Apa isi teks laporan hasil percobaan

apa isi teks laporan hasil percobaan

tirto.id - Teks laporan percobaan biasanya dibuat oleh peneliti setelah melakukan sebuah penelitian/percobaan. Teks ini merupakan bentuk pertanggungjawaban peneliti atas penelitian yang ia lakukan. Teks laporan percobaan berisi semua proses penelitian/percobaan dan hasil yang didapat setelahnya. Melalui teks ini, orang lain dapat mempelajari percobaan yang dilakukan beserta hasil yang didapatkan.

Dengan demikian, percobaan/penelitian dapat berguna untuk menambah pengetahuan orang lain. Jurnal ilmiah, skripsi, dan tesis merupakan beberapa contoh teks laporan percobaan. Ketiga jenis teks tersebut berisi mengenai sebuah penelitian dan hasil yang didapat, misalnya mengetahui manfaat jahe bagi tubuh.

Struktur Teks Laporan Dilansir dari buku Explore Bahasa Indonesia Jilid 3 untuk SMP/MTs Kelas IX, terdapat struktur dasar yang perlu apa isi teks laporan hasil percobaan ketika menuliskan teks laporan percobaan.

Pertama, menuliskan tujuan melakukan percobaan. Tujuan percobaan biasanya dapat dilihat dari judul dan pendahuluan dalam teks laporan percobaan. Menuliskan tujuan percobaan membantu pembaca memahami percobaan yang dilakukan. Kedua, penjelasan alat dan bahan. Ketika menuliskan teks laporan percobaan, alat dan bahan harus dituliskan dengan lengkap. Hal ini berguna agar pembaca dapat mencoba percobaan yang dilakukan. Baca juga: • Teks Laporan Hasil Observasi: Contoh dan Fungsinya • Struktur dan Contoh Teks Cerita Sejarah • Pengertian dan Perbedaan Teks Ekplanasi dan Teks Eksposisi Ketiga, informasi langkah demi langkah yang dilakukan dalam percobaan.

Langkah-langkah yang dilakukan harus dituliskan agar pembaca teks laporan mengetahui dari mana hasil percobaan dapat terjadi. Keempat, menuliskan hasil dari percobaan yang dilakukan.

apa isi teks laporan hasil percobaan

Hasil percobaan merupakan jawaban atas pertanyaan besar dari sebuah percobaan/penelitian. Tujuannya, agar orang lain dapat mengetahui hasil percobaan perlu dituliskan. Hasil percobaan juga perlu dituliskan serinci mungkin dan tak boleh direkayasa. Jika hasilnya tak sesuai harapan, maka itulah yang dituliskan. Misalnya, dalam penelitian tentang manfaat jahe bagi tubuh manusia, hasil penelitian tersebut merupakan jawabannya, apa saja manfaatnya, kandungan apa yang bermanfaat.

Dan jika ternyata tidak berkhasiat, maka perlu dituliskan mengapa tidak berkhasiat, atau apa dampak buruk yang dihasilkan. Keempat hal di atas merupakan struktur dasar teks laporan percobaan. Dalam penelitian yang lebih sulit dilakukan seperti dalam teks skripsi, tesis, atau jurnal ilmiah, struktur penulisannya menjadi lebih kompleks. Namun, secara garis besar, struktur penulisan teks laporan percobaan pasti memuat empat hal di atas.

apa isi teks laporan hasil percobaan

Baca juga: • Jenis dan Contoh Teks Naratif Serta Pengertiannya • Teks Biografi: Struktur dan Kaidah Kebahasaan • Struktur Teks Ekplanasi dan Penjelasannya Contoh Teks Laporan Percobaan Berikut ini merupakan contoh teks laporan percobaan sederhana: Membuat Magnet Penjelasan ini akan memberikan tata cara membuat magnet dengan memanfaatkan arus listrik.

Alat dan bahan: • lima buah jarum, • kawat penghantar listrik, • dua buah baterai, • sebuah paku dengan panjang 5 cm. Langkah-langkah: • Melilitkan kawat pada paku, sisakan kawat di tiap ujung paku untuk ditempelkan pada baterai.

• Ujung kawat yang telah disiapkan ditempelkan pada baterai. Satu ujung ditempelkan pada kutub positif baterai, dan satu ujung lain pada kutub negatif baterai.

apa isi teks laporan hasil percobaan

• Dekatkan paku pada jarum yang telah disiapkan. Hasil percobaan: • Paku yang didekatkan pada jarum akan menarik jarum seperti magnet. Hal tersebut dapat terjadi karena paku telah dialiri listrik dari baterai dan menghasilkan efek elektromagnetik yang dapat menarik besi. Jakarta - Teks laporan percobaan berisi laporan yang menjelaskan tentang percobaan yang telah dilakukan.

Untuk memahaminya, detikers bisa simak contoh teks laporan percobaan berikut ini, ya! Percobaan atau eksperimen umumnya dilakukan untuk mencari jawaban atas pertanyaan.

Eksperimen membantu peneliti untuk mengenali hubungan sebab akibat pada suatu gejala atau menguji hipotesis. Percobaan dilakukan melalui serangkaian pengamatan dan proses yang sistematis.

Pengertian Teks Laporan Percobaan Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi laporan percobaan atau eksperimen.

Dikutip dari buku Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk SMP & MTs Kelas 3 oleh Dawud dkk, percobaan dilakukan dengan memberikan perlakuan terhadap suatu objek. Umumnya, teks laporan percobaan berisi tentang bahan, alat, proses, dan hasil percobaan. Bahan dan alat merupakan media dasar untuk melakukan percobaan.

Sementara itu, proses percobaan merupakan prosedur, tahap, atau langkah dalam memberi perlakuan terhadap objek yang diteliti. Teks laporan percobaan tidak jauh berbeda dengan teks laporan observasi. Perbedaan keduanya hanya terletak pada proses eksperimen yang dilakukan. Baca juga: Teks Laporan Percobaan: Pengertian dan Contoh Strukturnya Tujuan Teks Laporan Percobaan Teks laporan percobaan dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang seluruh proses percobaan yang dilakukan, mulai dari tujuan hingga kesimpulan.

