Masalah Pencernaan • 3. Manfaat Sawo Untuk Kesehatan Mata • 4. Khasiat Sawo Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh • 5. Manfaat Sawo Untuk Kesehatan Ginjal • 6. Khasiat Buah Sawo Untuk Mengatasi Nyeri Otot • 7. Manfaat Sawo Untuk Mengatasi Stres • 8. Khasiat Buah Sawo Untuk Mengatasi Sariawan • 9. Manfaat Sawo Untuk Mengobati Batuk dan Pilek • 10.

Khasiat Buah Sawo Untuk Mencegah Tubuh Kekurangan Zat Besi • 11. Manfaat Sawo Untuk Tulang dan Gigi • 12. Khasiat Buah Sawo Manfaat buah sawo bagi kesehatan Menjaga Kesehatan Rongga Mulut • 13. Manfaat Sawo Untuk Menambah Energi Inilah Ragam Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Dari kandungan buah sawo yang luar biasa, mari simak ulasan berikut ini untuk daftar manfaat sawo bagi kesehatan: 1.

Manfaat Sawo Untuk Mencegah Anemia Khasiat buah sawo yang pertama, yaitu dapat mencegah terjadinya anemia. Menurut pakar kesehatan, ternyata buah sawo mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi berfungsi membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah dengan baik. Hal tersebut akan mencegah terjadinya anemia. Perempuan lebih berisiko mengalami masalah anemia ketika haid.

Sebaiknya saat menjelang atau setelah masa haid memperbanyak konsumsi buah sawo. Agar kebutuhan darah merah pada tubuh Anda tetap tercukupi.Nah, manfaat buah sawo untuk haid akan membantu Anda mencegah terjadinya anemia. 2. Khasiat Buah Sawo Untuk Mengatasi Wasir dan Masalah Pencernaan Manfaat buah sawo untuk pencernaan sudah dipercaya sejak lama. Hal tersebut karena buah sawo mengandung serat yang tinggi dan tanin yang mampu mengatasi peradangan dan infeksi akibat wasir.

Bagi Anda yang memiliki masalah wasir, ada baiknya mengonsumsi buah ini secara rutin. Selain itu, buah sawo juga dapat mencegah masalah sembelit dan kanker usus besar. Ternyata sangat besar manfaat buah ini untuk kesehatan pencernaan, bukan? 3. Manfaat Sawo Untuk Kesehatan Mata Buah sawo mengandung vitamin A yang tinggi. Kandungan vitamin A tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan mata. Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan mata, konsumsilah buah ini secara rutin.

Manfaat buah sawo untuk kesehatan mata akan membantu Anda menjaga mata agar berbagai penyakit mata. 4. Khasiat Sawo Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Khasiat buah sawo selanjutnya, yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang lemah dapat menyebabkan mudahnya tubuh terserang penyakit. Untuk menjaga agar tidak mudah sakit, Anda membutuhkan asupan sukrosa dan fruktosa. Buah sawo memiliki kandungan sumber sukrosa dan fruktosa alami yang mampu memberi energi bagi tubuh.

Buah sawo juga memberi efek dalam membantu tubuh menjadi tetap sehat dan tidak mudah sakit. Itulah manfaat buah sawo untuk daya tahan tubuh.

5. Manfaat Sawo Untuk Kesehatan Ginjal Selanjutnya, manfaat sawo adalah bisa membuat ginjal menjadi lebih bersih. Hal tersebut karena buah sawo mengandung senyawa kimia yang bekerja membuang racun dengan cara meningkatkan volume air seni. Proses ini dapat membuat tubuh menjadi bersih dan sehat. Manfaat buah sawo untuk ginjal dapat dirasakan dampaknya dalam jangka panjang.

Ginjal Anda akan terjaga kesehatannya serta terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. 6. Khasiat Buah Sawo Untuk Mengatasi Nyeri Otot Manfaat sawo selanjutnya, yaitu dapat manfaat buah sawo bagi kesehatan nyeri otot. Nyeri otot bisa terjadi akibat Anda bekerja secara ekstra. Dampaknya rasa nyeri terjadi pada otot kaki, tangan, punggung dan pinggang. Buah sawo mengandung bahan alami yang mampu mengurangi infeksi akibat bakteri dan virus. Bahan penting inilah yang mencegah otot tubuh menjadi mudah sakit dan membuat tubuh lebih sehat.

