Bayi 7 bulan belum bisa merangkak

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

HalodocJakarta - Seorang bayi akan belajar hal yang baru setiap harinya dan pertumbuhannya sangat terlihat dalam hitungan bulan. Pada awalnya, bayi hanya belajar menggenggam, lalu belajar untuk tengkurap, hingga merangkak. Hal ini adalah salah satu fase penting pada perkembangan bayi. Umumnya, bayi dapat merangkak ketika usianya 7 hingga 10 bulan. Namun, bagaimana jika bayi 7 bulan belum mulai merangkak?

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

Apakah hal tersebut terbilang normal untuk pertumbuhan bayi ? Berikut adalah pembahasan mengenai hal tersebut agar ibu tidak khawatir tentang pertumbuhan sang buah hati! Baca juga: Jangan Disepelekan!

Ini Pentingnya Fase Merangkak pada Bayi Bayi 7 Bulan yang Belum Belajar Merangkak Bayi yang mulai merangkak adalah salah satu indikator pertumbuhan dan perkembangannya.

Hal ini umumnya sudah terlihat ketika bayi memasuki usia 7 bulan. Setelah memasuki fase merangkak, otot dan saraf dari bayi tersebut sudah siap untuk masuk ke fase selanjutnya, yaitu berjalan.

Walau begitu, bayi dapat merangkak mulai usia 7 hingga 10 bulan. Jadi, jika bayi ibu belum ada tanda-tanda belajar merangkak ketika memasuki 7 bulan, jangan terlalu khawatir dan cobalah untuk selalu melatih otot perut dan kakinya. Semakin kuat otot-otot tersebut, semakin cepat perkembangannya untuk merangkak.

Pada enam bulan pertama, bayi akan mengandalkan orang lain untuk bergerak. Setelah itu, dirinya akan belajar untuk bergerak sendiri tanpa bantuan orang lain. Ciri-ciri bayi yang telah siap untuk merangkak adalah ketika dirinya membalikan tubuh ke posisi tengkurap, tangannya sudah kuat untuk menarik tubuhnya.

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

Contohnya, ketika seorang anak berusia 7 bulan berusaha menggapai mainan yang berada di dekatnya ketika posisi duduk. Hal tersebut membuat tubuhnya kehilangan keseimbangan. Akhirnya, dirinya belajar untuk memutar tubuhnya, lalu masuk ke posisi tengkurap, dan berusaha meraih mainan dengan dorongan menggunakan tangan. Maka dari itu, ibu harus terus berusaha mengajarkannya untuk menggerakkan tangan dan kaki agar dirinya siap untuk merangkak. Kebiasaan tersebut yang membuatnya siap untuk merangkak lebih jauh untuk menggerakkan motorik dari seluruh tubuhnya agar dapat berpindah tempat.

Memang pertumbuhan setiap bayi dapat berbeda-beda, maka dari itu ibu dapat memastikannya dengan bertanya pada dokter dari Halodoc. Caranya, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang dimiliki! Selain itu, ibu juga dapat melakukan pemeriksaan fisik untuk anak dengan pemesanan online melalui aplikasi tersebut.

Baca juga: Tahapan Penting Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertama Ciri-Ciri Bayi Sudah Siap untuk Merangkak Saat bayi berusia 7 hingga 10 bulan, bayi akan mulai berlutut dan menggoyang-goyangkan badannya.

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

Hal tersebut dapat menjadi penanda dirinya sudah siap untuk merangkak. Walau begitu, beberapa anak mungkin saja tidak memasuki fase merangkak, sehingga dirinya langsung belajar untuk berdiri dan berjalan. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah jika anak ibu tidak dapat menopang berat tubuhnya atau tidak punya energi untuk bergerak, cobalah untuk bertanya pada dokter. Bayi ibu mungkin mengalami masalah pada otot ketika otak tidak mengirimkan impuls saraf atau mengalami kelemahan otot.