Jadi, isi dari teks laporan percobaan dimulai dengan pemaparan tujuan, proses, sampai percobaan yang dibuat secara sistematis. Karakteristik Teks Laporan Percobaan Terdapat beberapa karakteristik atau ciri-ciri dalam sebuah teks laporan percobaan. Baik dari segi isi maupun kaidah kebahasaan yang digunakan. 1. Isi - Berisi laporan hasil percobaan yang sudah dilakukan. - Percobaan yang dilakukan adalah proses ilmiah untuk menguji teori atau hipotesis.

- Isi dari teks laporan percobaan selalu diawali dengan penjelasan tujuan percobaan. - Berisi penjelasan prosedur atau proses percobaan hingga penjelasan hasil percobaan. - Diakhiri dengan kesimpulan dari proses percobaan dengan mengacu pada hasil analisis yang telah dilakukan. 2. Kaidah Kebahasaan Berikut karakteristik dalam kaidah kebahasaan yang digunakan sebagaimana dikutip dari buku Materi Utama Bahasa Indonesia SMP oleh Hari Wibowo: - Menggunakan istilah ilmiah. - Banyak menggunakan kata kerja tindakan yang menyatakan langkah-langkah kegiatan (metode penelitian).

Contohnya: mengisi, mencampurkan, melakukan. - Menggambarkan benda-benda atau hewan dan lingkungan tertentu. - Menggunakan konjungsi penyebaran untuk menjelaskan alasan. Contohnya: karena, sebab, oleh karena itu. - Menggunakan gaya formal. - Menggunakan apa isi teks laporan hasil percobaan bermakna perincian. Contohnya: pertama, kedua, ketiga, selain itu. Struktur Teks Laporan Percobaan Secara umum, teks laporan percobaan terdiri dari 5 struktur.

Simak struktur berikut ini sebelum lanjut ke contoh teks laporan percobaan ya, detikers! 1. Penjelasan tujuan percobaan Bagian ini berisikan penjelasan tentang tujuan dari percobaan yang dilakukan. Di samping itu, detikers juga dapat menjelaskan mengapa percobaan dilakukan, teori atau materi apa yang akan dibuktikan, dan penjelasan lain tentang latar belakang proses percobaan tersebut. 2. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan Setelah itu, sebutkan apa saja alat dan bahan yang digunakan ketika melakukan percobaan tersebut.

3. Langkah percobaan Sebutkan dan jelaskan secara rinci proses atau langkah sistematis dalam proses percobaan yang kamu lakukan. 4. Hasil percobaan Dalam bagian ini, detikers dapat menjelaskan apa hasil yang diperoleh dari proses percobaan yang telah dilakukan.

Uraikan hasil percobaan secara mendetail, ya! 5. Kesimpulan Terakhir, buat kesimpulan dari seluruh proses percobaan yang kamu lakukan hingga ke hasil yang kamu peroleh. Kamu juga bisa buat kesimpulan apakah percobaan yang kamu lakukan membuktikan teori atau materi yang kamu jelaskan pada bagian awal untuk menegaskan kesimpulan dari proses dan hasil percobaan tersebut. Selain kelima struktur di atas, teks laporan percobaan juga diawali dengan penulisan judul untuk setiap percobaan yang dilakukan.

Contoh Teks Laporan Percobaan Dirangkum dari berbagai sumber, berikut contoh teks laporan percobaan: 1. Contoh Teks Laporan Percobaan Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makan/Minuman Judul: Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makan/Minuman Tujuan: Mengetahui kadar kandungan vitamin C yang terdapat dalam sampel makanan/minuman yang diuji. Alat dan bahan: - Jeruk nipis - Jambu merah - Tomat - Air - Amilum iodida (betadine) - Vitamin C tablet - Minuman sari buah - Pipet tetes - Tabung reaksi, dan - Mortar dan penumbuknya.

Langkah-langkah percobaan: 1. Bahan-bahan seperti jeruk nipis, jambu merah, dan tomat diambil ekstraknya, untuk vitamin C tablet dibuat larutan. 2. Tiap tabung reaksi diisi dengan amilum iodida sebanyak 1 ml lalu diberi tetes demi tetes ekstrak atau larutan bahan makanan tadi 3. Catat berapa tetes yang diperlukan agar larutan amilum iodida menjadi jernih.

Hasil: Diketahui bahwa semakin banyak jumlah tetesan yang diperlukan maka semakin sedikit kandungan vitamin C pada bahan makanan tersebut. Kesimpulan: Berdasarkan percobaan beberapa bahan makanan yang dicurigai mengandung Vitamin C, diketahui bahwa kandungan vitamin C dari buah jambu biji merah paling tinggi di antara apa isi teks laporan hasil percobaan makanan lain yang kami uji kadar vitamin C. Selain itu, diketahui bahwa kadar vitamin C dalam minuman sari buah yang dinyatakan mengandung 100% vitamin C, ternyata kadar vitamin C-nya hanya 11,8% atau tidak apa isi teks laporan hasil percobaan dengan informasi nilai gizi yang tercantum pada kemasan produk.

Perlu diketahui bahwa lebih baik mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin C, seperti jeruk nipis, tomat, dan jambu biji merah daripada bahan makanan yang telah tercampur dengan zat adiktif (buatan). 2. Contoh Teks Laporan Percobaan Menguji Kandungan Boraks dalam Makanan Judul: Percobaan Menguji Kandungan Boraks dalam Makanan Tujuan: Boraks merupakan kandungan garam Natrium Na2B4O7.10H2O yang sering digunakan dalam bahan industri non pangan seperti industri kertas, gelas, pengawet kayu, antiseptik dan masih banyak lagi.