Jadi, itulah manfaat sawo untuk nyeri otot. 7. Manfaat Sawo Untuk Mengatasi Stres Tidak hanya untuk kesehatan fisik tapi buah sawo juga bagi psikis.Buah sawo dipercaya mampu meredakan stres, serangan insomnia dan serangan panik. Hal tersebut karena buah sawo memiliki kandungan obat penenang alami yang membuat tubuh dan sistem saraf menjadi rileks.

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah mudah merasa cemas, stres ataupun sulit tidur, sebaiknya coba mengonsumsi buah sawo. Karena Manfaat buah sawo untuk kesehatan psikis dan membantu Anda menjadi lebih rileks. 8. Khasiat Buah Sawo Untuk Mengatasi Sariawan Manfaat sawo juga bisa mengobati sariawan serta radang mulut.

Buah ini kaya akan vitamin A dan C, sehingga mampu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Hingga akhirnya, Anda tidak hanya terlindungi dari sariawan, namun juga lebih kebal terhadap serangan penyakit.

9. Manfaat Manfaat buah sawo bagi kesehatan Untuk Mengobati Batuk dan Pilek Manfaat buah sawo untuk daya tahan tubuh,dapat mencegah Anda terserang oleh virus influenza. Buah sawo juga mampu mengatasi batuk dan pilek yang Anda derita. Hal demikian karena buah ini mengandung zat anti-inflamasi yang membantu meredakan sesak dan produksi lendir. Beberapa ahli gizi menganjurkan untuk memasukkan buah sawo ke dalam menu sehari-hari. Karena khasiat buah sawo secara alami mampu mengobati virus flu dan demam.

manfaat buah sawo bagi kesehatan

Buah ini juga disarankan agar dikonsumsi oleh anak sebagai pencegahan dari demam dan flu. 10. Khasiat Buah Sawo Untuk Mencegah Tubuh Kekurangan Zat Besi Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan tubuh kelelahan kronis dan sakit kepala.

Hal ini karena kurangnya sel darah merah pada tubuh. Beberapa ahli gizi menyarankan buah sawo untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh.Manfaat buah sawo untuk memenuhi zat besi harian harus Anda coba. Adapun buah sawo mampu meningkatkan sel darah merah dan menghasilkan kadar hemoglobin yang diperlukan tubuh secara manfaat buah sawo bagi kesehatan. Begitu penting manfaat sawo bagi kesehatan tubuh, maka konsumsilah buah ini secara rutin.

11. Manfaat Sawo Untuk Tulang dan Gigi Selanjutnya, buah sawo berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat buah sawo untuk tulang dan gigi sama halnya seperti susu. Susu selalu diyakini untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Namun, ternyata kandungan yang dibutuhkan tulang dan gigi tidak hanya ada di dalam susu. Khasiat buah sawo untuk tulang dan gigi bisa menjadi alternatif bagi Anda yang alergi terhadap susu. Sebab buah sawo mengandung kalsium, fosfor dan zat besi yang dapat membuat tulang dan gigi menjadi lebih sehat dan kuat.

12. Khasiat Buah Sawo Untuk Menjaga Kesehatan Rongga Mulut Masalah rongga mulut seperti gusi berdarah, jangan pernah diabaikan. Meski terlihat sepele, namun bisa berakibat menjadi masalah kesehatan yang serius. Kurangnya perawatan pada mulut juga bisa menimbulkan masalah mulut kronis. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan. Anda harus tahu bahwa manfaat buah sawo untuk kesehatan mulut dapat dipercaya. Memasukkan buah sawo ke dalam menu harian, bisa menjadi solusi pencegahan terjadinya masalah mulut.

Selain itu, juga dapat mempertahankan berbagai masalah oral termasuk kerusakan gigi dan gigi berlubang. Manfaat sawo ini juga bisa Anda berikan pada anak, agar kesehatan giginya terjaga. 13. Manfaat Sawo Untuk Menambah Energi Manfaat buah sawo dalam menambah energi, yaitu sangat cocok untuk Anda yang banyak aktivitas. Buah ini diyakini dapat meningkatkan energi Anda sepanjang manfaat buah sawo bagi kesehatan.

Kualitas hidup Anda juga dipengaruhi oleh tingkat energi Anda. Anda membutuhkan energi yang cukup untuk melakukan segala aktifitas sehari-hari.

SEGUDANG MANFAAT BUAH SAWO BAGI KESEHATAN TUBUH#Buahsawo#manfaatsawo#buahsegar




2022 www.videocon.com