Baca juga: Ibu Perlu Tahu, Tahap Pertumbuhan Balita dari Duduk hingga Berjalan Ibu juga harus segera berdiskusi dengan dokter apabila anak tidak berguling atau merangkak sama sekali dalam satu tahun.

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

Hal tersebut dapat menimbulkan masalah atau mengindikasikan masalah neurologis, seperti cerebral palsy yang memang salah satu gangguan yang umum pada bayi. Referensi: Parents.com. Diakses pada 2019. Baby Physical Growth: Delayed Crawling Baby Gaga. Diakses pada 2019. 10 Normal Reasons Baby Might Not Be Crawling (And 5 Reasons To Worry) Halo Papa Farid, Kebanyakan bayi bisa duduk dari posisi berbarin gusia 7,5 bulan dan mulai merangkak kemudian berdiri sambal berpegangan pada usia 8 bulan dan dilanjutkan dengan berjalan sambal berpegangan pada usia 1 tahun.

Kita harus khawatir jika sampai usia 10-12 bulan anak belum duduk sendiri serta usia 1 tahun, anak belum bisa merangkak dan berdiri. Faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan motorik anak adalah faktor intrinsik (faktor genetik, kondisifisik dan Kesehatan anak termasuk status gizi) serta factor ekstrinsik (factor keluarga, orangtua, saudara kandung, pola asuh, budaya lingkungan, kondisi sosial ekonomi keluarga dan stimulasi). Semoga menjawab pertanyaan Papa ya :)
Tidak terasa usia si kecil hampir meginjak 7 bulan.

Namun, buah hati belum merangkak juga, ya? Tumbuh kembang setiap bayi memang berbeda-beda. Jika bayimu belum bisa merangkak, jangan langsung panik. Mungkin si kecil butuh bantuanmu untuk bisa merangkak. Daripada bertanya-tanya penyebab bayi belum merangkak, lebih baik kamu coba 5 cara ampuh merangsang bayi 7 bulan untuk merangkak ini.

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

1. Ajak si kecil mengikuti gerakanmu Ibu harus memberikan contoh dan memberi kebebasan untuk menirunuya. (Foto: Shutterstock) Cara ini mungkin bagimu rasanya tidak membantu sama sekali. Namun sebenarnya, inilah langkah paling pertama untuk merangsang bayi 7 bulan untuk merangkak. Pertama-tama, ibu bisa menunjukkan posisi merangkak dan ajak untuk mengikutinya. Bantu si kecil meraih posisi tersebut. Langkah selanjutnya, ibu bisa perlahan-lahan menunjukkan cara merangkak kepadanya.

Umumnya, bayi cepat atau lambat akan berusaha mengikutinya. Jika si kecil sudah mau merangkak, kamu bisa pindah posisi ke sebelahnya dan merangkak bersamanya. Tips lain adalah kamu bisa melakukan bayi 7 bulan belum bisa merangkak sederhana di dekatnya. Ibu bisa melakukan pose yoga yang serupa dengan posisi merangkak. Pose ini akan menstimulasi si kecil untuk menirukan gerakanmu. Patut dicoba, kan? 2. Masih belum mau merangkak? Rangsang bayi untuk mengejar mainan favoritnya Mainan favorit si kecil bisa menjadi alat yang menstimulasinya merangkak.

(Foto: Shutterstock) Si kecil belum berhasil juga merangkak. Kali ini, mari manfaatkan mainan untuk merangsangnya merangkak. Carilah mainan yang mengeluarkan suara, seperti rattle toy, rebana, atau bola yang memantul. Intinya temukan mainan yang benar-benar menarik perhatiannya.