Borak termasuk bahan beracun dan sangat berbahaya bagi manusia jika dikonsumsi. Alat dan bahan: - Pisau - Sampel bakso - Pipet tetes - Air kunyit - Mie - Kerupuk - Boraks Langkah-langkah percobaan: 1. Bakso dilumatkan lalu di angin-anginkan sebentar. 2.

apa isi teks laporan hasil percobaan

Kemudian tetesi bakso dengan air kunyit. 3. Tunggu beberapa saat, kurang lebih 5 menit.

apa isi teks laporan hasil percobaan

4. Amatilah perubahan warnanya. Lakukan juga cara yang sama terhadap makanan yang diduga mengandung boraks. Hasil: Bahan makanan jika ditetesi dengan air kunyit akan mengalami perubahan warna menjadi merah kecoklatan itu menandakan bahan makanan tersebut mengandung boraks. Kesimpulan: Bahan makanan jika ditetesi dengan air kunyit akan mengalami perubahan warna menjadi merah kecoklatan itu menandakan bahan makanan tersebut mengandung boraks.

Mengapa makanan tersebut berubah warna merah kecoklatan? Hal itu dikarenakan kunyit mengandung kurkumin, sedangkan boraks mempunyai sifat basa yang efeknya jika boraks kita campur dengan kurkumin maka akan menghasilkan senyawa baru yang biasa disebut dengan boro kurkumin yang mempunyai warna merah kecokelatan.

3. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Telur Asin Judul: Percobaan Membuat Telur Asin Tujuan: Telur asin adalah telur yang dibuat dari bebek yang sudah melalui proses pengasinan lebih dahulu. Telur asin mengandung banyak vitamin dan gizi,sehingga mengkonsumsi telur asin bisa bermanfaat bagi tubuh. Telur asin bisa dibuat dengan cara tradisional dan sangat mudah karena alat dan bahannya yang sederhana. Alat dan bahan: - Telur bebek - Abu gosok - Tanah liat - Garam - Ampelas Langkah-langkah percobaan: 1.

Cuci telur bebek hingga bersih, kemudian ampelas kulit telur sampai tipis. 2. Campurkan abu gosok, tanah liat, dan garam hingga merata. 3. Lapisi telur yang sudah diamplas menggunakan bahan campuran tadi. 4. Diamkan telur pada suhu ruang hingga 20 hari atau 3 minggu.

apa isi teks laporan hasil percobaan

Hasil: Telur bebek yang dibuat melewati proses pengasinan seperti di atas menghasilkan telur asin yang sempurna dan lezat. Telur asin ini sangat cocok dikonsumsi bersama nasi putih. Telur asin ini membuat varian konsumsi telur bebek jadi lebih banyak dan tidak begitu amis. Kesimpulan: Pembuatan telur asin di atas menghasilkan kandungan gizi yang cukup lengkap dan cocok dikonsumsi oleh segala usia.

Namun, bagi penderita darah tinggi tidak disarankan mengonsumsi telur asin karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Meskipun kandungan gizinya lengkap, tetapi telur asin tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak. 4. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Pelangi Judul: Percobaan Membuat Pelangi Tujuan: Untuk mengetahui proses terjadinya pelangi. Alat dan bahan: - Air - Kaca - Gunting - Ruang gelap - Senter Langkah-langkah percobaan: 1.

Letakkan gelas berisi air di atas meja dan tempatkan kaca ke dalam gelas secara serong.

apa isi teks laporan hasil percobaan

2. Buatlah ruangan benar-benar gelap. 3. Tutup semua tirai dan lubang yang memungkinkan cahaya masuk. 4. Sorotkan cahaya senter ke kaca dalam gelas. 5. Perhatikan pelangi yang muncul dari sudut kaca. 6. Sesuaikan sudut kaca semaumu. Hasil: Pelangi terbentuk ketika cahaya lampu senter dibiaskan saat melewati air di dalam gelas.

apa isi teks laporan hasil percobaan

Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat manusia, misalnya lampu senter. Cahaya memiliki sifat-sifat gelombang, diantaranya merambat lurus, menembus benda bening, dan dapat dibiaskan. Senter yang dinyalakan di tempat gelap akan tampak garis lurus cahaya. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya yang dihasilkan lampu senter tersebut merambat lurus.

Pada percobaan di atas terdapat 1 gelas berisi air bening, cahaya bisa diteruskan hingga menembus benda tersebut. Kesimpulan: Melalui percobaan membuat pelangi dengan senter dan gelas berisi air, kami mempelajari bahwa pelangi terjadi karena pembiasan cahaya yang terjadi melalui tetesan air. Hal ini dibuktikan lewat terbentuknya berkas pelangi ketika sinar dari senter menyentuh permukaan kaca yang diletakkan serong pada gelas berisi air.

5. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Tinta Tak Terlihat Judul: Percobaan Membuat Tinta Tak Terlihat Tujuan: Untuk membuat tinta pulpen agar tidak terlihat.

Alat dan bahan: - Lemon - Air - Sendok - Mangkuk - Cotton Bud - Kertas Putih - Lampu Bohlam Langkah-langkah percobaan: 1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.

2. Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok. 3. Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih. 4. Tunggu jus apa isi teks laporan hasil percobaan kering sehingga tidak terlihat.

5. Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu. Hasil: Setelah langkah di atas selesai kamu lakukan, kamu berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kamu dapat menyampaikan pesan rahasia ini kepada teman-teman mu dengan cara menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini merupakan salah satu reaksi kimia.

Kesimpulan Jus lemon adalah senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warnanya menjadi coklat ketika dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit untuk dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama adalah jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga dapat dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu. Itulah 5 contoh teks laporan percobaan. Semoga membantu!
Yahoo forma parte de la familia de marcas de Yahoo. Al hacer clic en « Aceptar todo» aceptas que Yahoo y nuestros socios guardarán y accederán a la información de tu dispositivo a través del uso de cookies y tecnologías similares y procesarán tus datos personales para que muestren contenido y anuncios personalizados, métricas de anuncios y contenidos, información sobre audiencias y desarrollo de productos.

Datos personales que podemos utilizar • Información sobre tu dispositivo y conexión a Internet, incluida tu dirección IP • Actividad de navegación y búsqueda al utilizar sitios web y aplicaciones de Yahoo • Ubicación precisa Puedes seleccionar ' Gestionar ajustes' para conocer más información sobre cómo gestionar tus opciones.

Puedes cambiar tus opciones en todo momento visitando Tus controles de privacidad. Para obtener más información sobre cómo utilizamos tus datos, consulta nuestra Política de privacidad y la Política de cookies. Haz clic aquí para obtener más información sobre nuestros socios. MENU • Home • SMP • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • IPS • IPA • SMA • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Sejarah • Geografi • Sosiologi • SMK • S1 • PSIT • PPB • PTI • E-Bisnis • UKPL • Basis Data • Manajemen • Riset Operasi • Sistem Operasi • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • Agama • Bahasa Indonesia • Matematika • S2 • Umum • (About Me) Laporan adalah suatu bentuk hasil dari sebuah pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil yang diperoleh tersebut kepada orang banyak.

Berdasarkan pengertian tersebut, teks aporan adalah sebuah bentuk tulisan yang memaparkan suatu fenomena hasil dari pengamatan kepada para pembacanya.

Teks laporan juga sering disebut dengan teks klasifikasi. Hal ini dikarenakan teks ini mengklasifikasikan sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Teks ini hampir sama dengan teks deskripsi, namun yang membedakan adalah sifatnya. Jika teks deskripsi membicarakan hal-hal khusus, teks laporan membicarakan fenomena atau hal umum yang lebih luas. 5.3. Sebarkan ini: Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi paparan tentang tujuan, proses, dan hasil percobaan.

Teks laporan percobaan merupakan teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Teks laporan percobaan umumnya digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Tujuan teks laporan hasil percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil percobaan yang telah dibuat. Teks laporan hasil percobaan bersifat umum atau universal.

Struktur Isi Teks Laporan Percobaan Dibawah ini merupakan struktur teks laporan percobaan diantaranya adalah sebagai berikut : • Judul. • Tujuan. • Bahan dan alat. • Langkah-langkah kegiatan. • Hasil percobaan. • Simpulan.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Percobaan Dibawah ini merupakan beberapa ciri-ciri teks laporan hasil percobaan adalah sebagai berikut : • Melaporkan hasil apa isi teks laporan hasil percobaan. • Percobaan ilmiah dilakukan guna menguji sesuatu. • Teks laporan percobaan diawali dengan memaparkan tujuan percobaan. • Memaparkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melasanakan percobaan.

• Memaparkan prosedur melaksanakan percobaan dan melakukan pengamatan. • Memaparkan pencatatan hasil percobaan. • Diakhir laporan diaparkan simpulan hasil percobaan berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil pengamatan. • Harus mengandung fakta • bersifat objektif • harus ditulis sempurna dan lengkap • tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan • disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis.

apa isi teks laporan hasil percobaan

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan • Menggunakan Sinonim dan Antonim Umumnya pada teks laporan percobaan terdapat kata yang bersinonim dan kata yang berantonim. Sinonim merupakan persamaan kata, sedangkan antonim merupakan lawan kata. Pada teks laporan percobaan, sinonim dan antonim biasanya terdapat pada bagian langkah-langkan percobaan. • Menggunakan Kata Bilangan Kata bilangan pada teks laporan percobaan menunjukan jumlah bahan yang digunakan dalam percobaan.

• Menggunakan Kalimat Perintah Contoh kalimat perintah pada teks laporan percobaan diantaranya adalah siapkan, aduklah, hindari, tambahkan, tuangkan, sebaiknya, cmpurkan, dan lain sebagainya. • Menggunakan Kata Hubung Selain menggunakan kata perintah, teks laporan percobaan juga menggunakan kata hubung. Cotoh kata hubung dalam teks laporan percobaan diantaranya adalah dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dan lainnya.

Cara Membuat Teks Laporan Percobaan Setelah selesai melakukan percobaan, kalian tentu ditugaskan untuk menuliskan hasilnya ke dalam teks laporan percobaan. Yuk, pelajari cara membuat teks laporan percobaan. • 1. Menulis Struktur dari Apa isi teks laporan hasil percobaan Laporan Percobaan Langkah pertama dalam membuat teks laporan percobaan ialah terlebih dahulu dengan cara membuat struktur teks laporan percobaan.

Langkah ini bisa dimulai dari : • Menulis judul • Tujuan percobaan • Alat serta bahan yang dipakai • Dan langkah awal sampai akhir percobaan. • 2. Tulislah hasil dari percobaan ke dalam bentuk grafik, tabel, bagan atau gambar agar pembaca lebih mudah dalam memahami hasilnya. Sesudah semuanya selesai, selanjutnya tulislah kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan. • 3. Mengembangkan Kerangka jadi Sebuah Teks Sesuah menyelesaikan kerangka tersebut, lalu kembangkanlah jadi sebuah teks.

Jangan lupa pula untuk memerhatikan kaidah dari kebahasaannya yang dipakai supaya teks percobaan ini mudah dipahami oleh pembaca. Tujuan Teks Laporan Percobaan • Memberitahukan atau menjelaskan laporan pertanggung jawaban dari sebuah tugas atau kegiatan pengamatan (observasi). • Memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan. • Menjadikan sumber informasi yang akurat dan terpercaya karena disusun berdasarkan dengan data dan fakta.

• Menjadikan sarana untuk mendokumentasikan hasil kegiatan observasi. Contoh Teks Laporan Percobaan dan Strukturnya Dibawah ini merupakan salah satu contoh teks laporan percobaan. Membuat Slime Tanpa Boraks Tujuan : Tujuan dari pembuatan slime tanpa boraks ini adalah agar menjadi lebih kreatif dan mampu berinovasi dalam berkreativitas.