Saat ia dalam posisi tengkurap, ambil sedikit bayi 7 bulan belum bisa merangkak kemudian tunjukkan mainan favoritnya. Bayi biasanya akan tertarik melihat mainan dan berusaha untuk mengejarnya. Posisi tersebut akan membuat bayi bergerak seperti merangkak. Ingin menstimulasi otak anak? Ini 5 cara sederhana yang bisa kamu coba. 3. Ajak bayi bermain masuk terowongan yang dibuat sendiri Buatlah terowongan mainan supaya si kecil mau merangkak.

(Foto: Shutterstock) Beri bayi sedikit kejutan dengan membuat terowongan kecil di rumah. Kamu bisa membeli terowongan di toko atau membuatnya sendiri dengan kardus. Setelah membuat terowongan, peragakan cara merangkak di depan bayi dan lalui terowongan. Kamu bisa menunggu si kecil di ujung terowongan. Panggil namanya atau perlihatkan mainan favoritnya. Ia akan tertarik untuk masuk terowongan dan bertemu kamu di ujung terowongan.

Ingin merangsang kelima indera bayi? Ini cara mudah melakukannya. 4. Coba sembunyikan mainan favorit bayi supaya ia merangkak mencarinya Menyembunyikan mainan di balik tubuh ibu bisa membuat si kecil semangat mencarinya. (Foto: Shutterstock) Cara satu ini sedikit iseng dan bisa membuat bayi menangis. Kamu pasti sudah tahu apa mainan favoritnya. Tunjukkan mainan favorit di depan wajahnya.

Kemudian, sembunyikan mainan tersebut dan biarkan ia bingung. Bayi akan berusaha untuk mencarinya dan tergerak untuk merangkak. Kamu bisa mencontohkan lebih dahulu bagaimana cara merangkak dan mencari mainan kepada si kecil. Ajak ia ulangi gerakanmu. 5. Saat ia sudah merangkak, stimulasi otot kakinya dengan memanjat bantal Memanjat bantal membuat si kecil mau merangkak.

(Foto: Shutterstock) Kalau bayi sudah mulai merangkak, kamu perlu menstimulasi otot kakinya agar kian kuat. Cara menstimulasinya sederhana, kok. Buat saja permainan memanjat bantal. Tumpuk beberapa bantal kemudian letakkan mainan di atasnya.

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

Bayi akan merangkak dan berusaha memanjat untuk meraihnya. Saat si kecil memanjat, memang akan melatih kekuatan otot kakinya. Aktivitas ini harus benar-benar kamu awasi, ya. Bahaya kalau sampai ia terjatuh atau terguling. Bukan hanya kaki saja yang harus distimulasi. Indera penglihatannya juga. Ini caranya!

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

Sudah siapkah kamu menjajal cara ampun merangsang bayi untuk merangkak ini? (Indira) Merangkak adalah salah satu tonggak tumbuh kembang bayi usia 7 bulan yang biasanya paling dinanti-nanti orang tua.

Maklum, merangkak merupakan tahap perkembangan yang penting dilalui bayi. Dengan merangkak, bayi lebih intensif mempersiapkan otot dan sarafnya menuju gerak yang lebih sempurna, yaitu berjalan dan berlari. Lewat laman resminya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga memberikan penjelasan senada. IDAI menyebut masing-masing bayi memang memiliki cara tersendiri untuk bergerak. Ada yang bergerak mundur dulu, lalu menangis karena menjadi semakin jauh dari mainan yang dituju.

Ada yang bergeser dengan bokong, atau yang sering kita sebut sebagai ngesot dan ada pula yang berguling. Di masa-masa awal si kecil belajar merangkak, biarkan bayi merangkak sebisanya sebab hal ini juga menjadi cara untuk menguatkan otot-ototnya. Ketika kekuatan tangan, kaki, punggung, dan kontrol kepala membaik, bayi akan belajar untuk menopang berat tubuhnya dengan kaki dan tangan. Setelah itu ia akan bergerak dengan menggunakan kaki dan tangannya secara bergantian, sambil mengangkat kepalanya untuk melihat sekeliling.
Bayi 7 Bulan Belum Bisa Merangkak Dan Duduk.