Cara membuat slime ini cukup mudah sekali serta tidak memakan banyak biaya. Alat dan Bahan : • Lem povinal secukupnya.

• Deterjen bubuk secukupnya. • Deterjen cair secukupnya. • Pembersih lantai secukupnya. • Air secukupnya. • Alat pengaduk (mixer, sendok, atau tangan). • Wadah tempat slime (baskom atau yang lainnya). Langkah-Langkah : • Mula-mula, campurkan terlebih dahulu lem povinal, pembersih lantai, deterjen cair, deterjen bubuk, dan air secukupnya saja ke dalam wadah slime.

Campuran ini disebut dengan activator. • Aduklah campuran tersebut sampai merata. • Kemudian tambahkan lem povinal kedalam campuran activator. • Aduk lagi hingga struktur atau bentuknya menggumpal. • Masukkan ke dalam freezer selama lima sampai sepuluh menit.

• Setelah itu, keluarkan adonan tersebut dari freezer. • Aduk lagi sampai bisa dimainkan. • Slime tanpa boraks pun sudah dapat dimainkan. Hasil : Setelah melakukan percobaan ini, kita dapat mempunyai slime yang aman digunakan tanpa menggunakan boraks. Saat ini, slime tanpa boraks sangat populer dikalangan anak-anak dan remaja. Kesimpulan : Dengan membuat sendiri slime tanpa boraks, kreativitas serta pengetahuan kita menjadi bertambah.

Selain itu, slime tanpa boraks ini biayanya cukup murah dan terjangkau. Slime ini juga aman apabila terkena kulit apa isi teks laporan hasil percobaan tidak mengandung boraks. Membuat Tinta Tidak Terlihat Tinta pada umumnya yang kita gunakan bersifat terlihat, misalnya pulpen untuk menulis buku. Nah pernahkah kamu menemukan tinta yang tidak terlihat ?

Kedengarannya sangat unik bukan ? Kamu dapat membuat tinta tidak terlihat dengan bahan-bahan yang sangat mudah untuk di dapat, untuk menyampaikan pesan rahasia kepada seseorang misalnya.

Alat dan Bahan • Lemon • Air • Sendok • Mangkuk • Cotton Bud • Kertas Putih • Lampu Bohlam Langkah-Langkah Membuatnya • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut. • Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok. • Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih.

• Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat. • Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu. Hasil Setelah langkah diatas selesai kamu laukan, kamu berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kamu dapat menyampaikan pesan rahasia ini kepada teman-teman mu dengan cara menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini merupakan salah satu reaksi kimia.

Kesimpulan Jus lemon adalah senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warnanya menjadi cokelat ketika dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit untuk dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama adalah jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga dapat dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu. Membuat Taplak Meja Taplak meja kadang digunakan untuk menghias meja dan paling banyak tersedia di sejumlah toko dengan harga yang lumayan.

Namun, apa kalian pernah berfikir untuk membuat sebuah taplak meja sendiri? Sebenarnya, kalian bisa saja membuat taplak meja sendiri yang biayanya malah relatif lebih murah. 2. Tujuan Pembuatan taplak meja ini bertujuan supaya kita bisa memanfaatkan sejumlah barang bekas yang ada disekitar kita. Jadi, akan lebih bernilai serta bermanfaat. 3. Alat dan Bahan : • 2 meter kain perca • Jarum & benang • Pensil, gunting, & kertas • Jangka 4. Langkah-Langkah Membuatnya : • Buatlah sebuah sketsa gambar terlebih dulu di kertas dengan memakai jangka berdiameter 8 cm, lalu gunting sesuai pada pola jangka tersebut.

• Tempelkan pada apa isi teks laporan hasil percobaan perca kemudian jiplak polanya & gunting kain percanya. Ulang hingga 60 bulatan • Jahit pinggirnya kemudian tarik lalu di tali. Ulang sampai 60 bulatan. • Langkah berikutnya, rangkaikan bulatan satu dan bulatan yang lain lalu bentuk pola mirip dengan taplak meja. • Sesudah membentuk sebuah pola seperti yang kamu inginkan, jahit bulatan satu dan yang lainnya. • Kemudian sesudah selesai membentuk taplak meja, maka kamu bisa merapihkan jahitan tersebut agar terlihat lebih indah.

5. Hasil Jadilah sebuah taplak meja dengan beberapa kreasi tangan kamu sendiri. Sekarang kamu bisa meletakkan taplak meja tadi di meja ruang makan maupun bisa juga di meja ruang tamu.

Kamu bisa mengembangkannya sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan. 6. Kesimpulan Membuat taplak meja tersebut tidaklah sulit, namun kamu juga harus sabar dan telaten serta ulet dalam proses pengerjaannya.

Sehingga, hal ini akan mengasah dan mengembangkan sebuah keterampilan yang kalian miliki, sekaligus kamu juga dapat menghemat biaya serta bisa menambah keuntungan bila kamu memanfaatkannya menjadi peluang usaha. Membuat Kayu Bekas Bisa Menjadi Kotak Pensil Kayu adalah bahan yang mempunyai nilai atau harga yang tinggi untuk digunakan secara biasa atau apa isi teks laporan hasil percobaan dalam produksi atau pemakaian; barang rusak atau cacat selama manufaktur; atau materi berlebihan atau buangan.

(Kamus Istilah Lingkungan, 1994) Kesenian dari barang bekas adalah salah satu jenis hasil karya seni oleh individu ataupun kelompok dimana bahan-bahannya terdiri dari barang-barang bekas.

apa isi teks laporan hasil percobaan

Kesenian barang bekas pertama kali dikenalkan oleh Wensislaus Makur, seorang kelahiran Flores. Beliau merupakan bekas buruh bangunan di Bali. Wensislaus Makur membuat tas unik dari sampah karung plastik beras, sampai menembus pasar konsumen di Eropa. Kerajinan kayu merupakan bahan kemasan yang digunakan untuk melindungi suatu produk selama distribusi dari produsen ke konsumen.