Anda hanya perlu bersabar dan jangan pula anggap si kecil sudah boleh duduk tegak dengan serta merta! Terlepas dari leher bayi kuat umur berapa bulan, kemampuan setiap bayi tidak bisa disama ratakan, ya, parents! Bayi Umur 10 Bulan Belum Bisa Duduk Sendiri from seputaranbayi.blogspot.com Sebagian bayi memang sudah bisa duduk di usia 6,5 bulan, namun ada juga bayi yang baru bisa duduk di usia 9 bulan.

Jadi, mama tidak perlu terlalu khawatir jika si kecil di usia tersebut sembilan bulan bayi 7 bulan belum bisa merangkak bisa merangkak. Jika nanti otot sudah berkembang menjadi lebih kuat maka bayi akan bisa duduk dan merangkak. Source: seputaranbayi.blogspot.com Di usia ini, perkembangan motorik si kecil membuatnya tak hanya aktif bergerak tapi juga memegang barang dan mainan. Padahal, putra teman saya yang seusia dengannya sudah bisa merangkak. Source: www.youtube.com Bayi masih lemah dan belum bisa melakukan aktivitas sendirian.

Padahal, putra teman saya yang seusia dengannya sudah bisa merangkak. Source: hafhtarf.blogspot.com Secara umum bayi mulai bisa merangkak pada usia 7 bulan sampai dengan 9 bulan.

Jadi, kemampuan otot belum maksimal dalam melakukan aktivitas tersebut. Source: seputaranbayi.blogspot.com Mulai usia enam hingga tujuh bulan biasanya bayi sudah mulai bisa duduk sendiri. Bayi masih lemah dan belum bisa melakukan aktivitas sendirian.

Source: www.bidansela.com Saya worry banget dan insecure Di usia ini pula bayi mulai menguasai kemampuan untuk berguling dan mengangkat kepalanya. Source: seputaranbayi.blogspot.com Kata orang2 tumbangnya lambat biasanya 7 bulan seharusnya sudah merangkak dan saat diberdirikan loncat2.apa begitu bunda? Intinya, penggunaan hip seathanya boleh digunakan saat anak terlihat sudah mandiri dan percaya dapat duduk sendiri tanpa bantuan orang tua atau penyangga.

Source: www.youtube.com Bayi seharusnya sudah bisa duduk sendiri dan hanya memerlukan bantuan sedikit. Di usia ini, perkembangan motorik si kecil membuatnya tak hanya aktif bergerak tapi juga memegang barang dan mainan. Source: seputaranbayi.blogspot.com Padahal, putra teman saya yang seusia dengannya sudah bisa merangkak.

Ia sudah bisa mulai merangkak dan semakin aktif berguling. Source: seputaranbayi.blogspot.com Sebagian bayi memang sudah bisa duduk di usia 6,5 bulan, namun ada juga bayi yang baru bisa duduk di usia 9 bulan. Saya worry banget dan insecure Source: seputaranbayi.blogspot.com Walaubagaimanapun, mereka tidak mempunyai kebolehan untuk beralih kepada posisi lain. Hal itu karena bayi belum memiliki kuasa penuh atas punggungnya saat duduk. Source: id.theasianparent.com Perkembangan tersebut diantaranya adalah bayi bisa merangkak dan duduk.

Di usia ini, perkembangan motorik si kecil membuatnya tak hanya aktif bergerak tapi juga memegang barang dan mainan. Source: www.solusisehatku.com Jadi, mama tidak perlu terlalu khawatir jika si kecil di usia tersebut sembilan bulan belum bisa merangkak. Ya, setelah bayi bisa duduk, umumnya ia akan merangkak. Source: herrasuci.blogspot.com Hal itu karena bayi belum memiliki kuasa penuh atas punggungnya saat duduk.