Kayu ini terbuat dari bahan alami yang diketahui tidak mudah sekali mengalami kerusakan. Walaupun begitu, kayu yang berserakan tetap saja dapat menimbulkan masalah yang dapat menganggu apa isi teks laporan hasil percobaan dan keindahan lingkungan. Di Indonesia pemanfaatan kayu masih belum dilakukan dengan optimal.

Padahal kayu yang sudah tidak terpakai tersebut dapat dimanfaatkan kembali melalui proses daur ulang. Usaha dengan bahan baku barang bekas masih sangat minim ditemukan, padahal barang bekas yang kita temui sehari-hari sebenarnya masih dapat digunakan kembali. Banyak sekali orang yang memandang sebelah mata pemakaian barang yang terbuat dari barang bekas ini dapat mengurangi timbunan sampah, namun sesuatu yang besar tidak mungkin terjadi tanpa sesuatu yang kecil kan?

Oleh karena itu, kerajinan dari barang bekas ini tergolong bisnis yang cukup menggiurkan. Peminat produk barang bekas sebenarnya cukup banyak karena mereka ingin dapat berpartisipasi dalam mengurangi sampah. Bisnis kerajinan dari bahan bekas ini tidak perlu modal besar karena hanya membutuhkan barang bekas sebagai bahan serta kreatifitas yang tinggi. Usaha kesenian dari barang bekas ini merupakan kategori dalam menjual keahlian, sehingga yang diperlukan kreativitas untuk merancang kesenian tersebut.

Selain itu, tidak mudah menjadi pengusaha produk ini, karena harus dapat membaca situasi lingkungan eksternal. Hal ini adalah kunci pokok untuk berhasil. Kesenian dari barang bekas digolongkan dalam alternatif mencari penghasilan tambahan dengan membuka usaha sendiri.

Akan tetapi diperlukan pengorbanan waktu, tenaga, dan biaya apabila ternyata sistem yang dibangun gagal. Alat dan Bahan • Beberapa Ranting kayu • Lem kayu • karton bekas tempat tisu berbentuk tabung atau balok • Triplek • Palu • paku Kecil Langkah – Langkah Membuat Tempat Pensil Dari Kayu • Potong-potong ranting kayu dengan panjang kurang lebih 10-15 cm. buatlah potongan kayu dengan banyak • Lem semua permukaan kartoon bekas tisu • Letakkan potongan kayu di seluruh permukaan tabung kartoon secara vertical.usahkan rapat dan menempel kuat.

• Buatlah tatakan dari papan kayu sebagai dasar dengan palu • Warnai sesuka hati Hasil Dengan melakukan tahapan di atas alhasil kotak pensi dari kayu selesai dibuat dan bisa digunakan untuk menyimpan pensil, pena, penghapus dan alat tulis lain agar tidak berantakan. Kesimpulan Kotak pensil ini lebih hemat daripada apa isi teks laporan hasil percobaan pensil yang kita beli di toko maupun di pasar, kerajinan ini juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha bagi yang ingin mendalaminya.

Demikian materi Teks Laporan Percobaan yang diharapkan bermanfaat bagi Anda sahabat guru pendidikan. Baca Juga : • Materi Teks Tantangan • Teks Cerita Fantasi : Materi, Contoh, Struktur, Unsur, Ciri • Materi Teks Eksemplum • Contoh Teks Negosiasi • Materi Teks Deskripsi • Materi Teks Berita • Teks Laporan Hasil Observasi • Teks Cerita Inspirasi Sebarkan ini: • • • • • Posting pada Bahasa Indonesia, S1, S2, SMA, SMP, Umum Ditag 20 contoh teks laporan percobaan, apa tujuan menelaah teks, bagaimana cara merevisi teks, bagaimana penyajian teks laporan percobaan, bagaimana teks laporan percobaan yang ideal, berikut bentuk teks rekaman percobaan kecuali, cara menemukan makna dalam teks, cara menentukan makna dalam teks, cara menyusun teks laporan percobaan, ciri ciri teks laporan percobaan, contoh laporan percobaan ipa, contoh model laporan percobaan, contoh soal teks laporan percobaan, contoh teks laporan pengamatan, contoh teks laporan percobaan atau eksperimen, contoh teks laporan percobaan brainly, contoh teks laporan percobaan ilmiah, contoh teks laporan percobaan kelas 9, contoh teks laporan percobaan lengkap, contoh teks laporan percobaan membuat nasi goreng, contoh teks laporan percobaan membuat pelangi, contoh teks laporan percobaan membuat tape, contoh teks laporan percobaan singkat, contoh teks laporan percobaan tentang kerajinan, contoh teks laporan percobaan tentang makanan, contoh teks laporan percobaan tentang makanan dan minuman, contoh teks laporan percobaan tentang tumbuhan, contoh teks percobaan membuat lampion, contoh teks rekaman percobaan biologi, dalam teks laporan percobaan tidak terdapat, fungsi teks laporan, jelaskan yang dimaksud kata hubung, kaidah kebahasaan teks laporan percobaan, kegiatan 1 mencermati struktur teks laporan, kegunaan teks laporan percobaan, kesimpulan adalah, menyimpulkan informasi laporan percobaan, pembahasan adalah, pengertian teks laporan percobaan, rpp teks laporan percobaan, sebutkan fungsi teks laporan percobaan, sebutkan ragam bentuk laporan percobaan, sifat teks laporan percobaan yaitu, struktur laporan percobaan, struktur teks laporan, teks laporan percobaan ppt, teks rekaman percobaan membuat nasi goreng, tujuan dari kegiatan menyimpulkan adalah, tujuan teks laporan percobaan, tuliskan struktur teks laporan percobaan Navigasi pos Pos-pos Terbaru • Penjelasan Ciri-Ciri Clostridium Tetani Dalam Biologi • Penjelasan Ciri-Ciri Bacillus Anthracis Dalam Biologi • Penjelasan Ciri-Ciri Helicobacter Pylori Dalam Biologi • Pengertian Kata Berimbuhan • Pengertian Coelentarata – Ciri, Habitat, Reproduksi, Klasifikasi, Cara Hidup, Peranan • Pengertian Gerakan Antagonistic – Macam, Sinergis, Tingkat, Anatomi, Struktur, Contoh • Pengertian Dinoflagellata – Ciri, Klasifikasi, Toksisitas, Macam, Fenomena, Contoh, Para Ahli • Pengertian Myxomycota – Ciri, Siklus, Klasifikasi, Susunan Tubuh, Daur Hidup, Contoh • “Panjang Usus” Definisi & ( Jenis – Fungsi – Menjaga ) • Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peran Dan Fungsinya • Contoh Soal Psikotes • Contoh CV Lamaran Kerja • Rukun Shalat • Kunci Jawaban Brain Out • Teks Eksplanasi • Teks Eksposisi • Teks Deskripsi • Teks Prosedur • Contoh Gurindam • Contoh Kata Pengantar • Contoh Teks Negosiasi • Alat Musik Ritmis • Tabel Periodik • Niat Mandi Wajib • Teks Laporan Hasil Observasi • Contoh Makalah • Alight Motion Pro • Alat Musik Melodis • 21 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran • 69 Contoh Teks Anekdot • Proposal • Gb WhatsApp • Contoh Daftar Riwayat Hidup • Naskah Drama • Memphisthemusical.Com
none
Jakarta - Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, teks laporan percobaan adalah laporan hasil dari suatu percobaan yang sudah dilakukan, detikers.