Mulai bisa merangkak dan berguling di usia 6 bulan, otot leher dan lengan bayi sudah semakin kuat. Source: www.ibudanbalita.com Bayi seharusnya sudah bisa duduk sendiri dan hanya memerlukan bantuan sedikit.

Intinya, penggunaan hip seathanya boleh digunakan saat anak terlihat bayi 7 bulan belum bisa merangkak mandiri dan percaya dapat duduk sendiri tanpa bantuan orang tua atau penyangga. Source: www.ruangmom.com Ada yang lebih cepat duduk namun ada juga yang lebih lambat. Bunda juga bisa simak perkembangan bayi usia 8 bulan berikut. Source: nakita.grid.id Apa harus si khawatikan ?

Anda hanya perlu bersabar dan jangan pula anggap si kecil sudah boleh duduk tegak dengan serta merta! Source: www.alodokter.com Biasanya, bayi baru dikatakan punya keterlambatan perkembangan saat ia belum bisa duduk di usia 9 bulan. Terlepas dari leher bayi kuat umur berapa bulan, kemampuan setiap bayi tidak bisa disama ratakan, ya, parents! Source: herrasuci.blogspot.com Bayi anda juga bisa menarik lututnya ke belakang ketika akan duduk dari posisi merangkak. Beberapa anak mungkin melewati fase merangkak dan dapat langsung berjalan.

Source: www.bidansela.com Sebagian bayi bisa melewati fase merangkak dan langsung belajar berjalan. Saat bayi 7 bulan belum bisa duduk, anda memang tidak perlu terlalu khawatir. Source: seputaranbayi.blogspot.com Ia sudah bisa mulai merangkak dan semakin aktif berguling. Jika nanti otot sudah berkembang menjadi lebih kuat maka bayi akan bisa duduk dan merangkak. Bayi Anda Juga Bisa Menarik Lututnya Ke Belakang Ketika Akan Duduk Dari Posisi Merangkak.

Menangis tidak lagi jadi respon utama Jadi, mama tidak perlu terlalu khawatir jika si kecil di usia tersebut sembilan bulan belum bisa merangkak. Walaubagaimanapun, mereka tidak mempunyai kebolehan untuk beralih kepada posisi lain. Meski Sudah Bisa Bergerak, Namun Kemampuan Motorik Bayi 7 Bulan Sesungguhnya Belum Cukup Baik Sehingga Meski Bersemangat Untuk Bergerak, Ia Tidak Bisa Merangkak Atau Memegang Barang Sesuai Keinginan Hatinya.

Di usia ini pula bayi mulai menguasai kemampuan untuk berguling dan mengangkat kepalanya. Anak saya mau masuk 7 bulan, tapi belum bisa merangkak dan duduk sendri. Beberapa anak mungkin melewati fase merangkak dan dapat langsung berjalan. Bayi 7 bulan belum bisa merangkak Saat Bayi Sudah Masuk Usia 7 Sampai 8 Bulan Maka Otot Perut Dan Punggung Bayi Sudah Semakin Kuat.

Satu perkara yang ibu bapa perlu tahu, kemampuan bayi akan berkembang mengikut tahap kebolehannya selama beberapa bulan. Jika nanti otot sudah berkembang menjadi lebih kuat maka bayi akan bisa duduk dan merangkak. Nah, jika pada usia 7 bulan belum merangkak dan duduk penyebabnya bisa karena ototnya yang masih lemah.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (Idai), Tidak Semua Bayi Melalui Tahapan Merangkak Sebelum Ia Bisa Berdiri Dan. Di usia ini, perkembangan motorik si kecil membuatnya tak hanya aktif bergerak tapi juga memegang barang dan mainan. Bayi saya sudah berusia 7 bulan, tetapi ia belum bisa duduk tanpa ganjalan di belakangnya.