Percobaan sendiri umumnya dilakukan dengan tujuan untuk memahami sesuatu lewat pengamatan (observasi) atau eksperimen. Eksperimen sendiri dilakukan untuk membantu peneliti dalam mengenali adanya hubungan sebab-akibat pada suatu gejala. Kalau kamu melakukan eksperimen atau percobaan seperti di dalam laboratorium atau kelas, biasanya guru akan memintamu membuat laporan dalam bentuk teks.

Nah, inilah yang dimaksud sebagai teks laporan percobaan. Baca juga: Mengenal Mengenai Teks Laporan Hasil Observasi Yang membedakan antara teks laporan percobaan dan teks laporan observasi hanya proses eksperimennya. Kalau detikers melakukan percobaan dan bukannya observasi, teks laporan percobaan lah yang kamu buat.

Pengertian dan Tujuan Teks Laporan Percobaan Pembuatan teks laporan percobaan ini dilakukan oleh siapa saja yang terlibat dalam percobaan. Jadi, kamu tidak hanya bisa melihat teks laporan percobaan untuk laporan percobaan di kelas atau laporan praktikum. Di dalam lab-lab besar di luar sana, para ilmuwan yang terlibat dalam eksperimen juga harus membuat teks laporan ini, detikers.

Nah, tujuan dari pembuatan laporan percobaan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai seluruh proses percobaan yang dilakukan, termasuk hasilnya. Jadi, isi dari teks laporan apa isi teks laporan hasil percobaan dimulai dengan pemaparan tujuan, proses, sampai percobaan yang dibuat secara sistematis. Karakteristik Teks Laporan Percobaan Baca juga: Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya Di dalam sebuah teks laporan hasil percobaan, ada beberapa karakteristik atau ciri yang wajib kamu ketahui.

Apa saja? 1. Berisi laporan hasil percobaan yang sudah dilakukan. 2. Percobaan yang dilakukan adalah proses ilmiah untuk menguji teori atau hipotesis. 3. Isi dari teks laporan percobaan selalu diawali dengan penjelasan tujuan percobaan. 4. Berisi penjelasan prosedur atau proses percobaan hingga penjelasan hasil percobaan. 5. Diakhiri dengan kesimpulan dari proses percobaan dengan mengacu pada hasil analisis yang telah dilakukan.

Struktur Teks Laporan Percobaan detikers, apakah kamu masih cukup kebingungan dengan apa isi dari teks laporan percobaan yang perlu kamu buat? Untung mengurangi rasa bingungmu, simak struktur umum dalam teks laporan percobaan berikut ini sebagai panduanmu, yuk! 1. Penjelasan tujuan percobaan Pada bagian ini, kamu jelaskan apa tujuan dari percobaan yang kamu lakukan. Di samping itu, jelaskan pula mengapa percobaan dilakukan, teori atau materi apa yang akan kamu buktikan, dan penjelasan lain tentang latar belakang proses percobaan tersebut.

2. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan Sebutkan apa saja alat dan bahan yang kamu gunakan ketika melakukan percobaan. 3. Langkah percobaan Sebutkan dan jelaskan secara rinci proses atau langkah sistematis dalam proses percobaan yang kamu lakukan.

apa isi teks laporan hasil percobaan

4. Hasil percobaan Dalam bagian ini, kamu jelaskan apa hasil yang kamu peroleh dari proses percobaan yang sudah kamu lakukan. Uraikan hasil percobaan secara mendetail, ya! 5. Kesimpulan Pada bagian ini, kamu membuat kesimpulan dari seluruh proses percobaan yang kamu lakukan hingga ke hasil yang kamu peroleh.

Kamu juga bisa buat kesimpulan apakah percobaan yang kamu lakukan membuktikan teori atau materi yang kamu jelaskan pada bagian awal untuk menegaskan kesimpulan dari proses dan hasil percobaan tersebut. Ketika kamu membuat teks laporan percobaan, kamu tidak harus selalu menulis semua informasi dari percobaan dalam bentuk tulisan ya, detikers.