Tapi belom bisa merangkak dan kalo diberdirikan belum kuat. Bayi Seharusnya Sudah Bisa Duduk Sendiri Dan Hanya Memerlukan Bantuan Sedikit. Ia sudah bisa mulai merangkak dan semakin aktif berguling.

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

Hal itu karena bayi belum memiliki kuasa penuh atas punggungnya saat duduk. Bayi 7 bulan belum bisa duduk sendiri, ibu harus apa?
Ketika memasuki usia tujuh bulan, kadang-kadang Si Kecil mulai bangun dengan tangan dan lutut sebagai penyangga tubuh mereka.

Kemudian badannya mulai bergoyang-goyang. Inilah saat mereka siap untuk merangkak. Tentu, tak setiap anak memulainya dengan cara yang sama. Selain bertumpu pada tangan dan lutut, ada pula yang menggunakan pantat sebagai penyangga tubuh. Beberapa bayi lainnya memulai dengan menggapai apa saja yang ada dalam jangkauan mereka.

Sejumlah bayi cenderung bersemangat ketika tiba waktunya merangkak. Yang lainnya lebih santai, memulai tahap merangkak dengan pelan-pelan. Terkadang pula, beberapa bayi tumbuh tanpa melalui tahap merangkak.

Tiba-tiba bisa berdiri. Usia rata-rata bayi mulai merangkak adalah 7-8 bulan. Tetapi ada juga yang berusia lebih dari itu, baru mulai menggapai-gapai mainan terdekatnya. Tidak apa-apa, Moms. Selama Si Kecil menunjukkan minat untuk menjelajahi lingkungan sekitar, biasanya tidak ada alasan untuk khawatir tentang perkembangannya.

Bukan berarti ketika Si Kecil berusia 8 bulan dan belum menunjukkan tanda-tanda akan merangkak, artinya selalu ada yang keliru dalam tubuhnya.

Beberapa Moms bahkan baru melihat putri atau putra mereka merangkak ketika berusia 10 bulan. Nah, perkembangan bayi tak selalu sama, bukan? Tapi, memang, ada gejala-gejala yang perlu diwaspadai pada Si Kecil jika ia tak juga menunjukkan tanda-tanda bergerak lebih jauh.

Berikut ini beberapa penjelasan terkait gejala-gejala tersebut. Sekadar mengingatkan juga, ya, Moms. Waspada bayi 7 bulan belum bisa merangkak berarti khawatir. Moms harus waspada supaya dapat lekas mencari pertolongan medis bagi Si Kecil. Dengan begitu, perkembangannya tak akan terganggu di kemudian hari. Baca juga: Perkembangan Bayi 8 Bulan, Mulai dapat Berdiri Anak Seakan-akan Tak Punya Energi untuk Menopang Badannya Sejumlah moms mengeluhkan Si Kecil yang tak juga merayap singkat, apalagi betul-betul merangkak.

Kaki mereka seolah-olah tak bertulang—kelihatannya, begitu. Untuk memastikan ada yang tak salah dengan tubuh Si Kecil, cara terbaik adalah bertemu dokter.

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

Hanya diagnosis medis-lah, bukan sekadar penglihatan moms—yang akan menentukan salah atau tidaknya perkembangan seorang anak. Kondisi terparah yang bermula dari gejala “kaki seolah-olah tak bertulang sehingga anak sulit merangkak” terkait dengan retardasi mental yang ditandai kelumpuhan otak atau cerebral palsy. Jika tak lekas ditangani, cerebral palsy akan berdampak pada kehidupan jangka panjang Si Kecil. Tak cuma perkembangan motorik. Kelak, ketika ia semakin dewasa, kemampuan belajar-nya pun akan terganggu.

Bisa Merangkak, Tapi Terus-menerus ke Satu Sisi Saja Pada usia hingga 10 bulan, beberapa anak memperlihatkan kecenderungan semacam ini. Bisa merangkak, tapi hanya ke satu sisi saja.

Bisa jadi tak ada masalah apapun. Mungkin ia merangkak hanya ke satu sisi karena ada sesuatu yang menarik di sudut itu. Misalnya laci atau mainan. Tetapi jika Moms bertanya-tanya akan kemungkinan masalah medis dalam diri Si Kecil, sebaiknya lekas membuat janji dengan dokter. Yang terburuk, Si Kecil mungkin bergejala cerebral palsy .

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

Baca juga: 5 Cara Mendorong Tumbuh-kembang Otak Bayi Pandemi, Ruang Baru untuk Mengasah Kemampuan Motorik Anak Tak dimungkiri, pandemi turut menciptakan rasa jemu bagi beberapa orang tua. Tetap saja ada kabar baiknya. Selama pembatasan sosial, Moms memiliki lebih banyak waktu di rumah.

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

Artinya, lebih banyak waktu pula bermain dengan Si Kecil. Pelbagai jenis permainan dapat mengasah kemampuan motorik Si Kecil.

Termasuk merangkak, salah satu tahap awal dalam perkembangan motoriknya. Moms dapat memilihkan mainan terbaik untuk Si Kecil lewat situs Mooimompenyedia kebutuhan ibu dan anak. Jangan lupa membentangkan alas yang aman bagi Si Kecil, tepat sebelum ia mulai bermain.

Salah satunya Mugu Folding Playmat. Alas bermain ini tersedia di situs Mooimom.Bayi 7 bulan umumnya sudah mulai mencoba merangkak dengan berusaha menyeimbangkan tangan dan lututnya. Aktivitas ini juga menjadi persiapan agar otot-otot tubuhnya bisa lebih kuat untuk berjalan nantinya. Berat badan normal bayi 7 bulan berjenis kelamin laki-laki umumnya adalah 6,7–10 kg, dengan panjang kira-kira 65–73 cm. Sementara itu, bayi 7 bulan berjenis kelamin perempuan rata-rata berbobot 6–9,5 kg, dengan panjang kira-kira 63–71,5 cm.

Pada usia ini, bayi biasanya sudah mulai aktif dan senang menjelajahi dunia di sekitarnya. Kemampuan Motorik Bayi 7 Bulan Sebagian besar bayi 7 bulan memang akan mulai belajar merangkak, tapi ada pula yang langsung belajar berjalan tanpa melalui fase merangkak.

Di antara bayi yang belajar merangkak, ada juga yang tidak merangkak maju, melainkan mundur. Ini merupakan hal yang normal terjadi pada bayi. Bayi 7 bulan juga sudah dapat memutar badan dan menegakkan punggungnya untuk dapat duduk lebih lama. Bayi juga mulai dapat menyusun dan mengelompokkan mainan ke dalam kategori ukuran kecil atau besar. Sebelum bayi mulai aktif merangkak, pastikan lantai selalu bersih dan perhatikan letak perabot dalam rumah dalam posisi yang aman.

Pada bayi yang mulai belajar berjalan, sebaiknya hindari penggunaan baby walker, karena alat ini justru berisiko menyebabkan kecelakaan pada bayi.

Untuk melatih kemampuan motorik Si Kecil yang sudah berusia 7 bulan, Bunda dapat mengajaknya bermain. Tempatkan salah satu mainan di lantai, tutupi dengan sebuah kain.

Buka kain sambil berkata dengan ekspresi gembira, “Ini dia!”kemudian tutup kembali dan ulangi. Dia akan bayi 7 bulan belum bisa merangkak memperhatikan benda yang hilang dan nampak kembali, berulang kali.

Pada usia ini, Bunda juga sudah mulai bisa mengurangi penggunaan botol bayi dan mulai memperkenalkan cangkir minum bayi ( sippy cup) dengan 2 pegangan di samping dan moncong atau bagian mengerucut yang memudahkan Si Kecil minum. Semakin awal ia dikenalkan dengan cangkir minum, semakin mudah pula baginya untuk berhenti menggunakan botol susu. Kemampuan Berkomunikasi Bayi 7 Bulan Memori bayi 7 bulan telah berfungsi dengan baik dan bayi sudah dapat mengingat suara-suara yang familiar.