Apabila dibutuhkan, kamu juga bisa menyajikan informasi-informasi tertentu dalam format tabel, bagan, grafik, atau gambar. Tujuannya adalah untuk mempermudah penyampaian informasi dari percobaan yang kamu lakukan dan laporkan. Simak Video " Tulisan Teks Proklamasi Soekarno Sempat Dibuang di Keranjang Sampah " [Gambas:Video 20detik] (erd/erd)ERROR: The request could not be satisfied 403 ERROR The request could not be satisfied. The Amazon CloudFront distribution is configured to block access from your country.

We can't connect to the server for this app or website at this time. There might be too much traffic or a configuration error. Try again later, or contact the app or website owner. If you provide content to customers through CloudFront, you can find steps to troubleshoot and help prevent this error by reviewing the CloudFront documentation.

apa isi teks laporan hasil percobaan

Generated by cloudfront (CloudFront) Request ID: It1jxMtQjbPWAwX6QxiCr_oDnFlw5M6i6EN6BoOkHREu4nm7VfEofA==
Jika kita pernah melakukan percobaan apakah tahap selanjutnya? Ya pasti akan membuat sebuah teks laporan untuk bukti bahwa kamu telah melakukan suatu percobaan. Namun apakah kamu telah memahami apa itu teks laporan yang tepat?

Teks laporan percobaan suatu teks, dengan isi yang menjelaskan latar belakang objek percobaan, tujuan, proses hingga hasil dari percobaan yang telah kamu lakukan. Fungsinya untuk memberikan hasil secara rinci pada karya ilmiah ataupun praktikum. Untuk lebih jelasnya simak, contoh teks laporan percobaan, ciri, kaidah kebahasaan, struktur dan fungsi teks laporan percobaan yang dikutip dari Yuksinau.id. Ciri-ciri Teks Laporan Percobaan Sebelum menyimak contoh hasil laporan percobaan.

Kamu harus mengetahuinya ciri yang tepat pada teks laporan percobaan. Berikut simak penjelasannya : • Tersusun berdasarkan hasil percobaan, pengamatan, penelitian, penelitian hingga pemecahan percobaan atau kesimpulan. • Teks laporan hasil percobaan disajikan secara objektif sesuai fakta pada objek yang telah di uji.

• Tidak menyimpang dari objek percobaan. • Tersusun berdasarkan struktur dan sistematis. • Bahasa baku, ilmiah, jelas, logis dan komunikatif. • Ditulis data pelengkap untuk pendukung laporan.

• Menarik juga interaktif. • Menuntaskan masalah secara rinci dan lengkap. • Terdapat sinonim dan antonim • Menggunakan atau mencantumkan kata bilangan • Menggunakan kata penghubung • Dan kalimat perintah, yang diawali kata sebaiknya, hindari, dsb.

Kaidah kebahasaan juga penting untuk menyusun teks laporan percobaan. Karena laporan itu akan dibaca oleh banyak orang. Apa isi teks laporan hasil percobaan sebaiknya laporan percobaan menghasilkan teks yang enak dibaca, logis dan rinci serta komunikatif.

Kaidah kebahasaan yang harus diperhatikan Berikut ulasannya kaidah kebahasaan yang wajib kamu pahami untuk menghasilkan teks laporan percobaan yang baik dan benar. • Menggunakan kata sandang ( si, sang) • Menggunakan konjungsi atau kata penghubung ( sedangkan, namun, kemudian) • Kalimat aktif, memiliki klausa dengan dasar SPOK (Subjek, predikat, Objek, dan keterangan) • Kata yang lugas • Kosakata ilmiah • Penulis Unsur terapan Fungsi teks Laporan Percobaan Sudah dibahas di awal fungsi dari teks laporan percobaan yaitu memberikan hasil laporan karya ilmiah atau praktikum.

Namun penjelasan sebelumnya adalah fungsi utama. Berikut 5 fungsi dari teks laporan percobaan. • Memaparkan kata dan fakta secara objektif. • Sebagai sarana inovasi teknik percobaan. • Dokumentasi hasil percobaan. • Penyempurnaan dari percobaan atau praktikum sebelumnya. • Sebuah bentuk pertanggungjawaban.

Contoh teks laporan percobaan dan struktur Judul : Membuat Ice Cream Vanila Sehat Tujuan ( Pendahuluan ) Ice cream adalah jenis makanan yang paling disukai oleh semua kalangan. Namun ice cream ini dibuat dengan bahan yang tidak banyak mengandung gula juga pewarna yang mengakibatkan batuk. Namun Apa isi teks laporan hasil percobaan lezat dan sehat pastinya. Alat dan Bahan: 1 Liter susu segar 200 g gula pasir 4 butir kuning telur ayam yang sudah dikocok Lalu 1 sendok makan vanili Langkah-langkah: • Susu segar dan gula pasir dimasukkan dalam panci berisi air aduk terus sampai mendidih.

Tidak sampai menggumpal. • Cairkan tepung maizena, kemudian masukkan ke panci berisi air susu gula. Aduk! Masukan vanili. • Kemudian saring ke dalam wadah baru atau yang telah disiapkan • Masukkan kuning telur, kemudian kocok pada adonan es krim. • Ratakan dan biarkan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Tunggu dingin sejenak. • Adonan ice cream siap dimasukkan ke dalam freezer. • Setelah 30 menitkeluarkan adonan untuk diaduk.

• Aduk selama 15 menit agar ice cream benar-benar lembut dan halus. Pengadukan bisa 2-3 kali. • Dan setelah itu masukkan ke dalam freezer selama 8 Jam proses pembekuan. Hasil Percobaan Ice cream murah, sehat tentu lezat. Tidak mengandung pewarna dan gula buatan. Percobaan pembuatan ice cream dilakukan untuk memenuhi tugas prakarya. Kesimpulan Pelajaran Prakarya ini memberikan pengalaman yang baik dengan begitu bisa membuat makanan sendiri untuk dikonsumsi sendiri, mudah, lezat dan sehat.

Serta untuk melatih cara berwirausaha.

STRUKTUR TEKS LAPORAN HASIL PERCOBAAN dan ANALISISNYA




2022 www.videocon.com