Dia juga dapat mengucapkan kosa kata sederhana, seperti ‘ ma - ma’ atau ‘ pa - pa’. Selain mulai berceloteh, bayi 7 bulan juga sudah dapat memahami larangan untuk melakukan sesuatu saat orang tuanya berkata ‘jangan’.

Di usia ini pula, Bayi 7 bulan belum bisa merangkak Kecil sudah bisa membaca ekspresi, intonasi suara, dan gerakan tubuh Bunda saat berkomunikasi dengannya. Ia juga juga akan semakin ekspresif dan mulai bisa meniru ekspresi orang lain. Misalnya, ia dapat mengikuti ketika orang di sekitarnya bertepuk tangan, atau ia mungkin saja menangis saat Bunda berbicara keras kepadanya.

Jadi, manfaatkan kesempatan ini untuk menanamkan nilai kebaikan, karena Si Kecil akan mengamati dan meniru bagaimana cara Bunda bersikap kepada orang lain.

Kemampuan Sosial Bayi 7 Bulan Bayi 7 bulan sudah mulai bisa menolak untuk mengikuti arahan. Bila demikian, beri tahu Si Kecil mana yang baik dan tidak untuk dilakukan. Misalnya, ia tidak boleh melempar mainan, merobek buku, atau memasukkan benda kotor ke mulut.

Namun, ingat bahwa ia belum sepenuhnya memahami atau mengingat semua hal yang Bunda katakan. Jadi, cukup katakan “ Jangan ”, jika Si Kecil melakukan hal yang tidak selayaknya, kemudian alihkan perhatiannya. Dalam hubungan interpersonal, bayi 7 bulan sudah dapat merasa cemas, terutama jika ada orang asing yang mendekatinya.

Bayi 7 bulan juga bisa menangis ketika ibunya tidak ada di dekatnya atau lepas dari pandangannya. Hal ini menunjukkan bahwa dia mulai memahami lingkungan di sekitarnya. Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Tumbuh gigi pada bayi umumnya mulai terjadi pada usia 4–7 bulan.

Pertumbuhan gigi ini bisa membuat gusi bayi terasa gatal, sehingga dia terus-menerus memasukkan tangannya atau benda yang dia pegang ke dalam mulut dan menggigitnya. Pada masa ini dia akan lebih banyak mengeluarkan air liur. Untuk meredakan rasa gatal yang Si Kecil rasakan, terdapat jenis mainan teether, yang memang berfungsi untuk digigit. Pastikan teether­-nya selalu berada dalam kondisi bersih sebelum digunakan. Selain memberikan teether, Bunda bisa memberikan buah-buahan dingin yang sudah dihaluskan untuk membantu mengurangi rasa gatal pada giginya.

Dalam aktivitas sehari-hari, bayi 7 bulan akan menyukai rutinitas yang konsisten, seperti rutinitas dibacakan bayi 7 bulan belum bisa merangkak atau diyanyikan lagu tiap malam menjelang tidurnya. Ini membantunya untuk dapat rileks dan segera tertidur. Jika kemampuan bayi 7 bulan yang disebutkan di atas belum dialami oleh Si Kecil, Bunda tidak perlu terlalu khawatir.

bayi 7 bulan belum bisa merangkak

Hal ini karena perkembangan tiap anak berbeda-beda dan unik. Namun, apabila Bunda khawatir atau ingin memastikan tumbuh kembang Si Kecil lancar, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Baca siklus perkembangan usia selanjutnya di Bayi 8 Bulan: Aktif Merangkak.

STIMULASI BAYI MERANGKAK, LAKUKAN CARA INI!




2022 www.videocon.com